Oct 13, 2012

Indonesian Philosophy among the World’s Crises




By Marsigit
Since the crisis, began in February 1998 and to be continues in 2008 as massive layoffs and the collapse of the country's multi dimensional aspects; there are a great euphoria of all the nations components, independent organizations of the workers, peasants, students, intellectuals or any other sector of the masses, to reflect the


past and the present and expect of the future life. It of course, including to reflect the role of Indonesian philosophy “Pancasila” as the ideology of the nation. As it was stated in preamble, the 1945 constitution sets forth the Indonesian philosophy as the embodiment of basic principles of an independent Indonesian state. Indonesian philosophy consists of two Sanskrit words." Panca "meaning five, and " Sila " meaning principle. It comprises five inseparable and interrelated principles. They are: Belief in the One and Only God ; Just and Civilized Humanity ; The Unity of Indonesia ; Democracy Guided by the Inner Wisdom in the Unanimity Arising Out of Deliberations Amongst Representatives, and Social Justice for all Indonesian people.
Kaelan, 2002, in his “Pancasila” elaborated that the first principle of Indonesian philosophy cannot be separated from the value of religious in Indonesia due to the fact that Indonesian philosophy is not only such kind of contemplation but also a philosophical and political consensus. Indonesian philosophy is the resources of the value for running the country; therefore, the essence of first principle of Indonesian philosophy, which is characterized as abstract and universal, should meet with the operational, moral and legal aspects of the nations. For Indonesian people, God is understood not only as the Supreme Being but also a the creator of the cosmos, he must also be understood as a supernatural being and as a supernatural cause; God created man in his own image by giving human beings immaterial intellects and, with that, also free will is a further indication that in the course of human affairs the totally unpredictable is present.
This principle requires that human beings be treated with due regard to their dignity as God's creatures; it emphasizes that the Indonesian people do not tolerate physical or spiritual oppression of human beings by their own people or by any other nations. It is that they are all human, all members of one species, called *Homo sapiens*, and all having the same natural and thereby the same specific attributes that differentiate them from the members of all other species. In all other respects, any two human beings may be found unequal, one having more of a certain human attribute than another, either as the result of native endowment or of individual attainment; however, this second principle taught that (1) that all human beings are equal in respect of their common humanity, and (2) that all human beings are also unequal, one with another, in a wide variety of respects in which they differ as individual members of the human species.
Kaelan, 2002, noted that Indonesian philosophy develops “monodualism democracy” in which people make decision-making through deliberations, or musyawarah, to reach a consensus, or mufakat; the democracy that right must always be exercised with a deep sense of responsibility to God Almighty according to ones own conviction and religious belief with respect for humanitarian values of man's dignity and integrity, and with a view to preserving and strengthening national unity and the pursuit of social justice. He also stated that this fourth principle of Indonesian philosophy consists of three aspects of philosophical ideal: political democracy, socio-economical democracy and reaching the concencus.
This principle of social justice means for the equitable spread of welfare to the entire population, not in a static but in a dynamic and progressive way. This means that all the country's natural resources and the national potentials should be utilized for the greatest possible good and happiness of the people. Social justice implies protection of the weak. But protection should not deny them work. On the contrary, they should work according to their abilities and fields of activity. Protection should prevent willful treatment by the strong and ensure the rule of justice. These are the sacred values of Indonesian philosophy which, as a cultural principle should always be respected by every Indonesian because it is now the ideology of the state and the life philosophy of the Indonesian people. Amidst the world’s crises it may useful for Indonesian people to reflects their contemporary life in order to do the best in the future.
REFERENCE
Kaelan, 2002, “Filsafat Indonesian philosophy: Pandangan Hidup Bangsa Indonesia”, Yogyakarta: Paradigma

28 comments:

  1. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Artikel ini memaparkan mengenai peranan pancasila dalam filsafat dalam mencegah dan memerangi krisis dunia. Peran filsafat pancasila sebagai ideology negara terkandung dalam kelima sila yang termuat dalam pancasila. Kelima sila pancasila tersebut dijadikan sebagai sumber dari nilai untuk menjalankan negara. Peranan filsafat pancasila sebagai dasar negara skaligus sebagai ideology pancasila ini mampu memerangi krisis dunia yang terjadi di negara Indonesia sendiri. Oleh karena itu, sebagai bangsa Indonesia kita dituntut untuk menjalankan dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan bernegara kita.

    ReplyDelete
  2. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Masa lalu dan sekarang dan mengharapkan kehidupan masa depan. Tentu saja, termasuk untuk mencerminkan peran filosofi Indonesia "Pancasila" sebagai ideologi bangsaFilosofi Indonesia terdiri dari dua kata Sanskerta. "Panca" yang berarti lima, dan "Sila" yang berarti prinsip. Ini terdiri dari lima prinsip yang tidak terpisahkan dan saling terkait. Mereka adalah: Kepercayaan pada Yang Satu dan Hanya Tuhan; Kemanusiaan yang adil dan beradab ; Persatuan Indonesia ; Demokrasi Dipandu oleh Kebijaksanaan Batin dalam Kebulatan Suara yang Berasal dari Musyawarah di kalangan Perwakilan, dan Keadilan Sosial untuk semua orang Indonesia.prinsip pertama filsafat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari nilai religius di Indonesia karena filsafat Indonesia tidak hanya merupakan kontemplasi seperti itu tetapi juga konsensus filosofis dan politis. Filosofi Indonesia adalah sumber daya nilai untuk menjalankan negara; Oleh karena itu, esensi prinsip pertama filsafat Indonesia, yang dicirikan bersifat abstrak dan universal, harus sesuai dengan aspek operasional, moral dan hukum bangsa-bangsa. Bagi orang Indonesia, Tuhan dipahami tidak hanya sebagai Yang Mahatinggi tetapi juga pencipta kosmos, dia juga harus dipahami sebagai makhluk gaib dan sebagai penyebab supranatural; Tuhan menciptakan manusia menurut citranya sendiri dengan memberi intelepsi imunitas kepada manusia dan, dengan itu, kehendak bebas juga merupakan indikasi lebih lanjut bahwa dalam perjalanan urusan manusia, yang sama sekali tidak dapat diprediksi ada.

    ReplyDelete
  3. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Kaelan, 2002, mencatat bahwa filsafat Indonesia mengembangkan "demokrasi monodualisme" di mana orang membuat pengambilan keputusan melalui musyawarah, musyawarah, untuk mencapai konsensus, atau mufakat; Demokrasi yang benar harus selalu dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Kuasa menurut keyakinan dan kepercayaan religius sendiri dengan menghormati nilai-nilai kemanusiaan martabat dan integritas manusia, dan dengan maksud untuk melestarikan dan memperkuat persatuan nasional dan pengejaran keadilan sosial. Dia juga menyatakan bahwa prinsip keempat filsafat Indonesia ini terdiri dari tiga aspek ideal filosofis: demokrasi politik, demokrasi sosio-ekonomi dan mencapai concencus.
    Prinsip keadilan sosial ini berarti penyebaran kesejahteraan secara adil ke seluruh penduduk, tidak statis tapi dinamis dan progresif. Ini berarti bahwa semua sumber daya alam dan potensi nasional harus dimanfaatkan untuk kebaikan dan kebahagiaan orang sebaik mungkin. Keadilan sosial menyiratkan perlindungan yang lemah. Tapi perlindungan seharusnya tidak menyangkal mereka bekerja. Sebaliknya, mereka harus bekerja sesuai kemampuan dan bidang aktivitas mereka. Perlindungan harus mencegah perlakuan yang disengaja oleh yang kuat dan menjamin aturan keadilan. Inilah nilai-nilai suci filsafat Indonesia yang, sebagai prinsip budaya harus selalu dihormati oleh setiap orang Indonesia karena sekarang menjadi ideologi negara dan filosofi kehidupan masyarakat Indonesia. Di tengah krisis dunia, hal ini mungkin berguna bagi masyarakat Indonesia untuk mencerminkan kehidupan kontemporer mereka agar dapat melakukan yang terbaik di masa depan.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pancasila sebagai falsafah negara Indonesia merupakan ideologi negara yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan di dalamnya memuat nilai-nilai suci filsafat Indonesia yang harus selalu dihormati oleh bangsa Indonesia sendiri. Di tengah krisis dunia yang ikut melanda Indonesia, aktualisasi nilai-nilai dalam Pancasila sangat penting dalam kehidupan bangsa Indonesia di masa kehidupan kontemporer sebagai solusi untuk menghadapi badai krisis yang terjadi dan langkah untuk melakukan yang terbaik di masa depan.

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pancasila diajukan sebagai falsafah Negara, yaitu suatu pemikiran yang mendalam untuk dipergunakan sebagai dasar negara. Sebagai falsafah negara, Pancasila berkenaan dengan manusia sebab negara adalah lembaga manusia. Ketika krisis melanda, Pancasila yang sebagai falsafah bangsa hanyalah menjadi slogan yang dalam pengimplementasianya tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Seperti halnya demo-demo yang terjadi pada saat ini.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pancasila adalah falsafah Indonesia, ideologi Indonesia, identitas bangsa Indonesia. Dalam menghadapi krisis yang terjadi di dunia, nilai-nilai pancasila ini harus tetap ditanamkan ke dalam diri bangsa Indonesia agar jati diri Indonesia tidak hilang dari diri bangsanya. Dengan falsafah ini, diharapkan bangsa Indonesia mempunyai visi yang sama, bersama-sama menghadapi krisis yang terjadi di dunia dan dapat mengatasinya secara bersama-sama pula.

    ReplyDelete
  7. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Kaelan menguraikan bahwa prinsip pertama filsafat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari nilai religius di Indonesia karena filsafat Indonesia bukan hanya kontemplasi seperti itu tapi juga konsensus filosofis dan politis. Filosofi Indonesia adalah sumber daya nilai untuk menjalankan negara; Oleh karena itu, esensi prinsip pertama filsafat Indonesia, yang dicirikan bersifat abstrak dan universal, harus sesuai dengan aspek operasional, moral dan hukum bangsa-bangsa. Bagi orang Indonesia, Tuhan dipahami tidak hanya sebagai Yang Mahatinggi tetapi juga pencipta kosmos, dia juga harus dipahami sebagai makhluk gaib dan sebagai penyebab supranatural; Tuhan menciptakan manusia menurut citranya sendiri dengan memberi intelepsi imunitas kepada manusia dan, dengan itu, kehendak bebas juga merupakan indikasi lebih lanjut bahwa dalam perjalanan urusan manusia, yang sama sekali tidak dapat diprediksi sekarang.

    ReplyDelete
  8. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ideologi dan filosofi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Pancasila sebagai ideologi dan filosofi bangsa merupakan cerminan dari keadaan maupun kondisi masyarakat Indonesia yang sangat multikultural. Pancasila merupakan pandangan bersama yang mempersatukan bangsa Indonesia. Sila-sila nya menjunjung tinggi norma-norma ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kepemimpinan, dan keadilan. Sudah sepatutnya masyarakat indonesia menjunjung tinggi dan mengamalkan pancasila dalam kehidupannya. Menjaga keutuhan bangsa dari segala perpecahan dan pertikaian, saling menghormati dan menghargai antar agama, ras dan suku-suku bangsa. Bangsa Indonesia haruslah menyadari bahwa mereka memiliki identitas yang sama sebagai bangsa Indonesia dan falsafah yang sama yaitu pancasila, terlepas dari segala macam perbedaan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita teguhkan hati, kokohkan persatuan, cintai dan hormati keberagaman.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Filosofi Indonesia di antara Krisis Dunia.
    Indonesia mengalami krisis pada tahun 1998 dan berlanjut pada tahun 2008 dimana terjadi PHK besar-besaran dan runtuhnya aspek multi dimensi negara; Ada euforia besar dari semua komponen bangsa, organisasi independen para pekerja, petani, pelajar, intelektual atau sektor massa lainnya.
    Kita mengharapkan semuanya menjadi lebih baik pada masa yang akan datang, dimana kita mengharapkan keadaan Indonesia seperti pada filosofi Indonesia "Pancasila" sebagai ideologi bangsa. Seperti yang dinyatakan dalam basa-basi, UUD 1945 menetapkan filosofi Indonesia sebagai perwujudan prinsip dasar negara merdeka Indonesia. Filosofi Indonesia terdiri dari dua kata Sanskerta. "Panca" yang berarti lima, dan "Sila" yang berarti prinsip. Ini terdiri dari lima prinsip yang tidak terpisahkan dan saling terkait. Mereka adalah: Kepercayaan pada Yang Satu dan Hanya Tuhan; Kemanusiaan yang adil dan beradab ; Persatuan Indonesia ; Demokrasi Dipandu oleh Kebijaksanaan Batin dalam Kebulatan Suara yang Berasal dari Musyawarah di kalangan Perwakilan, dan Keadilan Sosial untuk semua orang Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimana isi yang terkandung di dalamnya menarik nilai-nilai kehidupan asli masyarakat Indonesia dengan keberagamannya dipersatukan dalam suatu dasar/ideologi Negara.
    Pancasila dikatakan sebagai pandangan hidup bangsa sekaligus menjadi dasar rumusan hukum Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terimakasih untuk artikelnya Bapak, saya menjadi tahu sekarang tentang seperti apa filsafat Indonesia. Bagi orang Indonesia, Tuhan dipahami tidak hanya sebagai Yang Mahatinggi tetapi juga pencipta kosmos, Dia juga harus dipahami sebagai makhluk gaib dan sebagai penyebab supranatural. Tuhan menciptakan manusia menurut citranya sendiri dengan memberi intelepsi imunitas kepada manusia dan dengan itu kehendak bebas juga merupakan indikasi lebih lanjut bahwa dalam perjalanan urusan manusia, yang sama sekali tidak dapat diprediksi ada. Prinsip ini mengharuskan manusia diperlakukan dengan memperhatikan martabat mereka sebagai ciptaan Tuhan. Ini menekankan bahwa rakyat Indonesia tidak mentolerir penindasan fisik atau spiritual manusia oleh rakyat mereka sendiri atau oleh negara lain. Sebagai warga negara yang baik maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terpecah belah.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sering disebut juga "Way of Life" , pedoman hidup , pegangan hidup , atau petunjuk hidup. Lanjut pancasila sebagai pandangan hidup bangsa digunakan sebagai petnjuk kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia baik dari segi sikap ataupun perilaku haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai luhur pancasila. Hal ini sangat penting karena dengan menerapkan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan sehari-hari maka tata kehidupan yang harmonis diantara masyarakat indonesia akan terwujud. Tetapi untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis masyarakat indonesia tidak bisa hidup sendiri , mereka harus tetap mengadakan hubungan dengan masyarakat lain. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sebenarnya mnerupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya milik bangsa indonesia sendiri yang diyakini kebenaran dan kebaikannya. Pancasila digali dari budaya bangsa sendiri dari yang sudah ada , tumbuh , dan berkembang berabad-abad lamanya. Dengan demikian, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. (http://www.kompasiana.com/anjar_sopyan/pancasila-sebagai-pandangan-hidup-bangsa_552870376ea834822c8b45ac)

    ReplyDelete
  13. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Masa lalu dan sekarang adalah sebagai harapan untuk masa yang akan datang. Filosofi Indonesia "Pancasila" sebagai ideologi bangsa, dalam UUD 1945 menetapkan filosofi Indonesia sebagai perwujudan prinsip dasar negara merdeka Indonesia. Filosofi Indonesia terdiri dari dua kata Sanskerta. "Panca" yang berarti lima, dan "Sila" yang berarti prinsip. Kaelan, 2002, dalam bukunya "Pancasila" menguraikan bahwa prinsip pertama filsafat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari nilai religius. Kaelan juga mencatat bahwa filsafat Indonesia mengembangkan "demokrasi monodualisme" di mana orang membuat pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mencari mufakat.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dijelaskan dalam artikel diatas bahwa Kaelan mencatat bahwa filsafat Indonesia mengembangkan "monodualism demokrasi" di mana orang membuat melalui musyawarah, atau musyawarah pengambilan keputusan, untuk mencapai konsensus, atau mufakat; demokrasi yang tepat harus selalu dilakukan dengan rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut keyakinan orang-orang sendiri dan keyakinan agama dengan menghormati nilai-nilai kemanusiaan martabat dan integritas manusia, dan dengan maksud untuk melestarikan dan memperkuat persatuan nasional dan mengejar keadilan sosial. Dia juga menyatakan bahwa prinsip ini keempat filsafat Indonesia terdiri dari tiga aspek yang ideal filosofis: demokrasi politik, demokrasi sosial-ekonomis dan mencapai concencus tersebut.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Negara kita adalah negara ber asas pancasila, yang man pancasila adalah dasar nnegara kita. Sebagai mana kitatahu di dalam pancasila itu sebenarnya mengandung filsafat-filsafat bangsa kita sendiri. Filsafata-filsafat itu lah yang menjadikan dasar negara kita sehingga terbentuk lah negara indoinesia skearnag ini.

    ReplyDelete
  16. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dari postingan ini dijelaskan tentang landasan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Filosofi ini sudah mencakup hubungan manusia secara vertikal dengan Tuhan YME dan hubungan secara horisontal dengan sesama manusia atau yang lain. Filosofi yang terkandung dalam Pancasila pun bernilai moral yang luhur. Di sisi lain, krisis melanda dunia khususnya Indonesia juga terkena imbasnya. Dulu, krisis lebih pada krisis moneter yaitu bidang perekonomian. Krisis merambah berbagi sektor, berbagai dimensi yang kini kita kenal dengan krisis multidimensional. Krisis inilah yang lebih berbahaya dibanding sekedar krisis moneter. Krisis multidimensional ini menyerang akal dan pikiran manusia. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia hendaklah melaksanakan implementasi dari filosofi Pancasila dalam setiap tindakan yang dilandasi dengan spiritualitas yang tinggi.

    ReplyDelete
  17. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Setiap negara besar kemungkinan memiliki ideologi masing-masing. Dengan ideologi tersebut, diharapkan negara menjadi suatu negara yang aman, tentram, damai, kaya serta tujuan yang lainnya dalam membangun negara. Seperti Indonesia, yang memiliki ideologi yang berupa pancasila sebagai dasar negara. Jika pancasila terlaksana dan terwujud dengan baik, maka Indonesia akan menjadi negara yang disegani oleh negara-negara lain. Dan Indonesia akan menjadi negara yang sangat maju. Tapi sayang, sepertinya ideologi negara kita yang berupa pancasila, kurang terlaksana dengan baik, sehingga negara kita begitu-gitu saja.

    ReplyDelete
  18. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Persoalan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia sedang mengalami ujian dan berada pada masa sulit. Krisis hampir dalam segenap aspek kehidupan akar dari semua persoalan sesungguhnya telah terjadi krisis kepercayaan dan kepemimpinan yang secara simultan berakibat pada terjadinya krisis kebangsaan dan kenegaraan di tengah peristiwa yang sedang menghantui pergulatan kehidupan kita sebagai bangsa dan negara yaitu dideranya oleh berbagai persoalan bahkan situasi dan kondisi dunia dengan berbagai ancaman krisis energi, krisis pangan, bencana alam, pemanasan global, dan kerusakan lingkungan hidup yang membahayakan kelangsungan hidup manusia, serta krisis ekonomi global, telah tampak pada pergaulan dan pergumulan kehidupan kita.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kaelan, 2002, mencatat bahwa filsafat Indonesia mengembangkan "monodualism demokrasi" di mana orang membuat melalui musyawarah, atau musyawarah pengambilan keputusan, untuk mencapai konsensus, atau mufakat, demokrasi yang tepat harus selalu dilakukan dengan rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut keyakinan orang-orang sendiri dan keyakinan agama dengan menghormati nilai-nilai kemanusiaan martabat dan integritas manusia, dan dengan maksud untuk melestarikan dan memperkuat persatuan nasional dan mengejar keadilan sosial. Kaelan juga menyatakan bahwa prinsip ini keempat filsafat Indonesia terdiri dari tiga aspek yang ideal filosofis yaitu demokrasi politik, demokrasi sosial-ekonomis dan mencapai concencus tersebut.

    ReplyDelete
  20. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Selain sebagai dasar negara, pancasila juga merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Terdapat banyak nilai-nilai luhur pada pancasila. Sila pertama sampai sila kelima, masing-masing memiliki nilai positif yang jika kita lihat dan pahami lebih dalam, kemudian kita laksanakan, insyaallah kita akan dapat terbebas dari krisis multidimensi ini. Menurut saya, hal dasar yang membuat negara Indonesia menjadi seperti sekarang ini ialah keinginan individu untuk memperoleh keuntungan hanya untuk diri sendiri dan kelompoknya, sedemikian sehingga merugikan warga negara yang lain. Jika kita semua, memegang teguh nilai-nilai pancasila, kita tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan negara, merugikan masayarakat, namun menggunakan potensi diri dan potensi negara ini untuk kepentingan rakyat, bukan hanya kepentingan individu atau golongan.

    ReplyDelete
  21. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Sebagai falsafah hidup atau pandangan hidup, Pancasila mengandung wawasan dengan hakikat, asal, tujuan, nilai, dan arti dunia seisinya, khususnya manusia dan kehidupannya, baik secara perorangan maupun sosial. Pancasila merupakan cita-cita moral bangsa Indonesia yang mengikat seluruh warga masyarakat, baik secara perorangan maupun sebagai kesatuan bangsa. Sehingga jelas bahwa pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

    ReplyDelete
  22. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Terlahir setelah kita merdeka. Tetapi jangan sampai ideologi bangsa kita dipengaruhi oleh ideologi bangsa lain. Karena jika sudah dipengaruhi maka salah satu poin-poin yang ada di dalam Pancasila tidak akan berdampak baik terhadap bangsa kita.

    ReplyDelete
  23. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata dari Sanskerta: panca berarti lima dan sīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila dipandang "Way of Life" karena pancasila memiliki makna pandangan hidup negara Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Krisi yang terjadi di Indonesia mempunyai dampak yaitu terjadinya PHK besar-besaran dan runtuhnya aspek multi dimensi negara.
    Indonesia memiliki filosofi yaitu Pancasila. Filsafat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari nilai religius di Indonesia karena filsafat Indonesia perpaduan antara filosofis dan politis. Filosofi Indonesia adalah sumber daya nilai untuk menjalankan negara yang bersifat abstrak dan universal. Bagi orang Indonesia, Tuhan dipahami tidak hanya sebagai Yang Mahatinggi tetapi juga pencipta kosmos atau alam. Sehingga sebagai manusia yang beriman kita harus menjaga bumi dan melestarikannya tidak merusaknya.

    ReplyDelete
  25. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nilai-nilai luhur pancasila pada era modern ini seharusnya mampu memotivasi warga Negara Indonesia untuk berperilaku baik.
    Sebagaimana cita-cita bangsa dan negara yang memiliki makna atau nilai-nilai yang sangat bijaksana dan penuh dengan kebaikan pada setiap sila menjadi konsep kehidupan berbangsa dan bernegara yang sempurna.
    Diera modern ini kita harus waspada terhadap pengaruh dari Negara luar yang datang ke Negara Indonesia ini.
    Setiap warga Negara Indonesia di manapun bertempat tinggal perlu memahami pancasila. karena kalau tidak memahami dengan baik dan benar maka akan sulit mengamalkannya dengan benar dari situlah sangatlah penting peran pancasila.

    ReplyDelete
  26. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Di dalam Pacasila memuat nilai-nilai kehidupan yang menjadi acuan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila berperan sebagai ideologi bangsa Indonesia untuk memerangi krisis yang ada di dunia khususnya Indonesia.

    ReplyDelete
  27. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pancasila mengandung nilai-nilai luhur. Dan walaupun Pancasila sudah dicetuskan dari lama, nilai-nilai luhur yang terkandung masih dapat diterapkan saat ini bahkan di masa mendatang.

    ReplyDelete
  28. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pancasila adalah penyatu Negeri ini. dengan tidak mebeda bedakan suku ras dan agama diharapkan Indonesia akan tetap utuh, adil dan makmur. pancasila juga mengandung nilai-ilai luhur yang sudah lama dicetuskan tetapi dapat terus berguna sampai masa mendatang.

    ReplyDelete