Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 11: Intensif dan Ekstensif Logika




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Intensif dan Ekstensifkanlah Logika anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

4 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Logika dapat digunakan untuk berpikir dan menalar. Kemampuan menggunakan logika ini ditentukan dengan tingkatan ilmu dan pengalaman yang dimiliki seseorang. Dengan logika, diharapkan kita bisa menentukan mana yang benar mana yang salah, mana yang baik mana yang buruk. Dan karena dunia itu persis seperti apa yang ada di pikiran kita. Maka kemampuan logika kita juga menentukan seperti apa pandangan kita terhadap dunia.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Logika adalah bagaimana manusia berpikir sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Logika digunakan manusia ketika berpikir dan bernalar. Filsafat adalah olah pikir, berarti logika juga berperan penting dalam memahami filsafat. Dengan logika maka kita mampu menalar apakah sesuatu itu benar atau tidak. Dengan logika kita mampu menalar dunia ini dengan segala isinya, apakah sudah sesuai dengan ilmu pengetahuan yang beradap dan sesuai dengan agama yang diyakini sehingga kita tahu arah membangun dunia.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berfilsafat artinya berpikir. Dalam berpikir kita menggunakan logika. Kita dapat menggunakan logika secara intensif dan ekstensif untuk memikirkan semua yang ada dan mungkin ada. Yang ada dan mungkin ada merupakan materialnya dunia. Maka seharusnya kita menggunakan logika secara instensif dan ekstensif untuk mendefinisikan dunia. Menurut saya, kenapa harus demikian, supaya kita dapat mengembangkan dunia ini secara baik dan sesuai dengan yang kita mampu tidak hanya berandai-andai.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Logika adalah bagaimana kita berpikir secara logis sesuai dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Dunia menurut logika saya terdiri dari hal yang ada dan mungkin ada. Dunia mempunyai definisi yang berbeda-beda tergantung ruang dan waktunya dan darimana kita memandangnya. Dunia bisa saja mempunyai arti dunia jagad raya ini, yang telah diciptakan oleh Allah untuk kita manusia sebagai khalifah di dunia ini menjaga dan merawat dunia yang telah diciptakan oleh-Nya. Atau dunia bisa juga pikiran. Setiap manusia mempunyai pikirannya masing-masing, sehingga dunia setiap manusia pun juga berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk menjaga dunia pikiran ini dari hal-hal negatif, kita manusia harus mempunyai iman dan taqwa kepada Allah. Insya Allah pikiran kita akan selalu bersih, positif, dan dihindarkan dari keburukan.

    ReplyDelete