Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 27: Sebagian Besar Dosaku karena Determinisku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Sebagian Besar Dosaku dikarenakan Determinisku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Setiap manusia itu berbeda-beda. Berbeda pendapatnya, berbeda karakternya, berbeda sifatnya, dan lain-lain. Sedangkan sifat itu dapat bermacam-macam juga, salah satunya adalah determinis. Yang dimaksud determinis adalah yang memaksakan keinginan diri sendiri kepada orang lain dan menentukan hal apa yang perlu dilakukan oleh orang lain. Determinis ini dapat membuat kita resah di dalam hati. Maka kita harus berhati-hati ketika sifat determinis itu muncul . Hal tersebut akan membuat dosa untuk diri kita, karena saat memaksakan kehendak hanya mementingkan diri sendiri dan karena kita mempunyai kuasa. Salah satu contohnya di dalam dunia pendidikan adalah seorang guru yang terkadang memaksakan ilmunya dengan cara yang tidak disukai siswanya, hal ini ini akan menjadi dosa yang sangat besar. Seorang guru haruslah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswanya dengan senang hati dapat menerima pelajaran dengan baik

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Untuk menghindari sifat yang determin, maka sebelum menasihati orang lain, nasihatilah diri sendiri, perkara ada manfaat bagi orang lain alhamudlillah. Menasihati orang lain itu sifatnya determin. Filsafat sebetulnya maknanya untuk diri sendiri dan tidak ada pemaksaan kehendak kepada orang lain.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PM C

    Manusia seringkali lebih mudah untuk melihat ke orang lain dari pada diri sendiri. Hal tersebut membuat kita seringkali mudah menilai orang lain, menyuruh orang lain, menasihati orang lain tanpa berkaca pada diri kita sendiri. Tanpa kita sadari kita telah menjadi seorang determin yang berlaku determinis. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki kuasa. Akan sangat mudah bagi orang yang berkuasa untuk bersikap determin terhadap orang-orang yang dikuasai. Karena itulah kita harus senantiasa berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Kita harus berkaca terlebih dahulu sebelum mengucapkannya pada orang lain.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Manusia memiliki sifat ingin menguasai segala “sesuatu”, sesuatu yang dapat berarti menguasai manusia maupun benda yang lainnya. Saat berada dalam posisi berkuasa kita memiliki kemampuan untuk menentukan orang apa yang harus dilakukan orang lain, misalnya kakak yang lebih berkuasa dari pada adik, orang tua lebih berkuasa kepada anaknya sehingga terkadang orang tua memaksakan keinginannya pada anak-anaknya sementara anaknya tidak berkeinginan yang sama seperti orang tuanya. Seorang guru yang terkadang memaksakan ilmunya dengan cara yang tidak disukai siswanya. Semua manusia memiliki kesempatan untuk berlaku determinis sehingga sebagian dari dosaku adalah determinis, diriku yang terkadang sering memaksakan keinginan pada orang lain dan menentukan apa yang orang lain lakukan.

    ReplyDelete
  5. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Determinisme adalah keyakinan filosofis bahwa semua peristiwa terjadi sebagai akibat dari adanya beberapa keharusan dan karenanya tak terelakkanKuliah. Contoh dosaku karena determinisku adalah sebagai berikut:
    Metodologi penelitian kuntitatif dilaksanakan setiap hari selasa dari jam 11.10 sampai jam 12.50, adzan dzuhur dikumandangkan di daerah jogja dan sekitarnya antara jam 11.30-12.00. Karena sedang kuliah setelah mendengar adzan, tidak langsung mengambil air wudhu untuk shalat, tetapi menunggu kuliah selesai pada jam 12.30. Padahal shalat merupakan kewajiban bagi seorang muslim dan merupakan rukun islam yang kedua. Menunda shalat adalah suatu kebiasaan yang tidak baik, seperti firman Allah dalam QS. Al-Maa’uun: 4-5. “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.”

    ReplyDelete
  6. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menghindari pribadi yang determinis salah satunya dengan menjadi sosok yang double-standard, dimana kita yakin bahwa peristiwa dilandasi oleh keharusan yang kita persepsikan untuk pihak lain haruslah kita balikkan ke pribadi masing-masing, kemudian menyadari bahwa keharusan dari satu orang ke orang yang lain bisa jadi berbeda sehingga tidaklah baik ketika seseorang memaksakan kehendak atas keyakinannya kepada orang lain, yang mungkin saja berbeda keyakinannya.

    ReplyDelete
  7. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb


    determinis berasal dari determine yang artinya menentukan, jadi sebagian dosaku berasal dari determinis ku sendiri. karena sifat menentukanku sendiri. menentukan ini dan itu yang menurutku baik namun dalam ruang dan waktu tertentu tidak baik bagi orang lain. ini akan menimbulkan dosa bagi diriku. jadi determinis ku sebagian besar dosaku.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  8. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Determinis memiliki makna menentukan, hal yang sering dilakukan berkaitan dengan determinis adalah menentukan sesuatu yang sifatnya memaksa. Jika determinis dilakukan sesuai dengan ruang dan waktunya, mungkin ini bukan suatu dosa, tetapi karena berbagai macam penyakit hati, determinis yang sering dilakukan oleh banyak orang bahkan diri sendiri adalah determinis yang siatnya memaksa orang lain, bahkan juga merampas hak orang lain. seperti contohnya orang tua yang memaksakan anaknya untuk memilih pilihan sekolah sesuai dengan yang diinginkan oleh orang tuanya, padahal belum tentu anak memiliki keinginan yang sama dengan apa yang diinginkan oleh orang tuanya. Tanpa disadari, hal tersebut termasuk sikap determinis pada anak.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Secara umum determinisme adalah tesis yang mengatakan bahwa seluruh keadaan dan tindakan mental kita, termasuk pilihan-pilihan dan keputusan-keputusan, serta tindakan-tindakan kita, adalah dampak yang niscaya dari sebab-sebab yang mendahuluinya. Jadi, masa depan kita pada kenyataannya telah ditetapkan (fixed) dan tidak bisa diubah, dengan cara yang sama seperti masa lalu juga tak bisa diubah. Ini berarti bahwa semua pikiran, tindakan, dan perilaku manusia sudah ditentukan sebelumnya, baik secara sosial ataupun biologis tanpa adanyan kebebasan. Dosa determinis yang besar adalah ketika seseorang tidak memberikan kebebasan kepada orang lain untuk menentukan jalan hidupnya.

    ReplyDelete
  10. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Determinis merupakan suatu istilah yang digunakan untuk orang yang suka menentukan nasib orang lain. Segala kejadian disebabkan oleh sesuatu yang lain. Karenanya ketika seseorang menimbulkan suatu sifat, maka sifatnya tersebut berimbas atau akan menentukan sifat yang lainnya. Karena sifat determinis, maka akan banyak hal yang tidak baik yang ditimbulkan. Sebagai makhluk yang memiliki potensi salah dan lupa, memiliki hawa nafsu, manusia diperintahkan selalu berusaha dan berdoa supaya terhindar dari berbagai sifat dalam diri yang akan menimbulkan dosa.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Deteminis adalah istilah yang digunakan untuk menentukan sesuatu atau mengambil keputusan terhadap sesuatu, setiap orang dalam kehidupannya mau tidak mau pasti menjadi deteminis paling tidak untuk dirinya sendiri, apapun keputusan yang di ambil baik dan buruk itu adalah sebuah resiko bagi seseorang. Keputusan seseorang sangat subjektif tergantung kepribadiannya dan terkadang tanpa disadari bila keputusan tersebut merugikan orang lain maka disitulah determinis menjadi sebuah dosa besar yang pernah dilakukan.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Sebagian dosa yang ada dikarenakan determinisku karena memang penyebab kesalahan dan laku adalah diri kita sendiri. Mata kita adalah alasan kita melihat hal-hal buruk, tangan kita adalah salah satu alasan adanya perbuatan kita yang merugikan orang lain, hati kita menjadi salah satu penyebab adanya penyakit hati, bahkan raga kita kadang menyebabkan kata-kata tak seharusnya yang memaki keadaan atau bisa dikatakan memaki Tuhan sebagai pencipta kita. Dan semoga hal tersebut kelak menjadi sebagian pahalaku karena determinisku. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam menentukan pilihan, pilih yang terbaik. Namun bagaimana cara menentukan yang terbaik? Yang terbaik kadang berupa hal yang benar kita inginkan, kita harapkan dan kita buttuhkan. Terlepas dari itu, maka pilihan pun dapat diurutkan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan memaksakan kehendak jika memang kita tahu bahwa itu diluar batas kemampuan kita. seringkali jika memaksakan kehendak, malah berakibat buruk bagi kita.

    ReplyDelete