Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P Sain:

Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain.

Tulislah jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

4 comments:

  1. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Pascasarjana Pendidikan Matematika 2016/ Kelas C

    Obyek dari Filsafat Pendidikan Sain adalah semua yang ada dan yang mungkin ada dalam Pendidikan Sain. Dalam hal ini, filsafat sain dan pendidikan sain berbea. Filsafat pendidikan sain berkaitan dengan pembelajaran sain. Maka obyek formal filsafat pendidikan sain adalah mengenai metode atau cara dalam pembelajaran sain, misalnya penelitian ilmiah, percobaan di laboratorium dan cara guru mengajar sain. Sedangkan obyek material nya berupa siswa, guru, referensi ilmiah dan sebagainya.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan sain meliputi pendidikan IPA, fisika, dan kimia. Sama halnya dengan objek filsafat pendidikan matematika maka objek formal pendidikan sain yaitu tentang bagaimana belajar mengajar sain. Sedangkan objek materialnya adalah sain itu sendiri atu sama dengan objek sain. Misalkan pendidikan IPA maka objek materialnya adalah materi IPA begitupun dengan pendidikan fisika dan kimia.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Epistemologi dalam obyek ilmu pendidikan dapat dibedakan menjadi obyek formal dan material. Obyek formal menjadi keseluruhan ruang lingkup riset pendidikan sain sehingga obyek formalnya seperti apa hakikat ilmu pengetahuan sain, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah, dan apa fungsi ilmu sain itu bagi manusia. Obyek material berkenaan dengan aspek-aspek yang menjadi penyelidikan langsung ilmu pendidikan sain seperti pengetahuan sain yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Objek material dalam filsafat pendidikan sains adalah pendidikan sains atau subject matter dari pendidikan sains meliputi tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik dan institusi pendidikan, sementara objek formal dalam filsafat pendidikan sains adalah pendekatan filosofis. Misalnya psikologi dan antropologi adalah dua disiplin ilmu yang berbeda. Keduanya memiliki objek material yang sama yaitu manusia sedangkan objek formal pada psikologi adalah pikiran atau kejiwaan sebagai dan objek formal pada antropologi adalah artefak manusia sebagai pendekatannya. Dua disiplin ilmu mungkin memiliki objek material yang sama persis namun tidak ada dua disiplin ilmu yang memiliki objek formal yang sama. Inilah yang dinamakan objek formal sehingga membuah suatu disiplin ilmu unik dan berbeda dengan yang lainnya (Okogbuo & Hons, 2015).

    ReplyDelete