Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Anti Filsafat itu ternyata adalah Filsafat juga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

19 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Filsafat itu berati berolah pikir, sehingga tidak mungkin seseorang itu tidak berfilsafat. Orang yang tidur memang sedang tidak berpikir, tetapi tidurpun juga bermimpi, mimpi itu juga berkaitan dengan pikiran. Maka setiap orang pasti sudah pernah berfilsafat. Sehingga ketika ada pandangan mengenai anti filsafat,berarti sebenarya orang tersebut pernah berfilsafat karena orang tersebut bisa mengatakan bahwa dirinya anti dengan filsafat. Jadi orang yang anti berfilsafat pun berarti dia sudah pernah berfilsafat.

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Berfilsafat tujuannya adalah untuk menjadi saksi, jika seseorang tidak berfilsafat maka orang tersebut sudah gagal dalam menjadi saksi. Filsafat merupakan olah pikir dan hal yang lebih tinggi dari olah pikir adalah olah hati yang letaknya ada pada ilmu spritual. Alangkah baiknya jika kita mempelajari keduanya secara seimbang agar pikiran dan hati keduanya bekerja secara harmonis.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Ketika seseorang anti-filsafat maka sebenarnya ia memiliki keyakinan bahwa ia anti filsafat. Ia memiliki keyakinan bahwa anti filsafat lebih baik dari filsafat. Maka keyakinannya akan anti filsafat nya itu merupakan pondamen akan anti filsafatnya. Maka sebenarnya yang anti fisafat jugalah filsafat, yaitu foundationalism.
    Ketika seseorang anti filsafat sebenarnya ia telah memikirkan mengapa ia anti filsafat. Ketika ia memikirkan mengapa ia anti filsafat maka sebenarnya ia sedang berpikir. Maka ketika ia berpikir sebenarnya anti filsafatnya itu adalah filsafat.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Filsafat bertujuan merefleksikan realitas secara mendalam untuk menemukan jawaban-jawaban final mengenainya. Filsafat mempertanyakan dan merefleksikan realitas termasuk kesadaran manusia sendiri yang merefleksikan realitas tersebut. Dan ketika orang menjadi anti filsafat karena merasa bahwa filsafat belum atau tidak sesuai dengan apa yang mampu dipikirkannya maka sesungguhnya orang tersebut sedang berfilsafat, disaat ia berpikir dan mengolah pikirannya maka sesungguhnya ia sedang berfilsafat karena sesungguhnya filsafat adalah olah pikir yang mencakup segala yang ada dan yang mungkin ada. Sebagai mana yang pernah bapak utarakan pada pertemuan di kelas bahwa orang yang anti filsafat sebenarnya juga sedang berfilsafat.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Filsafat adalah olah pikir. Ketika seseorang mengatakan anti filsafat, itu menandakan orang tersebut telah berpikir, setidaknya berpikir apa itu filsafat. Orang tersebut kemudian melakukan olah pikir mengenai lawan dari sifat-sifat filsafat, yang mana di sebut antifilsafat. Ini berarti antifilsafat juga merupakan olah pikir itu sendiri, sehingga anti filsafat adalah suatu bentuk filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Berfilsafat itu artinya berpikir sesuai dengan yang ada dan yang mungkin ada sesuai dengan ruang dan waktunya, karena berfilsafat itu pada hakikatnya adalah mengada. Segalanya yang ada dan yang mungkin ada itu bisa dipikirkan, dengan berpikir menandakan bahwa kita itu ada. Setiap orang pasti selalu berpikir setiap waktunya selama masih hidup, bahkan ketika tidak tahu pasti apa yang dipikirkannya saja itu sudah disebut dengan berpikir.

    ReplyDelete
  8. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Karya Etienne Balibar dengan judul “Anti Filsafat, Metode Pemikiran Marx” merupakan suatu problematisasi terhadap filsafat yang menjadi sebuah fakultas atas kebenaran dianggap sebagai sesuatu yang menghalangi untuk menemukan kebenaran itu sendiri. menggunakan kerangka pemikiran diamat serta histomat, Etienne Balibar melakukan sebuah pelampauan terhadap kegiatan filsafat yang jauh dari realitas kehidupan manusia masyarakat.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  9. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Etienne Balibar melakukan sebuah pelampauan terhadap kegiatan filsafat yang jauh dari realitas kehidupan manusia masyarakat. sebagaimana materialisme dialektis merupakan senjata dari kaum pekerja yang kemudian digunakan untuk melihat proses penindasan yang dilakukan oleh sistem kapitalisme di dalam aktivitas kerja-kerja produksi. Sementara materialisme historis sebagai sebuah penjelasan terkait dengan proses sejarah yang berlangsung dari masa lampau, masa kini, hingga masa depan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  10. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Filsafat adalah bagaimana kita mempelajari apa yang ada dan mungkin ada, melalui proses olah pikir. Dimana anti filsafat menurut pemahaman saya adalah bagaimana paham yang berlawanan dengan filsafat, namun apa yang dikaji dalam anti filsafat merupakan objek filsafat pula, oleh karena itu anti filsafat adalah filsafat.

    ReplyDelete
  11. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sama halnya dengan suatu pertanyaan yang membutuhkan jawaban, yang kemudian tidak dapat dijawab. Tidak dapat dijawab pun itu adalah jawabannya, begitupun dengan anti filsafat, anti filsafat pun sama saja dengan flsafat. Ketika seseorang mengatakan bahwa dirrinya anti filsafat, itu tandanya dia telah mengenal filsafat hanya saja pengethuan tentang filsafatnya belum banyak dan luas, sehingga dia menjatuhkan sifat bahwa cakupan filsafat hanyalah itu-itu saja, padahal jika dia sadari hal sekecil apapun yang dia lakukan dalam hidupnya, ia telah berfilsafat. Pada saat ia memilih mengucapkan anti filsafat saja artinya dia telah berfilsafat dengan mereduksi dari sekian banyak yang ia pikrkan, ia mengatakan hal tersebut.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Kata anti dapat diartikan sebagai melawan, menentang, memusuhi, dan semuanya merujuk pada sebuah kontradiksi. Bila kita bisa membuat suatu pernyataan anti filsafat, berarti kita sudah melakukan sintesis atas filsafat itu sendiri, kita sudah memikirkan tentang ilmu tersebut. Ketika kita memikirkan tentang ilmu tersebut sama hal nya dengan kita berfilsafat. Karena pada dasarnya filsafat merupakan olah pikir tentang diri sendiri. Maka inilah yang dikatakan anti filsafat itu ternyata adalah filsafat juga.

    ReplyDelete
  13. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setiap orang akan memiliki pandangan yang beragam tentang suatu hal termasuk memiliki pendapat yang berbeda tentang apa dan bagaimana itu filsafat. Ketika menyinggung tentang filsafat, orang yang kurang setuju maka akan mengatakan bahwa dirinya anti dengan filsfat dan mengutarakan berbagai macam alasan tentang filsafat, yang tanpa dia sadari sesungguhnya pada saat itulah dirinya sedang berfilsafat. Filsafat sesungguhnya merupakan kehidupan itu sendiri, dan filsafat ada dalam setiap diri manusia.

    ReplyDelete
  14. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Saya merasa bahwa, orang yang anti filsafat adalah orang yang anti pada kehidupan, anti pada kebijaksanaan, dan anti pada kebaikan dan pengetahuan. Mereka adalah para fatalis yang tidak menghendaki untuk hidup yang berguna bagi sesama. Bagi mereka, yang ada hanya ironi belaka, karena toh nantinya kita semua akan mati. Semoga kita dijauhkan dari pola fikir yang fatalis. Aamiin!!

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Bagaimana seseorang yang anti filsafat adalah filsafat juga. Saya memberikan contoh yang seperti ini misalnya seseorang yang tidak menyukai filsafat dan beranggapan bahwa filsafat adalah paham sesat maka sebenarnya seseorang tersebut juga dikatakan berfilsafat sebab ia terjebak dalam mitos yang ia ciptakan sendiri, dalam filsafat salah satu contoh orang yang terjebak filsafat adalah yang terjebak dalam mitos. Mitos adalah yang sudah merasa tau, merasa paham, merasa benar, merasa mengerti dan menetap dalam suatu zona nyaman (berhenti berfikir).

    ReplyDelete
  17. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Filsafat merupakan olah pikir yang reflektif. Memiliki anyak sekali manfaat bagi manusia untuk meningkatkan kualitas hidup dan rasa syukur. Namun ada juga anti filsafat. Namun bukan filsafat jika tak mampu memfilsafatkan anti filsafat. Anti filsafat juga merupakan anti filsafat. Antifilsafat ini diungkapkan oleh August Comte dengan paham alirannya positivism. Untuk menjadi anti filsafat maka berarti juga melakukan olah pikir yang kontradiktif dengan filsafat sehingga mau tidak mau anti filsafat juga merupakan filsafat.

    ReplyDelete
  18. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Anti filsafat adalah filsafat, karena anti filsafat dapat memperoleh kesimpulannya setelah ia berfilsafat. Seseorang yang menamakan dirinya anti filsafat secara tidak langsung ikut menamakan dirinya sebagai orang yang berfilsafat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa filsafat adalah olah pikir, tentang bagaimana seseorang mengabstraksi segala sesuatu. Filsafat meliputi segala yang ada dan yang mungkin ada. Hal yang mungkin ada tersebut meliputi anti filsafat juga. Sehingga, memang benar bahwa anti filsafat itu adalah filsafat juga.

    ReplyDelete
  19. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Hidup adalah mencoba memahami yang ada dan mungkin ada. Proses memahami memang tidaklah mudah, dalam perjalanannya banyak ditemukan kontradiksi yang mengakibatkan seseorag harus belajar dan berusaha menemukan kebenaran. Filsafat merupakan olah pikir, dimana filsafat selalu ada di dalam pikiran setiap manusia. Ketika berfikir, maka hal-hal yang mungkin ada dapat direalisasikan menjadi hal-hal yang ada melalui proses mengada.

    ReplyDelete