Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 8: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikanlah Ruang dan Waktu Absolut sehingga anda bisa mendefinisikan Dunia sebagai Ruang dan Waktu Relatif. Bisa menggunakan referensi.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

58 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara amsalah ruang dan waktu maka tepat rasanya saya menyebutkan bahwa kita harus sesuai dengna ruang dan waktu. Mungkin tema tentang hal ini telah sering kita dengar . mungkin kita sering juga dengae bahwa “harus sesaui dengan ruang dan waktunya”. Untuk menyesuiakan ruang dna waktu mungkin bagi saya itu sangat sulit apalagi dalam hal filsafat yang mana berfilsafat itu adalah suatau pendapat tidak ada yang tidak benar. Objek dari filsafat itu yang ada dan yang mungkin ada. dengan demikian maka ruang dan waktu harus sesuai dnegan ruang dan waktu oang lain. Dnegan adanya sessuia inilah adkana menciptakan harmonisasi antara kedua orang itu.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi memanipulasi ruang dan waktu, keduanya itu adalah suatu keadaan dimana manusia selalu berdampingan dengannya. Ruang dan waktu bersifat relatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya dan memanfaatkannya. Kita sebagai manusia hendaknya dapat menggunakan waktu sebaik mungkin agar kita tidak merasa rugi dengan waktu yang kita gunakan selama ini. Gunakanlah waktu yang kita miliki dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Selain itu terkait dengan ruang kita harus tahu dengan siapa kita berbicara, dengan siapa kita bertindak dan berhadapan agar kita dapat memposisikan diri sebagaimana dengan lawan bicara kita. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus memnfaatkan waktu sebaik mungkin supaya kita bukan termasuk orang yang merugi.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ruang dan waktu memang sudah sering kita gunakan dalam memahami filsafat. Ruang dan waktu merupakan hal yang bisa menggambarkan dimensi dimana kita berada dan bagaimana sebaiknya kita bersikap dan berperilaku. Ruang dan waktu yang kita tafsirkan pun bersifat relatif, tidak berlaku untuk semua orang. Bahkan pemikiran orang lain mengenai ruang dan waktu pun tidak sama dengan pemikiran kita mengenai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kita tidak akan pernah terlepas dari ruang dan waktu, Semua orang merasakan ruang dan waktu, tetapi kebanyakan tidak mempertanyakan hal itu karena mereka mengalami setiap hari dan sangat intim (Fraser, 1987: 17-22). Waktu memiliki tanda atau simbol pada semua aspek kehidupan. ‘dimensi ruang yang lebih luas’ yaitu waktu. Dua persoalan tersebut bagaimanapun tidak dapat diabaikan begitu saja karena kenyataan menunjukkan bahwa dalam kehidupannya, manusia selalu berada di dalam tempat dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dapat dipahami disini bahwa ruang dan waktu dikatakan relatif karena perbedaan segi pandang pengamatnya. Ruang berkaitan dengan hubungan antar benda yang diukur, sehingga akan berbeda hasil pengukuran yang dilakukan dengan cara-cara tertentu atau di tempat tertentu. Waktu juga bersifat relatif karena hasil pengukuran terhadap hubungan-hubungan yang menyangkut waktu tergantung pada pengertian keserampakan atau simultaneity apabila sesuatu terjadi.

    ReplyDelete
  6. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Menurut Newton, ruang dan waktu bersifat absolut. Ruang dan waktu bersifat statis. Ruang dan waktu akan selalu ada untuk selama-lamanya walau materi yang ada di alam semesta ini musnah. Gagasan-gagasan mengenai ruang dan waktu yang bersifat mutlak di atas ternyata menemui kesulitan-kesulitan karena timbulnya paradoks-paradoks maupun setelah ditemukannya hukum relativitas oleh Einstein serta kesulitan-kesulitan dalam pengamatan. Sedangkan menurut Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif, tergantung sudut pandang pengamatnya.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Belajar filsafat meliputi objek yang ada dan yang mungkin ada dan terbatas dalam ruang dan waktu. Sehingga ruang dan waktu tidak dapat jalan sendiri-sendiri tetapi beriringan satu sama lain. Ruang dan waktu yang terjadi dalam diri manusia berbeda-beda bergantung pada sudut pandangnya. Ruang dan waktu sebagai sarana untuk menyatakan fenomena yang tampak yang dapat ditangkap oleh indra manusia yang meliputi pengetahuan apriori maupun pengetahuan apostteriori.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Akhirat tidak dapat dipandang oleh manusia sebagai hal yang relatif terhadap ruang dan waktu.
    Berbeda dengan dunia yang merupakan ruang waktu relatif. Hal ini karena dunia dapat didefinisikan berbeda oleh tiap manusia . manusia bebas mendefinisikan dunia mereka masing-masing sesuai apa yang mereka jalani, hadapi, dan yakini tentang dunia itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Jika kita berbicara tentang ruang dan waktu, berarti kita tengah berbicara tentang kehidupan di dunia. memanipulasi ruang dan waktu absolut, sehingga kita bisa mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif. Absolut dapat bemakna tidak terbatas sedangkan relatif dapat bermakna tidak mutlak, tidak tak terbatas. Ruang dan waktu yang tidak mutlak saya ibaratkan sebagai kesempatan hidup di dunia yang hanya sebentar, tidak kekal, karena akan diakhiri oleh yang namanya kematian dan hari kiamat. Sementara ruang dan waktu absolut berarti tentang kehidupan sesudah kematian dan kiaat yaitu kehidupan akhirat yang bersifat kekal.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memanipulasi ruang dan waktu adalah kita menempatkan segala sesuatu sesuai dengan kaedah dan aturan yang berlaku. Seseorang mempunyai orientasi hidup yang berbeda-beda dengan tingkat pencapaian yang berbeda-beda pula. Maka dari itu perlu membuat suatu draf atau pola kehidupan, dimana di dalam hidup terdiri dari tiga zaman yaitu zaman prasejarah, zaman sejarah, dan zaman pos modern. Karena kita berada pada zaman era milenium ketiga yaitu pos modrn maka cara kita memanipulasikan ruang dan waktu adalah dengan mempelajari dan menguasai berbagai macam kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi agar memiliki pola kehidupan yang bersifat dinamis.

    ReplyDelete
  11. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ruang dan waktu dapat dikatakan relatif apabila terdapat perbedaan pandangan pengamatannya. Ruang dan waktu yang absolut adalah kegiatan kita saat sadar akan ruang dan waktu, namun kita bisa menembus ruang dan waktu sehingga ruang dan waktu menjadi relatif, tergantung bagaimana kita menterjemahkannya kedalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  12. Dewi saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Ruang dan waktu yang absolut merupakan suatu kepastian dialam dimana allah SWT merancang bangun alam semesta dengan sedemikian rupa dan telah ditentukan. Seperti halnya siang dan malam, merupakan pas dialam yang tidak mampu untuk di pecahkan. Ketika bicara soal Ruang dan waktu yang relatif dimana kita akan dihadapkan oleh kepastian dialam yang digunakan atas dasar pandangan masing-masing dan tidak mampu ditentuakan dikarnakan bentuk yang berubah-berubah tergantung dari subjek yang menggunakannya.

    ReplyDelete
  13. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Ruang dan waktu yang relatif, tergantung dari tesis dan anti tesis, tergantung dari subyek dan obyek, tergantung dari sudut pandang masing-masing individu. jika saya sebagai tesis, sebagai subyej, dan melihat ruang dan waktu melalui sudut pandang saya sendiri, saya melihat bahwa ruang dan waktu itu ada di dalam pikiran saya, dan bisa di proyeksikan ke dalam bentuk material, objek-objek di alam semesta.

    ReplyDelete
  14. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Memanipulasikan ruang dan waktu absolut. Tampaknya itu tak mungkin bisa kulakukan. Karena segala hal yang absolut adalah milik Alloh Ta'ala. Bukan lagi ruang dan waktu, tapi yang absolut adalah kebenaran milik-Nya. Maka dengan itu, sesungguhnya ruang dan waktu yang kita hadapi dan coba pikirkan adalah ruang dan waktu yang relatif. Kita tidak bisa memanipulasikannya menjadi absolut dan sebalikanya. Yang bisa kita lakukan adalah mereduksinya. Keberadaan ruang dan waktu yang relatif pun, tidak bisa kita ungkapkan secara pasti relativitasnya. Sekali lagi, kita hanya mereduksinya.
    Mohon pencerahannya, karena sekali lagi, pendapat saya belumlah cukup, sangat tidak cukup

    ReplyDelete
  15. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Di komen sebelumnya saya belum menyadari bahwa ada ruang dan waktu absolut. Ruang dan waktu absolut hanya milik Tuhan. Tuhanlah yang memiliki kendali atas ruang dan waktu manusia. Absolut, tak kan ada yang bisa melangkahinya.
    Sedangkan ruang dan waktu manusia hanyalah relatif. Waktuku mulai, waktuku selesai, waktumu mulai, waktumu selesai. Bisa saja semuanya berbeda. Hal yang perlu disadari adalah ruang dan waktu manusia yang relatif bergantung pada ruang dan waktu Tuhan yang absolut.

    ReplyDelete
  16. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Untuk memahami makna dari memanipulasi ruang dan waktu saya mengalami kesulitan.Kenyataannya ruang dan waktu dapat bersiat relatif dan absolut.Relatif yang sifatnya sementara seperti yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari sedangkan yang absolut adalah hanya milik Allah SWT.Jika disandingkan dengan kata memanapulasi adalah agak sulit dilakukan meski dapat dilakukan.Misalnya, kita ingin melakukan olahraga di lapangan hari ini kemudian kita melakukannya lagi di hari berikutnya.Walaupun konteksnya sama-sama bermain bola namun kejadian dalam ruang dan waktu tidak mungkin sama .Kejadian tersebut hanya mungkin dapa diingat dan dikenang.Dengan keterbatasan yang saya miliki saya meminta maaf jika salah memahami.

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Segala yang absolut adalah milik Allah, sedangkan segala yang relatif adalah milik manusia. Lagi-lagi saya bingung dan ragu, apakah apakah ruang dan waktu absolut bisa dimanipulasikan? Sehingga saya dapat mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif? Bukankah segala kuasa Allah (yang absolut) tidak bisa kita pikirkan hanya dengan pikiran, tetapi harus dengan hati juga. Tetapi saya akan sedikit mencoba memikikannya, apakah waktu tiba saatnya sholat wajib lima waktu temasuk ruang dan waktu yang absolut? Jika iya, maka ruang dan waktu relatif saya adalah ketika saya melaksanakan sholat di mushola atau umah Allah. Maka definisi dunia menurut pengalaman saya adalah menghadap Allah saat panggilannya tiba.

    ReplyDelete
  18. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Adanya ruang dan waktu yang absolut merupakan kuasa Tuhan terhadap manusia. Manusia sedemikian hingga memanfaatkan adanya ruang dan waktu yang telah diberikan Tuhan. Dengan memanfaatkan ruang dan waktu absolut tersebut maka manusia akan terus berfikir dan berfikir sehingga dia akan sampai pada hakikat dunia adalah sesuatu yang relative. Segala ruang dan waktu yang ada di dunia dapat di maksimalkan oleh manusia tergantung bagaimana ia memanfaatkannya sehingga apa yang diperoleh orang satu dengan orang yang lain dalam dimensi ruang dan waktu yang sama mungkin saja berbeda. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  19. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Segala sesuatu yang bersifat absolut adalah Kuasa Tuhan. Manusia adalah makhluk Tuhan yang diciptakan dengan plural. Ruang dan waktu yang absolut adalah milik Tuhan. Manusia diberikan takdir oleh Tuhan secara absolut, di sisi lain manusia diberikan kesempatan pula untuk mentransformasikan takdir tersebut dengan ikhtiarnya masing-masing yang bersifat relatif. Tergantung masing-masing akan memilih ikhtiar yang mana.

    ReplyDelete
  20. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Manipulasi ruang dan waktu absolut dapat dilihat dari “anak panah yang melayang” (Jika kita memiliki anak panah ukuran 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter, kemudian anak panah itu kita lepaskan dan bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Setiap saat dalam keadaan melayang anak panah tersebut tetap berukuran 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter. Sedangkan kita mengatakan bahwa berukuran sepanjang 3 meter berarti menempati ruang sepanjang 3 meter dan berhubung dengan itu, maka setiap saat dalam keadaan melayang anak panah tersebut berada dalam keadaan diam.

    Menurut ajaran Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang tergantung pada pengamatnya. Ruang merupakan semacam hubungan antara benda-benda yang diukur dengan cara-cara tertentu. Dengan demikian apabila pengukurannya dilakukan dengan cara yang berbeda, maka hasilnyapun akan berbeda. Waktu juga bersifat relatif karena hasil pengukuran terhadap hubungan-hubungan yang menyangkut waktu tergantung pada pengertian keserampakan (simultaneity);

    ReplyDelete
  21. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dalam pemahaman kami Ruang dan waktu yang absolut artinya adalah suatu kondisi dan waktu yang ditakdirkan untuk dimiliki oleh seseorang. Dia bisa berbuat apa saja seseuai dengan keinginan dan kemampuan yang dia miliki. Sedangkan ruang dan waktu yang relatif adalah ruang dan waktu itu senantiasa berubah bergerak seiring dengan perjalanan waktu. Oleh karena itu sebaiknay seseorang harus mampu memanfaatkan ruang dan waktu yang dimiliki, dan bisa meningkatkan dimensi kualitas hidupnya dengan memanfaatkan ruang dan waktu tersebut.

    ReplyDelete
  22. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Menurut KBBI absolut berarti tidak terbatas / mutlak, sedangkan relatif yaitu segala sesuatu yang berhubungan, sehingga bergantung dengan sesuatu. Memanipulasi ruang dan waktu yang absolut pun dapat mendefinisikan ruang dan waktu yang relatif. Maksudnya dengan ruang dan waktu yang terbatas yang mutlak pun juga akan bergantung dengan sesuatu. Segala sesuatu yang mutlak pun akan bergantung dengan ruang dan waktu. Oleh sebab itu dengan adanya ruang dan waktu yang absolutpun nantinya kita akan mampu mendefiniskan ruang dan waktu yang relatif

    ReplyDelete
  23. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, sepemahaman saya ruang dan waktu yang absolut adalah ruang dan waktu yang harus kita jalani, berasal dari kata absolut yang berarti mutlak adanya. Selain ruang dan waktu yang absolut, sering saya dengar pula mengenani ruang dan waktu yang relaitf. Berbeda halnnya dnegan ruang dan waktu yang absolut, ruang dan waktu yang relatif bisa berubah sering berjalannya waktu. Dalam teori einstein dikatakan bahwa waktu menjadi relatif krena adanya ruang.

    ReplyDelete
  24. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Waktu dan ruang itu tidak dapat dipisahkan, ruang ada karena watu, dan watu ada karena ruang. Ruang dan watu itu relatif tergantung dari mahluk dan berbagai macam persepsinya, sebab itu tiada dua mahluk yang dapat berada ditempat dan waktu yang sama sealigus. Jika dua mahluk berada ditempat yang sama, maka akan berbeda waktunya. Dan dalam waktu yang sama dua mahluk akan berada di tempat yang berbeda. Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga khususnya untuk manusia, manusia tidak dapat mengulang waktu yang telah ia gunakan, sedangkan dengan waktu manusia dapat memperoleh kesempatan, sehingga kesempaan manusia hanyalah satu kali pada setiap waktu.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  25. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Manusia berada dalam satu wadah waktu yang sama, dengan durasi yang sama pula. Tetapi waktu sangat relatif bagi manusia. Ada ketika waktu itu seakan kental sehingga dalam melewatinya terasa sangat lama, ada ketika waktu itu seakan cair sehingga tidak terasa sudah berlalu begitu saja. Waktu ada yang efektif dan tidak efektif, sehingga dalam satu hari sehingga ada yang melakukan banyak hal dalam satu hari dan ada yang kehilangan begitu saja. Waktu itu seperti pedang bermata dua bagi manusia, bagi yang dapat menggunakannya akan sangat berguna, sebaliknya yang tidak dapat menggunakannya akan tersayat dan melukai dirinya sendiri. Waktu yang dapat dimiliki manusia hanyalah sekejap yaitu adalah saat ini, waktu yang telah berlalu bukan lagi milik manusia, karena apapun upaya yang manusia lakukan tidak akan dapat merubah apa yang telah terjadi. Sedangkan masa depan juga tidak dapat dimiliki manusia, karena manusia tidak akan tahu apapun yang akan terjadi walaupun sedetik kedepan.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  26. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Seperti kata pepatah, waktu lebih berharga daripada emas. Pepatah tersebut menggambarkan bahwa betapa ruginya diri kita seandainya kita kehilangan waktu. Ruang dan waktu yang sama tidak mungkin kita memperolehnya kembali. Ruang dan waktu yang telah terlewati akan menjadi masa lalu yang tidak dapat lagi dikunjungi. Seperti kata Imam Ghazali bahwa yang paling jauh adalah masa lalu, karena seberapapun kita ingin kembali ke masa lalu, kita tidak akan dapat mencapainya.

    ReplyDelete
  27. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Ruang dan waktu adalah suatu konsep yang tidak terpisahkan antara satu dengan yang lain. Konsep tersebut memberikan gambaran bahwa pada hakikanya apa yang kita rencanakan dan kita lakukan harus dapat bersifat fleksibel, sehingga dapat beradaptasi dan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Bergitu terhadap pengetahuan yang kita miliki tidak boleh bersifat apatis melainkan harus bersifat dinamis dan continu.

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam memahami ruang dan waktu, pengertian ruang dan waktu tidak dapat ditinggalkan dalam bahasan ini. Secara ilmiah, ruang adalah tempat dimana benda-benda berada terkait oleh panjang, lebar, tinggi, dan volume. Dan waktu adalah intensitas yang berlangsung melalui diri sendiri.Aspek waktu tidak selalu ditunjukkan dengan tanggal, bulan, atau tahun, bisa juga dengan kalimat lain. Suatu peristiwa sering kali tidak berdiri sendiri tetapi merupakan rangkaian peristiwa-peristiwa sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. Nama : Latifah Fitriasari
    NIM : 17709251055
    Kelas : PM C

    Menurut Einstein ruang dan waktu bersifat relatif. Ruang merupakan semacam hubungan antara benda-benda yang diukur dengan cara-cara tertentu. Dengan demikian apabila pengukurannya dilakukan dengan cara berbeda maka hasilnya akan berbeda. Waktu bersifat relatif karena hasil pengukurannya terhadap hubungan yang menyangkut waktu bergantung pada pengertian. Selanjutnya H.A. Lorentz membuat suatu teori “ persamaan transformasi” yang menggambarkan tentang hubungan antara cara pengukuran jarak dan cara pengukuran waktu yang menyangkut dua pengamat yang mempunyai kerangka acuan yang berbeda dan bergerak secara lurus yang saling mendekati. Jadi, jarak merupakan ukuran untuk menentukan ruang. Begitu juga dengan transformasi hubungan antara ruang dan waktu. Dengan begitu kita tidak akan mengetahui waktu dengan tepat apabila tidak memperhitungkan ukuran ruang, sebaliknya kita tidak akan mengetahui ruang secara tepat apabila tidak mempehitungkan ukuran waktu. Menurut Einstein tidak ada waktu yang bersifat mutlak, tidak ada ruang yang terpisah dari waktu yang ada hanya ruang-waktu. Keduanya merupakan satu kesatuan yang menyebabkan timbulnya sebuah kenyataan.

    ReplyDelete
  30. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Setiap makhluk memiliki ruang dan waktu sendiri-sendiri. Sungguh sulit untuk memanipulasi ruang dan waktu. Karena mereka sifatnya mengikat. Tidak akan pernah kembali dengan ruang dan waktu yang sama persis. Mungkin bisa kembali, kuliah filsafat setiap Rabu jam 11.10 akan terulang setiap minggu di satu semester. Tetapi, apa keadaannya sama? Jelas berbeda. Apa yang disampaikan prof marsigit di kelas pun berbeda, keadaaan mahasiswa di kelas pun berbeda, semua baju yang dikenakan sudah tidak sama. Tadi saya sedang membaca elegi sebelum elegi ini, tetapi sekarang saya membaca elegi ini dan masih memikirkan elegi tadi. Tetapi hal itu pun juga sama tidak akan bisa kembali. Maka benar, rugilah manusia yang tidak memanfaatkan ruang dan waktunya dengan sesuai.

    ReplyDelete
  31. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Ruang dan waktu itu berhubungan dengan suatu keadaan, dimana kita harus bisa menyesuaikan ruang dan waktu dengan keadaan. Pengetahuan sesuai dengan ruang dan waktu itu penting karena untuk menghindari kesalahan, kekeliruan, kesalahpahaman. Tetapi ruang dan waktu itu bisa dimanipulasi, karena ruang dan waktu itu suatu keadaan, maka keadaan itu hasil ciptaan, maka tentu kita dapat menciptakan keadaan sesuai dengan kebutuhan kita. Jika dalam filsafat, ruang dan waktu dilambangkan dengan bahasa analog, mempunyai definisi yang tak lagi mempunyai batas, sehingga sifatnya itu relatif, bisa berlaku kapan saja dan dimana saja. Hanya bergantung pada pemahaman masing-masing individu dalam memandang.

    ReplyDelete
  32. Ruang dan waktu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan hitungan waktu yang sama dan dalam ruang yang sama namun kita bisa merasakan waktu itu terkadang relatif lama, namun terkadang juga waktu itu terasa singkat. Artinya ruang dan waktu itu bersifat relatif.Waktu merupakan suatu hal yang sangat berharga. Waktu tidak dapat diulang kembali, oleh karena itu kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  33. Ruang dan waktu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan hitungan waktu yang sama dan dalam ruang yang sama namun kita bisa merasakan waktu itu terkadang relatif lama, namun terkadang juga waktu itu terasa singkat. Artinya ruang dan waktu itu bersifat relatif.Waktu merupakan suatu hal yang sangat berharga. Waktu tidak dapat diulang kembali, oleh karena itu kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  34. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Newton, waktulah yang membentuk struktur alam semesta. Waktu juga tetap dan tidak berubah, artinya waktu tidak bisa bertambah cepat (menyusut) atau melambat. Maka sebenar-benar ruang waktu adalah absolut. Absolut dalam arti tidak bisa bertambah cepat atau melambat. Absolut dalam arti jika ia telah berlalu maka ia tidak akan kembali lagi. Tetapi sebenar-benar yang absolut pun relatif. Ruang dan waktu relatif tergantung subjek dan objeknya. Bertambah cepat dan bertambah lambat merupakan sesuatu yang relatif karena cepat dan lambat bagi dirimu belum tentu cepat dan lambat bagi diriku.

    ReplyDelete
  35. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Newton, waktulah yang membentuk struktur alam semesta. Waktu juga tetap dan tidak berubah, artinya waktu tidak bisa bertambah cepat (menyusut) atau melambat. Maka sebenar-benar ruang waktu adalah absolut. Absolut dalam arti tidak bisa bertambah cepat atau melambat. Absolut dalam arti jika ia telah berlalu maka ia tidak akan kembali lagi. Tetapi sebenar-benar yang absolut pun relatif. Ruang dan waktu relatif tergantung subjek dan objeknya. Bertambah cepat dan bertambah lambat merupakan sesuatu yang relatif karena cepat dan lambat bagi dirimu belum tentu cepat dan lambat bagi diriku.

    ReplyDelete
  36. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya hidup dalam waktu dan tidak dapat dilepaskan dari waktu. Mereka berkaitan erat dengan kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mempelajari sejarah bukan hanya mempelajari sesuatu yang berhenti, melainkan sesuatu yang terus bergerak sejalan dengan perjalanan waktu. Setiap peristiwa sejarah berada dalam kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang waktu sebelumnya. Oleh sebab itu ada kalimat “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.”

    ReplyDelete
  37. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Kesesuaian ruang dan waktu, berarti melakukan sesuatu sesuai dengan ruang dan waktunya. Artinya tidak menyalahi poporsinya. Namun jika melakukan tidak dengan tidak memperhatikan ruang dan waktunya, hal ini berarti menyalahkan ruang dan waktu. Sehingga maksud dari apa yang ingin dicapai akan tidak sesuai. Waktu yang absolut menuju kearah yang relatif berarti menempatkan ruang dan waktu sesuai dengan kebutuhan dan konsteks yang berbeda-beda dengan tujuan untuk mencari esensi yang berbeda pula.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Jika kita berbicara tentang ruang dan waktu, berarti kita tengah berbicara tentang kehidupan di dunia. memanipulasi ruang dan waktu absolut, sehingga kita bisa mendefinisikan dunia sebagai ruang dan waktu relatif. Absolut dapat bermakna tidak terbatas sedangkan relatif dapat bermakna tidak mutlak, tidak tak terbatas. Ruang dan waktu yang tidak mutlak saya ibaratkan sebagai kesempatan hidup di dunia yang hanya sebentar, tidak kekal, karena akan diakhiri oleh yang namanya kematian dan hari kiamat. Sementara ruang dan waktu absolut berarti tentang kehidupan sesudah kematian dan kiamat yaitu kehidupan akhirat yang bersifat kekal.

    ReplyDelete
  39. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada dasarnya manusia itu hidup akan terus bergerak tumbuh seiring perjalanan waktu dan tempat atau ruang di mana dia berada. Kehidupan bukanlah sesuatu yang diam atau statis, tetapi sesuatu yang terus-menerus tumbuh dan berkembang. Sebagai contoh, manusia dalam kehidupannya mengalami fase-fase tertentu, yaitu fase di dalam kandungan, lahir, bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Fase-fase kehidupan tersebut menunjukkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  40. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ruang dan waktu dapat dikatakan relatif apabila terdapat perbedaan pandangan pengamatannya. Ruang dan waktu yang absolut adalah keadaan kita saat sadar akan ruang dan waktu, namun kita bisa menembus ruang dan waktu sehingga ruang dan waktu menjadi relatif, tergantung bagaimana kita menterjemahkannya ke dalam pikiran kita

    ReplyDelete
  41. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Menurut Newton, ruang dan waktu bersifat absolut. Ruang dan waktu bersifat statis. Ruang dan waktu akan selalu ada untuk selama-lamanya walau materi yang ada di alam semesta ini musnah. Gagasan-gagasan mengenai ruang dan waktu yang bersifat mutlak di atas ternyata menemui kesulitan-kesulitan karena timbulnya paradoks-paradoks maupun setelah ditemukannya hukum relativitas oleh Einstein serta kesulitan-kesulitan dalam pengamatan. Sedangkan menurut Einstein, ruang dan waktu bersifat relatif, tergantung sudut pandang pengamatnya

    ReplyDelete
  42. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dunia merupakan ruang dan waktu yang relatif. Ruang dikatakan sebagai wadah atau tempat beradanya suatu benda atu objek. Waktu menunjukkan kapan suatu objek menempati ruang. Dunia merupakan ruang dan waktu yang relatif bisa saya artikan bahwa ruang dan waktu di dunia ini memiliki banyak perbedaan. Ruang d belahan bumi utara berbeda dengan ruang d belahan bumi selatan. Ketika ada ruang yang sama maka pasti akan dibedakan oleh waktunya. Ini mengindikasikan bahwa tidak ada satu pun ruang dan waktu yang identik.

    ReplyDelete
  43. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Ruang dan waktu merupakan aspek yang saling berkaitan. Suatu elemen menempati ruang sesuai dengan waktunya. Ruang dan waktu bersifat relatif adalah ketika keberadaan elemen dalam ruang dengan waktu yang bersesuaian bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, bisa berubah dan tidak terpaku pada suatu aturan. Ruang dan waktu yang absolut adalah kuasa Tuhan terhadap keberadaan elemen di ruang dan waktu yang bersifat pasti.

    ReplyDelete
  44. Gina Sasmita pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ruang dan waktu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Semua yang ada dan mungkin ada di kehidupan nyata terikat dengan ruang dan waktu. Ruang dan waktu akan menjadi relatif jika disesuaikan dengan keadaan objek di dalamnya. Ruang dan waktu akan berubah sesuai kondisi yang ada. Tetapi sebenarnya, kitalah yang menyesuaikan diri dengan ruang dan waktu. Ketika ruang dan waktu menujukan kondisi proses pembelajaran bagi matematika bagi anak-anak, maka guru yang mengajar sebaiknya mengikuti ruang dan waktu tersebut. Mengajarkan matematika dengan aktifitas (matematika sekolah) tanpa teorema dan definisi-definisi.

    ReplyDelete
  45. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dunia adalah kuasa Tuhan. Artinya ruang dan waktu yang ada di dunia karena adanya takdir dari Allah. namun jika dipandang dari sudut pandang pengamatnya, ruang akan berhubungan dengan hubungan antar objek yang akan dilihat dan diukur, sehingga hasilnya akan berbeda hasil pengukran yang dilakukan oleh orang tertentu dengan cara dan tempat tertentu. Artinya ruang akan bersifat relatif. Begitupun dengan waktu, hubungan yang berkaitan dengan waktu tergantung dengan pengertian simultan dan serempaknya atas waktu pada objek itu. Artinya waktu pun juga bersifat relatif. Dan pada akhirnya ruang dan waktu akan bersifat relatif.

    ReplyDelete
  46. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Setiap orang mendapatkan modal waktu yang sama selama 24 jam dalam 1 hari. 60 menit dalam 1 jam. 60 detik dalam 1 menit. Hal ini adalah sebuah kepastian yang absolut bahwa manusia mendapatkan jatah waktu yang sama. Tidak peduli apakah ia laki-laki atau perempuan, mahasiswa atau dosen, pejabat atau pedagang dan lain sebagainya. Semuanya mendapatkan modal waktu yang sama. Namun bagaimana cara mereka memanfaatkan waktu itulah yang berbeda. Ada yang memanfaatkan waktunya 8 jam per hari untuk tidur. 2 jam per hari untuk membaca. 2 jam per hari untuk bermain sosmed. 2 jam sehari untuk bermain game. Sedangkan sebenar-benar usia hidup kita adalah seberapa banyak waktu yang kita manfaatkan dalam beraktivitas atau membuat hal-hal yang bermakna. Maka waktu yang sebenarnya adalah absolut, menjadi relatif terhadap seberapa besar bobot kebaikan yang kita buat selama kurun waktu tersebut.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ruang dan waktu bersifat relatif dan bergantung pada persepsi kita masing-masing. Sebagai manusia kita hendaknya dapat menggunakan waktu sebik mungkin agar kita tidak merasa rugi dengan waktu yang kita gunakan selama ini. Gunakanlah waktu yang kita miliki dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Selain itu terkait dengan ruang kita harus tahu dengan siapa kita berbicara, dengan siapa kita bertindak dan berhadapan agar kita dapat memposisikan diri sebagaimana dengan lawan bicara kita. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus memnfaatkan waktu sebaik mungkin supaya kita bukan termasuk orang yang merugi. Waktu tidak akan berhenti jika kita berhenti. Waktu akan terus berjalan dan merubah definisi setiap apapun yang ada di dunia sehingga kita tidak akan mampu mendefinisikan sesuatu dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Bila membahas mengenai ruang dan waktu berarti kita membahas tentang kehidupan atau kesempatan untuk hidup. Absolut dapat bemakna tidak terbatas sedangkan relatif dapat bermakna tidak mutlak, tidak tak terbatas. Ruang dan waktu yang tidak mutlak saya ibaratkan sebagai kesempatan hidup di dunia yang hanya sebentar, tidak kekal, karena akan diakhiri oleh yang namanya kematian dan hari kiamat. Sementara ruang dan waktu absolut berarti tentang kehidupan sesudah kematian dan kiaat yaitu kehidupan akhirat yang bersifat kekal.

    ReplyDelete
  51. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Ruang dan waktu adalah relatif. Maksudnya yaitu setiap orang memiliki ruang dan waktu yang berbeda. Dalam mendefinisikannya juga berbeda. Misalkan Menurut Kant, dalam ruang dan waktu, intuisi merupakan kedua objek eksternal dan diri intuisi dari pikiran. Ini mempengaruhi indera kita. Benda penampilan selalu dilihat sebagai benar-benar diberikan menyediakan bahwa situasi mereka tergantung pada modus subjek intuisi dan bahwa objek penampilan dibedakan dari obyek itu sendiri. Menurut Kant, kita tidak perlu untuk mengatakan bahwa tubuh hanya tampaknya menjadi luar kita ketika kita menyatakan bahwa kualitas ruang dan waktu terletak pada modus kami intuisi dan tidak dalam objek dalam diri mereka, seperti terjemahan diatas.
    Namun yang terpenting yaitu secerdas-cerdas orang adalah orang yang mampu menembus ruang dan waktu. Menembus ruang dan waktu bisa berarti sadar dan menaruh sesuai porsinya. Dalam menembus ruang dan waktu ini dibutuhkan keikhlasan. Keikhalasan menembus ruang dan waktu adalah keikhlasan itu sendiri. Keikhalasan ini pula adalah bekal untuk menjalani hidup, karena itu sunnatullahnya aturan dari Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  52. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ruang dan waktu selalu bergerak, berpindah, dan berjalan tiap detik nya bahkan tiap sepersekian detiknya. Ketika seseorang berada dalam ruang yang sama, namun tidak akan terhindar bahwa dia berpindah dari detik yang satu ke detik yang berikutnya. Suatu ruang dan waktu akan memiliki makna untuk satu orang namun akan memiliki makna yang berbeda untuk yang lainnya meskipun ada beberapa orang yang berada dalam satu ruang dan satu waktu. Dunia ini merupakan suatu ruang dan waktu yang sangat relatif tergantung pikiran dari masing-masing orang, karena dunia adalah apa yang kita pikirkan.

    ReplyDelete

  53. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Subyek dikatakan mampu bersikap sopan dan santun jika dia mampu menyesuaikan ruang dan waktu diaman dia berada. Dari pengertian di atas diketahui bahwa ruang dan waktu bersifat absolut. Namun ruang dan waktu dapat menjadi relatif jika kita pandang dengan subyektivitas masing-masing individu. Karean keadaan hati, pengalaman dan ilmu masing-masing individidu berbeda maka ruang dan waktu relatif adalah tergantung dari pandangan masing-masing individu.

    ReplyDelete
  54. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Absolutnya dunia juga relative karena pikiran kita terbatas. Immanuel Kant mengatakan bahwa dunia itu tidak awal dan tidak punya awal. Punya akhir dan tidak punya akhir Namanya saja olah pikir. Maka berfilsafatlah dengan baik. Berbicara tentang ruang dan waktu maka tidak bisa dipisahkan. Untuk mengetahui waktu kita butuh ruang, untuk mengetahui ruang kita membutuhkan waktu. Maka sebenar benarnya hidup adalah hidup sesuai ruang dan waktu. segalasesuatu dalam hidup ini itu relatif dan selalu berkembang oleh berkembangnya waktu dan ruang. untuk semua keadaan pasti sesuai dengan waktu maupun ruang , jika tidak pada waktu danruang maka itu merupakan keadaan yang aneh dalam pandangan filsafat.

    ReplyDelete
  55. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Menurut saya, memanipulasi ruang dan waktu adalah memaksakan sesuatu terjadi sesuai dengan kehendaknya. Artinya orang tersebut menyalahi aturan yang maha kuasa dan itulah sebenar-benar orang yang merugi. Ia meletakkan sesuatu tidak pada porsinya. Hal ini terjadi karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas sehingga dengan berbagai cara memaksakan kehendak hatinya.

    ReplyDelete
  56. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memanipulasikan ruang dan waktu adalah berusaha menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan berusaha melihat suatu permasalahan secara obyektif. Memanipulasikan ruang dan waktu berarti sama dengan berusaha menggapai mitos menjadi logos. Orang yang hebat adalah orang yang mampu berusaha mengoptimalkan segala pengetahuannya sesuai dengan porsi yang diberikan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  57. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ruang dan waktu absolut tidakmungkin dapat dimanipulasikan karena ruang dan waktu absolut hanyalah milik Tuhan dalam KuasaNya. Sedangkan, ruang dan waktu relatif adalah ruang dan waktu manusia, dan inipun tidak dapat dimanipulasi karena saatmanusia menju ke ruang dan waktu yang satu maka sesungguhnya manusia telah berpindah ke ruang dan waktu lainnya. Akan tetapi, manusia hanya mampuuntuk beramal sesuai tuntunanNya dalam ruang dan waktu yang diberikan Allah sejak ruh masuk kedalamrahim ibunya sampai ajal menjemputnya karena ruang dan waktu itulah tempat dan saatnya perbekalan dilakukan.

    ReplyDelete
  58. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ruang dan waktu yang absolut atau tidak terbatas atau juga bisa berarti tidak terikat ruang dan waktu hanya bisa terjadi di dalam pikiran manusia. Sedangkan ruang dan waktu yang relatif atau berubah-ubah atau terikat ruang dan waktu adalah yang terjadi di luar pikiran atau di dunia nyata. Keduanya perlu ada karena keduanya bisa untuk membangun ilmu, jadi perlu ada kolaborasi dua sifat diatas.

    ReplyDelete