Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 40: Reduksi




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu adalah Reduksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Dalam kehidupan tentunya orang- orang akan berlomba dalam hal kebaikan. Caranya jika kita ingin mempunyai akhlakul karimah tentunya kita harus mreduksi diri untuk meninggalkan keduniaan yang bersifat mewah dan intopeksi diri apa yang perlu dihilangkan dan apa yang perlu ditingkatkan. Reduksi sebagai pengurangan, maka setiap manusia harus mengurangkan sifat buruk yang memilikinya. Sehingga hidupku adalah reduksi. Namun sulit sekali untuk mereduksi secara instant, semua butuh proses. Berjuanglah!

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebenar-benar reduksi adalah metode berpikir. Reduksi juga dapat diartikan sebagai penyerderhanaan dalam berpikir. Karena keterbatasan dan ketidaksempurnaan manusia, maka ia hanya mampu memikirkan sebagian saja dari yang ada dan yang mungkin ada. Oleh karena itu, manusia dibekali dengan metode berpikir reduksi yang diperuntukkan dalam menjalani hidup ini. Metode berpikir reduksi ini sangat membantu kita agar bertindak sesuai dengan ruang, waktu, dan peruntukkannya. Jadi, aku menemukan bahwa hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Reduksi merupakan salah satu metode berfikir berupa penyederhanaan tentang objek pikir. Manusia memiliki keterbatasan yaitu tidak mampu memikirkan segala sesuatunya secara keseluruhan. Ada yang tidak mampu kita pikirkan dan hanya Allah lah yang mengetahui hal itu. Seperti awal waktu perputaran jam seperti yang dijelaskan Prof pada perkuliahan tadi.Kita juga terbatas sesuai dengan tujuan yang kita rencanakan dan inginkan. Reduksi juga berarti menghilangkan sebagian. Maka dalam hidup tentunya setiap orang telah mereduksi. Seperti menghilangkan kenangan yang menurut kita menyakitkan. Maka benar bahwa hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Reduksi adalah penyederhanaan dalam berpikir. Manusia dibekali kemampuan dalam berpikir tentang apa yang ada. Manusia tidak serta memikirkan secara bersamaan semua yang ada. Maka adanya reduksi manusia menggunakan pikirannya sesuai dengan ruang dan waktu. Kesederhanaan pikiran dalam hidup adalah memikirkan apa yang ada didepannya saat ini, maka disitulah reduksi ada.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hidupku itu adalah reduksi. Hal berkaitan dengan keterbatasan kita sebagai manusia. Sebagai contoh, pandangan kita sangat terbatas, kita tidak bisa melihat benda-benda di balik dinding, kita tidak bisa melihat sesuatu dibelakang kepala kita tanpa menoleh, dsb. Pendengaran kita juga terbatas, hanya bisa mendengar suara-suara dengan volum tertentu saja, kita juga tidak bisa mendengar suara yang sumber bunyinya sangat jauh. Ya itulah manusia dengan segala keterbatasannya Karena sesungguhnya manusia diciptakan sempurna dalam ketidaksempurnaan sekaligus tidak sempurna dalam kesempurnaan.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Reduksi itu sendiri merupakan suatu pengurangan. Kaitannya dalam proses hiidup, jika saya boleh menganalisis. Maka suatu proses kehidupan mengalami suatu keadaan dimana kita merasa tinggi dan dimana kita merasa dibawah. Ada pengalaman baik dan juga ada pengalaman buruk. Suatu pengalaman yang baik tentu akan membawa dampak baik pula dalam kehidupan, namun bukan berarti pengalaman buruk membawa dampak buruk bagi kehidupan. Disinilah diperlukannya suatu reduksi, dimana pengalaman buruk itu dijadikan pembelajaran yang berharga untuk tidak mengulanginya lagi, lupakan dan ambil hikmah dari semua yang terjadi untuk menuju proses perbaikan hidup kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Terdapat banyak sekali hal-hal yang terjadi dalam hidup seseorang yang mengalami reduksi. Dari hari ke hari, pertambahan usia seseorang pada hakekatnya adalah suatu pemotongan kouta hidup seseorang di dunia ini untuk menuju ke kehidupan yang lebih kekal. Maka dari, seseorang mestinya sadar untuk melakukan reduksi terhadap tingkah laku atau perbuatan-perbuatannya yang negatif dengan menggantinya oleh perbuatan-perbuatan yang baik yang sejalan dengan koridor agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat sehinggga kehidupan kita dapat menjadi lebih baik dan tercipta suasana kemasyarakatan yang aman, tenteram, dan damai.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidupku saat ini adalah hasil reduksi pilihan-pilihan hidup yang telah datang padaku. Dalam usaha mereduksi pilihan-pilihan yang ada dalam hidup, kita perlu “memainkan” intuisi. Yang dimaksud reduksi dalam hal ini merupakan penundaan segala pengetahuan yang ada tentang objek sebelum pengamatan intuisi dilakukan.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hidup kita adalah reduksi. Manusia diciptakan dengan segala keterbatasannya. Sehingga tidak mungkin semua yang diinginkan akan terlaksana. Perlu adaya reduksi. Dalam memilih dan mengambil keputusan kita harus selekif dan penuh pertimbangan. Dari proses pemilihan dan pengambilan keputusan itu artinya kita telah membuat reduksi dari berbagai pilihan yang ada dalam hidup kita.

    ReplyDelete
  10. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam pembelajaran, kita hanya mempelajari sebagian kecil saja sifat dari sebuah beda atau suatu hal. Pendekatan pembelajaran juga seperti itu, kita hanya bisa melakukan pendekatan dari kiri, kanan, tengah, muka, belakang, satu sisi pada suatu waktu. Pikiran manusia terbatas, karena itu dalam mempelajari sesuatu hanya mengambil sebagian kecil dari sifat yang tak terbatas itu. demikian juga dalam kehidupan, kita mengenal orang mungkin dari wajahnya, dari bajunya dari senyumannya dari kebaikannya atau kejahatannya. Hanya sedikit yang bisa menggambarkan seseorang dengan lengkap. Itulah mengapa hidup kita merupakan reduksi.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Begitu banyak kebutuhan yang ingin kita penuhi dalam keseharian hidup. Begitu banyak keinginan untuk melakukan ini dan itu dalam hidup. Begitu banyak hal yang ada dalam pikiran kita masing-masing. Tak bisa dibayangkan jika segala hal yang banyaknya tak terhingga tersebut semuanya harus dipenuhi manusia. Mungkin manusia takkan lelah berusaha bahkan tak pernah beristirahat. Sangat patut kita syukuri karena kita masih bisa memenuhi sebagian dulu dari kebutuhan kita, kita dapat memenuhi sebagian keinginan kita, kita bisa memikirkan sebagian dari apa yang dipikirkan dan melakukan sebagian dari apa yang kita pikirkan tersebut. Upaya kita untuk melakukan sebagian dari semua yang ada dikarenakan hidup kita adalah reduksi. Hal ini bertujuan agar kita akan terus memanfatkan kesempatan yang ada dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Tanpa kita sadari, setiap saat dan setiap waktu, kita terus melakukan reduksi. Reduksi dialkukan karena pikiran kita terbatas. Reduksi akan memperumudah kita untuk berfokus pada suatu objek tertentu. Namun, dalam melakukan reduksi, kita tidak boleh menghilangkan sifat-sifat aslinya. Salah satu contoh reduksi yang kita lakukan, adalah sebagai berikut: ketika memikirkan baju, sebagian besar orang tidak memikirkan kainnya terbuat dari apa, siapa yang membuatnya, dan bagaimana membuatnya, yang dipirkan adalah cocok tidaknya baju tersebut untuk dipakai. Saat kita berkata, menulis, dan berpikirpun, kita selalu melakukan reduksi. Sehingga hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Reduksi sering diartikan dengan mengurangi. Mereduksi yang dimaksud ada dua kemungkinan. Pertama dengan cara benar-benar mengurangi. Misalkan terdapat 10 aksioma, kemudian kita mengurangi satu aksioma menjadi suatu teori baru dengan 9 aksioma. Kedua, mereduksi dengan cara menggabungkan. Misalnya terdapat 10 aksioma tadi. Kemudian aksioma satu dan dua kita jadikan satu sehingga tersisalah 9 aksioma yang sebenarnya maknanya sama.

    ReplyDelete
  14. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas c 2016

    Manusia dikaruniai kemampuan oleh SWT berupa kemampuan reduksi karena keterbatasan pikiran manusia. Pengetahuan yang diperoleh manusia juga merupakan hasil dari reduksi. Manusia hanya akan memikirkan apa yang dia butuhkan. Kemudian, dalam ilmu matematika juga ada istilah reduksi. Salah satu contohnya yaitu munculnya geometri non-Euclid yang merupakan hasil dari reduksi aksioma kelima Euclid. Masih banyak contoh lain yang menunjukkan bahwa sesungguhnya kehidupan manusia ini adalah proses reduksi.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dalam praktek hidup sehari-hari,kita tidak memperhatikan penampakan itu. Apa yang kita lihat secara spontan sudah cukup meyakinkan kita bahwa obyek yang kita lihat adalah riil atau nyata. Kita telah meyakini sebagai realitas di luar kita. Akan tetapi, karena yang di tuju oleh fenomenologi adalah realitas dalam arti yang ada di luar dirinya dan ini hanya dapat di capai dengan”mengalami“ secara intuitif, maka apa yang kita anggap sebagai realitas dalam pandangan biasa itu untuk sementara harus ditinggalkan atau di buat dalam kurung. Segala subjektivitas di singkirkan. Termasuk di dalam hal ini teori-teori, kebiasaan-kebiasaan dan pandangan-pandangan yang telah membentuk pikiran kita memandang sesuatu (fenomena) sehingga yang timbul di dalam kesadaran adalah fenomena itu sendiri. Karena itulah reduksi ini di sebut fenomenologis. Reduksi pertama ini merupakan “pembersihan diri” dari segala subjektifitas yang dapat mengganggu perjalanan mencapai realitas itu.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hakikat (realitas) yang dicari dalam hal ini adalah struktur dasar yang meliputi isi fundamental dan semua sifat hakiki. Untuk menentukan sifat-sifat tertentu adalah hakikat atau bukan, Husserl memakai prosedur mengubah contoh-contoh. Ia menggambarkan contoh-contoh tertentu yang representstif melukiskan fenomena. Kemudian di kurangi atau di tambah salah satu sifat. Pengurangan atau penambahan yang tidak mengurangi atau menambah makna fenomena dianggap sebagai sifat-sifat yang hakiki. Reduksi ini menunjukan bahwa dalam fenomenologi kriteria kohesi berlaku. Artinya, pengamatan-pengamatan yang beruntun terhadap objek harus dapat di satukan dalam suatu horizon yang konsisten. Setiap pengamatan memberi harapan akan tindakan-tindakan yang sesuai dengan yang pertama atau yang selanjutnya.

    ReplyDelete