Oct 20, 2012

Forum Tanya Jawab 2: Tema Hantu dan Kematian di kelas RSBI....?




Ass, untuk semuanya

Pada Hari Senin, 15 Nopember 2010, saya dan Team melakukan observasi pbm matematika di sebuah Kelas 8, salah satu SMP RSBI di DIY. Saya dikejutkan dengan temuan bahwa seting kelas dibuat sedemikian sehingga bertema Hantu dan Kematian.



Di dinding depan kelas di pajang gambar hantu Casablanca. Sedangkan daftar siswa diberi judul R.I.P. (Rest In Peace). R.I.P. adalah suatu istilah Inggris (Barat) untuk menunjuk Almarhum. Disebelah kiri depan ada sebuah almari/bupet yang didalamnya berisi benda-benda seperti magic.

Pada kesempatan setelah pbm, saya sempat menanyakan kepada Ketua Kelas dan seorang lagi temannya, mengapa Kelas memilih Hantu dan Kematian sebagai Tema? Bukankah jika Temanya "Malaikat" atau hal-hal yang bersifat Baik atau Syurga, itu akan lebih baik.

Saya terkejut mendengar jawabannya. Menurutnya MEREKA SUDAH BOSAN DENGAN HAL-HAL DEMIKIAN.

Perlu diketahui bahwa sekolah RSBI itu adalah sekolah Umum walaupan saya melihat banyak siswa memakai Jilbab.

Demikianlah saya menunggu tanggapan atau analisis dari pembaca beserta solusi yang mungkin ada.

Sebagai gambaran, saya telah ambil gambar-gambarnya dan saya posting dibagian akhir halaman depan blog ini.

Terimakasih.

Marsigit

1 comment:

  1. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Menurut saya, yang terjadi kepada siswa siswa tersebut adalah akibat dari sistem sekulerisme (pemisahan agama dengan kehidupan). Sehingga, siswa menganggap bahwa agama hanya dalam tempat ibadah saja, namun agama tidak boleh dibawa dalam ruang lingkup pengaturan kehidupan. Sehingga, dengan penerapan sekulerisme inilah siswa merasa “bebas” untuk melakukan segala hal yang diinginkan. Sekulerisme juga menjadi penyebab dari hilangnya jati diri seorang muslim pada sebagian siswa. Dan sekulerisme ini bersifat sistemik.

    Jika berbicara mengenai solusi, maka terlebih dahulu kita lihat akar masalahnya. Adapun akar masalahnya adalah sistem sekuler yang merupakan anak dari ideologi kapitalisme dan bersifat sistemik. Maka, solusinya pun juga harus sistemik yaitu mengenyahkan sekulerisme dalam pengaturan kehidupan. Adapun sekulerisme dapat dienyahkan dengan mengenyahkan pula ideologi kapitalisme. Kemudian ada 2 ideologi yang tersisa. Jika kita lihat bahwa komunisme telah gagal memimpin dunia. Kini kita hanya berharap kepada islam yang akan mengenyahkan ideologi kapitalisme beserta kroni-kroninya. In syaa Allah.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.