Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

37 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya.Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil disebut atom.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles (384–322 SM), yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air tanah dan udara. Sekitar tahun 1592 - 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat.
    Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atom kayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda dengan “atom air”. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lain-lain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom, missal ferrum (besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atom hidrogen dan atom oksigen. Meskipun yang telah dinamakan “atom” ternyata masih dapat dibagi lagi (proton, elektron dan netron), dan lalu lebih kecil lagi (quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada ‘apakah bagian elementer itu’, melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu’. Namun model Democritus ini kurang memiliki bukti eksperimental, namun baru tahun 1800an bukti eksperimental muncul.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Demokritos merupakan salah seorang filsuf yang terkenal dengan pemikirannya tentang atom. Demokritos dan gurunya berpendapat bahwa atom adalah unsur-unsur yang membentuk realitas. Bertentangan dengan Empedokles dan Anaxagoras, realitas dinyatakan terdiri dari banyak unsur yang menjadi satu, unsur tersebut tidak dapat dibagi menjadi partikel yang lebih kecil lagi, itulah kenapa dinamakan dengan atom yang berarti tidak terbagi. Atom tidak dapat diubah, dimusnahkan dan tidak dapat dijadikan. Atom selalu mengalami pergerakan. Atom yang saling berbeda saling terkait satu sama lain, kemudian bergerak berputar dan makin banyak atom yang bergabung dengan pergerakan tersebut. Kumpulan atom semakin besar dan semakin luas.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Permodelan atom Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi atau disebut atomos. Teori ini dikembangkan ketika Democritus sedang mengembangkan teori tentang benda-benda sebagai penyusun materi. Dengan demikian, suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun yang mendasar yang disebutnya dengan Atom.

    ReplyDelete
  5. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Demokritus menyatakan bahwa "prinsip dasar alam semesta adalah atom-atom dan kekosongan". Jika ada ruang kosong, maka atom-atom itu dapat bergerak. Demokritus membandingkan gerak atom dengan situasi ketika sinar matahari memasuki kamar yang gelap gulita melalui retak-retak jendela.
    Di situ akan terlihat bagaimana debu bergerak ke semua jurusan, walaupun tidak ada angin yang menyebabkannya bergerak.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Ia juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Karena kita belajar filsafat kehidupan manusia, maka teori tersebut bagaikan sifat yang dimiliki manusia yang jumlahnya tak terhitung. Salah satunya yaitu tentang intuisi. Sifat dari orang berpikir itu semilyar sifat kali semilyar pangkat semilyar yang belum tentu dan belum bisa disebutkan semuanya. Itulah sejatinya filsafat, kita akan mengupas hakikat tentang sesuatu baik secara intensif maupun ekstensif.

    ReplyDelete
  7. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latinatomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya.Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete
  8. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum WR. Wb

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Disebutkan bahwa alasan ini berasal dari observasi di mana butiran pasir dapat bersama-sama membentuk sebuah pantai. Dalam analoginya, pasir adalah atom, dan pantai adalah senyawa. Analogi ini kemudian dapat dihubungkan dengan pengertian Democritus terhadap atom yang tidak bisa dibagi lagi: walaupun sebuah pantai dapat dibagi ke dalam butiran-butiran pasirnya, butiran pasir ini tidak dapat dibagi. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya, secara intensif (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat).

    ReplyDelete
  9. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Democritus, seorang filsuf dari Yunani kuno mengembangkan teori tentang atom. Democritus berpendapat bahwa suatu materi jika dibelah terus menerus maka akan menghasilkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. yang dinamakan atom (atomos = tidak terbagi)

    ReplyDelete
  10. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Siapa demokritus? Saya kembali berusaha mencari pemahaman tentangnya. Dari yang saya pahami, teori demokritus menyatakan bahwa setiap benda terdiri dari atom yang tak bisa dibagi lagi. Seperti itulah dunia kita. Terdiri dari beragam aspek yang mendalam hingga akhirnya tak bisa dibagi lagi.

    ReplyDelete

  11. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Jika teori atom menurut Demokritus dikaitkan tentang dunia .Dunia tidak dapat terlepas dari dua prinsip yaitu dari bumi ke langit namanya hakiki mencari, dari langit ke bumi namanya realitas.Dari langit diturunkan berupa ayat-ayat, kitab-kitab, dan pedoman –pedoman hidup sampai kepada pemikiran umat manusia sehingga ketika hadirnya ke bumi menjadi terbagi-bagi karena bumi sifatnya plural sedangkan dari bumi ke langit sifatnya realitas.Kita semua akan di kumpulkan hingga mengerucut ke atas menjadi satu yaitu Tuhan Sang pencipta dunia dan alam semesta ini .

    ReplyDelete
  12. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Siapa itu Democritus? Awalkan kami benar-benar tidak bisa membayangkan nama yang masih terdengar asing tersebut. Namun, dari judul tanya jawab yang berkaitan dengan atom, pasti beliau tidak jauh dari nama seorang tokoh kimia. Oleh karenanya kami memperoleh refensi bahwa Democritus mengembangkan teori tentang penyusun materi bahwa sebuah materi jika dibelah terus menerus akan diperoleh sebuahpartikel atom. Bahasan tersebut dianalogikan kepada Dunia bahwa dunia yang besar ini di belah secara hakikatnya menyimpang berbagai komponen yang begitu komplek yakni spiritual, sosial, kepribadian danbanyak komponen hingga semilyar pangakat semilyar tak berhingga. Oleh karena itu, bergamnya dan tak berhingganya aspek dunia jika dibelah tak akan habis dan berhenti. Kita sebagai manusia agar hidup dunia dapat seimbang dan selaras haruslah mampu menempatkan diri pada tempat yang tepat dan senantiasa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  13. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Demokritos berpendapat bahwa atom adalah unsur-unsur yang membentuk realitas. Demokritos menganggap bahwa unsur-unsur tersebut tidak dapat dibagi-bagi lag dan diberi nama atom (bahasa Yunani atomos: a berarti "tidak" dan tomos berarti "terbagi"). Ukurannya begitu kecil sehingga mata manusia tidak dapat melihatnya. Selain itu, atom juga tidak memiliki kualitas, seperti panas atau manis. atom memiliki kuantitas belaka, termasuk juga massa. Jumlah atom yang membentuk realitas ini tidak berhingga. Atom juga dipandang sebagai tidak dijadikan, tidak dapat dimusnahkan, dan tidak berubah. Yang terjadi pada atom adalah gerak. Karena itu, Demokritus menyatakan bahwa "prinsip dasar alam semesta adalah atom-atom dan kekosongan". Jika ada ruang kosong, maka atom-atom itu dapat bergerak.

    ReplyDelete
  14. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Melalui model dan teori atom, kita dapat mengetahui struktur atom. Perkembangan tersebut tidak dapat dilepaskan dari para ilmuan diantaranya Democritus. Democritus mengembangkan teori tentang penyusunan suatu materi. Permodelan model atom yang diberikan oleh Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom adalah sebuah benda yang tidak dapat dibagi. Democritus memberikan penjelasan tersebut ketika mengembangkan teori tentang benda-benda penyusun materi. Artinya ketika suatu materi terus menerus dibelah pada suatu saat akan diperoleh suatu partikel penyusun yang disebut dengan atom. Pendapat teori tentang atom ini dapat diterima pada saat itu dikarenakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak berkembang seperti sekarang ini, oleh karena itu kata atom yang berasal dari pemikiran Democritus berarti tidak terbagi = atomos.

    ReplyDelete
  15. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Demokritos adalah seorang filsuf yang termasuk di dalam Mazhab Atomisme. Ia adalah murid dari Leukippos, pendiri mazhab tersebut. Demokritos mengembangkan pemikiran tentang atom sehingga justru pemikiran Demokritos yang lebih dikenal di dalam sejarah filsafat. Ini yang disebut atom demokritos. Dengan kita mengetahui konsep atom demokritos maka kita akan mampu mendefinisi dunia. Karena, atom demokritos mengembangkan pemikiran filsafat.

    ReplyDelete
  16. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Demokritus menjelaskan bahwa yang disebut atom adalah sebuah benda yang tidak dapat dibagi lagi. Ketika suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun fundamental/ mendasar yang disebut dengan Atom. Manusia tersusun atas sistem organ yang bersatu, organ-organ manusia tersusun atas jaringan-jaringan dan sel-sel yang berjuta banyaknya. Sementara sel-sel tersusun dari materi-materi. Dan setiap materi tersusun oleh atom-atom yang tak terhitung banyaknya. Maha Suci Allah yang telah menciptakan benda sekecil atom dan menciptakan semesta yang begitu besarnya. Maha besar Allah yang menciptakan dan memelihara keteraturan alam raya dari yang sekecil atom dan sebesar planet, mereka semua berputar dalam orbitnya masing-masing.

    ReplyDelete
  17. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Teori atom demokritus memberikan gambaran makna bahwa proses mencari tahu adalah bentuk kumulatif, koreksi, dan keberlanjutan secara sistematis atas ide-ide dan pengukuran yang dinyatakan dalam teori matematis. Teori yang didapat berdasarkan perpaduan antara ketidakjelasan dan kejelasan. Pada satu aspek sudut pandang teori harus menggunakan ide-ide yang sangat familiar namun membutuhkan analisis yang tepat. Sehingga interaksi antara ide dan pengukuran akan menarik keluar sifat-sifat tersembunyi dari ilmu pengetahuan menjadi suatu kejelasan yang bersifat matematis.

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Ekstensif dari teori atom Demokritus adalah yang beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, dimana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. Demokritus melakukan penelitian untuk membuktikan teorinya, yaitu dengan membelah batu secara terus menerus dan akhirnya sampailah dia pada atom yang merupakan penyusun materi terkecil. Sedangkan intensif dari Democritus adalah atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Dengan model atomnya, Democritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian atau blok bangunan yang lebih kecil disebut atom. Inilah mengapa ia mampu mendefinisikan dunia, karena dunia ini terdiri dari tak hingga banyaknya atom-atom yang berbeda yang masing-masingnya punya sifat khusus yang mambedakannya dengan yang lain. Kehidupan ini kontinu, tidak terbatas, maka ketika suatu materi dipotong terus menerus akan menghasilkan tak hingga bagian. Oleh karena itu kita boleh mengembangkan ilmu yang kita peroleh, kita boleh berkembang menjadi apa yang kita mau, tetapi kita sebaiknya sadar tentang apa hakikat manusia itu dan apa yang mendasari kita dalam melakukan sesuatu itu. Dan menyadari bahwa ada yang menjadi pondasi dan landasan utama dalam hidup ini yaitu spiritual, agama.

    ReplyDelete
  19. Latifah Fitriasari (17709251055/PM C S2)

    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latin
    atomos berarti tak dapat dibagi). Menurut Democritus, zat pokok dari semua atom sama. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Dia juga berpikir harus ada ruang kosong antar atom untuk memberikan ruang untuk pergerakannya (seperti pergerakan dalam air dan udara, atau fleksibilitas benda padat). Sehingga dalam dunia terdapat ruang dan waktu. Sebagai tambahan, Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya.

    ReplyDelete
  20. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Gagasan bahwa zat terdiri dari atom-atom dimulai sejak masa Yunani kuno. Menurut Filsuf Yunanai Democritus, jika zat murni katakanlah, sepotong besi dipotong menjadi lebih kecil dan lebih kecil, akhirnya potongan terkecilnya dari zat tersebut tidak akan dapat dipotong lagi. Potongan terkecil inilah yang disebut atom, yang dalam bahasa Yunani berarti “tidak dapat dibagi”. Alternatif lainnya selain teori atom mengenai zat adalah gagasan bahwa zat bersifat kontinu dan dapat di bagi sampai tak hingga.

    ReplyDelete
  21. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Permodelan model atom yang diberikan oleh Democritus menunjukkan bahwa apa yang disebut dengan atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi. Hal ini karena Democritus mendapatkan penjelasan tersebut ketika mengembangkan teori tentang benda-benda penyusun materi. Artinya ketika suatu materi terus menerus di belah pada suatu saat akan diperoleh sebuah partikel penyusun fundamental/ mendasar yang disebutnya dengan atom.

    ReplyDelete
  22. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Democritus berpandangan bahwa material terdiri dari partikel-partikel kecil, sedemikian kecilnya sehingga ia tidak dapat dibagi lagi. (Dalam bahasa Yunani atomos, dalam bahasa Latinatomos berarti tak dapat dibagi). Menurutnya, zat pokok dari semua atom sama. Atom-atom berada satu sama lain, ukuran, bentuk, dan beratnya.Benda berbeda mengandung atom-atom yang berbeda ukuran, bentuk, dan beratnya. Kalau dipikir secara intensif dan ekstensif, bukankah jika masih ada partikel berarti masih bisa dibagi? Sekecil apapun pembaginya.

    ReplyDelete
  23. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Demokritus setuju dengan para mendahulunya bahwa perubahan-perubahan alam tidak mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa segala sesuatu sungguh-sungguh berubah. Oleh karena itu, dia beranggapan bahwa segala sesuatu terbuat dari balok-balok tak terlihat yang sangat kecil, yang masing-masing kekal dan abadi. Demokritus menamakan unit terkecil ini sebagai atom.

    ReplyDelete
  24. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Democritus berpendapat kalau suatu materi dibelah secara terus-menerus suatu saat akan didapatkan suatu partikel bersifat fundamental yang disebut sebagai atom. Democritus menjelaskan bahwa perbedaan sifat dari material yang berbeda, menurutnya atom dibedakan ke dalam massa, bentuk dan ukurannya. Dengan gambar model atomnya, Democritus bisa menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian atau blok bangunan yang kecil disebut atom. Democritus juga beranggapan bahwa jenis atom di alam semesta jumlahnya tidak terhingga, di mana masing-masing atom memiliki sifat yang berbeda beda setip jenisnya.

    ReplyDelete
  25. Junianto
    PM C
    17709251065

    Yang saya ketahui dari konsep ator adalah bahwa atom merupakan komponen terkecil dari sebuah unsur. Atom memiliki proton, neutron dan elektor sebagai pembangun atom. Jika dikaitkan dengan konsep dunia bisa kita analogikan dunia sebagai unsur. Maka daunia memiliki komponen-komponen penyusun seberti komponen biotik dan abiotik. Dalam lingkungan biotik yang berisi makhluk hidup jika dikaji lebih mendalam akan memakan bahasan yang panjang. Begitu pula dengan komponen abiotik yang berisi benda tak hidup seperti ait, udara, batu, tanah, dll yang sangat berperan besar bagi kelangsungan hidup lingkungan biotik.

    ReplyDelete
  26. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Teori atom yang paling awal ada adalah teori atom dari demokritos. Teorinya yang berbunyi bahwa atom merupakan sebuah benda yang tidak dapat dibagi lagi. Artinya setiap materi yang terus menerus dibelah, ada saatnya nanti senantiasa partikelnya tersusun secara mendasar, maka inilah biasa disebut atom. Demokritos juga berpendapat bahwa seluruh berjuta-juta atom yang ada di dunia ini memiliki sifat yang berbeda-beda. Dari sini dapat dimisalkan bahwa dunia ini berisi penduduk yang sangat begitu banyak, tetapi dari masing-masing manusia tersebut memiliki sifat yang berbeda antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Di mana setiap manusia yang ada di dunia ini memiliki sifat positif, negatif, dan netral seperti halnya atom.

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Teori atom demokritus menyatukan suatu materi tersusun atas atom-atom kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Bila diekstensifkan ke dunia secara luas, kita meyakini struktur dunia yang begitu kompleks ini dapat dipecah menjadi penyusun-penyusunnya hingga bagian terkecil yang tidak dapat dibagi kembali. Sifat dari atom atau penyusun tersebut tentu mempengaruhi sifat dari materi yang besar. Sebagaimana pada manusia, kondisi sel-sel yang menyusun tubuh manusia akan mempengaruhi bagaimana system yang berjalan dalam manusia tersebut berjalan. Bila ada sel yang rusak, maka akan mengganggu kinerja pada manusia. Dalam tataran dunia, bila ada komponen penyusun dunia yang tidak berfungsi secara optimal akan menyebabkan ketimpangan atau tidak berjalannya system di dunia yang seharusnya

    ReplyDelete
  28. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pada abad keempat SM, dua filsuf Yunani, Democritus dan Leucippus, menyarankan bahwa hal itu tidak jauh dibagi menjadi partikel yang lebih kecil tetapi terdiri dari fundamental, partikel terpisahkan disebut atom. Sayangnya, filsuf awal ini tidak memiliki teknologi untuk menguji hipotesis mereka. Mereka akan mungkin untuk melakukannya dalam hal apapun karena Yunani kuno tidak melakukan eksperimen atau menggunakan metode ilmiah. Mereka percaya bahwa alam semesta bisa ditemukan oleh pemikiran rasional saja.

    ReplyDelete
  29. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Democritus dan Leucippus mengajarkan bahwa substansi tersembunyi di semua benda fisik terdiri dari susunan yang berbeda dari atom dan kekosongan. Kedua atom dan kehampaan yang pernah dibuat, dan mereka akan pernah berakhir. Kekosongan tak terbatas dan menyediakan ruang di mana atom dapat pak atau pencar berbeda. Kemasannya mungkin berbeda dan hamburan dalam kekosongan membentuk garis pergeseran dan sebagian besar benda-benda yang kita rasakan, melihat, makan, mendengar, mencium, dan rasa. Sementara kita mungkin merasa panas atau dingin, "panas" dan "dingin" benar-benar tidak memiliki eksistensi nyata, tetapi hanya sensasi diproduksi di dalam kita oleh kemasan yang berbeda dan hamburan atom di kekosongan yang membentuk objek.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  31. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. Sifat-sifat dari atom ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lainlain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom. Meskipun yang telah dinamakan “atom” ternyata masih dapat dibagi lagi (proton, elektron dan netron) – dan lalu lebih kecil lagi (quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada ‘apakah bagian elementer itu’, melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu’. Namun model Democritus ini kurang memiliki bukti eksperimental.

    ReplyDelete
  32. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Atom adalah partikel terkecil dari sebuah benda atau materi. Hal tersebut juga dikatakan oleh Democritus yang menyatakan bahwa jika suatu materi dibelah secara terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom dan hal tersebut sudah tidak bisa diurai kembali karena sudah merupakan partikel terkecil. Kaitannya dengan dunia, bahwa dunia terdiri dari milyaran atom atom yang ada di udara, menempel pada tubuh manusia, rumah, sekolah dimanapun itu. Hal ini menunjukkan keesaan Allah SWT yang dengan kekuasaanNya bisa menciptakan hal hal yang luar biasa bahkan sekecil atom Allah merawat mengatur proses kehidupannya.

    ReplyDelete
  33. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B


    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Atom selalu mengalami pergerakan. Atom yang saling berbeda saling terkait satu sama lain, kemudian bergerak berputar. Teori ini juga mendefenisikan atom sebagai suatu partikel yang paling kecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Secara umum pandangan filsafat manusia tidak membatasi diri pada gejala empiris. Bentuk atau gejala apapun tentang manusia sejauh memungkinkan untuk dipikirkan secara rasional bisa menjadi bahan kajian filsafat manusia. Karena apa yang bisa dipikirkan jauh lebih luas daripada apa yang bisa diamati secara empiris, maka pengetahuan atau informasi tentang gejala manusia di dalam filsafat manusia pada akhirnya jauh lebih ekstensif (menyeluruh) dan intensif (mendalam) daripada informasi atau teori yang didapatkan oleh ilmu-ilmu tentang manusia.

    ReplyDelete
  35. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Dari teori inilah, dapat disimpulkan bahwa dunia ini jugadiawali dari materi terkecil yaitu atom. Atom-atom dengan sifat yang sama akan menyatu dan membentuk senyawa. Sehinggadunia ini tersusun atas tak berhingga atom dan senyawa pembentuknya.

    ReplyDelete
  36. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menurut Demokritos, atom adalah unsur-unsur yang membentuk realitas. Artinya realitas di dunia ini terdiri dari atom-atom yang tak terhingga banyaknya yang bergerak. Atom ini bisa bergerak bebas jika ada ruangan tanpa halangan. Di dunia ini manusia dikatakan merdeka jika bisa bebas dalam berkehidupan, punya hak hidup yang sama, bebas memilih langkah hidupnya, dll yang sesuai dengan aturna yang berlaku di masyarakat.

    ReplyDelete
  37. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Artinya klo kita ambil suatu pelajaran, kita harus mencari pengetahuan sampai pengetahuan tersebut bersifat jenuh artinya tidak ada lagi pembaharuan-pembaharuan yang dapat diperoleh dari pengetahuan tersebut. Dengan begitu pengetahuan yang kita miliki akan bersifat lebih matang dan landasan keilmuan yang akan kita gunakan juga lebih bersifat realitas dan akutabel.

    ReplyDelete