Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

33 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam menjalani hidup ini, manusia selalu mengalami transformasi dunia dalam ruang dan waktu. Dunia yang kita alami sangatlah banyak sekali dalam kehidupan, mulai dari dunia hati, dunia pikiran, dunia belajar, dunia bermain, dunia bekerja, dunia perbuatan, dunia sifat dan masih banyak lagi dunia dalam hidup kita. Diantara semua dunia itu, maka kita pastinya melakukan transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya. Misalnya seorang siswa saat jam pelajaran berada pada dunia belajar, kemudian kita jam istirahat, ia mengalami transformasi dunia menjadi dunia bermain. Maka sebenar-benar hidup adalah transformasi dunia dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita hidup terikat ruang dan waktu. Setiap orang terikat pada lebih dari satu ruang atau dengan kata lain satu orang menjalani hidup dalam berbagai ruang. Misalnya seorang guru, di dunia sekolah mereka menjalankan tugas selayaknya guru. Kemudian pulang kerumah menjadi suami dan ayah atau ibu. Maka inilah transpormasi. Kita melakukan itu setiap waktu. Sehingga hidup kita adalah transformasi yang terikat ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Segala sesuatu di dunia ini mengalami transformasi dunia. Kehidupan di dunia ini tidak bisa lepas dari ruang dan waktu. Bahkan aku yang sekarang tidaklah sama dengan aku satu detik yang lalu, karena aku yang sekarang berada di ruang dan waktu yang berbeda dengan aku satu detik yang lalu. Contohnya saja teknologi, di jaman modern ini orang bisa berkirim pesan melalui alat elektronik seperti handphone, fax, e-mail, dsb dimana hanya diperlukan waktu bahkan bisa kurang dari 1 menit, sedangkan jaman dahulu orang berkirim pesan melalui surat yang dikirim melalui pos dimana diperlukan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu agar surat dapat sampai ke tempat tujuan. Atau misal dalam dunia pendidikan, sekarang siswa yang mengikuti UN sudah menggunakan komputer, jaman dahulu siswa menggunakan LJK yang pengoreksiannya memakai komputer atau bahkan sebelum jaman LJK yang lembar jawab pengoreksiannya secara manual. Semua hal di dunia ini akan mengalami transformasi dunia yang tidak bisa lepas dari ruang dan waktu. Sehingga kita harus bisa bijak dalam menanggapi transformasi dunia tersebut.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dunia bertransformasi maka dunia pendidikan harus ikut bertransformasi, begitu pula pola pembelajaran harus bertransformasi agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Kemampuan yang dibutuhkan pada dunia kerja saat ini adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif. Adapun transformasi pendidikan meliputi hal-hal pokok kebijakan pendidikan, pengembangan kompetensi guru, teknologi, riset dan evaluasi (Laksmana, 2014).

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika 2016

    Ketetapan hanyalah milik Allah SWT sudah menjadi mutlak, bahwa setiap yang ada dan yang mungkin ada bersifat dinamis. Seiring berubahnya ruang dan waktu, bahkan setiap detik dan jengkal perjalanan manusia berubah. Pun dengan transformasi dunia, mulai dari Archaic, Tribal, Tradisional, Feudal, Modern, Pos Modern sampai dengan Power Now. Begitulah kehidupan di dunia yang berubah sesuai dengan peradabannya.

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dimensi ruang jika di analogikan dengan ruang maka saat ini kita sedang berada di sebuah ruang yang di sebut dunia. Lebih jauh dari itu, dunia bukan hanya yang meliputi tempat kita tinggal dan hidup sekarang ini namun terdapat banyak jenis dunia. Sifatnya yang luas dan merupakan wadah, mendefinisikannya menjadi sebuah tempat. Pikiran yang sifatnya sangat luas dan fleksibel ini juga merupakan dunia. Di dalamnya semua hal bisa terjadi tergantung bagaimana kita memikirkan dan membayangkan. Maka sebaik-baiknya dunia adalah pikiran. Hanya dengan pikiran yang baik, pikiran yang digunakan dengan baik pulalah yang dapat menciptakan dunia-dunia lain yang jangkauannya lebih luas lagi

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    perubahan dunia tidak terlepas dari adanya ruang dan waktu. dan kita pun sebagai manusia mengalami perubahan, dan tidak terlepas juga dari ruang dan waktu. pada intinya hidup ini terikat oleh ruang dan waktu. perubahan ke arah yang lebih baik selalu diharapkan oleh kita semua. dengan selalu memohon kepada Allah yang memiliki ketetapan yang absolutlah kita bisa berharap meski terikat oleh ruang dan waktu agar terus berjalan ke arah perubahan yang lebiih baik.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Saya akan mencoba dengan dua dunia yang sering saya temui selama belajar di jurusan pendidikan matemtika ini. Ya, tentunya tentang dunia matemtika dan dunia siswa. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete
  9. Sumandri
    16709251072
    S2 pendidikan Matematika 2016

    Kehidupan di dunia ini adalah siklik yang akan terus mengalami hal yang sama, walaupun dunia ini berubah namun perubahannya itu hanya akan berada pada daeerah siklik. Sehingga dengan perubahan dunia yang siklik itu, manusia bisa memperkirakan. Memang secara kasat mata dunia ini mengalami transformasi, namun pada hakikatnya transformasinya itu dalam sebuah lingkaran. Kalau kita hubungkan dengan agama Islam, maka sebenarnya apa yang telah disampaikan Allah dalam Al-Qur’an dan apa yang disampaikan Nabi dalam hadisnya, maka hal itu akan terus berulang. Apapun yang ada di dunia ini sebenarnya sudah ada dalam Al-Qur’an dan hadis Nabi, maka sungguh sangat bodohnya kita ketika kita umat Islam meninggalkan atau tidak mempelajari Al-Qur’an dan hadis Nabi, karena semuanya sudah ada disitu. Malahan ironinya kita pada saat ini akan lebih bangga kalau mempelajari bukunya orang-orang barat yang kebenarannya diragukan. Maka kalau ingin mencari ilmu yang sebenarnya, maka carilah dalam Al-Qur-an dan hadis Nabi karena semuanya sudah lengkap disitu dan tidak akan mungkin bertentangan dengan dunia ini.

    ReplyDelete
  10. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hidup ini terdiri dari dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Setiap dimensi ini bisa kita katakan sebagai dunia tersendiri. Agar hidup kita seimbang, kita harus bisa mentransformasikan dunia satu ke dunia yang lain. Tidak ada dunia yang lebih menonjol di antara yang lain. Yang kita butuhkan untuk mentransformasikan dunia adalah ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Sehingga kita bisa lebih bijak dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete
  11. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Transformasi merupakan perubahan. Transformasi dunia merupakan perubahan yang terjadi pada dunia. Dunia mengalami perubahan-perubahan seiring dengan berubahnya hal-hal lain yang ada di dunia ini maupun seiring dengan berjalannya waktu. Dunia yang kita kenal dahulu tidak akan sama dengan dunia yang kita kenal sekarang atau bahkan dunia di masa mendatang. Misalnya saja, zaman dahulu manusia hanya membuat bangunan dari batu-batu yang hanya diletakan dan disusun di atas batu-batu yang lain, sekarang bangunan tidak hanya disusun dari batu tetapi banyak memakai bahan lain seperti pasir, semen, batu bata dan lain-lain serta menggunakan peralatan-peralatan yang lebih canggih, sehingga seringkali kita lihat banyak bangunan-bangunan menjulang sangat tinggi atau sering disebut gedung pencakar langit. Masih banyak lagi perubahan-perubahan ataupun transformasi yang terjadi di dunia ini dalam segala aspek kehidupannya. Transformasi dunia ini menimbulkan terbentuknya peradaban yang lebih maju dan modern dalam beberapa aspek tetapi untuk aspek-aspek lain transformasi dunia justru dapat menimbulkan suatu kemunduran atau kemerosotan, misalnya saja mengenai moral, yang seringkali terdengar bahwa dunia sedang mengalami degradasi moral.

    ReplyDelete
  12. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Transformasi Dunia, ruang dan waktu. Dalam benak saya terdapat dua., mentransformasi dunia sehingga ruang dan waktu tidak ada atau transformasi dunia yang sangat tidak relatif terhadap ruang dan waktu. Dan dunia yang sekarang ini tanpa memikirkan ruang dan waktu padahal ruang dan waktu tersebut ada. Kita bertransformasi berdasar waktu dan ruang dari kita masihh mungkin ada menjadi ada. Sedangkan jika dunia ini tidak ada ruang dan waktu maka semua akan sama, tidak ada beda. Bayangkan saja seorang yang belajar dari awal, dari waktu ia tidak bisa menjadi bisa akan sama dari yang muda menjadi tua bahkan malah mundur seolah dari tua menjadi muda. Tanpa ada waktu dan ruang manusia menjadi tidak ingin berpikir dan menjadi mitos semakin banyak karena tidak ada penghargaan terhadap ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik. Dalam dunia pendidikan terdapat pula sumbu misalnya dalam pembelajaran terdapat sumbu dimana logos berada pada ujung sumbu dan mitos berada pada ujung sumbu yanng lain. Dalam hal ini berarti dalam dunia pendidikan terkadang pendidikan menerapkan proses belajar mengajar yang bersifat logos dan terkadang bersifat mitos. Dalam aspek penilaian terdapat sumbu dimana subjektif berada pada ujung sumbu dan objektif berada pada ujung sumbu yang lain, artinya dalam penilaian pendidik secara sadar maupun tidak, terkadang melakukan tindakan subjektif dan terkadang pula objektif.
    Referensi: http://aanhendroanto.blogspot.co.id/2011/05/transformasi-dunia-dalam-filsafat.html

    ReplyDelete
  14. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Anatara dunia mimpi dan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dunia mimpi merupakan tranformasi pikiran-pikiran manusia di dunia nayata yang tidak bisa tercapai, sehingga hanya bisa ditransformasikan dalam angan-angan dalam dunia mimpi. Namun hingga sekarang tidak ada yang bisa mengontrol mimpi tersebut. Selain itu manusia hidup di dunia yang saat sekarang ini adalah hakekatnya terikat dengan ruang dan waktu. Begitu pun dalam dunia matematika. Dalam dunia matematika dikenal adanya matematika formal untuk orang dewasa dan matematika untuk anak. Matematika untuk anak adalah matematika yang menekankan pada aktivitas sosial di mana anak-anak mengamati benda-benda sekitarnya, pengalamannya yang kemudian diabstraksi ke dalam bentuk matematika, tetapi dalam bentuk yang masih sederhana. Seiring perkembangan waktu dari matematika sebagai aktivitas sosial lambat laun berubah menjadi matematika formal sesuai dengan kurun waktu tertentu, karena pemahaman anak tentang suatu konsep matematika telah tertanam dengan baik dalam benak mereka, sehingga selanjutnya apabila ada suatu konsep baru yang mereka temui mereka tinggal mengakomodasi atau mengasimilasi konsep tersebut.

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Transformasi dunia merupakan perubahan yang terjadi dunia dari ruang dan waktunya.
    Transformasi dunia melibatkan manusia didalamnya karena manusia sebagai makhluk penghuni dunia.
    Manusia melakukakn transformasi dari dimensi ruang yang satu ke dimensi ruang yang lain.
    Dari dimensi yang paling sederhana hingga dimensi yang komplekd. Tujuan transformasi ini adalah untuk membawa perubahan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  16. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Misalnya ketika kita hendak memasuki dunia anak-anak, tentunya bahasa yang kita gunakan kepada mereka, sikap, dsb akan berbeda ketika kita memasuki dunianya orang dewasa. Oleh karena itu kita membutuhkan multifacet. Multifacet adalah alat untuk menembus ruang dan waktu agar kita sopan dan santun. Jika wajah kita hanya satu, misal cemberut. Maka dimana-mana kita cemberut, padahal itu tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Oleh karena itu, dari sisi filsafat multifacet berfungsi untuk menembus ruang dan waktu agar kita sopan dan santun.

    ReplyDelete
  17. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik.
    Dalam kaitannya dengan ruang dan waktu, terdapat sumbu waktu dimana sumbu ini membagi waktu menjadi yang lalu, sekarang , dan yang akan datang. Sekarang merupakan titik tengah sumbu waktu dimana ujung-ujungnya yaitu yang lalu dan yang akan datang. Dalam menjalani kehidupan ada sebuah sumbu yaitu sumbu fatal dan vital dimana pada ujung fatal, orang hidup dengan berserah diri sepenuhnya kepada nasib tanpa ada usaha dan pada ujung vital, orang hidup dengan percaya sepenuhnya pada usahanya sendiri tanpa peduli takdir ataupun nasib yang telah ditentukan, dalam hal ini hendaknya kita berada di tengah sumbu dimana kita percaya pada nasib yang telah ditentukan pada kita tetapi tetap berusaha untuk menjadi atau meraih yang terbaik.

    ReplyDelete
  18. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara tentang transformasi memiliki kaitannya dengan perubahan-perubahan yang terjadi didunia seorong berjalannya waktu. Mengapa dunia bertransformasi ? Dunia dapat bertransformasi karena manusia. Manusia yang memiliki dari jasad (materi) dan jiwa (ruh), manusia yang berada pada ruang dan waktu. Ruang adalah tempat di mana manusia berproses mencari eksistensi dirinya sebagai manifesitasi dari kesadaran tentang waktu. Sedangkan waktu adalah masa tak terbatas, yang di dalamnya manusia berproses mendialogkan kesadaran diri dengan ruang atau tempat di mana orang tersebut ada.
    Waktu melampui ruang, sebab ia adalah esensi dari kehidupan. Artinya, meski ruang telah tiada, tetapi jika waktu masih dimiliki oleh manusia, maka sejatinya mereka masih eksis. Tetapi kenyataan ini tidak mungkin. Sebagai materi manusia tetap butuh pada ruang. Makna bahwa waktu melampaui ruang pada konteks kehidupan dunia. Meski ruang kehidupan dunia masih ada, tetapi jika jatah waktu hidup sudah habis, manusia tidak bisa mengelak. Sebab manusia tidak akan mampu melawan waktu. Dengan demikian, waktu adalah esensi dari kehidupan. Maka dapat dikatakan bahwa dunia bertransformasi karena waktu.

    ReplyDelete
  19. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Transformasi adalah perubahan yang berkelanjutan tanpa henti. Terlebih untuk dunia ini yang tiadak tahu akan berhenti sampai tanggal berapa. Transformasi dunia akan berputar secara siklik. Mengapa demikian? Dalam perkuliahan Prof mengatakan bahwa hari ini kita bertemu pagi siang malam. Bagaimana dengan hari esok? Sama saja, akan datang pagi siang malam. Ini membuktikan bahwa dunia bertransformasi secara siklik

    ReplyDelete
  20. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    menurut saya transformasi dua dapat menjadikan dunia ini terbalik balik dan yang jelas menjadi tidak jelas. seperti zaman sekarang ini yang sudah banyak anak yang sering membantah orangtuanya, padahal pada zaman dahulu hal ini sangat dihindari, tetapi sekarang sudah banyak yang seperti itu. seharusnya dunia ini bertransformasi menjadi lebih baik, lebih tertata. tetapi jika hal itu tidak didasarkan dari diri kita maka apalah daya. dunia ini akan bertransformasi menjadi entah bagaimana.

    ReplyDelete
  21. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Transformasi dunia adalah suatu kajian ilmu filsafat yang mempelajari seperti apa itu dunia. Tranformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Dalam menghubungkan antara dunia satu dengan lainnya diperlukan banyak hal seperti ontologi dan aksiologi. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete
  22. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dunia satu dapat mempengaruhi dunia yang lain. Seperti dunia para hati dan para pikiran. KEdua hal tersebut saling mempengaruhi. Namun mungkin ada kalanya dunia para hati menyendiri secara khusuk berdoa kepada Tuhan. Namun dunia pikiran dalam kesendiriannya berusaha menembus ruang dan waktu unutk memeperluas daerahnya. Namun dalam ekspansinya dunia pikiran tak akan lepas dari dunia para hati karena jika lepas ma segeralah sang manusia untuk berdoa atas segala khilafnya. Sehingga dunia yang dipikirkan bukanlah bumi saja namun dunia-dunia yang didalam bumi itu yang lebih unik untuk didalami.

    ReplyDelete
  23. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Transformasi berarti perubahan, dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Transformasi dunia dapat dilakukan dengan menggunakan pikiran kita, imajinasi kita. Transformasi dunia yang ada dalam pikiran kita dapat dilakukan dengan mudah, dapat segera berpindah dari ruang dan waktu yang satu ke ruang dan waktu yang lain. sebagai contoh, kita dapat memikirkan kota A kemudian sedetik berikutnya kita dapat memikirkan kota B yang mana kota A dan B tidaklah sama.

    ReplyDelete
  24. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Jika dilihat dari segi waktu, dunia senantiasa akan bergerak. Saya pribadi akan membaginya menjadi 3 dunia. Pertama adalah waktu dulu. Waktu dulu guru selalu menerangkan tanpa henti, membuat siswanya bersikap pasif, menghukum setiap kesalahan siswa dengan kekerasan psikis ataupun fisik, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  25. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setelah waktu dulu, selanjutnya yang kedua adalah waktu kini. Sekarang guru mulai memberikan kebebasan untuk mengaktifkan peran siswa dalam pembelajaran, mulai menanamkan pendidikan karakter dalam proses belajarnya, dan sebagainya

    ReplyDelete
  26. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Yang terakhir atau yang ketiga adalah waktu mendatang. Kelak, guru harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan kapasitas masing-masing, sesuai dengan kebutuhan masing-masing sehingga kemampuan siswa akan tereksplor secara maksimal.

    ReplyDelete
  27. Transformasi tentang objek-objek di dunia dapat kita pelajari dari pemikiran para filsuf. Thales memiliki gagasan bahwa dunia ini terbentuk dari unsur yang tunggal. Parmenides beranggapan bahwa segala sesuatu di dunia ini tetap, sebaliknya Herakleitos beranggapan bahwa segala sesuatu di dunia ini berubah. Segala yang tetap akan bebas dari ruang dan waktu, sebaliknya segala yang berubah terikat ruang dan waktu. Selanjutnya Plato mengemukakan bahwa objek di dunia yang tetap dan idealis dikenal dengan idealisme. Aristoteles mengemukakan bahwa objek di dunia yang berubah bersifat realis, dikenal dengan realisme. Pengetahuan di dunia, menurut Immanuel Kant merupakan perpaduan antara rasionalisme dengan tokohnya Descartes dan empirisme dengan tokohnya Hume. Perpaduan antara keduanya bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  28. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pada realitanya transformasi atau perubahan tidak selalu mengahsilkan sesuatu yang positif.
    Hal ini bergantung bagaimana setiap individu tersebut menempatkan dirinya melalui transformasi. Ada yng bertransformasi ke arah yang lebih baik adapula yang berubah ke arah yang kurang baik.
    Transformasi yang terjadi dapat didasarkan pada dunianya sendiri yang disesuaikan dengan transformasi dunia yang luas itu sendiri.

    ReplyDelete
  29. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Setiap orang memiliki dunianya masing-masing. dan setiap orang memiliki beberapa dunia dalam kehidupannya. Misalkan jika budi seorang guru maka dia berada di dunia pendidikan. Jika budi seorang mahasiswa maka dia di dunia perkuliahan. Budi harus menyesuiakan ruang dan waktu terhadap dunianya masing-masing. Ketika dia menjadi guru, dia memberikan tugas kepada siswanya. Namun ketika budi jadi mahasiswa maka dia diberikan tugas oleh dosennya. Budi sebagai mahasiswa harus menyesuiakan ruang dan waktu pada dirinya sehingga dia melepaksan statusnya sebagai guru ketika berada di dunia perkuliahan.

    ReplyDelete
  30. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Transformasi merupakan perpindahan dari sesuatu menjadi sesuatu yang lain yang berbeda dari sesuatu sebelumnya. Transformasi ruang dan waktu memiliki makna bahwa dalam ruang dan waktu segala sesuatunya tidaklah sama maka terjadi ketidakkonsistenan/kontradiksi. Waktu dulu berbeda dengan sekarang, waktu sekarang berbeda dengan waktu yang akan datang. Jadi transformasi itu kontradiksi/ketidakkonsistenan melekat padanya.

    ReplyDelete
  31. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Disamping dunia yang terbalik dan menurut saya menjadi tidak jelas, tetapi dunia ini dapat pula menjadi bertransformasi baik akan perkembangan ilmu teknologi misalnya, yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. seperti adanya taksi atau ojek online yang dapat diakses dimana saja dan dapat memudahkan pekerjaan manusia.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Tranformasi akan terus menerus terjadi selama kehidupan di dunia masih berjalan. Dari awal zaman hingga akhir zaman, meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Termasuk juga di dalamnya pengetahuan matematika. matematika telah melalui banyak sekali transformasi selama perkembangannya.transformasi berarti berubah, terus menerus terjadi perubahan ke arah perkembangan. Bumi sendiri juga mengalami transformasi dan masih terus menerus berlangsung hingga saat ini.

    ReplyDelete
  33. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Menjadi generasi muda justru adalah kesempatan kita untuk menjadi seseorang yang bisa membuat transformasi baru dalam dunia. Anak-anak muda yang di mana sebagai pengendali teknologi bisa menjadikannya sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif melalui inovasi baru. Teknologi akan memudahkan semuanya. Kita bisa menjadikan teknologi untuk membantu kita mengeluarkan ide-ide brilliant saat bekerja, meningkatkan tingkat produktivitas, dan menjadikan kita sebagai orang yang multitasking. Teknologi juga yang dapat memudahkan kita untuk membangun networking. Hanya saja, kita pun perlu ingat bahwa networking yang baik bukan hanya sekedar berhubungan melalui teknologi saja, namun dengan melakukan kontak mata secara langsung. Maka dari itu keseimbangan adalah hal yang cukup penting. Kita sebagai generasi muda mungkin pernah cepat bosan saat melakukan sesuatu. Maka dari itu cobalah menjadi generasi yang menanamkan value untuk memilih dan melakukan pekerjaan yang kita sukai. Atau carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kita punya sehingga kita bisa bekerja tanpa rasa bosan dan dengan semangat tinggi.

    ReplyDelete