Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 19: Menemukan Dunia adalah Pikiranku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu tidak lain adalah Pikiranku sendiri.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

5 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Aku menemukan dunia adalah pikiranku. Hal ini karena dunia ini terdiri atas segala sesuatu yang ada dan segala sesuatu yang mungkin ada. Segala sesuatu yang ada di dunia ini, aku pahami karena pikiranku. Yang menghubungkan yang ada dan yang mungkin ada adalah pikiran. Jika aku mengatakan sesuatu itu ada, maka sebelumnya sudah terlintas dalam pikiranku tentang sesuatu yang mungkin ada tersebut sehingga yang mungkin ada itu menjadi ada. Jadi, sebenar-benar dunia adalah pikiranku.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016
    Pikiran mampu menembus ruang dan waktu. Kita mampu memikirkan yang ada dan mungkin ada walaupun kita memiliki keterbatasan. Dunia memuat segala yang ada dan mugkin ada. Dunia adalah material yang ada dalam filsafat. Material adalah isi pikiran kita. Maka ketika aku memikirkan yang ada dan mungkin ada maka aku telah menemukan dunia. Bahwa dunia adalah pikiranku.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dunia merupakan pikiran kita masing-masing. Oleh karenanya, dunia kita tentu saja berbeda dengan dunia orang yang lain, pemikiran orang yang satu berbeda dengan orang yang lain. Pikiran kita ini mencakup apa yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini, sehingga banyak sekali dunia di dalam dunia. Isi dunia milik orang satu pasti berbeda dengan isi dunia milik orang yang lain. Ketika menurut kita ada sesuatu hal yang sesuai dengan hati kita, biasanya kita berpikir bahwa di situlah dunia kita. Sebaliknya, ketika menurut kita ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan hati kita, biasanya kita akan pergi meninggalkan dunia itu karna merasa bahwa hal tersebut bukan merupakan dunia kita.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sebenar-benar dunia adalah tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, dunia itu bebas aku ekspresikan dalam bentuk apapun. Sebebas-bebasnya adalah menuangkan dunia ke dalam pikiran. Dalam pikiranku, aku bisa dengan bebas memikirkan segala hal seluas-luas dunia hingga pada akhirnya aku menemukan bahwa dunia adalah pikiranku.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tukang Bakso: Aku memikirkan tentang bagaimana belanja bahan untuk membuat bakso, cara membuat bakso, dan cara menjual bakso. Inilah duniaku.
    Guru: Aku memikirkan tentang bagaimana menyusun perangkat pembelajaran, mendidik dan memberikan ilmu kepada siswa, mengembangkan pembelajaran inovatif. Inilah duniaku.
    Bupati: Aku memikirkan tentang rakyat di kabupatenku, menyejahterakan dan melaksanakan pembangunan di kabupaten ku. Inilah duniaku.
    Jokowi: Aku memikirkan tentang rakyat Indonesia, bagaimana menyejahterakan kehidupan rakyat, memikirkan menteri-mentari yang sembrono, memikirkan hutang-hutang luar negeri, konflik-konflik dalam dan luar negeri. Inilah duniaku.
    Donald Trumph: Aku memikirkan bagaimana agar dunia menghormatiku. Inilah duniaku.
    Dunia yang kita temukan bergantung kepada seberapa dalam dan luas pikiran. Dunia setiap orang berbeda sesuai dengan ruang dan waktu nya. The last words: “The world is my mind”.

    ReplyDelete