Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika




Ass, untuk Mahasiswa S1 P. Matematika dan S2 P. Matematika:

Identifikasikan obyek formal dan obyek material dari Filsafat Pendidikan Matematika. Dapat menggunakan referensi.

Tulis jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

31 comments:

  1. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Pendidikan matematika merupakan disiplin ilmu tentang matematika, termasuk matematika sekolah. Obyek formal merupakan yang terstruktur. Dalam pendidikan matematika obyek formal adalah bagaimana matematika diperoleh secara ontologis, apistemologis, dan aksiologis. Tentang bagaimana mengajarkan pendidikan, metode, dan sebagainya. Sedangkan obyek material adalah matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan matematika dikenal dengan matematika sekolah, yaitu matematika yang umumnya diajarkan di jenjang pendidikan formal dari SDsampai dengan tingkat SMA.
    Objek formal pendidikan matematika dikaitkan dengan dasar dan prinsip dalam belajar mengajar matematika. Dengan kata lain, objek formal pendidikan matematika adalah tentang bagaimana seseorang dalam mempelajari matematika. Bagaimana matematika bisa diperoleh oleh siswa sehingga nantinya memikirkan tentang cara mengajarkan matematika. Sedangkan objek materialnya adalah matematika itu sendiri. Sehingga objek material sama dengan onjek matematika.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Obyek formal itu merupakan metode atau isinya sedangkan obyek material itu adalah wadahnya. Contoh sederhananya yaitu rambutku ini adalah obyek material dan warna hitam ini adalah obyek formalnya. Maka obyek material dari pendidikan matematika itu adalah materinya dan obyek formalnya adalah metodenya, cara menyampaikan materi kepada siswa. Tiadalah materi kalau tidak ada metode dan tiadalah metode kalau tidak ada materi.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat (esensi) ilmu pengetahuan, artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, misalnya apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, dan apa fungsi ilmu itu bagi manusia. Sedangkan objek material adalah objek yang dijadikan sasaran menyelidiki suatu ilmu, atau objek yang dipelajari oleh ilmu itu. Objek material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Poedjawijatna (1980: 80), objek material filsafat meliputi segala sesuatu dari keseluruhan ilmu yang menyelidiki sesuatu. Objek material dalam filsafat pendidikan matematika adalah materi atau subject matter dari matematika itu sendiri. Sedangkan, objek formal menurut Lasiyo dan Yuwono (1985: 6) adalah sudut pandang yang menyeluruh, umum, sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya. Objek formal dalam filsafat pendidikan pendidikan matematika adalah filsafat seperti pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Olah pikir logika dan hati berperan penting dalam belajar filsafat. Jangan mencoba memahami apapun sebelum dapat memahami diri sendiri, pikiran sendiri dan hatimu sendiri. Karena begitulah, jika ingin memahami dunia maka pahamilah dirimu sendiri. Filsafat mengajarkan banyak hal, keikhlasan, nalar yang selalu diasah serta lebih dari itu filsafat mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan. Filsafat juga mengajarkan kita untuk mengahargai berbagai macam pola pikir.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    objek material dan objek formal, yang dimaksud dengan objek material adalah segala yang ada yang tampak maupun yang tidak tampak sedangkan objek formal filsafat adalah sudut pandang yang menyeluruh, radikal, dan rasional tentang segala yang ada

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya isi sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Namun sebenarnya wadah itu bisa sekaligus menjadi isi, atau sebaliknya isi bisa sekaligus menjadi wadah, tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

    ReplyDelete
  9. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Objek formal dari filsafat matematika itu adalah, adalah sudut pandang filsafat matematika atau metode dan cara kerja yang digunakan dalam rangka mengbongkar, menyingkap, dan mengolah setiap bahan atau materi pemikiran (obyek material), guna dapat mengembangkannya menjadi pengetahuan yang teruji dan tertata secara sistematis dalam bentuk pengetahuan umum maupun pengetahuan ilmiah atau jenis-jenis ilmu yang bersifat spesifik namun saling terkait. Jadi, obyek formal filsafat matematika menunjuk pada kemampuan dalam mengkritisi, mengkaji, memahami, menganalisis, mensintesis, dan mengkonstruksi setiap sistem ide atau “peta kognitif” yang tersimpan di balik segala penampakan bahan atau materi (obyek material) yang dihadapinya menjadi sistem-sistem pemikiran, pengetahuan, dan ilmu utuh dan spesifik. Obyek material, yaitu materi atau bahan yang menjadi obyek penyelidikan filsafat matematika , maupun bagi segala turunan filsafat matematika itu sendiri, misalnya, pengetahuan atau ilmu.

    ReplyDelete
  10. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Objek material filsafat adalah segala sesuatu yang berwujud, sedangkan objek formal filsafat adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Filsafat pendidikan matematika juga memiliki objek material dan formal. Obyek material filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri, yang terdiri dari bilangan-bilangan, simbol-simbol, teorema-teorema, dst. Kemudian obyek formal filsafat pendidikan matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri yang terikat oleh aturan pendidikan, termasuk metode pembelajaran, media yang digunakan untuk membelajarkan matematika.

    ReplyDelete
  11. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat pendidikan matematika mengkaji mengenai tentang hakikat matematika, bagaimana mempelajari matematika, apa tujuan dari pendidikan matematika, untuk siapa tujuan pendidikan matematika tersebut, dan bagaimana mengajarkan matematika.
    Hal-hal tersebut terangkum dalam filsafat pendidikan matematika

    ReplyDelete
  12. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Obyek material dari matematika adalah matematika itu sendiri, ilmu matematika yang dituliskan dalam kertas. Sedangkan obyek matematika formal dari matematika adalah segala pemikiran yang dihasilkan oleh manusia yang ada dalam pemikiran manusia. Dalam memahami obyek formal tidak semua orang yang memahaminya, karena memang kemampuan abstraksi tidak semua orang yang memilikinya. Dan guru matematika bertugas untuk membantu para siswanya untuk berproses.

    ReplyDelete
  13. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Objek Material pendidikan matematika adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Bila dituliskan lebih lanjut objek material matematika antara lain ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah sudut pandang dari mana siswa menelaah ilmu matematika yang dipelajari siswa. Objek formal pendidikan matematika adalah hakikat ilmu matematika, seperti apa hakikat matematika, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi matematika.

    ReplyDelete
  14. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut pendapat saya, obyek material dan obyek formal dari filsafat pendidikan matematika adalah semua unsur obyek yang termuat dalam pendidikan matematika. Semua unsur obyek tersebut terkait dengan pemikiran kita tentang matematika itu sendiri. Obyek material dalam matematika misalnya kompetensi dasar dan indikator dari pembelajaran matematika, materi ajar, metode pembelajaran pembelajaran yang digunakan. Obyek formal dalam Matematika adalah bagaimana kita melaksanakan berbagai bentuk obyek material yang sudah ada secara formal di sekolah pada setiap proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  15. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Contoh objek material dari Pendidikan Matematika berupa guru, siswa, kurikulum, dan matematika. Adapun pendidikan matematika berupa struktur, fungsi, dan interaksi dari guru, siswa, kurikulum dan semua yang ada dalam pendidkan matematika tersebut. Objek dapat dibedakan menjadi objek material dan objek formal. Objek material merupakan objek yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara memandang objek tersebut.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Merujuk pada penjelasan tentang objek filsafat yang telah dijelaskan pada elegi-elegi sebelumnya, objek material adalah objek yang dijadikan sasaran menyelidiki suatu ilmu, atau objek yang dipelajari oleh ilmu itu. Objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Misalkan pada konsep bilangan, oebjek materialnya itu adalah bilangan itu sendiri, sedangkan objek formalya adalah adalah operasi atau sedangkan objek formal yaitu penggunaan dari lambang bilangan untuk penghitungan dan pengukuran. Dalam pendidikan matematika objek materialnya bisa jadi adalah perangkat pembelajaran dari suatu materi, sedangkan objek formalnya dapat berupa penggunaan alat peraga untuk mempermudah penyampaian materi tersebut

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Filsafat pendidikan matematika merupakan bagian satu dari cabang filsafat yang didalamnya hanya memaparkan beberapa hal.
    Beberapa hal yang dipaparkann mengenai: aliran-aliran filsafat dalam matematika, artinya semua aliran yang da dalam matematika.
    Selanjutnya mengenai perkembangan matematika, karena yang kit atahu ilmu matematika dari masa ke masa selalu berkembang, dan bagaimana proses pengetahuan tentang matematika didapat dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    obyek formal pendidikan matematika adalah berupa benda-benda pikir. Benda-benda pikir tersebut diperoleh dari benda-benda konkret yang dikenai absrtaksi dan idealisme. Misal ada kardus berbebntuk balok, maka dikatakan balok tersebut tela dikenai abstrksi ketika kita hanya membicarakan bentuk dan ukuran balok saja. Sedangkan dikatakan idealisasi ketika kita mendapati rusuk-rusuk balik berupa garis lurus dengan sebenar-benarnya lurus tanpa kekuarangan sedikitpun. Sementara itu, obyek material dari Pendidikan Matematika itu apa-apa yang ada di sekitar kita.

    ReplyDelete
  19. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Objek material filsafat pendidikan matematika adalah matematika itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis walau dengan abstrak, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Sedangkan Objek formal filsafat pendidikan matematika adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu adalah hakikat pendidikan matematika itu sendiri artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu matematika, seperti apa hakikat matematika, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dari konsep matematika yang abstrak dan apa fungsi dan aplikasi matematika itu bagi manusia.

    ReplyDelete

  20. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Obyek formal dalam filsafat pendidikan matematika dapat dipandang sebagai cara atau metode atau model pembelajaran yang diterapkan guru dalam membelajarkan siswa-siswanya. Sedangkan obyek material dalam filsafat pendidikan matematika dapat dipandang sebagai bahan-bahan belajar dalam matematika yang akan dipelajari oleh para siswa. Seharusnya obyek formal dan obyek material ini berjalan beriringan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  21. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Obyek kajian dalam filsafat terabagi menjadi dua, antara lain adalah obyek formal dan obyek material. Obyek formal merupakan wadah dan onbyek material merupakan isi. Bagaikan air akan berarti apabila berada pada suatu wadah, misalkan adalah gelas. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode, seperti research, problem solving, dll. Sedangkan objek materialnya adalah content yaitu isi atau materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  22. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Obyek formal filsafat pendidikan matematika adalah pendidikan matematika itu sendiri yang terikat oleh aturan pendidikan, juga metode atau alat yang digunakan untuk dalam filsafat matematika yang diatur dan disepakati sesuai aturan. Objek material filsafat sendiri berwujud, yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada, baik materi konkret, fisik, maupun yang material abstrak, psikis.

    ReplyDelete
  23. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pendidikan matematika UNY merupakan salah satu jurusan paling favorit yang diminati calon mahasiswa baik di dalam daerah maupun luar daerah Yogyakarta. Menurut saya objek formal matematika terkait dengan aturan aturan yang ada sedangkan objek material terkait dengan apa yang tidak terikat aturan.

    ReplyDelete
  24. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Objek material pendidikan matematika adalah benda-benda konkret seperti kardus berbentuk kubus, kaleng berbentuk tabung, bola, dan sebagainya. Objek formal pendidikan matematika adalah benda-benda pikir, yaitu benda yang diperoleh dari abstraksi dan idealisasi pada benda konkret. Abstraksi berarti mengambil sifat-sifat tertenu saja, contoh ketika melihat segitiga, kita hanya memperhatikan bentuknya, tetapi tidak memperhatikan warna, bahan, dan baunya. Idealiasasi berarti menggapap sempurna, sebagai contoh, ketika memandang kerangka kubus, kita menganggap bahwa rusuk kubus tersebut lurus, tidak mengalami pembenhkokan sekecil apapun.

    ReplyDelete
  25. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Obyek kajian filsafat terbagi menjadi dua bagian, yaitu obyek formal dan obyek material. Objek formal merupakan wadah sedangkan objek material merupakan isi. Dalam pendidikan matematika objek formalnya adalah metode. Sedangkan objek materialnya adalah materi matematika itu sendiri. Dalam filsafat pendidikan matematika objek formalnya adalah filsafat itu sendiri sedangkan objek materialnya adalah pendidikan matematika. Berbicara tentang wadah dan isi, wadah merupakan tempatnya sedangkan isi adalah yang menempati wadah. Maka kedua nya akan saling mengisi dan berkaitan.

    ReplyDelete
  26. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Objek formal dan objek material saling berkaitan atau saling berhubungan. Objek formal dalam pendidikan matematika yaitu cara atau metode pelaksanaannya. Sedangkan objek material merupakan wadahnya, seperti materi, media pembelajarannya dan sebagainya.

    ReplyDelete
  27. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam filsafat, objek formal dalam filsafat sebagai wadahnya sedangkan objek material adalah isinya.
    Sedangkan dalam filsafat pendidikan matematika yang menjadi objek formalnya adalah filsafat itu sendiri dan yang menjadi objek materialnya adalah matematika/pendidikan matematika.
    Sehingga yangdikaji dalam filsafat pendidikan matematika adalah pendidikann matematika sendiri.

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Contoh objek material dan objek formal dalam pendidikan matematika adalah pada bilangan. Objek material filsafat ilmu bilangan adalah bilangan itu sendiri. Bilangan itu sendiri dimulai dari yang paling sederhana, yakni bilangan asli, bilangan cacah, kemudian bilangan bulat, dan seterusnya hingga bilangan kompleks. Sebagai objek formal filsafat, bilangan dikaji hakikat atau esensinya. Pengkajian filsafat tentang bilangan misalnya mengenai apa hakikat dari bilangan itu, bagaimana merealisasikan konsep bilangan yang abstrak menjadi riil atau nyata, bagaimana penggunaan bilangan untuk penghitungan dan atau pengukuran.

    ReplyDelete
  29. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Objek filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Dalam filsafat terdapat objek formal dan material. Objek material meliputi segala yang ada di dunia, misalnya guru, siswa, media matematika, dsb. Sedangkan objek material mengenai cara mengkaji lebih mendalam, misalnya tentang tujuan mempelajari matematika, mengajarkan matematika, menyelesaikan permasalahan matematika, dsb.

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pada forum tanya jawab sebelumnya sudah dibahas juga mengenai obyek material dan obyek formal. Kalau obyek material merupakan bahan pembentukan pengetahuan dari hal yang konkret dan abstrak, maka obyek formal merupakan seluruh hakikatnya baik nyata maupun abstrak. Adapun contoh obyek material dalam pendidikan matematika adalah guru, siswa, perangkat pembelajaran (meliputi silabus, RPP, dan LKS), pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan, sistem penilaian dan kurikulum yang digunakan, dst. Sedangkan contoh obyek formal dalam pendidikan matematika contohnya adalah mencari hakikat mengapa pentingnya belajar matematika, model yang bagaimanakah yang seharusnya digunakan, dst.

    ReplyDelete
  31. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Berfilsafat berarti mencari nilai-nilai ideal (cita-cita) yang lebih baik sedangkan pendidikan mengaktualisasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertindak mencari arah yang terbaik, dengan berbekal teori-teori pendidikan yang diberikan antara lain oleh pemikiran filsafat. Filsafat mengadakan tinjauan yang luas terhadap realita termasuk manusia, maka dibahas antara lain pandangan dunia dan pandangan hidup. Konsep-konsep ini selanjutnya menjadi dasar atau landasan penyusunan tujuan dan metodologi pendidikan. Pengalaman pendidik dalam realita menjadi masukan dan pertimbangan bagi filsafat untuk mengembangkan pemikiran pendidikan.

    ReplyDelete