Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 9: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 2




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P Matematika:

Manipulasikan Ruang dan Waktu sehingga anda bisa mendefinisikan Awal dan Akhir Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

9 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Ruang dan waktu itu mencakup segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Anggap dunia merupakan ruang dan kesempatan manusia untuk hidup di dunia ini merupakan waktu yang diberikan Tuhan agar manusia menyadari betapa terbatasnya ruang dan waktu yang mereka miliki. Ketika manusia dilahirkan dalam ruang dunia dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan pada saat itu pula manusia menjalani waktu nya yang terbatas dalam ruang dunia sampai pada saatnya setiap manusia menemui akhirnya masing-masing untuk kembali lagi kepada Tuhan dengan segala kebaikan dan keburukan yang mereka peroleh selama di dunia.

    ReplyDelete
  2. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Sebenarnya manusia tidak akan pernah mengetahui kapankah itu awal dan kapankah itu akhir. Awal dan akhir ini relatif, tergantung bagaimana sudut pandang kita dan bagaimana cara kita menyikapinya. Misalnya “kelulusan”,kelulusan bisa dikatakan sebagai akhir dari suatu studi, tetapi kelulusan dapat pula dikatakan sebagai awal untuk memasuki dunia kerja. Bahkan sebuah “kelahiran” tidak selalu dikatakan sebagai awal, kelahiran bisa saja dianggap sebagi akhir, misalnya untuk seorang ibu yang mengandung. Dan “kematian” tidak selalu menjadi akhir, karena kematian justru awal kehidupan kita yang kekal.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Semua dapat diketahui awal dan akhirnya tergantung pada ruang dan waktu. Misalnya, di ruang kuliah kita memulai belajar dengan ber’doa terlebih dahulu dan nanti mengakhiri dengan berdo’a kembali. Maka pada waktu perkuliahan ada waktu awal dan akhir. Dalam ruang rapat juga ada awal dan akhir rapat. Untuk perjanjian, kesepakatan juga ada awal dan akhirnya. Namun untuk awal dan akhir perputaran jam kita tidak mengetahui awal dan akhirnya. Jadi, dengan memanipulasi ruang dan waktu kita dapat mengetahui awal dan akhir dunia.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Kehidupan di dunia ini tidak bisa terlepas dari ruang dan waktu. Definisi awal dan akhir dengan memanipulasikan ruang dan waktu tentu saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Akhir bisa saja menjadi awal dari sesuatu, dan awal bisa saja menjadi akhir dari sesuatu. Misalnya awal dunia menurut saya adalah ketika setiap manusia itu lahir ke dunia, namun itu juga menjadi akhir kehamilan seorang ibu. Sedangkan akhir dunia menurut saya adalah ketika setiap manusia akan bertemu dengan ajalnya atau kematiannya, kembali kepada sang penciptanya yaitu Allah, namun ini bisa juga menjadi awal memulai kehidupan yang abadi di akhirat.

    ReplyDelete
  5. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dimana ada pertemuan di situlah ada perpisahan. Begitu juga dunia ini. Tidak ada yang kekal abadi di dunia ini. Oleh karena itu pasti ada awal dari kehidupan di dunia dan juga ada akhirnya. Pada awal nya manusia memasuki tahapan kehidupan pertama, yaitu di dalam janin ibu. Kita tidak tau pasti jam, menit dan detik berapa janin tersebut muncul dan tumbuhlah hingga memiliki roh sendiri di dalam ruang yang diluar akal manusia, namun sudah menjadi kekuasan – Nya menjadikan sesuatu yang mustahil menjadi nyata, kemudian berpindahlah dari janin menjadi bayi kecil ke dunia dengan ruang dan waktu yang berbeda dari sebelumnya, membutuhkan adaptasi dari awal kehidupan yaitu kelahiran hingga akhir kehidupan yaitu kematian. Lanjut ke tahap berikutnya yaitu kesendirian di alam kubur, roh yang hanya ditemani amal ibadah dimana tidak mengetahui sampai kapan waktu ini berakhir, dan ruang baru yang bagaimana lagi yang akan dihadapi berikutnya. Ini lah beberapa jalan menuju ruang dan waktu yang kekal tanpa batas, yaitu surge dan neraka. Ruang dan waktu tersebut tiadalah satu manusia, bahkan malaikat sekalipun mengetahui, hanya Allah Yang Maha Besar yang mengetahui semuanya.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Konsep ruang dan waktu yang mutlak dicoba untuk diuji kebenarannya oleh einstein. Berangkat dari dua asumsi, yaitu asas relativitas kedua asas kecepatan cahaya yang konstan. Menurut asas relativitas tidak mungkin untuk membedakan satu sistem dengan sistem yang lain jika kedua-duanya bergerak dengan kecepatan tetap. Sebagai contoh seseorang yang berada dalam gerbong kereta api yang diam kemudian melihat kereta api lain yang bergerak melalui jendela, maka orang itu tidak akan yakin kereta api mana yang sebenarnya bergerak sampai melongok sendiri ke luar jendela. Artinya baik mekanika maupun elektromagnetik, berlaku tanpa perubahan dalam setiap kerangka yang kecepatannya tetap. Asumsi kedua,kecepatan dalam ruang kosong selalu tetap, bebas dari gerakan sumber cahaya maupun pengamat. Kedua asumsi tersebut mengantarkan pada dua kesimpulan, pertama, yaitu dua peristiwa yang terjadi serempak dalam satu kerangka acuan belum tentu terjadi serentak dalam kerangka acuan yang lain. Kedua terjadi penyusutan panjang benda dan dilasi waktu ketika benda tersebut menempuh perjalanan dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Dengan teorinya itu berarti Einstein secara radikal merombak pengertian ruang dan waktu mutlak. Ruang dan waktu tidak mutlak lagi atau dengan kata lain menjadi relatif. Atas kekonsistennya, Einstein berhasil mengantarkan suatu cara pandang mengenai alam semesta yang samasekali baru dengan teori relativitas khususnya ini. Setelah terbukti einstein mencoba lagi membuktikan prinsip relativitas umum, yakni bahwa hukum-hukum fisika akan sama untuk semua pengamat. Tepatnya antara tahun 1905 sampai 1916 einstein membuktikan bahwa hukum-hukum fisika itu akan sama dalam kerangka acuan percepatan. Dia mengakui pentingnya hubungan antara gerak percepatan dan gravitasi, dan selanjutnya menunjukkan bagaimana gravitasi dapat mempengaruhi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Desy DwI Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan matematika Kelas C 2016

    Ketika dikaitkan antara ruang dan waktu dengan awal dan akhir dunia, maka saya meyakini bahwa selalu ada awal dan akhir dari pembentukan sesuatu, tidak terkecuali pembentukan dunia. Dunia yang luar biasa ini tidak serta merta ada, selalu ada awal begitu pula ada saatnya dunia akan berakhir. Terkait ruang dan waktu saya memandang bahwa dunia adalah ruangnya, awal dan akhirnya itu adalah waktu.

    ReplyDelete
  9. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Awal dan akhir adalah keadaan yang tergantung terhadap ruang dan waktu subyeknya. Memanifulasi ruang dan waktu adalah sebuah keadaan yang ada dan mungkin ada. Awal dan akhir dunia selalu ada tiap hari dalam kehidupan kita. Sebagai contoh awal masuk kelas jam pelajaran dimulai dan akhir jam pelajaran selesai. Ini adalah salah satu contoh awal dan akhir dunia namun dalam ruang dan waktu belajar di kelas. begitu juga dengan awal dan akhir ketika masuk dan lulus kuliah. Namun itu merupakan ruang dan waktu dalam proses perkuliahan. Untuk melewati ruang dan waktu ini diperlukan pengetahuan normatif-formal, spiritual-material, absolut-falibilish, dan lainnya sampai dengan ilmu dunia-akhirat.

    ReplyDelete