Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 25: Ilmuku adalah Kontradiksi itu




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Ilmuku adalah sebuah Kontradiksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

15 comments:

  1. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Pengetahuan sepertinya berawal dari suatu fenomena yang menarikperhatian dan kemudian memancing keingintahuan kita sehingga memacu kita untuk bertanya. Ilmu berawal dari pertanyaan kita. Dengan bertanya, kita akan terdorong untuk mengetahui makna dan hakikat dari sesuatu sehingga kita memperoleh pengetahuan tersebut. Ilmu juga bisa bermula dari kontradiksi yang dapay terjadi dalam diri kita sehingga kita terpacu untuk menggapai kebenaran yang membuatku kontradiksi yang terjadi dalam diri kita sehingga kita terpacu untuk menggapai kenenaran dari sesuatu yang membuat kontradiksi itu.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Segala hal di dunia ini merupakan kontradiksi. Setiap hal yang ada di dunia ini memiliki kontradiksi, maka dari situlah kita dapat belajar. Ada tesis dan ada anti tesis, dari sinilah kita belajar. Ilmu itu datang melalui pikiran manusia. Namun, terkadang muncul beberapa ketidaksesuaian antara ilmu yang ada di pikiran dengan ilmu yang ada di kehidupan nyata. Inilah alasan mengapa terjadi kontradiksi di antara keduanya. Sehingga butuh penyelasaran pikiran untuk mampu menggambarkan ilmu itu seperti apa yang terjadi dalam kehidupan. Oleh karena itu kita perlu menyadari bahwa kita belajar karena ada kondisi yang berbeda dengan yang kita pahami. Jika semuanya sama maka tidak akan ada proses belajar. Karena belajar adalah berolah pikir itu, dan sebenarnya ilmu adalah kontradiksi itu.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Segala sesuatu yang ada di langit adalah identitas, yaitu A = A. Yang bersifat identitas adalah rasio, logika. Sedangkan segala sesuatu yang ada bumi adalah kontradiksi, yaitu A tidak sama dengan A. Yang bersifat kontradiksi adalah pengalaman. Manurut Immanuel Kant, ilmu adalah gabungan dari rasio dan pengalaman. Maka ilmu itu bersifat identitas sekaligus bersifat kontradiksi. Ilmu bersifat kontradiksi, karena ilmu yang kita peroleh sekarang bisa jadi berbeda dengan ilmu yang kita peroleh nantinya.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Selain bersifat identitas, ilmu pengetahuan juga bersifat kontradiktif. Sebenar-benarnya ilmu adalah kontradiktif. Karena adanya kontradiktif ini maka ilmu pengetahuan semakin berkembang dan kekontradiktifan tidak bisa dihindari keberadaannya.

    ReplyDelete
  5. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Munculnya sebuah kontradiksi itu merupakan awal dari proses berpikir. Adanya kontradiksi dikarenakan manusia berpikir kritis dan kreatif, sehingga menemukan antitesis dari pengetahuan yang sedang dipelajari. Jadi, kontradiksi bukan merupakan suatu kesalahan, melainkan suatu proses asimilasi dan akomodasi yang kemudian akan membentuk skema baru yang nantinya akan melahirkan sebuah pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ilmu berawal dari pertanyaan. Pertanyaan muncul karena adanya kontradiksi. Ketika tidak ada kontradiksi, maka tidak akan muncul pertanyaan. Sehingga awal dari ilmu adalah kontradiksi. Ketika kita berhenti berpikir, berhenti menemukan kontradiksi, maka ilmu akan menjadi mitos, itulah sebabnya ilmu adalah sebuah kontradiksi.

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Setiap tesis memiliki anti-tesis nya, dimana suatu tesis memiliki dasar keilmuan tersendiri yang bersifat falid dan teruji, dimana anti tesisnya pun berlandaskan ilmu yang memiliki nilai kebenaran, sehingga tesis maupun antitesis memiliki landasan ilmunya masing-masing padahal anti tesis merupakan kontradiksi dari tesis, dapat dikatakan bahwa ilmu merupakan kontradiksi.

    ReplyDelete
  8. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    ilmuku adlah kontradiksiku, karena ketika manusia berilmu tinggi dan hanya mengandalkan kemampuan olah pikirnya yang tinggi akan berlawanan dengan isi hatinya. disini terlihat bahwa setinggi-tingginya ilmu tidak akan sama dengan isi hatinya. jadi ilmuku adalah kontradiksiku

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kontradiksi berarti berlawanan atau berbeda. Ilmu terus berkembang, dari ilmu yang sebelumnya sederhana menjadi sangat luas, hal tersebut terjadi karena adanya kontradiksi antara ilmu yang sebelumnya sudah ada dengan ilmu baru, sehingga antara keduanya akan terjadi peleburan yang kemudian menghasilkan ilmu atau teori baru, seterusnya akan terus berputar seperti itu. Jika tidak berawal dari kekontrakdisian, ilmu-ilmu yang didapat tidak akan berkembang, bahkan bisa jadi ilmu tersebut akan menjadi mitos karena tidak dikembangkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebenar-benar ilmu adalah kontradiksi pikiran terhadap segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu hal yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu. Metode yang dapat digunakan seseorang untuk memperoleh ilmu yang dipengaruhi rasional dan empiris berbeda-beda, seperti melalui prasangka yaitu sesutau kemungkinan atau atau dugaan terhadap sesuatu yg belum tentu benar; melalui intuisi yaitu suatu pendapat yangg tiba-tiba muncul tanpa dipikir secara logis dan analisis; dan trial dab error yakni coba-coba, untung-untungan yang hasilnya belum tentu benar. Kontradiksi merupakan pertentangan antara dua hal yang sangat berlawanan atau bertentangan. Setiap orang berbeda dengan segala keunikan berpikirnya masing-masing, terlebih dengan perbedaan metode yang digunakan, maka ilmu yang diperolehpun akan berbeda-beda. Semakin kita mendalami sebuah ilmu, maka akan semakin muncul pertanyaan-pertanyaan yang tidak sesuai dengan kehidupan, dan hal ini tentulah kontradiksi.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Kontrakdiksi adalah sesuatu yang berlawanan atau bertolak belakang dengan sesuatu yang lainnya. Dalam filsafat setiap tesis memiliki anti tesis, karena pada dasarnya hidup kita penuh dengan dua hal yang berpasangan namun berlawanan dan bertolak belakang secara maksud, makna, tujuan, dsb. Seperti halnya ketika belajar berfilsafat, terkadang terjadi kontradiksi dalam pemikiran kebingungan antara persepsi yang ada dengan apa yang sedang diajarkan atau disampaikan saat perkulihan. Terkadang terjadi saat mempelajari sesuatu, pengetahuan lama tidak selalu sejalan dengan pengetahuan baru, begitupula sebaliknya sehingga menyebabkan terjadinya kontradiksi.

    ReplyDelete
  13. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Ilmuku adalah kontradiksi itu. Menurut pemahaman saya orang yang berilmu adalah orang yang menyadari bahwa ia harus terus belajar. Dengan menyadari hal tersebut maka orang tersebut akan terus menerus menambah pengetahuan yang ia miliki. Sehingga ilmu yang dimiliki akan terus bertambah-bertambah dan bahkan terdapat beberapa hal yang tergantikan. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu seseorang itu tidak akan bisa untuk tetap, karena ilmu yang dimilikinya pasti berubah seiring berjalannya waktu, ilmu yang dimiliki pasti memiliki komposisi yang berbeda. Perbedaan ini pun, yang menurut saya adalah sebuah kontradiksi. Orang yang berilmu pasti adalah sebuah kontradiksi, orang berilmu pasti akan terus menerus berubah, terus menerus mmenginginkan perluasan wawasan dan pengetahuan. Sementara itu, berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa seseorang dikatakan tidak berilmu jika tidak terdapat kontradiksi pada cara berpikirnya. Orang tersebut tidak mau memperluas ilmu yang dimiliki, tidak mau membuat perubahan, dan tidak mau memperluas wawasan dan pengetahuan yang ia miliki, tidak ingin mengkontradiksikan ilmu yang ia miliki sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berilmu adalah berkontradiksi dan tidak berilmu adalah tidak berkontradiksi, tidak berilmu adalah menjebakkan diri ke dalam mmitos.

    ReplyDelete
  14. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ilmu pengetahuan dapat dipelajari dimana saja, kapan saja, bersumber dari mana saja. Kontradiksi memang selalu muncul dimanapun karena tidak ada yang bersifat abadi, tidak terkecuali ilmu. Dalam ilmu pun selalu muncul kontradiksi. Hal ini karena kontradiksi mengajarkan kita untuk selalu belajar mencari jalan terbaik dalam mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  15. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Kontradiksi juga merupaan bagian dari berfilsafat, dengan adanya kontradiksi, maka tesis-tesis akan memperoleh anti tesi anti tesisnya sehingga dapat membangun sintesis. Ilmu juga dapat menjadi kontradiksi karena sesungguhnya berfilsafat itu adalah berpikir seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya dan tetap meriver pada pendapat-pendapat atau pemikiran-pemikiran para filsuf. Ilmu merupakan pengetahuan baru tentang sesuatu yang baru yang dapat dikolaborasi dengan pengalaman. Sehingga ilmuku adalah kontradiksi itu merupakan mengkolaborasian antara pemikiran-pemikiran dan mengambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran masing-masing untuk mendapatkan konsep yang tepat.

    ReplyDelete