Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


32 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Paham transcendentalism mulai berkembang pada akhir tahun 1820an dan 1830an yang merupakan bagian dari pergerakan filsafat di bagian timur negara Amerika serikat. Diketahui pada saat itu, Transcendentalism berdampak dalam meningkatkan protes melawan pemerintah dalam aspek intelektual dan spiritualitas. Sehingga dapat dikatakan terjadi perjuangan dalam hal spritualitas dan intelektualitas pada perkembangan paham trancendentalisme.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Transendentalisme adalah pemikiran filosofis serta gerakan yang berkembang di Boston, Amerika Serikat sekitar tahun 1820-1830-an. Transendentalisme merupakan sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya berasal dari pengalaman manusia itu sendiri namun tidak terbatas pada sesuatu hal saja, bisa berasal dari dalam maupun dari luar pikiran manusia. Kata transendentalisme mengacu pada spiritualitas yang melampaui ranah rasionalitas dan dunia material. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transendental merupakan sebuah pemahaman tentang cara berpikir berkaitan dengan hal-hal yang diluar batas kemampuan yang pada hakikatnya dapat ditemukan di alam semesta. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan kemampuan dilihat dari segi pengalaman dan penjelasan-penjelasan secara ilmiah. Dalam dunia filsafat dapat pula dikatakan bahwa transenden adalah bayangan, karena segala yang ada pasti memiliki bayangan. Kaitannya denga matematika bahwa transendennya adalah bilangan yang tak terhingga.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Transendentalisme merupakan gerakan filosofis yang muncul sebagai reaksi protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas. Keyakinan inti dari transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Paham tersebut juga menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak hanya berasal dari pengalaman ataupun pengamatan, namun lebih dari itu. Kaum Transendentalisme percaya bahwa masyarakat dan lembaga-lembaganya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada kondisi terbaik mereka ketika benar-benar mandiri dan independen.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Keberadaan suatu objek menjadi penting bukan disebabkan karena enititi objek tersebut, tetapi bagaimana seseorang memandang dan berpikir untuk memahami objek tersebut. Hal inilah yang kemudian mengacu pada pemikiran transendental yaitu berupaya menyelamatkan manusia dari alam dan menghidupkan kembali karakter spiritualnya.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transendentalisme menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Artinya sumber pengetahuan manusia itu berasal dari dunia luar dan dari jiwa atau pikiran manusia sendiri. Membangun pengetahuan adalah separuh pengalaman dan separuh logika. Maka berfilsafat adalah praktikkanlah pikiran anda dan pikirkanlah pengalaman anda. Dan ini dinamik setiap hari. Sebenar benar hidup adalah interaksi antara pikiran dan pengalaman.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Semua ilmu dimuati nilai etika. Di dunia ini terdapat banyak nilai etika yang muncul dari berbagai wisdom dan sudut pandang. Namun, nilai etika yang paling benar adalah wahyu dari Sang Maha Pemberi Ilmu. Wahyu diturunkan oleh Alloh melalui hati atau nurani diaman pada fitahnya setiap manusia memiliki nurani. Nurani tersebutlah terletak kejujuran, moral dan spiritual sehingga merupakan sumber kebijaksanaan ketika manusia beraktifitas. Hal tersebutlah yang mendasari pemikiran bahwa nurani memiliki komponen yang illahian, yang intuitif. Yang dibutuhkan oleh semua manusia adalah kebenaran yang universal, disinilah kebenaran sejati yang universal ditemukan, pada agama. Agama merupakan rahmatan lil'alamin yang menjangkau semua lapisan tanpa memandang apapun.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang mempunyai pengaruh di abad ke-18. Paham transendentalisme menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan dapat melampauinya. Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Untuk memahami paham transendetalisme, kita secara mutlak harus menggunakan daya penalarannya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transendentalisme adalah aliran filsafat menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme berkaitan dengan hal-hal yang diluar batas kemampuan manusia. Transendentalisme mengarah kepada spiritualitas. Transendentalisme mempelajari sifat ketuhanan yang dapat terlihat melalui realitas semesta.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Transedentalisme mempunyai paham yang berseberangan dengan aliran empirisme. Transendentalisme merupakan paham filsafat yang menyatakan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada pengalaman atau pengamatan, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampaui hal tersebut. Transendetalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Transendentalisme merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris: transcendent dan bahasa Latin: transcendere. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari bagaimana sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Kata transenden sendiri terdiri dari dua kata, yaitu "trans" yang berarti seberang, melampaui, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Beberapa pengertian dari transenden adalah lebih agung, unggul, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Transendentalisme merupakan suatu paham filsafat yang sangat berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat ini menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada pengalaman atau pengamatan, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham transedentalisme ini menjadi berseberangan dengan Empirisme. Paham ini bertujuan untuk mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk suatu pengetahuan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Transenden mengajarkan kita bahwa ilmu pengetahuan itu luas dan tidak terbatas melampaui logika dan empiris. Dalam filsafat agama, transenden berkaitan dengan keberadaan Allah. Transenden lebih banyak bekerja di aspek kerohanian manusia. Apa yang tampak dimata merupakan representasi di dunia rohani masing masing individu. transeneden sesuatau yang menekankan atau mengutamanakan sikapkerohaniannya atau sikap spritual, sehingga sesuatu yang bersifat spiritual adalah berbasis pada suatu keyakinan yang tidak hanya dapat di jelaskan melalui sesuatu yang logis saja.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Kata Transenden terdiri dari dua kata ‘trans’ yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata ‘scandere’ yang berarti memanjat. Transenden dapat diartikan dalam beberapa pengertian yaitu unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pengalaman biasa dan penjelasan ilmiah. Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Untuk memahami paham transendentalisme diperlukan pemikiran mendalam dan daya nalar yang tinggi. Karena transenden adalah sesuatu yang melampaui, maka diperlukan pemikiran dan daya nalar yang melampaui batas biasanya.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Transcendentalisme adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Paham filsafat ini berpendapat bahwa suatu ilmu pengetahuan itu tidak terbatas dan semata-mata tidak berasal dari pengalaman atau pengammata, tetapi lebih dari itu. transcendentalism ini juga percaya bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Untuk memahami paham filsafat ini, manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak, yaitu apa yang ada dibalik dunia itu.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Transcendentalisme mempertahankan bahwa ada suatu realitas ideal, spiritual yang melampaui dunia pengalaman ruang waktu yang dapat diangkap. Transcendentalisme bertujuan untuk mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk seluruh pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Secara etimologi transendentalisme berasal dari bahasa inggris yaitu transcendent. Kata transenden terdiri dari dua kata yaitu kata trans yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata scandere yang berarti memanjat. Beberapa pengertian dari transenden sendiri adalah lebih unggul, agung, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pengalamn biasa dan penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  19. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Transendentalisme merupakan merupakan gerakan intelektual besa Amerika yang pertama. Tokoh pemimpin gerakan ini adalah Ralph Waldo Emerson. Paham filsafat ini menekanan bahwa pengetahuan tidak terbatas pad dan tidak berasa semata-mata dari pengalaman atau pengamatan melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham ini bertentangan dengan empirisme. Untuk memahami paham transendentalime manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata. Kemampuan penalaran meliputi kemampuan bebas dan intuitif.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Secara epistimologi Transenden berarti lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Transendentalisme merupakan aliran pengetahuan melampaui pengalaman atau pengamatan. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden

    ReplyDelete
  22. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari wikipedia dikatakan transendentalisme menekankan nilai transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta, kata transenden terdiri dari dua kata “trans” yang berarti seberang, melampaui, atas dan kata “scandere” yang berati memanjat. Transendentalisme adalah faham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada pengalaman dan pengamatan melainkan melampauinya.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Transendentalisme adalah salah satu aliran filsafat yang berpandangan bahwa pengetahuan tidak hanya diperoleh dari pengamatan dan pengalaman, tapi dapat juga melalui intuisi. Transcendentalism berasal dari kata ‘trans’ yang berarti melampaui dan ‘scandere’ yang berarti memanjat. Tokoh dalam aliran ini adalah Ralph Waldo Emerson, Henry David Thoreau.

    ReplyDelete
  24. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link di atas disampaikan bahwa keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Penganut percaya bahwa masyarakat dan lembaganya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa manusia berada dalam kondisi terbaiknya ketika benar-benar mandiri.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Transendental adalah pandangan yang sangat menekankan pada kekuatan individu. Artinya, intuisi berperan dalam pemerolehan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 1u8701261002

    Transcendentalism adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Transcendentalism muncul sebagai reaksi untuk memprotes keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas pada saat itu.

    ReplyDelete
  27. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Transedentialisme meyakini kesatuan universal antara Tuhan, manusia dan alam semesta. Dengan penalaran mendalam, transedentialisme meyakini segala sesuatu yang mampu diindera adalah representasi dari dunia rohani. Sehingga, pengetahuan dalam transendetialisme diperoleh tidak hanya melalui pengalaman dan pengamatan tetapi juga kekuatan emosi dan intuisi. Demikian, para transendentialis selalu bersikap skeptis terhadap agama dan percaya bahwa sifat ketuhanan terletak pada diri manusia sendiri. Transedensialis juga mempercayai bahwa manusia seharusnya lebih memperhatikan kedalaman batin dan jiwa dibandingkan hal-hal bersifat duniawi.

    ReplyDelete
  28. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, transendentalisme adalah gerakan filosofis dan religius yang mempercayai bahwa ada kebaikan melekat di dalam manusia dan alam. Mereka mengkritisi masyarakat dan institusinya termasuk agama terorganisir sebagai pengebirian kemurnian individu. Aliran ini percaya bahwa manusia bisa mencapai potensi terbaiknya di saat benar-benar mandiri dan independen, tidak tergantung pada apa dan siapa pun. Transendentalisme mempertahankan bahwa ada suatu realitas ideal, spiritual yang melampaui dunia, dan pengalaman ruang dan waktu yang dapat ditangkap. Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika 2019 D

    Trancendentalism merupakan paham yang meyakini alam semesta memiliki kesatuan dengan Tuhan. Paham ini menyatakan bahwa pengetahuan tidak terbatas dalam pengalaman ruang dan waktu yang diungkap melainkan melampuinya. Paham ini juga menyangkut dengan suatu realitas ideal dan spiritual.

    ReplyDelete
  30. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Transendentalisme adalah gerakan filosofis menekankan tentang pemikiran yang dapat melampui hal-hal yang terlihat di alam semesta. Kaum Transendental percaya bahwa: Mentransendensikan masyarakat dengan menjalani kehidupan yang mandiri dan kemandirian kontemplatif, seringkali di alam. Mentransendensikan dunia fisik untuk melakukan kontak dengan realitas spiritual atau metafisik. Mentransendensikan agama tradisional dengan cara mengintip jejak spiritual seseorang. Bahkan melampaui Transendentalisme itu sendiri dengan menciptakan gagasan filosofis baru berdasarkan naluri dan pengalaman individu.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Trancendentialicm sangat erat kaitannya dengan New England transcendentalism yaitu suatu gerakan yang tokoh utamanya adalah Emerson, yang berpusat pada 'Transcendental Club' yang dibentuk di Boston pada tahun 1836. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh idealisme dan romantisme Jerman, dan lebih cenderung menuju panteisme, mistisisme, dan optimisme yang sangat antusian tentang kemajuan semangat. Kemandirian dan hidup sederhana dan komunal dikaitkan dengan keyakinan bahwa jiwa itu sendiri merupakan mikrokosmos, yang mencerminkan seluruh dunia.

    ReplyDelete
  32. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete