Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 19: Menemukan Dunia adalah Pikiranku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu tidak lain adalah Pikiranku sendiri.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

24 comments:

  1. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Tesis dari dunia adalah pengetahuan, anti tesis dari dunia bukan pengetahuan. Pengetahuan itu adalah olah pikir seseorang secara sistematis. Berpikir kritis dengan apa yang ada di sekitarnya untuk membuat pengetahuan baru atau hanya sekedar membuktika pengetahuan tersebut. Dengan mempunya ilmu, maka dunia itu seperti hanya di genggaman saja. Karena dunia itu pikiranku sendiri. Apa yang kita pikirkan dan ingin kita kerjakan, maka itulah duniamu sendiri yang telah kamu bentuk dengan daya pikir.

    ReplyDelete
  2. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Sesuai dengan pikiran para filsuf,jika kita ingin melihat dunia maka tengoklah kedalam pikiran kita, karena dunia itu persis seperti apa yang kita pikirkan. Sesungguhnya dunia ini adalah refleksi dari apa yang telah kita lakukan. Segala apa yang kita lakukan pasti akan mendapatkan balasan dariNya. Kebaikan yang kita lakukan akan membawa kebaikan bagi hidup kita, begitupun sebaliknya, keburukan yang kita lakukan akan berimbas pada kehidupan kita.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Filsafat itu berolah pikir tentang objek dari yang ada dan yang mungkin ada. Walaupun yang berada di dalam pikiran kita mencakup yang ada dan yang mungkin ada, tetapi itulah yang ada di dunia. Segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia ini yang ada di dalam pikiran kita, maka itulah yang kita yakini sebagai dunia. Salah satu hal yang mungkin ada di dalam pikiran kita juga sebagai dunia. Misalkan saja kita yakin bahwa negera Jepang itu ada, meskipun kita belum pernah datang langsung ke negera Jepang, tetapi negera Jepang ada dalam pikiran kita. Maka negera Jepang adalah ada di dunia ini. Oleh karena itu, yang tidak bisa kita hadirkan berarti yang di luar pikiran kita, maka untuk mengetahui itu semua harus selalu membaca dan membaca.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Imanuel Kant jika engkau ingin melihat dunia tengoklah pada pikiran mu karena dunia itu persis seperti engkau pikirkan. Maka sebenarnya, bagaimana dunia kita tergantung dari pikiran kita sendiri. Ketika pikiran kita luas, penuh dengan hal-hal positf, maka dunia kita akan menjadi luas, dunia akan tersenyum kepada kita. Begitu juga sebaliknya. Jika pikiran kita sempit, penuh dengan hal-hal negative, maka dunia juga akan terasa sempit dan tidak menyenangkan. Maka dunia kita tergantung dari pikiran kita.

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Segala yang ada di dunia ini dapat kita pikirkan, sehingga dunia ini seperti pikiran kita yang senantiasa mempelajari apa yang ada dan yang mungkin ada secara menyeluruh dan mendalam. Ketika kita mampu merefleksikan apa yang kita pelajari, maka dunia itu telah berada di dalam pikiran kita, sehingga kita mampu memahaminya.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Manusia ada karena manusia itu berpikir. Manusia dimanapun kapanpun otaknya selalu bekerja untuk berpikir. Jadi kalau kita ingin dianggap dan diakui keberadaannya maka berpikirlah. Sebaik-baiknya berpikir adalah berpikir yang memiliki manfaat dan tujuan positif. Pikiran mencerminkan kepribadian. Seluas-luasnya duniamu adalah seluas-luasnya pikiranmu.

    ReplyDelete
  8. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pikiran manusia dianugerahi Allah dengan akal yang membedakannya dengan mahluk Allah lainnya. Kemampuan akal atau pikiran manusia inilah yang membuat manusia mampu memikirkan apapun baik yang telah dilaluinya ataupun yang mungkin untuk dilaluinya. Melalui pikiran manusia inilah maka perkembangan dari sisi apapun dapat dirasakan oleh manusia. Bukankah semua yang ada saat ini melalui pikiran manusia pembuatnya terlebih dahulu lalu baru terealisasi dengan pembangunan. Begitulah dunia, dunia ini ada karena telah terpikirkan terlebih dahulu oleh manusia, perkembangannya dari yang tidak ada menjadi ada juga diakibatkan oleh pikiran manusia berperan penting dalam hal ini.

    ReplyDelete
  9. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Banyak orang mengatakan bahwa pikiran adalah dunia, namun ada yang beranggapan sebaliknya, bahwa dunia adalah pikiran. Maksud dari pikiran adalah dunia adalah manusia beranggapan bahwa dengan berpikir maka ia dapat melakukan apapun di dunia, sementara maksud dari dunia adalah pikiran adalah bahwa manusia baru bisa dapat berpikir setelah melihat realitas yang ada di dunia. Namun penghubung dari kedua pandangan yang berbeda tersebut adalah bahwa kita dapat menemukan dunia di pikiran kita masing-masing.

    ReplyDelete
  10. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dari elegi sebelumnya mengatakan bahwa jika kau ingin mengetahui dunia maka tengoklah ke dalam pikiranmu. Dunia adalah seperti apa yang kupikirkan, jika kita membayangkan dunia ini adalah suatu hal yang positif maka dunia akan memberikan hal yang positif untuk kita. Jika yang kita bayangkan dunia ini adalah negatif maka yang kita dapatkan sesuatu yang negatif. Dunia akan memberikan sesuatu yang baik jika kita berpikir bahwa dunia kita baik, dunia kita merupakan refleksi dari yang ada di pikiran kita. Sehingga duniaku dengan yang lain tentu berbeda karena duniaku tercipta dari pikiranku sendiri dan yang lain menciptakan dunianya masing-masing.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dunia begitu luas. Kita tak dapat menjangkau seluruh bagian dunia secara langsusng. Namun kita dapat menjangkaunya melalui pikiran kita. Ketika kita memikirkan A, maka begitulah A menurut pikiran kita. Ketika kita memikirkan Yogyakarta, maka begitulah yogyakarta menurut pikiran kita. Dunia itu persis seperti apa yang kita pikirkan.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dunia adalah pikiranku. Tiap orang memiliki cara berpikirnya sendiri. Cara tiap orang memandang suatu fenomena berbeda-beda tergantung baimana cara pandang ontologis, epistimologis, dan aksiologis seseorang terhadap fenomone tersebut. Tiap aku adalah diriku sendiri yang ada dan mungkin ada. Cara pikirku menyesuaikan dengan ruang dan waktu

    ReplyDelete
  13. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Untuk menemukan dunia maka carilah di dalam pikiranmu. Filsafat adalah olah pikir. Maka berpikir secara ekstensif dan intensif merupakan cara dalam mengolah pikiran itu. Berpikir secara ekstensif (seluas-luasnya) dan intensif (sedalam-dalamnya) akan menentukan duniamu. Karena seberapa luas dan dalamnya pikiran itulah yang menghadirkan bagaimana duniamu. Maka sebenar-benar pikiran adalah berpikir sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  14. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Bagaimana dunia mempengaruhi pikiran kita, dan bagaimana pikiran mempengaruhi dunia yang kita jalani. menciptakan dunia kita sendiri berdasarkan pemikiran, dimana kita dituntut untuk berpikir mengenai apa-apa yang berkaitan dengan dunia kita itu. dalam memandang suatu hal, seseorang dan orang yag lain berbeda-beda, tergantung bagaimana orang tersebut memikirkannya, inilah yang menjadikan dunia setiap orang berbeda-beda. Maka bagaimana duniamu adalah pikirmu dalam memaknai dunia.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Berpikir adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak. Walaupun tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kerja otak, pikiran manusia lebih dari sekedar kerja organ tubuh yang disebut otak. Kegiatan berpikir juga melibatkan seluruh pribadi manusia dan juga melibatkan perasaan dan kehendak manusia.

    ReplyDelete
  16. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    filsafat merupakan olah pikir, dalam mengolah pikiran manusia itu sangat luas, olah pikir menjadikan manusia tau sesunggguhnya apa itu dunia. dengan olah pikir yang ada dan pengetahuan-pengetahuan yang telah ada dalam pikiran manusia sehingga manusia mengrti bagaimana itu dunia, seperti apa itu dunia. jadi melalui pikiran manusia, manusia dapat menemukan dunia itu.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dunia adalah genggaman ku, dunia adalah pikiran ku, dunia adalah diriku. Maka jika aku ingin mengetahui dunia, aku bisa melihat bagaimana pikiran ku. Luasnya dunia bisa dilihat bagaimana kita berpikir secara ekstensif dan intensif, keberagaman dunia bisa dilihat dari bagaimana kita memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dunia adalah refleksi dari pikiran kita, jika kita berpikir bahwa dunia dapat memberikan banyak hal baik untuk diri kita, maka dunia adalah segala hal yang baik, tetapi jika kita berpikir dunia hanya akan membeikan dampak buruk bagi hidup kita, maka dunia adalah segala hal keburukan. Sehingga, dunia antar manusia yang satu dengan yang lainnya itu berbeda, tergantung bagaimana individu memikirkan akan dunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menurut Immanuel kant sebenar-benarnya dunia adalah apa yang kita pikirkan. Proses berpikir ada yang tanpa didahului dengan mengalami atau mengindra atau bisa disebut bahawa obyek pikir ada di dalam pikiran kita. Proses berpikir juga ada yang dilandaskan oleh pengalaman atau obyek pikir di luar pikiran kita. Keduanya jika dikolaborasikan maka bisa untuk menemukan dunia.

    ReplyDelete
  19. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Jika kita ingin melihat dunia, maka lihatlah dalam pikiran kita. Dunia adalah apa yang kita pikirkan. Dunia dapat menjadi buruk terhadap kita, bila kita memikirkan bahwa dunia itu buruk. Dunia dapat menjadi baik, bila kita memikirkan dunia itu baik.

    ReplyDelete
  20. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia itu luas atau sempit, tergantung bagaimana kita memikirkannya. Secara ekstensif dan intensif, kita dapat membentangkan dunia seluas-luasnya dan menyelami dunia sedalam-dalamnya. Dunia akan berlaku sebagaimana kita memandangnya. Jika kita memandang dunia sebagai tempat yang baik, maka hal yang baik akan terlihat. Sebaliknya jika kita kerap memandang dunia dari sisi buruknya saja sehingga mengeluh bahwa dunia membosankan, maka hati dan mata kita akan tertutup untuk melihat keindahan dunia. Pikiran mencerminkan bagaimana sebenarnya kita.

    ReplyDelete
  21. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Suatu yang membedakan manusia dengan makhluk lain cipataan Allah SWT yaitu diberikannya kemampuan untuk berpikir. sehingga Berpikir adalah suatu anugerah istimewa yang diberikan Sang Pencipta yang berupa suatu proses untuk membangun sesuatu yang tidak ada untuk menjadi ada dalam benak atau pikiran. Suatu proses aktif bukan pasif.
    Berpikir pun mengandung banyak makna yaitu berpikir untuk memahami dan membangun pengetahuan. Dunia kita sejatinya adalah tergantung bagaimana pikiran kita melihat dunia itu. Terima Kasih

    ReplyDelete
  22. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia akan berubah menjadi seperti apa yang dipikirkan oleh setiap orang. Apabila seseorang memandang bahwa dunia ini sangatlah sulit, maka akan terasa sulitlah setiap perjalannannya. Namun apabila seseorang melihat dunia ini dengan pikiran yang positif maka setiap perjalanannya, sesulit apapun rintangannya, yang dilihat adalah sisi positif dari setiap kejadian. Semudah apapun jalannya, apabila seseorang memiliki pikiran yang buruk, maka segala sesuatunya hanya akan berubah menjadi sesuatu yang terasa sulit. Oleh karena itu dikatakan bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan.

    ReplyDelete
  23. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Pikiran adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang tidak diberikan ke makhluk manapun selain manusia. Semua yang ada di dunia ini adalah merupakan produk dari pikiran. Padahal semua yang ada di dunia ini adalah objek dari filsafat. Jangankan semua yang ada, semua yang mungkin ada saja adalah objek filsafat. Maka objek filsafat adalah produk dari pikiran kita. sehingga jangankan menemukan dunia, dunia saja sudah ada dalam pikiran kita. tinggal kita wujudkan atau konkritkan dalam bentuk realita.

    ReplyDelete
  24. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Pikiran adalah bayang-bayang/refleksi dari dunia. Jika yang kita pikiran kita jernih maka kehidupan di dunia akan berkah, begitupula sebaliknya maka muncullah ungkapan jika ingin melihat dunia maka tengoklah ke pikiranmu.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete