Oct 20, 2012

Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna




Oleh Marsigit

Powernow:

Wahai sang Rajudara anakku, engkau yang saya beri tugas, beserta semua bala tentara, memimpin penyebarluasan informasi dan undangan ke seluruh raja di muka bumi ini untuk menghadiri Selamatan Raja Purna di Negeri Tahta Angin ini. laporkanlah hasil-hasilmu.


Rajudara:

Wahai sang Powernow ayahku sekaligus rajaku, perkenankanlah aku melaporkan perihal tugas menyampaikan undangan. Katahuilah ada bermacam-macam undangan yang dibuat. Untuk raja-raja besar, undangan saya antar sendiri. Raja Dunia Barat menyambut sangat gembira dan antusias undanganmu itu dan berjanji akan hadir dengan raja-raja takhlukan di bawahnya. Bahkan Raja Dunia Barat mengatakan bahwa engkau itu sebetulnya masih sedarah sedaging dengan mereka, dikarenakan engkau dan sebagian rakyatmu itu berasal dari Negeri Barat. Hubungan darah itulah yang menyebabkan Raja Dunia Barat antusias untuk datang. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun. Dia menyampaikan salam hormat kebaginda raja seraya berdoa semoga engkau semakin berjaya di muka bumi ini.

Powernow:
Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Barat akan hadir. Tetapi ada sediit hal yang aku tidak begitu senang, kenapa dia mengungkit-ungkit masa laluku? Baik. Bagaimana dengan Raja Dunia Utara?

Rajudara:

Seperti halnya Raja Dunia Barat, Raja Dunia Utara juga mengutarakan kegembiraannya, karena merasa terhormat engkau undang. Raja Dunia Utara disamping antusias akan datang, tetapi juga menyampaikan bahwa dia beserta segenap rakyatnya sangat mengagumimu. Raja Dunia Utara beserta rakyatnya sangat mengagumi dirimu dan juga rakyat kita, dikarenakan kita pernah mengalahkannya pada peperangan waktu-waktu yang lalu. Disampaikan bahwa keadaan masyarakat di Dunia Utara sekarang berusaha meniru dan berkiblat ke negeri Tahta Angin ini. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun.

Powernow:

Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Utara akan hadir. Hemm...baik..baik..itulah dia si raja Dunia Utara yang baik. Dia juga selalu mengingat-ingat hukumanku agar tidak terulang lagi. Apakah dia tidak bercerita bagaimana sepak terjangku ketika aku mengalahkannya pada waktu itu? Jika dia sempat bercerita tentu sangat menarik untuk didengar. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Timur Barat Utara agak sedikit masalah. Dia bersedia datang tetapi dengan catatan agar kedua negara dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan satu dengan yang lainnya.

Powernow:

Oo..ooo..tak masalah...pelan tapi pasti...cepat atau lambat...dia pasti bisa saya takhlukkan. Tetapi memang hatiku merasakan bahwa si raja yang satu ini bisa menjadi batu sandungan bagi diriku di masa yang akan datang. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Selatan ini agak lucu. Dia sepertinya tidak punya pendirian. Bercampur antara takut, tak mampu dan ingin mengambil untung, dia mengatakan akan hadir, tetapi tidak mempunyai dana untuk transportasi dan akomodasi. Dia akan hadir beserta segenap raja taklukannya dengan catatan engkau bisa membantu akomodasi, tiket pesawat, maupun penginapan di hotel.

Powernow:

Aku tanggung semua biaya permintaannya Raja Dunia Selatan. Sampaikan agar tidak perlu ragu-ragu bergaul denganku. Sampaikan juga bahwa hanya satu hal yang diperlukan agar mampu bergaul denganku yaitu menyelaraskan semua pikiran dan kepentingannya dengan pikiran dan kepentinganku.

Matadara:

Perkenankan hamba melapor. Hamba sebagai penjaga segenap perbatasan dari negeri Tahta Angin ini melaporkan bahwa di seberang perbatasan antara negeri kita dengan Tahta Spiritual telah dilangsungkan peretemuan para Transenden. Bahkan mereka sudah dua kali menyelenggarakan konferensi internasional. Sedangkan di perbatasan selatan negeri kita juga terdapat pertemua raja-raja lokal dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Powernow:

Hai Matadara..terimakasih atas laporanmu itu. Katakan siapakah yang memimpin konferensi para Transenden itu serta siapa saja yang hadir dan apa tujuannya? Juga sampaikan siapa pemimpin raja-raja pemberontak dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Matadara:

Yang memimpin konferensi itu adalah sang Transenden Ketua sedangkan yang hadir adalah Transenden dari semua dunia. Adapaun tujuannya untuk mencari penyelesaian dunia yang adil. Sementara diperbatasan selatan ada raja-raja lokal yang sudah mendengar perihal rencanamu menggelar Selamatan Raja Purna. Mereka menyatakan menolak hadir bahkan akan menentangnya dengan segala cara. Pemimpinnya tidak begitu jelas..sedangkan tujuannya juga menuntut keadilan dunia.

Powernow:

Waha...nggempelo betul itu Transenden Ketua. Ini sangat berbahaya. Ketahuilah bahwa segala persoalan dunia itu aku yang menciptakan. Apa pamrihnya sang Transenden Ketua mencari keadilan. Karena keadilan dunia itu hanya bisa diraih jika aku telah hancur. Aku adalah ketidakadilan itu. Tidak...tidakkk..jangan..jangan ..ini jangan dibiarkan. Kita cegah agar para Transenden tidak lagi melakukan segala bentuk pertemuan. Hah..kebetulan ..Sekalian memantapkan persiapansaya menyelenggarakan Selamatan Raja Purna. Hai ...Kumaratna, Rajudara, Matadara dan semua punggawaku yang hadir...agar aku dapat menyelenggarakan Selamatan Raja Purna..ternyata aku harus melakukan peperangan terlebih dulu. Dengarkan baik-baik..dengan ini aku akan bentuk brigade-brigade prajurit untuk menyerang dan menguasai musuh-musuhku. Aku sendiri yang akan melawan penguasa spiritual dan akhirat. Kamu anakku si Rajudara aku tugaskan agar melawan dan menangkap para Transenden. Sedangkan engkau Kumaratna aku beri tugas untuk melawan semua Bagawat, Cantraka, Rakata dan Cemani yang memberontak. Terakhir...kau Matadara agar bisa melawan dan menaklukan semua raja-raja lokal dari Dunia Selatan yang memberontak. Semua aku perintahkan...gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan ketakutan. Janganlah kamu bertindak bodhoh. Aku rajamu mempunyai kemampuan luar biasa dan tiada tanding. Jika engkau nantinya kamu mendengar ada makhluk Blackhole Diraja, maka itu adalah jelmaanku. Sedangkan semua Neolis-neolis itu adalah jelmaan dari prajurit-prajuritku.

Kumaratna, Rajudara, Matadara:
Baik tuanku ..kami siap melaksanakan tugas.

Powernow:
Berangkatlah atas ijin dan restuku!

17 comments:

  1. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna, menceritakan tentang bagaimana sang powernow menguasai dunia. Kedigdayaan ditandai dengan berkembangnya teknologi dan industri yang dikembangkan. Hal inilah yang disebut dengan Sang Powernow. Dunia Barat membangun struktur dunia, meliputi: Archaic – Tribal – Tradisional - Feodal – Modern - Post modern - Post post modern. Oleh karena itu, Sang Powernow tidak memiliki spiritual dan yang dimiliki adalah rasa ingin tahu yang tak terbatas tanpa kendali spiritual (Archaic – Tribal – Tradisional). Powernow meliputi Neo Kapitalisme, Neo Pragmatisme, Neo Utilitarianisme, Neo Hedonisme, dan Neo Matrealisme. Dari pemikiran-pemikiran tersebut, maka muncul berbagai ilmu pengetahuan pada zaman sekarang, seperti: Matematika murni, IPA murni, Universitas murni, dan lain – lain. Dan pada akhirnya dapat juga ditandai dari adanya Kurikulum yang diberlakukan sekarang yaitu dengan menggunakan Pendekatan Saintifik, yang mungkin sebagai kanibalisme atas ilmu humaniora. Sehingga, guru sebagai pendidik saat ini banyak yang kebingungan dalam menerapkannya, maka berdampak pada siswa yang tidak mengerti pelajaran.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Tuhan diatas segalanya. Dan manusia adalah ciptaannya. Tuhan menciptakan manusia dengan talenta dan kekurangannnya masing-masing, agar manusia terus saling menghargai satu sama lain. Diatas langit, masih ada langit, begitu pula dibawah langit pasti ada langit. Agar kita selalu bersyukur akan apa yang telah diberikan oleh Tuhan dan selalu bisa berbagi dengan sesama

    ReplyDelete
  3. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Bahasa yang kita ucap adalah model dari diri kita sendiri . Bahasa yang kita ucapkan menunjukkan siapa diri kita.
    “gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan ketakutan. Janganlah kamu bertindak bodhoh. Aku rajamu mempunyai kemampuan luar biasa dan tiada tanding. Jika engkau nantinya kamu mendengar ada makhluk Blackhole Diraja, maka itu adalah jelmaanku. Sedangkan semua Neolis-neolis itu adalah jelmaan dari prajurit-prajuritku.” Tergambar dengan sangat jelas seperti apakah si Powernow ini. Penguasa arogan yang penuh keserakahan dan ketidakadilan. Dibutuhkan orang-orang seperti transenden dan begawat untuk menghancurkan sikap hati orang seperti ini

    ReplyDelete
  4. Syahlan Romadon
    PM C 2016/ 16709251047

    Kejayaan dan kekuasaan duniawi sering membuat orang lupa akan siapa sebenarnya dirinya. Hal-hal duniawi itu membuat manusia angkuh, sombong, dan merasa berkuasa. Banyak yang menjadi lupa bahwa yang terkuat, yang paling berkuasa adalah Allah ta’ala. Semga kita dihindarkan dan dilindungi dari sifat sombong. Amin.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Powernow adalah penguasa yang penuh keserakahan, kesombongan, ketidakadilan dan menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginannya. Perwujudan powernow ini dapat berupa ganasnya perkembangan gerakan kapitalisme, utilitarisme, pragmatisme, dan hedonisme yang bertujuan agar manusia mengesampingkan spiritual. Selama kita hidup, maka selama itu punya pengaruh powernow akan terus berusaha menghasut dan mempengaruhi diri kita. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari pengaruh buruk kekuatan Powernow, kita harus selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, berpikir kritis, dapat memilah dan hanya mengambil sisi positif dari perkembangan IPTEK yang semakin pesat setiap harinya. Janganlah terlena akan kenikmatan dan kemewahan dunia. Ingatlah dunia hanya sesaat, kehidupan kekal di akhirat. Penguasa absolut hanyalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dilihat dari elegi diatas saya dapat mengambil hikmah bahwa sebenarnya kehidupan didunia ini tidak usah terlalu memperturutkan hawa nafsu, karena kalau hawa nafsu yang akan diperturtukan maka tidak akan pernah terpuaskan. Dikarenakan hawa nafsu tidak akan pernah terpuaskan maka akan menimbulkan keserakahan, kesombongan dan hal-hal negatif lainnya. Sehingga bisa kita lihat dunia barat yang semakin mengejar materi sehingga mereka serakah dan semakin hari mereka akan semakin haus dengan kekuasaan. Maka kita selaku umat muslim jangan menjadikan dunia ini sebagai tujuan, namun jadikanlah dunia ini sebagai jalan untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki dengan memperbanyak berbuat kebaikan dan jangan terlalu memperturutkan hawa nafsu.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Keanggunan dari artikel di atas membuat kkta paham tentang penguasa yang menyalahgunakan kekuatannya. Penguasa sangat bangga dengan kekuatan yang dimilikinya. Dia tidak adil dan sewenang-wenang menggunakan kekuatannya. Dia akan menggunakan banyak cara untuk mempertahankan kekuatannya. Dan jika menemukan penguasa seperti, apa yang harus kita lakukan?. apapun langkah kita, yang pertama kita harus menghindari sikap yang seperti ini.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dialog tentang pemimpin dari berbagai belahan dunia adalah gambaran bagaimana belahan dunia yang terbagi menjadi empat tipe menanggapi kemajuan teknologi. Dunia barat adalah dunia yang paling mendukung, sedangkan dunia Utara adalah dunia yang tunduk karena pengalaman kekalahan terhadap powernow dan dunia selatan adalah dunia yang paling ragu-ragu namun mudah sekali diperbudak dengan iming-iming dari powernow

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sedangkan transenden yang sedang menggelar pertemuan saya bayangkan sebagai sebagian kecil penghuni buni yang telah sadar akan kehadiran powernow yang akan semakin merusak bumi dan dunia. Namun, apa daya, trasenden yang hanya sebagian kecil harus bersiap digempur oleh powernow dengan pasukannya yang sangat kuat

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Power Now mengerahkan segala kemampuan dan kekuasaannya agar apa yang dia inginkan tunduk dan berada dalam pengaruh dan kekuasaannya. Mulai dari mengelabui (yang sebenarnya salah terlihat benar dan yang sebenarnya benar terlihat salah), menyebarkan paham keduniawian (kapitalisme, hedonisme, pragmatisme, materialisme), pendidikan yang tidak humanis, dan lain-lain. Itu semua merupakan bagian dari rencana Power Now untuk menghancurkan dunia dan menciptakan tatanan dunia baru di bawah kendalinya.

    ReplyDelete
  11. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Serangan secara halus melalui ekonomi, hiburan, melalui politik, melalui ikatan pertemanan, yang intinya berusaha mempengaruhi. Ketika para manusia bijak seperti Prof.Marsigit mengungkapkan pendapat untuk tidak berpatok kepada powerNow, namun hal tersebut pasti hanyalah sebuah rencana yang sulit untuk diwujudkan. Segala yang ada di dunia hampir semuanya dikuasai oleh PowerNow, sampai ke teknologinya juga. Dibandingkan negara Indonesia, teknologi mereka jauh lebih canggih, saat masyarakat Indonesia ingin membanggakan produk teknologi dalam negeri, ketika menggunakannya alat tersebut mudah rusak, tidak awet, sehingga cenderung boros. Ini bukan masalah harga, namun masalah kualitas, salah satu cara untuk melawan sang PowerNow adalah percaya diri dengan milik kita. Kepercayaan diri akan muncul jika kualitasnya bisa bersaing, untuk mendapatkan kualitas yang mampu bersaing dibutuhkan banyak persiapan.

    ReplyDelete
  12. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Lagi-lagi pada elegi ini powernow munjukkan kesombongannya. Ia meminta raja segala jurusan untuk tunduk kepadanya. Powernow meminta para raja untuk menyelaraskan pikiran-pikiran para raja dengan pemikirannya. Powernow mengahalalkan segala cara agar tujuannya tercapai. Powernow menyebarkan kebencian, rasa takut, keserakahan agar powernow dapat menguasai dunia. Semoga kita tidak menjadi seorang yang seperti powernow.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Powernow adalah gambaran penguasa yang sombong, egois, dan serakah. Tidak ada yang boleh melebihinya, bahkan disaingi pun dia tak mau. Seperti beberapa penguasa yang ada di dunia ini, berharap semua hal di dunia ini dia kuasai, dia jatuhkan semua orang untuk menjadi nomor 1, dia tindas semua orang, dia takhlukkan semua orang untuk patuh pada perintahnya. Sungguh, ini adalah contoh pemimpin yang sangat buruk. Dunia akan hancur apabila pemimpin seperti ini berjaya.

    ReplyDelete
  14. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Akan selalu ada dua poros yang berlainan, seakan-akan itu menjadi suatu keharusan, bahwa segala sesuatu itu pasti ada lawannya atau antitesisnya. Dalam elegi ini, sang powernow menganggap dirinya sebagai hal yang paling tinggi diantara lainnya dan menentang keadilan yang dicari oleh transenden. Powernow tidak setuju dengan transenden yang ingin mencari keadilan di dunia, sehingga powernow mencetuskan bahwa dirinya adalah ketidakadilan itu sendiri. Oleh karena itu, powernow mengerahkan seluruh anggota-anggotanya untuk dapat melawan transenden yang ingin menebarkan keadilan.

    ReplyDelete
  15. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Elegi menceritakan tentang persiapan selamatan raja Purna. Sang raja Powernow menugaskan putranya Rajudara untuk mengundang seluruh raja di dunia. Semua raja di undang pada acara selamatan tersebut. Mulai dari raja kecil dan raja terbesar di dunia. Semua raja tersebut menyambut Rajudara dan senang menerima undangan dari Power Now. Power Now juga merasa sangat senang atas berita itu yang disampaikan oleh putranya tersebut. Ia merasa kalau kedudukannya sebagai raja sangat diakui oleh raja-raja di dunia.

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kekuasaan dan ketidakadilan yang dimiliki oleh powernow dapat membuat kacau hidup orang lain. Transedenlah yang mampu melawannya. Kekuasaan dan ketidakadilan tidak selamanya harus diikuti, tetapi harus berani untuk melawannya agar tidak semakin berkuasa lebih lagi dan semakin tidak adil merajalela. Perlu diingat bahwa yang berkuasa atas segalanya di dunia ini adalah Tuhan, dan tidak ada yang mampu melawan kuasa-Nya, maka dari itu kita harus berani melawan ketidak adilan dimulai dari diri sendiri dan membenahi agar diri kita tidak menjadi manusia yang serakah, sombong, dan berlaku tidak adil dengan orang lain.

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Digambarkan bahwa powernow sang pemilik kekuasaan atas banyak negara yang ada di dunia memiliki keinginan menguasai seluruh dunia.
    Dengan menguasai seluruh dunia maka diharapkan dapat mencapai kekuasaan yang mutlak. Berkuasa atas segala yang ada dan mungkin ada.
    Untuk mencapai powernow maka sang hamba melakukan segala macam cara.

    ReplyDelete