Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

26 comments:

  1. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Elegi ini sangat membuat mudah memahi apa itu penelitian kelas, bagaimana cara meneliti, bagaimana cara menemukan masalah yang sedang terjadi, dan unsur-unsur lainnya yang ada di dalam penelitian kelas. Betapa pentingnya penelitian bagi seorang pendidik yang ingin memoerbaiki kinerja serta ingin membantu pemerintah mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Hal ini dapat dengan mudah saya cerna bagimana proses peneltian itu bisa terjadi. Ilmu yang sangat berguna dan bisa saya terapkan ketika dalam menjelaskan jenis peneltian yang lain. Karena dengan menulis percakapan seperti elegi ini, akan dirasa unik dan menarik oleh peserta pendengar.

    ReplyDelete
  2. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Begitu banyak obyek yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Bahkan yang ada dalam diri seorang pendidiknya pun itu dapat digunakan sebagai obyek penelitian jika itu dapat membawa pengaruh bagi murid-muridnya. Jika ingin lebih dikembangkan lagi, masih banyak obyek-obyek yang dapat diteliti, semuanya adalah satu kesatuan yang jika dikemas akan menjadi suatu penelitian yang dapat meningkatkan kualitas penelitian itu sendiri. Mungkin karena saking banyaknya obyek yang harus ditingkatkan kualitasnya, pendidik mengalami kebingungan harus dimulai dari mana terlebih dahulu aspek yang harus dikembangkan dan yang dibutuhkan siswa untuk segera diperbaiki, karena seorang pendidik atau peneliti juga memiliki keterbatasan yang tidak dapat dalam satu waktu sekaligus meneliti banyak obyek untuk dikembangkan.

    ReplyDelete
  3. Semua aktivitas pembelajaran yang terjadi di kelas dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Bagaimana guru mengajar di kelas dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Inovasi pembelajaran apa saja yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dapat sebagai objek penelitian. Bagaimana siswa belajar matematika di kelas pun dapat digunakan sebagai objek penelitian. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa saat belajar matematika, atau kesulitan-kesulitan yang dialami guru saat mengajar pun dapat sebagai objek penelitian.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sebenarnya ada banyak objek penelitian bagi guru. Dari sudut siswa, guru dapat meneliti sikap siswa, gaya belajar siswa, motivasi siswa, kemampuan-kemampuan yang seharusnya siswa miliki, kesulitan-kesulitan siswa, dan lainya. Dari segi guru, guru dapat meneliti tentang kemampuan guru, kesulitan guru, bagaimana pengaruhnya ke siswa, dan hal-hal lainnya. Belum lagi jika dikaitkan dengan metode pembelajaran, media pembelajaran, materi, maka ada banyak obyek penelitian yang dapat dilakukan oleh guru. Yang terpenting adalah adanya semangat dari guru untuk melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terimakasih, Pak. Dengan membaca elegi di atas saya jadi lebih mengerti bahwa obyek penelitian dalam kelas itu jangkauannya sangatlah luas, tidak hanya berkutat pada peningkatan nilai kognitif siswa seperti yang saya ketahui sebelumnya. Terimakasih, Pak.

    ReplyDelete
  6. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Elegi ini mengajak kita untuk berpikir reflektif melalui dialog imajiner atas penelitian. Saya senantiasa mengingat apa yang bapak sering katakan; “bahwa hidup adalah riset, maka jadilah researcher”. Maka dari itu, apapun profesi kita, jika ingin berjalan dengan baik haruslah didorong dengan kemampuan riset yang baik. Menjadi guru bukanlah sekedar pengajar yang transfer pengetahuan, melainkan harus mampu membaca peradaban dan tuntutan zaman agar dapat memerdekakan potensi siswa, maka jadilah teacher-researcher.

    ReplyDelete
  7. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Guru adalah peneliti maka seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa .

    ReplyDelete
  8. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Pada dasarnya semua hal yang mempengaruhi proses belajar mengajar dapat dijadikan objek dalam penelitian. Mengapa demikian?. Karena untuk melancarkan proses belajar mengajar semua hal yang terlibat dalam proses belajar mengajar, baik itu guru, siswa, sarana dan prasarana, sifat-sifat serta berbagai hal lainnya haruslah berjalan dengan baik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak hal yang menjadi masalah dalam proses belajar mengajar, maka dari itu dibutuhkannya berbagai macam penelitian, termasuk diantaranya penelitian tindakan kelas, guna menjadikan proses belajar mengajar yang dilakukan semakin baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Setelah membaca artikel yang berjudul menggapai obyek penelitian diatas, ternyata banyak sekali objek penelitian yang dapat kita temukan di kelas. Objek penelitian mencakup hal-hal yang sangat luas. Namun seringkali saya masih merasa bingung untuk menentukan objek penelitian. Dengan membaca elegi ini saya menjadi lebih paham mengenai objek penelitian dan apa saja yangdapat digunakan menjadi obyek penelitian.

    ReplyDelete
  10. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Sebagai guru kita harus berfokus kepada aspek-aspek yang ada didalam keals. Melakukan PTK, salah satu aran kita dalam mengetahui sejauhmana kualitas dari pembelajaran kita serta mengusahakan cara-cara untuk memperbaikinya. PTK memiliki banyak fokus yang bisa diteliti, tentu saja haruslah memperhatikan tidak hanya satu sisi saja namun dari berbagai sisi yang mendukung pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  11. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Ada banyak sekali obyek penelitian dalam dunia pendidikan. Mulai dari guru, siswa, proses pembelajaran, cara/alat evaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, dll. Dari sekian banyak hal yang dapat dilakukan berkaitan dengan perbaikan pada obyek penelitian tersebut mungkin salah satu yang dapat ditawarkan adalah lesson study. Dengan lesson study guru dapat melakukan refleksi yang kemudian disertai dengan perbaikan pada kualitas guru, proses pembelajaran, cara/alat observasi, sarana dan prasarana pembelajaran, tentunya lesson study baiknya dilakukan secara berkala dan terus-menerus agar nantinya dapat menggapai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Dalam penelitian pendidikan, banyak hal dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat dijadikan penelitian. Yang diperlukan hanya kesensitifan peneliti akan objek mana yang paling perlu untuk diteliti. Guru sebagai peneliti seharusnya lebih paham objek yang mana yang perlu diteliti, sebab guru setiap hari berhadapan dengan kegiatan belajar mengajar dari proses perencanaan hingga evaluasi.

    ReplyDelete
  13. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ada begitu banyak obyek penelitian. Tidak akan habis sesuai ruang Dan waktu. Tidak akan habis sebab obyek penelitian ini Juga berhermenetika.
    Trimakasih, artikel ini memberi banyak masukan untuk obyek obyek penelitian bagi guru. Saya juga guru yang Juga akan menggapai guru adalah peneliti.

    ReplyDelete
  14. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Objek adalah keseluruhan dari gejala yang terdapat di sekitar kehidupan kita. Apabila kita lihat dari sumbernya, maka objek di dalam suatu penelitian kualitatif disebut sebagai situasi sosial. Apabila dikaitkan dengan sumbernya, maka objek penelitian bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu objek primer dan sekunder. Sementara untuk pengertian dari objek primer yaitu suatu objek yang diperoleh dengan melalui sumber pertama, sedangkan untuk objek sekunder yaitu objek yang didapatkan dengan melalui sumber kedua.

    ReplyDelete
  15. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Di penelitian kualitatif, ada wawancara sebagai suatu teknik pengumpulan data. Pada saat melakukan sebuah wawancara, maka objek primernya adalah hasil dari wawancara tersebut, sedangkan untuk objek sekundernya adalah dokumen yang tertulis ataupun berbagai hasil pembicaraan yang berguna untuk mendukung sumber objek serta objek primernya.

    ReplyDelete
  16. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam penelitian kelas sesungguhnya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogi guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Dan jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku murid terhadap sikap dan perilaku pedagogi guru, hasil belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dll.

    ReplyDelete
  17. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dari elegi ini menjelaskan tentang bagaimana cara mencari objek penelitian. Dijelaskan bahwa sangat banyak objek penelitian yang bisa dikaji dan digali informasinya. Dilihat dari banyaknya objek penelitian ini maka menunjukkan juga betapa pentingnya sebuah riset ilmiah demi kemajuan di bidang pendidikan. Banyak hal yang bisa ditemukan dengan adanya penelitian sehingga ilmu-ilmu dan pengetahuan baru juga bisa dihasilkan. Tetapi yang menjadi kendala adalah bagaimana membuadayakan penelitian dikalangan guru dan bagaimana sistem pendidikan kita mengaturnya mengingat beban yang diberikan kepada guru memang sudah cukup banyak.

    ReplyDelete
  18. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terkadang kita bingung ketika disuruh meneliti. kita bingung menentukan judulnya, siapa objeknya, apa yang harus diamati, bagaimana metodenya, bagaimana untuk meningkatkannya. Padahal apa yang bisa kita teliti sangatlah banyak. Membentang dari yang ada sampai yang mungkin ada. Namun rasanya kita tidak menyadari hal itu. Maka mengasah kepekaan itu adalah perlu. Dengan kepekaan kita bisa melihat adanya gap, adanya permasalahan, sehingga kita menemukan apa saja yang bisa kita teliti.

    ReplyDelete
  19. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas kita belajar mengenai obyek penelitian. Dimana ketika guru melakukan penelitian maka yang diteliti yaitu mengenai sifat—sifat siswanya. Terkait pula dengan penelitian aktifitas belajar siswa di kelas. Tidak hanya sifat saja tetapi juga terkait sikap para siswa saat belajar. tidak hanya itu tetapi hasil belajar siswa juga dapat dijadikan obyek penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh guru adalah upaya yang sangat baik dalam rangka mengembangkan kualitas pembelajaran itu sendiri. penting penelitian di lakukan oleh seorang guru terhadap pembelajara. Adapun bentuk penelitiannya bisa bermacam-macam seperti eksperimen, pengembangan, PTK dan jenis lain. Intinya penting melakukan penelitian bagi seorang guru terhadap obyeknya siswa.

    ReplyDelete
  20. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Guru yang mengajar di dalam kelas adalah orang yang sesungguhnya paling memahami bagaimana kondisi psikologis dan motivasi belajar siswanya. Walaupun setiap siswa itu unik, namun secara garis besar pasti bisa diamati permasalahan yang muncul secra terus menerus dan sangat berkontribusi besar di dalam rendahnya hasil belajar ataupun aspek lainnya. Kinerja seorang guru tidak hanya sampai mengisi rapor dan memberi nilai siswa, namun juga bertanggung jawab terhadap perbaikan proses pembelajaran. Guru tidak hanya sebatas mentransfer ilmu, tapi juga memahami siswa. Melalui penelitian kelas ,guru diharapkan untuk terus menuerus menyadari akan hambatan dan kekurangan yang terjadi sehingga dapat merancang perbaikan proses.

    ReplyDelete
  21. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari postingan di atas, dapat dilihat bahwa guru mempunyai kesempatan besar dalam meningkatkan pengajarannya melalui penelitian kelas. Semua hal yang berhubungan dengan terjaminnya kelancaran proses belajar mengajar dalam kelas dapat dijadikan objek penelitian. Oleh karena itu para praktisi pendidikan kayaknya senantiasa berkontribusi melalui penelitian.

    ReplyDelete
  22. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Objek penelitian guru adalah siswanya sendiri. Semua kejadian yang terjadi di kelas dapat menjadi objek penelitian seorang guru. Dengan melakukan penelitian, guru dapat menilai apakah pembelajarannya sudah baik ataukah belum. Penelitian sangatlah penting untuk dilakukan, karena dengannya pembelajaran dapat ditingkatkan waktu demi waktu. Hasil penelitian yang dipublikasikan juga dapat digunakan oleh guru guru lain

    ReplyDelete
  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Elegi di atas ini berisi dialog antara guru dengna penelitian kelas. Elegi ini memberika ninformasi kepada kita tentang komponen-komponen penelitian kelas, namun disampaikan dalam bentuk sebuah elegi. Sehingga ketika membaca, kita tidak hanya meningat, namun juga meresapi karena kita terbawa pada suasana ruang dan waktu antara sang guru dengan penelitian kelas.

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Masalah untuk di teliti di dalam kelas tidak akan ada habisnya. Guru atau peneliti tidak akan pernah kekurangan lahan untuk dijadikan sebagai obyek penelitian, karena guru dan siswa sama-sama mempunyai sifat diri dan sama-sama mampu untuk berkembang. Dan perkembangan dari sifat-sifat tersebut akan memberikan banyak sekali pengaruh terhadap aspek-aspek pembelajaran di dalam kelas, dan selain itu tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang terjadi.

    ReplyDelete
  25. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Elegi ini memberikan pengetahuan kepada kita bahwa yang dapat menjadi objek penelitian itu sangat banyak. Sehingga untuk menemukan objek penelitian semuanya tergantung kepada kesadaran peneliti, apakah peneliti menyadari dan peka terhadap persoalan-persoalan pembelajaran yang berada disekitarnya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  26. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Obyek penelitian bisa banyak macamnya, bisa aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Bisa penelitian kuantitatif, kulaitatif, maupun mix method. Salah satu cara agar bisa meningkatkan kualitas mengajar,maka guru bisa melakukan penelitian tindakan kelas, dengan bantuan observer teman sejawat misalnya. Tujuannya agar guru tahu suatu metode yang dipakai untuk mengajar sudah tepat atau belum, jika belum tepat maka bisa diperbaiki dan diperbaiki.

    ReplyDelete