Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Dunia itu adalah Bahasa.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikianlah selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

32 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Wujud Bahasa itu bermacam-macam. Diriku adalah Bahasa. Dirimu adalah Bahasa. Elegi-elegi pada blog ini adalah Bahasa. Manusia hidup di dunia ini memerlukan Bahasa. Bahasa disesuaikan dengan struktur masyarakatnya. Segala sesuatu di dunia ini bermuara ke Bahasa. Maka, sebenar-benar dunia adalah Bahasa.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Dunia mempunyai berbagai macam bahasa, diriku merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Di setiap belahan dunia mempunyai berbagai macam bahasa, bahasa merupakan alat berkomonikasi antar manusia dengan bahasa kita bisa mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. Dengan bahasa juga kita dapat menggambarkan segala yang ada dan mungkin ada. Seperti yang ketahui sebelumnya bahwa dunia memuat yang ada dan mungkin ada. Maka sebenarnya dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Bahasa merupakan alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan dan pikiran. Dalam dunia ini bahasa tak dapat dipisahkan dari kata-kata, bicara, dan tulisan. Ketiganya merupakan bahasa. Bahasa terdiri dari kata-kata. Bicara pun juga merupakan bahasa, bicara adalah bahasa lisan. Tulisan pun juga merupakan bahasa, tulisan adalah bahasa yang tertulis. Masing-masing bahasa tersebut dapat digunakan dalam filsafat sesuai dengan ruang dan waktu saat itu, sesuai dengan fungsinya masing-masing, sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Dapat dikatakan bahwa dunia baik dunia dalam arti sesungguhnya maupun dunia yang ada dalam pikiran kita adalah bahasa.

    ReplyDelete
  5. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bahasa sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan informasi baik secara lisan maupun tulisan memiliki peranan besar dan penting dalam kehidupan manusia. Dengan mempelajari bahasa, kita dapat mengetahui dan memahami informasi, pemikiran-pemikiran orang lain, serta dapat berinteraksi dengan orang yang lain di berbagai belahan dunia. Dengan bahasa kita dapat membuka jendela dunia dan menemukan bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  6. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jati diri seseorang terlihat dari bahasanya. Begitu mungkin ungkapan yang menggambarkan bahasa sebagai dunia seseorang. Bahasa digunakan seseorang untuk mengungkapkan apa yang dia pikirkan. Dan lagi, melalui bahasa kita bisa menemukan dunia karena bahasa merupakan identitas utama seseorang.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Bahasa adalah diriku. Bahasa adlah diri kita sendiri. Sebaik-baiknya bahasa adalah saat kita bisa mebahasakan diri dengan baik. Orang yang baik adalah dia yang mampu membawa dirinya pada dunianya dengan bahasanya. Bahasa adalah wujud dari pikiran. Bahasa kita baik artinya pikiran kita baik begitu sebaliknya.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D
    dengan bahasa kita bisa mengkomunikasikan apa yang ada di fikiran kita. semua yang difikiraan tidak terlepas dari bahasa. dan difikiran kita tidak terlepas juga dari dunia. dan dengan bahasa kita bisa menemukan dunia kita dalam berfikir dan bertindak

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dunia adalah bahasa. Jika saya diminta untuk mendeskripsikan kata tersebut, yang dapat saya katakan adalah bahwa dunia ini adalah wadah untuk setiap isinya berinteraksi antar sesama dan berinteraksi dengan Tuhannya. Bahasa jugalah yang membentuk dunia, karena dengan bahasa, manusia bertukar pikiran untuk mewujudkan gagasan yang dimilki sehingga terbentuklah dunia sesuai pikiran manusia.

    ReplyDelete
  10. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Setiap kata mempunyai makna dan bisa diterjemahkan dalam bentuk bahasa sesuai pemikiran orang yang menerjemahkannya itu. Ketika bicara dunia maka sebenarnya kita bisa mengatakan bahwa dunia ini adalah sebuah bahasa yang bermacam-macam makna. Ketika dunia ini disinari mentari maka berbeda bahasa dengan ketika dunia ini tidak disinari mentari. Maka dari itu manusia disuruh untuk membaca tentang bahasa dunia sebagai bekal untuk bahasa di kemudian hari. Maka siapa yang bisa membahasakan dunia ini dengan kebaikan maka diakhirat nanti dia akan mendapatkan kehidupan yang bahagia dan sebaliknya siap yang membahasakan dunia ini dengan penuh kejelekan maka diakhirat nanti dia akan mendapatkan kesengsaraan. Maka dunia ini adalah sebagai bahasa untuk kehidupan yang akan datang.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain, dengan lingkungan kita, bahkan dengan dunia ini. Kita saling menerjemahkan, saling berhemenetika. Penggunaan bahasa yang baik, sangat diperlukan agar interaksi yang dibangun tidak menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan kekacauan. Oleh karenanya bahasa merupakan unsur pembangun dalam kehidupan kita. Segala yang ada di dunia ini merupakan simbol-simbol dari apa yang kita pikirkan, yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi selama berinteraksi dengan orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa dunia itu sendiri adalah bahasa.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Bahasa dapat digunakan seseorang untuk menggambarkan apa yang dalam pikirannya. Sementara itu gagasan yang ada dalam pemikiran manusia tidak terbatas. Gagasan mengenai dunia dapat dikomunikasikan melalui bahasa-bahasa. Meskipun tidak semuanya apa yang ada dalam pikiran dapat dikemukakan melalui bahasa, tetapi bahasa dapat merepresentasikan gagasan yang ada dalam pikiran, salah satunya gagasan mengenai dunia. Oleh karenanya dunia juga adalah bahasa.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pemersatu dunia ini adalah bahasa dengan adanya bahasa internasional kita di dunia ini dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda tempat tinggal dengan kita, berkat adannya bahasa setiap Negara di dunia dapat menjalin komunikasi yang baik dan bisa saling mambantu dalam pendidikan perekonomian, dan seriap Negara juga di wajibkan mempelajari lebih dari satu bahasa agar seandainya ada pertukaran pelajar, pelajar kita di Indonesia dapat menguasai dan berkominikasi dengan baik dengan warga Negara yang lain. Namun bahasa juga dapat menjadi boomerang, salah dalam berbahasa dapat di artikan berbeda oleh setiap orang, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam berbicara.

    ReplyDelete
  14. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Dunia itu adalah bahasa. Di dunia ini terdapat beragam bahasa, setiap negara memiliki bahasa negaranya sendiri, bahkan tiap negara juga memiliki beberapa bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Setiap bahasa akan menyesuaikan ruang dan waktu. Dunia tanpa bahasa akan menjadi rumit, bahasa mempermudah orang untuk menyampaikan apa yang akan disampaikan dan menerima apa yang ingin ia terima.

    ReplyDelete
  15. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dunia yang kita kenal memiliki berbagai macam bunyi. Salah satunya adalah Bahasa yang dipakai manusia. Huruf-huruf ada karena ada bunyi dan kemudian diwujudkan dalam bentuk nyata yaitu huruf yang dipakai untuk berkomunikasi. Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia. Anak-anak belajar membangun pikirannya dari mendengar suara-suara yang diucapkan oleh orang lain maupun benda-benda sekitarnya. Dengan Bahasa yang dipakai, kita dapat mengenal lebih jauh tentang suatu kebudayaan tertentu. Dengan demikian, saat kita mengerti tentang Bahasa, sesungguhnya kita sedang membuka jalan untuk pengenalan akan dunia.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dengan saran bahasa para filsuf dapat memberikan pandangan-pandangan tentang dunia ini. Dalam suatu pepatah dikatakan bahwa “Tiada kehidupan tanpa sebuah bahasa".Bahasa dan filsafat berjalan berpapasan mengikuti arus sesuai dengan peralihan dari siang ke petang, dari hari kemarin ke hari esok. Sesorang akan mampu berfilsafat jika bahasa itu ada, begitu juga dengan adanya bahasa, seseorang itu akan berbahasa sesuai dengan hasil penalaran, proses kerja otak dan menghasilkan pengetahuan yang diolah melalui filsafat. Jadi kedudukan bahasa di dunia ini sangat penting. Bahasa tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi tetapi juga bahasa digunakan untuk menterjemahkan fenomena-fenomena yang terjadi di dunia ini.

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat berguna. Bahsa digunakan antar sesama makhluk untuk berinteraksi, melakukan sosialisasi, melakukan aktivitas dalam berbaga aspek kehidupan.
    Bahasa adalah milik semua makhluk. Bukan saja manusia, hewan dan lainnya tentu memiliki bahasa yang hanya dimengerti oleh mereka sendiri.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Filsafat kontemporer adalah filsafat komunikasi atau bahasa atau analitik. Sebenar-benarnya diriku adalah bahasaku, sebenar-benarnya diriku adalah kata-kataku, maka dapat dikatakan bahwa sebenar-benar dunia ini adalah bahasa itu sendiri. Hal ini dikarenakan betapa pentingnya bahasa. Maka komunikasi menjadi sangat penting dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  19. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Bahasa dijadikan sebagai landasan atau acuan dalam berfilsafat. Bahasa dianggap sebagai alat yang dapat mengungkapkan gerak-gerik hati manusia, terutama ia berpikir, bagaimana pandangannya mengenai dunia dan manusia itu sendiri tanpa terlebih dahulu menyusun sistemnya. Dalam hal ini, menurut Verhaar bahasa mengandung dua pengertian; bahasa eksklusif yaitu bahasa komunikasi sehari-hari yang dipakai sebagai pedoman filsafat analitik dan bahasa inklusif yaitu bahasa musik, bahasa cinta, bahasa alam yang dijadikan arahan dalam hermeneutika. segala aktivitas tidak terlepas dari bahasa, mencintai adalah bahasa, bertengkar adalah bahasa, memuja adalah bahasa, sembahyang adalah bahasa, sholat adalah bahasa, zikir adalah bahasa, dll. Sehingga semua yang ada dan mungkin ada adalah bahasa.

    ReplyDelete
  20. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Belajar filsafat membuat seseorang berpikir dari yang ada menjadi tidak ada, dari yang tidak ada menjadi ada. Tak pernah terlintas dipikiranku bahwa dunia adalah bahasa, namun ternyata secara filsafat dapat kita pandang dunia sebagai bahasa. Dunia sebagai bahasa itu seperti apa ? Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan orang, dengan bahasa kita dapat belajar filsafat. Karena bahasa merupakan bahasa komunikasi, maka saya ingin mengucapkan Selamat Hari Komunikasi sedunia, 28 Mei 2017.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Bahasa memang merupakan salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan, dan hal ini merupakan anugerah yang Tuhan berikan secara percuma bagi umatNya. Dalam tingkah laku kita menunjukkan tentang komunikasi. Komunikasi bisa secara verbal, tulisan atau pun yag lainnya. Saat berhubungan dengan orang lain kita membutuhkan bahasa agar bisa saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itulah maka dunia itu tersusun atas bahasa-bahasa.

    ReplyDelete
  22. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Sebenarnya dunia adalah bahasa. Apa jadinya dunia ini tanpa bahasa. Akan terasa sepi tanpa ada suara suara lembut, lirih, keras, kasar, menenangkan, menyakitkan, membahagiakan. Semua dapat diungkapkan dengan bahasa. tentunya setiap orang dapat memehami apa yang diungkapkan orang lain salah satunya dengan bahasa. bahasa isyaratpun tetap menurut saya disebut bahasa. bahasa adalah penting bagi hidup atau tidaknya Negeri ini.

    ReplyDelete
  23. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Setiap saat dan setiap waktu, kita menggunakan bahasa. Saat kita berpikir, berbicara, dan menulis, kita menggunakan bahasa. Bahasa tak pernah lepas dari kehidupan kita. Hidup penuh dengan bahasa. Dari awal kita lahir sampai kita meninggal, kita selalu menggunakan bahasa. Jadi, hidup adalah bahasa.

    ReplyDelete
  24. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dunia adalah bahasa. Bahasa digunakan manusia untuk mengungkapkan sesuatu, sesuatu itu bisa berarti banyak hal, dalam mengungkapkan sesuatu itu manusia menggunakan olah pikirnya dalam menyusun setiap kata melalui bahasa. Bahasa jugalah yang membentuk dunia, karena dengan bahasa, manusia bertukar pikiran untuk mewujudkan gagasan yang dimilki sehingga terbentuklah dunia sesuai pikiran manusia. Dengan bahasa manusia dapat menemukan dunia.

    ReplyDelete
  25. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dunia itu adalah Bahasa. Dengan berbahasa maka akan menggapai dunia. Manusia berbahasa unutk berkomunikasi. Dengan berkomunikasi maka manusia salaing berinteraksi atau saling bersilaturahim. Sehingga bahasa sebagai pengantarnya. Semakin hebat manusia berbahasa maka semakin banyak pula manusia yang dapat disilaturrahimi. Sampai daerah pelosokpun dapat dihampiri dengan bahasa. Sehingga bahasa tidak lain adalah dunia. Dan dunia itu adalah bahasa.

    ReplyDelete
  26. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bahasa yang ada dan mungkin ada tidak hanya bahasa lisan seperti halnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
    Seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa daerah masing-masing (bugis, jawa, sunda dll).
    Namun ada juga bahasa lain yang selain bahasa lisan seperti bahasa isyarat yang mungkin berlaku bagi hewan.
    Ataupun bahasa isyarat yang digunakan oleh manusia yang memiliki kekurangan.

    ReplyDelete
  27. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Bahasa bukan hanya perkataan seseorang, bukan pula hanya sebuah tulisan yang memiliki arti. Bahasa memiliki arti yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya. Semua yang ada dan yang mungkin ada memiliki bahasanya masing-masing. Pintu memiliki bahasa, jendela memiliki bahasa, lantai memiliki bahasa, rumput memiliki bahasa, dan seterusnya. Di dunia ini tidak terlepas dari yang ada dan yang mungkin ada, maka dunia itu meupakan bahasa itu sendiri. Karena dengan bahasa kita mengenal dunia dan karena ada dunia maka ada bahasa. Dengan kata lain bahwa dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  28. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Filsafat dengan segala bahasa analognya hingga terkadang tak mampu untuk kita pahami. Untuk menterjemahkan (hermeneutika) maka perlu bahasa yang komunikatif agar dapat dipahami. Bahkan apa mengomunikasikan/menterjemahkan apa yang aku pikirkan pun perlu bahasa agar orang lain mengerti dan paham tentang apa yang aku pikirkan dan maksud kita. Bahwa sebenar-benar filsafat dalam diriku adalah bahasa bahkan objek filsafat meliputi segala yang ada dan yang mungkin ada adalah bahasa. Sehingga aku menemukan bahwa sebenar-benar dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  29. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Sejak kecil kita sudah diajarkan berbagai bahasa oleh Ibu kita. tetapi saya sedikit merasa miris dan kecewa dengan seorang anak yang berasal dari suatu suku, tetapi ia malah diajarkan bahasa lain. padahal bahasa daerahnya tersebut juga menurut saya wajib diperlajari apalagi di lingkungan si anak itu bermain ia akan menggunakan bahasa tersebut. tetapi entahlah karena alasan apa si orangtua langsung mengajarkan bahasa asing dan bukan bahasa daerahnya terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  30. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Di dunia ini pasti disatukan dengan bahasa, tanpa bahasa tidak ada komunikasi yang terjalin. Jika tidak ada komunikasi maka akan menjadi tidak berjalan seluruh kegiatan di dunia ini. seakan akan menjadi mati. jadi bahasa itu penting wajib diajarkan dan di lestarikan, apalagi bahasa daerah yang kini sudah mulai luntur.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Menurut Vygotsky (Crain, 2007) manusia menciptakan ‘alat-alat psikologis’ untuk menguasai tingkah lakunya sendiri. Vygotsky menyebut beragam peralatan psikologi yang digunakan manusia untuk membantu ini sebagai rambu-rambu berfikir dan bertingkah laku, dan menurutnya manusia tidak bisa memahami pikiran manusia lainnya tanpa menguji terlebih dahulu tanda-tanda yang disediakan budaya. Sistem tanda tersebut, salah satunya adalah bahasa. Bahasa merupakan alat komunikasi dan interaksi secara verbal ataupun nonverbal untuk memahami pikiran orang lain. Tanpa adanya bahasa, dunia akan menjadi tanpa makna. Maka dunia adalah bahasa.

    ReplyDelete
  32. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hanya manusia yang memiliki sistem simbol untuk berkomunikasi. Makhluk lain, seperti binatang memang berkomunikasi dan mempunyai bunyi, tetapi sistem itu bukanlah kata-kata. Perkembangan bahasa inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya karena manusia diberi kelebihan dalam berpikir. Manusia mempergunakan bunyi-bunyi tertentu dan disusun dalam cara tertentu adalah secara kebetulan saja.

    ReplyDelete