Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Anti Filsafat itu ternyata adalah Filsafat juga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

6 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Berbicara mengenai anti filsafat berarti filsafat, jika kita kaitkan dengan tesis juga yang berarti antitesis. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan haruslah berdasarkan tesis dan antitesis, namun jika salah satunya belum terpenuhi maka belum sempurna. Dengan begitu benar bahwa anti filsafat merupakan filsafat, Karena pemikiran yang anti filsafat asalnya ialah dari filsafat. Dimana bahwa sesuatu yang ada dan mungkin ada ialah objek filsafat dan anti filsafat.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Anti filsafat adalah filsafat itu sendiri. Sebagaimana yang pernah Prof sampaikan yaitu filsafat itu dirimu sendiri, maka antitesis dari dirimu adalah bukan dirimu, padahal bukan dirimu adalah bagian dari dirimu, maka bukan dirimu merupakan filsafat.
    Berbicara mengenai anti filsafat, mungkin jika saya umpamakan seperti anti fans dari artis A. Sebelum seseorang memutuskan untuk menjadi anti fans, ia telah mengenal lebih dalam dan menemukan sesuatu yang tidak ia sukai dari artis A, sehingga berdasarkan hal tersebut, ia memutuskan untuk menjadi anti fans. Tapi sebelum menjadi anti fans, ia telah mengenal lebih dalam artis A, berarti ia juga merupakan fans. Begitu juga dengan anti filsafat. Seseorang yang anti filsafat, tidak mungkin tanpa sebab apapun langsung menyatakan anti filsafat. Ia pasti telah memahami filsafat itu sendiri. Berfilsafat berarti berpikir intensif dan ekstensif, mungkin ia menemukan sesuatu tentang filsafat yang tidak sesuai dengan pemikirannya sehingga ia memutuskan untuk anti filsafat.
    Jadi dapat disimpulkan anti filsafat adalah filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita telah mengenal kata Thesis dan Antithesis, bahwa antitheses kontradiksi dengan thesis. Dari itu kita ketahui bahwa antithesis adalah bagian dari thesis. Dan dapat dikatakan sebenarnya antithesis merupakan thesis itu sendiri. Begitu pun dengan diriku. Sedangkan filsafat adalah diriku. Antithesis dari diriku adalah bukan diriku. Padahal bukan diriku merupakan bagian dari diriku. Maka sesungguhnya anti diriku adalah diriku sendiri. Kita dapat menggunakan aturan ini ke dalam filsafat bahwa ternyata anti filsafat adalah filsafat sendiri.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hidup adalah berusaha memahami yang ada dan mungkin ada. Proses untuk memahami ini bukan hal yang mudah, ada banyak kontradiksi yang mengakibatkan seserang harus belajar dan berusaha menemukan kebenaran. Filsafat merupakan olah pikir, dimana filsafat selalu ada didalam pikiran tiap manusia. Ketika berpikir maka ada hal-hal yang mungkin dpt direalisasikan menjadi hal-hal yang ada melalui proses mengada

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Anti filsafat adalah filsafat juga? Sekilas ini adalah suatu kontradikisi. Seperti kata anti yang digunakan, kata anti menggambarkan sebagai lawan kata. Kemudian saya menemukan blog yang membahas tentang tulisan karya Etienne Balibar dengan judul “Anti Filsafat, Metode Pemikiran Marx”. Etienne Balibar, dalam karyanya tersebut mendudukan pemikiran Marx yang secara signifikan serta konprehensif berdasarkan metode yang digunakan Marx dalam melihat situasi perkembangan masyarakat. Padahal kita tahu bahwa filsafat itu olah pikir. Apa yang dilakukan Marx ini juga sedang berpikir, walaupun ia mengatakan anti filsafat, tanpa disadari ia juga sedang berfilsafat.

    Sumber: http://dhedemahardhika.blogspot.co.id/2013/09/filsafat-batas-filsafat-karl-marx.html

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Filsafat merupakan olah pikir yang reflektif. Memiliki anyak sekali manfaat bagi manusia untuk meningkatkan kualitas hidup dan rasa syukur. Namun ada juga anti filsafat. Namun bukan filsafat jika tak mampu memfilsafatkan anti filsafat. Anti filsafat juga merupakan anti filsafat. Antifilsafat ini diungkapkan oleh August Comte dengan paham alirannya positivism. Untuk menjadi anti filsafat maka berarti juga melakukan olah pikir yang kontradiktif dengan filsafat sehingga mau tidak mau anti filsafat juga merupakan filsafat.

    ReplyDelete