Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

23 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom atau sesuatu yang tidak terbagi. Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles, yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu atau materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga. Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air, tanah dan udara. Kelebihan teori atom Democritus adalah mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom dan kelemahannya adalah belum menjelaskan mengenai atom secara mendetail. Menurut Democritus,jika sebuah batu dibelah 2,kemudian setiap hasil pembelahan tersebut dibelah kembali,dan seterusnya hingga tidak dapat dibelah lagi,setiap belahan baru mempunyai sifat yang sama dengan batu asal. Democritus menyebut bagian dari belahan batu yang paling kecil itu dengan istilah atmos (A=tidak TOMos=dipotong-potong), yang artinya "invisible (tidak terlihat)". Berdasarkan teori Democritus,atom yang menyusun setiap zat berbenda satu sama lain.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Demokritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Demokritus jika suatu materi dibelah terus-menerus akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom yang artinya dalam bahasa Yunani adalah tidak terbagi. Misal pasir, sebuah pantai bisa dibagi menjadi butiran-butiran pasir, namun butiran pasir tersebut tidak dapat dibagi lagi. Dengan model atomnya, Demokritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil yang disebut atom sehingga ada tak terhingga jenis atom di alam semesta ini.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Sekitar 2,5 abab yang lalu, filusuf dari Yunani yaitu Leukippus berpendapat bahwa suatu materi akan tersusun atas butiran-butiran kecil, pendapat ini kemudian dikembangkan oleh seorang muridnya yang bernama Demokritus. Demokritus selenjutnya berpendapat bahwa suatu materi tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi, selajutnya partikel-partikel yag kecil tersebut dinamakan dengan atom. Konsep atom ini selanjutnya berkembang setelah terdapat perumusan tentang Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Perbandingan Tetap, yaitu pada abab 18 John Dalton mengungkapan teori tentang atom Pada tahun 1804, John Dalton mengemukakan tentang eksitensi dari suatu atom. Ia berpendapat bahwa konsep atom menurut Demokritus benar karena tidak bertentangan dengan hukum Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Perbandingan Tetap.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Teori pembentukan tidak begitu saja terjadi, selalu ada proses yang mengawali pembentukan sesuatu. Proses pembentukan tersebut melibatkan unsur-unur lain yang dalam hal ini adalah dasar terciptanya sesuatu yang baru. Konsep atom dalam demokritus menunjukkan bahwa benar adanya dalam pembentukan suatu materi, ada suatu unsur yang membentuk yaitu atom, atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi. Terlihatlah bahwa sebesar apapun suatu unsur, ia tetap terdiri dari atom-atom kecil. jika dianalogikan dalam matematika kita coba pada lingkaran,sebesar apapun ukuran lingkaran , ia tetaplah kumpulan titik-titik kecil yang membentuk lengkungan tertutup, dimana jarak setiap titik sama pada titik lainnya.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Sehingga dengan adanya atom dan senyawa inilah dunia bisa terbentuk.

    ReplyDelete
  6. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Atom dalam teori atom Demokritus adalah produk pemikiran filsafat. Democritus berpandangan bahwa atom merupakan material yang terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya (partikel fundamental) yang tidak dapat dibagi lagi (Soko, 2015). Menurut Demokritus, dunia dan seluruh realitas tercipta karena atom-atom yang berbeda bentuk saling mengait satu sama lain. Atom-atom yang berkaitan itu kemudian mulai bergerak berputar, dan makin lama makin banyak atom yang ikut ambil bagian dari gerak tersebut. Kumpulan atom yang lebih besar tinggal di pusat gerak tersebut sedangkan kumpulan atom yang lebih halus dilontarkan ke ujungnya. Demikianlah dunia terbentuk (Bertens, 1990).

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Democritus berpendapat kalau suatu materi dibelah secara terus-menerus suatu saat akan didapatkan suatu partikel bersifat fundamental yang disebut sebagai atom. Democritus menjelaskan bahwa perbedaan sifat dari material yang berbeda, menurutnya atom dibedakan ke dalam massa, bentuk dan ukurannya. Dengan gambar model atomnya, Democritus bisa menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian atau blok bangunan yang kecil disebut atom. Democritus juga beranggapan bahwa jenis atom di alam semesta jumlahnya tidak terhingga, di mana masing-masing atom memiliki sifat yang berbeda beda setip jenisnya. http://pajaa.com/teori-atom-democritus/

    ReplyDelete
  8. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Demokritos berpandangan bahwa segala sesuatu mengandung “penuh” dan “kosong.” Jika mau menggunakan pisau, kita harus menemukan ruang kosong supaya dapat menembus. Jika apel itu tidak mengandung kekosongan, apel tersebut tentu sangat keras dan tidak dapat secara fisik dapat dibelah. Adapun bagian yang penuh dari segala sesuatu dapat dibagi-bagi menjadi titik-titik yang tidak terbatas jumlahnya, dan karena kecilnya, ia tidak dapat ditangkap oleh pancaindra. Bagian kecil-kecil itu tak dapat dibagi dan tidak mengandung kekosongan. Ia bernama atom, artinya tak dapat dibagi. Atom ini tidak lahir dan tidak hilang, ia sangat homogen, satu dari ruang lain tidak berbeda, kecuali dalam bentuk dan besarnya, tak berubah-ubah sifatnya, kecuali hanya dalam letaknya, lahir dan hilangnya suatu benda bergantung kepada bersatu atau berpisah-pisahnya atom-atom itu. Letak, bentuk dan besar kecilnya atom menentukan sifat-sifat benda. Atom-atom itu dalam keadaan bergerak selamanya, sebagaimana geraknya titik-titik debu yang dapat dilihat dalam berkas sinar matahari di udara yang tak berangin. Gerak itu terjadi tidak karena akal, ia terjadi secara mekanis

    ReplyDelete
  9. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Atom merupakan benda yang bertubuh meskipun sangat halus. Diantara atom-atom yang banyak itu, terdapat yang kosong dimana atom-atom bergerak. Demokritos sependapat dengan Heraklitos bahwa anasir pertama adalah api. Api terdiri dari atom yang sangat halus, hitam, dan bulat. Atom apilah yang menjadi dasar dalam segala yang hidup. Atom api adalah jiwa. Jiwa itu tersebar ke seluruh badan kita, yang menyebabkan badan kita bergerak. Waktu menarik nafas, kita tolak ia keluar. Kita hidup hanya selama kita bernapas. Demikianlah Demokritos menjadikan atom sebagai asas hidup penglihatan, perasaan, dan pendengaran, semuat timbul dari gerak atom.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi).
    Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom kayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom air”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lainlain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom, missal ferrum (besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atom hidrogen dan atom oksigen.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut Democritus, atom adalah suatu bagian terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.
    Atom juga dipandang sebagai tidak dijadikan, tidak dapat dimusnahkan, dan tidak berubah. Yang terjadi pada atom adalah gerak. Sehingga jumlah atom tetap tetapi mereka bergerakpada ruang kosong.

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari beberapa sumber menjelaskan bahwa democritus adalah salah satu filsuf Yunani yang memberikan sumbangan pengetahuan terkait dengan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus, Jika sebuah batu dibelah dua, kemudian setiap hasil pembelahan tersebut dibelah kembali, dan demikian seterusnya hingga tidak dapat dibelah lagi, setiap belahan batu mempunyai sifat yang sama dengan batu asal. Democritus menyebut bagian dari belahan batu yang paling kecil itu dengan istilah atomos (A = tidak, TOMos = dipotong-potong), yang artinya "invisible" (tidak terlihat). Berdasarkan teori Democritus, atom yang menyusun setiap zat berbeda satu sama lain. Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil disebut atom

    ReplyDelete
  13. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Demokritus merupakan seorang filsuf pra-Sokrates Yunani Kuno yang berpengaruh karena teori atom tentang alam semesta. Spekulasinya terhadap atom, yang diambil dari Leucippus, memiliki kemiripan yang meluas dan parsial terhadap pemahaman abad ke-19 mengenai struktur atom yang menyebabkan beberapa orang menganggap Demokrit sebagai ilmuwan lebih banyak daripada filsuf Yunani lainnya. Banyak yang menganggap Democritus sebagai bapak sains modern. Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Democritus

    ReplyDelete
  14. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Jika dilihat dari aspek ontology yang menekankan pada hakikat Teori Atom yang menyangkut keberadaan dan eksistensinya dalam khazanah keilmuan. Teori Atom lahir secara filosofis dari pemikiran para filsuf Yunani. Pertanyaan yang mendasari lahirnya Teori Atom adalah, “Apakah yang membentuk suatu benda?”. Ini merupakan pertanyaan fundamental dalam filsafat alam. Suatu benda terdiri atas bagian-bagian tertentu yang lebih kecil dan lebih kecil lagi. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada suatu saat dimana bagian tersebut tidak dapat dibagi lagi menjadi sesuatu yang lebih kecil?Memandang Teori Atom dari aspek Epistemologi berarti memandang Teori Atomdari cara pemerolehan pengetahuan mengenai Atom.
    Democritus mencoba menumbuk beberapa material dengan mortar dan alu hingga menjadi bagian-bagian yang lebih kecilyang ia sebut sebagai atom. Semua benda tersusun atas bagian-bagian kecil yang tidak dapat dibagi lagi, atau atom, yang secara kualitatif mirip antara satu dengan yang lainnya dalam hal ukuran, bentuk, posisi, dan massanya. Atom menurut Democritus, terpisah oleh suatu kekosongan antara satu atom dengan atom yang lain. Kekosongan ini menyebabkan atom-atom mampu bergerak (ini boleh jadi pelopor teori kinetika). Apakah yang sebenarnya dimaksud Democritus dengan “tidak dapat dibagi?”.
    Jawaban dari pertanyaan ini adalah salah satu dari dua interpretasi berikut:a. Tidak mungkin secara fisika untuk membagi suatu atom. b. Tidak mungkin secara logis dan konseptual untuk membagi suatu atom. Perbedaan dari kedua pandangan ini adalah: pada (a), sebuah atom masih mungkinmempunyai bagian yang lebih kecil, sedangkan pada (b) tidak ada artinya untuk berbicara tentang “bagian” dari suatu atom, karena hal itu tidak ada sama sekali. Kalau seseorang bermaksud membagi atom menjadi bagian-bagiannya, dia akan mendapatkan bahwaketidakmapuannya bukan teknologi, tapi konseptual. Democritus berpendapat bahwa atom bukan hanya sangat kecil, tetapi merupakan partikel yang terkecil, bukan hanya terlalu keciluntuk dibagi secara fisis tetapi juga tidak bisa dibagi secara logis. Sedangkan jika dilihat dari nilai aksiologi, pemikiran Democritus tentang atommencakup nilai-nilai sebagai dasar normatif dalam penggunaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak dapat disangkal bahwa ilmu pengetahuan telah banyakmemberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia

    Garett, Jan, The Atomism of Democritus, http://www.wku.edu/~garreje/democ.htm
    http://aul-al-ghifary.blogspot.com/2013/09/filsafat-yunani.html
    http://democritus-xiipa1.blogspot.com/2013/08/democritus.html

    ReplyDelete
  15. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air, tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat. Teori ini yang kemudian lebih banyak diyakini dan diajarkan dalam buku-buku pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya.Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil disebut atom.

    ReplyDelete
  17. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat.
    Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom kayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom air”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lain-lain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom, missal ferrum (besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atom hidrogen dan atom oksigen. Meskipun yang telah dinamakan “atom” ternyata masih dapat dibagi lagi (proton, elektron dan netron), dan lalu lebih kecil lagi (quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada ‘apakah bagian elementer itu’, melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu’. Namun model Democritus ini kurang memiliki bukti eksperimental, namun baru tahun 1800an bukti eksperimental muncul.

    ReplyDelete
  18. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Demokritos merupakan salah seorang filsuf yang terkenal dengan pemikirannya tentang atom. Demokritos dan gurunya berpendapat bahwa atom adalah unsur-unsur yang membentuk realitas. Bertentangan dengan Empedokles dan Anaxagoras, realitas dinyatakan terdiri dari banyak unsur yang menjadi satu, unsur tersebut tidak dapat dibagi menjadi partikel yang lebih kecil lagi, itulah kenapa dinamakan dengan atom yang berarti tidak terbagi. Atom tidak dapat diubah, dimusnahkan dan tidak dapat dijadikan. Atom selalu mengalami pergerakan. Atom yang saling berbeda saling terkait satu sama lain, kemudian bergerak berputar dan makin banyak atom yang bergabung dengan pergerakan tersebut. Kumpulan atom semakin besar dan semakin luas.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Permodelan atom Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi atau disebut atomos. Teori ini dikembangkan ketika Democritus sedang mengembangkan teori tentang benda-benda sebagai penyusun materi. Dengan demikian, suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun yang mendasar yang disebutnya dengan Atom.

    ReplyDelete
  20. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Demokritus menyatakan bahwa "prinsip dasar alam semesta adalah atom-atom dan kekosongan". Jika ada ruang kosong, maka atom-atom itu dapat bergerak. Demokritus membandingkan gerak atom dengan situasi ketika sinar matahari memasuki kamar yang gelap gulita melalui retak-retak jendela.
    Di situ akan terlihat bagaimana debu bergerak ke semua jurusan, walaupun tidak ada angin yang menyebabkannya bergerak.

    ReplyDelete
  21. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latin atomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya. Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Ia juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Karena kita belajar filsafat kehidupan manusia, maka teori tersebut bagaikan sifat yang dimiliki manusia yang jumlahnya tak terhitung. Salah satunya yaitu tentang intuisi. Sifat dari orang berpikir itu semilyar sifat kali semilyar pangkat semilyar yang belum tentu dan belum bisa disebutkan semuanya. Itulah sejatinya filsafat, kita akan mengupas hakikat tentang sesuatu baik secara intensif maupun ekstensif.

    ReplyDelete
  23. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latinatomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya.Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete