Oct 17, 2012

Intuisi Bukanlah Intuitionism




Oleh Marsigit

Ass, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa Logika bukanlah Logicism. Maka saya menemukan bahwa saya perlu menjelaskan bahwa INTUISI bukanlah INTUITIONISM. Hal ini bermula dari pernyataan Ibu Sutiningsih sebagai berikut " Ketika mengajar matematika, saya mengkaitkannya dengan benda-benda konkret yang ada di sekitar kita, dan berkaitan dengan kemampuan penginderaan maka dalam filsafat itu bersifat intuitif".



Tetapi karena belum kesampaian Ruang dan Waktunya maka penjelasannya sementara saya tunda dulu. Tetapi tetap terbuka jika ingin segera dikomentari.

Untuk penjelasan sementara tentang Intuitionism, saya nukilkan dari hasil penelusuran Ibu Nurel (saya menghargainya walaupun beliau dari PSn) sebagai berikut:

Nurel Amelya PSn Kalsel 2010 said...
"Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya (dibawa keluar dari kerangka pemikiran). dan salah satu tokoh ini Brouwer mengungkapkan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Namun paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sehingga menjadi pertanyaan apakah masing-masing pemikiran mempunyai pandangan intuitif persis sama tentang sesuatu"

Sayangnya Ibu Nurel belum memberikan Sumber atau Referensinya. Mohon Ibu, bisa disebutkan sumbernya supaya terhindar dari Plagiarisme.


Demikian semoga bermanfaat.

Amin

48 comments:

  1. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu unsur yang saling berelasi yakni intuitionism. Intuitionism adalah salah satu aliran filsafat dalam matematika yang menganggap bahwa pengetahuan merupakan hasil kreasi dari pikiran.
    Seberapa pengetahuan diperoleh maka tergantung seberapa pikiran dapat berkreasi.
    Kebenarannya hanya dapat diyakinkan melalui bangunan pemikiran yang membuktikan bahwa penyataan tersebut benar.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi matematika tidak bisa semata dikatakan jika berhubungan dengan obyek nyata di alam sekitar namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika. Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psikis[2]. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya. Sedangkan Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut atau Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Jadi dari defenisi diatas jelas sekali bahwa intuisi bukanlah intuisisme.

    ReplyDelete

  4. Jeanete Nenabu
    PPS Pmat D (15709251004)

    Guru hendaknya memperhatikan intuisi siswanya saat proses pembelajaran agar siswa tidak merasa terpaksa dalam belajar dan terkesan hanya melakukan apa yang diberitahukan oleh guru saja. Biarkan siswa mengembangkan intuisinya sendiri melalui pemikiran dan pengalaman yang sesuai dengan realita kehidupan. Selama realita tersebut masih berkaitan dengan apa yang akan dipelajari tentunya akan sangat membantu siswa dalam pembelajaran. Intuisi siswa hendaknya dihidupkan dalam pembelajaran bukannya dibatasi.

    ReplyDelete
  5. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Karena logika berbeda dengan logicism maka intuisi berbeda dengan intuitionism. Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, mateamtika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Brouwer mengemukakan bahwa tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian. Paha intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran.

    ReplyDelete
  6. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran, karena dengan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism.
    Setiap individu dilahirkan ke dunia ini tentunya dengan intuisi masing-masing. Begitu pula dengan siswa-siswa. Oleh karena itu di dalam proses pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya.
    Intuisi siswa dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman baik pengalaman ketika ia berada di sekolah, di rumah, di lingkungan keluarga, maupun di masyarakat.
    Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut. Intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Berdasarkan wikipedia, Intuitionism merupakan paham dalam filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia dan merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau bruuk suatu perbuatan berdasarkan dari hasilnya tetapi berdasarkan dari niat dalam melaksanakannya. Sedangkan intuisi artinya manusia memiliki gerak hati atau hati nurani.

    ReplyDelete
  8. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya cuplikan dari philosophybasics.com bahwa Intuitionism adalah pendekatan dalam Logika dan Filsafat Matematika yang menganggap matematika sebagai aktivitas mental konstruktif manusia (berlawanan dengan pandangan Realisme Matematika bahwa kebenaran matematis bersifat objektif, dan bahwa entitas matematika ada secara independen dari manusia pikiran). Dengan demikian, logika dan matematika tidak terdiri dari aktivitas analitik dimana sifat eksistensi dalam terungkap dan diterapkan, namun penerapannya adalah metode yang konsisten secara internal untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  9. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Seperti logika yang bukanlah logicism, intuisi tidaklah sama dengan intuitionism. Intuisitionism adalah aliran filsafat matematika yang berpendapat bahwa matematika berkembang di dalam pikiran manusia. Intuitionism ini dikenalkan oleh Brouwer. Sedangkan intuisi adalah apa yang kita gunakan untuk memahami sesuatu dalam pikiran kita, namun kita tidak mengetahui kapan dimulainya pengetahuan itu, tidak dapat mendefinisikannya.

    ReplyDelete
  10. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menurut Brouwer (dalam wikipedia) dasar dari Intusionisme adalah pikiran begitu juga matematika yang didefiniskikan sebagai aktifitas berpikir secara bebas dan tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian.

    ReplyDelete
  11. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut.Oleh karena itu intuisi sangat penting dimiliki oleh setiap orang yang ada dinuia ini.Intuisi diperoleh berdasarkan pengalaman yang berasal dari keluarga, sekolah, teman, guru dan lingkungan sekitar. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran sehingga perlu adanya pembiasaan agar intuisi yang dimiliki siswa dapat membantu siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  12. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dilihat dari katanya pun kita sebagai orang yang sudah pernah belajar filsafat pasti tahu bahwa kedua istilah tersebut berbeda. Intuisi merupakan kemampuan manusia untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisionism merupakan aliran filsafatnya intuisi yang menganggap adanya suatu kemampuan tingkat tinggi yang dimiki oleh manusia yaitu intuisi.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa penalaran atau pemikiran sadar. Sedangkan intuisiisme adalah teori filosofis bahwa kebenaran dasar diketahui secara intuitif. Pada dasarnya, intuisi kita mengetahui sesuatu karena memang benar. Secara universal, obyektif, benar. Intuisi tidak seharusnya dijadikan bimbingan setiap tindakan kita. Menurut pandangan intuisisme, intuisi kita membantu kita menemukan moral mendasar, namun kita masih harus memutuskan bagaimana menerapkannya setiap hari dan membuat pilihan terbaik untuk situasi tertentu.

    ReplyDelete
  14. Efi Septianingsih
    177102511013
    Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan

    Saya sudah membaca ini dan boleh saya bertanya langsung dengan prof langsung untuk pertemuan dikelas?
    terimakasih prof

    ReplyDelete
  15. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    menurut pendapat saya, jika matematika hanya ada di dalam pikiran manusia, bagaimana caranya menyamakan persepsi, konsep dan pandangan terhadap hal-hal di alam sekitar menjadi aplikasi dalam ilmu matematika karena bisa saja pikirian mereka tentang suatu konsep matematika berbeda-beda.

    ReplyDelete
  16. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Intuisi adalah ketika langsung mengetahui kebenaran sesuatu dengan cara selain pengamatan empiris.Di sisi lain da yang mengatakan bahwa intuisi adalah hadir dengan sendirinya.Ini menandakan bahwa di dalamnya ada keterlibatan kuasa-Nya Tuhan.Yang ingin saya tanyakan, apakah intuisi di dalam diri seseorang dapat bertahan atau dapat hilang dengan sendirinya?Saya mohon penjelasannya Bapak prof.Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  17. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Berdasarkan pendapat ibu Sutingsih, hal yang saya pahami dari belajar dengan intuisi adalah belajar menggunakan hal-hal yang konkrit dengan menggunakan kemampuan penginderaan. Sedangkan intuitionism berdasarkan komentar ibu Nurel yang saya pahami adalah sebuah paham yang hanya berlandaskan pikiran dan tidak mengakui realitanya. Berdasarkan hal tersebut jelas perbedaannya, intuisi berkaitan dengan kemampuan penginderaan manusia yang digunakan sebagai alat untuk belajar sedangkan intuitionism fokus pada pikiran, semua berdasarkan pemikiran. Jadi intuisi bukanlah intuitionism.

    ReplyDelete
  18. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Kemampuan dengan paham itu merupakan dua hal yang berbeda meskipun masih memiliki hubungan. Seperti halnya intuitif dengan intuitionism, dua kata yang memiliki hubungan namun memiliki makna yang berbeda. Intuitif dimaknai dengan kemampuan berpikir spontanitas sesuai dengan hati nurani. Sedangkan Intuitionism memiliki makna yang lebih pada paham seseorang mengenai cara berpikir. Intuitionism paham yang berpusat pada kemampuan intuitif seseorang.

    ReplyDelete
  19. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Intuisi merupaan suatu kesadaran segera muncul, salah satu dari kebenaran proposisi, atau objek ketakutan seperti sebuah konsep. Kesadaran akan berlalunya waktu, atau sifat Tuhan yang tidak dapat diampuni, sama-sama dianggap pulasebagai intuisi. Pemikiran mengenai intusi ini sering dianggap secara kritis, karena hanya memberi label pada tempat di mana pemahaman filosofis sumber pengetahuan kita berhenti. Dalam filsafat intuisi Kant (Anschauung), intuisi memiliki bentuk empiris, mencakup pemahaman yang masuk akal mengenai hal-hal, dan sebagai intuisi murni, inilah yang membentuk sensasi ke dalam pengalaman benda-benda dalam ruang dan waktu.
    Intuitionism adalah ideologi filsafat yang sangat erat hubungannya dengan intusi yaitu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang tapi dia tidak ingat sejak kapan dan bagaimana dia memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut. Intuitionism merupaka filosofi matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda LEJ Brouwer (1881-1966). Intuitionism didasarkan pada ide bahwa matematika merupakan ciptaan pikiran. Kebenaran pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan kebenaran dari pernyataan tersebut, dan komunikasi yang terjadi dalam matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang mungkin berbeda.

    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  20. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Dalam KBBI intuisi adalah aya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari, biasanya berdasarkan bisikan hati dan atau gerakan hati. Sedangkan intuitionism adalah paham yang berlandasar fikitan. Dari artinya saja jelas berbeda, yang intuisi pemahaman yang tanpa difikirkan (spontan) dan intuitionism paham yang menggunakan fikiran sehingga ada proses menalar, mennganalisis dan berfikir lebih dalam. Ini sama halnya kecerdasan anak yang intuitif dengan reflektif. Kecerdasan intuitif inilah intuisi, dan kecerdasan reflektif inilah yang disebut intuitionism.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Selama ini saya tidak tahu bahwa intuisi yang perlu dibangun di dalam pembelajaran matematika berbeda dengan intuitionism. Seperti yang dituliskan oleh Ibu Nurel bahwa dalam pandangan intuisionisme, matematika berkembang dan berasal dari pikiran dan tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam. Intuisionisme menyatakan bahwa tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga tidak ada penentu kebenaran matematika di luar aktivitas berpikir. Sementara itu, intuisi di dalam matematika sekolah justru menggunakan benda-benda konkret yang ada di sekitar siswa dalam memberikan pengalaman bagi siswa dan membangun intuisinya. Bahkan siswa belajar dari hal-hal tersebut dalam menemukan hukum-hukum matematika.

    ReplyDelete
  22. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berpikir secara rasional sehingga pikiran tersebut datang secara tiba-tiba meskipun di luar kesadaran. Jika dilihat dari artikel di atas intuitionism berasal dari pikiran dan bukan dari obyek luar pikiran, misalnya simbol-simbol maupun pengamatan. Sehingga perlu dilatih agar intuisi matematikanya berkembang.

    ReplyDelete
  23. Anisa Safitri
    PEP B 2017
    17701251038

    Intuisi bukanlah intuitionism. Intuisi adalah sebenar-benar hidup kita. Intuisi tidak didapatkan secara langsung tapi dipengaruhi oleh pengalaman, cara berpikir manusia, dan lingkungan sekitar. Awal dari ilmu adalah kesadaran ruang dan waktu. Intuitionism adalah aliran yang menyatakan bahwa perbuatan manusia yang dilakukan harus belajar terlebih dahulu mengenai arti dari keputusan yang diambilnya. Oleh karenanya intuisi bukanlah intuitionism, karena intuitionism menunjukkan kecenderungan bahwa mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  24. Nur dwi laili kurniawati
    17709251059
    PPs Pend. Matematika C

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas (Wikipedia.org). Maka sebenarnya banyak hal di sekitar kita merupakan intuisi. Cinta, rindu, benci juga merupakan bagian dari intuisi. Sedangkan intuitionism dalam filsafat matematika adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif (Wikipedia.org). Maka intuisi dan intuitionism merupakan dua hal yang berbeda.

    ReplyDelete
  25. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi dan intuitionism saya kira terbentuk dari kata dasar yang sama yaitu intuisi, ternyata setelah membaca dari beberapa komen di atas intuisi dan intuitionism merupakan dua hal yang berbeda. Intuisi banyak digunakan untuk mendefinisikan sesuatu yang berada di sekitar kita menurut pengetahuan yang ada pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  26. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Setiap manusia memiliki intuisi. Intuisi merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam mempelajari matematika. Intuisi merupakan potensi. Setiap orang memiliki intuisi namun kadar sensitifitasnya berbeda-beda. Intuisi dapat diasah agar semakin berkembang yaitu dengan berlatih. Dengan baiknya kemampuan berintuisi maka siswa akan semakin kreatif dalam berpikir memecahkan permasalahan-permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  27. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Intuisi merupakan suatu kemampuan membayangkan ataupun menelaah sesuatu didalam pikiran manusia. Memang tidak mudah untuk memisahkan antara intuisi dengan intuitionicm. Namun jika dipandang dari bahasanya keduanya memiliki landasan yang hampir sama yaitu pikiran, namun memiliki esensi yang berbeda. Oleh karena itu mari kita pahami kajian lebih lanjut, agar tidak menghasilkan kesalahan persepsi.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  28. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Intusionis merupakan pandangan yang menganggap bahwa pengetahuan hanya diperoleh berdasarkan pikiran, artinya tidak ada faktor di luar pikiran. Dalam intiusionis tidak ada realisme terhadap objek-objek tertentu. Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara pemikiran tersebut bekerja jika tanpa melibatkan objek-objek realitas. Maka dari itu sebagai ilmu, masih perlu dibuktikan secara empiris.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Intusionisme mengangap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah. Pengetahuan tentangnya tidak pernah tetap, akal juga terbatas. Akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada objek itu, jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada objek. Akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari objek, kemudian bagian-bagian itu di gabungkan oleh akal, itu tidak sama dengan pengetahuan menyeluruh tentang objek itu.

    ReplyDelete
  30. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran, karena dengan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan, seperti panjang, dekat, jauh, besar, kecil, banyak, sedikit, dan sebagainya. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism.

    ReplyDelete
  31. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Intuisi adalah pengetahuan yang bergerak antara rasional dan literal. Intuisi adalah kemampuan untuk mengetahui dan merasakan peristiwa yang akan terjadi. Intuisi diartikan sebagai suatu proses datangnya pengetahuan secara langsung atau tiba-tiba tanpa disertai penjelasan sebelumnya. Arti intuisi meliputi banyak hal dan sering di kaitkan seperti insting, indera keenam, sesuatu yang mistis, bahkan ajaib.

    ReplyDelete
  32. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Intuisi adalah apa yang kita miliki. Sebagian dari pengetahuan yang kita ketahui, kita peroleh melalui intuisi. Maka, intuisi menjadi salah satu jalan dalam memperkokoh kontruksi pengetahuan yang kita miliki. Intuisionism merupakan gagasan pikir tentang kebenaran pengatahuan yang diperoleh melalui intuisi sebagai media utama. Maka titik benar atau tidaknya suatu ilmu pengetahuan ada dalam pikiran manusia.

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Seperti logika yang bukanlah logicism, intuisi tidaklah sama dengan intuitionism. Intuisitionism adalah aliran filsafat matematika yang berpendapat bahwa matematika berkembang di dalam pikiran manusia. Intuitionism ini dikenalkan oleh Brouwer. Sedangkan intuisi adalah apa yang kita gunakan untuk memahami sesuatu dalam pikiran kita, namun kita tidak mengetahui kapan dimulainya pengetahuan itu, tidak dapat mendefinisikannya.

    ReplyDelete
  34. Junianto
    PM C
    17709250165

    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berpikir secara rasional sehingga pikiran tersebut datang secara tiba-tiba meskipun di luar kesadaran. Meskipun dikatakan intuisi bisa terjadi diluar kesadaran, tetapi intuisi seperti ini terjadi karena sudah dipelajari secara terus menerus yang kemudian hafal. Misalnya menentukan bilangan kuadrta 22, 32, maka siswa tidak perlu pikir panjang dan secara cepat ia bisa menjawab. Jadi, intuisi itu juga merupakan hasil dari proses belajar.

    ReplyDelete
  35. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Intuisi adalah kemampuan menebak, atau meprediksi sesuatu tanpa kita harus bertemu dengannya terlebih dahulu. Sementara itu intutitionism merupakan pemahaman yang menganggap bahwa ilmu bisa didapat hanya dengan menggunakan pikiran atau dugaan saya. Ia tidak perlu melibatkan pengamatan atau pengalaman dalam menyimpulkan sebuah ilmu. Padahal logika, atau pikiran hanyalah separuh dalam ilmu, separuhnya lagi ilmu dibangun melalui pengalaman

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pend. Matematika B

    Umumnya pendekatan post-positivis sering digunakan dalam dunia sains (creswell, 2017). Pendekatan ini menitikberatkan jika segala hal yang disebut sains merupakan segala hal yang dapat ditangkap oleh alat indera. Namun ulasan dari postingan ini cukup menarik karena memberikan wawasan tentang intuitnism. intuitnism berasal dari pemikiran manusia bukan dari alam. Sehingga adanya pengetahuan jika matematika yang notabene sebagai sains pun sebenarnya berasal dari pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  38. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Intuitionism adalah sebuah pendekatan dalam logika matematika yang menghindari bukti kontradiksi dan yang mensyaratkan bahwa untuk membuktikan bahwa sesuatu itu ada, maka seseorang harus membangunnya. Sebenarnya saya juga belum terlalu memahami intuisionisme karena beberapa sumber online masih memberikan penjelasan keduanya sangat mirip.

    ReplyDelete
  39. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi dan intuitionism sekilas memiliki kemiripan, tetapi jika ditelusuri lebih dalam, kedunya adalah dua hal yang berbeda. Intuisi dimiliki oleh setiap orang, karena intuisi sangat dibutuhkan dalam hidup khususnya pada anak-anak, melihat pemikiran anak-anak yang belum bisa memikirkan sesuatu berawal dari teori, melainkan dari pengalaman yang pernah ia lihat dan lakukan. Sedangkan intuitionism adalah suatu pandangan atau aliran yang meyakini bahwa suatu perbuatan adalah hasil dari intuisi yang ada di dalam pikiran seseorang. Jadi, setaip intuisi itu ada alam diri manusia, sedangkan intuitionimsm tidak semua manuia meyakini atau setuju dengan paham tersebut.

    ReplyDelete
  40. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi berbeda dengan intuisionisme. Kalau intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisioniseme merupakan aliran filsafatnya intuisi yang mana aliran ini menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia (intuisi).

    ReplyDelete
  41. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Dari beberapa penjelasan di postingan yang saya baca dan pahami, intuisi adalah kemampuan dalam memahami sesuatu secara otomatis, tanpa perlunya penalaran secara sadar sedangkan intuisionisme adalah pendekatan dalam filsafat matematika di mana matematika dianggap murni sebagai hasil aktivitas mental yang konstruktif dari manusia dan bukan hasil penemuan prinsip dasar yang diklaim terdapat pada realitas yang objektif. (wikipedia.org)

    ReplyDelete
  42. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Berdasarkan sumber dari http://id.wikipedia.org, intuisionisme adalah suatu laliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Gerak hati atau intuisi yang tidak mampu dijangkau oleh akal yaitu pengalaman emosional dan spiritual. Menurut Kant, akal hanya mampu berpikir tentang perkara suatu fenomena tetapi hati mampu menafsir suatu perkara dengan tidak terhalang oleh perkara apapun tnpa ada jarak antara subyek dan obyek.

    ReplyDelete

  43. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Intuisi matematika tidak bisa semata-mata dikatakan jika berhubungan dengan obyek-obyek nyata di alam sekitar. Dari artikel di atas saya jadi tahu bahwa intuisi itu adalah dari pikiran, tidak harus dari obyek luar pikiran. Namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika

    ReplyDelete
  44. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan, intuitionism adalah sebuah pendekatan dimana matematika dianggap murni akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif. Dari sini diperoleh bahwa intuisi tanpa penalaran rasional atau intelektualitas sedangkan intuitionism adalah aktivitas mental manusia. Sehingga dua hal ini berbeda.

    ReplyDelete
  45. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    Intuisi merupakan sesuatu yang tidak perlu didefinisikan

    ReplyDelete
  46. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    Pendidikan Matematika A 2015

    Intuisi dan intuitionism merupakan hal yang berbeda. Intuisi adalah kemampuan memahami tanpa pemikiran rasional. Intuisi dimiliki oleh setiap orang. Intuisi ini erat kaitannya dengan anak. Anak belajar mengenal sesuatu bukan melalui definisi dari sesuatu terebut tetapi melalui pengalaman-pengalaman yang diperolehnya. Sedangkan intuitionism adalah suatu pandangan atau aliran yang meyakini bahwa suatu perbuatan adalah hasil dari intuisi yang ada di dalam pikiran seseorang.

    ReplyDelete
  47. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    INTUISI bukanlah INTUITIONISM
    Setelah membaca artikel di atas saya jadi tahu bahwa intuisi bukanlah intuitionism. “Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia.”, pertanyaan yang ada dalam benak saya saat ini memiliki makna sama dengan pertanyaan Ibu Nurel yaitu apakah intuisi seseorang sama persis dengan yang lainnya.

    ReplyDelete