Oct 10, 2012

Forum Tanya jawab 43: Membangun Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Sangatlah Mudah Membangun Dunia itu; cukup dengan Hukum "Aku atau Bukan Aku" maka tertangkaplah semua Dunia beserta Isinya tanpa kecuali.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

8 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Bangunlah dunia dengan menggunakan ilmumu. Ilmumu berada dalam pikiranmu. Pikiranmu melebihi kemampuan lisanmu, tulisanmu, dan kegiatanmu. Jika kita ingin melihat dunia, maka tengoklah ke dalam pikiran kita. maka untuk membangun dunia berarti juga harus melalui pikiran kita. dunia adalah sama persis seperti apa yang kamu pikirkan. Maka ketika kita membangun dunia melalui pemiikiran kita, yaa itu lah dunia yang kita bangun.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pembangunan manusia melingkupi 3 dimensi, yaitu sehat, cerdas, berkepribadian. Sehat berarti dimulai dengan fisik kita yang senantiasa fit dan bugar. Cerdas berarti mengarah pada otak kita yang selalu berpikir dan diasah sehingga memiliki kemampuan analisis yang tajam dan berkualitas. Sedangkan berkepribadian adalah kaitannya dengan kehendak yang berbudi pekerti luhur. Perlunya revolusi mental adalah karena penyakit seperti emosi/mental/jiwa akan berdampak pada individu berupa malasnya seseorang dan tidak mempunyai karakter. Kemudian dampaknya akan menular kepada masyarakat yang ditandai dengan gangguan ketertiban, keamanan, kenyamanan, kecemburuan sosial, dan ketimpangan sosial. Lebih jauh lagi, akan berdampak negatif pada bangsa dan negara. Bangsa kita akan lemah dan menjadi tidak bermartabat. Kemudian produktivitas dan daya saing kita menjadi rendah.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Ada dua hal yang menjadi persoalan utama dalam membangun dunia pendidikan saat ini. Pertama, membangun sistem pengelolaan administrasi dan penegakan dalam pemenuhan hak pendidikan. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat. Pendidikan merupakan hak bagi masyarakat, dengan arti bahwa masyarakat berhak untuk menanyakan dan menuntut hak yang seharusnya diperoleh dalam dunia pendidikan. Sedangkan kewajiban negara untuk memenuhinya adalah usaha negara dalam mewujudkan dan melaksanakan kewajiban terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat yang salah satunya adalah kebutuhan pendidikan. Kedua, substansi kurikulum pendidikan. Substansi kurikulum pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk membentuk kepribadian yang benar bagi anak didik dan membangun keahlian/ketrampilan yang dapat digunakan dalam menjalani kehidupannya kelak. Dua tujuan inilah yang harus menjadi simpul dalam kurikulum sebuah sistem pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dunia diciptakan oleh Tuhan agar manusia dapat membangun dan memakmurkan kehidupan manusia itu sendiri. Setiap manusia memiliki peran untuk membangun dunia, aku atau selain aku. Ya, dimulai dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil. Bagaimana bisa seseorang membangun dunia jika tidak dimulai dari dirinya sendiri? Karena pada hakikatnya, dirinya merupakan bagian dari dunia. Tidak menyuruh orang lain, tidak menyalahkan orang lain. Jika setiap orang memiliki rasa tanggung jawab untuk membangun dirinya sendiri menjadi lebih baik, maka kehidupan di dunia juga akan lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    “Sangatlah Mudah Membangun Dunia itu; cukup dengan Hukum "Aku atau Bukan Aku".
    Benar-benar bingung diri ini akan memulai dari mana. Aku adalah aku. Aku adalah bukan aku. Tidak ada yang benar-benar tetap. Bahkan aku tidak dapat menunjuk diriku sendiri. Aku yang saat ini bukanlah aku pada waktu selesai menyebut “aku” yang lebih baru dari saat ini. Maka dengan merasuk pada kedinamisan kehidupan di dunia ini, kita akan mampu membangun dunia. Karena di dunia ini akan ada banyak “aku” dan “bukan aku”. Maka dengan berserah diri pada perlindungan dan ridho Tuhan Yang Maha Esa, milyaran “aku” dan milyaran “bukan aku” akan mampu membangun dunia.

    ReplyDelete
  6. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    “Membangun dunia” dua kata yang terdengar luar biasa. Di dalam hidup ini sebenar-benarnya adalah membangun. Salah satu membangun adalah membangun dunia. Berbicara tentang dunia maka berkaitan dengan pikiran. Pikiranku adalah duniaku. Aku adalah pikiranku, bukan aku ternyata juga bisa menjadi pikiranku. Jadi aku atau bukan aku adalah pikiranku. Pikiranku adalah duniaku. Sehingga aku atau bukan aku adalah duniaku. Membangun dunia dengan pikiran, selalu berusaha berpikir kritis untuk memperluas bangunan.

    ReplyDelete
  7. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sesungguhnya yang mampu membangun dunia adalah aku dan yang bukan aku. Maksudnya disini, saya sendiri harus berjuang membangun dunia, dan yang diluar diriku juga harus berjuang membangun dunia. Karena aku adalah diriku, dan bukan aku juga adalah diriku.

    ReplyDelete
  8. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Membangun dunia? Tugas siapa?
    Tugas masing-masing individu yang tinggal di dunia. Tiap orang berkontribusi mengembangkan dunianya sendiri, yang akan berpengaruh pada dunia yang lebih luas lagi.
    Duniaku dan duniamu apakah sama?
    Tentu tidak.. namun hakikatnya semua hal memiliki persamaan dan perbedaan. Hidup berdampingan dalam sama dan beda, itulah yang akan membangun dunia kita.

    ReplyDelete