Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

30 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel forum tanya jawab yang berjudul intensif dan ekstensif dari black hole diatas, black hole dapat diartikan dalam bahasa indonesia yaitu lubang hitam. Menurut saya, namanya lubang jika kita masuk kedalam lubang itu maka akan terasa sakit. Dan lubang hitam tidak mesti berwarna hitam. Maksud dari lubang hitam yaitu lubang kegelapan, dimana kita dapat masuk kedalam lubang itu dan tidak dapat kembali, serta dapat terpengaruh buruk. Oleh sebab itu jangan sampai kita terperosok ke dalam lubang hitam itu. Yang harus kita ambil hikmahnya dari situ bahwa Allah Subhanahuwata'ala Maha Menciptakan. Lubang hitam merupakan sesuatu yang tidak mungkin tidak mampu Allah ciptakan.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara kajian astronomi black hole menimbulkan banyak spesikulasi dalam dunia ruang angkasa namun secara singkat black hole adalah objek yang mampu menarik materi yang ada di sekitarnya dan blackhole adalah objek yang tidak memancarkan cahaya sehingga tidak terlihat oleh mata. Tetapi uniknya adalah matahari dan planet lain tidak dapat tertarik kedalam blackhole karena ukurannya. Saya tidak terlalu jelas mengenai konsep black hole secara ilmu astronomi, namun saya memaknai black hole dari sisi lainm, yaitu suatu area yang membahayakan dalam hidup dapat terjadi pada siapapun, seperti blackhole yang ukurannya dibagi atas dua jenis yaitu kecil dan raksasa, begitupun dengan area berbahaya yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan dan pekerjaannya. Namun black hole tidak akan menarik obyek yang cukup kuat dan besar begitupula dengan area berbahaya dalam kehidupan. Ketika manusia berjalan ditempat yang semestinya, sebesar apapun "blackhole" tidak akan mampu menjerumuskan manusia, dan berjalan ditempatnya tentu atas jalur yang sudah disediakan oleh Tuhan Sang pencipta.

    ReplyDelete
  4. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Black hole merupakan salah satu misteri dalam dunia sains saat ini. Secara sederhana, black hole adalah sebuah fenomena langka di luar angkasa yang dapa menyedot berbegai benda yang menyedkatinya. Artinya, black hole memiliki gaya gravitasi tersendiri yang dapat menarik benda yang mendekatinya. Sampai sekarang, masih belum jelas, kemana benda-benda yang di sedot oleh black hole bermuara.

    ReplyDelete
  5. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut beberapa astronom black hole adalah fenomena jagad raya, di mana lubang hitam ini diyakini memiliki gaya gravitasi yang kekuatannya sangatlah dahsyat, bahkan menurut pengamatan para ahli astronomi mengatakan bahwa seberkas cahaya sekalipun tidak akan bisa lolos dari dekapan sang lubang hitam ini. Fenomena black hole sampai sekarang masih menjadi misteri. Belum diketahui apa yang akan terjadi ketika suatu objek tersedot ke dalam black hole. Black hole ini sebagai bukti kuasa Alloh yang tidak bisa diganggu gugat, serta masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Hanya Alloh yang Maha Tahu. Dari fenomena ini kita sebagai manusia akan menyadari betapa kecil dan tidak berdayannya kita dihadapan Sang Pencipta. Subhanalloh.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Black hole adalah lubang hitam yang tidak tidak memiliki pancaran cahaya apalagi memancarkan cahaya dan memilki tingkat gravitasi yang kuat. Hal ini merupakan suatu fenomena alam yang sampai sekarang masih menjadi perbincangan para astronot terkait dengan dahsyatnya black hole tersebut. Fenomena black hole bukanlah sesuatu yang baru karena al quran telah menyebutkannya lebih dulu sebelum para astronot mengenal black hole tersebut, sebagaimana salah dalil surah At Taqwir (15-16) yang menjelaskan bahwa “Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.” Sebagaimana dalam penafsirannya adalah Allah telah bersumpah dengan salah satu makhluknya yaitu bintang yang mana black hole tersebut merupakan bagian yang tersembunyi daripada bintang-bintang.

    ReplyDelete
  7. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan Wikipedia lubang hitam dalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Dari pernyataan tersebut jika diintensifkan, dunia ini ada karena ruang dan waktu. Ruang dan waktu yang saling melengkapi sehingga tercipta kehidupan.

    ReplyDelete
  8. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Black Hole atau lubang hitam adalah suatu penampakan alam yang letaknya di antariksa. Black hole adalah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Jika boleh dianalogikan dalam konteks kehidupan keseharian maka saya teringat pada elegi yang berjudul Elegi Mengintip Pesta Raya Black-hole Diraja. Sungguh menakutkan apabila tanpa sadar kita justru telah menjadi black hole dalam kehidupan orang lain. Semoga saja kita tidak pernah menjadi black hole dalam hidup orang lain, maka hindarilah hati yang tinggi tapi rendah hatilah. Hati-hatilah jangan sampai terjerumus dalam kesombongan yang bisa menjatuhkan kita ke dalam jurang kegagalan. Saya rasa hidup bersahajajauh lebih banyak memberi manfaat pada kehidupan kita, karena dapat memperteguh hati untuk selalu bersyukur atas berkat Tuhan,dan hidup akan lebih berarti bagi sesama.

    ReplyDelete
  9. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Black hole atau lubang hitam merupakan salah satu ciptaan dari Allah SWT. Black hole mempunyai daya tarik yang sangat kuat. Jika diumpamakan dalam kehidupan black hole bisa sesuatu yang memiliki pengaruh buruk yang sangat kuat sehingga dapat menarik seseorang kedalamnya. Pengaruh yang buruk akan memberikan banyak sekali kenikmatan yang dapat diperoleh dengan cara mudah dan instan sehingga pengikutnya akan merasa tergiur dan dengan mudahnya dapat masuk dalam lubang hitam tersebut. Pengaruhnya sangat kuat sehingga sulit untuk dapat keluar dari lubang hitam. Oleh karena itu, janganlah kita buta dengan kebahagiaan yang semu dan dapat diperoleh dengan cara yang mudah karena sesunggunya segala sesuatu memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar untuk dapat berhasil.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Berdasarkan jurnal LAPAN (jurnal.lapan.go.id) dikatakan bahwa lubang hitam adalah suatu benda dengan massa yang sangat masif, sehingga menyebabkan cahaya bisa tertarik dan terjebak ke dalamnya tanpa bisa melepaskan diri. Bila cahaya terjebak oleh lubang hitam, maka tidak akan mungkin ada informasi yang bisa diperoleh untuk membuktikan adanya lubang hitam secara langsung. Tetapi pengamatan akan perilaku benda-benda bergerak dan distribusi energi dari suatu lokasi bisa diterapkan untuk menentukan adanya distribusi massa dari suatu lokasi, dalam hal ini diterapkan untuk menentukan keberadaan lubang hitam. Pengamatan resolusi tinggi pada berbagai rentang pengamatan dari obyek-obyek bergerak di arah pusat galaksi kita, yaitu galaksi Bima Sakti, pada arah Sagitarius A*, menunjukkan indikasi kuat adanya lubang hitam di pusat galaksi kita. Dengan pemahaman akan keberadaan lubang hitam tersebut, maka dapat dipelajari evolusi galaksi kita serta evolusi dari alam semesta secara keseluruhan. Wallahu ‘alam. Suatu “eksistensi kebenaran” yang tak dapat dicapai hanya dengan metodologi sains. Al Qur’an merupakan suatu “eksistensi kebenaran” di Lauh Mahfuzh yang disampaikan kepada manusia melalui cara terpercaya, komunikatif dan terjaga. Berdasarkan surat An Naml ayat 74-75 yang artinya “Dan sesungguhnya Tuhanmu, benar-benar mengetahui apa yang disembunyikan hati mereka dan apa yang mereka nyatakan. Tiada sesuatupun yang ghaib di langit dan di Bumi, melainkan (terdapat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).”
    Wassalamu’alaikum Warohmatullohu Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  11. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Black-Hole secara tekstual atau dillihat dari sisi astronomi adalah sebuah sebuah gumpalan hitam yang memiliki tingkat gravitasi yang tinggi sehingga apapun yang ada disekitarnya akan tertarik masuk ke dalamnya, bahkan cahaya sekalipun. Secara kontekstual, apa yang bisa saya pahami jika dilihat dari elegi-elgi yang telah dipaparkan bahwa blackhole dapat diibaratkan sesuatu yang mengerikan yang tidak dapat dihindari baik sadar maupun tidak sadar jika kita ada disekitarnya. Blackhole bisa membawa kita ke dimensi yang tidak kita kenali yang bisa emmbuat kita terombang-ambing tak tentu arah didalamnya.

    ReplyDelete
  12. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Black hole atau lubang hitam merupakan suatu area di ruang angkasa yang dimana mempunyai gaya gravitasi yang begitu kuat sehingga tidak ada satupun materi di sekitarnya yang dapat lolos dari tarikannya. Gerakan blackhole sulit untuk dideteksi dan penyerapan benda benda disekitarnya berlangsung sangat cepat. Dan hingga saat ini masih belum ditemukan cara pasti untuk mendeteksi keberadaan black hole tersebut.

    ReplyDelete
  13. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, fenomena black hole merupakan salah satu rahasia Allah. Black hole merupakan lubang hitam di luar angkasa yang dapat menarik benda-benda lain yang mendekatinya. Jika hal ini kita analogikan dalam kehidupan sehari-hari, tentu setiap saat-setiap waktu kita akan dihadapkan pada black hole – black hole. Black hole yang saya maksud di dini adalah lubang dosa. Setiap saat, syeitan selalu mengintai manusia dan bersiap untuk menjebak manusia agar masuk ke dalam perangkapnya. Dan jika sekali saja manusia telah terjerat black hole buatan syeitan, maka ia akan semakin menjatuhkan manusia ke dalam lubang dosa yang semakin dalam. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Black Hole adalah benda luar angkasa yang memiliki gaya gravitasi yang kuat. Kuatnya gaya gravitasi pada Black Hole dapat mencegah masuknya cahaya atau segala benda untuk melarikan diri darinya. Jika ada suatu benda dekat dengan Black Hole sendiri maka secara langsung dia akan tertarik kedalam Black Hole tersebut. Belum ada pengamat yang mengetahui kemana black Hole menarik benda-benda yang didekatnya. Keadaan tersebut menunjukan bahwa masih terbatasnya kemampuan manusia untuk dapat mengetahui sesuatu yang ada di alam semesta ini.

    ReplyDelete
  15. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Black hole adalah suatu obyek yang memiliki massa yang sangat besar namun volumenya kecil (obyek yang sangat padat). Black hole dapat menarik apapun disekitarnya, sifatnya sangat kuat. Manusia tidak dapat melihat black hole namun kita dapat mendeteksi adanya black hole. Black hole tidak hanya ada di antariksa, di dunia pun ada black hole yang dalam bentuk lain. Misalnya kita terbawa arus yang kurang baik. Arus atau lubang itu sangat kuat sifatnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Saya menerjemahkan intensif dan ektensif dalam black hole (lubang hitam) sebagai identitas diri. Secara intensif jika black hole (identitas diri) yang memiliki gaya gravitasi paling besar maka kita akan disegani karena secara intensif (konsisten) kita tunjukan terus menerus . Lain halnya jika black hole (ekstensif) maka gaya grafitasi akan menyebabar kesegala arah dan itu mempengaruhi lingkungan yang berada disekitar kita karena mempunyai (gaya grafitasi) atau pengaruh yang sangat besar.

    ReplyDelete
  17. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Lubang hitam atau lebih umum disebut Black Hole, merupakan fenomena pelengkungan ruang-waktu yang sangan ekstrim sehingga tidak ada yang bisa lolos dari interaksi grafitasi yang dihasilkan, bahkan cahaya sekalipun. Lubang hitam dapat terbentuk tanpa harus ada materi, artinya bahwa energy yang sangat tinggi difokuskan ke satu titik sehingga tercipta singularitas. Lubang hitam dalam filsafat dapat diartikan seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Lubang hitam dapat dianalogikan sebagai berbagai objek yang memikat yang lainnya. Misalnya sekarang ini kehidupan kontemporer telah menarik kehidupan kita dengan segala kecanggihan teknologi dan hiburan duniawinya. Semua lapisan masyarakat telah terperangkap dalam gravitasi yang diciptakan oleh kehidupan kontemporer hingga seringkali melupakan kehidupan spritualitas.

    ReplyDelete
  18. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Menurut penelitian para ilmuan, black hole merupakan bintang yang merupakan entitas yang melewati fase pembentukan, kemudian ia membesar dan berkembang hingga sampai fase kematian sebuah bintang. Black hole memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar yang bekerja seperti vacuum cleaner alam yang tak terlihat. Ketika ia bergerak, ia akan menelan setiap yang segalanya, bahkan tidak ada cahaya yang bisa bertahan dari blachole yang menyebabkan black hole tidak terlihat

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menurut wikipedia, black hole adalah jenis lubang hitam terbesar, dengan massa dari ratusan ribu hingga miliaran kali massa matahari. Pembentukan dan massa sumber atau "benih" lubang hitam berasal dari sisa ledakan dari bintang masif dan tumbuh dalam akresi materi. Model lain melibatkan awan gas besar pada periode sebelum bintang-bintang pertama terbentuk dan runtuh menjadi "bintang quasi" dan lubang hitam dengan massa awal 20 massa matahari, dan dengan cepat berakresi menjadi lubang hitam bermassa sedang dan kemungkinan sebuah lubang hitam masif bila tingkat akresi tidak berhenti pada massa yang lebih besar.

    ReplyDelete
  20. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Black hole diartikan sebagai lubang hitam. Lubang hitam berfungsi sebagai tempat pembuangan diluar angkasa. Apapun yang melintas di dekat black hole tersebut pasti akan tersedot atau terhisap kedalamnya. Sama halnya dengan orang yang berwibawa. Semakin ia mempunyai kharismatik, semakin banyak pula yang mengagumi dan semakin banyak pula yang mau mengikutinya. Alam semesta diciptakan sedemikian rupa dengan tatanan yang begitu baik hingga makhluk hidup yang ada terkagum-kagum akan hasil Sang Pencipta-Nya. Meskipun begitu tidak semua ciptaan-Nya terkait hal-hal yang bagus saja, namun juga ada hal-hal yang seharusnya bisa kita jadikan pelajaran. Contohnya yaitu fungsi lain dari Black hole; seperti ruang penghakiman. Jika ia dapat digunakan oleh alam semesta, maka ia tidak akan menghisapnya. Dan jika ia tidak dapat digunakan oleh alam semesta, maka ia akan menghisapnya dan menghilangkannya sebagai bentuk pembersihan.

    ReplyDelete
  21. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dari referensi yang baca, bahwa black hole memiliki krakteristik:
    1. Invissible (tidak terlihat)
    2. Vacuum cleaner (bekerja dengan menyedot materi yang ada disekitarnya)
    3. Move (bergerak secara berkesinambungan)
    Namun, hal tersbut telah terlebih dahulu dijelaskan dalam Al-Qur;an mengenai fenomena tersebut dalam surah At-Takwir ayat 15-16 “Sungguh aku bersumpah demi bintang-bintang. Yang beredar juga terbenam”. Dalam setiap lafadz dalam surah itu dijelakan tiga karakter yang dimiliki bintang-bintang ssebagai berikut:
    1. Al-khunnas yang artinya tersembunyi atau tidak terlihat
    2. Al-Jawaari, Moves
    3. Al-Kunnas, Terbenam
    sehingga ketika kita melihat kedua dari masing-masing karakter memiliki kesamaan, ini berarti, fenomena tersebut telah diungkap sebelumnya di dalam Al-Qur’an.

    ReplyDelete
  22. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Stephen Hawking mengatakan; “pada saat awal dan akhir alam semesta ini, ukuran total alam semesta akan menjadi semakin menciut dan menjadi nol dan dengan massa yang menjadi tidak terhingga dan dengan demikian membuat kelengkungan ruang dan waktu menjadi tak terhingga (terjadi singularitas). Pada saat ini hukum-hukum sains dan kemampuan kita untuk memprediksi masa depan akan terhenti”.
    Apakah konsep singularitas dalam teori relativitas umum ini merupakan penjelasan dari adanya fenomena lubang hitam / black hole? Andaikan teori ini benar, maka sebagaimana yang disampaikan oleh Stephen Hawking sudah seharusnya terdapat lawan dari lubang hitam / black hole, yaitu lubang putih / white hole yang merupakan titik singularitas dimana alam semesta ini terlahir. http://filsafat.kompasiana.com/2009/12/17/black-hole-white-hole-teori-penciptaanku-39011.html

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Istilah Black Hole pertama kali dikenalkan oleh fisikawan Amerika John Wheeler (1969). Black Hole (Lubang Hitam) ini terbentuk saat sebuah bintang yang telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya hancur ke dalam dirinya sendiri. Kemudian akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan kerapatan tak hingga dan volume nol serta medan magnet yang sangat kuat. Dalam AL Qur’an surat Al Waaqi'ah, Allah mengarahkan perhatian pada masalah ini:
    “Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui.” (QS. Al Waaqi'ah, 56: 75-76).

    ReplyDelete
  24. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Pada mulanya, bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Dari sana, bintang mengalami kolaps, dan kemudian mengalami sebuah ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam. https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam

    ReplyDelete
  25. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dalam hidup ini ada yang hitam dan ada yang putih, ada yang baik dan ada pula yang jahat. Lubang hitam dalam elegi tersebut diibaratkan dala kehidupan ini adalah sesuatu yang hitam atau jahat. Godaan-godaan setan yang senantiasa mengganggu manusia untuk berbuat maksiat. Seperti kriminalitas (pencurian, pembunuhan), narkoba, korupsi, dan perbuatan jahat lainnya. Apabila kita terjerat dalam lubang tersebut, maka akan mengakibatkan diri ini berada dalam bahaya. Semakin jauh dari Allah swt serta senang melakukan kejahatan. Bentengi diri ini dengan kebaikan-kebaikan dan senantiasa mendekatkan diri pada sang Pencipta agar terhindar dari lubang hitam kehidupan.

    ReplyDelete
  26. 🔱WAKANDATOTO🔱
    ♠ BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN AMAN 💯♠
    JP BERAPAPUN DI BAYAR
    ♠BO BONAFIT♠

    🔜Di Lengkapi Aplikasi BBFS 7 DIGIT🆗
    🔜Diskon Pembelian Terbesar
    ➖2D 29%
    ➖3D 59%
    ➖4D 65%

    ➖ MINIMAL BET 100
    ➖ Minimal DEPO : 10.000
    ➖ Minimal WD : 50.000
    ➖ Minimal Betting : 100 / line
    ➖ Line Invest : 35 Line
    ➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
    ➖ CashBack / Minggu
    ➖ BBFS 7 DIGIT

    ✳ HADIAH ✳
    4D di X 3.000✔
    3D di X 400✔
    2D di X 70✔

    https://www.facebook.com/groups/659390757776446/
    PIN BBM : WAKATOTO
    Whatsapp: +855 96 250 8220
    Line : WAKANDATOTO

    bandar togel

    Wakanda Prediksi

    Link Alternatif Wakandatoto

    Togel Pasaran Makati

    ReplyDelete
  27. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika 2019 kelas D

    Terima kasih atas tulisan ini prof. Secara kajian astronomi black hole menimbulkan banyak spesikulasi dalam dunia ruang angkasa namun secara singkat black hole adalah objek yang mampu menarik materi yang ada di sekitarnya dan blackhole adalah objek yang tidak memancarkan cahaya sehingga tidak terlihat oleh mata. Tetapi uniknya adalah matahari dan planet lain tidak dapat tertarik kedalam blackhole karena ukurannya. Saya tidak terlalu jelas mengenai konsep black hole secara ilmu astronomi, namun saya memaknai black hole dari sisi lainm, yaitu suatu area yang membahayakan dalam hidup dapat terjadi pada siapapun, seperti blackhole yang ukurannya dibagi atas dua jenis yaitu kecil dan raksasa, begitupun dengan area berbahaya yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan dan pekerjaannya. Namun black hole tidak akan menarik obyek yang cukup kuat dan besar begitupula dengan area berbahaya dalam kehidupan. Ketika manusia berjalan ditempat yang semestinya, sebesar apapun "blackhole" tidak akan mampu menjerumuskan manusia, dan berjalan ditempatnya tentu atas jalur yang sudah disediakan oleh Tuhan Sang pencipta.

    ReplyDelete
  28. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut beberapa astronom black hole adalah fenomena jagad raya. Black hole adalah lubang hitam yang tidak tidak memiliki pancaran cahaya apalagi memancarkan cahaya dan memilki tingkat gravitasi yang kuat. Hal ini merupakan suatu fenomena alam yang sampai sekarang masih menjadi perbincangan para astronot terkait dengan dahsyatnya black hole tersebut. Berdasarkan Wikipedia lubang hitam dalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Dari pernyataan tersebut jika diintensifkan, dunia ini ada karena ruang dan waktu. Ruang dan waktu yang saling melengkapi sehingga tercipta kehidupan.

    ReplyDelete
  29. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A 2019

    secara bahasa indonesia black yang artinya hitam dan hole artinya lubang, jika di gabung artinya lubang hitam. namun sampai sekarang hal tersebut masih menjadi misteri dalam dunia sains. blackhole adalah fenomena langka di jagad raya yang memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat, sehingga dapat menyedot benda-benda yang ada di sekitarnyadan bahkan cahaya sekkalipun. jika di umpamakan dalam kehidupan sehari-hari , black hole merupakan suatu yang mengerikan yang bisa menarik kita dalam keadaan yang gelap dan terobang ambing tak tentu arah dan tujuan kita. semoga kita dijauhkan pada kondisi tersebut dan selalu mendapat lindungan dari Allah pemilik seluruh jagad raya.

    ReplyDelete
  30. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Black hole, secara intensif dapat dimaknai sebagai lubang hitam dalam hati manusia. Karena jika hati manusia telah digerogoti oleh lubang hitam, maka sejatinya dia telah mati. Dan jika baiklah segumpal darah dalam diri manusia, baiklah pula manusia itu namun jika buruklah segumpal darah itu, maka buruk pulalah manusia tersebut. dan gumpalan itu adalah hati. Jika manusia sebagai khalifah di alam semesta ini buruk, maka buruklah alam semesta. Karenanya, sedalam-dalamya black hole di alam semesta ini adalah lubang hitam dalam hati manusia. secara ekstenif, luas, black hole dapat diartikan sebagai lubang pada dinding, lubang pada tanah, lubang pohon, lubang batu, lorong,. bahkan lubang bekas jerawat, dan lain-lain. Ada begitu banyak lubang hitam jika kita ingin mengartikannya secara luas. dan semua kata yang aku ungkapkan belum dapat menjabarkan seluruh black hole di alam semesta ini.

    ReplyDelete