Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia




Ass, untuk semua:

Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi.

Tuliskanlah kegiatan anda sebagai komen pada posting ini.

Demikian, selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin.

Marsigit

27 comments:

  1. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Dalam filsafat di kenal istilah transformasi dunia dimana kita sebagai manusia mencoba untuk mempelajari seperti apa itu dunia dalam lingkup kajian filsafat. Transformasi dunia ini meliputi semua dimensi-dimensi yang ada yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Ini dapat digambarkan dalam bentuk sumbu-sumbu salah satunya sumbu ontologi dimana ujungnya merupakan berpikir intensif dan ekstensif, sementara diujung yang lain merupakan aspek tidak intensif dan tidak ekstensif. Inteksif artinya mendalam sedangkan ekstensif adalah meluas. Hidup adalah interkasi antara intesif tidak inteksif ektensif dan tidak ekstensif.

    ReplyDelete
  2. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Selain itu, ada juga sumbu fatal dan vital dimana pada ujung fatal, orang hidup dengan berserah diri sepenuhnya kepada nasib tanpa ada usaha. Pada ujung vital, orang hidup dengan percaya sepenuhnya pada usahanya sendiri tanpa peduli takdir ataupun nasib yang telah ditentukan. Dalam hal ini hendaknya kita berada di tengah sumbu dimana kita percaya pada nasib yang telah ditentukan pada kita tetapi tetap berusaha untuk menjadi atau meraih yang terbaik.

    ReplyDelete
  3. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Dunia memiliki pengertian yang luas. Dunia tidak hanya tempat dimana manusia hidup dan tinggal melainkan dunia merupakan ruang dimana apapun bentuk kehidupan dapat melakukan sesuatu hal sesuai dengan waktunya. Dunia sudah diciptakan sesuai dengan ruang dan waktunya. Sudah seharusnya kita berada pada ruang dan waktu masing-masing. Tidak dapat dipungkiri ruang dan waktu kita terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Artinya kita sudah berada pada dunia yang berbeda. Dunia yang seharusnya tidak kita hidupi. Tetapi, kenyataannya kita harus selalu siap akan kondisi yang kita terima. Dengan selalu berikhtiar dan percaya pada kuasa Tuhan maka kita akan senantiasa dekat dengan-Nya dan selalu memperoleh perlindungan-Nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Dunia yang kita alami sangatlah banyak sekali dalam kehidupan, mulai dari dunia hati, dunia pikiran, dunia perasaan, dunia kata-kata, dunia perbuatan, dunia sifat, dunia belajar, dunia bermain, dunia bekerja dan masih banyak lagi dunia dalam hidup kita. Diantara semua dunia itu, maka dapat kita melakukan transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya. Sebagai contoh, dunia pikiran kita tidak mampu untuk kita wujudkan sepenuhnya dalam dunia bahasa atau kata-kata, dunia kata-kata tidak dapat diwujudkan semuanya melalui tulisan kita , dan dunia tulisan kita tidak dapat direalisasikan selengkapnya dalam perbuatan dan tingkah laku kita. Maka transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya hanya sebatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang bertingakat, sehingga terbatas ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transformasi ialah suatu perubahan. Segalanya di dunia akan selalu berubah menurut ruang dan waktunya. Hidup merupakan suatu interaksi antara yang tetap dan yang berubah. Hidup itu tetap didalam perubahan, dan berubah didalam ketetapan. Tiada yang tetap kecuali Allah S.W.T.. Manusia adalah bagian dari dunia dan manusia harusnya pun menyadari atas perubahan dirinya sendiri menurut ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  6. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sesungguhnya dunia itu diciptakan berpasang-pasangan, ada baik dan buruk, tinggi dan pendek, laki-laki dan perempuan, dan masih banyak lainnya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semuanya dapat diterjemahkan sama secara umum, karena terdapat hal-hal yang dapat kita ketahui apabila telah jelas ruang dan waktunya. Karena ruang dan waktu bersifat fleksibel atau dinamis, yang mana didalamnya sangat bergantung pada persepktiif masing-masing individu.

    ReplyDelete
  7. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Karena dunia itu berjalan maka tidak ada satupun yang dapat mengulang dan membalikkannnya kebentuk semula. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan atau transformasi itu pasti ada dan segala sesuatunya pasti akan berubah sesuai dengan ruang dan waktunya. Sebanar-benar transformasi kehidupan adalah berusaha untuk menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Semakin kita mengenali makna dari sebuah transformasi maka semakin kita akan berusaha untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain. Sebaik-baik hidup adalah mampu untuk merefleksikan diri terhadap transformasi-transformasi dunia.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat pagi, Prof.
    Berfilsafat adalah proses mencari dan menyampaikan makna. Dalam ruang dan waktu kita bisa melihat dunia secara pemaknaan kita sendiri. Bagi masing-masing orang dunia memiliki makna yang berbeda-beda. Bahkan dunia bisa bertransformasi dalam maknanya. Misalnya seseorang berlibur ke Bali dengan keindahan alamnya yang bagus, seseorang memikirkan dunia sebagai tempat yang nyaman. Namund demikian ketika ke kota yang macet dan terkesan kumuh, seseorang akan merasa bahwa dunia ini benar-benar tidak mengasikkan.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Dunia ini bercabang-cabang menjadi beberapa dunia, seperti dunia politik, dunia ekonomi, duni filsafat, dunia pendidikan, dunia matematika, dunia pendidikan matematika, dan lain-lain. Transformasi antar dunia dapat saja terjadi atau bahkan transformasi antar dunia akan sangat diperlukan. Dunia yang dalam arti bumi ini sangat luas, untuk dapat hidup di dalamnya maka diperlukan transformasi ata penggabungan antar banyak dunia (bidang). Misalnya dunia matematika yang ditransformasikan dalam dunia filsafat. Dari transformasi ini maka ahli matematika atau masyarakat umum akan mengetahui bahwa matematika itu bermanfaat dan dapat dihubungkan dengan kehidupan. Matematika tidak hanya tentang menghitung dan simbol-simbol.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Dunia yang sedang kita jalani saat ini telah dan akan mengalami proses perjalan transformasi dari satu dunia ke dunia lain, Mengapa demikian? karena dunia kita terdiri atas macam-macam dunia seperti dunia balita, dunia anak-anak, dunia remaja, dunia dewasa dan dunia orang tua. Jadi dunia yang kita jalani sekarang ini adalah proses transformasi dari dunia sebelumnya dimulai dengaan dunia anak-anak sampai menuju dunia jadi orang tua dan akan kembali lagi bertransformasi ke dunia anak-anak seperti suatu siklus kehidupan

    ReplyDelete
  11. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Transformasi adalah perubahan sesuai ruang dan waktu. Dan hidup adalah tentang transformasi. Transformasi dunia itu layaknya transformasi kita di masa lalu ke masa sekarang dan dari sekarang ke masa yang akan datang. Tranformasi hidup merupakan perjalanan hidup manusia yang melalui berbagai dimensi kehidupan. Dengan adanya transformasi hidup manusia menjadi semakin dewasa.

    ReplyDelete
  12. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dunia tidaklah tunggal. Dunia bisa dikategorikan menjadi berbagai macam-macam, misalnya: dunia anak, dunia sapi, dunia ayam, dunia matematika, dunia filsafat, dunia ekonomi, dunia wanita, dunia pria, dunia perdagangan, dunia malam, dunia lain, dll. Artinya masing-masing hal mempunyai dunia atau dimensinya masing-masing. Atar satu dunia dengan dunia yang lainnya dapat saling dikaitkan. Inilah yang disebut sebagai transformasi dunia. Misalnya dunia ekonomi ditransformasikan ke dalam dunia anak-anak, maka bidang kajiannya dapat menjadi bagaimana anak-anak mencukupi kebutuhan, bagaimana anak-anak saling bertukar makanan atau mainan (barter), bagaimana anak menggunakan uang jajannya, dll.

    ReplyDelete
  13. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    terkait topik bahasan mengenai Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia yang kemudian di khususkan menjadi Transformasikanlah Dunia yang satu ke Dunia yang lain, dalam Ruang dan Waktu. Dapat menggunakan referensi. Namun sebelum itu dituliskan bahwa transformasi memiliki keterkaitan dengan perubahan struktur gramatikal menjadi struktur gramatikal lain dengan menambah, mengurangi, atau menata kembali unsur-unsurnya, selanjutnya tentang dunia yang memiliki keterkaitan dengan nama umum yang digunakan untuk menyebut keseluruhan peradaban manusia, pengalaman manusia, sejarah, atau kondisi manusia secara umum di seluruh Bumi, atau mengenai segala sesuatu yang terdapat di atasnya.


    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  14. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya, dapat dituliskan jawaban dari seruan di atas bahwa dalam konteks ruang dan waktu itu saling terhubung sehingga menghubungkan antara dimensi satu dengan yang lainnya, hal tersebut sejalan dengan perubahan sona waktu yang bergerak hanya membagi 3 cakupan, yakni masa lalu, sekarang, dan masa depan. Meskipun jam menunjukkan perputaran yang sama tiap harinya akan tetapi sudah tidak sama lagi, karena sesuatu yang telah berlalu tidak akan kembali lagi. Seperti itulah ilustrasinya, bahwa di bumi tidak ada yang kosntan semmuanya bersifat fleksibel yang akan selalu mengalami transformasi dunia.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  15. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang diutarakan oleh Saudara Totok bahwa "Dunia tidak hanya tempat dimana manusia hidup dan tinggal melainkan dunia merupakan ruang dimana apapun bentuk kehidupan dapat melakukan sesuatu hal sesuai dengan waktunya. Dunia sudah diciptakan sesuai dengan ruang dan waktunya. Sudah seharusnya kita berada pada ruang dan waktu masing-masing. Tidak dapat dipungkiri ruang dan waktu kita terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Artinya kita sudah berada pada dunia yang berbeda. Dunia yang seharusnya tidak kita hidupi. Tetapi, kenyataannya kita harus selalu siap akan kondisi yang kita terima", dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada kontardiksi harap dan kenyataan.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  16. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Selanjutnya, seperti yang diutarakan oleh saudara Hasmiwati bahwa "transformasi dari dunia satu ke dunia lainnya hanya sebatas pada potensi yang dimiliki masing-masing bagian, karena setiap bagian mempunyai dimensi yang bertingkat, sehingga terbatas ruang dan waktunya", dari pernyataan tersebut sepertinya bermaksud bahwa transformasi dunia terjadi berdasarkan asas kebutuhan dan kemampuan semesta pembicaraannya.
    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  17. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Berdasarkan tulisan ini maka yang saya pahami bahwa terdapat transformasi dari satu dunia ke dunia yang lain. Transformasi terjadi sebatas pada potensi yang dimiliki oleh masing-masing bagian. Setiap bagian terdiri dari dimensi yang bertingkat dan terbatas ruang dan waktu. Contohnya dunia pikiran kita tidak dapat sepenuhnya dapat diungkapkan dalam dunia bahasa atau kata-kata. Tapi sudah terjadi transformasi dari dunia pikiran ke dalam dunia kata dan bahasa.

    ReplyDelete
  18. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dunia akan selalu berubah berdasarkan pada ruang dan waktunya. Dunia sendiri merupakan sesuatu yang ada dalam pikiran kita. Sudah barang tentu kita harus selalu siap untuk menghadapi dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Hal yang harus kita lakukan yaitu dapat menyesuaikan diri kita sesuai dengan ruang dan waktunya yaitu dengan cara terus meningkatkan keilmuan yang dimiliki dan dibarengi dengan ikhtiar yang dilakukan terus menerus.

    ReplyDelete
  19. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Transformasi dunia merupakan perubahan atau pergeseran pergeseran dunia dari masa ke masa dengan ruang dan waktu masing masing. Trend-trend yang terjadi di masa lalu, kembali lagi untuk dijadikan trend baru kembali, ini mungkin bukan contoh transformasi yang nyata. Namun berbagai perubahan yang jelas telah terjadi dalam kehidupan masyarakat kita yang menjadikan dunia mempunyai transformasi akibat tindakan manusia dan alam atas KuasaNya.

    ReplyDelete
  20. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Perubahan iklim, suasana, penampakan, suasana, style baju, style rambut, style berbahasa, kendaraan, dll menjadi hal yang dinantikan setiap orang baik orang-orang jaman dulu dan orang-orang jaman sekarang karena mereka mulai bosan dengan keadaan dunia saat ini beserta isinya yang hanya itu-itu saja, sehingga mereka patut menunggu hingga bermunculan semua gaya-gaya yang berbeda dan belum mereka kenali sebelumnya. Hal sekecil apapun akan berdampak pada transformasi dunia berserta isinya beserta pikiran dalam otak manusia ikut terubah dan bisa gampang terpengaruh.

    ReplyDelete
  21. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Pembahasan tentang transformasi dunia ini termasuk dalam kajian filsafat. transformasi ialah perubahan, sehingga transformasi dunia adalah perubahan dunia. Perubahan dunia ini bisa berbentuk ilmu pengetahuan. Antara sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan saling berkaitan satu sama lain. Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sangat mempengaruhi perkembangan dunia secara luas. Setiap negara berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuannya yaitu ada aksi dan relasi. Setiap komponen dalam kehidupan satu sama lain saling berelasi dan saling mengisi. Sedangkan aksi bisa dilakukan berdassarkan personalisasi masing-masing bidang. Pemerintah bertugas untuk membuat kebijakan, swasta bertugas untuk mengembangkan komponen-komponen secara luas yang terbatas untuk dilakukan oleh pemerintah. Selain itu ada akademisi dan praktisi; akademisi bertugas untuk mengembangankan teori-teori ilmu pengetahuan, sedangkan praktisi berhubungan dengan praktik di lapangan. Setiap komponen terbentuk dalam satu circle yang tidak terputus. Dalam hal ini setiap komponen dalam circle memiliki ruang dan waktunya masing-masing. Sehingga transfomasi dunia satu dengan dunia yang lain terletak dalam ruang dan waktu yang saling terkait.

    ReplyDelete
  22. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Transformasi dunia merupakan peralihan dunia menurut dimensi-dimensinya. Menurut sepenangkapan saya transformasi ini terjadi berkaitan erat dengan ruang dan waktu. Dunia itu adalah pikiran kita yang ketika berganti ruang dan waktu maka dapat saja pikiran kita akan mengalami perubahan, terkadang sangat signifikan. Itulah yang dimaksud dengan suatu transformasi, seperti dalam konsep geometri, transformasi berarti bisa berpindah ataupun berganti luasan mungkin juga keduanya. Padahal setiap hari kita selalu berganti ruang dan waktu, sehingga setiap hari pula dunia kita bertransformasi, semoga semakin luas dan jika berpindah menuju tempat yang lebih baik. Aamiin

    ReplyDelete
  23. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sebuah transformasi yang akan diikuti oleh semua dimensi-dimensi yang ada di ruang dan waktu mulai dari objek yang ada di dimensi material, formal, normatif dan spiritual. Dalam menstrandormasikannya aan membentuk sumbu-sumbu yang memerlukan jumlah yang banyak yang secara ontology dan epistimologi serta aksiologi yang akann berujung pada ujung-ujung sumber-sumber pembenaran yang justifikasi sehingga dapat diekstensikan dan diintensifkan.

    ReplyDelete
  24. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Jika transformasi dikaitkan dengan ruang dan waktu maka aka nada sumbu waktu yang akan membagi waktu masa lalu, sekarang ada masa yang akan datang. Sekarang yang kita lalui adalah berada pada titik yang tengah dari sumbu waktu dan dalam menjalani kehidupan ada sumbu fital dan sumbu vatal. Hal tersebut berasal dari doa dan usaha kita untuk mentransformasi dunia ini.

    ReplyDelete
  25. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Manusia mengalami beberapa perubahan dalam hidupnya. Dunia di rumah, dunia sekolah, dunia kerja. Di setiap dunia itu manusia mengalami transformasi.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Dunia dengan mudah ditransformasikan ke dalam dunia lain secepat kilat pada alam pikiran manusia. Dunia-dunia itu bahkan tidak hanya bertransformasi, tapi dapat menari bersamaan yang dapat menghasilkan harmoni ataupun disharmoni sekaligus. Dunia dalam dunia, ataupun dunia di luar dunia, tidak hanya bertransformasi menjadi, dunia yang ada di alam pikiran manusia dapat dipadatkan dan dimasukan koper untuk dibawa kemana-mana dan bahkan nantinya dapat diurai kembali.

    ReplyDelete
  27. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Secara umum, dunia dapat ditransformasikan ke dalam dunia-dunia lainnya. Dunia pembelajaran yang teacher center, dapat ditransformasikan menjadi pembelajaran yang student center, begitupun sebaliknya. Dunia bisnis yang berorientasi pada keuntungan personal, dapat ditransformasikan menjadi dunia bisnis yang berorientasi pada kemaslahatan umat, begitupun sebaliknya. Dunia kanak-kanak, dapat ditansformasikan menjadi dunia remaja, begitupun sebaliknya. Masih ada banyak dunia yang bisa ditransformasikan ke dalam dunia lainnya. Jika itu mengandung sisi positif dan bisa menimimalisir hal-hal negative, maka transformasi dunia perlu dilakukan agar tidak terkungkum dalam satu dunia tertentu.

    ReplyDelete