Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 42: Filsuf Tak Mampu Melarikan Diri




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Tidak Seorang Filsufpun Mampu Melarikan Diri dari Filsafat, apalagi Diriku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Filsafat itu adalah berolah pikir, olah pikir itu selalu ada dalam benak manusia. Maka dalam kehidupan sehari-hari sangat tidak mungkin jika kita tidak melakukan proses berpikir. Sehingga kita tidak akan lari tidak akan bisa jika tidak berfilsafat. Maka orang itu bisa dikatakan bijaksana apabila mengerti caranya menggunakan filsafat untuk dapat membantu kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Bisa menyesuaikan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Sebagaimana uraian pada Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat, bahwasannya yang anti filsafat ternyata adalah filsafat. Maka yang anti filsafat pun tidak mampu melarikan diri dari filsafat. Maka yang seorang filsuf pun tidak mampu melarikan diri dari filsafat. Maka diriku pun tidak mampu melarikan diri dari filsafat karena sebenar-benar filsafat selalu ada dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  3. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Perjalanan hidup pasti selalu terkait dengan filsafat. Kita tidak mungkin bisa melarikan diri dari filsafat karena filsafat itu melingkupi yang ada dan yang mungkin ada. Sehingga hari-hari yang kita lalui adalah filsafat sekalipun tidur tetap filsafat.

    ReplyDelete
  4. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Saat kita telah mengenal filsafat, mengetahui maknanya, maka kita diharapkan untuk menjadi orang yang dapat menembaptkan diri sesuai dengan ruang dan waktunya, dapat berpikir kritis. Ini berarti bahwa seseorang yang telah mengenal filsafat, sudah seharusnya untuk terus berfilsafat, dalam arti sedalam-dalam dan seluas-luasnya, karena berhenti berfilsafat sama saja dengan tidak hidup

    ReplyDelete
  5. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Jika ada orang yang berkata bahwa dunia itu selalu berubah, tiadapun yang tidak berubah. Sesungguhnya, pernyataan itu hanya separuh dunia saja, jika hanya selalu berubah. Karena separuh dunia itu sifatnya tetap, buktinya dari kecil sekarang hingga nanti ketika meninggal pun, kita tetaplah ciptaan Allah SWT. Tidak ada yang bisa membantahnya. Kita tak mampu melarikan diri, filsufpun juga tak mampu.

    ReplyDelete
  6. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    filsafat merupakan olah pikir dan olah hati yang terdapat manusia, lalu bagaimana manusia sebagai seorang filsuf dapat melarikan diri? dari dirinya sendiri saja seorang filsuf tidak akan mampu melarikan diri.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Filsafat adalah mempelajari apa yang ada dan mungkin ada melalui olah pikir. Mengada adalah cara kita dalam berfilsafat dimana kita secara alamiah akan mengada, sedari lahir di dunia pun kita dikodratkan untuk mengada. dan tidak mungkin kita tidak mengada, karena kita tidak akan bisa hidup tanpa mengada, maka tidaklah mungkin kita dapat menghindari filsafat.

    ReplyDelete
  8. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Hidup ini tidak bisa terlepas dari filsafat, karena setiap individu adalah filsafat itu sendiri. Bahkan seorang filsuf yang sudah begitu paham dan ahli dalam bidang filsafat pun tidak bisa terlepas dari filsafat, apalagi dengan diri ku ini yang sudah jelas-jelas adalah filsafat, tetapi belum memiliki ilmu filsafat sedikit pun, maka diri ini tidak mampu untuk melarikan diri dari filsafat. Kita baru akan bisa lari dari filsafat jika kita sudah tidak lagi hidup dalam kehidupan ini, bahkan ketika tidur pun kita tidak bisa lari dari filsafat, meskipun ketika tidur kita tidak kita beristirahat berpikir.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Menurut Imanuel Kant, jika ingin melihat dunia maka cukup tengoklah saja pikiranmu. Dunia adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiran. Sementara filsafat adalah olah pikir untuk mencari hakekat segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, metoda atau cara untuk melakukan sesuatu yang ada dan yang mungkin ada serta baik dan buruknya atau etik dan estetikanya dari sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Tidak satupun filsuf yang dapat melarikan diri dari filsafat karena tidak ada filsuf yang tidak menggunakan dan mengolah pikirannya.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Tulisan sangat menarik menurut. Dalam dunia pemikiran, seorang filfus tidak akan bisa melarikan diri dari pikiran dan objek pemikirannya sendiri. Pemikiran para filsuf adalah pemikiran dialektis-analitis-kritis. Para filsuf adalah para pemikir ulung. Bisa mereka berakhir pada kebijaksanaan dan bisa pula berakhir pada kegilaan. Untuk yang tersebut terakhir itu adalah petaka yang musti dihindari.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Setiap aspek dalam hidup mencakup filsafat maka tidak akan mampu bagi kita untuk menolak apalagi menghindarinya. Berfilsafat berarti berolah pikr dan olah pikir selalu dilakukan oleh setiap orang, tak ada satupun waktu yang kita lewatkan tanpa berpikir kecuali tidur/mati (namun tidur juga termasuk wilayah cakupan filsafat dengan istilah mitos (mitos dalam filsafat artinya berhenti berpikir)) bila dalam keaadan tidur (berhenti berfikir) juga termasuk filsafat maka tidak ada jalan atau kesempatan untuk melepaskan diri dari kegiatan berfilsafat itu.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Karena filsafat merupakan olah pikir yang reflektif dari manusia, maka jika saya boleh menganalisis, ini berkaitan dengan kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari olah pikir yang menjadi cerminan dari kehidupan masing-masing manusia. Maka jika dalam forum tanya jawab 42 ini dikemukakan bahwa filsuf tidak bisa melarikan diri dari filsafat merupakan pernyataan yang benar. Tidak hanya seorang filsuf yang tak bisa melarikan diri dari hasil pemikirannya sendiri, manusia yang notabene bukan seorang filsuf yang menciptakan gagasan dari filsafat itu sendiri pun tidak bisa melarikan diri dari filsafat. Karena pada hakikatnya mereka sudah berfilsafat dalam kehidupannya masing-masing. Cerminan filsafat yang bisa dikemukakan luas dalam segala hal yang ada dan yang mungkin ada dibatasi oleh ruang dan waktu merupakan cerminan ilmu pengetahuan yang bisa didefinisikan secara intensif dan ekstensif dalam dimensi ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  13. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Filsuf adalah orang yang berfilsafat. Filsuf adalah ahli filsafat, ahli olah pikir, ahli pengolah pikiran masing-masing. Menurut saya, tidaklah mungkin filsuf memperoleh apa yang dikemukakan secara tiba-tiba, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memperoleh hasil olah pikir mereka. Tidaklah seseorang menjadi bijaksana dalam waktu satu malam, diperlukan pengalaman-pengalaman dan refleksi yang mendalam sebelum seseorang tersebut benar-benar bijak yang sebijak-bijaknya. Hal yang sama dengan filsuf, tidakpun mereka membutuhkan waktu yang lama, para filsuf pastinya membutuhkan waktu merefleksikan apa yang mereka pikirkan, sedikit apapun waktu yang digunakan. Sementara itu, berpikir bagi para filsuf (menurut saya) adalah sebuah kegiatan rutin (dan mungkin spontan), yang apabila tidak dilakukan akan menimbulkan sebuah kekosongan dalam jiwa mereka masing-masing. Filsuf tentu saja tidak dapt melarikan diri dari filsafat, filsuf akan senantiasa berpikir, akan senantiasa mencari hakikat, mencari kebijaksanaan, yang dapat mereka gapai melalui proses mereka berfilsafat.z

    ReplyDelete
  14. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menjalani hidup menuntut kita untuk selalu belajar dan berpikir. Filsafat dikatakan merupakan salah satu bentuk olah pikir, sehingga siapa saja yang berfikir, maka ia berfilsafat. Dengan demikian, tiadalah yang dapat lepas dari pengaruh filsafat jika ia selalu belajar dan berpikir.

    ReplyDelete