Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

52 comments:

  1. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengetahuan diperoleh karena pengalaman. Pengalaman adalah awal dari segala pengetahuan, juga awal pengetahuan tentang asas-asas yang diperoleh dan diteguhkan oleh pengalaman. Segala ilmu pengetahuan diturunkan dari pengalaman, oleh karenanya dengan pengalaman kita dapat mendefinisikan dunia. Manusia menjalani kehidupannya dengan berinteraksi dengan mahluk-mahluk lainnya yang ada di dunia ini, sehingga manusia dapat mengetahui bahwa dunia berisi mahluk-mahluk yang saling berinteraksi. Manusia dalam interaksinya saling berjuang untuk mendapatkan kenyamanan dan mempertahankan kehidupannya, maka dunia adalah kompetisi atau persaingan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  2. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. setiap orang pasti memiliki pengalaman, sebab apapun yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari akan di simpan di otak dan menjadi pengalaman. Pengalaman itu penting sebgai praktik atas semua teori yang telah dipelajari. Memanipulasi pengalaman itu menurut saya berusaha untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, bisa dengan memaksa diri untuk mengalami atau melakukan kegiatan, maupun mempelajari pengalamanan orang lain.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pengalaman adalah semua yang telah dialami oleh seseorang. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Semua kejadian tersebut bisa menyangkut semuanya. Kejadian tersebut pada ruang dan waktu yang berbeda-beda. Semua kejadian menyangkut semua yang ada dan mungkin ada. Sehingga mungkin saja semuanya telah mewakili dunia. Karena dunia adalah semua yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami, dilalui, dan dirasakan seseorang baik ataupun buruk. Ada 3 cara mengetahui pengalaman, dengan mengalaminya sendiri, dengan membaca catatan atau cerita pengalaman orang lain dan dengan cara mendengar cerita orang lain. Dunia yang dimaksud adalah ruang dan waktu pengalaman itu terjadi. Saat kita mendengar pembicaraan orang lain, kita bisa mengetahui pla pikirnya saat itu, bagaimana pandangan orang itu tentang dunia saat pengalaman itu terjadi dan setelah pengalaman itu terjadi.

    ReplyDelete
  5. Saat kita merefleksikan pengalaman kita maupun pengalaman orang lain yang kita dengar ataupun kita baca, kita belajar mengenai peraturan-peraturan yang kita lewati, respons yang baik, bagaimana memahami orang lain. Hal itu mempengaruhi definisi kita tentang dunia. Pernah ada orang yang bercerita tentang permainan angry birds, dalam permainan itu saat targetnya meleset maka babi-babi yang ada akan tertawa. Beberapa waktu kemudian dia berkata “hidup bagaikan permainan angry birds, saat kita meleset akan selalu ada babi-babi (orang lain) yang menertawakan kita”. Dari perkataan itu saya merasa dia menemukan dunia adalah tempat orang-orang saling berkompetensi. Yang menang diatas dan yang kalah akan selalu diejek. Yang berhasil dipuji dan yang tidak akan dihina atau diolok. yang memiliki sesuatu akan diperlakukan dengan baik, sedangkan yang tidak dijauhi. Berarti, pengalaman hidupnya seperti itu, itulah sebabnya dia dapat megatakan hal tersebut. Dengan merefleksikan diri dan terus menerus belajar dari pengalaman kita, dunia kita dapat terus berubah seiring dengan pengalaman kita. Tidak ada seorang pun yang hidup dalam pengulangan yang sama setiap hari. Kita dapat melakukan hal yang sama, namun nilai yang kita terima berbeda setiap waktunya. pemahaman kita mengenai dunia pun akan berubah seiring waktu. Dengan demikian, definisi dunia dalam pengalaman adalah ruang dan waktu pengalaman tersebut terjadi.

    ReplyDelete
  6. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dunia memiliki dimensi yang bertingkat. Dimensi yang ada dihuni oleh banyak makhluk hidup lainnya.
    Setiap manusia memiliki dunianya masing masing, yang perlu dijalani sebaik baiknya berdasarkan pedoman yang dipilihnya.
    Berbicara mengenai dunia secara utuh, sebenar benarnya bukan menjadi suatu keahlian bagi manusia. Manusia memiliki keterbatasan dalam berfikir dan melihat. Kita dapat mendefinisikan dunia dari hidup kita yang telah dilalui sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berbicara tentang pengalaman juga tidak lepas dari waktu, dimana kita ketahui bahwa pengalaman adalah kejadian/ peristiwa yang lampau. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dari pepatah ini kita dapat memahami bahwa dengan pengalaman seseorang mestinya akan menjadikannya pribadi yang lebih baik, karena dengan pengalaman tersebut kita akan lebih kritis, lebih waspada, tidak mudah terjebak, dan mudah mengambil keputusan dalam menghadapi persoalan. Dalam hal menjalani kehidupan, setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Dunia pengalaman dan dunia ide telah banyak diperdebatkan oleh para filsuf sejak dulu. Menurut D. Hume yang beraliran emperisme, pengalaman faktor terpenting dalam pengetahuan, sedangkan menurut Rene Descartes, ratio (pikiran) adalah hal yang terpenting untuk membangun suatu pengetahuan. Dan Immanuel Kant mengatakan bahwa pengalaman dan ratio sama-sama penting untuk membangun pengetahuan.


    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pengalaman yang masing – masing kita lalui itulah dunia kita. Pengalaman baik dan buruk yang dilalui itulah dunia kita. Kita berada pada dunia kita masing – masing dan kemudian bergabung dengan orang lain. Pengalaman yang dilalui membawa kepada pembentukan dunia kita masing – masing. Pengalaman baik akan menciptakan dunia kita yang baik, dan pengalaman yang buruk membawa kepada dunia yang buruk. Sehingga dunia apa yang ingin kita ciptakan pada diri kita masing – masing tergantung dari pengalaman masing – masing orang.

    ReplyDelete
  9. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    dunia anak yang segala pengetahuannya didapat melalui pengalaman, sehingga tentu saja manipulasi pengalaman begitu berpengaruh pada dunia anak.

    ReplyDelete
  10. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Dalam dunia kerja istilah pengalaman juga digunakan untuk merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan dengannya selama periode tertentu. Secara umum, pengalaman menunjuk kepada mengetahui bagaimana atau pengetahuan prosedural, daripada pengetahuan proposisional.Pengetahuan yang berdasarkan pengalaman juga diketahui sebagai pengetahuan empirikal atau pengetahuan posteriori. Seorang dengan cukup banyak pengalaman di bidang tertentu dipanggil ahli.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda. Pengalaman memang guru yang paling ampuh dalam menghadapi dunia beserta kehidupan di dalamnya. semakin banyak pengalaman dalam kehidupan kita, itulah senjata yang bisa kita gunakan untuk mendefinisikan dunia. Pengalaman baik, pengalaman buruk, semua memberikan pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan kita. jadi, jika kita mengalami hal yang menyedihkan atau bahkan kegagalan, kta sudah selayaknya untuk beryukur, karena kita mendapatkan pembelajaran yang bermakna dari situ.

    ReplyDelete
  12. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    pengalaman adalah segala sesuatu yang telah kita alami, pengalaman bisa pengalaman baik dan pengalaman buruk, namun keduanya dapat menjadi suatu pembelajaran yang berharga buat diri sendiri. pengalaman sendiri merupaka guru yang dapat memberi tau kehidupan didunia ini.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengalaman ialah kejadian yang telah terjadi. Tidak ada pengalaman, maka kita tidak akan bisa mengukur seberapa baik atau buruk diri kita untuk kehidupan sosial atau kehidupan lainnya. Memanipulasikan pengalaman berarti menjadi acuan kita dalam hidup di dunia ini. Terkadang ada orang yang mengatakan jangan menoleh kebelakang, padahal menoleh kebelakang untuk membuat perbandingan itu sangat baik. Sehingga akan membuat kita bisa memperbaiki untuk kedepannya dari segala kekurangan yang pernah kita lewati di masa lampau.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Dunia adalah tempat belajar. Belajar tentang segala sesuatu. Belajar untuk memahami. Belajar untuk membaca. Belajar untuk ikhlas. Belajar untuk bersyukur. Belajar untuk menghargai. Belajar untuk menyayangi. Dengan belajar akan memunculkan pengalaman yang mampu digunakan untuk perbaikan segala yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  15. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Luasnya dunia dapat diukur dari kemampuan seseorang. Fenomena yang terjadi berdasarkan apa yang dapat ditangkap oleh indra manusia. Sesuai dengan peribahasa yang sering kita dengar bahwa pengalaman merupakan guru yang paling baik. Melalui pengalaman mengajar guru dapat memberikan bermacam-macam metode pengajaran kepada peserta didiknya. Peserta didik dapat memanipulasi pengalamannya melalui soal-soal yang pernah dihadapinya, sebagai contoh: jika guru memberikan soal HOTS maka siswa yang punya pengalaman ia akan memanipulasi pengalamannya untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

    ReplyDelete
  16. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebagaimana manusia dapat membangun dunia dengan pikiran maka manusia dapat mendefinisikan dunia dengan pengalaman yang dilalui.
    Setiap manusia di bumi ini pasti memiliki pengalaman. Karena dalam hidup di dunia ini setiap tempat yang didatangi adalah sekolah, sebagai tempat belajar.
    Setiap orang yang ditemui adalah guru, dan setiap masalah yang dihadapi adalah pelajaran.
    Pengalaman-pengalaman yang telah didapat sepanjang hidup baik pengalaman yang baik maupun pengalaman pahit hendaknya dijadikan sebagai guru untuk menjadikan diri menjadi lebih baik lagi.
    Seiring makin lamanya manusia hidup semakin banyak yang ditemui kiranya membuat manusia bisa lebih bijaksana dalam memaknai hidup.

    ReplyDelete
  17. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Ada yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Hal itu memang benar adanya. Tuhan menghadirkan seseorang bukan tanpa alasan. Kejadian yang terjadi pada kita terjadi bukan tanpa alasan. semua itu karena agar kita dapat belajar dari pengalaman untuk dapat menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumya. karena sejatinya hidup itu proses, maka nikmatilah proses.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia. namun, yang sebenarnya adalah, manusia tetap membutuhkan rasio untuk membentuk pengetahuan. Rasio digunakan agar kita dapat terhindar dari pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Dan rasio dibutuhkan agar kita dapat memaknai sebuah pengalaman baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun tidak. Dengan adanya rasio, maka kualitas kehidupan kita juga akan meningkat di masa mendatang.

    ReplyDelete
  19. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memanipulasi berasal dari kata dasar manipulasi. Memanipulasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Memanipulasi memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memanipulasi dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Memanipulasi juga berarti mengatur (mengerjakan) dengan cara yang pandai sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Sebagai calon guru matematika kita sebaiknya memiliki kemampuan dan pemahaman dalam memanipulasikan soal dan persamaan yang digunakan untuk mengeksplor ide-ide dan pemahaman siswa. Dengan memanipulasi soal kita dapat membuat penjelasan yang sederhana dalam mengerjakan permasalahan yang sedang dipelajari (soal-soal matematika). Maka dari itu, siswa harus di bimbing dalam menggunakan daya imaginasinya agar lebih mudah dalam mengabstraksikan permasalahan dengan cara mengatur bentuk dan struktur soal agar lebih mudah diselesaikan.

    ReplyDelete
  20. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Setiap manusia memiliki pengalaman yang berbeda-beda sejak dia lahir hingga sekarang. pengalaman saya maupun teman-teman yang lain, saya yakin pasti ada yang manis dan pahit, suka dan duka, tangis dan tawa. maka dengan itu kita dapat mendefinisikan bahwa dunia itu tempatnya ujian dan cobaan, yang harus dilewati setiap manusia. seperti halnya siswa yang harus melewati ujian akhir agar bisa lulus sekolah, maka siswa tersebut harus belajar dengan giat. begitu pula kita dalam menjalani hidup, kita jadikan pengalaman hidup sebagai pelajaran yang berharga agar bisa melewati ujian-ujian hidup sehingga hidup kita bisa bahagia dunia dan akhirat. aamiin

    ReplyDelete
  21. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya dilanda kebingungan. Judul ini sangat menarik. Sangat ingin berpendapat. Sangat ingin berbagi opini saya. Tapi saya bingung, akan dimulai dari mana. "Memanipulasikan pengalaman", itu seperti apa, itu yang seperti apa, dan bagaimana caranya. Sungguh belum pernah saya mendengarnya bahkan melakukannya.
    Memanipulasikan pengalaman? Apakah saya harus memanipulasi pengalaman saya? Eh ya harus, memang begitu adanya forum tanya jawab ini. Tapi sekali lagi, bagaimana saya melakukannya?
    Apakah dimulai dengan bercerita tentang pengalaman pribadi, atau dimulai dengan imajinasi-imajinasi saya?
    Sebelumnya, manipulasi yang selama ini saya pahami adalah sebuah tindakan rekayasa dengan melakukan penambahan, persembunyian, dan pengurangan pada suatu hal. Apakah manipulasi pengalaman saya harus menambahkan atau mengkaburkan pengalaman saya? Apakah saya harus merekayasa pengalaman saya? Jika itu harus saya lakukan, maka muncul definisi dunia yang baru, yaitu bahwa dunia adalah manipulasiku terhadap pengalamanku, bahwa dunia adalah rekayasaku.

    ReplyDelete
  22. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Yang saya temukan dari hasil pencarian saya di KBBI online, arti manipulasi yang cocok dengan pembahasan ini adalah mengatur (mengerjakan) dengan cara yang pandai sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki.
    Saya memaknai memanipulasi pengalaman sebagai cara kita mengatur sedemikian rupa pengalaman yang pernah terjadi untuk menyusun stategi untuk selanjutnya melangkah ke depan demi mencapai tujuan yang kita inginkan. Mendefinisikan dunia tentu membutuhkan pengalaman. Refleksi pengalamankulah yang akan membentuk pandanganku terhadap dunia, tentu akan membuat definisiku terhadap dunia berbeda pula dengan dirimu. Karena tiap orang memaknai setiap pengalamannya berbeda, maka tiap orang punya definisi yang berbeda terhadap dunia.

    ReplyDelete
  23. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Pengalaman menurut saya adalah hal-hal yang membentuk pribadi saya seperti saya sekarang ini. Pengalaman membentuk cara berpikir saya dalam melihat sesuatu, menanggapi sesuatu dan merencanakan masa depan saya. Menurut saya, kata-kata "everything happens for a reason," tidak sepenuhnya benar. Saya berpendapat bahwa "everything happens for many reasons," and "which reason you choose in a given situation makes what you are (in the future)." Pengalaman setiap orang terjadi mempunyai banyak alasan, alasan mana yang kau pilih menentukan dirimu di masa depan.

    Berbicara mengenai pengalaman, terkadang kita memiliki pengalaman yang tidak baik, misalkan : sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Menanggapi hal ini, saya selalu melihat kata-kata yang saya tulis 8 tahun yang lalu, "No matter who you are, no matter what you are, do your best wherever you are," tidak peduli siapapun kau, tidak peduli apapun kau, lakukan yang terbaik dimana pun kau berada. Kata-kata ini muncul secara tiba-tiba di kepala saya, entah mengapa. Yang saya tahu, kata-kata ini yang senantiasa menyemangati saya saat saya down dalam melakukan sesuatu karena saya yakin bahwa jika saya sudah melakukan yang terbaik, apapun hasilnya, itu adalah kehendak Tuhan pastinya tidak bisa ditolak.

    Dari hal tersebut, kita tahu bahwa pengalaman merupakan pelajaran. Terdapat beberapa orang yang hanya bisa memahami sesuatu setelah orang tersebut mendapatkan/ mengalami sesuatu tersebut. Tetapi, kita sebaiknya bisa bijaksana menanggapi hal ini. Kita sebaiknya bisa belajar dari pengalaman orang lain, walaupun memang sebuah pengalaman yang sama akan memiliki dampak yang berbeda-beda setiap orang. Pengalaman adalah hal yang membuat kita lebih baik lagi di masa depan, maupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  24. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sebelum saya berkomentar saya ingin mencoba menerka-nerka yang ada di dalam pikiran saya mengenai manipulasi pengalaman.Ini terkesan baru buat saya karena sebelumnya saya hanya mendengar kata pengalaman saja tanpa diukiti oleh kata manipulasi.Yang pastinya ini akan menjadi refrensi baru buat saya untuk menambah wawasan dalam mengolah makna kata.
    Berbicara tentang pengalaman pasti memiliki kaitan erat dengan kehidupan karena pengalaman didasari dari perjalan hidup seseorang.Yang pastinya setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda.Sifatnya beruntun,maksudnya setelah muncul pengalaman yang satu muncul lagi pengalaman yang berikutnya.Nah, mungkin memanipulasi waktu dapat diilustrasikan sebagai pengrefleksian atau menatap kembali dari pengalaman-pengalaman hidup sebelumnya gun membumbui dan mengemas pengalaman berikutnya agar terlihat memesona..Jika dilihat kenyataannya bahwasannya banyak orang yang ingin mengulangi pengalaman hidup yang telah ada.Namun lagi-lagi kejadian dan peristiwanya tdak akan pernah sama dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sejujurnya saya mengalamai kebingungan, pengalaman yang bagaimana yang dapat saya manipulasikan sehingga saya mampu mendefinisakn dunia. Bukankah dunia adalah diriku sendiri? Maka semua pengalaman ku adalah dunia ku. Contohnya, jika pengalaman saya adalah mempelajari filsafat, maka saya dapat mendefinisikan dunia menurut saya adalah filsafat. Mungkin baru sekecil ini yang bisa saya tangkap perihal pengalaman dan dunia. Jadi, bagaimanapun dunia seseorang, bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  26. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Memanipulasi pengalaman perkaran yang susah susah gampang. Apalagi memanipulasi dunia, dunia tak perlu dimanipulasi dunia kita tentang segala usaha, iktiar dan doa kita kepada Sang Pencipta. Memanipulasi pengalaman berarti merekayasa keadaan yang tidak sebenarnya. Rekayasa tidak selalu buruk karena rekayasa yang baik akan menghasilkan dunia yang baik pula. Rekayasa sesuai alur dan tidak menyalahi aturan membawa kita pada dunia yang baik pula. Namun, rekayasa yang menyalahi aturan dapat merugikan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  27. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Dunia, bagaimana mendefinisikan dunia? Dunia dapat dipandang dari berbagai sisi, setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang dunia. Dunia yang sekarang pun berbeda dengan dunia yang kemaren. Dalam mendefinisikan dunia tergantung dengan pengalaman yang telah dimiliki. Agar dunia dapat didefinisikan maka harus dengan memanipulasikan pengalaman. Sehingga dunia adalah apa yang dialami.

    ReplyDelete
  28. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pengalaman adalah bagian-bagian dari perjalanan kehidupan di dunia. Pengalaman 1, pengalaman 2, pengalaman 3, dan seterusnya akan membentuk dunia kehidupan kita. Mulai dari kita lahir hingga kehidupan sekarang ini, tentu banyak pengalaman yang telah terjadi. Pengalaman-pengalaman masa lalu merupakan penentu nasib kita saat ini. Dan segala sesuatu yang kita lakukan atau kita alami saat ini, akan menjadi pengalaman di masa depan dan tentu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita di masa mendatang.

    ReplyDelete
  29. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pengalaman itu mengumpulkan pengetahuan baru dengan cara melakukan yang tidak biasa dilakukan sebelumnya. Pengalaman itu membukakan pikiran yang dulunya hanya mengetahui suatu hal karena kebiasaan saja, menjadi mengetahui hal-hal baru yang memiliki dampak baik positif maupun negatif bagi yang mengalami. Pengalaman itu menjadi pembelajaran untuk setiap orang, baik yang mengalami ataupun terhadap orang-orang yang ingin mendengarkan cerita mengenai pengelaman tersebut. Setiap individu memiliki lebih dari satu pengalaman semasa hidupnya jika ia berusaha untuk keluar dari zona nyamannya dan mau memulai hal-hal baru. Pengalaman itu mahal, karena tidak akan pernah terulang dengan sama persis pengalaman yang satu dengan yang lainnya. Begitu halnya dunia, dunia itu begitu luas, begitu kaya dengan pengetahuan. Di setiap sisi memiliki pengetahuan-pengatahuan yang berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Pengalaman dan dunia itu sama, yaitu sama-sama membukakan pikiran untuk kritis dan mampu memberikan pengetahuan yang berguna untuk kehidupan seseorang, namun dengan sifat bijak dalam menggunakan pengetahuan tersebut sehingga tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  30. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami manusia memiliki pengetahuan, dan konsep-konsep dalam pemikirannya. Menurut Immanuel Kant , sepemahaman kami, pengetahuan-pengetahuan yang ada dalam pikiran ini bersifat apriori, dari pengetahuan-pengetahuan itu bisa dianalisis sehingga bisa diturunkan suatu konsep pengetahuan yang baru, yang tentunya identik atau sejalan dengan pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya sudah ada. Ketika kita menghadapi dunia, kenyataan dan realita, bisa dengan mengalami langsung atau mengamati fenomena yang terjadi dengan organ panca indera maka kita akan mendapatkan suatu pengalaman. Dari pengalaman ini kita bisa membuat suatu kesimpulan, apabila kita sintesiskan dengan pengetahuan apriori yang dimiliki sebelumnya maka bisa didapatkan suatu pengetahuan baru yang merupakan sintesis dari analitik apriori dan sintetik aposteriori sehingga disebut dengan sintetik apriori. Jadi menurut kami, untuk memanipulasi pengalaman untuk memahami dunia adalah dengan melakukan sintetik apriori.

    ReplyDelete
  31. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pengalaman artinya adalah segala sesuatu kejadian/peristiwa yang pernah kita lewati baik itu tentang hal-hal yang baik dan menyenangkan maupun hal-hal yang buruk dan menyedihkan. Selain itu, pengalaman juga bisa diperoleh dari orang lain, belajar dari pengalaman orang lain. Memanipulasi pengalaman adalah hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki masa depan. Terkadang pengalaman kita memang buruk, namun gunakanlah pengalaman itu untuk memperbaiki masa depan kita, pengalaman buruk perlu diingat karena dari pengalaman buruk tersebut dapat diambil pelajaran dan hikmahnya.

    ReplyDelete
  32. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pengalaman menurut KBBI berarti sesuatu yang pernah dialami, dijalani, dirasa, dan ditanggungi. pengalaman dalam setiap kehidupan ada yang baik dan ada yang buruk, ada yang sesuai perintah-Nya ada yang masih melenceng dari perintah-Nya. Semua itu yang pernah terjadi dalam hidup kita sudah mampu dikatakan pengalaman. Pada pengalaman hidup kita tentunya kita mampu mengetahui apa yang terjadi di dunia ini, sehingga lambat laun dengan seringnya berbagai macam pengalaman yang dihadapi, maka kita akan mampu mendefinisikan dunia. Dengan pengalaman kita mampu mengartikan kehidupan. Dengan pengalaman makan semua akan diketahui

    ReplyDelete
  33. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Menurut saya pengalaman adalah sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau. Yang artinya adalah suatu ketetapan atau takdir. Dimana takdir ini sering dikaitkan pula dengan usaha atau ikhtiar sebelum itu menjadi ketetapan maka perlu yang namanya usaha. Naanya memanipulasi berarti usaha yang dialakukan tidak dengan benar-benar usaha, mungkin dalm hal ini disebut cara yang kurang baik. Jadi menurut saya manipulasi pengalaman yaitu memanipulasi usaha dan ikhtiarnya dimasa lampau. Bisa berarti dalam melaksanakannya dimasa lampau ia tidak ikhlas hati, tidak ikhlas pikir atau tidak ikhlas keduannya.

    ReplyDelete
  34. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Dunia adalah suatu tempat yang terbatas ruang dan watu, bermilyar-milyar pangkat bermilya-milyar yang ada dan mungkin ada di dalam dunia ini, sedangkan hanya sedikit yang kita ketahui. Dunia itu ada dunia di luar dan dunia di dalam diri manusia yang saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Sehingga ada banyak sekali dunia, duia relatif bagi setiap manusia. Dunia anak kecil akan berbeda dengan dunia orang dewasa, dunia orang terpelajar akan berbeda degan dunia orang awam, dunia seorang kiai aka berbeda dengan dunia para pendosa, walaupn mereka berada di tempat yang sama dan melihat hal yang sama, tapi persepsi meraka akan berbeda. Dunia dalam diri manusia terbentuk dari kenyataan, ruang , waktu, pengalaman, kesadaran, intuisi, fikiran, dan hati. Pengalaman akan membentuk dunia dalam diri manusia, secara positif maupun negatif, tergantung dari manusia itu sendiri, dan campur tangan tuhan.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  35. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Pengalaman itu pada dasarnya juga merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan yang menjadi dasar pengetahuan dalam diri manusia. Karena pada dasarnya belajar tidak hanya diperoleh dari sekolah saja tetapi bisa diperoleh dari mana saja, salah satunya yaitu belajar dari pengalaman. Manusia dapat berkembang pengetahuannya karena melalui pengalaman. Orang dengan pengalaman yang lebih bnyak pasti cenderung akan lebih banyak pengetahuannya. Oleh karena itu, kita sebaiknya memperbanyak pengalaman agar pengetahuan kita juga bertambah. Tetapi juga harus tetap berhati-hati karena tidak selamanya pengalaman itu berdampak baik, dapat juga berdampak buruk tergantung dari lingkungan atau pergaulan. Dan yang perlu kita sadari bahwa setiap orang pastilah mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Berbagai kejadian yang di alami di dunia ini pastilah menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman yang baik maupun yang buruk tentulah dapat diambil hikmah dan manfaatnya. Karena itulah pengalaman adalah salah satu sumber dilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  36. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Immanuel kant lmu itu terdiri dari rasio atau logika dan pengalaman. Maka pengalaman itu adalah setengah dari ilmu. Memiliki pengalaman akan membantu kita untuk memperoleh ilmu. Dan kaetika kita ingin memihat dunia maka tengoklah pikiran atau ilmu kita. Kita pun sering mendengar bahwasannya ilmiu itu adalah jendela dunia. Karena seberapa ilmu yang kita miliki adalah gambaran dari dunia kita. Dengan memiliki ilmu yang luas maka kita juga akan melihat dunia lebih luas. Maka pengalaman merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pada dunia. Maka salah satu upaya untuk memperluas dunia kita adalah dengan memperbanyak pengalaman kita dengan tidak melupakan logika atau rasio kita.

    ReplyDelete
  37. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Menurut Immanuel kant lmu itu terdiri dari rasio atau logika dan pengalaman. Maka pengalaman itu adalah setengah dari ilmu. Memiliki pengalaman akan membantu kita untuk memperoleh ilmu. Dan kaetika kita ingin memihat dunia maka tengoklah pikiran atau ilmu kita. Kita pun sering mendengar bahwasannya ilmiu itu adalah jendela dunia. Karena seberapa ilmu yang kita miliki adalah gambaran dari dunia kita. Dengan memiliki ilmu yang luas maka kita juga akan melihat dunia lebih luas. Maka pengalaman merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pada dunia. Maka salah satu upaya untuk memperluas dunia kita adalah dengan memperbanyak pengalaman kita dengan tidak melupakan logika atau rasio kita.

    ReplyDelete
  38. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengkonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  39. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. setiap orang pasti memiliki pengalaman, sebab apapun yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari akan di simpan di otak dan menjadi pengalaman. Pengalaman itu penting sebgai praktik atas semua teori yang telah dipelajari. Memanipulasi pengalaman itu menurut saya berusaha untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya, bisa dengan memaksa diri untuk mengalami atau melakukan kegiatan, maupun mempelajari pengalamanan orang lain.

    ReplyDelete
  40. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dunia adalah tempat belajar. Belajar tentang segala sesuatu. Belajar untuk memahami. Belajar untuk membaca. Belajar untuk ikhlas. Belajar untuk bersyukur. Belajar untuk menghargai. Belajar untuk menyayangi. Belajar untuk belajar. Dengan belajar akan memunculkan pengalaman yang mampu digunakan untuk perbaikan segala yang kita lakukan. Dengan pengalaman kita akan mudah dalam menentukan pilihan

    ReplyDelete
  41. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia adalah perjalanan, dimana kita menempati ruang dan waktu yang terus berjalan maju. dalam perjalanan ini kita berkembang dan tumbuh sesuai dengan ilmu yang kita miliki. Perjalanan ini berjalan maju dan tidak akan pernah kembali, kita bisa mengingat memori tentang perjalanan yang sudah kita lalui namun tidak akan mungkin kembali ke ruang dan waktu yang telah lewat. Dunia ini terbatas untuk manusia sesuai dimana manusia sampai mana melakukan perjalanannya.

    ReplyDelete
  42. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Hidup kita adalah rentetan pergantian dari satu peristiwa menuju peristiwa yang lain. Misalnya dari peristiwa mandi kemudian berganti menjadi peristiwa perjalanan ke kampus, kemudian berubah lagi menjadi peristiwa di tempat parker dan berganti lagi misalnya menjadi peristiwa berjalan ke ruang kelas dan seterusnya. Setiap rentetan peristiwa ini akan menghasilkan pengalaman yang berbeda meskipun hal yang dialami adalah sama. Pengalaman kita dalam perjalanan ke kampus misalnya, berisi dengan banyak kejadian, mungkin bertemu dengan ibu-ibu yang sedang berkendara tanpa menggunakan helm, bersimpangan dengan anak sekolah yang sedang ngebut dan sejumlah kejadian penyusun yang lain. Maka sebenar-benar kumpulan peristiwa-peristiwa yang menyusun peristiwa yang lebih besar, itu bisa kita sebut sebagai dunia. Dunia orang pergi ke kampus bisa dimulai dari mahasiswa yang mengeluarkan sepeda motor, berpapasan dengan orang lain, bertemu dengan tukang parker, bertemu dengan mahasiswa lain yang juga sedang berangkat kuliah, dan sebagainya. Itu adalah salah satu contoh dunia yang dimaknai secara ekstensif.

    ReplyDelete
  43. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pengalaman merupakan suatu kejadian yang sudah pernah dialami atau baru saja dialami. Pengalaman bisa memunculkan ilmu pengetahuan. Pengalaman setiap orang berbeda-beda, sehingga setiap orang mampu memunculkan ilmu pengetahuan yang berbeda-beda. Kalau dalam filsafat, pengalaman bersifat empiris dan aposteriori. Dua sifat ini merupakan sifat obyek pikir diluar pikiran kita yang terikat ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  44. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Jika kita sudah bisa membaca dan menuliskan komentar tentulah hidup kita sudah mengalami berbagai macam pengalaman yang tidak dapat dijelaskan kembali setiap detailnya. Namun setiap pengalaman merupakan refleksi dari pengalaman sebelumnya sehingga kehidupan itu berputar dan berlanjut seperti halnya hermeneutika. Ketika kita mengalami sesuatu maka kita akan menterjemahkannya ke dalam pikiran sehingga apabila pengalaman serupa terulang kembali, kita akan menggunakan pikiran mengenai pengalaman sebelumnya untuk menentukan reaksi dan respon kita.

    ReplyDelete
  45. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengeetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia.

    ReplyDelete
  46. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia merupakan tempat makhluk hidup untuk tinggal dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Dunia merupakan suatu tempat dimana peradaban dibangun dan manusia dengan kemampuan berpikirnya membangun dunia menuju kehidupan yang modern. Setiap manusia akan memaknai dunia dan segala isinya dengan cara yang berbeda tergantung bagaimana dia berpikir tentang dunia. Jika seseorang menganggap dunia sebagai tempat untuk mencari harta semata, maka hartalah yang akan diberikan dunia atas usahanya. Dunia akan selalu berubah menjadi seperti apa yang dipikirkan oleh tiap manusia.

    ReplyDelete

  47. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dalam dunia filsafat sering kita dengar bahwa dunia adalah apa yang kita pikirkan terhadap dunia, jika kita tersenyum terhadap dunia, maka dunia juga akan tersenyum terhadap dunia. Masing-masing individu memiliki pengalaman masing-masing. Pengalaman inilah yang akan mengonstruksi cara berpikir seseorang termasuk caranya berpikir terhadap dunia. Maka dapat dikatakan bagaimana dunia seseorang adalah juga bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  48. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Sebenar-benar ilmu manusia adalah terletak pada pengalamannya. Maka memanipulasikan pengalaman artinya memanipulasikan ilmu. Ini artinya manusia melakukan segala hal dalam mengejar pengakuan dunia, tidak jarang manusia mengadakan yang bukan ada. Salah satu contoh konkrit memanipulasikan pengalaman adalah melakukan plagiat. Contoh sederhana dalam pembelajaran yaitu menggunakan LKS yang dibeli guru. Padahal seharusnya LKS disusun berdasarkan kreativitas guru berangkat dari pengalamannya mengajar.

    ReplyDelete
  49. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pengalaman seseorang bergantung pada lingkungan tempat berada dan hermeneutika yang terjalin oleh orang tersebut. Melalui pengalaman yang berbeda maka setiap orang pun akan mendefinisikan dunia berbeda-beda. Misalnya, orang yang berada di lingkungan agamis dan berhermeneutika dengan menjalankan kehidupan taat beragama, niscaya dia akan mendefinisikan dunia sebagai hal yang ditinjau dari agama pula begitu pula untuk yang lainnya.

    ReplyDelete
  50. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Pengalaman adalah suatu ilmu yang paling berharga, pengalaman di pelajari tidak melalui teori tetapi melalui peraktik. Memanipulasi pengalaman disini dimaksudkan adalah bagaimana berartinya suatu pengalaman apabila kita jadikan sebagai tolak ukur kita untuk menjadi maju dan mampu meraih dunia. Pengalaman adalah tolak ukur kita untuk merubah diri kita, memanipulasi diri kita dalam suatu keadaan yang berbeda, tentunya lebih baik dari yang terdahulu berdasarkan pengalaman. Pengalaman membuat kita belajar akan pentingnya history hidup, karena perjalanan itu tentunya tidak selalu mulus pastilah mendapati lika-liku kehidupannya. Namun dengan belajar dari apapun yang tejadi dalam hidup ini kita dapat merubah diri kita menjadi lebih dewasa dan lebih berwawasan.

    ReplyDelete
  51. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Pengetahuan diperoleh karena pengalaman. Pengalaman adalah kejadian yang pernah dialami, dilalui dan dirasakan seseorang. Segala ilmu pengetahuan diturunkan dari pengalaman, oleh karenanya dengan pengalaman kita dapat mendefinisikan dunia. Hidup adalah interaksi antara pikiran dan pengalaman. Manusia akan bertindak sesuai apa yang pernah dia lakukan dan apa yang ada dalam pikirannya.

    ReplyDelete