Dec 2, 2012

NOUMENA





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NOUMENA, silahkan konek:






Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Noumena dapat didefinisikan sebagai objek atau peristiwa yang diajukan secara independen berdasarkan persepsi ataupun definisi manusia. Berdasarkan apa yang dikemukakan oleh Kant, secara filsafat noumena adalah ungkapan yang merujuk pada realitas yang tidak dapat diketahui dan tak terlukiskan atau terletak di balik fenomena yang diamati. Hal ini sejalan dengan apa yang Bapak Marsigit kemukakan pada perkuliahan filsafat ilmu mengenai noumena, yaitu sesuatu yang tidak bisa kita pikirkan, hanya dapat direnungkan dalam hati dan perasaan.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Noumena merupakan sebuah obyek atau kejadian yang dapat dirasakan tanpa menggunakan alat indra, tetapi dengan menggunakan olah pikir. Hal ini berarti noumena dapat dirasakan namun sulit untik diartikan. Noumena berkaitkan dengan bagaimana kita mampu berpikir mengemukakan ide-ide kita. Kita mampu memahami noumena sesuai dengan apa yang ada dalam pemikiran kita. noumena berarti kita melihat suatu fenomena atau peristiwa pada tingkat kedua dan seterusnya. Memikirkan apa refleksi di balik peristiwa atau fenomena tersebut.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Noumena bukan merupakan suatu paham, melainkan pembagian atau kriteria. Noumena merupakan makna hakiki dari segala sesuatu yang tidak bisa diketahui atau dipersepsi dengan panca indera. Menurut I Kant, noumena merupakan entitas yang menyebabkan adanya fenomena. Segala sesuatu yang tidak dapat dipersepsi oleh panca indera tersebut dipikirkan sehingga menjadi ada. Misalnya Tuhan. Tuhan tidak dapat dipersepsi melalui panca indera, tetapi sudah jelas sekali bahwa Tuhan itu ada. Jadi, Tuhan itu ada karena bisa dipikir tapi tak bisa dilihat dan itu merupakan noumena.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dalam Metafisika noumenon merupakan objek atau peristiwa yang diwakilkan secara independendari kesadaran atau persepsi manusia. Istilah noumenon umumnya digunakan dalam hal-hal yang berkaitan dengan fenomena istilah yang mengacu pada apapun yang dapat dipahami oleh objek indra. Dalam fisafat kantian, noumenon yang tidak dapat diketahui sering dikaitkan dengan “hal dalam dirinya” yang tidak dapat diketahui. Pada dasarnya memang tidak mudah mengetahui apa yang ada dalam diri sendiri. Bahkan terkadang juga bingung dengan apa yang kita mau. Oleh karena itu, noumenon berhubungan dengan sesuatu yang dapat diketahui dengan alat indra maupun dengan pengalamannnya dan sesuatu yang tidak dapat diketahuinya seperti hal yang mendalam pada diri sendiri.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu tersebut dan yang menjadi bayangan dari noumena yaitu idea. Noumena digunakan untuk menyebutkan suatu objek dengan menggunakan panca indera. Kant merumuskan lebih lanjut mengenai apa yang disebut sebagai NOUMENA. Noumena adalah sesuatu dalam dirinya sendiri. Sedangkan apa yang menjadi citra atau bayangan dari noumena atau IDEA (dalam bahasa plato) oleh Kant disebut sebagai fenoumena.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Noumena merupakan esensi dari segala sesuatu. Noumena merupakan antitesis dari fenomena dinama noumena tersusun atas berbagai macam bagian yang muncul dari fikiran. Noumena merupakan sesuatu yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera karena merupakan part dari suatu gagasan dalam fikiran. Noumena inilah yang mendasari adanya fenomena, sesuatu yang dapat ditangkan dan dirasa dengan panca indera.

    Sebuah kursi merupakan fenomena. Bentuknya dapat dilihat, permukaanya dapat diraba untuk diketahui halus tidaknya, aromanya dapat dirasa, itulah fenomena. Akan tetapi dia tidak akan menjadi kursi jika tidak ada anggapan itu adalah sebuah kursi. Harus ada ke-kursi-an dalam benda tersebut maka baru dapat dikatakan sebagai kursi. Itulah noumena, ide yang tidak dapat ditangkap panca indera namun menentukan persepsi terhadap suatu fenomena.

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Noumena bahwa Perbedaan yang krusial antara noumenon dan benda-benda itu sendiri adalah bahwa menyebut sesuatu sebagai noumenon berarti mengklaim semacam pengetahuan, sedangkan Kant bersikeras bahwa benda-benda itu sendiri tidak dapat diketahui. Penerjemah telah memperdebatkan apakah klaim terakhir masuk akal: tampaknya menyiratkan bahwa kita mengetahui setidaknya satu hal tentang hal-dalam-dirinya sendiri (yaitu, bahwa itu tidak dapat diketahui). Tetapi Stephen Palmquist menjelaskan bahwa ini adalah bagian dari definisi Kant tentang istilah tersebut, sampai-sampai siapa saja yang mengklaim telah menemukan cara untuk membuat hal yang diketahui dirinya sendiri harus mengadopsi posisi non-Kantian. Hal tersebut dituliskan dalam link yang disajikan.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu tersebut dan yang menjadi bayangan dari noumena yaitu idea. Noumena digunakan untuk menyebutkan suatu objek dengan menggunakan panca indera. Menurut kant noumena merupakan entitas entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena. Menurut saya, contoh noumena sulit untuk dikatakan dan dituliskan, tetapi dapat dipikirkan. Hal itu terbukti bahwa noumena ada. Jika tidak ada dalam pikiran, maka tidak mungkin ada istilah noumena.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu tersebut yang tidak dapat dijelaskan dengan persepsi panca indera. Segala sesuatu yang ditangkap melalui panca indera baik itu perasaan, emosi, gambaran lewat mata, suara dari telinga, rasa dari sentuhan lidah atau kulit, dan segala sesuatunya hanyalah merupakan hasil dari bayang diri individu itu sendiri atau dari hasil apa yang dirasakan dan apa yang dipikirkan.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Noumena merupakan sesuatu dalam dirinya sendiri. Apa yang menjadi citra atau bayangan dari noumena adalah idea, yang oleh Kant disebut sebagai fenoumena. Pengetahuan empiris melalui penelitian-penelitian sains merupakan pengetahuan dari fenoumena. Segala sesuatu yang ditangkap oleh indera kita baik itu perasaan, emosi, suara, rasa, dan semuanya merupakan entitas fenoumena. Waktu, jarak, ruang, dan benda hanyalah entitas fenoumena . Menurut kant noumena merupakan entitas entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Noumena dan fenoumena memiliki konsep yang berkebalikan. Noumena merupakan sesuatu yang berasal dari individu atau sesuatu itu sendiri. Noumena dapat digunakan untuk menyebutkan suatu obyek dengan menggunakan panca indera yang kita miliki, sedangkan fenoumena merupakan segala sesuatu yang nampak dengan panca indera. Dengan kata lain, noumena merupakan entitas yang menyebabkan adanya fenoumena.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Noumena menurut Immanuel Kant merupakan entitas, tak terwujud namun memiliki bayangan. Beberapa referensi mengatakan bahwa noumena adalah sesuatu yang ada dalam diri sendiri, sedangkan apa yang menjadi citra atau bayangan dari noumena disebut sebagai fenomena. Dengan kata lain fenomena sebagai sesuatu yang terlihat atau ditangkap oleh indera kita, sedangkan sebaliknya noumena adalah yan tidak terlihat atau tidak mampu dipikirkan.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Impikasi Noumena dalam ilmu pengetahuan dapat dijabarkan sebagai berikut. Pengetahuan empiris yang melalui penelitian-penelitian sains merupakan pengetahuan dari fenomena. Segala sesuatu yang kita tangkap melalui indera kita baik itu perasaan, emosi, gambaran lewat mata, suara dari telinga, rasa dari sentuhan, dan segala sesuatunya hanyalah merupakan entitas fenomena. Sedangkan noumena tidak akan pernah dapat kita ketahui karena noumena merupakan entitas-entitas yang menyebabkan adanya fenomena-fenomena

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Noumena adalah sesuatu yang ada di dalam dirinya sendiri. Sedangkan fenomena merupakan apa yang menjadi bayangan dari noumena. Fenomena merupakan penampakan dari noumena. Penampakan ini menurut Kant sudah dipengaruhi kualitas dan kuantitasnya menurut ruang dan waktu serta. Hal ini menurut Kant sangat bergantung dari persepsi yang terdapat dalam pikiran manusia tersebut. Dalam membuat suatu persepsi sangat dipengaruhi oleh kategori-kategori dalam menilai suatu objek yang dipersepsikan tersebut.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Istilah Noumena berasal dari Yunani yaitu Noumenon. Noumena dan fenomena memiliki konsep yang berkebalikan. Noumena merupakan sesuatu yang berasal dari dalam diri individu. Immanuel Kant memberikan sudut pandang bahwa sudut pandang noumena itu mungkin ada tetapi sepenuhnya tidak dapat diketahui melalui sensai manusia seperti akal dan persepsi manusia. Noumenon yang tidak dapat diketahui biasanya sering dikaitkan dnegan apa yang ada dalam diri manusia.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Noumena itu sendiri tidak bisa dicapai oleh pengetahuan manusia, dan karenanya, ia merupakan sesuatu yang asing bagi kita. Noumena tidak akan mampu dipahami oleh akal indera manusia, karena akal indera manusia hanya mampu mencapai fenomena.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Menurut akun Kant, ketika seseorang menggunakan konsep untuk menggambarkan atau mengkategorikan noumena (objek penyelidikan, investigasi, atau analisis cara kerja dunia), ia menggunakan cara untuk menggambarkan atau mengkategorikan fenomena (manifestasi yang dapat diamati dari objek penyelidikan tersebut) , investigasi atau analisis). Kant mengemukakan metode-metode yang dengannya pemahaman manusia masuk akal dan dengan demikian mengarahkan fenomena yang muncul di benak: konsep-konsep estetika transendental, serta konsep analitik transendental, logika transendental, dan deduksi transcendental. Terimakasih367. Menurut akun Kant, ketika seseorang menggunakan konsep untuk menggambarkan atau mengkategorikan noumena (objek penyelidikan, investigasi, atau analisis cara kerja dunia), ia menggunakan cara untuk menggambarkan atau mengkategorikan fenomena (manifestasi yang dapat diamati dari objek penyelidikan tersebut) , investigasi atau analisis). Kant mengemukakan metode-metode yang dengannya pemahaman manusia masuk akal dan dengan demikian mengarahkan fenomena yang muncul di benak: konsep-konsep estetika transendental, serta konsep analitik transendental, logika transendental, dan deduksi transcendental. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Menururt Kant, dunia noumena mungkin ada, tetapi ia sepenuhnya tidak dapat diketahui melalui sensasi manusia. Noumena bukan untuk pemahaman kita objek khusus, yaitu objek yang dapat dipahami. Perbedaan penting antara noumenon dan benda itu sendiri adalah bahwa menyebut sesuatu benda noumenon adalah mengklaim semacam pengetahuan, sedangkan Kant bersikeras bahwa benda itu sendiri tidak dapat diketahui. Dengan kata lain, noumena merupakan definisi hakiki dari benda itu sendiri yang tidak dapat kita jelaskan dengan persepsi panca indera. Seperti halnya kita setidaknya tidak dapat mewakili atau menunjuk diri kita sendiri, mungkin ini yang dikatakan objek noumena.

    ReplyDelete
  20. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Noumena merupakan suatu objek atau peristiwa atau kejadian yang terjadi secara independen namun tidak dapat dirasakan oleh kita lewat panca indera manusia, tergantung pada definisi setiap orang karena noumena terjadi bukan atas dasar pemahaman manusia. Sehingga fenomena yang terjadi tidak dapat secara langsung digambarkan secara khusus oleh manusia namun hanya bisa dirasakan tanpa panca indera dan tanpa butuh pemahaman.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Noumena merupakan kebalikan dari fenomena. Noumena bersifat terselubung dari pikiran dan indera. Noumena berasal dari dalam diri seseorang merupakan sebuah intuisi murni terlepas dari fenomena yang dialami. Salah satu tokoh dalam aliran ini adalah Kant, ia membedakan antara fenomena dan noumena.

    ReplyDelete
  22. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dalam metafisika, noumena adalah objek atau peristiwa yang dinyatakan yang ada secara independen dari akal dan / atau persepsi manusia. Istilah noumena umumnya digunakan ketika dikontraskan dengan, atau dalam kaitannya dengan, istilah fenomena, yang merujuk pada apa pun yang dapat dipahami oleh atau merupakan objek indera.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    After I read the article about noumena from wikipedia, I still do not understand why noumena and thing in itself can be stated as synonymous. Then, there is sentence that noumena and thing in itself is loosely synonymous, it may be same in the concept but it is different from the point of view.

    ReplyDelete
  24. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang sudah diberikan Prof. dalam metafisika, moumenon adaah objek atau peristiwa yang diajukan yang ada secara independen dari akal dan persepsi manusia. Istilah noumenon umumnya digunakan ketika dikontraskan dengan istilah fenomena yang merujuk pada apapun yang dapat dipahami atau merupakan objek indera. Filsafat modern pada umumnya skeptis terhadap kemungkinan pengetahuan yang terlepas dari indera dan Immanuel Kant memberikan sudut pandang ini ungkapan bahwa dunia noumenal mungkin ada, tetapi ia sepenuhnya tidak dapat diketahui melalui sensasi manusia.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Kemampuan indera manusia adalah terbatas. Ada hal-hal di dunia ini yang keberadaannya tidak dapat diketahui manusia karena berada di luar jangkauan kemampuan inderawinya. Itulah noumena. Noumena menjelaskan keberadaan realitas non-material yang berada di luar dimensi ruang dan waktu dan tidak dapat dijelaskan dengan pengalaman inderawi manusia. Contoh noumena (semoga saya tidak salah memahami) adalah surga dan neraka. Manusia percaya keberadaan surga dan neraka namun keterbatasan indera manusia tidak mampu menejelaskan secara pasti keberadaan keduanya. Saya simpulkan, (sekali lagi, semoga saya tidak salah memahami) noumena adalah upaya para filsuf untuk menjelaskan hal-hal non-material, yang identik dengan keimanan, secara rasional kepada manusia yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau roh.

    ReplyDelete
  26. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Noumena merupakan kata yang digunakan untuk menunjukan hal tidak diketahui, tidakdapat dideskripsikan, dan juga hal dibalik fenomena yang teramati. Dengan kata lain noumena merupakan hal atau peristiwa yang tidak dapat ditangkap oleh indera manusia, dalam tulisan lain dikatakan noumena adalah lawan dari fenomena (sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera manusia). Menurut pandangan Immanuel Kant, noumena mungkin saja ada, namun tidak dapat diketahui melalui indera manusia.

    ReplyDelete
  27. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Imanuel Kant adalah filsuf yang mengemukakan bahwa noumena adalah sebuah realiatas dimana tidak diketahui, tidak tergambarkan sekalipun pada fenomena yang sedang diamati. Contoh nyata yang diberikan dalam perkuliahan adalah hal – hal yang hanya bisa dirasakan tanpa mampu kita pikirkan adalah salah satu contoh noumena. Dalam tulisan ini pesan yang saya hayati adalah sebagai manusia tidak sempurna kita hanya menjalankan, segala apa yang akan terjadi adalah rencana Tuhan sang pemilik hidup. Oleh karena itu, berusaha melakukan apa yang kita bisa dan mampu adalah wujud dari mensyukuri.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, terimakasih Bapak Marsigit atas informasinya. Immanuel kant membagi realitas kedalam dua kutub yang memiliki karakteristik yang berbeda antara fenomena-noumena.fenomena sebagai wilayah yang bisa ditangkap-diketahui dan atau difahami,sedang noumena sebagai wilayah yang tidak bisa ditangkap-tidak bisa diketahui dan atau tidak bisa difahami.tetapi pemahaman manusia terhadap konsep demikian sebenarnya tidak akan sama sebab bisa bergantung pada cara pandang serta keluasan ilmu dari tiap individu.bagi saya sendiri dalam upaya memahami serta mendalami konsep fenomena-noumena tidaklah hendak bergantung semata pada deskripsi Immanuel kant melainkan hanya mengambil dari Kant prinsip dasarnya saja atau sekedar meminjam ide nya.sebab itu jangan menyangka bahwa artikel ini adalah semacam penjelasan atas metafisika Kant terkait dualisme fenomena-noumena itu. Terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut Kant, noumena adalah sesuatu dalam dirinya sendiri. Kant juga menambahkan bahwa noumena sebagai entitas entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena. Namun noumena tidak dapat diketahui karena naoumena merupakan entitas penyebab fenoumena. Dengan demikian noumena adalah roh yang ada dalam setiap mahkluk. Manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki roh. Bahkan, batupun memiliki roh tergantung pada roh subjeknya. Batu dapat hidup tergantung subjek yang menghidupkannya karena noumena batu tergantung pada subjeknya.

    ReplyDelete
  30. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Secara sederhana neumena merupakan objek atau peristiwa yang diajukan yang ada secara independen dari pengertian dan / atau persepsi manusia. Menurut Immanuel Kant, dalam filsafat neumena adalah ungkapan yang hampir sama yang digunakan untuk merujuk pada realitas yang tidak dapat diketahui dan tak terlukiskan bahwa terletak "di belakang" dunia fenomena yang teramati. Bagi Kant, kita sama sekali tidak bisa mengatakan hal-hal selain hal yang kita lihat berdasarkan persepsi indra kita. Karena dalam ruang dan waktu, bentuk intuisi kita diproses dengan bentuk dasar (kategori) pemahaman kita atau yang disebut dengan fenomena.

    ReplyDelete
  31. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu. Noumena mempunyai bayangan yang disebut idea. Noumena digunakan untuk menyebutkan suatu objek dengan menggunakan panca indera. Sedangkan fenoumena adalah segala sesuatu yang nampak dengan panca indera. Noumena merupakan lawan dari fenomena. Menurut Immanuel kant noumena merupakan entitas yang menyebabkan adanya fenoumena.

    ReplyDelete
  32. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Noumena adalah segala hal yang berasal dari dalam diri seseorang namun tidak dapat dijelaskan dengan panca indera seperti ide. Kebalikan dari noumena adalah fenoumena, yaitu segala sesuatu yang nampak dengan panca indera. Noumena akan memunculkan fenoumena.

    ReplyDelete
  33. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Gas itu ada, namun keberadaannya tidak dapat kita pantau. Jika kita memiliki alat lain mendeteksinya, kita tetap tidak akan pernah tau bahwa gas itu ada. Demikian pula halnya dengan perangkat tubuh kita yang juga suatu perangkat yang masing-masing memiliki fungsi yang spesifik. Oleh karena itu, hal-hal lain mungkin saja ada, tetapi dalam hal ini tidak dapat kita tangkap, tidak dapat kita ketahui karena berada di luar jangkauan kemampuan perangkat tubuh kita sebagai manusia. Jadi, ada dunia benda-benda sebagaimana yang tampak di hadapan kita, yang oleh Immanuel Kant disebut dunia Fenomena. Inilah dunia yang dapat kita ketahui, dengan catatan bahwa pengetahuan di sini selalu bersifat subjektif, yakni bergantung pada sang subyek. Di sisi lain, ada dunia benda-benda sebagaimana adanya dalam diri mereka sendiri, yang oleh Kant disebut sebagai dunia Noumena, yang cara keberadaannya berbeda dengan keberadaan hal-hal yang kita kenali, yang disebut juga transendental, yakni bahwa hal ini ada, namun tidak dapat dikenali dalam pengalaman kita.

    ReplyDelete
  34. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete