Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

9 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pada forum tanya jawab sebelumnya sudah dibahas juga mengenai obyek material dan obyek formal. Kalau obyek material merupakan bahan pembentukan pengetahuan dari hal yang konkret dan abstrak, maka obyek formal merupakan seluruh hakikatnya baik nyata maupun abstrak. Adapun contoh obyek material dalam pendidikan matematika adalah guru, siswa, perangkat pembelajaran (meliputi silabus, RPP, dan LKS), pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan, sistem penilaian dan kurikulum yang digunakan, dst. Sedangkan contoh obyek formal dalam pendidikan matematika contohnya adalah mencari hakikat mengapa pentingnya belajar matematika, model yang bagaimanakah yang seharusnya digunakan, dst.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Berfilsafat berarti mencari nilai-nilai ideal (cita-cita) yang lebih baik sedangkan pendidikan mengaktualisasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertindak mencari arah yang terbaik, dengan berbekal teori-teori pendidikan yang diberikan antara lain oleh pemikiran filsafat. Filsafat mengadakan tinjauan yang luas terhadap realita termasuk manusia, maka dibahas antara lain pandangan dunia dan pandangan hidup. Konsep-konsep ini selanjutnya menjadi dasar atau landasan penyusunan tujuan dan metodologi pendidikan. Pengalaman pendidik dalam realita menjadi masukan dan pertimbangan bagi filsafat untuk mengembangkan pemikiran pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Walaikumsalam wr wb.
    Saya akan mencoba untuk mengidentifikasi obyek formal dan obyek material dari filsafat pendidikan matematika. Obyek material filsafat adalah segala yang ada, segala yang ada maksudnya mencakup ada yang tampak dan ada yang tidak tampak. Sedangkan obyek formal filsafat adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah obyek materialnya. Contoh obyek material dan obyek formal dalam matematika adalah sebagai berikut. Bangun geometri tabung misalnya. Jika ditinjau dari obyek materialnya. Bangun geomteri tabung dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sifatnya. Sifat-sifat tersebut seperti warnanya, bahannya, kepadatannya, fungsinya, harganya, dll. Tetapi jika ditinjau dari obyek formalnya, sifat-sifat tabung dalam matematika dibatasi. Tabung hanya dilihat dari sisi rusuknya, bidangnya, dan ukurannya. Tanpa melihat bagaimana warna, bahan, harganya, dll. Begitu juga dengan obyek-obyek matematika yang lainnya. Jadi, obyek material dalam filsafat pendidikan matematika adalah segala hal yang ada dan mungkin ada, sedangkan obyek formalnya hanya dibatasi oleh hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur matematika saja.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)
    Objek dibedakan menjadi dua macam, yaitu objek material dan objek formal. Setiap ilmu mempunyai objek material dan objek formal masing-masing. Objek material filsafat meliputi segala sesuatu yang ada. Segala sesuatu itu adalah Tuhan, alam, dan manusia. Sedangkan objek formal (sudut pandang pendekatan) filsafat adalah dari sudut pandang hakikatnya. Filsafat berusaha untuk membahas hakikat segala sesuatu. Berikut contoh identifikasi obyek formal dan metrial dala pendidikan matematika menurut pendapat saya. Dasar-dasar dari matematika murni adalah paradigma pengetahuan rasional. Kebenarannya dapat ditunjukkan dengan penalaran abstrak. Ketika siswa mempelajari pembagian nol, misalnya 1 dibagi dengan nol akan mendapatkan hasil tidak terdefinisi dalam konteks pembagian bilangan real. Namun ketika berbicara dalam konteks materi limit, maka meskipun 1/0 tidak terdefinsi dalam sistem bilangan real akan tetapi jika suatu bilangan real positif x mendekati nol maka nilai 1/x akan sangat besar.

    ReplyDelete
  5. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Objek dalam Filsafat Pendidikan Matematika meliputi objek formal dan objek material. Objek formal merupakan wadah atau metodenya, sementara objek material adalah isi didalamnya. Dalam pembelajaran matematika, objek formalnya adalah metode pembelajaran, baik metode diskusi, problem solving, dan lain sebagainya. Sedangkan objek materialnya adalah materi matematika itu sendiri, seperti statistika, geometri, aljabar, dan sebagainya. Dalam Filsafat Pendidikan Matematika, objek formalnya adalah filsafat itu sendiri, sedangkan objek materialnya adalah Pendidikan Matematika.

    ReplyDelete
  6. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    objek formal dan objek material dalam filsafat matematika sama seperti objek formal dan objek material dalam filsafat di ilmu bidang lainnya, yaitu berupa wadah dan isinya. terutama di dunia pendidikan, yang mengkhususkan bagaimana cara mendidik siswa dengan baik. maka dapat dilihat apa yang menjadi wadah dan apa yang menjadi isinya, yaitu metode pembelajaran dan esensi dari ilmu matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Didalam filsafat pendidikan dimana kita mengenal yang namanya objek material dan objek formal. Mungkin yang dimaksut dengan filsafat pendidikan matematika merupakan objek material yang digunakan untuk filsafat pendidikan matematika seperti tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya, fasilitas pendukung tenaga pelajar. Sedangkan untuk objek formal yang digunakan dalam filsafat pendidikan matematika adalah sebuah kurikulum yang digunakan, aturan-aturan pendukung dalam pendidikan matematika

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Adalah sulit bagi saya untuk mengaplikasikan sedikit pengetahuan tentang obyek material dan obyek formal yang pernah saya baca pada satu obyek filsafat lainnya, yaitu pendidikan matematika. Tetapi, saya rasa ini adalah proses belajar yang harus saya lalui. Bismillah
    Objek material filsafat adalah segala sesuatu yang berwujud, yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada. Di dalamnya terdapat materi konkret dan fisik, maupun material abstrak. Oleh karena itu, pendapat saya, obyek material filsafat pada pendidikan matematika adalah ilmu pengetahuan tentang pendidikan matematika itu sendiri, yang telah disusun melalui metode ilmiah. Bisa jadi ada RPP pendidikan matematika, metode pembelajaran matematika, sistem penilaian dan evaluasi pendidikan matematika.
    Sedangkan obyek formal filsafat pendidikan matematika adalah point of view atau sudut pandang yang diberikan si subyek pada filsafat pendidikan matematika terkait obyek material pendidikan matematika. Di dalamnya muncul hal-hal yang mendasar dan filosofis, misalnya hakikat pendidikan matematika, pentingnya belajar matematika, bagaimana etika belajar matematika, dan lainnya.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Objek material filsafar pendidikan matematika berkaitan dengan wadah dari pendidikan matematika itu sendiri yakni sesuatu yang berwujud contohnya materi pembelajaran, bahan ajar, peserta didik, pengajar serta sarana dan prasarana pembelajaran. Sedangkan Objek Formal filsafat pendidikan matematika adalah tentang hakikat pendidikan matematika itu sendiri, tentang tujuan pendidikan itu sendiri yakni bagaiman proses pembelajaran matematika dan bagaimana materi matematika dapayt sampai pada peserta didik sehingga tujuan yang sudah di tetapkan dapat terrealisasi dengan tepat. Terima Kasih.

    ReplyDelete