Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 25: Ilmuku adalah Kontradiksi itu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Ilmuku adalah sebuah Kontradiksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebagaimana perkembangan ilmu, pasti ada kontradiksi antar ilmuwan. Terkadang suatu temuan baru mematahkan temuan sebelumnya atau temuan baru menyempurnakan temuan lama. Jadi tidak langsung secara otomatis, temuan tersebut diterima. Begitu juga pada ilmuku. Dalam menuntut ilmu, aku tidak langsung begitu saja menerima sesuatu yang baru. Aku terlebih dahulu berusaha memahami, apakah sesuai dengan pemikiranku atau malah bertentangan. Aku berusaha berpikir seluas-luasnya dan sedalamnya, disitulah terkadang muncul kontradiksi. Kontradiksi itu muncul karena aku berusaha mengembangkan ilmuku. Kontradiksi muncul karena aku berpikir. Jadi ilmuku adalah kontradiksi itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Ilmuku adalah kontradiksi. Kontradiksi artinya ada yang bertentangan dengan ilmu yang ada saat ini. Maka dengan adanya kontradiksi kita mencari tahu lagi atau melakukan revisi sehingga memperoleh pengetahuan lain. Seperti yang dilakukan oleh para falibilis dalam menemukan kesalahan pendapat para absolutis. Dengan kontradiksi kita dapat mengetahui kekeliruan pada pendapat atau pengetahuan kita. Dengan kontradiksi juga kita dapat membuktikan kebenaran pengetahuan kita. Seperti membuktikan bahwa akar dua adalah bilangan irrasional. Kita dapat membuktikan dengan menggunakan kontradiksi yaitu mengandaikan bahwa akar dua adalah rasional.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ilmu akan selalu berkembang sesuai dengan jamannya. Ilmu akan selalu mengalami kemajuan. Ilmu adalah kontradiksi. Ilmu baru adalah kontradiksi dari ilmu yang lama. Ilmu yang baru akan menjadi kontradiksi ilmu yang lama karena perbedaan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Ilmu itu sesuai dengan yang dipikirkan oleh masing-masing orang. Maka tidak heran kalau ilmu itu sebuah kontradiksi. Semakin kita mendalami suatu ilmu, akan semakin muncul pertanyaan-pertanyaan. Kita juga semakin merasa bahwa ada yang tidak sesuai dengan kehidupan kita. Maka dari itu, kita janganlah mudah berputus asa dalam menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kontradiksi juga merupaan bagian dari berfilsafat, dengan adanya kontradiksi, maka tesis-tesis akan memperoleh anti tesi anti tesisnya sehingga dapat membangun sintesis. Ilmu juga dapat menjadi kontradiksi karena sesungguhnya berfilsafat itu adalah berpikir seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya dan tetap meriver pada pendapat-pendapat atau pemikiran-pemikiran para filsuf. Ilmu merupakan pengetahuan baru tentang sesuatu yang baru yang dapat dikolaborasi dengan pengalaman. Sehingga ilmuku adalah kontradiksi itu merupakan mengkolaborasian antara pemikiran-pemikiran dan mengambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran masing-masing untuk mendapatkan konsep yang tepat.

    ReplyDelete