Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Pengalaman merupakan kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuan. Filsuf yang sejalan dengan pengetahuan yang didasarkan pada empirisme ini adalah D. Hume. Hume mengemukakan bahwa untuk membangun dunia yang diperlukan hanyalah pengalaman karena rasio tidak bisa digunakan untuk membangun dunia. namun, yang sebenarnya adalah, manusia tetap membutuhkan rasio untuk membentuk pengetahuan. Rasio digunakan agar kita dapat terhindar dari pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Dan rasio dibutuhkan agar kita dapat memaknai sebuah pengalaman baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun tidak. Dengan adanya rasio, maka kualitas kehidupan kita juga akan meningkat di masa mendatang.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Memanipulasi berasal dari kata dasar manipulasi. Memanipulasi adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Memanipulasi memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memanipulasi dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Memanipulasi juga berarti mengatur (mengerjakan) dengan cara yang pandai sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Sebagai calon guru matematika kita sebaiknya memiliki kemampuan dan pemahaman dalam memanipulasikan soal dan persamaan yang digunakan untuk mengeksplor ide-ide dan pemahaman siswa. Dengan memanipulasi soal kita dapat membuat penjelasan yang sederhana dalam mengerjakan permasalahan yang sedang dipelajari (soal-soal matematika). Maka dari itu, siswa harus di bimbing dalam menggunakan daya imaginasinya agar lebih mudah dalam mengabstraksikan permasalahan dengan cara mengatur bentuk dan struktur soal agar lebih mudah diselesaikan.

    ReplyDelete
  3. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Setiap manusia memiliki pengalaman yang berbeda-beda sejak dia lahir hingga sekarang. pengalaman saya maupun teman-teman yang lain, saya yakin pasti ada yang manis dan pahit, suka dan duka, tangis dan tawa. maka dengan itu kita dapat mendefinisikan bahwa dunia itu tempatnya ujian dan cobaan, yang harus dilewati setiap manusia. seperti halnya siswa yang harus melewati ujian akhir agar bisa lulus sekolah, maka siswa tersebut harus belajar dengan giat. begitu pula kita dalam menjalani hidup, kita jadikan pengalaman hidup sebagai pelajaran yang berharga agar bisa melewati ujian-ujian hidup sehingga hidup kita bisa bahagia dunia dan akhirat. aamiin

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya dilanda kebingungan. Judul ini sangat menarik. Sangat ingin berpendapat. Sangat ingin berbagi opini saya. Tapi saya bingung, akan dimulai dari mana. "Memanipulasikan pengalaman", itu seperti apa, itu yang seperti apa, dan bagaimana caranya. Sungguh belum pernah saya mendengarnya bahkan melakukannya.
    Memanipulasikan pengalaman? Apakah saya harus memanipulasi pengalaman saya? Eh ya harus, memang begitu adanya forum tanya jawab ini. Tapi sekali lagi, bagaimana saya melakukannya?
    Apakah dimulai dengan bercerita tentang pengalaman pribadi, atau dimulai dengan imajinasi-imajinasi saya?
    Sebelumnya, manipulasi yang selama ini saya pahami adalah sebuah tindakan rekayasa dengan melakukan penambahan, persembunyian, dan pengurangan pada suatu hal. Apakah manipulasi pengalaman saya harus menambahkan atau mengkaburkan pengalaman saya? Apakah saya harus merekayasa pengalaman saya? Jika itu harus saya lakukan, maka muncul definisi dunia yang baru, yaitu bahwa dunia adalah manipulasiku terhadap pengalamanku, bahwa dunia adalah rekayasaku.

    ReplyDelete
  5. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Yang saya temukan dari hasil pencarian saya di KBBI online, arti manipulasi yang cocok dengan pembahasan ini adalah mengatur (mengerjakan) dengan cara yang pandai sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki.
    Saya memaknai memanipulasi pengalaman sebagai cara kita mengatur sedemikian rupa pengalaman yang pernah terjadi untuk menyusun stategi untuk selanjutnya melangkah ke depan demi mencapai tujuan yang kita inginkan. Mendefinisikan dunia tentu membutuhkan pengalaman. Refleksi pengalamankulah yang akan membentuk pandanganku terhadap dunia, tentu akan membuat definisiku terhadap dunia berbeda pula dengan dirimu. Karena tiap orang memaknai setiap pengalamannya berbeda, maka tiap orang punya definisi yang berbeda terhadap dunia.

    ReplyDelete
  6. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Pengalaman menurut saya adalah hal-hal yang membentuk pribadi saya seperti saya sekarang ini. Pengalaman membentuk cara berpikir saya dalam melihat sesuatu, menanggapi sesuatu dan merencanakan masa depan saya. Menurut saya, kata-kata "everything happens for a reason," tidak sepenuhnya benar. Saya berpendapat bahwa "everything happens for many reasons," and "which reason you choose in a given situation makes what you are (in the future)." Pengalaman setiap orang terjadi mempunyai banyak alasan, alasan mana yang kau pilih menentukan dirimu di masa depan.

    Berbicara mengenai pengalaman, terkadang kita memiliki pengalaman yang tidak baik, misalkan : sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Menanggapi hal ini, saya selalu melihat kata-kata yang saya tulis 8 tahun yang lalu, "No matter who you are, no matter what you are, do your best wherever you are," tidak peduli siapapun kau, tidak peduli apapun kau, lakukan yang terbaik dimana pun kau berada. Kata-kata ini muncul secara tiba-tiba di kepala saya, entah mengapa. Yang saya tahu, kata-kata ini yang senantiasa menyemangati saya saat saya down dalam melakukan sesuatu karena saya yakin bahwa jika saya sudah melakukan yang terbaik, apapun hasilnya, itu adalah kehendak Tuhan pastinya tidak bisa ditolak.

    Dari hal tersebut, kita tahu bahwa pengalaman merupakan pelajaran. Terdapat beberapa orang yang hanya bisa memahami sesuatu setelah orang tersebut mendapatkan/ mengalami sesuatu tersebut. Tetapi, kita sebaiknya bisa bijaksana menanggapi hal ini. Kita sebaiknya bisa belajar dari pengalaman orang lain, walaupun memang sebuah pengalaman yang sama akan memiliki dampak yang berbeda-beda setiap orang. Pengalaman adalah hal yang membuat kita lebih baik lagi di masa depan, maupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  7. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sebelum saya berkomentar saya ingin mencoba menerka-nerka yang ada di dalam pikiran saya mengenai manipulasi pengalaman.Ini terkesan baru buat saya karena sebelumnya saya hanya mendengar kata pengalaman saja tanpa diukiti oleh kata manipulasi.Yang pastinya ini akan menjadi refrensi baru buat saya untuk menambah wawasan dalam mengolah makna kata.
    Berbicara tentang pengalaman pasti memiliki kaitan erat dengan kehidupan karena pengalaman didasari dari perjalan hidup seseorang.Yang pastinya setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda.Sifatnya beruntun,maksudnya setelah muncul pengalaman yang satu muncul lagi pengalaman yang berikutnya.Nah, mungkin memanipulasi waktu dapat diilustrasikan sebagai pengrefleksian atau menatap kembali dari pengalaman-pengalaman hidup sebelumnya gun membumbui dan mengemas pengalaman berikutnya agar terlihat memesona..Jika dilihat kenyataannya bahwasannya banyak orang yang ingin mengulangi pengalaman hidup yang telah ada.Namun lagi-lagi kejadian dan peristiwanya tdak akan pernah sama dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sejujurnya saya mengalamai kebingungan, pengalaman yang bagaimana yang dapat saya manipulasikan sehingga saya mampu mendefinisakn dunia. Bukankah dunia adalah diriku sendiri? Maka semua pengalaman ku adalah dunia ku. Contohnya, jika pengalaman saya adalah mempelajari filsafat, maka saya dapat mendefinisikan dunia menurut saya adalah filsafat. Mungkin baru sekecil ini yang bisa saya tangkap perihal pengalaman dan dunia. Jadi, bagaimanapun dunia seseorang, bergantung pada pengalamannya.

    ReplyDelete
  9. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Memanipulasi pengalaman perkaran yang susah susah gampang. Apalagi memanipulasi dunia, dunia tak perlu dimanipulasi dunia kita tentang segala usaha, iktiar dan doa kita kepada Sang Pencipta. Memanipulasi pengalaman berarti merekayasa keadaan yang tidak sebenarnya. Rekayasa tidak selalu buruk karena rekayasa yang baik akan menghasilkan dunia yang baik pula. Rekayasa sesuai alur dan tidak menyalahi aturan membawa kita pada dunia yang baik pula. Namun, rekayasa yang menyalahi aturan dapat merugikan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  10. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Dunia, bagaimana mendefinisikan dunia? Dunia dapat dipandang dari berbagai sisi, setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang dunia. Dunia yang sekarang pun berbeda dengan dunia yang kemaren. Dalam mendefinisikan dunia tergantung dengan pengalaman yang telah dimiliki. Agar dunia dapat didefinisikan maka harus dengan memanipulasikan pengalaman. Sehingga dunia adalah apa yang dialami.

    ReplyDelete
  11. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pengalaman adalah bagian-bagian dari perjalanan kehidupan di dunia. Pengalaman 1, pengalaman 2, pengalaman 3, dan seterusnya akan membentuk dunia kehidupan kita. Mulai dari kita lahir hingga kehidupan sekarang ini, tentu banyak pengalaman yang telah terjadi. Pengalaman-pengalaman masa lalu merupakan penentu nasib kita saat ini. Dan segala sesuatu yang kita lakukan atau kita alami saat ini, akan menjadi pengalaman di masa depan dan tentu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita di masa mendatang.

    ReplyDelete
  12. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pengalaman itu mengumpulkan pengetahuan baru dengan cara melakukan yang tidak biasa dilakukan sebelumnya. Pengalaman itu membukakan pikiran yang dulunya hanya mengetahui suatu hal karena kebiasaan saja, menjadi mengetahui hal-hal baru yang memiliki dampak baik positif maupun negatif bagi yang mengalami. Pengalaman itu menjadi pembelajaran untuk setiap orang, baik yang mengalami ataupun terhadap orang-orang yang ingin mendengarkan cerita mengenai pengelaman tersebut. Setiap individu memiliki lebih dari satu pengalaman semasa hidupnya jika ia berusaha untuk keluar dari zona nyamannya dan mau memulai hal-hal baru. Pengalaman itu mahal, karena tidak akan pernah terulang dengan sama persis pengalaman yang satu dengan yang lainnya. Begitu halnya dunia, dunia itu begitu luas, begitu kaya dengan pengetahuan. Di setiap sisi memiliki pengetahuan-pengatahuan yang berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Pengalaman dan dunia itu sama, yaitu sama-sama membukakan pikiran untuk kritis dan mampu memberikan pengetahuan yang berguna untuk kehidupan seseorang, namun dengan sifat bijak dalam menggunakan pengetahuan tersebut sehingga tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete