Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

23 comments:

  1. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Gunung super adalah gunung yang menjulang tinggi, dan melebar kesegala arah. Kokoh dan tegar, tidak mengecil. Gunug super bisa berada di darat, bisa berada dilaut, berada diudara, di pikiran, pada waktu, di ruang. Gunung super dapat terbuat dari tanah, udara, air, pasir, es, batu, pikiran, waktu, ketekunan, ilmu dll. Gunung super dapat muncul atau menghilang, dapat berupa wadah dan isi, dapat berupa objek ataupun subjek. Gunung super dapat berupa diriku atau orang lain. gunung super berasal dari gunung yan tidak super. Gunung super dapat berubah dapat juga tetap, gunung super juga terdapat di dalam waktu. Gunung super dalam filsafat dapat berupa apa saja, mencangkup apa yang ada dan mungkin ada.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  2. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Adanya gunung super, pasti ada juga gunung-gunung keil disekitarnya. Gunung super adalah ibarat pengetahuan yang tertinggi, terlebar, terindah, terkuat, dsb. Seseorang yang memiliki pengetahuan yang begitu luas, banyak, tinggi, variatif, inovatif, harus mampu merangkul orang0orang yang disekitarnya yang pengetahuannya masih dibawahnya, bukan menjauhi apalagi melukai dan berlaku sombong. Orang berilmu akan bermanfaat keilmuannya jika ilmu yang dia miliki bemanfaat bagi dirinya dan orang lain, sehingga ilmu yang dimilikinya bisa dirasakan juga oleh orang lain. ituhanyalah ilmu sebatas dunia sedangkan sebenar-benar gunung super atau ilmu luar biasa yang absolut tetaplah kuasa dan milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Gunung itu seperti ilmu pengetahuan. Bila kita ingin mencapai puncak sebuah gunung, maka dibutuhkan suatu usaha dan perjuangan yang besar. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan, jika kita ingin mendapatkan ilmu pengetahuan yang besar, akan ada banyak rintangan-rintangan yang akan dihadapi. Untuk mencapai ilmu tertinggi maka kita memang harus menghadapi semua resiko dengan kerja keras, hati yang tulus ikhlas disertai dengan kesabaran agar dapat mencapai puncak pengetahuan. Oleh karena itu, dalam mencari ilmu hendaklah manusia itu selalu bersemangat dan pantang menyerah. Dan ketika sudah mendapatkannya sebaiknya kita harus hati-hati dan bijaksana. Karena kita bisa saja terpeleset kemudian jatuh. Jika kita tidak berhati-hati dalam memanfaatkannya ilmu pengetahuan yang sudah kita peroleh dengan baik, maka akan menjadi bumerang bagi kita.

    ReplyDelete
  4. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PM C

    Gunung adalah sesuatu yang tinggi, memiliki puncak dan lembah, sesuatu yang bisa didaki. Gunung bisa berarti pencapaian ilmu pengetahuan, sehingga gunung super adalah gunung yang menggapai ilmu pengetahunanya untuk dipergunakan dalam membangun dunia agar dapat dimanfaatkan oleh sesama mahkluk hidup dan dapat dibagikan kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. Anisa Safitri
    PEP B 2017
    17701251038

    Gunung adalah salah satu ciptaan Allah swt yang ada di bumi. Gunung memiliki tinggi yang berbeda-beda, terdiri dari unsur batuan dan tanah, kokoh dan kuat, serta bermanfaat bagi ekosistem lainnya. Jika gunung di ibaratkan manusia, maka manusia harus memiliki karakteristik seperti gunung. Yaitu dapat berdiri kokoh dan kuat dalam menghadapi segala cobaan hidup, menyeimbangkan antara bekal dunia dan akhirat, senantiasa terus belajar dan muhasabah diri agar menjadi orang yang bermanfaat, terutama bagi sekitarnya. Allah swt menjadi satu-satunya tujuan hidup. Berbibadah dan senantiasa berbuat baik adalah menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Allah swt. Itulah hakikat manusia yang sebenarnya, seperti halnya gunung yang super.

    ReplyDelete
  6. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Ketika kita mandang gunung, yang kita akan melihatnya sebagai sesuatu yang besar, tinggi, megah. Gunung sendiri dapat kita artikan sebagai banyak hal tergantung ruang dan waktu. Gunung dapat dipandang sebagai ilmu pengetahuan. Ketika banyak ilmu pengetahuan yang kita mliliki kita seringkali merasa besar, tinggi hati, merasa seperti gunung super. Kita merasa kitalah pemilik pengetahuan yang paling besar. Tetapi ternyata pengetahuan yang kita miliki bukanlah yang paling tinggi, yang paling besar. Masih ada gunung yang lebih tinggi dan lebih besar.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Gunung super artinya bisa diartikan sebagai sesuatu yang tinggi dan besar. Gunung yang tinggi biasanya di sekelilingnya ada gunung-gunung yang lebih rendah daripada gunung super itu. Adanya tinggi karena adanya rendah. Begitulah kehidupan, saling melengkapi dan saling bergantung satu sama lainnya. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya.

    ReplyDelete
  8. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Menurut saya gunung super, berkaitan dengan kemampuan untuk berfikir yang diluar kebiasaan. Didalamnya terdapat kebaikan serta daya kritis yang tinggi. Sehingga tidak semua orang mampu mendaki gunung super tersebut. Dibutuhkan usaha dan pengalaman yang tidak sedikit untuk mencapai hal yang demikian. Maka tidak diherankan muncullah istilah gunung super tersebut.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya gunung super adalah gunung yang menjadi pusat dari banyak gunung, dalam hal ini ia menjadi titik tengah dari gunung-gunung disekitarnya. hal ini menurut persepsi saya adalah orang yang berilmu, orang yang berilmu tak perlu terlihat "wah" dan berlagak mengetahui semuanya, namun justru didukung kemampuan metafisiknya. Orang yang berilmu menjadi manfaat untuk orang-orang sekitarnya, dan sebaik-baiknya orang yang berilmu adalah orang yang memanfaatkan ilmunya untuk kepentingan bersama dan menggali lagi ilmu-ilmu yang belum ia pahami.

    ReplyDelete
  10. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Menurut persepsi saya, gunung super merupakan analogi dari tujuan hidup yang hakiki yaitu spiritual. Jika terdapat gunung super, pasti terdapat gunung kecil, maka gunung kecil adalah tujuan hidup duniawi. Selain mempersepsikan gunung sebagai suatu objek yang tetap, menurut saya gunung merupakan sesuatu yang dapat bertumbuh, hal ini dinamakan tingkatan. Sehingga manusia dapat belajar untuk membesarkan gunung nya sendiri. belajar yang dimaksud adalah keikhlasan, menuntut ilmu dan kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. menurut saya gunung super itu gunung yang memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk yang ada di sekitarnya. Ia memberi kekayaan alam yang luar biasa untuk makhluk disekitarnya. Jika diibaratkan manusia, ia memiliki ilmu yang tinggi yang diaplikasikan dengan memberi manfaat pada sekitarnya. Gunung super itu juga membahayakan, ia kelihatan tenang dari luar, hijau dan mengundang makhluk lain untuk datang di sekitarnya, tapi sewaktu-waktu gunung super dapat memuntahkan lahar, menyemburkan abu vulkanik, dan menyebabkan gempa yang dapat merusak alam disekitarnya dan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  12. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Gunung-gunung merupakan pencapaian ilmu pengetahuan masing-masing subyek, sehingga menurut saya gunung super adalah gunung yang menggapai ilmu pengetahuannya dengan hati yang Ikhlas karena Allah untuk dipergunakan dalam membangun dunia yang berlandaskan pada asas kebermanfaatan untuk sesama makhluk hidup dan membagikannya kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  13. Junianto
    PM C
    17709251065

    Saya membayangkan gunung super sebagai perumpamaan pengetahuan sains mulai benda konkret dalam kehidupan sampai benda abstrak. Dalam matematika mungkin bisa dianalogikan gunung super memiliki dasar sebagai matematika sekolah yaitu matematikanya anak SD dan sekolah menengah yang berisi benda konkret. Kemudian di puncak gunung super adalah matematika formal yaitu matematika perguruan tinggi yang bersifat abstrak.

    ReplyDelete
  14. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Gunung adalah relief bumi yang menjulang ke langit. Berkebalikan dengan lembah. Gunung ada yang tinggi, ada yang rendah. Ada yang berapi, ada yang tidak berapi. Ada yang besar ada yang kecil. Ada yang tunggal ada yang banyak atau biasa kita sebut dengan pegunungan. Gunung yang super, bagi saya adalah gunung yang besar lagi tinggi. Lebat akan pohon-pohon. Tidak kering. Airnya jernih dan senantiasa mengalir. Gunung yang super adalah gunung yang kokoh. Tentu gunung bisa diartikan seluas-luasnya, seperti pendirian, pencapaian, keyakinan dan lain sebagainya, pemaknaannya luas, meliputi yang ada maupun yang mungkin ada.

    ReplyDelete

  15. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Gunung super berati gunung yang lebih segala-galanya daripada gunung yang lain. Gunung yang paling besar, paling tinggi, paling hebat, dan paling menonjol di antara gunung-gunung non super di sekelilingnya. Gunung super pasti memiliki sifat yang tidak dimiliki oleh gunung lain. Namun sesungguhnya pemberian nama hanya sekedar identitas. Jargon gunung super akan menjadikan gunung super berpotensi untuk memiliki sifat sombong dan meintimidasi gunung lain di sekitarnya.

    ReplyDelete
  16. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Deskripsi gunung super ini bersifat subjektif. Menurut saya, gunung super, gunung berarti tempat yang paling tinggi di dunia namun memiliki fondasi yang sangat kokoh dan super berarti luar biasa. Gunung super di sini bisa dimaknakan seseorang yang memiliki kedudukan yang tinggi namun didasari oleh ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat dan kokoh sehingga visioner nya menjadi lebih mantap serta berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  17. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Jika kita bisa menganalogikan gunung sebagai ilmu pengetahuan, maka untuk sampai ke puncak ilmu pengetahuan itu tidaklah mudah, butuh pengorbanan dan perjalanan panjang. Begitupun dalam menuntut ilmu, semakin tinggi target pencapaian kita, usaha juga harus semakin meningkat.

    ReplyDelete
  18. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Gunung super bisa diumpamakan sebagai sebuah ilmu yang sangat luas. Namun di atas gunung super, masih akan selalu ada gedung maha super yang lainnya lagi, karena setinggi-tingginya ilmu akan ada ilmu-ilmu yang lebih tinggi lainnya. Dan setinggi-tingginya, sebesar-besarnya adalah milik Allah semata. Oleh karena itu, sangat tidak mungkin untuk kita bisa menyombongkan diri atas ilmu yang dimiliki.

    ReplyDelete
  19. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dulu saya pernah membaca elegi tentang gunung-gunung. Gunung-gunung tersebut adalah pencapaian ilmu pengetahuan masing-masing subyek, sehingga menurut saya gunung super adalah gunung yang mengapai ilmu pengetahunanya dengan hati yang Ikhlas karena Allah untuk dipergunakan dalam membangun dunia yang berlandaskan pada asas kebermanfaatkan untuk sesama mahkluk hidup dan membagikannya kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  20. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Menurut saya, gunung super adalah suatu ukuran tentang defenisi kehidupan yang bermakna/sukses bagi seseorang, yang mana saya orang dan yang lain memiliki defenisi yang berbeda. Bagi saya gunung super adalah saat saya mampu menjalani kehidupan dengan hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih. Dimana saya terus merasa haus akan ilmu dan iman. Di samping itu saya mampu berhemenetika dengan baik sehingga mampu merajut silaturahmi dengan lingkungan dan membawa manfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete

  21. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Gunung super diibaratkan dengan suatu tantangan yang harus ditaklukkan, semakin tinggi gunung tersebut menjulang maka semakin besar pula tantangan kita untuk menaklukkannya. Seperti itulah susahnya mencari ilmu, memerlukan waktu dan biaya yang banyak agar dapat mencapai ke titik yang disebut dengan titik ekuilibrium. Namun jikalau kita sudah memiliki ilmu yang lebih jagan sampai kita memiliki sifat seperti gunung yang semakin tinggi semakin tegap menjulang ke atas karena kita akan di sebut sebagai insan Tuhan yang sombong.

    ReplyDelete
  22. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Gunung, merupakan dzat yang Allah ciptakan dengan kekuatan dahsyatnya. Seperti yang Allah firmankan bahwa gunung-gunung adalah pasak-pasak penyeimbang bagi bumi. Bisa dibayangkan bagaimana dengan gunung super, gunung super pasti memiliki kekuatan dahsyat dan merupakan penyeimbang bumi terkuat dan terseimbang. Jika ini dianalogikan dengan kehidupan manusia, maka gungung super adalah manusia yang memiliki kebijaksanaan yang besar karena dia memiliki kekuatan yang besar dan berfungsi sebagai penyeimbang yang handal. Akan tetapi, berhati-hatilah apabila si gunung super marah, maka kemurkaan akan datang karena semua magma panas isi bumi akan dikeluarkannya tanpa terkira.

    ReplyDelete
  23. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Gunung yang tinggi jika diibaratkan sebagai ilmu, maka di dunia ini banyak gunung gunung yang tinggi. Gunung gunung yang tinggi ini sering berkompetisi untuk membuktikan dirinya yang paling tinggi. Bahkan muncul standar-standar untuk menjadi gunung yang tertinggi misalnya dengan sekolah di sekolah A, kuliah di kampus B, belajar di negara C, dsb. Setinggi-tingginya gunung maka tidak akan mencapai gunung yang super, karena ilmu tertinggi hanya dimiliki oleh Allah semata. Jadi yang merasa menjadi gunung tertinggi harap jangan sombong, namun dengan ilmunya tersebut jadi bisa merenungi bahwa dirinya itu kecil dan bukan apa-apa dibanding luasnya dan tingginya ilmu yang dimiliki sang Maha Kuasa.

    ReplyDelete