Oct 21, 2012

Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.




Oleh Marsigit, Yogyakarta

Saya bukan fan penyanyi dan artis Michael Jackson. Sesekali melihat tayangannya di TV dan berita tentang (kematian) dirinya. Kebetulan suatu sore di Indovision, melihat tayangan nyanyiannya yang berjudul “Earth Song”, mungkin maksudnya adalah nyanyian bumi. Dalam artikel ini jika saya meminjam Almarhum Michael Jackson, maka dia meminjam bumi sebagai media untuk menunjukkan ekspresi yang menurut saya dapat diberi judul “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme”. Apa maksudnya?


Sederhana saja logikanya.

Background lagu itu berupa Video apa saja yang diputar berjalan mundur sampai batas dimana manusia memulai eksploitasinya terhadap alam dalam koridor kapitalisme dan pragmatisme. Maka terdapatlah pemandangan menakjubkan yang menggambarkan bagaimana limbah-limbah pabrik di sedot kembali ke dalam pabrik pembuang limbahnya. Tanaman-tanaman yang telah dibabat serta merta berdiri tegak kembali. Hutan-hutan yang gundul serta merta memperoleh kembali tanaman semula yang telah dibabat. Manusia-manusia yang telah mati mengalami kebangkitan bangun kembali menjadi dirinya semula yang belum terkontaminasi oleh dosa-dosa.

Pipa-pipa, kawat-kawat saluran-saluran tergulung kembali dan tersedot kedalam pabrik pembuatnya. Dan pabrik-pabrik meluruh melepaskan bagian demi bagian sehingga tampaklah tanah subur semula seperti sebelum adanya pabrik. Alhasil, proses perjalanan mundur sampailah pada jaman atau saat manusia belum memulai melakukan perusakan dan eksploitasi besar-besaran terhadap alam. Tidak diketahui pasti kapan peristiwa itu, tetapi dapat dilogikakan bahwa itu tentulah bersamaan dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarianisme dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme.

Dengan lagu Earth Song itu, kelihatannya Michael Jackson ingin membayangkan bagaimana indahnya jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Mungkin bisa dibayangkan masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

Namun apalah artinya seorang Michael Jackson?. Tetapi yang menarik adalah bahwa dia adalah seorang artis humanis tentu mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaiman dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Tentu juga hanyalah orang-orang yang nuraninya masih sensitif pula yang mampu melihat fenomena pemberontakan Michael Jackson melalui nyanyiannya Earth Song. Sekali lagi apalah daya seorang diri Michael jackson? Sejarah membuktikan bahwa diapun pada akhirnya tertelan oleh gerakan yang dia lawannya sendiri itu.

Saya melihat masyarakatku dan juga seluruh dunia juga sedang mengalami nasib yang sama. Saya berempati dengan Michael Jackson bukan karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Seperti yang dialami oleh Michael Jackson, saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien.

Sekian, terimaksih.

26 comments:

  1. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Gerakan kapitalis, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism yang sedang berkembang bagaikan menutup kegiatan spiritual. Dengan adanya kemajuan zaman terkadang manusia terlena dengan glamornya kehidupan. Sering terlupakan pula bahwa manusia sebenarnya adalah makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT, sehingga untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepadanya ia perlu melakukan ibadah yang ditujukan hanya kepada Allah semata.

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perkembangan zaman seakan dengan mudah mengubah arah pikir manusia yang semakin tinggi kedudukan dan kekuasaan, maka semakin tinggi pula ego yang dimilikinya tanpa mementingkan orang di sekitarnya. Sama seperti halnya Michael Jackson yang berusaha menyadarka manusia untuk saling menjaga kelangsungan hidup yang sementara ini dengan sebaik-baiknya usaha. Manusia sering lupa asal mereka dan akan kembali kemana mereka? Mungkin bukan mereka tidak sadar, tetapi memang alam ini belum begitu terlalu menghiraukan apa yang sudah mereka lakukan pada dirinya. Dan apabila sudah ditunjukkan kuasa Allah, barulah manusia itu tersadar dari tidur panjangnya

    ReplyDelete
  3. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Membaca elegi ini membuat saya penasaran untuk mendengarkan lagunya. Meskipun butuh ekstra tenaga untuk memahami isi liriknya, saya mencoba mulai menelaah. Semua yang dilakukan oleh manusia atas segala keserakahannya hanya membuat malapetaka saja. Sehingga, manusia saat ini merasa berada pada zona nyamannya padahal sesungguhnya saat ini berada pada zona yang begitu memprihatinkan dengan berkembangnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan juga hedonisme. Andai kata spiritualisme manusia dapat melandasi segala hal yang ada dan yang mungkin ada pada saat itu, mungkin humanisme, hidup rukun, dan juga harmonis sudah berkembang dan membasmi tumbuhnya limbah kapitalisme, utilitarianisme, prgamatisme, dan juga hedonisme.

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Saat ini kita dikepung dengan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism. Semua itu membuat kita melakukan pengrusakan terhadap alam. Dapat kita bandingkan dengan zaman dulu dimana masih banyak hutan-hutan di sekitar kita. Saat ini, banyak hutan-hutan yang gundul, pabrik dimana-mana. Maka untuk mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism, kita harus kembali kepada spiritualisme, humanisme. Kita harus kembali menggali nilai-nilai luhur dan budaya lokal, saling gotong royong memperbaiki kerusakan di bumi, serta kembali menjadi seorang muslim sejati yang senantiasa memohon ampun dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Saat ini kita dikepung dengan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism. Semua itu membuat kita melakukan pengrusakan terhadap alam. Dapat kita bandingkan dengan zaman dulu dimana masih banyak hutan-hutan di sekitar kita. Saat ini, banyak hutan-hutan yang gundul, pabrik dimana-mana. Maka untuk mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism, kita harus kembali kepada spiritualisme, humanisme. Kita harus kembali menggali nilai-nilai luhur dan budaya lokal, saling gotong royong memperbaiki kerusakan di bumi, serta kembali menjadi seorang muslim sejati yang senantiasa memohon ampun dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Almarhum Michael Jackson mungkin bermaksud untuk mengirimkan suatu pesan saat ia membuat lagu itu untuk ditujuan kepada yang mendengarkan lagu tersebut bahwa manusia agar kembali kepada hakikatnya, yang membumi dan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk dijaga sebaik-baiknya secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  7. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PMAT C 2017

    Lagu Earth Song adalah lagu dari Michael Jackson yang menyentuh dan mengingatkan pada semua orang untuk mempedulikan tentang bumi dan seluruh isinya. Dia ingin mempertunjukkan pada dunia bahwa bumi sedang sakit. Beliau berharap agar lewat karyanya tersebut agar semua orang sadar akan menjaga dan melestarikan bumi ini.

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme adalah gerakan dari negara barat yang memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia. Dengan melaksanakan sistem kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme itu negara barat dengan adidaya kuasanya sangat berpengaruh terhadap negara lain dibidang apapun dengan kecanggihan teknologinya. Manusia sudah tidak lagi sensitif terhadap lingkungannya, yang manusia pikirkan adalah bagaimana caranya akan saya perjuangkan untuk hidup sejahtera, termasuk juga merusak alam. Semoga untuk kedepannya manusia lebih sadar dan lebih mencintai alam ini sehingga alam akan tetap lestari. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Saya rasa, Michael Jakson adalah musisi yang sadar akan tanggung jawabnya. Memproduksi karya musik adalah memproduksi kapitalisme, hedonism, pragmatism dan kerusakan alam. Mengapa? Coba kita bayangkan penjualan karya dengan biaya rekaman yang mahal, belum lagi biaya tiket yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu dalam status sosial-ekonomi. Lebih lanjut, produksi kepingan CD yang terbuat dari plastik dan kertas turut menjadi sumber dari kerusakan alam. Jadi, bagi saya hal yang biasa dan sangat wajar bagi musisi atau apapun profesinya untuk merawat alam dari cengkraman kapitalisme dan eksploitasi berlebih.

    Membaca artikel ini mengingatkan saya pada beberapa musisi INDONESIA yang berjuang merawat lingkungan salah satunya adalah NAVICULA. Lirik-lirik yang terkandung di dalam lagunya memotivasi pendengarnya untuk senantiasa merawat lingkungan, selain itu mereka aktif dalam aksi-aksi nyata dalam memperjuangkan lingkungan seperti penebangan liar di Sumatra dan Kalimantan. Yang unik dari band ini adalah mereka berlatar belakang sebagai petani, tentu hal ini menunjukan kejujuran perlawanan atas kapitalisme, hedonism, pragmatism dan eksploitasi terhadap alam.

    Terkadang saya melihat bahwa, isu perlawanan terhadap kapitalisme, hedonism, pragmatism dan eksploitasi terhadap alam cenderung dimaknai sebagai sebuah perlawanan simbolik yang nihil. Saya mengamati dari pola hidup masyarakat kota yang menamai gerakannya sebagai gerakan ramah lingkungan. Anehnya mereka melakukannya dengan bersepeda hanya di lingkup lingkungan di mana festival tersebut diadakan. Padahal, dari rumah menuju lokasi festival ia menggunakan mobil mewah untuk mengangkut sepedanya. Tentu hal tersebut merupakan kontradiksi, ia dapat dikatakan tetap menyumbang emisi gas terhadap bumi.

    ReplyDelete
  11. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Keadaan yang dicerminkan diatas menggambarkan kehidupan manusia yang seharusnya. Dimana semuanya berjalan dengan lancar. Masih sesuia dengan kondratnya. Bumi masih kondusif untuk ditinggali. Dan semoga kehidupan umat manusia di bumi ini akan selalu dalam keadaan damai. Amin. Dan semoga kita sebagai khalifah dibumi ini dapat dilakasanakan dengan baik. Amin.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme telah menyerang manusia di era globalisasi ini. Memang manusia telah diciptakan dan merupakan makhluk yang mempunyai hawa nafsu, wajar jika manusia selalu tidak merasa puas akan sesuatu yang dimilikinya khususnya harta dan kekuasaan, ingin lebih dan lebih. Di era globalisasi ini kita harus mampu bersaing, namun kita juga harus membentengi diri dari Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme.

    ReplyDelete
  13. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia ini dipenuhi dengan paham kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Hal ini yang menjadikan kerusakan-kerusakan di dunia. Seperti yang digambarkan dalam lagu Michael Jackson, hal ini seharusnya menjadikann pengingat oleh kita tentang pentingnya menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan tidak serta merta mengadopsi paham-paham kapitalisme, hedonisme dll, jika paham ini justru menjadikan manusia-manusia tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  14. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Almarhum Michael Jackson mungkin bermaksud untuk mengirimkan suatu pesan saat ia membuat lagu itu untuk ditujuan kepada yang mendengarkan lagu tersebut bahwa manusia agar kembali kepada hakikatnya, yang membumi dan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk dijaga sebaik-baiknya secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kepekaan seseorang terhadap lingkungannya berbeda-beda. Orang yang peka terhadap lingkungan biasanya menjaga baik-baik lingkungan dimanapun ia berada. Orang yang tidak peka terhadap lingkungan biasanya acuh terhadap lingkungan dan kepentingan orang lain, orang yang seperti ini biasanya egois dan hanya ingin memanfaatkan tanpa memberikan manfaat bagi orang lain dan bagi lingkungan.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang, mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, damai, dan tenteram karena manusia memiliki spiritual yang tinggi. Kehidupan manusia juga akan lebih humanis dan manusia juga akan lebih menjunjung nilai-nilai luhur budaya moral.

    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliran yang ia lawan.

    ReplyDelete
  17. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sungguh sensitivitas yang luar biasa yang dirasakan oleh seorang Micheal Jackson dan orang-orang yang masih sadar akan lingkungan dan umumnya bumi saat ini. Benar saja, bumi tanpa terkecuali di sisi manapun telah mengalami perubahan ke arah keburukan. Dan ini bukanlah suatu hal yang membuat terkejut sesungguhnya karena para malaikat pun telah memprediksi ini akan terjadi. Simaklah, Q.S Albaqarah : 30 yang artinya, “Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” Ya inilah ketetapan bahwa manusia memang menjadi perusak bumi sampai akhirnya hari kiamat akan tiba. Akan tetapi, akankah kita menjadi manusia yang mengikuti setan-setan musuh nyata bagi manusia untuk merusak bumi?. Allah menetapkan demikian sesungguhnya ingin mengetahui siapa diantara hambaNya yang mampu untuk melawan godaan syaitan untuk merusak bumi demi hawa nafsu dan kepentingan diri belaka. Semoga Allah melindungi kita semua dari ajakan syaitan untuk merusak bumi Allah ini. Aamin

    ReplyDelete
  18. Junianto
    PM C
    17709251065

    Paham kapitalis, utilitarianisme, pramatis, dan hedonism memang cukup memberikan andil besar dalam mengubah duni dan pola pikir manusia. Manusia menjado sangat materialis dan semua hal diukur dengan materi. Orang kaya semakin serakah untuk mengumpulkan kekayaan dan orang miskin semakin miskin karena hak-hak mereka diambil oleh orang-orang kapital. Saya juga sepakat bahwa lagu Michael Jacson mengandung sindiran kepada kaum-kaum tersebut. Para penganut aliran tersebut menjadi mengabaikan spiritual karena fokus kepada materi dan bagaimana menguasai sektor-sektor strategis dunia.

    ReplyDelete
  19. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Lagu Earth Song bagi saya menjadi satu media berisikan angan-angan dan keindahan. Akan tetapi, di balik keberadaan lagu ini berikut dengan pesan moral yang akan disampaikan, saya melihat bahwa Michael Jackson ditokohkan dalam elegi ini karena dia menjadi salah stau tokoh yang mampu menebarkan nilai-nilai humanisme dan sensitifitas yang tinggi. Karena itulah Michael Jackson dirasa mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaimana dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya.
    Bagi saya, "mendaur ulang limbah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme", adalah salah satu upaya untuk memperoleh nilai kebaikan pada suatu keterlanjuran. Bagi saya sama halnya dengan gambaran pepatah yang sedikit saya modifikasi berikut ini, memang nasi telah menjadi bubur, akan tetapi buburpun dapat diambil manfaatnya hingga setara dengan nasi. Oleh karena itu, sebagai pelaku yang tidak sengaja masuk ke dalam dunia kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, paling tidak kita masih memiliki kesempatan untuk tidak memperburuk keadaan.

    ReplyDelete
  20. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Keserakahan manusia adalah sumber dari kerusakan dunia. Dalam Al Quran, Allah sudah mewanti-wanti bahwa kerusakan yang terjadi di darat maupun di lautan adalah disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. Nafsu manusia yang begitu besar, yang tidak diimbangi dengan spiritual, tidak diimbangi dengan rasa syukur, tidak diimbangi dengan rasa social yang tinggi, hanya akan menghasilkan keserakahan, ketamakan. Hingga sekarang lahirlah isme-isme seperti materealisme, utilitarianisme, hedonism. Semua isme-isme yang begitu memuja materi, kekuasaan sehingga apa-apa dinilai dari materi, yang sebenarnya manusia tidak akan pernah merasa cukup akannya. Makanya dalam spiritual atau agama, kita dikenalkan dengan sifat bersyukur.

    ReplyDelete
  21. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pend. Matematika B


    Di dalam buku Badri Malik, dengan judul Dilema Psikolog Muslim, beliau menjelaskan mengenai kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme pada dunia pendidikan. Setelah itu beliau pun mengingatkan jika dari ilmu-ilmu tersebut ada pemahaman yang sempit dan adapula mutiara yang masih diliputi oleh lumpur. Bisajadi Michael Jackson merasakan ada mutiara dalam pandangannya pada dunia, namun ia pun masih kasat mata karena adanya pemahaman yang sempit dan mengarah pada egosentris tersebut.

    ReplyDelete
  22. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Manusia di dunia telah terjangkit penyakit kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, hanya sedikit orang yang memikirkan dan mencemaskan mengenai hal ini. Kita butuh lebih banyak orang yang berempati dan memiliki sensitivitas terhadap masalah ini sehingga dapat tercipta dunia tanpa paham yang disebutkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Setau saya Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliaran yang ia lawan.

    ReplyDelete

  24. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Membangun kepekaan terhadap dunia sekitar memanglah tidak mudah. Apalagi bagi kami generasi yang dalam masa pertumbuhannya sudah diserang oleh globalisasi dengna pengaruh hedonismenya sedangkan kami yang diserang belum memilki bekal apapun untuk menghadapinya. Bimbingan dari orang-orang yang lebih peka, seperti dari orangtua, guru-guru dan para dosen masih sangat kami butuhkan untuk mampu mengembangkan generasi yang humanis di kemudian hari.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia tidak selalu seperti apa yang diinginkan, dibayangkan. Dunia bukanlah berisi kehidupan yang sempurna. Karenanya manusia mempunyai celah untuk berjuang atas tempatnya tinggal supaya menjadi hunian yang lebih baik. Beruntunglah orang-orang yang masih memiliki sensitivitas terhadap apa yang sedang melanda dunia ini, karena itu menandakan bahwa dia masih memiliki hati nurani dan kepekaan terhadap manusia dan lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  26. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Memahami apa yang melanda di dunia ini, diperlukan sensitivitas hati dan pikiran manusia. sensitivitas ini muncul melalui kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Sehingga diperlukan kebiasaan, bisa dimulai dengan sensitif terhadap diri, sensitif terhadap keadaan keluarga, sensitif terhadap keadaan masyarakat, sensitif terhadap keadaan negara, dan sensitif terhadap permasalahan dunia. Semua itu memerlukan pikiran dan hati yang jernih.

    ReplyDelete