Dec 2, 2012

A PRIORI dan A POSTERIORI





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami lebih lanjut tentang A PRIORI dan A POSTERIORI, koneklah:








Wss Wr Wb
Marsigit

36 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pengetahuan a-priori datang lebih dulu sebelum dialami, sedangkan a-posteriori sebaliknya yaitu dialami dulu baru mengerti. Jika salah satunya saja yang dipakai misalnya hanya empirisme saja atau rasionalisme saja maka pengetahuan yang diperoleh tidaklah sempurna bahkan bisa berlawanan. Mengetahui sesuatu secara a-priori adalah dengan memahami apa yang menjadi sebabnya, apa yang menimbulkan dan memungkinkan hal itu ada atau terjadi. Kebenaran a-priori dapat dibuktikan dengan melihat keterkaitannya dengan proposisi yang sama, sedangkan kebenaran a-posteriori hanya bisa dilihat sebagai benar berdasarkan pengalaman.

    ReplyDelete
  2. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Apriori dan aposteriori merupakan hakikat dari adanya pengetahuan yang saling berkebalikan. Hakikat pengetahuan A priori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Misalnya seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Pengetahuan tersebut dihasilkan melalui pikiran dan logika. Apriori berlainan dengan a posteriori yang selalu bergantung pada pengalaman. Pengetahuan diperoleh setelah mengalami pengalaman. Misalnya seseorang bisa berfikir tentang segala sesuatu setelah melihat bendanya sehingga orang-orang aposteriori tidak dapat merancang. Kebanyakan aposteriori adalah anak-anak. Ilmu pengetahuan merupakan gabungan dari dan pengalaman, yaitu pengalaman yang dipikirkan dan pikiran yang dipengalamankan.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    dalam bahasa Latin istilah a priori berarti "dari yang sebelumnya", sedangkan a posteriori merupakan "dari yang terakhir". Pengetahuan apriori mengarah kepada pengetahuan yang dibenarkan terlepas dari pengalaman ialah pengethauan yang tidak bergantung kepada bukti pengalaman ataupun surat perintah, berkebalikan dengan a posteriori yang debenarkan dengan pengalaman. Hal ini dapat dikaitkan dengan pengetahuan non empiris dan empiris.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pengetahuan a priori tidak bergantung pada pengalaman sedangkan pengetahuan a posteriori bergantung pada pengalaman atau bukti empiris seperti sebagian besar aspek ilmu pengetahuan. Perbedaan antara a priori dan a posteriori dapat dilihat juga melalui ungkapan dari suatu masalah yang sama, namun yang satu mengungkapkan dengan memberikan sebuah alasan umumnya orang tahu atau a priori dan ada yang memberi jawaban sesuai fakta empiris atau a priori. Misalnya a priori menjawab, "Jika George V memerintah setidaknya empat hari, maka ia memerintah lebih dari tiga hari." Ini adalah sesuatu yang orang tahu karena ia mengungkapkan pernyataan bahwa seseorang dapat memperolehnya dengan alasan saja. sedangkan untuk a posteriori menjawab, "George V memerintah dari 1910 hingga 1936." Ini adalah sesuatu yang (jika benar) seseorang harus mengetahui karena ia mengungkapkan fakta empiris yang tidak dapat diketahui hanya dengan alasan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut Imannuel Kant sebenar-benarnya rationalisme bersifat analitik a priori dan sebenar-benar pengalaman bersifat sintetik a posteriori. Analitik memiliki arti logis, konsisten, dan koheren, maka kebenarannya logika disini adalah koherenfisme. Sintetik ini adalah apersepsi, persepsi, sebab akibat, cocok, atau koresponden, maka kebenarannya adalah correspondensianisem. Pikiran kita bersifat logis adalah validitas isi. Arti dari a priori yaitu betul tanpa melihat, sementara a posteriori memiliki arti betul setelah melihat. Sehingga sebenar-benar ilmu menurut Imannuel Kant adalah sintetik a priori.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    apriori merupakan suatu sistem pengambilan kesimpulan yang tidak berbasis pada fakta yang telah ditemui. Fakta yang muncul dihadapan sebagai sebuah pengalaman tidak dipandang menjadi syarat mutlak untuk menyimpulkan sesuatu hal. Kesimpulan dapat diambil tanpa harus mengalami suatu permasalah yang dikaji. Apriori muncul untuk menkritik filsafat empriris yang selalu bergantung dengan pengalaman. Prinsip yang bertolak belakan dengan apriori adalah aposteriori.
    Pada dasarnya keduanya memiliki porsi masing-masing. apriori memberikan jalan pintas untuk menyimpulkan sesuatu tanpa harus mengalami. Hal ini berhubungan dengan sesuatu fenomena tetap seperti makanan dengan cabe pasti rasanya pedas, es pasti dingin. Tanpa ada kontak fisik untuk memperoleh pengalam kita sudah dapat memberikan kesimpulan. Namun terdapat beberapa hal yang bukan merupakan porsi apriori. Ketika kita tidak memiliki sebuah kepastian terhadap sesuatu maka pengalaman menjadi hal yang sangat penting sebagai dasar penarikan kesimpulan. Malam ini akan turun hujan, kalimat yang butuh pembuktian dengan fakta hujan turun pada malam ini.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, apriori berarti dari yang lebih dulu atau sebelum, sedangkan aposteriori berarti dari yang sesudah. Nah misalnya, A mengetahui bahwa di dalam dada manusia ada banyak organ tubuh dalam seperti paru-paru, jantung, dan lainnya. Dia tahu tetapi belum pernah melihatnya secara langsung. Apa yang dia ketahui maka pengetahuan yang dia miliki disebut Apriori. Sedangkan contoh yang kedua, misalnya B mengetahui bahwa didalam dada manusia terdapat paru-paru, jantung dan lain-lainnya. Dia tahu karena sudah melihat secara langsung organ dalam manusia. Ini disebut aposteriori. Jadi kuncinya, apriori itu sebelum, dan apoteriori itu sesudah mendapatkan pengalaman.

    ReplyDelete
  8. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Apriori dan aposteriori digunakan dalam filsafat untuk membedakan dua jenis pengetahuan yaitu pengetahuan apriori dan pengetahuan aposteriori. Pengetahuan apriori merupakan pengetahuan yang berasal dari sebelum pengalaman, sedangkan aposterori merupakan pengetahuan yang didapat setelah pengalaman. Hal ini berarti konsep pengetahuan apriori sudah ada sebelumnya berupa sesuatu yang rasional, sedangkan konsep pengetahuan aposteriori diperoleh dari pengalaman yang diperoleh seseorang.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara harfiah, a priori berarti yang lebih dulu atau sebelum, sedangkan a posteriori berarti dari apa yang sesudah. Menurut Immanuel Kant, pembeda dari a priori dan a posteriori adalah berasal dari pengalaman dan tidak berasal dari pengalaman serta apakah suatu konsep dapat dibuktikan kebenarannya dengan memberikan alasan atau tidak. A posteriori berasal dari pengalaman yang sudah didapat dan kebenarannya merujuk pada pengalaman tertentu, sedangkan a priori tidak berasal dari pengalaman dan kebenarannya didapat berdasarkan logika.

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Priori dalam bahasa latin berarti unsur-unsur dan a berarti “tidak” atau “sebelum”. A priori merupakan pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Dengan kata lain, a priori merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Dan kebalikan dari a priori adalah a posteriori yaitu segala sesuatu yang bergantung dengan pengalaman.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Menurut Immanuel Kant, pembedaan antara a posteriori dan a priori merupakan pembedaan antara apa yang berasal dari pengalaman dan apa yang tidak berasal dari pengalaman, atau apakah suatu konsep dapat dibuktikan kebenarannya dengan memberikan suatu alasan dan penyebabnya atau tidak. Pembedaan tersebut kemudian berkembang menjadi pembedaan antara pengetahuan empiris dengan yang bukan empiris.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Apriori merupakan sumber pengetahuan yang diperoleh manusia dengan mengandalkan penalaran atau rasio. Kant menyatakan bahwa apriori berasal dari dugaan tanpa bergantung pada pengalaman yang bisa ditangkap oleh inderawi. Sedangkan, aposteriori merupakan sumber pengetahuan yang diperoleh dari observasi atau percobaan. Aliran rasionalisme sangat dibutuhkan dalam cara kerja dari apriori berada pada ruang lingkup ilmu-ilmu pasti yang biasanya disebut dengan cara deduksi. Sementara itu aposteriori mempunyai cara kerja yang berada pada ruang lingkup ilmu-ilmu empiris yang sering disebut dengan cara induksi.

    ReplyDelete
  13. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Kata A Priori berasal dari bahasa latin yang berarti pengetahuan yang diperoleh sebelum pengalaman. A Priori adalah pengetahuan yang diperoleh tanpa pengalaman langsung. Sedangkan dan A Posteriori berasal dari bahasa latin yang berarti pengetahuan yang diperoleh sesudah pengalaman. Pengetahuan diperoleh dari pengalaman, entah dari pengalaman langsung seperti melihat, merasakan, mendengarkan maupun pengalaman tak langsung seperti membaca buku, mendengarkan cerita orang lain, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  14. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    A priori sama seperti halnya menduga. Kita belum tahu bagaimana penyelesaian tetapi kita menduga jawabannya. Dalam pembelajaran sendiri siswa sering melakukan apriori ketika menduga sebuah persoalan yang belum dijelaskan cara mengerjakannya. Akan tetapi ketika materi sudah dijelaskan maka pengetahuan siswa bukan apriori lagi tetapi a posteriori karena siswa sudah mempunyai ilmu untuk menyelesaikan soal tersebut.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    A priori berari dari yang dulu atau sebelum, sedangkan a posteriori berarti dari apa yang sesudah. Pengetahuan atau justifikasi a priori tidak bergantung pada pengalaman, seperti matematika 3 + 2 = 5. Sedangkan pengetahuan atau pembenaran a posteriori bergantung pada pengalaman atau bukti empiris , seperti pembuktian sains dan pengalaman pribadi. Meskipun definisi dan istilah-istilah ini bervariasi dalam sejarah filsafat, namun para filsuf sepakat untuk melabeli dua gagasan epsitimologis secara terpisah.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    A priori artinya dari sebelum sedangkan a posteiori berarti dari sesudah. Apriori
    menyatakan bahwa sumber pengetahuan itu berasal dari sebelum pengalaman. Pengetahuan aposteriori adalah pengetahuan yang didapat setelah pengalaman. Sehingga dapat disimpulkan apriori adalah pengetahuan yg ada sebelum bertemu dengan pengalaman / pengetahuan yg tidak tergantung pd pengalaman. Sedangkan aposteriori merupakan pengetahuan yg lebih menekankan pengamatan dan pengalaman indrawi.

    ReplyDelete
  17. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Secara etimologi apriori berarti sesuatu yang lebih dulu atau sebelum, sedangkan aposteriori berarti dari apa yang sesudah atau setelahnya. Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Sedangkan a posteriori adalah suatu sumber pengetahua yang diperoleh dari observasi atau percobaan. Dengan kata lain a posteriori merupakan hasil dari data empiris, indra pengalaman, atau pengetahuan empiris.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Sejalan dengan Immanuel Kant yang menganggap pembedaan antara aposteriori dan apriori sebagai pembedaan antara apa yang berasal dari pengalaman dan apa yang tidak berasal dari pengalaman, atau apakah suatu konsep dapat dibuktikan kebenarannya dengan memberikan alasan atau sebabnya atau tidak. Pembedaan tersebut selanjutnya berkembang menjadi pembedaan antara pembedaan empiris dan pengetahuan bukan empiris.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Quine berpendapat bahwa perbedaan analitik-sintetik tidak sah. Quine menyatakan: "Tetapi untuk semua alasan kewajarannya, batas antara pernyataan analitik dan sintetik sama sekali belum ditarik. Bahwa ada pembedaan yang harus ditarik sama sekali adalah dogma empiris para empiris, sebuah artikel iman metafisik." Sementara keluhuran kritik Quine sangat diperdebatkan, itu memiliki

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Jika berkaitan dengan pengalaman atau hasil dari inderawi, maka bisa dikatakan bahwa pengetahuan berasal dari hal tersebut. Setidaknya itulah yang diyakini oleh para penganut empirisme. Mereka menolak pengetahuan yang hanya berlandaskan akal karena dipandang sebagai spekulasi belaka yang tidak berdasarkan realitas, sehingga berisiko tidak sesuai dengan kenyataan. Pengetahuan yang sejati harus dan seharusnya berdasarkan kenyataan sejati yakni realitas. Dan terdapat istilah “A Posteriori”, yaitu pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman inderawi. A posteriori berkaitan dengan pengambilan kesimpulan dengan cara induksi. Dan kebalikan dari A Posteriori adalah “A Priori”, yaitu pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. A priori cara kerjanya berada ruang lingkup ilmu-ilmu pasti yang biasanya disebut dengan cara “deduksi”, karena lingkup mendahului adanya kenyataan, maka sangat mengandalkan “rasio” atau akal. Rasionalisme merupakan aliran yang mengakui bahwa pengetahuan itu pada hakikatnya berdasar pada akal. Akal merupakan penggerak dari sebuah kesanggupan untuk berpikir. Tanpa pikiran, tentu tidak ada sesuatu yang dipikirkan , dan tidak ada yang diketahuinya. Rasionalisme menolak pengetahuan yang hanya berdasarkan pengamatan dan pengalaman. Akhirnya Aristoteles menggabungkan antara Aprori dan Aposteriori. Munculnya faham fenomenalisme ajaran Immanuel Kant [1724-1804] yang mendamaikan pertentangan antara rasionalisme dan empirisme. Faham ini menjelaskan bahwa pengetahuan manusia merupakan paduan atau sintesa antara unsur-unsur apriori dan aposteriori. Dari sintesa tersebut dapat dirumuskan secara holistik baik secara empiris yang juga dilandasai penalaran logis.

    ReplyDelete
  21. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    A priori merupakan pengetahuan yang tidak kita alami lebih dahulu atau tida membutuhkan pengalama dulu. Misalnya saja hasil dari 1 + 2 = 3, untuk memperoleh hasilnya kita tidak menggunakan pengalaman yang banyak atau pengalaman empirism, seperti halnya menghitung 3 × 2.000 = 6.000, untuk memperoleh hasilnya, kita tidak menghitung atau belum pernah menghitung hasilnya secara empiris namun kita sudah mengetahui cara menyelesaikan dan memperoleh hasil yang benar.

    ReplyDelete
  22. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    A posteriori merupakan pengetahuan yang diperoleh setelah pengalaman maka kebenarannya berasal dari fakta dengan memberikan bukti atau alasannya. Contoh pengetahuan a posteriori adalah bawah salju itu berwarna putih, pelangi berwarna warni, batu yang besar itu berat, dan lainnya. Menurut Kant, pengetahuan yang digunakan untuk memberikan penjelasan mengandung unsur a priori dan a posteriori yang mencakup rasionalisme dan empirisisme.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Apriori berasal dari kata ‘prius’ yang berarti unsur-unsur dan kata ‘a’ yang berarti sebelum. Jadi dapat dikatakan apriori merupakan suatu unsur atau suatu ilmu pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Aposteriori berasal dari kata ‘post’ yang berarti sesudah. Jadi aposteriori memandang bahwa pengetahuan diperoleh sesudah melalui pengalaman.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Apriori merupakan kebenaran yang dihasilkan dari intuisi rasional yang merupakan kebenaran umum yang diyakini kaum rasionalis. sedangkan aposteriori adalah kebenaran-kebenaran yang dihasilkan melalui observasi.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Apriori dan aposteriori diperkenalkan oleh Immanuel Kant. Apriori is the truth where it is independent from the experience. This means that whether you experience it or not, it is still true however, aposteriori is different. Aposteriori is the truth where you experience it or there is evidence about it.

    ReplyDelete
  26. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Apriori berasal dari bahasa latin yang berarti unsur-unsur dan a berarti “tidak” atau “sebelum”, jadi Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman. Atau dengan kata lain, sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Hal ini dipakai untuk mengkritik filsafat empirisme yang hanya menekankan yang logis, yang dialami, yaitu selalu bergantung pada pengalaman, hal itu disebut aposteriori.

    ReplyDelete
  27. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Saya ingin membeli baju. Karena saya tidak punya waktu untuk pergi ke mall, saya membelinya di toko online yang memiliki rating dan review baik dari pelanggan-pelanggan lain. Saya percaya baju yang saya beli adalah baju yang bagus dan cocok untuk saya walaupun saya belum pernah melihat wujudnya. Inilah apriori.

    Lain waktu, saya ingin membeli baju lagi. Karena baju yang saya dapat saat berbelanja di toko online tidak sesuai ekspektasi saya, saya memutuskan pergi ke mall dan membeli baju di salah satu toko baju. Saya melihat-lihat dulu baju yang didisplay, lalu membeli satu yang saya suka. Inilah aposteriori.

    ReplyDelete
  28. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Apriori merupakan pengetahuan atau pemahaman mengenai suatu hal sebelum benar-benar mengalami hal tersebut. Sedangkan aposteriori merupakan pengetahuan atau pemahaman mengenai suatu hal setelah benar-benar mengalami hal tersebut.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  29. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    A priori merupakan kemampuan kebenaran pengetahuan didapatkan tanpa harus melakukan pengalaman (rasio/ akal), sedangkan a posteriori merupakan kebenaran didasari dengan pengalaman atau bukti secara nyata (empiris). Salah satu contoh A priori adalah dalam matematika 2+5=7, sedangkan a posteriori banyak ditemui dalam aspek ipa. Secara lebih sederhana contoh a priori adalah ketika seseorang memilih furniture di sebuah toko mebel, ia hanya menelfon dan memesan barang secara langsung barang tanpa harus melihat karena sudah percaya dengan pemberi jasa, namun ada pula orang yang a posteriori, dimana ia harus melihat kondisi dari furniture yang ia beli terlebih dahulu sehingga ia yakin. Dalam kehidupan kita, baik proses a priori dan a posteriori merupakan hal penting yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan.

    ReplyDelete
  30. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dikatakan a priori karena tidak berlandaskan pada pengalaman sedangkan dikatakan a posteriori karena membutuhkan bukti nyata menyertainya. Kedua jenis pengetahuan ini exist dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Praktik a priori tanpa disadari terjadi adanya, terkadang hanya dengan mendengarkan deskripsi atau gambaran terhadap seseorang, makanan ataupun mungkin sebuah destinasi liburan maka hal itu menjadi patokan dalam mengambil keputusan. Sedangkan salah satu contoh a posteriori adalah dalam dunia pendidikan, katakanlah ibarat menulis tesis. Didalamnya kita diwajibkan untuk menyatakan teori dan hasil berdasarkan bukti empiris yang ditemukan di lapangan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    S2 PEP A 2019
    Assalamu'alaikum wr.wb

    Prose berpikir yang dikembangkan oleh manusia semakin memberikan pemahaman dan pengertian. Dari pengembangan pikir ditemukan dua model yang mewakili kelompok ilmu. Pertama yang mementingkan pengamatan yaitu empiris maknanya meraba atau aposteriori.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    S2 PEP A 2019
    Assalamu'alaikum wr.wb

    Kedua adalah ilmu yang seakan-aka ingin menangkap keniscayaan secara apriopri dengan mengandalkan penalaran/rasio. Rasionalisme merupakan aliran yang mengakui bahwa pengetahuan itu pada hakikatnya berdasar pada akal / rasio. Akal merupakan penggerak dari sebuah kesanggupan untuk berpikir. Tanpa pikiran tentu tidak ada sesuatu yang dipikirkan dan tidak ada yang diketahui. Tokohnya Rene Decartes, Leibnitz, Wolff.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  33. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Pengertian apriori dan aposteriori memiliki perbedaan namun dalam ranah ruang dan waktu pembicaraan yang sama. apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman atau pengetahuan yang tidak bergantung pada pengalaman. Sementara aposteriori merupakan pengetahuan yang lebih menekankan pengamatan dan pengalaman indrawi. Perbedaan lainnya singkatnya adalah apriori tidak tergantung pada pengalaman. Sementara aposteriori memerlukan pengamatan/ pengalaman sebelumnya sebelum menjadi pengetahuan. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah a priori dan a posteriori berasal dari Bahasa Latin, dimana a priori (lit; "dari yang sebelumnya") dan a posteriori (lit; "dari yang terakhir") Pengetahuan apriori mengacu pada pengetahuan yang dibenarkan terlepas dari pengalaman, yaitu pengetahuan yang tidak bergantung pada bukti pengalaman atau surat perintah. Sebaliknya, pengetahuan a posteriori dibenarkan melalui pengalaman, dan karena itu tergantung pada bukti atau pengalaman. Perbedaan antara pengetahuan apriori dan a posteriori dapat dipahami sesuai dengan perbedaan antara pengetahuan non empiris dan empiris. Pengetahuan matematika secara paradigmatik apriori, sedangkan kebenaran fisika, kimia, dan biologi adalah contoh pengetahuan a posteriori.

    ReplyDelete
  35. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan salah satu artikel yang sudah dibagikan diatas, A priori dan posteriori merupakan suatu hal yang berbeda. A priori merupakan pengetahuan yang ada atau awal yang tidak berdasarkan pengalaman melainkan berdasarkan akal atau logika sedangkan posteriori merupakan pengetahuan yang didasarkan dari panca indera atau pengalaman dunia nyata. Dalam mempelajari pengetahuan kita harus menggunakan keduanya sehingga kita dapat mengambil manfaatnya dan menutupi kekurangan dari masing-masing hal tersebut.

    ReplyDelete
  36. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Apriori adalah pengetahuan yang ada sebelum bertemu dengan pengalaman.Atau dengan kata lain, sebuah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa seseorang dapat berpikir dan memiliki asumsi tentang segala sesuatu, sebelum bertemu dengan pengalaman dan akhirnya mengambil kesimpulan. Hal ini dipakai untuk mengkritik filsafat empirisme yang hanya menekankan yang logis, yang dialami, yaitu selalu bergantung pada pengalaman, hal itu disebut sebagai aposteriori.
    Asal kata apriori adalah bahasa Latin prius yang berarti unsur-unsur, dan a berati "tidak" atau "sebelum", jadi, apriori adalah unsur-unsur sebelum, yaitu sebelum bertemu dengan pengalaman.Dan unsur-unsur yang dimaksud adalah kategori-kategori yang dimiliki manusia yang dipakai untuk mengolah data inderawi sehingga menghasilkan pengetahuan yang sahih atau handal. Istilah ini paling sering dan penting dikemukakan oleh Imanuel Kant, seorang filsuf besar.

    ReplyDelete