Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

13 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Tranformasi akan terus menerus terjadi selama kehidupan di dunia masih berjalan. Dari awal zaman hingga akhir zaman, meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Termasuk juga di dalamnya pengetahuan matematika. matematika telah melalui banyak sekali transformasi selama perkembangannya.transformasi berarti berubah, terus menerus terjadi perubahan ke arah perkembangan. Bumi sendiri juga mengalami transformasi dan masih terus menerus berlangsung hingga saat ini.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Menjadi generasi muda justru adalah kesempatan kita untuk menjadi seseorang yang bisa membuat transformasi baru dalam dunia. Anak-anak muda yang di mana sebagai pengendali teknologi bisa menjadikannya sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif melalui inovasi baru. Teknologi akan memudahkan semuanya. Kita bisa menjadikan teknologi untuk membantu kita mengeluarkan ide-ide brilliant saat bekerja, meningkatkan tingkat produktivitas, dan menjadikan kita sebagai orang yang multitasking. Teknologi juga yang dapat memudahkan kita untuk membangun networking. Hanya saja, kita pun perlu ingat bahwa networking yang baik bukan hanya sekedar berhubungan melalui teknologi saja, namun dengan melakukan kontak mata secara langsung. Maka dari itu keseimbangan adalah hal yang cukup penting. Kita sebagai generasi muda mungkin pernah cepat bosan saat melakukan sesuatu. Maka dari itu cobalah menjadi generasi yang menanamkan value untuk memilih dan melakukan pekerjaan yang kita sukai. Atau carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kita punya sehingga kita bisa bekerja tanpa rasa bosan dan dengan semangat tinggi.

    ReplyDelete
  3. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Jujur, pak Prof, pertanyaan ini membingungkan saya sebagai orang awam. Bagaimana mungkin dunia dapat kita transformasikan (aspek ruang dan waktu) dalam wujud tulisan? Bukan kah proses transformasi, dalam konteks material, harus terjadi dalam reaksi material pula? Apakah sesederhana menjawab pertanyaan ini kah proses tranformasi dari satu dunia ke dunia yang lain? Apakah dunia yang dimaksud dari pertanyaan ini? Apakah ruang dan waktu? Apakah yang dimaksud adalah sebagai contoh transformasi dunia fisik ke dunia metafisik? Apakah mimpi dalam tidur yang merupakan refleksi terhadap kehidupan sehari-hari adalah contoh tranformasi dunia fisik ke dalam dunia mimpi?

    ReplyDelete
  4. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dunia kita sungguh sudah bertransformasi dalam ruang dan waktu. Dari yang dulu masih awam dengan teknologi hingga sekarang yang sudah tidak bisa hidup tanpa teknologi. Transformasi ini juga berdampak pada transformasi gaya hidup. Dahulu, untuk mengundang seseorang, maka yang mengundang harus datang ke rumah yang diundang dan bertatapan langsung sambil mengutarakan maksud dan tujuan, dianggap tidak sopan dan tidak terlalu penting jika hanya mengundang lewat surat undangan tanpa meneui langsung orang yang bersangkutan. Sekarang hal itu sudah bertansformasi, untuk mengundang seseorang, maka yang mengundang harus membuat surat undangan resmi, tidak apa-tidak menemui langsung orang yang diundang asalkan ada surat undangnnya, dianggap tidak penting acara tersebut jika tanpa surat undangan. Dan masih banyak lagi transformasi-transformasi kehidupan lainnya yang terjadi sekarang. Jadi benarlah bahwa dunia yang satu bertransformasi dengan dunia yang lain dalam ruang dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Istilah transformasi secara makna sebenarnya ialah suatu perubahan. Berikut pendapat saya tantang transformasi dunia yang satu ke dunia yang lain dalam ruang dan waktu. Obyek filsafat dapat berasal dari luar maupun dari dalam pikiran manusia. Obyek tersebut dapat berupa yang ada dan yang mungkin ada. Luasnya objek kajian tersebut, merupakan salah satu perubahan dari waktu terdahulu hingga sekarang. Dalam filsafat di kenal istilah transformasi dunia dimana kita sebagai manusia mencoba untuk mempelajari seperti apa itu dunia dalam lingkup kajian filsafat. Transformasi dunia meliputi segala dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Melalui dimensi itulah akan terjadi suatu perubahan pemikiran sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  6. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dunia memang selalu bertransformasi. Dunia Pendidikan, dunia binatang, dunia industri, dunia teknologi, dunia pariwisata, dunia budaya, dunia anak-anak, semuanya memiliki potensi untuk bertransformasi. Waktu terus berjalan, dunia yang lampau tentu berbeda dengan dunia saat ini. Dunia sekarang tentu berbeda dengan dunia akan datang, dunia yang ada tentu berbeda dengan dunia yang mungkin ada. Transformasi tidak selalu berupa kemajuan, bisa berupa kemunduran. Dalam matematika kehidupan, kita mengenal rotasi (perputaran: roda kehidupan manusia yang kadang dipuncak kejayaan, kadang berada dibawah), translasi (pergeseran: pergeseran makna, pergeseran norma, seiring majunya peradaban), dilatasi (perbesaran: pelebaran rumah, melebarkan daerah kekuasaan, naik jabatan, semakin kaya.. pengecilan: makin mundur, jatuh miskin,dan seterusnya).. Dan memaknai semua perubahan itu dengan refleksi.

    ReplyDelete
  7. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    dunia yang bertransformasi bisa saja dunia yang mengalami disorientasi menjadi sesuatu yang buruk, atau bisa saja dunia yang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik ke arah peradban yang lebih baik. transformasi dunia bisa disebabkan oleh pergeseran dan perubahan pola pikir manusia.

    ReplyDelete
  8. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Transformasi dunia akan terus terjadi dan berkembang, dimana seperti yang kita ketahui bentuk transformasi dunia dari abad sebelum masehi hingga moderen seperti saat ini. Perubahan-perubahan tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Seperti contoh di zaman abad sebelum masehi dimana kita mengenal yang namanya kerajaan-kerajaan , yang kemudian kerajaan yang kuat, kokoh dan memiliki prajurit yang tangguh akan menjadi kerajaan yang lebih dominan untuk menguasai peradaban. cara seperti ini terus digunakan sampai ke transformasi dunia yang selanjutnya, akan tetapi tetap kita temukan cara-cara yang digunakan sudah lebih banyak berbeda akibat dari buah pemikiran-pemikiran manusia, meskipun memiliki tujuan yang sama.

    ReplyDelete
  9. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Dunia selalu bertransformasi, begitupun denganku dan denganmu. Aku yang sekarang, kau yang sekarang, dunia yang sekarang tidak akan pernah menjadi yang "sekarang" lagi. Bahkan aku yang nanti, kamu yang nanti, dan dunia yang nanti tiadalah sama dengan yang "sekarang" tadi.
    Dunia adalah alam pikir kita. Kita memikirkan banyak dunia, bukan? Dunia 1, Dunia 2, Dunia 3, .....Dunia n. Dunia-dunia tersebut bermacam-macam bentuk dan sifatnya, tergantung apa yang ada dalam pikiran kita saat menciptaknnya. Bisa jadi dunia itu dunia ilmiah, rasional, dan bisa dinalar. Bisa jadi dunia itu adalah dunia yang imajinatif dan irasional. Akan tetapi, ke semua dunia tersebut memiliki tempatnya sendiri-sendiri dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  10. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Membicarakan dunia berarti berkaitan dengan pikiran. Apa yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini dapat ditransformasikan dengan cara masing-masing. Hal yang terpenting adalah ikhtiar. Agar dapat mentransformasikan dunia sesuai dengan ruang dan waktu maka hendaknya selalu bekerja keras dan berusaha. Belajar dan terus belajar, membaca dan terus membaca. Segala sesuatu yang telah ditakdirkan Tuhan kepada manusia hendaknya disyukuri termasuk melakukan usaha adalah salah satu wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan. Berusaha adalah cara mentransformasikan dunia. Agar sesuai dengan ruang dan waktu maka transformasi perlu dilakukan. Tindakan-tindakan di dunia pada zaman dahulu hendaknya dapat ditransformasikan ke zaman sekarang agar tetap sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  11. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Transformasi dalam ruang dan waktu terus terjadi tanpa kita sadari. Dunia yang ada pada detik ini telah bertransformasi dari dunia pada detik sebelumnya. Pilihan untuk melakukan transformasi menjadi lebih baik atau buruk ada di tangan manusia. Manusialah yang berakal yang seharusnya mampu mengarahkan transformasi dunia dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  12. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Adanya transformasi tidak bisa dipungkiri. Transformasi telah terjadi ketika manusia masih di dalam kandungan ibu dari bentuk zygote – morula- blastula – grastula – organogenesis- embrio dan terus berkembang sehingga lahir di dunia. Ketika lahir di dunia manusia terus bertransformasi secara fisik seiring pertambahan usianya. Tidak hanya fisik pikiran manusi juga mengalamai transformasi hal ini bisa kita lihat dari tingkatan kita sekolah. Tempat kita sekolah pertama kali adalah ibu “ al ummu madrastul ula”. Seiring bertambahan tahun kita memasuki masa SD, SMP, SMA dan kuliah serta jenjang lain di masyarakat yang hal itu di tentukan oleh keputusan kita sendiri. Adanya jenjang-jenjang ini merupakan indikasi bahwa kita sebagai manusia mengalami perkembangan, perubahan dari masa ke masa. Tentunya perubahan dari masa ke masa ini seharusnya menuju pada perubahan yang lebih baik bukan malah jelek karena sesungguhnya orang-orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari hari kemarin. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  13. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Dunia yang dijalani manusia sangatlah banyak, mulai dari sebelum dilahirkan sampai kita mati, bahkan setelah matipun masih ada dunia yang harus dijalani lagi. Dalam kehidupan, kita dapat menjumpai banyak dunia, dunia hati, dunia perbuatan, dunia pikiran, dunia bermain, dunia belajar, dunia bekerja dan sebagainya. Dalam mentransformasikan satu dunia ke dunia lainnya, terbatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian dan kemampuan dari masing-masing individu, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang berbeda-beda dan terus berubah, sehingga terbatas ruang dan waktunya.

    ReplyDelete