Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 26: Hidupku antara Fatal dan Vital




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu Terletak diantara Fatal dan Vital.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum wr wb,
    Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikutsaya jabarkan tesis-tesis dari fatal dan vital:
    Dari membaca postingan-postingan pada blog ini saya mengambil beberapa simbolis yaitu: Fatal itu potensi, vital itu kodrat. Fatal itu takdir, vital itu ikhtiar. Contohnya fatal dan vital adalah: lapar dan kenyang, setuju dan tidak setuju, sedikit dan banyak, tidak suka dan suka, jelek dan cantik/tampan, miskin dan kaya, bodoh dan pintar, malas dan rajin, kotor dan bersih, gersang dan asri, bau busukdan wangi, hitam dan putih, lambat dan cepat, kecil dan besar, susah dan mudah, sedih dan bahagia, kosong dan penuh, pahit dan manis, berbahaya dan aman, pendek dan tinggi, dan sebagainya.
    Berikut saya jabarkan anti-tesis anti-tesis dari tesis-tesis di atas:
    Sesungguhnya dalam kehidupan ini yang kita rasakan bukan lapar atahu kenyang melainkan antara lapar dan kenyang. Kita tidak aan pernah merasakan lapar absolut karena selalu ada lapar yang lebih atau lapar yang kurang. Kita juga tidak kan pernah bisa merasakan kenyang absolut karena selalu ada yang lebih lapar dan kurang lapar. Begitu pula dengan yang lain kita berada di antara setuju dan tidak setuju karena masing-masing pasti masih terdapat keraguan. Kita berada di antara sedikit dan banyak. Kita berada di antara bersih dan kotor. Kita berada di antara tidak suka dan suka. Dan sebagainya. Jika kita berpedoman pada vitalisme tanpa tanpa bersyukur maka kita akan terjebak pada fatalisme. Kesimpulannya adalah hidup kita sesungguhnya berada di antara fital dan fatal. Tetapi yang terpenting adalah selalu berusaha, ikhlas dan bersyukur.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete