Dec 2, 2012

A PRIORI dan A POSTERIORI





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami lebih lanjut tentang A PRIORI dan A POSTERIORI, koneklah:








Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Sepengetahuan saya a priori dan apostiori pertama kali disampaikan oleh filsuf Immanuel Kant. Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Atau dengan kata lain, sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Sedangkan A posteori merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang setelah mengalami sesuatu. Dengan kata lain a posteori dapat membentuk suatu kesimpulan setelah mengalami sesuatu. Immanuel Kant mengungkapkan bahwa pengetahuan itu dapat terbentuk apabila keduanya dimiliki atau dialami oleh orang lain. Artinya pengetahuan itu dapat dikonstruksi dari pemikiran dan dapat juga dikonstruksi dari pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  2. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    A priori dan A posteriori , dua hal dalam filsafat yang saling berkaitan. A priori merupakan pengetahuan yang dimiliki seseorang sebelum bertemu pengalaman, sehingga dia bebas untuk berpendapat maupun berasumsi apaun tentang subyek maupun obyek. Sedangkan a posteriori berkenaan pengetahuan yang diperoleh dari keterpaduan pengalaman dengan pengetahuan awal, bisa disebut juga sebagai kesimpulan setelah melakukan eksperimen. Yang menjadi tanda tanya bagi kami bapak bisa kah a posteriori dapat menjadi a priori untuk pengetahuan selanjutnya atau pengtahuan yang lebih mendalan?. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  3. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Berdasarkan salah satu web diatas, dikatakan bahwa apriori mengacu pada pengetahuan yang dibenarkan terlepas dari pengalaman, yaitu pengetahuan yang tidak bergantung pada bukti pengalaman atau surat perintah. Sebaliknya, pengetahuan posteriori dibenarkan melalui pengalaman, dan karena itu tergantung pada bukti atau terjamin oleh pengalaman. Perbedaan antara pengetahuan apriori dan posteriori dapat dipahami sesuai dengan perbedaan antara pengetahuan non empiris dan empiris. Pengetahuan matematika secara paradigmatik apriori, sedangkan kebenaran fisika, kimia, dan biologi adalah contoh pengetahuan posteriori.

    ReplyDelete
  4. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa istilah dalam bahasa latin a apriori (yang mendahului) dan a posteriori (yang didahului) merupakan istilah filsafat yang dipopulerkan oleh Immanuel Kant. Dua istilah ini digunakan dalam penalaran. Pengetahuan atau justifikasi a apriori adalah penalaran yang bebas dari pengalaman, misalnya matematika (1 +1 =2), tautologi, dan deduksi dari penalaran murni. Sedangkan pengetahuan atau justifikasi a posteriori adalah penalaran yang berdasarkan pengalaman atau bukti empiris, biasanya ditemukan di dunia sains dan pengetahuan personal

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan sumber-sumber tersebut, dapat saya simpulkan bahwa A priori dan a posteriori merupkaan dua hal yang berkaitan. A priori (sebelum) dan a posteriori (sesudah) digunakan dalam ilmu filsafat untuk membedakan dua jenis pengetahuan yaitu pembenaran atau argumen. A priori adalah pembenaran yang independen dari pengalaman atau terlepas dari pengalaman. Sedangkan A posteriori adalah pembenaran yang tergantung pada pengalaman atau bukti empiris.

    ReplyDelete
  6. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara harfiah, apriori berarti sesuatu yang lebih dulu atau sebelum, sedangkan aposteriori berarti dari apa yang sesudah atau setelahnya. Pengertian tentang pengetahuan apriori dan pengetahuan aposteriori tersebut selanjutnya dikembangkan oleh para filsuf modern, seperti Leibniz dan Immanuel Kant. Sedangkan filsuf terdahulu, seperti Aristoteles menjelaskan tentang pengetahuan apriori dan pengetahuan aposteriori sebagai berikut, A lebih dulu dari B jika dan hanya jika B tidak bisa ada tanpa A. Dengan pembedaan tersebut, berarti A lebih dulu dari B jika dan hanya jika kita tidak bisa mengetahui B jika kita tidak mengetahui A.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  7. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Sedangkan a posteriori adalah suatu sumber pengetahuan yang diperoleh dari observasi atau percobaan atau dengan kata lain a posteriori merupakan hasil dari data empiris, indra pengalaman, atau pengetahuan empiris. Dapat juga dikatakan bahwa pengetahuan dikonstruksi bisa dari pemikiran maupun dari pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan Dengan demikian a priori dan a posteriori merupakan proses yang saling berkaitan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah a priori dan a posteriori berhubungan tentang berasal dari mana sumber pengetahuan itu. Keduanya berhubungan dengan pengalaman. A priori adalah pengetahuan yang diperoleh sebelum pengalaman, sedangkan aposteriori adalah pengetahuan setelah pengalaman. Istilah a Priori (dari sebelum) dan a Posteriori (dari kemudian) digunakan dalam filsafat (epistemologi) untuk membedakan dua jenis pengetahuan, pembenaran, atau argumentasi.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C

    Istilah ini pertama kali di kemukakan oleh filsuf Immanuel Kant. Apriori secara sederhana dapat dipahami sebagai pengetahuan awal yang diketahui sebelum adanya pengalaman. Dalam penelitian apriori bisa dikatakan sebagai asumsi-asumsi dari peneliti sebelum menemukan hasil penelitiannya. Sedangakan aposteriori merupakan kebalikan dari apriori yaitu pengetahuan setelah mengalami sesuatu. Dalam penelitian aposterirori bisa dipahami sebagai sebuah kesimpulan yang diambil setelah melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Istilah a priori dan a posteriori merupakan jenis dari pengetahuan. Pengetahuan a priori adalah suatu pengetahuan yang tidak terkait dengan pengalaman. Sebagai contoh, bagi matematikawan murni, 2+4=6 merupakan suatu pengetahuan a priori karena tidak membutuhkan pengalaman. Sedangkan pengetahuan a posteriori merupakan pengetahuan yang bergantung dengan pengalaman. Pengetahuan a posteriori kebanyakan merupakan pengetahuan tentang alam dan kepribadian.

    ReplyDelete
  11. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dari referensi tersebut apriori dapat diartikan sebagai anggapan sebelum mengetahui (melihat, menyelidiki, mengamati dan sebagainya) keadaan yang sebenarnya. Dengan kata lain a priori dapat disebut sebagai argumen atau hipotesis. Sedangkan aposteriori adalah kebalikannya yaitu pengetahuan atau anggapan setelah mengetahui (melihat, menyelidiki dan sebagainya) keadaan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Apriori dan aposteriori, merupakan dua istilah pada ilmu filsafat yang membahas dari mana sumber atau asal pengetahuan itu, apakah berdasarkan pengalaman atau tidak. Apriori ialah sumber pengetahuan yang tidak berdasarkan pengalaman atau bebas pengalaman,sedangkan sumber pengetahuan yang berdasarkan pengalaman atau perlu pengalaman disebut aposteriori.

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pengetahuan posteriori atau pembenaran bergantung dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diperoleh setelah mengindranya. Pengetahuan posteriori terhadap objek dibangun atas dasar kemampuan imajinasi dan intuisiter, sehingga pengetahuan posteriori melibatkan pengalaman. Sedangkan pengetahuan a priori atau pembenaran independen dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diperoleh walaupun belum mengalaminya atau belum mengindranya.

    ReplyDelete
  14. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    A priori dapat dimaknai sebagai sebuah argumen atau stetmen yang disampaikan sebelum melihat kenyataan dari suatu kejadian atau adanya pengalaman. A priori sangat dekat dengan apa yang disebut ide atau gagasan, suatu ide bisa datang tanpa mempertimbangkan suatu pengalaman, cukup bebas untuk dapat memunculkan ide. A posteriori dapat dipandang sebagai sebuah pernyataan setelah adanya percobaan atau pengalaman secara nyata. A posteriori bisa dikatakan suatu yang dekat dengan empirisme, pernyataan didasarkan atas kenyataan. Namun jika seseorang hanya fanatik kepada a posteriori saja, pernyataan hanya dari kenyataan yang ada tanpa mencoba untuk melakukan inovasi maka tak akan membuat suatu kemajuan. Maka antara a priori dan a posteriori harus dipadukan.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah a priori dan a posteriori berasal dari Bahasa Latin, dimana a priori (lit; "dari yang sebelumnya") dan a posteriori (lit; "dari yang terakhir") Pengetahuan a priori mengacu pada pengetahuan yang dibenarkan terlepas dari pengalaman, yaitu pengetahuan yang tidak bergantung pada bukti pengalaman atau surat perintah. Sebaliknya, pengetahuan a posteriori dibenarkan melalui pengalaman, dan karena itu tergantung pada bukti atau pengalaman. Perbedaan antara pengetahuan a priori dan a posteriori dapat dipahami sesuai dengan perbedaan antara pengetahuan non empiris dan empiris. Pengetahuan matematika secara paradigmatik a priori, sedangkan kebenaran fisika, kimia, dan biologi adalah contoh pengetahuan a posteriori.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebenarnya, diantara kedua istilah yang merupakan pembahasan pada elegi ini, saya elbih cenderung menggunakan keduanya dalam kehidupan saya. Karena pada dasarnya, saya suatu saat pasti membutuhkan pemahaman A Posteriori dan Juga A Posteriori dalam situasi yang berbeda. Jadi, pandangan ini tidak bisa dipaksakan bagi seseorang untuk memilih satu diantara keudanya, karena hal tersebut merupakan sebuah keyakinan dari dalam diri manusia itu sendiri.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kemampuan seorang peserta didk akan berkembang dengan pesat jika mereka menggabungkan antara apa yang ada di lingkungan mereka sepert pengalaman dan jika dengan apa yang mereka pahami berdasarkan kognitif mereka. Karena pada dasarnya jika seorang peserta didik hanya mengandalkan salah satu dari pengalaman dan logika, maka mereka sesungguhnya tidak mengalami keseimbangan pengetahuan. Jadi, pada dasarnya pengalaman dan logika memang sangat berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Karena pengalaman memerlukan akal, dan akal akan berguna jika sudah memiliki pengalaman dari diri sendiri maupun orang lain.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  19. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU
    A priori dan A postriori yang saya pelajari dalam kuliah filsafat yaitu suatu ilmu dimana, a priori memiliki sifat berdasarkan apa yang ada dalam pikiran. A priori merupakan pengetahuan yang didapatkan dengan analitik, sering disebut juga analitik apriori. Kemudian dikatakan bahwa a priori adalah pengetahuan yang didapat sebelum terjadinya kejadian. Contohnya dokter yang mengetahui obat dari mentelepon pasien, bisa mengambil kesimpulan dari konsistensi.
    Sedangkan a postriori adalah pengetahuan yang didapatkan berdasarkan pengalaman. Dimana sifatnya adalah sintetik, sering pula disebut sintetik a postriori. Ini merupakan dua kubu yang berbeda, namun oleh Immanuel Kant di adopsi dan disimpulkan bahwa sebenar-benar ilmu atau pengetahuan adalah sintetik a priori.

    ReplyDelete
  20. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Apriori artinya mempercayai sesuatu yang belum pernah kita temui atau kita jumpai sebelumnya. Sedangkan aposteriori ialah belum bisa percaya akan suatu hala kalau belum melihat sendiri atau belum mengalaminya. Dalam diri seseorang kedua hal ini pasti terjadi. Contoh apriori ialah ketika kita meyakini bahwa yang mencipakan kita itu ialah Allah SWT sebagai tuhan yang maha Esa sekalipun kita belum perna melihat Allah SWT dengan mata kepala kita. Contoh aposteriori ialah ketika kita akan membeli handphone baru maka kita belum yakin atau percaya jika handphone itu bagus kalau belum melihat sendiri dan mencoba fiturnya. Semoga kita dapat menggunakan apriori dan aposteriori kita pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    A priori merupakan pengetahuan yang sudah dimiliki seseorang sebelum ia bertemu dengan pengalaman, artinya ia bisa memberikan sebuah asumsi tentang segala sesuatu seperti mengemukakan pendapat. Sedangkan aposteriori merupakan pengetahuan yang menggunakan pengalaman dalam mengambil sebuah kesimpulan terhadap sesuatu sehingga tidak heran adanya ketergantungan pada pengalaman seperti kebanyakan aspek ilmu dan pengetahuan pribadi.

    ReplyDelete
  22. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Menurut Imanuel Kant bahwa pengetahuan merupakan gabungan dari dua unsur yaitu analitik a priori dan sintetik a posteriori. Analitik a priori adalah pengetahuan yang diperoleh sebelumpengalaman. Contohnya dalam pembelajaran, Analitik a priori yaitu lebih mengutamakan logika dan penalaran dalam mempelajari matematika. Sedangkan Sintetik a posteriori adalah pengetahuan yang diperoleh setelah pengalaman. Sintetik a posteriori maksudnya pengalaman yang kita dapatkan dapat menjadi pembelajaran yang penting.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Kant, apriori berangkat dari dugaan tanpa bergantung yang empiris atau pengalaman yang bisa ditangkap oleh inderawi. Istilah ini dipakai untuk menyatakan bahwa manusia sudah memiliki kesadaran dalam dirinya sebelum bertemu dengan pengalaman-pengalaman dalam lingkungan dan dunianya. Lawan kata dari apriori adalah aposteriori. Menurut KBBI, istilah ini bisa diartikan sebagai anggapan setelah diketahui (dilihat, diselidiki, dan sebagainya) keadaan yang sebenarnya. Jadi, segala ungkapan atau pendapat keluar setelah seseorang melakukan pengamatan melalui inderanya. Baik apriori maupun aposteriori digunakan sebagai kata sifat untuk memodifikasi kata benda pengetahuan. Namun, istilah apriori juga terkadang digunakan untuk memodifikasi nomina lain, seperti kebenaran

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    A priori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Atau dengan kata lain a priori merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Sedangkan aposteriori menekankan kepada hal-hal yang dialami, logis, yaitu segala sesuatunya bergantung pada pengalaman.

    ReplyDelete
  25. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Apriori dan apostiori adalah istilah filosofis seni yang dipopulerkan oleh Kritik Immanuel Kant. Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum adanya pengalaman, sehingga seseorang berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu. Sedangkan Aposteori adalah pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang setelah mengalami pengalaman, sehingga dapat membentuk suatu kesimpulan setelah mengalami sesuatu. Immanuel Kant mengungkapkan bahwa pengetahuan itu dapat terbentuk apabila keduanya dimiliki atau dialami oleh orang lain. Artinya pengetahuan itu dapat dikonstruksi dari pemikiran dan dapat juga dikonstruksi dari pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  26. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    A priori dan A posteriori merukan istilah dari sumber ilmu pengetahuan. A priori beranggapan bahwa sebenar-benar ilmu pengetahuan adalah yang bersumber dari akal. A prosteriori beranggapan bahwa sebenar-benar ilmu pengetahuan adalah yang bersumber dari pengalaman. Apriori menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, walaupaun belum mendapatkan pengalaman dan akhirnya mendapaktan kesimpulan. Apriori ini menentang filsafat empirisme yang selalu mengedapankan a posteriori atau pegalaman. Apriori ini selalu bertentangan dengan A posteriori. Terimaksih

    ReplyDelete
  27. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pengetahuan a priori diperoleh sebelum pengalaman sehingga pengetahuan apriori bersifat abstrak dan maya, hanya ada dalam pikiran dan hanyalah bersifat keterangan-keterangan. Maka nilai kebenarannya hanya berdasar hubungan antara keterangan yang satu dengan keterangan yang lainnya. Pengetahuan a posteriori diperoleh setelah mengalami pengalaman, diperoleh dengan bantuan menggunakan panca indera untuk kemudian mempersepsi. Jadi pengetahuan a posteriori diperoleh melalui persepsi-persepsi. Kombinasi kedua a priori dan a posteriori dapat digunakan agar mampu memaknai sesuatu secara utuh. Karena a priori dan a posteriori saling menguatkan satu sama lain karena mencari dan memahami suatu makna membutuhkan dasar yang kuat.

    ReplyDelete
  28. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Apriori adalah pengetahuan yang diperoleh sebelum pengalaman, sedangkan aposteriori adalah pengetahuan yang diperoleh setelah terjadi. Sebelum terjadi itu kita menggunakan akal pikiran untuk memprediksi apa yang akan terjadi, yang disesuaikan dengan pengetahuan-pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Tetapi aposteriori kita mempelajari pengetahuan dari yang sudah terjadi. Kebanyakan dalam perkembangan ilmu pengetahuan menggunaakan apriori untuk dapat mengembankan ilmu, teknologi dapat berkembang sampai sejauh ini juga karena dipikirkan terlebih dahulu

    ReplyDelete
  29. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Aposteriori adalah mempelajari sesuatu langsung dari pengalaman (anak). Contohnya dalam mempelajari bangun ruang, anak dapat mempelajari tabung dengan mengamati representasi tabung dalam kehidupan sehari-hari seperti kaleng susu, celengan, gelas. Anak dapat mempelajari sifat-sifat kerucut dengan mengamati langsung alat peraga kerucut atau contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti caping, topi ulang tahun, dan tumpeng. Sementara apriori hanya cukup memikirkan saja (orang dewasa), berdasarkan ilmu atau penelitian yang pernah dilakukan, dapat disimpulkan mengenai volume atau sifat-sifat bangun ruang tersebut.

    ReplyDelete