Oct 28, 2012

Elegi Menggapai Obyek Penelitian




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin mengadakan penelitian kelas secara sederhana. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?


Penelitian Kelas:
Bukankah engkau sebagai guru itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri itu. Maka sifat-sifat dirimu itulah dapat menjadi obyek penelitianmu.
Bukankah siswa-siswamu itu mempunyai sifat-sifat diri dan mampu mengembangkan sifat-sifat diri. maka sifat-sifat diri siswa-siswamu itulah merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifatmu sebagai guru itu dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Maka obyek peneltitianmu itu juga bisa berupa pengaruh sifat-sifat guru terhadap jenis aktivitas belajar siswa.
Bukankah engkau sebagai guru mempunai sikap dan perilaku pedagogik. Maka itulah juga merupakan obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku pedagogik guru itu akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Itulah juga merupakan obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah murid-muridmu itu juga mempunyai sikap dan perilaku belajar. Maka itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sikap dan perilaku guru akan mempengaruhi sikap dan perilaku belajar siswa. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sifat-sifat diri, sikap dan perilaku pedagogik guru itu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku belajar serta hasil belajar para siswa. Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah sifat-sifat, sikap dan perilaku muridmu juga mempengaruhi sifat-sifat, sikap dan perilaku pedagogikmu sebagai guru. Itulah obyek penelitianmu.
Bukankah sebenar-benar hasil belajar itu meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotor? Itulah obyek-obyek penelitianmu yang semakin meningkat kualitasnya.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian kelas:
Bukankah banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat dirimu sebagai guru itu. Sifatmu juga ditentukan oleh sikapmu. Sifatmu juga ditentukan oleh keyakinanmu. Sifatmu juga ditentukan oleh pengetahuanmu. Itulah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau harus mengetahui bagaimana siswa-siswamu belajar. Engkau juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran. Engkau juga harus menguasai konten pembelajaran. Itu semua adalah obyek-obyek penelitianmu.
Bukankah engkau juga harus mengetahui tentang inovasi pembelajaran. Engkau juga harus mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Itulah obyek-obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu itu perlu motivasi untuk belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu perlu appersepsi dalam belajar. Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau sebagai guru perlu mengetahui hakekat motivasi, bagaimana mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi. Itulah obyek-obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mempunyai sikap yang baik terhadap pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu itu juga perlu mengembangkan metode dalam belajarnya. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu juga perlu menguasai konten pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan aktivitas belajar secara mandiri?. Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu bekerjasama dalam belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu melakukan diskusi kelompok? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan-keterampilan? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mencapai kompetensi-kompetensi? Itulah obyek penelitianmu.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi proses belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu melakukan evaluasi hasil belajar? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan berbagai instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan portfolio untuk hasil-hasil belajar siswa? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau ingin mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah engkau perlu mengembangkan RPP yang cocok bagi pembelajaranmu? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan Lembar Kerja? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat bantu pembelajaran? Itulah obyek penelitian.
Bukankah engkau perlu mengembangkan alat peraga pembelajaran? Itulah obyek penelitian.

Guru:
Wahai penelitian kelas, jika aku ingin meningkatkan lagi kualitas penelitian kelas. Maka apakah yang harus aku cari dan aku amati?

Penelitian Kelas:
Bukankah siswa-siswamu perlu mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan ketrampilan problem solving? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu perlu mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya? Itulah obyek penelitian.
Bukankah siswa-siswamu memerlukan konteks dalam belajarnya? Itulah obyek-obyek penelitianmu.

49 comments:

  1. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang saling berkorelasi. Menurut Oemar Hamalik (2015: 54) proses pembelajaran itu berlangsung dalam situasi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat komponen-komponen pembelajaran, yaitu tujuan, peserta didik, guru, metode, media, penilaian, dan situasi pembelajaran. Salah satu komponen pembelajaran yang telah disebut adalah peserta didik. Peserta didik merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran. Dengan kata lain, peserta didik berperan sebagai subjek yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Terlebih peserta didik menjadi generasi yang akan menentukan nasib bangsa. Dalam hal ini diperlukan suatu upaya mempersiapkan generasi yang luwes, terampil memecahkan masalah, berpikir kreatif, suka bermusyawarah, dapat mengkomunikasikan gagasannya secara efektif, mampu bekerja secara efisien baik secara individu maupun dalam kelompok, dan mampu berprestasi. Dengan demikian, elegi di atas memberi PR khususnya bagi saya sebagai calon pendidik yang akan mengemban amanah untuk mempersiapkan generasi yang diinginkan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari elegi ini mengenai cara guru meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu: 1) mengembangkan 3 aspek pembelajaran (kognitif, afektif, psikomotorik); 2) memahami teori pembelajaran dan mampu mengaplikasikannya; 3) melakukan inovasi pembelajaran baik media, metode, pendekatan, strategi, dan lain-lain; 4) mengembangkan motivasi, hakekat appersepsi dan mengembangkan appersepsi; 5) memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan, melakukan aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok; 6) mengembangkan berbagai instrumen penilaian, mengembangkan portofolio untuk hasil-hasil belajar siswa, dan mengetahui reliabilitas dan validitas instrumen-instrumen penilaian; 7) mengembangkan peragkat pembelajaran seperti RPP yang cocok bagi pembelajaran, alat peraga yang menarik, dan metode yang interaktif; dan 8) membimbing siswa untuk mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep, mengembangkan keterampilan problem solving, mengembangkan keterampilan mengadakan penelitian, dan mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil belajarnya.

    ReplyDelete
  3. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Ternyata banyak sekali objek penelitian yang dapat kita temukan di kelas. Objek penelitian mencakup hal-hal yang sangat luas. Namun seringkali saya masih merasa bingung untuk menentukan objek penelitian. Dengan membaca elegi ini saya menjadi tahu mengenai objek penelitian.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Dalam melakukan penelitian maka diperlukan objek penelitian, maka khusus dalam penelitian dibidang pendidikan yang dilaksakan dikelas maka objek penelitiannya adalah siswa, yakni bagaimana siswa tersebut bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Siswa adalah manusia dan guru juga manusia, maka yang sebenar-benarnya objek penelian itu adalah guru itu sendiri. Karena apa yang dirasakan siswa tentu pernah juga dirasakan guru, dengan demikian objek penelitian itu sebenarnya telah ada dalam diri guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari elegi ini sangat berguna bagi kita para penelitii di bidang pendidikan. Dari membaca elegi ini kita bisa mendapatkan ide-ide penelitian apa yang seharusnya kita lakukan. Permasalahan-permasalahan yang menarik Prof, terimakasih. Kita dapat melihat bahwa sebenarnya yang menjadi objek penelitian di bidang penelitian bisa siswa dan bisa saja berbagai fenomena yang terjadi selama proses kegiatan pembelajaran. Kita juga dapat penelitian mengenai metode pembelajaran yang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, metode pembelajaran inovatif juga merupakan objek penelitian yang tepat bagi para penelitian pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dengan melakukan penelitian di kelas, guru dapat mengetahui apa saja kelemahan – kelemahan pada saat pembelajaran di kelasnya, sehingga ditemukanlah solusi yang cocok untuk mengatasi kelemahan – kelemahan tersebut. Solusi yang diambil berdasarkan objek penelitian yang bagaimana yang akan diatasi kelemahannya. Objek penelitian oleh guru terhadap kelas yang diajarnya sangat luas cakupannya. Beberapa diantaranya yang dapat menjadi objek penelitian adalah:
    -Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
    -Proses pembelajaran di kelas baik itu dari metode, konten maupun perangkat pembelajaran
    -Proses evaluasi kelas, meliputi evaluasi proses dan hasil belajar, portofolio, mengambang, validitas dan reliabilitas instrument penilaian
    -Daya matematis

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    dari uraian di atas, seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dan yang dapat dijadikan objek penelitian diantaranya yaitu motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri,dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Elegi di atas ini berisi dialog antara guru dengna penelitian kelas. Elegi ini memberika ninformasi kepada kita tentang komponen-komponen penelitian kelas, namun disampaikan dalam bentuk sebuah elegi. Sehingga ketika membaca, kita tidak hanya meningat, namun juga meresapi karena kita terbawa pada suasana ruang dan waktu antara sang guru dengan penelitian kelas.

    ReplyDelete
  9. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dalam penelitian pendidikan, banyak hal dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat dijadikan penelitian. Yang diperlukan hanya kesensitifan peneliti akan objek mana yang paling perlu untuk diteliti. Guru sebagai peneliti seharusnya lebih paham objek yang mana yang perlu diteliti, sebab guru setiap hari berhadapan dengan kegiatan belajar mengajar dari proses perencanaan hingga evaluasi.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Objek dari penelitian kelas terdiri dari unsur-unsur yaitu siswa, guru, materi pelajaran, sarana prasarana pendidikan, hasil pembelajaran, lingkungan, pengelolaan (aqib, 2007). Adapun, kompetensi guru, kompetensi siswa, psikologi belajar siswa, teori belajar, inovasi pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi kegiatan belajar mengajar, evaluasi/penilaian hasil belajar siswa, sebagai objek-objek penelitian di kelas merupakan hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih besar dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian kelas yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ternyata banyak sekali hal yang bisa dijadikan obyek penelitian di dalam kelas. Banyak sekali faktor yang dapat diteliti dan dikembangkan agar bisa tercipta pembelajaran di kelas yang kondusif. Obyek penelitian kelas meliputi guru, siswa, pembelaran yang kesemuanya itu saling berkorelasi satu sama lain. Dengan membaca artikel ini kita bisa mengambil langkah apa yang harus kita lakukan agar bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Banyak sekali obyek penelitian yang bisa diambil di dalam kelas. Misal guru, meneliti bagaimana model pembelajaran yang digunakan oleh guru bervariasi atau monoton, bagaimana media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa memahami konsep, bagaimana perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dll. Contoh lain misal meneliti siswa, meneliti kemampuan apa yang masih rendah yang dimiliki siswa sehingga siswa kurang optimal dalam belajar.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Banyak hal yang menjadi faktor adanya sebab akibat dalam suatu relasi atau kejadian termasuk didalam proses pembelajaran.
    Maka diperlukan adanya kajian, telaah, observasi yang mendalam terhadap apa saja yang diduga menjadi sebab atau akibat suatu hal kemudian hal inilah yang menjadi objek sasaran suatu penelitian.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Guru dituntut dan memang harus melakukan inovasi dalam pembelajaran. Bagaimana bisa guru bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran jika guru tidak memahami karakter siswa? Bagaimana bisa guru bisa memahami karakter dan kebutuhan siswa jika guru tidak melakukan penelitian? Hal ini memberikan kesadaran bahwa begitu pentingnya peran suatu penelitian terhadap inovasi pembelajaran di kelas. Obyek penelitian bisa saja mengenai kebutuhan siswa, yaitu karakter siswa, motivasi untuk siswa, persepsi siswa, metode pembelajaran yang tepat untuk siswa dan masih banyak lagi. Namun ternyata sifat dan karakter dari guru pun bisa dijadikan obyek penelitian pembelajaran di kelas. Selain sosialisasi dari kementerian pendidikan, hal yang paling penting adalah kesadaran dan menyadarkan para guru Indonesia, bahwa penelitian yang dilakukan akan membawa kemajuan pada peserta didiknya. Diperlukan motivasi kepada guru bahwa negara Indonesia tidak hanya membutuhkan peserta didik yang pandai menghafal, namun juga pandai memahami dan segala aspek pengetahuan yang disampaikan dalam Taksonomi Bloom Terevisi agar dapat bersaing dengan negara lain.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Segala hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dapat dijadikan obyek penelitian. Misalnya untuk mengetahui keefektifan LKS yang dikembangkan, metode pembelajaran tertentu, menemukan solusi atas kesulitan dan masalah belajar siswa, dsb. Semua itu dapat dijadikan obyek penelitian yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga mampu mampu mengoptimalkan peran dalam memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya. Obyek penelitian tidaklah harus berupa permasalah besar dan kompleks, bisa saja permasalahan-permasahan kecil yang kita teliti. Yang terpenting penelitian kita original dan sebaiknya memiliki kekhasan yang tidak dimiliki pada penelitian yang lain. Selain itu, lakukanlah penelitian dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  16. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Objek penelitian yang dapat guru gunakan adalah sifat muridnya. Ini digunakan jika peneitian dilakukan secara sederhana. Selanjutnya sikap dan perilaku siswa. Guru juga dapat mengamati 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain itu untuk meningkatkan kualitas penelitian guru haruslah menyusun dan merancang kegiatan pembelajaran dengan baik dan tepat. Dalam pembelajaran juga harus dilengkapi dengan berbagai alat peraga ataupun media pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  17. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku murid terhadap sikap dan perilaku pedagogik guru, hasil belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, teori pembelajaran dalam kelas, inovasi pembelajaran dalam kelas, teori pendidikan dan paradigma pendidikan dalam pembelajaran, pentingnya motivasi belajar siswa, apersepsi belajar siswa, hakikat motivasi belajar, hakikat apersepsi dan pengembangan apersepsi, metode pembelajaran, aktivitas belajar mandiri siswa, aktivitas belajar siswa kelompok, pengembangan kerjasama siswa dalam pembelajaran, pengembangan ketrampilan siswa, pencapaian kompetensis siswa, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, pengembangan instrumen pembelajaran, pengembangan portofolio untuk hasil belajar, reliabilitas dan validitasi instrumen penilaian, pengembangan RPP, pengembangan lembar kerja siswa, pengembangan alat bantu pembelajaran, pengembangan alat peraga pembelajaran, dan mencakup teori hakikat matematika.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari elegi di atas dapat disimpulkan guru adalah peneliti (teacher is researcher). Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Objek penelitian tersebut berupa motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya. Oleh karena itu, guru harus benar-benar selektif dan memahami seluruh siswanya.

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Segala hal yng terjadi di sekitar kita itu bisa dijadikan obyek penelitian. Termasuk juga segala aktifitas di sekolahan. Baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Banyak permasalahan yang muncul di kelas, itu bisa dijadikan obyek penelitian. Untuk dapat melakukan penelitian dengan baik maka diperlukan usaha untuk belajar, banyak membaca buku, mencari berbagai referensi teori, dan banyak melakukan kegiatan di kelas. Seluruh proses belajar mengajar di kelas dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Dari elegi di atas menunjukkan bahwa untuk melakukan penelitian objek yang akan diamati begitu banyak ada di sekitar kita bahkan melekat dalam diri kita. Namun terkadang kita sangat sulit untuk memulai suatu penelitian apalagi dalam menentukan objek yang akan di teliti. Ini menandakan bahwa sebelum memulai suatu penelitian kita harus dulu meningkatkan kualitas diri dalam hal memperbanyak belajar, membaca buku, membaca referensi, meningkatkan motivasi, dan juga kita harus berpikir bahwa apa yang akan teliti kedepannya akan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  21. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pada dasarnya objek penelitian merupakan apa yang hendak diselidiki di dalam kegiatan penelitian. Objek adalah keseluruhan dari gejala yang terdapat di sekitar kehidupan kita, seperti gejala-gejala yang sering kita temui dalam lingkup pendidikan (yang telah dijelaskan diatas) yang dapat dijadikan objek penelitian. Objek-objek dilakukan penelitian karena adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan dari objek-objek yang akan diteliti.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara amsalah objek penelitian maka dapat lah kita katakn bahwa objek penelitian itu tergantung apa yang diteliti. Karena kita di dunia pendidikan, pastinya objek penelitian kita adalah siswa. berbicara amsalah itu saya terpikir bahwa dnegan adanya lesson study maka kita kaan selalau memp[erbaiki diri kita nanati baik dan baik lagi.

    ReplyDelete
  23. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Banyak faktor yang mempengaruhi sifat-sifat diri kita sebagai guru. Sifat kita ditentukan oleh sikap, keyakinan, dan pengetahuan kita. Kita sebagai guru harus mengetahui bagaimana siswa-siswa belajar. Kita juga harus mengetahui berbagai macam teori pembelajaran dan menguasai konten pembelajaran serta dapat membuat inovasi pembelajaran. Kita juga hendaknya mengetahui teori-teori pendidikan dan paradigmanya. Semoga kita mampu menjadi guru yang mampu menghebatkan siswa-siswanya. Kuncinya adalah kita tak berhenti berikhtiar dan berdoa agar mampu menjadi guru yang amanah.

    ReplyDelete
  24. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pembelajaran yang melewati rangkaian proses belajar dan melihat hasil yang ditunjukkan para siswa, guru akan menilai seberapa berhasilkah mengajarnya dan mampu mengidentifikasi apa sebenarnya yang kurang dari proses pembelajaran yang dilakukannya sehingga mungkin capaian siswanya belum maksimal.
    Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan meneliti. Obyek yang dapat diteliti tidak terbatas pada siswa dan diri guru sendiri namun semua yang berperan serta dalam proses belajar mengajar dapat diteliti guru lebih lanjut lagi.

    ReplyDelete
  25. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat guru terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Objek penelitian tersebut berupa motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya, guru dapat menjadikan segala keperluan siswa sebagai obyek penelitian.

    ReplyDelete
  26. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hal yang dapat guru lakukan dalam meningkatkan profesionalismenya adalah melakukan penelitian kelas secara berkesinambungan sebagai upaya untuk meningkat kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dapat membantu pengembangan kompetensi guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran mencakup kualitas isi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran, proses, dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, dan profesional guru. Penelitian tindakan kelas dapat dijadikan sarana bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara efektif.

    ReplyDelete
  27. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada hakekatnya guru juga berperan sebagai peneliti. Karena dalam hal mengevaluasi pembelajaran dikelas. Guru dituntut dapat meneliti berbagai objek penelitian kelas sehingga dapat melakukan evaluasi dengan tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan dikelas. Tak pantaslah guru mengeluhkan kerena tugasnya yang berat untuk mneliti karena meneliti adalah salah satu tugas guru dikelas.

    ReplyDelete
  28. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Elegi ini sangat cocok dan dapat menjadi masukan untuk para guru dan calon guru agar lebih mengetahui apa saja yang terjadi atau akan terjadi saat, sebelum dan sesudah proses pembelajaran matematika di sekolah. Serang guru harusnya mampu untuk mengidentifikasi sifat-sifat yang dalam siswa, guru itu sendiri dan dalam proses belajar mengajarnya yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Objek penelitian yang ada dalam proses belajar mengajar sangatlah banyak hanya saja guru atau calon guru (peneliti kelas) bagaimana dapat memanfaatkan setiap kali ada masalah di dalam kelas dan dituliskan melalui jurnal penelitian, maka disana akan terlihat banyak masalah yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian.

    ReplyDelete
  29. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dari Elegi Menggapai Objek Penelitian di atas, dapat diketahui bahwa sebagai seorang guru hendaknya selalu melakukan penelitian guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang selama ini diselenggarakan agar pendidikan menjadi lebih baik lagi. Peran guru sebagai peneliti maksudnya gurulah yang bertanggung jawab mengawasi jalannya pembelajaran dan memahami perkembangan semua peserta didiknya. Dalam melakukan penelitian yang dapat dijadikan objek penelitian diantaranya yaitu motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP, dan komponen pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  30. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Obyek penelitian sangatlah luas yang harus dapat kita manfaatkan dan kita kembangkan seluas-luasnya untuk mendapatkan hasil yang optimal pula. Dengan objek yang sangat luas tersebut, maka yang kita pikirkan pun juga akan lebih beragam. Dengan keberagaman itulah hidup menjadi lebih berwarna serta ilmu yang kita dapatkan pun lebih banyak dan beragam pula.

    ReplyDelete
  31. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Penelitian memang memiliki tujuan untuk memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang dalam proses pebelajaran. Membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di kelas, yang akan berdampak pada kualitas pendidikan. Pada dasarnya semua obyek yang ada di dalam kelas bisa digunakan sebagai obyek dalam penelitian. Obyek yang untuk diteliti tidaklah harus berupa obyek yang besar bisa saja permasalahan-permasahan kecil yang kita teliti. Selain itu keunikan, karena dengan keunikan ini maka akan tercipta hasil penelitian yang original dan memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari artikel di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya yang menjadi objek penelitian seorang guru adalah siswanya sendiri dan berbagai fenomena yang terjadi selama proses kegiatan pembelajaran. Sikap dan perilaku murid juga dapat menjadi objek penelitian bagi guru. Seorang guru juga perlu mengadakan penelitian mengenai metode pembelajaran yang efektif jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, metode pembelajaran inovatif juga merupakan objek penelitian bagi guru. Bagi guru, semua yang berkaitan dengan siswa (khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan belajar siswa) dan kegiatan pembelajaran dapat menjadi objek penelitiannya.

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Seorang guru adalah peneliti. Agar pembelajaran dapat terus berkembang maka guru perlu melakukan penelitian. Penelitian guru mencakup semua yang ada di kelas. Obyek penelitian guru di kelas adalah sikap pedagogig guru motivasi, appersepsi sikap yang baik terhadap pembelajaran, metode, aktivitas belajar secara mandiri, diskusi kelompok, kompetensi-kompetensi, evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, instrumen penilaian, portofolio, RPP,media pembelajaran, alat peraga pemahaman siswa akan konsep konsep dan lain lain.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Guru dapat menjadikan segala keperluan siswa sebagai obyek penelitian. Dengan adanya penelitian maka diharapkan akan dihasilkan solusi solusi dari berbagai permasalahan pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  35. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Objek penelitian cakupannya sangat luas. Objek penelitian lebih baik disesuaikan dengan apa yang akan diteliti. Misalkan ingin meningkatkan dalam bidang pendidikan, maka yang harus dijadikan objek penelitian apa saja yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti sekolah, kurikulum, siswa, guru dan lain – lain.

    ReplyDelete
  36. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk objek penelitian di dalam kelas, cakupannya lebih dipersempit. Objeknya bisa pada siswa, guru atau proses pembelajarnnya. Jika diambil objek penelitian khusus pada siswa, maka topik yang harus dicari tau bisa saja tentang kemampuan yang dimiliki siswa, apakah kemampuan pemahaman atau kemampuan yang lainnya. Bisa juga apa yang dibutuhkan siswa, misal apresepsi yang dibutuhkan siswa seperti apa dan lain – lain.

    ReplyDelete
  37. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Apabila objek penelitian yang diambil adalah tentang guru, maka hal yang sebaiknya dicari tau adalah bagaimana guru mengajar, bisa kemampuan pedagogik guru, kemampuan sosial guru atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  38. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sedangkan untuk objek penelitian tentang proses pembelajaran, bisa diambil tentang metode yang digunakan oleh guru apakah sudah sesuai, kemudian bisa juga tentang media yang digunakan manakah yang paling efektif bagi siswa, dan hal lain yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  39. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Awal dari mulanya dilakukan penelitian adalah perlu adanya obyek penelitian. kadang peneliti bingung dalam menentukan obyek penelitiannya. Guru mungkin tidak akan sadar bahwa di dalam kelasnya banyak sekali obyek dan data penelitian. Guru yang mau berkarya dan ingin berkembang dia akan peka terhadap obyek dan data penelitian yang ada dikelasnya. kelas adalah sumber data penelitian seorang guru.

    ReplyDelete
  40. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Obyek penelitian merupakan sesuatu yang harus diupayakan oleh guru sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran. Diantara hal-hal yang disebutkan dalam elegi ini, beberapa hal yang menjadi obyek penelitian guru yaitu perlunya guru mengembangkan RPP yang cocok untuk pembelajaran. Tentunya RPP yang inovatif, serta LKS yang memungkinkan siswa untuk mengetahui pola-pola dan hubungan antar konsep-konsep. Beberapa media pembelajaran juga diperlukan, layaknya LKS yang berfungsi untuk mengembangkan ketrampilan problem solving atau memecahkan maslaah. Sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  41. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang digunakan untuk mengetahui solusi atau jalan keluar dari suatu permasalahan yang terjadi di suatu kelas tertentu, atau akan dicari metode maupun perangkat pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, objek penelitian dalam jenis penelitian tindakan kelas ini beragam. Mulai dari guru, siswa, proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran

    ReplyDelete
  42. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai guru tentulah perlu memiliki prinsip to teach is to research. Dalam kelas pastilah banyak terdapat objek penelitian yang dapat diambil untuk diteliti. Penelitian dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran yang terjadi, untuk kepentingan guru, pun untuk kepentingan siswa juga, bahkan dapat bermanfaat bagi guru-guru lain yang membutuhkan hasil penelitian yang telah didapatkan

    ReplyDelete
  43. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Objek penelitian itu sangat banyak. Ketika kita ingin melakukan penelitian, maka hal yang paling dibutuhkan adalah kepekaan semua indra kita. semua panca indra harus peka terhadap permasalahan yang ada di sekitar. Jika sudah demikian, maka kita akan dengan mudah menemukan berbagai permasalahan yang ada. Misalnya di dalam kelas, tentu permasalahan akan terus menerus terjadi. Bagaimana tidak, di dalam kelas terdapat 25 siswa katakanlah dan 1 orang guru. Maka jumlah permasalahan di dalam kelas ada 26 masalah. Belum lagi semua hal yang menunjang untuk keterlaksanaan pembelajaran di dalam kelas. jadi, untuk menggapai objek penelitian, kita harus peka.

    ReplyDelete
  44. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari Elegi Menggapai Obyek Penelitian, saya memperoleh pelajaran bahwa segala sesuatu bisa menjadi objek dalam kegiatan yang kita lakukan. Menjadi seorang guru, apa saja yang kita temui di dalam kelas dan perangkat pembelajaran semuanya bisa menjadi obyek yang bisa meningkatkan kualitas kita sebagai seorang guru. Seorang guru harus kreatif dan melakukan sebuah inovasi.

    ReplyDelete
  45. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Beberapa hal yang bisa menjadi objek penelitian guru antara lain motivasi belajar, apersepsi, sikap siswa terhadap pembelajaran, metode belajar, konten pembelajaran, perlunya melakukan aktivitas belajar secara mandiri; diskusi kelompok, perlunya mengembangkam keterampilan siswa, perlunya mencapai kompetensi dll. Objek penelitian juga bisa perilaku pedagogik.

    ReplyDelete
  46. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Beberapa hal yang bisa meningkatkan kualitas penelitian, antara lain melakukan evaluasi proses belajar, evaluasi hasil belajar, mengembangkan berbagai instrument penilaian, mengembangkan portfolio, mengetahui reabilitas dan validitas instrument, mengembangkan LKS, mengembangkan alat bantu dan alat peraga pembembelajaran, mengembangkan keterampilan problem solving, mengembangkan mengkomunikasikan hasil, dll.

    ReplyDelete
  47. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Sebagai seorang guru mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Agar dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran, guru juga harus sering melakukan penelitian, dalam hal ini penelitian tindakan kelas, agar guru dapat mengetahui segala macam permasalahan yang ada dan bisa mengatasi dengan memberikan solusi yang tepat.

    ReplyDelete
  48. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit. Ternyata banyak sekali objek penelitian di bidang pendidikan. Berdasarkan tulisan bapak, dapat saya kelompokkan objek-objek penelitian tersebut menjadi, siswa, guru, kebjakan kurikulum, materi dan sarana pelajaran. Sedangkan masing-masing objek tersebut bisa dibagi kembali menjadi aspek-aspek yang terkandung dalam masing-masing kategorinya. Misalnya siswa sebagai objek penelitian, maka terdapat aspek psikologis, aspek pengetahuan, aspek sikap, dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  49. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Dari elegi di atas diketahui bahwa objek penelitian itu banyak sekali macamnya. Ternyata tugas seorang guru itu bukan hanya absensi, mengajar, memberikan latihan, memberikan ujian, menerima gaji. Ternyata tidak sesederhana itu. Banyak aspek yang harus diteliti dan ditingkatkan kualitasnya. Pada elegi di atas, subjek penelitian lebih ditekankan kepada guru. Guru merupakan kunci utama berhasil/tidaknya pembelajaran. Ibarat sedang berburu, mau secanggih apapun senjatanya. Tetap, penembaknyalah yang menentukan apakah tembakannya tersebut tepat sasaran atau tidak. Penembak itulah kita analogikan sebagai guru.

    ReplyDelete