Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

7 comments:

  1. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang saling berkorelasi. Menurut Oemar Hamalik (2015: 54) proses pembelajaran itu berlangsung dalam situasi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat komponen-komponen pembelajaran, yaitu tujuan, peserta didik, guru, metode, media, penilaian, dan situasi pembelajaran. Salah satu komponen pembelajaran yang telah disebut adalah peserta didik. Peserta didik merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran. Dengan kata lain, peserta didik berperan sebagai subjek yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Terlebih peserta didik menjadi generasi yang akan menentukan nasib bangsa. Dalam hal ini diperlukan suatu upaya mempersiapkan generasi yang luwes, terampil memecahkan masalah, berpikir kreatif, suka bermusyawarah, dapat mengkomunikasikan gagasannya secara efektif, mampu bekerja secara efisien baik secara individu maupun dalam kelompok, dan mampu berprestasi. Dengan demikian, elegi di atas memberi PR khususnya bagi saya sebagai calon pendidik yang akan mengemban amanah untuk mempersiapkan generasi yang diinginkan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari elegi ini mengenai cara guru meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu: 1) mengembangkan 3 aspek pembelajaran (kognitif, afektif, psikomotorik); 2) memahami teori pembelajaran dan mampu mengaplikasikannya; 3) melakukan inovasi pembelajaran baik media, metode, pendekatan, strategi, dan lain-lain; 4) mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi; 5) memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan, melakukan aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok; 6) mengembangkan berbagai instrumen penilaian, mengembangkan portofolio untuk hasil-hasil belajar siswa, dan mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian; 7) mengembangkan peragkat pembelajaran seperti RPP yang cocok bagi pembelajaran, alat peraga yang menarik, dan metode yang interaktif; dan 8) membimbing siswa untuk mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep, mengembangkan keterampilan problem solving, mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian, dan mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya.

    ReplyDelete
  3. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Ternyata banyak sekali objek penelitian yang dapat kita temukan di kelas. Objek penelitian mencakup hal-hal yang sangat luas. Namun seringkali saya masih merasa bingung untuk menentukan objek penelitian. Dengan membaca elegi ini saya menjadi tahu mengenai objek penelitian.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Dalam melakukan penelitian maka diperlukan objek penelitian, maka khusus dalam penelitian dibidang pendidikan yang dilaksakan dikelas maka objek penelitiannya adalah siswa, yakni bagaimana siswa tersebut bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Siswa adalah manusia dan guru juga manusia, maka yang sebenar-benarnya objek penelian itu adalah guru itu sendiri. Karena apa yang dirasakan siswa tentu pernah juga dirasakan guru, dengan demikian objek penelitian itu sebenarnya telah ada dalam diri guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari elegi ini sangat berguna bagi kita para penelitii di bidang pendidikan. Dari membaca elegi ini kita bisa mendapatkan ide-ide penelitian apa yang seharusnya kita lakukan. Permasalahan-permasalahan yang menarik Prof, terimakasih. Kita dapat melihat bahwa sebenarnya yang menjadi objek penelitian di bidang penelitian bisa siswa dan bisa saja berbagai fenomena yang terjadi selama proses kegiatan pembelajaran. Kita juga dapat penelitian mengenai metode pembelajaran yang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, metode pembelajaran inovatif juga merupakan objek penelitian yang tepat bagi para penelitian pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dengan melakukan penelitian di kelas, guru dapat mengetahui apa saja kelemahan – kelemahan pada saat pembelajaran di kelasnya, sehingga ditemukanlah solusi yang cocok untuk mengatasi kelemahan – kelemahan tersebut. Solusi yang diambil berdasarkan objek penelitian yang bagaimana yang akan diatasi kelemahannya. Objek penelitian oleh guru terhadap kelas yang diajarnya sangat luas cakupannya. Beberapa diantaranya yang dapat menjadi objek penelitian adalah:
    -Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
    -Proses pembelajaran di kelas baik itu dari metode, konten maupun perangkat pembelajaran
    -Proses evaluasi kelas, meliputi evaluasi proses dan hasil belajar, portofolio, mengambang, validitas dan reliabilitas instrument penilaian
    -Daya matematis

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    dari uraian di atas, seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dan yang dapat dijadikan objek penelitian diantaranya yaitu motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri,dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete