Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 9: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 2




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikan Ruang dan Waktu sehingga anda bisa mendefinisikan Awal dan Akhir Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

10 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dengan memanipulasi ruang dan waktu sehingga kita bisa mendefinisikan awal dan akhir dunia. Misalkan kita hilangkan ruang maka kita bisa melihat segalanya tanpa batasan artinya disana sama dengan di sini. Misalkan kita hilangkan waktu. Dulu, sekarang, besok akan menjadi sama. Lahirnya tadi, hidupnya tadi, matinya juga tadi. Dalam kehidupan manusia di dunia yang bersifat tidak kekal, ada yang disebut sebagai awal dan akhir. Awalnya ketika manusia dilahirkan, dan akhirnya ketika manusia meninggal lalu dibangkitkan pada hari kiamat dan inilah sebenar-benar awal dari kehidupan akhirat yang kekal.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya memanipulasikan ruang dan waktu sama dengan dengan menggap bahwa dunia ini seperti garis kehidupan dari awal sampai akhir zaman, seperti zaman saat ini yang disebut dengan pos modern. Dimana yang berada dibumi adalah bayangan dari prinsip yang ada dilangit. Maka dari itu berusahalah mencapai logos agar dapat menembus ruang dan waktu yang di iringi dengan mitos kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Apabila kita menyadari kehidupan, maka awal dari dunia adalah ketika kita pertama kali melihat dunia yaitu ketika kita dilahirkan, sedangkan akhir dari dunia adalah ketika kita kembali kepada Sang Pencipta. Namun dengan memanipulasi ruang dan waktu sehingga kita dapat mendefinisikan awal adalah saat-saat kita mulai menanam benih kebaikan dan akhir dari hidup kita adalah saat kita mulai menikmati hasil dari kebaikan itu yaitu berupa rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan.

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Kembali dengan memanipulasikan ruang dan waktu. "Memanipulasikan ruang dan waktu untuk bisa mendefinisikan awal dan akhir dunia".
    Tiadalah di dunia ini yang lepas dari ruang dan waktunya. Melihat dunia dari sudut "ruang" saja akan membawa kita memahami "ruang" yang sama sepanjang masa, tanpa akhir. Mengamati dunia dari kacamata "waktu" saja, membuat kita akan disuguhi hamparan tak bernama dan tak bersekat. Sesuatu yang hampa, tanpa sekat, selalu sama dan tidak berubah akan menjadikan kita sebagai makhluk yang bingung, yaitu bingung mencari awal dan bingung menentukan akhir. Maka dunia tanpa "ruang" dan "waktu" adalah dunia yang tanpa awal dan tanpa akhir. Maka awal dan akhir adalah ruang dan waktu itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Awal dan akhir adalah relatif. Awalku bisa jadi akhir untukmu, awalmu bisa jadi akhir untukmu. Semua tergantung ruang dan waktu. Ketika awal sesuai dengan ruang dan waktu maka tak ada lagi awalku atau awalmu, tapi awal kita yang sama dalam ruang dan waktu. Ketika akhir sesuai dengan ruang dan waktu maka tak ada lagi akhirku atau akhirmu, tapi akhir kita yang sama dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  6. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Awal dan akhir tidak akan berhenti, selalu berputar dan terus berputar, jika awal dimulai akan ada akhir, tetapi tidak berhenti sampai disini saja, akan ada awal baru yang akan datang, begitupun akhir. Maka, jika kita berpikir dan bertindak sesuai dengan ruang dan waktu, kita akan mengawali aktifitas kita dengan berdoa, dan akhir dari aktifitas itu juga dengan doa. Sehingga definisi awal dan akhir dunia menurut saya adalah doa.

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Memanipulasi ruang dan waktu sehingga kita menemukan definisi awal dan akhir dunia. Akhir adalah awal dan awal adalah proses menuju akhir. Awal dan akhir duniaku belum tentu akhir dan awal duniamu, pula belum tentu awal dan akhir dunia mereka maka awal dan akhir kehidupan tergantung bagaimana pandangan seseorang, tergantung definisi seseorang. Namun, jika melihat pada kontek ruang dan waktu spiritual bahwa awal dunia seseorang adalah kelahiran serta akhir kehidupan dunia merupakan akhir hidup menuju alam lain. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  8. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Awal dan akhir merupakan dua kata yang saling berlawanan dalam bahasa Indonesia. Tetapi ternyata awal bisa menjadi akhir dan akhir bisa menjadi awal. Sebenar-benar awal adalah akhir dan sebenar-benar akhir adalah awal. Terkadang awal dan akhir tak bisa dibedakan mana yang awal dan mana yang akhir. Terkadang sulit pula mendefinisikan awal, karena setiap awal dari sesuatu pasti masih ada yang mengawalinya begitu seterusnya. Demikian juga akhir, setiap akhir dari sesuatu pasti ada pula yang mengikutinya dengan akhir yang lain begitu seterusnya. Agar awal dan akhir dapat didefinisikan maka perlu memanipulasikan ruang dan waktu. Membatasi ruang dan waktunya. Awal dan akhir di ruang dan waktu yang mana yang akan dibatasi.

    ReplyDelete
  9. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Memanipulasi ruang dan waktu untuk mendefinisikan awal dan akhir. Suatu definisi itu merupakan objek pikir manusia, sedangkan ruang dan waktu merupakan wadah untuk manusia dapat mendefinisikan objek pikir tersebut. Jika kita renungkan awal dan akhir itu merupakan dimana dan kapan kita menggunakannya. Awal seorang siswa yaitu ketika dia mulai masuk ke sekolah SMP, dan akhirnya yaitu ketika dia menyelesaikan sekolah SMA. Namun. jika kita lihat disisi sebaliknya, mungkin saja Ketika siswa menyelesaikan sekolah SMA bukanlah akhir dari sekolahnya, akan tetapi merupakan awal dari pendidikan yang lainnya. JAdi, awal dan akhir itu bersifat relatif, sehingga kita harus bijak dalam menggunakannya sesuiakan dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami manusia merupakan makhluk yang terbatas dalam pengetahuannya, dan terikat dengan ruang dan waktu. Bahkan pemahamannya dalam memahami ruang dan waktu pun terikat oleh ruang dan waktu. Dunia seseorang adalah pikiran orang itu sendiri. Sehingga menurut sepemahaman kami awal waktu dari seseorang adalah awal mula dia mampu menggunakan pikirannya, sedangkan akhir waktu dari seseorang adalah ketika dia sudah tidak mampu lagi akan menggunakan pikirannya.

    ReplyDelete