Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

36 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Black Hole atau lubang Hitam merupakan tempat di ruang angkasa dimana terdapat suatu Grafitasi yang sangat kuat, bahkan cahaya pun tidak bisa menembus keluar atau masuk. Gravitasi ini begitu kuat karena hal ini telah diperas ke dalam ruang kecil. black hole atau lubang hitam dapat terjadi ketika bintang sedang sekarat atau mendekati akhir hidupnya suatu bintang. Karena cahaya tidak dapat keluar ataupun masuk, orang tidak dapat melihat lubang hitam. hanya dengan Teleskop Ruang angkasa dengan alat khusus dapat membantu menemukan lubang hitam. Dari black hole tersebut tata surya yang ada masih kalah dengan black hole yang lebih besar berlipat lipat dari matahari. Hal ini menunjukkan bahwa alam semesta begitu luas dan besarnya sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Kalau ciptaannya saja begitu besar apalagi penciptanya, sungguh Allah Maha Besar. Seberapa besar manusia itu? Sungguh sangat kecil sekali. Oleh karena itu, sebagi manusia di bumi ini janganlah sombong.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Black hole atau lubang hitam merupakan medan gravitasi yang sangat kuat. Akibatnya, benda-benda langit tersedot dengan intensitas tinggi tanpa kecuali. Jika diumpamakan, black hole ini merupakan pemimpin yang dibutakan oleh kekuasaan yang dimiliki. Pemimpin yang jika ada kesempatan selalu mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri. Pemimpin yang mengabaikan hak obyek kekuasaannya, dan malah menjungjung tinggi haknya. Pemimpin yang melakukan kerja sama dengan pihak lainnya yang bertujuan untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari obyek kekuasaannya. Itulah godaan yang paling besar bagi orang yang berkuasa adalah menggunakan kekuasaannya. Padahal sifat dari kekuasaan tersebut selalu menimpa dan tertuju kepada obyek kekuasaaanmu. Tetapi ingatlah apapun yang kita lakukan di dunia ini, Allah SWT mengetahui segalanya. Maka barang siapa yang menyalahgunakan kekuasaan, itu lah orang-orang yang berbuat dholim.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lubang hitam yang biasa disebut black hole adalah bagian dari ruang dan waktu yang mempunyai gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur apabila sudah masuk ke dalam black hole ini. Black hole dapat memiliki ukuran sebesar apapun, dari mikroskopik sampai ke ukuran jagad raya yang dapat diamati. Sudah ada beberapa peneliti yang membuktikan bahwa black hole itu benar ada. Lubang hitam ini merupakan sebagian dari obyek-obyek angkasa sebagai bukti bahwa semesta alam ini ada.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ada begitu banyak misteri di ruang angkasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Black Hole, atau Lubang Hitam. Lubang raksasa ini senantiasa memiliki daya tarik bagi ilmuwan maupun manusia awam karena diketahui berukuran raksasa, bergerak, serta diketahui menelan apapun yang berada dalam jangkauan gravitasinya, termasuk sinar, dan telah ditemukan beberapa di ruang angkasa. Konon, apapun tak ada yang bisa lolos begitu tercengkeram Lubang Hitam. Kebaradaan yang dirasakan mengerikan bagi manusia.Menurut para ilmuwan, black hole adalah obyek ruang angkasa yang memiliki gravitasi yang begitu kuat sampai-sampai tak ada apapun di dekatnya yang dapat cukup cepat untuk meloloskan diri begitu tertangkap oleh tarikan gravitasinya. Lubang-lubang hitam itu juga disebut "bintang-bintang yang membeku (frozen stars)" karena dapat terbentuk dari bintang-bintang yang mati karena telah kehabisan bahan bakar untuk fusi nuklirnya pada intinya. Keberadaan Black Hole diperkirakan baru ada sekitar beberapa abad yang lalu, namun baru bisa dicari beberapa dekade yang lalu.

    Sinarpun dapat ditelan, tak mengherankan jika Black Hole tak kasat mata. Tak mengherankan pula jika para ilmuwan sendiri belum pernah melihat seperti apa sesungguhnya wujud Black Hole itu, namun mereka dapat merasakan keberadaannya dari radiasi energinya saat lubang hitam tersebut menelan suatu materi. Mengenai cara kerja Black Hole, para ilmuwan kita masih belum benar-benar mengetahuinya, karena teori-teori fisika terbaik manusia sudah gagal duluan setiap kalinya untuk mendeskripsikan Black Hole. Ada asumsi ilmuwan bahwa, jika manusia jatuh ke dalam lubang hitam dalam posisi berdiri, maka tarikan gravitasi pada kakinya akan lebih besar ketimbang pada kepalanya sehingga tubuh manusia itu akan mulur seperti permen karet. Proses ini disebut "spaghettification"oleh seorang pakar astrofisika Inggris Sir Martin Rees. Namun sebenarnya tak ada proses "penyedotan" semacam itu menurut sebagian ilmuwan lainnya, karena penyedotan melibatkan penarikan sesuatu ke sebuah vacuum (ruang kosong), sementara black hole itu sendiri begitu padat sehingga tak mungkin kosong, dengan demikian tak dapat dikatakan menyedot. Maka, jika ada yang masuk ke lubang itu, prosesnya adalah lebih seperti jatuh ke dalam sumur ruang angkasa.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Black hole adalah adalah sesuatu yang besar namun tidak ada isinya sehingga memiliki gaya gravitasi yang besar. Black hole ini singkat pengertiannya adalah lingkaran hitam. Tentunya jika dalam kehidupan black hole ini mengingatkan kita untuk jangan bersikap sombong karena sesuatu yang terlihat besar namun tidak berisi mudah jatuh ke bawah. dan mengakibatkan kita hanya akan berada pada lingkaran hitam yang menyesatkan

    ReplyDelete
  7. Manusia tdiciptakan sangatlah tak berdaya jika dibandingkan dengan seisi alam semesta ini. Manusia bak butir pasir dilautan. Jika melihat pada benda-benda astronomi yang ada di semesta maka apapun yang ada didalamnya masih mungkin banyak yng tidak dapat kita ketahui oleh manusia. Pengetahuan yang terbatas dan kemampuan manusia ini bukan menjadi penghalang dari rasa keingintahuannya, yang terus belajar untuk menemukan bukti nyata tentang adanya benda atau fenomena yang luar biasa dimuka bumi salah satunya adalah Black Hole. Definisi black hole sendiri mengatakan bahwa kekuatannya yang sangat luar biasa. Sifat black hole inilah yang menunjukan kembali posisi manusia yang tidak ada artinya. Bumi yang kecil ini jika dibandingkan dengan black hole itu apakah masih ada kebermaknaan manusia itu sendiri?

    ReplyDelete
  8. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Black hole disini maksudnya adalah sesuatu yang besar namun tidak ada isinya sehingga memiliki gaya gravitasi yang besar. Tentunya black hole ini mengingatkan kita untuk jangan bersikap sombong karena sesuatu yang terlihat besar namun tidak berisi mudah jatuh ke bawah. Karena keegoisan dan kesombongan yang dimiliki manusia lebih mengutamahan kepentingan duniawi saja dan melupakan hal-hal yang bersifat spiritual. Hal ini tentunya kurang baik jika terjadi pada diri kita dan lingkungan kita. Oleh karena itu, kita hendaknya senantiasa menghindarkan diri dari keinginan untuk memiliki sesuatu secara berlebihan, keinginan untuk menguasai ini dan itu serta lebih menempatkan sikap spiritual yang paling utama dan pertama.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Black hole adalah adalah sesuatu yang besar namun tidak ada isinya sehingga memiliki gaya gravitasi yang besar. Tentunya black hole ini mengingatkan kita untuk jangan bersikap sombong karena sesuatu yang terlihat besar namun tidak berisi mudah jatuh ke bawah.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Black hole atau yang kita kenal sebagai lubang hitam menjadi objek misterius yang ada di alam semesta. Lubang hitam merupakan bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat. Medan gravitasi objek seperti ini sangat ekstrim sehingga untuk bisa lepas dari tarikan gravitasinya kita membutuhkan kecepatan cahaya atau bahkan lebih besar dari kecepatan cahaya untuk bisa keluar dari sana. Karena tidak ada objek yang dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya, maka praktis tidak ada partikel apapun yang bisa lolos dari lubang hitam kalau sudah memasuki jarak tertentu dari lubang hitam (National Geograhic, 2015).

    ReplyDelete
  11. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. saya membaca informasi tentang lubang hitam di http://langitselatan.com/2015/02/26/monster-lubang-hitam-di-awal-alam-semesta/ .Lubang hitam merupakan obyek yang memiliki gravitasi super kuat dimana cahaya pun tidak dapat lepas darinya. Pada usia 900 juta tahun, alam semesta baru saja meninggalkan era kegelapan. Era kegelapan alam semesta adalah masa ketika cahaya belum bisa melakukan perjalanan sehingga tidak ada informasi apapun yang bisa diterima dari masa itu. Setelah alam semesta keluar dari era kegelapan, ia memasuki era reionisasi dimana bintang mulai bersinar. Berdasarkan hasil pengamatan Planck yang terbaru, era reionisasi diperkirakan berakhir pada saat alam semesta berusia 900 juta tahun. Menurut Chriss Willot dari Canadian Astronomy Data Centre di Victoria, sebagian lubang hitam memulai hidupnya bukan dari keruntuhan gravitasi bintang melainkan dari keruntuhan awan gas super raksasa.

    ReplyDelete
  12. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016
    Pada film atau buku bertema fiksi sains atau biasa disingkat sci-fi, maka akan terdengar kalimat black hole atau lubang hitam yang merupakan pintu gerbang menuju dunia atau dimensi lain. Setidaknya, itulah yang disangka orang selama ini, yang digambarkan dalam banyak mitos.
    Menurut ilmuwan, faktanya tak sesederhana anggapan. Sebab, jika kita masuk ke lubang hitam justru sesuatu yang buruk akan terjadi.
    Sebelum dapat masuk ke dalam sebuah lubang hitam, badan manusia niscaya akan tertarik seperti spageti dan bahkan atom-atom di dalam tubuh akan berpisah.
    Seandainya bisa masuk ke dalam lubang hitam, kita mungkin akan kembali ke tempat awal atau bahkan terdampar di lokasi yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori Medan Quantum dalam Ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa Event Horizon memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa Lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati Lubang hitam bermassa bintang atau lebih.Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking.Istilah lubang hitam mulai populer ketika John Archibald Wheeler menggunakannya pada ceramah-ceramahnya pada tahun 1967. Walaupun ia dianggap luas sebagai pencetus pertama istilah ini, namun ia selalu menampik dengan pernyataan bahwa ia bukanlah penemu istilah ini.Pada mulanya, bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Darisana, maka bintangnya kolaps, dan kemudian mengalami ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam.( sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam)

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Black hole mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi alam raya. Black hole dapat diartikan sebagai lubang hitam. Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori Medan Quantum dalam ruang dan waktu melengkung memprediksi bahwa Event Horizon memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa Lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati Lubang hitam bermassa bintang atau lebih.
    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Harapannya manusia dapat bertindak sebaik baiknya disisi lain manusia memliki sisi buruk yang terkadang muncul karena suatu keadaan dan pikiran yang terlalu terbuka karena hati tak mampu menjaga. beberapa sumber, mengatakan bahwa (Lubang hitam) tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri.
    Banyak obyek (termasuk bumi dan matahari) tidak akan pernah menjadi lubang hitam karena tekanan gravitasinya tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Black hole adalah bintang raksasa berbentuk lubang hitam yang mampu menyedot dan menyapu semua benda langit di sekitarnya. Black Holes atau lubang hitam bisa dibilang penemuan paling fenomenal di abad 20 di bidang astronomi. Sebelumnya, tak seorang ilmuwan yang pernah membayangkan bahwa di langit ada sejumlah bintang yang tampak mengerikan apalagi bintang itu memang tidak terlihat.Dalam sebuah ayat Alquran dijelaskan bahwa black hole yang tidak terlihat, dapat menelan dan bergerak sangat cepat. Ketiga sifat tersebut dijelaskan dalam Surah At-Takwir ayat 15-16 yang artinya "Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu". Ini menandakan bahwa sekali lagi kandungan sains modern dalam al-Quran terbukti dan teruji.

    ReplyDelete
  17. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Bersumber dari link http://www.kompasiana.com/ngarayana/black-hole-white-hole-teori-penciptaanku_54ff4104a33311d14c50f82e Gambaran simulasi black hole Berdasarkan pada fisika modern, Einstein sebagai penggagas teori relativitas umum mempostulatkan bahwa gravitasi merupakan akibat dari perubahan arah/pelengkungan ruang dan waktu. Oleh karena itu gravitasi merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari ruang dan waktu. Gambar ruang dan waktu yang disebabkan oleh suatu benda Einstein membuat gagasan yang benar-benar revolusioner dengan pernyataannya bahwa gaya gravitasi tidaklah bersifat seperti gaya-gaya yang lain. Suatu massa tidak menciptakan sebuah medan gaya di sekitarnya yang akan menyebabkan percepatan massa yang lain, namun massa akan mengubah struktur ruang dan waktu di sekitarnya. Oleh karena itu jika dalam teori Newton kita akan mengatakan bahwa bumi selalu ditarik oleh matahari karena gaya gravitasinya. Namun dalam teori relativitas umum kita akan mengatakan bahwa matahari telah mempengaruhi struktur ruang dan waktu di sekitarnya sehingga bumi bergerak bebas melintasi sebuah garis geodesik dalam lengkungan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  18. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Black Hole adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Melalui kacamata iman, Tuhan berfirman “Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam Gua-Gua Yang Gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman. [2 Pet. 2:4 - TB]” . Maka dari itu, hiduplah dalam kebenaran sehingga kita tidak masuk kedalam gua-gua kegelapan.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Adanya fenomena black hole ini menjelaskan kepada kita bahwa ada alam semesta dengan tingktan yang lenih ytinggi yang belum bisa sepenuhnya kita jangkau dengan akal kita kecuali hanya dengan perkiraan dan perhitungan sementara saja. Black hole merupakan suatu fenomena pemusatan massa yang menghisap benda-benda di sekitarnya, kemudian menyalurkannya ke white hole yang berada pada ruang dan waktu yang berbeda melalui saluran yang disebut degan worm hole. Wallahua’lam.

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.
    Seingga berawal dari sinilah teori Quantum yang dipopulerkan Oleh Stephen Hawking tersebut. Dengan teori ini kemudian Hawking berpendapat bahwa Bumi ini terjadi dengan sendirinya dan akan musnah denga sendirinya. Tidak ada Campur tangan Tuhan di dalam penciptaan Bumi. Jelaslah Bahwa Hawking seorang fisikawan membuktika teori ini adalah seorang atheis dimana tidak percaya akan keberadaan Tuhan yang tidak jelas wujudnya sebagai pengatur alam semesta.
    Namun kita harus cerdas menanggapi hal ini dari segi spiritual, dimana manusia sehebat-hebatnya puna mencari konsistensi wujud real dari Tuhan tidak akan mampu mendapatkannya kecuali telah ada di alam akhirat setelah kematian.

    ReplyDelete
  21. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Alam semesta adalah fana. Ada penciptaan, proses dari ketiadaan menjadi ada, dan akhirnya hancur. Di antaranya ada penciptaan manusia dan makhluk hidup lainnya. Di sana berlangsung pula ribuan, bahkan jutaan proses fisika, kimia, biologi dan proses-proses lain yang tak diketahui. Dalam buku Penciptaan Alam Raya karya Harun Yahya, penulis memperkokoh keyakinan akan terintegrasinya pemahaman Islam dan pemahaman manusia (ilmuwan) tentang asal muasal alam semesta. Adapun pertemuan pemahaman ayat Al Quran dan sains astronomi adalah bahwa alam semesta ini berawal dan berakhir; dan Al Quran lebih jauh memberi petunjuk bahwa alam semesta mempunyai Dzat Pencipta. Fenomena ini diharapkan menjadi pembuka jalan dan pemicu integrasi Islam dalam kehidupan manusia.
    Black hole atau lubang hitam terbesar di alam semesta telah ditemukan dengan berat 6,8 miliar kali massa matahari. Saking besarnya, lubang tersebut konon mampu menelan bumi beserta seluruh isi tata surya. Dengan ukuran cakrawala sebesar itu, diperkirakan seluruh isi tata surya tidak bisa melarikan diri dari tepi ini, termasuk cahaya sekali pun. Sebagai perbandingan, besarnya bisa mencapai empat kali lipat orbit planet Neptunus.

    ReplyDelete
  22. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lubang hitam sendiri dapat artikan sebagai sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar.
    Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum.
    Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan di dekatnya mendekati kecepatan cahaya.
    Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam".

    ReplyDelete
  23. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam wikipedia, lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori relativitas umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu. Asal mula lubang hitam, pada mulanya bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan akar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Darisana, maka bintangnya, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam.

    ReplyDelete
  24. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Lubang hitam adalah bagian dari Ruang Waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Lubang Hitam tercipta ketika suatu objek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Misteri lubang hitam yang bertebaran di angkasa lepas dikatakan menyamai konsep kejadian aneh yang terjadi di Segitiga Bermuda, apabila kapal atau kapal terbang yang melintasi kawasan perairan itu raib secara tiba-tiba. Bagaimanapun, lubang hitam seumpama lubang gergasi, ukurannya lebih luas daripada matahari serta langit di angkasa menyedot apa saja yang mendekatinya termasuk planet. Malah kekuatan tarikannya menyebabkan cahaya yang tidak memilik kekuatan juga tidak mampu melepaskan diri.

    ReplyDelete
  25. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Black hole atau lubang hitam merupakan bagian dari ruang dan waktu yang mempunyai gravitasi paling kuat bahkan cahaya saja tidak bisa kabur. Black hole inimenyerap apaun yang ada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi. Walaupun dikatakan mempunyai gravitasi yang kuat tetpi kekuatan yang paling tinggi dan hakiki hanyalah milik Allah SWT dengan demikian kita harus selalu berusaha dan berdo’a kepada Allah tanpa pernah berhenti.

    ReplyDelete
  26. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Black hole merupakan bagian dari ruang angkasa yang memiliki daya graviatsi yang kuat. Bahkan cahaya yang memiliki kecepatan tercepat dapat tertangkap oleh black hole. Bagian yang memiliki graviatsi terbesar tersebut dinamakan event horizon. Berikut saya lampirkan cuplikan singkat terkait teori black hole https://www.youtube.com/results?search_query=teori+black+hole . Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Nurrita Sabrina
    14301244010
    Pendidikan Matematika I 2014

    Berikut ini juga merupakan link yang mengilustrasikan mengenai proses black hole https://www.youtube.com/watch?v=liMK4Itd3vc

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Black Hole adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur (Wikipedia). Jika diintensifkan dan diekstensifkan pengertian black hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya), maka menurut saya black hole merupakan suatu fenomena dimana terjadinya kehilangan kesadaran akan ruang dan waktu. Maka black hole akan terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Dan sebenar-benar black hole adalah ketika kiamat tiba.

    ReplyDelete
  29. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Black hole tercipta akibat dari matinya suatu bintang yang lebih kuat dan padat dibanding matahari. Kemudian muncul pertanyaan dalam diri saya bagaimana jika terdapat dua black hole yang saling berdekatan? Bukannya masig-masing memiliki gaya yang tarik yang kuat ? Bagaimana jika besar gaya tarik mereka sama? Apa yang terjadi ?

    ReplyDelete
  30. Nurritta Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah membaca beberapa referensi mengenai spekulasi-spekulai tentang black hole saya menemukan sesuatu yang menarik. Fisikawan terkenal Stephen Hawkling menemukan bahwa ternyata Black Hole bisa mati seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  31. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu ilmuwan yang menyoroti mengenai Black Hole sekarang ini adalah Stephen Hawking fisikawan Inggris. Menurut beberapa artikel yang saya baca beliau mengatakan bahwa benda yang tersedot ke black hole tidak langsung musnah akan tetapi berpindah dimensi ke dunia lain.

    ReplyDelete
  32. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berikut ini beberapa berita mengenai pidato Hawking terkait Black hole
    http://www.erabaru.net/2016/04/26/17418/
    http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/15/09/13/nujngt359-stephen-hawking-lubang-hitam-adalah-jalan-menuju-dunia-lain
    http://sains.kompas.com/read/2015/08/27/10115141/Stephen.Hawking.Menemukan.Cara.Melarikan.Diri.dari.Lubang.Hitam

    ReplyDelete
  33. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kali ini saya memandang Black Hole dari perspektif Islam. Black Hole (Lobang Hitam) menunjuk kepada bintang-bintang yang sangat berat massanya. Nah, sekarang kita merujuk kepada isyarat al-Qur’an mengenai benda tersebut. Allah berfirman yang makna harfiahnya sebagai berikut, ‘Maka aku bersumpah dengan khunnas, yang berjalan lagi menyapu.’ (at-Takwir: 15-16). Kata khunnas berarti sesuatu yang tidak terlihat selama-lamanya. Kata ini terbentuk dari kata khanasa yang berarti terssaljuyi. Karena itu, setan dalam surat an-Nas disebut khannas karena ia tidak terlihat. Kata al-jawari berarti yang berjalan atau berlari. Dan kata al-khunnas terambil dari kata kanasa yang berarti menarik sesuatu yang dekat dan menghimpun kepada dirinya dengan kuat. Dan inilah yang benar-benar terjadi pada Black Hole, tepat seperti yang dibicarakan al-Qur’an.
    (Sumber: https://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/black-hole-dalam-al-qur-an.htm#.WT1oNJCGPIU)

    ReplyDelete
  34. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Black hole atau lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Namun, ketika kita belajar filsafat, bukan black hole yang demikian yang dimaksud. Pasti sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Hal ini diartikan bahwa di dalam kehidupan, manusia akan menemui banyak sekali tantangan berupa godaan duniawi, yang mana bila kita sudah masuk kedalamnya akan sulit sekali untuk diperbaiki atau kembali ke jalan yang benar. Maka selalulah mawas diri, menjalani hidup dengan filsafat, dan difilter dengan pengetahuan, moral, dan spiritual.

    ReplyDelete
  35. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D pps16

    Black Hole adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur (Wikipedia). Jika diintensifkan dan diekstensifkan pengertian black hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya), maka menurut saya black hole merupakan suatu fenomena dimana terjadinya kehilangan kesadaran akan ruang dan waktu. Maka black hole akan terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Dan sebenar-benar black hole adalah ketika kiamat tiba.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Manusia identik dengan alam semesta. Dalam perkuliahan dengan pak Marsigit, bapak hampir selalu menyebutkan bahwa diri manusia itu lengkap, seperti semesta. Sehingga dalam diri manusia juga ada blackhole nya. Dalam diri manusia, blackhole adalah keinginan. Karena ia menarik segala sesuatu ke dalam pusatnya. Keinginan tersebut bisa menjadi baik atau buruk. Bergantung kepada hatinya. Oleh karena itu, didiklah hati dengan baik, agar keinginan menjadi baik.

    ReplyDelete