Dec 3, 2012

SCIENTIFIC METHOD (METODE ILMIAH)





 Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami tenteng SCIENTIFIC METHOD (METODE ILMIAH), yaitu Epistemology Contemporer, bacalah berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

35 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018


    Scientific Method atau Metode saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang diusung oleh kurikulum 2013. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah, karenanya kurikulum 2013 mengamanatkan esensi metode saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Dalam metode ilmiah ini, lebih mengedepankan penalaran induktif dibandingan dengan penalaran deduktif. Metode ilmiah umumnya menempatkan bukti-bukti spesifik ke dalam relasi ide yang lebih luas. Metode ilmiah memuat serangkaian aktivitas yaitu pengumpulan data melalui observasi atau eksperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasikan, dan menguji hipotesis.

    ReplyDelete
  2. Ady Ferdian Noor
    S3 DikDas / 18706261004

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Pengetahuan hasil dari filsafat. Filsafat dihasilkan dari para pemikir filosof. Berpikir mencari kebenaran secara scientific method. Kebenaran akan pengetahuan bisa didapat dari pengalaman atau percobaan tetapi ada juga dari pemikiran yang bersifat metafisik. Maka kebenaran bersifat relatif akan terus berkembang mengikuti ruang dan waktu perkembangan zaman. Kita tidak dapat memastikan bahwa kita benar mutlak karena kebenaran yang mutlak hanya milik sang penguasa Tuhan Yang Maha Esa. Kita hanya dapat memodifikasi pengetahuan berdasarkan teori pemikiran para filosof. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut salah satu sumber tersebut, metode ilmiah merupakan bagian tehnik untuk menginvestigasi fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasi pengetahuan sebelumnya. Hal tersebut berdasarkan pada kumpulan yang dapat observasi, bukti empiris dan terukur untuk alasan prinsip yang spesifik, kumpulan data dalam observasi dan percobaan, dan formulasi dan pengujian hipotesis. Walaupun prosedur metode ilmiah sangat berbeda-beda dari satu bidang penyelidikan dengan yang lain, perbedaan sifat-sifat penyelidikan ilmiah bisa didentifikasi dari pengetahuan metodologi lainnya. Peneliti ilmiah mengajukan hipotesis sebagai penelasan fenomena dan mendesaik studi eksperimen untuk menguji hipotesis tersebut. Langkah tersebut haru diulang untuk memprediksi ketergantungan hasil di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Metode ilmiah atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai scientific method adalah proses berpikir untuk memecahkan masalah secara sistematis,empiris, dan terkontrol. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi, atau simpulan, bukan pula berdasarkan data atau fakta khusus. Proses berpikir untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata. Untuk memulai suatu metode ilmiah, maka dengan demikian pertama-tama harus dirumuskan masalah apa yang sedang dihadapi dan sedang dicari pemecahannya. Karena metode ilmiah dilakukan secara sistematis dan berencana, maka terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut dalam pelaksanaannya. Setiap langkah atau tahapan dilaksanakan secara terkontrol dan terjaga.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Metode saintifik adalah suatu metode yang dilaksanakan melalui proses dan urutan yang ilmiah sehingga dapat menghasilkan atau menemukan sesuatu sesuai tujuan dan dengan akurasi yang baik. Pendekatan ini penting untuk diadopsi di sekolah karena dapat membantu membentuk karakter siswa dalam menyikapi permasalahan di dunia luar. Dengan memiliki wawasan baik atau bahkan intuisi dalam menyelesaikan masalah berbasis metode ilmiah maka proses penyelesaian masalah menjadi akurat dan efektif.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Metode ilmiah adalah proses keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis melalui bukti fisis. Pada ilmu fisika, metode ilmiah memastikan didapatkannya suatu kesimpulan yang didukung oleh bukti-bukti dan tersusun secara sistematis. Jika tidak dilakukan metode ilmiah maka eksperimen-eksperimen yang dilakukan akan meragukan dan tidak dapat ditetapkan hukum atau rumus yang jelas akan terjadinya suatu fenomena fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah. 

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://www.iep.utm.edu/desc-sci/. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang metode saintifik dari René Descartes. Descartes merupakan tokoh yang mengusulkan agar semua ilmu menjadi demonstratif. Kemudian dalam cara Euclid membuat geometri demonstratif, yaitu sebagai rangkaian deduksi valid dari kebenaran yang terbukti sendiri. Dengan demikian menjadi sesuatu yang berakar pada observasi dan eksperimen.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://www.iep.utm.edu/hobmeth/. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang Thomas Hobbes: Methodology. Thomas Hobbes sendiri merupakan filsuf politik paling berpengaruh di Inggris yang pertama kali menemukan "ilmu politik" sejati. Metode geometri itu pasti, kepastian bukti geometris ilmu politik menunjukkan kebenaran politik juga. Menurut Hobbes, ilmu pengetahuan seperti itu sangat dibutuhkan oleh sesama warga Inggris karena perbedaan pendapat politik dan konflik terdengar terpisah dari negaranya. Perang saudara disebabkan oleh perbedaan pendapat tentang siapa otoritas politik utama dalam negara persemakmuran.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://plato.stanford.edu/entries/popper/. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang profil dari Karl Popper yang dianggap sebagai salah satu filsuf terbesar sains abad ke-20 dan juga merupakan filsuf sosial dan politik. Beliau juga seorang yang kritis-rasionalis, lawan yang berdedikasi dari semua bentuk skeptisisme, konvensionalisme, dan relativisme dalam sains dan dalam urusan manusia secara umum.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://plato.stanford.edu/entries/feyerabend/. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang profil dari Paul Feyerabend yang merupakan kritikus filsafat ilmu terutama upaya rasionalis untuk meletakkan atau menemukan aturan metode ilmiah. Beliau juga memberikan pengaruh yang sangat besar pada generasi sosiolog sains melalui relativisme, konstruktivisme sosial, dan irasionalisme yang nyata.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://plato.stanford.edu/entries/science-theory-observation/. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang Teori dan Pengamatan dalam Sains. Pada artikel yang ada dapat didapatkan bahwa sebuah teori dapat diwakili oleh lebih dari satu formulasi linguistik. Hal ini dikarenakan teori tersebut bukan merupakan sistem kalimat atau proposisi tetapi merupakan struktur non-linguistik yang dapat berfungsi sebagai model semantik representasi sentensial atau proposisional
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas link-link yang diberikan terkait metode ilmiah. Dari berbagai link yang ada, saya mengunjungi link https://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_method. Pada halaman tersebut, dapat diketahui tentang Metode Saintifik. Sejak abad ke-17, metode ilmiah adalah metode empiris dari akuisisi pengetahuan yang telah menandai perkembangan ilmu pengetahuan. Hal tersebut ditandai dengan melibatkan pengamatan yang mencakup skeptisisme tentang apa yang diamati. Seseorang menafsirkan suatu persepsi berdasarkan asumsi-asumsi kognitif dari apa yang diamati.Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  13. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Metode ilmiah lebih menekankan pada suatu penelitian yang dilakukan secara ilmiah atau secara sistematis dibantu dengan Bukti-bukti empiris yang ada. Metode ilmiah fokus pada penulisan hipotesis dan rumusan masalah yang nantinya hipotesis tersebut akan dibuktikan dengan hasil hasil penelitian yang akurat berdasarkan data empiris di lapangan dan sifatnya objektif.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Metode ilmiah adalah metode yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul atau metode untuk mencari pengetahuan baru. Metode ilmiah pada umumnya memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi atau ekperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasi, dan menguji hipotesis.

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari berbagai link yang ada dalam postingan ini, berdasarkan wikpedia metode ilmiah adalah seperangkat metodologi dan teknik keilmuan yang berupaya untuk mencari atau merevisi pengetahuan baru dengan sistem ketat investigasi fenomena. Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah jika melibatkan metode inkuiri yang yang berdasarkan pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai prinsip penalaran yang berlaku. Eksperimen sebaai suatu prosedur ilmiah mesti dilakukan untuk menguji hipotesis atau ekplanasi penting sebagai instrument utama dalam metode ilmiah.

    ReplyDelete
  16. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Metode ilmiah memiliki beberapa kriteria yaitu berdasarkan fakta, bebas dari prasangka, menggunakan prinsip-prinsip analisis, perumusan masalah atau pembuatan hipotesis, menggunakan ukuran objektif, menggunakan teknik kuantitatif atau ditambah kualitatif. Selain itu, metode ilmiah juga memiliki karakteristik bersifat kritis dan analitis, logis, objektif, empiris, dan konseptual. Kriteria dan karakteristik inilah yang harus dipegang oleh para peneliti-peneliti ilmiah agar karyanya diakui sebagai karya ilmiah.

    ReplyDelete
  17. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menerapkan pendekatan saintifik sebagai pendekatan pokok dalam pembelajaran yang diperkuat dengan pembelajaran discovery learning, inquiry learning, dan project based learning. Salah satu tanda keberhasilan dari pengaplikasian kurikulum 2013 dapat dilihat dari bagaimana suksesnya guru dalam menerapkan pembelajaran saintifik atau pendekatan saintifik ini dalam pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  18. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik secara keseluruhan mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada umumnya guru tidak terlalu mengalami kesulitan dalam mengembangkan bagian pendahuluan dan penutup, akan tetapi banyak kelemahan ditemukan atau terjadi dalam pengembangan bagian inti pembelajaran yang merupakan penerapan secara langsung dari pedekatan saintifik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  19. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Metode ilmiah dapatdiartikan sebagai langkah-langkah ilmiah untuk memecahkan sebuah permasalahan yang tersusun secara sistematis. Dikatakan ilmiah karena memenuhi unsur unsur ilmiah seperti ada permasalahan, kajian teori, kerangka berpikir, hipotesis, penelitian dan kesimpulan. Diharapkan dengan memenuhi unsur unsur tersebut sebuah karya ilmiah bisa tersusun secara bagus sehingga hasilnya maksimal dan menambah khasanah pengetahuan bagi yang menulis atau yang lainnya.dalam pembelajaran sekarang sudah menujusearah pembelajaran berbasis ilmiah ( scientific) yaitu siswa ditumbuhkan dan dibiasakan dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran, sehingga dalam pembelajaranpun menggunakan langkah scientific yaitu 5M, dari itu diharapkan siswa dapat mengkontruksi pengetahuan yang dimiliki sebalumnya untuk memperoleh pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  20. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Metode ilmiah sebagai proses berpikir untuk memecahkan suatu masalah secara sistematis,empiris, dan terkontrol. Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau pemecahannya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi, atau simpulan, bukan pula berdasarkan data atau fakta khusus. Proses berpikir ilmiah untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata

    ReplyDelete
  21. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Metode Saintifik atau dikenal juga sebagai metode ilmiah adalah tehnik-tehnik yang digunakan untuk menyelidiki suatu fenomena, menemukan, mengoreksi dan juga menghubungkan pengetahuan baru dan pengetahuan sebelumnya, kata ilmiah menggambarkan adanya bukti-bukti empiris yang dilandaskan pada penalaran, metode ini selalu diawali dengan adanya pengamatan kemudian menimbulkan keingintahuan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang kemudian memunculkan hipotesis. Hipotesis kemudian diuji untuk mendapatkan jawaban dan solusi dari permasalahan yang diamati.

    ReplyDelete
  22. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul. Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah. Langkah-langkah metode ilmiah yaitu merumuskan masalah, menemukan hipotesis, menetapkan variable, menetapkan prosedur kerja, mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, membuat kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian.

    ReplyDelete
  23. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Metode ilmiah juga dapat diartikan sebagai proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Penggunaan metode ilmiah, yang telah ditetapkan standar bakunya, perlu diterapkan dalam sebuah penelitian agar gagasan yang disampaikan dapat diterima oleh banyak kalangan. Metode ilmiah berarti peneliti dengan rinci melakukan observasi dan eksperimen untuk mendapatkan hasil yang relevan dan akurat.

    ReplyDelete
  24. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Bagi yang akan melakukan proyek sains, kegiatan sains di kelas, penelitian independen, atau penyelidikan sains lainnya yang memahami langkah-langkah metode ilmiah akan membantu Anda memfokuskan pertanyaan ilmiah dan bekerja melalui pengamatan dan data Anda untuk menjawab pertanyaan itu sebaik mungkin. Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Metode ilmiah adalah set metodologi dan teknik keilmuan yang berupaya untuk mencari atau merevisi pengetahuan baru dengan sistem ketat investigasi fenomena. Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah jika melibatkan metode inkuiri yang berdasarkan pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai prinsip penalaran yang berlaku. Eksperimen sebagai suatu prosedur ilmiah mesti dilakukan untuk menguji hipotesis atau eksplanasi awal dari problem yang muncul. Karenanya, eksperimentasi dinilai penting sebagai instrumen utama dalam metode ilmiah. Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Seiring dengan perkembangan teknik perumusan masalah, berbagai fenomena alam dapat dijelaskan melalui suatu metode yang disebut metode ilmiah. Metode ilmiah adalah metode yang tersusun atas langkah-langkah yang sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Tujuan metode ilmiah adalah mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan. terimakasih

    ReplyDelete
  27. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link di atas disampaikan bahwa proses metode ilmiah melibatkan membuat dugaan (hipotesis), memperoleh prediksi sebagai konsekuensi logis, dan kemudian melakukan eksperimen atau pengamatan empiris berdasarkan prediksi tersebut. Hipotesis adalah dugaan, berdasarkan pengetahuan yang diperoleh saat mencari jawaban atas pertanyaan. Hipotesisnya mungkin sangat spesifik, atau mungkin luas. Ilmuwan kemudian menguji hipotesis dengan melakukan eksperimen atau studi. Hipotesis ilmiah harus dapat dipalsukan, menyiratkan bahwa adalah mungkin untuk mengidentifikasi hasil yang mungkin dari percobaan atau pengamatan yang bertentangan dengan prediksi yang diambil dari hipotesis; jika tidak, hipotesis tidak dapat diuji secara bermakna. Untuk memudahkan proses pembentukan hipotesis, seorang peneliti biasanya menurunkan sebuah teori menjadi sejumlah asumsi dan prostulat. Asumsi-asumsi tersebut dapat didefinisikan sebagai anggapan atau dugaan yang mendasari hipotesis. Berbeda dengan asumsi, hipotesis yang telah diuji dengan menggunakan data melalui proses penelitian adalah dasar untuk memperoleh kesimpulan. Selain menggunakn teori sebagai acuan, dalam merumuskan hipotesis dapat pula menggunakan acuan fakta. Secara umum, fakta dapat didefinisikan sebagai kebenaran yang dapat diterima oleh nalar dan sesuai dengan kenyataan yang dapat dikenali dengan panca indera.

    ReplyDelete
  28. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Pengertian metode ilmiah adalah suatu proses atau prosedur keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis yang berdasarkan bukti fisis. Menurut Wkipedia metode ilmiah atau scientific method merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik. Penelitian metode ilmiah umumnya memfokuskan untuk melakukan identifikasi terhadap masalah yang harus dipecahkan, pengumpulan data lalu menganalisis data dan menarik kesimpulan yang tepat. Penelitian ini sifatnya sangat objektif, karena tidak berdasarkan pada perasaan, pengalaman maupun intuisi seorang peneliti yang sifatnya subjektif.

    ReplyDelete
  29. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Metode ilmiah merupakan sebuah metode untuk menyelidiki suatu fenomena yang ada, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Pengamatan dilakukan dengan membuat sebuah hipotesis terhadap sutau fenomena, kemudian hipotesis tersebut diuji melalui eksperimen. Jika hipotesis tersebut terbukti maka hipotesis tersebut dapat menjadi teori ilmiah.

    ReplyDelete
  30. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Metode ilmiah saat ini sedang mulai dikembangkan dalam proses pembelajaran. Metode ilmiah adalah metode yang harus dilakukan ketika kita ingin membuat karya ilmiah. Metode ilmiah dimulai dari asumsi untuk kemudian diuji kebenrannya. Dengan demikian, hasil tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan ilmu pengethauan.

    ReplyDelete
  31. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Metode ilmiah adalah metode empiris akuisisi pengetahuan yang telah menandai perkembangan ilmu pengetahuan setidaknya sejak abad ke-17. Pendekatan ini melibatkan pengamatan yang cermat, yang mencakup skeptisisme yang ketat tentang apa yang diamati, mengingat asumsi kognitif tentang bagaimana dunia bekerja memengaruhi cara seseorang menginterpretasikan suatu persepsi.

    ReplyDelete
  32. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Metode ilmiah merupakan prosedur atau teknik investigasi terhadap suatu fenomena atau gejala, untuk mendapatkan pengetahuan, mengkoreksi atau memadukan dengan pengetahuan terdahulu. Metode ilmiah berbasis pada bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip penalaran yang spesifik. Metode ilmiah memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi atau ekperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasi, dan menguji hipotesis.

    ReplyDelete
  33. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Metode ilmiah adalah metode yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul atau metode untuk mencari pengetahuan baru. dalam bahasa Inggris dikenal sebagai scientific method yaitu proses berpikir untuk memecahkan masalah secara sistematis,empiris, dan terkontrol. Metode ilmiah adalah metode yang tersusun atas langkah-langkah yang sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Suatu metode ilmiah harus berdasarkan data dan fakta.

    ReplyDelete
  34. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Metode ilmiah adalah sekumpulan teknik untuk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya.Untuk disebut ilmiah, metode penyelidikan umumnya didasarkan pada bukti empiris atau terukur yang tunduk pada prinsip penalaran tertentu.Metode ini merupakan proses berkesinambungan yang dimulai dengan pengamatan. Misalnya seseorang secara alami ingin tahu, jadi ia sering mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang dilihat atau didengar dan ia mengembangkan gagasan atau hipotesis tentang mengapa keadaannya seperti apa adanya.Hipotesis terbaik mengarah pada prediksi yang bisa diuji dengan berbagai cara. Tes hipotesis terkuat berasal dari percobaan yang dikendalikan dengan hati-hati yang mengumpulkan data empiris.

    ReplyDelete
  35. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete