Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 9: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 2




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikan Ruang dan Waktu sehingga anda bisa mendefinisikan Awal dan Akhir Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

19 comments:

  1. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Ruang waktu merupakan sekian banyak misteri yang tidak akan mungkin diungkap kecuali hanya sebagian kecil dan sedikit sekali. Awal dan akhir sebuah konsep dari ruang dan waktu, setiap awal harus berakhir, dan setiap yang terikat ruang dan waktu tak akan terlepas dari awal dan akhir. Pengetahuan manusia sangatlah terbatas oleh watu dan ruang. Tiadalah kita dapat mengetahui sesuatu dalam suatu waktu selain saat ini, dan saat ini hanya berselang sekejap mata. Sedangkan masa lalu dan masa depan kita tidak akan tahu. Manusia terbatas ruang, tiadalah manusia mengetahui ruang selain pandangan di depan saat ini dan dapat terhalang oleh berbagai objek. Tiadalah kita mengetahui di ruang lain kecuali di beri tahukan orang lain, bahkan kita dengan mudah dapat tertipu. Ruang dan waktu adalah tabir yang tiada manusia sadari walau sedikit saja.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Ruang itu sebagai wadah atau tempat untuk kita melakukan suatu kegiatan. Waktu adalah sarana dimana kita bisa mengatur suatu kegiatan dengan baik. Karena awal dari dunia ini itu adalah adanya ruang dan waktu. Ketika ruang dan waktu sudah tidak ada lagi berarti sudah menjadi akhir dari dunia karena tidak ada lagi ruang di dunia sebagai tempat berpijak dan berlindung. Tetapi ruang dan waktu dapat dimanipulasi, karena ruang dan waktu itu suatu keadaan. Keadaan itu dapat diciptakan, maka tentu saja kita dapat menciptakan keadaan itu tergantung pemikiran kita. Oleh karena itu kita perlu menyadari bahwa menyesuaikan keadaan dengan ruang dan waktu itu penting, agar terhindar dari masalah dan tindakan yang kurang tepat.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Di dalam kenyataan ruang dan waktu itu bersifat relatif. Maka awal dan akhirpun juga bersifat relatif. Misalnya awal aku membaca tidaklah sama dengan awal engkau membaca. Akhir dari aku membaca juga tidaklah sama dengan akhir engkau membaca. Maka awal dan akhir dalam ruang dan waktu itu tergantung dengan subjeknya. Ketika aku menjadi subjek, awal dan akhirnya akan berbeda dengan ketika engkau sebagai subjek. Tetapi sebenar-benar awal dan akhir juga bersifat absolut. Ketika kita lahir di dunia ini adalah awal, dan ketika kita mati itu adalah akhir kehidupan kita di dunia sekaligus awal kehidupan kita selanjutnya.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Awal dan akhir adalah keadaan yang tergantung terhadap ruang dan waktu subyeknya. Sebagai contoh, saat kelulusan mahasiswa S1 maka ruang dan waktunya menjadi akhir masa mahasiswa S1 mereka namun menjadi sebuah awal dari masa mahasiswa pascasarjana atau kehidupan yang lainnya.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Apabila kita menyadari kehidupan, maka awal dari dunia adalah ketika kita pertama kali melihat dunia yaitu ketika kita dilahirkan, sedangkan akhir dari dunia adalah ketika kita terakhir kali melihat dunia yaitu saat kita kembali kepadaNya. Namun dengan memanipulasi ruang dan waktu sehingga kita dapat mendefinisikan awal adalah saat-saat kita mulai benih-benih kebaikan dan akhir adalah ketika kita sedang memetik hasil kebaikan itu, yaitu berupa rasa tenang dan syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Para filsuf memiliki pendapatnya masing-masing mengenai awal dan akhir dunia. Immanuel Kant menyebutkan antinomi mengenai ruang dan waktu yang berhubungan dengan awal dunia yaitu dunia memiliki awal dan memiliki waktu yang terbatas dan dunia tidak memiliki awal dan tidak memiliki batas keruangan dimana ruang dan waktu dunia bersifat tak terbatas. Sementara itu Plato menganggap waktu dibuat oleh dunia, sedangkan menurut Aristoteles dunia diciptakan dalam waktu yang merupakan perluasan tak terbatas.

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Akhir dan awal dunia merupakan bentuk relatif dari ruang dan waktu, Bagaimana kita memaknai awal dunia adalah keberadaan suatu elemen di waktu yang sudah ditentukan, dan akhir dunia adalah ketika elemen sudah tidak menempati ruang di waktu yang bersesuaian. Ketiadaan ini bersifat relatif karena akhir dunia menurut manusia, merupakan awal dunia yang lain sesuai kehendak Tuhan, dimana manusia tidak bisa mendefinisikan awal dunia lain ini karena keterbatasan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Apabila manusia menganggap bahwa awal dunia adalah kelahiran dari dirinya, maka sebutan ketika ruh ditiupkan ke dalam janin adalah awal darinya. Kemudian jika dikaitkan dengan penciptaan langit dan bumi, apakah yang menandakan permulaannya, maka hal demikian terkait dengan penciptaan Tuhan akan langit dan bumi. Artinya adanya langit dan bumi menandakan kuasa dan takdir Allah SWT. maka itu semua adalah awal yang pada akhirnya akan bermuara kepada kuasa Tuhan. Sama halnya dengan awal, maka akhir dari dunia pun jika ditelusuri akan dipegang oleh Allah. jika manusia menganggap akhir dunia adalah kematiannya, maka adanya hari kiamat dimana semua makhluk akan mengakhiri hidupnya di dunia. Hal tersebut menandakan akhir dari dunia. Namun kemudian bagaimana dengan hari kebangkitan kembali di alam barzah, artinya adanya awal kembali bagi makhluk ciptaan-Nya namun bukan di dunia melainkan di akhirat. Jadi kesimpulannya awal dan akhir dunia adalah kuasa Allah, karena sebenar-benar yang mengetahuinya hanyalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  10. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Dalam agama kita diajarkan bahwa ruh kita mengalami perjalanan dari waktu ke waktu dan melintasi berbagai macam dunia. Seperti dunia ruh, dunia kandungan, dunia yang saat ini kita tempati, dunia alam kubur, dan berakhir di dunia akherat yang kekal. Setiap pergantian dunia itu, akhir akan bertransformasi menjadi awal serta awal bertransformasi menjadi akhir. Sebagai contoh, akhir dari dunia kandungan adalah awal dari dunia yang saat ini kita tempati. Sementara awal dari dunia ini merupakan akhir dari dunia kandungan. Jadi awal bisa menjadi akhir, dan juga akhir mampu menjadi awal.

    ReplyDelete

  11. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Awal dan akhir hanyalah sebuah label untuk menentukan batasan-batasan tertentu. Sebagai manusia kita memiliki keterbatasan untuk mengetahui akhir zaman. Dalam waktu yang terus berjalan, ada banyak sekali periode-periode yang memiliki awal dan akhir, namun nyatanya kehidupan masih belum berakhir. Jika kita memanipulasi waktu dengan menganggap waktu tertentu sebagai akhir maka ketika waktu yang ditetapkan tiba namun waktu tidak benar-benar berakhir maka tidak ada yang dapat kita lakukan. Janji Allah mengenai dua episode kehidupan yaitu dunia dan akhirat adalah milik Allah, maka hanya Allah yang tahu apa-apa saja yang menjadi ketetapanNya.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Misalkan kita hilangkan ruang maka kita bisa melihat segalanya tanpa batasan artinya disana sama dengan di sini. Misalkan kita hilangkan waktu. Dulu, sekarang, besok akan menjadi sama. Lahirnya tadi, hidupnya tadi, matinya juga tadi. Dalam kehidupan manusia di dunia yang bersifat tidak kekal, ada yang disebut sebagai awal dan akhir. Awalnya ketika manusia dilahirkan, dan akhirnya ketika manusia meninggal lalu dibangkitkan pada hari kiamat dan inilah sebenar-benar awal dari kehidupan akhirat yang kekal.

    ReplyDelete
  13. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Untuk mendefinisikan awal dan akhir dunia maka dapat memanipulasi ruang dan waktu. Misalkan awalnya dunia adalah ketika alam semesta dan isinya di ciptakan maka akhirnya ketika alam semesta dihancurkan beserta isinya yang kemudian diganti dengan alam yang berbeda. Sehingga awal dan akhir dunia yang tahu pastinya hanya Allah Ta’ala yang menciptakan, sedangkan manusia tidak mengetahui pastinya. Karena ketika kita ada maka ruang dan waktu itu telah ada terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  14. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ruang dan waktu merupakan sesuatu yang dimaknai berbeda-berbeda oleh setiap orang. Suatu awal bagi seseorang, belum tentu akan menjadi awal pula untuk yang lainnya, bahkan bisa jadi menjadi akhir bagi yang lainnya. Awal dunia bagi seorang manusia mungkin ketika dia dilahirkan, dan akhir dunia ketika dia meninggal. Namun tentunya sebagai umat Islam kita meyakini bahwa akan ada kejadian setelah kematian yaitu dunia akhirat.

    ReplyDelete

  15. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Awal dan akhir adalah keadaan yang tergantung terhadap ruang dan waktu subyeknya. Karena awal dan akhir dapat ditentukan jika dalam suatu konteks yang pasti. Sebagai contoh, saat kelulusan siswa SMP maka ruang dan waktunya menjadi akhir masa SMP mereka namun menjadi sebuah awal dari masa SMA mereka. Hal iniakan sangat berbeda dengan intuisi yang tidak bisa kita cari awlnya maupun akhirnya.

    ReplyDelete
  16. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dalam filsafat, apapun yang bersentuhan dengan ruang dan waktu, maka semua itu tidak ada yang tetap dan bisa dimanipulasi. Semua nya akan berubah sesuai dengan berjalannya waktu, namun tidak untuk sifat Allah yang tidak dapat dimanipulasi. semua yang bersifata dinamis dan berubah dalam kehidupannya dapat dimanipulasi. Untuk memanipulasikannya, ketika awal dunia kita berimaji ketika perjalanan dari waktu dilahirkan berjalan terus sampai akhirnya akhir dunia kita yaitu kematian.

    ReplyDelete
  17. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Orang yang memanipulasi waktu juga sama artinya ia berusaha menetapkan awal dan akhir sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Sedangkan sebenar-benar tiadalah yang dapat menentukan awal dan akhir selain Allah yang maha kuasa. Orang yang memanipulasi waktu berusaha menetapkan hakikat awal dan akhir dengan maksud kepentingan pribadinya. Maka sebenar-benar orang yang memanipulasi waktu adalah bagian dari golongan orang-orang yang tidak bersyukur.

    ReplyDelete
  18. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Manusia terikat dengan ruang dan waktu saat berada di dunia ini.Sehingga,jika manusia memanipulasikan ruang danwaktu maka awalmanusia terlahir didunia adalah awal dunia dan saat manusia menghembuskan nafas terakhirnya adalah akhir dunia.Halini tentu relatif terhadap masing-masing manusia karena waktu lahir dan meninggal manusia satu dengan lain tidak sama, walau kembar identik sekalupun. Namun, jika lebih general maka awal dunia adalah awalsaat Allah menciptakan dunia inidan akhir adalah saat Allah hancurkan dunia ini yaitu kiamat.

    ReplyDelete
  19. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Ruang dan waktu itu mencakup segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Anggap dunia merupakan ruang dan kesempatan manusia untuk hidup di dunia ini merupakan waktu yang diberikan Tuhan agar manusia menyadari betapa terbatasnya ruang dan waktu yang mereka miliki. Ketika manusia dilahirkan dalam ruang dunia dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan pada saat itu pula manusia menjalani waktu nya yang terbatas dalam ruang dunia sampai pada saatnya setiap manusia menemui akhirnya masing-masing untuk kembali lagi kepada Tuhan dengan segala kebaikan dan keburukan yang mereka peroleh selama di dunia.

    ReplyDelete