Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Black hole merupakan lubang hitam di luar angkasa yang memiliki karakteristik tersembunyi, bergerak cepat dan menelan apa yang ada dihadapannya (vacuum cleaner). Black hole juga memiliki gravitasi yang tinggi sehi9ngga mampu menyerap benda apapun bahkan cahaya tidak bisa menghindar darinya.


    Adapun black hole menurut Al-Qur’an dalam Daarut Tauhid (2013) menyatakan bahwa fenomena black hole dalam al-Quran, yaitu di surah at-Takwir [81] ayat 15-16.

    "Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu."

    Dalam ayat ini Allah bersumpah dengan salah satu mahluk-Nya, yaitu bintang yang bernama atau memiliki tiga karakter. Pertama, khunnas (الْخُنَّسِ) yang tersembunyi dan tidak terlihat. Karenanya, setan disebut juga khannaas (الخناس) karena ia tidak terlihat oleh bani Adam. Ini persis yang disebutkan ilmuwan tentang karakter black hole yakni invisible. Kedua, aljawaar (الْجَوَارِ) bergerak cepat dan sangat cepat. Ini sesuai dengan karakter black hole kedua yakni moves. Lafaz al-Quran tajri lebih perfect dibanding penjelasan ilmuwan, sebab kata ini bermakna bergerak cepat atau lari. Sementara moves tidak menggambarkan bergerak dengan cepat. Ketiga, al kunnas (الْكُنَّسِ) yang menyapu dan menelan setiap yang ditemuinya. Ini sesuai dengan karakter black hole yaitu vacuum cleaner.

    Kunnas berasal dari kanasa artinya menyapu, miknasah alat untuk menyapu. Kunnas bentuk jamak dari kaanis yang menyapu. Kunnas adalah shigat muntaha jumuk (bentuk jamak paling tinggi) dari bentuk tunggal kaanis.

    Para ulama tafsir klasik menjelaskan makna khunnas al jawaril kunnas adalah bintang yang cahayanya tidak muncul di siang hari dan muncul di malam hari. Namun ini hanya penafsiran bukan makna sesungguhnya. Penafsiran paling sesuai dengan realitas alam raya adalah black hole. Barangkali hal ini juga yang diisyaratkan oleh Al-Quran, "Apabila matahari digulung," (QS. at-Takwir [81]: 1). Wallahualam bishawab.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.