Oct 21, 2012

Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.




Oleh Marsigit, Yogyakarta

Saya bukan fan penyanyi dan artis Michael Jackson. Sesekali melihat tayangannya di TV dan berita tentang (kematian) dirinya. Kebetulan suatu sore di Indovision, melihat tayangan nyanyiannya yang berjudul “Earth Song”, mungkin maksudnya adalah nyanyian bumi. Dalam artikel ini jika saya meminjam Almarhum Michael Jackson, maka dia meminjam bumi sebagai media untuk menunjukkan ekspresi yang menurut saya dapat diberi judul “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme”. Apa maksudnya?


Sederhana saja logikanya.

Background lagu itu berupa Video apa saja yang diputar berjalan mundur sampai batas dimana manusia memulai eksploitasinya terhadap alam dalam koridor kapitalisme dan pragmatisme. Maka terdapatlah pemandangan menakjubkan yang menggambarkan bagaimana limbah-limbah pabrik di sedot kembali ke dalam pabrik pembuang limbahnya. Tanaman-tanaman yang telah dibabat serta merta berdiri tegak kembali. Hutan-hutan yang gundul serta merta memperoleh kembali tanaman semula yang telah dibabat. Manusia-manusia yang telah mati mengalami kebangkitan bangun kembali menjadi dirinya semula yang belum terkontaminasi oleh dosa-dosa.

Pipa-pipa, kawat-kawat saluran-saluran tergulung kembali dan tersedot kedalam pabrik pembuatnya. Dan pabrik-pabrik meluruh melepaskan bagian demi bagian sehingga tampaklah tanah subur semula seperti sebelum adanya pabrik. Alhasil, proses perjalanan mundur sampailah pada jaman atau saat manusia belum memulai melakukan perusakan dan eksploitasi besar-besaran terhadap alam. Tidak diketahui pasti kapan peristiwa itu, tetapi dapat dilogikakan bahwa itu tentulah bersamaan dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarianisme dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme.

Dengan lagu Earth Song itu, kelihatannya Michael Jackson ingin membayangkan bagaimana indahnya jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Mungkin bisa dibayangkan masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

Namun apalah artinya seorang Michael Jackson?. Tetapi yang menarik adalah bahwa dia adalah seorang artis humanis tentu mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaiman dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Tentu juga hanyalah orang-orang yang nuraninya masih sensitif pula yang mampu melihat fenomena pemberontakan Michael Jackson melalui nyanyiannya Earth Song. Sekali lagi apalah daya seorang diri Michael jackson? Sejarah membuktikan bahwa diapun pada akhirnya tertelan oleh gerakan yang dia lawannya sendiri itu.

Saya melihat masyarakatku dan juga seluruh dunia juga sedang mengalami nasib yang sama. Saya berempati dengan Michael Jackson bukan karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Seperti yang dialami oleh Michael Jackson, saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien.

Sekian, terimaksih.

26 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel yang berjudul michael jackson mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme diatas, memaparkan bahwa michael jackson adalah seorang artis humanis yang telah mengalami kematian. Yang dilihat dari dia bukanlah karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Dalam lagu michael jackson yang berjudul earth song, menayangkan video klip perjalanan mundur dari masa depan ke masa lalu, dimana isinya mempunyai maksud bahwa masa lalu telah berubah menjadi masa depan yang banyak kerusakan. Seperti di masa lalu belum ada limbah pabrik yang mencemari, dan di masa depan limbah yang merusak bagaikan hal yang biasa. Oleh sebab itu, marilah kita peduli terhadap apapun di sekitar kita, kita jaga, kita rawat, kita perbaiki, dan lain-lainnya. Karena jangan sampai anak cucu kita merasakan akibat kelalaian kita.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari postingan ini Saya ingin menyampaikan dua hal. Pertama, lagu earth song Michael Jackson dalam postingan ini dimaknai secara filsafat telah menghasilakan makna yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Padahal, setiap orang yang mendengar lagu ini belum tentu akan memaknai dengan hal yang sama. Bahkan Michael Jackson pun mungkin tidak memahami filsafat dari lagunya sendiri. Mungkin dia hanya memaknainya sebagai rasa khawatir terhadap alam yang sekarang. Oleh karena itu dengan filsafat membuat subjek belajar menjadi semakin kritis dan lebih perasa atau sensitif terhadap yang ada dan yang mungkin ada dihadapannya. Kedua, jaman sekarang adalah dunia yang sudah terjadi dan sedang berlangsungnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Kita sudah tidak bisa menghilangkannya karena itu adalah bagian dari perkembangan dunia. Kita hanya bisa menghadapinya dengan lebih bijak, lebih humanis, dan gunakan pikiran yang kritis serta hati yang jernih. Sehingga kita tidak terjebak pada dampak negatif dari keempatnya itu. Doa yang sama dengan Pak Marsigit smoga Alloh selalu memberikan kekuatan kepada kita dan juga orang-orang menyadarinya agar dunia tidak semakin ganas. Amiinn.

    ReplyDelete
  3. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A

    Gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism dan hedonism menjadi hal yang sangat berbahaya. Berbuat sesuai kemauannya dalam menggapai kepuasan duniawi. Manusia sering melupakan spiritualisme karena sering melihat secara nyata dan berlandaskan pada nafsu duniawi tidak berlandaskan pada iman dan taqwa, atau niat yang baik bagi kebermanfaatan orang banyak. Semoga aspek spiritual tidak dikesampingkan oleh orang tua dan guru dalam mendidik anak-anaknya pada masa modern yang penuh serba canggih ini yang mengkasatkan mata pada kehidupan dunia yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  4. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Andaikan paham kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme tidak berkembang, mungkin kehidupan di dunia ini akan jauh lebih harmonis, damai, dan jauh lebih humanis. Kerusakan yang terjadi dibumi ini adalah akibat dari orang-orang yang lebih mementingkan kepentingan pribadinya. Eksploitasi terhadap alam merupakan salah satu bentuk perusakan di bumi ini. Kita tidak mengetahui kapan hal tersebut terjadi, namun hal tersebut terjadi dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Tentunya sudah tidak mungkin bagi kita untuk menghentikan paham-paham tersebut, yang harus kita lakukan saat ini yaitu tingkatkan sensitifitas dan kepekaan kita terhadap lingkungan disekitar kita, agar kembali tercipta masyarakat yang humanis dan menjunjung nilai-nilai luhur budaya lokal.

    ReplyDelete
  5. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang, mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, damai, dan tentram karena manusia memiliki spiritual yang tinggi. Kehidupan manusia juga akan lebih humanis dan manusia juga akan lebih menjunjung nilai-nilai luhur budaya moral. Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliaran yang ia lawan.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pengaruh michael jackson dalam seluruh dunia, memiliki pengaruh yang sangat luas hingga banyak diberbagai dunia memperagakan dari segi style hidupnya baik ketika perform dan ketika beraktivitas sehari-hari, begitupun dengan berbagai lagu yang telah dibuatnya sangat familiar ditelinga orang banyak hingga banyak yang telah mengcover. Kaitannya dengan paham kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme adalah paham-paham tersebut sudah beredar sejak lama dan tentunya kita perlu menyikapinya dengan dewasa dalam berpikir dan mengutamakan spiritualitas dalam menghadapi setiap persoalan.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pengaruh kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang di masyarakat global saat ini telah mendapt perhatian dari beberapa kalangan yang peduli terhadap isu-isu terbut, tidak terkucuali sang raja pop Michael Jackson. Melalui lagunya ia mencurahkan pendapat dan perasaannya terkait isu tersebut. Mungkin bisa dibayangkan akan begitu indah apabila masyarakat dunia bersifat spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai.

    ReplyDelete
  8. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Lagu Earth Song milik Michael Jackson membayangkan bagaimana indahnya jika saat itu bukan gerakan masyarakat kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme yang berkembang melainkan masyarakat yang spiritualis, humanis, harmonis, rukun, dan damai. Lagu ini sesungguhnya merupakan salah satu upaya Michael Jackson dalam memerangi pengaruh gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Memang tidak mudah untuk dapat melawan gerakan tersebut. Walaupun sudah berusaha untuk dapat melawan gerakan tersebut tetap saja masih kalah sehingga tertelan olehnya. Oleh karena itu, jangan menyerah dalam menghadapi gerakan tersebut dan serahkanlah semua yang dilakukan kepada Yang Maha Kuasa karena segala kekuatan dan keberhasilan hanya milik-Nya.
    Wassalamualiakum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Manusia terlahir seperti selembar kertas putih. Tidak ada tinta yang mewarnai lembarannya. Lalu satu per satu tinta menggores lembarannya mengisi perjalanan hidup sampai tinta itu berhenti menuliskan kisah hidupnya. Tinta yang tergoreskan terdiri dari goresan yang lurus ataupun belok, semua tergantung kisah pribadi selembar kertas. Yang jelas, dan perlu diingat adalah kita ini hanya hidup sekali. Gunakan waktu hidup kita untuk hal-hal yang bermanfaat. Sekarang atau tidak sama sekali.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  10. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Saya mencoba mengambil kesimpulan bahwa earth song atau nyanyian bumi adalah nyanyian tentang keadaa bumi sekarang ini secata filsafat. Kapitalism, hedonism sekarang sudah merajalela bangsa ini dibuktikan dengan banyak terjadi masalah-masalah yang berorientasi pada hal tersebut. Masalah ini sangat berbahaya terlebih jika bangsa kita tidak mengatasi atau bahkan menghindari dari aspek paham yang sesat. Karena itulah manusia harus pintar dalam melakukan sesuatu agar tidak terjebak dalam hal yang sesat.

    ReplyDelete
  11. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Earth song yang dinyanyikan oleh Micheal Jackson menyampaikan pesan bahwa andai kata dunia ini tidak dipenuhi dengan kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia ini akan jauh lebih damai dan sejahtera. Namun, ketika dilihat kembali pada gaya hidup Micheal Jacson sendiri, iapun sebenarnya terjebak dalam kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Dan kitapun disarari atau tidak mulai terkontaminasi dengan yang namanya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Untuk itu, pemikiran yang kritis diimbangi dengan hati yang bersih menjadi benteng agar tidak terjerumus dalam paham-paham tersebut.

    ReplyDelete
  12. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme merupakan aliran-aliran yang muncul akibat dari sifat manusia yang tidak pernah merasa puas, selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang sudah diperoleh. Kegiatan manusia yang seperti itu akan berakibat pada rusaknya bumi. Bumi semakin lama tidak mampu memenuhi keinginan manusia. Aliran ini muncul akibat dari manusia yang tidak bersyukur dengan apa yang telah diperolehnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Tidak pernah merasa puas memang sudah menjadi sifat yang melekat pada manusia. Namun kita tidak boleh egois karena makhluk hidup yang tinggal di bumi tidak hanya manusia. Kita harus bisa hidup berdampingan dengan semua. Jika ingin memanfaatkan tumbuhan, maka manfaatkan dengan sebaik mungkin. Memanfaatkan dengan menggunakan hati dan perasaan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Gerakan-gerakan tersebut telah menyebabkan kerusakan di bumi. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam AL Quran bahwa akan terjadi kerusakan di bumi yang merupakan akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Kita sebagian kecil manusia di bumi ini tentu tidak akan bisa berbuat banyak karena kejadian ini telah merambah ke seluruh dunia. Bahkan pelaku perusakan tersebut kebanyakan adalah orang-orang yang mempunyai kekuasaan yang kuat. Namun, setidaknya kita bisa memulainya dari diri sendiri untuk menjaga kelestarian bumi di sekitar kita. Seperti yang dilakukan oleh Michael Jackson kita juga perlu meningkatkan sinsifitas kita terhadap lingkungan dan membantu orang-orang di sekitar kita agar menyadarinya.

    ReplyDelete
  15. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Tulisan ini menggambarkan bahwa filsafat dapat memaknai apa saja yang ada disekitar kita, salah satunya lagu yang sering kita dengarkan. Namun belum kita maknai. Dari apa yang coba dilakukan oleh Michael Jackson menunjukkan bahwa peran apapun dalam kehidupan dapat memberikan sumbangsih dalam kegiatannya. Kita mungkin terbatas dalam melakukan apa yang diperbuat oleh Michael Jackson tetapi setidaknya kita bisa memulai dari kesadaran diri untuk menjaga lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  16. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Lagunya Earth Song yang dinyanyikan oleh Michael Jackson memberitahukan kepada kita bahwa kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis apabila di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Lagu tersebut seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Michael Jackson ingin menunjukan indahnya bumi tanpa adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh manusia

    ReplyDelete
  17. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam hal ini, saya belajar bahwasanya manusia itu sendiri yang menciptakan gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme Eksploitasi besar-besaran terhadap alam merupakan perbuatan manusia yang berdampak pada kerusakan alam seperti hutan gundul, global warming, longsor, banjir dan lain sebagainya. Kerusakan yang telah disebabkan oleh manusia akan terus berpengaruh terhadap keberlangsungan alam kita baik itu sebulan, setahun, 10 tahun, 50 tahun, atau bahkan berabad-abad yang akan datang. Earth song merupakan bentuk sensitivitas atau kepekaan dari Michael Jackson terhadap eksploitasi alam yang terjadi di sekitar kita. Menilik dari pandangan filsafat, lagu tersebut mengajarkan banyak hal kepada kita. Seiring dengan berkembangnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, tentu kita tidak bisa lagi mengehentikannya. Namun kita sebagai manusia yang dikaruniai akal pikiran tentu kita bisa mencegah supaya eksploitasi alam tidak berkembang secara luas.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme adalah paham yang bisa dikatakan tidak baik. Semua itu merupakan sesuatu yang hendaknya kita hindari. Maka supaya Kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme tidak berkembang dalam kehidupan kita, hendaknya berlandaskan pada iman dan taqwa, atau niat yang baik bagi kebermanfaatan orang banyak.

    ReplyDelete
  19. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Berpikir secara intensif dan ekstensif adalah filsafat. Kali ini kita akan menerjemahkan salah satu lagu Michael Jackson dengan judul earth song. Nampak biasa saja bagi mereka yang melihatnya sekilas, namun ketika kita berpikir secara mendalam ada pesan lain yang tersampaikan dalam lagu ini. Dalam pandangan sekilas kita hanya melihat bagaimana Michael Jackson menggugat perilaku masyarakat bumi yang telah mengacak-acak bumi, Dia ingin menunjukan indahnya bumi. Namun dalam kajian lebih mendalam kita dapat mengambil makna bahwa sebab dari kerusakan bumi adalah perilaku menyimpang dari manusia yaitu, kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonism. Tanpa sikap tersebut digambarkan bumi akan lebih indah.

    ReplyDelete
  20. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    pada elegi ini saya inigin mengomentari pernyataan bapak ini "saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien". menurut saya juga begitu. kita sadari bahwa bagaimana kaum kapitalis di Indonesia saat ini menyebar, menciptakan marketnya sendiri dan perlahan ingin menguasai perekonomian secara global. dan praktek-praktek seperti ini pula juga terkadang menjadi prioritas para tenaga pelajar di suatu kampus, mereka memperjualbelikan kepada mahasiswanya buku-buku dengan harga yang tidak sesuai dan kualitas buku yang tidak terjamin karena hanya merupakan salinan dari buku aslinya. olehnya itu, semoga kita semua dapat memerangi kapitalisme pendidikan yang terjadi di Indonesia demi terciptanya insan jauh dari kata hedonisme.

    ReplyDelete
  21. hanifah nabila hendral
    19701251003
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum
    saya sependapat dengan Bapak. menurut saya kita tidak boleh mengikuti arus kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme. sebagai umat islam tentu sudah jelas semua yang harus diikuti dan dijauhi selama hidup di dunia karena semuanya sudah ada didalam Al Quran dan Sunnah. semoga kita sebagai umat islam bisa terhindar dari kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  22. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pada artikel di atas dapat kita ketahui bahwa apabila paham kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme tidak berkembang mungkin kehidupan di dunia ini akan jauh lebih harmonis, damai, dan jauh lebih humanis. Kerusakan yang terjadi dibumi ini adalah akibat dari orang-orang yang lebih mementingkan kepentingan pribadinya. karena paham tersebut sangat berbahaya manusia dapat berbuat sesuatu sesuai dengan kemauannya hanya dalam menggapai kepuasan duniawi. salah satu faktor karena manusia sering melupakan spiritualisme hanya berlandaskan nafsu duniawi saja tidak berlandaskan pada iman dan taqwa.

    ReplyDelete
  23. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Inilah kehidupan. Tenggelam dalam arus yang tak tentu arah dari kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Itulah perhiasan dunia saat ini, Kita hanya berusaha untuk melakukan hal terbaik untuk diri kita, seraya bermunajat kepada Pemilik Seluruh Semesta Alam agar terhindar dari gemerlap nafsu jahat yang senantiasa mamantau kita saat kita berdiri, duduk, atau bahkan terbaring. Sebaik-baik teladan adalah seseorang yang mampu memberikan rahmat bagi sekalian alam.

    ReplyDelete
  24. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Setiap individu berhak menyampaikan pesan-pesan moral lewat karya-karyanya, tidak terkecuali michael jackson. Dia adalah seorang publik figur yang mempunyai banyak penggemar, tak jarang ia menginspirasi para penggemar lewat lagu-lagu yang dibawakannya. Saya sendiri cukup prihatin melihat dunia yang semakin hari semakin tidak terkendali. Hedonisme dimana-mana, bahkan anak kecilpun mulai bangga bersikap hedon. Suatu kebanggaan jika mempunyai barang-barang mewah nan mahal, meskipun fungsi dan manfaatnya sama dengan barang-barang non branded. Semakin hedon suatu kaum, maka semakin banyak pabrik-pabrik memproduksi item-item barang. Bahkan mereka membeli apa-apa yang tidak urgent sifatnya. Semakin banyak pabrik didirikan, semakin banyak polusi tercipta. Akhirnya alamlah yang menangis menderita.

    ReplyDelete
  25. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Lagu "earth song" karya Michael Jackson sangat bagus. Lagunya menggambarkan kondisi dunia yang dihancurkan oleh kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Memang benar, kondisi dunia yang dulu dan yang sekarang sangat jauh berbeda. Banyak orang merindukan kondisi dunia yang dulu dan tidak ada kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme seperti saat ini. Namun mau bagaimana lagi, sulit untuk mendapatakan kondisi dunia yang indah dan damai. Karena pasti banyak pihak-pihak yang memegang kendali dunia demi kepentingan pribadi jadi otomatis susah untuk menciptakan dunia yang bebas kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme .Terima kasih.

    ReplyDelete