Oct 20, 2012

Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna




Oleh Marsigit

Powernow:

Wahai sang Rajudara anakku, engkau yang saya beri tugas, beserta semua bala tentara, memimpin penyebarluasan informasi dan undangan ke seluruh raja di muka bumi ini untuk menghadiri Selamatan Raja Purna di Negeri Tahta Angin ini. laporkanlah hasil-hasilmu.


Rajudara:

Wahai sang Powernow ayahku sekaligus rajaku, perkenankanlah aku melaporkan perihal tugas menyampaikan undangan. Katahuilah ada bermacam-macam undangan yang dibuat. Untuk raja-raja besar, undangan saya antar sendiri. Raja Dunia Barat menyambut sangat gembira dan antusias undanganmu itu dan berjanji akan hadir dengan raja-raja takhlukan di bawahnya. Bahkan Raja Dunia Barat mengatakan bahwa engkau itu sebetulnya masih sedarah sedaging dengan mereka, dikarenakan engkau dan sebagian rakyatmu itu berasal dari Negeri Barat. Hubungan darah itulah yang menyebabkan Raja Dunia Barat antusias untuk datang. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun. Dia menyampaikan salam hormat kebaginda raja seraya berdoa semoga engkau semakin berjaya di muka bumi ini.

Powernow:
Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Barat akan hadir. Tetapi ada sediit hal yang aku tidak begitu senang, kenapa dia mengungkit-ungkit masa laluku? Baik. Bagaimana dengan Raja Dunia Utara?

Rajudara:

Seperti halnya Raja Dunia Barat, Raja Dunia Utara juga mengutarakan kegembiraannya, karena merasa terhormat engkau undang. Raja Dunia Utara disamping antusias akan datang, tetapi juga menyampaikan bahwa dia beserta segenap rakyatnya sangat mengagumimu. Raja Dunia Utara beserta rakyatnya sangat mengagumi dirimu dan juga rakyat kita, dikarenakan kita pernah mengalahkannya pada peperangan waktu-waktu yang lalu. Disampaikan bahwa keadaan masyarakat di Dunia Utara sekarang berusaha meniru dan berkiblat ke negeri Tahta Angin ini. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun.

Powernow:

Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Utara akan hadir. Hemm...baik..baik..itulah dia si raja Dunia Utara yang baik. Dia juga selalu mengingat-ingat hukumanku agar tidak terulang lagi. Apakah dia tidak bercerita bagaimana sepak terjangku ketika aku mengalahkannya pada waktu itu? Jika dia sempat bercerita tentu sangat menarik untuk didengar. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Timur Barat Utara agak sedikit masalah. Dia bersedia datang tetapi dengan catatan agar kedua negara dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan satu dengan yang lainnya.

Powernow:

Oo..ooo..tak masalah...pelan tapi pasti...cepat atau lambat...dia pasti bisa saya takhlukkan. Tetapi memang hatiku merasakan bahwa si raja yang satu ini bisa menjadi batu sandungan bagi diriku di masa yang akan datang. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Selatan ini agak lucu. Dia sepertinya tidak punya pendirian. Bercampur antara takut, tak mampu dan ingin mengambil untung, dia mengatakan akan hadir, tetapi tidak mempunyai dana untuk transportasi dan akomodasi. Dia akan hadir beserta segenap raja taklukannya dengan catatan engkau bisa membantu akomodasi, tiket pesawat, maupun penginapan di hotel.

Powernow:

Aku tanggung semua biaya permintaannya Raja Dunia Selatan. Sampaikan agar tidak perlu ragu-ragu bergaul denganku. Sampaikan juga bahwa hanya satu hal yang diperlukan agar mampu bergaul denganku yaitu menyelaraskan semua pikiran dan kepentingannya dengan pikiran dan kepentinganku.

Matadara:

Perkenankan hamba melapor. Hamba sebagai penjaga segenap perbatasan dari negeri Tahta Angin ini melaporkan bahwa di seberang perbatasan antara negeri kita dengan Tahta Spiritual telah dilangsungkan peretemuan para Transenden. Bahkan mereka sudah dua kali menyelenggarakan konferensi internasional. Sedangkan di perbatasan selatan negeri kita juga terdapat pertemua raja-raja lokal dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Powernow:

Hai Matadara..terimakasih atas laporanmu itu. Katakan siapakah yang memimpin konferensi para Transenden itu serta siapa saja yang hadir dan apa tujuannya? Juga sampaikan siapa pemimpin raja-raja pemberontak dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Matadara:

Yang memimpin konferensi itu adalah sang Transenden Ketua sedangkan yang hadir adalah Transenden dari semua dunia. Adapaun tujuannya untuk mencari penyelesaian dunia yang adil. Sementara diperbatasan selatan ada raja-raja lokal yang sudah mendengar perihal rencanamu menggelar Selamatan Raja Purna. Mereka menyatakan menolak hadir bahkan akan menentangnya dengan segala cara. Pemimpinnya tidak begitu jelas..sedangkan tujuannya juga menuntut keadilan dunia.

Powernow:

Waha...nggempelo betul itu Transenden Ketua. Ini sangat berbahaya. Ketahuilah bahwa segala persoalan dunia itu aku yang menciptakan. Apa pamrihnya sang Transenden Ketua mencari keadilan. Karena keadilan dunia itu hanya bisa diraih jika aku telah hancur. Aku adalah ketidakadilan itu. Tidak...tidakkk..jangan..jangan ..ini jangan dibiarkan. Kita cegah agar para Transenden tidak lagi melakukan segala bentuk pertemuan. Hah..kebetulan ..Sekalian memantapkan persiapansaya menyelenggarakan Selamatan Raja Purna. Hai ...Kumaratna, Rajudara, Matadara dan semua punggawaku yang hadir...agar aku dapat menyelenggarakan Selamatan Raja Purna..ternyata aku harus melakukan peperangan terlebih dulu. Dengarkan baik-baik..dengan ini aku akan bentuk brigade-brigade prajurit untuk menyerang dan menguasai musuh-musuhku. Aku sendiri yang akan melawan penguasa spiritual dan akhirat. Kamu anakku si Rajudara aku tugaskan agar melawan dan menangkap para Transenden. Sedangkan engkau Kumaratna aku beri tugas untuk melawan semua Bagawat, Cantraka, Rakata dan Cemani yang memberontak. Terakhir...kau Matadara agar bisa melawan dan menaklukan semua raja-raja lokal dari Dunia Selatan yang memberontak. Semua aku perintahkan...gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan ketakutan. Janganlah kamu bertindak bodhoh. Aku rajamu mempunyai kemampuan luar biasa dan tiada tanding. Jika engkau nantinya kamu mendengar ada makhluk Blackhole Diraja, maka itu adalah jelmaanku. Sedangkan semua Neolis-neolis itu adalah jelmaan dari prajurit-prajuritku.

Kumaratna, Rajudara, Matadara:
Baik tuanku ..kami siap melaksanakan tugas.

Powernow:
Berangkatlah atas ijin dan restuku!

65 comments:

  1. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Powernow adalah gambaran penguasa yang sombong, egois, dan serakah. Tidak ada yang boleh melebihinya, bahkan disaingi pun dia tak mau. Seperti beberapa penguasa yang ada di dunia ini, berharap semua hal di dunia ini dia kuasai, dia jatuhkan semua orang untuk menjadi nomor 1, dia tindas semua orang, dia takhlukkan semua orang untuk patuh pada perintahnya. Sungguh, ini adalah contoh pemimpin yang sangat buruk. Dunia akan hancur apabila pemimpin seperti ini berjaya.

    ReplyDelete
  2. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Akan selalu ada dua poros yang berlainan, seakan-akan itu menjadi suatu keharusan, bahwa segala sesuatu itu pasti ada lawannya atau antitesisnya. Dalam elegi ini, sang powernow menganggap dirinya sebagai hal yang paling tinggi diantara lainnya dan menentang keadilan yang dicari oleh transenden. Powernow tidak setuju dengan transenden yang ingin mencari keadilan di dunia, sehingga powernow mencetuskan bahwa dirinya adalah ketidakadilan itu sendiri. Oleh karena itu, powernow mengerahkan seluruh anggota-anggotanya untuk dapat melawan transenden yang ingin menebarkan keadilan.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Elegi menceritakan tentang persiapan selamatan raja Purna. Sang raja Powernow menugaskan putranya Rajudara untuk mengundang seluruh raja di dunia. Semua raja di undang pada acara selamatan tersebut. Mulai dari raja kecil dan raja terbesar di dunia. Semua raja tersebut menyambut Rajudara dan senang menerima undangan dari Power Now. Power Now juga merasa sangat senang atas berita itu yang disampaikan oleh putranya tersebut. Ia merasa kalau kedudukannya sebagai raja sangat diakui oleh raja-raja di dunia.

    ReplyDelete
  4. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kekuasaan dan ketidakadilan yang dimiliki oleh powernow dapat membuat kacau hidup orang lain. Transedenlah yang mampu melawannya. Kekuasaan dan ketidakadilan tidak selamanya harus diikuti, tetapi harus berani untuk melawannya agar tidak semakin berkuasa lebih lagi dan semakin tidak adil merajalela. Perlu diingat bahwa yang berkuasa atas segalanya di dunia ini adalah Tuhan, dan tidak ada yang mampu melawan kuasa-Nya, maka dari itu kita harus berani melawan ketidak adilan dimulai dari diri sendiri dan membenahi agar diri kita tidak menjadi manusia yang serakah, sombong, dan berlaku tidak adil dengan orang lain.

    ReplyDelete
  5. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Digambarkan bahwa powernow sang pemilik kekuasaan atas banyak negara yang ada di dunia memiliki keinginan menguasai seluruh dunia.
    Dengan menguasai seluruh dunia maka diharapkan dapat mencapai kekuasaan yang mutlak. Berkuasa atas segala yang ada dan mungkin ada.
    Untuk mencapai powernow maka sang hamba melakukan segala macam cara.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan pada elegi di atas, Powernow atau yang biasa disimbolkan sebagai kekuatan atau yang kekuasaan yang semena-mena untuk menguasai dunia ini. Keadaan dunia yang saat sekarang ini, yaitu dunia kontemporer sudah masuk dalam ranah powernow. Maka dari itu powernow tidak hanya terbatas pada kekuasaan untuk menguasai dunia tetapi juga bagaimana menyebarkan pengaruh-pengaruh agar masyarakat suatu negara jauh dari nilai-nilai luhur nya atau agamanya sehingga negara tersebut lebih mudah untuk dikuasai. Oleh karena itu sebagai bangsa yang plural, masyarakat Indonesia harus selalu bersatu dan berpegang teguh pada Bhineka Tunggal Ika, sehingga kita tidak mudah dikuasai oleh powernow.

    ReplyDelete
  7. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Powernow dengan segala macam kekuatannya menguasai apa saja yang ingin mereka kuasai. Mereka bisa melakukan apa saja yang mereka mau dengan mengandalkan kekuatannya, mereka menghalalkan segala cara, bila perlu mereka berlaku menjajah yang lebih demi terpenuhinya semua keinginan. Mereka menyombongkan diri atas segala kekuatan yang mereka miliki. Mereka lupa, Tuhan mempunyai kekuasaan tertinggi di atas segala-Nya. Tuhan bisa kapan saja mengambil kekuatan mereka, mematikan mereka, dan memusnahkan mereka dari dunia ini. Maka dalam rangka apa mereka menyombongkan kekuatannya, padahal jika bukan karena Tuhan mereka tak akan mampu mempunyai kekuaatan tersebut. Maka tidaklah mungkin mereka dapat menjajah kita jika Tuhan tak menghendaki-Nya. Oleh karena itu, hedaknya kita berikhtiar dan berdoa agar kita terhindar dari kekejaman powernow.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Segala puji bagi Allah sekalian Alam. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, ampunilah segala dosa-dosa kami dan dosa orang tua kami, dan dosa teman-saudara, dan masayarakt indonesia. Tunjukanlah jalan kepada kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat mereka; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Cara yang digunakan powernow untuk mencapai kekuasaan kadang tak disadari oleh negara-negara yang menjadi targetnya.
    Hal ini menjadi hal yang wajar sebab powernow mempunyai kemampuan untuknya sehingga untuk melakukannya bukan menjadi suatu hal yang begitu sulit.
    Maka sejatinya dalam diri kita, bangsa kita juga mampu membangun Power Now dengan karakteristik yang dimiliki, dengan tidak mengacu pada acuan negara lain tetapi dengan tujuan yang dibangun sendiri oleh negara ini.

    ReplyDelete
  10. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Power Now yang pengaruhnya sangat besar saat ini memang sulit dihindari, bagaimana pun juga kita sangat dekat dan yang bisa kita lakukan adalah melawannya dan menghadapinya. Dengan terus belajar dan mengamati lingkungan sekitar, bertambahlah wawasan kita. Dengan begitu apa yang baik apa yang buruk, apa yang harus terus dilakukan apa yang harus dihindari akan diketahui sehingga dapat menyikapi Power Now dengan bijak.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Elegi ini menggambarkan tentang Power Now. Sebagai masyarakat Indonesia, terkadang kita tidak sadar bahwa kenikmatan, kepraktisan, dan kemudahan yang kita dapatkan selama ini adalah dampak dari bentuk penjajahan. Untuk mencapai tujuannya, Powernow memasuki bangsa kita melalui industri, teknologi dan ekonomi. Dan hal ini juga akan berpengaruh langsung terhadap pendidikan di Indonesia. Salah satunya yaitu mengarahkan kurikulum ke teknologi. Padahal jika hal ini dilakukan terhadap anak secara dini maka akan mencabut intuisi anak. Powernow memanfaatkan ilmuwan-ilmuwan di Indonesia untuk mencapai tujuannya. Dan akibatnya kurikulum di Indonesia khususnya matematika sekolah telah banyak dikembangkan oleh pure matematician yang tidak pernah terlibat secara langsung dengan pendidikan dan dunia anak khususnya di tingkat sekolah dasar dan menengah.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Seorang penguasa harusnya dapat menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan rakyatnya atau kepentingan bersama bukan untuk dibanggakan dan disombongkan dihadapan orang lain. Seorang pemimpin dan penguasa harusnya arif, bijaksana dan adil terhadap semua keputusan yang akan ia buat. Dengan demikian jika kelak nanti kita akan menjadi pemimpin dimanapun maka banyak-banyaklah mendekatkan diri dengan Allah dengan berdo’a, berusaha dan perbanyaklah berzikir agar apa yang kita lakukan jauh dari sifat riya dan apa yang kita lakukan dapat menjadikan manfaat untuk semua orang.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Powernow sudah berhasil masuk kedalam semua bagian yang ada di dunia ini. Salah satunya powernw telah masuk dalam bagian kekuasaan. Segala kekacauan yang ada selama ini adalah efek dari powernow yang telah berkuasa saat ini. Adat istiadat memang sebaiknya dipertahankan dan dilestarikan untuk mengatasi efek yang telah powernow perbuat dalam dunia ini, yang telah dia masuki disetiap sudutnya.

    ReplyDelete
  14. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kelajutan dari elegi persiapan selamatan raja purna. Masih seperti yang terdahulu sang maha raja masih sombong atas kekuasaanya. Sehingga kali ini mendapat laporan atas undangannya. Atas enolakannya dia berniat untuk menghancurkan sang pembangkang tersebut. Dari yang saya dapatkan bahwa janganlah terhanyutkan oleh kekuasaan. Segeralah minta ampun kepada sang pemberi ampunan atas segala kekhilafan yang diperbuat.

    ReplyDelete
  15. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Duniawi tidak selamanya abadi. Menjadi pemimpin yang sukses tidak lantas lupa akan jati dirinya. Selain itu harus mengingat Alloh serta mendekatkan diri kepada-Nya agar menjadi pemimpin yang dijauhkan dari sifat sombong, angkuh, dan takabur.

    ReplyDelete
  16. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Powernow adalah dia yang berkuasa dan sombng. Pada elegi ini terlihat powenow ingin menguasai dunia dari arah manapun, ingin menguasai dunia dengan menjajah halus melalui teknologi.Agar negri ini terjaga dari powernow sebaiknya negri ini mengmabngkan kebudayaan dan mempertahankan adat istiadat sebagai ciri khas negri ini agr powernow tidak mudah menguasai negri ini.

    ReplyDelete
  17. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Adu domba, penipuan, menyebarkan berita bohong, merupakan cara efektif untuk menghancurkan sebuah negeri. Akhir-akhir ini sering terjadi penyebaran berita hoax yang membuat keresahan di negeri ini sehingga menimbulkan adu domba.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Era saat ini disebut sebagai power now. Seiring dengan kemajuan jaman, semakin banyak gemerlap dunia yang ditawarkan. Hal ini tanpa disadari mempengaruhi manusia untuk condong kepada ajaran tertentu, seperti kapitalisme, materialisme, liberalisme, pragmatisme, utilitarianisme, hedonisme, dan lain sebagainya. Padahal, manusia hidup di dunia itu hanya sesaat. Dunia akan hancur dan binasa. Jika kita tidak membentengi diri dari ajaran-ajaran power now, niscaya kita juga akan ikut terhayut di dalamnya. oleh karena itu, mari kita senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta dengan cara mempertebal iman kita, agar terhindar dari kejahatan dunia yang terselubung.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Allah Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr: 18). Orang cerdas tidak hanya mengartikan ayat ini semata untuk akhirat saja. Karena sekarang kita sedang hidup di dunia. Sehingga, apa yang kita siapkan untuk hari esok di dunia, juga mencakup apa yang kita siapkan untuk hari esok di dunia. Namun tetap pastikan bahwa apa yang kita siapkan untuk hari esok dengan niat dalam rangka penghambaan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Sepak terjang powernow semakin menjadi-jadi. Bahkan dia telah mengirimkan bala tentaranya untuk menyerang ke seluruh penjuru bumi. Menyerang semua aspek di dalam kehidupan inni. Dari elegi di atas tampak dunia selatan merupakan bagian dunia yang lemah di antara bagian dunia-dunia yang lain. Kumaratna, Rajudara, Matadara dan semua punggawa powernow sudah menyiapkan peperangan dari dulu hingga kini. Tinggal menunggu harinya saja, maka akan terjadi selamatan Raja Purna. Namun apa yang telah di siapkan dunia selatan?. Entahlah. Bahkan banyak dari mereka masih tertidur pulas dalam buaian powernow.

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Sang Raja, Powernow, masih dalam kesombongannya. Menghalalkan segala cara, tipu daya, bahkan adu domba pun diperintahkan kepada bawahannya untuk menghimpun sekutu-sekutunya. Persiapan yang seperti itu sepantasnya dilakukan oleh pemimpin. Dan bawahan sebaiknya tidak sampai menuruti semua perintah pemimpin jika hal yang diperintahkan tersebut tidak sesuai dengan ajaran-Nya. Sifat sombong yang dimiliki pemimpin dapat membutakan hati dan memandang rendah rakyatnya. Maka dari itu sudah seharusnya seorang pemimpin tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, namun juga memikirkan kepentingan rakyatnya.

    ReplyDelete
  22. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Elegi ini seperti menceritakan sisi lain dari kehidupan seorang pemimpin. Sang powernow sebagai pemimpin dengan kesombongan dan otoriternya, dan sang Kumaratna, Rajudara, dan Matadara sebagai ajudan atau bawahan yang setia pada pemimpinnya. Sosok pemimpin idaman yang menurut saya pantas untuk contoh dan kita jadikan panutan adalah Nabi Muhammad SAW, dimana ia sosok pemimpin yang arif dan bijaksana. Setiap manusia yang dilahirkan pada dasarnya adalah pemimpin, setidaknya ia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  23. Tri Wulaningrum
    17701250132
    PEP S2 B

    Filsafat adalah dirimu sendiri. Mengapa saya menulis statement seperti itu? Jawabannya berkaitan dengan apa yang akan sampaikan pada komentar saya kali ini, yaitu benar-benar menurut diri saya. Pada awalnya, setiap kali membaca tentang si powernow, secara cepat kilat (sombong betul diri ini) saya memperwajahkan sebagai seorang pimpinan. Akan tetapi, akhir-akhir ini saya berpikir ulang. Terkadang (termasuk ketika membaca postingan ini) saya melihat bahwa "powernow" bisa jadi diri kita, bisa jadi manusia. Kenapa? karena sisifat-sifat "powernow" begitu mirip dengan sifat manusia: sombong, terlalu serakah, mengesapingkan moralitas. Ah tapi ini kan pendapatku saat ini. Mungkin pendapatku bisa saja berganti ketika menemui elegi yang lain.

    ReplyDelete
  24. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Sekarang ini banyak pemimpin yang menyalahgunakan kekuasaannya untuk mencari keuntungan kepentingannya sendiri. Sehingga pemimpin itu tidak hanya pintar berpikir tetapi juga pintar untuk mencari celah untuk kepentingannya sendiri. Dengan kata lain, pintar pikir tetapi tidak pintar hati. Padahal segala sesuatu tindakan kita harus ditujukan pada Tuhan. Seorang pemimpin seharusnya menjadi panutan. Begitu pula jika diposisikan menjadi seorang pemimpin, harus lebih peka terhadap ruang dan waktu, jangan sampai menjadi pemimpin malah membuat dosa menjadi bertambah. Oleh karena itu, ada baiknya kita senantiasa introspeksi diri, tetap rendah hati dalam kondisi apapun, dan selalu ingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan ada baiknya ditujukan pada Tuhan.

    ReplyDelete
  25. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Elegi memantapkan persiapan raja purna menceritakan tentang bagaimana sang powernow menguuasai dunia. Masih banyak pemimpin-pemimpin yang memiliki sifat seperti powernow. Dalam kehidupan sehari-harinya banyak yang masih menghalalkan segala cara, tipu daya bahkan adu domba supaya bisa mendapatkan apa yang menjadi keinginannya. Tapi powernow juga bisa menghampiri siapapun, baik itu pemimpin ataupun rakyat biasa. Agar dapat terhindar dari sifat-sifat powernow ini perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat agar dapat berpikir kritis dan memiliki hati nurani.

    ReplyDelete
  26. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dari elegi ini diketahui bahwa kekuatan powernow yang semena-mena ini sangatlah terancang dengan baik, ia memiliki strategi-strategi dalam mencapai kekuasan penuhnya. Yang dapat kita ambil hikmah dari elegi ini yaitu jika saja kejahatan memiliki strategi untuk mengukuhkan keburukannya, maka seharusnya kita yang berjuang untuk kebaikan maka perlu juga membuat strategi yang jitu untuk mengalahkan kesemena-menaan itu. Dan yang perlu kita ambil hikmahnya pula yang lain yaitu sejatinnya kekuasaan didunia bukanlah apa apa. Dan kekuasaan yang sejati adalah kuasa Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  27. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Menurut saya, powernow ini menganalogikan sebuah kekuatan yang ingin menghancurkan negara-negara tertentu yang ada di dunia. Powernow dengan segala kehebatannya ingin terus menguasa dunia. Adu domba, peperangan, tipu daya, semua cara digunakan untuk menghancurkan negara-negara tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai rakyat dari suatu negara hendaknya memiliki tameng yang kuat dalam menghadapi pengaruh powernow yang ada. Caranya dengan terus menuntut ilmu dan mendekatkan diri pada Tuhan YME.

    ReplyDelete
  28. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Saya membaca tentang betapa sulitnya menegakkan suatu keadilan karena ketidakadilan yang masih berdiri kokoh dengan kuatnya. Setiap rencana dengan tujuan untuk mencari keadilan maka ketidakadilan sering mengintainya. Ketidakadilan kini sudah semakin menguasai kehidupan dunia. Mencari solusi dari ketidakadilan bukanlah hal yang mudah. Namun, harus selalu berikhtiar dan selalu memohon ridho dan pertolongan Allah untuk dapat mengalahkan ketidakadilan dalam rangka mencari sebuah keadilan.

    ReplyDelete
  29. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Manusia yang satu dan yang lain memiliki kedudukan yang sama, yang membedakan adalah amal perbuatannya. Namun sayangnya, banyak individu yang ingin memiliki kedudukan yang tinggi bahkan menguasai orang lain. Hal ini sebagaimana tergambar dalam elegi ini bahwa keadaan dunia kontemporer yang kian hari semakin gencar untuk menguasai pemikiran manusia. Maka sebenar-benar orang yang berilmu adalah mereka yang tidak terhasut dengan segala tipu daya dunia serta senantiasa selalu meningkatkan kualitas diri baik secara keilmuan maupun spiritual.

    ReplyDelete
  30. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Membaca ulasan di atas, saya menjadi begitu miris melihat seseorang yang memiliki kekuasaan layaknya seorang pemimpin namun untuk mencapai tujuannya hanya menitikberatkan pada kepentingan diri semata. Menurut saya, keadilan yang dapat dilakukan oleh manusia sebatas menempatkan sesuatu pada tempatnya. Hal ini dikarenakan sifat Maha Adil itu sendiri hanyalah milik Allah SWT semata. Menilik pada diri sendiri, saya merasa begitu sulit bertindak adil pada diri sendiri. Inilah bukti dari keterbatasan diri ini. Semoga Allah memberikan pengampunan kepada saya. Terima kasih Prof untuk ulasan yang begitu reflektif ini.

    ReplyDelete
  31. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Tokoh yang diperankan oleh Powernow dalam cuplikan elegi di atas masih memiliki sifat keakuan dalam dirinya.Karena jabatan dan kedudukan telah membuatnya lupa diri akan keberadaannya.Tidak ingin merasa tersaingi dan cenderung memaksa orang lain dalam memenuhi pintanya.Rajudara sebagai buah hatinya dan prajurit-prajurit lainnya menyanggupi apa yang menjadi perintahnya.Rasa persaudaraan dengan raja-raja lain telah sirna ditelan oleh kepentingan.

    ReplyDelete
  32. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Elegi diatas menunjuukkan seseorang yan memiliki kekuasaan bisa sanat muda memutuskan sesuai apa yang ada dalam peikirannya. Bisa dengan mudah berbalik ucapan, hingga terkadang lupa diri membuatnya menjadi manusia yang sombong. Dengan mudahnya membuat suatu kebijakan dengan menggunakan kekuasaaanyya, yang tidak mencoba melihat akibat dari pemikiranya.

    ReplyDelete
  33. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Power now merupakan ibarat kondisi atau keadaan dunia zaman sekarang dan para undangan merupakan komponen-komponen dunia yang berusaha mencari keadilan atas dirinya. Sebenarnya power now bersifat netral dia tidak jahat maupun baik. Dia bersifat sesuai ruang waktunya. Ruang waktunya sesua dengan sikap par komponen-komponen tersebut kepada power now. Sepeti halnya manusia, manusia jika bersikap sesuai dengan aturan dunia maka insyaAllah dia akan hidup dengan baik meskipun terkadang melalui cobaan dan ketika dia menghadapi cobaan insyaAllah akan dipermudah dalam menghadapinya. Dan ketika seseorang bersikap tidak sesuai dengan aturan maka bis jadi dia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya dan kesulitan ini bisa berupa hidup yang terlena dengan kekayaan atau biasa di sebut ngelulu (Istijroj).Terima Kasih.

    ReplyDelete
  34. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Perubahan zaman beberapa tahun mendatang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga perlahan-lahan berbagai macam kebiasaan, kebudayaan, dan adat istiadat lokal mulai tertinggal atau bahkan mulai menghilang. Kekacauan karena ketidak cocokan kebudayaan, kebiasaan tersebut menjadikan sebuah negara menjadi rusak. Kekacauan yang menyebabkan kerusakan ini yang disebut dengan powernow. Negara yang tidak memiliki landasan yang kuat lambat laun akan hancur ketika powernow mulai memasuki negara tersebut. Negara yang awalnya harmonis dan berlandaskan spiritula tidak menutup kemungkinan akan menjadi negara yang memiliki paham hedonisme, liberal, dan lain-lain yang bertentangan dengan paham negara tersebut. Untuk itu, setiap individu masyarakat negara yang akan tersentuh powernow harus berusaha sekuat tenaga agar tidak terhanyut dengan iming-iming dari powernow.

    ReplyDelete
  35. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari elegi ini kami merasakan bahwa, suka tidak suka, bahwa sudah terjadi bahwa “PowerNow” sudah masuk kedalam berbagai aspek yang ada di dunia ini, termasuk pula pada aspek kekuasaan dan politik. PowerNow sudah berdampak menimbulkan banya kekacauan yang ada. Salah satu solusi untuk meminimalisir dampak dan pengaruh dari PowerNow adalah dengan mengembangkan dan menngkatkan kualitas terhadap adat istiadat, kebudayaan, dan nilai-nilai kebijaksanaan lokal yang selama ini telah berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  36. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Begitulah kejadiannya sekarang ini, powernow memiliki berbagai cara untuk menguasai dunia. Bahkan kehidupan spiritualpun digempur habis-habisan oleh power now dengan berbagai teknologi, gaya hidup instan, dan kepuasan-kepuasan lain yang telah mereka cukupi. Seperti yang dikisahkan dalam elegy ini, power now berusaha menggapai posisi kekuasaan tertinggi di dunia dengan mempengaruhi serta menghancurkan struktur kehidupan spritual yang telah dibangun. Sementara orang-orang yang seharusnya melandaskan kehidupannya pada spiritual tidak kuasa untuk menghadapinya. Pada akhirnya juga hanyut di dalam kehidupan yang telah dibangun oleh power now dengan mengesampingkan kehidupan spiritual. Hanya atas ijin dan pertolongan Allah, kita dapat selamat dari ancaman powernow.

    ReplyDelete
  37. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pada zaman sekarang ini, power now semakin meraja lela. Seorang power now yang sombong, yang mempunyai niat dan usaha untuk menguasai dunia. Sungguh miris, kita sebagai makhluk ciptaan Allah, kita jangan mau tertipu daya dengan power now, jika yang power now berikan merupakan sesuatu yang baik maka ambil lah sisi kebaikan itu, namun jika buruk maka tinggalkan, Jangan mau diatur dengan psi power now. Kita punya Allah, maka apapun itu percayakan semuanya sama Allah, jangan mau menghalalkan segala cara dengan ajaran sesat si power now. Maka jauhkan diri dari power now , makin dekatkan diri dengan Allah SWT. Karena Allah lah yang senantiasa ada dan selalu ada untuk kita, serta mampu mengatasi semua masalah manusia dimuka bumi ini.

    ReplyDelete
  38. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Seperti menggambarkan betapa besarnya suatu kekuasaan yang ada di dunia ini. Dan orang yang berada di bawahnya pun tidak diperbolehkan untuk memberikan kritikan maupun saran sebagai revisi atas kebijakan tertentu. Maka sungguh benar sifat sombong itu sudah mengalihkan mata hati kita. Sehingga banyak cara yang digunakan sang penguasa agar para pengikutnya itu patuh dan tunduk dengan apa yang sudah ditetapkan di lain hari. Semoga Allah selalu memberikan kesadaran bagi kita ketika mendapatkan amanah dalam mengemban suatu hal. Amiin.

    ReplyDelete
  39. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Demi menguasai seluruh pelosok dunia, seorang pemimpin yang tamak dan tidak pernah puas dengan apa yang sekarang menjadi wilayah kekuasaannya, akan melakukan apa pun demi bisa menguasai seluruh dunia dengan cara mengelabui dan mengiming-imingkan segala kenikmatan kepada pemimpin-pemimpin negara lain. Dengan begitu, pemimpin yang tidak melandaskan hatinya pada spiritual, akan mudah terpengaruh dan teperangkap dalam tipu daya yang diciptakannya. Itulah sebenar-benar dajal dunia yang akan menghancukan seluruh umat baik dari segi pola pikir, kepercayaan, bahkan agama pun bisa saja kacaukan. Semoga Allah melindungi kita semua dari pengauh buruk dajal-dajal dunia.

    ReplyDelete
  40. Pemimpin di dunia ini memiliki karakteristik yang berbagai macam. Ada pemimpin yang ingin menguasai dunia hingga tidak ingin dikalahkan, pemimpin yang seperti itu memiliki sifat yang sombong. Ada pula pemimpin yang baik yang begitu mencintai rakyatnya. Pemimpin yang memiliki sifat sombong biasanya tidak menggunakan spiritual sebagai landasan utama kepemimpinannya. Sedangkan pemimpin yang baik dan mencintai rakyatnya biasanya menggunakan spiritual dalam setiap pengambilan kebijakannya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  41. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Membaca elegi ini mengingatkan akan kondisi dunia saat ini. Powernow adalah sebuah negara kuasa yang dengan segala kuasanya dapat melakukan apapun dengan seenaknya sendiri. Raja dunia barat ini bagaikan pemimpin-pemimpin negara yang masuk ke dalam anggota yang dipimpin oleh powernow ini sehingga akan dengan senang hati melakukan apapun yang diperintahkan oleh powernow. Saat ini ada pula negara yang memiliki kuasa lebih dan banyak negara yang secara tidak langsung telah menjadi bawahan dari negara yang berkuasa.

    ReplyDelete
  42. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PM C (S2)

    Kita semua dibimbing untuk mempelajari ilmu yang bermanfaat dan mengamalkanya, dan untuk selalu memperhatikan niat agar tujuan yang baik, sarana yang baik dan efek yang baik dalam setiap amalan yang kita lakukan. Sebab, itulah amalan yang disyariatkan oleh agama. Syaria’t Islam yang sempurna dan mulia ini datang dengan membawa maksud yang baik, sarana yang baik dan memperhatikan akibat (dampak) yang baik dan melarang dari seluruh niat yang tidak baik, sarana yang keji dan dampak negatif.

    ReplyDelete
  43. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Sebelum bertindak kita perlu memantapkan hati dan pikiran kita agar segala yang kita lakukan nantinya tidak menjadi suatu penyesalan. Ketika kita telah memantapkan hati dan pikiran kita, segala hasil yang kita peroleh pada akhirnya akan membuat diri kita tetap merasa puas karena kita telah meniatkannya secara lurus dan mengusahakan yang terbaik semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
  44. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Elegi diatas menjelaskan tentang sikap dan perilaku yang dimiliki oleh beberapa penguasa. Ada yang berpegang teguh pada prinsip, ada yang mencari keuntungan ada yang bimbang dan sebagainya. Namun pelajaran yang sangat penting yang dapat diambil adalah ketika seseorang yang melakukan sesuatu hal untuk mencari keuntungan dan kepuasannya semata. Tanpa mempedulikan cara apa yang ia gunakan, bahkan dengan merendahkan diri untuk mengikuti semua kemauan si penguasa demi mencapai kehidupan yang lanyak. Hal ini sangat disayangkan. Dan semoga kita terhindar dari manusia-manusia yang demikian.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  45. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. karakter yang berbeda-beda ini pula berlaku pada sikap dan sifat para pemimpin. Menjadi seorang pemimpin hendaklah memiliki sikap yang amanah, dan mementingkan kepentingan rakyat bersama, namun tidak jarang pemimpin yang bersifat tamak yang ingin menhancurkan daerah lain atau justru daerahnya sendiri untuk kepentingan pribadi dan golongannya. Menjadi pemimpin yang amanah merupakan PR besar untuk suatu negara, karena keputusan pemerintah berimbas ke banyak aspek, diharapkan dengan pemimpin yang amanah dapat mendukung kemajuan suatu bangsa.

    ReplyDelete
  46. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Elegi ini menggambarkan kondisi kekuasaan yang selalu ada dalam tiap zaman. Powernow digambarkan sebagai penguasa yang ingin menjadi pusat dari peradaban di dunia sehingga menggunakan cara-cara yang tidak sehat. Untuk dapat berkuasa, Powernow mengancam Negara dari berbagai bidang, seperti bidang budaya, ekonomi dan politik. Ketika ia berhasil menguasai segalanya, maka ia menjajah secara psikologis agar kekuasaannya dapat langgeng.

    ReplyDelete
  47. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada umumnya kepribadian bangsa timur adalah sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada. Namun walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa Timur kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa Timur lebih baik dari bangsa Barat. Karena semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tidak ada di dunia ini yang sepenuhnya baik.

    ReplyDelete
  48. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Kepribadian bangsa barat yang cara pembinaan kesadarannya dengan cara mamahami ilmu pengtahuan dan filsafat, mereka melakukan berbagai macam cara diskusi dan debat untuk menemukan atau menentukan makna seperti apa yang sebenarnya murni/asli dari kesadaran. Mereka banyak belajar dan juga mengajar yang awalnya datang dari proses diskusi dan perdebatan yang mereka lakukan. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli kebudayaan barat dituntut untuk pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena pada akhirnya akan banyak yang mengikuti ajarannya.

    ReplyDelete
  49. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna di atas menggambarkan seorang penguasa yang sombong dimana ia menganggap bahwa kekuasaan adalah segalanya. Padahal sifat sombong itu merupakan sifat yang dimiliki oleh syaitan. Syaitan akan terus menggoda manusia mengajak manusia untuk selalu mengikuti perbuatannya, salah satunya sombong tersebut. Kita tidak boleh bersikap sombong terhadap siapa pun karena kita tidaklah sempurna karena yang Maha Sempurna dan yang Mahakuasa hanyalah Allah SWT. Oleh karena itu hindarilah sikap sombong. Semoga kita tidak terjerumus dengan perbuatan sombong tersebut. Amin..

    ReplyDelete
  50. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Saya merasakan keangkuhan yang luar biasa dari raja Powernow saat membaca elegi ini. Akan tetapi, beginilah keadaan yang ada saat ini. Raja penguasa dunia berusaha untuk menguasai dan mendapatkan pengakuan bahwa dialah yang terhebat. Hal ini tidak lain tidak bukan karena didorong oleh nafsu belaka. Semua keangkuhan dan keinginan menguasai ini akan merugikan diri sendiri suatu saat nanti. Mari kita nantikan saja.

    ReplyDelete
  51. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Setelah saya membaca elegi ini, saya masih berpikiran bahwa yang dimaksud dengna powernow itu ialah kemajuan teknologi tetapi yang telah dibumbui dengan kapitalisme, hedonisme dan saudara-saudaranya yang lain. Kesenjangna teknologi ini lah yang dimaksud dengan ketidakadilan, namun mereka yang telah tunduk pada powernow hanya akan membantu powernow merusak dunia saja.

    ReplyDelete
  52. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Kapitelisme, Liberalisme, Hedonisme adalah paham-paham barat yang perlahan namun pasti menyusup memasuki kehidupan sehari-hari. Apabila paham tersebut berhasil maka manusia akan lupa dengan dirinya, melupakan Tuhan-Nya dan menjadi makhluk yang hidup dalam kesia-siaan. Oleh karenanya, sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran yang mampu merubah dunia ini dapat disalurkan sesuai dengan sebagaimana mestinya. Lebih mawas diri dan senantisas mendekatkan diri pada sang Pencipta agar dihindarkan dari cobaan-cobaan di dunia ini.

    ReplyDelete
  53. Junianto
    PM C
    17709251065

    Elegi ini menggamabarkan betapa beragamnnya manusia yang hidup di dunia ini. Banyak pera pemimpin yang ingin menguasai “dunia” dan tidak peduli dengan rakyatnya. Banyak orang-orang baik yang justrue memilih menarik diri karena takut terkontaminasi hal-hal yang tidak baik. Padahal hal ini justrue akan memperlancar pada pemimpin yang punya ambisi menguasai dunia. Maka dari itu, perlu ada orang-orang baik diberbagai lini dan harus saling melindungi agar kebaikan tetap bisa diperjuangkan.

    ReplyDelete
  54. Junianto
    PM C
    17709251065

    Persiapan disini digambarkan sebagai persiapan kelompok untuk memerangi sebuah ketidakadilan, kejahatan, dan hal buruk lainnya. Sebagai pemimpin seharusnya juga bertindak demikian, bukan malah bekerja sama dengan penjahat merugikan rakyat demi memenuhi ambisinya. Tidak sedikt juga pemimpin yang demi materi justrue menjadikan rakyat sebagai tumbal dalam mendapatkan materi. Maka dari itu, menjadi orang baik adalah pilihan dan harus diambil pilihan ini demi kemaslahatan bersama.

    ReplyDelete
  55. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Bila melihat jalan cerita dari elegi ini, saya melihat ada ketimpangan atau ketidak adilan yang terjadi antara dunia barat, dunia utara, dunia selatan dan dunia timur. Dunia barat dan dunia utara sangat menghormati powernow, sementara itu dunia yang lain berusaha untuk mencari keadilan dengan mengadakan penggalangan kekuatan. Hal inilah yang kemudian memicu kemarahan atau ketidaksukaan dari powernow.

    ReplyDelete
  56. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Elegi memantapkan persiapan selamatan raja purna menceritakan tentang bagaimana sang power now menguasai dunia. Bangsa kita tidak bisa lepas dari kekuatan sang power now karena dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali mengandalkan hal-hal yang power now inginkan atau harapkan. Bangsa kita dapat segera terlepas sebagai objek power now jika pemuda penerus generasi bangsa dibekali dengan ilmu pengetahuan dan spiritual yang kuat agar dapat berpikir kritis dan memiliki nurani

    ReplyDelete
  57. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Menjadi pemimpin setelah memberikan tekanan dan ancaman bagi yang lain tidak mencerminkan sesuatu yang baik. Maka pasti akan datang musibah untuk menggoyahkannya di satu masa yang akan datang. segala sesuatu perbuatan kita pasti akan dipertanggungjawabkan. Powernow ingin menguasai dunia dengan menggunakan cara apapun, tak peduli itu akan berdampak kesulitan bagi orang lain. Sesungguhnya umat manusia tidak membutuhkan pemimpin yang seperti itu.

    ReplyDelete
  58. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Terima kasih atas postingannya, Prof. Menjadi pemimpin memang bukan tugas yang mudah. Terlebih lagi menjadi pemimpin yang amanah. Pemimpin yang hanya memberikan tekanan dan ancaman serta mengadu domba rakyatnya, serta melakukan segala cara untuk mendapatkan simpati serta dukungan dari banyak pihak tidak berkualifikasi untuk menjadi pemimpin.

    ReplyDelete
  59. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kekuasaan seseorang di dunia ini hanyalah sementara. Sebagai penguasa, janganlah mempergunakan kekuasaannya untuk mencapai semua yang diinginkan. Apabila suatu kaum telah dipimpin oleh pemimpin atau penguasa yang sombong, maka akan tibalah masanya kehancuran. Karena pemimpin yang sombong akan menghalalkan segala cara, mengadu domba, menyebarkan fitnah, dan tipu daya demi mencapai ambisi dan keinginannya.

    ReplyDelete

  60. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sampai selesai membaca elegi ini, saya masih berpikiran bahwa yang dimaksud dengna powernow itu adalah kemajuan teknologi tetapi yang telah dibumbui dengan kapitalisme, hedonisme dan saudara-saudaranya yang lain. Kesenjangna teknologi ini lah yang dimaksud dengan ketidakadilan, namun mereka yang telah tunduk pada powernow hanya akan membantu powernow merusak dunia saja

    ReplyDelete

  61. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Dialog tentang pemimpin dari berbagai belahan dunia adalah gambaran bagaimana belahan dunia yang terbagi menjadi empat tipe menanggapi kemajuan teknologi. Dunia barat adalah dunia yang paling mendukung, sedangkan dunia Utara adalah dunia yang tunduk karena pengalaman kekalahan terhadap powernow dan dunia selatan adalah dunia yang paling ragu-ragu namun mudah sekali diperbudak dengan iming-iming dari powernow

    ReplyDelete

  62. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sedangkan transenden yang sedang menggelar pertemuan saya bayangkan sebagai sebagian kecil penghuni buni yang telah sadar akan kehadiran powernow yang akan semakin merusak bumi dan dunia. Namun, apa daya, trasenden yang hanya sebagian kecil harus bersiap digempur oleh powernow dengan pasukannya yang sangat kuat

    ReplyDelete
  63. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dominasi powernow sangat terasa saat ini. Pada komposisi DK tetap PBB, masing-masing punya hak veto ketika ada pengmbilan keputusan. Jika keputusan tidak sesuai dengan kepentingannya, maka akan di veto. Namun mereka mengklaim itu sebagai hadiah karena menang perang dunia II. Tapi untuk sebuah keadilan harusnya semua negara duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Semoga kedepan dunia semakin adil dan tenteram.

    ReplyDelete
  64. Raudhah Nur Pratiwi (15301244009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah.
    Saya melihat keangkuhan dan ketamakan dari Powernow. Haus akan kekuasaan dan ingin menguasai negara-negara lainnya dengan cara mengiming-imingi keuntungan dan bantuan kepada negara lain dengan tujuan untuk menjerat mereka ke dalam kekuasaan powernow.
    Rasa haus kekuasaan tersebut menyebabkan powernow tidak pernah merasa cukup atas keuasaannya. Sehingga ia menghalalkan segala cara agar negara-negara lain yang masih menentangnya pada akhirnya masuk dalam jerat kekuasaan powernow. 
    Hal ini dapat dianalogikan pada kehidupan saat ini, di mana para pemimpin-pemimpin di dunia ini haus akan kekuasaan dan menghalalkan segala cara untuk memperluas kekuasaan mereka.
    Semoga kita semua terhindar dari jerat orang-orang yang haus kekuasaan. Aamiin.

    ReplyDelete
  65. Monica Ansella
    15301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dalam elegi ini, Powernow menjadi gambaran orang-orang yang egois, serakah, dan tidak adil. Ia tidak ingin keburukannya terungkap, ia juga tidak ingin kalah dari siapapun. Yang diinginkannya adalah kekuasaan, kekuasaan, dan kekuasaan. Powernow menjadi bahan refleksi bagi kita semua, yaitu apakah selama ini kita benar-benar sudah jauh dari karakter Powernow ataukah kita ini sebenarnya Powernow yang hidup di dunia? Wujud Powernow di jaman ini salah satunya adalah ketika kita berusaha dengan keras untuk menutupi kekurangan kita, tetapi dengan tegas menunjuk poin-poin kekurangan orang lain. Yang kita inginkan adalah selalu tampil sempurna dan orang lain selalu memiliki kekurangan. Jika tidak berhati-hati, kita mungkin dapat dipenuhi oleh sifat Powernow di kemudian hari. Oleh karenanya, rajin-rajinlah mendekatkan diri pada Tuhan supaya kita senantiasa diberikan bimbingan di jalan-Nya. Semoga Tuhan selalu menyertai kita semua. Amin.

    ReplyDelete