Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 9: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 2




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikan Ruang dan Waktu sehingga anda bisa mendefinisikan Awal dan Akhir Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

23 comments:

  1. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Awal dan akhir dunia adalah kuasa Tuhan. Menurut saya, ruang dan waktu tidaklah mungkin dapat dimanipulasi sehingga kita bisa mendefinisikan awal dunia. Hal ini karena hanya Tuhan lah yang mampu mendefinisikan awal dunia itu. Karena Ia lah sang pencipta dan memulai kehidupan di dunia ini. Kondisi yang berbeda mungkin dapat terjadi dengan akhir dunia. Kita dapat memanipulasi ruang dan waktu sehingga kita dapat mendefinisikan akhir dunia. Akhir dunia akan tiba ketika seluruh umat manusia tidak berada pada ruang dan waktunya masing-masing. Keikhlasan tidaklah muncul dalam diri dan kehidupan umat manusia. Terjadi penyimpangan dimana-mana. Artinya logos berubah menjadi mitos dan mitos menyebar dimana-mana layaknya virus negatif yang membawa petaka akhir dunia. Tentunya hal ini bisa kita cegah dengan selalu berdoa kepada Tuhan dan memohon ampun pada-Nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan di atas bahwa memanipulasi Ruang dan Waktu sehingga bisa mendefinisikan Awal dan Akhir Dunia. Hal tersebut berkaitan dengan hari kiamat adalah hakikat waktu itu sendiri yang mengingatkan kita kiamat telah dekat. Ada masanya di pengujung perjalanan hidup kita di dunia ini akan bertemu dengan kiamat. Semakin bertambahnya waktu hari kiamat semakin dekat, bumi semakin tua, hanya tinggal menunggu waktu hancurnya saja, begitu juga umur kita yang semakin lama semakin tua. Semua itu menunjukkan kiamat itu benar adanya.

    ReplyDelete
  3. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap manusia pasti mendapati awal dan akhir dalam hidupnya, sama halnya dengan dunia pasti akan berakhir dan tidak satupun diantara kita yang mengetahuinya melainkan kuasa Allah Ta’ala. Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatunya pasti terikat oleh ruang dan waktu. Kehancuran dunia atau akhir dari kehidupan dunia pasti akan terjadi hanya saja ruang dan waktunya kita tidak mengetahuinya. Maka inilah sebenar-benar ruang dan waktu absolut.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perjalanan kita sebagai manusia berada dalam satuan waktu antara awal dan akhir. Perjalanan tersebut terdiri dari fase-fase atau masa. Awal tak selamanya jadi awal, karena awal bisa menjadi akhir bagi sesuatu yang lain. Begitu pula dengan akhir yang juga bisa menjadi awal bagi sesuatu yang lainnya lagi. Sebenar-benarnya akhir bisa diartikan sebagai berhenti, berhenti untuk memulai, berhenti untuk membuat awal, berhenti dalam belajar, berhenti berpikir kritis. Dan sebenar-benarnya berhenti adalah mati.

    ReplyDelete
  5. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Pertama-tama kita hanya bisa memanipulasi ruang dan waktu dalam pikiran. Ibaratkan ada dua titik. Ketika dua titik dihubungkan, maka akan terbentuk sebuah garis. Terserah garis itu ingin dibuat melengkung, lurus, berkelok-kelok, yang namanya garis itu pasti memiliki dua ujung. Terserah garis yang terbentuk itu awalnya ditarik dari titik yg terakhir kali terbentuk kmudian dihubungkan ke titik yang pertama dibuat. Yang terbentuk tetaplah garis. Dua titik itulah awal dan akhir. Intinya kita berada ditengah-tengah awal dan akhir waktu itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ketika berbicara tentang awal dan akhir dunia secara spefisik sebenarnya manusia tidak mampu karena itu berada di luar kemampuan manusia. Tetapi apabila dipikirkan awal dunia bagi seseorang itu dimulai ketika kita lahir di dunia ini dan akhirnya adalah kematian. Dari awal hingga akhir hidupnya, manusia diharuskan untuk senantiasa beribadah dan bertakwa kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama. Dari awal hingga akhir hidupnya, manusia diharuskan untuk selalu belajar sehingga mampu merefleksikan diri guna memperbaiki kehidupannya dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, tiadalah sebenarnya awal dan akhir itu. Karena sejatinya awal dari suatu dunia merupakan akhir dari dunia sebelumnya, sementara akhir dari suatu dunia merupakan awal dari dunia sesudahnya. Sementara sebenar-benar akhir dari dunia adalah rahasia Allah.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mendefinisikan awal dan akhir dunia berdasarkan ruang dan waktu. Kita mungkin tidak akan mengetahui dengan tepat kapan sebenarnya awal dan akhir dunia ini. Namun jika berdasarkan ruang dan waktu, awal dunia terjadi yaitu ketika kita sudah mengetahui atau menyadari bahwa kehdupan yang kita jalani tidak bisa dipisahkan dari adanya ruang dan waktu. Dimana dengan adanya ruang dan waktu tersebut, akam membuat kita berusaha untuk menjadi orang yang dapat menyesuaikan diri dengan ruang dan waktu tersebut. Hal tersebut akan berakibat munculnya semangat untuk terus meningkatkan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Kemudian akhir dari dunia ini yaitu ketika kita sudah tidak percaya lagi dengan adanya ruang dan waktu. Ketidakpercayaan tersebut mengakibatkan matinya rasa ingin tahu kita terhadap sesuatu. Dimana hal tersebut berakibat ketidakpedulian kita dalam meningkatkan ilmu yang dimiliki.

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Segala sesuatu dalam filsafat yang berkaitan dengan ruang dan waktu tidak dapat dimanipulasi. Semua nya akan berubah sesuai dengan berjalannya waktu, namun tidak untuk sifat Allah yang tidak dapat dimanipulasi. semua yang bersifata dinamis dan berubah dalam kehidupannya dapat dimanipulasi. Untuk memanipulasikannya, ketika awal dunia kita berimaji ketika perjalanan dari waktu dilahirkan berjalan terus sampai akhirnya akhir dunia kita yaitu kematian.

    ReplyDelete
  10. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Ruang dan waktu adalah dalam kuasa Tuhan. Sebagai ciptaan kita tidak memiliki kuasa sedikitpun selain yang dipercayakan Tuhan pada kita pada selang ruang dan waktu hidup yang mana. Waktu yang terlewat tidak dapat terulang lagi, hingga kiamat pun tidak dapat dimanipulasi. Manipulasi dapat terjadi dalam pikiran manusia, karena kemampuan berpikir yanh juga diberikan Tuhan. Kemampuan itu untuk berpikir dan menghasilkan inovasi lainnya yang baik untuk kelanjutan hidup manusia.

    ReplyDelete
  11. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Awal dan akhirnya dunia hanya Tuhan yang tahu. Namun, manusia tahu bahwa awal dan akhirnya dunia ini merupakan awal dan akhirnyan waktu dan ruang. Berawalnya dunia ditandai dengan dimulainya awal dan akhir, dan berakhirnya dunia juga ditandai dengan berakhirnya ruang dan waktu. Ruang dan waktu beserta dunia ini tidak dapat saling lepas. Mereka saling barikatan satu dengan yagn lain.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ruang dan waktu adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan ketika kita berfilsafat. Segala sesuatu yang ada di dunia ini selalu terikat oleh ruang dan waktu. Setiap objek dapat kita pikirkan di ruang mana dan waktu kapan. Ruang dan waktu ini bisa bersifat mutlak, relative, berawal, dan berkahir, kecuali ruang dan waktu Allah SWT yang bersifat abadi. Saya akan mengerucutkan masalah awal dan akhir suatu dunia menjadi hal yang lebih kecil. Ruang dan waktu dapat diartikan sebagai dimulainya suatu dunia, yaitu ketika individu sudah bisa berfikir. Ketika seseorang telah berfikir, dia sudah membentuk dunianya sendiri dan disinilah dunia baru akan terlahir. Sebaliknya seseorang yang sudah tidak bisa berfikir, itulah akhir ruang dan waktu dunianya.

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ruang merupakan tempat yang disebut sebagai dunia yang nyata, sebagai tempat beraktifitas. Waktu merupakan sarana dimana kita bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik. Akhir dari dunia yaitu ketika ruang dan waktu sudah tidak lagi ada. Tak ada lagi ruang di dunia. Tak ada lagi waktu yang mampu mengatur segala peredaran benda-benda dengan baik. Ketika semuanya hancur itulah akhir dari dunia.

    ReplyDelete
  14. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Awal suatu pekerjaan akan menghasilkan akhiran berupa upah atau kelegaan karena beban kerja berkurang, awal mengerjakan tes ujian akan diakhiri dengan waktu yang habis dan menghasilkan jawaban yang sudah memenuhi setiap soal, dll. Untuk segala awal terciptanya dunia memang hanya Allah SWT yang tahu, begitu juga dengan akhir dunia. Tetapi bila dimanipulasi dengan ruang dan waktu maka awal dunia dimulai saat kita mulai menggunakan pikiran kita untuk berpikir, akhir dunia bisa dikatakan bila kita sudah tidak menggunakan pikiran kita atau sudah tidak mau berpikir, hanya melakukan sesuka hati tanpa melibatkan pikira.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam http://www.erabaru.net/2016/08/19/menembus-ruang-dan-waktu-mungkinkah/ menuturkan bahwa fisikawan terkenal Stephan Hawking mengemukakan tiga cara perjalanan waktu yang dapat diwujudkan secara teoritis. Istilah itu disebut dengan Grandfather paradox atau Paradoks Sang Kakek dalam teori perjalanan menembus waktu. menembus ruang dan waktu ini dikaitkan dengan dimensi keempat. Jika seseorang berkendara, kemudian ia mengendarai mobilnya ke depan dan kebelakang itu disebut dimensi pertama, jika mobil bereblok ke kanan dan ke kiri itu disebut dimensi kedua, jika mobil berjalan menanjak dan menukik di pegunungan itu merupakan dimensi ketiga, sedangkan dimensi keempat terletak pada waktunya. Memanipulasikan ruang dan waktu untuk mendefinisikan awal dan akhir kehidupan ialah waktu yang kita jalani dari lahir sampai akhir nanti. Sedangkan maksud dari ruangnya adalah kehidupan yang kita jalani baik yang sudah maupun yang akan dating. Stephan Hawking mengatakan bahwa manusia tidak dapat kembali ke masa lalu meskipun menggunakan mensin waktu, karena jika ia kembali ke masa lalu dapat dipastikan bahwa ruang dan waktunya akan berbeda tidak bisa sama persis dengan kejadian-kejadian yang telah ia alami sebelumnya.

    ReplyDelete
  16. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Awal dunia menjadi hal yang membahagiakan bagi orang tua karena buah hati sudah berada di dunia ini sebagai awal kehidupan sang bayi untuk siap dalam menghadapi kehidupan selanjutnya. Berbeda dengan akhir dunia yang tidak bisa disangka atau ditentukan oleh manusia karena hanya Allah SWT yang tahu kapan dunia akan berakhir, dan dimulai kembali. Sehingga ruang dan waktu saat ini dimanfaatkan sebaik mungkin agar manusia bisa lebih menyiapkan diri dan pemikiran mereka untuk menghadapi segala permasalahan yang akan menghadang di depan mata.

    ReplyDelete
  17. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Ketika ada awalan maka ada akhiran. semua itu berlaku untuk semua ciptaan Tuhan, ketika manusia di ciptakan, maka manusia tersebut juga akan dimatikan, namun tidak adapun b\yang tahu ruang dan waktu diawal dan akhir itu, karena itu merupakan kuasa Allah SWT, sebaik-baiknya manusia hanya perlu mempersiapkan diri untu menuju akhir yang lebih baik dengan memanfaatkan ruang dan waktu yang dimilikinya dengan hal-hal yang bermnafaat seperti beramal sholeh, senantiasa berdo’a dan berdzikir kepada Allah SWT

    ReplyDelete
  18. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Ruang dan waktu adalah dimensi yang menujukan keberadaan kehidupan. Dunia ini ada ketika ada waktu dan ada ruang. Sehingga awal dari dunia ini adalah awal dari suatu waktu dan akhir dari dunia ini adalah waktu yang paling akhir. Lalu bagaimana dengan ruang? Ruang adalah dimensi yang menunjukan kedudukan dari tiap individu. Di dunia ruang dapat diketegorikan pula sebagai salah satu indicator eberadaan. Oleh karena iti awal dunia itu ada ketika ada ruang, dan ketika ruang hancur maka tiadalah dunia.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Ada batasan dalam berfilsafat, yakni nilai spiritual. Begitu halnya mendefinisikan awal dan akhir dunia dengan memanipulasi ruang waktu. Dunia ini memiliki awal karena Tuhan. Begitu juga dengan akhir dunia, Tuhanlah yang memutuskan. Karena itu ruang dan waktu yang kita miliki yang diberikan oleh Tuhan, hendaklah kita pergunakan sebaik-baiknya untuk Tuhan.

    ReplyDelete
  20. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Tiadalah awal yang sebenar-benarnya awal, dan tiadalah sebenar-benar akhir kecuali kiamat/hari akhir yang menjadi rahasia Allah. Ada awal sebelumnya yang mendahului awal. Kelahiran adalah awal, namun ada awal sebelum kelahiran, yakni ditiupnya ruh. Ruh adalah awal, namun masih ada awal sebelumnya lagi, yakni diciptakannya langit dan bumi, dan seterusnya. Begitu juga dengan akhir. Maka tiadalah manusia yang mampu mengetahui awal dan akhir sesungguhnya, kecuali Allah SWT.

    ReplyDelete
  21. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Tidak ada yang tetap dan bisa dimanipulasi apapun itu jika sudah bersentuhan dengan ruang dan waktu. Semuanya akan bertansformasi menjadi berbeda dan bergerak dinamis. Ada satu dzat yang tidak bisa dimanipulasi, yaitu kekuasaan Allah SWT. Awal yang menjadi akhir dan akhir yang menjadi awal, semua hanya Allah SWT yang tahu sesuai dengan ketetatapan yang Allah SWT inginkan. Baik atau Buruk akhirannya tergantung dari apa yang kita perbuat semasa hidup. Maka dengan awal dan akhir waktu, marilah kita semakin giat untuk memperbaiki diri agar mendapat akhir yang indah. Semoga kita senantiasa berbuat kebaikan dan dijauhkan dari keburukan dunia. Amiin.

    ReplyDelete
  22. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Awal dan akhir dunia seorang manusia adalah saat dia lahir dan saat dia meninggal. Bagaimana prosesnya, dimana lokasinya, dan kapan waktunya pun tidak ada manusia yang tahu, kecuali ia telah melewatinya. Tapi, masih ada dunia lain yang harus seorang manusia lewati. Awal dan akhir dunia yang sesungguhnya tidak ada satu manusia pun yang tahu. Semua adalah kuasa Allah. Yang menjadi tugas manusia adalah beribadah kepada Allah, untuk bekal di dunia selanjutnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan elegi diatas, mahasiswa diminta memanipulasikan ruang dan waktu untuk mendefinisikan awal dan akhir dunia. Awal adalah kondisi setelah akhir dan akhir adalah kondisi setelah awal. Awal dan akhir merupakan pasangan sejati, dimana ada awal disitulah ada akhir yang menunggu dan dimana ada akhir maka disitu pulalah akan ada awal. Saya akan mencoba memanipulasikan waktu di ruang kelas. Saat kita masuk ke ruang kelas dalam waktu yang telah ditentukan, kita akan masuk ke awal pembelajaran namun mengakhiri waktu sebelum pembelajaran. Saat kita masuk ke awal tahap inti pembelajaran, kita telah mengakhiri tahap pendahuluan. Saat awal tahap konfirmasi, kita baru saja melewati akhir tahap inti pembelajaran. Begitupun jika di balik. Saat kita melewati akhir sebelum pembelajaran, kita baru saja masuk ke awal pembelajaran. Saat kita melewati akhir pendahuluan, kita baru saja masuk awal tahap inti pembelajaran. Saat kita melewati akhir tahap inti pembelajaran, kita baru saja masuk tahap konfirmasi. Dan seterusnya. Sehingga, jika kita telah memasuki tahap akhir, maka kita akan masuk tahap awal suatu kejadian dan kondisi lainnya. Jika kita mengawali suatu peristiwa, sejatinya kita telah mengakhiri peristiwa lainnya. Begitulah awal dan akhir dunia.

    ReplyDelete