Oct 10, 2012

Referensi tentang Matematika yang Kontradiktif




Ass Wr Wb

Berikut saya forwardkan Referensi tentang Matematika yang Kontradiktif, yang dikonekkan oleh ERNI GUSTIEN VIRGIANTI PPS UNY 2011 PMAT A(11709251046)
sebagaiberikut:

http://www.marxist.com/reason-in-revolt-bab-16-matematika.htm


Silahkan Ujilah seberapa jauh referensi diatas mempunyai bobot Filsafat?

Selamat mencoba dan membaca.

Wss Wr Wb

Marsigit

6 comments:

  1. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Artikel diatas memiliki bobot filsafat yang cukup tinggi, beragam hal dibahas dari kontradiksi yang ada. Saya tertarik dengan ada satu kontradiksi bahwa sebuah besaran yang negatif dapat merupakan kuadrat dari bilangan tertentu, karena tiap besaran negatif yang dikalikan dengan dirinya sendiri akan menghasilkan kuadrat yang positif. Akar kuadrat dari minus satu, dengan demikian, bukan hanya sebuah kontradiksi, tapi merupakan kontradiksi yang absurd, absurditas sejati. Namun demikian, akar kuadrat dari -1 dalam banyak kasus merupakan hasil yang niscaya dari sebuah operasi matematik yang tepat. Lebih jauh lagi, bagaimana mungkin matematika - tingkat tinggi atau rendah - bisa ada jika ia tidak diperkenankan bekerja dengan akar minus satu? suatu pernyataan filsafat yang perlu diolah pikirkan kembali.

    ReplyDelete
  2. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Terimakasih Prof atas sharing artikel ini. Saya berpikir, bahwa matematika tradisional yang notabene tidak mau menerima teori-teori lain, artinya bersifat mutlak menjadi rawan terjadinya kontradiksi di berbagai aspek. Referensi yang digunakan dalam artikel ini sudah memadahi dari berbagai sudut pandang dan ahli nya. Termasuk kontradiksi antara kuantitas dan kualitas yang dalam matematika modern ini berbaur antara keduanya.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Ternyata matematika memang sebuah kontradiksi. Matematika adalah suatu kontradiktif jika kita memangdang bahwa matematika ada dengan pengetahuan awal yang dialami para ahli dan mengalami perkembangan yang sangat pesat hasil dari adalah suatu kontradiksi yang ada pada matematika. Cabang ilmu yang ada dalam matematika dengan ahlinya masing-masing menunjukkan suatu keterbatas yang dimiliki matematika sehingga perlu adanya sinergisitas dan hermeunitik antar matematika dengan bidang-bidang lain agar kegunaan matematika lebih terlihat lagi dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

    ReplyDelete
  4. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Artikel mbak Erni ini memiliki bobot filsafat yang tinggi dan telah memberikan informasi yang jelas tentang matematika yang kontradiktif. Matematika berkembang menjadi matematika modern itu karena para matematikawan membuat kontradiksi. Dengan kontradiksi dapat diketahui kebenaran atau kekeliruan konsep matematika yang ada. Kemudian beberapa pembuktian yang menggunakan kontradiktif tentang konsep matematika saat ini. Seperti akar dua merupakan irrasional. Hal ini terbukti dengan menggunakan kontradiksi yaitu mengandaikan bahwa akar dua adalah rasional.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kontradiksi secara khusus dipandang sebagai anathema terhadap matematika. Kaum formalis melihat konsistensi sebagai satu-satunya syarat untuk mempertimbangkan struktur matematika sebagai objek studi. Sementara kaum realis menerima inkonsistensi yang berasal pada penerimaaan objek inkonsisten yang tampak aneh (Bremer, 2009).

    ReplyDelete
  6. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Artikel tersebut cukup bisa dibilang mempunyai bobot filsafat yang tinggi. Matematika yang kontradiktif dalam artikel tersebut menjelaskan bahwa berbagai kontradiksi banyak ditemukan dalam matematika diantaranya seperti akar kuadrat dari 2 sebagai bilangan irrasional tidak dapat dinyatakan dalam bilangan tapi dapat dinyatakan dalam bentuk geometri (pada panjang sisi sebuah segitiga), paradoks zeno terkait dengan penggunaan bilangan tak hingga atau konsep ketakberhinggaan. Upaya untuk menyingkirkan kontradiksi dari matematika, membuat Kurt Gödel menerbitkan teoremanya yang terkenal dengan nama Gödel’s Incompleteness Theorems. Namun, pada akhirnya hanya membawa kontradiksi lain yang baru dan tak terpecahkan.

    ReplyDelete