Oct 25, 2012

MORALITY




Ass Wr Wb
Jika berkehendak mendalami tentang MORALITY, bacalah berikut:



Wss Wr Wb
Marsigit



35 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dari beberapa sumber yang disertakan diatas, saya membaca link definis moralitas yang dari bahas latin berarti adab, karakter, perilaku wajar yang turun dari pamrih, keputusan dan aksi yang dibedakan dari wajar dan tidak wajar. Moralitas dapat juga berarti kebaikan dan kebenaran. Secara filosofis, moral ontologi termasuk didalamnya. Moralitas yang menunjukkan kebaikan dan kebenaran memiliki berbagai cara untuk disebarkan sesuai dengan salah satu paper yang ada pada link diatas yang dikemukan oleh Ronald A lukens, pendidikan yang bernuansa keagamaan seperti madrasah, sekolah minggu dapat menjadi sarana dalam pengembangan karakter yang mampu meningkatkan moralitas siswanya.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Salah satu artike yang saya baca yaitu artikel dari http://en.wikipedia.org/wiki/Morality menjelaskan berbagai sudut pandang mengenai moralitas. Moralitas berasal dari bahasa latin moralis yang diartikan sebagai cara, karakter, niat, keputusan dan tindakan untuk melakukan sesuatu yang benar dan yang tidak pantas. Moralitas dapat menjadi standar yang berasal dari kode etik dari filsafat budaya atau agama tertentu atau standar yang diyakini secara universal. Secara khusus moralitas identik dengan kebaikan atau kebenaran, dan memiliki hubungan dengan etika yang mengacu pada hal-hal baik atau yang buruk. Dalam artikel ini dijelaskan arti filsafat secara deskriptif dan normatif. Dalam arti deskriptif, moralitas mengacu pada nilai-nilai pribadi atau budaya, kode etik atau adat istiadat sosial. Sedangkan dalam arti normatif, moralitas mengacu pada apa pun (jika ada) sebenarnya benar atau salah, yang mungkin independen dari nilai-nilai atau adat istiadat yang dimiliki oleh setiap orang atau budaya tertentu.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebagaimana kita ketahui bahwa moral adalah sebuah tingkah laku, perbuatan, atau ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Kebaikan seseorang dapat dilihat dari moralnya, karena moral mencerminkan sifat seseorang. Moralitas sangat identik dengan kebaikan dan sesuatu yang bernilai positif. Semakin kita sering bergaul dengan orang yang bermoral (berperilaku baik) maka kebaikan tersebut akan terpencar pula kepada orang yang didekatnya. Sesungguhnya moralitas dapat dibentuk dan diajarkan dari yang dulunya tidak bermoral seperti halnya dengan zaman jahiliyah hingga zaman sekarang (bermoralitas).

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Moral adalah etika yang digunakan dalam kehidupan. Moral merupakan suatu tindakan yang membandingkan mana yang baik dan mana yang buruk. Moral merupakan hal mutlak yang harus dimiliki manusia. Moral merupakan kondisi pikiran, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia yang terkait dengan nilai-nilai baik dan buruk yang digunakan untuk berinteraksi dalam masyarakat. Dalam dunia pendidikan nilai merupakan moral. Tujuan dari pendidikan adalah menyalurkan nilai kedalam diri siswa. Jadi nilai atau moral merupakan hal yang vital dalam pendidikan. Karena nilai atau moral tersebut digunakan sebagai standar tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dalam kamus psikologi (Chaplin), moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku. Moral dapat digunakan untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu atau pekerjaan tertentu.
    Moral memiliki peranan penting dalam hidup manusia. Moral berfungsi mengingatkan manusia untuk melakukan kebaikan demi diri sendiri dan sesama sebagai bagian dari masyarakat. Selain itu moral juga dapat berperan sebagai pengendalian dan pengaturan.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, berisikan URL pemahaman tentang moral. Salah satunya dari wikipedia, Sebuah moral (diambil dari bahasa Latin yaitu moralis) yang artinya sebuah pesan yang disampaikan atau pelajaran yang bisa dipelajari dari cerita atau peristiwa. Moral dapat diserahkan kepada pendengar, pembaca, atau pemirsa untuk menentukan sendiri, atau mungkin secara eksplisit dikemas dalam pepatah. Moral adalah pelajaran dalam cerita atau dalam kehidupan nyata. Nah menurut saya sendiri, moral merupakan suatu sifat baik atau buruk perbuatan seseorang dalam kehidupan nyata maupun kehidupan tidak nyata seperti kehidupan dalam film ataupun kehidupan dalam suatu cerita ataupun yang lainnya yang dapat diambil manfaatnya atau hikmahnya untuk kehidupan kita.

    ReplyDelete
  8. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Moralitas merupakan niat, keputusan, dan tindakan antara yang benar dan yang salah. Moral bisa baik namun bisa juga buruk. Moral yang baik harus selalu ditingkatkan dan moral buruk hilangkanlah. Moralitas dapat menjadi badan standar atau prinsip-prinsip yang berasal dari kode etik dari filsafat, agama atau budaya tertentu, atau dapat berasal dari standar yang diyakini seseorang bersifat universal. Moralitas dapat digunakan secara deskriptif untuk mengacu pada kode perilaku tertentu yang diajukan oleh masyarakat maupun kelompok (seperti agama) yang diterima oleh individu untuk perilakunya sendiri atau secara normatif untuk mengacu pada kode etik yang akan diterima oleh siapa saja yang memenuhi kondisi intelektual dan kemauan tertentu, hampir selalu termasuk kondisi rasional.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  9. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Moralitas itu berkenaan dengan baik dan buruk. Moralitas ini yang berfungsi mengatur kehidupan manusia untuk menjadi manusia yang baik atau manusia kurang baik. Baik atau kurang baik itu sifatnya relatif atau bergantung pada budaya atau kingkungan masing-masing. Untuk itu, moralitas juga bersifat relatif terhadap kondisi lingkungan manusia tersebut.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Moral adalah aturan-aturan yang bersifat normatif. Moral merupakan suatu tata nilai yang merujuk pada perilaku positif dan tidak merugikan orang lain. Seseorang dikatakan bermoral apabila tindak tanduk, ucapan, dan prinsipnya dinilai baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

    ReplyDelete
  11. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Moral adalah etika yang digunakan dalam kehidupan. Moral merupakan suatu tindakan yang membandingkan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal tersebut hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral merupakan kondisi pikiran, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia yang terkait dengan nilai-nilai baik dan buruk yang digunakan untuk berinteraksi dalam masyarakat. Namun, menurut Immanuel Kant, moralitas tidak hanya menyangkut pada baik dan buruk. Moralitas merupakan kehendak untuk mau melaksanakan kewajiban. Tindakan moral tersebut harus bersifat sintetik a priori, misalnya jujur itu benar. Jujur adalah a priori, diketahui oleh semua orang dalam akal murni. Sedangkan benar adalah sintesis karena konsep benar tidak terkandung di dalam konsep jujur. Oleh karena itu ia termasuk sintesis a priori.

    ReplyDelete
  12. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut Benjamin Franklin “moral character is an evaluation of an indivduals stable moral qualitites”. Hal yang bisa dipahami lebih lanjut adalah karakter yang menyangkut moral manusia merupakan salah satu bentuk evaluasi terhadap perbaikan diri manusia agar menjadi pribadi yang baik. Sehingga, moralitas seseorang kadang selalu dijadikan alasan utama saat memasuki dunia baru karena akan berkelanjutan pada apa mereka akan bergantung.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sumber berikutnya menuliskan,”The evolution of morality refers to the emergence of human moral behavior over the course of human evolution. Morality can be defined as a system of ideas about right and wrong conduct.”
    Moral yang terbagi menjadi pengertian perilaku benar dan perilaku salah seseorang. Sehingga bisa saja moral berubah menyesuaikan perilaku manusia saat melalukan suatu tindakan tertentu. Misalnya binatang yang hidup berkelompok atau berkoloni dengan sesamanya akan mempunyai perilaku yang harus diikuti oleh semua anggota, penetapan suatu moral agar berfungsi sebagai bentuk perlindungan, keberlangsungan hidup mereka. Semut yang sering kita lihat membawa makanan dan berjalan secara beriringan menuju tempat pengumpulan makanan, itu termasuk suatu moral yang sudah dibiasakan oleh koloni semut.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Berdasarkan salah satu sumber lain mengatakan, “Budi pekerti means good conduct of life/good morality. A person who had budi pekerti, he should live in safety (slamet).” Bisa dikatakan bahwa moral kali ini berdasarkan tindak tanduk orang adat Jawa yang selalu diberikan para orangtua kepada anak-anaknya agar mempunyai budi pekerti yang baik karena budi pekerti mencerminkan kehidupan yang baik dan akan diberikan keselamatan selama menjalani hidup ini. Bukan berati orang yang tidak mempunyai budi pekerti tidak selamat dalam hidupnya tetapi lebih ke arah kurang barokah dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya.

    ReplyDelete
  15. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Berdasarkan salah satu sumber yang diberikan mengatakan, “Moral psychology is a field of study in botth philosophy and psychology. A moral act is a type of behavior that refers has either a moral or immoral consequence.” Benar adanya bila mempelajari sebuah moral dalam konteks psikologi melibatkan unsur filsafat dan psikologi. Moral sendiri mempunyai arti bisa benar-benar moral dan bisa bukan moral yang artinya bisa merujuk pada moral yang sopan dan moral yang tidak sopan. Bila dikaitkan dalam pola pikir manusia yang dihubungkan dengan lingkungan sosial manusia maka moral menurut sumber termasuk perilaku manusia yang dipandang dari segi psikisnya, apakah memang moral yang dimiliki ada sedikit efek dari psikis seseorang atau hanya kebiasaan sejak dulu sudah mempunyai moral seperti itu.

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Secara bahasa moral berarti sebuah ajaran tentang baik dan buruk yang diterima secara umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya. Moral dapat diartikan sebagai akhlak, budi pekerti, atau susila. Kata akhlak diartikan sebagai suatu tingkah laku, tetapi tingkah laku tersebut harus dilakukan secara berulang-ulang tidak cukup hanya sekali melakukan perbuatan baik, atau hanya sewaktu-waktu saja. Seseorang dapat dikatakan berakhlak jika timbul dengan sendirinya didorong oleh motivasi dari dalam diri dan dilakukan tanpa banyak pertimbangan pemikiran apalagi pertimbangan yang sering diulang-ulang, perbuatan tersebut dilakukan dengan terpaksa bukanlah pencerminan dari akhlak. Pertimbangan seseorang dalam bertingkah laku atas dasar hanya ingin dilihat oleh orang lain juga bukan termasuk pencerminan dari akhlak.
    Antara moral, akhlak dan etika sekilas terlihat mirip, namun sebenarnya mereka berbeda satu sama lain. Moral berasal dari bahasa latin yaitu mos, yang berarti adat istiadat yang menjadi dasar untuk mengukur apakah perbuatan seseorang baik atau buruk. Dapat dikatakan baik buruk suatu perbuatan secara moral adalah bersifat lokal. Sedangkan akhlak adalah tingkah laku baik, buruk, salah benar, penilaian ini dipandang dari sudut hukum yang ada di dalam ajaran agama. Sedangkan etika etika adalah ilmu yang membahas tentang moralitas atau tentang manusia yang berkaitan dengan moralitas

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Moralitas merupakan suatu tata aturan yang mengatur pengertian baik atau buruk. Kita dapat membedakan baik dan buruknya, yang boleh dilakukan dan larangan sekalipun dapat mewujudkannya. Moralitas dapat dikatakan juga sebagai suatu azas dan kaidah kesusilaan dalam hidup bermasyarakat.Suatu tindakan hanya dianggap bermoral apabila diambil secara otonom, berdasarkan kesadaran sendiri terkait kewajiban bermoral itu sendiri

    ReplyDelete
  18. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Moral Moral dan makna kehidupan bagi seseorang adalah sebuah keberuntungan yang diperuntukkan untuk membangun jati diri masing-masing individu dengan cara pengendalian dan pembangunan diri yang mendukung sebuah lingkungan untuk mendorong masing-masing individu agar dapat berkembang, mampu untuk menghadapi dan atau menghidari suatu tantangan moral. Karakter moral seseorang tidak dapat dipertanggungjawabkan ketika karakter seseorang belum terbentuk sepenuhnya. Moral merupakan bagian terpenting dari pembelajaran. Seseorang dengan moral yang baik, maka ia akan bisa melalui proses pembelajaran dengan baik pula. Moral juga berkaitan erat dengan kaidah hidup sosial. Dengan mengedepankan moral maka aka tercipta hidup yang rukun dan damai.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B


    Moral adalah ajaran tentang baik buruknya perbuatan dan perilaku, akhlak yang dimiliki semua orang. Seseorang dapat dianggap bermoral apabila memiliki kesadaran untuk menerima serta melakukan peraturan yang berlaku dan bersikap atau memiliki tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai moral yang dijunjujung tinggi di lingkungannya. Proses penyadaran moral berangsur-angsur mulai tumbuh melalui interaksi dari lingkungan kita yaitu ketika dia mendapat larangan, suruhan, kecaman bahkan celaan, atau merasakan sebab-akibat dari apa yang dia perbuat mungkin sesuatu yang menyenangkan bahkan mengecewakan bagi diri kita.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Filsafat moral mencakup ontologi moral, yang merupakan asal mula moral; dan epistemologi moral, yang mempelajari pengetahuan moral. Berbagai sistem pengungkapan moralitas telah diusulkan, termasuk sistem etika deontologis yang mematuhi seperangkat aturan yang ditetapkan, dan sistem etika normatif yang mempertimbangkan manfaat tindakan itu sendiri. Sebuah contoh dari filosofi etika normatif adalah Aturan Emas, yang menyatakan bahwa: "Seseorang harus memperlakukan orang lain seperti yang diinginkan orang lain untuk memperlakukan diri sendiri. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Moral adalah suatu aturan atau tata cara hidup yang bersifat normatif yang sudah ikut serta bersama kita seiring dengan umur yang kita jalani, sehingga titik tekan moral adalah aturan-aturan normatif yang perlu ditanamkan dan dilestarikan secara sengaja, baik oleh keluarga, lembaga pendidikan, lembaga pengajian, atau komunitas-komunitas lainnya yang bersinggungan dengan masyarakat.

    ReplyDelete
  22. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Secara umum, moral dapat diartikan sebagai batasan pikiran, prinsip, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia tentang nilai-nilai baik dan buruk atau benar dan salah. Moral merupakan suatu tata nilai yang mengajak seorang manusia untuk berperilaku positif dan tidak merugikan orang lain. Seseorang dikatakan telah bermoral jika ucapan, prinsip, dan perilaku dirinya dinilai baik dan benar oleh standar-standar nilai yang berlaku di lingkungan masyarakatnya.

    ReplyDelete
  23. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Moral adalah suatu karakter yang tentunya memiliki peran besar dalam menentukan sikap kita sebagai makhluk sosial. Moral adalah suatu adab yang bersumber pada hati nurani.
    Dalam proses terbentuknya moral terjadi atas berbagai faktor seperti warisan nenek moyang, keinginan-keinginan, harapan, dan berbagai faktor lain.

    Moral memiliki definisi luas, tidak hanya sekedar baik dan buruk. Terdapat gradasi penilaian yang berkaitan dengan moral. Namun semua tergantung pula dari sudut padang dan siapa yang memandang. Moral yang dibebankan dalam seseorang pun sangat beragam. Salah satu kalimat dari imam masjid istiqal mungkin dapat menggambarkan:
    untuk seorang meminta bayaran ketika ilmunya diminta itu sah dan dibenarkan...
    namun untuk seorang da'i atau ustadz tidak tidak hanya sekedar benar dan salah yang diperhatikan karena manusia dalam tahapan ini mutlak harus memiliki moral.

    Pada dasarnya dalam setiap perkembangan manusia selalu seiring dengan transformasi moral, harapannya jelas moral terus tereparasi dan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  24. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Apa itu Moralitas?
    Sederhananya, etika terdiri dari kode moral, atau filsafat, yang memandu pilihan dan perilaku seseorang sepanjang hidup mereka. Gagasan filsafat moral melampaui individu untuk memasukkan apa yang benar (dan apa yang salah) bagi komunitas dan masyarakat luas. Etika berkaitan dengan hak, tanggung jawab, penggunaan bahasa, apa artinya menjalani kehidupan etis dan bagaimana orang membuat keputusan moral.

    Untuk topik yang subjektif seperti moralitas, orang tentu memiliki keyakinan kuat dan keras kepala tentang apa yang benar dan salah yang dapat berbeda langsung dengan keyakinan moral orang lain. Meskipun moral dapat bervariasi dari orang ke orang, agama ke agama, dan budaya ke budaya, banyak yang universal, karena mereka berasal dari emosi dasar manusia. Kita mungkin berpikir untuk bermoral sebagai latihan intelektual, tetapi lebih sering itu merupakan upaya untuk memahami insting kita.

    ReplyDelete
  25. WIlis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Moralitas terletak pada kebernaran yang diyakini yang diolah dari hasil menalar sesuatu dan meletakkan dasar nilai terhadapnya. Standar moral sangat dipengaruhi oleh lingkungan atau eksternal faktor dari seseorang serta pengalaman pribadi yang membangun konstruk pengetahuan. Dua orang yang memiliki standar moral yang berbeda memiliki perbedaan pula dalam meletakkan sistem nilai pada dirinya, dan ketika saling ditunjukkan maka intelektualitas hanya akan menjadikan alat unjuk kesombongan. Sama halnya konflik yang saat ini sedang terjadi, terkhusus masalah pro dan kontra pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Dua belah pihak yang berbeda memiliki standar moral yang berbeda sehingga terjadi silang pendapat.

    Perlunya pemanggilan nilai-nilai kesusilaan dan aturan formal dari dalam diri seseorang atau dasar pembentuk pribadi masyarakat berkulitas untuk membuka diskusi kritis terkait hal tersebut. Mencari kesamaan dan nilai moral masyarakat dapat membuat individu mengubah nilai moralnya agar dapat diterima dan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat berjalan dengan damai dan aman sentosa. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika 2019 kelas D

    Terima kasih prof untuk tulisan ini, Dari beberapa sumber yang disertakan diatas, saya membaca link definis moralitas yang dari bahas latin berarti adab, karakter, perilaku wajar yang turun dari pamrih, keputusan dan aksi yang dibedakan dari wajar dan tidak wajar. Moralitas dapat juga berarti kebaikan dan kebenaran. Secara filosofis, moral ontologi termasuk didalamnya. Moralitas yang menunjukkan kebaikan dan kebenaran memiliki berbagai cara untuk disebarkan sesuai dengan salah satu paper yang ada pada link diatas yang dikemukan oleh Ronald A lukens, pendidikan yang bernuansa keagamaan seperti madrasah, sekolah minggu dapat menjadi sarana dalam pengembangan karakter yang mampu meningkatkan moralitas siswanya.

    ReplyDelete
  27. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kebijaksanaan dalam berpikir adalah, manakala manusia berpikir dari yang nyata secara visual maupun yang tidak tampak sebatas pandangan mata. Sebab segala objek filsafat yaitu yang ada dan yang mungkin ada, memiliki makna disebaliknya. Manusia akan terjerumus dalam pembelokan makna hidup manakala manusia berhasil tergoda dengan metafisik yang belum diketahui. Manusia akan keluar jalur tindakan maupun pikir ketika manusia tidak mengetahui apa yang sebenar-benarnya tidak diketahui atau disebut sebagai dosa. Sehingga manusia memang seharusnya senantiasa berhati-hati dalam berpikir dan bertindak sesuai aturan-aturan hidup yang sudah ditentukan olehNya.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, moralitas adalah istilah untuk menyebut orang lain dalam tindakan yang dilakukan memiliki nilai positif. Sebaliknya amoral atau yang tidak memiliki moral artinya tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata orang lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan lainnya. apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya.Moral adalah produk dari budaya dan Agama. Sehingga adat budaya dan moral berbeda-beda untuk setiap ruang dan waktu yang berlaku. Terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Moral sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Moral dapat menentukan sifat hidup seseorang. Moral terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan sehari-hari sangat erat kaitannya dengan matematika. penanaman konsep matematika dapat melalui moral.

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Moral merupakan etika yang digunakan dalam kehidupan. Moral adalah suatu tindakan yang membandingkan mana yang baik dan mana yang buruk. Moral suatu hal mutlak yang harus dimiliki manusia. Moral merupakan kondisi pikiran, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia yang terkait dengan nilai-nilai baik dan buruk yang digunakan untuk berinteraksi dalam masyarakat. Dalam dunia pendidikan nilai merupakan moral. Tujuan dari pendidikan adalah menyalurkan nilai kedalam diri siswa. Jadi nilai atau moral merupakan hal yang vital dalam pendidikan. Karena nilai atau moral tersebut digunakan sebagai standar tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat.

    ReplyDelete
  31. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari sumber-sumber referensi di atas tentang morality maka saya mencoba salah satu link https://plato.stanford.edu/entries/morality-definition/ yang menunjukkan bahwa moralitas adalah kode semua orang yang rasional, dalam kondisi tertentu, dan mendukung. Dengan kata lain moralitas adalah sistem publik informal semua orang yang rasional, dalam kondisi tertentu dan didukung oleh berbagai hal.

    ReplyDelete
  32. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Moralitas (morality) berasal dari kata moral dan moral di dalam kamus bahasa indonesia didefinisikan sebagai ajaran tentang baik burk yang diterima umum mengenai budi pekerti. Moralitas dalam diri seseorang dikatakan dapat terus berkembang dari tingkatan yang rendah ke tingkatan yang lebih tinggi seiring dengan berkembangnya kedewasaan berfikir. Kesadaran moral harus dapat berdiri secara mandiri dan tidak boleh mengikuti apa yang diharapkan oleh lingkungan / terbawa arus. Kesadaran moral boleh mengikuti pandangan serta tatanan moral yang berlaku di dalam masyarakat, akan tetapi kesadaran moral tidak boleh berseberangan dengan hati nurani.

    ReplyDelete
  33. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Bagi saya moral itu ibarat sikap maupun pikiran yang ada dalam diri manusia. Seperti yang kita ketahui moral itu ada yang baik dan tidak baik. Moral terbentuk oleh berbagai macam faktor. Kalau moralnya baik, berarti faktor yang mempengaruhinya juga baik tetapi kalau moralnya tidak baik berarti faktor yang mempengaruhinya juga tidak baik. Terima kasih.

    ReplyDelete
  34. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saat ini, moralitas manusia semakin menurun alias banyak yang tidak baiknya. Berbagai macam tindak kriminalitas sering kita saksikan baik secara nyata maupun melalui media-media digital dan tidak digital (koran). Salah satunya adalah kasus pembunuhan. Ini merupakan tindakan yang tidak bermoral. Miris sekali memang. Padahal agama selalu mengajarkan untuk membangun moral yang baik, tapi apa daya karena manusia bermacam-macam jadi ada yang mau menurut dan ada yang tidak. Jadi alangkah baiknya kita saling instropeksi diri sediri dan membangun moral kita menjadi lebih baik. Terima kasih.

    ReplyDelete
  35. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete