Oct 17, 2012

Intuisi Bukanlah Intuitionism




Oleh Marsigit

Ass, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa Logika bukanlah Logicism. Maka saya menemukan bahwa saya perlu menjelaskan bahwa INTUISI bukanlah INTUITIONISM. Hal ini bermula dari pernyataan Ibu Sutiningsih sebagai berikut " Ketika mengajar matematika, saya mengkaitkannya dengan benda-benda konkret yang ada di sekitar kita, dan berkaitan dengan kemampuan penginderaan maka dalam filsafat itu bersifat intuitif".



Tetapi karena belum kesampaian Ruang dan Waktunya maka penjelasannya sementara saya tunda dulu. Tetapi tetap terbuka jika ingin segera dikomentari.

Untuk penjelasan sementara tentang Intuitionism, saya nukilkan dari hasil penelusuran Ibu Nurel (saya menghargainya walaupun beliau dari PSn) sebagai berikut:

Nurel Amelya PSn Kalsel 2010 said...
"Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, aliran ini (Intusionis) mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia, Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani, sehingga bisa dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya (dibawa keluar dari kerangka pemikiran). dan salah satu tokoh ini Brouwer mengungkapkan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Namun paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sehingga menjadi pertanyaan apakah masing-masing pemikiran mempunyai pandangan intuitif persis sama tentang sesuatu"

Sayangnya Ibu Nurel belum memberikan Sumber atau Referensinya. Mohon Ibu, bisa disebutkan sumbernya supaya terhindar dari Plagiarisme.


Demikian semoga bermanfaat.

Amin

37 comments:

  1. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Sandy Hero (2016) menyatakan kata “intuisi” sering digunakan oleh Kant dalam bukunya “ Critique of Pure Reason“ sebagai kata yang sangat bersifat teknis dan spesifik. Kant juga memberikan pengertiannya yang khas dalam memahami kata ‘intuisi’. Alih – alih menggunakan pengertian umum—yang berarti merupakan pengetahuan naluriah—Kant mengartikan intuisi sebagai proses penerimaan ‘data mentah’ pengetahuan dari pengalaman tanpa melalui konseptualisasi. Dalam hal ini, penulis menggunakan istilah ‘Intuisi’ sebagai terjemahan Bahasa Indonesia dari ‘Intuition’ dalam Bahasa Inggris (terjemahan Norman Kemp Smith terhadap istilah Jerman, ‘Anschauung’), alih – alih menggunakan istilah ‘pengalaman/pengetahuan langsung’ yang menurut penulis kurang pas. Intuisi
    yang dimaksudkan oleh Kant di sini hanya merujuk pada suatu kondisi pengamatan sesuatu, tanpa konseptualisasi terhadap data tersebut.
    Sehingga bisa dikatakan: Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui dmakna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran, karena engan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan, seperti panjang, dekat, jauh, besar, kecil, banyak, sedikit, dan sebagainya. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism.

    References:

    Herho, Sandy. H.S. (2016). Critique Of Pure Reason: Sebuah Pengantar. Bandung : Perkumpulan Studi Ilmu Kemasyarakatan ITB

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut Wikipedia, intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya. Allah menciptakan manusia itu tidak ada yang sama persis, sekalipun manusia tersebut itu kembar. sehingga Allah juga menciptakan manusia dengan intuisi masing-masing. Termasuk siswa dalam belajar. Sehingga dalam pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya. Intuisi anak usia sekolah dasar dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman baik pengalaman ketika ia berada di sekolah, di rumah, di lingkungan keluarga, maupun di masyarakat. Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut.
    Sedangkan intuisionisme merupakan proses mental yang bermula dari memahami dengan konteks intelektualitas yang kemudian dikembalikan lagi pada intuisi (hati nurani) sehingga penilaian tidak semata-mata berakhir pada hasil, tetapi juga proses mencapai hasil tersebut.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    intusisi adalah "Tenaga rohani", suatu kemampuan yang mengatasi rasio, kemampuan untuk menyimpulkan serta memahami secara mendalam (1). Intuitionism adalah faham yang menggunakan intusi. Setiap individu dilahirkan ke dunia ini tentunya dengan intuisi masing-masing. Begitu pula dengan siswa-siswa. Oleh karena itu di dalam proses pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya. Guru hendaknya memperhatikan intuisi siswanya saat proses pembelajaran agar siswa tidak merasa terpaksa dalam belajar dan terkesan hanya melakukan apa yang diberitahukan oleh guru saja. Biarkan siswa mengembangkan intuisinya sendiri melalui pemikiran dan pengalaman yang sesuai dengan realita kehidupan. Selama realitas tersebut masih berkaitan dengan apa yang akan dipelajari tentunya akan sangat membantu siswa dalam pembelajaran. Intuisi siswa hendaknya dihidupkan dalam pembelajaran bukannya dibatasi.

    (1) Yusuf Lubis, Akhyar. 2016. Filsafat ilmu klasik hingga kontemporer. Jakarta : Rajawali Press

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas, Pemahaman itu tiba-tiba saja datang di luar kesadaran. Sedangkan intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia sehingga tidak ada penentu kebenaran diluar aktivitas berpikir. Jadi belum tentu, aliran intuitionism ini menggunakan intuisi untuk memikirkan sesuatu, bisa saja iya bisa saja tidak, sehingga intuisi dan intuitionism adalah dua hal yang berbeda tetapi bisa saja beririsan.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Rasa senang, kecewa, cinta, konsep besar, kecil, tinggi, dsb merupakan intuisi manusia. Ciri-ciri intuisi ini yaitu kita tidak mengerti kapan dan dimana datangnya. Setiap individu lahir ke dunia ini tentunya dengan intuisi masing-masing. Tapi pada kenyataannya di Indonesia, guru cenderung membunuh intuisi siswa melalui pembelajaran. Guru langsung memberikan definisi kepada siswa SD dalam pembelajaran matematika, itu dapat mematikan intuisi siswa. Padahal pada hakekatnya, pembelajaran bertujuan mengembangkan intuisi siswa. Guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut.

    Sedangkan Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan itu benar, dan komunikasi antara matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Intuitionism merupakan antifondalism. Definisi sangat berbahaya bagi intuitionism, karena menurut intuitionism, jika langsung menggunakan definisi, maka intuisi seseorang dapat terputus. Sedangkan definisi sangat penting bagi formalism.

    Referensi:
    https://plato.stanford.edu/entries/intuitionism/

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya sangat setuju bahwa intusi bukan intuisionisme, karena intuisionisme adalah sebuah aliran yang mana masih banyak perdebatan di dalamnya dan tidak semua orang yang setuju degan paham itu. Namun intuisi pasti dimiliki semua manusia, tergantung pada level ilmunya seperti apa. Jadi menurut saya memang benar antara intuisi dengan intusionisme sangat jauh berbeda.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Intuisi matematika tidak bisa semata-mata dikatakan jika berhubungan dengan obyek-obyek nyata di alam sekitar. intuisi itu adalah dari pikiran, tidak harus dari obyek luar pikiran. Namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika. dan arti dari intuisionisme adalah hanya sebuah aliran yang memiliki banyak opini di dalamnya. jelaslah beda intuisi dan intusionisme.

    ReplyDelete
  8. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi berbeda dengan intuisionisme. Intuisionisme adalah aliran filsafat matematika yang menganggap matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Dengan kata lain, intuisionisme mengganggap intuisi sebagai kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia. Keberatan terhadap aliran ini adalah bahwa pandangan kaum intuisionis tidak memberikan gambaran tentang bagaimana matematika bekerja dalam pikiran (Fathani, 2009). Sementara itu, dalam Wikidiff disebutkan bahwa intuisi adalah kognisi langsung tanpa mengguanakan proses rasional yang sadar. Sumantri (1999) menggambarkan intuisi pada suatu masalah yang sedang kita pikirkan yang kemudian kita tunda karena menemui jalan buntu, tiba-tiba muncul di benak kita yang lengkap dengan jawabannya. Kita merasa yakin bahwa memang itulah jawaban yang kita cari namun kita tidak bisa menjelaskan bagaimana caranya kita sampai di sana.

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pernyataan Ibu Sutiningsih yang melaksanakan pembelajaran menggunakan media benda konkret sehingga peserta didik menggunakan kemampuan inderanya saat berpikir, hal ini yang berarti pembelajaran yang intuitif. Sedangkan definisi intuisionisme dari Ibu Nurel yaitu paham yang berlandaskan pikiran, seperti ilmu matematika berasal dari pikiran manusia, oleh karena itu bersifat mutlak dan tidak relatif. Saya akan mencoba berpendapat mengenai intuisi bukan intuisionisme,disebutkan oleh Ibu Sutiningsih bahwa intuisi adalah kemampuan belajar yang berkaitan dengan kemampuan indera dalam mengamati benda konkret sehingga dapat membantu dalam membangun konsep. Bukan sekedar olah pikir tanpa alasan. Intuisionisme tidak ada pada realisme objek-objeknya, sedangkan pembelajaran intuisi dapat menggunakan media benda konkret. Hal ini tentu bertentangan, intuisionisme mengatakan tanpa ada realisme, sedangkan intuitif menggunakan benda konkret yang ada pada realisme. Maka intuisi bukanlah intuisionime.

    ReplyDelete
  10. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Intusionisme mengangap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah. Pengetahuan tentangnya tidak pernah tetap, akal juga terbatas. Akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada objek itu, jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada objek. Akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari objek, kemudian bagian-bagian itu di gabungkan oleh akal, itu tidak sama dengan pengetahuan menyeluruh tentang objek itu.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Intuitionism atau neointuitionism yang merupakan lawan dari preintutionism merupakan pendekatan dimana matematika tidak dianggap kegiatan analitik yang memiliki sifat mendalam dari realitas objektif yang terungkap dan diterapkan tetapi malah dianggap penerapan metose yang konsiten secara internal digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuitionism ini merupakan pahamnya atau aliran atau cara pandang, yaitu dalam matematika intuitionism ini merupakan pandangan yang menyatakan bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Sementara, intuisi bukanlah paham ataupun aliran, intuisi diperlukan untuk menyelami hakikat segala kenyataan. Intuisi adalah tenaga rohani, suatu kecakapan yang dapat melepaskan diri dari akal, kecakapan untuk menyimpulkan serta meninjau dengan sadar. Intuisi adalah naluri yang telah mendapat kesadaran diri, yang telah dicakapkan untuk memikirkan sasarannya serta memperluas sasaran itu menurut kehendah sendiri tanpa batas (Hendi, Suhendi. 2008. Filsafat Umum : dari metologi sampai teofilosofi. Bandung: Pustaka Setia).

    ReplyDelete
  13. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisi bukahlah intuitionism. Intuisi adalah cara memperoleh pengetahuan dengan pikiran. Sedangkan intuitionism adalah suatu paham yang menganggap bahwa pengetahuan matematika diperoleh dengan cara intuisi. Kaum intuitionism adalah orang-orang yang cenderung pada paham intuitionism. Ketika kita berbicara tentang intuitionism maka intuisi adalah objeknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa intuisi berbeda dengan intuitionism.

    ReplyDelete
  14. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisionisme berasal dari bahasa Latin: intuitio yang berarti pemandangan adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Tokoh aliran ini diantaranya dalah Henri Bergson. Intuisionisme selalu berdebat dengan paham rasionalisme. Sedangkan intuisi merupakan kemampuan untuk memahami sesuatu. Intuisi lebih mendasarkan kepada hati nurani dan terkadang muncul secara tidak sadar. Menurut saya, intuisi adalah yang ada pada diri masing – masing orang dan intuisionisme merupakan suatu aliran filsafat.

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu unsur yang saling berelasi yakni intuisi.
    Intuisi merupakan istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.
    Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran.
    Intuisi merupakan salah satu sumber dalam pemerolehan pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut Henry Bergson intuisi adalah hasil dari evolusi pemahaman yang tertinggi. Kemampuan ini mirip dengan insting, tetapi berbeda dengan kesadaran dan kebebasannya.Ia juga mengatakan bahwa intuisi adalah suatu pengetahuan yang langsung, yang mutlak dan bukan pengetahuan yang nisbi. Intuisi bersifat personal dan tidak bisa diramalkan. Sebagai dasar untuk menyusun pengetahuan secara teratur, intuisi tidak dapat diandalkan. Sedangkan menurut wikipedia intuisionisme adalah uatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Henri Bergson (1859-1941) adalah tokoh aliran ini. ia menganggap, tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Obyek-obyek kita tangkap itu adalah obyek yang selalu berubah, demikian Bergson. Jadi pengetahuan kita tentangnya tidak lengkap. Intelek atau akal juga terbatas. Akal hanya dapat memahami suatu obyek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada obyek itu, jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada obyek. Akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari obyek, kemudian bagian-bagian itu digabungkan oleh akal. Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal, Bergsion mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intusi. Ini adalah hasil evolusi pemahaman yang tertinggi. Kemampuan ini mirip dengan instinct, tetapi berbeda dalam kesadaran dan kebebasannya. Pengembangan kemampuan ini memerlukan usaha.

    ReplyDelete
  17. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Bersumber dari http://www.kompasiana.com/rahmatul.ummah/intuisionisme-sebagai-sumber pengetahuan_56219817187b613d048b4568, Intuisi disebut juga sebagai ilham atau inspirasi. Meskipun pengetahuan intuisi hadir begitu saja secara tiba-tiba, namun ia juga tidak terjadi kepada semua orang melainkan hanya jika seseorang itu sudah berfikir keras mengenai suatu masalah. Ketika seseorang sudah memaksimalkan daya fikirnya dan mengalami tekanan, lalu dia mengistirahatkan pikirannya dengan tidur atau bersantai, maka saat itulah intuisi berkemungkinan akan muncul. Bahkan intuisi sering disebut separo rasional atau kemampuan yang berbeda pada tahap yang lebih tinggi dari rasional dan hanya berfungsi jika rasio telah digunakan secara maksimal namun menemui jalan buntu. Henri Bergson (1859), seorang tokoh epistemology Intuisionisme menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah, jadi pengetahuan kita tentangnya tidak pernah tetap. Intelek atau akal juga terbatas. Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal tersebut, Bergson mengembangkan satu kemampuan yang dimilki oleh manusia, yaitu intuisi.



    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik. Sedangkan intuisi itu sendiri adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. intuisi dalam bahasa sederhana bisa diartikan getaran hati (jiwa) akan sesuatu hal (Causalitas) yang dihadapi atau yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Intuisiisme Etis adalah salah satu kekuatan dominan dalam filsafat moral Inggris dari awal abad ke 18 sampai tahun 1930an. Ini jatuh ke dalam kebinasaan di tahun 1940an, namun menjelang akhir abad ke-20, Etika Intuitionism mulai muncul kembali sebagai teori moral yang terhormat. Ini belum mendapatkan kembali dominasi yang pernah dinikmati, namun banyak filsuf, termasuk Robert Audi, Jonathan Dancy, David Enoch, Michael Huemer, David McNaughton, dan Russ Shafer-Landau, sekarang senang diberi label intuisi.

    Fitur intuisi intuisi yang paling khas adalah epistemologi dan ontologinya. Semua intuisi klasik berpendapat bahwa proposisi moral dasar terbukti dengan sendirinya, [1] dan bahwa sifat moral adalah sifat non-alami. Jadi pembahasan intuisi akan berfokus hanya pada dua fitur ini. Beberapa filsuf mengklaim bahwa pluralisme etis (pandangan bahwa ada pluralitas prinsip-prinsip moral dasar yang tidak dapat dikurangi, dan bahwa tidak ada prioritas ketat dari satu prinsip pun di atas yang lain) adalah ciri penting pemikiran intuisi, namun tidak semua intuisi adalah pluralis.

    ReplyDelete
  20. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Salah satu unsur yang saling berelasi yakni intuitionism. Intuitionism adalah salah satu aliran filsafat dalam matematika yang menganggap bahwa pengetahuan merupakan hasil kreasi dari pikiran.
    Seberapa pengetahuan diperoleh maka tergantung seberapa pikiran dapat berkreasi.
    Kebenarannya hanya dapat diyakinkan melalui bangunan pemikiran yang membuktikan bahwa penyataan tersebut benar.

    ReplyDelete
  21. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi matematika tidak bisa semata dikatakan jika berhubungan dengan obyek nyata di alam sekitar namun intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika. Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  22. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psikis[2]. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya. Sedangkan Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut atau Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Jadi dari defenisi diatas jelas sekali bahwa intuisi bukanlah intuisisme.

    ReplyDelete

  23. Jeanete Nenabu
    PPS Pmat D (15709251004)

    Guru hendaknya memperhatikan intuisi siswanya saat proses pembelajaran agar siswa tidak merasa terpaksa dalam belajar dan terkesan hanya melakukan apa yang diberitahukan oleh guru saja. Biarkan siswa mengembangkan intuisinya sendiri melalui pemikiran dan pengalaman yang sesuai dengan realita kehidupan. Selama realita tersebut masih berkaitan dengan apa yang akan dipelajari tentunya akan sangat membantu siswa dalam pembelajaran. Intuisi siswa hendaknya dihidupkan dalam pembelajaran bukannya dibatasi.

    ReplyDelete
  24. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Karena logika berbeda dengan logicism maka intuisi berbeda dengan intuitionism. Intuitionism adalah paham yang berlandaskan pikiran, mateamtika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Brouwer mengemukakan bahwa tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian. Paha intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran.

    ReplyDelete
  25. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran, karena dengan intuisi siswa dapat memahami hal-hal yang sulit untuk didefinisikan. Paham berdasarkan intuisi disebut intuitionism.
    Setiap individu dilahirkan ke dunia ini tentunya dengan intuisi masing-masing. Begitu pula dengan siswa-siswa. Oleh karena itu di dalam proses pembelajaran guru tidak boleh mematikan intuisi siswanya dengan memaksakan kehendak siswa karena intuisi itu penting adanya.
    Intuisi siswa dapat dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman baik pengalaman ketika ia berada di sekolah, di rumah, di lingkungan keluarga, maupun di masyarakat.
    Di sekolah guru dapat mengembangkan intuisi siswa melalui pembelajaran yang konkret sehingga siswa dapat menemukan sendiri pola dalam pembelajaran tersebut. Intuisi itu perlu pembiasaan agar intuisi mampu membantu siswa belajar matematika.

    ReplyDelete
  26. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Berdasarkan wikipedia, Intuitionism merupakan paham dalam filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia dan merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau bruuk suatu perbuatan berdasarkan dari hasilnya tetapi berdasarkan dari niat dalam melaksanakannya. Sedangkan intuisi artinya manusia memiliki gerak hati atau hati nurani.

    ReplyDelete
  27. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya cuplikan dari philosophybasics.com bahwa Intuitionism adalah pendekatan dalam Logika dan Filsafat Matematika yang menganggap matematika sebagai aktivitas mental konstruktif manusia (berlawanan dengan pandangan Realisme Matematika bahwa kebenaran matematis bersifat objektif, dan bahwa entitas matematika ada secara independen dari manusia pikiran). Dengan demikian, logika dan matematika tidak terdiri dari aktivitas analitik dimana sifat eksistensi dalam terungkap dan diterapkan, namun penerapannya adalah metode yang konsisten secara internal untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  28. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Seperti logika yang bukanlah logicism, intuisi tidaklah sama dengan intuitionism. Intuisitionism adalah aliran filsafat matematika yang berpendapat bahwa matematika berkembang di dalam pikiran manusia. Intuitionism ini dikenalkan oleh Brouwer. Sedangkan intuisi adalah apa yang kita gunakan untuk memahami sesuatu dalam pikiran kita, namun kita tidak mengetahui kapan dimulainya pengetahuan itu, tidak dapat mendefinisikannya.

    ReplyDelete
  29. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menurut Brouwer (dalam wikipedia) dasar dari Intusionisme adalah pikiran begitu juga matematika yang didefiniskikan sebagai aktifitas berpikir secara bebas dan tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian.

    ReplyDelete
  30. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa perlu terlebih dahulu mengetahui makna dari sesuatu tersebut.Oleh karena itu intuisi sangat penting dimiliki oleh setiap orang yang ada dinuia ini.Intuisi diperoleh berdasarkan pengalaman yang berasal dari keluarga, sekolah, teman, guru dan lingkungan sekitar. Intuisi sangat berguna dalam pembelajaran sehingga perlu adanya pembiasaan agar intuisi yang dimiliki siswa dapat membantu siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  31. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Intuisi merupakan istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Sedangkan Intuisionisme (berasal dari bahasa Latin: intuitio yang berarti pemandangan) merupakan suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia.

    ReplyDelete
  32. Nurrita Sabrina
    14301244010
    Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam paham Intuisi dikatakan bahwa ilmu matematika merupakan ilmu yang hanya berada pada akal pikiran manusia. Matematika sesungguhnya tidak dapat di amati di alam , matematika sesungguhnya merupakan hasil pikiran dan kesepakatn manusia.

    ReplyDelete
  33. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada artikel ini mengatakan bahwa intuisi berasal dari pikiran, tidak harus obyek luar pikiran. Intuisi ini perlu adanya pembiasaan agar mampu membuat siswa belajar matematika. peran guru dalam pembelajaran dikelas sangat berpengaruh untuk membangun intuisi siswa.

    ReplyDelete
  34. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 pendidikan matematika I 2014

    Dari artikel di atas dikatakan bahwa matematika merupakan ilmu yang berasal dari pikiran. Hal tersebutlah yang menjadikan tujuan belajar matematika adalah untuk membangun pola pikir karena pada dasarnya matematika berasal dari pikiran. Kemudian muncul pertanyaan kembali mengenai simbol dan istilah matematika, kenapa satu itu satu lalu satu ditambah satu itu dua yang merupakan kesepakatan sama halnya dengan pandangan mengenai matematika merupakan bahasa.

    ReplyDelete
  35. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sependapat bahwa paham intusionis tidak memberikan gambaran yang jelas bagaimana matematika sebagai pengetahuan intuitif bekerja dalam pikiran. Sama halnya ketika Brouwer mengatakan bahwa “tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian”. Hal ini berarti ketika seseorng sudah berpaham intuisionis, berarti dia telah mencapai matematika yang intuitif. Matematika dikatakan intuitif jika benar-benar ditemukan dalam pikiran manusia., dan sebagai aktifitas berpikir secara bebas, namun eksak,suatu aktivitas yang ditemukan dari intuisi pada suatu saat tertentu.

    ReplyDelete
  36. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dilihat dari katanya pun kita sebagai orang yang sudah pernah belajar filsafat pasti tahu bahwa kedua istilah tersebut berbeda. Intuisi merupakan kemampuan manusia untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sedangkan intuisionism merupakan aliran filsafatnya intuisi yang menganggap adanya suatu kemampuan tingkat tinggi yang dimiki oleh manusia yaitu intuisi.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa penalaran atau pemikiran sadar. Sedangkan intuisiisme adalah teori filosofis bahwa kebenaran dasar diketahui secara intuitif. Pada dasarnya, intuisi kita mengetahui sesuatu karena memang benar. Secara universal, obyektif, benar. Intuisi tidak seharusnya dijadikan bimbingan setiap tindakan kita. Menurut pandangan intuisisme, intuisi kita membantu kita menemukan moral mendasar, namun kita masih harus memutuskan bagaimana menerapkannya setiap hari dan membuat pilihan terbaik untuk situasi tertentu.

    ReplyDelete