Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

35 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Aku melihat dunia ini adalah bahasa. Semua membutuhkan bahasa. Logos dan Mitos adalah bahasa. Sifat adalah bahasa. Jargon adalah bahasa. Matematika adalah bahasa. Hewan-hewan, tumbuhan-tumbuhan, manusia-manusia dan lain sebagainya berinterksi dengan bahasa sehingga aku sulit menemukan apakah ada di dunia ini yang tidak menggunakan bahasa. Oleh karena itu, hakikatnya dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Sisi lain bahasa secara filsafat adalah bahasa bisa didefinisikan sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan (manusia). Dengan kata lain, pikiran mempengaruhi bahasa karena pikiran yang mengkonstruk bahasa itu sendiri. Bahasa berfungsi sebagai sarana analisis para filsuf dalam memecahkan, memahami, dan menjelaskan ide-ide filsafat. Maka bahasa juga berarti olah pikir manusia.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi Prof.
    Menjalani kehidupan di dunia sangat erat hubungannya dengan bahasa. Artinya dunia ini dilingkupi oleh bahasa yang tak terhingga banyak dan bentuknya. Dapat dikatakan dunia adalah bahasa. Pandangan pertama mengenai bahasa adalah kemampuan yang dimiliki untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Berkomunikasi bisa dalam bentuk lisan ataupun lainnya. Bahasa tidak hanya berupa cara dalam mengungkapkan sesuatu melainkan cara melakukan sesuatu. Bentuk bahasa beranekaragam. Apapun bentuknya ketika kita menggunakan sesuatu hal dalam menjalani hidup, itulah disebut dengan bahasa. Jadi, bahasa adalah dunia begitu juga sebaliknya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Bahasa merupakan obyek yang menarik bagi perenungan , pembahasan dan penelitian dunia filsafat. Selain memiliki daya tarik tersendiri, bahasa juga punya kelemahan yang berkaitan dengan fungsi dan peran yang luas dan kompleks, sebagaimana bahasa tidak bisa memahami dirinya sendiri secara tuntas dan sempurna, sehingga filsafat yang membuka pengetahuan tersebut. Pada abad pertengahan dan abad modern, bahasa terus-menerus mengalami perkembangan dan pematangan, baik dalam hal konsep maupun penggunaan. Bahasa menjadi alat budaya dan alat komunikasi. Tanpa bahasa, baik verbal maupun nonverbal, tidak akan terjadi penciptaan atau pewarisan kebudayaan. Dan tanpa bahasa, tentu saja tidak akan ada proses komunikasi.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bahasa adalah alat untuk menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran dan hati. Bahasa adalah alat untuk berinteraksi atau alat berkomunikasi dalam menyampaikan pikiran, gagasan, konsep, ataupun perasaan. Dalam berfilsafat pun, bahasa menjadi ujung tombaknya. Filsafat adalah pikiran, maka untuk mengkomunikasikan pikiran tersebut kepada orang lain kita memerlukan bantuan bahasa. Dengan bahasa kita bisa menerjemahkan banyak hal dan menggenggam dunia.

    ReplyDelete
  6. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bahasa yang menjadi universal karena kayanya bahasa yang dimiliki oleh manusia. bahasa bisa meliputi bahasa bathin, bahasa pikiran, bahasa hati, bahasa jiwa, bahasa pikiran yang ada di dalam diri manusia dan yang bisa memahami bahasa-bahasa tersebut hanyalah diri ini sendiri sehingga sekaligus bisa memahami dunia beserta isinya bila sudah memahami bahasa sendiri dan bahasa-bahasa lainnya.

    ReplyDelete
  7. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebagus-bagusnya dunia adalah menggunakan bahasa. Bahasa merupakan identitas diri suatu individu karena setiap individu memiliki bahasanya sendiri-sendiri yang terkadang tidak semua orang mampu untuk menterjemahkan dari maksud yang ingin disampaikan, oleh karenanya kenalilah dan pergunakanlah bahasamu dengan sebaik-baik bahasa maka kita akan mengetahui indentitas kita. Bahasa memiliki makana yang luas karena bahasa bersifat universal dan sesuatu yang pokok dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Seseorang bias mengenal dunia karena mneggunakan bahasa. Inilah kenapa bahasa itu merupakan peran utama dalam membangun dunia.

    ReplyDelete
  8. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Beropini tentang dunia adalah Bahasa, menurut saya kita sebagai makhluk social yang tidak lepas dari orang lain pasti akan berkomunikasi. Sama halnya bahwa dunia adalah Bahasa, kita ada di dunia dipersatukan karena Bahasa. Dunia sama dengan banyak orang, banyak orang menggunakan komunikasi. Sehingga dunia adalah Bahasa.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sebuah kalimat dari kutipan Wittgenstein bahwa batas bahasaku adalah batas duniaku. Dari pernyataan tersebut kemampuan kebahasaan akan terbentang luas cakrawala berpikir seseorang dan tiada batas dunia baginya. Bahasa yang merupakan simbol-simbol mempunyai fungsi-fungsi tersendiri untuk dunia.

    ReplyDelete
  10. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat pagi, Prof.
    Mencari apa yang paling tinggi di dunia ini. Kita sebut saja logos, namun logos tak mampu menjadi logos jika ia tak bisa tersampaikan. Kita sebut juga hal lain yaitu mitos, karena objek yang mungkin ada itu sangat tak terbatas dan masih menjadi mitos di dunia ini. Namun, dengan bahasa semua yang mungkin ada itupun bisa diungkapkan. Kita menemukan bahwa dunia ini adalah bahasa. Tanpa bahasa, dunia tidak mampu menyampaikan isinya.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  11. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Dunia adalah bahasa. Manusia sebagai makhluk sosial pasti lah selalu berinteraksi antar sesama. Untuk melakukan interaksi, manusia menggunakan bahasa agar interaksi berjalan dengan baik. Tidak hanya dengan sesama manusia, manusia dengan hewan pun juga menggunakan bahasa untuk berinteraksi. Misalnya hewan buas dengan pawangnya. Agar pawang dapat berinteraksi dengan hewannya, mereka menggunakan bahasa khusus. Tidak hanya itu, untuk berinteraksi dengan Tuhan, manusia juga menggunakan bahasa. Hamdalah, istighfar, dan lain-lainnya merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan Allah SWT. Untuk itu, setia makhluk pasti melekat bahasa. Sehingga, dunia adalah bahasa.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Bahwasanya pikiran manusia berbahan dasar utama yaitu bahasa. Hanya dengan bahasa isi pikiran manusia berkembang, bahasa mendefinisikan sumua hal dalam pikiran, hanya dengan bahasa pikiran menciptakan realitas.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bahasa merupakan cara kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan. Bahasa diperlukan dalam kehidupan sebagai sarana berinteraksi satu dengan yang lainnya. Bahasa juga merupakan sebuah cerminan atau hasil karya yang dilakukan oleh pikiran. Pikiran kita mengolah informasi yang ada kemudian membahasakan informasi-informasi tersebut melalui sebuah bahasa. Bentuk dari bahasa sendiri bermacam-macam, seperti bahasa dalam bentuk isyarat, perkataan maupun perbuatan. Suatu bahasa diperlukan untuk dapat membangun komunikasi diantara keberagaman yang ada dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  14. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Bahasa merupakan perantara bagi pikiran dan hati manusia. Ketika manusia ingin mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran dan hati manusia kepada orang lain maka kita perlu mengkomunikasikannya melalui bahasa. Bahkan ketika ingin berkomunikasi dengan Sang Pencipta pun kita menggunakan bahasa untuk menyampaikannya walaupun tidak terucap secara lisan melainkan melalui suara hati.

    ReplyDelete
  15. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk social. Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak akan terlepas dari orang lain. Manusia akan senantiasa memerlukan orang lain. Manusia akan senantiasa berinteraksi dengan orang lain. Dalam melakukan interaksi, manusia perlu alat bantu agar apa yang ada dalam dirinya mampu dimengerti oleh orang lain. Alat bantu inilah yang disebut dengan bahasa. Dalam hal apa pun manusia tidak akan pernah terlepas dari bahasa. Sehingga tidak lain tidak bukan, sesungguhnya dunia ini adalah bahasa.

    ReplyDelete
  16. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait topik bahasan mengenai Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa yang kemudian dikerucutkan kepada menSintesis tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa. Namun sebelum itu perlu dituliskan dunia yang memiliki keterkaitan dengan nama umum yang digunakan untuk menyebut keseluruhan peradaban manusia, pengalaman manusia, sejarah, atau kondisi manusia secara umum di seluruh Bumi,[1] atau mengenai segala sesuatu yang terdapat di atasnya, selanjutnya bahasa juga memiliki keterkaitan dengan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  17. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya, dikatakan bahwa Perkiraan jumlah bahasa di dunia beragam antara 6.000–7.000 bahasa. Namun, perkiraan tepatnya bergantung pada suatu perubahan sembarang yang mungkin terjadi antara bahasa dan dialek. Bahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tetapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil, sebagai contohnya, tulisan grafis, braille, atau siulan. Hal ini karena bahasa manusia bersifat independen terhadap modalitas. Sebagai konsep umum, "bahasa" bisa mengacu pada kemampuan kognitif untuk dapat mempelajari dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membentuk sistem tersebut atau sekumpulan pengucapan yang dapat dihasilkan dari aturan-aturan tersebut. Semua bahasa bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu.

    Bahasa lisan dan bahasa isyarat memiliki sebuah sistem fonologis yang mengatur bagaimana simbol digunakan untuk membentuk urutan yang dikenal sebagai kata atau morfem, dan suatu sistem sintaks yang mengatur bagaimana kata-kata dan morfem digabungkan untuk membentuk frasa dan penyebutan, serta Bahasa manusia unik karena memiliki sifat-sifat produktivitas, rekursif, dan pergeseran, dan karena secara keseluruhan bahasa manusia bergantung pula pada konvensi serta edukasi sosial. Strukturnya yang kompleks mampu memberikan kemungkinan ekspresi dan penggunaan yang lebih luas daripada sistem komunikasi hewan yang diketahui.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  18. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang dikatakan oleh saudara Deden bahwa "Pikiran kita mengolah informasi yang ada kemudian membahasakan informasi-informasi tersebut melalui sebuah bahasa. Bentuk dari bahasa sendiri bermacam-macam, seperti bahasa dalam bentuk isyarat, perkataan maupun perbuatan. Suatu bahasa diperlukan untuk dapat membangun komunikasi diantara keberagaman yang ada dalam kehidupan", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada peran bahasa dalam kehidupan yakni sebagai alat atau perantara anata harapan dan kenyataan, atau ide dan ucapan, atau gagasan dan pernyataan, dan lain-lain.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  19. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Seperti yang dikatakan oleh Sauadari Lingga bahwa "Bahasa adalah alat untuk menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran dan hati, sehingga engan bahasa kita bisa menerjemahkan banyak hal dan menggenggam dunia", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada keistimewaan bahasa terhadap dunia.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  20. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait pernyataan dari saudari Tiara bahwa " Ketika manusia ingin mengutarakan apa yang ada di dalam pikiran dan hati manusia kepada orang lain maka kita perlu mengkomunikasikannya melalui bahasa. Bahkan ketika ingin berkomunikasi dengan Sang Pencipta pun kita menggunakan bahasa untuk menyampaikannya walaupun tidak terucap secara lisan melainkan melalui suara hati", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada peran bahasa sebagai alat atau jembatan penyambung dua hal atau lebih.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  21. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Terkait gagasan dari saudari seftika bahwa "Manusia sebagai makhluk sosial pasti lah selalu berinteraksi antar sesama. Untuk melakukan interaksi, manusia menggunakan bahasa agar interaksi berjalan dengan baik. Tidak hanya dengan sesama manusia, manusia dengan hewan pun juga menggunakan bahasa untuk berinteraksi. Misalnya hewan buas dengan pawangnya. Agar pawang dapat berinteraksi dengan hewannya, mereka menggunakan bahasa khusus. Tidak hanya itu, untuk berinteraksi dengan Tuhan, manusia juga menggunakan bahasa. Hamdalah, istighfar, dan lain-lainnya merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan Allah SWT. Untuk itu, setia makhluk pasti melekat bahasa. Sehingga, dunia adalah bahasa", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada peran bahasa sebagai alat atau jembatan penyambung dua hal atau lebih.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  22. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Manusia diciptakan sama-sama berbentuk manusia dengan berbagai ciri khas, kepribadian, dll. Tentu saja tempat tinggal yang sama juga yaitu di bumi dengan wilayah yang tersebar luas mengakibatkan munculnya berbagai macam bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya. Belum lagi bahasa antar negara, antar pulau, antar suku, dan lain-lain sehingga dari sini ditarik kesimpulan bahwa dunia ini isinya bahasa yang bermacam-macam digunakan oleh manusia, oleh hewan, oleh tumbuhan, bahkan hati dan pikiran juga.

    ReplyDelete
  23. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Bahasa digunakan untuk komunikasi, tanpa bahasa semua akan diam, hening, tidak akan ada komunikasi bahkan apapun yang dapat menyatukan. Dunia memiliki berbagai macam bahasa, inilah yang menjadikan perbedaan menjadi indah. Bahasa menggambarkan ciri khas dan identitas dari sebuah suku atau negara yang membuat kita dapat menemukan apa arti dunia dari sudut pandang bahasanya

    ReplyDelete
  24. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bahasa dari berbagai macam belahan dunia menjadikan manusia dan makhluk hidup di muka bumi patut bersyukur karena terdiri dari banyak bahasa dan bisa mengenalkan bahasa mereka dengan bahasa orang lain di seluruh dunia. Bila mempunyai pikiran seperti itu maka dapat disimpulkan bahwadunia adalah bahasa yang bisa diartikan bahwa dunia yang terdiri dari berbagai bahasa di seluruh sudut wilayah mempunyai ciri khas akan bahasa yang mereka punyai. Itu yang menjadi salah satu faktor penentu manusia akan bergotong royong dan memenuhi kebutuhan dengan belajar berbahasa agar lebih bisa memahami antar penjual dan pembeli (misalnya).

    ReplyDelete
  25. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Bahasa merupakan alat komunikasi. Bahasa digunakan untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikiran dan hati kita. Dengan bahasa kita dapat merubah dunia baik melalui tulisan maupun verbal. Filsafat adalah pikiran kita, filsafat juga bahasa kita. Apa yang akan menajdi bahasa kita, akan pmenjadi pikiran kita pula. Meskipun sebaliknya pa ayng kita pikirkan belum tentu menjadi bahasa kita. Oleh sebab itu bahasa yang disinkronisasi dengan pikiran memiliki peran penting dalam merubah dunia.

    ReplyDelete
  26. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dunia ini merupakan temapat dimana berkumpulya makhluk Allah. Kesemuanya itu dapat hidup dengan caranya masing. untuk dapat berinteraksi satu sama lain, maka setiap makhluk hidup memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk dpaat berinnteraksi maka diperlukanya alat, dan alat tersebut adalah bahasa, adanya bahasa maka memudahkan kita untuk dapat mneyampaikan apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan, Namun, untuk dapat beimteraksi dengan seseorang tidak asal menggunakan bahasa. Tapi perlunya pemilihan bahasa apa yang mudah dan bisa dipahami oleh orang tersebut.

    ReplyDelete
  27. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Menurut saya dia baik, menurut mereka dia buruk, menurut saya itu bagus, menurut mereka itu jelek, menurut saya itu indah, menurut mereka itu menyeramkan, menurut saya dia pintar, menurut mereka dia bodoh. Siapa yang salah? Tidak ada. Semua benar tergantung bagaimana merekan mendefinisikan. Definisi adalah patokan awal untuk menilai. Nilai itulah yang akan menjadi jembatan komunikas, dimana itulah bahasa. Media komunikasi yang tidak menutup kemungkinan memiliki kesamaan namun beda arti.

    ReplyDelete
  28. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Dunia adalah bahasa, karena bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan seluruh manusia yang ada di dunia. Bahasa memiliki berbagai macam perbedaan sesuai dengan ruang dan waktu dimana kita berada. Dunia ini tidak terlepas dari bahasa. Bahasa matematika, bahasa sains, bahasa bayi, bahasa isyarat dan semua bahasa yang ada di sekitar kita.

    ReplyDelete
  29. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Dunia berbahasa dengan pertanda. Angin yang bertiup, sungai yang mengalir, bencana alam, pelajar menuntut ilmu, pedagang berjualan di pasar, semua peristiwa yang terjadi di dunia adalah pertanda. Di balik setiap pertanda selalu ada makna. Manusia memahami makna di balik setiap pertanda dengan menerjemahkan apa yang ia lihat, dengar, dan rasakan. Maka, sesungguhnya dunia ini adalah bahasa.

    ReplyDelete
  30. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi dalam kehidupan. Dalam berinteraksi satu sama lain manusia memerlukan bahasa, bisa bahasa tubuh, bahasa tulisan, bahasa lisan. Bahasa digunakan untuk mengungkapkan sesuatu, sesuatu itu bisa berarti banyak hal, dalam mengungkapkan sesuatu itu manusia menggunakan olah pikirnya dlam menyusun setiap kata yang akan dikeluarkan dari mulut menjadi bahas. Dalam memepelajari matematika-pun kita juga memerlukan bahasa, untuk mendefinisikan simbol-simbol dan lambang-lambang sehingga matematika sendiri itu mudah untuk dipahamai. Tanpa bahasa apa jadinya dunia ini. untuk itu dapat kita simpulkan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  31. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Bahasa adalah media komunikasi baik manusia dengan sesama manusia.Untuk mempelajari dunia yang lebih luas, kita harus kaya akan bahasa, baik bahasa secara verbal, bahasa tubuh, bahasa pembicaraan, bahasa budaya maupun yang lainnya. Tanpa adanya bahasa, komunikasi akan kering dan hambar. Bahasa menjadikan setiap momen dalam hidup berharga karena kita bisa terjemah menerjemahkan setiap peristiwa. Dengan adanya bahasa kita bisa mengungkap dunia di luar sana yang lebih luas, memberi ilmu dan pengalaman berharga. Semakin kita kuasai bahasa, semakin kita membuka dunia.

    ReplyDelete
  32. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Dalam menjalankan dunia, manusia membutuhkan bahasa. Seperti yang kita tahu, manusia adalah mahluk sosial sehingga membutuhkan orang lain untuk membuat dunianya sendiri berputar. Dalam bersosialisasi itu manusia memerlukan bahasa. Setiap kejadian di dunia pasti melibatkan dan harus melibatkan bahasa.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Bila kamu ingin menguasai suatu kaum maka kuasailah bahasanya, dan demikianlah itu adalah suatu cara untuk memahami bahwa dunia adalah bahasa. Untuk menguasai dunia maka menguasai bahasa-bahasa yang ada di dunia adalah cara yang efektif untuk dilakukan. Bahasa adalah proses transfer informasi antara satu dengan yang lainnya yang juga dapat digunakan sebagai alat manipulasi dan langkah penguasaan.

    ReplyDelete
  34. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Filsafat Bahasa adalah ilmu gabungan antara linguistik dan filsafat. Ilmu ini menyelidiki kodrat dan kedudukan bahasa sebagai kegiatan manusia serta dasar-dasar konseptual dan teoretis linguistik. Filsafat bahasa dibagi menjadi filsafat bahasa ideal dan filsafat bahasa sehari-hari. Memaknai filsafat bahasa dan penerapan sehari-harinya menjadikan bahwa bahasa menjadi komponen yang terpenting dalam kehidupan manusia sehingga bahasa tersebut mempunyai dunia atau dimensi tersendiri yaitu dunianya bahasa.

    ReplyDelete
  35. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Sejatinya bahwa dalam kehidupan sehari-hari, manusia perlu komunikasi dengan orang lain untuk menyempurnakan hidupnya. Komunikasi tersebut berupa komunikasi verbal maupun simbol. Komunikasi simbol bisa berupa komunikasi tertulis maupun komunikasi lisan, dimana selalu ada bahasa di dalamnya. Bahasapun beraneka ragam. Di Indonesia sajapun ada ribuan bahasa berbeda dalam ragam wilayah, ragam usia, dan ragam waktu. Sehingga tak mengherankan jika dunia adalah bahasa. Karena dunia ini dipenuhi oleh bahasa. Dan agar hidup di dunia kita perlu bahasa. Entah bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun komunikasi dengan diri sendiri.

    ReplyDelete