Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 5: Matinya Sebuah Danau




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Buatlah diskripsi singkat, dengan pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik Matinya Sebuah Danau.

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

37 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Danau diartikan sebagai hati nurani.
    Ada begitu banyak hal yang bisa kita amati dalam kehidupan manusia yang berkaitan dengan hati nurani. Salah satu contohnya adalah; saat manusia harus mengambil keputusan dalam bertindak. Manusia tentu tidak hanya bisa menggunakan pikiran saja tetapi mempertimbangkan keputusan tersebut sesuai dengan hati nurani. Sehingga muncul pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana manusia bisa menempatkan hati nuraninya untuk mengambil sebuah keputusan. Manusia pun mencoba melakukan ini dan itu demi memenuhi kebutuhan hidupnya,sehingga ada hal-hal yang sesuai, berbeda dan berlawanan dengan hati nurani. Dalam melakukan ini dan itu manusia mulai menalar dan memprediksikan bahwa ada hal bersifat positif dan ada juga hal yang bersifat negatif jika keputusan itu diambil. Hal bersifat negatif inilah yang menandakan matinya suara hati (danau) dalam memilah dan menentukan keputusan. Hal ini berarti tidak sejalan dengan kehendak nurani kita. Dengan demikian, manusia hendaknya tidak hanya mengandalkan diri sendiri untuk memahami maksud hati nuraninya tetapi manusia juga perlu mengkomunikasikan apa yang dialami hatinya kepada Tuhan dengan berdoa dan menyerahkan segala sesuatu pada kehendak Tuhan yang Maha Esa.
    Demikian deskripsi singkat saya, jika ada kesalahan saya mohon maaf.

    ReplyDelete
  2. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Danau diibaratkan sebagai wadah. Air danau diibaratkan sebagai isi. Danau bisa saja mati disebabkan oleh gangguan ekosistem, bisa karena kotor, tidak dirawat, dsb. Wadah dan isi merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Manusia mempunyai wadah dan isi sekaligus. Wadahnya adalah status, kedudukan, tugas, tanggungjawab, amanah. Isinya adalah rasa syukur, senang, motivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Jika manusia dengan status dan kedudukannya diisi dengan rasa dengki, iri, egois, dsb, dia diibaratkan seperti danau yang mati. Jadi dalam hidup, kita sebagai manusia sudah seharusnya tidak hanya mempunyai wadah atau isi yang baik saja, namun kita harus berusaha mempunyai keduanya, wadah sekaligus isi yang baik.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya, danau disini dapat diumpamakan sebagai hati nurani manusia. Jadi, matinya sebuah danau merupakan hati nurani manusia yang telah tunduk oleh keserakahan dan kesombongan diri. Kesombongan menyebabkan seseorang menolak kebenaran dan melecehkan orang lain. Sehingga, seseorang yang sudah mati hati nurani nya mengakibatkan mungkin saja ia mengerti dan tahu akan kebenaran, namun kadang ego pembenaran diri menjadi tinggi dan mengalahkan kebenaran itu sendiri. Kesombongan ini lah yang dapat menyebabkan manusia mati. Mati disini dalam arti seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Mati bisa berarti tidak dapat melihat kebenaran, mati bisa berarti gagal, mati bisa berarti tidak sadar, mati bisa berarti tidak tepat, mati bisa berarti salah ruang, mati bisa berarti salah waktu, mati bisa berarti dosa, mati bisa berarti panasnya api neraka. Agar kita terhindar dari kesombongan, maka kita harus membangun dunia pikiran yang berlandaskan hati. Selain itu, kita harus ikhlas dan disertai dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    manusia menurut saya merupakan analogi dari sebuah hati atau perasaan. Danau merupakan sekumpulan air yang dalam dan tenang. Isi danau dapat berupa air yang bersih ataupun keruh, tergantung pada jenisnya. Danau mati, dikenal sebagai danau yang sifat aslinya asam dan tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan di dalamnya. Diibaratkan seperti itu, maka hati manusia yang telah mati adalah hati dimana tidak ada secercah harapan, semangat dan masa depan yang dapat bernaung di dalamnya. Matinya sebuah danau menandakan awal dari rusaknya jiwa seseorang. Jika jiwa seseorang telah rusak atau mati, maka kedepannya kehidupannya akan menjadi tidak teratur bahkan mungkin menuju pada akhir yang tidak diharapkan.

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pembelajaran merupakan sebuah proses yang tidak bisa kita paksakan, karena sebuah proses tentu membutuhkan waktu yang lama. Namun masih banyak pembelajaran yang dilakukan oleh guru disekolah selalu terfokus pada hasil yang mengakibatkan guru banyak yang tergesa-gesa ataupun memaksakan kehendaknya kepada siswa agar siswa tersebut bisa. Jika hal ini sering terajadi dalam dunia pendidikan maka akan mematikan bakat, karakter peserta didik. Karena mereka dipaksa untuk memakan yang mereka tidak suka yang pada akhirnya mereka akan muak dan bosan. Maka matinya sebuah danau bisa kita aplikasikan dalam dunia pendidikan yakni dengan memaksakan kehendak guru kepada siswa yang mengakibatkan matinya karakter, bakat, minat dan cita-cita seorang siswa. Jika karakter, bakat, minat dan cita-cita seorang siswa sudah banyak yang mati maka akan mengakibatkan kemuduran pendidikan sebuah negara dan yang lebih extrimnya adalah kehancuran sebuah negara atau sebuah negara itu akan dijajah dari segala penjuru. Maka sudah seyogyanya pendidikan bukanlah sesuatu yang harus dipaksakan, namun pendidikan adalah sebuah jalan untuk mencapai cita-cita. Sehingga yang namanya jalan tidak satu, atau dengan istlah lain “ tidak satu jalan ke Roma”. Maka kalau siswa tersebut tidak bisa dibidang matematika maka jangan dipaksakan, karena boleh jadi dibidang yang lain dia handal, maka tugas gurulah yang memfasilitasi dan memberikan dorongan kepada siswa untuk mencapai apa yang di cita-citakannya.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Danau itu identik dengan tenang permukaannya, tapi tidak ada yang tahu bagaimana isi dalamn adanau tersebut. sama halnya seperti hati, mungkin dari luar kita nampak tenang tapi tidak ada yang tahu bagaimana hati kita. jadi, pandai-pandai dalam menjaga hati, karena jika hati sudah mati maka tindkan dan pikiran kita hanya akan berdampak negatif bagi kehidupan kita. karena itu, tingkatkan keimanan kita dengan selalu beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Mendengar kata danau tentunya yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah cekungan di bumi yang menampung air. Jika kita bayangkan, kedua unsur ini seperti wadah dengan isinya. Sperti yang kita ketahui bahwa air adalah sumber penting untuk manusia melangsungkan kehidupannya di bumi. Maka matinya sebuah danau dapat dideskripsikan sebagai danau yang tidak lagi menjalankan fungsinya, yaitu danau yang tidak lagi menampung air.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam kehidupan sehari-hari artiya sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya namun tidak bisa lagi diharapkan, bisa matinya hati yang bersih atau matinya mendalami hakekat ilmu sehingga terjebak pada mitos.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh sejumlah air dimana seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Diibaratkan hati sebagai danau, iman dan takwa sebagai air, pengaruh buruk sebagai suhu ekstrem. Air di danau akan semakin menyusut akibat suhu ekstrim sebagai salah satu penyebabnya. Lama-lama menjadikan danau itu mengering dan akhirnya mati. Iman dan takwa di dalam hati semakin menyusut akibat terpengaruh dan tergerus oleh arus zaman yang tidak membawa pada kebaikan dunia akhirat dan hingga hilang iman dan takwa ibarat hati yang mati.

    ReplyDelete
  11. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pendangkalan danau merupakan fenomena yang dapat menyebabkan kematian sebuah danau. Pendangkalan danau dimulai dengan menyusutnya morfometri danau. Pengurangan kedalaman dan luas penampang basah danau penyusutan. Ada begitu banyak hal yang dapat memicu danau endapan ini. Salah satu penyebab adalah erosi sedimentasi tinggi bahan deposisi oleh sungai yang mengalir ke danau. Jumlah erosi material dapat dipicu oleh banyak erosi yang ada di daerah tangkapan air hujan. Peningkatan erosi dapat disebabkan oleh tutupan lahan atau vegetasi yang telah mengurangi pengolahan lahan yang kurang tepat. Secara umum, peningkatan kejadian erosi dan terusannya adalah tekanan penduduk atas tanah.

    ReplyDelete
  12. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Menurut saya, danau akan mati jika ia sudah tidak dapat memberi manfaat pada lingkungan dan makhluk-makhluk disekitarnya. Mungkin danau itu tenang, luas, terlihat bersih, dengan air yang melimpah, tapi bisa saja ia penuh dengan lumpur beracun didasarnya, penuh dengan polutan yang membahayakan. Jika diibaratkan manusia, manusia yang sudah tidak mejaga dan memberikan manfaat bagi lingkungannya.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Danau bisa diibaratkan sebagai wadah dan isinya, sebagaimana dalam kehidupan manusia yang tidak cukup hanya berperan sebagai wadah saja atau sebagai isi saja. Sebaiknya untuk menjadikan kehidupan kita seimbang, maka kita seharusnya bisa berperan sebagai keduanya baik wadah maupun isi. Dalam pembelajaran saintifik, pembelajaran yang memilii proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkomunikasi memang haruslah berjalan secara berdampingan dan saling mendukung dalam satu kegiatan pembelajaran. Karena semua itu hal yang disusun yang memiliki tujuan yang baik dalam membentuk siswa kita.

    ReplyDelete
  14. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Danau merupakan wilayah perairan yang berupa cekungan dan dikelilingi oleh daratan. Danau yang hidup apabila terdapat berbagai kehidupan di dalamnya.
    Sama halnya ketika kita menjaga segala tatanan yang ada di dalam danau, maka danaupun akan menjadi hidup, sebaliknya apabila kita merusak dan menghancurkan tatanan yang ada pada danau tersebut, maka danaupun akan mati.

    ReplyDelete
  15. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Perumpamaan matinya sebuah danau ini mengibaratkan hati yang jauh dari hal baik. Matinya danau itu ditandai dengan kekeringan akan danau tersebut. Sama dengan prihal hati, hati bisa saja kering dari kebaikan. Orang yang demikian tidak berhati nurani. Tentunya ia akan tidak merasa sensitif terhadap segala kejadian yang menimpa dirinya atau menimpa orang lain. Sehingga menyebabkan seseorang tidak peduli dengan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Danau memiliki beraneka manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranyaa sebagai sumber air minum, sebagai sumber irigasi, untuk pencegahan dan pengendalian banjir, untuk perikanan darat dan untuk rekreasi dan sarana olahraga.
    Matinya sebuah danau adalah ketika danau yang tadinya memberi manfaat tidak mampu lagi memberi manfaat bagi manusia. jika di analogikan dalam suatu kondisi, bahwa danau adalah guru. Maka matinya danau ibarat matinya kemampuan guru yang tadinya mampu memberikan manfaat bagi siswa dan lingkungannya lewat pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Matinya sebuah danau menurut saya adalah matinya kemauan seseorang untuk berusaha. Danau sebagai wadah dari air yaitu pikiran seseorang dan airnya sebagai usaha. Seseorang yang sudah tidak mempunyai pikiran dan keinginan untuk berusaha maka tidak akan mencapai berbagai pencapaian dalam hidupnya dan hidupnya tidak akan maju. Ketika seseorang sudah tidak mau berusaha maka tidak akan ada ilmu yang bertambah dan segala hal dalam hidupnya tidak akan maju, itu sama artinya dengan mati. Matinya seseorang karena tidak ada kemauan untuk berusaha.

    ReplyDelete
  18. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Danau dapat diartikan sebagai hati nurani. Saat danau tenang kita dapat melihat dengan jelas pantulan diri kita di danau. Namun saat angin bertiup dan air danau bergelojak, tidak ada pantulan apapun yang dapat kita lihat. Demikian juga dengan hati manusia. Saat hati tenang, ada banyak hal yang terlihat. Masalah yang besar pun dapat diselesaikan dengan baik saat hati tenang. Namun, saat hati gelisah, hal ang sepele pun dapat menjadi besar dan akhirnya malah akan merugikan. Selain itu, dengan hati yang tenang, kita pun bisa lebih jujur dalam merefleksikan diri kita.

    ReplyDelete
  19. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Bagaimana jika danau mati? Dalam sejarah, ada sebuah danau yang mati (laut mati). Jika kita membaca artikel atau berita tentang danau ini, tidak ada kehidupan di dalamnya. Jika dianalogikan, saat hati nurani kita mati, hati kita akan kosong, tidak ada kehidupan dan yang tersisa adalah kita terjerumus dalam jerat iblis dengan cepat. Dengan demikian, kita harus selalu menjaga hati kita.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut saya ini berkaitan dengan penerapan metode saintifik untuk semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Pada awal perkembangannya metode saintifk ini berawal dari suatu struktur dari Auguste Comte yang menempatkan saintifik diantara agama dan positivisme, dengan kata lain agama yang lebih menenkankan pada pembentukan perilaku yang baik kalah posisi dari metode saintifik yang lebih menekankan pada cara berpikir ilmiah, padahal tidak selamanya pikiran dapat menggapai agama. Dalam Penerapan metode saintifik tentunya harus mempertimbangkan setiap karakteristik setiap mata pelajaran, apakah cocok untuk diterapkan pada setiap mata pelajaran atau tidak. Selain itu penerapan metode saintifik harus juga melihat esensi pembentukan karakter siswa apakah dengan penerapan saintifik ini karakter siswa dapat terbentuk sebagaimana mestinya atau hanya malah membuat karakter siswa menjadi bobrok.

    ReplyDelete
  21. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Danau disini dapat dianalogikan dengan hati manusia. Hati manusia yang telah mati termakan kebencian, kejahatan, dan hal buruk lainnya. Hati manusia yang telah mati ini perlu dibangkitkan kembali melalui perubahan pola pikir menjadi lebih positif, ikhlas hati dan pikiran. Pupuki hati kita dengan hal-hal yang baik agar hati tetap tumbuh dalam kesuburan.

    ReplyDelete
  22. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Matinya sebuah danau dalam kehidupan sehari-hari dapat diartikan dengan sesuatu yang diharapkan untuk kehidupan selanjutnya namun tidak bisa lagi diharapkan seperti danau yang menjadi sumber kehidupan bagi banyak makhluk hidup tidak bisa digunakan lagi. misalnya matinya hati yang bersih atau matinya mendalami hakekat ilmu sehingga terjebak pada mitos, hal ini bahkan lebih berbahaya daripada matinya hal-hal lain yang bersifat materi.

    ReplyDelete

  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Danau dapat kita ibaratkan sebuah otak manusia dan isisnya dalah adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang kita pelajari sebagai air. Sehingga dengan begitu kita akan tahu batapanya pentingnya sustu ilmu pengetahuan. hal itu juga terjadi jika kita berada di danau, kita bayangkan danau yang begitu tenanag padahal danau itu sebenarnya tidak tenanag akan tetapai seperti dalam pikiran kita kita berdiam diri bukan berarati kita berdiam akan tetapi kita berpikir juga.

    ReplyDelete
  24. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Seorang guru adalah sosok yang menjadi tokoh bagi siswa untuk dicontoh dan ditiru, jika kemampuan guru untuk hal tersebut sudah tidak ada lagi maka apa yang bisa dharapkan oleh siswa dari seorang guru. Olehnya itu sebagai calon pendidik sekiranya mempersiapkan diri agar jadi panutan bagi siswa dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mematikan kemampuan dalam diri kita dengan jalan selalu belajar dan senantiasa menunjung tinggi sopan santun terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  25. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut saya, tentang matinya sebuah danau dalam hubungannya dengan pendekatan scientific adalah matinya suatu wadah. Dengan adanya kurikulum dengan pendekatan scientific, disini bisa membunuh karakter siswa. Karena wadah yang harus diisi oleh siswa, telah tak berfungsi lagi. Wadah dapat berarti menampung, jadi matinya sebuah danau oleh pendekatan saintific bisa sangat mungkin, karena matinya danau diawali dengan pendangkalan dan matinya ikan-ikan. Ini sama hal nya pendekatan saintific yang bisa saja membuat proses berpikir siswa menjadi dangkal karena adanya sintaks pemikiran yang ditetapkan dan juga mati nya ikan dimaksd kan sebagai matinya kreatifitas siswa untuk dapat berenang kesana kesini di dalam wadah danau.

    ReplyDelete
  26. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Menurut saya “Matinya sebuah danau” mempunyai makna matinya motivasi, keaktifan, keinginan dan intuisi siswa untuk belajar. Hal yang dapat mempengaruhi ini adalah salah satunya adalah minimnya kesediaan guru untuk benar-benar menjadi fasilitator bagi siswa, proses pembelajaran terasa kurang menyenangkan, kurang bermakna, dan kemungkinan siswa tidak paham apa yang sedang dipelajarainya. Pada pembelajaran matematika, biasanya siswa telah disediakan dengan matematika yang sudah jadi dengan menggunakan rumus dan hafalan saja. Mereka jarang yang diberi kesempatan untuk menemukan sebuah konsep dari materi ajar tersebut. Sehingga siswa jarang yang mendapat kesempatan untuk benar-benar mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Dengan demikian, sedikit sekali pengalaman-pengalaman siswa yang diperoleh untuk membangun intuisi.

    ReplyDelete
  27. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Danau merupakan sumber daya alam yang mempunyai banyak manfaat yaitu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari masyarakat disekitarnya, sebagai pembangkit listrik tenaga air, sarana irigasi, untuk memelihara ikan air tawar dan untuk sarana rekreasi. Jikadalam forum tanya jawab ini dinyatakan bahwa matinya sebuah danau artinya ialah danau tidak dapat dimanfaatkan untuk apapun dan hanya memiliki nama saja jika didaerah itu ada danau. Seperti perpustakaan yang mempunyai banyak manfaat karena terdapat banyak sumber pembelajaran yang berada di sekolah jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ini diibaratkan seperti matinya sebuah danau.

    ReplyDelete
  28. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tanda-tanda yang dapat diamati matinya sebuah danau secara langsung adalah mulai banyak ditemukan eceng gondok pada danau, permukaan danau yang mulai dangkal , mulai tercium bau yang tidak sedap.

    ReplyDelete
  29. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu enyebab utama matinya ekosistem danau diantaranya adalah terkontaminasi oleh limbah domestik. Salah satu contohnya adalah proses eutrofiaksi dimana dalam danau banyak terkandung nutrient pospat tinggi. Akibat dari eutrofiaksi ini adalah tumbuhnya eceng gondok yang banyak akibatnya kadar oksigen dalam danau rendah sehingga ekosistem danau tidak seimbang kemudia perlahan-perlahan mati

    ReplyDelete
  30. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Di perkotaan limbah danau berasal dari industri rumah tangga seperti sabun detergen dan sampah rumah tangga. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah kerjasama semua pihak lapisan masyarakat.

    ReplyDelete
  31. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Untuk mendeskripsikan matinya sebuah danau, saya menganalogikannya matinya sungai positif pada elegi yang berjudul Elegi Bendungan Komte dan Sungai Positive. Segala apapun yang ada di dalam danau tersebut termasuk danau juga di ibaratkan sebagai hasil dari usaha dari pikiran. Namun semua itu hanya akan menjadi sampah dan dapat dikatakan danau yang mati jika tidak diiringi oleh hati yang bersih.

    ReplyDelete
  32. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air. Ketika air mulai surut, maka lama kelamaan danau ini akan mati dan bukan menjadi sebuh danau lagi melainkan lahan kosong. Gambaran ini menurut saya sama halnya dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan tidak dikembangkan, maka pengetahuan yang dimiliki manusia lama kelamaan akan berkurang. Hingga kemudian pengetahuan ini akan mati. Dalam hal ini sama halnya pengetahuan kita akan mandheg atau berhenti.

    ReplyDelete
  33. Nurrita SAbrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ekosistem danau sangat penting bagi perkembangan plasma nutfah. Seperti yang diketahui bahwa plasma nutfah sendiri bermanfaat dalam yakni mempertahankan mutu dan sifat dari suatu organisme. Danau sendiri merupakan salah satu sumberplasma nutfah sehiingga jika terjadi kerusakan ekosistem danau maka perkembangan plasma nutfah juga akan terhambat karena salah satu ciri danau yang ekosistemnya mulai rusak yakni penetrasi cahaya matahari yang rendah padahal kita tahu bahwa cahaya matahari ini penting bagi tumbuhan air untuk melakukan fotosintesis.

    ReplyDelete
  34. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matinya sebuah danau dalam pendekatan saintifik dapat dianalogikan sebagai pemikiran siswa. Danau tersebut mati bilamana tidak pernah diisi oleh air, danau tersebut akan kering. Danau itupun akan mati bila tercemar oleh limbah. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator di dalam kelas yang seharusnya memfasilitasi agar siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri, malah mengajar dengan metode yang membuat kreatifitas siswa terbunuh. Sehingga tidak ada ilmu yang bisa didapatkan dari guru tersebut.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Danau itu merupakan benda mati. Namun jika kita membaca judul tersebut, maka kita kan memperoleh kesan bahwa seolah-olah danau tersebut hidup. Mungkin yang dikaksud dengan danau yang hidup adalah komponen-komponennya atau makhluk hidup penghuni danau tersebut, bisa hewan maupun tumbuhan. Danau yang mati berarti tidak ada kehidupan di dalamnya, hal ini terjadi apabila komponen-komponen yang menghidupkan danau tersebut juga mati. Seperti halnya dengan pendidikan. Iklim pendidikan yang hidup hanya jika komponen-komponen di dalamnya seperti pendidik, peserta didik, dan lain sebagainya berjalan sebagaimana mestinya. Tergesa-gesanya penerapan kurikulum baru menimbulkan polemik yang berkepanjangan, sehingga menimbulkan kesan kurikulum saintifik yang mati. Hal ini karena kurangnya persiapan sehingga komponen penyusun yang seharusnya bekerja di dalamnya tidak dapat melakukan pekerjaannya sehingga dikatakan mati.

    ReplyDelete
  36. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Untuk mendeskripsikan matinya sebuah danau, saya menganalogikannya matinya sungai positif pada elegi yang berjudul Elegi Bendungan Komte dan Sungai Positive. Segala apapun yang ada di dalam danau tersebut termasuk danau juga di ibaratkan sebagai hasil dari usaha dari pikiran. Namun semua itu hanya akan menjadi sampah dan dapat dikatakan danau yang mati jika tidak diiringi oleh hati yang bersih.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Danau adalah cekungan yang menampung air sebagaimana sebuah telaga. Hanya saja ukurannya lebih luas dan lebih dalam dari pada telaga. Sebagaimana telaga, danau dikatakan mati apabila sudah tidak ada airnya. Atau airnya sudah tidak dapat digunakan lagi. Matinya danau bisa disebabkan oleh ketidakmampuannya menahan air lagi. Bisa pula disebabkan pencemaran.

    ReplyDelete