Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 5: Matinya Sebuah Danau




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 Sain:

Buatlah diskripsi singkat, dengan pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik Matinya Sebuah Danau.

Buatlah deskripsi anda sebagai sebuah komen mengikuti posting ini.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

36 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan forum tanya jawab 5 yang berjudul matinya sebuah danau diatas, menurut saya matinya sebuah danau itu merupakan istilah bagi suatu akibat yang disebabkan oleh ulah manusia. Dimana kita ketahui bahwa suatu danau yang hidup itu pasti terdapat di dalamnya kehidupan-kehidupan seperti air yang sehat, adanya ikan dan lain-lainnya. Nah berarti matinya sebuah danau itu, seperti tercemarnya danau sehingga susah untuk ada kehidupan didalamnya. Oleh sebab itu, janganlah suka merusak alam ini, karena alam ini juga butuh nafas untuk menjadi wadah untuk hidup.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Pertama adalah mengamati sebuah fenomena alam yaitu matinya sebuah danau. Kedua, kami bertanya, kenapa danau itu mati, apakah penyebabnya dst... Ketika, kami mencoba menyelidiki danau yang mati tersebut agar bisa menjawab pertanyaan yang kami buat. Keempat, dengan data yang kami peroleh dan hasil percobaan yang kami lakukan, kami coba untuk kaitkan hal ersebut dengan ilmu-ilmu yang lain. Kelima, kami simpulkan penyebab danau tersebut mati.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Langkah awal yang dilakukan adalah mendefinisikan pengertian dari matinya sebuah danau itu sendiri. Definisi matinya sebuah danau menurut saya adalah perubahan kondisi danau yang dahulu indah untuk dilihat atau dinikmati dan kini tidaklah indah lagi karena tercemarnya air oleh kotoran-kotoran yang tidak seharusnya ada pada danau tersebut.

    Oleh karena itu, deskripsi singkat mengenai matinya sebuah danau dengan pendekatan saintifik dapat dijabarkan sebagai berikut:
    1) Mengamati kondisi danau. Pada kenyataannya danau terlihat tidaklah seperti biasanya, yaitu
    terdapat pencemaran kotoran pada danau tersebut.
    2) Membuat pertanyaan mengapa kondisi danau menjadi berbeda.
    3) Mengumpulkan informasi mengenai danau tersebut dan penyebab terjadinya kondisi danau saat ini.
    4) Mengolah informasi yang telah diperoleh mengenai penyebab terjadinya kondisi danau tersebut.
    5) Memberikan kesimpulan. Dari proses yang sudah dilakukan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa
    matinya sebuah danau yang dapat dilihat dari aspek-aspek yang sudah dikumpulkan.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Danau yang mati atau mematikan danau atau sebatas matinya sebuah danau yang dijelaskan menggunakan scientific approach yang meliputi lima pokok bahasan yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Secara singkat bisa langsung dideskripsikan matinya sebuah danau yaitu munculnya masalah pada danau yang diamati para peneliti untuk mencari tahu penyebabnya yang kemudian dilakukan wawancara kepada penduduk maupun pengunjung danau yang sekiranya informasinya bisa membantu penyelidikan sehingga, dilakukan lah penelitian lebih lanjut mengenai masalah yang terjadi pada danau dilakukan rekonstruksi kejadian untuk mengetahui asal mula hingga akibatnya, untuk itu dibutuhkan informasi tambahan dengan menggabungkan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain penyebab danau diambang kematian hingga diperoleh kesimpulan yang valid dan menyebarluaskan kepada masyarakat mengenai masalah yang dialami danau, proses perusakan yang terjadi sampai pada akibat yang ditimbulkan oleh masalah itu dan menyebabkan matinya sebuah danau.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang menggunkan metode ilmiah. Adapun langkah-langkah daripada pendekatan saitifik adalah mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Kaitannya dengan matinya sebuah danau dengan langkah-langkah dari pendekatan saintifik adalah hal pertama yang dilakukan adalah mengamati danau tersebut dan mecari tahu penyebab matinya dengan menanya sebanyak mungkin berkaitan dengan kasus tersebut kemudian mengulang kembali apakah danau tersebut benar-benar sudah mati ataukah belum kemudian mengelompokkan informasi-informasi yang didapatkan sesuai dengan apa yang terdapat di dalam danau tersebut, kemudian barulah mengkomunikasikannya bahwa danau tersebut telah mati atau mengalami kekeringan yang sudah tidak dapat lagi diselamatkan.

    ReplyDelete
  6. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan forum tanya jawab tersebut, bagaimana gambaran kita tentang pendekatan scientific untuk menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik matinya sebuah danau. Dari sepenangkapan saya dari gambaran pendekatan scientific merupakan sebuah pendekatan yang muncul karena kurikulum 2013. Pendekatan scientific terdapat 5 komponen utama yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Nah, itu yang dapat saya pahami dari pertanyaan tersebut tentang pendekatan scientifik.

    ReplyDelete
  7. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Untuk pertanyaan tentang pendekatan scientific yang mengaitkan tentang karakteristik matinya sebuah danau, menurut saya danau tersebut adalah sebuah populasi yang dapat dikatakan hidup karena terdapat ekosistem danau atau penghuninya. Dikatakan mati danau tersebut jika diamati tidak akan ada air dan penghuninya atau sudah rata dengan tanah. Mengapa danau yang sudah rata dengan tanah danau tersebut dapat dikatakan mati? Danau tersebut jika disinggahi tidak aka nada kehidupan sehingga danau tersebut dapat dikatan mati.

    ReplyDelete
  8. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Danau adalah cekungan di permukaan bumi yang digenangi oleh air. Danau memiliki banyak manfaat seperti untuk menampung air hujan yang bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi kesulitan air di musim kemarau maupun untuk tempat pembudidayaan ikan. Seperti yang kita tau bahwa danau menampung air, dan air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Jika tidak ada danau atau dikatakan matinya danau, maka tidak ada tempat untuk memperoleh cadangan air, hal itu juga akan berdampak bagi kehidupan makhluk hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yufida Afkarina Nizar Isyam
      19709251073
      S2 Pendidikan Matematika D 2019

      Saya setuju sekali dengan pernyataan bahwa dengan matinya danau akan berdampak pada kehidupan makhluk hidup. Maka disini dapat disimpulkan bahwa segala permasalahan pasti ada sebuah sebab akibat. Dan menurut saya, hal itu bisa ditelusuri dengan pendekatan saintifik sehingga bisa jelas hubungan sebab akibatnya dan juga akan jelas bagaimana penanggulangan permaslahan-permasalahan tersebut.

      Delete
  9. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Matinya sebuah danau sama halnya dengan danau yang tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya danau dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya untuk mencuci, menangkap ikan untuk dimasak ataupun dijual, dan lain sebagainya. Namun karena adanya suatu hal seperti pencemaran air danau karena limbah pabrik, limbah rumah tangga, racun yang menyebar pada air danau, dan lain sebagainya sehingga tidak dapat digunakan lagi seperti biasanya. Bahkan bisa jadi akibat pencemaran tersebut membuat ikan yang ada di air danau menjadi mati atau pada menghilang sehingga para pencari ikan tidak lagi dapat mengonsumsinya. Selain itu juga karena air yang bau dan beracun maka tidak lagi digunakan untuk mencuci baik mencuci baju maupun mencuci sayuran.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Danau. Luas. Tidak sedalam lautan. Namun Indah. Meneduhkan. Ketika kepekaan dalam memahaminya berkurang, ketika kepekaan dalam membangunnya berkurang, ketika kurangnya inovasi dalam menciptakan suasana yang menarik, disitulah ia akan mati. Bagaimana tidak? Ibaratnya aku mempunyai taman bunga di rumah, aku biarkan saja, tidak aku sirami dengan air, tidak aku pupuki, tidak aku hias tamanku seindah mungkin, tidak aku pedulikan, apa yang akan terjadi dengan bunga-bungaku? MATI. Begitulah, jadi, sekarang, apa yang akan kau lakukan sebelum terlambat? Renungkanlah. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Menurut hemat saya, danau dapat mati diakibatkan keringnya mata airnya. Danau bisa mati disebabkan mata airnya telah habis. Atau bisa jadi ada retakan pada struktur dibawahnya. Mungkin kejadiannya hampir sama dengan matinya danau di Greenland disebabkan oleh retakan seperti yang diberitakan oleh National Geographic di tahun 2012. Dalam studi yang dilansir jurnal Nature, peneliti telah menemukan sebab terbentuknya retakan itu: adanya tekanan yang berasal dari pergerakan lapisan es. Pergerakan lapisan dipicu dari tetesan air es itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ketika berbicara tentang scientific maka akan ada langkah-langkah yang berupa mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Dalam kasus ini maka mengamati berupa pengamatan pada danau tersebut, sebelum dan sesudah adanya perubahan. Menanya dapat berupa pertanyaan kepada diri sendiri dan orang lain tetang apa penyebab perubahan danau tersebut dan perubahan apa saja yang terjadi. Mencoba berupa menarik benang merah dari hasil menanya kemudian melakukan penalaran. Yang terakhir adalah mengkomunikasikan artinya pembuatan kesimpulan tentang penyebab perubahan danau tersebut.

    ReplyDelete
  13. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, sangat mungkin sebuah danau akan mati. Danau merupakan tempat menampung air. Matinya danau dapat diartikan sebagai tidak berfungsinya lagi danau sebagaimana mestinya. Paling tidak, matinya danau dapat terjadi karena dua hal, yakni: kekeringan yang luar biasa, atau banjir bandang yang luar biasa dahsyatnya. Dua hal tersebut merupakan dua hal yang saling bertolak belakang namun sama-sama dapat menyebabkan matinya sebuah danau. Untuk dapat membuktikan apakah dugaan saya mengenai syarat sebuah danau menjadi mati tersebut benar, dapat dilakukan penelitian lebih lanjun dengan pendekatan saintifik. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Jika kita ingin menjelaskan seberapa mungkin dan karakteristik matinya sebuah danau, langkah awal yang harus kita lakukan yaitu melakukan proses pengamatan. Pengamatan yang kita lakukan tentunya harus disesuaikan dengan teori-teori pendukung mengenai keadaan sebuah danau dapat dikatakan mati. Kemudian hasil pengamatan kita tuliskan pada lembar observasi yang kita gunakan. Langkah kedua yaitu mencari tahu penyebab yang mengakibatkan danau tersebut mati. Hal yang bisa dilakukan yaitu bertanya kepada warga disekitar danau dan para ahli di bidangnya. Langkah ketiga yaitu melakukan penyelidikan terhadap danau tersebut, penyelidikan dilakukan untuk mengkonfirmasi mengenai karakteristik sebuah danau dikatakan mati. Keempat, hasil penyelidikan yang dilakukan disesuaikan atau dihubungkan dengan teori maupun pendapat ahli dibidangnya untuk melihat kesesuaiannya. Langkah terakhir yaitu dari data yang diperoleh dari lapangan dan dari teori-teori mengenai matinya sebuah danau dianalisis kemudian disimpulkan mengenai sebab-sebab danau tersebut mati.

    ReplyDelete
  15. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Menurut saya, matinya sebuah danau dicirikan dengan matinya kehidupan di dalam danau. Jika danau itu hidup maka akan ada makhluk hidup yang hidup di danau tersebut. Makhluk hidup yang ada di dasar danau hingga di permukaan dan di sekeliling danau akan menikmati sajian danau tersebut. Namun danau tersebut bisa menjadi mati apabil makhluk hidup yang tinggal di dalamnya tidak mampu melangsungkan kehidupannya di danau tersebut.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Danau dalam arti sebenarnya merupakan cekungan dari bagian permukaan bumi yang digenangi air yang sangat luas. Kebanyakan air yang ada di danau merupakan air yang bersih. Matinya sebuah danau berarti danau yang menjadi kering, tidak ada airnya. Jika dikaitkan dengan filsafat, danau bisa diibaratkan sebagai hati yang jernih yang terbebas dari godaan setan. Sedangkan danau yang mati ialah hati yang sudah kering, yaitu hati yang sudah kehilangan keernihannya bahkan tergantikan oleh hal-hal negatif. Keadaan tersebut sangat berbahaya karena akan menimpulkan hal-hal buruk. Oleh karena itu, kita harus menjaga kejernihan hati dengan senantiasa meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ketika sebuah danau mati berarti ia telah kehilangan isinya (mengering). Danau bisa menjadi dangkal ketika perlahan kehilangan airnya. Ketika danau diibaratkan sebagai hati manusia. Apabila kesombongan dan perasaan-perasaan buruk lainnya merasuki hati manusia lama kelamaan hati tersebut bisa mati dan mengering. Agar hati manusia tidak menjadi mati maka kita perlu mengaliri hati dengan dzikirNya dan juga menjaga sifat-sifat yang baik. Keseimbangan dalam diri manusia terjadi apabila pemikiran manusia bisa kendalikan oleh hati yang bersih dan ikhlas.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Danau itu luas, meskipun tidak seluas lautan namun banyak juga makhluk hidup yang bergantung hidup dari suatu danau. Jika suatu danau punah atau mati atau kering tentu ada suatu penyebab besar yang terdapat di dalamnya. Sehingga danau yang awalnya bisa menjadi tumpuan hidup bagi makhluk hidup lain berubah kering sehingga dapat mematikan makhluk hidup di dalamnya juga. Makna yang terkandung adalah di dalam kehidupan tentu kita sebagai makhluk sosial akan bergantung pada sesuatu yang ada di dunia, namun tidak boleh sepenuhnya bergantung karena suatu saat akan ada masanya sesuatu tersebut tidak bisa lagi menjadi sesuatu yang bisa kita gantungkan. Karena sebenar-benar pertolongan adalah yang datangnya dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Danau merupakan tempat dimana sumber air mengalir. Danau mempunyai kebermanfaatan yang tinggi terhadap penampungan air terutama air hujan. Jika curah hujan tinggi maka wadah yang dapat menampung air tersebut salah satunya adalah danau itu sendiri. Matinya sebuah danau bisa diakibatkan oleh pencemaran baik berupa sampah, obat-obatan, irigasi besar-besaran maupun fenomena alam. Fenomena alam yang terjadi tidak akan dapat kita hindari, namun hal-hal lain yang terkait dengan ulah tangan manusia itulah yang seharusnya kita cegah. Karena hal tersebut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sumber daya alam yang kita punya.

    ReplyDelete
  20. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Matinya danau, mungkin disebabkan oleh beberapa hal, untuk memudahkan mencari penyebabnya maka dapat digunakan pendekatan saintifik, yaiitu: 1) melakukan pengamatan bagaimana kondisi danau tersebut, 2) menyusun pertanyaan-pertanyaan yang yang menjadi penyebab matinya sebuah danau, 3) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka diperlukannya informasi, informasi tersebut dapat diperoleh dariberbagai sumber, misalnya masyarakat dll, 4) setelah itu melakukan pengolahan informasi, 5) menarik kesimpulan.

    ReplyDelete
  21. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Danau adalah cekungan luas yang menampung air beserta biota-biota. Danau dapat dijadikan sebagai suatu sumber kehidupan bagi alam. Namun, jika danau mengalami krisis air sehingga hakekat awalnya sebagai pemberi kehidupan hilang maka matilah danau itu. Danau dapat merepresentasikan pikiran manusia dimana pikiran manusia dapat dikatakan sebagai cekungan luas yang dapat menampung berbagai macam informasi. Hakikatnya pikiran adalah sesuatu yang dapat mengarahkan pada suatu kebaikan, namun ketika pikiran terisi oleh unsur negatif maka akan mengakibatkan pergeseran. Pikiran dengan segala potensi kebaikannya akan berubah menjadi perilaku-perilaku menyimpang. Dimana sesuatu telah beralih dari hakikatnya maka dia menjadi sesuatu yang baru, atau mengalami kematian.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Saya mengandaikan danau sebagai simbol seorang guru yang memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat kepada murid-muridnya. Murid-murid yang merupakan generasi penerus bangsa. Namun jika danau itu mati, jika eksistensi seorang guru mati, maka hilang sudah generasi penerus bangsa kita.

    ReplyDelete
  23. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    matinya sebuah danau. ibarat ilmu, tidak satupun ilmu yang datang langsung secara meluas dalam pikiran dan hati seseorang. begitupun danau, bermula dari titik air kecil kemudian meluas hingga menjadi danau. ilmu seseorang akan terkikis jika mereka berhenti berpikir sebagaimana danau akan kering jika berhenti mencadangkan air sehingga dapat disimpulkan matinya sebuah danau karena merelakan air itu hilang dan kering.

    ReplyDelete
  24. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Air menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia dan makhluk hidup lainnya. Laut, danau, sungai adalah tempat-tempat dimana air itu berada. Banyak ekosistem air maupun daratan yang bergantung pada air itu, seperti ikan, tumbuhan air, tumbuhan di darat pun memerlukan air untuk hidup dan berfotosintesis. Habisnya air dalam danau maupun lautan maka habis pula ekosistem di sekitarnya. Seperti halnya manusia. Manusia memiliki kepercayaan masing-masing. Kepercayaan atau agama menjadi kunci dalam hidup. Apabila manusia menjalankan tuntunan agama dengan baik, maka akan baik pula dirinya. Jika menjauhi atau tidak menjalankan tuntunan agama dengan baik, maka diri ini akan senantiasa diliputi rasa cemas, tidak tenang, dan ketakutan. Oleh karenanya agama menjadi aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Manusia harus senantiasa menghidupkan ruhaninya dengan tidak berhenti belajar agama (shalat, mengaji), berbuat baik pada sesama, sehingga ruhani ini akan bersih dan tercermin dalam perilaku baik yang peduli dengan sesama.

    ReplyDelete
  25. Imroatus Syarifah
    19709251057
    S2 Pend. Matematika D 2019

    Danau dapat diibaratkan sebagai ilmu pengetahuan yang kita miliki. Danau menjadi sumber kehidupan bagi beberapa makhluk yang menyatu menjadi ekosistem danau. Jika danau tidak dijaga kelestariannya, kemudian terdapat mata rantai yang terputus, maka bukan suatu hal yang tidak mungkin jika danau akan mati. Matinya sebuah danau akibat dari ketidakseimbangan ekosistem. Jika dikaitkan dengan ilmu pengetahuan, ilmu yang kita miliki juga akan mati jika mata rantai terputus. Ketika ilmu yang kita miliki tidak dipelihara, maka apa yang kita pahami sebelumnya menjadi sia-sia.

    ReplyDelete
  26. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Sebelumnya kita bisa mengindikatorkan dulu bagaimana danau bisa dikatakan mati. Disini saya ambil contoh danau yang mati bisa saja merupakan danau yang dulunya indah menjadi tercemar, bisa juga danau yang mengalami kekeringan atau bisa dikatakan air di danau menyurut dimana ini pernah terjadi di danau sentarum pada Agustus lalu. Kemudian penjelasan hal tersebut dengan menggunakan pendekatan saintifik kita dapat mengambil sintaks atau langkah dalam pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan/menalar, mengkomunikasikan.

    ReplyDelete
  27. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Untuk kegiatan mengamati, disini kita bisa mengamati bagaimana keadaan danau tersebut dan juga lingkungan sekitarnya. Kemudian setelah kita mengamati, kita akan menanyakan beberapa hal terkait dengan hasil pengamatan kita, bisa saja dengan menanyakan kepada masyarakat sekitar seperti bagaimana keadaan danau sebelumnya atau mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi. Kemudian kegiatan tersebut akan berlanjut pada mengumpulkan informasi yang terkait dengan danau tersebut. Setelah informasi terkumpul dilanjutkan dengan mengolah dan menalar informasi yang telah didapat sehingga didapatkan hubungan sebab akibat terkait dengan matinya sebuah danau tersebut. Lalu setelah informasi dinalar, dianalisis, dan diolah, maka akan muncul sebuah kesimpulan mengenai matinya danau tersebut dan dilanjutkan dengan mengkomunikasikan dimana dalam mengkomunikasikan ini bisa saja dilakukan dengan masyarakat agar mungkin saja danau tersebut dapat kembali seperti semula atau bagaimana agar tidak merugikan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  28. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Danau merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang berada di dalam danau dan di sekitar danau tersebut. Matinya sebuah danau bukan hanya berdampak untuk makhluk hidup di dalamnya akan tetapi akan berdampak pada mahkluk hidup disekitarnya. Dapat ibaratkan sebagai rantai makanan yang apabila rantai makanan itu putus, maka akan berdampak pada seluruh tingkatan pada rantai makanan tersebut.

    ReplyDelete
  29. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, sudut pandang mengenai matinya danau adalah bahwa danau itu tak hidup, tak berisi air, berisi air namun beracun, tidak ada kehidupan, danau yang tandus, surut, kering, tak lagi segar, gersang dan lain-lain. Dalam sudut pandang saintifik, tentunya kita harus mengikuti langkah pengamatan saintifik itu sendiri. Mengamati bagaimana danau yang hidup yang banyak airnya bisa mengering dari waktu ke waktu, atau bagaimana bisa terjadi perubahan yang buruk?, menanya,bagaimanakah kondisi danau diperoleh dengan menanyakan informasi kepada sekeliling danau, kepada yang hidup disekitaran danau, menalar menganalisis hasil temuan dari dua langkah sebelumnya, mencoba untuk melakukan eksperimen factor-faktor yang ditemukan, serta menyimpulkan bagaimana danau itu bisa menjadi mati. Terimakasih.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendefinisikan pengertian dari matinya sebuah danau itu sendiri. Kemudian dijelaskan menggunakan scientific yaitu mengamati kondisi danau terlebih dahulu,setelah itu membuat daftar pertanyaan mengapa terjadi perubahan pada danau,lalu mencoba untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai danau tersebut sekaligus mencoba mencari tahu penyebab terjadinya kondisi danau,selanjutnya menalarkan hasil informasi yang telah diperoleh diolah hasil jawaban dari pertanyaan dan pengamatan mengenai penyebab terjadinya kondisi danau, dan yang terakhir mengkomunikasikan proses yang telah dilakukan sebelumnya dan diberikan kesimpulan bahwa matinya danau dapat dilihat dari aspek yang sudah dikumpulkan.

    ReplyDelete
  32. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut saya, matinya sebuah danau dalam makna konotasi adalah sebagai berikut. Danau mempunyai banyak manfaat, diantaranya: pengairan, perikanan, destinasi wisata, dll. Dari kebermanfaatan danau tersebut, ketika sudah mati maka airnya akan surut bahkan menghilang sehingga tiada lagi manfaat yang bisa kita dapatkan. Begitu juga manusia, manusia yang masih hidup diharapkan mempunyai kebermanfaatan untuk masyarakat maupun lingkungan sekitar. Jika hanya ingin bersenang-senang untuk diri sendiri saja maka diibiratkan seperti matinya sebuah danau.

    ReplyDelete
  33. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A 2019


    Danau yang kebutuhannya sangat vital selain sebagai tempat penampung air ,danau juga sebagai sumber kehidupan di sekitarnya. jika danau mati itu maka akan hilanglah sumber kehidupan disekitarnya. bila hal ini diterpakan pada manusia, danau yang diumpakan sebagai hati itu berfungi baik maka akan memberikan manfaat dan kebaikan pada sekitarnya. Namun jika hati itu sudah mati maka yang terjadi akan sebaliknya.

    ReplyDelete
  34. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Saya mendefinisikan danau sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Matinya sebuah danau adalah saat pengetahuan itu tidak lagi digunakan dengan sebaik-baiknya. Pengetahuan itu justru digunakan untuk hal yang menyalahi aturan. Saat hal tersebut terjadi, maka danau itu telah mati.
    Terimakasih

    ReplyDelete