Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

21 comments:

  1. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Ternyata banyak sekali objek penelitian di bidang pendidikan. Berdasarkan tulisan bapak, dapat saya kelompokkan objek-objek penelitian tersebut menjadi, siswa, guru, kebjakan kurikulum, materi dan sarana pelajaran. Sedangkan masing-masing objek tersebut bisa dibagi kembali menjadi aspek-aspek yang terkandung dalam masing-masing kategorinya. Misalnya siswa sebagai objek penelitian, maka terdapat aspek psikologis, aspek pengetahuan, aspek sikap, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Dari elegi di atas diketahui bahwa objek penelitian itu banyak sekali macamnya. Ternyata tugas seorang guru itu bukan hanya absensi, mengajar, memberikan latihan, memberikan ujian, menerima gaji. Ternyata tidak sesederhana itu. Banyak aspek yang harus diteliti dan ditingkatkan kualitasnya. Pada elegi di atas, subjek penelitian lebih ditekankan kepada guru. Guru merupakan kunci utama berhasil/tidaknya pembelajaran. Ibarat sedang berburu, mau secanggih apapun senjatanya. Tetap, penembaknyalah yang menentukan apakah tembakannya tersebut tepat sasaran atau tidak. Penembak itulah kita analogikan sebagai guru.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakaish, melalui elegi ini saya semakin mengatahui komponen-kompoenn yang dapat ditingkatkan dan dapat untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Bukankan penelitian kelas erat kaitannya dengan meningkatkan dan dengan apa akan meningkatkan?

    ReplyDelete
  4. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Setelah saya membaca, banyak sekali obyek penelitian yang semestinya diteliti oleh guru. Mulai dari yang ada pada diri guru sendiri, yang ada pada siswa, instrumen pembelajaran, metode, sumber belajar, alat evaluasi, dan lain-lain.
    Untuk meningkatkan kualitas kelas hendaknya guru melakukan penelitian terkait semua obyek yang terlibat tersebut. Namun, karena banyak sekali obyek yang terlibat maka guru hendaknya terus menerus dalam melakukan penelitian untuk menggapai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  5. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada postingan ini, merujuk pada penelitian tindakan kelas, dimana diawali dengan adanya masalah di kelas, kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasinya. Dalam melakukan penelitian perlu diperhatikan mengenai masalahnya, metodenya, objek penelitiannya, dan tujuannya. Objek penelitian itu ada banyak, tergantung ruang dan waktunya, tetapi ketika di ruang kelas, maka objek penelitiannya mencakup siswa, guru, metodenya, atau hubungan guru dan siswa. Banyak sekali objek penelitian itu, dan pasti ada banyak masalah juga disana. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mencari langkah yang tepat untuk mengatasi suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Berdasarkan uraian di atas, membuka kembali pikiran saya bahwa objek penelitian kelas itu sangat banyak dan bervariasi. Banyak sifat yang dapat digali dari siswa dan guru yang kaitannya dengan pembelajaran di kelas. Tetapi alangkah baiknya suatu penelitian tidak hanya untuk formalitas semata, melainkan benar-benar diniatkan untuk mengubah wajah pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  7. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kegiatan penelitian sangat penting di dalam meningkatkan pembelajaran. Setiap guru harus memiliki pengalaman penelitian sebelum mulai melakukan penelitian yang sesungguhnya. Karena sebenar-benar pengalaman meneliti adalah dimulai dari yang sederhana. Pengalaman meneliti tidak harus diakhiri dengan membuat laoran dapat dilakukan penelitian mandiri untuk kepentingan sendiri. Jika pengajar berkehnedak memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan pengalaman pendidik tersebut maka itulah sudah dapat disebut sebagai penelitian sederhana.
    Setelah melakukan penelitian sederhana, maka guru tersebut telah memiliki pengalaman melakukan penelitian. Lanhgkah selanjutnya adalah meningkatkan kualitas penelitian kelas. Cari dan amati murid muridmu, kebutuhan-kebutuhan mereka, serta perilaku-perilaku mereka. Selanjutnya guru introspeksi diri dalam rangka memberi pelayanan terbaik bagi murid-muridnya dalam rangka peningkatan kualitas mengajar. Itulah betapa pentingnya penelitian di kelas.

    ReplyDelete
  8. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Melalui postingan diatas begitu banyak sebenarnya objek penelitian yang bisa diambil sebagai salah satu variable untuk sebuah karya tulis ilmiah. Sebagai pendidik dan guru sudah semestinya memiliki segudang objek penelitian berdasarkan pengalaman dan kendala pembelajaran di dalam kelas. Bermodalkan pengalaman itu sudah sewajarnya guru bisa menuliskan sebuah PTK sebagai hasil dari penelitian di kelas, baik penelitian sederhana maupun eksperimen. Dengan sudah adanya objek penelitian pendidik atau guru atau peneliti sudah bisa menentukan tema apa yang akan dituliskan sebagai karya tulis ilmiah yang akan di tuliskan.

    ReplyDelete
  9. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Seorang pendidik atau peneliti biasanya sudah memiliki tema untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah. kemudian baru memilih objek penelitiannya. Dalam pemilihan Objek penelitian itu tergantung dari tujuan dilakukannya sebuah penelitian itu sedniri.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Objek penelitian merupakan sesuatu yang menjadi perhatian dan sasaran dalam penelitian. Terimakasih pak, melalui elegi ini dapat kami ketahui bahwa ada banyak hal yang dapat dijadikan sasaran atau objek dalam penelitan, guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian di kelas. Semoga dengan adanya informasi ini memberikan inspirasi bagi pembaca dalam memilih/menentukan objek penelitian.

    ReplyDelete
  11. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Penelitian adalah suatu kegiatan untuk mencari kebenaran. Penelitian juga dilakukan untuk menemukan solusi atas suatu masalah. Suatu penelitian pasti mempunyai obyek penelitian. Tetapi terkadang ketiksa ingin melakukan suatu penelitian, seorang peneliti merasa bingung untuk menemukan obyak penelitian. Nah, elegi di atas memberikan banyak referensi mengenai obyek-obyek yang dapat diteliti di bidang pendidikan. Ternyata, obyek-obyek penelitian tersebut ada banyak di sekitar kita. Tinggal kita yang mau atau tidak memanfaatkan obyek penelitian tersebut untuk melakukan suatu penelitian guna menemukan suatu kebenaran atau bahkan memberikan solusi atas suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Salah satu unsur suatu penelitian adalah adanya obyek penelitian. Setelah membaca dan merenungkan dari elegi yang Bapak tuliskan, telah saya sadari ternyata banyak sekali obyek penelitian yang dapat dijadikan bahan penelitian. Bahkan akan semakin banyak ketika peneliti, yang dalam hal ini guru memiliki keinginan untuk mengembangkan lebih dalam tentang penelitian yang telah dilakukannya. Hal itu memungkinkan untuk menciptakan ide beru tentang obyek penelitian yang lain. Oleh karena itu, salah jika persepsi kita sebagai guru bahwa obyek penelitian dalam dunia pendidikan hanya sebagian kecil dari obyek penelitian sosial lainnya.

    ReplyDelete
  13. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Banyak alasan yang menjadi pendukung seorang guru untuk melakukan penelitian kelas karena obyek penelitian sangatlah luas, tidak hanya terkait obyek dari siswa maupun guru, namun juga dapat berupa sumber belajar, hubungan satu obyek dengan obyek lainnya, serta banyak hal lainnya. Maka tidak ada sesuatu yang dapat dijadikan alasan bagi seorang pendidik untuk tidak melakukan penelitian kelas selain rasa malas. Maka sebenar-benar pendidik adalah mereka yang senantiasa berusaha meningkatkan kualitas proses pembelajarannya dengan mengadakan penelitian kelas.

    ReplyDelete
  14. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof

    Ada dua yang menjadi objek penelitian di dalam elegi tersebut yaitu guru dan siswa.Berbagai perilaku, sikap, aktivitas siswa di dalam serangkaian pembelajaran merupakan objek penelitian.Tidak hanya terfokus pada siswa saja, seorang guru perlu melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap bahan ajar ( LKS, RPP,dan buku ajar) atau siswa.Seberapa jauh siwa memahami apa yang telah dipelajarinya dengan melihat tingkat prestasinya siswa.

    ReplyDelete
  15. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Elegi menggapai obyek penelitian ini memberikan gambaran kepada kita sebagai calon guru bahwa obyek penelitian itu sangatlah dekat dengan guru. Hanya apakah guru tersebut peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya, dalam hal ini yaitu siswa, kondisi kelas, perangkat pembelajarannya dan dirinya sendiri. Sehingga banyak guru mengalami kesulitan dalam menentukan obyek penelitian padahal setiap hari dia temukan obyek penelitian tersebut. Artinya, guru harus memiliki kepekaan terhadap lingkungannya untuk dapat melakukan penelitian. Kepekaan tersebut dapat dilatih dengan sering membaca, baik secara teoritis yaitu buku, jurnal dan referensi yang lainnya maupun secara empiris dengan membaca keadaan kelas yang diampunya dari siswa, kondisi kelas, saran belajar dan lain sebagainya.Maka kepekaan guru terhadap permasalahan yang ada di depannya harus dipupuk atau dilatih sejak dini.

    ReplyDelete
  16. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Elegi menggapai obyek penelitian ini menggambarkan banyak sekali faktor dala suatu pebelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran penelitian pun dilakukan. Saat penelitian dilakukan , tidak selalu siswa yang dijadikan bahan penelitian namun semua variabel yang terikat bisa dijadikan bahan penelitian. Penelitian juga bisa dilakukan sesuai perkembangan jaman, ataupun permalsahan yang muncul dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menggapai obyek penelitian berarti mencoba memahami dan mengerti kondisi obyek yang diteliti dan dalam hal ini berbicara tentang soswa sebagai obyek penelitian guru ketika guru ingin melakukan penelitian berkenaan dengan evalusi pembelajarannya. Guru sebagai fasilitar bagi siswa dikelas memang seharusnya paham dan mengerti komponen apa sayja yang begitu penting bagi siswa seperti motivasi, ketrampilan sosial, kerjasama lewat diskusi sehingga dnegan guru paham akan kondisi siswa maka guru dapat mengembangkan pembelajran yang menyenangkan sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Terima Kasih

    ReplyDelete
  18. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami memahami bahwa kami sebagai pendidik dan calon pendidik yang akan mengajarkan atau memberikan aktifitas pembelajaran matematika kepada siswa harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tersebut. Salah satu caranya adalah dengan penelitian. Sebenarnya segala hal yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai objek penelitian, bahkan masalah yang kecil (tema kecil) sekalipun bisa digunakan sebagai objek penelitian. Yang terpenting dalam menyajikan permasalahan ini harus secara unik, karena dengan keunikan tersebut akan didapat suatu hasil penelitian yang original dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan karya orang lain.

    ReplyDelete
  19. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Banyak sekali objek-objek penelitian yang dapat guru perhatikan jika ingin melakukan penelitian kelas. Dimana lingkup objek penelitian tidak hanya dititik beratkan kepada siswa tetapi banyak hal-hal lain, seperti guru dapat mengevaluasi dari hasil dan proses pembelajaran, guru dapat mengembangkan bahan ajar dan instrumen danlain sebagainya. Seperti yang disebutkan dalam elegi ini, bahwa Guru juga yang ingin melakukan penelitian kelas, mereka harus mengamati dirinya apakah mereka mempunyai banyak pengetahuan mengenai proses pembelajaran yang baik seperti apa, bahkan sifat dan sikap guru juga harus diperhatikan dalam mengajar.

    ReplyDelete
  20. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Guru terkadang bingung penelitian apa yang harus dilakukan, padahal guru dapat memulainya dari dirinya sendiri. Apa yang menjadi suatu yang ideal di dalam kelas, atau apa yang menjadi permasalahan dalam kelas. Bagaimana ia mencapai target dalam pembelajaran, bagaimana ia menangani siswa yang bermasalah di kelas.. semua dapat menjadi bahan penelitian.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Banyak sekali objek yang dapat digunakan dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian tersebut dapat berupa sikap guru, sikap siswa, kompetensi/keterampilan siswa, metode pembelajaran, perangkat pembelajaran, instrument pembelajran, media pembelajaran, dan seluruh komponen pembelajaran lainnya, maupun keterkaitan antar komponen. Dalam menentukan objek penelitian, guru harus meningkatkan sensitifitasnya dalam pembelajaran. Guru hendaknya lebih peka dalam melihat segala permasalahan yang ada dan memiliki kepedulian untuk menemukan solusinya melalui penelitian. Semua itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat benar-benar belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete