Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

17 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Manusia adalah makhluk yang dibekali dengan akal budi karena itu manusia memiliki kemampuan untuk dapat menuangkan atau menjelaskan apa yang ada di dalam pikirannya secara lisan dan tulisan, walaupun tidak semua yang dipikirkan dapat dilisankan atau dituliskan. Yang ada di pikiran dapat diucapkan secara lisan dan yang sudah diucapkan dapat dituangkan berupa tulisan. Setiap tulisan yang dibuat manusia tentunya mempunyai tujuan yaitu untuk dapat dilaksanakan sehingga dapat mencapai harapan yang diinginkan. Tulisan-tulisan itu dapat berupa rencana, pendapat, aturan, larangan, atau apa pun yang nantinya akan dilakukan. Begitu mudah semua itu dituliskan, namun pelaksanaanya masih jauh dari apa yang kita tuliskan. Berbagai kegiatan yang kita lakukan tidak sejalan dengan apa yang tertulis. Contohnya kita membuat resolusi untuk tahun selanjutnya tapi tidak semua dapat kita laksanakan sehingga kegiatan yang kita lakukan sebenarnya tak mampu mengikuti apa yang kita tuliskan.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Manusia diberikan kelebihan dibandingkan makhluk yang lain yaitu akal. Ide atau akal pikiran manusia itu biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan yang merupakan buah dari pikiran. Dalam dunia pikiran kita bisa melakukan segala sesuatu tanpa batas, bergerak sesuai dengan keluasan imajinasi kita. Tapi pada kenyataaannya kita tidak mampu melakukannya atau mempraktekkan segala ide dan pikiran kita tersebut.

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Bukan hanya itu, yang saya rasakan, tulisanku tidak mampu mengikuti pikiranku. Sebagai contoh, ketika mengerjakan soal, tulisan saya akan terlihat jelek/sulit di baca. Hal ini disebabkan karena ketika saya menulis, kecepatan tulisanku tidak mampu menandingi kecepetan pikiranku.

    ReplyDelete
  4. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Kehidupan yang dijalani akan berliku-liku seiring dengan perkembangan jaman. Hal ini dapat terjadi karena adanya tantangan dalam menjalani hidup tersebut. Merangkai untaian rencana dalam kehidupan membantu proses sinergitas aspek-aspek dalam kehidupan. Terkadang apa yang dipikirkan tidaklah semudah apa yang dijalankan. Artinya terdapat kekurangan yang dimiliki oleh manusia. Kekurangan ini adalah salah satu anugerah yang dilimpahkan kepada manusia. Kondisi ini tentunya tidak membuat kita menjadi goyah dalam menjalani hidup. Apa yang direncanakan mungkinlah tidak sesuai dengan yang dijalani tetapi usaha tidaklah pernah sia-sia. Apa yang dilakukan mungkin tidak mampu mengikuti rencana yang ada atau mungkin ada dalam pikiran. Begitu juga sebaliknya. Apa yang ada dan mungkin ada dalam pikiran mungkin saja tidak mampu direalisasikan dalam bentuk tindakan. Artinya diperlukan keseimbangan dalam kedua hal ini. Semakin banyak berkelana dengan pengalaman, maka dapat dikatakan mulailah muncul keseimbangan dalam hidup. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Gerakan tubuh diri ini spontanitas tanpa disuruh, bergerak ke sini ayo, bergerak ke sana ayo, ke mana saja melangkah ayo, mundur ke belakang ayo, itulah gerak tubuh ini yang bisa-bisa tidak terkontrol. Bila ingin menuangkannya dalam buku evaluasi diri, akan selalu tidak komplit setiap rincian gerakan tubuh yang akan tertulis karena bisa jadi mendadak lupa apa yang sudah dikerjakan meskipun hanya secuil saja gerakan itu. Sehingga, penyimpanan paling aman adalah di dalam hati dan pikiran diri sendiri, karena bisa saja mendadak pulih lagi ingatan akan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Idealnya seorang yang menginginkan kesuksesan adalah mampu membuat sebuah rencana dalam hidupnya baik itu rencana jangka pendek ataupun rencana jangka panjang. Terkadang ketika kita telah merencanakan seseuatu yang akan kita lakukan ternyata tidak selamanya sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Inilah sebenar-benar hidup bahwa manusia itu hanya bisa merencanakan apa yang akan dikerjakan kedepannya namun Allah yang menentukan setiap apa yang hambanya ingin kerjakan. Sesungguhnya Allah maha mengetahui segalanya dan kita tidak mengetahui apa-apa. sSebaik-baik rencana adalah rencana Alla Ta'ala.

    ReplyDelete
  7. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore, Prof.
    Semua aktivitas yang akan saya lakukan dapat saya rencanakan dan tuliskan sebagai kegiatan. Namun, kehidupan yang saya jalani adalah kehidupan yang dipengaruhi oleh keberadaan objek dan subjek lain. Saya tak sanggup menggapa semua yang saya tuliskan. Terkadang semua rencana hanya menjadi catatan wacana karena objek dan subjek diluar saya tak harmoni dengan keberadaan saya. Dunia sanggup mengubahkan dan saya pun berpotensi untuk berjalan mengikutinya yang tak ideal menurut saya.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Manusia diciptakan oleh Allah dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya yaitu akal. Melalui akal, manusia dapat menuangkan apa yang ada dalam pikirannya dalam bentuk tulisan. Kegiatan tidak bisa mengejar tulisan. Mengapa? Karena apa yang ada dalam pikiran kita yang tertulis tidak dapat semuanya tersalurkan melalui kegiatan. Kegiatan yang dilakukan juga terkadang tidak mencerminkan apa yang dituliskan sepenuhnya. Seperti yang pernah Prof katakan bahwa tindakan tidak bisa mengejar tulisan, tulisan tidak bisa mengejar ucapan, ucapan tidak bisa mengejar pikiran, dan pikiran tidak bisa mengejar hati.

    ReplyDelete
  9. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Tulisanku adalah pikiranku. Tulisanku adalah ideku. Tulisanku adalah rencanaku. Tulisanku adalah harapanku. Tulisanku adalah targetku. Tulisanku adalah isi hatiku. Tulisanku adalah keisenganku. Tulisanku adalah maknaku. Tulisanku adalah kepribadianku. Tulisanku adalah tulisanku. Hanya kutuliskan di saat aku berpikir, hanya kutuliskan di saatku punya ide, hanya kutuliskan di saatku berencana, hanya kutuliskan disaatku punya harapan, hanya kutuliskan disaatku punya target, hanya kutuliskan saat suara hatiku berkata, hanya kutuliskan disaatku ingin menulis, hanya kutuliskan di saat tanganku memaksaku untuk menulis, hanya kutuliskan saat keisenganku muncul, hanya kutuliskan disaat ku mengerti tulisanku, hanya kutuliskan berdasar suasana hatiku. Tulisanku hanya sekedar tulisan. Faktanya, realitanya mendekati 0. Pada kenyataannya, realisasinya jarang aku lakukan. Pada Kenyataannya hanya wacana belaka. Oh tulisanku, ternyata kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisan-tulisanku.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Rencana dalam bentuk tulisan sering kali dibuat oleh diri kita untuk dapat mencapai target yang diinginkan. Rencana tersebut terkadang sudah kita susun jauh-jauh hari untuk dapat melewati kegiatan yang harus kita laksanakan. Namun terkadang apa yang telah kita rencanakan tidak berbading lurus dengan kegiatannya. Oleh karena itu, kegiatan yang kita lakukan tidak akan mampu mengikuti tulisan yang kita rencanakan. Hal yang harus kita lakukan hanyalah mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin.

    ReplyDelete
  11. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Tulisan-tulisan seseorang biasanya berisi gagasan-gagasan yang ia miliki tentang suatu hal. Tulisan biasanya berisi hal-hal yang ideal. Tujuan-tujuan hidup manupun hal-hal sempurna lainnya. Seringkali dalam bertindak manusia tidak sesuai dengan apa yang ia tuliskan. Karena memang sejatinya hidup yang ideal hanya ada dalam pikiran manusia. Manusia dapat membayangkan suatu hal dengan sangat ideal/ sempurna di dalam pemikirannya, namun pada prakteknya dalam dunia nyata, sungguh kesempurnaan itu tidak pernah ada. Sehingga dapat aku simpulkan bahwa sesungguhnya kegiatanku tak mampu mengikuti tulisan-tulisanku.

    ReplyDelete
  12. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Aktifitas manusia yang berbagai macam berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari satu negara ke negara lain, dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain. Hal itu kadang menjadi tidak sinkron antara apa yang dilakukan oleh fisik tubuh bila dituangkan dalam sebuah tulisan misalnya diary. Kebanyakan akan menuliskan inti dari aktifitas tersebut, tidak akan bisa atau sulit untuk menuliskan secara detail setiap inci kegiatan manusia.

    ReplyDelete
  13. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saat pelajaran dimulai sekelompok anak maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka, dan mereka akan mempunyai bagian masing-masing untuk ikut andil dalam presentasi. Ada yang berbicara , ada yang membaca, ada yang menulis. Bila sang presenter diminta untuk menulis disaat mereka melakukan presentasi, maka akan berantakan hasil tulisannya. Karena mereka lebih fokus pad aberbicara daripada menulis. Bukan tidak bisa membagi bagian otak untuk bekerja tetapi mereka lebih butuh prioritas untuk memperbagus salah satunya. Sehingga akan kesulitan gerak tubuh yang diikuti dengan menuliskan sesuatu.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Manusia hidup di dunia ini dibekali akal pikiran. Gagasan yang didapatkan melalui proses berpikir selayaknya dituangkan dalam bentuk tulisan. Akan tetapi tidak smeua orang mau menulis sehingga terkadang apa yang terpikirkan oleh kita hilang begitu saja. Menulis adalah cara untuk menuangkan ide. Akan tetapi terkadang pikiran kita tidak selaras dengan tulisan kita

    ReplyDelete
  15. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kegiatan merupakan suatu turunan dari plan yang dapat berupa tulisan. Kegiatan adalah suatu yang kompleks. Sebaik-bainya rancangan yang tertulis tentu tidak akan menjamin 100% kebaikan suatu kegiatan. Kegiatan memang akan selalu berusaha mengikuti namun setidaknya adanya dimensi tulisan dan kegitan itu berbeda dimana kegiatan tidak akan mempu mengikuti tulisan

    ReplyDelete
  16. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Apa yang kita lakukan akan sesuai dengan ruang dan waktunya, tetapi jika kita menulis apa yang kita lakukan tidak akan dapat mengikutinya. Mengapa? Karena saat kita menulis kegiatan yang telah dilakukan tidak akan dituliskan sedetail apa yang kita lakukan seper sekian detik tidka akan dapat diikuti. Tetapi berbeda dengan kita yang diikuti oleh 2 malaikat, malaikat akan dapat menyampaikan semua yang kita laukan dan kita akan mempertanggung jawabkan di akhirat nantinya.

    ReplyDelete
  17. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Manusia hanya bisa berencana, Allah SWT lah yang berhak menentukan hasilnya. Terkadang kita menuliskan rencana, impian jangka pendek hingga jangka panjang untuk kehidupan kita masing masing. Apa yang kita lakukan untuk mencapai itu semua berawal dari apa yang kita pikirkan. Sedangkan kita tahu, segala yang bersentuhan dengan ruang dan waktu itu dinamis dan berubah ubah. Seiring ruang dan waktu yang berubah, maka pikiran kita berubah dan tindakan kita pun berubah. Jadi segala usaha, kegiatan tindakan yang kita lakukan juga akan berubah, tidak mampu melawan waktu serta kehendak Allah SWT.

    ReplyDelete