Dec 2, 2012

A PRIORI dan A POSTERIORI





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami lebih lanjut tentang A PRIORI dan A POSTERIORI, koneklah:








Wss Wr Wb
Marsigit

11 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam filsafat, kita mengenal suatu istilah mengenai pengetahuan yang disebut dengan a priori dan a posteriori. Pengetahuan apriori bersumber dari sebelum pengalaman, sedangkan pengetahuan aposteriori didapat setelah pengalaman. Sehingga pengetahuan apriori bersifat abstrak dan maya, hanya ada dalam pikiran dan hanyalah bersifat keterangan-keterangan. Sementara itu pengetahuan aposteriori dapat diperoleh dengan bantuan menggunakan panca indera untuk mengalami kemudian mempersepsi. Jadi pengetahuan a posteriori diperoleh melalui persepsi-persepsi. Perbedaan mendasar dari pengetahuan a priori dan a posteriori adalah jika pengetahuan a priori dibangun atas dasar konsistensi antara keterangan yang satu dengan keterangan yang lainnya, sedangkan pengetahuan a posteriori dibangun atas dasar kemampuan imajinasi dan intuisi dalam ruang dan waktu. Dalam kehidupan kedua pengetahuan ini saling bergantung satu sama lain, dan kita membutuhkan keduanya agar bisa berpikir dengan baik. Jadi tidak ada yang lebih utama dari keduanya,

    ReplyDelete
  2. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Berdasarkan perkuliahan yang saya dapatkan pada tanggal 17 Maret 2017, A Posteriori yang berarti paham setelah melihat merupakan salah satu ciri dari fenomena yang berubah(cocok dengan kenyataan). Sedangkan A Priori yang berarti mengetahui walaupun belum terlaksana merupakan salah satu ciri dari fenomena yang tetap (konsisten).

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pengetahuan a priori adalah pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, melainkan dari ‘aturan umum’ yang ‘dipinjam’ dari pengalaman. Menurut Kant, kriteria pengetahuan a priori ada dua yaitu Idea of necessity (keharusan) misalnya setiap peristiwa tentu ada penyebabnya dan Strict-absolute (benar-benar absolut) misalnya semua benda memiliki berat. Menurut Kant, ada jenis pengetahuan yang bersumber dari dunia empirik yang bisa mencapai tingkat absolut karena kebenarannya mencapai tingkat kepastian. Sedangkan, pengetahuan a posteriori atau pengetahuan empirik adalah pengetahuan yang bersumber dari pengalaman.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah a priori (sebelum) dan a posteriori (sesudah) digunakan dalam ilmu filsafat untuk membedakan dua jenis pengetahuan yaitu pembenaran dan argumen. A priori adalah pembenaran yang independen dari pengalaman, misalnya “semua bujangan belum menikah”.Galen Strawson telah menyatakan bahwa argumen a priori adalah dimana kita dapat melihat bahwa itu benar hanya dengan duduk di rumah, kita tidak harus pergi keluar untuk memeriksa segala sesuatu yang ada di dunia ini, kita tidak perlu melakukan ilmu apapun. A posteriori adalah pembenaran yang tergantung pada pengalaman atau bukti empiris.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Sebuah pengetahuan apriori adalah pengetahuan yang bertumpu pada pembenaran priori. Sebuah pembenaran priori adalah jenis pembenaran epistemik yang dalam arti tertentu dan independen dari pengalaman.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam filsafat, kita mengenal istilah a priori dan a posteriori. Istilah a priori menunjukkan pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. A priori tidak bergantung pada pengalaman indrawi. Istilah ini digunakan dalam konsep-konsep seperti “niscaya”, “pasti”, “deduktif”, “benar secara universal”, “bawaan”, “intuitif”. Sedangkan istilah a posteriori menunjukkan pengetahuan yang dapat dicapai hanya dari pengalaman atau bukti empiris. Maka dari itu pengetahuan bisa dirumuskan hanya setelah dibuktikan dengan observasi, eksperimen atau kegiatan lainnya. A posteriori digunakan dalam konteks-konteks seperti “empiris”, “induksi”, “dapat diverifikasi”, “sintetis”, “faktual”, “pengalaman”, “kenyataan”, dsb.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Apriori adalah cara berpikir yang dilakukan sebelum melihat atau mengalami, sedangkan Posteriori adalah cara berpikir yang dilakukan setelah melihat atau mengalami. Kedua cara ini perbedaanya yaitu cara berpikir a Priori misalnya lebih mengandalkan pada kemampuan visualisasi seseorang dalam mengimajinasikan sesuatu dengan menggunakan pendekatan-pendekatan logika tanpa harus merasakan atau mengalaminya terlebih dahulu dan Posteriori lebih mengandalkan pada pengalaman. Artinya apa yang dihasilkan merupakan apa yang dia rasakan (merasakan langsung kejadian tersebut).

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam ilmu pengetahuan ada istilah a priori dan a posteriori. Pengetahuan a priori artinya pengatahuan yang terlepas dari pengalaman atau tidak bergantung pada bukti pengalaman, sebaliknya jika pengalaman a posteriori artinya pengetahuan berdasarkan pada pengalaman. Perbedaan antara pengetahuan apriori dan posteriori dapat dipahami sesuai dengan perbedaan antara pengetahuan non empiris dan empiris. Contoh dari a priori, misalnya bujangan tidak menikah, 5+2=7.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)



    Suatu pernyataan disebut benar secara a priori, jika kebenarannya ditentukan sebelum pengalaman, atau tanpa referensi pada pengalaman.
    - Suatu pernyataan disebut benar secara a posteriori, jika pernyataan tersebut ditentukan kebenarannya melalui referensi pada pengalaman. Artinya kebenarannya hanya dapat ditentukan melalui acuan bukti empiris.

    Seluruh pernyataan analitik bersifat a priori dengan alasan, bahwa kebenaran logika pernyataan tersebut terlepas dari pengalaman yang kita alami. Pernyataan ini tidak membutuhkan bukti empris untuk penilaian kebenarannya.
    Seluruh pernyataan a posteriori dengan sendirinya pasti bersifat sintetik, karena terdapat informasi tambahan pada subjek yang didapatkan melalui pengalaman. Pada pernyataan di atas, misalkan kita mengamati bola berwarna merah, maka pernyataan sintetik ini menambahkan predikat ‘merah’ yang tidak terdapat pada subjek (didapatkan melalui pengamatan) ke dalam subjek ‘bola’.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Apriori berasal dari kata latin prius artinya sebelum, karena itu ilmu-ilmu ini ingin menentukan apa kiranya yang mendahului adanya kenyataan itu. Apriori berada di ruang lingkup ilmu-ilmu pasti yang biasanya disebut dengan cara deduksi, karena lingkup mendahului adanya kenyataan itu, maka sangat mengandalkan rasio. Apriori juga merupakan aliran yang mengakui bahwa pengetahuan itu pada hakikatnya berdasar pada akal/rasio. Aposteriori berasal dari kata latin post yang maknanya sesudah, oleh karenanya segala ungkapan ilmu baru terjadi ketika seseorang melakukan pengamatan melalui inderanya. Aposteriori berada pada ruang lingkup ilmu-ilmu empiris yang sering disebut dengan cara induksi. Aposteriori merupakan aliran yang megakui bahwa pengetahuan itu pada hakikatnya berdasarkan pengalaman atau empiris melalui alat indera.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016


    A priori merupakan pengetahuan yang berdasarkan dari logika, berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh, sehingga belum pernah mempraktekan/ membuktikan pengetahuan yang ada.
    Hal ini dikarena pengetahuan yang ada sudah pikirkan sebelum melihat atau mendapatkan pengalaman tentangnya.

    ReplyDelete