Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

74 comments:

  1. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Banyak sekali obyek penelitian yang bisa diambil di dalam kelas. Misal guru, meneliti bagaimana model pembelajaran yang digunakan oleh guru bervariasi atau monoton, bagaimana media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa memahami konsep, bagaimana perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dll. Contoh lain misal meneliti siswa, meneliti kemampuan apa yang masih rendah yang dimiliki siswa sehingga siswa kurang optimal dalam belajar.

    ReplyDelete
  2. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Banyak hal yang menjadi faktor adanya sebab akibat dalam suatu relasi atau kejadian termasuk didalam proses pembelajaran.
    Maka diperlukan adanya kajian, telaah, observasi yang mendalam terhadap apa saja yang diduga menjadi sebab atau akibat suatu hal kemudian hal inilah yang menjadi objek sasaran suatu penelitian.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru dituntut dan memang harus melakukan inovasi dalam pembelajaran. Bagaimana bisa guru bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran jika guru tidak memahami karakter siswa? Bagaimana bisa guru bisa memahami karakter dan kebutuhan siswa jika guru tidak melakukan penelitian? Hal ini memberikan kesadaran bahwa begitu pentingnya peran suatu penelitian terhadap inovasi pembelajaran di kelas. Obyek penelitian bisa saja mengenai kebutuhan siswa, yaitu karakter siswa, motivasi untuk siswa, persepsi siswa, metode pembelajaran yang tepat untuk siswa dan masih banyak lagi. Namun ternyata sifat dan karakter dari guru pun bisa dijadikan obyek penelitian pembelajaran di kelas. Selain sosialisasi dari kementerian pendidikan, hal yang paling penting adalah kesadaran dan menyadarkan para guru Indonesia, bahwa penelitian yang dilakukan akan membawa kemajuan pada peserta didiknya. Diperlukan motivasi kepada guru bahwa negara Indonesia tidak hanya membutuhkan peserta didik yang pandai menghafal, namun juga pandai memahami dan segala aspek pengetahuan yang disampaikan dalam Taksonomi Bloom Terevisi agar dapat bersaing dengan negara lain.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat dijadikan obyek penelitian. Misalnya untuk mengetahui keefektifan LKS yang dikembangkan, metode pembelajaran tertentu, menemukan solusi atas kesulitan dan masalah belajar siswa, dsb. Semua itu dapat dijadikan obyek penelitian yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga mampu mampu mengoptimalkan peran dalam memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya. Obyek penelitian tidaklah harus berupa permasalah besar dan kompleks, bisa saja permasalahan-permasahan kecil yang kita teliti. Yang terpenting penelitian kita original dan sebaiknya memiliki kekhasan yang tidak dimiliki pada penelitian yang lain. Selain itu, lakukanlah penelitian dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Objek penelitian yang dapat guru gunakan adalah sifat muridnya. Ini digunakan jika peneitian dilakukan secara sederhana. Selanjutnya sikap dan perilaku siswa. Guru juga dapat mengamati 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain itu untuk meningkatkan kualitas penelitian guru haruslah menyusun dan merancang kegiatan pembelajaran dengan baik dan tepat. Dalam pembelajaran juga harus dilengkapi dengan berbagai alat peraga ataupun media pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku murid terhadap sikap dan perilaku pedagogik guru, hasil belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, teori pembelajaran dalam kelas, inovasi pembelajaran dalam kelas, teori pendidikan dan paradigma pendidikan dalam pembelajaran, pentingnya motivasi belajar siswa, apersepsi belajar siswa, hakikat motivasi belajar, hakikat apersepsi dan pengembangan apersepsi, metode pembelajaran, aktivitas belajar mandiri siswa, aktivitas belajar siswa kelompok, pengembangan kerjasama siswa dalam pembelajaran, pengembangan ketrampilan siswa, pencapaian kompetensis siswa, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, pengembangan instrumen pembelajaran, pengembangan portofolio untuk hasil belajar, reliabilitas dan validitasi instrumen penilaian, pengembangan RPP, pengembangan lembar kerja siswa, pengembangan alat bantu pembelajaran, pengembangan alat peraga pembelajaran, dan mencakup teori hakikat matematika.

    ReplyDelete
  7. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi di atas dapat disimpulkan guru adalah peneliti (teacher is researcher). Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Objek penelitian tersebut berupa motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya. Oleh karena itu, guru harus benar-benar selektif dan memahami seluruh siswanya.

    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Segala hal yng terjadi di sekitar kita itu bisa dijadikan obyek penelitian. Termasuk juga segala aktifitas di sekolahan. Baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Banyak permasalahan yang muncul di kelas, itu bisa dijadikan obyek penelitian. Untuk dapat melakukan penelitian dengan baik maka diperlukan usaha untuk belajar, banyak membaca buku, mencari berbagai referensi teori, dan banyak melakukan kegiatan di kelas. Seluruh proses belajar mengajar di kelas dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Dari elegi di atas menunjukkan bahwa untuk melakukan penelitian objek yang akan diamati begitu banyak ada di sekitar kita bahkan melekat dalam diri kita. Namun terkadang kita sangat sulit untuk memulai suatu penelitian apalagi dalam menentukan objek yang akan di teliti. Ini menandakan bahwa sebelum memulai suatu penelitian kita harus dulu meningkatkan kualitas diri dalam hal memperbanyak belajar, membaca buku, membaca referensi, meningkatkan motivasi, dan juga kita harus berpikir bahwa apa yang akan teliti kedepannya akan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  10. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pada dasarnya objek penelitian merupakan apa yang hendak diselidiki di dalam kegiatan penelitian. Objek adalah keseluruhan dari gejala yang terdapat di sekitar kehidupan kita, seperti gejala-gejala yang sering kita temui dalam lingkup pendidikan (yang telah dijelaskan diatas) yang dapat dijadikan objek penelitian. Objek-objek dilakukan penelitian karena adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan dari objek-objek yang akan diteliti.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara amsalah objek penelitian maka dapat lah kita katakn bahwa objek penelitian itu tergantung apa yang diteliti. Karena kita di dunia pendidikan, pastinya objek penelitian kita adalah siswa. berbicara amsalah itu saya terpikir bahwa dnegan adanya lesson study maka kita kaan selalau memp[erbaiki diri kita nanati baik dan baik lagi.

    ReplyDelete
  12. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat diri kita sebagai guru. Sifat kita ditentukan oleh sikap, keyakinan, dan pengetahuan kita. Kita sebagai guru harus mengetahui bagaimana siswa-siswa belajar. Kita juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran dan menguasai konten pembelajaran serta dapat membuat inovasi pembelajaran. Kita juga hendaknya mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Semoga kita mampu menjadi guru yang mampu menghebatkan siswa-siswanya. Kuncinya adalah kita tak berhenti berikhtiar dan berdoa agar mampu menjadi guru yang amanah.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pembelajaran yang melewati rangkaian proses belajar dan melihat hasil yang ditunjukkan para siswa, guru akan menilai seberapa berhasilkah mengajarnya dan mampu mengidentifikasi apa sebenarnya yang kurang dari proses pembelajaran yang dilakukannya sehingga mungkin capaian siswanya belum maksimal.
    Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan meneliti. Obyek yang dapat diteliti tidak terbatas pada siswa dan diri guru sendiri namun semua yang berperan serta dalam proses belajar mengajar dapat diteliti guru lebih lanjut lagi.

    ReplyDelete
  14. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Objek penelitian tersebut berupa motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya, guru dapat menjadikan segala keperluan siswa sebagai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hal yang dapat guru lakukan dalam meningkatkan profesionalismenya adalah melakukan penelitian kelas secara berkesinambungan sebagai upaya untuk meningkat kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dapat membantu pengembangan kompetensi guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran mencakup kualitas isi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran, proses, dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, dan profesional guru. Penelitian tindakan kelas dapat dijadikan sarana bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara efektif.

    ReplyDelete
  16. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada hakekatnya guru juga berperan sebagai peneliti. Karena dalam hal mengevaluasi pembelajaran dikelas. Guru dituntut dapat meneliti berbagai objek penelitian kelas sehingga dapat melakukan evaluasi dengan tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan dikelas. Tak pantaslah guru mengeluhkan kerena tugasnya yang berat untuk mneliti karena meneliti adalah salah satu tugas guru dikelas.

    ReplyDelete
  17. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Elegi ini sangat cocok dan dapat menjadi masukan untuk para guru dan calon guru agar lebih mengetahui apa saja yang terjadi atau akan terjadi saat, sebelum dan sesudah proses pembelajaran matematika di sekolah. Serang guru harusnya mampu untuk mengidentifikasi sifat-sifat yang dalam siswa, guru itu sendiri dan dalam proses belajar mengajarnya yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Objek penelitian yang ada dalam proses belajar mengajar sangatlah banyak hanya saja guru atau calon guru (peneliti kelas) bagaimana dapat memanfaatkan setiap kali ada masalah di dalam kelas dan dituliskan melalui jurnal penelitian, maka disana akan terlihat banyak masalah yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dari Elegi Menggapai Objek Penelitian di atas, dapat diketahui bahwa sebagai seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Dalam melakukan penelitian yang dapat dijadikan objek penelitian diantaranya yaitu motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Obyek penelitian sangatlah luas yang harus dapat kita manfaatkan dan kita kembangkan seluas-luasnya untuk mendapatkan hasil yang optimal pula. Dengan objek yang sangat luas tersebut, maka yang kita pikirkan pun juga akan lebih beragam. Dengan keberagaman itulah hidup menjadi lebih berwarna serta ilmu yang kita dapatkan pun lebih banyak dan beragam pula.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Penelitian memang memiliki tujuan untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang dalam proses pebelajaran. Membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di kelas, yang akan berdampak pada kualitas pendidikan. Pada dasarnya semua obyek yang ada di dalam kelas bisa digunakan sebagai obyek dalam penelitian. Obyek yang untuk diteliti tidaklah harus berupa obyek yang besar bisa saja permasalahan-permasahan kecil yang kita teliti. Selain itu keunikan, karena dengan keunikan ini maka akan tercipta hasil penelitian yang original dan memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

    ReplyDelete
  21. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari artikel di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya yang menjadi objek penelitian seorang guru adalah siswanya sendiri dan berbagai fenomena yang terjadi selama proses kegiatan pembelajaran. Sikap dan perilaku murid juga dapat menjadi objek penelitian bagi guru. Seorang guru juga perlu mengadakan penelitian mengenai metode pembelajaran yang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, metode pembelajaran inovatif juga merupakan objek penelitian bagi guru. Bagi guru, semua yang berkaitan dengan siswa (khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan belajar siswa) dan kegiatan pembelajaran dapat menjadi objek penelitiannya.

    ReplyDelete
  22. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Seorang guru adalah peneliti. Agar pembelajaran dapat terus berkembang maka guru perlu melakukan penelitian. Penelitian guru mencakup semua yang ada di kelas. Obyek penelitian guru di kelas adalah sikap pedagogig guru motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP,media pembelajaran, alat peraga pemahaman siswa akan konsep konsep dan lain lain.

    ReplyDelete
  23. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru dapat menjadikan segala keperluan siswa sebagai obyek penelitian. Dengan adanya penelitian maka diharapkan akan dihasilkan solusi solusi dari berbagai permasalahan pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Ternyata banyak sekali objek penelitian di bidang pendidikan. Berdasarkan tulisan bapak, dapat saya kelompokkan objek-objek penelitian tersebut menjadi, siswa, guru, kebjakan kurikulum, materi dan sarana pelajaran. Sedangkan masing-masing objek tersebut bisa dibagi kembali menjadi aspek-aspek yang terkandung dalam masing-masing kategorinya. Misalnya siswa sebagai objek penelitian, maka terdapat aspek psikologis, aspek pengetahuan, aspek sikap, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  25. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Dari elegi di atas diketahui bahwa objek penelitian itu banyak sekali macamnya. Ternyata tugas seorang guru itu bukan hanya absensi, mengajar, memberikan latihan, memberikan ujian, menerima gaji. Ternyata tidak sesederhana itu. Banyak aspek yang harus diteliti dan ditingkatkan kualitasnya. Pada elegi di atas, subjek penelitian lebih ditekankan kepada guru. Guru merupakan kunci utama berhasil/tidaknya pembelajaran. Ibarat sedang berburu, mau secanggih apapun senjatanya. Tetap, penembaknyalah yang menentukan apakah tembakannya tersebut tepat sasaran atau tidak. Penembak itulah kita analogikan sebagai guru.

    ReplyDelete
  26. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakaish, melalui elegi ini saya semakin mengatahui komponen-kompoenn yang dapat ditingkatkan dan dapat untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Bukankan penelitian kelas erat kaitannya dengan meningkatkan dan dengan apa akan meningkatkan?

    ReplyDelete
  27. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Setelah saya membaca, banyak sekali obyek penelitian yang semestinya diteliti oleh guru. Mulai dari yang ada pada diri guru sendiri, yang ada pada siswa, instrumen pembelajaran, metode, sumber belajar, alat evaluasi, dan lain-lain.
    Untuk meningkatkan kualitas kelas hendaknya guru melakukan penelitian terkait semua obyek yang terlibat tersebut. Namun, karena banyak sekali obyek yang terlibat maka guru hendaknya terus menerus dalam melakukan penelitian untuk menggapai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  28. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada postingan ini, merujuk pada penelitian tindakan kelas, dimana diawali dengan adanya masalah di kelas, kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasinya. Dalam melakukan penelitian perlu diperhatikan mengenai masalahnya, metodenya, objek penelitiannya, dan tujuannya. Objek penelitian itu ada banyak, tergantung ruang dan waktunya, tetapi ketika di ruang kelas, maka objek penelitiannya mencakup siswa, guru, metodenya, atau hubungan guru dan siswa. Banyak sekali objek penelitian itu, dan pasti ada banyak masalah juga disana. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mencari langkah yang tepat untuk mengatasi suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  29. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Berdasarkan uraian di atas, membuka kembali pikiran saya bahwa objek penelitian kelas itu sangat banyak dan bervariasi. Banyak sifat yang dapat digali dari siswa dan guru yang kaitannya dengan pembelajaran di kelas. Tetapi alangkah baiknya suatu penelitian tidak hanya untuk formalitas semata, melainkan benar-benar diniatkan untuk mengubah wajah pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  30. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Kegiatan penelitian sangat penting di dalam meningkatkan pembelajaran. Setiap guru harus memiliki pengalaman penelitian sebelum mulai melakukan penelitian yang sesungguhnya. Karena sebenar-benar pengalaman meneliti adalah dimulai dari yang sederhana. Pengalaman meneliti tidak harus diakhiri dengan membuat laoran dapat dilakukan penelitian mandiri untuk kepentingan sendiri. Jika pengajar berkehnedak memperbaiki praktik pembelajaran berdasarkan pengalaman pendidik tersebut maka itulah sudah dapat disebut sebagai penelitian sederhana.
    Setelah melakukan penelitian sederhana, maka guru tersebut telah memiliki pengalaman melakukan penelitian. Lanhgkah selanjutnya adalah meningkatkan kualitas penelitian kelas. Cari dan amati murid muridmu, kebutuhan-kebutuhan mereka, serta perilaku-perilaku mereka. Selanjutnya guru introspeksi diri dalam rangka memberi pelayanan terbaik bagi murid-muridnya dalam rangka peningkatan kualitas mengajar. Itulah betapa pentingnya penelitian di kelas.

    ReplyDelete
  31. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Melalui postingan diatas begitu banyak sebenarnya objek penelitian yang bisa diambil sebagai salah satu variable untuk sebuah karya tulis ilmiah. Sebagai pendidik dan guru sudah semestinya memiliki segudang objek penelitian berdasarkan pengalaman dan kendala pembelajaran di dalam kelas. Bermodalkan pengalaman itu sudah sewajarnya guru bisa menuliskan sebuah PTK sebagai hasil dari penelitian di kelas, baik penelitian sederhana maupun eksperimen. Dengan sudah adanya objek penelitian pendidik atau guru atau peneliti sudah bisa menentukan tema apa yang akan dituliskan sebagai karya tulis ilmiah yang akan di tuliskan.

    ReplyDelete
  32. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Seorang pendidik atau peneliti biasanya sudah memiliki tema untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah. kemudian baru memilih objek penelitiannya. Dalam pemilihan Objek penelitian itu tergantung dari tujuan dilakukannya sebuah penelitian itu sedniri.

    ReplyDelete
  33. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Objek penelitian merupakan sesuatu yang menjadi perhatian dan sasaran dalam penelitian. Terimakasih pak, melalui elegi ini dapat kami ketahui bahwa ada banyak hal yang dapat dijadikan sasaran atau objek dalam penelitan, guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penelitian di kelas. Semoga dengan adanya informasi ini memberikan inspirasi bagi pembaca dalam memilih/menentukan objek penelitian.

    ReplyDelete
  34. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Penelitian adalah suatu kegiatan untuk mencari kebenaran. Penelitian juga dilakukan untuk menemukan solusi atas suatu masalah. Suatu penelitian pasti mempunyai obyek penelitian. Tetapi terkadang ketiksa ingin melakukan suatu penelitian, seorang peneliti merasa bingung untuk menemukan obyak penelitian. Nah, elegi di atas memberikan banyak referensi mengenai obyek-obyek yang dapat diteliti di bidang pendidikan. Ternyata, obyek-obyek penelitian tersebut ada banyak di sekitar kita. Tinggal kita yang mau atau tidak memanfaatkan obyek penelitian tersebut untuk melakukan suatu penelitian guna menemukan suatu kebenaran atau bahkan memberikan solusi atas suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  35. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Salah satu unsur suatu penelitian adalah adanya obyek penelitian. Setelah membaca dan merenungkan dari elegi yang Bapak tuliskan, telah saya sadari ternyata banyak sekali obyek penelitian yang dapat dijadikan bahan penelitian. Bahkan akan semakin banyak ketika peneliti, yang dalam hal ini guru memiliki keinginan untuk mengembangkan lebih dalam tentang penelitian yang telah dilakukannya. Hal itu memungkinkan untuk menciptakan ide beru tentang obyek penelitian yang lain. Oleh karena itu, salah jika persepsi kita sebagai guru bahwa obyek penelitian dalam dunia pendidikan hanya sebagian kecil dari obyek penelitian sosial lainnya.

    ReplyDelete
  36. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Banyak alasan yang menjadi pendukung seorang guru untuk melakukan penelitian kelas karena obyek penelitian sangatlah luas, tidak hanya terkait obyek dari siswa maupun guru, namun juga dapat berupa sumber belajar, hubungan satu obyek dengan obyek lainnya, serta banyak hal lainnya. Maka tidak ada sesuatu yang dapat dijadikan alasan bagi seorang pendidik untuk tidak melakukan penelitian kelas selain rasa malas. Maka sebenar-benar pendidik adalah mereka yang senantiasa berusaha meningkatkan kualitas proses pembelajarannya dengan mengadakan penelitian kelas.

    ReplyDelete
  37. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof

    Ada dua yang menjadi objek penelitian di dalam elegi tersebut yaitu guru dan siswa.Berbagai perilaku, sikap, aktivitas siswa di dalam serangkaian pembelajaran merupakan objek penelitian.Tidak hanya terfokus pada siswa saja, seorang guru perlu melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap bahan ajar ( LKS, RPP,dan buku ajar) atau siswa.Seberapa jauh siwa memahami apa yang telah dipelajarinya dengan melihat tingkat prestasinya siswa.

    ReplyDelete
  38. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Elegi menggapai obyek penelitian ini memberikan gambaran kepada kita sebagai calon guru bahwa obyek penelitian itu sangatlah dekat dengan guru. Hanya apakah guru tersebut peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya, dalam hal ini yaitu siswa, kondisi kelas, perangkat pembelajarannya dan dirinya sendiri. Sehingga banyak guru mengalami kesulitan dalam menentukan obyek penelitian padahal setiap hari dia temukan obyek penelitian tersebut. Artinya, guru harus memiliki kepekaan terhadap lingkungannya untuk dapat melakukan penelitian. Kepekaan tersebut dapat dilatih dengan sering membaca, baik secara teoritis yaitu buku, jurnal dan referensi yang lainnya maupun secara empiris dengan membaca keadaan kelas yang diampunya dari siswa, kondisi kelas, saran belajar dan lain sebagainya.Maka kepekaan guru terhadap permasalahan yang ada di depannya harus dipupuk atau dilatih sejak dini.

    ReplyDelete
  39. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Elegi menggapai obyek penelitian ini menggambarkan banyak sekali faktor dala suatu pebelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran penelitian pun dilakukan. Saat penelitian dilakukan , tidak selalu siswa yang dijadikan bahan penelitian namun semua variabel yang terikat bisa dijadikan bahan penelitian. Penelitian juga bisa dilakukan sesuai perkembangan jaman, ataupun permalsahan yang muncul dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  40. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menggapai obyek penelitian berarti mencoba memahami dan mengerti kondisi obyek yang diteliti dan dalam hal ini berbicara tentang soswa sebagai obyek penelitian guru ketika guru ingin melakukan penelitian berkenaan dengan evalusi pembelajarannya. Guru sebagai fasilitar bagi siswa dikelas memang seharusnya paham dan mengerti komponen apa sayja yang begitu penting bagi siswa seperti motivasi, ketrampilan sosial, kerjasama lewat diskusi sehingga dnegan guru paham akan kondisi siswa maka guru dapat mengembangkan pembelajran yang menyenangkan sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Terima Kasih

    ReplyDelete
  41. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami memahami bahwa kami sebagai pendidik dan calon pendidik yang akan mengajarkan atau memberikan aktifitas pembelajaran matematika kepada siswa harus senantiasa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tersebut. Salah satu caranya adalah dengan penelitian. Sebenarnya segala hal yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai objek penelitian, bahkan masalah yang kecil (tema kecil) sekalipun bisa digunakan sebagai objek penelitian. Yang terpenting dalam menyajikan permasalahan ini harus secara unik, karena dengan keunikan tersebut akan didapat suatu hasil penelitian yang original dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan karya orang lain.

    ReplyDelete
  42. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Banyak sekali objek-objek penelitian yang dapat guru perhatikan jika ingin melakukan penelitian kelas. Dimana lingkup objek penelitian tidak hanya dititik beratkan kepada siswa tetapi banyak hal-hal lain, seperti guru dapat mengevaluasi dari hasil dan proses pembelajaran, guru dapat mengembangkan bahan ajar dan instrumen danlain sebagainya. Seperti yang disebutkan dalam elegi ini, bahwa Guru juga yang ingin melakukan penelitian kelas, mereka harus mengamati dirinya apakah mereka mempunyai banyak pengetahuan mengenai proses pembelajaran yang baik seperti apa, bahkan sifat dan sikap guru juga harus diperhatikan dalam mengajar.

    ReplyDelete
  43. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Guru terkadang bingung penelitian apa yang harus dilakukan, padahal guru dapat memulainya dari dirinya sendiri. Apa yang menjadi suatu yang ideal di dalam kelas, atau apa yang menjadi permasalahan dalam kelas. Bagaimana ia mencapai target dalam pembelajaran, bagaimana ia menangani siswa yang bermasalah di kelas.. semua dapat menjadi bahan penelitian.

    ReplyDelete
  44. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Banyak sekali objek yang dapat digunakan dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian tersebut dapat berupa sikap guru, sikap siswa, kompetensi/keterampilan siswa, metode pembelajaran, perangkat pembelajaran, instrument pembelajran, media pembelajaran, dan seluruh komponen pembelajaran lainnya, maupun keterkaitan antar komponen. Dalam menentukan objek penelitian, guru harus meningkatkan sensitifitasnya dalam pembelajaran. Guru hendaknya lebih peka dalam melihat segala permasalahan yang ada dan memiliki kepedulian untuk menemukan solusinya melalui penelitian. Semua itu dilakukan demi memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat benar-benar belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  45. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Penelitian memang merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditinggalkan terutama dalam dunia pendidikan. Selain itu penelitian juga merupakan syarat wajib untuk memperoleh gelar dan jabatan. Agar seseorang bisa naik pangkat ia harus membuat karya ilmiah dan karya ilmiah dihasilkan dari penelitian. Perlu kita tau elegi ini mengingatkan kita bahwa objek penelitian yang harus diperhatikan ternyata sangat banyak. Penelitian yang berkualitas adalah penelitian yang mampu memperhatikan setiap aspek dari objek penelitian.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Elegi ini sebaiknya perlu disimpan dan dipahami secara baik-baik. Sehingga ketika kita ingin melakukan penelitian dapat kita buka lagi, mengingat kembali objek penelitian, aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam penelitian. Jika sebelum melakukan penelitian tidak memahami kembali tentang objek penelitian tersebut sebagian besar peneliti melupakan aspek-aspek tersebut, termasuk saya. Dengan membaca elegi ini saya menyadari bahwa ternyata penelitian saya masih sangat jauh dari sebutan penelitian yang berkualitas karena masih banyak objek penelitian yang luput dari perhatian saya. Sehingga memotivasi saya agar kedepannya dapat melakukan penelitian yang berkualitas.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Elegi ini sangat membuat mudah memahi apa itu penelitian kelas, bagaimana cara meneliti, bagaimana cara menemukan masalah yang sedang terjadi, dan unsur-unsur lainnya yang ada di dalam penelitian kelas. Betapa pentingnya penelitian bagi seorang pendidik yang ingin memoerbaiki kinerja serta ingin membantu pemerintah mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Hal ini dapat dengan mudah saya cerna bagimana proses peneltian itu bisa terjadi. Ilmu yang sangat berguna dan bisa saya terapkan ketika dalam menjelaskan jenis peneltian yang lain. Karena dengan menulis percakapan seperti elegi ini, akan dirasa unik dan menarik oleh peserta pendengar.

    ReplyDelete
  48. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Begitu banyak obyek yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Bahkan yang ada dalam diri seorang pendidiknya pun itu dapat digunakan sebagai obyek penelitian jika itu dapat membawa pengaruh bagi murid-muridnya. Jika ingin lebih dikembangkan lagi, masih banyak obyek-obyek yang dapat diteliti, semuanya adalah satu kesatuan yang jika dikemas akan menjadi suatu penelitian yang dapat meningkatkan kualitas penelitian itu sendiri. Mungkin karena saking banyaknya obyek yang harus ditingkatkan kualitasnya, pendidik mengalami kebingungan harus dimulai dari mana terlebih dahulu aspek yang harus dikembangkan dan yang dibutuhkan siswa untuk segera diperbaiki, karena seorang pendidik atau peneliti juga memiliki keterbatasan yang tidak dapat dalam satu waktu sekaligus meneliti banyak obyek untuk dikembangkan.

    ReplyDelete
  49. Semua aktivitas pembelajaran yang terjadi di kelas dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Bagaimana guru mengajar di kelas dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Inovasi pembelajaran apa saja yang dapat diterapkan dalam pembelajaran dapat sebagai objek penelitian. Bagaimana siswa belajar matematika di kelas pun dapat digunakan sebagai objek penelitian. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa saat belajar matematika, atau kesulitan-kesulitan yang dialami guru saat mengajar pun dapat sebagai objek penelitian.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  50. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sebenarnya ada banyak objek penelitian bagi guru. Dari sudut siswa, guru dapat meneliti sikap siswa, gaya belajar siswa, motivasi siswa, kemampuan-kemampuan yang seharusnya siswa miliki, kesulitan-kesulitan siswa, dan lainya. Dari segi guru, guru dapat meneliti tentang kemampuan guru, kesulitan guru, bagaimana pengaruhnya ke siswa, dan hal-hal lainnya. Belum lagi jika dikaitkan dengan metode pembelajaran, media pembelajaran, materi, maka ada banyak obyek penelitian yang dapat dilakukan oleh guru. Yang terpenting adalah adanya semangat dari guru untuk melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  51. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terimakasih, Pak. Dengan membaca elegi di atas saya jadi lebih mengerti bahwa obyek penelitian dalam kelas itu jangkauannya sangatlah luas, tidak hanya berkutat pada peningkatan nilai kognitif siswa seperti yang saya ketahui sebelumnya. Terimakasih, Pak.

    ReplyDelete
  52. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Elegi ini mengajak kita untuk berpikir reflektif melalui dialog imajiner atas penelitian. Saya senantiasa mengingat apa yang bapak sering katakan; “bahwa hidup adalah riset, maka jadilah researcher”. Maka dari itu, apapun profesi kita, jika ingin berjalan dengan baik haruslah didorong dengan kemampuan riset yang baik. Menjadi guru bukanlah sekedar pengajar yang transfer pengetahuan, melainkan harus mampu membaca peradaban dan tuntutan zaman agar dapat memerdekakan potensi siswa, maka jadilah teacher-researcher.

    ReplyDelete
  53. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Guru adalah peneliti maka seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa .

    ReplyDelete
  54. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Pada dasarnya semua hal yang mempengaruhi proses belajar mengajar dapat dijadikan objek dalam penelitian. Mengapa demikian?. Karena untuk melancarkan proses belajar mengajar semua hal yang terlibat dalam proses belajar mengajar, baik itu guru, siswa, sarana dan prasarana, sifat-sifat serta berbagai hal lainnya haruslah berjalan dengan baik. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak hal yang menjadi masalah dalam proses belajar mengajar, maka dari itu dibutuhkannya berbagai macam penelitian, termasuk diantaranya penelitian tindakan kelas, guna menjadikan proses belajar mengajar yang dilakukan semakin baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  55. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Setelah membaca artikel yang berjudul menggapai obyek penelitian diatas, ternyata banyak sekali objek penelitian yang dapat kita temukan di kelas. Objek penelitian mencakup hal-hal yang sangat luas. Namun seringkali saya masih merasa bingung untuk menentukan objek penelitian. Dengan membaca elegi ini saya menjadi lebih paham mengenai objek penelitian dan apa saja yangdapat digunakan menjadi obyek penelitian.

    ReplyDelete
  56. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Sebagai guru kita harus berfokus kepada aspek-aspek yang ada didalam keals. Melakukan PTK, salah satu aran kita dalam mengetahui sejauhmana kualitas dari pembelajaran kita serta mengusahakan cara-cara untuk memperbaikinya. PTK memiliki banyak fokus yang bisa diteliti, tentu saja haruslah memperhatikan tidak hanya satu sisi saja namun dari berbagai sisi yang mendukung pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  57. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Ada banyak sekali obyek penelitian dalam dunia pendidikan. Mulai dari guru, siswa, proses pembelajaran, cara/alat evaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, dll. Dari sekian banyak hal yang dapat dilakukan berkaitan dengan perbaikan pada obyek penelitian tersebut mungkin salah satu yang dapat ditawarkan adalah lesson study. Dengan lesson study guru dapat melakukan refleksi yang kemudian disertai dengan perbaikan pada kualitas guru, proses pembelajaran, cara/alat observasi, sarana dan prasarana pembelajaran, tentunya lesson study baiknya dilakukan secara berkala dan terus-menerus agar nantinya dapat menggapai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  58. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Dalam penelitian pendidikan, banyak hal dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat dijadikan penelitian. Yang diperlukan hanya kesensitifan peneliti akan objek mana yang paling perlu untuk diteliti. Guru sebagai peneliti seharusnya lebih paham objek yang mana yang perlu diteliti, sebab guru setiap hari berhadapan dengan kegiatan belajar mengajar dari proses perencanaan hingga evaluasi.

    ReplyDelete
  59. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Ada begitu banyak obyek penelitian. Tidak akan habis sesuai ruang Dan waktu. Tidak akan habis sebab obyek penelitian ini Juga berhermenetika.
    Trimakasih, artikel ini memberi banyak masukan untuk obyek obyek penelitian bagi guru. Saya juga guru yang Juga akan menggapai guru adalah peneliti.

    ReplyDelete
  60. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Objek adalah keseluruhan dari gejala yang terdapat di sekitar kehidupan kita. Apabila kita lihat dari sumbernya, maka objek di dalam suatu penelitian kualitatif disebut sebagai situasi sosial. Apabila dikaitkan dengan sumbernya, maka objek penelitian bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu objek primer dan sekunder. Sementara untuk pengertian dari objek primer yaitu suatu objek yang diperoleh dengan melalui sumber pertama, sedangkan untuk objek sekunder yaitu objek yang didapatkan dengan melalui sumber kedua.

    ReplyDelete
  61. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Di penelitian kualitatif, ada wawancara sebagai suatu teknik pengumpulan data. Pada saat melakukan sebuah wawancara, maka objek primernya adalah hasil dari wawancara tersebut, sedangkan untuk objek sekundernya adalah dokumen yang tertulis ataupun berbagai hasil pembicaraan yang berguna untuk mendukung sumber objek serta objek primernya.

    ReplyDelete
  62. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam penelitian kelas sesungguhnya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogi guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Dan jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku murid terhadap sikap dan perilaku pedagogi guru, hasil belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dll.

    ReplyDelete
  63. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dari elegi ini menjelaskan tentang bagaimana cara mencari objek penelitian. Dijelaskan bahwa sangat banyak objek penelitian yang bisa dikaji dan digali informasinya. Dilihat dari banyaknya objek penelitian ini maka menunjukkan juga betapa pentingnya sebuah riset ilmiah demi kemajuan di bidang pendidikan. Banyak hal yang bisa ditemukan dengan adanya penelitian sehingga ilmu-ilmu dan pengetahuan baru juga bisa dihasilkan. Tetapi yang menjadi kendala adalah bagaimana membuadayakan penelitian dikalangan guru dan bagaimana sistem pendidikan kita mengaturnya mengingat beban yang diberikan kepada guru memang sudah cukup banyak.

    ReplyDelete
  64. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terkadang kita bingung ketika disuruh meneliti. kita bingung menentukan judulnya, siapa objeknya, apa yang harus diamati, bagaimana metodenya, bagaimana untuk meningkatkannya. Padahal apa yang bisa kita teliti sangatlah banyak. Membentang dari yang ada sampai yang mungkin ada. Namun rasanya kita tidak menyadari hal itu. Maka mengasah kepekaan itu adalah perlu. Dengan kepekaan kita bisa melihat adanya gap, adanya permasalahan, sehingga kita menemukan apa saja yang bisa kita teliti.

    ReplyDelete
  65. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi di atas kita belajar mengenai obyek penelitian. Dimana ketika guru melakukan penelitian maka yang diteliti yaitu mengenai sifat—sifat siswanya. Terkait pula dengan penelitian aktifitas belajar siswa di kelas. Tidak hanya sifat saja tetapi juga terkait sikap para siswa saat belajar. tidak hanya itu tetapi hasil belajar siswa juga dapat dijadikan obyek penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh guru adalah upaya yang sangat baik dalam rangka mengembangkan kualitas pembelajaran itu sendiri. penting penelitian di lakukan oleh seorang guru terhadap pembelajara. Adapun bentuk penelitiannya bisa bermacam-macam seperti eksperimen, pengembangan, PTK dan jenis lain. Intinya penting melakukan penelitian bagi seorang guru terhadap obyeknya siswa.

    ReplyDelete
  66. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Guru yang mengajar di dalam kelas adalah orang yang sesungguhnya paling memahami bagaimana kondisi psikologis dan motivasi belajar siswanya. Walaupun setiap siswa itu unik, namun secara garis besar pasti bisa diamati permasalahan yang muncul secra terus menerus dan sangat berkontribusi besar di dalam rendahnya hasil belajar ataupun aspek lainnya. Kinerja seorang guru tidak hanya sampai mengisi rapor dan memberi nilai siswa, namun juga bertanggung jawab terhadap perbaikan proses pembelajaran. Guru tidak hanya sebatas mentransfer ilmu, tapi juga memahami siswa. Melalui penelitian kelas ,guru diharapkan untuk terus menuerus menyadari akan hambatan dan kekurangan yang terjadi sehingga dapat merancang perbaikan proses.

    ReplyDelete
  67. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Dari postingan di atas, dapat dilihat bahwa guru mempunyai kesempatan besar dalam meningkatkan pengajarannya melalui penelitian kelas. Semua hal yang berhubungan dengan terjaminnya kelancaran proses belajar mengajar dalam kelas dapat dijadikan objek penelitian. Oleh karena itu para praktisi pendidikan kayaknya senantiasa berkontribusi melalui penelitian.

    ReplyDelete
  68. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Objek penelitian guru adalah siswanya sendiri. Semua kejadian yang terjadi di kelas dapat menjadi objek penelitian seorang guru. Dengan melakukan penelitian, guru dapat menilai apakah pembelajarannya sudah baik ataukah belum. Penelitian sangatlah penting untuk dilakukan, karena dengannya pembelajaran dapat ditingkatkan waktu demi waktu. Hasil penelitian yang dipublikasikan juga dapat digunakan oleh guru guru lain

    ReplyDelete
  69. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Elegi di atas ini berisi dialog antara guru dengna penelitian kelas. Elegi ini memberika ninformasi kepada kita tentang komponen-komponen penelitian kelas, namun disampaikan dalam bentuk sebuah elegi. Sehingga ketika membaca, kita tidak hanya meningat, namun juga meresapi karena kita terbawa pada suasana ruang dan waktu antara sang guru dengan penelitian kelas.

    ReplyDelete
  70. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Masalah untuk di teliti di dalam kelas tidak akan ada habisnya. Guru atau peneliti tidak akan pernah kekurangan lahan untuk dijadikan sebagai obyek penelitian, karena guru dan siswa sama-sama mempunyai sifat diri dan sama-sama mampu untuk berkembang. Dan perkembangan dari sifat-sifat tersebut akan memberikan banyak sekali pengaruh terhadap aspek-aspek pembelajaran di dalam kelas, dan selain itu tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang terjadi.

    ReplyDelete
  71. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Elegi ini memberikan pengetahuan kepada kita bahwa yang dapat menjadi objek penelitian itu sangat banyak. Sehingga untuk menemukan objek penelitian semuanya tergantung kepada kesadaran peneliti, apakah peneliti menyadari dan peka terhadap persoalan-persoalan pembelajaran yang berada disekitarnya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  72. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Obyek penelitian bisa banyak macamnya, bisa aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Bisa penelitian kuantitatif, kulaitatif, maupun mix method. Salah satu cara agar bisa meningkatkan kualitas mengajar,maka guru bisa melakukan penelitian tindakan kelas, dengan bantuan observer teman sejawat misalnya. Tujuannya agar guru tahu suatu metode yang dipakai untuk mengajar sudah tepat atau belum, jika belum tepat maka bisa diperbaiki dan diperbaiki.

    ReplyDelete
  73. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Elegi diatas sangat menarik. Elegi diatas menggambarkan bahwa guru ataupun peneliti tidak akan kekurangan bahan untuk dijadikan objek penelitian. Banyak sekali yang bisa menjadi objek penelitian dikelas. Sebagai seorang peneliti harus menyadari persoalan-persoalan atau permasalahan yang ada dikelas.

    ReplyDelete
  74. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dari elegi di atas terlihat bahwa sangat banyak obyek yang dapat diteliti dari sebuah pembelajaran di dalam kelas. Menurut saya ini berarti masih ada banyak ruang bagi pendidikan untuk lebih berkembang dan menjadi lebih baik. Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh pendidik dan calon pendidik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Sehingga melalui elegi ini pun kita para pendidik dan calon pendidik diingatkan untuk tidak pernah malas melakukan penelitian. Obyek penelitian mengenai pembelajaran di dalam kelas tidak akan pernah habis. Baca saja elegi di atas, begitu banyak faktor yang dapat dijadikan obyek penelitian. Belum lagi jika masing-masing obyek penelitian yang diungkapkan oleh Penelitian Kelas itu dirinci satu per satu, akan lebih banyak lagi obyek yang dapat diteliti dalam kelas.

    ReplyDelete