Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

32 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya gunung super adalah manusia yang berusaha menggapai ilmu pengetahuannya dengan cara selalu melengkapi dan menambah ilmu pengetahunanya dengan hati yang bersih, berpikir kritis dan Ikhlas karena Allah SWT yang berlandaskan pada asas kebermanfaatan untuk sesama mahkluk hidup lainnya. Artinya ilmu yang ia miliki bukanlah hanya untuk dirinya, tapi bermanfaat bagi orang lain. Untuk menggapai gunung super maka ia juga harus senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, semoga ia terhindar dari kesombongan. Sombong karena merasa telah mendaki jauh gunung super. Sombong karena merasa telah berada di puncak gunung super, artinya sombong karena merasa memiliki ilmu yang lebih dari yang lain, sombong karena merasa telah purna ilmunya. Ingatlah manusia itu bersifat terbatas dan tidak sempurna, maka manusia tidak akan pernah purna ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Gunung super jika dibawa ke konteks pembelajaran, gunung diibaratkan sebagai guru yang mempunyai banyak ilmu untuk diberikan ke siswa-siswanya. Gunung super artinya guru yang mempunyai ilmu yang banyak tadi, juga mempunyai motivasi, kreativitas dan keikhlasan untuk membuat siswa-siswanya paham akan konsep yang dia ajarkan sehingga pembelajaran berpusat pada siswa agar siswa bisa membangun sendiri pengetahuannya.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketika di analogikan sebagai sebuah gunung, menurut saya gunung super adalah ilmu yang luar biasa. Menurut saya semua cabang ilmu itu luar biasa. Ilmu tidak hanya mengajarkan kita untuk menjadi lebih tau ataupun menjadi pintar. Ilmu mengajarkan banyak hal, bukan hanya dari pemahaman saja yang bertambah namun kepada pembentukan sikap kita. Ilmu memengaruhi sikap tergantung pada orang tersebut memaknai ilmu yang ia dapat. Baik buruknya perngaruh suatu ilmu tergantung pada dirinya masing-masing maka maknailah ilmu sebaik-baiknya , bak mendaki gunung jika ilmu dimaknai sebaik-baiknya maka kita bisa dikatakan mampu mendaki gunung super.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau menurut hemat saya kalau bicara mengenai gunung maka yang akan terlintas dipikaran saya adalah kekuatan, ketangkasan, keperkasaan, dan keluhuran budi pekerti. Dengan adanya gunung maka udara akan segar, tanah subur dan banyak manfaat yang dirasakan dengan kehadirannya. Kehadirannya selalu dinantikan, ikhlas dalam menjalani kehidupan, pantang menyerah dan selalu berbuat yang terbaik walaupun orang sebagian orang membencinya. Nah gunung yang seperti inilah yang dinamakan dengan gunung super yakni selalu berguna untuk orang kapan dan dimanapun.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Gunung identik dengan tinggi, namun ketinggian itu banyak orang yang mendakinya. gunung super disini seperti ilmu jika di bawa dalam pendidikan. dan ilmu itu bisa di raih oleh semua orang, setinggi apapun ilmu itu jika orang itu bersungguh-sungguh maka akan diraihnya ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  6. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam elegi-elegi lainnya pernah dibahas-diulas juga elegi tentang gunung-gunung. Gunung-gunung tersebut menurut saya adalah pencapaian ilmu pengetahuan masing-masing subyek, sehingga menurut saya gunung super adalah gunung yang mengapai ilmu pengetahunanya dengan hati yang Ikhlas karena Allah untuk dipergunakan dalam membangun dunia yang berlandaskan pada asas kebermanfaatkan untuk sesama mahkluk hidup dan membagikannya kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dulu saya pernah membaca elegi tentang gunung-gunung. Gunung-gunung tersebut adalah pencapaian ilmu pengetahuan masing-masing subyek, sehingga menurut saya gunung super adalah gunung yang mengapai ilmu pengetahunanya dengan hati yang Ikhlas karena Allah untuk dipergunakan dalam membangun dunia yang berlandaskan pada asas kebermanfaatkan untuk sesama mahkluk hidup dan membagikannya kepada generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  8. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ilmu pengetahuan itu ibarat gunung super sedangkan menuntut ilmu ibarat mendaki gunung super. Saat ingin menuju puncak yang tertinggi, akan terdapat banyak rintangan dan tantangan yang menghadang seperti jalan yang ekstrim dan binatang buas. Jika kita mampu melewati semua rintangan dan menyelesaikan tantangan dengan benar dan penuh semangat, pada akhirnya kita akan tiba di puncak gunung. Namun, jika tidak, kita bisa saja terjatuh dan tidak akan sampai di puncak gunung. Begitu pula dengan menuntut ilmu, akan terdapat banyak rintangan dan tantangan yang menghadang kita. Jika kita memiliki semangat, ketekunan, dan belajar keras maka kita akan mampu mencapai pada puncak yaitu kesuksesan. Sebaliknya jika kita tidak memiliki semangat, ketekunan, dan tidak berusaha keras dalam belajar, kita tidak akan sukses. Oleh karena itu, menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung super yang membutuhkan semangat, berdoa dan belajar keras untuk mencapai puncak kesuksesan.

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Gunung super menurut saya adalah orang yang selalu menambah ilmunya. Gunung tertinggi adalah gunung yang tinggi ilmunya. Namun dengan ilmu yang tinggi itu seharusnya dapat mengayomi gunung-gunung lainnya. Artinya, dengan ilmu itu, kita manfaatkan untuk kepentingan orang banyak.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. menurut saya gunung super itu gunung yang memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk yang ada di sekitarnya. Ia memberi kekayaan alam yang luar biasa untuk makhluk disekitarnya. Jika diibaratkan manusia, ia memiliki ilmu yang tinggi yang diaplikasikan dengan memberi manfaat pada sekitarnya. Gunung super itu juga membahayakan, ia kelihatan tenang dari luar, hijau dan mengundang makhluk lain untuk datang di sekitarnya, tapi sewaktu-waktu gunung super dapat memuntahkan lahar, menyemburkan abu vulkanik, dan menyebabkan gempa yang dapat merusak alam disekitarnya dan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Menurut saya gunung super bisa diibaratkan sebagai manusia yang berusaha untuk selalu mencapai ilmu yang setinggi-tingginya. Dia yang selalu belajar tentang apa pun tanpa mengenal lelah dan putus asa. Rasa ingin tahu dan kerja kerasnya yang begitu tinggi untuk meraih cita-citanya. Namun dalam saatnya nanti, saat dia telah menjadi seseorang yang super, dia akan tetap sadar kedudukannya tetaplah dibawah Tuhan, dan rasa syukur yang tak pernah cukup untuk dipanjatkan kepada Tuhan yang telah mengijinkannya untuk memahami ilmu-ilmu yang Tuhan telah ciptakan.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Gunung super diibaratkan sebagai manusia yang memiliki dimensi yang paling tinggi dari semua dimensi yang ada dalam kehidupan. Manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan menggunakan pikiran serta hati nuraninya dalam memperoleh pengetahuannya. Manusia yang senantiasa mengamalkan dan menerapkan prinsip-prinsip kehidupan yang bijak, serta dapat memberikan manfaat bagi kehidupannya dan kehidupan orang disekitarnya. Selalu memegang teguh prinsip-prinsip kebajikan dan menghindari serta mencegah segala bentuk kemungkaran mauppun kemaksiatan. Menjalin dan membina hubungan baik dengan sesamanya maupun dengan Tuhan sang penciptanya.

    ReplyDelete
  13. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Saya sering membaca tentang gunung tertinggi pada elegi-elegi Prof. Gunung tertinggi diibaratkan sebagai sesorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan selalu berusaha untuk memperkaya diri dengan ilmu. Segala cara dilakukan untuk menambah ilmu yang ia miliki. Tidak hanya demikian, seseorang itu berusaha menjadi manusia yang berhati bersih dan berpikiran jernih. Menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang banyak. Namun kali ini berbeda ada istilah gunung super. Menurut saya gunung super menggambarkan tentang seseorang yang jauh lebih baik dari gunung tertinggi.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Gunung super merupakan ibarat gunung yang mempunyai potensi luar biasa dan berbeda.
    Jika diibaratkan dengan manusia, maka gunung super berarti seseorang yang memiliki potensi yang luar biasa, memiliki potensi lebih daripada orang lain. Seseorang disini jika dalam kacamata pendidikan, bisa jadi pendidik atau peserta didik.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Gunung super menurut saya adalah ilmu yang dimiliki. Semakin tinggi gunung super maka semakin banyak juga ilmu yang dimiliki. Ibarat naik gunung, semakin tinggi semakin berat tetapi ketika berada di puncak maka akan dapat melihat keindahan di bawah. Begitu juga dengan ilmu yang dimiliki. Semakin kita ingin belajar untuk menambah ilmu maka tantangannya semakin besar, dan ketika sudah dapat menggapai ilmu tersebut maka akan muncul rasa puas dan semakin ingin belajar terus menerus.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Gunung Super dalam arti yang sesungguhnya adalah suatu tempat yang tinggi yang mempunyai pondasi yang sangat kuat. Dimana untuk mencapai puncaknya membutuhkan perjuangan dan ikhtiar yang kuat, setelah itu dari puncak gunung kita akan melihat keindahan yang terhampar di bawahnya. Gunung super dapat dianalogikan sebagai suatu upaya untuk mendapatkan atau memperoleh ilmu yang setinggi-tingginya dan dilandasi dengan kekuatan spiritual yang kuat. Orang yang demikian tentunya tidak menjadikan ilmu sebagai suatu kesombongan karena dia sadar betul bahwa ilmu yang dimilikinya hanyalah suatu titipan. Untuk mencapai ilmu yang tinggi bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan banyak usaha, perjuangan, dan pengorbanan untuk memperolehnya. Dan sebenar-benar ilmu yang telah kita peroleh adalah bagaimana kita mengamalkannya sehingga bermanfaat bagi sekitar kita.


    ReplyDelete
  17. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Gunung super dapat diandalkan dengan sebuah pencapaian kesuksesan, dimana kesuksesan itu membawa seseorang ke puncak gunung yang super. Kenapa seseorang bisa berada di puncak gunung ? karena seseorang itu terus belajar, berusaha, tidak menyerah menghadapi tantanganNamun ketika sudah berada di puncak gunung, pastilah didapati angin bertiup lebih kencang. Angin disini dapat dianalogikan dengan cobaan, rintangan. Ketika seseorang sudah mencapai puncak kesuksesan, maka akan ada lagi cobaan yang datang, cobaan itu membuat dia menentukan pilihan bagaimana caranya mempertahankan kesuksesan tersebut. Namun percayalah bahwa sambil kita mencoba mempertahankan kesuksesan, kita tetap disuguhi pemandangan yang indah dari atas gunung.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016
    Gunung super dapat kita diartikan sebagai seseorang yang mempunyai ilmu tinggi. Namun puncak tinggi tersebut tidak selayaknya dimaknai sebagai suatu kesombongan karena memiliki berbagai kelebihan. Tetapi puncak tinggi tersebut dimaksudkan memiliki ilmu pengetahuan yang begitu luas, keterampilan, kecakapan, dan kerendahan hati. Namun segala macam kelebihan tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan orang lain, sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan orang lain. Bukan justru dijadikan alat untuk menyombongkan diri di harapan orang lain.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Gunung super adalah hasarat seorang manusia dalam hal pengetahuan, yang mana keinginana seseorang dalam hal menggalai suatau ilmu pengethauna, dengan hal itu kita dapat yakin dan pasti bahwa jika kita memiliki penegtahuan yang banyak maka kita juga akan merasa puasa walaupun dalam memnuntut ilmu tidak ada kata puasanya, karena ilmu itu tak terbatas. Tinggal kita saja yang mampu mengambil nya.

    ReplyDelete
  20. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidik maupun peserta didik yang super memiliki potensi untuk menjadi hebat dibidangnya.
    Pendidik dalam hal ini adalah guru yang mampu mencetak generasi-generasi yang cerdas dan bermoral dengan potensi yang dimilkinya, sedangkan siswa yang super adalah mereka yang mampu mendapatkan pengetahuan dengan membangunnya sehingga menjadi siswa yang berdaya kreatif tinggi dan dapat memanfaatkan ilmunya dengan sebaik-baiknya pada kehidupannya yang mendatang.

    ReplyDelete
  21. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut saya, yang dimaksud dengan gunung super adalah ilmu yang luar biasa tinggi dimana ia dilandasi oleh spritual sehingga tidak ada kekuatan apapun yang dapat mengalahankan kekuatan super yang dimiliki oleh gunung super ini. Untuk menggapai gunung super dibutuhkan banyak usaha, pengorbanan dan keikhlasan, dan tingkatan gunug super dengan gunung tinggi lainnya adalah gunung super merupakan kekuasan. Gunung super juga bisa dikatan sebagai suatu usaha bagaimana kita menggapai kekuatan yang besar. Maksudnya, kita sebagai manusia diberikan akal dan pikiran, dengan menggunakan akal pikiran kita, kita bisa membangun dunia kita dengan menggapai ilmu yang setinggi-tingginya. Namun, semuanya itu bisa dicapai dengan suatu batasan, yaitu spiritual.

    ReplyDelete
  22. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Menurut saya, gunung super itu penggambaran tentang tingginya ilmu dan kekuasaan yang telah dimiliki. Gunung super dicapai dengan hati yang Ikhlas. Sehingga ia tidak sombong ia tidak menyimpan ilmunya untuk dirinya sendiri. Dia terus menerus belajar dan menebarkan manfaat kepada orang sekitarnya dengan ilmu yang telah dia miliki. Dia menjadi guru dan mengajarkan ilmunya kepada gunung-gunung yang lebih kecil dan terus berkomunikasi dengan gunung-gunung super yang lain untuk belajar dan mengembangkan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Gunung super menurut saya adalah sesuatu yang besar dan dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat yang berada di sekitar gunung tersebut. Sehingga jika dibawa ke pembelajaran matematika, gunung super ini seperti seorang guru yang yang bertujuan memberikan atau menyalurkan ilmu kepada peserta didiknya agar dapat memperoleh ilmu yang tinggi dan mempunyai kewenangan di dalam kelas, tetapi siswa harus berusaha untuk menggalinya sendiri.

    ReplyDelete
  24. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Gunung super memiliki makna intrinsik bahwa di dalamnya terkandung ilmu yang sangat luar biasa yang dapat bermanfaat bagi siapa saja yang mempelajarinya. Dalam konteks pembelajaran, guru profesional yang memiliki banyak ilmu, kreatifitas, inovatif, kritis dan sebagai falitator tentunya dapat mentransformasi ilmunya kepada siswa sebagai pusat pembelajaran sehingga dihasilkan pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  25. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete
  26. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut saya, gunung super merupakan gambaran tentang sesuatu yang besar, layaknya sebuah pemikiran yang besar. Untuk menajdi besar, maka manusia perlu terus menambah pengetahuan dengan selalu berpikir kreatif dan berpikir kritis. Kemudian, puncak gunung merupakan pencapaian tertinggi bahwa kita harus menyadari puncak nya pengetahuan adalah mutlak pengetahuan milik Allah SWT dan merupakan kedudukan yang tertinggi.

    ReplyDelete
  27. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Gunung Super dapat diibaratkan sebagai ilmu atau pengetahuan di dunia ini yang jumlahnya bahkan sampai tak terbatas. Manusia yang mampu mendaki gunung tersebut adalah manusia yang mempunyai keikhlasan, dan kerja keras agar dapat mendaki dan menakhlukkannya.

    ReplyDelete
  28. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Gunung super juga dapat diibaratkan pikiran manusia, dimana pikiran tersebut telah terisi oleh banyak ilmu-ilmu yang ia dapatkan dari pengalamannya. Ilmu tersebut juga diperoleh dari keikhlasan dalam mencari ilmu. Ia pun berperilaku tidak sombong sehingga mampu memiliki pengalaman yang banyak.

    ReplyDelete
  29. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Jika kita melihat gunung, apa yang dapat kita deskripsikan darinya. Gunung itu kokoh, tinggi, orang yang memandangnya akan merasakan kedamaian, namun jika marah akan meluluhlantakkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Banyak sekali perumpamaan yang diibaratkan seperti sebuah gunung. Jika deskripsi gunung saja sudah seperti itu, lalu bagaimana kita akan mendeskripsikan gunung super? Tentunya deskripsi-deskripsi tersebut bersifat subjektif, tergantung siapa yang mendeskripsikan dan dari mana dia melihat sudut pandangnya. Gunung super di sini bisa dimaknakan seseorang yang memiliki kedudukan yang tinggi namun didasari oleh ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat dan kokoh sehingga visioner nya menjadi lebih mantap serta berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  30. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete
  31. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut saya, gunung super adalah gunung yang lebih tinggi, dan lebih besar dibandingkan gunung-gunung yang lain. Sehingga tidak ada gunung yang lebih besar dari pada gunung super. Apabila ada orang yang dapat mendaki gunung super ini, maka dapat dipastikan dia dapat mendaki gunung-gunung biasa. Gunung super apabila dijadikan instrumen penilaian sangat akurat, karena segala yang ada di gunung-gunung biasa, gunung super memilikinya. Karena ia gunung super, maka ia reliabel dan haruslah unik.

    ReplyDelete
  32. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete