Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P Sain:

Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain.

Tulislah jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan mengenai identifikasi obyek material dan obyek formal dari filsafat pendidikan sains. Obyek material dari filsafat pendidikan sains adalah pengetahuan sains atau pengetahuan alam itu sendiri. Pengetahuan sains adalah pengetahuan yang dilandasi oleh metode ilmiah, sehingga kebenarannya dapat ditelusuri dan dipertanggungjawabkan. Sedangkan obyek formal filsafat pendidikan Sains adalah sudut pandang dan cara pendekatan kita terhadap obyek material filsafat pendidikan sains tersebut.
    Demikian jawaban saya, saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam berkomentar karena keterbatasan ilmu yang saya miliki.

    ReplyDelete
  2. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Objek formal dari filsafat pendidikan sain adalah cara memandang dan berpikir terhadap objek material filsafat pendidikan sain. Sudut pandang dari mana menelaah objek materialya. Objek formal dari filsafat pendidikan sain menurut saya adalah hakikat pendidikan sain, bagaimana cara memperoleh kebenarannya, dan apa fungsi pendidikan sain bagi manusia. Sedangkan objek material filsafat pendidikan sain adalah pengetahuan itu sendiri berupa pengetahuan yang terususn secara sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Objek material filsafat pendidikan terdiri dari sesuatu yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  3. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Objek dari pendidikan sain adalah semua yang ada di dunia ini, karena pendidikan sain meliputi kehidupan dari semua makhluk hidup. Untuk objek formalnya ialah segala aturan atau hukum-hukum yang mengatur tentang objek tadi. Hukum tersebut biasanya ditemukan oleh ahli-ahli sain seperti Newton, Keppler, dll. Maka semua yang ada di alam dan dapat dipelajari adalah objek material dari pendidikan sain. Sain itu adalah meneliti dari suatu fenomena, atau mempelajari dan mencari informasi dari sesuatu hal. Yang tadinya abstrak kemudian dibuktikan kebenarannya melalui penelitian, dimulai dari pengamatan, kemudian mencari informasi yang ada sehingga membentuk pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sains dan filsafat keduanya saling memiliki keterkaitan. Tidak hanya perkembangan sains yang dipengaruhi oleh filsafat, namun perkembangan filsafat juga dipengaruhi oleh sains. Sains membantu filsafat dalam mengembangkan sejumlah bahan-bahan deskriptif dan factual serta esensialbagi pemikiran filsafat, sains mengoreksi filsafat dengan jalan menghilangkan sejumlah ide-ide yang bertentangan dengan pengetahuan ilmiah.

    ReplyDelete
  5. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Filsafat pendidikan sains adalah filsafat yang berkaitan dengan pensisikan sains atau ilmu pengetahuan alam. Objek material filsafat pendidikan sains adalah fakta-fakta, prinsip-prinsip, model-model, hukum-hukum alam, dan berbagai teori yang membentuk semesta pengetahuan ilmiah. Sedangkan objek formal pendidikan sains adalah ontologi pendidikan sains, epistomologi pendidikan sains, dan aksiologi pendidikan sains. Ontologi pendidikan sains merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakekat dan struktur sains. Hakikat sains menjawab pertanyaan apa sains itu sebenarnya, dan struktur sains menjelaskan tentang cabang-cabang sains. Epistimologi pendidikan sains menjelaskan tentang objek pengetahuan sains, cara memperoleh pengetahuan sains, cara mengukur benar tidaknya pengetahuan sains. Aksiologi pendidikan sains membahas tentang kegunaan sains, cara sains menyelesaikan masalah, dan netralitas sains.

    ReplyDelete
  6. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Filsafat Pendidikan Sain memiliki obyek formal dan obyek material. obyek formal yaitu obyek yang dipahami oleh banyak orang dengan pemahaman yang sama, sehingga bisa dikatakan bahwa obyek formal dari filsafat pendidikan sains adalah obyek yang sudah disepakati atau diatur seperti pendidikan sains. Pendidikan sains sudah diformalkan oleh kata pendidikannya karena pendidikan merupakan sesuatu yang sudah diatur. Sedangkan obyek material dari filsafat pendidikan sains adalah sains itu sendiri, artinya bahwa sains suatu material yang dikaji dan dimasukkan dalam suatu pendidikan. Jadi hal material dahulu barulah bisa dijadikan formal. Namun jika diaplikasikan dalam belajar maka formal dan materialnya juga akan berkembang ke hal pembelajarannya.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Pendidikan sains dan matematika merupakan ilmu yang saling berkaitan itu dapat di satu rumpunkan hingga dapat saling menunjang satu sama lain dalam penyajiannya ataupun pengembangannya. Objek pendidikan sains dan matematika antara lain: objek formalnya berupa metode yang digunakan dalam belajar mengajar sain, sedangkan obyek material nya berupa siswa, guru, referensi ilmiah dan sebagainya.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Objek material dari pendidikan sains adalah pengetahuan yang secara sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya berdasarkan penelitian yang relevan dan berifat obyektif. Objek ini dapat berupa teori maupun riset-riset dibidang sains. Objek formal adalah bagaimana pemaknaan dari objek material yang bersesuaian, bagaimana pengujian kebenaraan dari objek formalnya dan metode penelitiannya.

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Menurut saya, obyek formal dari filsafat pendidikan sains adalah benda-benda yang mencakup semua yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan kita. Benda-benda yang dimaksud adalah benda yang konkret yang melalui proses abstraksi, seperti obyek yang dipikikan oleh dirinya. Secara formal obyek ini berupa benda-benda pikir hasil dari kegiatan berpikir yang memandang sifat dari benda tersebut sempurna. Sehingga obyek fomal ini obyek yang banyak dipahami oleh kebanyakan oang pada umumnya. Sedangkan obyek material dari filsafat pendidikan sains adalah benda nyata yang berada pada lingkungan sekitar kita, yang digunakan sebagai aplikasi dari obyek fomal. Misalnya segala yang ada pada tubuh kita, itu semua adalah termasuk obyek material dari ilmu sains, yang mencakup hewan, tumbuhan, dan juga seluruh isi alam ini bisa dikatakan sebagai obyek material dari sains.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Filsafat dan sains memiliki beberapa kesamaan, di antaranya adalah keduanya menunjukkan metode berfikir reflektif dalam menghadapi fakta-fakta dunia dan hidup, keduanya menunjukkan sikap kritis dan terbuka, serta memberikan perhatian yang tidak berat sebelah terhadap kebenarannya, dan juga keduanya tertarik terhadap pengetahuan yang terorganisasi dan tersusun secara sistematis.

    ReplyDelete
  11. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Filsafat sains adalah bidang sains yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. objek material filsafat sains memiliki objek yang empiris. sedangkan objek formal dari filsafat sains yaitu mencari keterangan yang sedalam-dalamnya tentang objek materi filsafat (yakni segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada)

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  12. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Obyek material pada pendidikan sains adalah pengetahuan sains itu sendiri yang mencakup semua yang ada dalam pikiran maupun kenyataan yang berkaitan dengan pendidikan sains. Sedangkan obyek formal pendidikan sains berarti sudut pandang subyek dalam menelaah obyek material pendidikan sains atau sudut pandang pada pembentukan pengetahuan pendidikan sains.

    ReplyDelete
  13. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Objek material pada filsafat pendidikan sains adalah sains itu sendiri. Sains meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Fakta-fakta, kejadian alam yang jumlahnya beragam, semua itu dapat dipelajari melalui sains. Sehingga objek material pada pendidikan sains adalah semua yang ada dan yang mungkin ada yang dibingkai dalam bingkai sains.

    ReplyDelete
  14. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Karena objek material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, maka objek material pendidikan sains adalah ilmu sains itu sendiri yang telah disusun secara sistematis dengan metode serta kajian kajian di dalamnya sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Objek formalnya adalah bagaimana pengetahuan sains didapatkan, bagaimana hubungannya dengan kehidupan, serta apa manfaat mempelajarinya.

    ReplyDelete
  15. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Objek formal dari pendidikan sain adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Objek formal pendidikan sains adalah hakikat (esensi) dari pendidikan sains itu sendiri. Bagaimana memandang sains dan aturan-aturan di dalamnya. Sedangkan objek material pendidikan sains berupa semua benda konkret (nyata) dan fenomena-fenomena alam yang dapat dilihat.

    ReplyDelete
  16. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Obyek filsafat dalam ilmu pengetahuan terbagi dua, yaitu obyek material dan obyek formal. Obyek material adalah segala yang ada, mencakup yang tampak (ada) dan yang tidak tampak (mungkin ada). Ada yang tampak adalah dunia empiris sedangkan ada yang tidak tampak adalah alam metafisika. Lain halnya dengan obyek formal. Obyek formal filsafat merupakan sudut pandangan yang menyeluruh, secara umum sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya (Lasiyo dan Yuwono, 1985: 6). Maka dapat terlihat perbedaannya dengan jelas bahwa obyek material filsafat merupakan sebagai bahan yang menjadi tinjauan pembentukan pengetahuan oleh suatu disiplin ilmu yang mencakup hal konkret ataupun abstrak. Sedangkan Objek formal filsafat ilmu tidak terbatas pada kemampuan indrawi saja, melainkan seluruh hakikat baik yang nyata maupun yang abstrak.

    ReplyDelete