Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

23 comments:

  1. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tentang obyek material dan obyek formal dari filsafat pendidikan matematika. Objek material filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik fisik, material konkret, maupun material abstrak. Objek formal filsafat pendidikan matematika adalah hakikat matematika itu sendiri, cara padang dan cara pendekatan kita terhadap obyek material pendidikan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti postingan sebelumnya berjudul forum tanya jawab 13, objek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah hakikat pendidikan matematika, bagaimana cara memperoleh kebenarannya, dan apa fungsi pendidikan matematika bagi manusia itu sendiri. Sedangkan objek material dari filsafat pendidikan matematika adalah terdiri dari sesuatu yang ada di dalam pikiran dan sesuatu yang mungkin saja ada di dalam pikiran.

    ReplyDelete
  3. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Objek material dari pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang dipelajari dalam matematika. Sedangkan objek formal dari pendidikan matematika mencakup cara yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan matematika lebih khusus lagi dalam pembelajaran. Maka dalam hal ini objek material dan objek formal adalah hubungan wadah dan isi. Wadahnya adalah objek formal dan isinya adalah objek material. Wadah dan isi saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Tidak akan berarti jika isi tanpa wadah, dan tidaklah berarti juga wadah tanpa isinya. Maka keduanya tersebut saling melengkapi dan berkesinambungan untuk mencapai satu tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili K
    17709251059

    Objek formal dapat diartikan sebagai wadah dan objek material sebagai isi. Maka objek dari filsafat pendidikan matematika adalah hakekat dari filsafat pendidikan matematika dan cara-cara memahami filsafat pendidikan matematika. Sedangkan objek material dari filsafat pendidikan matematika adalah segala sesuatu yang ada dan mungkin ada dalam filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  5. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Filsafat pendidikan matematika adalah filsafat yang berkaitan dengan pendidikan matematika. Objek material filsafat pendidikan matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri, yaitu pendiidkan matematika yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu. Sedangkan objek formal pendidikan matematika adalah ontologi pendidikan matematika, epistomologi pendidikan matematika, dan aksiologi pendidikan matematika. Ontologi pendidikan matematika adalah teori mengenai apa yang ada dalam pendidikan matematika, dan membahas tentang yang ada dalam pendidikan matematika, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Epistemologi pendidikan matematika adalah matematika mengembangkan bahasa numerik yang memungkinkan kita untuk melakukan pengukuran secara kuantitatif. Aksiologi pendidikan matematika terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggung jawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  6. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Objek formal matematika adalah berupa benda-benda pikir mencakup semua yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda ini dapat diperoleh dari benda konkret melalui abstraksi, yaitu kegiatan berpikir yang hanya memandang sifat-sifat tertentu saja dari benda/obyek yang dipikirkan atau dipelajari, dan melalui idealisasi, yaitu kegiatan berpikir yang memandang sempurna semua sifat yang ada dari benda/obyek yang dipikirkan.
    Objek material matematika adalah benda-benda yang berada di lingkungan atau sekitar kita, dapat berupa benda-benda konkret, gambar atau model kubus, berwarna-warni lambang bilangan besar atau kecil, kolam berbentuk persegi, atap rumah berbentuk limas, piramida-piramida di Mesir, kuda-kuda atap rumah berbentuk segitiga siku-siku, roda berbentuk lingkaran, dan sebagainya. Secara material, kita dapat memikirkan kubus yang besar, kubus kecil, kubus yang berwarna-warni, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  7. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Objek material adalah sasaran material suatu penyelidikan, pemikiran atau penelitian ilmu. Sedangkan menurut Surajiyo dkk. Objek material dimaknai dengan suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan. Objek material juga berarti hal yang diselidiki, dipandang atau disorot oleh suatu disiplin ilmu. Objek material filsafat mengacu pada substansi yang ada dan mungkin ada yang dapat dipikirkan oleh manusia, sedangkan objek formal filsafat menggamberkan tentang cara dan sifat berpikir terhadap objek material tersebut, dengan kata lain objek formal filsafat mengacu pada sudut pandang yang digunakan dalam memikirkan objek material filsafat.

    ReplyDelete
  8. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Objek material pendidikan matematika adalah benda-benda konkret seperti kardus berbentuk kubus, kaleng berbentuk tabung, bola, dan sebagainya. Objek formal pendidikan matematika adalah benda-benda pikir, yaitu benda yang diperoleh dari abstraksi dan idealisasi pada benda konkret. Abstraksi berarti mengambil sifat-sifat tertenu saja, contoh ketika melihat segitiga, kita hanya memperhatikan bentuknya, tetapi tidak memperhatikan warna, bahan, dan baunya. Idealiasasi berarti menggapap sempurna, sebagai contoh, ketika memandang kerangka kubus, kita menganggap bahwa rusuk kubus tersebut lurus, tidak mengalami pembenhkokan sekecil apapun.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Objek Material pendidikan matematika adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Bila dituliskan lebih lanjut objek material matematika antara lain ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah sudut pandang dari mana siswa menelaah ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah hakikat ilmu matematika, seperti apa hakikat matematika, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi matematika.

    ReplyDelete
  10. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Objek material dari pendidikan matematika adalah benda hitung yang bersifat konkret hingga abstrak yang menjadi teorema maupun postulat dalam matematika. Objek ini telah menjadi objek pikir yang disetujui bersama. Objek formalnya adalah bagaimana mencapai objek materialnya, pemaknaannya, pencapaian dari teorema, pembuktian serta pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut saya obyek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah benda-benda yang mencakup semua yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan kita. Benda-benda yang dimaksud adalah benda yang konkret yang melalui proses abstraksi, seperti obyek yang dipikikan oleh dirinya. Secara formal obyek ini berupa benda-benda pikir hasil dari kegiatan berpikir yang memandang sifat dari benda tersebut sempurna. Sedangkan obyek material dari filsafat pendidikan matematika adalah benda nyata yang berada pada lingkungan sekitar kita, baik itu benda konkret, gambar dua dimensi, maupun tiga dimensi. Contoh konkretnya adalah papan tulis yang berbentuk persegi panjang, jam dinding yang berbentuk lingkaran, dan sebagainya. Semuanya itu secara material dapat kita pikirkan unsur-unsur material dari benda-benda tesebut.

    ReplyDelete
  12. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  13. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya isi sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Namun sebenarnya wadah itu bisa sekaligus menjadi isi, atau sebaliknya isi bisa sekaligus menjadi wadah, tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  14. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Obyek material pada pendidikan matematika adalah pengetahuan itu sendiri yang mencakup semua yang ada dalam pikiran maupun kenyataan yang berkaitan dengan pendidikan matematika. Sedangkan obyek formal pendidikan matematika berarti sudut pandang subyek dalam menelaah obyek material pendidikan matematika atau sudut pandang pada pembentukan pengetahuan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  15. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Filsafat bisa tentang apapun, salah satunya adalah filsafat pendidikan matematika. Filsafat dapat berisi tentang syntax-syntax dalam melakukan sesuatu. Objek filsafat adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Segala yang mungkin ada contohnya tanggal lahir seseorang yang belum diketahui, namun terdapat potensi untuk diketahui. Jika tangal lahir itu sudah diketahui, maka hal itu menjadi sesuatu yang ada, ada di dalam pikiran. Belajar secara filsafat adalah mengadakan segalah yang mungkin ada. Jadi, filsafat pendidikan matematika adalah mengadakan hal yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  16. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Filsafat pendidikan matematika nantinya akan memberikan pedoman pada guru yang memahaminya. Guru dapat menggunakan filsafat pendidikan matematika dalam mengelola pembelajaran matematika di kelas. Selain itu, guru yang mempunyai pemahaman filsafat akan terhindar dari sikap hanya meraba-raba, atau melakukan sesuatu tanpa rencana dan dasar yang pantas.

    ReplyDelete
  17. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Objek material pada filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri. Matematika meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Konsep, toeri, postulat, semua yang ada dalam dunia metamatika maka itu adalah objek material dari matematika. Sedangkan objek formal dalam matematika adalah semua cara, metode, percobaan yang digunakan dalam mengajarkan matematika

    ReplyDelete
  18. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Objek material pada filsafat pendidikan matematika adalah pikiran atau pandangan filsuf mengenai ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan matematika ditinjau dari berbagai macam sudut pandang. Menghubungkan fislafat dengan dunia pendidikan matematika tentunya membutuhkan pemikiran yang ekstensif dan intensif karena tidak boleh bertentangan dengan matematika murni dan pendidikan secara umum. Sedangkan objek formal filsafat pendidikan matematika adalah penerapannya di dalam pembelajaran, termasuk bagaimana sisi psikologinya. Filsafat membuka peluang yang besar untuk mengembangkan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  19. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Objek formal pendidikan matematika meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Objek formal pendidikan matematika adalah hakikat (esensi) dari pendidikan matematika itu sendiri, bagaimana cara penyampaian suatu materi, pembuktian kebenaran, dan sebagainya. Sedangkan objek material pendidikan matematika adalah benda-benda nyata (konkret) dalam pendidikan matematika itu sendiri, seperti media bola, kubus, balok dan sebagainya.

    ReplyDelete
  20. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pada forum tanya jawab sebelumnya sudah dibahas juga mengenai obyek material dan obyek formal. Kalau obyek material merupakan bahan pembentukan pengetahuan dari hal yang konkret dan abstrak, maka obyek formal merupakan seluruh hakikatnya baik nyata maupun abstrak. Adapun contoh obyek material dalam pendidikan matematika adalah guru, siswa, perangkat pembelajaran (meliputi silabus, RPP, dan LKS), pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan, sistem penilaian dan kurikulum yang digunakan, dst. Sedangkan contoh obyek formal dalam pendidikan matematika contohnya adalah mencari hakikat mengapa pentingnya belajar matematika, model yang bagaimanakah yang seharusnya digunakan, dst.

    ReplyDelete
  21. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dalam mempelajari filsafat maka penting juga mempelajari Obyek Filsafat. Obyek dari filsafat yaitu hal yang ada dan mungkin ada. Yang ada itu mencakup semua hal yang bisa kita sebut sebanyak apapun itu tak berhingga. Contoh ketika kita menyebutkan satu benda Bus, maka masih banyak lagi macamnya ada Bus kecil, besar, hitam dll. Ini baru bus. Contoh yang lain ada baju, baju merah, baju panjang dll. Sebanyak apa pun yang disebutkan belum seleseai menceritakan apa yang ada yang ketahui. Begitupun dengan yang tidak diketahui banyak hal yang tidak ketahui.
    Adapun Hal yang tidak diketahui ini terdapat banyak macamnya yaitu besar, kecil, jauh, dekat, tinggi , rendah, dalam, dangkal. Diantar yang banyak sekali ini ada yang berpotensi untuk diketahui. Itu lah yang di maksud dengan yang mungkin ada. Contoh dari hal yang mungkin ada akan mudah di praktekkan dalam kehidupan. Berikut adalah proses terjadinya yang mungkin ada untuk menjadi ada. Misalnya yaitu tentang tanggal lahir Cucu Beliau. Dimana kedudukan tanggal lahir tersebut bagi para Mahasiswa yaitu sesuatu yang tidak ada didalam pikiran Mahasiswa. Filsafat ini adanya dalam pikiran. Yang mungkin ada itu dimana ada perasaan yang mengatakan ini akan diberitahukan.

    ReplyDelete
  22. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Obyek filsafat tediri atas obyek material dan obyek formal. Obyek formal dari filsafat matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri yang terikat oleh aturan, metode, teknik, media yang digunakan untuk dalam filsafat matematika yang diatur dan disepakati sesuai aturan.
    Sedangkan obyek material filsafat pendidikan matematika adalah wadah yang digunakan untuk menjadikan formal. Jadi obyek material filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri, seperti siswa, bangku dan prasarana lainnya yang tanpa diikat aturan.

    ReplyDelete

  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya isi sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Namun sebenarnya wadah itu bisa sekaligus menjadi isi, atau sebaliknya isi bisa sekaligus menjadi wadah, tergantung dari sudut mana kita memandangnya

    ReplyDelete