Oct 17, 2012

KANT’S THEORY OF KNOWLEDGE AND THE EPISTEMOLOGICAL FOUNDATION OF MATHEMATICS




By Marsigit

Kant’s view comes to dominate West European philosophy and his theory of knowledge plays a crucial role in the foundation of mathematics.



A clear understanding of his notions of would do much to elucidate his epistemological approach. Kant’s theory of knowledge seems, hitherto, to have been analyzed by post modern philosophers, and some mathematicians, and it even seems directly to rage their conjectures through incontestably certain in the ultimate concern of its consequences.

Perry R.B. retrieves that Kant’s contributions to epistemological foundation of mathematics consisted in his discovery of categories and the form of thought as the universal prerequisites of mathematical knowledge.

According to Perry , in his Prolegomena to any Future Meta¬physics, Kant exposed a question "How Is Pure Mathematics Possible?".

While Philip Kitcher in Hersh R. shows that all three foundationist gurus Frege, Hilbert, and Brouwer were Kantians; that was a consequence of the influences of Kant’s philosophy in their early milieus, and the usual tendency of research mathematicians toward an idealist vewpoint.

The publication of Kant’s great works did not put an end to the crisis in the foundation of philosophy.

On the contrary, they raged about it more furiously than ever.

As two main schools found in the philosophy of mathematics, before and after Kant, the latent elements of them were discovered and brought to the higher level.

One school considered as the sceptical promoting of the new analysis, and proceeded to build its dome furnished by its material; the other took advantage of the positions gained by the ultimate champion and developed its lines forward in the direction of transcendental claim.

Kant lays the foundations of philosophy; however, he built no structure.

He did not put one stone upon another; he declared it to be beyond the power of man to put one stone upon another.

Kant attempts to erect a temple on his foundation he repudiated.

The existence of an external world of substantial entities corresponding to our conceptions could not be demonstrated, but only logically affirmed.

References:
1 Perry, R.B., 1912, “Present Philosophical Tendencies: A Critical Survey of Naturalism Idealism Pragmatism and Realism Together with a Synopsis of the Pilosophy of William James”, New York: Longmans Green and Co. p. 139
2 Hersh, R., 1997, “What is Mathematics, Really?”, London: Jonathan Cape, p.132
3 Ibid. p. 129
4 ….., “Immanuel Kant, 1724–1804”, Retrieved 2004
5 Ibid

13 comments:

  1. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, Imanuel Kant menyampaikan bahwa dia memuncul filsafat dari eropa barat dan teori pengetahuannya memainkan peran penting dalam landasan matematika. Para filsuf pos modern dan matematikawan telah sedang menganalisis teori pengetahuan Kant. Salah satunya yaitu Perry, dimana dia menyimpulkan bahwa kontribusi Kant untuk fondasi epistemologis matematika terdiri dari penemuan kategori dan bentuk pemikiran sebagai prasyarat umum pengetahuan matematika. Kant memunculkan dasar-dasar filsafat, Namun ia tidak membangun strukturnya.

    ReplyDelete
  2. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Kant sangat berpengaruh dan berperan penting bagi filsafat. Namun dikatakan pada artikel diatas bahwasanya Kant meletakkan dasar-dasar filsafat, namun, ia tidak membangun struktur. Padahal struktur itu penting. Analoginya begini, saya ingin membuat kue. Saya sudah mempunyai bahan-bahan untuk membuat kue namun ternyata saya tidak mengetahui bagaimana resep cara membuat kue tersebut. Bagaimana bisa kue akan terbuat jika saya punya bahannya namun cara membuatnya saja saya tidak tahu? Idealnya begitu. Seharusnya menjadi renungan bersama. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006

    Bahwa dari teori pengetahuan menurut Kant, Ia berusaha untuk memabngun epistemologi matematika sebagai pengetahuan a priori. Validitas objektif dari dari pengetahuan matematika diperoleh melalui bentuk a priori dari sensibilitas manusia yang memungkinkan diperolehnya pengalaman inderawi. (MArsigit, 2008)

    ReplyDelete
  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Artikel ini menjelaskan pandangan Kant mengenai teori pengetahuan dan dasar epistemologi matematika. Teori pengetahuan Kant berperan penting dalam dasar epistemologi matematika, dimana teori pengetahuan dapat menjamin bahwa matematika memang benar dapat dipandang sebagai ilmu. Kontribusi Kant untuk dasar epistemologis matematika terdiri dari penemuan kategori dan bentuk pemikiran sebagai prasyarat universal pengetahuan matematika.

    ReplyDelete
  5. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Kant exposed pertanyaan "How Is Pure Mathematics Possible?" Menurut saya, itulah kebaikan dari Kant yang dirasakan sampai sekarang dan seterusnya. Matematika adalah hal yang sulit karena memerlukan pemikiran yang sangat mendalam karena tidak semua bisa ditemukan objeknya. Namun matematika adalah hal yang penting untuk dipelajari manusia sejak dalam usia dini. Sehingga diperlukan metode agar matematika dapat dikonsumsi oleh semua tingkatan umur manusia.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat matematika Kant telah memberikan kontribusi yang besar terhadap sifat-sifat fondasi matematika. Penemuannya terdiri dari kategori dan bentuk pemikiran seperti prasyarat universal pengetahuan matematika. Kant memasangkan fondasi filsafat meskipun tanpa struktur. Ia tidak meletakkan suatu objek diatas yang lain. Ia menyatakan hal tersebut melebihi kekuatan manusia untuk meletakkan sesuatu diatas yang lain. Pendapat epistemologinya secara umum dapat dijelaskan melalui teorinya tentang pembentukan matematika.

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Tidak dipungkiri bahwa pandangan Kant mendominasi filsafat Eropa barat dengan teori pengetahuannya yang memainkan peran penting dalam fondasi matematika. Pemahamannya akan notion akan menguraikan pendekatan epistomologi yang dimiliki olehnya. Kant memberikan pertanyaan besar terhadap teori Perri yaitu tentang kemungkinan akan adanya matematika murni. Kant kemudian memberikan sumbangsih yang luarbiasa terhadap matematik filsafat namun hal tersebut tidak mengakhiri krisis fondasi filsafat yang ada. Meskipun begitu, dalam gagasan yang Kant kemukakan, ia tidak membangun struktur filsafatnya. Kant beranggapan bahwa ide-ide yang dibangun olehnya akan dilanjutkan oleh filsuf ataupun ilmuannya, Pandangan kant ini saya maknai dengan optimistik Kant bahwa matematika dan filsafat akan terus berkembang.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Teori pengetahuan Kant memberikan pemahaman yang jelas tentang pendekatan epistemologis, serta memberikan kontribusi untuk dikaji lebih lanjut oleh para filsuf modern. Menurut Perry R. B kontribusi Kant untuk landasan epistemologis matematika terdiri dalam penemuan kategori dan bentuk pikiran sebagai prasyarat universal pengetahuan matematika. Namun, publikasi karya besar Kant tidak mengakhiri krisis yang terjadi tentang landasan filsafat

    ReplyDelete
  9. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kant menjelaskan setiap ilmu alam harus mencakup prinsip-prinsip yang rasional dan bersama dengan seluruh item pengetahuannya. Epistemologi merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan matematika yan meliputi matematika murni, matematika terapan dan berbagai cabang matematika lainnya, ciri-ciri matematika yang meliputi abstraksi, deduktif, hipotesis, eksak, simbolik, universal, rasional dan lain-lain, penggadaian-penggadaian, dan dasar-dasarnya serta pertanggungjawaban atas pertanyaan mengenai pengetahuan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Epistimology sebagai dasar dari pendekatan pengetahuan yang mendasari tingkatan-tingkatan dari ilmu filsafat dan sangat berperan penting untuk membangun fondasi-fondasi dalam kehidupan bahkan matematika sekalipun. Pemahaman tentang betapa pentingnya epistimology dalam matematika sangat dibutuhkan guna memunculkan kemungkinan-kemungkinan yang ada untuk dipelajari dan ditelaah sebagaimana mestinya. Dalam pandangan Kant, matematika dan filsafat akan terus berkembang dan berkembang sesuai kemajuan zaman dan akan semakin bersaing dengan teknologi-teknologi yang ada.

    ReplyDelete
  11. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kant mengemukakan pengkategorian pemikiran dalam bentuknya masing-masing. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teori pengkategorian kant nampa jelas dapat merepresentasikan cara pikir manusia, bagaimana manusia memberi tanggapan terhadap suatu masalah ataupun bagaimana manusia dapat mudah menilai. Begitu pula dalam pendidikan matematika dimana pengkategorian member pengaruh penting pada proses berpikir.

    ReplyDelete
  12. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pada artikel di atas dapat kita ketahui menurut pendapat Kant, bahwa pengetahuan hanya dapat didirikan atas dasar penilaian yang bersifat sintetis dan diperoleh secara independen dari semua pengalaman. pada artikel diatas bahwasanya Kant meletakkan dasar-dasar filsafat, namun, ia tidak membangun struktur. Kant menjelaskan setiap ilmu alam harus mencakup prinsip-prinsip yang rasional dan bersama dengan seluruh item pengetahuannya. Epistimologi sebagai dasar dari pendekatan pengetahuan yang mendasari tingkatan-tingkatan dari ilmu filsafat dan sangat berperan penting untuk membangun fondasi-fondasi dalam kehidupan bahkan matematika sekalipun.

    ReplyDelete
  13. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete