Oct 10, 2012

Forum Tanya jawab 43: Membangun Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Sangatlah Mudah Membangun Dunia itu; cukup dengan Hukum "Aku atau Bukan Aku" maka tertangkaplah semua Dunia beserta Isinya tanpa kecuali.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Banyak hal untuk dapat membangun dunia. Membangun dunia itu bersifat relatif, tergantung konteksnya. Membangun dunia disini bukan dimaksudkan memimpin semua bangsa yang ada di dunia. Tetapi dunia disini maksudnya adalah kehidupannya, maka seorang pejabat juga mampu untuk membangun dunianya sendiri. Maka untuk dapat membangun dunia, mulai dari langkah harus membangun definisi dan komponen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kita dianugerahi akal pikiran dan hati untuk dapat mengembangkan dunia kita sendiri sesuai dengan apa yang kita inginkan, sehingga manfaatkan anugerah Tuhan itu dengan sebaik-baiknya, dan gunakan itu untuk kebaikan, berjuang di jalan Allah. Misalnya saja jika kita ingin membangun dunia pendidikan maka kita harus mengetahui dan mengkaji komponan yang ada dalam pendidikan, seperti kurikulumnya, standar kompetensi, perangkat pendidikan, dan metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Sebelum kita berupaya untuk membangun dunia. Kita perlu memulainya dari diri kita. Bagaimana bisa kita membangun dunia ketika kita tidak mampu memahami siapa diri kita ini. Setelah kita memulai dari diri kita baru kita membangun keluarga kita, orang-orang di sekitar kita, lingkungan tempat tinggal kita, semakin meluas dan meluas barulah kita mampu membangun dunia. Namun ketika kita telah berazam untuk membangun dunia, maka kita perlu mengupayakan upaya terbaik kita agar dunia yang akan kita bangun menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita maupun orang-orang disekitar kita.

    ReplyDelete
  3. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Setiap manusia adalah pemimpin. Memimpin yang paling fundamen adalah memimpin diri sendiri. Diri sendiri adalah musuh terbesar bagi siapapun. Pimpinlah diri sendiri dulu sebelum memimpin orang lain, dengan begitu akan lebih mudah dalam membangun dunia. Dunia ini sifatnya sangat kompleks dan kadang melenakan. Oleh sebab itu, dalam rangka membangun dunia juga harus diseimbangkan dengan doa.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Membangun dunia adalah membangun diriku sendiri. Ketika aku berpikir maka secara tidak sadar aku ternyata membangun duniaku sendiri dengan pengetahuanku. Tapi akupun tersadar bahwa pikiranku penuh dengan keterbatasan, dan saat itu aku membutuhkan orang lain (bukan aku) untuk membangun duniaku.

    ReplyDelete
  5. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dalam membangun dunia dibutuhkan pikiran yang kritis dan hati yang bersih. Membangun dunia bukanlah tentang aku, tetapi tentang bagaimana aku mampu memberikan manfaat kepada yang bukan aku (orang lain). Maka membangun dunia adalah tentang bagaimana aku menggunakan pikiran yang kritis dan hati yang bersih untuk memberikan manfaat bagi yang bukan aku (orang lain). Tetapi akupun menyadari bahwa ketika aku berupaya membangun dunia untuk yang bukan aku (orang lain) aku pun membutuhkan bukan aku (orang lain) untuk bersama-sama membangun dunia.

    ReplyDelete
  6. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Membangun dunia relatif terhadap ruang dan waktu. Dengan hukum “aku dan bukan aku” maka tertangkaplah semua dunia beserta isinya tanpa terkecuali. Dalam hal ini aku merupakan segala sesuatu yang kita pikirkan, kemudian bukan aku adalah yang dipikirkan oleh selain kita sendiri. Sehingga ketika apa yang kitapikirkan kemudian bergabung dengan apa yang orang lain pikirkan maka akan semakin luas pandangan tentang dunia.

    ReplyDelete
  7. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Aku atau bukan aku. Membangun dunia dapat dilakukan dengan menggapai ilmu. Sebenar-benar ilmu adalah ketika kita mampu membedakan sesuatu dengan menggunakan ilmu itu. Membedakan berarti mengetahui mana aku dan mana bukan aku. Sehingga membangun dunia cukuplah dengan hukum aku atau bukan aku

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Dunia adalah aku, dunia adalah bahasaku, dunia adalah apa yang aku pikirkan. bagaimana membangun dunia adalah bagaimana kita mengembangkan aspek keakuan dengan elemen yang bukan aku, dimana kita melakukan proses mengada untuk mencapainya, karena sesungguhnya hal yang mungkin ada di duniaku meungkin merupakan hal yang ada di dunia bukan aku, sehingga dibutuhkan hermenetika agar di duniaku hal yang mungkin ada menjadi ada.

    ReplyDelete
  9. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dunia yang kita miliki, dunia dalam sudut pandang kita adalah dunia yang kita pikirkan. Dunia yang kita bangun merupakan dunia yang dibangun berdasarkan atas apa yang kita pikirkan, kehendaki, dan kita realisasikan dalam kehidupan. Dunia bukan aku merupakan dunia yang dipikirkan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  10. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ketika kita ingin membangun dunia, maka kita harus memiliki ilmu dan iman supaya dunia yang kita bangun merupakan dunia yang kokoh dan dunia yang memiliki nilai manfaat bagi orang lain, bukan dunia yang dibangun atas dasar keegoisan semata.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Membangun dunia berarti membangun peradaban dengan segala kebudayaan dan tradisi-tradisi di dalamnya. Membangun dunia berarti membangun kehidupan di dalamnya. Memabngun dunia berarti memelihara kehidupan dan penghidupan manusia. Membangun dunia adalah tugas kesejarahan umat manusia sebagai wakil Tuhan di bumi. Membangun dunia berarti menyadari bahwa nilai-nilai kemanusiaan sangat erat dengan nilai-nilai kehidupan.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Setiap objek memiliki dunia, termasuk diri sendiri. Duniaku, seputar tentang kehidupanku, keseharianku, sifatku dan lain-lainnya seputar aku. Membangun dunia adalah begaimana kita mengembangkan segala aspek yang ada pada diri kita, terutama potensi yang ada pada diri yaitu bagaimana menemukan potensi, bagaimana mengembangkan potensi, dan bagaimana memanfaatkan potensi. Potensi manusia merupakan pilihan bagi mereka dan tergantung bagaimana keberkeinginannya mereka untuk mengenali dan menggali potensi untuk membangun dunianya.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    saya akan coba merefleksikan hasil pemikiran saya yang memang belum sepenuhnya bahkan jauh dari apa yang dimaksudkan. Sebagai seorang manusia yang di anugrahi akal oleh Tuhan untuk berpikir, maka dengan itulah manusia juga bisa membangun dunianya, impiannya, cita-citanya dan segala hal yang ada dan yang mungkin ada sehingga menjadikannya mengada dan pengada.

    ReplyDelete
  15. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Dalam perspektif pribadi, dunia terdiri dari sifatku dan bukan sifatku, terdiri dari milikku dan bukan milikku, terdiri dari kuasa ku dan bukan kuasaku. Secara umum, dunia terdiri dari aku dan bukan aku, segala hal yang meliputi diriku, dan segala hal diluar diriku. Karena hanya terdiri dari aku dan bukan aku, maka sangatlah mudah membangun dunia itu, cukup memasukkan komponen aku dan bukan aku. Aku sendiri bersifat relatif terhadap ruang dan waktu, aku yang sekarang mungkin bukan aku yang dulu, aku yang dulu mungkin bukan aku yang sekarang; sehingga memang benar bahwa dunia itu dapat dibangun dari aku dan bukan aku. Jika diturunkan ke dalam ranah kehidupan sosial, dunia adalah tentang aku dan tentang orang lain di luar pribadiku. Membangun dunia tidak mungkin hanya dilakukan oleh aku saja, sehingga bukan aku sangat diperlukan untuk melengkapinya. Aku dan bukan aku membentuk suatu kesatuan yang tak terpisahkan. Membangun dunia adalah tentang bagaimana mengharmoniskan hubungan kedua komponen aku dan bukan aku.

    ReplyDelete
  16. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Diperlukan usaha yang lebih dalam memahami yang ada dan yang mungkin ada. Keduanya mungkin terlihat sama, namun ternyata berbeda. Tiadalah yang diciptakan dengan bentuk dan sifat yang identik sama, jikalaupun terlihat sama maka itu merupakan arah menuju serupa saja. Dalam proses membedakan banyak hal tersebut, masih sering dijumpai kebingungan-kebingungan. Ini wajar, karena seringkali sekat pembeda antara keduanya sangat tipis. Padahal dalam membangun dunia, segala dibentuk dari sesuatu yang tidaklah sama satu sama lain.

    ReplyDelete