Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

6 comments:

  1. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam menjalani hidup ini, manusia selalu mengalami transformasi dunia dalam ruang dan waktu. Dunia yang kita alami sangatlah banyak sekali dalam kehidupan, mulai dari dunia hati, dunia pikiran, dunia belajar, dunia bermain, dunia bekerja, dunia perbuatan, dunia sifat dan masih banyak lagi dunia dalam hidup kita. Diantara semua dunia itu, maka kita pastinya melakukan transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya. Misalnya seorang siswa saat jam pelajaran berada pada dunia belajar, kemudian kita jam istirahat, ia mengalami transformasi dunia menjadi dunia bermain. Maka sebenar-benar hidup adalah transformasi dunia dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  2. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita hidup terikat ruang dan waktu. Setiap orang terikat pada lebih dari satu ruang atau dengan kata lain satu orang menjalani hidup dalam berbagai ruang. Misalnya seorang guru, di dunia sekolah mereka menjalankan tugas selayaknya guru. Kemudian pulang kerumah menjadi suami dan ayah atau ibu. Maka inilah transpormasi. Kita melakukan itu setiap waktu. Sehingga hidup kita adalah transformasi yang terikat ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Segala sesuatu di dunia ini mengalami transformasi dunia. Kehidupan di dunia ini tidak bisa lepas dari ruang dan waktu. Bahkan aku yang sekarang tidaklah sama dengan aku satu detik yang lalu, karena aku yang sekarang berada di ruang dan waktu yang berbeda dengan aku satu detik yang lalu. Contohnya saja teknologi, di jaman modern ini orang bisa berkirim pesan melalui alat elektronik seperti handphone, fax, e-mail, dsb dimana hanya diperlukan waktu bahkan bisa kurang dari 1 menit, sedangkan jaman dahulu orang berkirim pesan melalui surat yang dikirim melalui pos dimana diperlukan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu agar surat dapat sampai ke tempat tujuan. Atau misal dalam dunia pendidikan, sekarang siswa yang mengikuti UN sudah menggunakan komputer, jaman dahulu siswa menggunakan LJK yang pengoreksiannya memakai komputer atau bahkan sebelum jaman LJK yang lembar jawab pengoreksiannya secara manual. Semua hal di dunia ini akan mengalami transformasi dunia yang tidak bisa lepas dari ruang dan waktu. Sehingga kita harus bisa bijak dalam menanggapi transformasi dunia tersebut.

    ReplyDelete
  4. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dunia bertransformasi maka dunia pendidikan harus ikut bertransformasi, begitu pula pola pembelajaran harus bertransformasi agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Kemampuan yang dibutuhkan pada dunia kerja saat ini adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif. Adapun transformasi pendidikan meliputi hal-hal pokok kebijakan pendidikan, pengembangan kompetensi guru, teknologi, riset dan evaluasi (Laksmana, 2014).

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika 2016

    Ketetapan hanyalah milik Allah SWT sudah menjadi mutlak, bahwa setiap yang ada dan yang mungkin ada bersifat dinamis. Seiring berubahnya ruang dan waktu, bahkan setiap detik dan jengkal perjalanan manusia berubah. Pun dengan transformasi dunia, mulai dari Archaic, Tribal, Tradisional, Feudal, Modern, Pos Modern sampai dengan Power Now. Begitulah kehidupan di dunia yang berubah sesuai dengan peradabannya.

    ReplyDelete
  6. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dimensi ruang jika di analogikan dengan ruang maka saat ini kita sedang berada di sebuah ruang yang di sebut dunia. Lebih jauh dari itu, dunia bukan hanya yang meliputi tempat kita tinggal dan hidup sekarang ini namun terdapat banyak jenis dunia. Sifatnya yang luas dan merupakan wadah, mendefinisikannya menjadi sebuah tempat. Pikiran yang sifatnya sangat luas dan fleksibel ini juga merupakan dunia. Di dalamnya semua hal bisa terjadi tergantung bagaimana kita memikirkan dan membayangkan. Maka sebaik-baiknya dunia adalah pikiran. Hanya dengan pikiran yang baik, pikiran yang digunakan dengan baik pulalah yang dapat menciptakan dunia-dunia lain yang jangkauannya lebih luas lagi

    ReplyDelete