Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

5 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya gunung super adalah manusia yang berusaha menggapai ilmu pengetahuannya dengan cara selalu melengkapi dan menambah ilmu pengetahunanya dengan hati yang bersih, berpikir kritis dan Ikhlas karena Allah SWT yang berlandaskan pada asas kebermanfaatan untuk sesama mahkluk hidup lainnya. Artinya ilmu yang ia miliki bukanlah hanya untuk dirinya, tapi bermanfaat bagi orang lain. Untuk menggapai gunung super maka ia juga harus senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, semoga ia terhindar dari kesombongan. Sombong karena merasa telah mendaki jauh gunung super. Sombong karena merasa telah berada di puncak gunung super, artinya sombong karena merasa memiliki ilmu yang lebih dari yang lain, sombong karena merasa telah purna ilmunya. Ingatlah manusia itu bersifat terbatas dan tidak sempurna, maka manusia tidak akan pernah purna ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Gunung super jika dibawa ke konteks pembelajaran, gunung diibaratkan sebagai guru yang mempunyai banyak ilmu untuk diberikan ke siswa-siswanya. Gunung super artinya guru yang mempunyai ilmu yang banyak tadi, juga mempunyai motivasi, kreativitas dan keikhlasan untuk membuat siswa-siswanya paham akan konsep yang dia ajarkan sehingga pembelajaran berpusat pada siswa agar siswa bisa membangun sendiri pengetahuannya.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketika di analogikan sebagai sebuah gunung, menurut saya gunung super adalah ilmu yang luar biasa. Menurut saya semua cabang ilmu itu luar biasa. Ilmu tidak hanya mengajarkan kita untuk menjadi lebih tau ataupun menjadi pintar. Ilmu mengajarkan banyak hal, bukan hanya dari pemahaman saja yang bertambah namun kepada pembentukan sikap kita. Ilmu memengaruhi sikap tergantung pada orang tersebut memaknai ilmu yang ia dapat. Baik buruknya perngaruh suatu ilmu tergantung pada dirinya masing-masing maka maknailah ilmu sebaik-baiknya , bak mendaki gunung jika ilmu dimaknai sebaik-baiknya maka kita bisa dikatakan mampu mendaki gunung super.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau menurut hemat saya kalau bicara mengenai gunung maka yang akan terlintas dipikaran saya adalah kekuatan, ketangkasan, keperkasaan, dan keluhuran budi pekerti. Dengan adanya gunung maka udara akan segar, tanah subur dan banyak manfaat yang dirasakan dengan kehadirannya. Kehadirannya selalu dinantikan, ikhlas dalam menjalani kehidupan, pantang menyerah dan selalu berbuat yang terbaik walaupun orang sebagian orang membencinya. Nah gunung yang seperti inilah yang dinamakan dengan gunung super yakni selalu berguna untuk orang kapan dan dimanapun.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Gunung identik dengan tinggi, namun ketinggian itu banyak orang yang mendakinya. gunung super disini seperti ilmu jika di bawa dalam pendidikan. dan ilmu itu bisa di raih oleh semua orang, setinggi apapun ilmu itu jika orang itu bersungguh-sungguh maka akan diraihnya ilmu tersebut.

    ReplyDelete