Dec 3, 2012

PHILOSOPHY OF SCIENCE (Filsafat Sain)





Ass Wr Wb
Terlebih untuk Mahasiswa program S2 PSn, referensi berikut sangat penting untuk didalami:


Wss Wr Wb
Marsigit




22 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu link tersebut merujuk pada filsafat biologi. Perkembangan perhatian filsafat terhadap biologi selama lebih dari 50 tahun terakhir merefleksikan peningkatan ketermukaan ilmu biologi pada periode tersebut. Sekarang terdapat literasi yang luas terhadap berbagai topik biologi. Terdapat tiga macam perbedaan filsafat tentang kerangka umum filsafat biologi. Yang pertama adalah tesis umum dalam filsafat sains ada pada konteks biologi. Kedua, puzzle konseptual dalam biologi tersebut ditunjuk untuk analisis secara filosofis. Ketiga, pernyataan bagi biologi dibuat dari diskusi pertanyaan filosofis tradisional. Kedua macam kerja filosofis tersebut secara khas dilakukan dalam konteks pengetahuan yang detail tentang biologi aktual, sementara filosofis yang ketiga kurang. Filsafat biologi juga dapat dibagi oleh bagian khusu dalam konteks biologi dengan yang difokuskan.

    ReplyDelete
  2. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat sains adalah bidang sains yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. Menurut Lewis White Beck, filsafat sains membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filsuf yang tertarik dalam ilmu pengetahuan mempelajari bagaimana pengetahuan dibangun oleh para ilmuwan, dan apa yang membuat sains berbeda dari kegiatan lain. Tidak diragukan lagi, sains modern memiliki pengetahuan tingkat lanjut dalam berbagai bidang. Bagaimana cara melakukannya? Untuk mengatasi masalah ini, sejumlah masalah lain harus ditangani juga. Dengan demikian maka sains dikupas secara lebih mendalam hingga akar-akarnya.

    ReplyDelete
  4. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, filsafat sains adalah bidang sains yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. Di sini, filsafat sains sangat berkaitan erat dengan epistemologi  dan ontologi. Sebagai suatu cabang sains, filsafat sains mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur-prosedur pengamatan, pola-pola perbinacangan, metode-metode penggantian dan perhitungan, pra-anggapan-pra-anggapan metafisis, dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut-sudut tinjauan logika formal, metodologi praktis, dan metafisika).

    ReplyDelete
  5. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Filsafat sains merupakan tinjauan kritis mengenai pemikiran-pemikiran atau pendapat ilmiah yang dikembangkan dari setiap pendapat yang ada dalam ilmu sains tersebut. Filsafat sains ini bertujuan untuk menelaah ilmu sains secara sistematis, secara khusus metode-metode, pendapat-pendapat, serta konsep yang ada dalam pengetahuan sains.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu link diatas merujuk pada filsafat kimia. Pertanyaan filosofis muncul ketika seseorang mencoba mendefinisikan kimia dan apa yang ditelitinya. Atom dan molekul sering dianggap sebagai yang menjadi dasar pada teori kimia tetapi definisi dari molekuler dan ikatan kimia tidak diperhitungkan. Selain itu, ahli kimia sering menggunakan entitas kimia yang tidak ada untuk menjelaskan struktur dan reaksi zat yang berbeda.

    ReplyDelete
  7. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof atas link mengenai referensi filsafat sain. Filsafat sain adalah bidang sain yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi, dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. Di sini, filsafat sains sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. Menurut Lewis White Beck, filsafat sains membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.

    ReplyDelete
  8. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Filsafat merupakan suatu disiplin ilmu yang mengusahakan kebenaran yang bersifat mendasar dan umum. Filsafat biasanya melibatkan masalah mengenai konsep , ideologi, dan masalah yang bersifat abstrakseperti masalah tentang kebenaran. Filsafat biasanya juga digunakan sebagai alat untuk mencari kebenaran dari suatu permasalahan, misalnya saja dalam masalah sains. Sains merupakan bidang yang disusun secara terstruktur atau tersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan suatu gejala tertentu pada bidang pengetahuan. Dengan kata lain, filsafat sains berarti disiplin ilmu yang digunakan sebagai kerangka dasar atau landasan berpikir bagi proses keilmuan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Filsafat pendidikan sains merupakan hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam mengenai pendidikan sains. Filsafat pendidikan sains terapan dari filsafat dalam pendidikan sains. Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan bukan hanya berhubungan dengan pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi permasalahan yang lebih luas, lebih dalam, serta lebih kompleks, yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan, Filsafat pendidikan pada dasarnya menggunakan cara kerja filsafat dan akan menggunakan hasil-hasil dari filsafat, yaitu berupa hasil pemikiran manusia tentang realitas, pengetahuan, dan nilai tentang kebenaran, dan dalam kajiannya didasarkan pada model berpikir sistemik, sehingga harus senantiasa dikaitkan. Harapan dengan filsafat ini yang diterapkan dalam pendidikan, menjadikan seseorang iklas dan bijaksana dalam mengolah dan menikmati kehidupan. dalam penbelajaran pun bahasa secara filosofis dapat digunakan dalampembelajaran untuk menagkap dan memahami pengetahuan yang pelajari dan di dapat dari pengalaman atau diberikan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Sains merujuk kepada proses mendapatkan pengetahuan yang dengan menggunakan pengamatan dan eksperimen untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena – fenomena yang terjadi di alam. Filsafat sains meliputi dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari sains. Hasil sains bersifat akumulatif dan merupakan milik bersama.Hasil sains yang terdahulu dapat digunakan untuk penyelidikan hal yang baru, dan tidak memonopoli. Setiap orang dapat memanfaatkan hasil penemuan orang lain. Sains bersifat objektif ,artinya prosedur kerja atau cara penggunaan metode sains tidak tergantung kepada siapa yang menggunakan, tidak tergantung pada pemahaman secara pribadi.

    ReplyDelete
  11. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Filsafat sains adalah bagian dari kajian filsafat mengenai fondasi, metode dan penerapan sains. Dilihat dari sudut pandang filsuf bahwa tidak ada konsensus yang berkaitan dengan masalah utama filsafat sains seperti kebenaran yang ada dan penalaran ilmiah yang digunakan dalam sains. Dalam mencapai kesimpulan terhadap masalah-masalah dalam filsafat sains, para filsuf mempertimbangkan hasil kontemporer dalam sains.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Ilmu sains merupakan ilmu yang mempelajari ilmu pengetahuan alam dan sosial. Filsafat sains merupakan ilmu yang mempelajari pemahaman filsafat yang dikaitkan dengan pengetahuan alam dan penegtahuan sosial. Di dalamnya ada aktivitas membahas dan mengevaluasi pemikiran-pemikiran ilmiah dengan tujuan mengembangkan metode-metode ilmiah yang terkandung di dalamnya.

    ReplyDelete
  13. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dalam filsafat, digunakan nalar dan pernyataan-pernyataan untuk menemukan kebenaran dan pengetahuan akan fakta. Ketika menyelesaikan masalah secara falsafah, seseorang tidak harus merujuk pada sumber lain tapi hendaknya bisa menjawab masalah yang dipikirkannya menggunakan akal budinya, dengan pikiran yang bebas. Jika seseorang berfikir sangat dalam ketika menghadapi suatu masalah dalam hubungannya dengan kebenaran, maka orang itu dapat dikatakan telah berpikir secara filsafati.

    ReplyDelete
  14. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. Filsafat ilmu berusaha untuk dapat menjelaskan masalah-masalah seperti: apa dan bagaimana suatu konsep dan pernyataan dapat disebut sebagai ilmiah, bagaimana konsep tersebut dilahirkan, bagaimana ilmu dapat menjelaskan, memperkirakan serta memanfaatkan alam melalui teknologi; cara menentukan validitas dari sebuah informasi; formulasi dan penggunaan metode ilmiah; macam-macam penalaran yang dapat digunakan untuk mendapatkan kesimpulan; serta implikasi. terimakasih

    ReplyDelete
  15. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Berdasarkan banyak link yang diberikan, dalam filsafat digunakan nalar dan pernyataan-pernyataan untuk menemukan kebenaran dan pengetahuan akan fakta. Ketika menyelesaikan masalah secara falsafah, seseorang tidak harus merujuk pada sumber lain tapi hendaknya bisa menjawab masalah yang dipikirkannya menggunakan akal budinya, dengan pikiran yang bebas. Sains berarti ilmu, yaitu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu dan bersifat koheren, empiris, sistematis, dapat diukur dan dibuktikan. Perkembangan kajian terkait dengan masalah empiris menimbulkan spesialisasi keilmuan dan menghasilkan kegunaan praktis, sehingga filsafat sains merupakan disiplin ilmu yang digunakan sebagai kerangka dasar/landasan berpikir bagi proses keilmuan.

    ReplyDelete
  16. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Sains merupakan kumpulan pengetahuan empiris, teoritis, dan pengetahuan praktis tentang suatu fenomena. Dalam hal ini ilmuwan menghasilkan pengetahuan tersebut dengan menekankan pengamatan, penjelasan, dan prediksi dari fenomena di dunia nyata. Filsafat sains merupakan salah satu cabang dari ilmu filsafat. Filsafat sains sendiri berkaitan dengan fondasi, metode, dan implikasi dalam ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  17. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    From a link that I have read, there are two meanings of philosophy of science. For the first is scientific method. This means that there are some steps that should be followed in terms of research for example. For the second is the philosophical questions that should be answered by using scientific discoveries.

    ReplyDelete
  18. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    The philosophy of science is concerned with the effects of science on the activities and interests of nonscientists and nonscientific institutions and practices that are part of society - past and present.

    ReplyDelete
  19. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika 2019 D

    Dari salah satu sumber wikipedia yang saya baca pada link diatas, pada abad ke 20 ada perbedaan pendapat antar para pakar yang disebut masalah demarkasi. Masalah demarkasi adalah Masalah yang mengacu pada perbedaan antara sains dan non-sains (termasuk pseudosain). Dalam Sains, kelompok pertama berpendapat bahwa tidak ada penjelasan tentang masalah yang telah mendapat persetujuan penuh di antara para filsuf dan yang kedua positive logis mecoba mendasarkan ilmu pengetahuan berdasarkan pada observasi, dalam pandangan mereka kebenaran dicapai dengan verifikasi.

    ReplyDelete
  20. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Sains berarti ilmu, yaitu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu dan bersifat koheren, empiris, sistematis, dapat diukur dan dibuktikan. Cakupan objek filsafat lebih luas dibandingkan ilmu. Jika ilmu terbatas hanya pada persoalan empiris, maka filsafat mencakup masalah diluar empiris. Secara historis, ilmu berasal dari kajian filsafat karena pada awalnya filsafatlah yang melakukan pembahasan tentang segala yang ada secara sistematis, rasional dan logis. Filsafat merupakan tempat berpijak bagi kegiatan keilmuan. Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Filsafat sains adalah sub bidang filsafat yang berkaitan dengan fondasi, metode, dan implikasi sains. Bagi para filsuf sebenarnya tidak ada konsensus tentang masalah utama yang berkaitan dengan filsafat sains termasuk apakah sains dapat mengungkapkan kebenaran tentang hal-hal yang tidak dapat diamati dan apakah penalaran ilmiah dapat dibenarkan. Selain pertanyaan umum tentang sains secara keseluruhan, filsuf sains juga mempertimbangkan masalah yang diterapkan pada ilmu sains tertentu (seperti biologi atau fisika). Beberapa filsuf sains juga menggunakan hasil kontemporer dalam sains untuk mencapai kesimpulan tentang filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  22. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete