Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 4: Gunung Super




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Saya menginginkan mahasiswa S2 Sain untuk dapat mendeskripsikan apa yang disebut GUNUNG SUPER?

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Jika kita melihat gunung, apa yang dapat kita deskripsikan darinya. Gunung itu kokoh, tinggi, orang yang memandangnya akan merasakan kedamaian, namun jika marah akan meluluhlantakkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Banyak sekali perumpamaan yang diibaratkan seperti sebuah gunung. Jika deskripsi gunung saja sudah seperti itu, lalu bagaimana kita akan mendeskripsikan gunung super? Tentunya deskripsi-deskripsi tersebut bersifat subjektif, tergantung siapa yang mendeskripsikan dan dari mana dia melihat sudut pandangnya. Gunung super di sini bisa dimaknakan seseorang yang memiliki kedudukan yang tinggi namun didasari oleh ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat dan kokoh sehingga visioner nya menjadi lebih mantap serta berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Menurut saya, gunung super adalah gunung yang lebih tinggi, dan lebih besar dibandingkan gunung-gunung yang lain. Sehingga tidak ada gunung yang lebih besar dari pada gunung super. Apabila ada orang yang dapat mendaki gunung super ini, maka dapat dipastikan dia dapat mendaki gunung-gunung biasa. Gunung super apabila dijadikan instrumen penilaian sangat akurat, karena segala yang ada di gunung-gunung biasa, gunung super memilikinya. Karena ia gunung super, maka ia reliabel dan haruslah unik.

    ReplyDelete
  4. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Terinspirasi dari elegi yang berjudul Kutarunggu Sang Rakata Menggelar Sidang Rakyat (pertama). Maka gunung super adalah seseorang yang memperoleh ilmu yang berlandaskan iman dan taqwa, mengembangkan potensi, mencari ketrampilan dan pengalaman dan kemudian menggunakan ilmunya, hatinya, potensinya, ketrampilannya dan pengalamannya itu untuk mengelola kuasanya demi kemaslahatan sesama.

    ReplyDelete
  5. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Gunung super adalah perumpamaan bagi orang-orang yang bijaksana, yaitu mereka yang mampu menterjemahkan dan diterjemahkan. Mereka tidak bertinggi hati karena ketinggian dan kebesarannya, namun mereka juga tidak berkecil hati dan mengecilkan hati orang lain. Mereka tidak peka terhadap kekurangan orang lain namun mereka peka terhadap gunung lain yang memerlukan bantuannya. Mereka bersifat terbuka, siap menerima pendapat, kritikan, saran dari orang lain. Dan semua itu mampu mereka jadikan sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas diri, serta disetiap menemukan kesalahan dan kekhilafannya mereka segera memohon ampun kepada Tuhan, sang pencipta.

    ReplyDelete
  6. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menurut saya gunung super adalah alam pikiran manusia. semakin banyak dia belajar, maka semakin besar gunung itu, semakin tinggi. tetapi gunung super tersebut juga bisa berbahaya, ganas dan mengerikan yang siap meletus mengeluarkan lava yang dapat membahayakan makhluk-makhluk di sekitarnya. hal tersebut menjadi perumpamaan bagi seorang yang terus belajar dan terus memperoleh ilmu tapi tidak menyaringnya, tidak melindungi dirinya dan tidak memohon perlindungan kepada Allah dari ilmu-ilmu yang membahayakan pikiran.

    ReplyDelete
  7. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B s2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Menurut saya, bahwasanya yang dimaksut dengan "Gunung Super" adalah Seseorang dengan ilmu pengetahuan yang sangat tinggi religius dan memiliki kemmapuan dalam mengaplikasikan kegiatan yang normatif.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Gunung super adalah gunung yang mampu melihat puncak gunung lainnya. Di dunia ini terdapat banyak gunung (semilyar kali semilyar pangkat semilyar tidak akan selesai menunjuk gunung-gunung itu). Hanya gunung superlah yang mampu melihat semua puncak-puncak gunung lainnya. Gunung diibaratkan potensi, maka sang "gunung super" adalah ia yang mampu melihat semua potensi di sekitarnya. "Gunung super" bisa jadi adalah gunung yang berhermeneutika, gunung yang berfikir intensif dan ekstensif, gunung yang mengkaji objek pikir sebagai yang ada dan yang mungkin ada, gunung yang sadar akan ruang dan waktunya. Gunung super adalah ia yang mampu mengendalikan hati dan pikirannya. Maka marilah kita belajar menjadi sang gunung super.

    ReplyDelete
  9. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan kerja keras dan stamina. Butuh pula niat yang kuat. Jika gunung super itu adalah di mana letak pengetahuan maka untuk meraihnya kita harus berusaha dengan sekuat tenaga. Tak lupa berdoa menyerahkan segala perjalanan kepada Tuhan agar selamat sampai tujuan dan tak tersesat.
    Ijinkan saya mengutip beberapa baris lirik lagu yang saya sukai mengenai pendakian:
    "There's always gonna be another mountain
    I'm always gonna wanna make it move
    Always gonna be an uphill battle
    Sometimes I'm gonna have to lose
    Ain't about how fast I get there
    Ain't about what's waiting on the other side
    It's the climb"
    Pendakian itu bukan mengenai apa yang akan didapat seusai pendakian, tapi bagaimana pendakian gunung tersebut terjadi. Pengetahuan didapatksn dan direfleksikan dari sepanjang perjalanan pendakian..

    ReplyDelete
  10. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya ingin mengibaratkan sebuah gunung bagaikan sederet anak tangga yang memiliki tingkatan.Setelah ada tingkat pertama kemundian muncul tingkat ke dua sampai tingkat yang seterusnya.Begitupula dengan gunung ada yang rendah, ada yang berada di pertengahan dan ada lagi di atas pertengahan sampai pada gunung yang super.Namun ketahuilah untuk mencapai gunung –gunung tersebut hingga sampai ke gunung super terdapat berbagai rintangan, tantangan, cobaan dan godaan.Oleh karenanya perlu mengembarakan pikiran kritis.Tidak hanya itu juga perlu juga menatap ke dalam hati kita.Sebab gunung merupakan cermin dari diri kita.Selanjutnya sertakan memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menggapainya.Saya meminta maaf jika salah dalam menafsirkan.

    ReplyDelete
  11. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Gunug super merupakan ibarat dari obyek yang menjadi tujuan seseorang untuk di raih. Gunung super menjadi tujuan seseorang untuk mendaki manusia untuk menggapai puncak dalam hal ini adalah proses perjalanan seseorang untuk menggapai sesuat yang di cita-citakan maka dalam perjalanan ini manusia harus memiliki bekal yang minimal cukup untuk kebutuhannya, manusia harus memiliki niat yang luarus, semangat yang tinggi agar dalam perjalanan mendaki iki tidak runtuh dan putus asa karena semakin jauh perjalanan seseorang mendaki gunung dan semakin tinggi seseorang dari permukaan laut maka semakin dingin yang dirasakan. Ketika manusia sudah mencapai puncak maka kepuasan yang dia peroleh, selain itu dari puncak gunung manusia akan melihat bahwa betapa kecilnya melihat berbagai keindahan ciptaan Tuhan yang diatas sana yang belum ia ketahui. Maka dari itu dia dinamai Gunung super yakni gunung yang mampu membawa manusia untuk berpikir tentang Tuhannya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  12. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Gunung jika dilihat secara bentuknya merupakan sesuatu yang berdiri tegak, gagah, kuat, tinggi dan memiliki banyak kebaikan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan makhluk hidup lainnya, dari makhluk hidup yang sangat kecil sampai yang besar, dari makhluk hidup yang buas sampai jinakpun ada di sana. Menurut kajian tafsir fi Zhilalil dengan adanya gunung-gunung maka panas bumi mencapai tingkat sedang sehingga layak untuk dihuni. Begitu banyak yang dapat kita lihat kehebatan dan kebermanfaatan dari gunung. Sehingga, jika kita terjemahkan/penganalogian gunung itu terhadap manusia yaitu seseorang yang memiliki manfaat untuk orang lain, lingkungan dan apapun yang ada didekatnya. Orang yang memiliki ilmu, jabatan, ataupun kekuasaan juga dapat dianalogikan dengan gunung. Jadi kalau fokus pembicaraan mengenai gunung super, maka yang dimaksud dengan gunung super itu yaitu sosok yang memiliki ilmu, atau kelebihan diatas orang-orang. Yang kebermanfaatannya tidak hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang ada di sekitanya melainkan dapat dirasakan oleh jangkauan yang lebih luas lagi.

    ReplyDelete