Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

5 comments:

  1. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Pendidikan matematika merupakan disiplin ilmu tentang matematika, termasuk matematika sekolah. Obyek formal merupakan yang terstruktur. Dalam pendidikan matematika obyek formal adalah bagaimana matematika diperoleh secara ontologis, apistemologis, dan aksiologis. Tentang bagaimana mengajarkan pendidikan, metode, dan sebagainya. Sedangkan obyek material adalah matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan matematika dikenal dengan matematika sekolah, yaitu matematika yang umumnya diajarkan di jenjang pendidikan formal dari SDsampai dengan tingkat SMA.
    Objek formal pendidikan matematika dikaitkan dengan dasar dan prinsip dalam belajar mengajar matematika. Dengan kata lain, objek formal pendidikan matematika adalah tentang bagaimana seseorang dalam mempelajari matematika. Bagaimana matematika bisa diperoleh oleh siswa sehingga nantinya memikirkan tentang cara mengajarkan matematika. Sedangkan objek materialnya adalah matematika itu sendiri. Sehingga objek material sama dengan onjek matematika.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Obyek formal itu merupakan metode atau isinya sedangkan obyek material itu adalah wadahnya. Contoh sederhananya yaitu rambutku ini adalah obyek material dan warna hitam ini adalah obyek formalnya. Maka obyek material dari pendidikan matematika itu adalah materinya dan obyek formalnya adalah metodenya, cara menyampaikan materi kepada siswa. Tiadalah materi kalau tidak ada metode dan tiadalah metode kalau tidak ada materi.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, misalnya apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, dan apa fungsi ilmu itu bagi manusia. Sedangkan objek material adalah objek yang dijadikan sasaran menyelidiki suatu ilmu, atau objek yang dipelajari oleh ilmu itu. Objek material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Poedjawijatna (1980: 80), objek material filsafat meliputi segala sesuatu dari keseluruhan ilmu yang menyelidiki sesuatu. Objek material dalam filsafat pendidikan matematika adalah materi atau subject matter dari matematika itu sendiri. Sedangkan, objek formal menurut Lasiyo dan Yuwono (1985: 6) adalah sudut pandang yang menyeluruh, umum, sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya. Objek formal dalam filsafat pendidikan pendidikan matematika adalah filsafat seperti pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran.

    ReplyDelete