Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Kegiatanku Tidak Mampu Mengikuti Tulisan-tulisanku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

33 comments:


  1. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Karena manusia dibatasi oleh ruang dan waktu maka manusia tidak dapat berada di ruang yang sama dalam waktu yang berbeda ataupun berada di waktu yang sama dalam ruang yang berbeda. Kalaupun bisa dikarenakan manusia tersebut telah melakukan manipulasi waktu. Sehingga, jika segala pikiranku sudah kutulis dalam sebuah tulisan maka kegiatanku tak mampu mengikuti tulisan-tulisanku karena keterbatasan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Kita sebagai manusia pasti sering membuat tulisan-tulisan yang berisi tentang rencana apa saja yang akan kita lakukan ke depannya. Namun terkadang di saat kita telah menyusun rencana masa depan dengan begitu sempurnanya, pasti ada saja hal-hal yang membuat rencana tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya dikarenakan keterbatasan ruang dan waktu. Itulah yang disebut kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kegiatanku tak akan mampu mengikuti tulisanku. Hal ini yang dimaksud adalah tulisan adalah bentuk material yang sesuai dengan dimensi hal yang sudah dibagi oleh Prof Marsigit. Ini merupakan bentuk material maka sudah pasti dan jelas bahwa kegiatan kita tidak akan bisa melakukan apa yang sudah kita tuliskan. Jadi itulah keterbatasan kita sebagai manusia yang tidaksempurna dalam kesempurnaan ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam tulisan seserorang dapat menjelaskan apa telah terjadi dalam suatu hari hidupnya, dan bisa juga menulis perencanaan apa yang akan dilakukan hari tersebut. Saat seseorang menceritakan kembali kejadian yang terjadi melalui tulisan, dia tidak butuh waktu yang lama seperti saat dia melakukan kegiatan tersebut. Saat melakukannya membutuhkan respon dan kegiatan berikutnya adalah akibat dari respon terhadap kegiatan sebelumnya. Itu membutuhkan waktu seharian, namun saat dia menceritakan kembali, hal itu mungkin hanya butuh beberapa jam saja.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Saat seseorang menulis perencanaan kegiatan apa saja yang akan dilakukannya, secara umum hanya beberapa kegiatan saja yang bisa direalisasikan saat itu dan kegiatan yang lainnya dilakukan di waktu yang lain. Hal ini berarti bahwa perencanaan itu tidak sepenuhnya dilakukan karena alasan-alasan tertentu. Berarti, kegiatan manusia tidak dapat mengikuti tulisannya.

    ReplyDelete
  6. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Jadwal yang kita susun sedemikian rapi, sudah kita tulis sedemikian indah dan tertata rapi terkadang tidak dapat kita jalankan, menurut saya itu bukan keterbatasan waktu dan ruang tetapi karena mau atau tidak kita dalam menjalani dan malksanakan apa yang kita rencanakan. Janganlah semua hanya menjadi tulisan belaka. Itu pasti sudah menjadi usaha semua orang agar dapat mengejar target apa yang kita inginkan dan kita rencanakan. tetapi selalu agar mengingat ini bahwa semua sudah diatur oleh yang Maha Kuasa dan kita tidak tahu apa apa, melainkan hanya dapat berusaha semaksimal yang kita mampu dan berdoa memohon kepadaNya.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Salah satu bentuk tulisan yang ada adalah rencana. Kita merencanakan untuk melakukan A, B, C, dan seterusnya. Namun rencana tersebut belum tentu terwujud, karena bisa saja ada halangan atau adanya ruang dan waktu yang tidak tepat. Contoh lain adalah ketika kita mendapatkan udangan, namun saat waktunya untuk hadir, kita jatuh sakit, maka kegiatan kita tidak mampu untuk mengikuti kegiatan yang tertulis pada undangan.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Di dalam perkuliahan, Bapak telah menjelaskan keadaan yang demikian, yaitu kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku. Jelas sekali pernyataan tersebut. ketika kita belum selesai melakukan sesuatu, maka tulisanku sudah selesai. Ketika ada seseorang yang menuliskan nama kita pada suatu forum yang kita tidak berada di dalamnya, kita tidak mampu langsung berada di sana. Dalam tulisan, kita dapat mendeskripsikan segala hal yang mungkin hanya dengan selembar kertas dapat kita lakukan selama satu menit. Tetapi kegiatan kita tidak mampu melakukan semua yang kita tulis hanya dlaam satu menit. Itulah mengapa kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kegiatanku Tak Mampu Melampaui Tulisanku. Analogi ini sama dengan ucapanku tak mampu melampaui pikiranku. Segala sesuatu yang kita tulis, kita mendeskripsikan segala sesuatu dalam suatu tulisan atau karya. Namun kegiatan kita tidak akan melampaui nya. Ketika kita menulis suatu kegiatan dalam 1 jam, maka kita tidak bisa melakukan kegiatan itu dalam satu jam. Ketika kita memulai kegiatan dalam sebuah tulisan, tidaklah sama dengan kegiatan memulai yang sebenarnya kita lakukan. Begitu juga dengan analogi lainnya.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut sintesis dari tesis saya:
    Saya menuliskan setiap apa yang ingin saya lakukan atau capai misalnya ketika saya menulis 100 hal yang akan saya lakukan sebagai berikut: 1. Selalu tersenyum saat bertemu eman, 2. Hindari makan makanan instan, 3. Selalau mencuci tangan sebelum makan, 4. Minum air putih minimal 8 gelas per hari, 5. Mengurangi penggunaan sepeda motor, 6. Selalu sarapan sebelum berangkat kuliah, 7. Gosok gigi sebelum tidur, 8. Datang tepat waktu saat kuliah, 9. Dan seterusnya sampai seratus. Kemudian setiap hari saya melakukan apa yang saya tuliskan tersebut.
    Berikut anti-tesis darit tesis di atas:
    Tiga hari pertama saya sukses melakukan semua kegiatan yang saya tuliskan sebelumnya. Tetapi di hari keempat tiba-tiba saja saya jadi badmood sehingga seharian saya cemberut dan hanya sedikit tersenyum. Lalu pada hari kelima, saya diajak sahabat saya untuk makan-makan di restoran cepat saji karena hari ini dia ulang tahun jadi semua yang hadir dibayari oleh sahabat saya itu. Pada hari keenam, saya sudah sangat lapar ketika pesanan makan siang saya datang dan saya langsung memakannya tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Pada hari ketujuh dan kebetulan weekend, saya berlibur bersama keluarga ke daera puncak, saking asiknya berlibur saya sampai tidak merasa haus sehingga pada hari itu saya hanya minum 5 gelas air putih. Kemudian saya sadar bahwa dalam satu minggu ini saja saya tidak mampu melakukan kegiatan yang saya tulis di kertas. Ternyata kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualikum Wr. Wb.
    kegiatan yang tak mampu mengikuti tulisan(ku) sebenarnya adalah problem konsistensi. Problem tersebut biasanya terjadi ketika idealisme telah runtuh pada kenyataan yang pahit. Suatu kontradiksi yang sangat sulit untuk dihindari. Apakah bisa tercipta harmoni? Iya, bisa, tapi memerlukan pengorbanan yang besar. Sebagaimana pengorbanan para Rasul yang mempwrjuangkan kaumnya. Atau sebagaimana pengorbanan Socrates yang memperjuangkan kebijaksanaan dan akbirnya dihukum mati.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Melakukan hal yang sesuai tidak sesai rencana memang merupakan suatu kesenjangan. Hal ini bisa terjadi kepada setiap manusia. Ekspektasi yang dituangkan dalam bentuk tulisan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Apa yang ada di dalam pikiran kemudian dituliskan namun kenyataan yang dilakukan tidak sesuai. Kejadian tersebut bisa dikarenakan faktor dari dalam diri manusia itu sendiri atau bisa juga dikarenakan oleh takdir Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Ketika aku menuliskan aku pergi ke Jakarta. Maka aku sudah selesai menuliskannya tetapi aku belum mampu ke Jakarta. Ketika aku menuliskan aku tidur. Maka aku sudah selesai menuliskannya dan aku baru akan tidur. Ketika aku menuliskan aku mengerjakan tugas maka aku sudah selesai menuliskannya tetapi aku belum selesai mengerjakan tugas. Ketika aku menuliskan aku di kampus dan aku dirumah maka aku tidak mampu berada di kampus sekaligus dirumah. Sehingga ternyata kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  14. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Tulisan adalah kumpulan huruf atau angka yang ditulis dalam suatu bahasa tertentu. Adanya tulisan karena adanya bahasa. Akan tetapi banyak suatu kegiatan yang tidak bisa dituangkan kedalam bentuk tulisan. Karena sesungguhnya kegiatanku yang tah mampu mengikuti tulisanku berarti seindah apapun rencana yang kita tuliskan, pada kenyataannya tidak semua dapat terrealisasikan. Mungkin hanya sebagian atau bahkan hanya 1 dari 10 hal yang kita tuliskan.

    ReplyDelete
  15. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sungguh terimakasih saya sucapkan kepada anda, Prof
    Postingan ini, forum tanya jawab ini berhasil membuat saya seakan-akan kembali ke ruang 200B beberapa minggu lalu. Bagaimana tidak? di ruang tersebut, Prof Marsigit pernah menyampaikan topik diskusi berkaitan dengan "kegiatanku tidak akan mampu mengikuti tulisanku". Anda memberikan contoh, jika pada waktu itu, bersamaan dengan perkuliahan itu, "nama" anda tercantum pada daftar hadir sebuah rapat yang belum anda hadiri dikarenakan tugas mengampu mata kuliah kelas kami. Sungguh, pemberian contoh tersebut sangat nyaman berada pada memori saya.
    Maka, saat ini, setelah perkuliahan tersebut, saya selalu membayangkan (berimajinasi mungkin lebih tepatnya. Tidak. Tepatnya mencoba permainan. Entahlah apa nama dari kegiatan ku ini), jadi begini, setelah disampaikannya materi itu, saya berupaya mencari kebenarannya. Saya menuliskan hal-hal yang saya sukai, hal-hal yang sangat sepele menurut saya, seperti "jangan lupa membeli isi pensil mekanik". Tapi, ternyata memang benar, tulisan tersebut telah selesai ku tuliskan, dan apa yang terjadi? Yang terjadi adalah saat tulisan itu sudah selesai, tidak ada atau belumlah ada tindakan yang saya lakukan terkait dengan apa yang saya tuliskan. Sungguh luar biasa

    ReplyDelete
  16. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku. Hal ini sesuatu yang wajar. Tulisan merupakan turunan dari pikiran. Setiap manusia sering berandai andai, sehingga pengandaian itu masuk kedalam pikiran. Dari pikiran tersebutlah turun menjadi sebuat tulisan atau planning yang terstruktur menjadi sebuah rencana yang terkonsep. Namun, segala sesuatu yang sudah direncanakan dengan mudah tidak mampu semuanya dilakukan, karena kembali lagi pada hakekatnya bahwa manusia yang merencanakan namun Allah yang menentukan. Allah menentukan apakah kegiatan yang sudah kita buat akan terlaksana atau tidak, dan dengan keterbatasanpun, kita tidak akan mampu melakukan semua hal yang kita andai andaikan tadinya.

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pernyataan “kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku”, sepemahaman kami maknanya adalah tulisan di sini merupakan suatu bentuk material yang sesuai dengan dimensi kami yang sudah Pak Marsigit berikan kepada kami melalui elegi-elegi yang telah beliau buat untuk kami pelajari, renungkan dan lakukan. Tentu saja kami sudah berusaha untuk melakukan hal tersebut namun kenyataannya sesungguhnya semua hal yang kami lakukan belum bisa memenuhi tuntutan dari tulisan-tulisan elegi tersebut. Semoga kami bisa berusaha lebih keras lagi agar mampu mengikutu tulisan-tulisan tersebut.

    ReplyDelete
  18. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Setiap manusia pasti mempunyai mimpi atau target dalam hidupnya yang diusahakan agar bisa terwujud. namun terkadang kita tidak tahu dengan cara apa kita bisa mewujudkannya. Terkadang kita tak mampu menunjukkan sikap atau tindakan kita untuk mencapai apa yang diinginkan. kita membiarkan mimpi kita terbengkalai dan lambat laun melupakan apa yang kita cita - citakan. Maka dapat dikatakan kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisanku, atau realita tak sejalan dengan ekspektasi

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Tulisan itu merupakan hasil pemikiran yang berisi ide dan rencana-rencana dan harapan, tetapi terkadang memang apa yang sudah kita rencanakan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Rencananya sudah dikonsep secara matang, tetapi ada saja kendala yang muncul sehingga menghambat kita dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Faktor itu bisa dari internal dan eksternal, internal itu dari dalam individu misalnya rasa percaya diri, keyakinan, semangat, motivasi, dll, sedangkan eksternal dari luar individu itu, dari orang lain. Sehingga wajar jika kadang apa yang kita rencanakan kadang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu berusaha dan berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Mengutip dari yang disampaikan oleh prof ketika perkuliahan bahwa hati dan pikiran keduanya adalah material. Jadi keduanya berstruktur. Itu ada di elegi menggapai ikhlas. Rumusnya adalah sehebat-hebat diriku tidak akan mengejar tulisanku. Sehebat-hebat tulisanku tidak akan mengejar kata-kataku. Sehebat kata-kataku tidak akan bisa mengejar pikiranku. Sehebat-hebat pikiran tidak akan mengejar hatiku. Jadi belajar agama jangan hanya menggunakan pikiran. Karena sebenar-benarnya agama itu adanya di dalam hati.

    ReplyDelete
  21. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Terkadang apa yang kita rencanakan, apa yang kita tuliskan tidaklah sesuai dengan kenyataan. Secepat apapun kita melakukan sesuatu, rencana yang kita tuliskan lebih cepat dari apa yang kita lakukan. Maka kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.Tetapi sebagai seorang manusia kita hanya bisa berusaha agar dapat mengikuti tulisanku. Usaha atau kegiatan yang aku lakukan juga harus diiringi dengan do’a, karena do’a lah yang mampu membuat kegiatanku mampu menyesuaikan rencana-rencaan yang aku tuliskan.

    ReplyDelete
  22. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Semua yang kita tulis merupakan suatu rencana yang tertuang secara nyata dalam bentuk fisik. Semua orang mempunyai keinginan dan harapan bahwa rencana yang tertuliskan itu menjadi nyata dalam sebuah kegiatan. Namun, pada kenyataannya, rencana yang tertulis dengan rapi belum bisa untuk kita wujudkan sepenuhnya dalam kegiatan. Ada beberapa hal yang menyebabkan tulisanku tidak bisa semuanya terwujud dalam kegiatan, salah satunya adalah terbatasnya ruang dan waktu untuk merealisasikan kegiatan tersebut.
    Selain itu, terkadang komitmen dan keistiqomahan juga menjadi penghambat pelaksanaan apa yang sudah direncanakan.
    Jadi saya menyadari bahwa kegiatanku tak mampu mengikuti semua tulisanku.

    ReplyDelete
  23. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Salah satu bentuk tulisan yang ada adalah rencana. Kita merencanakan untuk melakukan A, B, C, dan seterusnya. Namun rencana tersebut belum tentu terwujud, karena bisa saja ada halangan atau adanya ruang dan waktu yang tidak tepat. Contoh lain adalah ketika kita mendapatkan udangan, namun saat waktunya untuk hadir, kita jatuh sakit, maka kegiatan kita tidak mampu untuk mengikuti kegiatan yang tertulis pada undangan

    ReplyDelete
  24. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    seringkali manusia menuliskan hal-hal yang ingindicapai, perencanaan serta target-target dalam kehidupan. Misalkan kita menuliskan menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas, namun menjadi sosok yang kita harapkan tidaklah semudah kita menuliskannya. Demikian halnya dengan target dan rencana kita untuk waktu yang akan datang, mungkin kita tidak mampu untuk melaksanakan rencana dan mencapai target yang kita tyulis tersebut karena berbagai keterbatasan manusia.

    ReplyDelete
  25. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    seringkali manusia menuliskan hal-hal yang ingindicapai, perencanaan serta target-target dalam kehidupan. Misalkan kita menuliskan menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas, namun menjadi sosok yang kita harapkan tidaklah semudah kita menuliskannya. Demikian halnya dengan target dan rencana kita untuk waktu yang akan datang, mungkin kita tidak mampu untuk melaksanakan rencana dan mencapai target yang kita tulis tersebut karena berbagai keterbatasan manusia.

    ReplyDelete
  26. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    kegiatanku tidak mampu mengikuti tulisan-tulisanku, tetapi tulisan-tulisanku mampu mengikuti kegiatanku. karena segala hal yang dituliskan belum tentu mampu diwujud nyatakan dalam suatu tindakan tetapi dari suatu tulisan mampu menuliskan segala tindakan yang telah dilakukan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  27. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Hakekat manusia hanyalah bisa berencana, selebihnya Allah yang menentukan. Apa yang kita tuliskan tidak semuanya bisa kita lakukan, begitupun dengan apa yang kita lakukan, tidak semuanya bisa kita tuliskan. Contohnya saja saat kita menuliskan segala hal yang akan kita lakukan untuk satu hari, tetapi karena beberapa faktor, dari semua yang sudah direncanakan mesti ada saja satu hal yang tidak bisa dilaksanakan, semua itu karena segala keterbatasan seorang manusia yang tidak bisa melampaui ketentuan Allah, Allah lebih mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh kita dan apa yang baik dilakukan oleh kita.

    ReplyDelete
  28. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Apa yang ditulis ibaratnya sama dengan apa yang kita rencanakan. Sementara kegiatan adalah tindakan kita di lapangan kehidupan nyata. Perencanaan atas tindakan memang penting untuk mengarahkan apa yang harus kita lakukan. Namun tindakan yang kita lakukan tentu tidak selalu sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Tindakan yang dilakukan pasti akan menyesuaikan dengan kondisi fisik yang terjadi di lapangan. Maka inilah yang dikatakan kegiatanku tak mampu mengikuti tulisanku.

    ReplyDelete
  29. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setiap apa yang kita tuliskan, bisa berupa suatu rencana atau harapan yang kita ingin laksanakan. Namun dalam kenyataannya, setiap hal yang terjadi tidak selalu mampu mengikuti apa yang direncanakan dan diharapakan karena banyak hal yang terjadi di luar kehendak dan kemampuan kita. Manusia hanya dalam batas ikhtiar sebaik mungkin dan merencanakan yang terbaik untuk dilakukan. namun takdir merupakan ketetapan Allah yang harus disikapi dengan positif dan dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  30. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Kebiasaan yang setiap orang lakukan dalam menjani kehidupannya sehari hari adalah menulis list atau daftar kegiatan atau tugas yang akan dilakukan lengkap dengan rencana kapan akan mengerjakan atau melaksanakan list tersebut, namun nyatanya kenyataan tak sesuai ideal yang dibuatnya. Ada banyak faktor yang dijadikan alasan dan bahkan memang ada sesuatu yang menggagalkan rencana itu. Dengan adanya ini, membuat saya menyadari bahwa saya termasuk salah satu dari yang mengalami hal tersebut.

    ReplyDelete
  31. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Dimana kadang kala memang manusia mengalami kontardiksi dalam dirinya. Dan kontradiksi itu niscaya. Namun ia bisa jadi sesuai dengan dirinya ketika ia berpegang teguh pada Allah Ta’ala, ketika ia bisa menyesuaikan dirinya sesuai ruang dan waktu. Namun sejatinya kontradiksi itu ada dalam diri kita. Contohnya yaitu apa yang kita lakukan itu tidak sesuai dengan yang kita tuliskan. Misalkan kita menulis sabar sangat mudah sekali menuliskannya, tetapi saat menjalinya sangat susah sekali. Inilah contoh kontradiksi itu.

    ReplyDelete
  32. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Tulisan yang ada merupakan buah pemikiran itu sendiri. Kadang tulisan kita berupa rencana-rencana yang kita buat untuk apa yang seharusnya kita lakukan dan yang menghalangi dari hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan karena hanya akan melakukan hal yang kurang bermanfaat bagi kita. Namun, raga dan perbuatan kita sering melanggar apa yang seharusnya kita lakukan. Layaknya pengkhianat janji yang telah dibuat sendiri. Hanya berharap tetap dikaruniai kesehatan sehingga mampu melakukan dan memperbaiki kesalahan dan mampu menjaga waktu yang telah dianugerahkan kepadaku.

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Rencana dapat dibuat secara sempurna, namun kadang pelaksanaannya tidak semulus apa yang direncanakan. Banyak faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan rencana untuk direalisasikan, seperti faktor dari diri sendiri atau faktor di luar diri sendiri. Faktor dari diri sendiri bisa jadi karena perubahan sikap, seperti malas, teledor, tidak teliti dll. Sedangkan faktor lain yang dapat dipengaruhi oleh orang lain ataupun garis takdir yang memang belum mengizinkan apa yang rencanakan bisa terwujud. Kita dapat mengambil hikmah dari apa yang terjadi, bisa jadi memang hal yang direncanakan tersebut tidak baik untuk kita atau memang Allah memiliki rencana yang jauh lebih baik.

    ReplyDelete