Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

19 comments:

  1. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Black hole adalah suatu benda misterius yang ada diluar angkasa, tidak yang banyak diketahui tentang black hole bahkan untuk para peneliti antariksa sekalipun. Apakah itu black hole, seperti apa bentuknya, kenapa bisa ada lubang di luar angkasa, bagai mana terciptanya, bahkan sampai sekarang belum ada manusia yang dapat melihat wujud black hole sekalipun menggunakan alat yang sangat canggih sekalipun. Para peneliti hanya bisa berasumsi dan mengira-ira seperti apakah black hole tersebut. Diceritakan black hole adalah sebuah bintang tak bersinar, bergerak sangak cepat, menyedot apapun yang berada dihadapannya, katanya tidak ada benda yang dapa keluar dari dalam black hole apabila sudah tersedot oleh balck hole tersebut.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Black hole marupakan lubang di luar angkasa dengan daya tarik yang luar biasa, ibarat pintu yang akan menarik kita menuju ke tempat lain yang tidak ada yang tahu dimana itu. Dinamakan black hole dikarenakan memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar yang bekerja seperti vacuum cleaner alam yang tak terlihat. Ketika ia bergerak, ia akan menelan setiap yang dijumpainya. Bahkan tidak ada cahaya yang bisa meloloskan diri darinya. Contoh apabila dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahwa di dunia ini akan ada banyak pengaruh-pengaruh yang akan kita hadapi. Pengaruh bisa bersifat baik dan buruk. Pengaruh yang buruk contohnya saja pengaruh dari hal-hal yang negatif sehingga membuat kecanduan. Seperti korupsi, minum minuman keras, narkoba, dll. Sekali kita terpengaruh dan masuk pada dunia itu, kita akan sulit untuk keluar lagi, Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berhati-hati dalam mengambil langkah, berpikir terlebih dahulu sehingga nantinya tidak berakibat fatal yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

    ReplyDelete
  3. Latifah Fitriasari
    17709251055

    Black hole adalah seperti sebuah lubang yang memiliki pemusatan atau sebuah fenomena yang mempunyai gaya gravitasi yang sangat besar, sehingga tidak ada suatu apapapun yang akan lolos dari gravitasinya. Black hole memiliki berbagai ukuran dari yang mikroskopik hingga ukuran alam semesta yang dapat diamati. Namun Black hole mempunyai suatu tujuan yaitu bagian dari rencana Tuhan untuk memperbarui alam semesta. Black hole seperti sumur luar angkasa yang tanpa dasar. Ketika Black hole merasa sudah penuh maka ia akan memuntahkan isinya dan tersebar secara tak seragam selama big bang. Demikianlah proses pembentukan dan pertumbuhan dunia-dunia di alam semesta dimulai kembali, di sebuah bagian kecil dari alam semesta ini dan inilah bagian dari rencana Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Anisa Safitri
    PEP B 2017
    17701251038

    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Pada mulanya, bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Dari sana, bintang mengalami kolaps, dan kemudian mengalami sebuah ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam. https://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam

    Dalam hidup ini ada yang hitam dan ada yang putih, ada yang baik dan ada pula yang jahat. Lubang hitam dalam elegi tersebut diibaratkan dala kehidupan ini adalah sesuatu yang hitam atau jahat. Godaan-godaan setan yang senantiasa mengganggu manusia untuk berbuat maksiat. Seperti kriminalitas (pencurian, pembunuhan), narkoba, korupsi, dan perbuatan jahat lainnya. Apabila kita terjerat dalam lubang tersebut, maka akan mengakibatkan diri ini berada dalam bahaya. Semakin jauh dari Allah swt serta senang melakukan kejahatan. Bentengi diri ini dengan kebaikan-kebaikan dan senantiasa mendekatkan diri pada sang Pencipta agar terhindar dari lubang hitam kehidupan.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur (Wikipedia.org). Ruang dan waktu merupakan dunia ini, dimana banyak orang tertarik dengan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Menganggap bahwa dunia ini adalah gravitasi sehingga menjadikan dunia sebagai tempat kaki-kaki menapak. Hal ini menjadikan banyak orang yang menghambakan dunia. Menyebabkan banyaknya kejahatan yang muncul didunia. Tetapi segelap-gelapnya dunia, akan selalu ada cahaya, akan selalu ada kebaikan yang mendampingi keburukan.

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Perlu diketahui bahwa black hole bukanlah ruang kosong, tapi merupakan tempat berisi sejumlah materi yang terdorong ke dalam tempat amat kecil dan padat yang disebut singularitas atau kumpulan materi dari seluruh alam raya dengan kerapatan, temperatur, dan tekanan tak terhingga.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. saya membaca informasi tentang lubang hitam di http://langitselatan.com/2015/02/26/monster-lubang-hitam-di-awal-alam-semesta/ .Lubang hitam merupakan obyek yang memiliki gravitasi super kuat dimana cahaya pun tidak dapat lepas darinya. Pada usia 900 juta tahun, alam semesta baru saja meninggalkan era kegelapan. Era kegelapan alam semesta adalah masa ketika cahaya belum bisa melakukan perjalanan sehingga tidak ada informasi apapun yang bisa diterima dari masa itu. Setelah alam semesta keluar dari era kegelapan, ia memasuki era reionisasi dimana bintang mulai bersinar. Berdasarkan hasil pengamatan Planck yang terbaru, era reionisasi diperkirakan berakhir pada saat alam semesta berusia 900 juta tahun.Menurut Chriss Willot dari Canadian Astronomy Data Centre di Victoria, sebagian lubang hitam memulai hidupnya bukan dari keruntuhan gravitasi bintang melainkan dari keruntuhan awan gas super raksasa.

    ReplyDelete
  8. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Manusia identik dengan alam semesta. Dalam perkuliahan dengan pak Marsigit, bapak hampir selalu menyebutkan bahwa diri manusia itu lengkap, seperti semesta. Sehingga dalam diri manusia juga ada blackhole nya. Dalam diri manusia, blackhole adalah keinginan. Karena ia menarik segala sesuatu ke dalam pusatnya. Keinginan tersebut bisa menjadi baik atau buruk. Bergantung kepada hatinya. Oleh karena itu, didiklah hati dengan baik, agar keinginan menjadi baik.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sampai saat ini belum ada yang tahu apa yang ada di dalam Black Hole, karena semua materi, bahkan cahaya, tidak ada yang bisa kembali dari dalam Black Hole. Spekulasi sampai saat ini adalah adanya White Hole, yang mengeluarkan isi Black Hole melewati lubang cacing. Namun belum ada pengetahuan paten tentang ini, karena belum ada manusia yang tahu bagaiman sistem kerja black hole itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    PM C
    17709251065

    Black hole merupakan lubang hitam yang terdapat di ruang angkasa. Black Hole sampai sekarang belum bisa dikaji secara mendetail penyebab dan apa yang terjadi di dalamnya. Jika dikaitkan dengan konsep ketuhanan maka bsa bisa jadi black hole ini adalah jalan menuju alam akhirat, meskipun ini hanyalah prediksi semata. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang terjadi dalam Black Hole ini. Menurut ilmuwan gravitasi dalam lubang hitam ini sangatlah kuat, menurut Max Planck seorang ahli astronomi dari Institut fo Extraterressial Physics, Jerman pernah mengamati sebuah bintang yang mendekati Balck Hole akhirnya hilang tersedot.

    ReplyDelete
  11. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sama seperi namanya yang menarik, black hole memang sangat menarik. Keberadaannya menarik perhatian seluruhumat manusia. Ada yang langsung berlari mengikuti arus air yang sengaja ditarik oleh empunya black hole, namun ada pula yang berlari berusaha menghindari. Tunggu dulu, bahkan ada di antara keduanya, dia tidak mengikuti aliran, dia juga tidak berlari menghindar, dia hanya diam seakan mengacuhkan keberadaan black hole yang sungguh mnearik. Tapi apa yang terjadi? Dia yang diam ini ikut tersedot aliran arus yang dibuat oleh black hole.
    Black hole ialah godaan, tapi bukan murni godaan yang bersifat magic dan supranatural. Black hole ini mulanya ialah jebakan yang dibuat manusia untuk menjebak manusia yang lainnya. Hanya dia yang waspada yang dapat berlari menghindar. Karena yang diam saja pun akan dengan mudah menjadi objek sasaran.

    ReplyDelete
  12. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Black hole merupakan benda hitam yang mampu menangkap apa saja yang melewatinya, termasuk cahaya. Dan setelah terperangkap oleh blackhole, benda tersebut tidak bisa lagi untuk keluar.
    Powernow adalah black hole, hedonism adalah black hole. Semuanya memiliki kesamaan. Bila ia sudah terperangkap di dalamnya, ia tidak akan bisa lepas dari cengkraman black hole tersebut. black hole melindas, memangsa semua yang ada di depannya, hingga ia tertelan dan tidak bisa keluar lagi.

    ReplyDelete
  13. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Lubang Hitam (Blackhole) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya. Jika menonton film atau membaca buku dengan tema sains fiksi, lubang hitam dinilai sebagai pintu untuk menuju dunia atau dimensi lain. Begitulah yang dipercayai oleh beberapa orang. Namun hal itu mepakan sebuah mitos. Karena menurut para ilmuwan ketika mendekat ke lubang hitam niscaya badan manusia seperti tertarik dan atom-atom di dalam tubuh akan terpisah. Sehingga ketika sesuatu bergerak mendekat ke lubang hitam, kecepatan yang diperlukan untuk 'kabur' dari tangkapannya harus lebih kencang dari kecepatan cahaya. Karena tidak ada benda yang memiliki kecepatan lebih kencang dari cahaya (setidaknya sampai saat ini), hal tersebut menunjukkan bahwa tak ada satu hal pun yang dapat keluar dari lubang hitam, termasuk manusia

    ReplyDelete
  14. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Black Hole di alam semesta adalah suatu lubang besar yang dapat menghisap benda-benda yang mendekatinya. Beberapa ilmuwan yakin bahwa black hole adalah pintu gerbang menuju dunia atau alam lain yang tidak diketahui keadaannya. Black hole atau lubang hitam terbesar di alam semesta telah ditemukan dengan berat 6,8 miliar kali massa Matahari. Saking besarnya, lubang tersebut konon mampu menelan Bumi beserta seluruh isi tata surya. Dengan ukuran cakrawala sebesar itu, diperkirakan seluruh isi tata surya tidak bisa melarikan diri dari tepi ini, termasuk cahaya sekali pun. Sebagai perbandingan, besarnya bisa mencapai empat kali lipat orbit planet Neptunus.

    ReplyDelete
  15. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Black hole atau lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Bila dibawa ke dalam kehidupan, maka sebagai manusia, akan banyak sekali menemui berbagai tantangan dalam hidup berupa godaan duniawi, yang mana bila kita sudah masuk kedalamnya akan sulit sekali untuk diperbaiki atau kembali ke jalan yang benar. Maka selalulah mawas diri, menjalani hidup dengan filsafat, dan difilter dengan pengetahuan, moral, dan spiritual.

    ReplyDelete

  16. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Black hole adalah adalah sesuatu yang besar namun tidak ada isinya sehingga memiliki gaya gravitasi yang besar. Tentunya black hole ini mengingatkan kita untuk jangan bersikap sombong karena sesuatu yang terlihat besar namun tidak berisi mudah jatuh ke bawah.

    ReplyDelete
  17. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Black hole memberi pengaruh kepada lingkungan sekitarnya. Ia mampu menghisap benda-benda disekitarnya bahkan cahaya sekalipun. Black Hole bak ibarat dunia kontemporer yang membawa dampak yang besar bagi dunia. Dengan perkembangan dan perubahan yang ada membuat manusia tidak menyadari telah terhisap dengan black hole. Dunia kontemporer mempengaruhi pola pikir seseorang. Maka tiadalah cara terbaik menghadapi gravitasi buruk dari balck hole selain meningkatkan keimanan dan kualitas keilmuan.

    ReplyDelete
  18. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Black Hole adalah tempat di luar angkasa yang memiliki gaya gravitasi yang besar sehingga cahaya tidak bisa keluar. Gaya gravitasi di black hole sangat besar karena semua materi dipadatkan pada sebuah ruang yang sangat kecil. Lubang hitam dapat dilihat dengan menggunakan teleskop ruang angkasa dengan alat khusus. Black hole bisa besar atau kecil. Ilmuwan menganggap black hole terkecil hanya sekecil satu atom saja. Black hole ini sangat mungil namun memiliki massa sebuah gunung besar. Black hole terbesar disebut “supermasif”.

    ReplyDelete
  19. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Secara intensif, keberadaan black hole ini mendasari munculnya teori teori tentangnya, misalnya teori relativitas umum dan teori fisika kuantum. Secara intensif blakchole mempunyai daya yang sangat luas dan besar, bahakan cahaya pun bisa tersedot olehnya diakibatkan gaya gravitasi yang sangat kuat.

    ReplyDelete