Dec 2, 2012

RATIONALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih jauh tentang RATIONALISM, dapat konek:






Wss Wr Wb

38 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Rasionalisme mengatakan bahwa akal itulah alat pencari dan pengukur pengetahuan. Pengetahuan dicari dengan akal dengan berpikir logis, dan temuannya diukur dengan akal, apakah temuan itu logis atau tidak. Kelebihan rasionalisme adalah dalam menalar dan menjelaskan pemahaman-pemahaman yang rumit. Sedangkan empirisme mengajarkan bahwa yang benar adalah yang logis dan ada bukti empiris. Empirisme hanya sampai pada konsep-konsep yang umum.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Rasionalisme adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan pada fakta. Akal adalah sumber utama dan dipakai untuk menguji pengetahuan di mana kriteria kebenaran bukan sensorik tetapi intelektual dan deduktif. Hal ini berarti bahwa pengetahuan yang dimiliki pembenarannya harus dapat diterima oleh akal sehat atau rasio melalui pembuktian dan logika dan harus sesuai dengan fakta yang ada.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Rasionalisme adalah kemampuan mengetahui dan memahami menggunakan akal dan pikiran. Orang yang berpaham rasionalisme merupakan orang yang menggunakan akal sebagai ukuran apakah sesuatu itu dapat diterima atau tidak. Karena paham rasionalisme sangat mengedepankan akal yang didukung dengan bukti-bukti, logika, dan pengalaman. Tipikal orang yang berpaham rasionalisme merupakan tipe orang yang pemikir. Tentu paham ini lebih dulu ditemukan dan dikembangkan oleh para filsuf hingga sampai sekarang ilmunya masih bisa digunakan.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Rasionalisme merupakan salah satu paham filsafat yang mementingkan rasio (akal). Menurut paham ini, sumber pengetahuan satu-satunya yang benar adalah rasio (akal budi). Rasionalisme meyakini bahwa akal adalah alat terpenting dalam memperoleh dan mengetes pengetahuan. Di dalam akal terdapat ide-ide untuk membangun ilmu pengetahuan. Rasionalisme cenderung mengabaikan realitas di luar akal. Rasionalisme juga memberikan ajaran bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.

    ReplyDelete
  6. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara filsafat, rationalism merupakan pandangan epistomologis yang menyatakan bahwa menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan ataupun pandangan apapun yang menarik bagi akal sebagai sumber pengetahuan ataupun pembenaran, secara lebih formal, rasionalisme diartikan sebagai metodologi atau teori dimana kriterianya haruslah ditentukan atau didapatkan dengan pembuktian, logika dan analisis yang berlandaskan kepada fakta bukan hanya inderawi.

    ReplyDelete
  7. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Rasionalisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa akal sebagai sumber utama dari pengetahuan. Jika suatu hal tidak sesuai dengan akal pikiran berarti hal tersebut dianggap salah. Dalam akal manusia terdapat berbagai macam ide-ide yang dapat digunakan untuk membangun pengetahuan tanpa menghiraukan realitas di luar rasio. Berpikir rasional baik digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang rumit karena dengan ide-ide dan kemampuan bernalarnya dapat membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Manusia mempunyai kemampuan berpikir dan megetahui ide tidak berdasarkan pengalamannya tapi ide tersebut sudah ada dalam diri setiap manusia sebagai bagian dari kenyataan dan pikiran manusia.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Paham rasionalisme beranggapan bahwa sumber pengetahuan manusia adalah rasio. Jadi dalam proses perkembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia harus dimulai dari rasio. Tanpa rasio maka mustahil manusia itu dapat memperolah ilmu pengetahuan. Rasio itu adalah berpikir. Maka berpikir inilah yang kemudian membentuk pengetahuan. Rasio, dalam pendidikan, erat hubungannya dengan daya pikir,penalaran dan akal budi. Sesuai dengan pemakaian bahasa masa kini, rasio tanpa dibedakan dari penalaran , adalah kemampuan mental manusia yang bukan kemampuan daya tanggap panca indera. Dalam proses berpikir, rasio dan akal budi atau daya pikir saling mempengaruhi meskipun masing-masing memiliki fungsi berbeda.

    ReplyDelete
  9. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Rasionalisme adalah paham filsafat yang mengatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting untuk memperoleh pengetahuan. Menurut aliran rasionalisme suatu pengetahuan diperoleh haruslah dengan cara berpikir. Rasionalisme merupakan paradigma pikir yang memberikan pernyataan benar melalui berbagai unsur. Pembuktian, logika, dan analisis faktual merupakan unsur dasar yang harus dimiliki ketika ingin menyatakan nilai. Proses pembuktian secara faktual memposisikan ilmu pengetahuan diatas segalanya, termasuk iman, dogma dan agama.Paham ini nampaknya cukup dekat dengan atheis dimana konsep keTuhanan menjadi hal yang sangat dikesampingkan.

    ReplyDelete
  10. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, rasionalisme adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan atau didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi. Dari pengertiannya, ini sangat berbahaya bagi orang yang lemah imannya. Tetapi seseorang yanv memiliki iman yang kuat, insyaallah tidak akan tersesat. Hal itu karena, dia yakin bahwa Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul utusan Allah. Semoga kita slalu senantiasa terjaga dari kesesatan dan keburukan dunia. Sebenarnya dunia tidak buruk, tetai banyak manusia yang membuatnya menjadi buruk, oleh karena itu, mari kita jaga dunia ini, supaya anak cucu kita tidak mendapatkan dampak jelek dari kita.

    ReplyDelete
  11. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Rasionalisme adalah aliran filsafat yang berpegangan bahwa akal merupakan sumber bagi pengetahuan dan pembenaran. Rasionalisme bertolak belakang dengan romantisme yang lebih menekankan pada unsur emosi. Karena rasionalisme beranggapan bahwa sumber pengetahuan manusia adalah pokiran maka proses perkembangan pengetahuan harus dimulai dari suatu pemikiran. Tanpa adanya pemikiran atau proses berpikir maka manusia tidak akan mendapatkan pengetahuan.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut Wikipedia, rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan atau didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi. Rasionalis berlawanan dengan empirisme, karena kaup rasionalis berpendapat bahwa ada kebenaran yang secara langsung dapat dipahami. Orang-orang yang menganut paham rasionalis ini menegaskan bahwa beberapa prinsip rasiona yang ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika pada dasarnya benar.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam Wikipedia juga dijelaskan bahwa rasionalisme mempunyai kemiripan dari segi ideolgi dan tujuan dengan humanisme dan atheisme, dalam hal bahwa mereka bertujuan untuk menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsafat di luar kepercayaan keagamaan atau takhayul. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan dengan rasionalisme.
    1. Humanisme dipusatkan pada masyarakt manusia dan keberhasilannya. Rasionalisme tidak mengklaim bahwa manusia lebih penting daripada hewan atau elemen alamiah lainnya. Ada rasionalis-rasionalis yang dengan tegas menentang filosofi humanism yang antoposentrik.
    2. Atheism adalah suatu keadaan tanpa kepercayaan akan adany Tuhan atau dewa-dewa. Rasionalisme tidak menyatakan pernyataan apapun mengenai adanya dewa-dewi meski ia menolak kepercayaan apapun yang hanya berdasarkan iman. Meski ada pengaruh atheism yang kuat dalam rasionalisme modern, tidak seluruh rasionalis adalah atheis.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berkaitan dengan sejarah rasionalisme, berdasarkan referensi lain menyatakan bahwa latar belakang munculnya rasionalisme adalah keinginan untuk membebaskan diri dari segala pemikiran tradisional (scholastic), yang pernah diterima, tetapi ternyata tidak mampu mengenai hasil-hasil ilmu pengetahuan yang dihadapi. Adapun beberapa took rasionalisme yaitu Rene Descrates (1596-1650 M), menyatakan bahwa sumber pengetahuan yang dapat dipercayai adalah akal. Spinoza (1632-1677M) menyatakan bahwa aturan atau hukum yang terdapat pada semua hal itu tidak lain dari aturan dan hukum yang terdapat pada ide. Leibniz (1646-1716M) menyatakan bahwa substansi itu memang mencantumkan segala dasar kesanggupannya, dari itu mengandung segela kesungguhan pula.

    ReplyDelete
  15. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Rasionalisme merupakan suatu doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi. Paham rasionalisme adalah paham yang menentang paham empirisme. Dalam hal ini kaum rasionalis berpendapat bahwa ada kebenaran yang secara langsung dapat dipahami, dengan kata lain, penganut paham rasionais berpendapat bahwa beberapa prinsip rasional yang ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika pada dasarnya benar.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  16. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Paham rasionalisme ini memiliki kemiripan dari segi ideologi dengan paham humanisme dan atheisme dalam hal tujuan, yaitu menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsfat di luar kepercayaan keagamaan atau takhayul. Beberapa perbedaan rasionalis dengan humanis dan atheis adalah jika paham humanisme dipusatkan pada masyarakat manusia dan keberhaslannya, disis lain rasionalis tidak mengklaim bahwa manusia lebih penting dari pada hewan atau elemen ilmiah lainnya. Kemudian, jika atheisme merupakan keadaan tanpa kepercayaan dengan Tuhan atau dewa, disisi lain rasionalisme tidak menyatakan pernyataan apapun mengenai dewa meski ia menolak kepercayaan apapun yang hanya berdasarkan iman. Meski begitu tidak seluruh rasionalis adalah atheis.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Rasional merupakan suatu proses berpikir. Rasionalisme merupakan suatu paham yang beranggapan bahwa sumber pengetahuan manusia adalah berasal dari rasio atau proses berpikir. Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, manusia harus memulainya dari rasio. Dengan menggunakan rasionya, manusia melakukan proses berpikir yang kemudian membentuk pengetahuan. Semakin banyak manusia itu berpikir maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapat. Tanpa rasio maka mustahil manusia akan dapat memperoleh ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Rationalism merupakan ajaran filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran harus dibuktikan dengan fakta, pembuktian, logika, dan analisis, bukan melalui pengalaman inderawi semata. Rasionalisme menentang paham empirisme, karena kaum rasionalis berpendapat bahwa ada kebenaran yang secara langsung dapat dipahami. Dengan kata lain, orang-orang yang menganut paham rasionalis ini menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional yang ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika pada dasarnya benar. Jika dihubungkan dengan sebuah penelitian, maka suatu penelitian tersebut harus dapat dirasionalisasi atau dapat dibuktikan kebenarannya baik melalui dokumen maupun rekaman audio milik si peneliti, sehingga penelitian tersebut dapat dibuktikan keakuratannya.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Rasionalism adalah sebuah pandangan yang berpegangan bahwa akal merupakan sumber bagi pengetahuan dan pembenaran. Rasionalisme tidak mengingkari nilai pengalaman, melainkan pengalaman hanya dipandang sebagai sejenis perangsang bagi pikiran. Karenanya, aliran ini yakin bahwa kebenaran dan kesesatan terletak di dalam ide, dan bukannya di dalam barang sesuatu. Jika kebenaran bermakna sebagai mempunyai ide yang sesuai dengan atau yang menunjuk kepada kenyataan, maka kebenaran hanya dapat ada di dalam pikiran kita dan hanya dapat diperoleh dengan akal saja.

    ReplyDelete
  20. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Berdasarkan akar katanya, yang diambil dari bahasa Latin ratio yang berarti “akar”. Rasionalisme adalah sebuah pandangan yang berpegangan bahwa akal merupakan sumber bagi pengetahuan dan pembenaran. Rasionalisme adalah paham filsafat yang mengatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting dalam memperoleh dan mengetes pengetahuan. Dalam aliran rasionalisme ada dua macam bidang, yaitu bidang agama dan bidang filsafat. Dalam bidang agama rasionalisme adalah lawan autoritas, dan biasanya digunakan untuk mengkritik ajaran agama. Sementara dalam bidang filsafat rasionalisme adalah lawan empirisme dan terutama berguna sebagai teori pengetahuan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    rasionalisme adalah pandangan epistemologis yang menganggap akal sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan atau pandangan apa pun yang menggunakan akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran. rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori di mana kriteria kebenaran tidak sensoris tetapi intelektual dan deduktif. Rasionalisme dikaitkan dengan empirisme. tetapi pandangan-pandangan itu tidak saling eksklusif, karena seorang filsuf dapat menjadi rasionalis dan empiris. pandangan empiris berpendapat bahwa semua ide datang kepada kita posteriori, yaitu, melalui pengalaman. Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Rasionalisme adalah suatu paham yang menjelaskan bahwa akal adalah sumber dari pengetahuan dan kebenaran. Tetapi disisi lain, panca indera memiliki posisi tersendiri untuk mengungkapkan kebenaran. Intinya keberadaan akal dan panca indera sendiri tersebut diciptakan untuk salin melengkapi sehingga bisa menciptakan suatu kebenaran yang jelas adanya. Tetapi karena indera itu tidak dapat meyakinkan, bahkan mungkin pula menyesatkan, maka indera tidak dapat diandalkan. Yang paling bisa diandalkan adalah diri sendiri. Sehingga, yang menjadi inti rasionalisme adalah bahwa pengetahuan yang dapat diandalkan bukan berasal dari pengalaman, melainkan dari pikiran. Dengan demikian, kriteria kebenaran menurut paham rasinalisme berbasis pada intelektualitas.

    ReplyDelete
  23. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Rasionalisme menyatakan bahwa kebenaran harus ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta. Sesuatu dikatakan rasional jika terdapat salah satu dari anggapan berikut memiliki pengetahuan tentang beberapa kebenaran dalam bidang subjek tertentu, dapat disimpulkan dari proposisi intuisi, dan terdapat beberapa konsep yang dapat dianalisis oleh nalar rasional kita.

    ReplyDelete
  24. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Rasionalisme merupakan paham filsafat yang membutuhkan pembuktian dalam menyatakan suatu kebenaran. Pembuktian tersebut dapat berupa analisis yang berdasarkan fakta, logika dan pikiran dan tidak hanya berasal dari panca indera. Manusia dibekali akal dan pikiran untuk berpikir oleh Allah SWT, namun kemampuan berpikir manusia memiliki batasan yang berbeda sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  25. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Rasionalisme atau Rationalism berasal dari kata rasional. Sebagai salah satu aliran filsafat, rasionalisme memandang bahwa alat untuk mengukur pengetahuan adalah akal, dengan cara berpikir logis. Kebenaran juga bersumber dari akal.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Rasionalisme merupakan pendekatan filosofis yang menekankan akal budi (rasio) sebagai sumber utama pengetahuan, mendahului dan bebas dari pengamatan inderwi. realitas dpt diketahui secara tidak tergantung pada pengamatan dan penggunaan metode emp[iris.

    ReplyDelete
  27. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Rasionalisme adalah kemampuan mengetahui dan memahami menggunakan akal dan pikiran. berpikir rasional dilalui proses pengamatan dan pengalaman untuk mendalami sesuatu. dalam forum diskusi saja, kalangan mahasiswa sangat sering mengklasifikasikan point-point diskusi berdasarkan rasionalitasnya masing-masing.

    ReplyDelete
  28. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Rasionalisme adalah pandangan yang menganggap bahwa nalar sebagai sumber utama. Pada kontroversi yang lama rasionalisme berlawanan dengan empiricism yaitu yang membutuhkan bukti empirik sebagai sumber utama.

    ReplyDelete
  29. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Rasionalisme adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan atau didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi. Rasionalisme dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah – masalah politik atau sosial sehingga pembuktian suatu masalah tidak berdasarkan perasaan tapi berdasarkan penelitian yang logis.

    ReplyDelete
  30. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Rasionalisme menitikberatkan rasio (akal) sebagai sumber pengetahuan. Pengetahuan yang diakui kebenarannya hanya pengetahuan yang diperoleh melalui pembuktian, logika, dan analisis bukan berdasarkan hasil penginderaan manusia. Rasionalisme mendorong terbentuknya kondisi lingkungan positif yang memungkinkan manusia berpikir lebih komperhensif dan mampu menelaah masalah-masalah yang dapat membawa manusia menuju kemajuan diri.

    ReplyDelete
  31. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Rationalisme merupakan airan yang memiliki tokoh popular Rene Descartes, aliran ini mempercayai bahwa akal manusia merupakan sumber pengetahuan bukan dengan pengamatan. Pemikiran ini didukung dengan fakta prinsip prisnip matematika dan hokum alam bermula dari akal manusai. Rasionalis berfikir bahwa pikiran manusia memiliki kemampuan untuk memikirkan gagasan atau ide. Namun rasionalis tidak menolak value dari pengalaman, dan dipandang sebagai stimulus atau penguat dari akala tau pikiran.

    ReplyDelete
  32. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Ditinjau dari aspek formalitas maka rationalism adalah sebuah metode atau sebuah teori. Lawan dari rationalism adalah empiricism dimana rational meyakini bahwa kenyataan memiliki sebuah struktur instrinsik logis. Karena itu, kaum rasionalis berpendapat bahwa kebenaran itu ada dan bahwa intelektual secara langsung mampu memahami kebenaran tersebut. Contoh nyata yang digambarkan pada kaum rasionalis adalah bahwa prinsip rasional sendiri terkandung dalam logika, matematika, etika dan lain sebagainya. Seperti halnya kita ketahui pada hakekatnya contoh – contoh yang disebutkan adalah ilmu yang kita percayai sebagai ilmu pasti.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  33. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Paham Rasionalisme ini beranggapan bahwa sumber pengetahuan manusia adalah rasio. Jadi dalam proses perkembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia harus dimulai dari rasio. Tanpa rasio maka mustahil manusia itu dapat memperolah ilmu pengetahuan. Rasio itu adalah berpikir. Maka berpikir inilah yang kemudian membentuk pengetahuan. Dan manusia yang berpikirlah yang akan memperoleh pengetahuan. Semakin banyak manusia itu berpikir maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapat. Berdasarkan pengetahuan lah manusia berbuat dan menentukan tindakannya. Sehingga nantinya ada perbedaan prilaku, perbuatan, dan tindakan manusia sesuai dengan perbedaan pengetahuan yang didapat tadi. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Dari beberapa artikel diatas, Rasionalisme adalah pandangan epistemologis yang menganggap akal sebagai sumber utama dari pengetahuan atau pandangan apa pun yang menggunakan akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran. Paham rasionalisme cenderung menutup diri dari paham empirisme dan juga sebaliknya. Dalam rasionalisme akal merupakan unsur utama dalam pengambilan keputusan kebenaran atau dalam mempelajari ilmu.

    ReplyDelete
  35. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Dalam filsafat, rationalism adalah pandangan epistemologis bahwa "menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan" atau "pandangan apapun yang menarik bagi akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran". Secara lebih formal, rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori di mana kriteria kebenaran haruslah ditentukan atau didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi tapi intelektual dan deduktif.

    ReplyDelete
  36. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend. matematika D 2019

    Rationalism adalah sebuah pandangan yang mengutamakan akal dan pikiran. Biasanya orang yang berpikir mengungkapkan suatu kebenaran yang sudah sangat ahli disebut filsafat. Ada beberapa contoh tokoh filsafat yang berpendapat menggunakan rasionalism salah satu contohnya Baruch Spinoza. Menurut Baruch Spinoza berpendapat bahwa "Tuhan,alam,pikiran tidak dapat dipisahkan" dalam artian alam adalah tuhan dan tuhan adalah alam. Namun,ada beberapa ilmuan atau filsuf yang tidak setuju dengan pendapat Spinoza ini. Karena mereka berpikir bahwa alam itu mencangkup bumi,tumbuhan,hewan,manusia dan apakah alam itu sama dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  37. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Rasionalisme adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma atau ajaran agama. Rasionalisme mempunyai kemiripan dari segi ideologi dan tujuan dengan humanisme dan atheisme, dalam hal bahwa mereka bertujuan untuk menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsafat di luar kepercayaan keagamaan atau takhayul.

    ReplyDelete
  38. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete