Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dunia adalah suatu tempat yang terbatas ruang dan watu, bermilyar-milyar pangkat bermilya-milyar yang ada dan mungkin ada di dalam dunia ini, sedangkan hanya sedikit yang kita ketahui. Dunia itu ada dunia di luar dan dunia di dalam diri manusia yang saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Sehingga ada banyak sekali dunia, duia relatif bagi setiap manusia. Dunia anak kecil akan berbeda dengan dunia orang dewasa, dunia orang terpelajar akan berbeda degan dunia orang awam, dunia seorang kiai aka berbeda dengan dunia para pendosa, walaupn mereka berada di tempat yang sama dan melihat hal yang sama, tapi persepsi meraka akan berbeda. Dunia dalam diri manusia terbentuk dari kenyataan, ruang , waktu, pengalaman, kesadaran, intuisi, fikiran, dan hati. Pengalaman akan membentuk dunia dalam diri manusia, secara positif maupun negatif, tergantung dari manusia itu sendiri, dan campur tangan tuhan.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Pengalaman itu pada dasarnya juga merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan yang menjadi dasar pengetahuan dalam diri manusia. Karena pada dasarnya belajar tidak hanya diperoleh dari sekolah saja tetapi bisa diperoleh dari mana saja, salah satunya yaitu belajar dari pengalaman. Manusia dapat berkembang pengetahuannya karena melalui pengalaman. Orang dengan pengalaman yang lebih bnyak pasti cenderung akan lebih banyak pengetahuannya. Oleh karena itu, kita sebaiknya memperbanyak pengalaman agar pengetahuan kita juga bertambah. Tetapi juga harus tetap berhati-hati karena tidak selamanya pengalaman itu berdampak baik, dapat juga berdampak buruk tergantung dari lingkungan atau pergaulan. Dan yang perlu kita sadari bahwa setiap orang pastilah mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Berbagai kejadian yang di alami di dunia ini pastilah menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman yang baik maupun yang buruk tentulah dapat diambil hikmah dan manfaatnya. Karena itulah pengalaman adalah salah satu sumber dilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Immanuel kant lmu itu terdiri dari rasio atau logika dan pengalaman. Maka pengalaman itu adalah setengah dari ilmu. Memiliki pengalaman akan membantu kita untuk memperoleh ilmu. Dan kaetika kita ingin memihat dunia maka tengoklah pikiran atau ilmu kita. Kita pun sering mendengar bahwasannya ilmiu itu adalah jendela dunia. Karena seberapa ilmu yang kita miliki adalah gambaran dari dunia kita. Dengan memiliki ilmu yang luas maka kita juga akan melihat dunia lebih luas. Maka pengalaman merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pada dunia. Maka salah satu upaya untuk memperluas dunia kita adalah dengan memperbanyak pengalaman kita dengan tidak melupakan logika atau rasio kita.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengkonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  5. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. setiap orang pasti memiliki pengalaman, sebab apapun yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari akan di simpan di otak dan menjadi pengalaman. Pengalaman itu penting sebgai praktik atas semua teori yang telah dipelajari. Memanipulasi pengalaman itu menurut saya berusaha untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, bisa dengan memaksa diri untuk mengalami atau melakukan kegiatan, maupun mempelajari pengalamanan orang lain.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dunia adalah tempat belajar. Belajar tentang segala sesuatu. Belajar untuk memahami. Belajar untuk membaca. Belajar untuk ikhlas. Belajar untuk bersyukur. Belajar untuk menghargai. Belajar untuk menyayangi. Belajar untuk belajar. Dengan belajar akan memunculkan pengalaman yang mampu digunakan untuk perbaikan segala yang kita lakukan. Dengan pengalaman kita akan mudah dalam menentukan pilihan

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia adalah perjalanan, dimana kita menempati ruang dan waktu yang terus berjalan maju. dalam perjalanan ini kita berkembang dan tumbuh sesuai dengan ilmu yang kita miliki. Perjalanan ini berjalan maju dan tidak akan pernah kembali, kita bisa mengingat memori tentang perjalanan yang sudah kita lalui namun tidak akan mungkin kembali ke ruang dan waktu yang telah lewat. Dunia ini terbatas untuk manusia sesuai dimana manusia sampai mana melakukan perjalanannya.

    ReplyDelete
  8. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Hidup kita adalah rentetan pergantian dari satu peristiwa menuju peristiwa yang lain. Misalnya dari peristiwa mandi kemudian berganti menjadi peristiwa perjalanan ke kampus, kemudian berubah lagi menjadi peristiwa di tempat parker dan berganti lagi misalnya menjadi peristiwa berjalan ke ruang kelas dan seterusnya. Setiap rentetan peristiwa ini akan menghasilkan pengalaman yang berbeda meskipun hal yang dialami adalah sama. Pengalaman kita dalam perjalanan ke kampus misalnya, berisi dengan banyak kejadian, mungkin bertemu dengan ibu-ibu yang sedang berkendara tanpa menggunakan helm, bersimpangan dengan anak sekolah yang sedang ngebut dan sejumlah kejadian penyusun yang lain. Maka sebenar-benar kumpulan peristiwa-peristiwa yang menyusun peristiwa yang lebih besar, itu bisa kita sebut sebagai dunia. Dunia orang pergi ke kampus bisa dimulai dari mahasiswa yang mengeluarkan sepeda motor, berpapasan dengan orang lain, bertemu dengan tukang parker, bertemu dengan mahasiswa lain yang juga sedang berangkat kuliah, dan sebagainya. Itu adalah salah satu contoh dunia yang dimaknai secara ekstensif.

    ReplyDelete
  9. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pengalaman merupakan suatu kejadian yang sudah pernah dialami atau baru saja dialami. Pengalaman bisa memunculkan ilmu pengetahuan. Pengalaman setiap orang berbeda-beda, sehingga setiap orang mampu memunculkan ilmu pengetahuan yang berbeda-beda. Kalau dalam filsafat, pengalaman bersifat empiris dan aposteriori. Dua sifat ini merupakan sifat obyek pikir diluar pikiran kita yang terikat ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  10. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Jika kita sudah bisa membaca dan menuliskan komentar tentulah hidup kita sudah mengalami berbagai macam pengalaman yang tidak dapat dijelaskan kembali setiap detailnya. Namun setiap pengalaman merupakan refleksi dari pengalaman sebelumnya sehingga kehidupan itu berputar dan berlanjut seperti halnya hermeneutika. Ketika kita mengalami sesuatu maka kita akan menterjemahkannya ke dalam pikiran sehingga apabila pengalaman serupa terulang kembali, kita akan menggunakan pikiran mengenai pengalaman sebelumnya untuk menentukan reaksi dan respon kita.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengeetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia.

    ReplyDelete
  12. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia merupakan tempat makhluk hidup untuk tinggal dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Dunia merupakan suatu tempat dimana peradaban dibangun dan manusia dengan kemampuan berpikirnya membangun dunia menuju kehidupan yang modern. Setiap manusia akan memaknai dunia dan segala isinya dengan cara yang berbeda tergantung bagaimana dia berpikir tentang dunia. Jika seseorang menganggap dunia sebagai tempat untuk mencari harta semata, maka hartalah yang akan diberikan dunia atas usahanya. Dunia akan selalu berubah menjadi seperti apa yang dipikirkan oleh tiap manusia.

    ReplyDelete

  13. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  14. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sebenar-benar ilmu manusia adalah terletak pada pengalamannya. Maka memanipulasikan pengalaman artinya memanipulasikan ilmu. Ini artinya manusia melakukan segala hal dalam mengejar pengakuan dunia, tidak jarang manusia mengadakan yang bukan ada. Salah satu contoh konkrit memanipulasikan pengalaman adalah melakukan plagiat. Contoh sederhana dalam pembelajaran yaitu menggunakan LKS yang dibeli guru. Padahal seharusnya LKS disusun berdasarkan kreativitas guru berangkat dari pengalamannya mengajar.

    ReplyDelete
  15. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pengalaman seseorang bergantung pada lingkungan tempat berada dan hermeneutika yang terjalin oleh orang tersebut. Melalui pengalaman yang berbeda maka setiap orang pun akan mendefinisikan dunia berbeda-beda. Misalnya, orang yang berada di lingkungan agamis dan berhermeneutika dengan menjalankan kehidupan taat beragama, niscaya dia akan mendefinisikan dunia sebagai hal yang ditinjau dari agama pula begitu pula untuk yang lainnya.

    ReplyDelete
  16. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Pengalaman adalah suatu ilmu yang paling berharga, pengalaman di pelajari tidak melalui teori tetapi melalui peraktik. Memanipulasi pengalaman disini dimaksudkan adalah bagaimana berartinya suatu pengalaman apabila kita jadikan sebagai tolak ukur kita untuk menjadi maju dan mampu meraih dunia. Pengalaman adalah tolak ukur kita untuk merubah diri kita, memanipulasi diri kita dalam suatu keadaan yang berbeda, tentunya lebih baik dari yang terdahulu berdasarkan pengalaman. Pengalaman membuat kita belajar akan pentingnya history hidup, karena perjalanan itu tentunya tidak selalu mulus pastilah mendapati lika-liku kehidupannya. Namun dengan belajar dari apapun yang tejadi dalam hidup ini kita dapat merubah diri kita menjadi lebih dewasa dan lebih berwawasan.

    ReplyDelete