Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P Sain:

Intensif dan ekstensifkanlah konsep Atom dari Demokritus sehingga mampu mendefinisikan Dunia.Bisa menggunakan referensi.

Tulislah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi).( Democritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Democritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom (Yunani: atomos = tidak terbagi). (https://yiksrimustika.wordpress.com/2011/04/05/teori-atom-demokritus/).

    Teori demokritus ini sudah dibuktikan 14 abad lalu oleh Al-Qur’an. Di dalam Al-Qur’an menyebut bahwa materi yang paling kecil adalah biji zarrah (TQS. Az-Zalzalah). Adapun biji zarrah lebih kecil lagi daripada atom. Maka, dengan hal ini semakin membuktikan bahwa Al-Qur’an itu benar.

    Adapun dari susunan atom, akan terbentuk partikel-partikel yang kemudian dapat membesar menjadi sebuah benda. Maka, sesungguhnya diri kita dan alam semesta ini adalah kumpulan partikel-partikel atau sel-sel yang jumlahnya sangat kecil. Dari partikel kecil inilah dunia dapat harmonis. Begitupun juga penciptaan kita (manusia) yang juga berasal dari partikel kecil yaitu tanah. Maka segala hal yang ada di dunia ini adalah akumulasi dari bermacam-macam partikel. (Wallahualam bui shawab).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  3. Devi Anggriyani
    16701251023
    PEP B 2016

    Berdasarkan apa yang telah saya baca bahwa Demokritus mengembangkan teori tentang penyusun suatu materi. Menurut Demokritus jika suatu materi dibelah terus-menerus suatu ketika akan diperoleh suatu partikel fundamental yang disebut sebagai atom. Democritus juga beralasan bahwa atom sepenuhnya padat, dan tidak memiliki struktur internal. Democritus juga menjelaskan bahwa untuk menjelaskan perbedaan sifat dari material yang berbeda, atom dibedakan ke dalam bentuk, massa dan ukurannya. Democritus beranggapan bahwa ada tak terhingga jenis atom di alam semesta, di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah jenis atom dan kombinasi atom-atom. Meskipun yang telah dinamakan atom ternyata masih dapat dibagi lagi. Pemikiran Democritus berpusat bukan pada apakah bagian elementer itu melainkan pada apakah ada bagian elementer itu.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.