Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

3 comments:

  1. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dunia adalah bahasa karena didalamnya saling mengomunikasikan, menerjemahkan, dan menghubungkan. Manusia berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa, hewan berkomunikasi dengan hewan menggunakan bahasa, bahkan manusia, hewan, makhluk hidup dan makhluk mati pun bisa saling berkomunikasi dengan bahasa sehingga saling menerjemahkan dan diterjemahkan.
    Setiap makhluk hidup pasti berkomunikasi melalui bahasa masing-masing, bahkan makhluk mati juga. Pada intinya, kehidupan di dunia ini saling berkaitan, saling menerjemahkan, dan saling membutuhkan satu sama lain. oleh karea itu, manusia hendaknya dapat saling memahami dan menjaga hubungan dengan sesama maupun lingkungannya

    ReplyDelete
  2. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bismillahirrohmanirrohiim..
    Saya akan mencoba untuk mensintesiskan tesis dan anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata dunia itu adalah bahasa.
    Tesis : Dunia itu adalah benda mati. Dunia tidak berbicara. Dunia tidak berbahasa. Dunia hanya tempat tinggal sementara.
    Anti tesis : Dunia sebenarnya dapat berbicara. Dunia sebenarnya juga dapat berbahasa. Dunia layaknya makhluk hidup, ia mempunyai perasaan. Ketika dirimu berperilaku yang baik terhadap dunia, maka dunia akan membalasmu dengan berlaku baik pula. Ketika engkau sujud dan berbisik pada dunia, maka dunia akan mendengarmu dan menyampaikan kepada Allah bahwa engkau tengah sujud menghadap-Nya. Dengan demikian, dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  3. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam konteks sejarah, tak bisa kita pungkiri bahwa perdaban dunia dibentuk oleh bahasa sebagai struktur yang paling fundamental yang membentuk kehidupan sosial. Tanpa bahasa, manusia akan punah. Dari masa nabi adam hingga saat ini, bahasa menjadi instrument yang paling berpengaruh dalam dialektika perkembangan fase-fase sejarah. Renungkan bagaimana dengan bahas iblis dapat menghasut adam untuk memakan buah khuldi. Renungkan bagaimana dengan bahasa jibril dapat mewahyukan pesan ilahi kepada Muhammad. Renungkan bagaimana dengan bahasa Tirto Adi Suryo (pelopor pers Indoensia) dapat membangkitkan semangat nasionalisme pada masa kolonialisme. Renungkan bagaimana bahasa dapat memperkuat rasa kekeluargaan di berbagai suku yang berbeda-beda. Dari semua itu, sangat sulit untuk tidak mengatakan bahwa dunia adalah bahasa itu sendiri.

    ReplyDelete