Oct 17, 2012

Forum Tanya Jawab 6: Intensif dan Ekstensif dari Black Hole




Ass, khusus untuk mahasiswa S2 P.Science yang menempuh kuliah Filsafat Ilmu:

Semampu anda, Intensif dan Ekstensifkanlah pengertian Black Hole (Lubang Hitam di Ruang Angkasa) untuk mendefinisikan Alam Semesta. Maksudnya, uraikanlah bagaimana anda mampu menggunakan pengertian Black Hole untuk mendefinisikan keberadaan Alam Semesta (Jagat Raya). Boleh menggunakan referensi.

Tulisah uraian anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba, semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

6 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Black Hole atau lubang Hitam merupakan tempat di ruang angkasa dimana terdapat suatu Grafitasi yang sangat kuat, bahkan cahaya pun tidak bisa menembus keluar atau masuk. Gravitasi ini begitu kuat karena hal ini telah diperas ke dalam ruang kecil. black hole atau lubang hitam dapat terjadi ketika bintang sedang sekarat atau mendekati akhir hidupnya suatu bintang. Karena cahaya tidak dapat keluar ataupun masuk, orang tidak dapat melihat lubang hitam. hanya dengan Teleskop Ruang angkasa dengan alat khusus dapat membantu menemukan lubang hitam. Dari black hole tersebut tata surya yang ada masih kalah dengan black hole yang lebih besar berlipat lipat dari matahari. Hal ini menunjukkan bahwa alam semesta begitu luas dan besarnya sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Kalau ciptaannya saja begitu besar apalagi penciptanya, sungguh Allah Maha Besar. Seberapa besar manusia itu? Sungguh sangat kecil sekali. Oleh karena itu, sebagi manusia di bumi ini janganlah sombong.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Black hole atau lubang hitam merupakan medan gravitasi yang sangat kuat. Akibatnya, benda-benda langit tersedot dengan intensitas tinggi tanpa kecuali. Jika diumpamakan, black hole ini merupakan pemimpin yang dibutakan oleh kekuasaan yang dimiliki. Pemimpin yang jika ada kesempatan selalu mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri. Pemimpin yang mengabaikan hak obyek kekuasaannya, dan malah menjungjung tinggi haknya. Pemimpin yang melakukan kerja sama dengan pihak lainnya yang bertujuan untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari obyek kekuasaannya. Itulah godaan yang paling besar bagi orang yang berkuasa adalah menggunakan kekuasaannya. Padahal sifat dari kekuasaan tersebut selalu menimpa dan tertuju kepada obyek kekuasaaanmu. Tetapi ingatlah apapun yang kita lakukan di dunia ini, Allah SWT mengetahui segalanya. Maka barang siapa yang menyalahgunakan kekuasaan, itu lah orang-orang yang berbuat dholim.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lubang hitam yang biasa disebut black hole adalah bagian dari ruang dan waktu yang mempunyai gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur apabila sudah masuk ke dalam black hole ini. Black hole dapat memiliki ukuran sebesar apapun, dari mikroskopik sampai ke ukuran jagad raya yang dapat diamati. Sudah ada beberapa peneliti yang membuktikan bahwa black hole itu benar ada. Lubang hitam ini merupakan sebagian dari obyek-obyek angkasa sebagai bukti bahwa semesta alam ini ada.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ada begitu banyak misteri di ruang angkasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah Black Hole, atau Lubang Hitam. Lubang raksasa ini senantiasa memiliki daya tarik bagi ilmuwan maupun manusia awam karena diketahui berukuran raksasa, bergerak, serta diketahui menelan apapun yang berada dalam jangkauan gravitasinya, termasuk sinar, dan telah ditemukan beberapa di ruang angkasa. Konon, apapun tak ada yang bisa lolos begitu tercengkeram Lubang Hitam. Kebaradaan yang dirasakan mengerikan bagi manusia.Menurut para ilmuwan, black hole adalah obyek ruang angkasa yang memiliki gravitasi yang begitu kuat sampai-sampai tak ada apapun di dekatnya yang dapat cukup cepat untuk meloloskan diri begitu tertangkap oleh tarikan gravitasinya. Lubang-lubang hitam itu juga disebut "bintang-bintang yang membeku (frozen stars)" karena dapat terbentuk dari bintang-bintang yang mati karena telah kehabisan bahan bakar untuk fusi nuklirnya pada intinya. Keberadaan Black Hole diperkirakan baru ada sekitar beberapa abad yang lalu, namun baru bisa dicari beberapa dekade yang lalu.

    Sinarpun dapat ditelan, tak mengherankan jika Black Hole tak kasat mata. Tak mengherankan pula jika para ilmuwan sendiri belum pernah melihat seperti apa sesungguhnya wujud Black Hole itu, namun mereka dapat merasakan keberadaannya dari radiasi energinya saat lubang hitam tersebut menelan suatu materi. Mengenai cara kerja Black Hole, para ilmuwan kita masih belum benar-benar mengetahuinya, karena teori-teori fisika terbaik manusia sudah gagal duluan setiap kalinya untuk mendeskripsikan Black Hole. Ada asumsi ilmuwan bahwa, jika manusia jatuh ke dalam lubang hitam dalam posisi berdiri, maka tarikan gravitasi pada kakinya akan lebih besar ketimbang pada kepalanya sehingga tubuh manusia itu akan mulur seperti permen karet. Proses ini disebut "spaghettification"oleh seorang pakar astrofisika Inggris Sir Martin Rees. Namun sebenarnya tak ada proses "penyedotan" semacam itu menurut sebagian ilmuwan lainnya, karena penyedotan melibatkan penarikan sesuatu ke sebuah vacuum (ruang kosong), sementara black hole itu sendiri begitu padat sehingga tak mungkin kosong, dengan demikian tak dapat dikatakan menyedot. Maka, jika ada yang masuk ke lubang itu, prosesnya adalah lebih seperti jatuh ke dalam sumur ruang angkasa.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Black hole adalah adalah sesuatu yang besar namun tidak ada isinya sehingga memiliki gaya gravitasi yang besar. Black hole ini singkat pengertiannya adalah lingkaran hitam. Tentunya jika dalam kehidupan black hole ini mengingatkan kita untuk jangan bersikap sombong karena sesuatu yang terlihat besar namun tidak berisi mudah jatuh ke bawah. dan mengakibatkan kita hanya akan berada pada lingkaran hitam yang menyesatkan

    ReplyDelete