Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

17 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Menurut Vygotsky (Crain, 2007) manusia menciptakan ‘alat-alat psikologis’ untuk menguasai tingkah lakunya sendiri. Vygotsky menyebut beragam peralatan psikologi yang digunakan manusia untuk membantu ini sebagai rambu-rambu berfikir dan bertingkah laku, dan menurutnya manusia tidak bisa memahami pikiran manusia lainnya tanpa menguji terlebih dahulu tanda-tanda yang disediakan budaya. Sistem tanda tersebut, salah satunya adalah bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi dan interaksi secara verbal ataupun nonverbal untuk memahami pikiran orang lain. Tanpa adanya bahasa, dunia akan menjadi tanpa makna. Maka dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hanya manusia yang memiliki sistem simbol untuk berkomunikasi. Makhluk lain, seperti binatang memang berkomunikasi dan mempunyai bunyi, tetapi sistem itu bukanlah kata-kata. Perkembangan bahasa inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya karena manusia diberi kelebihan dalam berpikir. Manusia mempergunakan bunyi-bunyi tertentu dan disusun dalam cara tertentu adalah secara kebetulan saja.

    ReplyDelete
  3. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dunia adalah bahasa karena didalamnya saling mengomunikasikan, menerjemahkan, dan menghubungkan. Manusia berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa, hewan berkomunikasi dengan hewan menggunakan bahasa, bahkan manusia, hewan, makhluk hidup dan makhluk mati pun bisa saling berkomunikasi dengan bahasa sehingga saling menerjemahkan dan diterjemahkan.
    Setiap makhluk hidup pasti berkomunikasi melalui bahasa masing-masing, bahkan makhluk mati juga. Pada intinya, kehidupan di dunia ini saling berkaitan, saling menerjemahkan, dan saling membutuhkan satu sama lain. oleh karea itu, manusia hendaknya dapat saling memahami dan menjaga hubungan dengan sesama maupun lingkungannya

    ReplyDelete
  4. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bismillahirrohmanirrohiim..
    Saya akan mencoba untuk mensintesiskan tesis dan anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata dunia itu adalah bahasa.
    Tesis : Dunia itu adalah benda mati. Dunia tidak berbicara. Dunia tidak berbahasa. Dunia hanya tempat tinggal sementara.
    Anti tesis : Dunia sebenarnya dapat berbicara. Dunia sebenarnya juga dapat berbahasa. Dunia layaknya makhluk hidup, ia mempunyai perasaan. Ketika dirimu berperilaku yang baik terhadap dunia, maka dunia akan membalasmu dengan berlaku baik pula. Ketika engkau sujud dan berbisik pada dunia, maka dunia akan mendengarmu dan menyampaikan kepada Allah bahwa engkau tengah sujud menghadap-Nya. Dengan demikian, dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  5. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dalam konteks sejarah, tak bisa kita pungkiri bahwa perdaban dunia dibentuk oleh bahasa sebagai struktur yang paling fundamental yang membentuk kehidupan sosial. Tanpa bahasa, manusia akan punah. Dari masa nabi adam hingga saat ini, bahasa menjadi instrument yang paling berpengaruh dalam dialektika perkembangan fase-fase sejarah. Renungkan bagaimana dengan bahas iblis dapat menghasut adam untuk memakan buah khuldi. Renungkan bagaimana dengan bahasa jibril dapat mewahyukan pesan ilahi kepada Muhammad. Renungkan bagaimana dengan bahasa Tirto Adi Suryo (pelopor pers Indoensia) dapat membangkitkan semangat nasionalisme pada masa kolonialisme. Renungkan bagaimana bahasa dapat memperkuat rasa kekeluargaan di berbagai suku yang berbeda-beda. Dari semua itu, sangat sulit untuk tidak mengatakan bahwa dunia adalah bahasa itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Dunia berisikan makhluk hidup, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Kehidupan ada karena interaksi manusia dan makhluk lainnya. Komunikasi yang terjadi dilakukan dengan menggunakan bahasa. Karena bahasa merupakan alat komunikasi. Manusia berkomunikasi dengan bahasa, hewan berkomunikasi dengan bahasa. Selain itu, bahasa dapat menunjukkan identitas suatu bangsa, sebagai simbol kesatuan bangsa, dan pemersatu keanekaragaman bangsa. Tanpa bahasa, bisa jadi tidak ada kehidupan di dunia ini. Yang ada hanyalah sekumpulan makhluk hidup yang tanpa interaksi dan komunikasi. Oleh karena itu, bahasa adalah hal yang vital sebagai bagaian dari kehidupan di dunia ini.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dunia itu tanah, batu-batuan, air, dan segala di dalamnya. Mereka diam, hening, dan tidak berkata-kata. Mereka berbahasa dalam diam. Jangan menyakiti dunia, dunia akan mengungkapkan bahasa kasarnya dalam bencana, tanah longsor, dan banjir. Hargai dunia maka ia akan halus berbahasa. Ia akan memberikan hasil alam yang melimpah, rejeki pada umat, pekerjaan yang layak, dan kenikmatan-kenikmatan dunia lainnya. Maka berbahasalah dengan penuh etika, tidak hanya pada sesama, melainkan untuk seluruh dunia.

    ReplyDelete
  8. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Prof
    Ketika aku berpikir aku juga sedang memikirkan kata-kata dan istilah tentang yang aku pikirkan, ketika aku bertanya aku menggunakan kata-kata, ketika aku menjawab aku menggunakan kata-kata, ketika aku mendengar aku mendengar bahasa bahkan ketika aku mendengar kicauan burung itu adalah bahasa burung, ketika aku mendengar rintikan hujan itu juga bahasa hujan, ketika aku menggerakkan tanganku itu adalah bahasa tubuh. Ternyata aku menemukan bahwa dunia ini adalah bahasa.

    ReplyDelete
  9. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    mensintesiskan bahwa dunia adalah bahasa bisa dilihat dari bagaimana manusia di dunia ini berkomunikasi satu dengan yang lainnya. maka diperlukan bahasa, untuk mempermudah komunikasi. filsafat sekarang adalah filsafat bahasa. keberagaman bahasa juga harus disikapi dengan baik. karena salah menggunakan kata-kata bisa berbahaya. dikarenakan ada beberapa kata yang memiliki tulisan sama, tetapi arti yang berbeda di beberapa bahsa.

    ReplyDelete
  10. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Bahasa dijadikan sebagai kekuatan budaya serta tidak lupa juga sosial oleh seluruh orang. Siapa yang bisa berbahasa secara internasional maka dari itu pula seseorang dapat dan mampu "menguasai dunia". Karena itu kini bahasa dijadikan sebagai sesuatu yang sangat penting oleh masyarakat dunia. Karena dengan atau tanpa bahasa seorang individu maupun kelompok masyarakat pada suatu negara tidak dapat melakukan transaksi. Mengapa, karena tidak adanya alat untuk menyampaikan maksud tertentu yaitu bahasa.

    ReplyDelete
  11. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Dunia adalah sesuatu yang abstrak. Dunia adalah dunia. Dunia adalah sesuatu yang tidak diketahui sudut-sudutnya. Dunia adalah sesuatu yang tidak dapat bicara. Yang kita ketahui saat ini tentang bagaimana definisi dunia, apa saja komponen penyusunnya, siapa saja yang ada di dalamnya hanyalah apa yang kita ungkapkan lewat ucapan ataupun tulisan. Maka, benar juga jika dunia adalah bahasa.
    "Bahasa" menjembatani kita memperoleh gambaran dan menggambarkan apa itu dunia. Maka, tidaklah heran jika definisi dunia akan berbeda-beda tergantung siapa yang mendefinisikan, karena sudut pandang berbahasa tiap-tiap orang tidaklah sama. Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Tiadalah dunia jika tak ada bahasa. Betapa hampanya dunia ini jika tak bisa digambarkan dengan bahasa. Betapa hampanya relasi manusia jika tak digambarkan dengan bahasa. Bahasa adalah aspek penting dalam kehidupan di dunia. Karena itu benarlah bahwa dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  13. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Tesis : Hidup di dunia membutuhkan komunikasi
    Anti Tesis : Komunikasi membutuhkan bahasa
    Sintesis : Maka sejatinya dunia adalah bahasa

    Manusia sebagai makhluk sosial perlu untuk berinteraksi dengan manusia lainnya sebagai salah satu ciri-ciri dia hidup. Interaksi ini tak terbatas dengan ruang dan waktu. Bisa saja dia mengelilingi dunia bertemu dnegan berbagai manusia di belahan dunia, maka kunci baginya untuk berinteraksi dengan berbagai orang ini adalah bahasa yakni komunikasi dengan bahasa mereka. Bahada sangat penting karena bahasa merupakan jembatan bagi kita untuk saling memahami. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  14. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Untuk berinteraksi antara satu dengan yang lain, manusia memerlukan media untuk dapat melakukannya. Media komunikasi antar manusia itu adalah bahasa, baik berupa bahasa lisan, bahasa tulisan, maupun bahasa tubuh. Sebuah dunia tanpa bahasa sesungguhnya tidaklah dapat dikatakan dunia, karena tidak akan terjadi interaksi dan komunikasi di dalamnya. Bahasa membantu kita untuk dapat memahami, mengerti dan mempelajari sesuatu. Jadi, dapat dikatakan bahwa dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  15. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Dunia adalah alam kehidupan, dimana didalam kehidupan pasti ada sebuah bahasa. Bagaimana tidak jika tidak ada bahasa didalam kehidupan. Dimana bahasa itu sendirilah yang membuat dunia menjadi hidup. Dengan adanya bahasa maka adanya interaksi diantara makhluk hidup. Coba bayangkan saja jika di dunia ini tidak ada satupun bahasa. Bagaimana kita dapat berkomunikasi terhadap satu sama lain mungkin kita tidak bisa meminta bantuan dan memaksa kita untuk hidup secara sendiri sendiri. Bahasa bukanlah hanya bahasa saat kita berbicara saja. Banyak bahasa lain seperti bahasa tubuh juga disebut bahasa karena seseorang dapat mengerti dengan apa yang hendak dia sampaikan walaupun dia tidak berbicara.

    ReplyDelete
  16. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Menenmukan bahwa dunia adalah bahasa. Dapat kita pandang bahwa jika kita berbuat sesuatu pasti ada dampaknya. Misal, jika kita membuang sampah sembarangan di sungai. Ketika hujan, maka ada kemungkinan untuk banjir, ini salah satu merupakan bahasa dunia bahwa dunia menyuruh kita untuk tidak membuang sampah sembarang, agar tidak terjadi banjir. Inilah yang mengemukakan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dalam pemahaman kami inti dari kehidupan di dunia adalah komunikasi, bahkan hewan pun berkomunikasi dengan sesamanya. Apalagi manusia yang merupakan makhluk sosial, manusia tak akan bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lainnya. Dalam menjalani kehidupan antara manusia satu dan manusia lainnya senantiasa melakukan komunikasi. Komunikasi bisa lewat verbal (percakapan langsung) maupun lewat tulisan. Semua komunikasi itu menggunakan bahasa, karena inti dari komunikasi adalah bahasa, tanpa adanya bahasa maka komunikasi tak mungkin trwujud. Jadi pada dasarnya dunia ini sesungguhnya terliputi oleh bahasa dan bahasa, apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi, sehingga penyebaran informasi melalui media pun semakin berkembang dan maju dan bahasa pun semakin sangat berperan dalam membangun dunia. Sehingga dunia itu tidak lain dan tidak bukan adalah bahasa itu sendiri.

    ReplyDelete