Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

2 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom atau sesuatu yang tidak terbagi. Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles, yang berpendapat bahwa materi bersifat kontinu atau materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga. Aristoteles lebih menyetujui teori Empedokles, yaitu materi tersusun atas api, air, tanah dan udara. Kelebihan teori atom Democritus adalah mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom dan kelemahannya adalah belum menjelaskan mengenai atom secara mendetail. Menurut Democritus,jika sebuah batu dibelah 2,kemudian setiap hasil pembelahan tersebut dibelah kembali,dan seterusnya hingga tidak dapat dibelah lagi,setiap belahan baru mempunyai sifat yang sama dengan batu asal. Democritus menyebut bagian dari belahan batu yang paling kecil itu dengan istilah atmos (A=tidak TOMos=dipotong-potong), yang artinya "invisible (tidak terlihat)". Berdasarkan teori Democritus,atom yang menyusun setiap zat berbenda satu sama lain.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Demokritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Demokritus jika suatu materi dibelah terus-menerus akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom yang artinya dalam bahasa Yunani adalah tidak terbagi. Misal pasir, sebuah pantai bisa dibagi menjadi butiran-butiran pasir, namun butiran pasir tersebut tidak dapat dibagi lagi. Dengan model atomnya, Demokritus mampu menjelaskan bahwa semua yang kita lihat terdiri dari bagian/blok bangunan yang lebih kecil yang disebut atom sehingga ada tak terhingga jenis atom di alam semesta ini.

    ReplyDelete