Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 26: Hidupku antara Fatal dan Vital




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu Terletak diantara Fatal dan Vital.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Sifat baik dan buruk manusia yang menentukan adalah manusia itu sendiri, fatal dan vital adalah mengenai tentang berserah pada nasib dan mengandalkan nasib. Hidup ini akan menjadi fatal bila kita putus asa atau menyerah dan hanya bergantung pada nasib yang akan kita terima. Dan hidup ini akan menjadi vital bila kita terus berusaha dan terus melakukan usaha agar hidup bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi sesungguhnya hidup tidaklah murni fatal ataupun vital, karena hidup merupakan kombinasi dari keduanya. Sebanyak dan sebesar apapun usaha yang kita lakukan, jika takdir tidak berkehendak, maka manusiapun tak berdaya. Namun kita juga tak boleh hanya menyerah dan putus asa tetapi harus selalu berusaha yang terbaik.

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Ontologinya hermenetika itu fatal dan vital. Fatal maksudnya takdir. Vital maksudnya ikhtiar. Interaksi antara guru dan siswa itu ada takdir dan ikhtiarnya. Takdir itu dipilih. Anda datang kesini karena anda terpilih untuk datang kesini. Fatalnya hermenetika adalah terpilih atau dipilih. Guru menunjuk siswa, bagi siswa itu takdir, takdir dari Allah yang perantaranya adalah guru. Vitalnya hermenetika adalah memilih. Yang kamu tulis, lihat dan dengar itu karena kamu pilih.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPS PM C

    Fatal artinya takdir. Vital artinya ikhtiar. Dalam hidup ini, kita harus meyakini takdir. Tetapi sebagai manusia kita juga harus berusaha sebaik mungkin. Kita harus meyakini bahwa apa yang kita peroleh (takdir) sesuai dengan apa yang kita usahakan (ikhtiar). Karena sebenar-benar manusia adalah terpilih (fatal) dan memilih (vital). Kita kuliah di UNY karena kita terpilih. Tetapi kita juga terpilih karena kita memilih dengan berikhtiar mendaftar kuliah di UNY.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Fatal berarti takdir dan vital berarti pikiran. Takdir adalah ketentuan segala peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya, baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempat, maupun waktunya. Manusia dikaruniai dengan akal (pikiran) untuk memikirkan segala peristiwa yang ada di hadapannya. Dengan demikian hidup yang dijalani manusia sangat jelas berada antara fatal dan vital, antara takdir dan pikiran.

    ReplyDelete
  5. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hidupku di dunia ini ditentukan oleh fatal dan vital. Vital adalah ikhtiarku, sedangkan fatal adalah takdirku. Ketika aku sudah melakukan vital namun fatal mengatakan hal yang lain, maka begitulah hidupku. Jadi, hidupku berada antara ikhtiarku dan takdirku. Yang pasti vital haruslah datang sebelum fatal, yang berarti kita harus selalu berikhtiar kemudian berserah diri, apapun hasilnya itu.

    ReplyDelete
  6. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Hidup fatal adalah hidup dengan menggantungkan pada takdir yang sudah digariskan, hidup vital adalah hidup yang menggantungkan hanya pada usaha atau ikhtiar kita semata. Dalam kehidupan kita seharusnya menyeimbangkan antara usaha kita dengan hasil yang akan kkta capai dimana hasil tersebut tak lepas dari dari takdir yang sudah digariskan untuk kita sebagai manusia terbatas yang bergantung pada kuasa Tuhan, oleh karena itu haruslah menyeimbangkan antara hidup fatal dan vital.

    ReplyDelete
  7. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    fatal adalah akhir dari segalanya dan vital adalah pusat penting dari segalanya. jadi hidupku terletak antara fatal dan vital, segala hal didunia ini penting adanya bagi kehidupan manusia, untuk mencapainya dibutuhkan usaha, doa, namun kesemuanya itu akan berakhir pada suatu kefatalan jika kita tidak sungguh-sungguh.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  8. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Menurut sudut pandang filsafat ada dua istilah yaitu antara fatal dan vital. Fatal adalah orang yang hanya mengandalkan hidupnya dari takdir sedangkan vital adalh orang yang hanya mengandalkan ikhtiar saja tanpa percaya akan kekuatan doa dalam mencapai tujuan hidupnya. Satal berbicara mengenai akherat dan vital berbicara tentang dunia. Maka sebenar-benar hidup adalah interaksi antara fatal dengan vital. Bersikap fatal dengan berserah diri kepada Allah SWT dengan cara berdoa dan bersikap vital dengan senantiasa berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Fatal berarti takdir dan vital berarti pikiran. Takdir adalah ketentuan segala peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya, baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempat, maupun waktunya. Manusia dikaruniai dengan akal (pikiran) untuk memikirkan segala peristiwa yang ada dihadapannya. Dengan demikian hidup yang dijalani manusia sangat jelas berada antara fatal dan vital, antara takdir dan pikiran.

    ReplyDelete
  10. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Fatal merupakan sikap seseorang dalam menghadapi hidup. Seseorang disebut fatal apabila dalam menghadapi hidup penuh dengan keputus asaan, dikuasai oleh nasib dan tidak ada keinginan untuk berikhtiar. Sedangkan vital merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengandalkan hidupnya hanya kepada nasib. Dalam perjalanan kehidupan, tidak bisa dipungkiri, kita terkadang berada dalam salah satu posisi tersebut. Ada saatnya manusia benar-benar putus asa atau hanya mengandalkan kepada nasib. Sangat sulit untuk selalu ada dalam keadaan “baik”, namun yang paling penting adalah kita selalu berikhtiar.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Fatal adalah istilah untuk seseorang yang mengandalkan atau bergantung hidupnya pada takdir sedangkan vital adalah istilah untuk seseorang yang mengandalkan hidupnya hanya pada usaha/ikhtiar saja. Dalam hidup ini kita sebaiknya menyeimbangkan antara fatal dan vital, meskipun pada dasarnya takdir kita telah ditentukan namun tetap harus ada usaha dalam menjalani kehidupan, sebab takdir tak bisa diubah tanpa adanya usaha dari seseorang (karena ada takdir yang diperoleh melalui usaha dari seseorang).

    ReplyDelete
  12. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Hidup adalah perjuangan, rasanya memang benar, namun perjuangan tanpa diiringi oleh do'a juga sering kali gagal. Ketika kita menyadari bahwa hidup tak lepas dari usaha dan do'a, maka hidup akan jauh lebih baik. Usaha yang dilakukan tentu merupakan bentuk kerja keras, sabar dan pantang menyerah. Begitu juga dengan do'a, ada pakem-pakem dalam berdo'a, secara ikhlas dan tawadu'. Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau berusaha dan berdo'a.

    ReplyDelete