Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 5: Matinya Sebuah Danau




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Buatlah diskripsi singkat, dengan pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik Matinya Sebuah Danau.

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

56 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Danau bisa diibaratkan sebagai wadah dan isinya, sebagaimana dalam kehidupan manusia yang tidak cukup hanya berperan sebagai wadah saja atau sebagai isi saja. Sebaiknya untuk menjadikan kehidupan kita seimbang, maka kita seharusnya bisa berperan sebagai keduanya baik wadah maupun isi. Dalam pembelajaran saintifik, pembelajaran yang memilii proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkomunikasi memang haruslah berjalan secara berdampingan dan saling mendukung dalam satu kegiatan pembelajaran. Karena semua itu hal yang disusun yang memiliki tujuan yang baik dalam membentuk siswa kita.

    ReplyDelete
  2. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Danau merupakan wilayah perairan yang berupa cekungan dan dikelilingi oleh daratan. Danau yang hidup apabila terdapat berbagai kehidupan di dalamnya.
    Sama halnya ketika kita menjaga segala tatanan yang ada di dalam danau, maka danaupun akan menjadi hidup, sebaliknya apabila kita merusak dan menghancurkan tatanan yang ada pada danau tersebut, maka danaupun akan mati.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perumpamaan matinya sebuah danau ini mengibaratkan hati yang jauh dari hal baik. Matinya danau itu ditandai dengan kekeringan akan danau tersebut. Sama dengan prihal hati, hati bisa saja kering dari kebaikan. Orang yang demikian tidak berhati nurani. Tentunya ia akan tidak merasa sensitif terhadap segala kejadian yang menimpa dirinya atau menimpa orang lain. Sehingga menyebabkan seseorang tidak peduli dengan orang lain.

    ReplyDelete
  4. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Danau memiliki beraneka manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranyaa sebagai sumber air minum, sebagai sumber irigasi, untuk pencegahan dan pengendalian banjir, untuk perikanan darat dan untuk rekreasi dan sarana olahraga.
    Matinya sebuah danau adalah ketika danau yang tadinya memberi manfaat tidak mampu lagi memberi manfaat bagi manusia. jika di analogikan dalam suatu kondisi, bahwa danau adalah guru. Maka matinya danau ibarat matinya kemampuan guru yang tadinya mampu memberikan manfaat bagi siswa dan lingkungannya lewat pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Matinya sebuah danau menurut saya adalah matinya kemauan seseorang untuk berusaha. Danau sebagai wadah dari air yaitu pikiran seseorang dan airnya sebagai usaha. Seseorang yang sudah tidak mempunyai pikiran dan keinginan untuk berusaha maka tidak akan mencapai berbagai pencapaian dalam hidupnya dan hidupnya tidak akan maju. Ketika seseorang sudah tidak mau berusaha maka tidak akan ada ilmu yang bertambah dan segala hal dalam hidupnya tidak akan maju, itu sama artinya dengan mati. Matinya seseorang karena tidak ada kemauan untuk berusaha.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Danau dapat diartikan sebagai hati nurani. Saat danau tenang kita dapat melihat dengan jelas pantulan diri kita di danau. Namun saat angin bertiup dan air danau bergelojak, tidak ada pantulan apapun yang dapat kita lihat. Demikian juga dengan hati manusia. Saat hati tenang, ada banyak hal yang terlihat. Masalah yang besar pun dapat diselesaikan dengan baik saat hati tenang. Namun, saat hati gelisah, hal ang sepele pun dapat menjadi besar dan akhirnya malah akan merugikan. Selain itu, dengan hati yang tenang, kita pun bisa lebih jujur dalam merefleksikan diri kita.

    ReplyDelete
  7. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Bagaimana jika danau mati? Dalam sejarah, ada sebuah danau yang mati (laut mati). Jika kita membaca artikel atau berita tentang danau ini, tidak ada kehidupan di dalamnya. Jika dianalogikan, saat hati nurani kita mati, hati kita akan kosong, tidak ada kehidupan dan yang tersisa adalah kita terjerumus dalam jerat iblis dengan cepat. Dengan demikian, kita harus selalu menjaga hati kita.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut saya ini berkaitan dengan penerapan metode saintifik untuk semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Pada awal perkembangannya metode saintifk ini berawal dari suatu struktur dari Auguste Comte yang menempatkan saintifik diantara agama dan positivisme, dengan kata lain agama yang lebih menenkankan pada pembentukan perilaku yang baik kalah posisi dari metode saintifik yang lebih menekankan pada cara berpikir ilmiah, padahal tidak selamanya pikiran dapat menggapai agama. Dalam Penerapan metode saintifik tentunya harus mempertimbangkan setiap karakteristik setiap mata pelajaran, apakah cocok untuk diterapkan pada setiap mata pelajaran atau tidak. Selain itu penerapan metode saintifik harus juga melihat esensi pembentukan karakter siswa apakah dengan penerapan saintifik ini karakter siswa dapat terbentuk sebagaimana mestinya atau hanya malah membuat karakter siswa menjadi bobrok.

    ReplyDelete
  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Danau disini dapat dianalogikan dengan hati manusia. Hati manusia yang telah mati termakan kebencian, kejahatan, dan hal buruk lainnya. Hati manusia yang telah mati ini perlu dibangkitkan kembali melalui perubahan pola pikir menjadi lebih positif, ikhlas hati dan pikiran. Pupuki hati kita dengan hal-hal yang baik agar hati tetap tumbuh dalam kesuburan.

    ReplyDelete
  10. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Matinya sebuah danau dalam kehidupan sehari-hari dapat diartikan dengan sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya namun tidak bisa lagi diharapkan seperti danau yang menjadi sumber kehidupan bagi banyak makhluk hidup tidak bisa digunakan lagi. misalnya matinya hati yang bersih atau matinya mendalami hakekat ilmu sehingga terjebak pada mitos, hal ini bahkan lebih berbahaya daripada matinya hal-hal lain yang bersifat materi.

    ReplyDelete

  11. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Danau dapat kita ibaratkan sebuah otak manusia dan isisnya dalah adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang kita pelajari sebagai air. Sehingga dengan begitu kita akan tahu batapanya pentingnya sustu ilmu pengetahuan. hal itu juga terjadi jika kita berada di danau, kita bayangkan danau yang begitu tenanag padahal danau itu sebenarnya tidak tenanag akan tetapai seperti dalam pikiran kita kita berdiam diri bukan berarati kita berdiam akan tetapi kita berpikir juga.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Seorang guru adalah sosok yang menjadi tokoh bagi siswa untuk dicontoh dan ditiru, jika kemampuan guru untuk hal tersebut sudah tidak ada lagi maka apa yang bisa dharapkan oleh siswa dari seorang guru. Olehnya itu sebagai calon pendidik sekiranya mempersiapkan diri agar jadi panutan bagi siswa dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mematikan kemampuan dalam diri kita dengan jalan selalu belajar dan senantiasa menunjung tinggi sopan santun terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut saya, tentang matinya sebuah danau dalam hubungannya dengan pendekatan scientific adalah matinya suatu wadah. Dengan adanya kurikulum dengan pendekatan scientific, disini bisa membunuh karakter siswa. Karena wadah yang harus diisi oleh siswa, telah tak berfungsi lagi. Wadah dapat berarti menampung, jadi matinya sebuah danau oleh pendekatan saintific bisa sangat mungkin, karena matinya danau diawali dengan pendangkalan dan matinya ikan-ikan. Ini sama hal nya pendekatan saintific yang bisa saja membuat proses berpikir siswa menjadi dangkal karena adanya sintaks pemikiran yang ditetapkan dan juga mati nya ikan dimaksd kan sebagai matinya kreatifitas siswa untuk dapat berenang kesana kesini di dalam wadah danau.

    ReplyDelete
  14. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Menurut saya “Matinya sebuah danau” mempunyai makna matinya motivasi, keaktifan, keinginan dan intuisi siswa untuk belajar. Hal yang dapat mempengaruhi ini adalah salah satunya adalah minimnya kesediaan guru untuk benar-benar menjadi fasilitator bagi siswa, proses pembelajaran terasa kurang menyenangkan, kurang bermakna, dan kemungkinan siswa tidak paham apa yang sedang dipelajarainya. Pada pembelajaran matematika, biasanya siswa telah disediakan dengan matematika yang sudah jadi dengan menggunakan rumus dan hafalan saja. Mereka jarang yang diberi kesempatan untuk menemukan sebuah konsep dari materi ajar tersebut. Sehingga siswa jarang yang mendapat kesempatan untuk benar-benar mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Dengan demikian, sedikit sekali pengalaman-pengalaman siswa yang diperoleh untuk membangun intuisi.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Danau merupakan sumber daya alam yang mempunyai banyak manfaat yaitu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari masyarakat disekitarnya, sebagai pembangkit listrik tenaga air, sarana irigasi, untuk memelihara ikan air tawar dan untuk sarana rekreasi. Jikadalam forum tanya jawab ini dinyatakan bahwa matinya sebuah danau artinya ialah danau tidak dapat dimanfaatkan untuk apapun dan hanya memiliki nama saja jika didaerah itu ada danau. Seperti perpustakaan yang mempunyai banyak manfaat karena terdapat banyak sumber pembelajaran yang berada di sekolah jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ini diibaratkan seperti matinya sebuah danau.

    ReplyDelete
  16. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Danau itu merupakan benda mati. Namun jika kita membaca judul tersebut, maka kita kan memperoleh kesan bahwa seolah-olah danau tersebut hidup. Mungkin yang dikaksud dengan danau yang hidup adalah komponen-komponennya atau makhluk hidup penghuni danau tersebut, bisa hewan maupun tumbuhan. Danau yang mati berarti tidak ada kehidupan di dalamnya, hal ini terjadi apabila komponen-komponen yang menghidupkan danau tersebut juga mati. Seperti halnya dengan pendidikan. Iklim pendidikan yang hidup hanya jika komponen-komponen di dalamnya seperti pendidik, peserta didik, dan lain sebagainya berjalan sebagaimana mestinya. Tergesa-gesanya penerapan kurikulum baru menimbulkan polemik yang berkepanjangan, sehingga menimbulkan kesan kurikulum saintifik yang mati. Hal ini karena kurangnya persiapan sehingga komponen penyusun yang seharusnya bekerja di dalamnya tidak dapat melakukan pekerjaannya sehingga dikatakan mati.

    ReplyDelete
  17. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Untuk mendeskripsikan matinya sebuah danau, saya menganalogikannya matinya sungai positif pada elegi yang berjudul Elegi Bendungan Komte dan Sungai Positive. Segala apapun yang ada di dalam danau tersebut termasuk danau juga di ibaratkan sebagai hasil dari usaha dari pikiran. Namun semua itu hanya akan menjadi sampah dan dapat dikatakan danau yang mati jika tidak diiringi oleh hati yang bersih.

    ReplyDelete
  18. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Danau adalah cekungan yang menampung air sebagaimana sebuah telaga. Hanya saja ukurannya lebih luas dan lebih dalam dari pada telaga. Sebagaimana telaga, danau dikatakan mati apabila sudah tidak ada airnya. Atau airnya sudah tidak dapat digunakan lagi. Matinya danau bisa disebabkan oleh ketidakmampuannya menahan air lagi. Bisa pula disebabkan pencemaran.

    ReplyDelete
  19. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matinya sebuah danau menggambarkan suatu lingkungan di tengah disharmonisasi. Ikan-ikan tidak dapat bergerak dengan leluasa, susah bernafas karena air yang kian keruh. Matinya sebuah danau mengibaratkan manusia yang hidup lingkungan yang didominasi oleh orang-orang yang mengejar kesenangan dan kekuasaan dunia dengan cara yang tidak sehat. Mereka menggunakan kail bermata durja dalam melancarkan rencananya. Mereka terampil membangun pencitraan yang positif akan dirinya dalam mengelabuhi ikan-ikan sasarannya. Kerukunan, kedamaian, dan harmonisasi adalah sesuatu yang sulit ditemukan dalam danau yang sudah mati karena hati dan pimikiran penghuni bukan terkait hal-hal untuk mengembangkan dan menjaga harmonisasi lingkungan melainkan terkait bagaimana melancarkan aksinya tanpa mempertimbangkan kerugiaan orang lain.

    ReplyDelete
  20. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    sebuah danau bisa dikatakan mati jika tidak ada lagi kehidupan yang mendukung di dalamnya. airnnya sudah tercemar, ekosistem di dalamnya tidak lagi seimbang, yang semula terdapat ikan-ikan, tanaman yang terapung, air yang jernih, katak, lumut, cacing dan hewan-hewan lainnya di dalam ekosistem danau yang seharusnya. tapi jika yang tertinggal hanyalah lumut, airnya keruh dan kotor, penuh dengan bakteri, maka danau tersebut bisa dikatakan mati. sama halnya dengan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  21. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2
    Assalmu'alaikum Wr. Wb

    Karakteristik danau akan ditemukan jika di sekitar danau maupun didanau itu sendiri memiliki sumber kehidupan dan memberikan manfaat terhadap kehidupan disekitarnya, dan kematian yang dimaksud adalah mungkin keterbalikan dari penjelasan saya, dimnana danau tersebut sudah tidak dapat lagi menjadi sumber kehidupan didanau itu sendiri atau memberikan manfaat untuk kehidupan disekitarnya. dimana karakter itu akan ditemukan dan akan menjadi media publikasi orang-orang ketika orang tersebut telah menjadi kebutuhan dan manfaat.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Matinya sebuah danau". Danau yang mati adalah danau yang mengering, tidak ada air. Tidak ada kehidupan di dalamnya, ikan-ikan ikut mati, tumbuhan-tumbuhan ikut mati. Saya melihat jika ini adalah analogi. "Matinya sebuah danau" adalah keadaan di mana kita merasa puas dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Karena merasa puas, kita tidak lagi peduli dengan "hujan" yang senantiasa mencurahkan air-airnya. Ya, kita yang merasa puas, tidak pernah memperdulikan datangnya ilmu-ilmu baru, apalagi yang kontradiktif dengan teori yang kita yakini. Maka danau yang mati adalah ibarat pikir kita yang ikut mati. Maka ikan yang mati adalah keterampilan kita yang ikut mati bersama pikir kita tadi.

    ReplyDelete
  23. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya percaya bahwa setiap benda di dunia ini memiliki fungsinya. Danau pun memiliki fungsi. Danau menjadi wadah dari air yang dapat digunakan untuk hidup makhluk lainnya. Bagaimana jika danau mati? Danau yang sudah tak memiliki fungsi lagi. Danau yang tak berisi air, yang tak menghidupkan makhluk lainnya. Seperti danau, manusia yang kering pun tak melakukan fungsinya, mati.

    ReplyDelete
  24. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Menatap pada lelegi sebelumnya, seperti kata ulama atau para filsuf “banyak mayat hidup yang berjalan disebabkan karena tidak berzikir kepada Allah SWT.Atau menurut Descrates yang mengatakan “saya berpikir, maka saya ada.Jika dikaitkan dengan hal tersebut bahwa dikatakan dengan matinya dana jika mahluk-mahluk hidup yang ada di danau itu mati.Misalnya ikan, tumbuhan paku, lumut , airnya keruh atau mengalami kekeringan dan sebagainya.Unsur-unsur mahluk hidup ini yang memberikan nyawa tersendiri bagi danau agar danau terlihat hidup.

    ReplyDelete
  25. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Danau selalu identic dnegan pemandangan indah yang ada disekitarkan juga gunung yang menjulang tinggi seolah mencengkram langit. Danau merupakan cekungan yang ada di permukaan bumi yang genangi oleh air. Adanya cekungan dan air ini menunjukkan adanya wadah dan isi. Jika berbicara filsafat dalam persoalan danau bahwa cekungan adalah wadah dan air adalah isi. Matinya sebuah danau yakni ketika isi yang ada di dalamnya yakni air dan segala komponen yang lain tidak lagi memberikan manfaat bagi sekitarnya ataupun isi dari danau sudah tidak bisa dinikmati masyarakat seperti kotor, tercemar, sehingga dapat merugikan sekitar. Maka benar-benar mati orang yang tidak berpikir, terus belajar dan melakukan inovasi. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  26. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Salah satu hal yang kita manfaatkan dari danau adalah airnya. Air adalah isi, dan danau (yang berbentuk cekungan) adalah wadahnya. Idealnya wadah adalah isi. Idealnya isi adalah wadah. Apabila isinya sudah tidak ada, dalam hal ini dikatakan mengering, maka dapat dikatakan telah terjadi suatu disharmoni.

    ReplyDelete
  27. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ketika masih di Sekolah Dasar tentunya pernah belajar mengenai sumber air itu dari mana, salah satunya yaitu danau. Kita juga belajar apa saja manfaat dari danau, apa saja yang dapat hidup di sana, dan lain sebagainya. Jika diminta untuk menjelaskan kemungkinan dan karakteristik danau itu mati. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan danau menjadi mati, misalnya karena disebabkan kurangnya curah hujan, pengalihan fungsi danau yang dijadikan tempat pembuangan limbah dan lain sebagainya. Sehingga munculah karakteristik danau yang dikatakan mati itu ketika, sudah tidak ada lagi kehidupan yang ada di danau tersebut, ikan-ikan sudah tidak bisa hidup dan berkembang di sana. Manusia sudah tidak bisa memanfaatkan air dan apapun dari danau tersebut. Tumbuhanpun mulai tidak tumbuh disekitar danau itu. Dan, lambat laun danau tersebut menjadi kering dan mati.

    Begitupun jika danau mati itu dianalogikan dengan manusia. Artinya manusia tersebut sudah tidak memiliki kebermanfaatannya untuk lingkungannya. Manusia tersebut sudah berubah tujuannya ke hal yang dahulunya tidak baik untuk dirinya. Manusia yang tidak bisa menjaga dan mengembangkan apa yang ada pada dirinya dengan baik. Hingga seiring berjalannya waktu manusia tersebut akan kehilangan apa sebenarnya tujuannya dalam hidup ini. Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat yang kurang baik dan dapat mematikan pikiran dan hati kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  28. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Danau merupakan suatu genangan air yang luas dan dalam, disekitarnya tumbuh berbagai tanaman dan pohon, banyak binatang-binatang datang ke danau tersebut untuk minum, di dalam dnau terdapat pula banyak ikan dan udang yang hidup dan manusia pun memanfaatkan danau tersebut untuk menunjang kehidupan dan kesejahteraannya. Akan tetapi semakin lama danau tersebut airnya semakin berkurang dan akhirnya danau itu kering dan manfaatnya pun habis. Tidak ada yang abadi di dalam dunia ini, jika suatu sumber daya alam dieksploitasi manfaatnya tanpa ada upaya untuk merawat dan mengembangkan sumber daya alam maka manfaatnya pun semakin lama akan semakin hilang demikian juga dengan manusia, manusia selain menggali diri perlu juga untuk merawat diri yaitu dengan senantiasa mengingat Tuhan, senantianya bersyukur dan memohon ampun kepada-Nya.

    ReplyDelete
  29. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Berikut deskripsi saya mengenai matainya sebuah danau. Seperti yang kita kehui bersama bahwa danau itu berfungsi untuk menampung jumlah air yang banyak sekali jumlahnya didapat dari beberapa aliran sungai dan juga dialirkan kebeberapa tempat pula. Danau ini apabila berisi air maka ia akan bermanfaat untuk makhluk yang ada disekitarnya. Sebagai sarana perairan pertanian yang ada disekitarnya, kemudian ia juga sebagai sumber kehidupan makhluk hewan misalnya, bahkan untuk manusia sekalipun, sehingga secara garis besar ia bermanfaat. Namun, bagaimana jika danau itu mati? Ia tak lagi menghasilkan kehidupan bagi makhluk disekitarnya. Airnya kering, ataupun kalaupun ada airnya tak lagi bermanfaat bahkan beracun. Tak dialiri air dari sungai ataupun aliran sungai yang menuju danau tersebut pun beracun, maka ia tak sama sekali memberi manfaat untuk kehidupan makhluk sekitarnya. Filsafat berkaitan dengan danau ini sejatinya juga sama dengan diri kita masing-masing jangan sampai diri kita ini mati, tidak bermanfaat bagi orang lain. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan oleh Allah agar dapat bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  30. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Danau merupakan sebuah wadah, dimana dalam wadah pasti ada isinya. Wadah dikatakan mati/tidak berfungsi lagi ketika isinya sudah tidak ada. Karena kalau isinya tidak ada, maka sebuah wadah tersebut juga tidak ada. Disini danau diibaratkan sebuah wadah, dan isinya yaitu ikan, air, tumbuhan dalam air, dll. Maka danau dikatakan mati ketika ikan, air, tumbuhan dalam air juga tidak berfungsi atau bahkan mati/tidak ada.

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Danau dalam arti sebenarnya merupakan cekungan dari bagian permukaan bumi yang digenangi air yang sangat luas. Kebanyakan air yang ada di danau merupakan air yang bersih. Matinya sebuah danau berarti danau yang menjadi kering, tidak ada airnya. Jika dikaitkan dengan filsafat, danau bisa diibaratkan sebagai hati yang jernih yang terbebas dari godaan setan. Sedangkan danau yang mati ialah hati yang sudah kering, yaitu hati yang sudah kehilangan keernihannya bahkan tergantikan oleh hal-hal negatif. Keadaan tersebut sangat berbahaya karena akan menimpulkan hal-hal buruk. Oleh karena itu, kita harus menjaga kejernihan hati dengan senantiasa meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  32. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Danau adalah tempat berkumpulnya air dalam jumlah yang besar di tengah-tengah daratan. Danau dapat tercipta dari berbagi kemungkinan, bisa jadi danau alami atau danau buatan. Danau dapat di pandang sebagai suatu ekosistem yaitu tempat hidupnya banyak mahluk hidup. Matinya danau adalah keadaan dimana danau itu kehilangan isinya, baik itu air, ataupun mahluk yang ada di dalam dan sekitarnya. Penyebab matinya sebuah danau bisa berbagai macam, bisa secara alami maupun ulah manusia. danau adalah salah satu indikator sehatnya alam, apabila danau sehat berarti alam sehat, bila danau mulai sakit dan mulai kehilangan penghuninya berarti alam pun mulai sakit. Apa bila danau mati berarti ada perubahan besar terhadap alam. Perubahan alam walaupun kecil dapat menyababkan dapak yang besar dan dapat berakibat pada bencana yang sangat besar.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  33. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Danau dapat diibaatkan sebuah tempat kehidupan manusia atau bisa dikatakan suatu negara. Suatu negara dikatakan mati atau tidak berkembang seperti halnya danau yang mati, tidak adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan maupun hewan laut baik ikan maupun jenis yang lainnya. Begitupun suatu negara, negara yang mati bisa jadi penduduknya mati. Mati yang dimaksud bisa mati secara fisik maupun jiwa dan hatinya. Jika penduduk suatu negara dihuni oleh orang-orang yang mati hatinya, mak lama kelamaan suasananya akan keruh, kacau, penuh dengan adu domba dan banyak menimbulkan perselisihan diantara manusia yang satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  34. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Danau dikatakan mati atau mengering karena tidak adanya air. Air merupakan hal yang penting yang dibutuhkan semua makhluk hidup di dunia ini. Tetapi air tidak ada artinya jika tidak ada wadahnya. Salah satunya adalah danau sebagai wadah dari air. Karena mengandung air yang sangat melimpah, danau menjadi salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya. Maka ketika danau itu mati, kehidupan makhluk di sekitarnya juga akan terganggu. Mati atau mengeringnya sebuah danau, berarti telah kehilangan isinya. Sama halnya apabila danau diibaratkan sebagai hati manusia. Hati manusia yang telah dirasuki oleh rasa kesombongan dan perasaan-perasaan buruk lainnya lama kelamaan hati tersebut bisa mati dan mengering. Supaya hati manusia tidak menjadi mati maka kita perlu mengaliri hati dengan selalu ingat kepada Tuhan dan melakukan sifat-sifat yang baik.

    ReplyDelete
  35. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Danau dikatakan mati atau mengering karena tidak adanya air. Air merupakan hal yang penting yang dibutuhkan semua makhluk hidup di dunia ini. Tetapi air tidak ada artinya jika tidak ada wadahnya. Salah satunya adalah danau sebagai wadah dari air. Karena mengandung air yang sangat melimpah, danau menjadi salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya. Maka ketika danau itu mati, kehidupan makhluk di sekitarnya juga akan terganggu. Mati atau mengeringnya sebuah danau, berarti telah kehilangan isinya. Sama halnya apabila danau diibaratkan sebagai hati manusia. Hati manusia yang telah dirasuki oleh rasa kesombongan dan perasaan-perasaan buruk lainnya lama kelamaan hati tersebut bisa mati dan mengering. Supaya hati manusia tidak menjadi mati maka kita perlu mengaliri hati dengan selalu ingat kepada Tuhan dan melakukan sifat-sifat yang baik.

    ReplyDelete
  36. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matinya sebuah danau berarti tidak adanya lagi kehidupan atau ekosistem dari danau itu sendiri. Danau bisa dikatakan suatu tempat di permukaan bumi yang berbentuk cekungan atau lengkungan yang berisi air. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air. Air sendiri adalah sumber kehidupan makhluk hidup. Jika danau mati maka tidak ada air dalam danau tersebut sehingga menganggu kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

    ReplyDelete
  37. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Matinya sebuah danau berarti tidak adanya lagi kehidupan atau ekosistem dari danau itu sendiri. Danau bisa dikatakan suatu tempat di permukaan bumi yang berbentuk cekungan atau lengkungan yang berisi air. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air. Air sendiri adalah sumber kehidupan makhluk hidup. Jika danau mati maka tidak ada air dalam danau tersebut sehingga menganggu kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

    ReplyDelete
  38. Anisa Safitri
    PEP B 2017
    17701251038

    Air menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia dan makhluk hidup lainnya. Laut, danau, sungai adalah tempat-tempat dimana air itu berada. Banyak ekosistem air maupun daratan yang bergantung pada air itu, seperti ikan, tumbuhan air, tumbuhan di darat pun memerlukan air untuk hidup dan berfotosintesis. Habisnya air dalam danau maupun lautan maka habis pula ekosistem di sekitarnya. Seperti halnya manusia. Manusia memiliki kepercayaan masing-masing. Kepercayaan atau agama menjadi kunci dalam hidup. Apabila manusia menjalankan tuntunan agama dengan baik, maka akan baik pula dirinya. Jika menjauhi atau tidak menjalankan tuntunan agama dengan baik, maka diri ini akan senantiasa diliputi rasa cemas, tidak tenang, dan ketakutan. Oleh karenanya agama menjadi aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Manusia harus senantiasa menghidupkan ruhaninya dengan tidak berhenti belajar agama (shalat, mengaji), berbuat baik pada sesama, sehingga ruhani ini akan bersih dan tercermin dalam perilaku baik yang peduli dengan sesama.

    ReplyDelete
  39. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Danau merupakan salah satu sumber air. Dan air merupakan salah satu sumber kehidupan. Matinya danau berarti karena keringnya mata air. Danau ibarat hati kita. Air yang ada di danau ibarat nurani kita. Ketika nurani kita habis, maka hati kita akan kering, retak-retak, dan mati. Habisnya nurani kita tidak hanya merusak hati kita tetapi juga semua yang ada di sekitarnya sebagaimana ketika danau mati maka kehidupan di sekitar danau juga akan mati. Ketika hati kita mati maka kita akan menyebabkan kerusakan di sekitar kita. Karena itulah kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar hati kita senantiasa terisi dengan nurani dan keikhlasan, agar kita tidak menyebabkan kerusakan di muka bumi.

    ReplyDelete
  40. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Danau identik dengan pemenuhan kebutuhan hidup bagi warga sekitarnya. Danau memiliki manfaat yang banyak sekali dan merupakan sumber kehidupan yang cukup vital bagi manusia. Matinya sebuah danau bagaikan hilangnya satu sumber kehidupan manusia. Apabila satu aspek kehidupan hilang maka bisa hilang keseimbangan ekosistem kehidupan. Manusia perlu menjaga interaksi dengan lingkungannya agar terjadi sebuah harmoni.

    ReplyDelete
  41. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Menurut saya istilah matinya sebuah danau, mempunyai makna terjebaknya manusia dalam mitos-mitos yang ada. Karena danau merupakan tempat yang harusnya dipenuhi dengan air, jika ia mati maka berarti ia mengering. Sehingga jika seseorang telah terkena mitos dan ia tidak mengalami kontradiksi maka ia dapat diibaratkan sebagai sebuah danau yang mati.

    Demikian, terimakasih

    ReplyDelete
  42. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya danau yang mati adalah danau yang sudah tidak lagi memberi manfaat sebagaimana mestinya. Dimana danau merupakan habitat dari hewan dan tumbuhan air, namun meski danau tersebut berisi air, air dari danau tersebut tidak mmberikan penghidupan. Menurut perspektif saya, hal ini identik dengan manusia berilmu yang tidak mau berbagi ilmunya, dimana ilmu yang dia miliki tidak memberi manfaat untuk orang lain, maupun untuk dirinya sendiri. Air dari danau merupakan gambaran dari ilmu, dan makhluk yang hidup di danau itu merupajkan gambaran dari kebermanfaatan dari ilmu yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  43. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Menurut persepsi saya, danau merupakan perjalanan hidup manusia. Tentu danau terjadi tidak melalui proses yang instant, butuh waktu yang lama agar suatu genangan menjadi danau. Yang menarik adalah, danau semakin banyak berisi volume air maka biasanya semakin keruh. Maka, jika kita analogikan dengan kehidupan, bahwa kita hidup di dunia ini tidak lepas dari kesalahan dan dosa-dosa, oleh karenanya kita membutuhkan waktu untuk menyelam melihat seberapa bening mata air (hati) kita.

    ReplyDelete
  44. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Menurut saya, danau akan mati jika ia sudah tidak dapat memberi manfaat pada lingkungan dan makhluk-makhluk disekitarnya. Mungkin danau itu tenang, luas, terlihat bersih, dengan air yang melimpah, tapi bisa saja ia penuh dengan lumpur beracun didasarnya, penuh dengan polutan yang membahayakan. Jika diibaratkan manusia, manusia yang sudah tidak mejaga dan memberikan manfaat bagi lingkungannya.

    ReplyDelete
  45. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Danau dianggap sebagai salah satu sumber kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Danau bisa mati karena faktor alam namun bisa juga karena perilaku manusia yang tidak menjaga kelestarian alam. Matinya sebuah danau bisa berarti bahwa manusia tidak menjaga lingkungannya dan berbuat semaunya terhadap alam. Hubungan antara manusia dengan lingkungannya dikatakan sebagai suatu disharmoni atau ketidakharmonisan.

    ReplyDelete
  46. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Mendengar kata danau tentunya yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah cekungan di bumi yang menampung air. Jika kita bayangkan, kedua unsur ini seperti wadah dengan isinya. Seperti yang kita ketahui bahwa air adalah sumber penting untuk manusia melangsungkan kehidupannya di bumi. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air.

    ReplyDelete
  47. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Danau identik dengan pemenuhan kebutuhan hidup bagi warga sekitarnya. Danau memiliki manfaat yang banyak sekali dan merupakan sumber kehidupan yang cukup vital bagi manusia. Matinya sebuah danau bagaikan hilangnya satu sumber kehidupan manusia. Apabila satu aspek kehidupan hilang maka bisa hilang keseimbangan ekosistem kehidupan. Manusia perlu menjaga interaksi dengan lingkungannya agar terjadi sebuah harmoni.

    ReplyDelete
  48. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Danau memiliki manfaat vital bagi kehidupan. Matinya sebuah danau adalah ketika danau yang tadinya memberi manfaat tidak mampu lagi memberi manfaat bagi manusia. Jika dianalogikan dalam suatu kondisi, bahwa danau adalah guru. Maka matinya danau ibarat matinya kemampuan guru yang tadinya mampu memberikan manfaat bagi siswa dan lingkungannya lewat pembelajaran.

    ReplyDelete
  49. Junianto
    PM C
    17709251065

    Danau meskipun airnya sangat banyak dan melimpah tapi bukan tidak mungkin danau tersebut bisa mengering atau mati. Hal ini bisa dianalogikan sebagai seorang yang berilmu lama kelamaan ia akan mati dalam arti ilmunya menjadi hilang karena tidak pernah digunakan dan tidak pernah belajar lagi. Orang yang berilmu menganggap dirinya belum cukup ilmu sehingga ia terus belajar dan belajar. ilmu itu harus selalu diulang-ulang salah satunya dengan cara dipergunakan misal untuk mengajari orang lain, melakukan riset dan menemukan ilmu baru, dll.

    ReplyDelete
  50. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Dalam dunia geografi, danau merupakan salah satu tempat berkumpulnya air, selain laut. Danau merupakan salah satu tujuan atau tempat berhentinya air yang mengalir, juga merupakan tempat berkumpulnya air hujan. Danau yang mati adalah danau yang tidak bisa memberikan kemanfaatan untuk sekitarnya. Padahal ia memiliki potensi yang besar. Misalnya, danau memiliki air yang bisa menyuburkan tanah di sekelilingnya, namun ternyata ia tidak bisa menyuburkan tanah di sekitarnya. Maka semua yang memiliki potensi besar namun tidak memberikan manfaat bagi sekelilingnya merupakan danau yang mati. Orang yang memiliki banyak ilmu, namun ternyata ilmunya tidak memberikan manfaat untuk sekitarnya ia bisa dikatakan sebagai danau yang mati

    ReplyDelete
  51. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Matinya sebuah danau adalah saat danau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Seperti halnya matinya manusia adalah di saat ia tidak mampu berpikir atau bertanya lagi. Danau dapat menembus ruang dan waktu apabila ia terisi air dan beriak sebagai tempat tinggal makhluk hidup, sumber air, sumber listrik, dan beberapa manfaat lainnya untuk keberlangsungan ekosistem. Namun apabila unsur penting darinya yaitu air telah tiada maka sama halnya dengan manusia yang tidak dapat berpkir lagi.

    ReplyDelete
  52. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Misalnya kita bawa pada konteks pendidikan. Pada dasarnya pendekatan saintifik mencoba mengkonstruk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Misalkan danau ini diibaratkan sebagai kompetensi yang dicapai. Ada kemungkinan kompetensi yang ingin dicapai ini luas dan dalam atau bahkan tidak tercapai sama sekali (mati). Dalam dan luas atau bahkan matinya kompetensi yang ingin dicapai melalui saintifik ini tergantung pada kemahiran guru sebagai subjek pembelajaran dalam menerapkan langkah-langkah saintifik tersebut. Bila guru salah atau kurang bisa mengelolah tahapannya, bisa saja menimbulkan turunnya motivasi belajar anak akibat kejenihan sehingga kompetensi yang diharapkan tidak tercapai.

    ReplyDelete

  53. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Mendengar kata danau tentunya yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah cekungan di bumi yang menampung air. Jika kita bayangkan, kedua unsur ini seperti wadah dengan isinya. Sperti yang kita ketahui bahwa air adalah sumber penting untuk manusia melangsungkan kehidupannya di bumi. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air. Dalam kehidupan sehari-hari artiya sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya namun tidak bisa lagi diharapkan, bisa matinya hati yang bersih atau matinya mendalami hakekat ilmu sehingga terjebak pada mitos.

    ReplyDelete
  54. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matinya sebuah danau yaitu saat airnya mulai tercemar sehingga ikan-ikan di sana tidak dapat bergerak di tengah air bersih. Secara perlahan ikan-ikan dan makhluk hidup di sana akan mati. Hal ini mengibaratkan sebuah keadaan yang mematikan kreativitas guru. Dimana guru mengajar dengan kaku sesuai dengan tuntutan kurikulum namun tidak memperhatikan kebutuhan siswa. Padahal sebenar-benar yang dibutuhkan siswa adalah kreativitas guru. Hal ini tentu juga akan membawa dampak buruk bagi para siswa.

    ReplyDelete
  55. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Danau yang mati digambarkan dengan banyaknya zat-zat racun di dalamnya, air telah berubah warna dan bau, tumbuhan yang hidup di sekeliling pun telah mengering, tiada kehidupan di dalamnya, jangankan ikan, plankton saja sudah tidak hidup di dalamnya. Jika hal ini dianalogikan dalam kehidupan manusia, maka danau dianggap sebagai ekosistem dalam kehidupan dunia ini. Jika keseimbangan dalam ekosistem hilang, termasuk banyak perusak dari luar yang meracuni ekosistem tersebut, maka dia telah merusak seluruh hal di dalam nya baik kehidupan mahluk hidup dan benda mati di dalamnya. Pengaruhbesarnya lagi sedikit saja kerusakan yang terjadi akan berdampak pada rusaknya rangkaian yang lain karena semua hal di dunia ini saling terkait.

    ReplyDelete
  56. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pendekatan saintifik dalam pembelajaran dicirikan dengan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Kelima hal itu harus ada dalam pembelajaran. Berkaitan dengan danau yang mati, diibaratkan danau yang mati itu adalah tidak adanya interaksi yang relevan antara guru dan murid sehingga 5 ciri diatas tidak terpenuhi. Kalau danau mati maka ekosistem di dalamnya akan terpengaruh bahkan musnah. Jika di pembelajaran maka kreatifitas, inovasi, dan ide-ide siswa akan mati karena tidak mendapat tempat untuk di ekspresikan. Jadi jangan sampai danau mati, mari pelihara danau dalam kaitan proses pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete