Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 21: Tidak Mengetahui Apapun




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata pada akhirnya Diriku tidak mampu mengetahui apapun.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

4 comments:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Saya akan mensintesiskan tesisnya sebagai berikut: Jika ada yang bertanya pada saya tentang apa saja yang saya ketahui dan seberapa banyak. Maka saya akan menawab banyak sekali saya tahu tentang macam-macam hal mulaidari diri saya sendiri, teman-teman, keluarga, bahkan mengetahui informasi tentang kehidupan para artis di televisi. Saya mengetahui banyak materi pelajaran, ada pelajaran Bahasa Indonesia, Pelajaran Olahraga, Pelajaran Sejarah, Pelajran matematika, dan sebagainya. Pokonya saya tahu banyak hal.
    Lalu sintetik dari anti-tesisnya adalah sebgai berikut: Kemudian saya ditanya seberapa banyak kamu tahu tentang dirimu sendiri maka saya akan menjelaskan sebanyak-banyaknya tetapi terasa masih kurang dan aku tidak sanggup lagi untuk mengatakannya mungkin saja aku tidak mengetahui tentang hal-hal di dalam diriku sendiri. Lalu aku menceritakan tentang apa yang aku ketahui tentang keluatga, teman-teman, bahkan artis, setelah bercerita banyak tetap asaja aku berhenti karena kehabisan hal yang akan aku ceritakan, sepertinya aku hanya mengetahui segitu saja dari mereka. Lalu saat menceritakan hal apa saja yang aku ketahui dari materi-materi pelajaran lagi-lagi aku juga berhenti ketika tidad ada lagi yang dapat aku ceritakan karena aku kehabisan kata-kata. Mungkinhanya segitu yang aku tahu. Ah tidak, segitu itu hanya sedikit. Berarti akau hanya tahu sedikit. Berarti sebenarnya aku tidak tahu apa-apa tentang hal-hal tadi. kesimpulannya aku tidak mengetahu apapun.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Gina Sasmita Pratama
    17707251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bismillah. Saya akan mencoba menuliskan tesis dan anti tesis saya mengenai "diri saya tidak mampu mengetahui apapun".
    Tesis : Saya mengetahui semua tentang ayah dan ibu saya, tanggal lahirnya, kesukaannya, ukuran baju dan sepatunya. Saya menyayangi mereka dengan segenap hati saya, dan saya sangat menghormati mereka.
    Anti tesis : Dibalik pengetahuan saya tentang kedua orang tua saya, ternyata lebih banyak yang saya tidak ketahui. Saya tidak tahu bagaimana perasaan mereka setiap saat, saya tidak tahu sebenarnya apa keinginan terbesar mereka terhadap anak-anaknya, saya tidak tahu kesedihan mereka karena mereka selalu mencoba untuk terlihat bahagia di depan anak-anaknya.
    Duhai, sebenarnya manusia tidaklah mengetahui apa-apa. Satu detik kedepanpun manusia tidak tahu apa yang akan terjadi. Jodoh, rezeki, maut, tidak ada satupun yang manusia tahu. Hanya Allah SWT yang maha tahu. Jadi, apa-apa saja yang manusia ketahui di dunia ini, sungguh itu hanya sedikit sekali dibanding hal-hal yang tidak diketahuinya. Maka, jelaslah bahwa sebenarnya manusia itu tidak mengetahui apapun.

    ReplyDelete
  4. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Ilmu pengetahuan di dunia ini sangat luas, bahkan ilmu pengetahuan yang ada di nuia ini jika dibandingkan dengan ilmu Tuhan adalah setetes dari air laut yang sangat luas. Terkadang kita merasa telah mempelajari banyak hal, mengetahui banyak hal. Namun pada akhirnya kita juga belum mengetahui apa yang orang lain ketahui. Terkadang kita juga merasa telah mempelajari banyak ilmu pengetahuan, namun ternyata kita belum bisa menyelesaikan semua masalah kehidupan yang kita alami. Ya, itulah keterbatasan. Pada akhirnya kita memang tidak mengetahui apapun. Bahkan satu detik ke depan kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada diri kita dan sekitar kita.

    ReplyDelete