Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P Sain:

Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain.

Tulislah jawaban anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

23 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    berdasarkan definisi yang saya ambil dari salah satu sumber, definisi dari objek material filsafat adalah tinjauan penelitian atau hal yang diselidiki yang disoro secara konkrit atau abstrak sedangkan objek material dalam filsafat adalah bersifat universal yaitu segala sesuatu yang ada(realita) sehingga sependek pengamatan saya dalam sains objek meterial dan formal dibedakan atas objek yang dapat dikaji secara indra manusia dan dikaji berdasarkan pengetahuan itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Objek material filsafat ilmu adaah pengetahuan sendiri yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Objetk material dari pendidikan sain berarti terdiri ilmu-ilmu sain itu sendiri seperti biologi, kimia, dan fisika termasuk materi-materi yang saling mendukung satu sama lain. Sedangkan objerk formal filsafat ilmu adalah hakikat ilmu pengetahuan artinya filsafat ebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaiman cara memperleh kebenaran ilmiah dan apa fungsi ilmu bagi manusia. Objek formal pendidikan sain berarti metode pembelajaran bagaiman mengajarkan sain kepada siswa.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Objek material filsafat merupakan suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan itu atau hal yang di selidiki, di pandang atau di sorot oleh suatu disiplin ilmu yang mencakup apa saja baik hal-hal yang konkrit ataupun yang abstrak. Obyek material filsafat ilmu itu bersifat universal (umum), yaitu segala sesuatu yang ada (realita) sedangkan objek formal filsafat ilmu (pengetahuan ilmiah) itu bersifat khusus dan empiris. Objek material mempelajari secara langsung pekerjaan akal dan mengevaluasi hasil-hasil dari objek formal ilmu itu dan mengujinya dengan realisasi praktis yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  4. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Sedangkan Objek formal filsafat ilmu tidak terbatas pada apa yang mampu diindrawi saja, melainkan seluruh hakikat sesuatu baik yang nyata maupun yang abstrak. Obyek formal filsafat ilmu menyelidiki segala sesuatu itu guna mengerti sedalam dalamnya, atau mengerti obyek material itu secara hakiki, mengerti kodrat segala sesuatu itu secara mendalam (to know the nature of everything). Obyek formal inilah sudut pandangan yang membedakan watak filsafat dengan pengetahuan. Karena filsafat berusaha mengerti sesuatu sedalam dalamnya.
    Sumber: https://anggafadhilah.wordpress.com/2012/12/21/objek-material-dan-objek-formal-filsafat-ilmu/

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Objek filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada bisa bersifat tetap dan bisa bersifat berubah, dimana yang tetap ada di dalam pikiran dan yang berubah ada di dalam kenyataan. Objek formal ialah wadah (metode) sedangkan objek material merupakan isi. Jika dilihat pada konteks sain maka objek materialnya adalah materi pembelajaran sain, sedangkan untuk objek formalnya mungkin adalah cara-cara yang digunakan saat proses pembelajarannya.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Objek materialnya pikiran adalah pelakunya atau manusia itu sendiri, sedangkan objek formalnya pikiran adalah kegiatan olah piker untuk melakukan penalaran yang lurus, rasional, tepat, dan teratur yang terbenak didalam pikirannya kemudian mewujudkannya ke dalam bahasa. Salah satu contohnya adalah meningkatkan kemampuan mengabstraksi seperti keindahan. Pada umumnya objek filsafat mencakup semua yang ada dan mungkin ada.

    ReplyDelete
  7. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Objek material filsafat pendidikan sain membahas tentang apa hubungan antara sain dengan Tuhan, alam dan manusia. Tentu saja akan abnyak ditemukan jawaban untuk hal tersebut karena pendidikan sain sangat dekat dengan alam itu sendiri. Sedangkan objek formal filsafat pendidikan sain membahas tentang bagaimana hubungan tersebut terjadi, bagaimana keterkaitannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Obyek material filsafat pendidikan sains adalah segala sesuatu yang ada diluarnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan pendidikan yaitu alam semesta dengan pola dan keteraturannya. Dan obyek formal dari filsafat pendidikan sains adalah apa yang ada dalam dirinya yang melahirkan ia sebagai filsafat pendidikan sains, yaitu pikiran akan pola dan keteraturan-keteraturan.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat pendidikan matematika meliputi objek formal dan objek material. Formalnya pendidikan sain adalah sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati dalam pendidikan sain, seperti contohnya proses pembelajaran sain di kelas, sehingga objek formal dari pendidikan sain itu contohnya metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan sain yang sudah disepakati atau diatur sesuai dengan aturan. Sedangkan objek material pendidikan sain itu adalah pendidikan sain itu sendiri yang meliputi fisika, biologi, dan kimia.

    ReplyDelete
  10. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Objek filsafat adalah segala yang ada dan yang mungkin ada. Objek filsafat meliputi objek formal dan objek material. Objek formal adalah metode yang digunakan atau dapat pula dikatakan wadah. Sementara objek material adalah isi. Namun demikian, wadah bisa menjadi isi, dan isi juga bisa menjadi wadah. Semua tergantung ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  11. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Objek material filsafat adalah pengetahuannya sendiri, misalkan filsafat tentang manusia, akhirat maupun alam. Sedangkan objek formal filsafat meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Hal tersebut disebabkan karena objek filsafat yang tidak terbatas, tidak hanya yang bisa diinderakan oleh manusia melainkan hal-hal yang belum bisa diinderakan merupakan bagian dari objek formal dalam berfilsafat, karena dalam filsafat mencoba untuk mengetahui atau memahami sesuatu hal dengan sedalam-dalamnya.

    ReplyDelete
  12. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait topik bahasan mengenai Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain, yang kemudian dikerucutkan menjadi kalimat seruan bahwa Identifikasikan obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain. Untuk menjawab hal tersebut dituliskan objek material sebagai pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Dalam gejala ini jelas ada tiga hal menonjol, yaitu manusia, dunia, dan akhirat, serta objek formal sebagai hakikat ilmu pengetahuan artinya filsafat ilmu lebih menaruh perhatian terhadap problem mendasar ilmu pengetahuan, seperti apa hakikat ilmu pengetahuan, bagaimana cara memperoleh kebenaran ilmiah dan apa fingsi ilmu itu bagi manusia.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  13. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Sehingga obyek material dan obyek formal dari Filsafat Pendidikan Sain adalah kemungkinan mengarah pada keterlibatan panca indra untuk mengidentifikasi obyek material maupun formal terhadap sains.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  14. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Berdasarkan tulisan ini maka yang saya pahami bahwa terdapat dua objek filsafat yaitu objek material yaitu bidang ilmu tertentu seperti fisika atau kimia, ilmu tentang alam dan manusia. Objek kedua adalah objek formal berarti cara pembelajaran yang disampaikan.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Objek material adalah pengetahuan itu sendiri. Objek material dalam pendidikan sains adalah pendidikan sains itu sendiri, meliputi: seluruh alam beserta isinya yang dijadikan bahan pembelajaran bahkan semua yang mungkin ada di dalam dunia ini juga merupakan objek sains. Material tersebut bisa berupa benda hidup dan benda tak hidup. Sedangkan untuk objek formal adalah sudut pandang dalam menelaah objek material. Objek material dari pendidikan sains adalah sudut pandang atau pendekatan guna menelaah/mempelajari ilmu sains tersebut.

    ReplyDelete
  16. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Seperti yang diketahui filsafat cerminan dari segala tindak tanduk manusia. Intinya semua bidang ilmu berkaitan dengan filsafat karena memang memperoleh ilmu juga termasuk berfilsafat, bila ilmu yang sedang dipelajari adalah sains berarti segala gaya berpikir, perilaku yang mengindikasikan sains merupakan bentuk dari filsafat juga. Sehingga kembali kepada ke dalam pikiran masing-masing bahwa ingatnya sains, belajarnya sains, juga perilakunya sains masuk ke dalam filsafat.

    ReplyDelete
  17. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam pendidikan Sains, objek material adalah semua yang ada di alam dan dapat dipelajari, baik yang mencakup benda mati atau bersifat fisik, yang bersifat hidup ataupun biologis. Sedangkan objek formal dari pendidikan sains adalah segala aturan atau hukum-hukum yang mengatur tentang objek material terseebut. Seperti yang telah kita ketahui, hukum tersebut biasanya ditemukan oleh ahli-ahli sains seperti Newton, Keppler, Faraday, dsb

    ReplyDelete
  18. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Filsafat dan sain menggunakan metode berpikir reflektif dalam menghadapi fakta dunia. namun keduanya memiliki perbedaan dalam mengambil kesimpulan, filsafat menggunakan kekuatan berpikir dan olah pikir untuk mencari kebenaran atas sesuatu yang ada dan mungkin ada, sedangkan sains menggunakan data-data yang telah diambil dan diverifikasi dan telah diuji hasilnya. Objek material filsafat sain itu sendiri mengenai pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu sedangkan objek formalnya mengenai sudut pandang darimana sang subjek menelaah objek material tersebut.

    ReplyDelete
  19. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Objek material filsafat ilmu adalah ilmu itu sendiri. Yang mana ilmu tersebut dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan sudah tersusun secara sistematis. Sedangkan objek formal filsafat ialah sudut pandang yang didapakan oleh si subjek dengan menelaah objek materialnya. Objek formal filsafat ilmu ini adalah hakikat ilmu pengetahuan. Yang artinya bagaiman si subjek memperoleh kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan dan seperti apa hakikat ilmu pengetahuan itu. objek material dan objek formal dari pendidikan sains adalah teori-teori dalam ilmu sains dan bagaimana seseorang menelaah kajian-kajian ilmu sains tersebut.

    ReplyDelete
  20. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filsafat pendidikan matematika merupakan pemikiran yang mengaji pendidikan sain secara intensif dan ekstensi. Filsafat akan mengarahkan pelaku pada suatu kejelian, kekritisan dan kesabaran dalam memperolah maupun membagi ilmu. Dalam perjalanannya pendidikan sain memiliki objek material dan formal, dimana objek material tersebut adalah merupakan sesuatu yang menjadi bahan belajar, sedangkan objek formal merupakan wadah keberadaan dari pendidikan pendidikan, dimana pendidikan sain itu ada wujud dan pengakuan.

    ReplyDelete
  21. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Objek material filsafat adalah sebuah objek yang mungkin ada dan objek yang ada. Jika dikaitkan dengan pendidikan sains maka filsafat tersebut adalah objek sebuah penelitian yang menjadi objek yang akan dipertanggung jawabkan apa yang akan dibuktikan. Dan sifat dari objek material fisafat tersebut adalah bersifat universal.

    ReplyDelete
  22. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sedangkan objek formal filsafat adalah ada, mengada, dan pengada yang menekankan pada cara atau proses menjadi ada. Dan jika dikaitkan dengan pendidikan sains adalah sebuah pengetahuan untuk mengetahui masalah dan cara penyelesainnya dan bagaimana cara membuktikan dari penyelesaian tersebut. Dalam hal ini objek formal filsafat dapat kita jumpai pada saat pembelajaran bagaimana penggunaan metode, strategi dan pendekatannya.

    ReplyDelete
  23. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Henderson mengemukakan bahwa sains pendidikan pada dasarnya ingin menyumbangkan pengetahuan yang diperoleh melalui eksperimen, analisis, pengukuran, penghitungan, klasifikasi, dan perbandingan. Objek material filsafat pendidikan sains adalah pengetahuan sains itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Contoh objek materialnya pendidikan sains adalah biologi, kimia, matematika, dan fisika. Objek formal filsafat pendidikan sains adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah objek materialnya. Objek formalnya pendidikan sains adalah aturan peneliti, aturan penelitian, dan aturan tentang pendidikan nasional, dan lain-lain.

    ReplyDelete