Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

28 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    tidak jauh dari apa yang ada dalam filsafat pendidikan sains, berdasarkan definisi yang saya ambil dari salah satu sumber, definisi dari objek material filsafat adalah tinjauan penelitian atau hal yang diselidiki yang disoro secara konkrit atau abstrak sedangkan objek material dalam filsafat adalah bersifat universal yaitu segala sesuatu yang ada(realita) sehingga sependek pengamatan saya dalam matematika objek meterial dan formal dibedakan atas objek yang dapat dikaji secara indra manusia seperti benda dengan konsep dimensi tiga(bangun ruang) dan dikaji berdasarkan pengetahuan itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pada dasarnya setiap ilmu itu memiliki objek material dan formal. Objek material filsafat ilmu adaah pengetahuan sendiri yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Objek material dari pendidikan matematika adalah isi atau materi matematika seperti bilangan, geometri, kalkulus, aljabar dan lainnya Sedangkan objerk formal filsafat ilmu adalah hakikat ilmu pengetahuan artinya filsafat ebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaiman cara memperleh kebenaran ilmiah dan apa fungsi ilmu bagi manusia. Objek formal pendidikan matematika adalah metode pembelajarannya menggunakan problem solving, pendekatan induksi, pendekatan deduksi, dan lainnya.

    ReplyDelete
  4. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Obyek material filsafat yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik materi konkret, fisik, maupun yang material abstrak, psikis. Termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional, spiritual, nilai-nilai. Dengan demikian obyek filsafat tak terbatas, yakni segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. contoh objek matematika material berupa bilangan 2 yang terbuat dari papan triplek yang digergaji dan kemudian diberi warna yang indah.

    ReplyDelete
  5. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Obyek formal filsafat yaitu menyelidiki segala sesuatu itu guna mengerti sedalam dalamnya dan seluas-luasnya atau mengerti obyek materia itu secara hakiki, mengerti kodrat segala sesuatu itu secara mendalam (to know the nature of everything). Obyek formal inilah sudut pandang yang membedakan watak filsafat dengan pengetahuan. Karena filsafat berusaha mengerti sesuatu sedalam dalamnya.

    ReplyDelete
  6. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Objek material adalah objek yang dijadikan sasaran menyelidiki suatu ilmu, atau objek yang dipelajari oleh ilmu itu. Secara material objek matematika berada dilingkungan atau disekitar kita yaitu benda – benda konkret misalnya model kubus, lambang bilangan besar atau kecil, kolam berbentuk persegi, atap rumah berbentuk limas, piramida di Mesir, kuda-kuda atap rumah berbentuk segitiga siku-siku, roda berbentuk lingkaran.
    Objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, misalnya apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, dan apa fungsi ilmu itu bagi manusia. Secara formal objek matematika berupa benda-benda pikir.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat merupakan pola pikir dan objek. Objek filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada bisa bersifat tetap dan bisa bersifat berubah, dimana yang tetap ada di dalam pikiran dan yang berubah ada di dalam kenyataan. Yang tetap ada di dalam pikiran sifatnya absolut maka lahirlah filsafat absolutisme dengan tokoh Permedides, atau bisa dikatakan sebagai filsafat Permemidesianisem atau Permemidesiatisme, yang berubah dengan tokoh Heraklitos maka disebutlah sebagai Heraklitosianisme. Yang kenyataan atau yang real maka lahirlah filsafat realisme, yang merupakan dunia persepsi atau dunia panca indera, dengan tokohnya yang bernama Aristotelianisme. Objek formal ialah wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Jika dilihat pada konteks matematika maka objek materialnya adalah materi pembelajarannya, seperti bilangan, geometi, kalkulus, dan sebagainya, sedangkan untuk objek formalnya mungkin adalah cara-cara yang digunakan saat proses pembelajarannya.

    ReplyDelete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ilmu filsafat menyangkut objek material dan objek formal. Obek material filsafat adalah sesuatu yang dipelajari atau pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarnnya secara umum dan juga kemampuan seseorang dalam mengabstraksikan pikirannya kedalam matematika seperti penanaman sebuah konsep, sedangkan objek formal filsafat adalah suatu pendekatan yang digunakan atas objek material. Filsafat berangkat dari pengeklaman konkret manusia dalam ruang dan waktunya. Pengalaman manusia yang begitu banyak dengan segala bentuk dan kondisinya yang tersirat ingin dinyatakan secara tersurat.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Berdasarkan http://staffnew.uny.ac.id/upload/131763780/pendidikan/ISI+BUKU+AJAR+FILSAFAT+PENDIDIKAN.pdf, Objek material filsafat meliputi segala sesuatu yang ada. Segala sesuatu itu adalah Tuhan, alam dan manusia. Untuk itu, objek material filsafat pendidikan matematika adalah apa saja hubungan pendidikan matematika dengan Tuhan, alam dan manusia. Lebih lanjut dalam sumber tersebut juga menjelaskan bahwa objek formal (sudut pandang pendekatan) filsafat adalah dari sudut pandang hakikatnya. Filsafat berusaha untuk membahas hakikat segala sesuatu.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Objek material dari filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada dari ilmu matematika itu, baik itu yang abstrak maupun yang konkret sedangkan objek formalnya yaitu kaidah yang digunakan sebagai sebuah kesepakatan bersama dalam mempelajari objek materialnya matematika.

    ReplyDelete
  12. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat pendidikan matematika meliputi objek formal dan objek material. Secara bahasa formal berarti sesuai dengan peraturan yang sah sehingga formalnya pendidikan matematika adalah sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati dalam pendidikan matematika, seperti contohnya proses pembelajaran matematika di kelas. Maka objek formal dari pendidikan matematika itu contohnya metode pembelajaran yang sudah disepakati atau diatur sesuai dengan aturan. Sedangkan material itu tidak terikat dengan aturan dan objek material pendidikan matematika itu contohnya siswa itu sendiri dan sarana dan prasarana yang terdapat dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam suatu kajian pasti ada objek yang dikaji, begitu pula dalam kajian filsafat pendidikan matematika. Objek kajian dalam filsafat pendidikan matematika meliputi objek material dan objek formal. Objek material adalah materi atau isi atau sesuatu hal yang menjadi bahan untuk dikaji. Objek material dalam filsafat pendidikan matematika dapat meliputi materi-materi matematika, siswa, guru, kurikulum, sekolah, pemerintah, dll. Sementara objek formal dalam kajian filsafat pendidikan matematika adalah bagaimana cara mengkajinya atau dari sudut pandang mana pendidikan matematika akan dikaji. Bisa juga terkait dengan metode yang akan digunakan untuk mengkaji. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait topik bahasan mengenai Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika yang kemudian dikerucutkan menjadi gagasan seruan bahwa Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Namun, terlebih dahulu harus dituliskan bahwa filsafat memiliki keterkaitan makna dengan kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa, kemudian dijelaskan juga pendidikan sebagai pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian, serta matematika sebagai ilmu yang mempelajari hal-hal seperti besaran, struktur, ruang, dan perubahan.


    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  15. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya, dapat dituliskan bahwa obyek formal dan obyek material dari filsafat pendidikan matematika adalah bahwa adanya proses abstraksi ataupun kontruksi yang memuwujudkan adanya paham tentang pembelajaran untuk mengkonstruksi konsep setelah terjadinya abstraksi.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  16. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang diutarakan oleh Saudara Ibrohim bahwa "Obyek material filsafat yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik materi konkret, fisik, maupun yang material abstrak, psikis. Termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional, spiritual, nilai-nilai. Dengan demikian obyek filsafat tak terbatas, yakni segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. contoh objek matematika material berupa bilangan 2 yang terbuat dari papan triplek yang digergaji dan kemudian diberi warna yang indah", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada penjelasan tentang sesuatu yang ada yang mungkin ada.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  17. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya, Seperti yang diutarakan oleh saudara Fahrul bahwa "Filsafat berangkat dari pengeklaman konkret manusia dalam ruang dan waktunya. Pengalaman manusia yang begitu banyak dengan segala bentuk dan kondisinya yang tersirat ingin dinyatakan secara tersurat", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada indikator sesuatu yang dan yang mungkin ada.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  18. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bila sebelumnya berbicara tentang sains, bidang ilmu kali ini matematika yang sudah melegenda sejak dulu. Bagaimana tidak, matematika selalu yang diajarkan ketika ada bayi yang baru mengenal benda sekitar, benda apapun akan digunakan untuk mengajarkan anak bilangan. oleh karenanya, sejak saat itu cara mengajarkan bilangan ke anak dan bagaimana anak menyerap dan mengingat bilangan itu termasuk cara berfilsafat para anak dan para orangtua di bidang matematika. Hingga dewasa saat ini berpikiran tentang matematika pun itu sudah termasuk urusan filsafat untuk ikut campur ke dalamnya.

    ReplyDelete
  19. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam pendidikan matematika, objek material berupa segala sesuatu yang dipelajari dalam matematika. Objek matematika merupakan objek yang bersifat abstrak. Namun, banyak benda yang mampu menggambarkan keabstrakan dari objek matematika tersebut. Seperti itulah gambaran dari alat peraga matematika. Guru sebaiknya memperkenalkan matematika dengan alat peraga matematika kepada siswanya, agar pengetahuan mereka lebih mudah diperoleh. Sedangkan objek formal matematika , yaitu teorema, definisi, teorema akibat, ataupun postulat

    ReplyDelete
  20. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Filsafat tidak hanya diajarkan kepada mata pelajaran yang bersifat IPS saja tetapi perlu bagi pelajaran yang eksak untuk lebih ebrpikiran terbuka dan bisa menerima ilmu baru dalam dunia pengetahuan eksak dan bisa mengembangkan diri untuk menciptakan penemuan baru terkait ilmu filsafat dan ilmu eksak. Contohnya pelajaran matematika yang bisa didalami dari segi filsafat, contohnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dll. Oleh karena itu belajar filsafat bisa di mana saja dan di mata pelajaran apa saja asal pikiran dan hati terbuka untuk menerimanya.

    ReplyDelete
  21. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Berbanding lurus dengan filsafat pendidikan sains. Objek material dari filsafat pendidikan matematika ini adalah pengetahuan-pengetahuan matematika yang dipelajari oleh siswa. Sedangkan objek formalnya yaitu hakekat ilmu matematika itu sendiri, dan bagaimana guru dan siswa sebagai pelaku pendidikan dalam menelaah kajian-kajian ilmu matematika. Objek formal ini juga dapat dikatakan sebagai pembuktian-pembuktian dari teori-teori matematika. Dalam pelajaran geometri, sama saja seperti kita harus membuktikan apakah jarak terpendek dalam suatu ruang sama dengan sisi terpndeknya? Sehingga untuk membuktikan hal tersebut kita membutuhkan teorema, aksioma, postulat, dan teori-teori lainnya. Itulah yang disebut objek materil dari pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Filsafat pendidikan matematika pada intinya dikatakan sebagai sebuah maksud dan memiliki tujuan untuk pendidikan matematika melalui sebuah teori, kurikulum, strategi, metode, media dan bahan pembelajaran yang lain dimana untuk memahami hakekat dari segala sesuatu. objek material filsafat mencakup segala sesuatu yang ada dan mungkin ada. Filsafat berusaha untuk membahas hakikat segala sesuatu. Sedangkan objek formalnya sudut pandang pendekatan yang digunakan atas objek material.

    ReplyDelete
  23. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filsafat pendidikan sain merupakan pemikiran yang mengaji pendidikan sain secara intensif dan ekstensi. Filsafat akan mengarahkan pelaku pada suatu kejelian, kekritisan dan kesabaran dalam memperolah maupun membagi ilmu. Dalam perjalanannya pendidikan sain memiliki objek material dan formal, dimana objeka material tersebut adalah merupakan sesuatu yang menjadi bahan belajar, sedangkan objek formal merupakan wadah keberadaan dari pendidikan sain, dimana pendidikan sain itu ada wujud dan pengakuan.

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Objek formal filsafat adalah sudut pandangan yang menyeluruh, secara umum sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya. Dan H.A Dardiri berpendapat, objek material filsafat adalah segala sesuatu yang ada, baik yang ada dalam pikiran, ada dalam kenyataan maupun ada dalam kemungkinan. Segala sesuatu yang ada dapat dibagi dua, bersifat umum, dan bersifat khusus.

    ReplyDelete
  25. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Objek formal dari pendidikan matematika ada karena sebuah kesepakatan. Kesepakatan bagaimana proses belajar dari pendidikan matematika, bagaimana cara menstransfer ilmu pengetahuan. Sehingga objek formal pendidikan matematika lebih terkait dengan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya yang terkait dengan metode dan alat ang diunakan untuk menyampaikan di kelas yang sesuai dengan aturan yang disepakati sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sedangkan objek material pendidikan matematika adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat objek formal. Wadah tersebut untuk berisi kekongkritan dari pendidikan matematika sendiri. Dan objek material ini tidak ada aturan tetapi dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya lita sebagai mahasiswa yang didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di kampus.

    ReplyDelete
  27. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Obyek material filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada diluarnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan pendidikan yaitu alam semesta dengan pola dan keteraturannya. Dan obyek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah apa yan ada dalam dirinya yang melahirkan ia sebagai filsafat pendidikan matematika, yaitu pikiran akan pola dan keteraturan-keteraturan yang melingkupi matematika.

    ReplyDelete
  28. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Matematika sebagai ratu segala ilmu sudah pasti memiliki ilmu filsafatnya sendiri. Saya pernah membaca salah satu artikel bahwa matematika tidak lahir dari filsafat, namun matematika tumbuh dan berkembang bersama dengan filsafat.
    Terimakasih

    ReplyDelete