Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P Sain:

Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain.

Tulislah jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

11 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Obyek filsafat dalam ilmu pengetahuan terbagi dua, yaitu obyek material dan obyek formal. Obyek material adalah segala yang ada, mencakup yang tampak (ada) dan yang tidak tampak (mungkin ada). Ada yang tampak adalah dunia empiris sedangkan ada yang tidak tampak adalah alam metafisika. Lain halnya dengan obyek formal. Obyek formal filsafat merupakan sudut pandangan yang menyeluruh, secara umum sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya (Lasiyo dan Yuwono, 1985: 6). Maka dapat terlihat perbedaannya dengan jelas bahwa obyek material filsafat merupakan sebagai bahan yang menjadi tinjauan pembentukan pengetahuan oleh suatu disiplin ilmu yang mencakup hal konkret ataupun abstrak. Sedangkan Objek formal filsafat ilmu tidak terbatas pada kemampuan indrawi saja, melainkan seluruh hakikat baik yang nyata maupun yang abstrak.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sains pada prinsipnya merupakan suatu usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense, suatu pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari dan dilanjutkan dengan suatu pemikiran secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode yang biasa dilakukan dalam penelitian ilmiah, observasi, eksperimen, survey, studi kasus dan lain-lain. Sains merupakan suatu metode berpikir secara objektif. Tujuannya menggambarkan dan memberi makana pada dunia yang faktual. Sains adalah gambaran yang lengkap dan konsisten tentang berbagai fakta pengalaman dalam suatu hubungan yang mungkin paling sederhana (simple possible terms). Sains dalam hal ini merujuk kepada sebuah sistem untuk mendapatkan pengetahuan yang dengan menggunakan pengamatan dan eksperimen untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena – fenomena yang terjadi di alam . Perbedaan yang paling mendasar antara filsafat dan sains adalah cara mengambil kesimpulan. Filsafat berusaha mencari kebenaran atas suatu hipotesa hanya dengan kekuatan berfikir. Sains bertumpu pada data-data yang telah diambil dan diverifikasi. Oleh karena itu keluaran yang dihasilkan juga berbeda tipe. Teori-teori keluaran filsafat bersifat Kualitatif dan Subjektif. Sedangkan sains menghasilkan output yang Kuantitatif dan Objektif.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan sains mestinya memberikan andil dalam perkembangan iptek dari waktu ke waktu. Pengenalan berbagai organisme yang berguna diperlukan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena yang dikenal manusia banyak, pengetahuan tersebut perlu dikelompokkan sehingga berkembang taksonomi dan sistematik. Selanjutnya manusia mempelajari biofungsi, bioperkembangan, dan bioteknologi. Manusia memperoleh banyak manfaat dari semua itu, tetapi pendidikan sains perlu membekali biomanajamen dan bioetika agar penerapan pengetahuan di lingkungannya membawa arah pemberdayaan berkelanjutan. Seyogianya pendidikan sains memberi siswa bekal keterampilan, pengetahuan dan persepsi yang dilandasi kesadaran akan pentingnya etika dalam mengolah bahan di lingkungannya. Manusia hendaknya menjadi pemelihara keanekaragaman dan fungsi lingkungan agar manusia tetap dapat mengambil manfaat dari keanekaragaman dan lingkungan tetap dapat mendukung kehidupan manusia pada masa kini, maupun pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  4. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana hubungan pendidikan dengan sains, bagaimana cara mempelajari dan mengajarkan sains dengan baik dan benar, baik pada instusi pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan untuk pengajaran Sains perlu dan dapat dimuati unsure pembentukan karakter melalui pengembangan sikap ilmiah (scientific attitude). Beberapa jenis sikap ilmiah yang dapat dikembangkan melalui pengajaran sains antara lain meliputi: curiosity (sikap ingin tahu), respect for evidence (sikap untuk senantiasa mendahulukan bukti), flexibility (sikap luwes terhadap gagasan baru), critical reflection (sikap merenung secara kritis), sensitivity to living things and environment (sikap peka/ peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan). Cara pengajaran dapat diintegrasikan dengan penyisipan dan penanaman nilai-nilai sains di dalamnya. Nilai-nilai yang dimaksud antara lain adalah nilai praktis, nilai intelektual, nilai religius, nilai sosial-ekonomi, dan nilai pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Seperti komentar saya pada pertanyaan 14 mengenai obyek material dan obyek formal filsafat pendidikan matematika, yang dimaksud dengan obyek material filsafat adalah segala yang ada dan mungkin ada, sedangkan obyek formal filsafat adalah sudut pandang dari mana sang subyek menelaah obyek materialnya. Obyek material dalam pendidikan sains adalah semua sifat-sifat dari makhluk hidup dan proses kehidupannya, benda dan sifat-sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan alam semesta. Sifat-sifat tersebut melingkupi yang ada dan mungkin ada. Misalnya sifat makhluk hidup, bagaiamana ia bernafas, bergerak, berkembang biak, makan, atau bahkan kapan ia meninggal, sedih, senang, dll. Sedangkan obyek formalnya, sifat makhluk hidup seperti manusia hanya dibahas sebatas bagaimana dia bernafas, berkembang biak, makan, dan menanggapi rangsang, tidak termasuk sifat sedih dan bahagia yang mereka rasakan.

    ReplyDelete
  6. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    sama seperti jawaban saya pada objek formal dan objek material dalam filsafat matematika, sama seperti objek formal dan objek material dalam filsafat di ilmu sains, yaitu berupa wadah dan isinya. terutama di dunia pendidikan, yang mengkhususkan bagaimana cara mendidik siswa dengan baik. maka dapat dilihat apa yang menjadi wadah dan apa yang menjadi isinya, yaitu metode pembelajaran dan esensi dari ilmu sains itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum WR.Wb

    Objek material adalah apa yang dipelajari dan dikupas sebagai bahan (materi) pembicaraan. Objek material adalah objek yang di jadikan sasaran menyelidiki oleh suatu ilmu, atau objek yang dipelajari oleh ilmu itu. Objek formal adalah cara pendekatan yang dipakai atas objek material, yang sedemikian khas sehingga mencirikan atau mengkhususkan bidang kegiatan yang bersangkutan. Jika cara pendekatan itu logis, konsisten dan efisien, maka dihasilkanlah sistem filsafat ilmu. Sehingga dapat dipastikan pada hakikatnya objek material dan objek formal merupakan bentuk dari konsistensi terbentuknya sebuah sain.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Mohon maaf, Prof. Bukan bermaksut untuk menarik persamaan dan menggeneralisasikan. Apakah telaah tentang obyek formal dan obyek material filsafat sain menggunakan sudut pandang yang sama dengan telaah obyek formal dan material segala bentuk filsafat, termasuk filsafat pendidikan matematika?
    Mohon ijin, pada pendapat saya kali ini saya menggunakan telaah dan komentar saya terkait obyek material dan obyek formal pendidikan matematika, dengan sedikit modifikasi (karena tidak saya tuangkan dengan bahasa dan penyampaian yang persis sama). sebenarnya terlalu berani memang. Saya terlalu percaya diri menggunakan pendapat saya sebelumnya (terkait obyek formal dan material pendidikan matematika) yang saya sendiri tidak tahu pasti apakah pendapat saya benar atau salah. Bismillah. Mohon ijin, saya akan mencoba

    Objek material filsafat sain adalah segala sesuatu yang berwujud dalam bidang sain, yaitu segala sesuatu yang ada dan mungkin ada. Di dalamnya terdapat materi konkret dan fisik, maupun material abstrak terkait dengan bidang sain yang menjadi obyek kajian filsafat. Obyek material filsafat pada bidang sain menurut saya adalah ilmu pengetahuan tentang sains itu sendiri, yang telah diperoleh dan dibangun melalui metode ilmiah. Di dalamnya terdapat metode pembelajaran sain, sudut pandang sain dalam menghadapi dunia pendidikan, dan lain-lain
    Sedangkan obyek formal sain terdiri atas hakikat sain, pentingnya mempelajari sain, bagaimana etika belajar sain, dan lainnya.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Seperti halnya pada filsafat pendidikan matematika. Pada dasarnya objek formal merupakan isi yakni hakikat tentang suatu objek itu, pemikiran tentang apa sejatinya obyek yang dikaji dan dalam hal ini objek formal pendidikan sains merupakan kajian tentang apa sebenarnya sains , bagimana manfaat dan peran sains dalam kehidupan ini. Jika di aplikasikan dalam proses pembelajaran objek pendidikan sains merupakan segala materi yang akan disampaikan kepada siswa dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Sedangkan, objek material pendidikan sains berkaitan wadahnya yaitu segalan benda kongkrit yang mendukung adanya objek formal seperti sarana prasarana, lingkungan sebagai alat peraga . dengan memahami objek formal dan objek material semoga kita dapat belajat dengan lebih terarah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami dalam pendidikan sains objek materialnya adalah materi-materi atau konsep-konsep, prinsip-prinsip yang berlaku dalam dunia sains, seperti bagaimana tingkah laku suatu makhluk hidup, bagaimana ciri-ciri suatu makhluk hidup, dsb. Sedangkan objek formal, sepemahaman kami formal adalah suatu yang berkaitan dengan hukum, undang-undang, dan peraturan, maka objek formal dari pendidikan sains tidak lain merupakan segala peraturan dan undang-undang yang berlaku dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pendidikan sains itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    forum tanya jawab ini, hampir sama dengan forum tanya jawab ke 14, mengenai Filsafat Pendidikan Matematika, objek formal dan objek material menurut filsafat dalam pembelajaran matematika. Hanya saja pada forum ini menitik beratkan pada ilmu sains. Objek formal dari filsafat pendidikan sains adalah sudut pandang sesorang untuk membentuk pengetahuan ilmu sains, pada sudut pandang manapun. Sedangkan objek material dari filsafat pendidikan sains adalah sudut pandang seseorang untuk ditinjau dalam pembentukan pengetahuan dibidang sains. Hanya itu saja yang membedakan dengan pendidikan matematika. Intinya sama saja.

    ReplyDelete