Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 30: Kata-kataku Tak Mampu Mengucapkan Semua Pikiranku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kata-kataku Tidak Mampu Mengucapkan Semua Pikiranku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Kata-kata itu merupakan suatu cerminan atau perwujudan dari hal apa yang berada di dalam pikiran sehingga sebelum berkata-kata sebaiknya berpikir terlebih dahulu. Selain itu, sebelum mengucapkan sesuatu atau mengeluarkan kata-kata lebih baik bila pikiran juga dijernihkan. Bila pikiran jernih maka hal yang dikatakan juga merupakan sesuatu yang baik yang menandakan pikiran yang baik. Banyaknya hal yang dipikirkan sehingga kata-kata tidak mampu mengikuti apa yang dipikirkan. Perlunya kontrol diri untuk mampu menyaring segala kata yang baik adalah penting. Sehingga jelas bahwa kata-kata tidak akan mampu mengungkapkan semua yang ada dipikiran. Oleh karena itu kita sebaiknya berhati-hati dalam berkata-kata, lebih baik berpikir terlebih dahulu sebelum berkata-kata karena perkataan yang keluar dari mulut kita menandakan apa yang sedang kita pikirkan.

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pikiran itu letaknya di langit dan sifatnya idealis, sedangkan kenyataan itu letaknya di bumi dan sifatnya realis. Kenyataan hanya sebatas pada apa yang terjadi di dunia ini dan apa yang nampak di depan kita, sedangkan pikiran cakupannya sangat luas. Pikiran di dalamnya ada doa, impian, cita-cita, tujuan, dan harapan. Oleh sebab itu, kata-kata saja tidak mampu untuk menggambarkan keseluruhan pikiran.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Salah satu kelebihan yang Allah SWT karuniakan kepada manusia adalah akal pikiran. Dengan akal pikiran, manusia menjadi lebih unggul dibandin hewan. Pikiran yang manusia miliki mengalahkan kata-kata yang diucapkannya. Sebenar-benar aku mampu mengucapkan karena aku telah memikirkannya. Maka sebenar-benar kata-kataku tak mampu mengucapkan semua pikiranku. Baru saja aku mengucapkan ini, pikiranku telah memikirkan jauh kedepan tentang apa yang akan aku ucapkan.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kata-kata adalah bagian dari apa yang dipikirkan. Banyaknya hal yang dipikirkan sehingga kata-kata tidak mampu mengikuti apa yang dapat dipikirkan. Kata-kata adalah cerminan apa yang dipikirkan jadi sebelum mengucapkan sesuatu atau mengeluarkan kata-kata adalah baiknya pikiran dibersihkan sehingga yang terdengar adalah sesuatu yang baik yang menandakan pikiran yang baik. Kecepatan berpikir manusia lebih cepat dari apa yang mampu dikatakannya bahkan untuk orang yang tidak dapat berkata-kata saja (orang bisu) mereka tetap mampu berpikir.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Ketika ingin menuliskan setiap apa yang kita pikirkan, semua ide-ide dalam pikiran kita, terkadang kita mencoba untuk mengungkapkannya, namun setiap kali kita memikirkan ide tersebut maka semakin banyak pula ide lain yang muncul sehingga setiap apa yang dipikiran kita tidak mampu kita ungkappkan secara bersamaan. Apa yang kita pikirkan lebih banyak sehingga kita hanya bisa mengungkapkan pikiran kita melalui kata-kata satu per satu secara berurutan.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kemampuan berpikir manusia, lebih cepat dari pada kemampuan berkatanya. Kita tidak akan mampu mengucapkan semua yang ada di dalam pikiran kita. Meskipun pikiran manusia itu terbatas, namun pikiran manusia juga sangatlah rumit dan luas. Saat kita berbicara tanpa kita sadari, kita telah melakukan penyaringan terhadap kata-kata yang ada di dalam pikiran kita. Tidak semua hal yang ada di dalam pikiran kita terkatakan.

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dalam pikiran kita, akan banyak sekali hal-hal yang saling berkaitan, bagaimana kita menghubungkan suatu permasalahan dengan pemahaman kta dimasa lalu, bagaimana kita menentukan pilihan kata-kata mana yang akan kita lontarkan, dari sekian banyak pemikiran kita bagian mana saja yang akan kita gunakan sebagai kata-kata kita mendjadikan kata-kata kita tak akan mengejar pikiran kita.

    ReplyDelete
  8. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    kata-kataku tak mampu mengucapkan semua pikiranku, dalam memikirkan sesuatu akan ada yang diterjemahkan dalam kata-kata tetapi kata-kata tak selalu mampu menterjemahkan pola pikirku yang kian merajalela. karena tak semua yang dipikirkan pantas untuk disampaikan melalui kata-kata. jadi tak semua pikirku mampu diungkapkan melalui kata-kata.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Semua hal yang dipikirkan manusia adalah hasil dari produksi semua panca indra. Apa yang dilihat, apa yang di dengar, apa yang dirasa, apa yang dicium, dan apa yang diraba, semuanya bisa menjadi objek pikir. Dari semua yang dipikir, tidak semuanya bisa dituangkan dalam kata-kata maupun tulisan, karena manusia hanya mampu menuliskan beberapa inti dari apa yang dipikirkan saja. Seperti yang pada umumnya dikatakan oleh seseorang yang jika akan menceritakan suatu hal kepada temannya, biasanya mereka kebingungan untuk mengatakan apa dan dari mana awal mula sesuatu yang harus ia ceritakan. Karena hal tersebut, ia tidak mampu menceritakan semua yang ia pikirkan kepada temannya tersebut.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Suatu fenomena yang terdeteksi oleh indera akan diproses secara cepat oleh pikiran. Taufik Pasiak mengatakan dalam Unlimited Potency of The Brain, hubungan antar neuron yang dapat dibentuk dapat mencapai 10 pangkat 14 sinaps. Otak juga memiliki kecepatan luar biasa dalam berfikir dan menerima informasi. Pesan bisa bergerak sepanjang “kabel” (syaraf) otak mencapai 100 meter/detik, atau 6 km/menit atau 360 km/jam, melebihi kecepatan kereta api cepat didunia saat ini. Sementara kata-kata yang diungkapkan secara lisan tidak mampu secepat kereta api tersepat di dunia saat ini. Maka jelaslah bahwa kata-kataku tak mampu mengucapkan semua yang ada dalam pikiranku.

    ReplyDelete
  11. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Banyak sekali hal yang mampu dipikirkan oleh otak manusia dalam satu waktu. Namun dalam mengucapkan sesuatu, manusia mengucapkan kalimat per kalimat secara teratur, beraturan, beriringan. Oleh karena itu, kita tidak akan mampu mengucapkan semua hal yang dipikirkan secepat apa yang kita pikirkan, sebanyak yang ada dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  12. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Sejujurnya, hal ini adalah hal yang menjadi pikiran saya sejak saya remaja. Sebagai orang yang cenderung introvert, saya sulit mengemukakan apa yang ada dalam pikiran saya, bahkan sampai sekarang. Sering kali saya beranggapan bahwa apa yang saya ingin katakan tidak pernah sepenuhnya sama dengan apa yang saya sebenarnya pikirkan. Saya beranggapan bahwa setiap orang memiliki sesuatu yang pasti mereka simpan sendiri, entah karena mereka susah untuk mengungkapkannya ke dalam kata-kata (karena hal tersebut terlihat seperti benang kusut yang tidak bisa diurai) atau mungkin mereka memilih kata-kata yang sesuai yang sesuai dengan konteksnya. Pada jenis orang kedua, kata-kata adalah produk pikiran yang terpilih untuk diucapkan. Kata-kata yang terucap adalah hasil reduksi pemikiran mereka. Mungkin "kata-kata" tidak sepenuhnya berhubungan dengan apa yang kita ucapkan, melainkan semua proses yang kita gunakan untuk berpikir, karena menurut saya, berpikir pun membutuhkan kata-kata. Memang kita bisa memahami sesuatu secara visual (hanya dengan melihat bentuknya saja), akan tetapi feedback dari informasi yang kita peroleh, menurut saya sebagian besar menggunakan kata-kata yang mungkin hanya berlangsung dalam pikiran. Sehingga, memang benar bahwa "kata-kataku tak mampu mengucapkan semua pikiranku", karena terdapat beberapa bagian dari objek pikir yang tidak bisa kita olah dengan kata-kata dalam pikiran kita masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pikiran tidak mudah untuk dipahami, bahkan pikiran dapat berubah-ubah tergantung mood dan suasana hati. Itulah sebabnya, antara pikiran dan perbuatan atau kata-kata yang kita ucapkan sering kali tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Kalaupun memang antara pikiran dan kata-kata diusahakan untuk dapat sejalan, namun sering dan adasaja hal-hal yang membuatnya menjadi saling kontradiksi.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Berdasarkan pengalaman, ketika saya memikirkan ide untuk menulis cerpen bahkan buku harian sekalipun sangat sulit untuk mengikuti alur berpikir yang telah tersirat dalam pikiran. Sebagai contoh: saya punya banyak ide dibenak untuk dijadikan tulisan yang bagus atau sebuah catatan harian yang menarik, namun dikala ingin menuliskannya dalam suatu kata-kata atau tulisan untuk kemudian dirangkai menjadi suatu cerita, saya merasakan sulit sekali untuk mengikuti alur berpikir saya sendiri. Ada suatu kesimpulan yang kemudian saya ambil dari hal tersebut. Pertama butuh pengalaman untuk bisa mengikuti alur berpikir untuk kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan, kemudian butuh suatu kecapakan khusus dibidang tersebut sehingga punya kiat tersendiri dalam merangkainya menjadi suatu tulisan. Ketiga kata-kata atau tulisan tersebut memang belum cukup kuat atau mampu untuk mendeskripsikan pikiran manusia.

    ReplyDelete