Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

8 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Ia juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Karena kita belajar filsafat kehidupan manusia, maka teori tersebut bagaikan sifat yang dimiliki manusia yang jumlahnya tak terhitung. Salah satunya yaitu tentang intuisi. Sifat dari orang berpikir itu semilyar sifat kali semilyar pangkat semilyar yang belum tentu dan belum bisa disebutkan semuanya. Itulah sejatinya filsafat, kita akan mengupas hakikat tentang sesuatu baik secara intensif maupun ekstensif.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latinatomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya.Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete
  3. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum WR. Wb

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya, secara intensif (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat).

    ReplyDelete
  4. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Democritus, seorang filsuf dari Yunani kuno mengembangkan teori tentang atom. Democritus berpendapat bahwa suatu materi jika dibelah terus menerus maka akan menghasilkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. yang dinamakan atom (atomos = tidak terbagi)

    ReplyDelete
  5. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Siapa demokritus? Saya kembali berusaha mencari pemahaman tentangnya. Dari yang saya pahami, teori demokritus menyatakan bahwa setiap benda terdiri dari atom yang tak bisa dibagi lagi. Seperti itulah dunia kita. Terdiri dari beragam aspek yang mendalam hingga akhirnya tak bisa dibagi lagi.

    ReplyDelete

  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Jika teori atom menurut Demokritus dikaitkan tentang dunia .Dunia tidak dapat terlepas dari dua prinsip yaitu dari bumi ke langit namanya hakiki mencari, dari langit ke bumi namanya realitas.Dari langit diturunkan berupa ayat-ayat, kitab-kitab, dan pedoman –pedoman hidup sampai kepada pemikiran umat manusia sehingga ketika hadirnya ke bumi menjadi terbagi-bagi karena bumi sifatnya plural sedangkan dari bumi ke langit sifatnya realitas.Kita semua akan di kumpulkan hingga mengerucut ke atas menjadi satu yaitu Tuhan Sang pencipta dunia dan alam semesta ini .

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Siapa itu Democritus? Awalkan kami benar-benar tidak bisa membayangkan nama yang masih terdengar asing tersebut. Namun, dari judul tanya jawab yang berkaitan dengan atom, pasti beliau tidak jauh dari nama seorang tokoh kimia. Oleh karenanya kami memperoleh refensi bahwa Democritus mengembangkan teori tentang penyusun materi bahwa sebuah materi jika dibelah terus menerus akan diperoleh sebuahpartikel atom. Bahasan tersebut dianalogikan kepada Dunia bahwa dunia yang besar ini di belah secara hakikatnya menyimpang berbagai komponen yang begitu komplek yakni spiritual, sosial, kepribadian danbanyak komponen hingga semilyar pangakat semilyar tak berhingga. Oleh karena itu, bergamnya dan tak berhingganya aspek dunia jika dibelah tak akan habis dan berhenti. Kita sebagai manusia agar hidup dunia dapat seimbang dan selaras haruslah mampu menempatkan diri pada tempat yang tepat dan senantiasa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  8. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Demokritos berpendapat bahwa atom adalah unsur-unsur yang membentuk realitas. Demokritos menganggap bahwa unsur-unsur tersebut tidak dapat dibagi-bagi lag dan diberi nama atom (bahasa Yunani atomos: a berarti "tidak" dan tomos berarti "terbagi"). Ukurannya begitu kecil sehingga mata manusia tidak dapat melihatnya. Selain itu, atom juga tidak memiliki kualitas, seperti panas atau manis. atom memiliki kuantitas belaka, termasuk juga massa. Jumlah atom yang membentuk realitas ini tidak berhingga. Atom juga dipandang sebagai tidak dijadikan, tidak dapat dimusnahkan, dan tidak berubah. Yang terjadi pada atom adalah gerak. Karena itu, Demokritus menyatakan bahwa "prinsip dasar alam semesta adalah atom-atom dan kekosongan". Jika ada ruang kosong, maka atom-atom itu dapat bergerak.

    ReplyDelete