Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

54 comments:

  1. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik. Dalam dunia pendidikan terdapat pula sumbu misalnya dalam pembelajaran terdapat sumbu dimana logos berada pada ujung sumbu dan mitos berada pada ujung sumbu yanng lain. Dalam hal ini berarti dalam dunia pendidikan terkadang pendidikan menerapkan proses belajar mengajar yang bersifat logos dan terkadang bersifat mitos. Dalam aspek penilaian terdapat sumbu dimana subjektif berada pada ujung sumbu dan objektif berada pada ujung sumbu yang lain, artinya dalam penilaian pendidik secara sadar maupun tidak, terkadang melakukan tindakan subjektif dan terkadang pula objektif.
    Referensi: http://aanhendroanto.blogspot.co.id/2011/05/transformasi-dunia-dalam-filsafat.html

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Anatara dunia mimpi dan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dunia mimpi merupakan tranformasi pikiran-pikiran manusia di dunia nayata yang tidak bisa tercapai, sehingga hanya bisa ditransformasikan dalam angan-angan dalam dunia mimpi. Namun hingga sekarang tidak ada yang bisa mengontrol mimpi tersebut. Selain itu manusia hidup di dunia yang saat sekarang ini adalah hakekatnya terikat dengan ruang dan waktu. Begitu pun dalam dunia matematika. Dalam dunia matematika dikenal adanya matematika formal untuk orang dewasa dan matematika untuk anak. Matematika untuk anak adalah matematika yang menekankan pada aktivitas sosial di mana anak-anak mengamati benda-benda sekitarnya, pengalamannya yang kemudian diabstraksi ke dalam bentuk matematika, tetapi dalam bentuk yang masih sederhana. Seiring perkembangan waktu dari matematika sebagai aktivitas sosial lambat laun berubah menjadi matematika formal sesuai dengan kurun waktu tertentu, karena pemahaman anak tentang suatu konsep matematika telah tertanam dengan baik dalam benak mereka, sehingga selanjutnya apabila ada suatu konsep baru yang mereka temui mereka tinggal mengakomodasi atau mengasimilasi konsep tersebut.

    ReplyDelete
  3. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Transformasi dunia merupakan perubahan yang terjadi dunia dari ruang dan waktunya.
    Transformasi dunia melibatkan manusia didalamnya karena manusia sebagai makhluk penghuni dunia.
    Manusia melakukakn transformasi dari dimensi ruang yang satu ke dimensi ruang yang lain.
    Dari dimensi yang paling sederhana hingga dimensi yang komplekd. Tujuan transformasi ini adalah untuk membawa perubahan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Misalnya ketika kita hendak memasuki dunia anak-anak, tentunya bahasa yang kita gunakan kepada mereka, sikap, dsb akan berbeda ketika kita memasuki dunianya orang dewasa. Oleh karena itu kita membutuhkan multifacet. Multifacet adalah alat untuk menembus ruang dan waktu agar kita sopan dan santun. Jika wajah kita hanya satu, misal cemberut. Maka dimana-mana kita cemberut, padahal itu tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Oleh karena itu, dari sisi filsafat multifacet berfungsi untuk menembus ruang dan waktu agar kita sopan dan santun.

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik.
    Dalam kaitannya dengan ruang dan waktu, terdapat sumbu waktu dimana sumbu ini membagi waktu menjadi yang lalu, sekarang , dan yang akan datang. Sekarang merupakan titik tengah sumbu waktu dimana ujung-ujungnya yaitu yang lalu dan yang akan datang. Dalam menjalani kehidupan ada sebuah sumbu yaitu sumbu fatal dan vital dimana pada ujung fatal, orang hidup dengan berserah diri sepenuhnya kepada nasib tanpa ada usaha dan pada ujung vital, orang hidup dengan percaya sepenuhnya pada usahanya sendiri tanpa peduli takdir ataupun nasib yang telah ditentukan, dalam hal ini hendaknya kita berada di tengah sumbu dimana kita percaya pada nasib yang telah ditentukan pada kita tetapi tetap berusaha untuk menjadi atau meraih yang terbaik.

    ReplyDelete
  6. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berbicara tentang transformasi memiliki kaitannya dengan perubahan-perubahan yang terjadi didunia seorong berjalannya waktu. Mengapa dunia bertransformasi ? Dunia dapat bertransformasi karena manusia. Manusia yang memiliki dari jasad (materi) dan jiwa (ruh), manusia yang berada pada ruang dan waktu. Ruang adalah tempat di mana manusia berproses mencari eksistensi dirinya sebagai manifesitasi dari kesadaran tentang waktu. Sedangkan waktu adalah masa tak terbatas, yang di dalamnya manusia berproses mendialogkan kesadaran diri dengan ruang atau tempat di mana orang tersebut ada.
    Waktu melampui ruang, sebab ia adalah esensi dari kehidupan. Artinya, meski ruang telah tiada, tetapi jika waktu masih dimiliki oleh manusia, maka sejatinya mereka masih eksis. Tetapi kenyataan ini tidak mungkin. Sebagai materi manusia tetap butuh pada ruang. Makna bahwa waktu melampaui ruang pada konteks kehidupan dunia. Meski ruang kehidupan dunia masih ada, tetapi jika jatah waktu hidup sudah habis, manusia tidak bisa mengelak. Sebab manusia tidak akan mampu melawan waktu. Dengan demikian, waktu adalah esensi dari kehidupan. Maka dapat dikatakan bahwa dunia bertransformasi karena waktu.

    ReplyDelete
  7. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Transformasi adalah perubahan yang berkelanjutan tanpa henti. Terlebih untuk dunia ini yang tiadak tahu akan berhenti sampai tanggal berapa. Transformasi dunia akan berputar secara siklik. Mengapa demikian? Dalam perkuliahan Prof mengatakan bahwa hari ini kita bertemu pagi siang malam. Bagaimana dengan hari esok? Sama saja, akan datang pagi siang malam. Ini membuktikan bahwa dunia bertransformasi secara siklik

    ReplyDelete
  8. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    menurut saya transformasi dua dapat menjadikan dunia ini terbalik balik dan yang jelas menjadi tidak jelas. seperti zaman sekarang ini yang sudah banyak anak yang sering membantah orangtuanya, padahal pada zaman dahulu hal ini sangat dihindari, tetapi sekarang sudah banyak yang seperti itu. seharusnya dunia ini bertransformasi menjadi lebih baik, lebih tertata. tetapi jika hal itu tidak didasarkan dari diri kita maka apalah daya. dunia ini akan bertransformasi menjadi entah bagaimana.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Transformasi dunia adalah suatu kajian ilmu filsafat yang mempelajari seperti apa itu dunia. Tranformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Dalam menghubungkan antara dunia satu dengan lainnya diperlukan banyak hal seperti ontologi dan aksiologi. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete
  10. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dunia satu dapat mempengaruhi dunia yang lain. Seperti dunia para hati dan para pikiran. KEdua hal tersebut saling mempengaruhi. Namun mungkin ada kalanya dunia para hati menyendiri secara khusuk berdoa kepada Tuhan. Namun dunia pikiran dalam kesendiriannya berusaha menembus ruang dan waktu unutk memeperluas daerahnya. Namun dalam ekspansinya dunia pikiran tak akan lepas dari dunia para hati karena jika lepas ma segeralah sang manusia untuk berdoa atas segala khilafnya. Sehingga dunia yang dipikirkan bukanlah bumi saja namun dunia-dunia yang didalam bumi itu yang lebih unik untuk didalami.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Transformasi berarti perubahan, dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Transformasi dunia dapat dilakukan dengan menggunakan pikiran kita, imajinasi kita. Transformasi dunia yang ada dalam pikiran kita dapat dilakukan dengan mudah, dapat segera berpindah dari ruang dan waktu yang satu ke ruang dan waktu yang lain. sebagai contoh, kita dapat memikirkan kota A kemudian sedetik berikutnya kita dapat memikirkan kota B yang mana kota A dan B tidaklah sama.

    ReplyDelete
  12. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Jika dilihat dari segi waktu, dunia senantiasa akan bergerak. Saya pribadi akan membaginya menjadi 3 dunia. Pertama adalah waktu dulu. Waktu dulu guru selalu menerangkan tanpa henti, membuat siswanya bersikap pasif, menghukum setiap kesalahan siswa dengan kekerasan psikis ataupun fisik, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  13. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setelah waktu dulu, selanjutnya yang kedua adalah waktu kini. Sekarang guru mulai memberikan kebebasan untuk mengaktifkan peran siswa dalam pembelajaran, mulai menanamkan pendidikan karakter dalam proses belajarnya, dan sebagainya

    ReplyDelete
  14. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Yang terakhir atau yang ketiga adalah waktu mendatang. Kelak, guru harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan kapasitas masing-masing, sesuai dengan kebutuhan masing-masing sehingga kemampuan siswa akan tereksplor secara maksimal.

    ReplyDelete
  15. Transformasi tentang objek-objek di dunia dapat kita pelajari dari pemikiran para filsuf. Thales memiliki gagasan bahwa dunia ini terbentuk dari unsur yang tunggal. Parmenides beranggapan bahwa segala sesuatu di dunia ini tetap, sebaliknya Herakleitos beranggapan bahwa segala sesuatu di dunia ini berubah. Segala yang tetap akan bebas dari ruang dan waktu, sebaliknya segala yang berubah terikat ruang dan waktu. Selanjutnya Plato mengemukakan bahwa objek di dunia yang tetap dan idealis dikenal dengan idealisme. Aristoteles mengemukakan bahwa objek di dunia yang berubah bersifat realis, dikenal dengan realisme. Pengetahuan di dunia, menurut Immanuel Kant merupakan perpaduan antara rasionalisme dengan tokohnya Descartes dan empirisme dengan tokohnya Hume. Perpaduan antara keduanya bersifat sintetik apriori.

    ReplyDelete
  16. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Tranformasi akan terus menerus terjadi selama kehidupan di dunia masih berjalan. Dari awal zaman hingga akhir zaman, meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Termasuk juga di dalamnya pengetahuan matematika. matematika telah melalui banyak sekali transformasi selama perkembangannya.transformasi berarti berubah, terus menerus terjadi perubahan ke arah perkembangan. Bumi sendiri juga mengalami transformasi dan masih terus menerus berlangsung hingga saat ini.

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Menjadi generasi muda justru adalah kesempatan kita untuk menjadi seseorang yang bisa membuat transformasi baru dalam dunia. Anak-anak muda yang di mana sebagai pengendali teknologi bisa menjadikannya sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif melalui inovasi baru. Teknologi akan memudahkan semuanya. Kita bisa menjadikan teknologi untuk membantu kita mengeluarkan ide-ide brilliant saat bekerja, meningkatkan tingkat produktivitas, dan menjadikan kita sebagai orang yang multitasking. Teknologi juga yang dapat memudahkan kita untuk membangun networking. Hanya saja, kita pun perlu ingat bahwa networking yang baik bukan hanya sekedar berhubungan melalui teknologi saja, namun dengan melakukan kontak mata secara langsung. Maka dari itu keseimbangan adalah hal yang cukup penting. Kita sebagai generasi muda mungkin pernah cepat bosan saat melakukan sesuatu. Maka dari itu cobalah menjadi generasi yang menanamkan value untuk memilih dan melakukan pekerjaan yang kita sukai. Atau carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kita punya sehingga kita bisa bekerja tanpa rasa bosan dan dengan semangat tinggi.

    ReplyDelete
  18. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Jujur, pak Prof, pertanyaan ini membingungkan saya sebagai orang awam. Bagaimana mungkin dunia dapat kita transformasikan (aspek ruang dan waktu) dalam wujud tulisan? Bukan kah proses transformasi, dalam konteks material, harus terjadi dalam reaksi material pula? Apakah sesederhana menjawab pertanyaan ini kah proses tranformasi dari satu dunia ke dunia yang lain? Apakah dunia yang dimaksud dari pertanyaan ini? Apakah ruang dan waktu? Apakah yang dimaksud adalah sebagai contoh transformasi dunia fisik ke dunia metafisik? Apakah mimpi dalam tidur yang merupakan refleksi terhadap kehidupan sehari-hari adalah contoh tranformasi dunia fisik ke dalam dunia mimpi?

    ReplyDelete
  19. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dunia kita sungguh sudah bertransformasi dalam ruang dan waktu. Dari yang dulu masih awam dengan teknologi hingga sekarang yang sudah tidak bisa hidup tanpa teknologi. Transformasi ini juga berdampak pada transformasi gaya hidup. Dahulu, untuk mengundang seseorang, maka yang mengundang harus datang ke rumah yang diundang dan bertatapan langsung sambil mengutarakan maksud dan tujuan, dianggap tidak sopan dan tidak terlalu penting jika hanya mengundang lewat surat undangan tanpa meneui langsung orang yang bersangkutan. Sekarang hal itu sudah bertansformasi, untuk mengundang seseorang, maka yang mengundang harus membuat surat undangan resmi, tidak apa-tidak menemui langsung orang yang diundang asalkan ada surat undangnnya, dianggap tidak penting acara tersebut jika tanpa surat undangan. Dan masih banyak lagi transformasi-transformasi kehidupan lainnya yang terjadi sekarang. Jadi benarlah bahwa dunia yang satu bertransformasi dengan dunia yang lain dalam ruang dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  20. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Istilah transformasi secara makna sebenarnya ialah suatu perubahan. Berikut pendapat saya tantang transformasi dunia yang satu ke dunia yang lain dalam ruang dan waktu. Obyek filsafat dapat berasal dari luar maupun dari dalam pikiran manusia. Obyek tersebut dapat berupa yang ada dan yang mungkin ada. Luasnya objek kajian tersebut, merupakan salah satu perubahan dari waktu terdahulu hingga sekarang. Dalam filsafat di kenal istilah transformasi dunia dimana kita sebagai manusia mencoba untuk mempelajari seperti apa itu dunia dalam lingkup kajian filsafat. Transformasi dunia meliputi segala dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Melalui dimensi itulah akan terjadi suatu perubahan pemikiran sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  21. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dunia memang selalu bertransformasi. Dunia Pendidikan, dunia binatang, dunia industri, dunia teknologi, dunia pariwisata, dunia budaya, dunia anak-anak, semuanya memiliki potensi untuk bertransformasi. Waktu terus berjalan, dunia yang lampau tentu berbeda dengan dunia saat ini. Dunia sekarang tentu berbeda dengan dunia akan datang, dunia yang ada tentu berbeda dengan dunia yang mungkin ada. Transformasi tidak selalu berupa kemajuan, bisa berupa kemunduran. Dalam matematika kehidupan, kita mengenal rotasi (perputaran: roda kehidupan manusia yang kadang dipuncak kejayaan, kadang berada dibawah), translasi (pergeseran: pergeseran makna, pergeseran norma, seiring majunya peradaban), dilatasi (perbesaran: pelebaran rumah, melebarkan daerah kekuasaan, naik jabatan, semakin kaya.. pengecilan: makin mundur, jatuh miskin,dan seterusnya).. Dan memaknai semua perubahan itu dengan refleksi.

    ReplyDelete
  22. Shelly LUbis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    dunia yang bertransformasi bisa saja dunia yang mengalami disorientasi menjadi sesuatu yang buruk, atau bisa saja dunia yang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik ke arah peradban yang lebih baik. transformasi dunia bisa disebabkan oleh pergeseran dan perubahan pola pikir manusia.

    ReplyDelete
  23. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Transformasi dunia akan terus terjadi dan berkembang, dimana seperti yang kita ketahui bentuk transformasi dunia dari abad sebelum masehi hingga moderen seperti saat ini. Perubahan-perubahan tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing. Seperti contoh di zaman abad sebelum masehi dimana kita mengenal yang namanya kerajaan-kerajaan , yang kemudian kerajaan yang kuat, kokoh dan memiliki prajurit yang tangguh akan menjadi kerajaan yang lebih dominan untuk menguasai peradaban. cara seperti ini terus digunakan sampai ke transformasi dunia yang selanjutnya, akan tetapi tetap kita temukan cara-cara yang digunakan sudah lebih banyak berbeda akibat dari buah pemikiran-pemikiran manusia, meskipun memiliki tujuan yang sama.

    ReplyDelete
  24. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Dunia selalu bertransformasi, begitupun denganku dan denganmu. Aku yang sekarang, kau yang sekarang, dunia yang sekarang tidak akan pernah menjadi yang "sekarang" lagi. Bahkan aku yang nanti, kamu yang nanti, dan dunia yang nanti tiadalah sama dengan yang "sekarang" tadi.
    Dunia adalah alam pikir kita. Kita memikirkan banyak dunia, bukan? Dunia 1, Dunia 2, Dunia 3, .....Dunia n. Dunia-dunia tersebut bermacam-macam bentuk dan sifatnya, tergantung apa yang ada dalam pikiran kita saat menciptaknnya. Bisa jadi dunia itu dunia ilmiah, rasional, dan bisa dinalar. Bisa jadi dunia itu adalah dunia yang imajinatif dan irasional. Akan tetapi, ke semua dunia tersebut memiliki tempatnya sendiri-sendiri dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  25. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Membicarakan dunia berarti berkaitan dengan pikiran. Apa yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini dapat ditransformasikan dengan cara masing-masing. Hal yang terpenting adalah ikhtiar. Agar dapat mentransformasikan dunia sesuai dengan ruang dan waktu maka hendaknya selalu bekerja keras dan berusaha. Belajar dan terus belajar, membaca dan terus membaca. Segala sesuatu yang telah ditakdirkan Tuhan kepada manusia hendaknya disyukuri termasuk melakukan usaha adalah salah satu wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan. Berusaha adalah cara mentransformasikan dunia. Agar sesuai dengan ruang dan waktu maka transformasi perlu dilakukan. Tindakan-tindakan di dunia pada zaman dahulu hendaknya dapat ditransformasikan ke zaman sekarang agar tetap sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  26. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Transformasi dalam ruang dan waktu terus terjadi tanpa kita sadari. Dunia yang ada pada detik ini telah bertransformasi dari dunia pada detik sebelumnya. Pilihan untuk melakukan transformasi menjadi lebih baik atau buruk ada di tangan manusia. Manusialah yang berakal yang seharusnya mampu mengarahkan transformasi dunia dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  27. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Adanya transformasi tidak bisa dipungkiri. Transformasi telah terjadi ketika manusia masih di dalam kandungan ibu dari bentuk zygote – morula- blastula – grastula – organogenesis- embrio dan terus berkembang sehingga lahir di dunia. Ketika lahir di dunia manusia terus bertransformasi secara fisik seiring pertambahan usianya. Tidak hanya fisik pikiran manusi juga mengalamai transformasi hal ini bisa kita lihat dari tingkatan kita sekolah. Tempat kita sekolah pertama kali adalah ibu “ al ummu madrastul ula”. Seiring bertambahan tahun kita memasuki masa SD, SMP, SMA dan kuliah serta jenjang lain di masyarakat yang hal itu di tentukan oleh keputusan kita sendiri. Adanya jenjang-jenjang ini merupakan indikasi bahwa kita sebagai manusia mengalami perkembangan, perubahan dari masa ke masa. Tentunya perubahan dari masa ke masa ini seharusnya menuju pada perubahan yang lebih baik bukan malah jelek karena sesungguhnya orang-orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari hari kemarin. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  28. Metia Novianti
    17709251021
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Dunia yang dijalani manusia sangatlah banyak, mulai dari sebelum dilahirkan sampai kita mati, bahkan setelah matipun masih ada dunia yang harus dijalani lagi. Dalam kehidupan, kita dapat menjumpai banyak dunia, dunia hati, dunia perbuatan, dunia pikiran, dunia bermain, dunia belajar, dunia bekerja dan sebagainya. Dalam mentransformasikan satu dunia ke dunia lainnya, terbatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian dan kemampuan dari masing-masing individu, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang berbeda-beda dan terus berubah, sehingga terbatas ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami setiap objek memiliki dunianya sendiri-sendiri. Untuk anak-anak ada dunia anak-anak, untuk orang dewasa ada dunia orang dewasa, untuk olahraga ada dunia olah raga, untuk politik ada dunia politik, untuk kebaikan ada dunia kebaikan, untuk kejahatan ada dunia kejahatan dan di masing-masing dunia tersebut ada “warga” yang merasa kecukupan dengan hidup di dunia tersebut. Sepemahaman kami dalam matematika terdapat dua dunia yaitu dunia matematika dewasa (matematika murni, matematika universitas, matematika tingkat tinggi yang abstrak), dan dunia matematika anak (matematika sekolah, matematika kontekstual, matematika yang “kongkrit”). Seseorang belajar matematika secara terus-menerus mulai dari TK – SD – SMP – SMA kemudian dilanjutkan dengan belajar di S1, S2, dan S3 Matematika maka dengan sendirinya dia sudah mentransformasi dunia matematika di mana dia tinggal, saat dia masih berada di sekolah dia masih dalam dunia matematika anak, akan tetapi ketika dia sudah mulai kuliah di S1 Matematika dia sudah mulai meninggalkan dunia matematika anak untuk masuk dunia matematika dewasa. Terkadang orang yang sudah masuk ke dunia matematika dewasa menjadi lupa diri, dia memaksakan hal-hal yang hanya berlaku dalam dunia matematika dewasa dipaksakan untuk berlaku di dunia matematika anak, sebagai contoh dalam ada seorang oknum matematika dewasa yang memaksakan pemahaman “suatu persegi panjang merupakan suatu jajar genjang yang memiliki sudut siku-siku” dengan kata lain persegi panjang adalah jajar genjang ke anak-anak, sedangkan bagi anak SD persegi panjang itu persegi panjang bukan jajar genjang dan pemahaman anak ini disalahkan.

    ReplyDelete
  30. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Transformasi adalah sebuah proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimate, perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal yang akan mengarahkan perubahan dari bentuk yang sudah dikenal sebelumnya melalui proses menggandakan secara berulang-ulang atau melipatgandakan.
    Waktu, hari, minggu, bulan, tahun akan selalu bertambah. Bertambahnya waktu, maka bertambahnya pemikiran setiap manusia. Contohnya pada zaman sekarang, di era globalisasi segala sesuatunya sudah makin maju. Ini salah satu contoh perubahan, atau transformasi dunia dari zaman dahulu ke sekarang. Yang dipengaruhi dengan bertambahnya ilmu seseorang. Maka, setiap waktunya dunia akan selalu bertransformasi menjadi lebih baik lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  31. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Transformasi merupakan suatu perubahan. Transformasi dunia merupakan suatu perubahan yang terjadi pada dunia baik dikarenakan oleh perefleksian dunia sebelumnya, dan dampaknya dapat berupa sesuatu yang bersifat baik yang bermanfaat baik seluruh makhluk di dunia, atau bahkan menjadi sesuatu yang merusak perdamaian dan keseimbangan yang ada di dunia ini. Jika kita renungkan dari kita sudah mampu untuk berpikir secara luas mengenai lingkungan sekitar kita, maka banyak sekali transformasi-transformasi dunia dari segala aspek. Mungkin banyak kebaikan yang timbul namun tidak sedikit pula dampak yang kurang baik dari transformasi tersebut. Contohny dalam hubungan antar manusianya saja, dahulu diskusi tatap muka itu selalu yang dilakukan sehingga sifat sosial sangat tinggi. Sekarang dengan perkembangan tenologi dan komunikasi bukan malah mempererat hubungan antar manusia, namun malah memperjauh hubungan manusia. Karena tidak jarang manusiaketika berkumpul tidak sibuk dengan berbica dengan yang ada di depannya akan tetapi lebih memilih untuk sibuk dengan kegiatannya yang ada di dalam handphonenya.

    ReplyDelete
  32. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari kata yang diminta dalam postingan ini adalah kata kerja yaitu “transformasikan” maka menurut KBBI berarti mengubah rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya); mengalihkan. Dunia tak selamanya seperti apa yang kita inginkan dan bayangkan. Mungkin transformasikan dunia dengan ruang dan waktu seperti kita berangan-angan atau bercita-cita tentang dunia yang seperti apa yang kita inginkan. Dunia yang penuh dengan kedamaian dengan sejuta tujuan yang sangat mudah untuk dicapai tanpa harus ada tantangan. Ya, apa yang saya pikirkan pasti yang “instan”. Karena kalau boleh bermimpi mengapa tidak setinggi langit? Walaupun andaian yang tak masuk akal sekalipun.

    ReplyDelete
  33. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Transformasi itu berarti perubahan, perubahan dari setiap orang sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, internal meliputi karakter, pola pikir, dll. Eksternal dipengaruhi oleh lingkungan. Maka transformasi bisa berati transformasi ke arah positif atau perubahan ke arah negatif. Pada jaman sekarang ini mulai terjadi adanya transformasi atau pergeseran dalam dunia. Hal tersebut dapat dicontohkan dari kehidupan di negara kita ini, pergeseran budaya mulai terjadi. Jika dilihat dari aspek ruang dan waktu, jaman sekarang ini banyak orang yang sudah terpengaruh dengan budaya barat. Budaya tentang pakaian, perilaku, dan pergaulan. Budaya barat dianggap menjadi sebuah trend. Oleh karena itu, dengan berfilsafat kita diharapkan dapat menyikapi bahwa dengan adanya transformasi ini seharusnya semakin membuat kita melakukan hal-hal yang positif.

    ReplyDelete
  34. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Dunia tidak dapat terlepas dari ruang dan waktu. Karena itulah dunia ini sebenarnya sedang dan selalu melakukan transformasi. Karena dipengaruhi ruang dan waktu itulah dunia ini selalu bergeser mengikuti waktu. Ada dunia tadi, dunia saat ini, dunia satu detik yang lalu, dan transformasi dunia lainnya. Dunia akan terus bertransformasi mengikuti ruang dan waktunya. Terus dan terus berubah. Maka transformasi dunia tidak akan pernah berhenti hingga kiamat datang.

    ReplyDelete
  35. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Dewasa ini, dunia mengalami perubahan total, pasar dunia menjadi global dimana semua orang dimanapun mereka berada bisa menjual barang kemanapun mereka mau tanpa harus meninggalkan lokasi usahanya, peluang menjadi besar namun persaingan dan kompetisi juga menjadi global baik secara individu, kelompok usaha maupun negara. Teknologi menjadi sebuah keharusan untuk dapat berkompetisi dan mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Jika tidak, maka kita akan ketinggalan informasi.

    ReplyDelete
  36. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini mengalami perubahan terhadap ruang dan waktu. Sisi tersebut tanpa terkecuali di bidang apapun, baik dari sisi fisik maupun non-fisik. Perubahan tersebut mengarah kepada dua sisi yakni ke arah baik maupun tidak baik. Misalnya, dari sisi pembangunan terdapat dua sisi baik yaitu pembangunan mempermudah manusia dan akibat dari pembangunan seperti merusak lingkungan hijau, mempersempit habitat bagi mahluk hidup lain menjadi sisi buruk dampak pembangunan.

    ReplyDelete
  37. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dunia merupakan sebuah bagian dari semesta yang bersifat dinamis. Ia selalu berubah, namun terkadang memiliki ketetapan walaupun tidak bersifat kekal. Ruang dan waktu memberikan gambaran bahwa ada peradaban yang mengantri untuk menguasai dunia, seperti contoh zaman purba, zaman rasionalitas, era pencerahan, modernisme, post modernisme, hingga power now. Segala transformasi tersebut pada dasarnya dapat dipahami menggunakan dalil ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  38. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dunia yang kita alami sangatlah banyak sekali dalam kehidupan, mulai dari dunia hati, dunia pikiran, dunia perasaan, dunia kata-kata, dunia perbuatan, dunia sifat, dunia belajar, dunia bermain, dunia bekerja dan masih banyak lagi dunia dalam hidup kita. Diantara semua dunia itu, maka dapat kita melakukan transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya.
    Sebagai contoh, dunia pikiran kita tidak mampu untuk kita wujudkan sepenuhnya dalam dunia bahasa atau kata-kata, dunia kata-kata tidak dapat diwujudkan semuanya melalui tulisan kita , dan dunia tulisan kita tidak dapat direalisasikan selengkapnya dalam perbuatan dan tingkah laku kita.
    Maka transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya hanya sebatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang bertingkat, sehingga terbatas ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  39. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Transformasi identik dengan perubahan, karena sejatinya transformasi adalah sebuah bentuk perpindahan menuju sistem yang dianggap lebih baik dan mendukung. Transformasi dunia berarti melakukan perubahan pada dunia, sedangkan transformasi dunia yang satu ke dunia yang lain berarti merubah dunia yang satu menjadi dunia lainnya yang lebih baik tentunya. Transformasi dunia yaitu meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual.

    ReplyDelete
  40. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Sumbu yang lain yaitu sumbu aksiologi dimana terdapat baik dan etik diujungnya, sementara itu diujung yang lain terdapat tidak etik dan tidak baik. Dalam dunia pendidikan terdapat pula sumbu misalnya dalam pembelajaran terdapat sumbu dimana logos berada pada ujung sumbu dan mitos berada pada ujung sumbu yanng lain. Dalam hal ini berarti dalam dunia pendidikan terkadang pendidikan menerapkan proses belajar mengajar yang bersifat logos dan terkadang bersifat mitos. Dalam aspek penilaian terdapat sumbu dimana subjektif berada pada ujung sumbu dan objektif berada pada ujung sumbu yang lain, artinya dalam penilaian pendidik secara sadar maupun tidak, terkadang melakukan tindakan subjektif dan terkadang pula objektif.

    ReplyDelete
  41. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Transformasi berarti perubahan, dalam arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Transformasi dunia dapat dilakukan dengan menggunakan pikiran kita, imajinasi kita. Transformasi dunia yang ada dalam pikiran kita dapat dilakukan dengan mudah, dapat segera berpindah dari ruang dan waktu yang satu ke ruang dan waktu yang lain. sebagai contoh, dunia pada detik ini dengan dunia pada detik setelahnya.sebelum Donald Trump mengeluarkan pernyataan tentang kota yerusalem, kota tersebut masih menjadi bagian dari palestina, tetapi setelah pernyataan bahwa yerusalem adalah ibukota Israel, 9 negara menyetujuinya dan Israel mulai mengambil alih yerusalem.

    ReplyDelete
  42. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Mentransformasikan suatu dunia kedunia lain adalah bagaimana kita menggunakan pikiran kita yang berada di suatu ruang dan waktu namun menggabungkan banyak elemen dunia lain di dalamnya. Dunia adalah pikiran, misalkan kita sedang memikirkan berbagai masalalah dan berkaitan dengan peruabahan kita di ruang dan waktu tertentu disitulah kita sedang mentransformasikan dunia, misalkan kita akan pergi ke arah timur namun akhirnya kita ke arah barat dengan pemikiran tertentu, dimana ada hal lain yang mendorong kita melakukan hal tersebut dan merubah dunia yang seharusnya ke arah timur, menjadi ke arah barat.

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Dunia berubah maka dunia pendidikan juga harus berubah, pola pembelajaran harus berubah agar dunia pendidikan menjadi relevan dengan tantangan dan peluang yang terjadi di kehidupan nyata. Dalam dunia kerja saat ini kemampuan yang diminta adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam team, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan untuk mengarahkan diri, berpikir kritis, menguasai teknologi serta mampu berkomunikasi dengan efektif.

    ReplyDelete
  44. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    transformasi dunia adalah suatu kajian ilmu filsafat yang mempelajari seperti apa itu dunia . tranformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. dalam menghubungkan antara dunia satu dengan lainnya diperlukan banyak hal seperti ontologi dan aksiologi. dalam berbagai dunia misalanya dalam dunia pendidikan ada simpul logos dan mitos yang berada pada ujung yang berbeda.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  45. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Transformasi merupakan suatu perubahan, adapun transformasi dunia dalam filsafat mencakup berbagai dimensi, diantaranya dimensi material, formal, spiritual, dan lain sebagainya. Untuk mentransformasikan antara dunia yang satu dengan yang lainnya, terlebih dahulu keduanya dihubungkan sehingga dapat dipikirkan secara intensif dan ekstensif secara ontologi, sedangkan baik buruknya adalah secara aksiloginya. Contoh konkretnya misalnya dunia guru dan dunia siswa, kedua memiliki dunianya masing-masing yang jelas berbeda, tetapi dengan saling melihat dimensi satu dengan yang lainnya keduanya bisa saling melengkapi dan memahmi, sehingga baik dunia guru maupun dunia siswa bisa ditransformasikan.

    ReplyDelete
  46. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menurut Immanuel kant sebenar-benar dunia itu adalah yang engkau pikirkan. Apa yang dipikirkan seseorang dengan yang lainnya tentu berbeda-beda sehingga ada banyak dunia menurut versi masing-masing. Satu orang pun kadang yang dipikirkan bisa berbeda-beda dan berubah-ubah. Jika kita berpikir A maka kita berada pada dunia A, kemudian pikiran kita berubah menjadi memikirkan B sehinggs kita berada pada dunia B, dst. Jadi dengan berubahnya apa yang kita pikirkan maka hakikatnya kita telah bertransformasi ke dunia lain.

    ReplyDelete
  47. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Kita mengenal bahwa dunia itu tidak tunggal. Namun jumlahnya sangat banyak, sebanyak yang ada dan yang mungkin ada. Kita mengenal ada dunia manusia, dunia tumbuhan, dunia binatang, dunia televise, dunia hiburan, dunia handphone, dunia sepakbola, dunia renang, dunia matematika, dunia seni music, dunia anak-anak, dunia orang tua, dunia barat, dunia timur dan masih banyak lagi macam-macam dunia ini. Setiap dunia memang memiliki kekhasan masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan dunia tersebut dipengaruhi oleh dunia yang lain. Misalnya dunia timur adalah dunia yang mengedepankan tata karma, sopan santun, kerjasama, gotong royong akhlak, agama, perasaan dan sejenisnya. Sementara itu, dunia barat adalah dunia yang penuh dengan rasio, logika, akal, ego, prestasi, teknologi, dan sejenisnya. Mentransformasikan dunia barat ke dalam dunia timur berarti memasukkan nilai-nilai yang ada pada budaya barat untuk diterapkan, dihidupkan dalam dunia timur. Maka kemudian kita mulai melihat dunia timur yang sudah meninggalkan gotong royong, kerjasama, karena sudah berubah arah menjadi egoism.

    ReplyDelete
  48. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transformasi antar dunia bisa meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Contoh sederhananya pada saat kita sedang melakukan suatu pekerjaan, lalu kita berniat untuk menghentikan pekerjaan untuk melaksanakan ibadah. Pada saat kita meninggalkan urusan duniawi untuk mendekatkan diri kepada Allah, kita memasuki dunia spiritual dimana sluruh drama dunia harus kita kesampingkan. Seluruh ego, ambisi, kebanggaan, rasa puas, rasa sombong, dan seluruh perasaan manusiawi lainnya harus ditinggalkan karena pada dunia spiritual hanya ada kita dan Allah.

    ReplyDelete
  49. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Istilah transformasi dunia dalam filsafat dapat dimaknai sebagai manusia yang mencoba untuk mempelajari tentang seperti apa dunia dalam lingkup kajian filsafat yang meliputi semua dimensi yang ada yaitu material, formal, normatif, dan spiritual. Transformasi ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu yang salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan sifat berpikir filsafat yakni secara intensif (sedalam-dalamnya) dan ekstensif (seluas-luasnya). Di sumbu yang lain terdapat sumbu aksiologi yang berarti terdapat baik dan etika, sumbu epitemologi yang terdapat sumber kebenaran dan justifikasi, sumbu kebeuntungan, dan sumbu lainnya.

    ReplyDelete
  50. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Transformasi dunia memiliki makna yaitu perubahan dunia. Lalu perubahan bagaimanakah yang dimaksud? Yaitu perubahan dunia dari yang satu ke yang lain. Maksudnya yaitu bahwa ruang dan waktu yang ada itu selalu berkembang sehingga mengakibatkan dunia juga berkembang, dunia mengalami perubahan sehingga disebutlah transformasi dunia. Dunia boleh berubah dengan segala aspek kehidupannya tetapi yang tidak boleh berubah yaitu ketetetapan hati dan keimanan yang kuat harus tertanam dan tak boleh berubah.

    ReplyDelete
  51. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Transformasi dunia adalah sebuah proses perubahan pada dunia secara berangsur-angsur. Perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal. Saat ini dunia bertransformasi pada dunia kontemporer, dimana semuanya berpusat pada teknologi. Transformasi dunia memberikan pengaruh kepada tata cara hidup dan pola pikir sesorang. Begitu pula dunia kontemporer, membuat manusia terlena dengan teknologi dan melalaikan kewajiban. Pengaruh akan dunia kontemporer membuat lahirnya generasi patung. Mereka begitu terlena dengan kenikmatan teknologi. Bila tidak sikapi dengan bijak maka transformasi dunia akan menyebabkan turunnya kualitas keimanan seseorang.

    ReplyDelete
  52. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Saya akan mencoba dengan dua dunia yang sering saya temui selama belajar di jurusan pendidikan matemtika ini. Ya, tentunya tentang dunia matemtika dan dunia siswa. Dunia matematika sendiri dikenal dengan kekonsistenannya yang berasal dari pemilkiran para logicist-formalist-foundalist. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku lagi jika dunia matematika sudah memasuki dunia siswa. Transformasi ini sering kita sebut dengan matematika sekolah, karena matematika sekolah penuh dengan kontradiksi maka matemtika itu sudah bukan lagi pada dunianya, namun telah mengalami tranformasi yang disesuaikan dengan ruang dan waktu siswa sekolah.

    ReplyDelete
  53. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dunia ibadah membimbing kita untuk menjalani dunia yang lain dengan benar karena ibadah yang baik dapat memberikan pengaruh kebaikan yang besar bagi dunia yang lain. Contohnya dunia menuntut ilmu, dunia keluarga, dunia mendidik anak, dunia masyarakat. Jika seseorang menjalankan dunia ibadah, misalkan sholat secara kontinu, akan tetapi tidak memberi pengaruh yang baik untuk dunia yang lain maka cara ibadahnya perlu dipertanyakan, seperti mungkin saja belum mengikuti tata cara sholat yang diajarkan Rosululloh SAW. Hubungan antara dunia pendidikan dengan dunia pekerjaan yaitu orang yang belajar dengan baik akan memperoleh hasil yang baik, ketika waktunya terjun dalam dunia kerja dia akan menjadi orang yang profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Begitu juga orang yang bekerja dengan baik dan profesional maka akan memperoleh hasil yang baik dan barokah, serta Allah SWT akan membimbingnya untuk beribadah dengan sebaik-baiknya sehingga dunia dan akhiratnya selamat. Aaamiin.

    ReplyDelete
  54. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Di dunia ini tidak ada yang pasti, yang pasti hanya satu yaitu bernama perubahan. Coba lihat perubahan apa saja yang kita lalui dari dimensi ruang serta perjalanan waktu yang terus bergerak. Seperti halnya dalam perjalanan pendidikan seseorang, semakin tinggi pendidikann yang ditempuh maka diharapkan semakin luas pula wawasan yang dimiliki.

    ReplyDelete