Oct 17, 2012

Intuisi Bukanlah Intuitionism




Oleh Marsigit

Ass, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa Logika bukanlah Logicism. Maka saya menemukan bahwa saya perlu menjelaskan bahwa INTUISI bukanlah INTUITIONISM. Hal ini bermula dari pernyataan Ibu Sutiningsih sebagai berikut " Ketika mengajar matematika, saya mengkaitkannya dengan benda-benda konkret yang ada di sekitar kita, dan berkaitan dengan kemampuan penginderaan maka dalam filsafat itu bersifat intuitif".



Tetapi karena belum kesampaian Ruang dan Waktunya maka penjelasannya sementara saya tunda dulu. Tetapi tetap terbuka jika ingin segera dikomentari.

Untuk penjelasan sementara tentang Intuitionism, saya nukilkan dari hasil penelusuran Ibu Nurel (saya menghargainya walaupun beliau dari PSn) sebagai berikut:

Nurel Amelya PSn Kalsel 2010 said...
"Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya (dibawa keluar dari kerangka pemikiran). dan salah satu tokoh ini Brouwer mengungkapkan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Namun paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sehingga menjadi pertanyaan apakah masing-masing pemikiran mempunyai pandangan intuitif persis sama tentang sesuatu"

Sayangnya Ibu Nurel belum memberikan Sumber atau Referensinya. Mohon Ibu, bisa disebutkan sumbernya supaya terhindar dari Plagiarisme.


Demikian semoga bermanfaat.

Amin

8 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dilihat dari katanya pun kita sebagai orang yang sudah pernah belajar filsafat pasti tahu bahwa kedua istilah tersebut berbeda. Intuisi merupakan kemampuan manusia untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisionism merupakan aliran filsafatnya intuisi yang menganggap adanya suatu kemampuan tingkat tinggi yang dimiki oleh manusia yaitu intuisi.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa penalaran atau pemikiran sadar. Sedangkan intuisiisme adalah teori filosofis bahwa kebenaran dasar diketahui secara intuitif. Pada dasarnya, intuisi kita mengetahui sesuatu karena memang benar. Secara universal, obyektif, benar. Intuisi tidak seharusnya dijadikan bimbingan setiap tindakan kita. Menurut pandangan intuisisme, intuisi kita membantu kita menemukan moral mendasar, namun kita masih harus memutuskan bagaimana menerapkannya setiap hari dan membuat pilihan terbaik untuk situasi tertentu.

    ReplyDelete
  3. Efi Septianingsih
    177102511013
    Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan

    Saya sudah membaca ini dan boleh saya bertanya langsung dengan prof langsung untuk pertemuan dikelas?
    terimakasih prof

    ReplyDelete
  4. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb

    menurut pendapat saya, jika matematika hanya ada di dalam pikiran manusia, bagaimana caranya menyamakan persepsi, konsep dan pandangan terhadap hal-hal di alam sekitar menjadi aplikasi dalam ilmu matematika karena bisa saja pikirian mereka tentang suatu konsep matematika berbeda-beda.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Intuisi adalah ketika langsung mengetahui kebenaran sesuatu dengan cara selain pengamatan empiris.Di sisi lain da yang mengatakan bahwa intuisi adalah hadir dengan sendirinya.Ini menandakan bahwa di dalamnya ada keterlibatan kuasa-Nya Tuhan.Yang ingin saya tanyakan, apakah intuisi di dalam diri seseorang dapat bertahan atau dapat hilang dengan sendirinya?Saya mohon penjelasannya Bapak prof.Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)

    Berdasarkan pendapat ibu Sutingsih, hal yang saya pahami dari belajar dengan intuisi adalah belajar menggunakan hal-hal yang konkrit dengan menggunakan kemampuan penginderaan. Sedangkan intuitionism berdasarkan komentar ibu Nurel yang saya pahami adalah sebuah paham yang hanya berlandaskan pikiran dan tidak mengakui realitanya. Berdasarkan hal tersebut jelas perbedaannya, intuisi berkaitan dengan kemampuan penginderaan manusia yang digunakan sebagai alat untuk belajar sedangkan intuitionism fokus pada pikiran, semua berdasarkan pemikiran. Jadi intuisi bukanlah intuitionism.

    ReplyDelete
  8. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Kemampuan dengan paham itu merupakan dua hal yang berbeda meskipun masih memiliki hubungan. Seperti halnya intuitif dengan intuitionism, dua kata yang memiliki hubungan namun memiliki makna yang berbeda. Intuitif dimaknai dengan kemampuan berpikir spontanitas sesuai dengan hati nurani. Sedangkan Intuitionism memiliki makna yang lebih pada paham seseorang mengenai cara berpikir. Intuitionism paham yang berpusat pada kemampuan intuitif seseorang.

    ReplyDelete