Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

44 comments:

  1. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Objek material filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis walau dengan abstrak, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Sedangkan Objek formal filsafat pendidikan matematika adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat pendidikan matematika itu sendiri artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu matematika, seperti apa hakikat matematika, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dari konsep matematika yang abstrak dan apa fungsi dan aplikasi matematika itu bagi manusia.

    ReplyDelete

  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Obyek formal dalam filsafat pendidikan matematika dapat dipandang sebagai cara atau metode atau model pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan siswa-siswanya. Sedangkan obyek material dalam filsafat pendidikan matematika dapat dipandang sebagai bahan-bahan belajar dalam matematika yang akan dipelajari oleh para siswa. Seharusnya obyek formal dan obyek material ini berjalan beriringan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Obyek kajian dalam filsafat terabagi menjadi dua, antara lain adalah obyek formal dan obyek material. Obyek formal merupakan wadah dan onbyek material merupakan isi. Bagaikan air akan berarti apabila berada pada suatu wadah, misalkan adalah gelas. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Obyek formal filsafat pendidikan matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri yang terikat oleh aturan pendidikan, juga metode atau alat yang digunakan untuk dalam filsafat matematika yang diatur dan disepakati sesuai aturan. Objek material filsafat sendiri berwujud, yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik materi konkret, fisik, maupun yang material abstrak, psikis.

    ReplyDelete
  5. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pendidikan matematika UNY merupakan salah satu jurusan paling favorit yang diminati calon mahasiswa baik di dalam daerah maupun luar daerah Yogyakarta. Menurut saya objek formal matematika terkait dengan aturan aturan yang ada sedangkan objek material terkait dengan apa yang tidak terikat aturan.

    ReplyDelete
  6. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Objek material pendidikan matematika adalah benda-benda konkret seperti kardus berbentuk kubus, kaleng berbentuk tabung, bola, dan sebagainya. Objek formal pendidikan matematika adalah benda-benda pikir, yaitu benda yang diperoleh dari abstraksi dan idealisasi pada benda konkret. Abstraksi berarti mengambil sifat-sifat tertenu saja, contoh ketika melihat segitiga, kita hanya memperhatikan bentuknya, tetapi tidak memperhatikan warna, bahan, dan baunya. Idealiasasi berarti menggapap sempurna, sebagai contoh, ketika memandang kerangka kubus, kita menganggap bahwa rusuk kubus tersebut lurus, tidak mengalami pembenhkokan sekecil apapun.

    ReplyDelete
  7. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode. Sedangkan objek materialnya adalah materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Maka kedua nya akan saling mengisi dan berkaitan.

    ReplyDelete
  8. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Objek formal dan objek material saling berkaitan atau saling berhubungan. Objek formal dalam pendidikan matematika yaitu cara atau metode pelaksanaannya. Sedangkan objek material merupakan wadahnya, seperti materi, media pembelajarannya dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pada forum tanya jawab sebelumnya sudah dibahas juga mengenai obyek material dan obyek formal. Kalau obyek material merupakan bahan pembentukan pengetahuan dari hal yang konkret dan abstrak, maka obyek formal merupakan seluruh hakikatnya baik nyata maupun abstrak. Adapun contoh obyek material dalam pendidikan matematika adalah guru, siswa, perangkat pembelajaran (meliputi silabus, RPP, dan LKS), pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan, sistem penilaian dan kurikulum yang digunakan, dst. Sedangkan contoh obyek formal dalam pendidikan matematika contohnya adalah mencari hakikat mengapa pentingnya belajar matematika, model yang bagaimanakah yang seharusnya digunakan, dst.

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Berfilsafat berarti mencari nilai-nilai ideal (cita-cita) yang lebih baik sedangkan pendidikan mengaktualisasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertindak mencari arah yang terbaik, dengan berbekal teori-teori pendidikan yang diberikan antara lain oleh pemikiran filsafat. Filsafat mengadakan tinjauan yang luas terhadap realita termasuk manusia, maka dibahas antara lain pandangan dunia dan pandangan hidup. Konsep-konsep ini selanjutnya menjadi dasar atau landasan penyusunan tujuan dan metodologi pendidikan. Pengalaman pendidik dalam realita menjadi masukan dan pertimbangan bagi filsafat untuk mengembangkan pemikiran pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Walaikumsalam wr wb.
    Saya akan mencoba untuk mengidentifikasi obyek formal dan obyek material dari filsafat pendidikan matematika. Obyek material filsafat adalah segala yang ada, segala yang ada maksudnya mencakup ada yang tampak dan ada yang tidak tampak. Sedangkan obyek formal filsafat adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah obyek materialnya. Contoh obyek material dan obyek formal dalam matematika adalah sebagai berikut. Bangun geometri tabung misalnya. Jika ditinjau dari obyek materialnya. Bangun geomteri tabung dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sifatnya. Sifat-sifat tersebut seperti warnanya, bahannya, kepadatannya, fungsinya, harganya, dll. Tetapi jika ditinjau dari obyek formalnya, sifat-sifat tabung dalam matematika dibatasi. Tabung hanya dilihat dari sisi rusuknya, bidangnya, dan ukurannya. Tanpa melihat bagaimana warna, bahan, harganya, dll. Begitu juga dengan obyek-obyek matematika yang lainnya. Jadi, obyek material dalam filsafat pendidikan matematika adalah segala hal yang ada dan mungkin ada, sedangkan obyek formalnya hanya dibatasi oleh hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur matematika saja.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)
    Objek dibedakan menjadi dua macam, yaitu objek material dan objek formal. Setiap ilmu mempunyai objek material dan objek formal masing-masing. Objek material filsafat meliputi segala sesuatu yang ada. Segala sesuatu itu adalah Tuhan, alam, dan manusia. Sedangkan objek formal (sudut pandang pendekatan) filsafat adalah dari sudut pandang hakikatnya. Filsafat berusaha untuk membahas hakikat segala sesuatu. Berikut contoh identifikasi obyek formal dan metrial dala pendidikan matematika menurut pendapat saya. Dasar-dasar dari matematika murni adalah paradigma pengetahuan rasional. Kebenarannya dapat ditunjukkan dengan penalaran abstrak. Ketika siswa mempelajari pembagian nol, misalnya 1 dibagi dengan nol akan mendapatkan hasil tidak terdefinisi dalam konteks pembagian bilangan real. Namun ketika berbicara dalam konteks materi limit, maka meskipun 1/0 tidak terdefinsi dalam sistem bilangan real akan tetapi jika suatu bilangan real positif x mendekati nol maka nilai 1/x akan sangat besar.

    ReplyDelete
  13. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Objek dalam Filsafat Pendidikan Matematika meliputi objek formal dan objek material. Objek formal merupakan wadah atau metodenya, sementara objek material adalah isi didalamnya. Dalam pembelajaran matematika, objek formalnya adalah metode pembelajaran, baik metode diskusi, problem solving, dan lain sebagainya. Sedangkan objek materialnya adalah materi matematika itu sendiri, seperti statistika, geometri, aljabar, dan sebagainya. Dalam Filsafat Pendidikan Matematika, objek formalnya adalah filsafat itu sendiri, sedangkan objek materialnya adalah Pendidikan Matematika.

    ReplyDelete
  14. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    objek formal dan objek material dalam filsafat matematika sama seperti objek formal dan objek material dalam filsafat di ilmu bidang lainnya, yaitu berupa wadah dan isinya. terutama di dunia pendidikan, yang mengkhususkan bagaimana cara mendidik siswa dengan baik. maka dapat dilihat apa yang menjadi wadah dan apa yang menjadi isinya, yaitu metode pembelajaran dan esensi dari ilmu matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Didalam filsafat pendidikan dimana kita mengenal yang namanya objek material dan objek formal. Mungkin yang dimaksut dengan filsafat pendidikan matematika merupakan objek material yang digunakan untuk filsafat pendidikan matematika seperti tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya, fasilitas pendukung tenaga pelajar. Sedangkan untuk objek formal yang digunakan dalam filsafat pendidikan matematika adalah sebuah kurikulum yang digunakan, aturan-aturan pendukung dalam pendidikan matematika

    ReplyDelete
  16. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Adalah sulit bagi saya untuk mengaplikasikan sedikit pengetahuan tentang obyek material dan obyek formal yang pernah saya baca pada satu obyek filsafat lainnya, yaitu pendidikan matematika. Tetapi, saya rasa ini adalah proses belajar yang harus saya lalui. Bismillah
    Objek material filsafat adalah segala sesuatu yang berwujud, yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada. Di dalamnya terdapat materi konkret dan fisik, maupun material abstrak. Oleh karena itu, pendapat saya, obyek material filsafat pada pendidikan matematika adalah ilmu pengetahuan tentang pendidikan matematika itu sendiri, yang telah disusun melalui metode ilmiah. Bisa jadi ada RPP pendidikan matematika, metode pembelajaran matematika, sistem penilaian dan evaluasi pendidikan matematika.
    Sedangkan obyek formal filsafat pendidikan matematika adalah point of view atau sudut pandang yang diberikan si subyek pada filsafat pendidikan matematika terkait obyek material pendidikan matematika. Di dalamnya muncul hal-hal yang mendasar dan filosofis, misalnya hakikat pendidikan matematika, pentingnya belajar matematika, bagaimana etika belajar matematika, dan lainnya.

    ReplyDelete
  17. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Objek material filsafar pendidikan matematika berkaitan dengan wadah dari pendidikan matematika itu sendiri yakni sesuatu yang berwujud contohnya materi pembelajaran, bahan ajar, peserta didik, pengajar serta sarana dan prasarana pembelajaran. Sedangkan Objek Formal filsafat pendidikan matematika adalah tentang hakikat pendidikan matematika itu sendiri, tentang tujuan pendidikan itu sendiri yakni bagaiman proses pembelajaran matematika dan bagaimana materi matematika dapayt sampai pada peserta didik sehingga tujuan yang sudah di tetapkan dapat terrealisasi dengan tepat. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  18. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami dalam pendidikan matematika objek materialnya adalah materi-materi atau konsep-konsep, prinsip-prinsip yang berlaku dalam matematika, seperti aljabar, geometri, peluang, statistik, kalkulus dll. Dalam pendidikan matematika juga dilatik bagaimana menemukan suatu pola dari fenomena yang diamati, menemukan hubungan dan relasi dari fenomena-fenomena yang ada, menemukan keterkaitan antar konsep pengetahuan, serta bagaimana berkomunikasi dan bersosialisasi dalam belajar matematika. Sedangkan objek formal, sepemahaman kami formal adalah suatu yang berkaitan dengan hukum, undang-undang, dan peraturan, maka objek formal dari pendidikan sains tidak lain merupakan segala peraturan dan undang-undang yang berlaku dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pendidikan matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Objek formal dari filsafat matematika adalah sudut pandang sesorang untuk membentuk pengetahuan ilmu matematika, pada sudut pandang manapun. Sedangkan objek material dari filsafat matematika adalah sudut pandang seseorang untuk ditinjau dalam pembentukan engetahuan ilmu matematika.

    ReplyDelete
  20. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Sebelumnya sudah dibahas mengenai objek formal dan objek material. Objek material itu merupakan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, sedangkan objek formal merupakan sintesis dari yang ada dan yang mungkin ada tersebut menjadi sebuah pengetahuan. Sehingga jika diminta untuk mendefinisikan objek material dan objek formal, maka sebelum itu kita lihat contoh berikut.
    Di sekitar kita banyak sekali benda-benda, seperti handphone, rumah, televisi, buku, tas, dan lain-lain. Kemudian benda tersebut dapat dibuat dengan memotong-motong bahan, serta memiliki daya tampung benda lainnya. Ternyata benda-benda yang ada di sekitar kita itu memiliki bentuk yang berbeda. Sehingga para ilmuan memikirkan pegelompokan benda-benda tersebut berdasarkan bentuknya. Ternyata setelah dipecah-pecah bagian-bagian pada benda yang diamati ternyata membentuk bentuk yang lain, dan seterusnya. Kemudian para peneliti meneliti fenomena tersebut sehingga terbentuklah geometri.

    ReplyDelete
  21. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tentang obyek material dan obyek formal dari filsafat pendidikan matematika. Objek material filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik fisik, material konkret, maupun material abstrak. Objek formal filsafat pendidikan matematika adalah hakikat matematika itu sendiri, cara padang dan cara pendekatan kita terhadap obyek material pendidikan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  22. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti postingan sebelumnya berjudul forum tanya jawab 13, objek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah hakikat pendidikan matematika, bagaimana cara memperoleh kebenarannya, dan apa fungsi pendidikan matematika bagi manusia itu sendiri. Sedangkan objek material dari filsafat pendidikan matematika adalah terdiri dari sesuatu yang ada di dalam pikiran dan sesuatu yang mungkin saja ada di dalam pikiran.

    ReplyDelete
  23. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Objek material dari pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang dipelajari dalam matematika. Sedangkan objek formal dari pendidikan matematika mencakup cara yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan matematika lebih khusus lagi dalam pembelajaran. Maka dalam hal ini objek material dan objek formal adalah hubungan wadah dan isi. Wadahnya adalah objek formal dan isinya adalah objek material. Wadah dan isi saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Tidak akan berarti jika isi tanpa wadah, dan tidaklah berarti juga wadah tanpa isinya. Maka keduanya tersebut saling melengkapi dan berkesinambungan untuk mencapai satu tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  24. Nur Dwi Laili K
    17709251059

    Objek formal dapat diartikan sebagai wadah dan objek material sebagai isi. Maka objek dari filsafat pendidikan matematika adalah hakekat dari filsafat pendidikan matematika dan cara-cara memahami filsafat pendidikan matematika. Sedangkan objek material dari filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada dalam filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  25. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Filsafat pendidikan matematika adalah filsafat yang berkaitan dengan pendidikan matematika. Objek material filsafat pendidikan matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri, yaitu pendiidkan matematika yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu. Sedangkan objek formal pendidikan matematika adalah ontologi pendidikan matematika, epistomologi pendidikan matematika, dan aksiologi pendidikan matematika. Ontologi pendidikan matematika adalah teori mengenai apa yang ada dalam pendidikan matematika, dan membahas tentang yang ada dalam pendidikan matematika, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Epistemologi pendidikan matematika adalah matematika mengembangkan bahasa numerik yang memungkinkan kita untuk melakukan pengukuran secara kuantitatif. Aksiologi pendidikan matematika terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggung jawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  26. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Objek formal matematika adalah berupa benda-benda pikir mencakup semua yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda ini dapat diperoleh dari benda konkret melalui abstraksi, yaitu kegiatan berpikir yang hanya memandang sifat-sifat tertentu saja dari benda/obyek yang dipikirkan atau dipelajari, dan melalui idealisasi, yaitu kegiatan berpikir yang memandang sempurna semua sifat yang ada dari benda/obyek yang dipikirkan.
    Objek material matematika adalah benda-benda yang berada di lingkungan atau sekitar kita, dapat berupa benda-benda konkret, gambar atau model kubus, berwarna-warni lambang bilangan besar atau kecil, kolam berbentuk persegi, atap rumah berbentuk limas, piramida-piramida di Mesir, kuda-kuda atap rumah berbentuk segitiga siku-siku, roda berbentuk lingkaran, dan sebagainya. Secara material, kita dapat memikirkan kubus yang besar, kubus kecil, kubus yang berwarna-warni, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  27. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Objek material adalah sasaran material suatu penyelidikan, pemikiran atau penelitian ilmu. Sedangkan menurut Surajiyo dkk. Objek material dimaknai dengan suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan. Objek material juga berarti hal yang diselidiki, dipandang atau disorot oleh suatu disiplin ilmu. Objek material filsafat mengacu pada substansi yang ada dan mungkin ada yang dapat dipikirkan oleh manusia, sedangkan objek formal filsafat menggamberkan tentang cara dan sifat berpikir terhadap objek material tersebut, dengan kata lain objek formal filsafat mengacu pada sudut pandang yang digunakan dalam memikirkan objek material filsafat.

    ReplyDelete
  28. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Objek material pendidikan matematika adalah benda-benda konkret seperti kardus berbentuk kubus, kaleng berbentuk tabung, bola, dan sebagainya. Objek formal pendidikan matematika adalah benda-benda pikir, yaitu benda yang diperoleh dari abstraksi dan idealisasi pada benda konkret. Abstraksi berarti mengambil sifat-sifat tertenu saja, contoh ketika melihat segitiga, kita hanya memperhatikan bentuknya, tetapi tidak memperhatikan warna, bahan, dan baunya. Idealiasasi berarti menggapap sempurna, sebagai contoh, ketika memandang kerangka kubus, kita menganggap bahwa rusuk kubus tersebut lurus, tidak mengalami pembenhkokan sekecil apapun.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Objek Material pendidikan matematika adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Bila dituliskan lebih lanjut objek material matematika antara lain ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah sudut pandang dari mana siswa menelaah ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah hakikat ilmu matematika, seperti apa hakikat matematika, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi matematika.

    ReplyDelete
  30. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Objek material dari pendidikan matematika adalah benda hitung yang bersifat konkret hingga abstrak yang menjadi teorema maupun postulat dalam matematika. Objek ini telah menjadi objek pikir yang disetujui bersama. Objek formalnya adalah bagaimana mencapai objek materialnya, pemaknaannya, pencapaian dari teorema, pembuktian serta pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  31. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut saya obyek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah benda-benda yang mencakup semua yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan kita. Benda-benda yang dimaksud adalah benda yang konkret yang melalui proses abstraksi, seperti obyek yang dipikikan oleh dirinya. Secara formal obyek ini berupa benda-benda pikir hasil dari kegiatan berpikir yang memandang sifat dari benda tersebut sempurna. Sedangkan obyek material dari filsafat pendidikan matematika adalah benda nyata yang berada pada lingkungan sekitar kita, baik itu benda konkret, gambar dua dimensi, maupun tiga dimensi. Contoh konkretnya adalah papan tulis yang berbentuk persegi panjang, jam dinding yang berbentuk lingkaran, dan sebagainya. Semuanya itu secara material dapat kita pikirkan unsur-unsur material dari benda-benda tesebut.

    ReplyDelete
  32. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  33. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya isi sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Namun sebenarnya wadah itu bisa sekaligus menjadi isi, atau sebaliknya isi bisa sekaligus menjadi wadah, tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  34. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Obyek material pada pendidikan matematika adalah pengetahuan itu sendiri yang mencakup semua yang ada dalam pikiran maupun kenyataan yang berkaitan dengan pendidikan matematika. Sedangkan obyek formal pendidikan matematika berarti sudut pandang subyek dalam menelaah obyek material pendidikan matematika atau sudut pandang pada pembentukan pengetahuan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  35. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Filsafat bisa tentang apapun, salah satunya adalah filsafat pendidikan matematika. Filsafat dapat berisi tentang syntax-syntax dalam melakukan sesuatu. Objek filsafat adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Segala yang mungkin ada contohnya tanggal lahir seseorang yang belum diketahui, namun terdapat potensi untuk diketahui. Jika tangal lahir itu sudah diketahui, maka hal itu menjadi sesuatu yang ada, ada di dalam pikiran. Belajar secara filsafat adalah mengadakan segalah yang mungkin ada. Jadi, filsafat pendidikan matematika adalah mengadakan hal yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  36. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Filsafat pendidikan matematika nantinya akan memberikan pedoman pada guru yang memahaminya. Guru dapat menggunakan filsafat pendidikan matematika dalam mengelola pembelajaran matematika di kelas. Selain itu, guru yang mempunyai pemahaman filsafat akan terhindar dari sikap hanya meraba-raba, atau melakukan sesuatu tanpa rencana dan dasar yang pantas.

    ReplyDelete
  37. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Objek material pada filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri. Matematika meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Konsep, toeri, postulat, semua yang ada dalam dunia metamatika maka itu adalah objek material dari matematika. Sedangkan objek formal dalam matematika adalah semua cara, metode, percobaan yang digunakan dalam mengajarkan matematika

    ReplyDelete
  38. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Objek material pada filsafat pendidikan matematika adalah pikiran atau pandangan filsuf mengenai ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan matematika ditinjau dari berbagai macam sudut pandang. Menghubungkan fislafat dengan dunia pendidikan matematika tentunya membutuhkan pemikiran yang ekstensif dan intensif karena tidak boleh bertentangan dengan matematika murni dan pendidikan secara umum. Sedangkan objek formal filsafat pendidikan matematika adalah penerapannya di dalam pembelajaran, termasuk bagaimana sisi psikologinya. Filsafat membuka peluang yang besar untuk mengembangkan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  39. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Objek formal pendidikan matematika meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Objek formal pendidikan matematika adalah hakikat (esensi) dari pendidikan matematika itu sendiri, bagaimana cara penyampaian suatu materi, pembuktian kebenaran, dan sebagainya. Sedangkan objek material pendidikan matematika adalah benda-benda nyata (konkret) dalam pendidikan matematika itu sendiri, seperti media bola, kubus, balok dan sebagainya.

    ReplyDelete
  40. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pada forum tanya jawab sebelumnya sudah dibahas juga mengenai obyek material dan obyek formal. Kalau obyek material merupakan bahan pembentukan pengetahuan dari hal yang konkret dan abstrak, maka obyek formal merupakan seluruh hakikatnya baik nyata maupun abstrak. Adapun contoh obyek material dalam pendidikan matematika adalah guru, siswa, perangkat pembelajaran (meliputi silabus, RPP, dan LKS), pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan, sistem penilaian dan kurikulum yang digunakan, dst. Sedangkan contoh obyek formal dalam pendidikan matematika contohnya adalah mencari hakikat mengapa pentingnya belajar matematika, model yang bagaimanakah yang seharusnya digunakan, dst.

    ReplyDelete
  41. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dalam mempelajari filsafat maka penting juga mempelajari Obyek Filsafat. Obyek dari filsafat yaitu hal yang ada dan mungkin ada. Yang ada itu mencakup semua hal yang bisa kita sebut sebanyak apapun itu tak berhingga. Contoh ketika kita menyebutkan satu benda Bus, maka masih banyak lagi macamnya ada Bus kecil, besar, hitam dll. Ini baru bus. Contoh yang lain ada baju, baju merah, baju panjang dll. Sebanyak apa pun yang disebutkan belum seleseai menceritakan apa yang ada yang ketahui. Begitupun dengan yang tidak diketahui banyak hal yang tidak ketahui.
    Adapun Hal yang tidak diketahui ini terdapat banyak macamnya yaitu besar, kecil, jauh, dekat, tinggi , rendah, dalam, dangkal. Diantar yang banyak sekali ini ada yang berpotensi untuk diketahui. Itu lah yang di maksud dengan yang mungkin ada. Contoh dari hal yang mungkin ada akan mudah di praktekkan dalam kehidupan. Berikut adalah proses terjadinya yang mungkin ada untuk menjadi ada. Misalnya yaitu tentang tanggal lahir Cucu Beliau. Dimana kedudukan tanggal lahir tersebut bagi para Mahasiswa yaitu sesuatu yang tidak ada didalam pikiran Mahasiswa. Filsafat ini adanya dalam pikiran. Yang mungkin ada itu dimana ada perasaan yang mengatakan ini akan diberitahukan.

    ReplyDelete
  42. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Obyek filsafat tediri atas obyek material dan obyek formal. Obyek formal dari filsafat matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri yang terikat oleh aturan, metode, teknik, media yang digunakan untuk dalam filsafat matematika yang diatur dan disepakati sesuai aturan.
    Sedangkan obyek material filsafat pendidikan matematika adalah wadah yang digunakan untuk menjadikan formal. Jadi obyek material filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri, seperti siswa, bangku dan prasarana lainnya yang tanpa diikat aturan.

    ReplyDelete

  43. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya isi sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Namun sebenarnya wadah itu bisa sekaligus menjadi isi, atau sebaliknya isi bisa sekaligus menjadi wadah, tergantung dari sudut mana kita memandangnya

    ReplyDelete
  44. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Objek material adalah objek yang dijadikan sasaran menyelidiki suatu ilmu, atau objek dipelajari oleh ilmu itu. Secara material objek matematika berada di lingkungan atau disekitar kita yaitu benda-benda konkret misalnya model kubus, lambang bilangan besar atau kecil, kolam berbentuk persegi, atap rumah berbentuk limas, piramida di Mesir, kuda-kuda atap rumah berbentuk segitiga siku-siku, roda berbentuk lingkaran. Sedangkan objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, misalnya apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, dn apa fungsi ilmu itu bagi manusia. Secara formal objek matematika berupa benda-benda pikir. (http://pirdauslpmp.wordpress.com/2011/04/20/makna-dan-objek-filsafat-ilmu/).

    ReplyDelete