Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 17: Menemukan bahwa Filsafat adalah Diriku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskanlah tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Filsafat itu tidak lain tidak bukan adalah Diriku Sendiri.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sisntesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut beberapa tesis dari filsafat menurut pemikiran-pemikiran para filsuf:
    Filsafat itu adalah keihlasan, ikhlas dalam segala hal. Filsafat itu adalah olah pikir, letaknya ada di dalam pikiran kita. filsafat itu adalah pengalaman, yaitu kejadian yang pernah kita alami sebelumnya. Filsafat itu adalah hasil pemikiran para filsuf yang merentang dari waktu ke waktu. Filsafat itu adalah sintesis dari tesis dan anti-tesisnya. Filsafat itu adalah kontradiksi.
    Berikut anti-tesis dari tesis di atas:
    Menurut pak ustad keihlasan datangnya dari diriku, itu berarti keikhlasan adalah dirikusendiri. Menurut ilmuan olah pikir atau pikiran terjadi di dalam otak kita, otak kita ada di dalam diri kita. Menurut kakek saya penfalaman akan membentuk siapa diriku, berarti pengalaman itu adalah diriku sendiri. Hasil pemikiran para filsuf ada di dalam pikiranku, pikiranku ada di dalam kepalaku, berarti hasil pemikiran para filsuf adalah diriku sendiri. Di dalam diriku terdapat tesis dan juga anti-tesis yang telah menjadi sintetis, berarti tesis dan anti-tesis itu adalah diriku sendiri. Diriku penuh dengan kontradiksi, bakan hampir tak ada satupun yang sama persis alias identitas, berarti kontradiksi itu adalah diriku sendiri. Maka aku dapat menyimpulkan bahwa filsafat itu tidak lain tidak bukan adalah diriku sendiri.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete