Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

53 comments:

  1. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dunia itu adalah bahasa. Di dunia ini terdapat beragam bahasa, setiap negara memiliki bahasa negaranya sendiri, bahkan tiap negara juga memiliki beberapa bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Setiap bahasa akan menyesuaikan ruang dan waktu. Dunia tanpa bahasa akan menjadi rumit, bahasa mempermudah orang untuk menyampaikan apa yang akan disampaikan dan menerima apa yang ingin ia terima.

    ReplyDelete
  2. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dunia yang kita kenal memiliki berbagai macam bunyi. Salah satunya adalah Bahasa yang dipakai manusia. Huruf-huruf ada karena ada bunyi dan kemudian diwujudkan dalam bentuk nyata yaitu huruf yang dipakai untuk berkomunikasi. Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia. Anak-anak belajar membangun pikirannya dari mendengar suara-suara yang diucapkan oleh orang lain maupun benda-benda sekitarnya. Dengan Bahasa yang dipakai, kita dapat mengenal lebih jauh tentang suatu kebudayaan tertentu. Dengan demikian, saat kita mengerti tentang Bahasa, sesungguhnya kita sedang membuka jalan untuk pengenalan akan dunia.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dengan saran bahasa para filsuf dapat memberikan pandangan-pandangan tentang dunia ini. Dalam suatu pepatah dikatakan bahwa “Tiada kehidupan tanpa sebuah bahasa".Bahasa dan filsafat berjalan berpapasan mengikuti arus sesuai dengan peralihan dari siang ke petang, dari hari kemarin ke hari esok. Sesorang akan mampu berfilsafat jika bahasa itu ada, begitu juga dengan adanya bahasa, seseorang itu akan berbahasa sesuai dengan hasil penalaran, proses kerja otak dan menghasilkan pengetahuan yang diolah melalui filsafat. Jadi kedudukan bahasa di dunia ini sangat penting. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi tetapi juga bahasa digunakan untuk menterjemahkan fenomena-fenomena yang terjadi di dunia ini.

    ReplyDelete
  4. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat berguna. Bahsa digunakan antar sesama makhluk untuk berinteraksi, melakukan sosialisasi, melakukan aktivitas dalam berbaga aspek kehidupan.
    Bahasa adalah milik semua makhluk. Bukan saja manusia, hewan dan lainnya tentu memiliki bahasa yang hanya dimengerti oleh mereka sendiri.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Filsafat kontemporer adalah filsafat komunikasi atau bahasa atau analitik. Sebenar-benarnya diriku adalah bahasaku, sebenar-benarnya diriku adalah kata-kataku, maka dapat dikatakan bahwa sebenar-benar dunia ini adalah bahasa itu sendiri. Hal ini dikarenakan betapa pentingnya bahasa. Maka komunikasi menjadi sangat penting dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Bahasa dijadikan sebagai landasan atau acuan dalam berfilsafat. Bahasa dianggap sebagai alat yang dapat mengungkapkan gerak-gerik hati manusia, terutama ia berpikir, bagaimana pandangannya mengenai dunia dan manusia itu sendiri tanpa terlebih dahulu menyusun sistemnya. Dalam hal ini, menurut Verhaar bahasa mengandung dua pengertian; bahasa eksklusif yaitu bahasa komunikasi sehari-hari yang dipakai sebagai pedoman filsafat analitik dan bahasa inklusif yaitu bahasa musik, bahasa cinta, bahasa alam yang dijadikan arahan dalam hermeneutika. segala aktivitas tidak terlepas dari bahasa, mencintai adalah bahasa, bertengkar adalah bahasa, memuja adalah bahasa, sembahyang adalah bahasa, sholat adalah bahasa, zikir adalah bahasa, dll. Sehingga semua yang ada dan mungkin ada adalah bahasa.

    ReplyDelete
  7. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Belajar filsafat membuat seseorang berpikir dari yang ada menjadi tidak ada, dari yang tidak ada menjadi ada. Tak pernah terlintas dipikiranku bahwa dunia adalah bahasa, namun ternyata secara filsafat dapat kita pandang dunia sebagai bahasa. Dunia sebagai bahasa itu seperti apa ? Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan orang, dengan bahasa kita dapat belajar filsafat. Karena bahasa merupakan bahasa komunikasi, maka saya ingin mengucapkan Selamat Hari Komunikasi sedunia, 28 Mei 2017.

    ReplyDelete
  8. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Bahasa memang merupakan salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan, dan hal ini merupakan anugerah yang Tuhan berikan secara percuma bagi umatNya. Dalam tingkah laku kita menunjukkan tentang komunikasi. Komunikasi bisa secara verbal, tulisan atau pun yag lainnya. Saat berhubungan dengan orang lain kita membutuhkan bahasa agar bisa saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itulah maka dunia itu tersusun atas bahasa-bahasa.

    ReplyDelete
  9. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Sebenarnya dunia adalah bahasa. Apa jadinya dunia ini tanpa bahasa. Akan terasa sepi tanpa ada suara suara lembut, lirih, keras, kasar, menenangkan, menyakitkan, membahagiakan. Semua dapat diungkapkan dengan bahasa. tentunya setiap orang dapat memehami apa yang diungkapkan orang lain salah satunya dengan bahasa. bahasa isyaratpun tetap menurut saya disebut bahasa. bahasa adalah penting bagi hidup atau tidaknya Negeri ini.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Setiap saat dan setiap waktu, kita menggunakan bahasa. Saat kita berpikir, berbicara, dan menulis, kita menggunakan bahasa. Bahasa tak pernah lepas dari kehidupan kita. Hidup penuh dengan bahasa. Dari awal kita lahir sampai kita meninggal, kita selalu menggunakan bahasa. Jadi, hidup adalah bahasa.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dunia adalah bahasa. Bahasa digunakan manusia untuk mengungkapkan sesuatu, sesuatu itu bisa berarti banyak hal, dalam mengungkapkan sesuatu itu manusia menggunakan olah pikirnya dalam menyusun setiap kata melalui bahasa. Bahasa jugalah yang membentuk dunia, karena dengan bahasa, manusia bertukar pikiran untuk mewujudkan gagasan yang dimilki sehingga terbentuklah dunia sesuai pikiran manusia. Dengan bahasa manusia dapat menemukan dunia.

    ReplyDelete
  12. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dunia itu adalah Bahasa. Dengan berbahasa maka akan menggapai dunia. Manusia berbahasa unutk berkomunikasi. Dengan berkomunikasi maka manusia salaing berinteraksi atau saling bersilaturahim. Sehingga bahasa sebagai pengantarnya. Semakin hebat manusia berbahasa maka semakin banyak pula manusia yang dapat disilaturrahimi. Sampai daerah pelosokpun dapat dihampiri dengan bahasa. Sehingga bahasa tidak lain adalah dunia. Dan dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Menurut Vygotsky (Crain, 2007) manusia menciptakan ‘alat-alat psikologis’ untuk menguasai tingkah lakunya sendiri. Vygotsky menyebut beragam peralatan psikologi yang digunakan manusia untuk membantu ini sebagai rambu-rambu berfikir dan bertingkah laku, dan menurutnya manusia tidak bisa memahami pikiran manusia lainnya tanpa menguji terlebih dahulu tanda-tanda yang disediakan budaya. Sistem tanda tersebut, salah satunya adalah bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi dan interaksi secara verbal ataupun nonverbal untuk memahami pikiran orang lain. Tanpa adanya bahasa, dunia akan menjadi tanpa makna. Maka dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hanya manusia yang memiliki sistem simbol untuk berkomunikasi. Makhluk lain, seperti binatang memang berkomunikasi dan mempunyai bunyi, tetapi sistem itu bukanlah kata-kata. Perkembangan bahasa inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya karena manusia diberi kelebihan dalam berpikir. Manusia mempergunakan bunyi-bunyi tertentu dan disusun dalam cara tertentu adalah secara kebetulan saja.

    ReplyDelete
  15. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dunia adalah bahasa karena didalamnya saling mengomunikasikan, menerjemahkan, dan menghubungkan. Manusia berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa, hewan berkomunikasi dengan hewan menggunakan bahasa, bahkan manusia, hewan, makhluk hidup dan makhluk mati pun bisa saling berkomunikasi dengan bahasa sehingga saling menerjemahkan dan diterjemahkan.
    Setiap makhluk hidup pasti berkomunikasi melalui bahasa masing-masing, bahkan makhluk mati juga. Pada intinya, kehidupan di dunia ini saling berkaitan, saling menerjemahkan, dan saling membutuhkan satu sama lain. oleh karea itu, manusia hendaknya dapat saling memahami dan menjaga hubungan dengan sesama maupun lingkungannya

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bismillahirrohmanirrohiim..
    Saya akan mencoba untuk mensintesiskan tesis dan anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata dunia itu adalah bahasa.
    Tesis : Dunia itu adalah benda mati. Dunia tidak berbicara. Dunia tidak berbahasa. Dunia hanya tempat tinggal sementara.
    Anti tesis : Dunia sebenarnya dapat berbicara. Dunia sebenarnya juga dapat berbahasa. Dunia layaknya makhluk hidup, ia mempunyai perasaan. Ketika dirimu berperilaku yang baik terhadap dunia, maka dunia akan membalasmu dengan berlaku baik pula. Ketika engkau sujud dan berbisik pada dunia, maka dunia akan mendengarmu dan menyampaikan kepada Allah bahwa engkau tengah sujud menghadap-Nya. Dengan demikian, dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  17. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam konteks sejarah, tak bisa kita pungkiri bahwa perdaban dunia dibentuk oleh bahasa sebagai struktur yang paling fundamental yang membentuk kehidupan sosial. Tanpa bahasa, manusia akan punah. Dari masa nabi adam hingga saat ini, bahasa menjadi instrument yang paling berpengaruh dalam dialektika perkembangan fase-fase sejarah. Renungkan bagaimana dengan bahas iblis dapat menghasut adam untuk memakan buah khuldi. Renungkan bagaimana dengan bahasa jibril dapat mewahyukan pesan ilahi kepada Muhammad. Renungkan bagaimana dengan bahasa Tirto Adi Suryo (pelopor pers Indoensia) dapat membangkitkan semangat nasionalisme pada masa kolonialisme. Renungkan bagaimana bahasa dapat memperkuat rasa kekeluargaan di berbagai suku yang berbeda-beda. Dari semua itu, sangat sulit untuk tidak mengatakan bahwa dunia adalah bahasa itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Dunia berisikan makhluk hidup, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Kehidupan ada karena interaksi manusia dan makhluk lainnya. Komunikasi yang terjadi dilakukan dengan menggunakan bahasa. Karena bahasa merupakan alat komunikasi. Manusia berkomunikasi dengan bahasa, hewan berkomunikasi dengan bahasa. Selain itu, bahasa dapat menunjukkan identitas suatu bangsa, sebagai simbol kesatuan bangsa, dan pemersatu keanekaragaman bangsa. Tanpa bahasa, bisa jadi tidak ada kehidupan di dunia ini. Yang ada hanyalah sekumpulan makhluk hidup yang tanpa interaksi dan komunikasi. Oleh karena itu, bahasa adalah hal yang vital sebagai bagaian dari kehidupan di dunia ini.

    ReplyDelete
  19. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dunia itu tanah, batu-batuan, air, dan segala di dalamnya. Mereka diam, hening, dan tidak berkata-kata. Mereka berbahasa dalam diam. Jangan menyakiti dunia, dunia akan mengungkapkan bahasa kasarnya dalam bencana, tanah longsor, dan banjir. Hargai dunia maka ia akan halus berbahasa. Ia akan memberikan hasil alam yang melimpah, rejeki pada umat, pekerjaan yang layak, dan kenikmatan-kenikmatan dunia lainnya. Maka berbahasalah dengan penuh etika, tidak hanya pada sesama, melainkan untuk seluruh dunia.

    ReplyDelete
  20. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Prof
    Ketika aku berpikir aku juga sedang memikirkan kata-kata dan istilah tentang yang aku pikirkan, ketika aku bertanya aku menggunakan kata-kata, ketika aku menjawab aku menggunakan kata-kata, ketika aku mendengar aku mendengar bahasa bahkan ketika aku mendengar kicauan burung itu adalah bahasa burung, ketika aku mendengar rintikan hujan itu juga bahasa hujan, ketika aku menggerakkan tanganku itu adalah bahasa tubuh. Ternyata aku menemukan bahwa dunia ini adalah bahasa.

    ReplyDelete
  21. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    mensintesiskan bahwa dunia adalah bahasa bisa dilihat dari bagaimana manusia di dunia ini berkomunikasi satu dengan yang lainnya. maka diperlukan bahasa, untuk mempermudah komunikasi. filsafat sekarang adalah filsafat bahasa. keberagaman bahasa juga harus disikapi dengan baik. karena salah menggunakan kata-kata bisa berbahaya. dikarenakan ada beberapa kata yang memiliki tulisan sama, tetapi arti yang berbeda di beberapa bahsa.

    ReplyDelete
  22. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Bahasa dijadikan sebagai kekuatan budaya serta tidak lupa juga sosial oleh seluruh orang. Siapa yang bisa berbahasa secara internasional maka dari itu pula seseorang dapat dan mampu "menguasai dunia". Karena itu kini bahasa dijadikan sebagai sesuatu yang sangat penting oleh masyarakat dunia. Karena dengan atau tanpa bahasa seorang individu maupun kelompok masyarakat pada suatu negara tidak dapat melakukan transaksi. Mengapa, karena tidak adanya alat untuk menyampaikan maksud tertentu yaitu bahasa.

    ReplyDelete
  23. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Dunia adalah sesuatu yang abstrak. Dunia adalah dunia. Dunia adalah sesuatu yang tidak diketahui sudut-sudutnya. Dunia adalah sesuatu yang tidak dapat bicara. Yang kita ketahui saat ini tentang bagaimana definisi dunia, apa saja komponen penyusunnya, siapa saja yang ada di dalamnya hanyalah apa yang kita ungkapkan lewat ucapan ataupun tulisan. Maka, benar juga jika dunia adalah bahasa.
    "Bahasa" menjembatani kita memperoleh gambaran dan menggambarkan apa itu dunia. Maka, tidaklah heran jika definisi dunia akan berbeda-beda tergantung siapa yang mendefinisikan, karena sudut pandang berbahasa tiap-tiap orang tidaklah sama. Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Tiadalah dunia jika tak ada bahasa. Betapa hampanya dunia ini jika tak bisa digambarkan dengan bahasa. Betapa hampanya relasi manusia jika tak digambarkan dengan bahasa. Bahasa adalah aspek penting dalam kehidupan di dunia. Karena itu benarlah bahwa dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  25. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Tesis : Hidup di dunia membutuhkan komunikasi
    Anti Tesis : Komunikasi membutuhkan bahasa
    Sintesis : Maka sejatinya dunia adalah bahasa

    Manusia sebagai makhluk sosial perlu untuk berinteraksi dengan manusia lainnya sebagai salah satu ciri-ciri dia hidup. Interaksi ini tak terbatas dengan ruang dan waktu. Bisa saja dia mengelilingi dunia bertemu dnegan berbagai manusia di belahan dunia, maka kunci baginya untuk berinteraksi dengan berbagai orang ini adalah bahasa yakni komunikasi dengan bahasa mereka. Bahada sangat penting karena bahasa merupakan jembatan bagi kita untuk saling memahami. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  26. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Untuk berinteraksi antara satu dengan yang lain, manusia memerlukan media untuk dapat melakukannya. Media komunikasi antar manusia itu adalah bahasa, baik berupa bahasa lisan, bahasa tulisan, maupun bahasa tubuh. Sebuah dunia tanpa bahasa sesungguhnya tidaklah dapat dikatakan dunia, karena tidak akan terjadi interaksi dan komunikasi di dalamnya. Bahasa membantu kita untuk dapat memahami, mengerti dan mempelajari sesuatu. Jadi, dapat dikatakan bahwa dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  27. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Dunia adalah alam kehidupan, dimana didalam kehidupan pasti ada sebuah bahasa. Bagaimana tidak jika tidak ada bahasa didalam kehidupan. Dimana bahasa itu sendirilah yang membuat dunia menjadi hidup. Dengan adanya bahasa maka adanya interaksi diantara makhluk hidup. Coba bayangkan saja jika di dunia ini tidak ada satupun bahasa. Bagaimana kita dapat berkomunikasi terhadap satu sama lain mungkin kita tidak bisa meminta bantuan dan memaksa kita untuk hidup secara sendiri sendiri. Bahasa bukanlah hanya bahasa saat kita berbicara saja. Banyak bahasa lain seperti bahasa tubuh juga disebut bahasa karena seseorang dapat mengerti dengan apa yang hendak dia sampaikan walaupun dia tidak berbicara.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Menenmukan bahwa dunia adalah bahasa. Dapat kita pandang bahwa jika kita berbuat sesuatu pasti ada dampaknya. Misal, jika kita membuang sampah sembarangan di sungai. Ketika hujan, maka ada kemungkinan untuk banjir, ini salah satu merupakan bahasa dunia bahwa dunia menyuruh kita untuk tidak membuang sampah sembarang, agar tidak terjadi banjir. Inilah yang mengemukakan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dalam pemahaman kami inti dari kehidupan di dunia adalah komunikasi, bahkan hewan pun berkomunikasi dengan sesamanya. Apalagi manusia yang merupakan makhluk sosial, manusia tak akan bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lainnya. Dalam menjalani kehidupan antara manusia satu dan manusia lainnya senantiasa melakukan komunikasi. Komunikasi bisa lewat verbal (percakapan langsung) maupun lewat tulisan. Semua komunikasi itu menggunakan bahasa, karena inti dari komunikasi adalah bahasa, tanpa adanya bahasa maka komunikasi tak mungkin trwujud. Jadi pada dasarnya dunia ini sesungguhnya terliputi oleh bahasa dan bahasa, apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi, sehingga penyebaran informasi melalui media pun semakin berkembang dan maju dan bahasa pun semakin sangat berperan dalam membangun dunia. Sehingga dunia itu tidak lain dan tidak bukan adalah bahasa itu sendiri.

    ReplyDelete
  30. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dunia merupakan suatu wadah. Isi dari dunia adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Untuk menghubungkan yang ada dan yang mungkin ada itu membutuhkan suatu alat agar setiap isi dapat berhubungan dan mengahasilkan sebuah pemikiran. Dunia itu wadah berpikir. Dalam berpikir itu memerlukan suatu alat yang dapat menterjemahkan agar individu yang lain. Dunia itu pegetahuan yang dengan simbol disampaikan kepada individu yang ada di dalamnya untuk disintesiskan. artinya terjadi komunikasi antar isi dan wadah, antar individu dan dunia untuk memperoleh sebuah pengetahuan. Komunikasi itu memerlukan bahasa baik bahasa verbal maupun nonverbal, bahasa formal maupun non formal. Sehingga pengetahuan itu diperoleh dengan komunikasi menggunakan bahasa, maka dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  31. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Tesis dari dunia itu pengetahuan, teknologi, ilmu, dan lain sebagainya. Anti tesis dari dunia itu merasa jelas. Pengetahun yang tiada habisnya di dunia itu seakan sebuah lautan yang belum tau ujung dan pangkalnya. Pengetahuan dan segalanya itu bersumber dari apa para ahli itu sampaikan. Bagaimana mereka menyampaikannya? Ya dengan bahasa. Berbagai bahasa yang telah kita kenal sebelum masehi. Maka seakan dunia itu berasal dari bahasa. Seperti perintah Allah “Iqro’”yang berarti bacalah. Karena bacalah sebuah kata perintah, maka ada sebuah benda yang memfasilitasi yaitu bacaan yang ditulis dengan bahasa agar dimengerti.

    ReplyDelete
  32. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Dunia adalah bahasa. Bahasa adalah alat komunikasi, bahasa adalah bentuk komunikasi dari olah pikir manusia. Tidaklah berarti dunia ini tanpa komunikasi. Jika tidak ada komunikasi maka hubungan antar bangsa akan kacau. Maka dari itu, haruslah kita bangga dengan bahasa Indonesia, karena dengan berbahasa Indonesia, orang dari luar mampu mengetahui identitas kita bahwa kita adalah Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk dapat mengenal dan mempelajari bahasa internasional atau bahasa dari negara lain. Karena dengan menguasai bahasa negara lain, kita berasa mampu mengenal bagaimana karakteristik dari negara tersebut. Demikian pula dengan kita mempelajari bahasa internasional, maka diharapkan dapat saling bekerjasama secara positif, saling menguntungkan satu sama lain untuk menuju hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  33. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Sering kita dengar ungkapan bahwa yang di pegang dari manusia adalah kata-katanya. Maka sebenar-benar diriku adalah katak-kataku. Sebenar-benar dirimu adalah kata-katamu itu. Karena itulah kita harus berhati-hati dalam berkata-kata. Jika kita menyebarkan berita bohong maka sebenarnya kita adalah seorang pembohong. Ketika kita tidak menepati kata-kata kita, maka kita adalah seorang penipu. Maka kata-kata yang kita keluarkan, yang kita tulis itulah sebenar-benar diri kita. Maka sebenar-benar kata-kata adalah Bahasa. Karena segala kehidupan kita tidak akan terlepas dari kata-kata, dari Bahasa, maka sebenar-benar dunia adalah Bahasa.

    ReplyDelete
  34. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Ketika kita berupaya untuk merefleksikan pemikiran orang lain terkait dunia ini, maka kita telah berupaya untuk menciptakan bahasa yang kita pahami sebagai hasil refleksi dari pemikiran-pemikiran para filsuf.

    ReplyDelete
  35. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Tidak ada manusia tanpa bahasa dan juga tidak ada bahasa tanpa manusia. Bahasaku adalah cerminan dari pribadiku. Sebagai sistem simbol, bahasa mengandung makna. Ucapan penutur bahasa dihubungkan dengan secara simbolis dengan obyek atau kejadian dalam dunia praktis. Ucapan itu berarti atau terdiri atas aneka ragam ciri pengalaman atau mengandung makna. Makna merupakan masalah yang selalu hadir dalam lingkungan kehidupan manusia. Persoalan makna akan selalu berkembang sesuai dengan berkembangnya peristiwa yang ada dalam lingkungan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  36. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Manusia tidak akan terpisahkan dengan komunikasi karena kemampuan komunikasi adalah salah satu anugerah yang Allah berikan kepada manusia. Komunikasi dapat diakukan salah satunya dengan bahasa. Seperti di zaman kontemporer saat ini, filsafat atau olah pikir manusia di dunia ini adalah bahasa. Hal ini dilihat dari beberapa kejadian yang terjadi saat ini. Jika manusia salah sedikit dalam penggunaan bahasa maka dunia saat itu juga kacau, mulai dari pencemoohan terhadap pelontar bahasa, tersebarnya berita-berita bohong hanya dari bahasa yang disampaikan oleh orang-orang berpengaruh di dunia ini.

    ReplyDelete
  37. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Sesungguhnya diriku adalah perkataanku sendiri. Kita dapat mengamati sikap, cara pandang dan pilihan seseorang berdasarkan cara berbahasanya. Ketika kita mengamati gaya berbahasa orang dengan nada yang tinggi, kemungkinan besar ia tinggal di daerah pegunungan yang di mana rumah antar tetangga berjauhan. Begitu juga ketika kita mendengar orang yang berbicara dengan lemah lembut dan sopan, kemungkinan besar dunianya adalah kelembutan.

    ReplyDelete
  38. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Seseorang dalam kehidupan di dunia selalu berhubungan dengan berbagai fenomena dan realitas yang ada. Dalam kehidupan manusia itu tidak akan pernah terlepas dari filsafat. Filsafat adalah diri manusia itu sendiri, filsafat adalah pikiran manusia itu sendiri. Peran filsafat dalam hidup sangat penting. Filsafat dapat dikatakan sebagai bahasa Seperti yang diungkapkan Wittgenistein. Filsafat sebagai bahasa berperan untuk menterjemahkan fenomena dan realitas kehidupan di dunia. Jadi, dapat dikatakan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  39. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Bahasa dijadikan kekuatan budaya serta tidak lupa juga sosial oleh seluruh orang. Siapa yang bisa berbahasa secara internasional maka dari itu pula seseorang dapat dan mampu “menguasai dunia”. Karena itu kini bahasa dijadikan sebagai sesuatu yang sangat penting oleh masyarakat di dunia. Karena dengan atau tanpa bahasa seseorang indicidun maupun kelompok masyarakat pada suatu negara tidak dapat melakukan interaksi. Mengapa? Karena tidak adanya alat untuk menyampaikan maksud tertentu yaitu bahasa.

    ReplyDelete
  40. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Setiap saat dan setiap waktu, kita menggunakan bahasa. Saat kita berpikir, berbicara, dan menulis, kita menggunakan bahasa. Bahasa tak pernah lepas dari kehidupan kita. Hidup penuh dengan bahasa. Dari awal kita lahir sampai kita meninggal, kita selalu menggunakan bahasa. Jadi, hidup adalah bahasa.

    ReplyDelete
  41. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Dunia itu adalah bahasa. Di dunia ini terdapat beragam bahasa, setiap negara memiliki bahasa negaranya sendiri, bahkan tiap negara juga memiliki beberapa bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Setiap bahasa akan menyesuaikan ruang dan waktu. Dunia tanpa bahasa akan menjadi rumit, bahasa mempermudah orang untuk menyampaikan apa yang akan disampaikan dan menerima apa yang ingin ia terima.

    ReplyDelete
  42. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia ini mencakup berbagai macam elemen, dimana elemen-elemen ini saling berinteraksi dan berkomunikasi. Tanpa adanya komunikasi dan interaksi tidak dapat tercipta dunia, dalam mengkomunikasikan sesuatu kita membutuhkan bahasa. bahasa disini bersifat univesal, tidak terkotak-kotak bahasa tertentu saja sebagaimana dunia yang seharusnya bersifat universal, maka untuk menggapai dunia dibutuhkan bahasa.

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Dengan bahasa bukan saja manusia dapat berpikir secara teratur namun juga dapat mengkomunikasikan apa yang sedang ia pikirkan kepada orang lain. Dengan bahasa manusia dapat mengekspresikan sikap dan perasaan. Dengan adanya bahasa, hidup dalam dunia yakni dunia pengalaman yang nyata dan dunia simbolik dinyatakan dengan bahasa. Dengan bahasa, ilmu pengetahuan dapat diturunkan dan disebarluaskan seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  44. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    bahasa digunakan manusia untuk mengungkapkan sesuatu, sesuatu itu bisa berarti banyak hal, dalam mengungkapkan sesuatu itu manusia menggunakan olah pikirnya dlam menyusun setiap kata yang akan dikeluarkan dari mulut menjadi bahasa, bahasa mengungkapkan bagaimana itu dunia, menceritakan seperti apa itu kehidupan, kehidupan adalah bagian dari dunia jadi dari bahasa manusia dapat menemukan dunia.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  45. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Bahasa merupakan sebuah alat yang digunakan untuk berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Dengan bahasa kita bisa memahami banyak hal, memahani segala yang ada dan yang mungkin ada dalam kehidupan kita. Selain untuk memahami, dengan bahasa pula kita belajar menyampaikan apa yang sudah kita pahamai, sehingga kita mampu berhermenetika yaitu terjemah dan menterjemahkan segala yang ada. Dari segala banyak manfaat dan kegunaan bahasa dalam kehidupan kita, kita tidak bisa terlepas dari bahasa dalam keseharian kita, itu artinya bahsa adalah dunia kita, dunia yang selalu digenggam untuk berkomuniasi dengan banyak hal, mulai dari manusia, binatang, makhluk hidup lainnya, sampai pada Tuhan.

    ReplyDelete
  46. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Manusia merupakan makhluk sosial yang pada kodratnya bersosialisasi dengan lainnya. Sosisalisasi tentu komponen utamanya adalah komunikasi. Dalam berkomunikasi ada bahasa asertif dan non asertif, keduanya wajib ada karena jika tidak ada bahasa non asertif lantas bagamana menyebut bahwa ada bahas asertif, begitu juga sebaliknya. Meski keduanya bersifat kontradiksi, namun untuk menciptakan komunikasi keduanya harus ada, karena saling melengkapi satu sama lain.

    ReplyDelete
  47. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Manusia adalah makhluk individu sekaligus sebagai makhluk social. Sebagai makhluk social, manusia hanya bisa memenuhi kebutuhannya dengan melibatkan orang lain. Tak satupun kebutuhannya mampu ia penuhi secara sendiri. Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi kebutuhannya ini, manusia haruslah berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain. Inti dari komunikasi adalah saling memahami antara pihak-pihak yang saling berkomunikasi. Untuk memudahkan proses ini, manusia memerlukan alat bantu dalam berkomunikasi. Alat bantu inilah yang dinamakan bahasa. Sehingga pertama-tama manusia memikirkan atau merumuskan kebutuhan apa yang ingin ia dapatkan atau penuhi secara pribadi melalui pikiran masing-masing, kemudian manusia berusaha memenuhi kebutuhannya dengan melibatkan orang lain melalui komunikasi.

    ReplyDelete
  48. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sederhananya saja kita dapat membayangkan jika tidak ada bahasa di dunia termasuk bahasa isyarat, bahasa tubuh, dan lain-lain. Seperti halnya aspek kehidupan lain, Bahasa menjadi komponen utama dalam membangun dunia. Contoh kecilnya saja dalam matematika. Objek matematika yang kita kenal, misalnya angka 100 apabila tidak dimaknai dan dikomunikasikan dalam bahasa maka tidak ada artinya dan tidak bisa digunakan. Dunia adalah bahasa, bahasa adalah dunia.

    ReplyDelete
  49. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Filsafat dan sastra bahasa ini menurut pandangan bapak yaitu saling berkaitan, dimana dalam filsafat maka terdapat bahasa, serta dalam berbahasa terdapat filsafat. Filsafat adalah sesuatau yang ada dan yang mungkin ada, memepelajarinya dengan bahasa analog maka inilah kaitannya yaitu bahasa yang merupakan bagian dari sastra. sedangkan pesan yang lain yang terdapat dari penjelasan Bapak yaitu pesan untuk dalam memahami sesuatuapapun menggunakan heurmenitika yaitu usaha untuk menerjemahkan dan diterjemahkan. apapun yang ada dalam hidup ini kita terjemahkan dalam bahasa kita mungkin istilah lain yaitu mencari hikmahnya. agar kehidupan ini bermakna.

    ReplyDelete
  50. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia merupakan tempat manusia saling berinteraksi, baik itu interaksi antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan. Setiap proses interaksi membutuhkan suatu alat interaksi yang mampu menyampaikan maksud dari kedua belah pihak yaitu bahasa. Banyak sekali ragam bahasa yang ada di dunia. Bahasa yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan Tuhan bisa berupa doa ataupun ibadah-ibadah yang lainnya. Interaksi manusia dengan dengan manusia tentunya tidak terhitung bahasa yang digunakan. Dalam setiap ilmupun ada bahasa tersendiri yang digunakan seperti dalam matematika yang berupa serangkaian simbol dan angka.

    ReplyDelete
  51. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dunia adalah ikon, dia pun merupakan objek dari yang ada dan mungkin ada. Jika ia adalah objek yang ada dan mungkin ada maka dirinya memiliki sifat-sifat yang dapat disebutkan dan dijelaskan oleh manusia. Sesuatu yang masih dapat kita jelaskan dan sebutkan berarti itu adalah bahasa. Maka dunia pun adalah bahasa.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  52. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dunia adalah Bahasa, bahasa adalah sarana untuk saling berkomunikasi serta menyampaikan apa yang adalah olah pikir kita. Komunikasi adalah salah satu cara utama untuk bersilaturahim dengan orang lain, tidak ada hubungan yang terjalin tanpa komunikasi. Pada dasanya, tujuan semua bahasa adalah sama walaupun ada banyak bahasa yang dapat kita temui di dunia ini.

    ReplyDelete
  53. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi semua orang agar pihak-pihak yang berada pada ruang lingkup komunikasi itu menjadi mengerti apa yang disampaikan dan apa yang dibicarakan dalam proses pembelajaran. Bahasa merupakan faktor penting untuk membuat terjadinya saling interaksi antara makhluk hidup untuk menyampaikan mengenai apa olah pikir kita.

    ReplyDelete