Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

20 comments:

  1. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari kata yang diminta dalam postingan ini adalah kata kerja yaitu “transformasikan” maka menurut KBBI berarti mengubah rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya); mengalihkan. Dunia tak selamanya seperti apa yang kita inginkan dan bayangkan. Mungkin transformasikan dunia dengan ruang dan waktu seperti kita berangan-angan atau bercita-cita tentang dunia yang seperti apa yang kita inginkan. Dunia yang penuh dengan kedamaian dengan sejuta tujuan yang sangat mudah untuk dicapai tanpa harus ada tantangan. Ya, apa yang saya pikirkan pasti yang “instan”. Karena kalau boleh bermimpi mengapa tidak setinggi langit? Walaupun andaian yang tak masuk akal sekalipun.

    ReplyDelete
  2. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Transformasi itu berarti perubahan, perubahan dari setiap orang sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, internal meliputi karakter, pola pikir, dll. Eksternal dipengaruhi oleh lingkungan. Maka transformasi bisa berati transformasi ke arah positif atau perubahan ke arah negatif. Pada jaman sekarang ini mulai terjadi adanya transformasi atau pergeseran dalam dunia. Hal tersebut dapat dicontohkan dari kehidupan di negara kita ini, pergeseran budaya mulai terjadi. Jika dilihat dari aspek ruang dan waktu, jaman sekarang ini banyak orang yang sudah terpengaruh dengan budaya barat. Budaya tentang pakaian, perilaku, dan pergaulan. Budaya barat dianggap menjadi sebuah trend. Oleh karena itu, dengan berfilsafat kita diharapkan dapat menyikapi bahwa dengan adanya transformasi ini seharusnya semakin membuat kita melakukan hal-hal yang positif.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Dunia tidak dapat terlepas dari ruang dan waktu. Karena itulah dunia ini sebenarnya sedang dan selalu melakukan transformasi. Karena dipengaruhi ruang dan waktu itulah dunia ini selalu bergeser mengikuti waktu. Ada dunia tadi, dunia saat ini, dunia satu detik yang lalu, dan transformasi dunia lainnya. Dunia akan terus bertransformasi mengikuti ruang dan waktunya. Terus dan terus berubah. Maka transformasi dunia tidak akan pernah berhenti hingga kiamat datang.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Dewasa ini, dunia mengalami perubahan total, pasar dunia menjadi global dimana semua orang dimanapun mereka berada bisa menjual barang kemanapun mereka mau tanpa harus meninggalkan lokasi usahanya, peluang menjadi besar namun persaingan dan kompetisi juga menjadi global baik secara individu, kelompok usaha maupun negara. Teknologi menjadi sebuah keharusan untuk dapat berkompetisi dan mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Jika tidak, maka kita akan ketinggalan informasi.

    ReplyDelete
  5. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini mengalami perubahan terhadap ruang dan waktu. Sisi tersebut tanpa terkecuali di bidang apapun, baik dari sisi fisik maupun non-fisik. Perubahan tersebut mengarah kepada dua sisi yakni ke arah baik maupun tidak baik. Misalnya, dari sisi pembangunan terdapat dua sisi baik yaitu pembangunan mempermudah manusia dan akibat dari pembangunan seperti merusak lingkungan hijau, mempersempit habitat bagi mahluk hidup lain menjadi sisi buruk dampak pembangunan.

    ReplyDelete
  6. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dunia merupakan sebuah bagian dari semesta yang bersifat dinamis. Ia selalu berubah, namun terkadang memiliki ketetapan walaupun tidak bersifat kekal. Ruang dan waktu memberikan gambaran bahwa ada peradaban yang mengantri untuk menguasai dunia, seperti contoh zaman purba, zaman rasionalitas, era pencerahan, modernisme, post modernisme, hingga power now. Segala transformasi tersebut pada dasarnya dapat dipahami menggunakan dalil ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  7. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dunia yang kita alami sangatlah banyak sekali dalam kehidupan, mulai dari dunia hati, dunia pikiran, dunia perasaan, dunia kata-kata, dunia perbuatan, dunia sifat, dunia belajar, dunia bermain, dunia bekerja dan masih banyak lagi dunia dalam hidup kita. Diantara semua dunia itu, maka dapat kita melakukan transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya.
    Sebagai contoh, dunia pikiran kita tidak mampu untuk kita wujudkan sepenuhnya dalam dunia bahasa atau kata-kata, dunia kata-kata tidak dapat diwujudkan semuanya melalui tulisan kita , dan dunia tulisan kita tidak dapat direalisasikan selengkapnya dalam perbuatan dan tingkah laku kita.
    Maka transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya hanya sebatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang bertingkat, sehingga terbatas ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  8. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Transformasi identik dengan perubahan, karena sejatinya transformasi adalah sebuah bentuk perpindahan menuju sistem yang dianggap lebih baik dan mendukung. Transformasi dunia berarti melakukan perubahan pada dunia, sedangkan transformasi dunia yang satu ke dunia yang lain berarti merubah dunia yang satu menjadi dunia lainnya yang lebih baik tentunya. Transformasi dunia yaitu meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik. Dalam dunia pendidikan terdapat pula sumbu misalnya dalam pembelajaran terdapat sumbu dimana logos berada pada ujung sumbu dan mitos berada pada ujung sumbu yanng lain. Dalam hal ini berarti dalam dunia pendidikan terkadang pendidikan menerapkan proses belajar mengajar yang bersifat logos dan terkadang bersifat mitos. Dalam aspek penilaian terdapat sumbu dimana subjektif berada pada ujung sumbu dan objektif berada pada ujung sumbu yang lain, artinya dalam penilaian pendidik secara sadar maupun tidak, terkadang melakukan tindakan subjektif dan terkadang pula objektif.

    ReplyDelete
  10. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Transformasi berarti perubahan, dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Transformasi dunia dapat dilakukan dengan menggunakan pikiran kita, imajinasi kita. Transformasi dunia yang ada dalam pikiran kita dapat dilakukan dengan mudah, dapat segera berpindah dari ruang dan waktu yang satu ke ruang dan waktu yang lain. sebagai contoh, dunia pada detik ini dengan dunia pada detik setelahnya.sebelum Donald Trump mengeluarkan pernyataan tentang kota yerusalem, kota tersebut masih menjadi bagian dari palestina, tetapi setelah pernyataan bahwa yerusalem adalah ibukota Israel, 9 negara menyetujuinya dan Israel mulai mengambil alih yerusalem.

    ReplyDelete
  11. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Mentransformasikan suatu dunia kedunia lain adalah bagaimana kita menggunakan pikiran kita yang berada di suatu ruang dan waktu namun menggabungkan banyak elemen dunia lain di dalamnya. Dunia adalah pikiran, misalkan kita sedang memikirkan berbagai masalalah dan berkaitan dengan peruabahan kita di ruang dan waktu tertentu disitulah kita sedang mentransformasikan dunia, misalkan kita akan pergi ke arah timur namun akhirnya kita ke arah barat dengan pemikiran tertentu, dimana ada hal lain yang mendorong kita melakukan hal tersebut dan merubah dunia yang seharusnya ke arah timur, menjadi ke arah barat.

    ReplyDelete
  12. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Dunia berubah maka dunia pendidikan juga harus berubah, pola pembelajaran harus berubah agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Dalam dunia kerja saat ini kemampuan yang diminta adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif.

    ReplyDelete
  13. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    transformasi dunia adalah suatu kajian ilmu filsafat yang mempelajari seperti apa itu dunia . tranformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. dalam menghubungkan antara dunia satu dengan lainnya diperlukan banyak hal seperti ontologi dan aksiologi. dalam berbagai dunia misalanya dalam dunia pendidikan ada simpul logos dan mitos yang berada pada ujung yang berbeda.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  14. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Transformasi merupakan suatu perubahan, adapun transformasi dunia dalam filsafat mencakup berbagai dimensi, diantaranya dimensi material, formal, spiritual, dan lain sebagainya. Untuk mentransformasikan antara dunia yang satu dengan yang lainnya, terlebih dahulu keduanya dihubungkan sehingga dapat dipikirkan secara intensif dan ekstensif secara ontologi, sedangkan baik buruknya adalah secara aksiloginya. Contoh konkretnya misalnya dunia guru dan dunia siswa, kedua memiliki dunianya masing-masing yang jelas berbeda, tetapi dengan saling melihat dimensi satu dengan yang lainnya keduanya bisa saling melengkapi dan memahmi, sehingga baik dunia guru maupun dunia siswa bisa ditransformasikan.

    ReplyDelete
  15. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menurut Immanuel kant sebenar-benar dunia itu adalah yang engkau pikirkan. Apa yang dipikirkan seseorang dengan yang lainnya tentu berbeda-beda sehingga ada banyak dunia menurut versi masing-masing. Satu orang pun kadang yang dipikirkan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah. Jika kita berpikir A maka kita berada pada dunia A, kemudian pikiran kita berubah menjadi memikirkan B sehinggs kita berada pada dunia B, dst. Jadi dengan berubahnya apa yang kita pikirkan maka hakikatnya kita telah bertransformasi ke dunia lain.

    ReplyDelete
  16. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Kita mengenal bahwa dunia itu tidak tunggal. Namun jumlahnya sangat banyak, sebanyak yang ada dan yang mungkin ada. Kita mengenal ada dunia manusia, dunia tumbuhan, dunia binatang, dunia televise, dunia hiburan, dunia handphone, dunia sepakbola, dunia renang, dunia matematika, dunia seni music, dunia anak-anak, dunia orang tua, dunia barat, dunia timur dan masih banyak lagi macam-macam dunia ini. Setiap dunia memang memiliki kekhasan masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan dunia tersebut dipengaruhi oleh dunia yang lain. Misalnya dunia timur adalah dunia yang mengedepankan tata karma, sopan santun, kerjasama, gotong royong akhlak, agama, perasaan dan sejenisnya. Sementara itu, dunia barat adalah dunia yang penuh dengan rasio, logika, akal, ego, prestasi, teknologi, dan sejenisnya. Mentransformasikan dunia barat ke dalam dunia timur berarti memasukkan nilai-nilai yang ada pada budaya barat untuk diterapkan, dihidupkan dalam dunia timur. Maka kemudian kita mulai melihat dunia timur yang sudah meninggalkan gotong royong, kerjasama, karena sudah berubah arah menjadi egoism.

    ReplyDelete
  17. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transformasi antar dunia bisa meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Contoh sederhananya pada saat kita sedang melakukan suatu pekerjaan, lalu kita berniat untuk menghentikan pekerjaan untuk melaksanakan ibadah. Pada saat kita meninggalkan urusan duniawi untuk mendekatkan diri kepada Allah, kita memasuki dunia spiritual dimana sluruh drama dunia harus kita kesampingkan. Seluruh ego, ambisi, kebanggaan, rasa puas, rasa sombong, dan seluruh perasaan manusiawi lainnya harus ditinggalkan karena pada dunia spiritual hanya ada kita dan Allah.

    ReplyDelete
  18. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Transformasi dunia memiliki makna yaitu perubahan dunia. Lalu perubahan bagaimanakah yang dimaksud? Yaitu perubahan dunia dari yang satu ke yang lain. Maksudnya yaitu bahwa ruang dan waktu yang ada itu selalu berkembang sehingga mengakibatkan dunia juga berkembang, dunia mengalami perubahan sehingga disebutlah transformasi dunia. Dunia boleh berubah dengan segala aspek kehidupannya tetapi yang tidak boleh berubah yaitu ketetetapan hati dan keimanan yang kuat harus tertanam dan tak boleh berubah.

    ReplyDelete
  19. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Transformasi dunia adalah sebuah proses perubahan pada dunia secara berangsur-angsur. Perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal. Saat ini dunia bertransformasi pada dunia kontemporer, dimana semuanya berpusat pada teknologi. Transformasi dunia memberikan pengaruh kepada tata cara hidup dan pola pikir sesorang. Begitu pula dunia kontemporer, membuat manusia terlena dengan teknologi dan melalaikan kewajiban. Pengaruh akan dunia kontemporer membuat lahirnya generasi patung. Mereka begitu terlena dengan kenikmatan teknologi. Bila tidak sikapi dengan bijak maka transformasi dunia akan menyebabkan turunnya kualitas keimanan seseorang.

    ReplyDelete
  20. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Saya akan mencoba dengan dua dunia yang sering saya temui selama belajar di jurusan pendidikan matemtika ini. Ya, tentunya tentang dunia matemtika dan dunia siswa. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete