Oct 21, 2012

Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.




Oleh Marsigit, Yogyakarta

Saya bukan fan penyanyi dan artis Michael Jackson. Sesekali melihat tayangannya di TV dan berita tentang (kematian) dirinya. Kebetulan suatu sore di Indovision, melihat tayangan nyanyiannya yang berjudul “Earth Song”, mungkin maksudnya adalah nyanyian bumi. Dalam artikel ini jika saya meminjam Almarhum Michael Jackson, maka dia meminjam bumi sebagai media untuk menunjukkan ekspresi yang menurut saya dapat diberi judul “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme”. Apa maksudnya?


Sederhana saja logikanya.

Background lagu itu berupa Video apa saja yang diputar berjalan mundur sampai batas dimana manusia memulai eksploitasinya terhadap alam dalam koridor kapitalisme dan pragmatisme. Maka terdapatlah pemandangan menakjubkan yang menggambarkan bagaimana limbah-limbah pabrik di sedot kembali ke dalam pabrik pembuang limbahnya. Tanaman-tanaman yang telah dibabat serta merta berdiri tegak kembali. Hutan-hutan yang gundul serta merta memperoleh kembali tanaman semula yang telah dibabat. Manusia-manusia yang telah mati mengalami kebangkitan bangun kembali menjadi dirinya semula yang belum terkontaminasi oleh dosa-dosa.

Pipa-pipa, kawat-kawat saluran-saluran tergulung kembali dan tersedot kedalam pabrik pembuatnya. Dan pabrik-pabrik meluruh melepaskan bagian demi bagian sehingga tampaklah tanah subur semula seperti sebelum adanya pabrik. Alhasil, proses perjalanan mundur sampailah pada jaman atau saat manusia belum memulai melakukan perusakan dan eksploitasi besar-besaran terhadap alam. Tidak diketahui pasti kapan peristiwa itu, tetapi dapat dilogikakan bahwa itu tentulah bersamaan dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarianisme dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme.

Dengan lagu Earth Song itu, kelihatannya Michael Jackson ingin membayangkan bagaimana indahnya jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Mungkin bisa dibayangkan masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

Namun apalah artinya seorang Michael Jackson?. Tetapi yang menarik adalah bahwa dia adalah seorang artis humanis tentu mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaiman dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Tentu juga hanyalah orang-orang yang nuraninya masih sensitif pula yang mampu melihat fenomena pemberontakan Michael Jackson melalui nyanyiannya Earth Song. Sekali lagi apalah daya seorang diri Michael jackson? Sejarah membuktikan bahwa diapun pada akhirnya tertelan oleh gerakan yang dia lawannya sendiri itu.

Saya melihat masyarakatku dan juga seluruh dunia juga sedang mengalami nasib yang sama. Saya berempati dengan Michael Jackson bukan karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Seperti yang dialami oleh Michael Jackson, saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien.

Sekian, terimaksih.

20 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pragmatisme bukan soal kebenaran, lebih seperti sikap atau orientasi atau cara. Pragmatisme mengacu pada studi tentang praktik, pembentukan teori praktik, dan penggunaan teori praktik ini pada praktik lainnya. Contohnya seperti menemukan resep kue baru: Ketika kita mencoba membuat kue. Saat kue itu bagus, kita menulis resepnya. Dan kemudian, setiap kali kita membuat kue lagi, kita menggunakan resep yang sama.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Semakin jauhnya manusia kepada Sang Pencipta merupakan awal dari munculnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Jika manusia dekat dengan Sang Pencipta maka mereka akan hidup spiritualis dan humanis. Karena dalam islam diajarkan untuk hablumminallah (hubungan dengan Allah) dan hablumminannas (hubungan dengan manusia). Banyak yang telah terjerumus dalam kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Apakah kita juga termasuk?. Berdoalah agar kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit-penyakit akhir zaman tersebut.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. September 25, 2017 at 7:28 PM
    Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Allan P. Merriam, seorang antropologi musik ternama dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa musik dapat berfungsi sebagai media untuk mengungkapkan perasaan seseorang mengenai fenomena yang sedang terjadi, serta merupakan media yang berkaitan dengan norma sosial. Sebelum Michael Jackson, musisi Bob Dylan pernah mengungkapkan kritiknya melalui lagu ‘Blowing in The Wind' sebagai protes kepada pemerintahan militer AS yang ikut campur dalam perang Vietnam pada tahun 60-an. Penulis lagu sering menyembunyikan makna tersirat sehingga hanya orang-orang dengan tingkat kepekaan tinggi terhadap isu sosiallah yang mampu menyadarinya. Bagi penikmat musik semata, mereka hanya menikmati fungsi musik sebagai sarana komunikasi dan hiburan.

    Saya tidak tahu apakah konsep video Earth Song adalah ide dari mendiang, namun mendelik keterlibatan MJ dalam aksi sosial maka sangat mungkin idenya juga tertuang dibalik penggarapan video tsb. Semoga karya musik yang memiliki makna mendalam dalam memerangi kapitalisme, utilitarianisme, hedonisme, komunisme, dll selalu disampaikan dalam bentuk yg indah sehingga memiliki nilai estetika yang baik sebagai sebuah karya seni.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017
    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul 'earth song' ingin menyampaikan pesan pada semua orang untuk mempedulikan bumi dan seluruh isinya. Dalam video klipnya menggambarkan bahwa bumi sudah seperti neraka, bumi dirusak terus menerus. Michael Jackson ingin menunjukkan bahwa bumi sedang sakit,dan ingin menyampaikan juga bahwa kehidupan didunia akan jauh lebih humanis bila tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang dan damai ketika manusia memiliki spiritual yang tinggi sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme berkembang.

    ReplyDelete
  6. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari tulisan ini kita disadarkan akan satu hal, yaitu Bumi, lingkungan, dan alam yang menopang kehidupan kita selama ini. Yang terjadi saat ini Asap sedang menyerang negeri ini, menelan banyak balita, dan orang lanjut usia. Ini lah negeri yang menunjukkan bahwa saat ini adalah saat dimana eksploitasi sangat tinggi , terutama di negara ini , dan lebih buruk lagi, yang melakukan bahkan dari luar negeri. Di mana hal ini terjadi karena kebebasan kepada investor untuk masuk ke negara ini. Dan pembangunan pabrik , pembuangan limbah yang berdampak pada masyarakat sungguh miris sekali , menebang pohon , dan sedangkan pemerintah terlihat sangat acuh, karena pemerintah saat ini sedang sibuk dengan bisnisnya , korupsi , pendanaan , kebijakan , dan lain-lain. Sedih rasanya jika mengingat dan menyadari akan hal ini, karena saya sendiri termasuk yang tak sadar akan pencemaran alam seperti ini.

    Manusia akan sadar akan pentingnya alam ini jika oksigen , tanaman , dan air tinggal yang terakhir. Pepatah ini mungkin sedikit mengingatkan kita :

    " Ketika pohon terakhir di dunia ditebang,
    ketika tetes terakhir air di dunia telah diambil,
    ketika hewan terakhir telah dimakan ,
    manusia akan menyadari uang yang tidak dapat dimakan dan diminum”.
    Semoga kita senantiasa sadar akan lingkungan ini dan segera melakukan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan, misal tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan tempat makan sendiri, dan upaya kecil lainnya.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kapitalisme, utilitaarisme, pragmatisme dan hedonisme adalah paham-paham kekinian yang lebih banyak memberikandampak negatif daropada dampak positifnya. Menjadikan kekayaan, jabatan dan kesenangan adalah yang nomor satu. Paham-paham yang mengharuskan melakukan eksploitasi demi memuaskan nafsu duniawi. Menebang dan membakar pohon-pohon di hutan. Menambang dengan sembarangan. Mendirikan pabrik-pabrik yang mencemari lingkungan. Bahkan saling membunuh demi mendapatkan posisi tertinggi. Seakan dunia ini sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme.
    Namun ada sesuatu yang menarik dari salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Michael Jackson yang berjudul Eart Song. Dalam video cpilnya menggambarkan keadaan bumi yang tenggelam dalam ganasnya kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme yang menyebabkan kekacauan di bumi karena ulah manusia. Namun keadaan itu seolah-olah berjalan mundur kambali ke keadaan dunia ini yang masyarakatnya spiritualis, humanis, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Seolah-olah Michael Jackson hendak mendaur ulang kekacauan di dunia ini yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri menjadi kehidupan sebelum datangnya paham kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Suatu perilaku yang terdorong dari gerakan-gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya memiliki dampak pada hilangnya sektor perekonomian rakyat. Hal tersebut tentu sudah menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat luas. Bahkan seorang musisi terkenal seperti Michael Jackson pun berupaya untuk memberikan kritik terhadap gerakan-gerakan tersebut dengan menciptakan sebuah lagu tentang hal tersebut. Lagu merupakan hal yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Melalui upaya nya tersebut ia ingin mengajak siapa saja yang mendengarkan lagunya untuk tidak berperilaku seperti yang disebutkan sebelumnya. Dapat kita ambil pelajaran bahwa sebisa mungkin, untuk menghidupkan ekonomi masyarakat indonesia. Sebagai contoh yaitu memilih produk dalam negeri, belanja di pasar tradisional, dsb.

    ReplyDelete
  10. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ingin lebih menekankan saja bahwa elegi ini tidak berfokus pada Michael Jackson sebagai seorang penyanyi, tetapi lebih menekankan pada sifat sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Lagu dengan judul "Earth Song" ini sebagai contohnya. Bagaimana Michael Jackson berandai agar bumi kembali kepada keadaan semula yakni spiritualis, humanis, dan harmonis. Tetapi itu semua tinggalah harapan saja, karena sekarang dapat kita lihat bahwa bumi sudah dipenuhi dengan paham kapitalisme, utilitarianisme, dan pragmatisme, yang dampaknya berupa hedonisme. Ternyata nafsu manusia mengalahkan segalanya, eksploitasi bumi dilakukan besar-besaran hanya untuk memenuhi nafsu manusia. Pesan yang harus kita ambil ialah, tumbuhkanlah rasa sensitivisme dan kepekaan terhadap apapun yang ada di sekitar kita, karena dengan begitu kita telah menjukan bahwa kita tidak hanya memikirkan diri kita sendiri tetapi peduli terhadap sesama.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Setiap ada dan yang mungkin ada memiliki cara dan metode tersendiri untuk beraktualisasi diri mengekspresikan apa yang dirasakannya dan apa yang ingin disampaikannya. Termasuk Michael jackson dan penyanyi lainnya yang menyampaikan pesan-pesan dan mengekspresikan kepedulian lewat alunan suara dan musik. Oleh karena itu marilah kita memilih lagu yang positif agar bisa menjadi orang yang positif ketika menyanyikannya.

    ReplyDelete
  12. Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengemukakan sensitivitasnya mengenai suatu hal. Salah satu contohnya Michael Jacson yang mengemukakan sensitivitasnya melalui lagu yang berjudul “Earth Song”. Diamana ia prihatin bahwa manusia melakukan eksploitasi terhadap alam untuk kepentingan para penguasa, kepentingan kebahagiaan, kepentingan memanfaatkan sumber daya alam. Karena ekploitasi besar-besaran itu, maka sekarang telah kita rasakan dampaknya, sederhana saja karena saya hidup di daerah pegunungan yang seharusnya memiliki suhu udara yang dingin/sejuk, saat ini suhu udara di daerah saya hampir sama dengan suhu udara di kota. Ya memang tak separah di kota, namun suhu udara panas telah saya temui di pegunungan.
    Keserakahan manusia yang hanya mengorientasikan kebahagiannya tidak selalu dilandasi dengan pemikiran “Anak dan cucu saya besok mau dikasih apa?”. Ya, kadang kata-kata ini muncul dan banyak kita dengar dari orang-orang sekitar kita. Intinya adalah, marilah kita mulai dari sendiri untuk mulai sensitif terhadap keadaan, menjaga alam, tidak melakukan eksploitasi. Sehingga komponen yang ada di dalam bumi dan alam ini tetap berjalan sinergis, sehingga kehidupan dan keasriannya tetap berlangsung lama hingga anak cucu dan penerus bangsa dapat merasakannya kelas. Amin....

    ReplyDelete
  13. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Cara seseorang menghadapi sesuatu berbeda-beda. Orang-orang yang peka terhadap lingkungan akan meninggalkan kesan yang baik di hati masyarakat maka saat dia tidak ada, banyak orang yang merasa kehilangan. Begitu pula cara seseorang mengungkapkan kesenangan dan kesedihannya, tak jarang spritualisme terabaikan. Kita selalu mendamba-dambakan dunia yang bersih dan jauh dari kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, namun kita selalu menjadi pengikut paham-paham tersebut. Maka agar kita dijauhkan dari paham-paham tersebut, kita mulai dengan senantiasa tawakal, ikhtiar, dan terus memohon ampunan dan petunjuk kepada Tuhan yang maha kuasa dalam setiap balutan kesedihan dan kesenangan.

    ReplyDelete
  14. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    sebelumnya saya ingin mengucapkan "aamiin ya rabbal 'alamiin"
    sebenarnya saya juga bukan penggemar Michael Jackson, bahkan saya juga baru kali ini mendengar lagunya yang berjudul Earth song. tapi setelah saya membaca pemaparan bapak tentang kandungan isi lagu yang mungkin ingin di sampaikan oleh Michael Jackson, maka saya juga ingin menyampaikan bahwa saya pun akhirnya menyadarinya dan juga berempati kepada beliau.

    ReplyDelete
  15. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Michael Jackson.Mendengar namanya tentu pasti kita tahu.Seorang yang berkecimpung di industri musik dunia.Uniknya beliau menjadi muslim sebelum kematian menjemputnya.Berdasarkan elegi di atas ada rasa kepekaan dan keasadaran dalam dirinya terhadapa lingkungan dan rasa sosialnya.Yang pada akhirnya mengantarkannya menciptakan lagu Earth song.Memang kalau dicermati seorang musisi mengungkapkan hasrat dan keinginan lebih dominan dituangkan dalam sebuah lagu hingga orang –orang dapat ikut mendengar dan merasa apa yang diasampaikan lewat lagu tersebut.
    Membicarakan tentang alam saya teringat kampung halaman sendiri.Sungguh tak mampu membendung kesedihan.Dulunya nampak hijau dan burung- burung berkicaun sambil bertengger di ranting –ranting pohon.Namun kini tak dijumpai lagi dan alampun menjadi sunyi.Sedikit demi sedikit hutan dibabat sampai ke akar-akarnya.Katanya dengan nada yang tak bersalah untuk membuka lahan baru. Wajar jika alam marah hingga berubah wujud menjadi banjir dan bencana sebagai peringatan agar kita lebih mencintai alam.

    ReplyDelete
  16. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Saya adalah salah satu orang yang mengapresiasi beberapa lagu Michael Jackson karena lirik-lirik dan pesan moral yang diberikan. Misalkan pada lagu Heal The World, We are the World, Black or White, Man in the Mirror, dan seperti yang bapak sebutkan Earth Song. Jika bapak sedikit mengemukakan maksud lagu Earth Song, saya ingin mengemukakan sedikit (sekali) maksud dari lirik lagu Man in the Mirror. Man in the mirror jika ditranslate ke bahasa Indonesia berarti orang di cermin. Kita melihat diri kita sendiri di depan cermin, itulah inti dari lagu tersebut. Saya pribadi sangat menyukai (maksud) lagu ini. Pada lagu ini, Michael Jackson mengemukakan bahwa jika kita ingin membuat dunia berubah menjadi ke arah yang lebih baik, mulailah dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  17. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Michael Jackson adalah penyanyi internasonal yang banyak mempengaruhi para pendengarnya, dia berhasil merekrut orang-orang yang bagus untuk tetap mempertahankan eksistensinya didunia hiburan, walaupun ia memiliki masa lalu yang kurang bagus. Dalam lagu earth song, dia berhasil mengajak para pendengarnya untuk melihat bagaimana lingkungan bumi saat ini, dengan penaruh kapitalisme dan perkembangan pembangunan sehingga mengesampingkan lingkungan.

    ReplyDelete
  18. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya juga bukan fans dari Michael Jackson, tetapi saya menyadari bahwa Michael Jackson adalah sosok yang memiliki kecintaan yang tinggi kepada alam dan bumi. Banyak karyanya yang membuat kita merefleksikan apa yang telah kita lakukan kepada bumi. Lebih dalam lagi, mengajak kita untuk membuat bumi menjadi lebih baik. Saya menyukai beberapa lagunya mengenai bumi. Ajakan melalui musik adalah cara yang menurut saya cukup menarik dan dapat menggugah banyak orang untuk semakin peduli akan kelestarian alam di bumi. Earth song, heal the world, lagu-lagu Michael Jackson yang amat mendunia mengenai kepedulian. Saya akan amat bangga jika memiliki kesempatan untuk menyanyikannya lagi guna meningkatkan kesadaran orang lain dan juga diri saya sendiri tentang menjaga alam bumi kita tercinta ini.
    Saya tidak terlalu hapal lagu earth song, tapi izinkan saya mengutip baris terakhir dari kata-kata lagu heal the world milik Michael Jackson:
    "make it better place for you and for me"
    Mari jadikan bumi tempat yang lebih baik untuk kita semua..

    ReplyDelete
  19. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Elegi ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa kita belajar itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Serta kita harus mampu dalam memilah hal-hal positif dari sesuatu yang kita lihat. Elegi ini membahas mengenai kesensitivan mengenai apa yang terjadi pada saat ini dengan merefleksikan dari video penyanyi terkenal yaitu Michael Jackson. Keprihatinan terhadapa dunia ini tertuang dalam elegi ini. yang menginginkan kehidupan yang spiritualis, harmonis dan sesuai dengan budaya lokal.

    ReplyDelete
  20. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari lagu Earth Song memang menunjukkan bahwa selama ini cukup banyak tingkah laku, produk, dan pola pikir manusia telah merusak alam. Setelah membaca elegi ini kami menyadari bahwa dari lagu tersebut tampak bahwa sebenarnya Michael Jackson juga menyadari bahwa powernow sudah memberi dampak ke seluruh dunia. Hal ini tidak mungkin untuk bisa dihindari, dan pesan yang kami dapat adalah kami harus meminimalisir dampak ini dengan memperkuat pemikiran dan spiritual kita agar bisa lebih peduli dengan lingkungan dan masyarakat yang ada di lingkungan kita.

    ReplyDelete