Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 5: Matinya Sebuah Danau




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Buatlah diskripsi singkat, dengan pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik Matinya Sebuah Danau.

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

13 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Danau itu merupakan benda mati. Namun jika kita membaca judul tersebut, maka kita kan memperoleh kesan bahwa seolah-olah danau tersebut hidup. Mungkin yang dikaksud dengan danau yang hidup adalah komponen-komponennya atau makhluk hidup penghuni danau tersebut, bisa hewan maupun tumbuhan. Danau yang mati berarti tidak ada kehidupan di dalamnya, hal ini terjadi apabila komponen-komponen yang menghidupkan danau tersebut juga mati. Seperti halnya dengan pendidikan. Iklim pendidikan yang hidup hanya jika komponen-komponen di dalamnya seperti pendidik, peserta didik, dan lain sebagainya berjalan sebagaimana mestinya. Tergesa-gesanya penerapan kurikulum baru menimbulkan polemik yang berkepanjangan, sehingga menimbulkan kesan kurikulum saintifik yang mati. Hal ini karena kurangnya persiapan sehingga komponen penyusun yang seharusnya bekerja di dalamnya tidak dapat melakukan pekerjaannya sehingga dikatakan mati.

    ReplyDelete
  2. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16


    Untuk mendeskripsikan matinya sebuah danau, saya menganalogikannya matinya sungai positif pada elegi yang berjudul Elegi Bendungan Komte dan Sungai Positive. Segala apapun yang ada di dalam danau tersebut termasuk danau juga di ibaratkan sebagai hasil dari usaha dari pikiran. Namun semua itu hanya akan menjadi sampah dan dapat dikatakan danau yang mati jika tidak diiringi oleh hati yang bersih.

    ReplyDelete
  3. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Danau adalah cekungan yang menampung air sebagaimana sebuah telaga. Hanya saja ukurannya lebih luas dan lebih dalam dari pada telaga. Sebagaimana telaga, danau dikatakan mati apabila sudah tidak ada airnya. Atau airnya sudah tidak dapat digunakan lagi. Matinya danau bisa disebabkan oleh ketidakmampuannya menahan air lagi. Bisa pula disebabkan pencemaran.

    ReplyDelete
  4. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matinya sebuah danau menggambarkan suatu lingkungan di tengah disharmonisasi. Ikan-ikan tidak dapat bergerak dengan leluasa, susah bernafas karena air yang kian keruh. Matinya sebuah danau mengibaratkan manusia yang hidup lingkungan yang didominasi oleh orang-orang yang mengejar kesenangan dan kekuasaan dunia dengan cara yang tidak sehat. Mereka menggunakan kail bermata durja dalam melancarkan rencananya. Mereka terampil membangun pencitraan yang positif akan dirinya dalam mengelabuhi ikan-ikan sasarannya. Kerukunan, kedamaian, dan harmonisasi adalah sesuatu yang sulit ditemukan dalam danau yang sudah mati karena hati dan pimikiran penghuni bukan terkait hal-hal untuk mengembangkan dan menjaga harmonisasi lingkungan melainkan terkait bagaimana melancarkan aksinya tanpa mempertimbangkan kerugiaan orang lain.

    ReplyDelete
  5. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    sebuah danau bisa dikatakan mati jika tidak ada lagi kehidupan yang mendukung di dalamnya. airnnya sudah tercemar, ekosistem di dalamnya tidak lagi seimbang, yang semula terdapat ikan-ikan, tanaman yang terapung, air yang jernih, katak, lumut, cacing dan hewan-hewan lainnya di dalam ekosistem danau yang seharusnya. tapi jika yang tertinggal hanyalah lumut, airnya keruh dan kotor, penuh dengan bakteri, maka danau tersebut bisa dikatakan mati. sama halnya dengan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  6. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2
    Assalmu'alaikum Wr. Wb

    Karakteristik danau akan ditemukan jika di sekitar danau maupun didanau itu sendiri memiliki sumber kehidupan dan memberikan manfaat terhadap kehidupan disekitarnya, dan kematian yang dimaksud adalah mungkin keterbalikan dari penjelasan saya, dimnana danau tersebut sudah tidak dapat lagi menjadi sumber kehidupan didanau itu sendiri atau memberikan manfaat untuk kehidupan disekitarnya. dimana karakter itu akan ditemukan dan akan menjadi media publikasi orang-orang ketika orang tersebut telah menjadi kebutuhan dan manfaat.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Matinya sebuah danau". Danau yang mati adalah danau yang mengering, tidak ada air. Tidak ada kehidupan di dalamnya, ikan-ikan ikut mati, tumbuhan-tumbuhan ikut mati. Saya melihat jika ini adalah analogi. "Matinya sebuah danau" adalah keadaan di mana kita merasa puas dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Karena merasa puas, kita tidak lagi peduli dengan "hujan" yang senantiasa mencurahkan air-airnya. Ya, kita yang merasa puas, tidak pernah memperdulikan datangnya ilmu-ilmu baru, apalagi yang kontradiktif dengan teori yang kita yakini. Maka danau yang mati adalah ibarat pikir kita yang ikut mati. Maka ikan yang mati adalah keterampilan kita yang ikut mati bersama pikir kita tadi.

    ReplyDelete
  8. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya percaya bahwa setiap benda di dunia ini memiliki fungsinya. Danau pun memiliki fungsi. Danau menjadi wadah dari air yang dapat digunakan untuk hidup makhluk lainnya. Bagaimana jika danau mati? Danau yang sudah tak memiliki fungsi lagi. Danau yang tak berisi air, yang tak menghidupkan makhluk lainnya. Seperti danau, manusia yang kering pun tak melakukan fungsinya, mati.

    ReplyDelete
  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Menatap pada lelegi sebelumnya, seperti kata ulama atau para filsuf “banyak mayat hidup yang berjalan disebabkan karena tidak berzikir kepada Allah SWT.Atau menurut Descrates yang mengatakan “saya berpikir, maka saya ada.Jika dikaitkan dengan hal tersebut bahwa dikatakan dengan matinya dana jika mahluk-mahluk hidup yang ada di danau itu mati.Misalnya ikan, tumbuhan paku, lumut , airnya keruh atau mengalami kekeringan dan sebagainya.Unsur-unsur mahluk hidup ini yang memberikan nyawa tersendiri bagi danau agar danau terlihat hidup.

    ReplyDelete
  10. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Danau selalu identic dnegan pemandangan indah yang ada disekitarkan juga gunung yang menjulang tinggi seolah mencengkram langit. Danau merupakan cekungan yang ada di permukaan bumi yang genangi oleh air. Adanya cekungan dan air ini menunjukkan adanya wadah dan isi. Jika berbicara filsafat dalam persoalan danau bahwa cekungan adalah wadah dan air adalah isi. Matinya sebuah danau yakni ketika isi yang ada di dalamnya yakni air dan segala komponen yang lain tidak lagi memberikan manfaat bagi sekitarnya ataupun isi dari danau sudah tidak bisa dinikmati masyarakat seperti kotor, tercemar, sehingga dapat merugikan sekitar. Maka benar-benar mati orang yang tidak berpikir, terus belajar dan melakukan inovasi. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  11. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Salah satu hal yang kita manfaatkan dari danau adalah airnya. Air adalah isi, dan danau (yang berbentuk cekungan) adalah wadahnya. Idealnya wadah adalah isi. Idealnya isi adalah wadah. Apabila isinya sudah tidak ada, dalam hal ini dikatakan mengering, maka dapat dikatakan telah terjadi suatu disharmoni.

    ReplyDelete
  12. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ketika masih di Sekolah Dasar tentunya pernah belajar mengenai sumber air itu dari mana, salah satunya yaitu danau. Kita juga belajar apa saja manfaat dari danau, apa saja yang dapat hidup di sana, dan lain sebagainya. Jika diminta untuk menjelaskan kemungkinan dan karakteristik danau itu mati. Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan danau menjadi mati, misalnya karena disebabkan kurangnya curah hujan, pengalihan fungsi danau yang dijadikan tempat pembuangan limbah dan lain sebagainya. Sehingga munculah karakteristik danau yang dikatakan mati itu ketika, sudah tidak ada lagi kehidupan yang ada di danau tersebut, ikan-ikan sudah tidak bisa hidup dan berkembang di sana. Manusia sudah tidak bisa memanfaatkan air dan apapun dari danau tersebut. Tumbuhanpun mulai tidak tumbuh disekitar danau itu. Dan, lambat laun danau tersebut menjadi kering dan mati.

    Begitupun jika danau mati itu dianalogikan dengan manusia. Artinya manusia tersebut sudah tidak memiliki kebermanfaatannya untuk lingkungannya. Manusia tersebut sudah berubah tujuannya ke hal yang dahulunya tidak baik untuk dirinya. Manusia yang tidak bisa menjaga dan mengembangkan apa yang ada pada dirinya dengan baik. Hingga seiring berjalannya waktu manusia tersebut akan kehilangan apa sebenarnya tujuannya dalam hidup ini. Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat yang kurang baik dan dapat mematikan pikiran dan hati kita. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Danau merupakan suatu genangan air yang luas dan dalam, disekitarnya tumbuh berbagai tanaman dan pohon, banyak binatang-binatang datang ke danau tersebut untuk minum, di dalam dnau terdapat pula banyak ikan dan udang yang hidup dan manusia pun memanfaatkan danau tersebut untuk menunjang kehidupan dan kesejahteraannya. Akan tetapi semakin lama danau tersebut airnya semakin berkurang dan akhirnya danau itu kering dan manfaatnya pun habis. Tidak ada yang abadi di dalam dunia ini, jika suatu sumber daya alam dieksploitasi manfaatnya tanpa ada upaya untuk merawat dan mengembangkan sumber daya alam maka manfaatnya pun semakin lama akan semakin hilang demikian juga dengan manusia, manusia selain menggali diri perlu juga untuk merawat diri yaitu dengan senantiasa mengingat Tuhan, senantianya bersyukur dan memohon ampun kepada-Nya.

    ReplyDelete