Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Setiap manusia pasti mempunyai mimpi atau target dalam hidupnya yang diusahakan agar bisa terwujud. namun terkadang kita tidak tahu dengan cara apa kita bisa mewujudkannya. Terkadang kita tak mampu menunjukkan sikap atau tindakan kita untuk mencapai apa yang diinginkan. kita membiarkan mimpi kita terbengkalai dan lambat laun melupakan apa yang kita cita - citakan. Maka dapat dikatakan kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku, atau realita tak sejalan dengan ekspektasi

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Tulisan itu merupakan hasil pemikiran yang berisi ide dan rencana-rencana dan harapan, tetapi terkadang memang apa yang sudah kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Rencananya sudah dikonsep secara matang, tetapi ada saja kendala yang muncul sehingga menghambat kita dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Faktor itu bisa dari internal dan eksternal, internal itu dari dalam individu misalnya rasa percaya diri, keyakinan, semangat, motivasi, dll, sedangkan eksternal dari luar individu itu, dari orang lain. Sehingga wajar jika kadang apa yang kita rencanakan kadang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu berusaha dan berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  3. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Mengutip dari yang disampaikan oleh prof ketika perkuliahan bahwa hati dan pikiran keduanya adalah material. Jadi keduanya berstruktur. Itu ada di elegi menggapai ikhlas. Rumusnya adalah sehebat-hebat diriku tidak akan mengejar tulisanku. Sehebat-hebat tulisanku tidak akan mengejar kata-kataku. Sehebat kata-kataku tidak akan bisa mengejar pikiranku. Sehebat-hebat pikiran tidak akan mengejar hatiku. Jadi belajar agama jangan hanya menggunakan pikiran. Karena sebenar-benarnya agama itu adanya di dalam hati.

    ReplyDelete
  4. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Terkadang apa yang kita rencanakan, apa yang kita tuliskan tidaklah sesuai dengan kenyataan. Secepat apapun kita melakukan sesuatu, rencana yang kita tuliskan lebih cepat dari apa yang kita lakukan. Maka kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.Tetapi sebagai seorang manusia kita hanya bisa berusaha agar dapat mengikuti tulisanku. Usaha atau kegiatan yang aku lakukan juga harus diiringi dengan do’a, karena do’a lah yang mampu membuat kegiatanku mampu menyesuaikan rencana-rencaan yang aku tuliskan.

    ReplyDelete
  5. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Semua yang kita tulis merupakan suatu rencana yang tertuang secara nyata dalam bentuk fisik. Semua orang mempunyai keinginan dan harapan bahwa rencana yang tertuliskan itu menjadi nyata dalam sebuah kegiatan. Namun, pada kenyataannya, rencana yang tertulis dengan rapi belum bisa untuk kita wujudkan sepenuhnya dalam kegiatan. Ada beberapa hal yang menyebabkan tulisanku tidak bisa semuanya terwujud dalam kegiatan, salah satunya adalah terbatasnya ruang dan waktu untuk merealisasikan kegiatan tersebut.
    Selain itu, terkadang komitmen dan keistiqomahan juga menjadi penghambat pelaksanaan apa yang sudah direncanakan.
    Jadi saya menyadari bahwa kegiatanku tak mampu mengikuti semua tulisanku.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Salah satu bentuk tulisan yang ada adalah rencana. Kita merencanakan untuk melakukan A, B, C, dan seterusnya. Namun rencana tersebut belum tentu terwujud, karena bisa saja ada halangan atau adanya ruang dan waktu yang tidak tepat. Contoh lain adalah ketika kita mendapatkan udangan, namun saat waktunya untuk hadir, kita jatuh sakit, maka kegiatan kita tidak mampu untuk mengikuti kegiatan yang tertulis pada undangan

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    seringkali manusia menuliskan hal-hal yang ingindicapai, perencanaan serta target-target dalam kehidupan. Misalkan kita menuliskan menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas, namun menjadi sosok yang kita harapkan tidaklah semudah kita menuliskannya. Demikian halnya dengan target dan rencana kita untuk waktu yang akan datang, mungkin kita tidak mampu untuk melaksanakan rencana dan mencapai target yang kita tyulis tersebut karena berbagai keterbatasan manusia.

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    seringkali manusia menuliskan hal-hal yang ingindicapai, perencanaan serta target-target dalam kehidupan. Misalkan kita menuliskan menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas, namun menjadi sosok yang kita harapkan tidaklah semudah kita menuliskannya. Demikian halnya dengan target dan rencana kita untuk waktu yang akan datang, mungkin kita tidak mampu untuk melaksanakan rencana dan mencapai target yang kita tulis tersebut karena berbagai keterbatasan manusia.

    ReplyDelete
  9. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisan-tulisanku, tetapi tulisan-tulisanku mampu mengikuti kegiatanku. karena segala hal yang dituliskan belum tentu mampu diwujud nyatakan dalam suatu tindakan tetapi dari suatu tulisan mampu menuliskan segala tindakan yang telah dilakukan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  10. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Hakekat manusia hanyalah bisa berencana, selebihnya Allah yang menentukan. Apa yang kita tuliskan tidak semuanya bisa kita lakukan, begitupun dengan apa yang kita lakukan, tidak semuanya bisa kita tuliskan. Contohnya saja saat kita menuliskan segala hal yang akan kita lakukan untuk satu hari, tetapi karena beberapa faktor, dari semua yang sudah direncanakan mesti ada saja satu hal yang tidak bisa dilaksanakan, semua itu karena segala keterbatasan seorang manusia yang tidak bisa melampaui ketentuan Allah, Allah lebih mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh kita dan apa yang baik dilakukan oleh kita.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Apa yang ditulis ibaratnya sama dengan apa yang kita rencanakan. Sementara kegiatan adalah tindakan kita di lapangan kehidupan nyata. Perencanaan atas tindakan memang penting untuk mengarahkan apa yang harus kita lakukan. Namun tindakan yang kita lakukan tentu tidak selalu sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Tindakan yang dilakukan pasti akan menyesuaikan dengan kondisi fisik yang terjadi di lapangan. Maka inilah yang dikatakan kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  12. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setiap apa yang kita tuliskan, bisa berupa suatu rencana atau harapan yang kita ingin laksanakan. Namun dalam kenyataannya, setiap hal yang terjadi tidak selalu mampu mengikuti apa yang direncanakan dan diharapakan karena banyak hal yang terjadi di luar kehendak dan kemampuan kita. Manusia hanya dalam batas ikhtiar sebaik mungkin dan merencanakan yang terbaik untuk dilakukan. namun takdir merupakan ketetapan Allah yang harus disikapi dengan positif dan dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  13. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Kebiasaan yang setiap orang lakukan dalam menjani kehidupannya sehari hari adalah menulis list atau daftar kegiatan atau tugas yang akan dilakukan lengkap dengan rencana kapan akan mengerjakan atau melaksanakan list tersebut, namun nyatanya kenyataan tak sesuai ideal yang dibuatnya. Ada banyak faktor yang dijadikan alasan dan bahkan memang ada sesuatu yang menggagalkan rencana itu. Dengan adanya ini, membuat saya menyadari bahwa saya termasuk salah satu dari yang mengalami hal tersebut.

    ReplyDelete
  14. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dimana kadang kala memang manusia mengalami kontardiksi dalam dirinya. Dan kontradiksi itu niscaya. Namun ia bisa jadi sesuai dengan dirinya ketika ia berpegang teguh pada Allah Ta’ala, ketika ia bisa menyesuaikan dirinya sesuai ruang dan waktu. Namun sejatinya kontradiksi itu ada dalam diri kita. Contohnya yaitu apa yang kita lakukan itu tidak sesuai dengan yang kita tuliskan. Misalkan kita menulis sabar sangat mudah sekali menuliskannya, tetapi saat menjalinya sangat susah sekali. Inilah contoh kontradiksi itu.

    ReplyDelete
  15. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Tulisan yang ada merupakan buah pemikiran itu sendiri. Kadang tulisan kita berupa rencana-rencana yang kita buat untuk apa yang seharusnya kita lakukan dan yang menghalangi dari hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan karena hanya akan melakukan hal yang kurang bermanfaat bagi kita. Namun, raga dan perbuatan kita sering melanggar apa yang seharusnya kita lakukan. Layaknya pengkhianat janji yang telah dibuat sendiri. Hanya berharap tetap dikaruniai kesehatan sehingga mampu melakukan dan memperbaiki kesalahan dan mampu menjaga waktu yang telah dianugerahkan kepadaku.

    ReplyDelete
  16. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Rencana dapat dibuat secara sempurna, namun kadang pelaksanaannya tidak semulus apa yang direncanakan. Banyak faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan rencana untuk direalisasikan, seperti faktor dari diri sendiri atau faktor di luar diri sendiri. Faktor dari diri sendiri bisa jadi karena perubahan sikap, seperti malas, teledor, tidak teliti dll. Sedangkan faktor lain yang dapat dipengaruhi oleh orang lain ataupun garis takdir yang memang belum mengizinkan apa yang rencanakan bisa terwujud. Kita dapat mengambil hikmah dari apa yang terjadi, bisa jadi memang hal yang direncanakan tersebut tidak baik untuk kita atau memang Allah memiliki rencana yang jauh lebih baik.

    ReplyDelete