Oct 20, 2012

Elegi Memantapkan Persiapan Selamatan Raja Purna




Oleh Marsigit

Powernow:

Wahai sang Rajudara anakku, engkau yang saya beri tugas, beserta semua bala tentara, memimpin penyebarluasan informasi dan undangan ke seluruh raja di muka bumi ini untuk menghadiri Selamatan Raja Purna di Negeri Tahta Angin ini. laporkanlah hasil-hasilmu.


Rajudara:

Wahai sang Powernow ayahku sekaligus rajaku, perkenankanlah aku melaporkan perihal tugas menyampaikan undangan. Katahuilah ada bermacam-macam undangan yang dibuat. Untuk raja-raja besar, undangan saya antar sendiri. Raja Dunia Barat menyambut sangat gembira dan antusias undanganmu itu dan berjanji akan hadir dengan raja-raja takhlukan di bawahnya. Bahkan Raja Dunia Barat mengatakan bahwa engkau itu sebetulnya masih sedarah sedaging dengan mereka, dikarenakan engkau dan sebagian rakyatmu itu berasal dari Negeri Barat. Hubungan darah itulah yang menyebabkan Raja Dunia Barat antusias untuk datang. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun. Dia menyampaikan salam hormat kebaginda raja seraya berdoa semoga engkau semakin berjaya di muka bumi ini.

Powernow:
Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Barat akan hadir. Tetapi ada sediit hal yang aku tidak begitu senang, kenapa dia mengungkit-ungkit masa laluku? Baik. Bagaimana dengan Raja Dunia Utara?

Rajudara:

Seperti halnya Raja Dunia Barat, Raja Dunia Utara juga mengutarakan kegembiraannya, karena merasa terhormat engkau undang. Raja Dunia Utara disamping antusias akan datang, tetapi juga menyampaikan bahwa dia beserta segenap rakyatnya sangat mengagumimu. Raja Dunia Utara beserta rakyatnya sangat mengagumi dirimu dan juga rakyat kita, dikarenakan kita pernah mengalahkannya pada peperangan waktu-waktu yang lalu. Disampaikan bahwa keadaan masyarakat di Dunia Utara sekarang berusaha meniru dan berkiblat ke negeri Tahta Angin ini. Dia akan hadir beserta para raja taklukannya dengan tanpa syarat apapun.

Powernow:

Oh..hah..syukur. Aku sangat senang bahwa Raja Dunia Utara akan hadir. Hemm...baik..baik..itulah dia si raja Dunia Utara yang baik. Dia juga selalu mengingat-ingat hukumanku agar tidak terulang lagi. Apakah dia tidak bercerita bagaimana sepak terjangku ketika aku mengalahkannya pada waktu itu? Jika dia sempat bercerita tentu sangat menarik untuk didengar. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Timur Barat Utara agak sedikit masalah. Dia bersedia datang tetapi dengan catatan agar kedua negara dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan satu dengan yang lainnya.

Powernow:

Oo..ooo..tak masalah...pelan tapi pasti...cepat atau lambat...dia pasti bisa saya takhlukkan. Tetapi memang hatiku merasakan bahwa si raja yang satu ini bisa menjadi batu sandungan bagi diriku di masa yang akan datang. Teruskan.

Rajudara:

Untuk Raja Dunia Selatan ini agak lucu. Dia sepertinya tidak punya pendirian. Bercampur antara takut, tak mampu dan ingin mengambil untung, dia mengatakan akan hadir, tetapi tidak mempunyai dana untuk transportasi dan akomodasi. Dia akan hadir beserta segenap raja taklukannya dengan catatan engkau bisa membantu akomodasi, tiket pesawat, maupun penginapan di hotel.

Powernow:

Aku tanggung semua biaya permintaannya Raja Dunia Selatan. Sampaikan agar tidak perlu ragu-ragu bergaul denganku. Sampaikan juga bahwa hanya satu hal yang diperlukan agar mampu bergaul denganku yaitu menyelaraskan semua pikiran dan kepentingannya dengan pikiran dan kepentinganku.

Matadara:

Perkenankan hamba melapor. Hamba sebagai penjaga segenap perbatasan dari negeri Tahta Angin ini melaporkan bahwa di seberang perbatasan antara negeri kita dengan Tahta Spiritual telah dilangsungkan peretemuan para Transenden. Bahkan mereka sudah dua kali menyelenggarakan konferensi internasional. Sedangkan di perbatasan selatan negeri kita juga terdapat pertemua raja-raja lokal dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Powernow:

Hai Matadara..terimakasih atas laporanmu itu. Katakan siapakah yang memimpin konferensi para Transenden itu serta siapa saja yang hadir dan apa tujuannya? Juga sampaikan siapa pemimpin raja-raja pemberontak dari Dunia Selatan dan Dunia Timur.

Matadara:

Yang memimpin konferensi itu adalah sang Transenden Ketua sedangkan yang hadir adalah Transenden dari semua dunia. Adapaun tujuannya untuk mencari penyelesaian dunia yang adil. Sementara diperbatasan selatan ada raja-raja lokal yang sudah mendengar perihal rencanamu menggelar Selamatan Raja Purna. Mereka menyatakan menolak hadir bahkan akan menentangnya dengan segala cara. Pemimpinnya tidak begitu jelas..sedangkan tujuannya juga menuntut keadilan dunia.

Powernow:

Waha...nggempelo betul itu Transenden Ketua. Ini sangat berbahaya. Ketahuilah bahwa segala persoalan dunia itu aku yang menciptakan. Apa pamrihnya sang Transenden Ketua mencari keadilan. Karena keadilan dunia itu hanya bisa diraih jika aku telah hancur. Aku adalah ketidakadilan itu. Tidak...tidakkk..jangan..jangan ..ini jangan dibiarkan. Kita cegah agar para Transenden tidak lagi melakukan segala bentuk pertemuan. Hah..kebetulan ..Sekalian memantapkan persiapansaya menyelenggarakan Selamatan Raja Purna. Hai ...Kumaratna, Rajudara, Matadara dan semua punggawaku yang hadir...agar aku dapat menyelenggarakan Selamatan Raja Purna..ternyata aku harus melakukan peperangan terlebih dulu. Dengarkan baik-baik..dengan ini aku akan bentuk brigade-brigade prajurit untuk menyerang dan menguasai musuh-musuhku. Aku sendiri yang akan melawan penguasa spiritual dan akhirat. Kamu anakku si Rajudara aku tugaskan agar melawan dan menangkap para Transenden. Sedangkan engkau Kumaratna aku beri tugas untuk melawan semua Bagawat, Cantraka, Rakata dan Cemani yang memberontak. Terakhir...kau Matadara agar bisa melawan dan menaklukan semua raja-raja lokal dari Dunia Selatan yang memberontak. Semua aku perintahkan...gunakan segala cara, tipu daya, kalau perlu adu domba agar tercapai maksud dan tujuanmu. Ciptakan pula dajal-dajalmu. Tebarkan teror dan ketakutan. Janganlah kamu bertindak bodhoh. Aku rajamu mempunyai kemampuan luar biasa dan tiada tanding. Jika engkau nantinya kamu mendengar ada makhluk Blackhole Diraja, maka itu adalah jelmaanku. Sedangkan semua Neolis-neolis itu adalah jelmaan dari prajurit-prajuritku.

Kumaratna, Rajudara, Matadara:
Baik tuanku ..kami siap melaksanakan tugas.

Powernow:
Berangkatlah atas ijin dan restuku!

34 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan elegi memantapkan persiapan selamatan raja purna diatas, terdapat pesan bahwa masa lalu biarlah berlalu, yang terpenting maju menuju masa depan dengan baik. Jika sekarang sudah belajar menjadi baik, masa lalu yang tidak baik lupakanlah. Perbedaan itu pasti ada antara barat, utara, dan lainnya, tetapi keselarasan dari perbedaan itu penting agar dapat terjadinya hubungan yang baik. Dari hal itu bisa diambil pelajaran kita sebagai calon pendidik jangan suka membeda-bedakan atau pilih kasih terhadap para murid, berikan kasih sayang yang adil kepada mereka.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam elegi ini, menceritakan berbagai karakter yang ada pada berbagai raja(pemimipin) komunitas, dimana yang memiliki prinsip yang berkeadilan ditentang oleh yang ketidakadilan. Meskipun ada suatu usaha untuk meraih keadilan, maka tetap ada usaha dari ketidak adilan untuk meruntuhkan usaha yang coba untuk dilakukan.

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam elegi ini diilustrasikan bagaimana sang powernow mempengaruhi seluruh sudut dunia dengan memberi berbagai fasilitas namun pada akhirnya tujuannya menjajah. Jika seluruh raja-raja di dunia ini tidak sadar akan ketidakadilan sang powernow maka masuklah mereka kedalam dunia yang dengan berkembang pesatnya kapitalisme, utilitarianisme, hedonism, dan laiinya yang akan membawa pengaruh buruk. Maka untuk menghadapinya harus selalu berpikir kritis terhadap setiap perkembangan yang terjadi. Seperti yang dilakukan para transenden yang sadar bahwa telah terjadi ketidakadilan yang kemudian menghindar sehingga tidak terbawa pengaruh buruk dari powernow.

    ReplyDelete
  4. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A

    Powernow digambarkan dalam elegi diatas mengenai sosok yang memiliki stigma kekuasaan dalam menguasai dunia. Perkembangan teknologi dan industri menuntun Powernow dalam menciptakan perkembangan ilmu pengetahuan. Segala untuk mencapai tujuannya dilakukan, termasuk dengan mengandeng rekan-rekannya dunia selatan, dunia utara, barat dan seluruhnya. Yang tidak selaras dengan pikirannya dan kepentingannya siap untuk diperangi atau ditundukan. Inilah akhir zaman yang sebetul-betulnya mulai terjadi, peperangan terhadap kaum yang menjujung spiritualisem mulai dijalankan supaya orang jauh dari agama dan fokus pada memenuhi hasrat nafsu dunia saja. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT sampai kita kembali pada-Nya. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Powernow akan melakukan berbagai macam cara untuk dapat mewujudkan tujuannya yaitu menguasai dunia sesuai dengan pikiran dan kepentingannya. Cara-cara yang dilakukannya yaitu menggunakan tipu daya, mengadu domba, menebarkan ketakutan dan yang lainnya. Tujuan powernow melakukan hal tersebut yaitu agar semua yang ada di dunia ini tunduk kepadanya. Untuk dapat terhindar dari pengaruh powernow tersebut yaitu dengan cara selalu berpikir dengan pikiran yang kritis dan dibarengi dengan hati yang jernih.

    ReplyDelete
  6. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Powernow yang ada dalam elegi ini merupakan kekuatan dan kekuasaan yang berkuasa diseluruh belahan dunia. Dalam dunia sekarang ini kita bisa melihat perkembangan IPTEK yang semakin pesat sudah berpengaruh besar diberbagai penjuru dunia, termasuk dinegara kita itulah kekuatan powernow. Adanya perkembangan IPTEK telah membawa pengaruh buruk dibalik pengaruh positifnya. Penggunaan tekhnologi itu memang sangat memiliki banyak manfaat untuk perkembangan suatu bangsa dan negara. Namun disisi lain jika tidak disertai berpikir kritis dan bijak dalam penggunaannya maka akan membawa banyak kerugian bisa dilihat dari banyaknya kasus kriminal dan pelecehan yang disebabkan karena medsos, tayangan televisi yang mempengaruhi pola pikir anak, penyalahgunaan media oleh remaja, terkikisnya budaya ketimuran kita digantikan dengan budaya barat, dst. Pola pikir anak dan remaja yang sudah rusak itulah yang menjadi awal kehancuran bangsa dan negara kita karena merekalah sang penerus bangsa.

    ReplyDelete
  7. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan elegi diatas menggambarkan seorang penguasa yang sombong dimana ia menganggap bahwa kekuasaan adalah segalanya. Padahal sifat sombong itu merupakan sifat yang dimiliki oleh syaitan. Syaitan akan terus menggoda manusia mengajak manusia untuk selalu mengikuti perbuatannya, salah satunya sombong tersebut. Kita tidak boleh bersikap sombong terhadap siapapun karena kita tidaklah sempurna karena yang Mahasempurna dan yang Mahakuasa hanyalah Allah SWT. Oleh karena itu hindarilah sikap sombong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa memang tiada sesuatu dalam diri manusia yang layak untuk disombongkan. Karena pada dasarnya, segala pencapaian-pencapaian yang diperoleh oleh manusia dalah berkat ketetapan dari Allah. Lalu apa yang bisa disombongkan dari manusia? Jawabannya adalah tidak ada.

      Delete
  8. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Suatu rencana pertemuan yang bagus oleh powernow untuk mempertemukan semua para raja dari barat, timur, utara, dan selatan bahkan para raja taklukhannya pun diundang untuk hadir pada pertemuan tersebut. Entah pertemuannya seperti apa namun berdasarkan apa yang diceritakan bahwa hanyalah silaturahim biasa dan ingin menyelaraskan pikiran dengan meraih satu tujuan yang sama. Dan ternyata powernow mendapati sedikit permasalahan yaitu harus menghadapi sang transenden yang berusaha menghalangi pertemuan para raja. Powernow pun mempersiapakan srategi untuk melawannya dan berusaha untuk tetap menyelenggarakan selamatan raja purna.

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Sang penguasa bisa memiliki apa yang mereka inginkan bahkan kehendak mereka mau tidak mau harus terpenuhi. Mereka lupa bahwa kekuasaan yang paling tinggi/absolut adalah kekuasaan Allah. Sehingga jangan sampai terlena pada keindahan duniawi sehingga menjadikan diri kita sombong dan tidak ingat kepada Sang Penguasa Jagad Raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endah Kusrini
      18709251015
      S2 Pendidikan Matematika A 2018

      Saya setuju bahwa kekuasaan atau jabatan di dunia sifatnya hanya sementara. Sedikit menambahkan bahwa: sudah sepatutnya manusia tidak menyalahgunakan kekuasaan demi mencapai tujuan pribadinya. Menjadi manusia di muka bumi berarti mengemban amanah dari Sang Maha Kuasa. Jangan sampai menyalah gunakan amanah yang telah diberikan oleh Tuhan hanya demi keuntungan pribadi dan golongan. Ingatlah bahwa manusia hidup di dunia hanya sementara, sedangkan kehidupan akheratlah yang kekal abadi selamanya.

      Delete
  10. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Powernow merupakan penguasa, seorang pemimpin yang sombong dan tamak terhadap kekuasaan. Memang benar bahwa ia adalah penguasa yang kuat karena ia berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, namun kehebatannya itu justru membuatnya lupa diri. Ia lupa bahwa dirinya tetaplah bagian dari ciptaan Allah. Sebenarnya apa yang terjadi pada Powernow juga terjadi pada diri manusia saat ini, untuk itu spiritual sangatlah penting dijadikan sebagai pengingat bagi diri kita masing-masing agar terhindar dari kesombongan seperti yang terjadi pada Powernow.

    ReplyDelete
  11. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Manusia. Semakin dipuji semakin tinggi. Semakin dikritik semakin rendah. Pencitraan dimana-mana. Jangan terlena dengan pujian karena sesungguhnya pujian itu yang mengancammu. Ketika kau dipuji, janganlah semakin membanggakan diri. Ketika kau di kritik, janganlah down. Karena sesungguhnya kritikan itu sifatnya membangun. Membangun menjadi lebih baik. Ambil baiknya, buang buruknya. Pujian dan kritikan menjadi bumbu dalam kehidupan untuk terus instropeksi diri dalam menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  12. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pada cerita ini ada berbagai macam sifat dari para raja. Dari banyaknya raja ada beberapa raja yang mempunyai sosok pemimpin yang baik yaitu seperti Raja Dunia Timur Barat Utara. Sifat raja ini sungguh bijaksana dan rendah hati. Ia menginginkan bahwa sesama pemimpin negara harus duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan. Setiap negara pasti memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Alangkah lebih baiknya jika sesama pemimpin untuk saling menjaga dan saling menghormati. Hubungan yang harmonis akan bisa menciptakan suatu keadaan yang aman dan tentram. Adanya hubungan ini dapat menjaga dunia dari kehancuran. Oleh karena itu, jadilah pemimpin yang baik jika ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  13. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada elegi diatas, powernow merupakan sosok yang akan melakukan apa saja untuk menguasai dunia tanpa memiliki rasa kepedulian. Ia akan senantiasa menipu, memperdaya, dan menebar keburukan yang dikemas dengan baik sehingga terlihat seperti kebaikan. Hal ini akan terus dilakukan hingga dunia berada pada genggamannya. Agar tidak tertipu oleh powernow maka harus senantiasa mengasah pikirannya dan membersihkan hatinya dengan mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
  14. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Manusia memang selalu ingin diakui. Manusia memang punya sifat dasar ingin menguasai. Seringkali sifat-sifat tersebut membutakan manusia. Manusia seringkali rela melakukan segala cara demi mewujudkan keinginannya. Tak peduli baik atau buruk, tak peduli menghasilkan kebermanfaatan atau justru menindas pihak lain. Seringkali perbedaan pandangan membuat manusia bercerai berantakan. Hal itulah yang sebetulnya menimbulkan bibit-bibit perpecahan dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  15. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Powernow sudah mulai menyerang. Power now selalu memiliki strategi untuk melancarkan rencananya. Powernow berusaha untuk menyerang manusia agar kehilangan jiwa spiritualnya. Yang perlu dilakukan adalah memperkuat iman kita untuk membentengi diri dari serangan powernow. Selalu mendekat kepada Allah SWT.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Kapitelisme, Liberalisme, Hedonisme adalah paham-paham barat yang perlahan namun pasti menyusup memasuki kehidupan sehari-hari. Apabila paham tersebut berhasil maka manusia akan lupa dengan dirinya, melupakan Tuhan-Nya dan menjadi makhluk yang hidup dalam kesia-siaan. Oleh karenanya, sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran yang mampu merubah dunia ini dapat disalurkan sesuai dengan sebagaimana mestinya. Lebih mawas diri dan senantisas mendekatkan diri pada sang Pencipta agar dihindarkan dari cobaan-cobaan di dunia ini.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Begitulah kejadiannya sekarang ini, powernow memiliki berbagai cara untuk menguasai dunia. Bahkan kehidupan spiritualpun digempur habis-habisan oleh power now dengan berbagai teknologi, gaya hidup instan, dan kepuasan-kepuasan lain yang telah mereka cukupi. Seperti yang dikisahkan dalam elegy ini, power now berusaha menggapai posisi kekuasaan tertinggi di dunia dengan mempengaruhi serta menghancurkan struktur kehidupan spritual yang telah dibangun. Sementara orang-orang yang seharusnya melandaskan kehidupannya pada spiritual tidak kuasa untuk menghadapinya. Pada akhirnya juga hanyut di dalam kehidupan yang telah dibangun oleh power now dengan mengesampingkan kehidupan spiritual. Hanya atas ijin dan pertolongan Allah, kita dapat selamat dari ancaman powernow.

    ReplyDelete
  18. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Karakteristik pemimpin yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda. Banyak pemimpin yang bijaksana dan tidak dapat dipungkiri pula terdapat pemimpin yang tidak bijaksana. Pemimpin menentukan pilihan. Pilihan akan berdampak pada keputusan baik atau buruknya hal tersebut. Keputusan ini didasari oleh hasrat ataupun nafsu dalam kepemimpinan. Terkadang nafsu ini sulit untuk dikontrol. Hal ini menyebabkan munculnya pengambilan keputusan yang menyimpang. Artinya mengambil keputusan yang hanya menguntungkan satu pihak saja atau kepentingan diri sendiri saja. Hal ini terjadi karena tidak pernah puasnya diri terhadap apa yang dimiliki. Dapat dikatakan, belum ikhlasnya menerima keadaan yang dimiliki oleh diri kita sendiri. Oleh sebab itu, bersyukur dan berikhtiar adalah jalan yang seharusnya diambil sehingga kita mampu menyadari seberapa besar potensi yang kita miliki. Pada akhirnya kita mampu menjalani tanggungjawab yang diemban sesuai ruang dan waktunya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Mengingat kembali bahwa semua manusia merupakan makhluk ciptaan Allah, raja maupun manusia biasa pada umumnya tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengagung-agungkan kekuasaan yang dimiliki. Jangan sampai memunculkan kesombongan, karena masih ada banyak orang yang lebih hebat daripada kita di luar sana. Kekuasaaan manusia terbatas ruang dan waktu, kekuasaan itu tidak kekal karena sejatinya diatas orang-orang yang paling berkuasa terdapat penguasa yang sesungguhnya yaitu Allah SWT. Kekuasaan absolut semata-mata hanya milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Setiap pemimpin mempunyai berbagai macam karakter, biasanya karakter tersebut mempengaruhi visi dan misinya. Dari hal tersebut kita dapat belajar bahwa manusia mempunyai sifat alami yang terkadang susaj untuk di Kontrol. Misalnya jika ia sedang berada di puncak terkadang ia lupa bahwa untuk mencapai puncak ia harus mendaki. Maksudnya ia terkadang merendahkan seseorang yang belum mempunyai dejarat yang sama seperti dirinya. Dari hal itu pula bahwa ketidakadilan sering mencoba untuk meruntuhkan keadilan. Semoga kita dapat belajar bahwa manusia sesungguhnya emmpunyai derajat yang sama di mata Tuhan sehingga kita tidak seharusnya saling merendahkan satu sama lainnya.

    ReplyDelete
  21. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Power now berusaha menggapai posisi kekuasaan tertinggi di dunia dengan mempengaruhi serta menghancurkan struktur kehidupan spritual yang telah dibangun. Karena jika sisi spiritualitas dari manusia sudah goyah tentu kesempatan power now untuk menghancurkan kehidupan manusia semakin besar.

    ReplyDelete
  22. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Powernow sebagai wujud dari suatu penguasa peradaban dunia, dimana dia terlah mengontaminasi dunia dengan paham-paham keduniawiaanya. Segala bentuk keduniawian yang bersifat sesaat diproduksi oleh powernow untuk menyesatkan semua kaum. Powernow menempatkan spiritual sebagai komponen paling bawah atau bahkan tersirat dinyatakan bahwa spiritual itu menghambat kemajuan. Dalam sepakterjangnya, powernow berlaku ditaktor dengan memaksakan kehendak agar semua orang mengikuti alur pikirnya. Segala upaya diusahakan, cara halus maupun kasar.

    ReplyDelete
  23. hanifah nabila hendral
    19701251003
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum
    powernow menggambarkan penguasa yang memiliki kekuasaan yang luar biasa dan pengaruhnya yang luas. penguasa yang memiliki kekuasaan dan pengaruh yang luar biasa namun rela melakukan cara apapun agar keinginannya terwujud. dia tak segan-segan untuk melakukan hal-hal kotor dan bahkan menyebarkan kekacauan agar keinginannya bisa tercapai. yang saya lihat powernow tak jauh berbeda dengan keadaan akhir zaman sekarang ini. para penguasa yang dengan dzolimnya melakukan segala hal agar bisa mencapai nafsu duniawi, melakukan hal kotor demi jabatan dan harta tak berpikir bahwa rakyatlah yang menjadi korbannya.

    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  24. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Fitrah manusia adalah sebagai pemimpin, yakni pemimpin yang baik. Seorang pemimpin memiliki kekuasaan atas yang dipimpinnya. Sayangnya, ketika memiliki kekuasaan, seseorang terkadang merasa tidak puas sehingga ingin lebih berkuasa lagi, bahkan dengan berbagai cara, tak mau tahu dengan urusan kemanusiaan dan keadilan. Sebagaimana powernow dalam elegi di atas, yang menjelma diktator dan terus berusaha menalkukkan kerajaan-kerajaan lain dan berambisi berkuasa secara mutlak. Persoalan kekuasaan ini menjadi bagian perbincangan oleh filsuf dalam filsafat politik, seperti Socrates, Plato, Aristoteles, Agustinus, Thomas Aquinas, Martin Luther, Ibnu Khaldun, Nocollo Machiavelli, Thomas Hobbes, John Locke, Montesque, Friedrich Hegel, Karl Marx dan Federich Engels, dan banyak lainnya.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  25. Hidayatul wafiroh
    19701251010
    S2 PEP A 2019

    Dari elegi di atas bahwa pemimpin dengan kekuasaan yang luas dapat menyalahgunakan tanggungjawabnya. Pemimpin tanpa dilandasi keikhlasan akan menjadi pemimpin tersebut sombong. Akibatnya akan melakukan berbagai cara agar kekuasaannya semakin bertambah luas. Sesungguhnya kekuasaan adalah salah satu ujian kehidupan bagi seseorang. Ujian tersebut bisa berupa kenikmatan dan kejelekkan, hal tersebut dapat dilihat dari sudut padang dalam menjalankan amanahnya. Pemimpin tertinggi adalah Allah. Sebagai manusia kita adalah duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, yang menbedakan hanyalah iman dan taqwa kita dihadapan Allah.

    ReplyDelete
  26. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dari percakapan antara Raja Powernow dan Perdana Mentri Kumaratna, dapat kita ketahui bahwa seorang raja yang berkuasa dalam berbagai hal masih belum bisa bersyukur dengan apa yang telah dimiliki, selain itu sang raja yang tidak mempunyai lawan lagi ingin mengalahkan sang penguasa padahal yang belum raja kalahkan adalah dirinya sendiri yang masih memandang ke atas. Kita juga mengetahui bahwa perdana mentri yang kekuasaannya dibawah raja hanya bisa mengikuti perintah raja.

    ReplyDelete
  27. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Bedasarkan elegi di atas menceritakan berbagai karakter yang ada pada berbagai raja-raja atau pemimipin dalam suatu komunitas, dimana yang memiliki prinsip yang berkeadilan ditentang oleh ketidakadilan. Terdapat suatu pesan bahwa masa lalu biarlah berlalu, yang terpenting maju menuju masa depan dengan baik. Jika sekarang sudah belajar menjadi baik, masa lalu yang tidak baik lebih baik untuk dilupakan.

    ReplyDelete
  28. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Sadar tidak sadar kita telah termakan oleh powernow. Sadar tidak sadar kita telah terpedaya oleh powernow. Sadar tidak sadar kita telah dikendalikan oleh powernow. Bukannya kita tidak bisa melawan, hanya saja ketika kita mengutuk powernow, kita secara tidak langsung juga mengutuk diri kita sendiri. Sadar atau tidak sadar kita juga selalu turut membantu powernow itu sendiri dengan menikmati produk-produk kapitalis dan bersikap hedon, pragmatik, dan utiliter. Mungkin kita hanya berijtihad. Semua diserahkan kembali kepada Sang Khalik seraya memohon ampun dan ridha-Nya dan memohon agar terhindar dari fitnah akhir zaman.

    ReplyDelete
  29. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Setelah membaca percakapan di atas saya dapat menyimpulkan bahwasannya propaganda-propaganda ada di dunia ini sepertinya telah direncanakan oleh penguasa-penguasa yang mempunyai peran besar atas peperangan di dunia timur. Hal itu sengaja dilakukan untuk mengambil alih kekuasaan. Berbagai upaya dilakukan dengan sangat halus seprti mendanai berbagai hal berkedok kemanusiaan tetapi pada dasarnya hanya ingin memecahbelah dunia. Sudah selayaknya kita harus berhati-hati dan terus membentengi diri dengan iman dan ilmu.

    ReplyDelete
  30. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Yang saya pahami disini adalah gambaran dari penguasa-penguasa dunia. Ada yang bijaksana, bahkan ada yang serakah akan kekuasaan. Jika kita lihat dalam kehidupan nyata, memang ada hal yang demikian. Bahkan tak terhidari yang namanya peperangan, perdebatan hingga perpecahan. Hingga banyak korban yang berjatuhan. Alangkah baiknya kita harus berusaha menjaga negara kita agar tetap aman dan damai. Terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    "Untuk Raja Dunia Timur Barat Utara agak sedikit masalah. Dia bersedia datang tetapi dengan catatan agar kedua negara dapat duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan tidak saling menjelekkan satu dengan yang lainnya"
    Saya setuju dengan pemahaman raja-raja diatas. Bersikap rendah hati dan bersikap adil terhadap semua negara. Ini yang dinamakan penguasa yang bijaksana. Tidak seperti powernow yang haus akan kekuasaan.

    ReplyDelete
  32. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete