Oct 25, 2012

MORALITY




Ass Wr Wb
Jika berkehendak mendalami tentang MORALITY, bacalah berikut:



Wss Wr Wb
Marsigit



6 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Moralitas adalah pelaksanaan kewajiban karena hormat terhadap hukum yang tertulis dalam hati manusia. Suatu tindakan hanya dianggap bermoral kalau diambil secara otonom, berdasarkan kesadaran sendiri tentang kewajiban. Kriteria mutu moral seseorang adalah kesetiaannya terhadap suara hatinya sendiri. Setiap orang tidak hanya berhak, melainkan berkewajiban untuk senantiasa mengikuti suara hatinya. Moralitas yang secara leksikal dapat dipahami sebagai suatu tata aturan yang mengatur pengertian baik atau buruk perbuatan kemanusiaan, yang mana manusia dapat membedakan baik dan buruknya yang boleh dilakukan dan larangan sekalipun dapat mewujudkannya, atau suatu azas dan kaidah kesusilaan dalam hidup bermasyarakat.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Moral merupakan pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab moral juga berarti ajaran yang baik dan buruk perbuatan dan kelakuan (akhlak). Moral dapat digunakan untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu atau pekerjaan tertentu, moral adalah suatu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat. Pengertian moral kali ini erat hubungannya dengan akhlak manusia ataupun fitrah manusia yang diciptakan memang dengan kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Perbuatan manusia dikatakan baik apabila motivasi tujuan akhir dan lingkungannya juga baik.

    ReplyDelete
  3. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Moralitas yang secara leksikal dapat dipahami sebagai suatu tata aturan yang mengatur pengertian baik atau buruk perbuatan kemanusiaan, yang mana manusia dapat membedakan baik dan buruknya yang boleh dilakukan dan larangan sekalipun dapat mewujudkannya, atau suatu azas dan kaidah kesusilaan dalam hidup bermasyarakat.
    Moralitas menurut saya bergantung pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Artikel dari http://en.wikipedia.org/wiki/Morality memaparkan berbagai sudut pandang mengenai moralitas. Moralitas diartikan sebagai karakter, niat, keputusan dan tindakan untuk melakukan sesuatu yang baik atau buruk. Secara khusus moralitas identik dengan kebaikan atau kebenaran, dan memiliki hubungan dengan etika yang mengacu pada hal-hal baik atau yang buruk. Dalam artikel ini dijelaskan arti filsafat secara deskriptif dan normatif. Dalam arti deskriptif, moralitas mengacu pada nilai-nilai pribadi atau budaya, kode etik atau adat istiadat sosial. Sedangkan dalam arti normatif, moralitas mengacu pada apa pun (jika ada) sebenarnya benar atau salah, yang mungkin independen dari nilai-nilai atau adat istiadat yang dimiliki oleh setiap orang atau budaya tertentu.

    ReplyDelete
  5. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Moralitas adalah keseluruhan norma-norma, nilai-nilai dan sikap seseorang atau sebuah masyarakat atau moralitas adalah sikap hati yang terungkap dalam perbuatan lahiriah (mengingat bahwa tindakan merupakan ungkapan sepenuhnya dari hati), moralitas terdapat apabila orang mengambil sikap yang baik karena Ia sadar akan kewajiban dan tanggung jawabnya dan bukan ia mencari keuntungan. Moralitas sebagai sikap dan perbuatan baik yang betul-betul tanpa pamrih. dapat dipahami sebagai suatu tata aturan yang mengatur pengertian baik atau buruk perbuatan kemanusiaan, yang mana manusia dapat membedakan baik dan buruknya yang boleh dilakukan dan larangan sekalipun dapat mewujudkannya, atau suatu azas dan kaidah kesusilaan dalam hidup bermasyarakat.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    dari salah satu refensi web di atas, Karakter atau karakter moral adalah evaluasi kualitas moral seseorang yang stabil. Konsep karakter bisa menyiratkan berbagai atribut termasuk adanya atau kekurangan kebajikan seperti empati, keberanian, ketabahan, kejujuran, dan loyalitas, atau perilaku baik atau kebiasaan. Karakter moral terutama mengacu pada kumpulan kualitas yang membedakan satu individu dari orang lain - walaupun pada tingkat budaya, seperangkat perilaku moral yang dianut oleh kelompok sosial dapat dikatakan menyatukan dan mendefinisikannya secara kultural berbeda dari yang lain. Psikolog Lawrence Pervin mendefinisikan karakter moral sebagai "disposisi untuk mengekspresikan perilaku dalam pola fungsi yang konsisten di berbagai situasi"

    ReplyDelete