Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman




Ass, khusus untuk Mahasiswa S2 P. Sain dan S2 P. Matematika:

Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah uraian anda sebagai komen pada posting ini.

Demikianlah selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

29 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Hidup seseorang berbeda-beda, salah satunya disebabkan karena mereka memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seperti apa dunia sangat bergantung dengan penglaman seperti apa yang dirasakan dan dilalui oleh yang bersangkutan. Sehingga, saya dapat mendefinisikan bahwa dunia itu adalah sintesis dari pengalaman-pengalaman kita.

    ReplyDelete
  2. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Pengalaman adalah pengetahuan yang kita peroleh melalui sebuah proses tertentu. Pengalaman tidak sepenuhnya bersifat baik, melainkan dapat terjadi atau berupa hal negatif pula. Pengalaman inilah dunia kita. Bagaimana cara kita menerima dan menikmati pengalaman yang diperoleh akan membuat dunia kita berbeda dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait forum tanya jawab ini, bahwa Manipulasikanlah pengalaman anda sehingga anda mampu menggunakannya untuk mendefinisikan Dunia. Pengalaman terbentuk ketika manusia menghadapi situasi ke depan yang dimana sebelumnya sudah terjadi peristiwa yang dimana peristiwa sebelumnya menghasilkanhasil yang bagus ataupun kurang bagus untuk lebih ditingkatkan kedepannya sehingga peristiwa selanjutnya bisa menghasilkan hasil yang lebih bagus lagi. Pengalaman semakin bertambah jika seseorang telah banyak melalui peristiwa yang dihadapi. Pengalaman yang bagus tercipta jika seseorang mempunyai kesadaraan untuk memperbaiki pengalaman sebelumnya dan mempunyai kemampuan nya untuk dapat menyelesaikan peristiwa yang dihadapinya dengan baik serta dapat menerima tanggapan dari orang sekitarnya dengan baik tanpa menimbulkan suatu masalah.

    ReplyDelete
  4. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    guru yang terbaik adalah pengalaman kita sendiri, pengalaman baik, buruk, pahit, manis, asam, bahkan basa. pengalaman yang menjadi pelajaran hidup paling berkesan dan sering sekali dialami bahkan banyak sekali hingga memori akan pengalaman menjadi overload. pengalaman yang tidak ada batasannya tersebut membuat manusia menjadi lebih menghargai atas segalanya termasuk berterima kasih terhadap diri sendiri karena sudah berkorban mewujudkan pengalaman. pengalaman terjadi di dunia nyata atau bisa terjadi di dunia fantasi manusia, pengalaman bermimpi sesuatu sudah termasuk di dalam dunia fantasi atau alam bawah sadar manusia. pengalaman di dunia nyata menghubungkan antara satu kejadian dengan kejadian lain yang pastinya melibatkan diri ini.sehingga, dunia ini bila diibaratkan wadah akan penuh sesak dengan pengalaman manusia yang setiap detik mengalami pengalaman yang tak terduga dan spontan.

    ReplyDelete
  5. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada mulanya kita dilahirkan di dunia sama sekali tidak mengenal dunia itu seperti apa. Seseorang bisa mengenal dunianya berdasarkan pengalaman yang dimiliki dalam hidupnya, pengalaman sangat berperan dalam menumbuhkembangkan seseorang dari yang tidak mengenal dunia hingga mengenal dunia. Pengalaman dapat diperoleh dimana dan kapan saja tergantung ruang dan waktunya, pengalaman yang diperoleh tidak hanya satu melainkan beragam pengalaman. Oleh karena itu seseorang mampu mengenali dunia karena memiliki pengalaman-pengalaman.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebenar benar hidup adalah interaksi antara pikiran dan pengalaman. Menurut Imannuel Kant sebenar-benarnya pengalaman bersifat sintetik a posteriori. Pak Marsigit menyampaikan bahwa pengalaman juga belum merupakan ilmu, agar menjadi ilmu maka logika harus benar-benar diterapkan, begitu juga dengan pengalaman. Pengalaman bisa bersumber pada pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Pengalaman adalah perihal apa yang telah terjadi dan dirasakan sehingga memberi efek pembelajaan.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Membangun dunia dan kehidupan itu dimulai dari olah pikir tentang apa dan yang mungkin ada. Sehingga sudah tentu oleh pikir akan membangun ilmu dan pengetahuan. Melalui pengalaman manusia melihat dan merasakan langsung dengan empiri, intuisi, sensasi. Sedangkan dengan pemikiran logika, pengetahuan dapat diperoleh melalui persepsi, ide, pure, konsep, ilmu pengetahuan, pemutusan /judgement

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap manusia pasti memiliki pengalaman dan dalam proses hidupnya pasti manusia mendapatkan berbagai pengalaman baru. Ketika kita ingin membangun dunia maka pengalaman-pengalaman yang telah kita dapatkan menjadi pondasinya. Pengalaman-pengalaman tersebut membuat kita belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Maka dunia itu bagaikan wadah dan pengalaman itu bagaikan isinya.

    ReplyDelete
  10. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Memanipulasikan Pengalaman. Aku dulu seorang penyanyi. Em tidak ah, aku manipulasi saja. Aku kembali ke masa itu, aku ubah jadi seorang gitaris. Ya, pengalamanku berganti menjadi seorang gitaris. Kini ku bisa ngejreng-ngejreng, aku punya pengalaman menggitar yang tidak diragukan lagi. Hahahaha. Oh tidak, ternyata orang-orang tidak menyukainya. Genjrenganku buruk. Oh tidak. Ternyata itu bukan duniaku. Aku tidak bisa memaksakan diriku untuk memanipulasi pengalamanku. Bagaimana ini? Aku harus bagaimana? Aku terlanjur memanipulasinya. Aku tersadar. Pengalaman mengajarkan kita untuk berpikir. Pengalaman mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati. Pengalaman mengajarkan kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah kita lakukan. Pengalaman mengajarkan kita untuk tidak termakan mitos. Pengalaman mengajarkan kita untuk tidak sombong. Pengalaman mengajarkan kita banyak hal untuk melangkah lebih baik dari sebelumnya karena pengalaman kita adalah dunia kita, dunia yang kita ciptakan berdasar apa yang telah kita alami, itulah dunia kita.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia pasti memiliki pengalaman. Pengalaman hidup antar satu orang dengan orang lainnya pasti berbeda. Dari pengalaman-pengalaman itulah manusia dapat belajar. Dari pengalaman-pengalaman tersebut pula manusia bisa memaknai sesuatu. Oleh karena itu pengalaman sangat menentukan bagaimana cara pandang manusia. Termasuk bagaimana manusia memandang dan mendefinisikan dunia.

    ReplyDelete
  12. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pengalaman merupakan suatu proses untuk menemukan jati diri dari seseorang. Sebuah pengalaman diperoleh melalui proses kehidupan yang kita jalani. Semakin banyak pengalaman yang kita jalani, maka akan membuat kita lebih bijak dalam memandang sesuatu. Pengalaman akan mempengaruhi cara pandang kita akan suatu dunia, karena dunia dalam diri kita tidak lain adalah pengalaman yang kita jalani. Oleh karena itu, teruslah meningkatkan ilmu dan perbanyak pengalaman, dengan cara demikian maka akan membentuk suatu dunia yang kita idam-idamkan.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dunia adalah tepat apa yang ada dalam pikiran kita. Dimana pikiran kita terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang telah kita lakukan. Pengalaman yang positif akan berdampak positif juga terhadap suatu pemikiran. Pengalaman dapat kita peroleh dari berbagai hal dalam kehidupan kita. Pengalaman baik atau buruk akan kita temui dalam menggapai sesuatu. Hal yang harus kita lakukan yaitu jadikan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk kehidupan dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  14. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Dunia dan pengalaman adalah dua hal yang saling berkaitan. Ketika manusia dilahirkan di dunia, maka pengalamannya dimulai. Meskipun pengalaman tersebut tidak bisa diingat olehnya sendiri. Hal yang tidak dapat dilupakan bahwa dunia merupakan rangkaian pengalaman-pengalaman.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Jika saya harus memanipulasi pengalaman ketika melakukan penelitian skripsi. Dari pengalaman dimana saya memperoleh hasil penelitian yang tidak sesuai dengan harapan menjadi penelitian yang penuh dengan manipulasi data, penilitian yang memiliki perjalanan yang mulus, dan penelitian yang penuh dengan kebohongan. Maka saya akan menjadi penikmat kebohongan dan penikmat pembohongan publik. Mungkin memang menikmati tetapi akan menyakiti nurani yang terdalam. Sebab senikmat-nikmat pembohongan tidak akan memberikan kebahagian yang sejati, tidak akan memberikan ketentraman pada nurani. Saya juga membayangkan seberapa banyak orang yang akan mengutip hasil kebohongan dari penelitian yang saya lakukan hingga akan menjadi kebohongan dan dosa jariyah yang terus mengalir.

    Dari pengalaman "Asli" itulah saya benar-benar memahami bahwa suatu kebenaran memanglah tidak mudah untuk dipertahankan, suatu kejujuran memanglah sakit adanya, namun suatu usaha yang disertai kejujuran akan memberikan kebahagian sejati. Alhamdulillah saya justru sangat lega dengan hasil penelitian seperti itu. Meskipun saya mengalami kesulitan pada saat melaporkannya disidang skripsi.

    ReplyDelete
  16. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Jika saya harus memanipulasi pengalaman saat ingin mendaftar di UNY. Dari pengalaman yang memberanikan diri untuk mendaftar menjadi pengalaman yang pada akhirnya mundur karena segala isu negatif yang ada bahwa "UNY itu persaingan PMBnya ketat, susah, hanya orang-orang yang benar-benar cerdaslah yang bisa kuliah disana,dst". Maka mungkin saya tidak akan berada di UNY saat ini, mungkin tidak akan belajar filsafat dari Prof. Marsigit, mungkin saya pada saat itu akan menjadi penikmat MITOS, menjadi penikmat ketakutan, berada pada RUANG dan WAKTU yang tidak tepat, dst.

    Dari pengalaman "Asli" itulah saya pada akhirnya memahami bahwa hidup ini tak lepas dari susunan ruang dan waktu, fatal dan vital, potensi dan fakta,logos dan mitos. Saya sekarang memahami bahwa langkah besar yang saya tempuh dengan memberanikan diri pada saat itu akhirnya membawa saya pada ruang dan waktu saat ini. Saya juga memahami bahwa hidup itu adalah rentetan rahasia fatal Tuhan yang harus dibuka satu persatu melalui usaha(vital) manusia disetiap arus ruang dan waktunya. Apa yang terjadi dimasa yang akan datang itu masih menjadi ruang dan waktu yang bersifat rahasia. Potensi diri yang kita ragukan belum tentulah sesuai dengan keraguan.Keraguan itu muncul karena kita diperbudak mitos akan isu-isu yang belum tentu benar. Maka kita harus berani untuk mencoba, mengabaikan isu-isu negatif yang ada agar kita benar-benar bisa tahu Fakta potensi kita itu seperti apa. Pada akhirnya faktalah yang akan berbicara bukan keraguan.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Terdapat istilah “Guru terbaik adalah pengalaman”. Dari pengalaman adalah kita dapat menentukan langkah yang tepat dalam mengambil setiap keputusan. Dari pengalaman kita dapat belajar dan berinstropeksi diri. Dari pengalaman kita dapat membangun pemikiran-pemikiran yang luas, sehingga terbentuklah dunia yang luas dalam pikiran kita. Seseorang yang tidak berpengalaman atau sedikit pengalaman, dia hanya akan memandang sesuatu secara sempit, dunia dalam benaknya tak lebih luas dari apa yang dia ketahui. Benang merah dari yang saya sampaikan adalah kita harus jeli dalam mengambil pembelajaran dari berbagi permasalahan. Permasalahan-permasalahan itulah yang akan menambah pengalaman kita, sehingga pemikiran kita akan dunia menjadi lebih luas. Semakin banyak pengalaman yang kita miliki, semakin luas juga dunia yang akan kita bangun.

    ReplyDelete
  18. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kehidupan yang kita jalani tentunya tidak bisa dilepaskan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Pengalaman sendiri merupakan suatu akibat dari adanya ruang dan waktu. Semakin banyak pengalaman yang kita miliki maka akan semakin bijak juga kita dalam menanggapi sesuatu dalam kehidupan. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak kita sadari bahwa pengalaman yang telah atau akan kita lakukan merupakan cerminan dunia diri kita sendiri, karena dari pengalaman kita akan mampu membangun dunia yang diidamkan.

    ReplyDelete
  19. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pengalaman merupakan guru terbaik. Berkat pengalaman, kita dapat lebih mengetahui sejauh mana pengetahuan yang kita miliki untuk berbagai kondisi. Dunia memiliki berbagai sisi positif dan negatif yang harus dihadapi. Oleh karena itu kita pengetahuan dan pengalaman merupakan bekal dalam menghadapi kondisi.

    ReplyDelete
  20. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pengalaman manusia berbagai macam, ada yang memilih hal yang baiks aja ada pula memilih yang buruk sebagai pembelajaran ke depannya. Bila dicermati lebih dalam lagi, pengalaman manusia dimulai sejak dilahirkan di muka bumi ini. Itu merupakan pengalaman yang benar-benar pembuka gerbang untuk bertualang memulai pengalaman-pengalaman yang akan datang dan menjadi pengingat untuk lebih berhati-hati atau lebih baik lagi. Pengalaman itu pula yang menuntun manusia untuk menjelajahi isi dunia, tidak harus berkeliling dunia seperti para traveler , cukup pengalaman yang pernah kita lalui dikembangkan ceritanya dalam pikiran kita. Sehingga akan tercipta dunia fantasi milik sendiri, dan bisa menjelajahi ke manapun kita mau.

    ReplyDelete
  21. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Banyak orang di sekitar kita yang sudah tua maupun masih muda, dan tentu saja pengalaman yang dimiliki berbeda-beda, karena yang muda belum merasakan tua dan tua sudah merasakan masa muda. Bila ingin memanipulasikan pengalaman, maka manipulasi saja pengalaman diri sendiri karena yang tahu seluk beluknya pengalaman adalah diri sendiri dan semua yang ada dalam pikiran merupakan hal yang pribadi dan hanya diri ini yang tahu oleh karena itu manipulasi diri sendiri dengan membanyangkannya hanya dalam fantasi pikiran sendiri.

    ReplyDelete
  22. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Setiap orang mempunya pengalaman berbeda disetiap hidupnya. Yang pasti ia juga mengalami hal yang berbeda pula dengan orang lain. baik pengalaman posiitif maupun sebaliknya. Namun pengalaman merupakan guru yang terbaik sehingga sesseorang diharapkan dapat mengambil sebuah pelajaran dari pengalaman yang telah ia alami. Memanipulasikan pengalaman ialah seseorang yang mengalami kejadian atau fenomena yang terikat dalam ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  23. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap orang pasti memiliki pangalaman yang berebeda. Perbedaan itu terjadi karena aktivitas dan tujuan yang berbeda. Pengalaman itu ada yang sifatnya baik dan ada juga pengalaman yang buruk, yang dimana manusia ingin melupakannya. Namun pengalaman-pengalaman baik dan buruk itu bersifat subjektif, tergantung perspektif masing-masing individu, tapi sebenar-benar pengalaman yang berharga, apabila kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman tersebut untuk menjadi hamba yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  24. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pengalaman dalam proses pembelajaran juga diperlukan, tidak hanya pengalaman untuk guru sebagai seorang pendidik tapi juga pengalaman untuk siswa. siswa yang dibekali pengalaman-pengalaman yang lebih banyak dan lebih baik, maka akan lebih cepat dan lebih mudah dalam berproses, sehingga berimplikasi kepada bagusnya hasil belajar siswa. Yang tentunya juga ditunjang oleh metode pembelajaran baik pula

    ReplyDelete
  25. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Duniamu adalah pikiranm, namun pikiran saja hanyalah separuh dunia, setangahnya yang lain adalah pengalaman. Pengalaman merupakan peristiwa yang pernah kita alami, atau dapat dikatakan sesuatu yang ada. Semua yang pernah kita alami adalah merupakan buah dari apa yang kita pikirkan. Dunia itu adalah pikiran, apa yang dipikirkan adalah dunia. Maka pengalaman itu adalah komponen yang dapat merepresentasikan dunia.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Seiring bertambahnya pengalaman, usia, dan kedewasaan, maka semakin jelaslah seperti apa kita mendefinisikan dunia. Saya sebagai seorang muslim, mendefinisikan dunia adalah sebagai tempat kita menyembah Tuhan Yang Maha Esa, dengan melakukan kebaikan-kebaikan didalamnya untuk mengharap ridho-Nya.

    ReplyDelete
  27. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dunia merupakan peradaban manusia dimana manusia mendapatkan pengetahuan dan pengalamannya. Dunia akan menjadi seperti apa adalah tergantung dari manusia itu sendiri, bagaimana manusia memikirkannya. Apa yang manusia pikirkan tentang dunia, itulah dunia. Dunia akan menjadi menyenangkan jika manusia berpikir bahwa dunia menyenangkan, pun sebaliknya. Dunia akan menjadi menyedihkan bahkan kejam jika manusia berpikir demikian. Bangunlah pikiran yang positif untuk membangun peradaban dunia ini.

    ReplyDelete
  28. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Pengalaman adalah guru terbaik. Begitu kebanyakan orang mengatakan hal tersebut dan memang benar adanya. Pengalaman mengajarkan kita banyak hal, mengarahkan dan membimbing kita ke jalan yang lebih baik. Kita bisa belajar dari pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun orang lain.Bila kita memperbanyak pengalaman, maka akan semakin kaya kita dengan sesuatu yang tidak bisa dicuri oleh siapapun di dunia ini karena yang merasakan, yang menanam dan menuai adalah pribadi kita masing-masing. Maka selagi muda, haruslah kita mencari pengalaman sebanyak mungkin agar semakin pula kita kaya akan ilmu ilmu dan pelajaran yang berharga

    ReplyDelete
  29. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Manusia diberikan nasib dan jalan yang berbeda antara individu satu dengan yang lain. Karena perbedaan nasib dan jalan yang berbeda itu pula, setiap pengalaman orang pasti berbeda. Bagi orang yang memiliki pengalaman mengajar pasti memiliki definisi dunia yang berhubungan dengan mengajar. Bagi orang yang memiliki pengalaman memasak pasti memiliki dunia yang berhubungan dengan memasak. Jadi, setiap pengalaman yang manusia lewati membuat definisi dunia yang baru untuk mereka.
    Terimakasih

    ReplyDelete