Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 8: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikanlah Ruang dan Waktu Absolut sehingga anda bisa mendefinisikan Dunia sebagai Ruang dan Waktu Relatif. Bisa menggunakan referensi.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

12 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Jika kita berbicara tentang ruang dan waktu, berarti kita tengah berbicara tentang kehidupan di dunia. memanipulasi ruang dan waktu absolut, sehingga kita bisa mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif. Absolut dapat bemakna tidak terbatas sedangkan relatif dapat bermakna tidak mutlak, tidak tak terbatas. Ruang dan waktu yang tidak mutlak saya ibaratkan sebagai kesempatan hidup di dunia yang hanya sebentar, tidak kekal, karena akan diakhiri oleh yang namanya kematian dan hari kiamat. Sementara ruang dan waktu absolut berarti tentang kehidupan sesudah kematian dan kiaat yaitu kehidupan akhirat yang bersifat kekal.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memanipulasi ruang dan waktu adalah kita menempatkan segala sesuatu sesuai dengan kaedah dan aturan yang berlaku. Seseorang mempunyai orientasi hidup yang berbeda-beda dengan tingkat pencapaian yang berbeda-beda pula. Maka dari itu perlu membuat suatu draf atau pola kehidupan, dimana di dalam hidup terdiri dari tiga zaman yaitu zaman prasejarah, zaman sejarah, dan zaman pos modern. Karena kita berada pada zaman era milenium ketiga yaitu pos modrn maka cara kita memanipulasikan ruang dan waktu adalah dengan mempelajari dan menguasai berbagai macam kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi agar memiliki pola kehidupan yang bersifat dinamis.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ruang dan waktu dapat dikatakan relatif apabila terdapat perbedaan pandangan pengamatannya. Ruang dan waktu yang absolut adalah kegiatan kita saat sadar akan ruang dan waktu, namun kita bisa menembus ruang dan waktu sehingga ruang dan waktu menjadi relatif, tergantung bagaimana kita menterjemahkannya kedalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  4. Dewi saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Ruang dan waktu yang absolut merupakan suatu kepastian dialam dimana allah SWT merancang bangun alam semesta dengan sedemikian rupa dan telah ditentukan. Seperti halnya siang dan malam, merupakan pas dialam yang tidak mampu untuk di pecahkan. Ketika bicara soal Ruang dan waktu yang relatif dimana kita akan dihadapkan oleh kepastian dialam yang digunakan atas dasar pandangan masing-masing dan tidak mampu ditentuakan dikarnakan bentuk yang berubah-berubah tergantung dari subjek yang menggunakannya.

    ReplyDelete
  5. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Ruang dan waktu yang relatif, tergantung dari tesis dan anti tesis, tergantung dari subyek dan obyek, tergantung dari sudut pandang masing-masing individu. jika saya sebagai tesis, sebagai subyej, dan melihat ruang dan waktu melalui sudut pandang saya sendiri, saya melihat bahwa ruang dan waktu itu ada di dalam pikiran saya, dan bisa di proyeksikan ke dalam bentuk material, objek-objek di alam semesta.

    ReplyDelete
  6. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Memanipulasikan ruang dan waktu absolut. Tampaknya itu tak mungkin bisa kulakukan. Karena segala hal yang absolut adalah milik Alloh Ta'ala. Bukan lagi ruang dan waktu, tapi yang absolut adalah kebenaran milik-Nya. Maka dengan itu, sesungguhnya ruang dan waktu yang kita hadapi dan coba pikirkan adalah ruang dan waktu yang relatif. Kita tidak bisa memanipulasikannya menjadi absolut dan sebalikanya. Yang bisa kita lakukan adalah mereduksinya. Keberadaan ruang dan waktu yang relatif pun, tidak bisa kita ungkapkan secara pasti relativitasnya. Sekali lagi, kita hanya mereduksinya.
    Mohon pencerahannya, karena sekali lagi, pendapat saya belumlah cukup, sangat tidak cukup

    ReplyDelete
  7. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Di komen sebelumnya saya belum menyadari bahwa ada ruang dan waktu absolut. Ruang dan waktu absolut hanya milik Tuhan. Tuhanlah yang memiliki kendali atas ruang dan waktu manusia. Absolut, tak kan ada yang bisa melangkahinya.
    Sedangkan ruang dan waktu manusia hanyalah relatif. Waktuku mulai, waktuku selesai, waktumu mulai, waktumu selesai. Bisa saja semuanya berbeda. Hal yang perlu disadari adalah ruang dan waktu manusia yang relatif bergantung pada ruang dan waktu Tuhan yang absolut.

    ReplyDelete
  8. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Untuk memahami makna dari memanipulasi ruang dan waktu saya mengalami kesulitan.Kenyataannya ruang dan waktu dapat bersiat relatif dan absolut.Relatif yang sifatnya sementara seperti yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari sedangkan yang absolut adalah hanya milik Allah SWT.Jika disandingkan dengan kata memanapulasi adalah agak sulit dilakukan meski dapat dilakukan.Misalnya, kita ingin melakukan olahraga di lapangan hari ini kemudian kita melakukannya lagi di hari berikutnya.Walaupun konteksnya sama-sama bermain bola namun kejadian dalam ruang dan waktu tidak mungkin sama .Kejadian tersebut hanya mungkin dapa diingat dan dikenang.Dengan keterbatasan yang saya miliki saya meminta maaf jika salah memahami.

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Segala yang absolut adalah milik Allah, sedangkan segala yang relatif adalah milik manusia. Lagi-lagi saya bingung dan ragu, apakah apakah ruang dan waktu absolut bisa dimanipulasikan? Sehingga saya dapat mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif? Bukankah segala kuasa Allah (yang absolut) tidak bisa kita pikirkan hanya dengan pikiran, tetapi harus dengan hati juga. Tetapi saya akan sedikit mencoba memikikannya, apakah waktu tiba saatnya sholat wajib lima waktu temasuk ruang dan waktu yang absolut? Jika iya, maka ruang dan waktu relatif saya adalah ketika saya melaksanakan sholat di mushola atau umah Allah. Maka definisi dunia menurut pengalaman saya adalah menghadap Allah saat panggilannya tiba.

    ReplyDelete
  10. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Adanya ruang dan waktu yang absolut merupakan kuasa Tuhan terhadap manusia. Manusia sedemikian hingga memanfaatkan adanya ruang dan waktu yang telah diberikan Tuhan. Dengan memanfaatkan ruang dan waktu absolut tersebut maka manusia akan terus berfikir dan berfikir sehingga dia akan sampai pada hakikat dunia adalah sesuatu yang relative. Segala ruang dan waktu yang ada di dunia dapat di maksimalkan oleh manusia tergantung bagaimana ia memanfaatkannya sehingga apa yang diperoleh orang satu dengan orang yang lain dalam dimensi ruang dan waktu yang sama mungkin saja berbeda. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  11. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Segala sesuatu yang bersifat absolut adalah Kuasa Tuhan. Manusia adalah makhluk Tuhan yang diciptakan dengan plural. Ruang dan waktu yang absolut adalah milik Tuhan. Manusia diberikan takdir oleh Tuhan secara absolut, di sisi lain manusia diberikan kesempatan pula untuk mentransformasikan takdir tersebut dengan ikhtiarnya masing-masing yang bersifat relatif. Tergantung masing-masing akan memilih ikhtiar yang mana.

    ReplyDelete
  12. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Manipulasi ruang dan waktu absolut dapat dilihat dari “anak panah yang melayang” (Jika kita memiliki anak panah ukuran 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter, kemudian anak panah itu kita lepaskan dan bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Setiap saat dalam keadaan melayang anak panah tersebut tetap berukuran 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter. Sedangkan kita mengatakan bahwa berukuran sepanjang 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter dan berhubung dengan itu, maka setiap saat dalam keadaan melayang anak panah tersebut berada dalam keadaan diam.

    Menurut ajaran Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang tergantung pada pengamatnya. Ruang merupakan semacam hubungan antara benda-benda yang diukur dengan cara-cara tertentu. Dengan demikian apabila pengukurannya dilakukan dengan cara yang berbeda, maka hasilnyapun akan berbeda. Waktu juga bersifat relatif karena hasil pengukuran terhadap hubungan-hubungan yang menyangkut waktu tergantung pada pengertian keserampakan (simultaneity);

    ReplyDelete