Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ternyata Anti Filsafat itu ternyata adalah Filsafat juga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

17 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Berbicara mengenai anti filsafat berarti filsafat, jika kita kaitkan dengan tesis juga yang berarti antitesis. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan haruslah berdasarkan tesis dan antitesis, namun jika salah satunya belum terpenuhi maka belum sempurna. Dengan begitu benar bahwa anti filsafat merupakan filsafat, Karena pemikiran yang anti filsafat asalnya ialah dari filsafat. Dimana bahwa sesuatu yang ada dan mungkin ada ialah objek filsafat dan anti filsafat.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Anti filsafat adalah filsafat itu sendiri. Sebagaimana yang pernah Prof sampaikan yaitu filsafat itu dirimu sendiri, maka antitesis dari dirimu adalah bukan dirimu, padahal bukan dirimu adalah bagian dari dirimu, maka bukan dirimu merupakan filsafat.
    Berbicara mengenai anti filsafat, mungkin jika saya umpamakan seperti anti fans dari artis A. Sebelum seseorang memutuskan untuk menjadi anti fans, ia telah mengenal lebih dalam dan menemukan sesuatu yang tidak ia sukai dari artis A, sehingga berdasarkan hal tersebut, ia memutuskan untuk menjadi anti fans. Tapi sebelum menjadi anti fans, ia telah mengenal lebih dalam artis A, berarti ia juga merupakan fans. Begitu juga dengan anti filsafat. Seseorang yang anti filsafat, tidak mungkin tanpa sebab apapun langsung menyatakan anti filsafat. Ia pasti telah memahami filsafat itu sendiri. Berfilsafat berarti berpikir intensif dan ekstensif, mungkin ia menemukan sesuatu tentang filsafat yang tidak sesuai dengan pemikirannya sehingga ia memutuskan untuk anti filsafat.
    Jadi dapat disimpulkan anti filsafat adalah filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kita telah mengenal kata Thesis dan Antithesis, bahwa antitheses kontradiksi dengan thesis. Dari itu kita ketahui bahwa antithesis adalah bagian dari thesis. Dan dapat dikatakan sebenarnya antithesis merupakan thesis itu sendiri. Begitu pun dengan diriku. Sedangkan filsafat adalah diriku. Antithesis dari diriku adalah bukan diriku. Padahal bukan diriku merupakan bagian dari diriku. Maka sesungguhnya anti diriku adalah diriku sendiri. Kita dapat menggunakan aturan ini ke dalam filsafat bahwa ternyata anti filsafat adalah filsafat sendiri.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hidup adalah berusaha memahami yang ada dan mungkin ada. Proses untuk memahami ini bukan hal yang mudah, ada banyak kontradiksi yang mengakibatkan seserang harus belajar dan berusaha menemukan kebenaran. Filsafat merupakan olah pikir, dimana filsafat selalu ada didalam pikiran tiap manusia. Ketika berpikir maka ada hal-hal yang mungkin dpt direalisasikan menjadi hal-hal yang ada melalui proses mengada

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Anti filsafat adalah filsafat juga? Sekilas ini adalah suatu kontradikisi. Seperti kata anti yang digunakan, kata anti menggambarkan sebagai lawan kata. Kemudian saya menemukan blog yang membahas tentang tulisan karya Etienne Balibar dengan judul “Anti Filsafat, Metode Pemikiran Marx”. Etienne Balibar, dalam karyanya tersebut mendudukan pemikiran Marx yang secara signifikan serta konprehensif berdasarkan metode yang digunakan Marx dalam melihat situasi perkembangan masyarakat. Padahal kita tahu bahwa filsafat itu olah pikir. Apa yang dilakukan Marx ini juga sedang berpikir, walaupun ia mengatakan anti filsafat, tanpa disadari ia juga sedang berfilsafat.

    Sumber: http://dhedemahardhika.blogspot.co.id/2013/09/filsafat-batas-filsafat-karl-marx.html

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Filsafat merupakan olah pikir yang reflektif. Memiliki anyak sekali manfaat bagi manusia untuk meningkatkan kualitas hidup dan rasa syukur. Namun ada juga anti filsafat. Namun bukan filsafat jika tak mampu memfilsafatkan anti filsafat. Anti filsafat juga merupakan anti filsafat. Antifilsafat ini diungkapkan oleh August Comte dengan paham alirannya positivism. Untuk menjadi anti filsafat maka berarti juga melakukan olah pikir yang kontradiktif dengan filsafat sehingga mau tidak mau anti filsafat juga merupakan filsafat.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Filsafat adalah salah satunya proses berpikir yang logis. Anti dalam hal apapun berarti tidak menyukai hal tersebut atau bisa jadi mempunyai arti mengingkari akan hal tersebut. Untuk mengingkari suatu hal, maka secara tidak sadar tidak juga yakin akan keberadaan hal tersebut. MIsalnya ateis atau anti Tuhan, ia tidak mengakui keberadaan Tuhan tetapi secara tidak sadar untuk mengingkarinya terlebih dahulu telah bergejolak dalam pikirannya akan eksistensi keberadaan Tuhan. Begitupun dengan anti filsafat, pada sesungguhnya bahwa untuk menyanggah atau tidak mengakui akan filsafat, maka secara tidak langsung ia menggunakan pemikirannya untuk mengeluarkan statement-statement. Kembali ke pengertian filsafat bahwa filsafat itu adalah olah pikir, maka anti filsafat sebenarnya juga adalah filsafat.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Anti filsafat dapat dianalogikan dengan orang yang tersesatdi tengah hutan dan ia dapat tersesat karena melalui banyak jalur salah satunya melalui filsafat. Kenapa ia bisa tersesat ? karena ia membatasi pikirannya pada satu hal padahal kita tahu seorang filsuf adalah seseorang yang selalu berpikir bebas sebebas-bebasnya.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam filsafat kita mengenal tesis dan anti-tesis dimana kedua hal tersebut memiliki hubungan. Dan sebenar-benar anti tesis adalah juga tesis. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa anti filsafat tersebut merupakan anti-tesis dari tesis filsafat itu sendiri. Oleh karena itu, anti filsafat merupakan bagian dari filsafat juga. Dengan kata lain, pemikiran tentang anti filsafat merupakan pemikiran yang mempunyai arah tentang hubungannya dengan filsafat. Sehingga anti filsafat ternyata filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  10. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Tidak mudah memang belajar tentang filsafat. Banyak orang yang enggan dalam belajar filsafat. Orang tersebut berfikiran tenatng tidak mau bealajar filsafat. Padahal kita mengetahui bahwa berfilsafat adalah sebuah pemikiran jadi orang yang tidak mau atau berpikiran enggan belajar filsafat adalah orang yang belajar filsafat juga.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Filsafat adalah olah pikir. Ketika seseorang mengatakan anti filsafat, itu menandakan orang tersebut telah berpikir, setidaknya berpikir apa itu filsafat. Orang tersebut kemudian melakukan olah pikir mengenai lawan dari sifat-sifat filsafat, yang mana di sebut antifilsafat. Ini berarti antifilsafat juga merupakan olah pikir itu sendiri, sehingga anti filsafat adalah suatu bentuk filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Filsafat maupun anti filsafat sama-sama ada karena pemikiran seseorang akan sesuatu hal. Filsafat ada karena pemikiran akan segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Anti filsafat juga ada karena pemikiran yang kontradiksi akan keberadaan filsafat. Sama halnya dengan filsafat, anti filsafat pun adalah pemikiran tentang filsafat yang ada dan yang mungkin ada. Jadi, dapat disimpulkan bahwa anti filsafat juga merupakan filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Filsafat merupakan kegiatan olah pikir, dengan kata lain, berfilsafat berarti menggunakan akal. Anti filsafat berarti menggunakan akal. Padahal, semua yang ada di dunia ini dapat di mengerti menggunakan akal. ajaran anti filsafat seringnya mengatakan bahwa “kita berusaha, biar Tuhan yang menentukan” dengan kata lain, anti filsafat juga telah menggunakan akal untuk merefleksikan diri hingga sampai pada kesimpulan bahwa segala sesuatu ditentukan oleh Tuhan, terlepas dari apa yang kita usahakan. Dengan demikian, anti filsafat juga merupakan filsafat.

    ReplyDelete
  14. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Manusia yang sudah bilang bahwa dia anti filsafat tentunya akan susah belajar filsafat. karena belajar filsafat memang butuh keikhlasan. mereka mengatakan anti filsafat, tetapi asal mereka ketahui saja bahwa pikiran mereka adalah filsafat. jadi tidak ada yang bisa anti dengan filsafat.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Kata anti dapat diartikan sebagai melawan, menentang, memusuhi, dan semuanya merujuk pada sebuah kontradiksi. Sebenarnya saya kurang memahami apa yang dimasud dengan anti filsafat secara filsafati. Saya dulu menganggap bahwa diri saya adalah anti filsafat. Hal itu dikarenakan saya belum mengetahui kajian yang sesbenarnya tentang filsafat. Karena saya menganggap bahwa filsafat itu berbahaya. Sebenarnya pemikiran saya tersebut tidak bijaksana. Karena menjudge sesuatu padahal belum tau apa yang sebenarnya dijudge tersebut. akan tetapi setelah mempelajari tentang filsafat, saya menjadi menyukainya. Dan saya bukan orang yang anti filsafat. Tidak ada alasan untuk menjadi anti filsafat, karena filsafat adalah diriku. Jika kita tidak mempelajarinya, berarti kita tidak akan mampu mengenal diri sendiri. Di samping itu bila kita bisa membuat suatu pernyataan anti filsafat, berarti kita sudah melakukan sintesis atas filsafat itu sendiri, kita sudah memikirkan tentang ilmu tersebut. Ketika kita memikirkan tentang ilmu tersebut sama hal nya dengan kita berfilsafat. Karena pada dasarnya filsafat merupakan olah pikir tentang diri sendiri. Maka inilah yang dikatakan anti filsafat itu ternyata adalah filsafat juga.

    ReplyDelete
  16. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Filsafat adalah dirimu sendiri. Ungkapan ini menggambarkan bahwa filsafat menentukan jati diri seseorang dan bagaimana pandangannya dalam menjalani hidup. Ketika seseorang anti terhadap filsafat, artinya menolak adanya filsafat dan segala pemikiran para filsuf, maka dia tidak mau mengenal dirinya sendiri. Oleh karenanya, seorang anti filsafat tidak akan mampu memaknai hidup. Karena dengan tidak adanya filsafat dalam hidupnya, dia tidak akan bisa memaknai ontologi hidup, yaitu apa hakekat dari kehidupannya, dia tidak bisa memaknai epistemologi hidup, yaitu bagaimana dia menjalankan kehidupannya, serta dia tdiak akan mampu memaknai aksiologi hidup, yaitu tujuan untuk apa dia hidup. Bergantung dari sudut pandang manusia, maka dia akan memilih menjadi seorang yang berfilsafat ataukah anti filsafat.

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat mempertanyakan dan merefleksikan realitas termasuk kesadaran manusia sendiri yang merefleksikan realitas tersebut. Dan ketika orang menjadi anti filsafat karena merasa bahwa filsafat belum atau tidak sesuai dengan apa yang mampu dipikirkannya maka sesungguhnya orang tersebut sedang berfilsafat, disaat ia berpikir dan mengolah pikirannya maka sesungguhnya ia sedang berfilsafat karena sesungguhnya filsafat adalah olah pikir yang mencakup segala yang ada dan yang mungkin ada. Orang yang mengaku anti filsafat berarti sebenarnya dia telah mendalami filsafat itu sendiri, bahkan lebih dari pemahaman seorang filsuf. Dia juga sudah terlibat dalam pemikiran yang mendalam terhadap filsafat, dan dari penikiran yang intensif dan ekstensif itulah dia memutuskan bahwa dirinya anti filsafat.

    ReplyDelete