Oct 17, 2012

Intuisi Bukanlah Intuitionism




Oleh Marsigit

Ass, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa Logika bukanlah Logicism. Maka saya menemukan bahwa saya perlu menjelaskan bahwa INTUISI bukanlah INTUITIONISM. Hal ini bermula dari pernyataan Ibu Sutiningsih sebagai berikut " Ketika mengajar matematika, saya mengkaitkannya dengan benda-benda konkret yang ada di sekitar kita, dan berkaitan dengan kemampuan penginderaan maka dalam filsafat itu bersifat intuitif".



Tetapi karena belum kesampaian Ruang dan Waktunya maka penjelasannya sementara saya tunda dulu. Tetapi tetap terbuka jika ingin segera dikomentari.

Untuk penjelasan sementara tentang Intuitionism, saya nukilkan dari hasil penelusuran Ibu Nurel (saya menghargainya walaupun beliau dari PSn) sebagai berikut:

Nurel Amelya PSn Kalsel 2010 said...
"Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya (dibawa keluar dari kerangka pemikiran). dan salah satu tokoh ini Brouwer mengungkapkan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Namun paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sehingga menjadi pertanyaan apakah masing-masing pemikiran mempunyai pandangan intuitif persis sama tentang sesuatu"

Sayangnya Ibu Nurel belum memberikan Sumber atau Referensinya. Mohon Ibu, bisa disebutkan sumbernya supaya terhindar dari Plagiarisme.


Demikian semoga bermanfaat.

Amin

22 comments:

  1. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs Pendidikan Matematika C

    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berpikir secara rasional sehingga pikiran tersebut datang secara tiba-tiba meskipun di luar kesadaran. Jika dilihat dari artikel di atas intuitionism berasal dari pikiran dan bukan dari obyek luar pikiran, misalnya simbol-simbol maupun pengamatan. Sehingga perlu dilatih agar intuisi matematikanya berkembang.

    ReplyDelete
  2. Anisa Safitri
    PEP B 2017
    17701251038

    Intuisi bukanlah intuitionism. Intuisi adalah sebenar-benar hidup kita. Intuisi tidak didapatkan secara langsung tapi dipengaruhi oleh pengalaman, cara berpikir manusia, dan lingkungan sekitar. Awal dari ilmu adalah kesadaran ruang dan waktu. Intuitionism adalah aliran yang menyatakan bahwa perbuatan manusia yang dilakukan harus belajar terlebih dahulu mengenai arti dari keputusan yang diambilnya. Oleh karenanya intuisi bukanlah intuitionism, karena intuitionism menunjukkan kecenderungan bahwa mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  3. Nur dwi laili kurniawati
    17709251059
    PPs Pend. Matematika C

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas (Wikipedia.org). Maka sebenarnya banyak hal di sekitar kita merupakan intuisi. Cinta, rindu, benci juga merupakan bagian dari intuisi. Sedangkan intuitionism dalam filsafat matematika adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif (Wikipedia.org). Maka intuisi dan intuitionism merupakan dua hal yang berbeda.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Setiap manusia memiliki intuisi. Intuisi merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam mempelajari matematika. Intuisi merupakan potensi. Setiap orang memiliki intuisi namun kadar sensitifitasnya berbeda-beda. Intuisi dapat diasah agar semakin berkembang yaitu dengan berlatih. Dengan baiknya kemampuan berintuisi maka siswa akan semakin kreatif dalam berpikir memecahkan permasalahan-permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  5. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Intuisi merupakan suatu kemampuan membayangkan ataupun menelaah sesuatu didalam pikiran manusia. Memang tidak mudah untuk memisahkan antara intuisi dengan intuitionicm. Namun jika dipandang dari bahasanya keduanya memiliki landasan yang hampir sama yaitu pikiran, namun memiliki esensi yang berbeda. Oleh karena itu mari kita pahami kajian lebih lanjut, agar tidak menghasilkan kesalahan persepsi.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Intusionis merupakan pandangan yang menganggap bahwa pengetahuan hanya diperoleh berdasarkan pikiran, artinya tidak ada faktor di luar pikiran. Dalam intiusionis tidak ada realisme terhadap objek-objek tertentu. Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara pemikiran tersebut bekerja jika tanpa melibatkan objek-objek realitas. Maka dari itu sebagai ilmu, masih perlu dibuktikan secara empiris.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Intusionisme mengangap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah. Pengetahuan tentangnya tidak pernah tetap, akal juga terbatas. Akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada objek itu, jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada objek. Akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari objek, kemudian bagian-bagian itu di gabungkan oleh akal, itu tidak sama dengan pengetahuan menyeluruh tentang objek itu.

    ReplyDelete
  8. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran, karena dengan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan, seperti panjang, dekat, jauh, besar, kecil, banyak, sedikit, dan sebagainya. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Intuisi adalah pengetahuan yang bergerak antara rasional dan literal. Intuisi adalah kemampuan untuk mengetahui dan merasakan peristiwa yang akan terjadi. Intuisi diartikan sebagai suatu proses datangnya pengetahuan secara langsung atau tiba-tiba tanpa disertai penjelasan sebelumnya. Arti intuisi meliputi banyak hal dan sering di kaitkan seperti insting, indera keenam, sesuatu yang mistis, bahkan ajaib.

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Intuisi adalah apa yang kita miliki. Sebagian dari pengetahuan yang kita ketahui, kita peroleh melalui intuisi. Maka, intuisi menjadi salah satu jalan dalam memperkokoh kontruksi pengetahuan yang kita miliki. Intuisionism merupakan gagasan pikir tentang kebenaran pengatahuan yang diperoleh melalui intuisi sebagai media utama. Maka titik benar atau tidaknya suatu ilmu pengetahuan ada dalam pikiran manusia.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Seperti logika yang bukanlah logicism, intuisi tidaklah sama dengan intuitionism. Intuisitionism adalah aliran filsafat matematika yang berpendapat bahwa matematika berkembang di dalam pikiran manusia. Intuitionism ini dikenalkan oleh Brouwer. Sedangkan intuisi adalah apa yang kita gunakan untuk memahami sesuatu dalam pikiran kita, namun kita tidak mengetahui kapan dimulainya pengetahuan itu, tidak dapat mendefinisikannya.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C
    17709250165

    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa berpikir secara rasional sehingga pikiran tersebut datang secara tiba-tiba meskipun di luar kesadaran. Meskipun dikatakan intuisi bisa terjadi diluar kesadaran, tetapi intuisi seperti ini terjadi karena sudah dipelajari secara terus menerus yang kemudian hafal. Misalnya menentukan bilangan kuadrta 22, 32, maka siswa tidak perlu pikir panjang dan secara cepat ia bisa menjawab. Jadi, intuisi itu juga merupakan hasil dari proses belajar.

    ReplyDelete
  13. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Intuisi adalah kemampuan menebak, atau meprediksi sesuatu tanpa kita harus bertemu dengannya terlebih dahulu. Sementara itu intutitionism merupakan pemahaman yang menganggap bahwa ilmu bisa didapat hanya dengan menggunakan pikiran atau dugaan saya. Ia tidak perlu melibatkan pengamatan atau pengalaman dalam menyimpulkan sebuah ilmu. Padahal logika, atau pikiran hanyalah separuh dalam ilmu, separuhnya lagi ilmu dibangun melalui pengalaman

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Yolpin Durahim
    17709251029
    Pend. Matematika B

    Umumnya pendekatan post-positivis sering digunakan dalam dunia sains (creswell, 2017). Pendekatan ini menitikberatkan jika segala hal yang disebut sains merupakan segala hal yang dapat ditangkap oleh alat indera. Namun ulasan dari postingan ini cukup menarik karena memberikan wawasan tentang intuitnism. intuitnism berasal dari pemikiran manusia bukan dari alam. Sehingga adanya pengetahuan jika matematika yang notabene sebagai sains pun sebenarnya berasal dari pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  16. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Intuitionism adalah sebuah pendekatan dalam logika matematika yang menghindari bukti kontradiksi dan yang mensyaratkan bahwa untuk membuktikan bahwa sesuatu itu ada, maka seseorang harus membangunnya. Sebenarnya saya juga belum terlalu memahami intuisionisme karena beberapa sumber online masih memberikan penjelasan keduanya sangat mirip.

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Intuisi dan intuitionism sekilas memiliki kemiripan, tetapi jika ditelusuri lebih dalam, kedunya adalah dua hal yang berbeda. Intuisi dimiliki oleh setiap orang, karena intuisi sangat dibutuhkan dalam hidup khususnya pada anak-anak, melihat pemikiran anak-anak yang belum bisa memikirkan sesuatu berawal dari teori, melainkan dari pengalaman yang pernah ia lihat dan lakukan. Sedangkan intuitionism adalah suatu pandangan atau aliran yang meyakini bahwa suatu perbuatan adalah hasil dari intuisi yang ada di dalam pikiran seseorang. Jadi, setaip intuisi itu ada alam diri manusia, sedangkan intuitionimsm tidak semua manuia meyakini atau setuju dengan paham tersebut.

    ReplyDelete
  18. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Intuisi berbeda dengan intuisionisme. Kalau intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisioniseme merupakan aliran filsafatnya intuisi yang mana aliran ini menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia (intuisi).

    ReplyDelete
  19. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Dari beberapa penjelasan di postingan yang saya baca dan pahami, intuisi adalah kemampuan dalam memahami sesuatu secara otomatis, tanpa perlunya penalaran secara sadar sedangkan intuisionisme adalah pendekatan dalam filsafat matematika di mana matematika dianggap murni sebagai hasil aktivitas mental yang konstruktif dari manusia dan bukan hasil penemuan prinsip dasar yang diklaim terdapat pada realitas yang objektif. (wikipedia.org)

    ReplyDelete
  20. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Berdasarkan sumber dari http://id.wikipedia.org, intuisionisme adalah suatu laliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Gerak hati atau intuisi yang tidak mampu dijangkau oleh akal yaitu pengalaman emosional dan spiritual. Menurut Kant, akal hanya mampu berpikir tentang perkara suatu fenomena tetapi hati mampu menafsir suatu perkara dengan tidak terhalang oleh perkara apapun tnpa ada jarak antara subyek dan obyek.

    ReplyDelete

  21. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Intuisi matematika tidak bisa semata-mata dikatakan jika berhubungan dengan obyek-obyek nyata di alam sekitar. Dari artikel di atas saya jadi tahu bahwa intuisi itu adalah dari pikiran, tidak harus dari obyek luar pikiran. Namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika

    ReplyDelete
  22. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan, intuitionism adalah sebuah pendekatan dimana matematika dianggap murni akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif. Dari sini diperoleh bahwa intuisi tanpa penalaran rasional atau intelektualitas sedangkan intuitionism adalah aktivitas mental manusia. Sehingga dua hal ini berbeda.

    ReplyDelete