Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

19 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam kehidupan pastinya kita sudah mempunyai rencana untuk apa yang ingin dilakukan kedepannya. Dimana rencana tersebut tertulis dalam tujuan masa depan kita. Tetapi terkadang apa yang kita rencanakan tidak berjalan dengan semestinya karena keterbatasan ruang dan waktu. Inilah ternyata bahwa kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia adalah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna. Sehebat-hebat tindakan saya, bahkan tindakan saya setengah dewa pun, saya tidak akan mampu mengejar tulisan saya. Sebagai contoh, tulisan saya ada di salah satu ruangan di UNY dan juga ada di kostan saya, tetapi saya tidak bisa pada saat yang sama berada di UNY dan juga berada di kostan. Saya tidak mampu berada di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang sama. Saya tidak bisa menduduki dua tempat sekaligus. Itu lah saya, manusia yang penuh keterbatasan.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita dengan mudah bisa mengungkapkan dan dengan mudah bisa menuliskan sesuatu termasuk rencana tentang apa yang akan kita lalukan ke depan. Tidak hanya tentang itu, tentang kita harus sabar dan ikhlas kemudian selalu melakukan kebaikan tetapi tidak mudah untuk melakukannya. Ini adalah fakta saya sering sekali mengalaminya. Berbagai tulisan saya tulis di dinding kamar tentang tugas yang harus diselesaikan, tentang apa yang harus saya lakukan setiap hari. Seperti, shalat tepat waktu, disiplin mengerjakan tugas dan tidak terlambat. Ucapkan Alhamdulillah setiap hari. Namun terkadang hal ini tidak sesuai dengan yang dilakukan atau dengan kegiatannya. Walaupun demikian, tulisan dapat mengingatkan kita sehingga membantu memperbaiki kegiatan kita.

    ReplyDelete
  4. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelum dapat menulis, tentu seseorang perlu membaca. Membaca dan menulis sendiri dapat dilakukan dengan menembus ruang dan waktu. Semakin banyak kita membaca, semakin jauh tulisan kita dapat menembus ruang dan waktu. Namun, kita sendiri tak dapat mengikuti perpindahan itu.
    Karenanyalah, kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Manusia seringkali berencana sedemikian rupa hingga terkesan sempurna, namun pada kenyataannya pelaksanannya tidak sesempurna apa yang telah direncanakan. Banyak faktor yang mempengaruhi rencana kita sampai tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan bisa dari faktor dari diri sendiri dan dari luar diri sendiri. Faktor dari diri sendiri bisa seperti perasaan malas, teledor, tidak teliti, sedangkan faktor dari luar seperti garis takdir dan kehendak Allah SWT. Maka dari itu manusia sebaiknya selalu melibatkan Allah dalam rencanya, melibatkan Allah bisa melalui berdoa agar diberikan kelancaran terhadap apa yang direncanakan dan kita tidak boleh sombongbdan terlalu yakin bahwa rencana yang telah direncanakan akan berjalan lancar tanpa ada kurangnya.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisan-tulisanku. Hal ini karena melakukan suatu kegiatan itu membutuhkan energi yang lebih banyak dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari sekedar menulis. Misalnya olahraga, kita mudah saja menuliskan kata “olagraga”. Namun, untuk melaksanakan olahraga tentu tidak semudah seperti sekedar menuliskannya.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tulisan yang ada merupakan buah pemikiran itu sendiri. Kadang tulisan kita berupa rencana-rencana yang kita buat untuk apa yang seharusnya kita lakukan dan yang menghalangi dari hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan karena hanya akan melakukan hal yang kurang bermanfaat bagi kita. Namun, raga dan perbuatan kita sering melanggar apa yang seharusnya kita lakukan. Layaknya pengkhianat janji yang telah dibuat sendiri. Hanya berharap tetap dikaruniai kesehatan sehingga mampu melakukan dan memperbaiki kesalahan dan mampu menjaga waktu yang telah dianugerahkan kepadaku.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Merujuk kepada Alquran, bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya. Ini berarti bahwa nasib kita tergantung bagaimana kita menjalani kehidupan ini, bagaimana kita menyusun rencana di setiap aktivitas kita sehari-hari. Benar dalam menjalani kehidupan ini, kegiatan yang kita lakukan tidak mampu mengikuti tulisan kita. Contohnya dalam perkuliahan filsafat ini, saya menargetkan dan telah menulis semacam memo pengingat untuk membuat komen sebanyak 7 sampai 10 komen perhari. Pertanyaannya adalah apakah kita dapat melaksanakan setiap kegiatan yang kita targetkan? Kegiatan tersebut bisa jadi terlaksana tetapi bisa juga tidak terlaksana karena sesuatu dan lain hal. Buktinya meskipun saya telah menargetkan tentang komen tersebut, tetapi hampir satu bulan belakangan saya tidak melakukan komen. Ini menandakan bahwa manusia hanya bisa berencana secara sistematis baik itu telah dituliskan dalam format sedemikian rupa dan berusaha, tetapi Allah SWT lah yang menentukan bagaimana kedepannya.

    ReplyDelete

  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Karena manusia dibatasi oleh ruang dan waktu maka manusia tidak dapat berada di ruang yang sama dalam waktu yang berbeda ataupun berada di waktu yang sama dalam ruang yang berbeda. Kalaupun bisa dikarenakan manusia tersebut telah melakukan manipulasi waktu. Sehingga, jika segala pikiranku sudah kutulis dalam sebuah tulisan maka kegiatanku tak mampu mengikuti tulisan-tulisanku karena keterbatasan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Kita sebagai manusia pasti sering membuat tulisan-tulisan yang berisi tentang rencana apa saja yang akan kita lakukan ke depannya. Namun terkadang di saat kita telah menyusun rencana masa depan dengan begitu sempurnanya, pasti ada saja hal-hal yang membuat rencana tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya dikarenakan keterbatasan ruang dan waktu. Itulah yang disebut kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kegiatanku tak akan mampu mengikuti tulisanku. Hal ini yang dimaksud adalah tulisan adalah bentuk material yang sesuai dengan dimensi hal yang sudah dibagi oleh Prof Marsigit. Ini merupakan bentuk material maka sudah pasti dan jelas bahwa kegiatan kita tidak akan bisa melakukan apa yang sudah kita tuliskan. Jadi itulah keterbatasan kita sebagai manusia yang tidaksempurna dalam kesempurnaan ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam tulisan seserorang dapat menjelaskan apa telah terjadi dalam suatu hari hidupnya, dan bisa juga menulis perencanaan apa yang akan dilakukan hari tersebut. Saat seseorang menceritakan kembali kejadian yang terjadi melalui tulisan, dia tidak butuh waktu yang lama seperti saat dia melakukan kegiatan tersebut. Saat melakukannya membutuhkan respon dan kegiatan berikutnya adalah akibat dari respon terhadap kegiatan sebelumnya. Itu membutuhkan waktu seharian, namun saat dia menceritakan kembali, hal itu mungkin hanya butuh beberapa jam saja.

    ReplyDelete
  13. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Saat seseorang menulis perencanaan kegiatan apa saja yang akan dilakukannya, secara umum hanya beberapa kegiatan saja yang bisa direalisasikan saat itu dan kegiatan yang lainnya dilakukan di waktu yang lain. Hal ini berarti bahwa perencanaan itu tidak sepenuhnya dilakukan karena alasan-alasan tertentu. Berarti, kegiatan manusia tidak dapat mengikuti tulisannya.

    ReplyDelete
  14. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Jadwal yang kita susun sedemikian rapi, sudah kita tulis sedemikian indah dan tertata rapi terkadang tidak dapat kita jalankan, menurut saya itu bukan keterbatasan waktu dan ruang tetapi karena mau atau tidak kita dalam menjalani dan malksanakan apa yang kita rencanakan. Janganlah semua hanya menjadi tulisan belaka. Itu pasti sudah menjadi usaha semua orang agar dapat mengejar target apa yang kita inginkan dan kita rencanakan. tetapi selalu agar mengingat ini bahwa semua sudah diatur oleh yang Maha Kuasa dan kita tidak tahu apa apa, melainkan hanya dapat berusaha semaksimal yang kita mampu dan berdoa memohon kepadaNya.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Salah satu bentuk tulisan yang ada adalah rencana. Kita merencanakan untuk melakukan A, B, C, dan seterusnya. Namun rencana tersebut belum tentu terwujud, karena bisa saja ada halangan atau adanya ruang dan waktu yang tidak tepat. Contoh lain adalah ketika kita mendapatkan udangan, namun saat waktunya untuk hadir, kita jatuh sakit, maka kegiatan kita tidak mampu untuk mengikuti kegiatan yang tertulis pada undangan.

    ReplyDelete
  16. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku, dalam kasus nyata adalah ketika kita menyusun time schedule untuk setiap harinya bahkan setiap jamnya kita tulis dan berangan angan semua yang kita tulis itu harus kita laksanankan. tetapi pada kenyataanya begitu sulit untuk melakukan semua hal yang kita tuliskan tersebut karena manusia memiliki keterbatasan dan pasti setiap jamnya terdapat kejadian yang insidental yang menjadikan kegiatan yang dituliskan tertunda.

    ReplyDelete
  17. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Kegiatan yang terlalu banyak jika hanya ditulis di jadwal dan tidak dilaksanakan maka tidak akan selesai selesai, dan memang di dunia ini kegiatan terus menerus ada. Tetapi perlu dipilah pilah mana kegiatan yang baik dan yang tidak baik. apalagi jika kegiatan sudah dijadikan kebiasaan. hasruslah memilah yang baik dan sesuai.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Di dalam perkuliahan, Bapak telah menjelaskan keadaan yang demikian, yaitu kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku. Jelas sekali pernyataan tersebut. ketika kita belum selesai melakukan sesuatu, maka tulisanku sudah selesai. Ketika ada seseorang yang menuliskan nama kita pada suatu forum yang kita tidak berada di dalamnya, kita tidak mampu langsung berada di sana. Dalam tulisan, kita dapat mendeskripsikan segala hal yang mungkin hanya dengan selembar kertas dapat kita lakukan selama satu menit. Tetapi kegiatan kita tidak mampu melakukan semua yang kita tulis hanya dlaam satu menit. Itulah mengapa kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  19. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kegiatanku Tak Mampu Melampaui Tulisanku. Analogi ini sama dengan ucapanku tak mampu melampaui pikiranku. Segala sesuatu yang kita tulis, kita mendeskripsikan segala sesuatu dalam suatu tulisan atau karya. Namun kegiatan kita tidak akan melampaui nya. Ketika kita menulis suatu kegiatan dalam 1 jam, maka kita tidak bisa melakukan kegiatan itu dalam satu jam. Ketika kita memulai kegiatan dalam sebuah tulisan, tidaklah sama dengan kegiatan memulai yang sebenarnya kita lakukan. Begitu juga dengan analogi lainnya.

    ReplyDelete