Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 8: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikanlah Ruang dan Waktu Absolut sehingga anda bisa mendefinisikan Dunia sebagai Ruang dan Waktu Relatif. Bisa menggunakan referensi.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

28 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Ruang dan waktu sesuatu yang sering kita dengar dimana kita harus selalu ramah terhadap ruang dan waktu. Agar kita tidak terjebak dalam dimensi ruang dan waktu ini kita bisa memanipulasinya, untuk memanipulsi waktu kita bisa menggunakan jam analog atau jam digital yang ada. Untuk memberi tanda waktu mulai/ akhir sebagai pengingat untuk mengetahui seberapa lamanya waktu kita bisa mengaturnya dengan alarm. Tetapi bagaimanapun manusia tidak akan mampu mengatur waktu untuk maju ataupun mundur, dan manusia juga tidak akan pernah tahu kapan waktua akan berakhir. Yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Kita harus senantiasa ramah terhadap ruang dan waktu, dimana kita harus selalu menghargai ruang dan waktu, menjaga sikap kita dan tingkah laku kita sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sama. Belum tentu suatu hal yang ada di ruang dan waktu tertentu akan sama dengan suatu hal itu di ruang dan waktu yang lain. Sama atau beda tergantung dari bagaimana manusia memandang suatu hal tersebut. Begitu juga dengan definisi dunia menurut orang yang satu dengan yang lain pasti juga berbeda. Bahkan definisi dunia menurut kita di ruang dan waktu saat ini belum tentu sama dengan definisi dunia menurut kita sendiri di ruang dan waktu yang akan datang. Karena dunia bersifat begitu relatif, kita harus bisa memanfaatkan ruang dan waktu dengan baik, agar ketika dunia kita berubah karena perubahan itu adalah hal yang pasti, kita akan tetap bisa memanfaatkan ruang dan waktu dengan baik dan tidak akan menyesal karena telah menyepelekan ruang dan waktu di masa lalu.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Istilah ruang dan waktu ataupun ruang waktu terkadang digunakan dalam dua konteks yang berbeda akan tetapi dengan pengertian yang sama sehingga membuat bingung sebagian orang yang belum paham dengan kedua konteks tersebut. Konteks yang pertama adalah pengertian ruang dan waktu dalam lingkup cultural studies yaitu seperti pendapat dari Elisabeth Stroker dalam investigations in Philosopy of space, yang menjelaskan tentang ketidak terpisahan antara konsep ruang dan dunia. Ketika kita mengatakan bahwa hidup di dalam sebuah ruang maka itu mempunyai makna semantic yang sama dengan hidup di dalam sebuah dunia. Maka mengatakan hidup di ruang lain (ruang mimpi, ruang mistik) sama artinya dengan mengatakan hidup di dunia lain (dunia mimpi, dunia hantu).Berbeda ketika konteks yang digunakan adalah fisika maka konsep ruang dan waktu hanya sebatas ruang dan waktu secara fisis. Dalam fisika, ruang dan waktu mempunyai pengertian yang berkembang sejalan dengan perkembangan kerangka berpikir manusia. Dan tentu saja kerangka berpikir manusia berkembang berdasarkan atas analisis mendalam dari gejala alam yang ditemui serta teori yang sudah diakui.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadni
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konsep terdekat pada kehidupan sehari-hari kita adalah ruang dan waktu, sehingga kita memaknai ruang dan waktu tidak begitu sulit. Namun ketika diminta untuk memanipulasi ruang dan waktu, mungkin akan sedikit kesulitan. Ruang yang dapat di analogikan sebagai dunia dan waktu dianalogikan bersifat relatif sesuai dengan apa yang dipikiran manusia. Menurut saya ketetapan ruang dan waktu dirasa sulit jika dimanipulasi.

    ReplyDelete
  5. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Memanifulasi ruang dan waktu adalah sebuah keadaan yang ada dan mungkin ada. Keikhlasan adalah keadaan yang ada dan mungkin ada yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Dalam memanifulasi ruang dan waktu perlu di tuntun dengan spiritual yang kuat untuk mencapainya. Dibutuhkan norma-norma ajaran yang sifanya normatif yang diyakini yang bisa mengantarkan kita kepada yang ada dan mungkin ada. Subyek dikatakan mampu bersikap sopan dan santun jika dia mampu menyesuaikan ruang dan waktu dimana dia berada. Dari pengertian di atas diketahui bahwa ruang dan waktu bersifat absolut. Namun ruang dan waktu dapat menjadi relatif jika kita pandang dengan subyektivitas masing-masing individu. Karena keadaan hati, pengalaman dan ilmu masing-masing individidu berbeda maka ruang dan waktu relatif adalah tergantung dari pandangan masing-masing individu.

    ReplyDelete
  6. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ruang dan waktu dimana kita berada bersifat absolut dan linear. Oleh karena itu sebagai manusia, kita hanya mampu mengikuti arus ruang dan waktu. Seandainya kita mampu memanipulasi ruang dan waktu, maka ruang dan waktu yang kita tinggali ini bersifat relatif dan menjadikan kita mendefinisikan ruang dan waktu berbeda dengan definisi keseharian kita tentang ruang dan waktu. Ruang dan waktu bersifat absolut hanyalah ilusi semata. Misalkan 2 Mei 2017. Tanggal tersebut hanya suatu pembabakan dari bagian kehidupan manusia. Ruang dan waktu bersifat relatif misalnya 2 Mei 2017 katakanlah suatu dimensi berbeda daripada 3 Mei 2017 karena kedua tanggal tersebut merupakan titik yang berbeda jika berbicara soal garis. Saya di 2 Mei 2017 yang berkomentar di tulisan blog ini adalah saya yang hanya eksis di tanggal dan tempat sekian. Berbeda dengan saya yang esok harinya berkomentar atau membagi tulisan di blog ini ke lain tempat (Madzae, 2016).

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Subyek dikatakan mampu bersikap sopan dan santun jika dia mampu menyesuaikan ruang dan waktu diaman dia berada. Dari pengertian di atas diketahui bahwa ruang dan waktu bersifat absolut. Namun ruang dan waktu dapat menjadi relatif jika kita pandang dengan subyektivitas masing-masing individu. Karean keadaan hati, pengalaman dan ilmu masing-masing individidu berbeda maka ruang dan waktu relatif adalah tergantung dari pandangan masing-masing individu.

    ReplyDelete
  8. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. ketika saya mencari referensi tetang ruang dan waktu yang relatif dan absolut, kebanyakan sumber merujuk pada teori relativitas Einsten. Teori relativitas itu dirumuskannya sebagai E= mc2. Teori relativitas khusus yang dilontarkan Einstein berkaitan dengan materi dan cahaya yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi. Sedangkan, teori relativitas umum menyatakan, setiap benda bermassa menyebabkan ruang-waktu di sekitarnya melengkung (efek geodetic wrap). Inti pemikiran kedua teori tersebut menyatakan dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama. Meski begitu,isi hukum fisik akan terlihat sama oleh keduanya. Dengan ditemukannya teori relativitas, manusia bisa menjelaskan sifat-sifat materi dan struktur alam semesta.

    ReplyDelete
  9. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ruang dan waktu yang absolut menjadikan dimensi yang ada menjadi tetap dan tidak berubah dari masa ke masa karena sifatnya yang bersifat mutlak atau absolut. Tetapi keabsolutan itu terjadi hanya pada dimensi-dimensi tertentu, sehingga hal tersebut menyebabkan bahwa ruang dan waktu juga relatif, yaitu absolut pada dimensi-dimensi tertentu. Keberadaan bumi ini mutlak adanya, karena kita memang merasakan keberadaannya dan kita menjalani hidup kita di bumi, bumi merupakan rumah bagi manusia, tetapi keberadaan bumi yang mutlak tidak berarti bahwa isi-isi yang ada di dalam bumi bersifat tetap juga. Karena pada dimensi yang lebih kecil kita dapat merasakan perubahan-perubahan pada bumi yang diakibatkan oleh ulah manusia. Sama halnya ketika manusia menganggap bahwa bumi itu besar, tetapi apabila dibandingkan dengan matahari bahkan dengan benda-benda yang ada di galaksi lain, bumi itu bisa menjadi tidak begitu besar. Maka segala sesuatu itu juga relatif terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia hidup di dunia ini dibatasi ruang dan waktu. Kita harus bersikap sopan dan santun terhadap ruang dan waktu, senantiasa berusaha menyesuaikan diri dengan ruang dan waktu dimana kita berada. Dari pengertian di atas diketahui bahwa ruang dan waktu bersifat absolut. Namun ruang dan waktu dapat menjadi relatif jika kita pandang dengan subyektivitas masing-masing individu. Karena keadaan hati, pengalaman dan ilmu masing-masing individidu berbeda maka ruang dan waktu akan bersifat relatif tergantung dari pandangan masing-masing individu.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebenar-benar hidup adalah peningkatan dimensi menuju dimensi yang lebih baik. Manusia hidup menuju dimensi yang lebih baik dalam fenomena garis lurus dalam siklik yang berputar. Pada perputaran siklik ada fase dimana manusia menjumpai peristiwa yang sama, misalnya selalu mengalami keadaan tanggal 1 setiap bulannya, manusia lupa ketika telah lanjut usia dan kembali ke sifat kekanak-kanakan. Oleh karena itu, kita harus sopan dan santun terhadap ruang dan waktu serta selalu berusaha melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya, selalu tingkatkan iman dan taqwa pada Nya, dan jalanilah hidup ini dengan ikhlas untuk menggapai ridho Nya.

    ReplyDelete
  12. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Manusia hidup terikat dengan ruang dan waktu. Dunia merupakan ruang yang absolut bagi setiap manusia. Begitupun dengan waktu. Ketika dipersempit maknanya, ruang dan waktu dapat berubah-ubah. Sehingga inilah yang disebut relatif. Seperti setiap manusia bisa menempati ruang dan waktu yang berubah-ubah.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ruang dan waktu absolut adalah sesuatu yang merujuk pada adanya akhirat. Ruang dan waktu pada akhirat belum dapat dijangkau oleh manusia ketika masih hidup. Akhirat adalah suatu alam yang abadi yang akan dilalui manusia setelah mengalami kematian. Manusia tidak dapat menjangkaunya sebab ruang dan waktu di akhirat hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya.

    ReplyDelete
  14. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Waktu merupakan hal yang sangat penting, sebagaimana telah kita ketahui betapa pentingnya waktu itu sehingga dalam Alquran ada salah satu surah yang dinamai “waktu ashar”. Di dalam Allah swt bersumpah demi waktu bahwa manusia dalam kerugian kecuali bagi orang’ dalam kebaikan. Manusia dapat mengukur ruang dan waktu, hal ini berkaitan dengan logika manusia padahal dalam konteks logika Tuhan hidup adalah “satu detik”. Secara ilmiah ruang adalah tempat di mana benda-benda berada terkait oleh panjang, lebar, tinggi, dan volume. Sedangkan waktu adalah perpindahan saat ke saat lainnya. Menurut Newton ruang dan waktu adalah objektif, mutlak, dan bersifat universal. Ruang mempunyai tiga matra, yaitu atas-bawah, depan belakang, kiri kanan. Sedangkan waktu hanya bermatra depan belakang.Menurut Einstein ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang bergantung pada pengamatnya, Waktu bersifat relatif karena hasil pengukurannya terhadap hubungan yang menyangkut waktu bergantung pada pengertian keserampakan, apabila sesuatu terjadi misalnya ledakan maka kuatnya bunyi akan berbeda di berbagai tempat. Pada dasarnya waktu tetap merupakan hal yag abstrak dan kosong. Waktu adalah intensitas yang berlangsung melalui diri sendiri. Manusia tidak bisa menjangkau, mengendalikan, apalagi membagi-baginya dalam kalender atau buku agenda. Yang terjadi sebaliknya, manusia terperdaya dan dikendalikan waktu. Karena itu, penyesalan selalu datang setiap akhir menandai bahwa kesadaran menusia tentang waktu terjebak pada pandangan materialisme. Segalanya seolah-olah bisa ditaklukkan termasuk waktu tetapi waktu bisa dikendalikan oleh manusia. Manusia menggunakan ruang atau tempat sebagai tempat tinggal dan melakukan interaksi antara satu dan yang lainnya. Manusia saling menyapa, berkenalan, menegur, dan saling berinteraksi. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hubungan tersebut tercermin dalam hubungan interaksi sosial.

    ReplyDelete
  15. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Memanipulasikan ruang dan waktu menurut saya tergantung juga dari ruang dan waktu yang sedang dijalani. Ruang dan waktu dapat membatasi sejauh mana jangkauan pemikiran manusia. Ruang dan waktu tergantung dari pemahaman masing – masing. Setiap orang mengalami ruang dan waktunya masing – masing. Agar tidak menyesal di kemudian hari maka sebaiknya benar – benar berbuat yang tidak menyia – nyiakan ruang dan waktu sehingga hidupnya tidak penuh dengan kekecewaan. Mendekatkan diri kepada Tuhan dapat membantu untuk dapat memanfaatkan ruang dan waktu sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  16. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Alam semesta merupakan ruang raksasa yang sangat luas. Tersimpan banyak misteri di dalamnya, mulai dari waktu penciptaan hingga kapan alam semesta akan punah. Tentunya untuk mencari jawaban dari misteri-misteri tersebut butuh rasionalitas tinggi di sertai observasi yang didukung dengan teknologi canggih. Sama halnya dengan konsep waktu, selama ini yang kita tahu adalah waktu selalu bergerak maju. Maka dalam kehidupan nyata tidak pernah kita jumpai pecahan-pecahan gelas mendadak mengumpul dari lantai dan melompat kembali ke atas meja kemudian membentuk gelas yang utuh. Namun ruang waktu lain yang di perkenankan teori relativitas umum, dan memungkinkan perjalanan ke masa lalu sudah di temukan. Salah satunya adalah bagian dalam lubang hitam atau biasa di sebut lubang cacing (wormholes) yang berotasi. Lubang hitam atau lubang cacing bak ‘jembatan waktu’ yang bisa mengantarkan seseorang ke masa lalu ataupun ke masa depan. Maka kita bisa membayangkan seseorang yang hari ini rumahnya kebakaran kembali ke masa lalunya guna mematikan batang rokok yang ada di kamarnya sehingga tidak akan pernah terjadi kebakaran.


    ReplyDelete
  17. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Penemuan-penemuan ilmu pengetahuan modern membawa kita pada kesimpulan bahwa waktu tidak bersifat absolut seperti anggapan materialis, tetapi merupakan persepsi relatif. Sangat menarik bahwa fakta yang baru terungkap oleh ilmu pengetahuan pada abad ke-20 ini, telah disampaikan dalam Al Quran kepada manusia 14 abad yang lalu.

    ReplyDelete
  18. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Seseorang yang memanipulasi ruang dan waktu akan berada dalam ruang yang berbeda dalam waktu yang sama atau bahkan berada dalam waktu yang berbeda dalam ruang yang sama. Hal ini dapat terjadi jika seseorang. Belajar filsafat menjadikan seseorang belajar untuk memaknai ruang dan waktu bukan belajar untuk memanipulasinya. Berusaha untuk ikhlas hati dan pikiran agar tidak ada keinginan untuk memanipulasi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara amsalah ruang dan waktu maka tepat rasanya saya menyebutkan bahwa kita harus sesuai dengna ruang dan waktu. Mungkin tema tentang hal ini telah sering kita dengar . mungkin kita sering juga dengae bahwa “harus sesaui dengan ruang dan waktunya”. Untuk menyesuiakan ruang dna waktu mungkin bagi saya itu sangat sulit apalagi dalam hal filsafat yang mana berfilsafat itu adalah suatau pendapat tidak ada yang tidak benar. Objek dari filsafat itu yang ada dan yang mungkin ada. dengan demikian maka ruang dan waktu harus sesuai dnegan ruang dan waktu oang lain. Dnegan adanya sessuia inilah adkana menciptakan harmonisasi antara kedua orang itu.

    ReplyDelete
  20. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi memanipulasi ruang dan waktu, keduanya itu adalah suatu keadaan dimana manusia selalu berdampingan dengannya. Ruang dan waktu bersifat relatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya dan memanfaatkannya. Kita sebagai manusia hendaknya dapat menggunakan waktu sebaik mungkin agar kita tidak merasa rugi dengan waktu yang kita gunakan selama ini. Gunakanlah waktu yang kita miliki dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Selain itu terkait dengan ruang kita harus tahu dengan siapa kita berbicara, dengan siapa kita bertindak dan berhadapan agar kita dapat memposisikan diri sebagaimana dengan lawan bicara kita. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus memnfaatkan waktu sebaik mungkin supaya kita bukan termasuk orang yang merugi.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ruang dan waktu memang sudah sering kita gunakan dalam memahami filsafat. Ruang dan waktu merupakan hal yang bisa menggambarkan dimensi dimana kita berada dan bagaimana sebaiknya kita bersikap dan berperilaku. Ruang dan waktu yang kita tafsirkan pun bersifat relatif, tidak berlaku untuk semua orang. Bahkan pemikiran orang lain mengenai ruang dan waktu pun tidak sama dengan pemikiran kita mengenai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  22. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kita tidak akan pernah terlepas dari ruang dan waktu, Semua orang merasakan ruang dan waktu, tetapi kebanyakan tidak mempertanyakan hal itu karena mereka mengalami setiap hari dan sangat intim (Fraser, 1987: 17-22). Waktu memiliki tanda atau simbol pada semua aspek kehidupan. ‘dimensi ruang yang lebih luas’ yaitu waktu. Dua persoalan tersebut bagaimanapun tidak dapat diabaikan begitu saja karena kenyataan menunjukkan bahwa dalam kehidupannya, manusia selalu berada di dalam tempat dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  23. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dapat dipahami disini bahwa ruang dan waktu dikatakan relatif karena perbedaan segi pandang pengamatnya. Ruang berkaitan dengan hubungan antar benda yang diukur, sehingga akan berbeda hasil pengukuran yang dilakukan dengan cara-cara tertentu atau di tempat tertentu. Waktu juga bersifat relatif karena hasil pengukuran terhadap hubungan-hubungan yang menyangkut waktu tergantung pada pengertian keserampakan atau simultaneity apabila sesuatu terjadi.

    ReplyDelete
  24. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Menurut Newton, ruang dan waktu bersifat absolut. Ruang dan waktu bersifat statis. Ruang dan waktu akan selalu ada untuk selama-lamanya walau materi yang ada di alam semesta ini musnah. Gagasan-gagasan mengenai ruang dan waktu yang bersifat mutlak di atas ternyata menemui kesulitan-kesulitan karena timbulnya paradoks-paradoks maupun setelah ditemukannya hukum relativitas oleh Einstein serta kesulitan-kesulitan dalam pengamatan. Sedangkan menurut Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif, tergantung sudut pandang pengamatnya.

    ReplyDelete
  25. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Belajar filsafat meliputi objek yang ada dan yang mungkin ada dan terbatas dalam ruang dan waktu. Sehingga ruang dan waktu tidak dapat jalan sendiri-sendiri tetapi beriringan satu sama lain. Ruang dan waktu yang terjadi dalam diri manusia berbeda-beda bergantung pada sudut pandangnya. Ruang dan waktu sebagai sarana untuk menyatakan fenomena yang tampak yang dapat ditangkap oleh indra manusia yang meliputi pengetahuan apriori maupun pengetahuan apostteriori.

    ReplyDelete
  26. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Akhirat tidak dapat dipandang oleh manusia sebagai hal yang relatif terhadap ruang dan waktu.
    Berbeda dengan dunia yang merupakan ruang waktu relatif. Hal ini karena dunia dapat didefinisikan berbeda oleh tiap manusia . manusia bebas mendefinisikan dunia mereka masing-masing sesuai apa yang mereka jalani, hadapi, dan yakini tentang dunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  27. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Kita dikatakan sopan santun terhadap sesuatu jika kita sadar dan sesuai dengan ruang dan waktu sesuatu tersebut. Ruang dan waktu bisa absolut bisa juga relatif, tergantung pada sudut pandang subjektifitas masing-masing. Dunia tertentu pada ruang dan waktu yang absolut adalah dunia tertentu yang ada pada ruang dan waktu pada saat itu. Jika dunia dilihat secara keseluruhan maka dunia menjadi pada ruang dan waktu yang relatif.

    ReplyDelete
  28. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Jika kita berbicara tentang ruang dan waktu, berarti kita tengah berbicara tentang kehidupan di dunia. memanipulasi ruang dan waktu absolut, sehingga kita bisa mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif. Absolut dapat bemakna tidak terbatas sedangkan relatif dapat bermakna tidak mutlak, tidak tak terbatas. Ruang dan waktu yang tidak mutlak saya ibaratkan sebagai kesempatan hidup di dunia yang hanya sebentar, tidak kekal, karena akan diakhiri oleh yang namanya kematian dan hari kiamat. Sementara ruang dan waktu absolut berarti tentang kehidupan sesudah kematian dan kiaat yaitu kehidupan akhirat yang bersifat kekal.

    ReplyDelete