Oct 21, 2012

Michael Jackson Berupaya Mendaur Ulang Limbah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme.




Oleh Marsigit, Yogyakarta

Saya bukan fan penyanyi dan artis Michael Jackson. Sesekali melihat tayangannya di TV dan berita tentang (kematian) dirinya. Kebetulan suatu sore di Indovision, melihat tayangan nyanyiannya yang berjudul “Earth Song”, mungkin maksudnya adalah nyanyian bumi. Dalam artikel ini jika saya meminjam Almarhum Michael Jackson, maka dia meminjam bumi sebagai media untuk menunjukkan ekspresi yang menurut saya dapat diberi judul “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme”. Apa maksudnya?


Sederhana saja logikanya.

Background lagu itu berupa Video apa saja yang diputar berjalan mundur sampai batas dimana manusia memulai eksploitasinya terhadap alam dalam koridor kapitalisme dan pragmatisme. Maka terdapatlah pemandangan menakjubkan yang menggambarkan bagaimana limbah-limbah pabrik di sedot kembali ke dalam pabrik pembuang limbahnya. Tanaman-tanaman yang telah dibabat serta merta berdiri tegak kembali. Hutan-hutan yang gundul serta merta memperoleh kembali tanaman semula yang telah dibabat. Manusia-manusia yang telah mati mengalami kebangkitan bangun kembali menjadi dirinya semula yang belum terkontaminasi oleh dosa-dosa.

Pipa-pipa, kawat-kawat saluran-saluran tergulung kembali dan tersedot kedalam pabrik pembuatnya. Dan pabrik-pabrik meluruh melepaskan bagian demi bagian sehingga tampaklah tanah subur semula seperti sebelum adanya pabrik. Alhasil, proses perjalanan mundur sampailah pada jaman atau saat manusia belum memulai melakukan perusakan dan eksploitasi besar-besaran terhadap alam. Tidak diketahui pasti kapan peristiwa itu, tetapi dapat dilogikakan bahwa itu tentulah bersamaan dengan mulai berkembangnya paham kapitalisme, utilitarianisme dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme.

Dengan lagu Earth Song itu, kelihatannya Michael Jackson ingin membayangkan bagaimana indahnya jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang berkembang. Mungkin bisa dibayangkan masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim.

Namun apalah artinya seorang Michael Jackson?. Tetapi yang menarik adalah bahwa dia adalah seorang artis humanis tentu mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaiman dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya. Tentu juga hanyalah orang-orang yang nuraninya masih sensitif pula yang mampu melihat fenomena pemberontakan Michael Jackson melalui nyanyiannya Earth Song. Sekali lagi apalah daya seorang diri Michael jackson? Sejarah membuktikan bahwa diapun pada akhirnya tertelan oleh gerakan yang dia lawannya sendiri itu.

Saya melihat masyarakatku dan juga seluruh dunia juga sedang mengalami nasib yang sama. Saya berempati dengan Michael Jackson bukan karena gaya dan stylenya tetapi karena kesamaan sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap masyarakatnya pada jamannya masing-masing. Seperti yang dialami oleh Michael Jackson, saya pun menyadari sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada diriku dan juga orang-orang yang menyadarinya. Amien.

Sekian, terimaksih.

72 comments:

  1. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Menyadari bahwa negeri ini telah dikaruniai kekayaan yang sangat berlimpah, sumber daya manusia yang banyak dan berkualitas, tetapi masih berkutat pada selisih paham untuk berkuasa, untuk saling memusuhi, saling membohongi dan saling membodohi, karena perubahan perubahan alam pikiran manusia yang semakin cenderung pragmatis, utilitarian, materialistis dan hedonistis yang sebagian besar menjadi perilaku hidup saat ini.

    ReplyDelete
  2. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Bumi diciptakan dengan begitu indahnya, begitu sempurnanya. Layaknya manusia yang sudah diciptakan sebegitu baik dan sempurna. Tetapi manusia sendirilah yang merusaknya, segumpal daging jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini. Jika dia buruk maka buruklah seluruh tubuh ini. Tahukah apa itu? ia adalah hati. Oleh karena itu sifat manusia yang hedon akan sangat merusak ciptaan yang sempurna ini.

    ReplyDelete
  3. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Menjaga bumi dari segala macam kerusakan merupakan tugas manusia sebagai mahluk yang menghuni dan menempati bumi. Pentingnya menjaga dan melestarikan bumi, karena bumi beserta segala isinya berisi mahluk-mahluk lain selain manusia. Merusak bumi dengan berbagai limbah-limbah yang dihasilkan oleh manusia maupun perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggung jawab manusia merupakan suatu bentuk kedzaliman terhadap bumi dan mahluk-mahluk lain yang ada di bumi yang kesemuanya itu juga merupakan ciptaan manusia. Alangkah indahnya bumi kita ini, apabila hutan-hutannya masih hijau, sungainya masih jernih, udaranya sejuk, serta tanah yang subur.

    ReplyDelete
  4. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bagaimana dunia, sepeti apa dunia ditentukan oleh apa yang dibangun dalam pikiran kita sendiri.
    Dunia dapat dibangun dengan pikiran yang dimiliki.
    Oleh karenanya sebagai manusia berilmu patutlah belajar dari fenomena yang terjadi saat ini dimana kesenangan dunia menjadi hal yang mutlak diperlukan menjadi prioritas utama. Memang tidak semuanya berlaku seperti itu, namun melihat dampak-dampak yang ada, nilai konsumtif kita semakin besar dari produktif kita.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pada zaman sekarang telah berkembang paham kapitalisme, utilitalisme, dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme. Dimana hal ini ditunjukkan dengan banyak manusia yang melakukan perusakan dan eksplotasi secara besar-besaran saat ini. Sebenarnya keadaan ini sudah cukup melanda negara kita. Lebih banyak orang yang merusak dari pada memperbaiki keadaan yang ada saat ini. Seperti kerusakan hutan, limbah pabrik dimana pabrik tersebut untuk kepentingan pribadi, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Dengan adanya keadaan dimana paham kapitalisme, utilitalisme, dan pragmatisme, serta dampaknya adalah hedonisme yang berkembang di dunia ini, pertanyaannya. Siapa yang masih peduli dengan keadaan ini. Dan memberikan usahanya untuk menunjukkan rasa peduli atau memberikan sedikit tenaganya untuk mencari solusi. Hanya orang yang berhati sensitif terhadap keadaan itu yang peduli. Seperti yang dilakukan oleh penyayi Michel Jackson.

    ReplyDelete
  7. Zuliyanti
    1430241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Tanpa kita sadari, sikap-sikap di atas telah merasuki diri, sikap pragmatisme, mengutamakan praktis daripada manfaat, contohnya yaitu tawuran pelajar yang banyak terjadi di negeri ini. Hedonisme, dimana Indonesia termasuk negara yang onsumtif di dunia. Utilitarianisme, memaksimalkan penggunaan, contohnya penebangan hutan liar begitu marak.

    ReplyDelete
  8. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Sudah seharusnya menjadi renungan kita semua bahwa sikap kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme yang telah menjadi racun dunia, bahkan tanpa disadari telah mendekati jiwa naluri kita. Memang perlu kepekaan untuk merasakannya, apalagi untuk menghindarinya. Melawan sikap-sikap tersebut tentu dimulai dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  9. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Michael Jackson melalui lagunya ingin menunjukkan rasa simpatiknya terhadap dunia yang dirasa kejam dengan kapitalisme, utilitarianisme, dan hedonisme. Menurut saya, ia peka terhadap situasi yang sedang terjadi akhir – akhir ini. Manusia sudah mulai terbawa sikap yang dapat menjerumuskan dirinya ke dalam kehidupan yang tidak baik. Semoga untuk kedepannya kita juga mampu peka terhadap hal – hala yang terjadi di sekitar kita, mampu menyaring hal yang buruk sehingga tidak terjerumus ke dalam pengaruh yang tidak baik, dan senantiasa memperkuat iman dan ketakwaan terhadap Tuhan agar iman semakin kuat dan mempunyai pegangan iman dalam hidup.

    ReplyDelete
  10. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Pada elegi di atas lagu dari mendiang Michael Jackson "Earth Song" diilustrasikan sebagai suatu impian keadaan bumi jikalau saja sistem gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme tidak berkembang, melainkan sistem yang berkembang adalah masyarakat yang spiritualis, humanis atau menggali nilai nilai luhur budaya lokal, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Kepedulian spiritualitasnya mungkin dapat diidentifikasi dari usahanya pada akhir hayatnya untuk menjadi seorang Muslim. Kita lihat keadaan bumi saat ini, bencana terjadi di mana-mana yang kebanyakan disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri karena tidak lagi menghargai bumi dalam artian melakukan eksploitasi besar-besaran yang terkandung di dalam bumi, hutan-hutan dibabat habis untuk mendirikan gedung-gedung dan sebagainya. Ataupun bisa jadi ini adalah teguran dari Tuhan karena bertindak semena-mena terhadap bumi.

    ReplyDelete
  11. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    What about sunrise, What about rain, What about all the things,That you said we were to gain...
    What about killing fields, Is there a time, What about all the things, That you said was yours and mine...
    Did you ever stop to notice, All the blood we've shed before, Did you ever stop to notice, The crying Earth the weeping shores. Cintai Bumi seperti kita mencintai diri kita sendiri.


    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Di jaman kontemporer ini, kebudayaan luar begitu mudah memasuki dan mempengaruhi budaya local. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang ada, sehingga memudahkan akses masuknya budaya luar tersebut. Namun terkadang budaya luar kurang sesuai jika diterapkan dalam kebudayaan kita. Hal tersebutlah merupakan salah satu sisi negative yang perlu kita waspadai. Karena budaya luar yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita dapat menyebabkan degradasi moral pada bangsa kita. Masyarakat tergilas oleh kapitalisme, pragmatisme, dan hedonisme. Oleh sebab itu kita hendaknya bersikap waspada dan bijaksana dalam menghadapi era globalisasi ini. Kita perlu memilah dan memilih mana budaya yang baik dan mana yang buruk, sehingga kita tidak terpengaruh dan mendapat efek dari budaya yang tidak baik tersebut.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita memanag harus menajdi agent of change, atau agen pembawa perubahan. Akan tetapi berbeda hal dengan dengan orang-orang yang serakah dengana kesombongannya. Mereka lah yang akan merusak jerih payah seorang agen perubahan. . Hal ini seiring dengan ganasnya perkembangan gerakan kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Tidak bersyukur dan ingin lebih dan lebih menjadikan manusia tunduk dalam keserakahan yang menghanyutkannya. Oleh karena itu, walaupun sekarang ini perkembangan IPTEK semakin maju dan kita semakin berilmu

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia akan merasa hampa yang tidak jelas dari mana asalnya. Hal ini terjadi karena rasa sepi tanpa sebuah spiritual di hatinya.
    Tanpa spriritual maka hati manusia akan merasa hampa, sepi tanpa halnya manusia tanpa kawan, tanaman yang memerlukan air.
    Sehingga sudah menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam hati manusia yakni spiritual.

    ReplyDelete
  15. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Merenungkan makna yang terkandung dalam lagu Earth Song Michael Jackson, maka akan kita temui betapa ironinya kehidupan dunia saat ini, mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, dan damai ketika manusia memiliki spiritual yang tinggi sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang. Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Pada video klip lagu tersebut digambarkan bagaimana dunia kembali dari zaman yang zaman setelah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme ke zaman sebelumya yang masih lestari. Maka diperlukan upaya bersama untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam dan kesejahteraan kehidupan.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dalam elegi ini jelas sekali bahwa gerakan kapitalisme, utilitarisme, pragmatism dan hedonism membawa pengaruh negatif dalam masyarakat. Tentu saja hal ini sangat membahayakan. Kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis jika kita bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga kita tidak terpengaruh dan mendapat efek dari paham yang tidak baik tersebut.

    ReplyDelete
  17. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Elegi ini berawal dari video clip lagu Michael Jackson yangberjudul earth song. Dari video klip tersebut menggambarkan kembali ketika bumi masih bersih artinya belum adanya kapitalisme, utitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Berbeda sekali dengan zaman sekarang bahkan kapitalisme, utitarianisme, pragmatisme dan hedonisme seperti sudah dianggap dan bersahabat dengan manusia sekarang. Bahkan karena sikap Hedonisme yang ia punyai Michael Jackson OD (Over Dosis) dan jelas ini sangat bertentangan dengan video yang ada dalam salah satu lagu miliknya. Semoga kita terhindar dari sifat kapitalisme, utitarianisme, pragmatisme dan hedonisme dengan berhati ikhlas dan berpikir kritis terhadap semua hal yang ada dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  18. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dipandang terhadap lagunya yaitu earth song yang telah digambarkan dengan indahnya dalam elegi ini. Memanglah untuk masyarakat jaman sekarang telah terlalu berlebihan dengan eksploitasi alam. Namun jangan terlalu sedih karena masih ada manusia yang peduli dengan alam. Dan mencoba unutk mengubah pola pikir dari manusia kebanyakan untuk lebih menghargai dan melestarikan alam. Sehingga lebih seimbang dengan apa yang diberikan alam dan apa yang diberikan manusia ke alam.

    ReplyDelete
  19. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dipandang dari sesosok Michael Jackson. Begitulah bagaimana perlakuan seperti yang disubutkan di elegi ini sudah dari jaman dulu, sekarangpun masih juga dijumpai, khususnya di Negeri dengan julukan paman sam itu. Yang tidak lain tempat Michel Jackson berada. MJ sebutan akrabnya, sejak kecil telah menerima perlakuan-perlakuan tersebut,. Sehingga MJ kecilpun berusa berubaha dari berubah dalam gaya hidupnya samapi berubah fisiknya unutk mendapatkan perlakuan yang baik dari dunia tempat dia tinggal. Namun, janganlah ikut jalan dia. Karena haruslah mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan. Dan jika melakukan hal khilaf ersebut segeralah minta ampun kepada sang pemberi ampunan.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Michael jackson berupaya mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Dalam artikel ini memang tak perduli siapapun orangnya dan bagaimana pun caranya untuk menunjukkan keperdulian terhadap bumi ini. Kita sebagai orang yang tidak seterkenal michael jackson pun bisa menunjukkan keperduian kita terhadap bumi ini dengan cara yang sederhana. Sesederhana apapu usaha yang kita lakukan itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang, mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, damai, dan tentram karena manusia memiliki spiritual yang tinggi. Kehidupan manusia juga akan lebih humanis dan manusia juga akan lebih menjunjung nilai-nilai luhur budaya moral.
    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliaran yang ia lawan.
    Referensi: http://pgsdvenny.blogspot.co.id/2013/06/refleksi-michael-jackson-berupaya.html

    ReplyDelete
  22. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Michael Jackson adalah seorang artis humanis yang mempunyai sensitifitas sehingga dapat merasakan bagaimana dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarisme, pragmatism dan hedonism masyarakatnya. Melalui lagu “Earth Song” beliau menceritakan bagaimana indahnya dunia jika pada saat itu bukanlah gerakan kapitalisme, utilitarisme, pragmatism dan hedonism yang berkembang.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelum berkembangnya Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme kehidupan di bumi masih asri. Belum ada fenomena-fenomena masyarakat yang kurang mencintai lingkungan seperti pabrik pabrik yang membuang limbahnya ke lingkungan sekitarnya, aksi illegal loging dan pembabatan hutan sebagai habitat para satwa, serta masih banyak aktivitas lain yang merusak lingkungan. Masyarakatnya masih humanis dan spiritualis. Namun setelah ada paham Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme maka demi mencari keuntungan sebesar besarnya maka terjadi eksplorasi besar besaran pada kekayaan alam di bumi. Michael Jackson menyampaikan keprihatinnya pada Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme melalui lagunya Earth Song. Pada video klip lagu tersebut digambarkan bagaimana dunia kembali dari zaman setelah Kapitalisme, Utilitarianisme, Pragmatisme dan Hedonisme ke zaman sebelumya yang masih lestari.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pragmatisme bukan soal kebenaran, lebih seperti sikap atau orientasi atau cara. Pragmatisme mengacu pada studi tentang praktik, pembentukan teori praktik, dan penggunaan teori praktik ini pada praktik lainnya. Contohnya seperti menemukan resep kue baru: Ketika kita mencoba membuat kue. Saat kue itu bagus, kita menulis resepnya. Dan kemudian, setiap kali kita membuat kue lagi, kita menggunakan resep yang sama.

    ReplyDelete
  25. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16
    Semakin jauhnya manusia kepada Sang Pencipta merupakan awal dari munculnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Jika manusia dekat dengan Sang Pencipta maka mereka akan hidup spiritualis dan humanis. Karena dalam islam diajarkan untuk hablumminallah (hubungan dengan Allah) dan hablumminannas (hubungan dengan manusia). Banyak yang telah terjerumus dalam kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Apakah kita juga termasuk?. Berdoalah agar kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit-penyakit akhir zaman tersebut.

    ReplyDelete
  26. September 25, 2017 at 7:28 PM
    Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Allan P. Merriam, seorang antropologi musik ternama dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa musik dapat berfungsi sebagai media untuk mengungkapkan perasaan seseorang mengenai fenomena yang sedang terjadi, serta merupakan media yang berkaitan dengan norma sosial. Sebelum Michael Jackson, musisi Bob Dylan pernah mengungkapkan kritiknya melalui lagu ‘Blowing in The Wind' sebagai protes kepada pemerintahan militer AS yang ikut campur dalam perang Vietnam pada tahun 60-an. Penulis lagu sering menyembunyikan makna tersirat sehingga hanya orang-orang dengan tingkat kepekaan tinggi terhadap isu sosiallah yang mampu menyadarinya. Bagi penikmat musik semata, mereka hanya menikmati fungsi musik sebagai sarana komunikasi dan hiburan.

    Saya tidak tahu apakah konsep video Earth Song adalah ide dari mendiang, namun mendelik keterlibatan MJ dalam aksi sosial maka sangat mungkin idenya juga tertuang dibalik penggarapan video tsb. Semoga karya musik yang memiliki makna mendalam dalam memerangi kapitalisme, utilitarianisme, hedonisme, komunisme, dll selalu disampaikan dalam bentuk yg indah sehingga memiliki nilai estetika yang baik sebagai sebuah karya seni.

    ReplyDelete
  27. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017
    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul 'earth song' ingin menyampaikan pesan pada semua orang untuk mempedulikan bumi dan seluruh isinya. Dalam video klipnya menggambarkan bahwa bumi sudah seperti neraka, bumi dirusak terus menerus. Michael Jackson ingin menunjukkan bahwa bumi sedang sakit,dan ingin menyampaikan juga bahwa kehidupan didunia akan jauh lebih humanis bila tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme. Kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang dan damai ketika manusia memiliki spiritual yang tinggi sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme berkembang.

    ReplyDelete
  28. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari tulisan ini kita disadarkan akan satu hal, yaitu Bumi, lingkungan, dan alam yang menopang kehidupan kita selama ini. Yang terjadi saat ini Asap sedang menyerang negeri ini, menelan banyak balita, dan orang lanjut usia. Ini lah negeri yang menunjukkan bahwa saat ini adalah saat dimana eksploitasi sangat tinggi , terutama di negara ini , dan lebih buruk lagi, yang melakukan bahkan dari luar negeri. Di mana hal ini terjadi karena kebebasan kepada investor untuk masuk ke negara ini. Dan pembangunan pabrik , pembuangan limbah yang berdampak pada masyarakat sungguh miris sekali , menebang pohon , dan sedangkan pemerintah terlihat sangat acuh, karena pemerintah saat ini sedang sibuk dengan bisnisnya , korupsi , pendanaan , kebijakan , dan lain-lain. Sedih rasanya jika mengingat dan menyadari akan hal ini, karena saya sendiri termasuk yang tak sadar akan pencemaran alam seperti ini.

    Manusia akan sadar akan pentingnya alam ini jika oksigen , tanaman , dan air tinggal yang terakhir. Pepatah ini mungkin sedikit mengingatkan kita :

    " Ketika pohon terakhir di dunia ditebang,
    ketika tetes terakhir air di dunia telah diambil,
    ketika hewan terakhir telah dimakan ,
    manusia akan menyadari uang yang tidak dapat dimakan dan diminum”.
    Semoga kita senantiasa sadar akan lingkungan ini dan segera melakukan hal-hal kecil yang dapat kita lakukan, misal tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan tempat makan sendiri, dan upaya kecil lainnya.

    ReplyDelete
  29. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kapitalisme, utilitaarisme, pragmatisme dan hedonisme adalah paham-paham kekinian yang lebih banyak memberikandampak negatif daropada dampak positifnya. Menjadikan kekayaan, jabatan dan kesenangan adalah yang nomor satu. Paham-paham yang mengharuskan melakukan eksploitasi demi memuaskan nafsu duniawi. Menebang dan membakar pohon-pohon di hutan. Menambang dengan sembarangan. Mendirikan pabrik-pabrik yang mencemari lingkungan. Bahkan saling membunuh demi mendapatkan posisi tertinggi. Seakan dunia ini sedang tenggelam tertelan oleh ganasnya kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme.
    Namun ada sesuatu yang menarik dari salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Michael Jackson yang berjudul Eart Song. Dalam video cpilnya menggambarkan keadaan bumi yang tenggelam dalam ganasnya kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme yang menyebabkan kekacauan di bumi karena ulah manusia. Namun keadaan itu seolah-olah berjalan mundur kambali ke keadaan dunia ini yang masyarakatnya spiritualis, humanis, hidup harmonis, seimbang, rukun dan damai. Seolah-olah Michael Jackson hendak mendaur ulang kekacauan di dunia ini yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri menjadi kehidupan sebelum datangnya paham kapitalise, utilitarisme, pragmatisme dan hedonisme.

    ReplyDelete
  30. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Suatu perilaku yang terdorong dari gerakan-gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya memiliki dampak pada hilangnya sektor perekonomian rakyat. Hal tersebut tentu sudah menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat luas. Bahkan seorang musisi terkenal seperti Michael Jackson pun berupaya untuk memberikan kritik terhadap gerakan-gerakan tersebut dengan menciptakan sebuah lagu tentang hal tersebut. Lagu merupakan hal yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Melalui upaya nya tersebut ia ingin mengajak siapa saja yang mendengarkan lagunya untuk tidak berperilaku seperti yang disebutkan sebelumnya. Dapat kita ambil pelajaran bahwa sebisa mungkin, untuk menghidupkan ekonomi masyarakat indonesia. Sebagai contoh yaitu memilih produk dalam negeri, belanja di pasar tradisional, dsb.

    ReplyDelete
  31. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ingin lebih menekankan saja bahwa elegi ini tidak berfokus pada Michael Jackson sebagai seorang penyanyi, tetapi lebih menekankan pada sifat sensitivitasnya dan kepekaannya terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Lagu dengan judul "Earth Song" ini sebagai contohnya. Bagaimana Michael Jackson berandai agar bumi kembali kepada keadaan semula yakni spiritualis, humanis, dan harmonis. Tetapi itu semua tinggalah harapan saja, karena sekarang dapat kita lihat bahwa bumi sudah dipenuhi dengan paham kapitalisme, utilitarianisme, dan pragmatisme, yang dampaknya berupa hedonisme. Ternyata nafsu manusia mengalahkan segalanya, eksploitasi bumi dilakukan besar-besaran hanya untuk memenuhi nafsu manusia. Pesan yang harus kita ambil ialah, tumbuhkanlah rasa sensitivisme dan kepekaan terhadap apapun yang ada di sekitar kita, karena dengan begitu kita telah menjukan bahwa kita tidak hanya memikirkan diri kita sendiri tetapi peduli terhadap sesama.

    ReplyDelete
  32. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Setiap ada dan yang mungkin ada memiliki cara dan metode tersendiri untuk beraktualisasi diri mengekspresikan apa yang dirasakannya dan apa yang ingin disampaikannya. Termasuk Michael jackson dan penyanyi lainnya yang menyampaikan pesan-pesan dan mengekspresikan kepedulian lewat alunan suara dan musik. Oleh karena itu marilah kita memilih lagu yang positif agar bisa menjadi orang yang positif ketika menyanyikannya.

    ReplyDelete
  33. Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengemukakan sensitivitasnya mengenai suatu hal. Salah satu contohnya Michael Jacson yang mengemukakan sensitivitasnya melalui lagu yang berjudul “Earth Song”. Diamana ia prihatin bahwa manusia melakukan eksploitasi terhadap alam untuk kepentingan para penguasa, kepentingan kebahagiaan, kepentingan memanfaatkan sumber daya alam. Karena ekploitasi besar-besaran itu, maka sekarang telah kita rasakan dampaknya, sederhana saja karena saya hidup di daerah pegunungan yang seharusnya memiliki suhu udara yang dingin/sejuk, saat ini suhu udara di daerah saya hampir sama dengan suhu udara di kota. Ya memang tak separah di kota, namun suhu udara panas telah saya temui di pegunungan.
    Keserakahan manusia yang hanya mengorientasikan kebahagiannya tidak selalu dilandasi dengan pemikiran “Anak dan cucu saya besok mau dikasih apa?”. Ya, kadang kata-kata ini muncul dan banyak kita dengar dari orang-orang sekitar kita. Intinya adalah, marilah kita mulai dari sendiri untuk mulai sensitif terhadap keadaan, menjaga alam, tidak melakukan eksploitasi. Sehingga komponen yang ada di dalam bumi dan alam ini tetap berjalan sinergis, sehingga kehidupan dan keasriannya tetap berlangsung lama hingga anak cucu dan penerus bangsa dapat merasakannya kelas. Amin....

    ReplyDelete
  34. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Cara seseorang menghadapi sesuatu berbeda-beda. Orang-orang yang peka terhadap lingkungan akan meninggalkan kesan yang baik di hati masyarakat maka saat dia tidak ada, banyak orang yang merasa kehilangan. Begitu pula cara seseorang mengungkapkan kesenangan dan kesedihannya, tak jarang spritualisme terabaikan. Kita selalu mendamba-dambakan dunia yang bersih dan jauh dari kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, namun kita selalu menjadi pengikut paham-paham tersebut. Maka agar kita dijauhkan dari paham-paham tersebut, kita mulai dengan senantiasa tawakal, ikhtiar, dan terus memohon ampunan dan petunjuk kepada Tuhan yang maha kuasa dalam setiap balutan kesedihan dan kesenangan.

    ReplyDelete
  35. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    sebelumnya saya ingin mengucapkan "aamiin ya rabbal 'alamiin"
    sebenarnya saya juga bukan penggemar Michael Jackson, bahkan saya juga baru kali ini mendengar lagunya yang berjudul Earth song. tapi setelah saya membaca pemaparan bapak tentang kandungan isi lagu yang mungkin ingin di sampaikan oleh Michael Jackson, maka saya juga ingin menyampaikan bahwa saya pun akhirnya menyadarinya dan juga berempati kepada beliau.

    ReplyDelete
  36. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Michael Jackson.Mendengar namanya tentu pasti kita tahu.Seorang yang berkecimpung di industri musik dunia.Uniknya beliau menjadi muslim sebelum kematian menjemputnya.Berdasarkan elegi di atas ada rasa kepekaan dan keasadaran dalam dirinya terhadapa lingkungan dan rasa sosialnya.Yang pada akhirnya mengantarkannya menciptakan lagu Earth song.Memang kalau dicermati seorang musisi mengungkapkan hasrat dan keinginan lebih dominan dituangkan dalam sebuah lagu hingga orang –orang dapat ikut mendengar dan merasa apa yang diasampaikan lewat lagu tersebut.
    Membicarakan tentang alam saya teringat kampung halaman sendiri.Sungguh tak mampu membendung kesedihan.Dulunya nampak hijau dan burung- burung berkicaun sambil bertengger di ranting –ranting pohon.Namun kini tak dijumpai lagi dan alampun menjadi sunyi.Sedikit demi sedikit hutan dibabat sampai ke akar-akarnya.Katanya dengan nada yang tak bersalah untuk membuka lahan baru. Wajar jika alam marah hingga berubah wujud menjadi banjir dan bencana sebagai peringatan agar kita lebih mencintai alam.

    ReplyDelete
  37. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Saya adalah salah satu orang yang mengapresiasi beberapa lagu Michael Jackson karena lirik-lirik dan pesan moral yang diberikan. Misalkan pada lagu Heal The World, We are the World, Black or White, Man in the Mirror, dan seperti yang bapak sebutkan Earth Song. Jika bapak sedikit mengemukakan maksud lagu Earth Song, saya ingin mengemukakan sedikit (sekali) maksud dari lirik lagu Man in the Mirror. Man in the mirror jika ditranslate ke bahasa Indonesia berarti orang di cermin. Kita melihat diri kita sendiri di depan cermin, itulah inti dari lagu tersebut. Saya pribadi sangat menyukai (maksud) lagu ini. Pada lagu ini, Michael Jackson mengemukakan bahwa jika kita ingin membuat dunia berubah menjadi ke arah yang lebih baik, mulailah dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  38. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Michael Jackson adalah penyanyi internasonal yang banyak mempengaruhi para pendengarnya, dia berhasil merekrut orang-orang yang bagus untuk tetap mempertahankan eksistensinya didunia hiburan, walaupun ia memiliki masa lalu yang kurang bagus. Dalam lagu earth song, dia berhasil mengajak para pendengarnya untuk melihat bagaimana lingkungan bumi saat ini, dengan penaruh kapitalisme dan perkembangan pembangunan sehingga mengesampingkan lingkungan.

    ReplyDelete
  39. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya juga bukan fans dari Michael Jackson, tetapi saya menyadari bahwa Michael Jackson adalah sosok yang memiliki kecintaan yang tinggi kepada alam dan bumi. Banyak karyanya yang membuat kita merefleksikan apa yang telah kita lakukan kepada bumi. Lebih dalam lagi, mengajak kita untuk membuat bumi menjadi lebih baik. Saya menyukai beberapa lagunya mengenai bumi. Ajakan melalui musik adalah cara yang menurut saya cukup menarik dan dapat menggugah banyak orang untuk semakin peduli akan kelestarian alam di bumi. Earth song, heal the world, lagu-lagu Michael Jackson yang amat mendunia mengenai kepedulian. Saya akan amat bangga jika memiliki kesempatan untuk menyanyikannya lagi guna meningkatkan kesadaran orang lain dan juga diri saya sendiri tentang menjaga alam bumi kita tercinta ini.
    Saya tidak terlalu hapal lagu earth song, tapi izinkan saya mengutip baris terakhir dari kata-kata lagu heal the world milik Michael Jackson:
    "make it better place for you and for me"
    Mari jadikan bumi tempat yang lebih baik untuk kita semua..

    ReplyDelete
  40. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Elegi ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa kita belajar itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Serta kita harus mampu dalam memilah hal-hal positif dari sesuatu yang kita lihat. Elegi ini membahas mengenai kesensitivan mengenai apa yang terjadi pada saat ini dengan merefleksikan dari video penyanyi terkenal yaitu Michael Jackson. Keprihatinan terhadapa dunia ini tertuang dalam elegi ini. yang menginginkan kehidupan yang spiritualis, harmonis dan sesuai dengan budaya lokal.

    ReplyDelete
  41. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari lagu Earth Song memang menunjukkan bahwa selama ini cukup banyak tingkah laku, produk, dan pola pikir manusia telah merusak alam. Setelah membaca elegi ini kami menyadari bahwa dari lagu tersebut tampak bahwa sebenarnya Michael Jackson juga menyadari bahwa powernow sudah memberi dampak ke seluruh dunia. Hal ini tidak mungkin untuk bisa dihindari, dan pesan yang kami dapat adalah kami harus meminimalisir dampak ini dengan memperkuat pemikiran dan spiritual kita agar bisa lebih peduli dengan lingkungan dan masyarakat yang ada di lingkungan kita.

    ReplyDelete
  42. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof, Seluruh dunia sedang mengalami dampak dari ganasnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme. Gerakan-gerakan tersebut telah menyebabkan kerusakan di bumi. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam AL Quran bahwa akan terjadi kerusakan di bumi yang merupakan akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Kita sebagian kecil manusia di bumi ini tentu tidak akan bisa berbuat banyak karena kejadian ini telah merambah ke seluruh dunia. Bahkan pelaku perusakan tersebut kebanyakan adalah orang-orang yang mempunyai kekuasaan yang kuat. Namun, setidaknya kita bisa memulainya dari diri sendiri untuk menjaga kelestarian bumi di sekitar kita. Seperti yang dilakukan oleh Michael Jackson kita juga perlu meningkatkan sinsifitas kita terhadap lingkungan dan membantu orang-orang di sekitar kita agar menyadarinya.

    ReplyDelete
  43. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Membaca postingan Bapak ini saya juga merasa sedih. Saya menyadari betapa manusia pada zaman ini sudah semena-mena terhadap alam. Segala sesuatu perbuatan dilakukan demi kepentingan golongan. Terkadang alam menjadi korbannya. Diamnya lingkungan ini yang telah dieksploitasi dan dirusak terkadang membuat manusia tidak menyadarinya dan justru melakukannya secara terus menerus. Ternyata semua ini terjadi karena kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Paham yang menjadikan hidup berpusat pada kekuasaan, materi, mengambil manfaat untuk kepentingan pribadi, hidup yang serba praktis. Semua itu telah menggantikan spiritual manusia. Semoga Allah SWT memberikan jalan untuk kita selalu teguh pada spiritual.

    ReplyDelete
  44. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pada artikel kali ini, bapak mengekspresikan lagu Michael Jackson yang berjudul earth song. Disini bapak mengekspresikan judulnya menjadi “Mendaur Ulang Limbah Kapitalism, Utilitarianisme, Pragmatism dan Hedonisme". Kapitalism membahas tentang perdagangan ekonomi masyarakat, Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), ini membahas mengenai kebahagiaan atau penderitaan masyarakat. Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa yang benar adalah segala sesuatu yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan melihat kepada akibat-akibat atau hasilnya, jadi pragmatisme akan membahas menganai hukum sebab akibat yang ada. Hedonisme adalah suatu paham yang dimana masyarakat akan berupaya mencari kebahagiaan yang ada didunia. Keempat paham ini akan didaur ulang, maksudnya dalam dunia kehidupan masyarakat menggunakan keempat paham ini.

    ReplyDelete
  45. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Gerakan kapitalis, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism yang sedang berkembang bagaikan menutup kegiatan spiritual. Dengan adanya kemajuan zaman terkadang manusia terlena dengan glamornya kehidupan. Sering terlupakan pula bahwa manusia sebenarnya adalah makhluk yang telah diciptakan oleh Allah SWT, sehingga untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepadanya ia perlu melakukan ibadah yang ditujukan hanya kepada Allah semata.

    ReplyDelete
  46. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Perkembangan zaman seakan dengan mudah mengubah arah pikir manusia yang semakin tinggi kedudukan dan kekuasaan, maka semakin tinggi pula ego yang dimilikinya tanpa mementingkan orang di sekitarnya. Sama seperti halnya Michael Jackson yang berusaha menyadarka manusia untuk saling menjaga kelangsungan hidup yang sementara ini dengan sebaik-baiknya usaha. Manusia sering lupa asal mereka dan akan kembali kemana mereka? Mungkin bukan mereka tidak sadar, tetapi memang alam ini belum begitu terlalu menghiraukan apa yang sudah mereka lakukan pada dirinya. Dan apabila sudah ditunjukkan kuasa Allah, barulah manusia itu tersadar dari tidur panjangnya

    ReplyDelete
  47. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Membaca elegi ini membuat saya penasaran untuk mendengarkan lagunya. Meskipun butuh ekstra tenaga untuk memahami isi liriknya, saya mencoba mulai menelaah. Semua yang dilakukan oleh manusia atas segala keserakahannya hanya membuat malapetaka saja. Sehingga, manusia saat ini merasa berada pada zona nyamannya padahal sesungguhnya saat ini berada pada zona yang begitu memprihatinkan dengan berkembangnya kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan juga hedonisme. Andai kata spiritualisme manusia dapat melandasi segala hal yang ada dan yang mungkin ada pada saat itu, mungkin humanisme, hidup rukun, dan juga harmonis sudah berkembang dan membasmi tumbuhnya limbah kapitalisme, utilitarianisme, prgamatisme, dan juga hedonisme.

    ReplyDelete
  48. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Saat ini kita dikepung dengan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism. Semua itu membuat kita melakukan pengrusakan terhadap alam. Dapat kita bandingkan dengan zaman dulu dimana masih banyak hutan-hutan di sekitar kita. Saat ini, banyak hutan-hutan yang gundul, pabrik dimana-mana. Maka untuk mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism, kita harus kembali kepada spiritualisme, humanisme. Kita harus kembali menggali nilai-nilai luhur dan budaya lokal, saling gotong royong memperbaiki kerusakan di bumi, serta kembali menjadi seorang muslim sejati yang senantiasa memohon ampun dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  49. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Saat ini kita dikepung dengan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism. Semua itu membuat kita melakukan pengrusakan terhadap alam. Dapat kita bandingkan dengan zaman dulu dimana masih banyak hutan-hutan di sekitar kita. Saat ini, banyak hutan-hutan yang gundul, pabrik dimana-mana. Maka untuk mendaur ulang limbah kapitalisme, utilitarianisme, pragmatism, dan hedonism, kita harus kembali kepada spiritualisme, humanisme. Kita harus kembali menggali nilai-nilai luhur dan budaya lokal, saling gotong royong memperbaiki kerusakan di bumi, serta kembali menjadi seorang muslim sejati yang senantiasa memohon ampun dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  50. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Almarhum Michael Jackson mungkin bermaksud untuk mengirimkan suatu pesan saat ia membuat lagu itu untuk ditujuan kepada yang mendengarkan lagu tersebut bahwa manusia agar kembali kepada hakikatnya, yang membumi dan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk dijaga sebaik-baiknya secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  51. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PMAT C 2017

    Lagu Earth Song adalah lagu dari Michael Jackson yang menyentuh dan mengingatkan pada semua orang untuk mempedulikan tentang bumi dan seluruh isinya. Dia ingin mempertunjukkan pada dunia bahwa bumi sedang sakit. Beliau berharap agar lewat karyanya tersebut agar semua orang sadar akan menjaga dan melestarikan bumi ini.

    ReplyDelete
  52. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme adalah gerakan dari negara barat yang memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia. Dengan melaksanakan sistem kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme itu negara barat dengan adidaya kuasanya sangat berpengaruh terhadap negara lain dibidang apapun dengan kecanggihan teknologinya. Manusia sudah tidak lagi sensitif terhadap lingkungannya, yang manusia pikirkan adalah bagaimana caranya akan saya perjuangkan untuk hidup sejahtera, termasuk juga merusak alam. Semoga untuk kedepannya manusia lebih sadar dan lebih mencintai alam ini sehingga alam akan tetap lestari. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Saya rasa, Michael Jakson adalah musisi yang sadar akan tanggung jawabnya. Memproduksi karya musik adalah memproduksi kapitalisme, hedonism, pragmatism dan kerusakan alam. Mengapa? Coba kita bayangkan penjualan karya dengan biaya rekaman yang mahal, belum lagi biaya tiket yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu dalam status sosial-ekonomi. Lebih lanjut, produksi kepingan CD yang terbuat dari plastik dan kertas turut menjadi sumber dari kerusakan alam. Jadi, bagi saya hal yang biasa dan sangat wajar bagi musisi atau apapun profesinya untuk merawat alam dari cengkraman kapitalisme dan eksploitasi berlebih.

    Membaca artikel ini mengingatkan saya pada beberapa musisi INDONESIA yang berjuang merawat lingkungan salah satunya adalah NAVICULA. Lirik-lirik yang terkandung di dalam lagunya memotivasi pendengarnya untuk senantiasa merawat lingkungan, selain itu mereka aktif dalam aksi-aksi nyata dalam memperjuangkan lingkungan seperti penebangan liar di Sumatra dan Kalimantan. Yang unik dari band ini adalah mereka berlatar belakang sebagai petani, tentu hal ini menunjukan kejujuran perlawanan atas kapitalisme, hedonism, pragmatism dan eksploitasi terhadap alam.

    Terkadang saya melihat bahwa, isu perlawanan terhadap kapitalisme, hedonism, pragmatism dan eksploitasi terhadap alam cenderung dimaknai sebagai sebuah perlawanan simbolik yang nihil. Saya mengamati dari pola hidup masyarakat kota yang menamai gerakannya sebagai gerakan ramah lingkungan. Anehnya mereka melakukannya dengan bersepeda hanya di lingkup lingkungan di mana festival tersebut diadakan. Padahal, dari rumah menuju lokasi festival ia menggunakan mobil mewah untuk mengangkut sepedanya. Tentu hal tersebut merupakan kontradiksi, ia dapat dikatakan tetap menyumbang emisi gas terhadap bumi.

    ReplyDelete
  55. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Keadaan yang dicerminkan diatas menggambarkan kehidupan manusia yang seharusnya. Dimana semuanya berjalan dengan lancar. Masih sesuia dengan kondratnya. Bumi masih kondusif untuk ditinggali. Dan semoga kehidupan umat manusia di bumi ini akan selalu dalam keadaan damai. Amin. Dan semoga kita sebagai khalifah dibumi ini dapat dilakasanakan dengan baik. Amin.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme telah menyerang manusia di era globalisasi ini. Memang manusia telah diciptakan dan merupakan makhluk yang mempunyai hawa nafsu, wajar jika manusia selalu tidak merasa puas akan sesuatu yang dimilikinya khususnya harta dan kekuasaan, ingin lebih dan lebih. Di era globalisasi ini kita harus mampu bersaing, namun kita juga harus membentengi diri dari Kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme.

    ReplyDelete
  57. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia ini dipenuhi dengan paham kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme, dan hedonisme. Hal ini yang menjadikan kerusakan-kerusakan di dunia. Seperti yang digambarkan dalam lagu Michael Jackson, hal ini seharusnya menjadikann pengingat oleh kita tentang pentingnya menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan tidak serta merta mengadopsi paham-paham kapitalisme, hedonisme dll, jika paham ini justru menjadikan manusia-manusia tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  58. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Almarhum Michael Jackson mungkin bermaksud untuk mengirimkan suatu pesan saat ia membuat lagu itu untuk ditujuan kepada yang mendengarkan lagu tersebut bahwa manusia agar kembali kepada hakikatnya, yang membumi dan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk dijaga sebaik-baiknya secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  59. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kepekaan seseorang terhadap lingkungannya berbeda-beda. Orang yang peka terhadap lingkungan biasanya menjaga baik-baik lingkungan dimanapun ia berada. Orang yang tidak peka terhadap lingkungan biasanya acuh terhadap lingkungan dan kepentingan orang lain, orang yang seperti ini biasanya egois dan hanya ingin memanfaatkan tanpa memberikan manfaat bagi orang lain dan bagi lingkungan.

    ReplyDelete
  60. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sebelum kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme mulai berkembang, mungkin kehidupan manusia di dunia akan aman, seimbang, damai, dan tenteram karena manusia memiliki spiritual yang tinggi. Kehidupan manusia juga akan lebih humanis dan manusia juga akan lebih menjunjung nilai-nilai luhur budaya moral.

    Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis. Bumi mungkin tidak akan rusak akibat perbuatan dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Melalui lagu tersebut, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliran yang ia lawan.

    ReplyDelete
  61. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sungguh sensitivitas yang luar biasa yang dirasakan oleh seorang Micheal Jackson dan orang-orang yang masih sadar akan lingkungan dan umumnya bumi saat ini. Benar saja, bumi tanpa terkecuali di sisi manapun telah mengalami perubahan ke arah keburukan. Dan ini bukanlah suatu hal yang membuat terkejut sesungguhnya karena para malaikat pun telah memprediksi ini akan terjadi. Simaklah, Q.S Albaqarah : 30 yang artinya, “Dan (ingatlah) tatkala Tuhan engkau berkata kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah. Berkata mereka : Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalam nya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau ? Dia berkata : Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” Ya inilah ketetapan bahwa manusia memang menjadi perusak bumi sampai akhirnya hari kiamat akan tiba. Akan tetapi, akankah kita menjadi manusia yang mengikuti setan-setan musuh nyata bagi manusia untuk merusak bumi?. Allah menetapkan demikian sesungguhnya ingin mengetahui siapa diantara hambaNya yang mampu untuk melawan godaan syaitan untuk merusak bumi demi hawa nafsu dan kepentingan diri belaka. Semoga Allah melindungi kita semua dari ajakan syaitan untuk merusak bumi Allah ini. Aamin

    ReplyDelete
  62. Junianto
    PM C
    17709251065

    Paham kapitalis, utilitarianisme, pramatis, dan hedonism memang cukup memberikan andil besar dalam mengubah duni dan pola pikir manusia. Manusia menjado sangat materialis dan semua hal diukur dengan materi. Orang kaya semakin serakah untuk mengumpulkan kekayaan dan orang miskin semakin miskin karena hak-hak mereka diambil oleh orang-orang kapital. Saya juga sepakat bahwa lagu Michael Jacson mengandung sindiran kepada kaum-kaum tersebut. Para penganut aliran tersebut menjadi mengabaikan spiritual karena fokus kepada materi dan bagaimana menguasai sektor-sektor strategis dunia.

    ReplyDelete
  63. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Lagu Earth Song bagi saya menjadi satu media berisikan angan-angan dan keindahan. Akan tetapi, di balik keberadaan lagu ini berikut dengan pesan moral yang akan disampaikan, saya melihat bahwa Michael Jackson ditokohkan dalam elegi ini karena dia menjadi salah stau tokoh yang mampu menebarkan nilai-nilai humanisme dan sensitifitas yang tinggi. Karena itulah Michael Jackson dirasa mempunyai perasaan sensitifitas sampai tingkatan tertentu sehingga dia merasakan bagaimana dahsyatnya gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme masyarakatnya.
    Bagi saya, "mendaur ulang limbah gerakan kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme", adalah salah satu upaya untuk memperoleh nilai kebaikan pada suatu keterlanjuran. Bagi saya sama halnya dengan gambaran pepatah yang sedikit saya modifikasi berikut ini, memang nasi telah menjadi bubur, akan tetapi buburpun dapat diambil manfaatnya hingga setara dengan nasi. Oleh karena itu, sebagai pelaku yang tidak sengaja masuk ke dalam dunia kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, paling tidak kita masih memiliki kesempatan untuk tidak memperburuk keadaan.

    ReplyDelete
  64. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Keserakahan manusia adalah sumber dari kerusakan dunia. Dalam Al Quran, Allah sudah mewanti-wanti bahwa kerusakan yang terjadi di darat maupun di lautan adalah disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. Nafsu manusia yang begitu besar, yang tidak diimbangi dengan spiritual, tidak diimbangi dengan rasa syukur, tidak diimbangi dengan rasa social yang tinggi, hanya akan menghasilkan keserakahan, ketamakan. Hingga sekarang lahirlah isme-isme seperti materealisme, utilitarianisme, hedonism. Semua isme-isme yang begitu memuja materi, kekuasaan sehingga apa-apa dinilai dari materi, yang sebenarnya manusia tidak akan pernah merasa cukup akannya. Makanya dalam spiritual atau agama, kita dikenalkan dengan sifat bersyukur.

    ReplyDelete
  65. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pend. Matematika B


    Di dalam buku Badri Malik, dengan judul Dilema Psikolog Muslim, beliau menjelaskan mengenai kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme pada dunia pendidikan. Setelah itu beliau pun mengingatkan jika dari ilmu-ilmu tersebut ada pemahaman yang sempit dan adapula mutiara yang masih diliputi oleh lumpur. Bisajadi Michael Jackson merasakan ada mutiara dalam pandangannya pada dunia, namun ia pun masih kasat mata karena adanya pemahaman yang sempit dan mengarah pada egosentris tersebut.

    ReplyDelete
  66. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Manusia di dunia telah terjangkit penyakit kapitalisme, utilitarianisme, pragmatisme dan hedonisme, hanya sedikit orang yang memikirkan dan mencemaskan mengenai hal ini. Kita butuh lebih banyak orang yang berempati dan memiliki sensitivitas terhadap masalah ini sehingga dapat tercipta dunia tanpa paham yang disebutkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  67. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Setau saya Michael Jackson melalui lagunya yang berjudul Earth Song memberitahukan bahwa seandainya di dunia ini tidak berkembang kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme, mungkin kehidupan di dunia akan jauh lebih humanis, Michael seolah menunjukkan kesensitifannya terhadap fenomena perkembangan aliran-aliran tersebut. Namun apa daya, saking ganasnya kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme membuat Michael sulit untuk keluar dan bahkan membuatnya terjerumus ke dalam aliaran yang ia lawan.

    ReplyDelete

  68. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Membangun kepekaan terhadap dunia sekitar memanglah tidak mudah. Apalagi bagi kami generasi yang dalam masa pertumbuhannya sudah diserang oleh globalisasi dengna pengaruh hedonismenya sedangkan kami yang diserang belum memilki bekal apapun untuk menghadapinya. Bimbingan dari orang-orang yang lebih peka, seperti dari orangtua, guru-guru dan para dosen masih sangat kami butuhkan untuk mampu mengembangkan generasi yang humanis di kemudian hari.

    ReplyDelete
  69. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia tidak selalu seperti apa yang diinginkan, dibayangkan. Dunia bukanlah berisi kehidupan yang sempurna. Karenanya manusia mempunyai celah untuk berjuang atas tempatnya tinggal supaya menjadi hunian yang lebih baik. Beruntunglah orang-orang yang masih memiliki sensitivitas terhadap apa yang sedang melanda dunia ini, karena itu menandakan bahwa dia masih memiliki hati nurani dan kepekaan terhadap manusia dan lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  70. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Memahami apa yang melanda di dunia ini, diperlukan sensitivitas hati dan pikiran manusia. sensitivitas ini muncul melalui kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Sehingga diperlukan kebiasaan, bisa dimulai dengan sensitif terhadap diri, sensitif terhadap keadaan keluarga, sensitif terhadap keadaan masyarakat, sensitif terhadap keadaan negara, dan sensitif terhadap permasalahan dunia. Semua itu memerlukan pikiran dan hati yang jernih.

    ReplyDelete