Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

7 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami, dilalui dan dirasakan baik itu kejadian yang baik maupun buruk. Pengalaman diperoleh dari kehidupan sehari-hari yang kita lalui. Pengalaman tidak saja berasal dari diri kita sendiri tetapi dapat juga diperoleh dari cerita atau pun kejadian yang dialami oleh orang lain. Dengan pengalaman yang kita alami atau dari pengalaman orang lain kita bisa lebih berhati-hati untuk kembali melangkah ke depannya. Dengan pengalaman kita juga bisa menginstrospeksi diri dalam berbagai hal yang telah dan akan kita lakukan. Baik atau buruk sebuah pengalaman hendaknya menjadikan kita untuk tetap melangkah maju dan belajar dari pengalaman yang pernah kita lalui tersebut.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya, maksud dari memanipulasi pengalaman adalah bagaimana kita belajar dari pengalaman yang kita miliki. Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Jika pada pengalaman kita terdapat suatu kesalahan, maka kita manipulasi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika masih ada kesempatan, perbaiki kesalahan tersebut. Dan jika pengalaman kita adalah sesuatu yang baik, maka tingkatkanlah kebaikan mu itu. Jadilah manusia yang selalu belajar, salah satunya belajar dari pengalaman.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pengalaman adalah suatu ilmu yang paling berharga, pengalaman di pelajari tidak melalui teori tetapi melalui peraktik. Memanipulasi pengalaman disini dimaksudkan adalah bagaimana berartinya suatu pengalaman apabila kita jadikan sebagai tolak ukur kita untuk menjadi maju dan mampu meraih dunia. Pengalaman adalah tolak ukur kita untuk merubah diri kita, memanipulasi diri kita dalam suatu keadaan yang berbeda, tentunya lebih baik dari yang terdahulu berdasarkan pengalaman. Pengalaman membuat kita belajar akan pentingnya history hidup, karena perjalanan itu tentunya tidak selalu mulus pastilah mendapati lika-liku kehidupannya. Namun dengan belajar dari apapun yang tejadi dalam hidup ini kita dapat merubah diri kita menjadi lebih dewasa dan lebih berwawasan.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dunia itu persis seperti apa yang ada di pikiran kita. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalaman di masa lalu.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pengalaman merupakan kejadian yang telah kita alami pada waktu lampau. Yang terpenting dari pengalaman adalah hikmah atau pelajaran yang bisa diambil. Maka dari itu pengalaman merupakan guru yang paling hebat untuk mengajari kita hal berharga. Dengan pengalaman kita belajar untuk menggunakannya dalam menjalani hidup kita di masa depan. Selain itu kita dapan menghubungkan antara pengalaman-pengalaman yang ada dan hal ini tentunya mempengaruhi sesorang dalam berpikir. Semakin banyak pengalaman yang dialami baik itu pengalaman baik atau buruk maka dapat membuat cara berpikir kita semakin baik juga. Kemudian pengalaman kita pun tentu dari berbagai macam dan tentang berbagai aspek serta pada tempat dan waktu yang berbeda. Kejadian yang kita alami juga merupakan bagian dari dunia. Sehingga kita dapat memanipulasikan pengalaman untuk berpikir mendefinisikan dunia.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pengalaman adalah aktivitas masa lalu. Ada yang mengatakan bahwa guru terbaik adalah pengalaman. Dengan pengalaman kita mempunyai bukti empiris terhadap teori atau ilmu yang kita punya di dalam pikiran kita. Memanipulasi pengalaman menurut saya adalah mengambil pengalaman yang kita punya lalu memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki untuk kita terapkan di ruang dan waktu saat ini. Karna dunia saat ini pasti berbeda ruang dan waktunya dengan dunia selanjutnya. Oleh karena itu, dunia bisa didefinisikan sebagai segala macam pengalaman-pengalaman yang kita punya dan terkadang kita terapkan kembali dengan perbaikan-perbaikan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Duni bagi setiap insan berbeda – beda. Mengapa? Hal ini dikarenakan sudut pandang dan kenangan yang berbeda dari invidu yang satu dan yang lainnya. Perbedaan sudut pandang dan kenangan ini membuat pengalaman yang menjadikan pengetahuan juga berbeda – beda pula. Sangat jelas terlihat perbedaan seseorang yang berpengetahuan dengan banyak pengalaman hidup dan mana yang tidak. Oleh karena itu banyaknya pengalaman hidup yang telah dilalui baik itu manis maupun pahit berpengaruh terhadap pengetahuan seseorang untuk menikmati dan memandang dunia dengan cara berpikir yang positif. Jika kita berpikir positif terhadap dunia, dunia juga akan memberikan banyak positif untuk diri kita. Yakinlah kita tidak sendirian di dunia ini, Sang Pencipta selalu menemani.

    ReplyDelete