Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 45: Orang Paling Berbahaya di Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk Dapat Menemukan Orang Paling Berbahaya di Dunia.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

17 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ketika dalam pembelajaran disekolah, seorang murid yang hanya menerima ilmu dari gurunya namun tidak ingin berpikir kritis bagaimana itu bisa terjadi dari mana asal muasal ilmu tersebut. Sangat disayangkan jika kita menjadi manusia yang sombong hanya mempelajari dari apa yang dikasih dan tanpa melihat bagaimana itu ditemukan. Sesungguhnya orang yang paling berbahaya di dunia itu yang demikian yaitu yang merugikan diri sendiri.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Orang paling berbahaya di dunia ini adalah seseorang yang dengan mudahnya memanipulasi wadah karena ia mengabaikan isinya. Jika itu yang engkau lakukan, maka itulah sebenar-benar engkau akan menjadi manusia yang berbahaya di dunia ini. Hargailah setiap wadah dan isi yang kita dapatkan. Serendah-rendah kualitas wadah adalah jika isinya hanya untuk dirimu sendiri. Janganlah semena-mena pada wadah dan isi, ingatlah bahwa wadah dan isi di dunia ini kelak akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Orang yang paling berbahaya di dunia yaitu orang yang memiliki segalanya tetapi tidak mau bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepadanya. Orang yang menganggap semua yang ia dapatkan merupakan hasil jerih payahnya sendiri tanpa ada pertolongan dari-Nya. Padahal, seharusnya semakin berilmu kita maka semakin paham bahwa semua adalah milik Allah. Apa yang mesti kita sombongkan atas apa yang kita miliki. Menurut saya jika kita bersifat demikian maka kitalah orang yang paling berbahaya itu.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Orang yang paling berbahaya di Dunia adalah dirinya sendiri. Dimna orang itu adalah sikap dan sifat kita terhadap dunia. Seseorang dikatakan berbahaya bagi dirinya sendiri ketika ia mampu menguasai dunia tapi tidak mampu menguasai dirinya sendiri. Misalnya saja seorang pemimpin yang mampu menguasai rakyatnya namun dia tidak bisa menguasai sikap keegoisannya sendiri maka dia akan hancur kepemimpinannya oleh dirinya sendiri. Maka dri itu orang yang paling berbahaya di dunia adalah dirinya sendiri, jadilah manusia yang bisa mengontrol sikap dan sifatnya sendiri.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Orang yang paling berbahaya menurut saya adalah orang yang sombong. Orang yang sombong tidak akan mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak mau belajar lagi karena ia selalu menganggap dirinya lah yang paling hebat. Padahal orang lain belum tentu menganggapnya hebat. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa “orang yang sombong itu umpama berdiri di atas gunung lalu dia melihat orang lain kecil, namun ia tidak sadar bahwa orang lain juga melihat dirinya kecil”. Sikap sombongnya inilah yang justru dapat merugikan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Orang paling berbahaya di dunia. Sepertinya manusia di dunia digolongkan menjadi 2, orang yang berguna dan orang yang berbahaya. Orang berguna jika memberikan manfaat dengan ilmu yang dimiliki dengan membantu orang lain. Orang berbahaya saat orang menggunakan ilmu yang dimiliki untuk menjatuhkan orang lain. Namun orang yang paling berbahaya bukan orang yang menyalahgunakan ilmu, orang itu yang tidak berilmu, tdak mempunyai keinginan untuk belajar. Orang yang tidak berpikir sehingga menjadikannya tidak ada. Hal ini akan menjadikan orang lain tidak ada dan tidak memiliki kesempatan untuk ada. Seperti halnya guru yang tidak menjalankan fungsi dengan penuh keikhlasan. Dan saat melihat lagi maka akan Nampak sebagai orang paling berbahaya adalah diriku saat aku dengan seenaknya menilai orang lain tanpa berfikir dan tanpa dasar atau meniadakan hak orang lain.

    ReplyDelete
  7. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Orang paling berbahaya di dunia adalah diriku sendiri. Mengapa demikian? Aku bisa saja memilih jalan yang aku tahu itu salah. Aku bisa saja melakukan suatu hal yang itu merugikan. Aku bisa saja membuat setiap hal tak sesuai dengan harapan. Aku bisa saja menghilangkan harapan banyak orang. Aku bisa saja menjadi orang yang tak berilmu. Aku bisa saja mengecewakan orang-orag di sampingku. Aku bisa saja menuruti 'bukan kata hatiku'. Semua itu pilihan. Jika aku memilih hal yang salah, maka itulah yang berbahaya. Maka aku harus bisa mengatur diriku, mampu membedakan hal yang baik dan tidak, benar dan salah, yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Menurut saya orang yang paling berbahaya adalah orang yang mengetahui kebenaran namun berpaling dari kebenaran itu atau dengan kata lain mengajarkan sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran yang mereka ketahui. Dan dalam agama disebut dengan istilah orang-orang munafik. Dan salah satu orang yang masuk dalam neraka dan kekal di dalamnya adalah orang-orang munafik. Mereka ini tidak bisa kita jadikan rujukan di setiap ucapan dan tindakannya.

    ReplyDelete
  9. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut saya orang paling berbahaya adalah diri kita sendiri. karena jika dipikirkan kembali diri kita ini dapat berbahaya dikarenakan nafsu yang ada pada diri kita yang jika tidak dapat mengendalikan maka akan sangat membahayakan diri kita sendiri. orang yang paling berbahaya lainnya adalah orang-orang yang hanya baik didepan kita tetapi tidak tau dibelakang kita apa yyang mereka bicarakan. Entahlah, orang orang seperti itu biasanya disebut dengan orang orang munafik.

    ReplyDelete
  10. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang yang tidak ikhlas hati dan tidak berpikiran jernih. Ketika seseorang tidak berpikiran jernih, ia akan melihat dunia dengan sudut pandang yang kurang baik sehingga berdampak pada dirinya sendiri maupun pada orang lain. Ketika seseorang tidak ikhlas hati, ia akan melakukan segala hal yang pastinya akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sesungguhnya orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah diri kita sendiri. Saat kita menginginkan orang lain menjadi seperti yang kita inginkan terkadang kita bahkan sampai mendikte orang tersebut dan menghalanginya untuk membangun dunianya sendiri dan mengembangkan kreativitasnya.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang yang melupakan Tuhannya. Saat kita sudah melupakan Tuhan, kita menjauh darinya. Lama kelamaan, hati nurani yang menjadi penuntun hidup kita akan mati. Dengan kata lain, saat kita melupakan Tuhan, kita akan menjadi orang yang paling berbahaya di dunia ini karena tidak memiliki rasa syukur, sombong, tamak dan akhirnya mengakibatkan kehancuran. Jika kita tidak pernah melupakan Tuhan maka kita bukanlah orang yang paling berbahaya di dunia ini karena Tuhan menuntun hidup kita. Dengan demikian, orang yang paling berbahaya adalah diriku sendiri yang melupakan Tuhan. Karena itu berwaspada dan terus mencari Tuhan agar hati nurani kita tetap ada dan akal kita tidak dipakai untuk hal-hal yang tidak baik.

    ReplyDelete
  13. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah orang yang menikmati kegiatan menutupi sifat orang lain. Padahal sejatinya setiap manusia memiliki hak untuk menunjukkan sifa-sifatnya. Manusia yang tidak dapat menunjukkan sifat-sofatnya sama saja dengan tidak hidup. Manusia yang menutupi sifat yang lainnya berarti mengambil hak orang lain, hanya berfokus pada haknya dan tidak menghormati hak orang lain. Contoh sifat menutupi misalnya, guru yang menutupi sifat siswa, sehingga siswa hanya dapat tunduk kepada guru.

    ReplyDelete
  14. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Orang yang paling berbahaya itu yang memberikan dampak negatif terhadap orang lain, yang egois, yang bahagia ketika orang lain terjatuh, yang berusaha agar orang lain tidak bahagia. Itu semua terjadi karena orang tersebut belum menemukan jati diri yang sesungguhnya. Bisa saja, seseorang yang belum menemukan jati diri yang sesungguhnya akan membahayakan orang sekitar. Maka orang yang paling berbahaya itu adalah diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  15. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, semua orang bisa menjadi orang yang paling berbahaya di dunia. Ketika seseorang tidak bisa mengendalikan dan mengatur dirinya, ia akan menjadi bahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Orang yang paling berbahaya di dunia ini adalah manusia yang tidak dapat menjadikan dirinya bermanfaat bagi orang lain denga kata lain manusia itu memiliki keegoisan yang tinggi, merasa dirinya mampu hidup sendiri tanpa orang lain.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Orang yang paling berbahaya di dunia adalah orang yang memiliki intelegensi yang tinggi yakni kemampuan dan kekuatan yang tinggi di bidang pengetahuan, namun rendah di bidang emosional dan spiritual. Mengapa demikian? Misalkan seorang ilmuwan jenius membuat bom nuklir untuk menghancurkan sebuah negara. Jelas bahwa intelegensinya tinggi, namun rendah secara emosional dan spiritual yang ditunjukkan oleh rendahnya nilai kemanusiaannya. Maka orang tersebut sangatlah berbahaya dan membahayakan. Dengan kata lain bahwa orang yang paling berbahaya dalah dia yang memiliki ilmu tetapi tidak memiliki hati.

    ReplyDelete