Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Wujud Bahasa itu bermacam-macam. Diriku adalah Bahasa. Dirimu adalah Bahasa. Elegi-elegi pada blog ini adalah Bahasa. Manusia hidup di dunia ini memerlukan Bahasa. Bahasa disesuaikan dengan struktur masyarakatnya. Segala sesuatu di dunia ini bermuara ke Bahasa. Maka, sebenar-benar dunia adalah Bahasa.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Dunia mempunyai berbagai macam bahasa, diriku merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Di setiap belahan dunia mempunyai berbagai macam bahasa, bahasa merupakan alat berkomonikasi antar manusia dengan bahasa kita bisa mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. Dengan bahasa juga kita dapat menggambarkan segala yang ada dan mungkin ada. Seperti yang ketahui sebelumnya bahwa dunia memuat yang ada dan mungkin ada. Maka sebenarnya dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Bahasa merupakan alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan dan pikiran. Dalam dunia ini bahasa tak dapat dipisahkan dari kata-kata, bicara, dan tulisan. Ketiganya merupakan bahasa. Bahasa terdiri dari kata-kata. Bicara pun juga merupakan bahasa, bicara adalah bahasa lisan. Tulisan pun juga merupakan bahasa, tulisan adalah bahasa yang tertulis. Masing-masing bahasa tersebut dapat digunakan dalam filsafat sesuai dengan ruang dan waktu saat itu, sesuai dengan fungsinya masing-masing, sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Dapat dikatakan bahwa dunia baik dunia dalam arti sesungguhnya maupun dunia yang ada dalam pikiran kita adalah bahasa.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bahasa sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi baik secara lisan maupun tulisan memiliki peranan besar dan penting dalam kehidupan manusia. Dengan mempelajari bahasa, kita dapat mengetahui dan memahami informasi, pemikiran-pemikiran orang lain, serta dapat berinteraksi dengan orang yang lain di berbagai belahan dunia. Dengan bahasa kita dapat membuka jendela dunia dan menemukan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jati diri seseorang terlihat dari bahasanya. Begitu mungkin ungkapan yang menggambarkan bahasa sebagai dunia seseorang. Bahasa digunakan seseorang untuk mengungkapkan apa yang dia pikirkan. Dan lagi, melalui bahasa kita bisa menemukan dunia karena bahasa merupakan identitas utama seseorang.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bahasa adalah diriku. Bahasa adlah diri kita sendiri. Sebaik-baiknya bahasa adalah saat kita bisa mebahasakan diri dengan baik. Orang yang baik adalah dia yang mampu membawa dirinya pada dunianya dengan bahasanya. Bahasa adalah wujud dari pikiran. Bahasa kita baik artinya pikiran kita baik begitu sebaliknya.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D
    dengan bahasa kita bisa mengkomunikasikan apa yang ada di fikiran kita. semua yang difikiraan tidak terlepas dari bahasa. dan difikiran kita tidak terlepas juga dari dunia. dan dengan bahasa kita bisa menemukan dunia kita dalam berfikir dan bertindak

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dunia adalah bahasa. Jika saya diminta untuk mendeskripsikan kata tersebut, yang dapat saya katakan adalah bahwa dunia ini adalah wadah untuk setiap isinya berinteraksi antar sesama dan berinteraksi dengan Tuhannya. Bahasa jugalah yang membentuk dunia, karena dengan bahasa, manusia bertukar pikiran untuk mewujudkan gagasan yang dimilki sehingga terbentuklah dunia sesuai pikiran manusia.

    ReplyDelete
  10. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Setiap kata mempunyai makna dan bisa diterjemahkan dalam bentuk bahasa sesuai pemikiran orang yang menerjemahkannya itu. Ketika bicara dunia maka sebenarnya kita bisa mengatakan bahwa dunia ini adalah sebuah bahasa yang bermacam-macam makna. Ketika dunia ini disinari mentari maka berbeda bahasa dengan ketika dunia ini tidak disinari mentari. Maka dari itu manusia disuruh untuk membaca tentang bahasa dunia sebagai bekal untuk bahasa di kemudian hari. Maka siapa yang bisa membahasakan dunia ini dengan kebaikan maka diakhirat nanti dia akan mendapatkan kehidupan yang bahagia dan sebaliknya siap yang membahasakan dunia ini dengan penuh kejelekan maka diakhirat nanti dia akan mendapatkan kesengsaraan. Maka dunia ini adalah sebagai bahasa untuk kehidupan yang akan datang.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain, dengan lingkungan kita, bahkan dengan dunia ini. Kita saling menerjemahkan, saling berhemenetika. Penggunaan bahasa yang baik, sangat diperlukan agar interaksi yang dibangun tidak menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan kekacauan. Oleh karenanya bahasa merupakan unsur pembangun dalam kehidupan kita. Segala yang ada di dunia ini merupakan simbol-simbol dari apa yang kita pikirkan, yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi selama berinteraksi dengan orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa dunia itu sendiri adalah bahasa.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Bahasa dapat digunakan seseorang untuk menggambarkan apa yang dalam pikirannya. Sementara itu gagasan yang ada dalam pemikiran manusia tidak terbatas. Gagasan mengenai dunia dapat dikomunikasikan melalui bahasa-bahasa. Meskipun tidak semuanya apa yang ada dalam pikiran dapat dikemukakan melalui bahasa, tetapi bahasa dapat merepresentasikan gagasan yang ada dalam pikiran, salah satunya gagasan mengenai dunia. Oleh karenanya dunia juga adalah bahasa.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pemersatu dunia ini adalah bahasa dengan adanya bahasa internasional kita di dunia ini dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda tempat tinggal dengan kita, berkat adannya bahasa setiap Negara di dunia dapat menjalin komunikasi yang baik dan bisa saling mambantu dalam pendidikan perekonomian, dan seriap Negara juga di wajibkan mempelajari lebih dari satu bahasa agar seandainya ada pertukaran pelajar, pelajar kita di Indonesia dapat menguasai dan berkominikasi dengan baik dengan warga Negara yang lain. Namun bahasa juga dapat menjadi boomerang, salah dalam berbahasa dapat di artikan berbeda oleh setiap orang, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam berbicara.

    ReplyDelete
  14. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dunia itu adalah bahasa. Di dunia ini terdapat beragam bahasa, setiap negara memiliki bahasa negaranya sendiri, bahkan tiap negara juga memiliki beberapa bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Setiap bahasa akan menyesuaikan ruang dan waktu. Dunia tanpa bahasa akan menjadi rumit, bahasa mempermudah orang untuk menyampaikan apa yang akan disampaikan dan menerima apa yang ingin ia terima.

    ReplyDelete