Oct 17, 2012

KANT’S THEORY OF KNOWLEDGE AND THE EPISTEMOLOGICAL FOUNDATION OF MATHEMATICS




By Marsigit

Kant’s view comes to dominate West European philosophy and his theory of knowledge plays a crucial role in the foundation of mathematics.



A clear understanding of his notions of would do much to elucidate his epistemological approach. Kant’s theory of knowledge seems, hitherto, to have been analyzed by post modern philosophers, and some mathematicians, and it even seems directly to rage their conjectures through incontestably certain in the ultimate concern of its consequences.

Perry R.B. retrieves that Kant’s contributions to epistemological foundation of mathematics consisted in his discovery of categories and the form of thought as the universal prerequisites of mathematical knowledge.

According to Perry , in his Prolegomena to any Future Meta¬physics, Kant exposed a question "How Is Pure Mathematics Possible?".

While Philip Kitcher in Hersh R. shows that all three foundationist gurus Frege, Hilbert, and Brouwer were Kantians; that was a consequence of the influences of Kant’s philosophy in their early milieus, and the usual tendency of research mathematicians toward an idealist vewpoint.

The publication of Kant’s great works did not put an end to the crisis in the foundation of philosophy.

On the contrary, they raged about it more furiously than ever.

As two main schools found in the philosophy of mathematics, before and after Kant, the latent elements of them were discovered and brought to the higher level.

One school considered as the sceptical promoting of the new analysis, and proceeded to build its dome furnished by its material; the other took advantage of the positions gained by the ultimate champion and developed its lines forward in the direction of transcendental claim.

Kant lays the foundations of philosophy; however, he built no structure.

He did not put one stone upon another; he declared it to be beyond the power of man to put one stone upon another.

Kant attempts to erect a temple on his foundation he repudiated.

The existence of an external world of substantial entities corresponding to our conceptions could not be demonstrated, but only logically affirmed.

References:
1 Perry, R.B., 1912, “Present Philosophical Tendencies: A Critical Survey of Naturalism Idealism Pragmatism and Realism Together with a Synopsis of the Pilosophy of William James”, New York: Longmans Green and Co. p. 139
2 Hersh, R., 1997, “What is Mathematics, Really?”, London: Jonathan Cape, p.132
3 Ibid. p. 129
4 ….., “Immanuel Kant, 1724–1804”, Retrieved 2004
5 Ibid

15 comments:

  1. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pend. Matematika C

    Teori Immanuel kant tentang pengetahuan telah banyak memainkan pernan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Meskipun saya tidak sepenuhnya memahami bagaimana peranan teori Immanuel kant terhadap matematika murni. Tetapi teori Immanuel kant lebih banyak saya pahami peranannya terhadap pendidikan matematika. Dimana menurut Immanuel kant pengetahuan itu terkait dengan logika dan pengalaman. Matematika sekolah membutuhkan keduanya untuk membangun pengetahuan siswa.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Kant merupakan filsuf yang teori nya banyak digunakan dalam pengetahuan filsafat hingga saat ini. Dalam epistemologi pengetahuan Kant menggunakan penemuan dan bentuk pikiran yang bersifat sintetik a priori. Teori Pengetahuan Kant pengetahuan hingga saat ini telah dianalisis oleh filsuf post-modern, dan beberapa ahli matematika.

    ReplyDelete
  3. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum.Kant berpendapat penalaran saja tidak akan memberikan kita pengetahuan apapun. Kant berpendapat bahwa pengetahuan manusia pada dasarnya dibatasi oleh kategori-kategori tentang pemahaman manusia, yang antara lain: konsep sebab akibat, dan ketidak mampuan kita untuk mengalami apapun di luar kondisi ruang dan waktu tertentu. Dengan demikian, pengetahuan adalah produk dari konsep-konsep dan pengalaman di memiliki perantara ruang–waktu yang keduanya datang secara bersama-sama.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Filsafat Kant menyebutkan bahwa pengetahuan merupakan gabungan (sintesis) antara empirime dan rasionalisme. Epistemologi merupakan salah satu cabang dari filsafat yang membahas tentang metodologi; menyingkap bagaimana fondasi suatu pengetahuan dibangun, yang berarti suatu pemikiran atau teori tentang pengetahuan yang mengkaji hakikat pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Dalam filsafatnya, Kant mencoba untuk mensinergikan antara rasionalisme dan empirisme. Ia bertujuan untuk membuktikan bahwa sumber pengetahuan itu diperoleh tidak hanya dari satu unsur saja melainkan dari dua unsur yaitu pengalaman inderawi dan akal budi. Filsafat Kant menyebutkan bahwa pengetahuan merupakan gabungan (sintesis) antara keduanya.

    ReplyDelete
  6. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Teori yang dikemukakan oleh Kant memang sangat berpengaruh pada filsafat pengetahuan matematika. teorinya yang terkenal yakni bahwa pengetahuan matematika merupakan pengetahuan sintetik a priori. Pada eranya, teori ini belum pernah ada, yang kemudian setelah era Kant banyak filsuf yang mengikuti aliran Kant.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Gagasan pikir Kant tentang pengetahuan memanglah sangat berguna hingga saat ini. Oleh karena itu tidaklah heran jika Kant disebut sebagai filsuf besar dan memberikan pengaruh besar pada kehidupan ini. Pendapat Kant tentang pengetahuan ialah sesuatu yang kontruksinya didapat melalui perjalanan sintetik apriori. Pendapat Kant tersebut juga dibumbui dengan penolakannya terhadap pengetahuan yang sifatnya idealis. Karena Kant berusaha meletakan pondasi-pondasi pengetahuan pada struktur-struktur yang berkesinambungan. Bukan pada pengetahuan yang sifatnya sekali jadi.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya mencermati bacaan di atas bahwa matematika murni hanyalah ideal dalam pikiran saja namun dalam kenyataannya tidaklah dapat benar-benar ideal. Setiap orang dapat berpikir secara ideal pula. Adanya logika membuat seseorang dapat memberikan dan menemukan pembenaran yang sifatnya subyektif. Penggambaran dalam logika berpikir yang sangat kompleks dan luas senyatanya tidaklah dapat terlihat dan ditunjukkan secara kompleks namun hanya secara parsialnya saja. Sesuatu yang abstrak jika diformulasikan dan bergabung menjadi satu dengan beberapa informasi tentunya akan menjadi bagian daripada suatu ilmu pengetahuan meski prosesnya tidak dapat terlihat secara holistik.

    ReplyDelete
  10. Latifah Fitriasari
    PM C

    Kant mulai filosofi matematika dengan fokus pada pengetahuan matematika dan hubungan epistemik mereka untuk teorema dan bukti yaitu epistemologi matematika. Epistemologi juga disebut logika, yaitu ilmu tentang pikiran. Akan tetapi, logika dibedakan menjadi dua, yaitu logika minor dan logika mayor. Logika minor mempelajari struktur berpikir dan dalil-dalilnya, seperti silogisme. Logika mayor mempelajari hal pengetahuan, kebenaran, dan kepastian yang sama dengan lingkup epistemologi.

    ReplyDelete
  11. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    PPs Pendidikan Matematika 2017 Kelas C


    The logic which is the human thinking and science apparatus associated with the correct way of thinking, is laid out as a prelude to philosophy and every other science, hence it can be placed as the foundation and principle for all human knowledge. However, epistemology (knowledge theory), because it examines the entire foundations of human sciences, including logic and the human sciences are explicit, is the foundation and foundation of all knowledge and knowledge. Although logic in some parts has similarities to epistemology, however, the science of logic is the science of the correct method of thinking and argument, laid after epistemology.

    ReplyDelete
  12. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya Prof. Pandangan Kant mendominasi filsafat Eropa dan Tori Kant mengenai pengetahuan memiliki peran penting pada landasan matematika. Namun karyanya tidak mampu mengakhiri krisis pada landasan matematika. Hal ini dikarenakan Kant memberikan landasan filsafat namun belum membangun strukturnya.

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Banyak sekali teori pengetahuan Kant yang berperan membangun landasan dalam matematika. Salah satu penemuan Kant yakni pada epistemologi matematika terdiri atas kategori dan bentuk pikiran sebagai prasyarat universal dalam pengetahuan matematika.

    ReplyDelete
  14. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pemikiran Kritis Immanuel Kant berusaha menyatukan rasionalisme dan empirisisme dalam semacam fenomenalisme baru. Bagi Immanuel Kant, manusia adalah aktor yang mengkonstruksi dunianya sendiri. Immanuel kant menyatakan bahwa sebenarnya yang ditangkap oleh manusia terhadap suatu objek hanyalah suatu fenomena. Sedangkan yang bukan dari suatu keadaan sebenarnya disebut dengan neumena. Fenomena merupakan perwujudan dari neumena. Perwujudan ini menurut Immanuel Kant sudah dipengaruhi ruang dan waktu serta kualitas dan kuantitasnya.

    ReplyDelete
  15. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Immanuel Kant dengan pemikiran filsafatnya yang sangat baik menjadikan pemikirannya sebagai pemikiran yang tak patut untuk dilewatkan. Kant dengan pemikirannya dapat melihat suatu ilmu dari sisi yang berbeda yang bahkan tidak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Seperti pemikirannya tentang ilmu matematika pada elegi di atas, khususnya epistemologi matematika. Menurut Kant, landasan epistemologis matematika terdiri dari penemuan kategori dan bentuk pemikiran sebagai prasyarat universal untuk pengetahuan matematika.

    ReplyDelete