Oct 21, 2012

Elegi Wayang Golek




Oleh Marsigit

Cantraka:
Wahai Bagawat kenapa sudah lama engkau tidak menulis elegi?


Bagawat:
Aku belum bisa berpikir jernih.

Cantraka:
Lho kenapa Bagawat tidak bisa berpikir jernh? Bukankah sudah biasa menembarakan pikirannya?

Bagawat:
Saya sedang memikirkan Wayang Golek.

Cantaraka:
Lho apa hubungannya?

Bagawat:
Wayang Golek itu menari setelah Elegi yang terakhir.

Cantraka:
Saya tidak paham apa yang engkau maksud?

Bagawat:
Golek itu bahasa Jawa, artinya mencari. Jadi Wayang Golek itu sebagai simbol carilah hikmah dari elegi saya yang terakhir.

Cantraka:
Lho bukannya elegi yang terakhir itu belum selesai anda buat?

Bagawat:
Oh maaf maksud saya elegi-elegi begitu saja. Atau khususnya Elegi Ketika Pikiranku Tak Berdaya.

Cantaraka:
Tak usah bertele-tele, maksud Bagawat itu apa dengan Pikiran Tak Berdaya.

Bagawat:
Itulah yang sedang aku alami. Ketika aku masuk ranah spiritual itulah maka pikiranku merasa telah hampir mencapai batas hatiku.

Cantraka:
Maksudnya?

Bagawat:
Manusia itu adalah makhluk yang lemah dan tidak sempurna. Tidaklah bisa dia menjangkau semuanya. Ingatlah kembali Elegi Diriku Ketidak adilan. Maka boleh engkau mengatakan diriku tidak adil terhadap elegi karena aku sedang sibut mengurus spiritualku.


Cantraka:
Lho kalau begitu hidupmu bersifat parsial. Bukankah engkau sendiri yang mengajarkan bahwa hidup selalu bersifat komprehensif?

Bagawat:
Jangan salah paham, semuanya bersifat sementara dan relatif terhadap waktu. Maka sebenar-benar hibup adalah dinamis, menterjemahkan dan diterjemahkan.

Cantraka:
Aku masih penasaran apakah sebenarnya arti Wayang Golek.

Bagawat:
Wayang adalah bayangan. Golek adalah mencari. Maka carilah makna dibalik bayangan. Bayangan adalah metafisik, dan metafisik adalah hakekat disebalik penampakan. Maka mencari makna disebalik benda-benda atau disebalik yang ada dan yang mungkin ada adalah pekerjaan filsafat. Maka dapat aku katakan bahwa Wayang Golek ternyata tidak lain tidak bukan adalah filsafat itu sendiri.

Cantraka:
Tetapi aku sangat merindukan elegi-elegimu?

Bagawat:
Segala sesuatu itu terikat ruang dan waktunya. Sekaranglah aku insyaAllah sedang mengaktifkan doa-doaku, ubudiyahku, amal-amalku, permohonan maafku, permohonan perlindungan dari Nya, mendoakan saudara-saudaraku dan murid-muridku, agamaku, keluargaku, masyarakatku, negaraku, duniaku, dan akhiratku.

Cantraka:
Amiin. Aku ikut berdoa semoga ikhtiarmu bermanfaat juga bagi yang lainnya.

Bagawat:
Doa yang tulus dan ikhlas dari muridmu insyaAllah mampu menjaga guru-gurumu dan pemimpinmu. Amiin.

77 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Wayang golek merupakan filsafat itu sendiri. Sebuah hal yang merupakan pencarian makna bayangan hidup yang dilihat dari sala satu sudut pandang. Bayangan yang memiliki sifat metafisik. Bayangan yang menyelipkan ilmu-ilmu yang dapat menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat memberikan pelajara dalam keidupan baik dalam bermasyrakat maupun dalam pendidikan sekalipun.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Wayang golek adalah salah satu kebudayaan di Indonesia. Wayang adalah bayangan. Golek adalah mencari. Wayang golek bisa diartikan mencari makna dibalik bayangan. Cerita dalam wayang golek menceritakan permasalahan kehidupan manusia di dunia ini. Mulai dari bagaimana kita harus bersikap terhadap sesama masyarakat, harus berbuat baik dengan semua orang, dll. Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari cerita-cerita wayang golek untuk kita jadikan sebagai pelajaran hidup.

    ReplyDelete
  3. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Wayang adalah bayangan. Golek adalah mencari. Maka, wayang golek adalah mencari bayangan. Dalam hidupnya yang dinamis, manusia harus terus bergerak. Manusia harus mencari makna di dalam bayangan. Mencari makna dari setiap kehidupan. Sebagai makhluk lemah dan penuh keterbatasan, manusia perlu merendahkan hatinya untuk selalu memohon pertolongan Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Menemukan makna dibalik bayangan dengan bayangan sebagai metafisik, dan metafisik adalah hakekat dibalik penampakan. Sehingga mencari makna dibalik benda-benda atau dibalik yang ada dan yang mungkin ada adalah pekerjaan filsafat. Selain itu, segala sesuatu terikat ruang dan waktunya. Hendaklah manusia selalu melafaskan doa-doa, permohonan maaf, permohonan perlindungan dari Allah, mendoakan saudara-saudara, agama, keluarga, masyarakat, negara, dunia, dan akhirat. Harus ipahami bahwa dalam berfilsafat tidak hanya mempelajari yang tampak saja, tetapi juga melihat pada yang tidak tampak yang juga memiliki makna-makna tersirat dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  5. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Filsafat adalah olah pikir dengan merefleksi yang mana kita tahu berpikir merupakan bagian dari filsafat.
    Dilanjutkan berpikir setelahnya merefleksikan apa yang telah kita pikirkan. Sehingga setelah direfleksikan maka akan dipikirkan lagi.
    Wayang golek pada elegi ini sebagai filsafat itu sendiri.
    Karena wayang golek berarti mencari makna ditiap bayangan.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Manusia adalah makhluk yang lemah dan tidak sempurna. Kita tidak bisa menjangkau semuanya. Kadang-kadang kita tidak mampu memikirkan hal yang lain hanya terfokus pada satu hal. Sehingga jika seperti ini hidup menjadi parsial. Namun kita ketahui bahwa semuanya bersifat relatif terhadap waktu. Kita bisa berubah setiap waktunya. Bahwa hidup adalah terjemahan dan diterjemahkan. Sedangkan wayang golek artinya mencari bayangan. Wayang golek adalah filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kita telah mengenal salah satu kesenian, yaitu wayang golek. Wayang golek ini biasanya menceritakan karakter tokoh dalam wayang tersebut. Ada yang bijaksana, adil, sederhana, lemah lembut. Ada pula yang angkuh, iri hati, tamak, dan lain sebagainya. Dalam elegi di atas juga telah disebutkan bahwa wayang adalah bayangan. Golek adalah mencari. Maksudnya yaitu selalu berintropeksi diri terhadap segala kesalahan atau perbuatan kita yang kurang baik. Sebab, pada hakikatnya tak ada makhluk yang sempurna. Seperti pepatah ‘tak ada gading yang tak retak’. Namun, sebagai umat yang beriman, kita harus selalu ikhtiar dan selalu ikhlas menerima kekurangan atau keterbatasan pada diri kita.

    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Elegi wayang golek mengingatkan saya bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna. Manusia tidak dapat menjangkau semuanya karena pikirannya terbatas, dan ketidakterbatasan itu hanyalah milik Tuhan karena sebenar – benar hidup adalah dinamis, artinya terus bergerak dan berputar setiap harinya. Ada hal – hal baru setiap hari. Wayang golek merupakan filsafat. Jadi hubungannya adalah filsafat mengajarkan untuk lebih mendalami hidup, untuk memaknai hidup lebih dalam dan lebih luas melalui kejadian – kejadian yang dialami setiap harinya. Dari hal itu maka dapat belajar tentang berbagai kebaikan hidup, dan doa merupakan hal yang paling penting dalam hidup agar tidak melupakan Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam sudut pandang saya yang bukan orang jawa memandang bahwa Wayang golek merupakan salah satu seni kebudayaan Jawa yang menceritakan kehidupan kerajaan yang memiliki banyak pesan-pesan moral. Dan juga terkadang menceritakan hubungan kehidupan manusia dengan alam sekitar.
    Dalam bahasa jawa golek mempunyai arti bahwa mencari dan wayang mempunyai arti bayangan. Dalam wayang golek dapat diartikan sebagai mencari makna dibalik bayangan. Maka dari sini sesungguhnya manusia hidup bersama bayang-bayangnya. Bayang-bayang pikiran, hati atau pun perbuatan mereka selama ini di dunia. Maka dari itu pada hakekatnya kita hidup untuk mencari makna dari apa yang telah kita lakukan dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari yang kemarin untuk menuju ke kehidupan yang kekal, yaitu akhirat kelak.


    ReplyDelete
  10. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Wayang adalah seni tradisional yang banyak berkembang di pulau jawa. Mempelajari kehidupan dari wayang g olek adalah mempelajari bagaimana menghadapi kehidupan sehari-hari. Kehidupan tetap berjalan dan kita harus kuat dan teguh dalam menjalankannya.

    ReplyDelete
  11. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Mencari makna dari segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan bagian dari filsafat, termasuk mencari makna dari beraneka macam elegi yang Prof Marsigit tuliskan. Elegi yang mengandung makna tersirat yang jika kita tahu maknanya sungguh itu bermanfaat bagi diri kita. Dimana beraneka ragam elegi jika kita mampu memahami makna yang tersirat, sesungguhnya banyak memberikan pembelajaran terkait guru, siswa, matematika, dan bermacam-macam problema kehidupan, serta tak luput menyangkut urusan spiritual yang dimaksudkan agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka pandai-pandailah kita mencari makna yang tersirat dari beraneka macam elegi yang dituliskan oleh Prof Marsigit.

    ReplyDelete
  12. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara maslah wayang golek maka patutlah kita harus tahu bahwa wayang golek dalah suatu kesian tradisional indoensia. Malah dikanca intrernational wayang goleh malah menajadi ikonnya indonesia. Jadi patutlah kita melestarikan seni tradisonla indonesia kitasnediir. Berbiacara hal nya wayang golek maka ptutu lah juga bwah kepribadian wayang golek yang bijaksna, berbudi luhur.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bila direfleksikan dalam hidup, maka wayang golek bermaksud mengingatkan agar senantiasa memaknai kejadian yang terjadi dalam hidup kita baik itu kejadian yang baik ataupun buruk.
    Seburuk-buruknya kejadian yang menimpa pasti ada hikmah yang dapat diambil, sebab suatu kejadian buruk selalu datang bersama hikmah yang membuat belajar memaknai hidup lebih banyak lagi.
    Maka perlu memilah mana yang perlu didahulukan, diperhatikan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  14. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Manusia tidak ada yang sempurna, walaupun manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Namun dengan belajar memaknai hidup dan kehidupan dari Wayang Golek, mensyukuri apa yang ada dan apa yang telah terjadi, maka manusia akan terus bertransformasi bergerak menuju kesempurnaan.

    ReplyDelete
  15. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Manusia adalah makhluk yang lemah. Manusia adalah makhluk yang tidak semprna. Manusia adalah makhluk yang penuh dosa. Manusia adalah manusia yang berakal namun berprilaku tiada menggunakan akal. Manusia adalah makhluk pembuat masalah di dunia. Manusia adalah penyebab rusak bumi ini.

    ReplyDelete
  16. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan perkataan Begawat, saya memperoleh hal baru bahwa wayang golek memiliki makna carilah hikmah dari setiap pengalaman yang telah diperoleh. Belajar berdasarkan kesalahan yang telah diperbuat, karena manusia tidak ada yang sempurna. Dan terus memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Manusia itu makhluk yang tidak sempurna. Tidak suma hal dapat dijangkaunya. Maka disaat manusia mulai lelah maka dekatkanlah dengan sang pemberi Rahmat. Sehingga engkau mendapatkan rahmatnya untuk ters mengapai dimensi ruang dan waktu yang lainnya.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Manusia merupakan mahluk yang lemah dan tidak sempurna. Ketika pikiran manusia tidak berdaya maka ia masuk ke dalam ranah pikiran dan merasa telah mencapai batas hatiku. Seseorang dapat memaknai kehidupannya berdasarkan hati yang ikhlas, berpikir jernih dan bertindak kearah jalan yang benar, maka ketika pemikiran tidak berdaya maka hanya hati yang ia punyai. Manusia itu tidak pernah berhenti untuk berpikir bahkan ketika tidurpun manusia masih berpikir, maka ketika pikiran itu berhenti hanya hati yang diserahkan kepada Allah SWT dengan berzikir terus menerus agar ketika pikiran sudah kembali lagi berdaya yang akan ia lakukan ialah hal-hal yang positif.

    ReplyDelete
  19. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Wayang golek ini biasanya menceritakan karakter tokoh dalam wayang tersebut. Golek dari istilah bahasa Jawa berarti mencari. Sedangkan wayang berarti bayangan. Jadi dapat diketahui bahwa Wayang Golek itu diistilahkan mencari hikmah di balik bayangan.
    Maksudnya yaitu selalu berintropeksi diri terhadap segala kesalahan atau perbuatan kita yang kurang baik. Kita hendaknya dapat mengambil hikmah dari apa yang kita lakukan. Sebab, pada hakikatnya tak ada makhluk yang sempurna. Namun, sebagai umat yang beriman, kita harus selalu ikhtiar dan selalu ikhlas menerima kekurangan atau keterbatasan pada diri kita.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Wayang Golek adalah suatu seni tradisional sunda pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan. Sebagaimana alur cerita pewayangan umumnya, dalam pertunjukan wayang golek juga biasanya memiliki lakon-lakon baik galur maupun carangan. Alur cerita dapat diambil dari cerita rakyat seperti penyebaran agama Islam oleh Walangsungsang dan Rara Santang maupun dari epik yang bersumber dari cerita Ramayana dan Mahabarata dengan menggunakan bahasa Sunda dengan iringan gamelan Sunda (salendro), yang terdiri atas dua buah saron, sebuah peking, sebuah selentem, satu perangkat boning, satu perangkat boning rincik, satu perangkat kenong, sepasang gong (kempul dan goong), ditambah dengan seperangkat kendang (sebuah kendang Indung dan tiga buah kulanter), gambang dan rebab.

    ReplyDelete
  21. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Wayang golek berasal dari kata wayang dan golek. Wayang berarti bayangan sedangkan golek adalah mencari jadi wayang golek adalah mencari khikmah di balik bayangan. Jadi wayang golek adalah filsafat itu sendiri. Begitu pula kita dalam merefleksikan elegi elegi. Kita harus menemukan hikmah dari bacaan elegi untuk dapat kita tulis sebagai refleksi.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Wayang golek adalah pertunjukan kesenian wayang dimana tokah pewayangan yang digunakan dalam peran suatu cerita menggunakan boneka yang terbuat dari kayu. Sedangkan pemainnya ialah seorang dalang. Sebagai salah satu dari jenis wayang, wayang golek memang memiliki banyak kemiripan dengan wayang kulit khususnya mengenai tokoh dan cerita tertentu. Wayang tak hanya sekedar cerita melainkan seluruh teknik, mulai dari gerakan, tarian hingga cerita terdapat unsur spiritualitas yang tinggi.

    ReplyDelete
  23. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Arti dari wayang golek adalah mencari bayangan. Bayangan merupakan disebalik yang ada dan yang mungkin ada. Tidak semua orang bisa melihat bayangan yang ada dan yang mungkin ada. Disinilah peran para filsuf untuk menemukan bayangan dan mengajarkannya pada kita. Dan pencarian bayangan ini adalah pekerjaan filsafat. Sehingga dengan kata lain bahwa wayang golek adalah filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  24. Wayang golek menampillan kisah kehidupan yang parsial. Bahwa wayang hanya menampilkan ksatria dan para dewa. Tidak ada yang menceritkan tentang rakyat biasa. Wayang golek dipertunjukkan atau dipertontonkan untuk masyarakat biasa atau awan. Jika wayang menceritakan tentang rakyat maka tidak akan menarik karena sudah dialami. Manusia itu senang melihat yang berada diatasnya dalam segala hal, harta, kedudukan, ilmu dan cerita kehidupannya. Rakyat melihat atau dipertontonkan cerita ksatria, bangsawan atau dewa-dewa.

    ReplyDelete
  25. Nama: Tri Wulaningrum
    NIM: 17701251032
    PEP S2 Kelas B 2017

    Semakin sering menemukan kata atau istilah terjemah dan menerjemahkan, terikat ruang dan waktu, dan elegi pastinya. Saya sejujurnya masih terus berusaha memahami elegi wayang golek ini. Pada mulanya, saya kira bagian " Bayangan adalah metafisik, dan metafisik adalah hakekat disebalik penampakan. Maka mencari makna disebalik benda-benda atau disebalik yang ada dan yang mungkin ada adalah pekerjaan filsafat. Maka dapat aku katakan bahwa Wayang Golek ternyata tidak lain tidak bukan adalah filsafat itu sendiri" merupakan inti dari elegi wayang golek. Akan tetapi ketika saya meyakinkan diri saya bahwa itu intinya, saya sadar saya masih kesulitan membaca gamblang apa yang saya maksut dengan inti. Apakah ini yang dimaksut saya harus mencari makna di balik bayangan?

    ReplyDelete
  26. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Saya tertarik dengan pernyataan “Ketika aku masuk ranah spiritual itulah maka pikiranku merasa telah hampir mencapai batas hatiku.” Sehingga tujuan dari filsafat itu bagaimana pikiran dan hati dapat bertemu dan berdampingan. Karena memang tujuan akhirnya adalah meningkatnya keyakinan di ranah spiritual. Dengan terus mencari dan memahami makna dibalik elegi-elegi, maka berfikir filsafat akan mendekatkan antara pikiran dan hati, sehingga tidak terjadi pertentangan diantara keduanya yang menyebabkan kesesatan.

    ReplyDelete
  27. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya menyadari bahwa dalam hidup, seseorang memiliki titik jeda. Dalam titik jeda tersebut bukan berarti berhenti dan tidak berkarya lagi, namun lebih mengintrospeksi apa yang sudah dijalani. Pada ulasan ini bentuk introspeksi dan refleksi lebih mengarah kepada menghidupkan nilai-nilai keagamaan. Saya memiliki pemahaman yang baru terkait dengan wayang golek. Selama ini saya mengenalnya hanya sebagai tokoh pewayangan saja. Ternyata makna dari wayang golek tersebut tidak lain adalah pencarian makna dibalik bayangan. Ini dapat diartikan sebagai pencarian makna pada sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Layaknya hidup sebagai sebuah misteri yang tidak dapat terlihat secara nyata. Akal pikiran dan hati manusia sangat membantu dalam mencari makna pada bayangan-bayangan semu dan nyata.

    ReplyDelete
  28. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Mempelajari filsafat tidak hanya melalui buku-buku tentang filsafat saja. Hal ini dibuktikan dengan penyampaian ilmu filsafat melalui elegi yang menceritakan tetang kesenian yaitu wayang golek. Dari elegi ini dapat saya ambil pelajaran bahwa memaknai sesuatu dapat dilakukan secara implisit. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari makna dibalik suatu hal yang semu, sebagai analogi dari elegi ini adalah wayang yang berarti bayangan. Jadi, sebisa mungkin untuk memaknai suatu hal tidak dari tampak luarnya saja, namun perlu memperhatikan sudut pandang yang lainnya.

    ReplyDelete
  29. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Wayang golek. Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Dan orang sering mengaitkan kata wayang dengan bayang, karena pada saat pertunjukkan wayang memakai layar dan kemudian muncul bayang-bayang. Pesan yang disampaikan dari elegi wayang golek ini bahwa kita harus dapat memaknai segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Wayang yang berarti bayangan merupakan cerminan dari sifat dalam jiwa manusia. Elegi ini mengajarkan untuk selalu berbuat kebaikan dan mencari makna disetiap hal yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  30. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Setelah saya membaca, yang saya pahami wayang golek adalah mencari makna dari yang ada dan yang mungkin ada. Wayang golek adalah filsafat karena belajar filsafat adalah mencari tentang makna dari yang ada dan yang mungkin ada. Mencari makna dari yang ada dan yang mungkin ada menggunakan olah pikir masing-masing. Namun, sebagai manusia harus menyadari akan keterbatasannya. Dalam berfilsafat hendaknya selalu diiringi dengan doa dan memohon ridho dan petunjuk Allah SWT.

    ReplyDelete
  31. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari benda wayang golek maka kita dapat belajar filsafatnya yaitu mencari makna dari bayangan. Bayangan adalah apa yang ada dibawah kita bermakna juga secara dimensi. Atau dalam kehidupan sehari-hari bermakna kita diharapkan dapat mencari makna atau hikmah dari setiap kejadian dan peristiwa. Sehingga dapat dikatakan wayang golek adalah filsafat itu sendiri. Dan untuk membuat elegi atau berfilsafat haruslah menggunakan hati dan pikiran yang bersih. Semoga dengan elegi-elegi yang Bapak buat ini bermanfaat untuk kita semua dan membawa keberkahan.

    ReplyDelete
  32. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, Terimakasih prof. Marsigit atas postingan di atas. Lagi-lagi saya sulit menangkap maksud "Wayang adalah bayangan. Golek adalah mencari. Maka carilah makna dibalik bayangan." jika tidak di akhiri dengan kalimat "Wayang Golek ternyata tidak lain tidak bukan adalah filsafat itu sendiri". Jadi, wayang golek adalah filsafat dan mempelajari filsafat adalah mencari tentang makna dan hikmah dari segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Mencari segala tentang yang ada dan yang mungkin ada menurut saya tidaklah mudah menggapainya. Karena benar bahwa manusia itu makhluk yang lemah dan tidak sempurna, sehingga manusia tidak maungkin mampu menjangkau semuanya. Artinya, manusia memiliki keterbatasan berpikir. Dengan begitu manusia wajib menyadarinya dan haruslah selalu minta perlindungan Tuhan di setiap langkah ia dalam mempelajari filsafat, agar selalu dituntun pada jalur dan arah yang benar.

    ReplyDelete
  33. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    "Mencari makna disebalik benda-benda atau disebalik yang ada dan yang mungkin ada adalah pekerjaan filsafat", menurut saya inilah hal terberat dari filsafat, mencari makna dibalik yang ada dan mungkin ada, kemudian memikirkannya sedalam mungkin, dan menuliskannya dengan purnakata (kata-kata atau kalimat yang mendalam maknanya). Elegi-elegi yang ada didalam blog ini merupakan contoh dari hasil mencari makna yang ada dan mungkin ada yang dilakukan oleh Prof.Marsigit yang belum tentu semua orang bisa melakukannya. Jujur, saya kagum dengan tulisan-tulisan yang berbentuk elegi ini karena belum pernah terfikirkan oleh saya sebelumnya bahwa ada tulisan dengan jenis seperti ini, menjelaskan makna dibalik sesuatu yang setiap orang belum tentu memikirkannya sedalam dan sedetail elegi. Meskipun dalam membaca elegi ini saya harus berusaha keras dan membacanya berulang-ulang agar saya memahami makna dari setiap elegi yang dibuat.

    ReplyDelete
  34. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Elegi wayang golek, artinya kita harus mencari makna dibalik bayangan yang ada dan yang mungkin ada, bayangan yang bersifat metafisik. Wayang golek tidak lain tidak bukan merupakan filsafat itu sendiri, sehingga filsafat senantiasa berkembang untuk mencari makna di dalam setiap kehidupan menggunakan pikiran dan pengalaman. Sehingga setiap aktivitas kita bisa lebih bermakna dan menghadirkan Tuhan sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  35. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Semua tulisanmu adalah bayangan pikiranmu dan semua perbuatanmu adalah bayangan dari hatimu. Filsafat itu sendiri adalah penjelasanmu tentang sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, maka dalam berfilsafat dibutuhkan hati dan pikiran yang jernih. Jika pikiran kacau maka segeralah mohon ampun kepada Tuhan yang maha kuasa agar hati tidak ikut kacau. Dengan demikian untuk menjaga pikiran dan hati tetap jernih kita harus senantiasa selalu berikhtiar memohon petunjuk dari-Nya.

    ReplyDelete
  36. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Pertama membaca judul Elegi ini yang saya pikirkan adalah apakah yang akan disampaikan dalam elegi wayang golek ini. Setelah saya membacanya ternyata pembahasan yang sangat mendalam tentang wayang golek. tidak hanya mengenai apa itu wayang golek tetapi lebih memahami apa makna disebalik dari wayang golek itu sendiri.

    ReplyDelete
  37. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Selama ini saya hanya melihat atau menonton wayang melalui televisi.Biasanya di dalam bermain wayang ada yang menjadi dalangnya.Tapi dalam elegi menggapai wayang Golek ada hal yang yang memberikan pelajaran di balik wayang tersebut.Akhirnya saya baru mengetahui bahwa wayang golek itu merupakan bagian dari filsafat itu sendiri.Saya terkesima dengan istilah makna di di balik bayangan(m etafisik).Dalam artian bahwa tidak akan lengkap jika sesuatu hanya diterjamahkan secara metafisik saja namun ada makna di balik metafisik itu sendiri.

    ReplyDelete
  38. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Setiap manusia pasti memiliki rasa jenuh, perlu mencari ide-ide segar dala proses pemikirannya. Dan untuk mengerjakan sesuatu hal kita seua eerlukn yang namanya pemikiran yang "jernih"agar kita dapat menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi sesama. Wayang golek di atas menggambarkan seseorang yang mencari banyangan akan dirinya sendiri. Artinya proses pencarian jati diri tidak akan pernah berhenti sampai akhir hayat.

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Membaca elegi ini diawal membuat kami membayangkan wayang golek. Ada apa dengan wayang golek ? dan ternyata setelah membaca tuntas tentang elegi ini kami mencoba menyelami meskipun mungkin belum maksimal bahwa wayang golek merupakan simbol. Wayang sebagai bayangan dari manusia atau metafisik dari subyek, metafisik berbeda dengan fisik sejatinya ketika manusia sedang membaca maka diakhir bacaannya bukan berarti dia selesai membaca namun sejatinya bayangannya sedang mencari kesimpulan atau makna dari apa yang di baca maka tidak ada titik terakhir berakhir bagi manusia untuk terus mencari hakikat ilmu, tidak ada berakhir tentang manusia melakukan hal yang baik. Oleh karenanya berhenti mencari, berhenti berfikir dan berhenti bertindak adalah sebenar-benarnya mati. Terima Kasih

    ReplyDelete
  40. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Saya membaca elegi wayang golek ini mengingatkan saya ketika menonton wayang. Saya sebelumnya tidak mengetahui arti dari wayang adalah bayangan. Setelah membaca elegi ini saya baru mengetahuinya. Ternyata dalam mempelajari kebaikan banyak media atau wadah kebaikan yang dapat kita pelajari dan ambil hikmahnya. Seperti halnya dengan menonton wayang atau bayangan. Menurut saya kita memiliki banyak sekali bayangan. Mulai dari tulisan, ucapan, tingkah laku, hubungan dengan orang lain dan sebagainya. Bayangan kita itu dapat diambil hikmahnya untuk orang lain. Kita harus menyadari bahwa bisa jadi orang-orang akan meniru bayangan kita tersebut, untuk itu kita sudah seharusnya untuk selalu belajar, belajar, dan belajar agar tidak memberikan bayangan yang salah dan pada akhirnya membawa orang lain ke sesuatu yang salah juga.

    ReplyDelete
  41. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Indonesia kaya akan kesenian dan kebudayaan. Salah satu prodk budaya yang berupa seni pertunjukkan dan penuh dengan nilai-nilai filosofis kehidupan adalah wayang. Wayang golek adalah kesenian wayang yang sepemahaman kami merupakan produk budaya dari suku sunda (jawa barat), pada dasarnya pertunjukkan wayang golek memiliki nilai filosofis berupa pencarian makna suatu kehidupan yang dapat dilihat dari pertunjuknan. Wayang secara harfiah merupakan bayangan, dan bayangan bersifat metafisik dan metafisik merupakan salah satu bahasan dalam kajian filsafat. Oleh karena itu kesenian wayang mengandung filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  42. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Waaahhh benar-benar menambah pengetahuan saya. Awalnya saya mengira bahwa wayang golek hanya sebuah nama. Saya tak menyangka ada arti di balik nama tersebut. Wayang artinya bayangan dan golek artinya mencari. Mencari makna dibalik cerita yang diperankan oleh bayangan. Menarik. Membuat saya semakin ingin cepat-cepat menonton pertunjukkan wayang golek bersama teman-teman sekelas saya :)

    ReplyDelete
  43. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dalam menjalani kehidupan, selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa, bahkan dibalik semua yang ada ddan yang mungkin ada. Penting bagi kita untuk senantiasa mencari makna atau hikmah-hikmah tersebut. Seperti halnya ketika kita membaca elegi-elegi dalam blog ini, kita sebenarnya sedang mencari makna melalui sebuah refleksi. Betapa hebatnya pikiran seorang Bapak Marsigit yang dituangkan dalam elegi-elegi dalam blog ini. Elegi-elegi yang dibuat mampu memberikan banyak makna bagi kita, diantaranya ialah untuk senantiasa menimba ilmu dan terus menerus berikhtiar mencari ridho Allah. Disisi lain elegy-elegi tersebut juga tiada henti menyadarkan kita akan keterbatasan kita sebagai manusia sehingga tidak pantaslah kita untuk menyombongkan diri, elegy-elegi tersebut juga mengajarkan untuk sopan santun terhadap ruang dan waktu, senantiasa ikhlas, senantiasa mendekatkan diri dengan Allah SWT, dan masih banyak hikmah-hikmah lainnya yang dapat kita petik.

    ReplyDelete
  44. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam filsafat, seperti yang sering Prof. contohkan di kelas, metafisiknya benda yang berwarna hitam adalah selain hitam. Hal tersebut dapat dipahami bahwa metafisikinya bayangan adalah sesuatu selain bayangan atau disebaliknya dari bayangan tersebut. Jika ditarik lagi diibaratkan seperti wayang golek yang mengisyaratkan kepada kita untuk mencari dan menemukan sesuatu dibalik bayangan. Atas semua peristiwa yang terjadi, kita diharapkan dapat menemukan atau mengambil hikmah atas setiap peristiwa tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  45. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tak mudah bagi seseorang dapat menemukan hikmah atas kejadian yang menimpanya. Dengan menemukan hikmah dari setiap kejadian yang kita alami akan membuat kita lebih berhati-hati dalam bertindak dan juga tidak mengulangi kesalahan yang sama. Agar kita dapat mengambil hikmah, kita harus berpikir berusaha mengoreksi diri atau introspeksi diri mengapa kejadian tersebut dapat terjadi. Selain ikhtiar yang sebaik mungkin, doa yang tulus dan ikhlas akan membuat kita lebih mudah menemukan dan mengambil hikmah tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Wayang Golek, yang mana menurut elegi ini berarti mencari makna di balik bayangan. Bumi adalah bayangan dari langit, sehingga semua yang ada dan yang mungkin ada di bumi pun adalah bayangan dari segala yang ada dan yang mungkin ada di langit. Bumi memiliki kenyataan dan langit memiliki logic atau pikiran dan prinsip tertinggi yaitu kuasa Tuhan. Jika manusia hendak memaknai di balik kenyataan yang dialami di bumi, maka manusia harus memaknai logika atau pikirannya dan mengakui serta mematuhi satu-satunya kuasa teratas yang absolut yaitu kuasa Tuhan. Oleh karena itu, wajar saja jika bagawat ingin memaknai elegi-elegi yang ditulisnya maka dia mengaktifkan doa-doa, ubudiyah, amal-amal, permohonan maaf, permohonan perlindungan dari Nya, mendoakan saudara-saudara dan murid-murid, agama, keluarga, masyarakat, negara, dunia, dan akhirat.

    ReplyDelete
  47. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Wayang golek berarti bayangan. Seperti yang pernah saya tonton wayang di Museum Sonobudoyo, bahwa wayang dimainkan dan ditonton melewati bayangan. Dimana bayangan itu akan memberi makna tersendiri. Selain etik nya, ada yang namanya estetika tersendiri dibalik bayangan tersebut.
    Golek berarti mencari, berarti wayang golek yaitu mencari bayangan, dimana para pembaca mencari bayangan dari apa yang dipikran oleh filsuf melalui elegi ini.

    ReplyDelete
  48. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Ilmu seorang guru yang dinanti-nanti oleh siswanya. Sebagai seorang siswa, teruslah mencari ilmu untuk memperlebar sayap-sayap yang sudah dipunya. Janganlah bersifat sombong dengan apa yang sudah dipunya dan jadilah guru atau pendidik yang dirindukan oleh para muridnya. Jadi luarbiasa bukan kalau kita menjadi seorang pendidik yang ilmunya ditunggu-tunggu oleh para siswanya. Kita pun pasti merasa bangga memiliki murid yang menanti ilmu dari kita. Usaha-usaha yang kita lakukan sebagai pendidik, bukan lain hanya untuk ingin peserta didiknya memiliki pengetahuan yang lebih apalagi bisa melebihi kita.

    ReplyDelete
  49. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebenar-benar guru yang memberikan kenyamanan dan memfasilitasi kegiatan belajar siswanya akan selalu dirindukan segala hal tentangnya, baik kedatangannya, model-model pembelajaran yang digunakan, ilmu-ilmunya, dan juga media-media yang digunakannya selama proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Belajar tidak hanya sebatas memahami apa yang dibaca saja, tetapi juga menterjemahkan dan diterjemahkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Selain memahami, kita juga perlu untuk mengetahui makna apa yang terkandung dari segala yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  50. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Kita sebagai manusia merupakan makhluk yang tidak sempurna. Kita pastilah memiliki kekurangan. Maka sebagai seorang guru nantinya kita pastilah memiliki kekurangan. Ada kalanya kita sedang jenuh dalam melakukan berbagai inovasi pembelajaran. Ketika itulah kita harus ingat bahwa bisa jadi siswa-siswa kita sedang rindu dengan berbagai kegiatan menarik yang kita siapkan untuk mereka sebagaimana cantraka yang rindu akan elegi begawat. Maka kita harus kembali bersemangat dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT, berdoa agar kita dapat menjadi guru-guru yang bermanfaat bagi siswa-siswa kita, bersoa agar siswa-siswa kita dapat mengambil manfaat dari apa yang kita usahakan dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  51. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ada satu hal yang tidek pernah terputus meskipun manusia telah mati yaitu doa dari orang-orang yang diperuntukkan baginya. Misalnya doa anak untuk kedua orang tuanya, doa siswa kepada gurunya, doa rakyat kepada penguasanya, dsb. Dalam pertunjukkan wayang golek dari tradisi Jawa dapat dipetik banyak sekali pelajaran namun sayangnya generasi sekarang tidak begitu mengetahui apa itu wayang golek.

    ReplyDelete
  52. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Wayang Golek merupakan wujud dari karya seni yang sangat luar biasa. Banyak pesan-pesan yang sangat mendalam tekandung pada simbol, alur cerita dan penokohannya. Wujud boneka yang ditampilkan dalambentuk bayangan menggambarkan bahwa manusia memiliki perspektif metafisik dalam mengenali objek. Begitu juga kisah-kisah yang menggambarkan kedinamisan hidup, dan kebijaksanaan dalam menyikapi hidup.

    ReplyDelete
  53. 17709251055
    PM C S2

    Wayang golek adalah budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan. Menurut apa yang arttikel ini paparkan, wayang golek merupakan mencari di balik bayangan. Wayang berarti bayangan sedangkan golek adalah mencari jadi wayang golek adalah mencari khikmah di balik bayangan. Jadi wayang golek adalah filsafat itu sendiri. Sebagai seorang mahasiswa harus mampu mencari khikmah dibalik apa yang saya pelajari. Hal ini dilakukan agar pengetahuan kita dapat bertambah.

    ReplyDelete
  54. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Mecari hikmah dari sesuatu hal yang dipelajari dan dihadapi merupakan suatu keharusan, agar apa yang telah dijalani tidak sia-sia. Namun terkadang seseorang merasa lupa bahkan tidak dapat memaknai hikmah apa yang telah dipetik dari apa yang telah ia lalui, maka dalam keadaan ini seseorang berada dalam kondisi manusia yang tidak bersyukur. Elegi wayang golek ini menjelaskan suatu makna tersirat, yaitu bahwa terkadang untuk memulai sesuatu hal tidaklah mudah, diperlukan niat, tekat, semangat dan kondisi pikiran yang mendukung untuk mengerjakan sesuatu hal. Agar tujuan yang ingin dicapai dapat diraih secara maksimal.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  55. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Wayang golek merupakan budaya Jawa yang dilestarikan. Karena didalamnya mengandung nilai-nilai dan makna terseirat yang terkait dengan kehidupan. Secara filsafat, mencari makna dibalik suatu hal yaitu metafisik. Maka hendaklah manusia selalu meresapi apa nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga dapat menentukan langkah yang tepat dalam memulai, melakukan, memutuskan sesuatu apapun dalam kehidupan shari-hari. Karena haus dipahami bersama bahwa dalam berfilsafat tidak hanya mempelajari yang tampak saja, tetapi juga melihat pada yang tidak tampak yang juga memiliki makna-makna tersirat dalam kehidupan

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Wayang golek adalah suatu seni tradisional sunda pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan, Daerah penyebarannya terbentang luas dari Cirebon di sebelah timur sampai wilayah Banten di sebelah barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa barat. Setelah membaca elegi wayang golek diatas, ternyata arti dari wayang golek adalah mencari bayangan. Sungguh makna yang luar biasa. Makna tersebut berarti sebagai manusia kita harus terus mencari makna dari kita sendiri. Terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, selalu merefleksi diri, selalu mencari ilmu.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Berdasarkan pemahaman saya terhadap elegi wayang golek adalah bagaimana kita harus dapat memahami tidak hanya apa yang tampak namun juga apa yang tidak tampak. dengan wayang golek kita belajar bagaimana memaknai apa yang ada dibalik "bayangan". Bayangan dapat bermakna suatu kejadian yang mendasari pemikiran manusianya. Bagaimana kita haruslah senantiasa belajar agar tidak salah kaprah dalam memaknai kejadian yang ada sehingga menjadikan pemikiran kita mengenai suatu hal berdampak baik untuk kehidupan.

    ReplyDelete
  59. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Mencari sesuatu yg Ada di balik peristiwa... Ini pekerjaan filsafat. Dalam hidup keseharian, banyak Saya alami untuk mencari penyebab suatu kejadian. Refleksi sungguh penting untuk mengasah intuisi Dan kemampuan memahami apa yang Ada di balik peristiwa.

    ReplyDelete
  60. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. dari elegi ini saya merefleksi bahwa dalam belajar perlu meneladani filosofi wayang golek. Ilmu itu harus dicari, mencari ilmu tanpa batas. Ilmu perlu dicari bahkan diantara bayang-bayang, disela-sela. Jangan menyepelekan sumber ilmu. Ilmu dapat dicari dimanapun. Jangan lupa untuk rendah hati dan iklhas dalam mencari ilmu dan selalu ingat pada sang pemiliki ilmu.

    ReplyDelete
  61. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sebetulnya menjadi pendidik itu merupakan suatu investasi baik di dunia maupun di akhirat. Investasi di dunia adalah dapat merasakan kebahagiaan jika nantinya anak didiknya menjadi anak yang sukses dan berguna bagi bangsa dan negara. Investasi di akhiratnya berupa amalan yang tidak terputus jika pendidik mengajarkan hal-hal kebaikan dan kebaikan itu terus-menerus dilaksanakan oleh peserta didiknya.

    ReplyDelete
  62. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Manusia memang tidak ada yang sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik Allah. Manusia tidak akan mampu menjangkau semuanya. Ada keterbatasan pengetahuan manusia dan keterbatasan ruang dan waktu bagi manusia. Dan ranah spiritual itu adalah ranah yang paling tinggi.

    ReplyDelete
  63. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Wayang berarti bayangan sedangkan golek adalah mencari jadi wayang golek adalah mencari hikmah di balik bayangan. Jadi wayang golek adalah filsafat itu sendiri. Begitu pula kita dalam merefleksikan elegi elegi. Kita harus menemukan hikmah dari bacaan elegi untuk dapat kita tulis sebagai refleksi.

    ReplyDelete
  64. Junianto
    PM C
    17709251065

    Wayang golek secara bahasa wayang berarti bayangan dan golek berarti mencari. Maka wayang golek berarti mencari makna dan hikmah dibalik sebuah bayangan. Ini adalah makna secara simple dan sederhana tetapi jika dimaknai untuk kehidupan sangatlah besar faedahnya. Saya bisa memaknainya bahwa dalam setiap kejadian dalam kehidupan kita baik itu berupa nikmat maupun ujian/ musibah, sudah seharusnya kita selalu mencari hikmah dibalik itu semua. Terkadan kita melupakannya ketika ditimpa musibah dan hanya mengeluh kepada Tuhan. Padahal tidak mungkin musibah/ ujian datang itu tanpa hikmah kebaikan yang besar dibaliknya. Namun, hal ini kadang tertutup dengan sifat mengeluh manusia kepada Tuhannya.

    ReplyDelete
  65. Analogi wayang golek ini sebenarnya merupakan logika sederhana yang dimaknai secara mendalam. Sebagai manusia biasa tentu kita memiliki banyak sekali kekurangan. Kemudian sebagai makhluk ciptaan Tuhan maka kita tidak bisa terlepas dari ujian dan cobaan seperti halnya anak sekolah. Selam kita menuntut ilmu di sekolah maka kita harus ikut rule sekolah dan mengikuti ujian untuk meningkatkan derajat ataupun peringkat kelas kita. Dalam hidup pun juga demikian, maka kita harus pandai mencari/ golek hikmah dari semua kejadian agar kita menjadi bijaksana dalam memaknai hidup.

    ReplyDelete
  66. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Sebagai salah satu hasil dari kebudayaan jawa, wayang golek mendapatkan tempat yang sangat mendalam dalam hati para masyarakat, khususnya masyarakat jawa. Dalam setiap pementasan wayang golek, ada begitu banyak hikmah dibalik cerita yang sedang dijalankan. Begitu lembutnya hikmah ini diselipkan dalam jalannya cerita, sehingga penonton tidak merasa digurui dan mampu mengambil hikmahnya secara pribadi melalui refleksi yang ia lakukan. Jadi meskipun ceritanya sama, tiap orang bisa saja mengambil hikmah yang berbeda

    ReplyDelete
  67. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Wayang Golek adalah salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Di balik nilai estetikanya yang sangat tinggi, terdapat makna tersirat di setiap pertunjukannya. Menemukan makna tersirat juga berupakan kajian dalam filsafat sehingga antara filsafat dan budaya juga saling berhubungan. Dari elegi ini juga dapat diambil pelajaran bahwa menjadi sosok yang dirindukan ilmunya adalah dambaan setiap orang. Tak hanya guru, namun pekerjaan lainnya juga pasti mendambakannya. Untuk itu, perkayalah diri dengan segala kompetensi yang diharapkan di dalam suatu pekerjaan agar orang di sekitar merasa membuthuhkan ilmu kita.

    ReplyDelete
  68. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Lewat postingan ini saya paham bahwa wayang berarti bayangan serta golek berarti mencari. Sehingga wayang golek berarti mencari makna di balik bayangan atau metafisik. Hal ini membelajarkan kita bahwa segala sesuatunya harus kita pahami bahwa yang nampak belum tentu segalanya. Sehingga diperlukan kebijaksanaan kita untuk mencari dan memahami apa yang ada dibalik yang nampak tersebut.

    ReplyDelete




  69. Assalamuaalaikum Wr. Wb. Dari elegi ini saya belajar bahwa, meskipun manusia adalah makhluk sempurna di antara makhluk-makhluk ciptaan Allah SWT. Namun manusia tidak akan pernah mencapai kesempurnaan hakiki. Semakin kita belajar semakin kita menydari kekurangan diri. Semakin kita tahu semakin banyak yang tidak kita tahu. Akal bukanlah suatu produk yang instan. Ia harus dididik dengan berikhitar dan bertawakkal di Jalan-Nya. Itulah megapa pendidikan adalah kodrat yang tertanam dalam diri manusia. Yang paling tidak kalah penting adalah, di setiap budaya memiliki nilai moral yang terkandung di dalamnya, termasuk dalam wayng golek yang notabene adalah budaya jawa yang masih sangat asing di kepala saya.

    ReplyDelete
  70. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Yang bisa saya pahami dari legei diatas adalah wayang Golek itu diistilahkan mencari hikmah di balik bayangan. Maksud dari istilah tersebut yaitu kita hendaknya kita dapat mengambil hikmah dari apa yang kita lakukan. Karena setiap permsalahan di dunia ini pasti ada hikmahnya.

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  72. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sebenarnya sampai akhir elegi ini saya masih belum mampu memahami makna dari wayang golek ini, tetapi poin-poin yang dapat saya ambil adalah bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, memang kita disarankan untuk berikir kritis, namun tidak semua hal dapat kita pikirkan, ada beberapa hal yang cukup kita percayai atau imani saja karena itu semua adalah kuasa Allah. Poin yang kedua adalah bahwa hidup ini dinamis, terkadang kita harus pandai untuk menyesuaikan ruang dan waktu kita. Kita harus mampu memikirkan dunia ini dengan kritis, namun kita juga harus mampu memberikan waktu untuk hati kita mendekat pada sang Pencipta. Saat itulah kita akan merasa bahwa kita bukan apa-apa, bahkan untuk berkata-kata pun rasanya kita masih sangat kecil.

    ReplyDelete
  73. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam rangka mencari dan memahami suatu makna bisa dilakukan dari berbagai sudut pandang. Bahkan kita bisa mencari makna dari suatu bayangan, sesuatu yang belum jelas terlihat. Semua hal bisa dijadikan sebagai sarana untuk memahami suatu makna.

    ReplyDelete
  74. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    After I read the article above I know that Puppet is a shadow, while Golek is looking for. So the meaning of the Golek Puppet is looking for the meaning behind the shadows. It could be argued that the Golek Puppet is philosophy itself because in searching for meaning objects or behind existing and possible, that the work of philosophy.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  75. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Human beings are weak and imperfect. We can not reach everything in the world, then we are not able to do justice to what is there and there may be. We sometimes prefer the one side than the other, that's life. Life is dynamic, so there are grooves that must be passed to translate and translated each other.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  76. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Ranah spiritual berada pada hierarki yang teratas. Pada ranah spiritual, pikiran dan hati bisa sangat dekat. hal itu dipengaruhi oleh doa kepada sang maha pencipta. seseorang beriman yang belajar filsafat akan bertambah imannya. bertambah iman karena dirinya selalu merefleksikan hidupnya sebagai sarana introspeksi dirinya. Orang beriman mempunyai jargon hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

    ReplyDelete