Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 26: Hidupku antara Fatal dan Vital




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu Terletak diantara Fatal dan Vital.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

18 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hidupku itu terletak diantara fatal dan vital. Artinya fatal adalah menyerahkan segalanya kepada nasib, sebaliknya vital berarti ada usaha didalamnya. Segala sesuatu di dunia ini terjadi atas kehendak Allah SWT, manusia hanya bisa berencana tapi Allah SWT lah yang menentukan. Tapi walaupun begitu, kita harus tetap berusaha sebaik-baiknya, memiliki tujuan yang jelas, ikhlas, dan menyerahkan hasilnya kepada Nya.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita berbicara tentang apa yang harus kita lakukan dalam menjalani kehidupan ini. Kita harus berusaha meningkatkan kualitas diri dan mencapai kebahagiaan. Kita harus berusaha walau kita tahu bahwa Allah telah menentukan nasib untuk kita. Karena ada pepatah, kita sendiri yang dapat merubah nasib kita. Begitu pun dengan takdir Illahi walaupun sebenarnya takdir adalah ketentuan Allah untuk kita yang harus kita terima. Kita tetap harus berikhtiar. Kita berusaha dengan tidak memikirkan hasil terlebih dahulu sedangkan hasil kita serahkan pada yang Kuasa Illahi Rabbi. Jadi hidup adalah antara berusaha dan pasrah yaitu pasrah artinya menyerahkan segalanya pada Allah SWT tentang hasil yang akan diperoleh setelah proses kita jalani. Bukan pasrah duluan yang kita lakukan. Adanya usaha dalam menjalani hidup adalah vital sedangkan menyerahkan semuanya pada Allah itu adalah fatal. Maka hidup terletak antara fatal dan fital.

    ReplyDelete
  3. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hidup adalah perjuangan dan perjuangan yang tidak diiringi dengan doa sering kali gagal. Ketika menyadari bahwa hidup tak lepas dari usaha dan doa, maka hidup dirasa akan menjadi lebih baik. Usaha adalah suatu bentuk kerja keras, sabar dan pantang menyerah. Begitu juga dengan do'a yang ikhlas dan tawadu akan menjadi pondasi kita dalam berusaha. Allah tidak akan merubah nasib kaumnya jika kaum tersebut tidak mau berusaha dan mendekan diri padaNya.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hidupku itu terletak diantara fatal dan vital. Fatal adalah takdir dan ketentuan Allah, sedangkan fital adalah ikhtiar kita dalam menjalani hidup ini. Kita memang harus berserah diri akan takdir Allah. Tapi bukan berarti kita menjadi orang yang malas, yang tidak mau berusaha demi kehidupan kita yang lebih baik. Karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Layaknya kaum determinis, maka kebaikan dan keburukan hidup manusia yang menentukan adalah manusia itu sendiri. Vitalitas atau daya hidup yang prima lahir dari pribadi yang prima pula hati dan pikirannya, lain halnya ketika suatu kesalahan dilakukan maka kefatalan dari akibat akan dirasakan oleh manusia itu pula. Maka berserah diri dan menjaga hati dan pikiran dengan landasan spiritual yang baik menjadi acuan utama bagi kita agar kita bisa tetap terarah dalam kehidupan yang sesuai dengan apa yang di ridhoi olehNya. Memang manusia tidak pernah luput dari kesalahan, namun kewajiban kita sebagai manusia adalah untuk menjaga dan membatasinya sesuai dengan ruang dan waktu yang dihadapi.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Fatal dapat diartikan sebagai nasib yang telah ditentukan oleh sang Pencipta Allah SWT, sedangkan vital merupakan usaha kita untuk menjalani kehidupan ini. Dalam hidup ini, Ketika kita meyakini adanya yang fatal maka sepenuhnya kita mempercayakan pada nasib. Ketika kita meyakini adanya vital maka sepenuhnya kita mengupayakan atau percaya bahwa segala sesuatu itu karena usaha bukan semata pasrah terhadap nasib. Oleh karena itu seharusnya kita dapat menyeimbangkan kedua unsur tersebut untuk menjalani kehidupan. Karena dengan keseimbangan dua unsur akan memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan mendominankan salah satu unsur saja." Sesuai dengan isi dari surah Ar-Rad ayat 11 yang artinya sesungguhnya Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka". Dari ayat ini kita dapat memahami bahwa selain bergantung pada takdir yang dituliskan bagi kita, usaha juga sangat juga sangat berperan menentukan bagaimana kehidupan kita selanjutnya.
    Dan tentunya kita sebagai makhluk sosial tidak lepas dari bantuan orang lain, maka dari itu perlu adanya kerja sama sebagai upaya untuk mengubah nasib kita menjadi lebih baik. karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya.

    ReplyDelete
  7. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia yang memegang agama Isam menjalani hidup dengan berpegang teguh pada ajaran Al Qur’an dan hadis.
    Dari pedoman hidup yang dimiliki, manusia dianjurkan agar senantiasa berikhtiar. Hal ini karena Allah sudah berjanji bahwa tidaklah manusia diberi cobaan yang melebihi batas kemampuannya.
    Sehingga sudah dapat dipahami bahwasannya setiap masalah ada jalan keluar, dan setiap penyakit pasti ada obatnya.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidupku antara fatal dan vital. Hidupku akan fatal jika aku tidak menjalani hidup dengan ikhlas hati dan jernih dalam berpikir sebaliknya vitalnya hidupku jika kujalani dengan ikhlas hati dan ikhlas pikiran. Hidup kita berada di zona fatal dan zona vital. Misalnya, tanpa air, kehidupan (kalau memang ada) tidak akan bisa berlangsung lama. Sedangkan kecelakaan fatal artinya kecelakaan yang merenggut korban jiwa (mengakibatkan kematian).

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hidup ini adalah interaksi antara fatal dan vital, vital itu ikhtiar dan fatal itu adalah takdir, ikhtiar manusia itu termasuk takdir. Takdir dan ikhtiar artinya usaha dan do’a. Maka arti dari fatalnya vital adalah doa dari suatu usaha. Maka jika menginginkan suatu kehidupan yang harmoni maka ikhtiarnya istikomah doanya juga harus istiqomah. Jadi hidup itu haruslah seimbang antara usaha dan juga do’a.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hidup manusia memang terletak diantara fatal dan vital. Fatal adalah takdir atau ketentuan yang sudah di gariskan oleh Tuhan kepada umatNya manusia. Sedangkan vital adalah usaha kita sebagai manusia dalam mencapai takdir yang telah digariskan oleh Tuhan. Kedua hal ini saling berhubungan, ketika kita sudah berusaha secara maksimal maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Namun terkadang saat kita berusaha sudah maksimal dan kita gagal untuk mendapatkannya, itulah yang telah digariskan oleh Tuhan, dan kita pun tidak perlu menyesal, karena kita mendapatkan pengalaman yang bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hidup itu adalah jarak antara fatal dan vital. Fatal merupakan takdir dan vital adalah ikhtiarnya. Takdir bukan untuk dihindari tetapi untuk dijalani dengan lapang hati. Jalani takdir dengan berikhtiar, berusaha dan penuh keikhlasan hati. Karena jika kita mampu menerima fatal dan vital dari kehidupan ini maka kita mampu untuk menjalani kehidupan kita dengan hati ikhlas.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Fatal adalah takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa bagi kita sedangkan vital adalah ikthiar kita dalam menjalani hidup. Hal yang yang tidak dapat dirubah (fatal) terkadang membuat kita putus asa. Namun, saat kita memiliki ikhtiar untuk menjalaninya, maka semua hal pasti dapat kita hadapi dengan penuh ucapan syukur. Hal yang ditetapkan Tuhan tidak dapat berubah, yang dapat kita rubah adalah ikhtiar kita untuk menjalaninya. Maka, benarlah jika aku berkata bahwa hidupku berada antara fatal dan ikhtiar.

    ReplyDelete
  13. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Hidupku diantara falat dan Vital. Fatal adalah apa yang sudah menjadi takdir yang Maha Kuasa. sedangkan vital adalah apa yang harus kita usahakan. Karena dalam hidup ini dibutuhkan sebuah usaha dan jangan pernah berkeluh kesah. Jika sudah berusaha dan berdoa semaksimal mungkin maka pasrahkan semua kepada yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  14. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hidupku di dunia ini ditentukan oleh fatal dan vital. Vital adalah ikhtiarku, sedangkan fatal adalah takdirku. Ketika aku sudah melakukan vital namun fatal mengatakan hal yang lain, maka begitulah hidupku. Jadi, hidupku berada antara ikhtiarku dan takdirku. Yang pasti vital haruslah datang sebelum fatal, yang berarti kita harus selalu berikhtiar kemudian berserah diri, apapun hasilnya itu.

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Allah telah menuliskan takdir setiap insan manusai jauh sebelum manusia diahirkan di dunia ini.
    Tetapi yang diketahui takdir ada dua. Ada takdir yang merupakan ketetapanNya yang sudah tidak dapat di ubah, dan ada takdir yang dapat diusahakan sehingga dapat diubah.
    Manusia yang hanya pasrah terhadap setiap yang terjadi maka fatal yang akan terjadi. Akan tetapi, ketika kita melakukan usaha yang maksimal maka vital yang akan terjadi.
    Dalam hidup ini apa yang manusia lakukan harus berada diantara fatal dan vital.

    ReplyDelete
  16. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Lingkungan pergaulan anak saat ini jika tidak pilih pilih maka akan terjadi pengaruh yang buruk yang fatal bagi masa depannya kelak. pergaulan yang dibilang kurang teratur dan menjadi si anak tidak mau diatur untuk hal baik adalah bahaya. sebaiknya jika menjadi orangtua selalu mengontrol sis anak agar selalu dalam lingkungan yang baik.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    atal berarti takdir dan vital berarti pikiran. Takdir adalah ketentuan segala peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya, baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempat, maupun waktunya. Manusia dikaruniai dengan akal (pikiran) untuk memikirkan segala peristiwa yang ada dihadapannya. Dengan demikian hidup yang dijalani manusia sangat jelas berada antara fatal dan vital, antara takdir dan pikiran.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Takdir dari Allah SWT ada dua macam, yaitu takdir mubram dan takdir mu'allaq. Takdir mubram merupakan takdir yang tidak dapat diubah lagi seperti kelahiran dan kematian. Inilah yang dimaknai dari Fatal, yaitu nasib yang telah ditentukan oleh sang Pencipta Allah SWT. sedangkan vital merupakan usaha kita untuk menjalani kehidupan ini. Takdir mu'allaq inilah yang merupakan takdir yang masih bisa dirubah selama manusia mau berusaha, misalnya saja kesejahteraan hidup dan lainnya. Dalam melakukan usaha, seharusnya manusia mengimbanginya dengan doa.

    ReplyDelete