Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

32 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami, dilalui dan dirasakan baik itu kejadian yang baik maupun buruk. Pengalaman diperoleh dari kehidupan sehari-hari yang kita lalui. Pengalaman tidak saja berasal dari diri kita sendiri tetapi dapat juga diperoleh dari cerita atau pun kejadian yang dialami oleh orang lain. Dengan pengalaman yang kita alami atau dari pengalaman orang lain kita bisa lebih berhati-hati untuk kembali melangkah ke depannya. Dengan pengalaman kita juga bisa menginstrospeksi diri dalam berbagai hal yang telah dan akan kita lakukan. Baik atau buruk sebuah pengalaman hendaknya menjadikan kita untuk tetap melangkah maju dan belajar dari pengalaman yang pernah kita lalui tersebut.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut saya, maksud dari memanipulasi pengalaman adalah bagaimana kita belajar dari pengalaman yang kita miliki. Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Jika pada pengalaman kita terdapat suatu kesalahan, maka kita manipulasi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika masih ada kesempatan, perbaiki kesalahan tersebut. Dan jika pengalaman kita adalah sesuatu yang baik, maka tingkatkanlah kebaikan mu itu. Jadilah manusia yang selalu belajar, salah satunya belajar dari pengalaman.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pengalaman adalah suatu ilmu yang paling berharga, pengalaman di pelajari tidak melalui teori tetapi melalui peraktik. Memanipulasi pengalaman disini dimaksudkan adalah bagaimana berartinya suatu pengalaman apabila kita jadikan sebagai tolak ukur kita untuk menjadi maju dan mampu meraih dunia. Pengalaman adalah tolak ukur kita untuk merubah diri kita, memanipulasi diri kita dalam suatu keadaan yang berbeda, tentunya lebih baik dari yang terdahulu berdasarkan pengalaman. Pengalaman membuat kita belajar akan pentingnya history hidup, karena perjalanan itu tentunya tidak selalu mulus pastilah mendapati lika-liku kehidupannya. Namun dengan belajar dari apapun yang tejadi dalam hidup ini kita dapat merubah diri kita menjadi lebih dewasa dan lebih berwawasan.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dunia itu persis seperti apa yang ada di pikiran kita. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalaman di masa lalu.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pengalaman merupakan kejadian yang telah kita alami pada waktu lampau. Yang terpenting dari pengalaman adalah hikmah atau pelajaran yang bisa diambil. Maka dari itu pengalaman merupakan guru yang paling hebat untuk mengajari kita hal berharga. Dengan pengalaman kita belajar untuk menggunakannya dalam menjalani hidup kita di masa depan. Selain itu kita dapan menghubungkan antara pengalaman-pengalaman yang ada dan hal ini tentunya mempengaruhi sesorang dalam berpikir. Semakin banyak pengalaman yang dialami baik itu pengalaman baik atau buruk maka dapat membuat cara berpikir kita semakin baik juga. Kemudian pengalaman kita pun tentu dari berbagai macam dan tentang berbagai aspek serta pada tempat dan waktu yang berbeda. Kejadian yang kita alami juga merupakan bagian dari dunia. Sehingga kita dapat memanipulasikan pengalaman untuk berpikir mendefinisikan dunia.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pengalaman adalah aktivitas masa lalu. Ada yang mengatakan bahwa guru terbaik adalah pengalaman. Dengan pengalaman kita mempunyai bukti empiris terhadap teori atau ilmu yang kita punya di dalam pikiran kita. Memanipulasi pengalaman menurut saya adalah mengambil pengalaman yang kita punya lalu memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki untuk kita terapkan di ruang dan waktu saat ini. Karna dunia saat ini pasti berbeda ruang dan waktunya dengan dunia selanjutnya. Oleh karena itu, dunia bisa didefinisikan sebagai segala macam pengalaman-pengalaman yang kita punya dan terkadang kita terapkan kembali dengan perbaikan-perbaikan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Duni bagi setiap insan berbeda – beda. Mengapa? Hal ini dikarenakan sudut pandang dan kenangan yang berbeda dari invidu yang satu dan yang lainnya. Perbedaan sudut pandang dan kenangan ini membuat pengalaman yang menjadikan pengetahuan juga berbeda – beda pula. Sangat jelas terlihat perbedaan seseorang yang berpengetahuan dengan banyak pengalaman hidup dan mana yang tidak. Oleh karena itu banyaknya pengalaman hidup yang telah dilalui baik itu manis maupun pahit berpengaruh terhadap pengetahuan seseorang untuk menikmati dan memandang dunia dengan cara berpikir yang positif. Jika kita berpikir positif terhadap dunia, dunia juga akan memberikan banyak positif untuk diri kita. Yakinlah kita tidak sendirian di dunia ini, Sang Pencipta selalu menemani.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    dari pengalaman kita bisa terus belajar ke arah yang lebih baik. memanipulasi sebuah pengalaman mungkin dalam artian kita mau terus belajar jika menghadapi suatu keadaan yang sama yang sudah terjadi. jika pengalaman itu baik, maka kedepannya kita mencontohnya lagi dan berbuat lebih baik lagi. jika pengalaman itu kita membuat kesalahan, maka kedepannya kita belajar agar tidak mengulangi kesalahan tersebut hingga dua kali.

    ReplyDelete
  9. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sering kita dengan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Pengalaman mengajarkan kita banyak hal yang bersifat negatif ataupun positif Ketika pengalaman didefinisikan menjadi dunia, saya memandangnya bahwa pengalamanlah yang memberi kesempatan, peluang pelajaran dan semangat. Pengalaman yang menempa kita menjadi manusia yang belajar, sehingga akan tercipta dunia yang lebih baik yang positif, selalu mengarah kepada kemajuan dan kemauan yang kuat untuk berubah.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dunia adalah sebutan umum untuk peradaban, pengalaman, atau kondisi manusia secara umum di seluruh bumi. Dalam konteks filosofi, dunia merujuk pada keseluruhan fisik alam semesta dan sebuah konsep ontologi. Dalam konteks teologi, dunia mengacu pada materi atau profan duniawi sebagai lawan dari samawi atau langit bersifat spiritual, transenden atau sakral (Wikipedia, 2016).

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengetahuan diperoleh karena pengalaman. Pengalaman adalah awal dari segala pengetahuan, juga awal pengetahuan tentang asas-asas yang diperoleh dan diteguhkan oleh pengalaman. Segala ilmu pengetahuan diturunkan dari pengalaman, oleh karenanya dengan pengalaman kita dapat mendefinisikan dunia. Manusia menjalani kehidupannya dengan berinteraksi dengan mahluk-mahluk lainnya yang ada di dunia ini, sehingga manusia dapat mengetahui bahwa dunia berisi mahluk-mahluk yang saling berinteraksi. Manusia dalam interaksinya saling berjuang untuk mendapatkan kenyamanan dan mempertahankan kehidupannya, maka dunia adalah kompetisi atau persaingan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  13. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. setiap orang pasti memiliki pengalaman, sebab apapun yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari akan di simpan di otak dan menjadi pengalaman. Pengalaman itu penting sebgai praktik atas semua teori yang telah dipelajari. Memanipulasi pengalaman itu menurut saya berusaha untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, bisa dengan memaksa diri untuk mengalami atau melakukan kegiatan, maupun mempelajari pengalamanan orang lain.

    ReplyDelete
  14. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pengalaman adalah semua yang telah dialami oleh seseorang. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Semua kejadian tersebut bisa menyangkut semuanya. Kejadian tersebut pada ruang dan waktu yang berbeda-beda. Semua kejadian menyangkut semua yang ada dan mungkin ada. Sehingga mungkin saja semuanya telah mewakili dunia. Karena dunia adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  15. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami, dilalui, dan dirasakan seseorang baik ataupun buruk. Ada 3 cara mengetahui pengalaman, dengan mengalaminya sendiri, dengan membaca catatan atau cerita pengalaman orang lain dan dengan cara mendengar cerita orang lain. Dunia yang dimaksud adalah ruang dan waktu pengalaman itu terjadi. Saat kita mendengar pembicaraan orang lain, kita bisa mengetahui pla pikirnya saat itu, bagaimana pandangan orang itu tentang dunia saat pengalaman itu terjadi dan setelah pengalaman itu terjadi.

    ReplyDelete
  16. Saat kita merefleksikan pengalaman kita maupun pengalaman orang lain yang kita dengar ataupun kita baca, kita belajar mengenai peraturan-peraturan yang kita lewati, respons yang baik, bagaimana memahami orang lain. Hal itu mempengaruhi definisi kita tentang dunia. Pernah ada orang yang bercerita tentang permainan angry birds, dalam permainan itu saat targetnya meleset maka babi-babi yang ada akan tertawa. Beberapa waktu kemudian dia berkata “hidup bagaikan permainan angry birds, saat kita meleset akan selalu ada babi-babi (orang lain) yang menertawakan kita”. Dari perkataan itu saya merasa dia menemukan dunia adalah tempat orang-orang saling berkompetensi. Yang menang diatas dan yang kalah akan selalu diejek. Yang berhasil dipuji dan yang tidak akan dihina atau diolok. yang memiliki sesuatu akan diperlakukan dengan baik, sedangkan yang tidak dijauhi. Berarti, pengalaman hidupnya seperti itu, itulah sebabnya dia dapat megatakan hal tersebut. Dengan merefleksikan diri dan terus menerus belajar dari pengalaman kita, dunia kita dapat terus berubah seiring dengan pengalaman kita. Tidak ada seorang pun yang hidup dalam pengulangan yang sama setiap hari. Kita dapat melakukan hal yang sama, namun nilai yang kita terima berbeda setiap waktunya. pemahaman kita mengenai dunia pun akan berubah seiring waktu. Dengan demikian, definisi dunia dalam pengalaman adalah ruang dan waktu pengalaman tersebut terjadi.

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dunia memiliki dimensi yang bertingkat. Dimensi yang ada dihuni oleh banyak makhluk hidup lainnya.
    Setiap manusia memiliki dunianya masing masing, yang perlu dijalani sebaik baiknya berdasarkan pedoman yang dipilihnya.
    Berbicara mengenai dunia secara utuh, sebenar benarnya bukan menjadi suatu keahlian bagi manusia. Manusia memiliki keterbatasan dalam berfikir dan melihat. Kita dapat mendefinisikan dunia dari hidup kita yang telah dilalui sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berbicara tentang pengalaman juga tidak lepas dari waktu, dimana kita ketahui bahwa pengalaman adalah kejadian/ peristiwa yang lampau. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dari pepatah ini kita dapat memahami bahwa dengan pengalaman seseorang mestinya akan menjadikannya pribadi yang lebih baik, karena dengan pengalaman tersebut kita akan lebih kritis, lebih waspada, tidak mudah terjebak, dan mudah mengambil keputusan dalam menghadapi persoalan. Dalam hal menjalani kehidupan, setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Dunia pengalaman dan dunia ide telah banyak diperdebatkan oleh para filsuf sejak dulu. Menurut D. Hume yang beraliran emperisme, pengalaman faktor terpenting dalam pengetahuan, sedangkan menurut Rene Descartes, ratio (pikiran) adalah hal yang terpenting untuk membangun suatu pengetahuan. Dan Immanuel Kant mengatakan bahwa pengalaman dan ratio sama-sama penting untuk membangun pengetahuan.


    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pengalaman yang masing – masing kita lalui itulah dunia kita. Pengalaman baik dan buruk yang dilalui itulah dunia kita. Kita berada pada dunia kita masing – masing dan kemudian bergabung dengan orang lain. Pengalaman yang dilalui membawa kepada pembentukan dunia kita masing – masing. Pengalaman baik akan menciptakan dunia kita yang baik, dan pengalaman yang buruk membawa kepada dunia yang buruk. Sehingga dunia apa yang ingin kita ciptakan pada diri kita masing – masing tergantung dari pengalaman masing – masing orang.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    dunia anak yang segala pengetahuannya didapat melalui pengalaman, sehingga tentu saja manipulasi pengalaman begitu berpengaruh pada dunia anak.

    ReplyDelete
  21. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Dalam dunia kerja istilah pengalaman juga digunakan untuk merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan dengannya selama periode tertentu. Secara umum, pengalaman menunjuk kepada mengetahui bagaimana atau pengetahuan prosedural, daripada pengetahuan proposisional.Pengetahuan yang berdasarkan pengalaman juga diketahui sebagai pengetahuan empirikal atau pengetahuan posteriori. Seorang dengan cukup banyak pengalaman di bidang tertentu dipanggil ahli.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda. Pengalaman memang guru yang paling ampuh dalam menghadapi dunia beserta kehidupan di dalamnya. semakin banyak pengalaman dalam kehidupan kita, itulah senjata yang bisa kita gunakan untuk mendefinisikan dunia. Pengalaman baik, pengalaman buruk, semua memberikan pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan kita. jadi, jika kita mengalami hal yang menyedihkan atau bahkan kegagalan, kta sudah selayaknya untuk beryukur, karena kita mendapatkan pembelajaran yang bermakna dari situ.

    ReplyDelete
  23. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    pengalaman adalah segala sesuatu yang telah kita alami, pengalaman bisa pengalaman baik dan pengalaman buruk, namun keduanya dapat menjadi suatu pembelajaran yang berharga buat diri sendiri. pengalaman sendiri merupaka guru yang dapat memberi tau kehidupan didunia ini.

    ReplyDelete
  24. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengalaman ialah kejadian yang telah terjadi. Tidak ada pengalaman, maka kita tidak akan bisa mengukur seberapa baik atau buruk diri kita untuk kehidupan sosial atau kehidupan lainnya. Memanipulasikan pengalaman berarti menjadi acuan kita dalam hidup di dunia ini. Terkadang ada orang yang mengatakan jangan menoleh kebelakang, padahal menoleh kebelakang untuk membuat perbandingan itu sangat baik. Sehingga akan membuat kita bisa memperbaiki untuk kedepannya dari segala kekurangan yang pernah kita lewati di masa lampau.

    ReplyDelete
  25. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Dunia adalah tempat belajar. Belajar tentang segala sesuatu. Belajar untuk memahami. Belajar untuk membaca. Belajar untuk ikhlas. Belajar untuk bersyukur. Belajar untuk menghargai. Belajar untuk menyayangi. Dengan belajar akan memunculkan pengalaman yang mampu digunakan untuk perbaikan segala yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  26. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Luasnya dunia dapat diukur dari kemampuan seseorang. Fenomena yang terjadi berdasarkan apa yang dapat ditangkap oleh indra manusia. Sesuai dengan peribahasa yang sering kita dengar bahwa pengalaman merupakan guru yang paling baik. Melalui pengalaman mengajar guru dapat memberikan bermacam-macam metode pengajaran kepada peserta didiknya. Peserta didik dapat memanipulasi pengalamannya melalui soal-soal yang pernah dihadapinya, sebagai contoh: jika guru memberikan soal HOTS maka siswa yang punya pengalaman ia akan memanipulasi pengalamannya untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

    ReplyDelete
  27. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebagaimana manusia dapat membangun dunia dengan pikiran maka manusia dapat mendefinisikan dunia dengan pengalaman yang dilalui.
    Setiap manusia di bumi ini pasti memiliki pengalaman. Karena dalam hidup di dunia ini setiap tempat yang didatangi adalah sekolah, sebagai tempat belajar.
    Setiap orang yang ditemui adalah guru, dan setiap masalah yang dihadapi adalah pelajaran.
    Pengalaman-pengalaman yang telah didapat sepanjang hidup baik pengalaman yang baik maupun pengalaman pahit hendaknya dijadikan sebagai guru untuk menjadikan diri menjadi lebih baik lagi.
    Seiring makin lamanya manusia hidup semakin banyak yang ditemui kiranya membuat manusia bisa lebih bijaksana dalam memaknai hidup.

    ReplyDelete
  28. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Ada yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Hal itu memang benar adanya. Tuhan menghadirkan seseorang bukan tanpa alasan. Kejadian yang terjadi pada kita terjadi bukan tanpa alasan. semua itu karena agar kita dapat belajar dari pengalaman untuk dapat menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumya. karena sejatinya hidup itu proses, maka nikmatilah proses.

    ReplyDelete
  29. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Pengalaman itu bisa bersifat kenyataan, relatif, kontradiktif, plural, dunia. Pengalaman itu realisme. Tokohnya adalah Aristoteles, filsafatnya adalah aristotelian. Dari realisme munculah empirisme dengan tokohnya D. Hume. Dia mengatakan bahwa sebenar-benar ilmu adalah pengalaman. Tidak ada ilmu jika tidak ada pengalaman. Sehingga berdasarkan pengalaman, dunia merupakan suatu struktur yang terdiri dari komponen wadah dan isi.

    ReplyDelete
  30. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami seseorang di masa lampau. Mendefinisikan dunia melalui pengalaman tentunya menyebabkan definisi dunia yang berbeda-beda setiap orang. Menurut saya, dunia tidak hanya sebatas apa yang saya lihat sehari-hari. Tetapi juga apa yang dipikirkan dan dirasakan di masa lalu, masa sekarang untuk membentuk persepsi kita terhadap definisi dunia.

    ReplyDelete
  31. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pengalaman merupakan apa yang pernah kita alami maupun orang lain alami di masa lampau. mendefinisikan dunia melalui pengalaman berarti tergantung dari apa yang menjadi pemikiran manusia tersebut dan apa yang manjadi pengalaman manusia tersebut. masa lalu jadikan pengalaman untuk melangkah ke masa depan.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia. namun, yang sebenarnya adalah, manusia tetap membutuhkan rasio untuk membentuk pengetahuan. Rasio digunakan agar kita dapat terhindar dari pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Dan rasio dibutuhkan agar kita dapat memaknai sebuah pengalaman baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun tidak. Dengan adanya rasio, maka kualitas kehidupan kita juga akan meningkat di masa mendatang.

    ReplyDelete