Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 40: Reduksi




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu adalah Reduksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

30 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Reduksi itu sendiri merupakan suatu pengurangan. Kaitannya dalam proses hiidup, jika saya boleh menganalisis. Maka suatu proses kehidupan mengalami suatu keadaan dimana kita merasa tinggi dan dimana kita merasa dibawah. Ada pengalaman baik dan juga ada pengalaman buruk. Suatu pengalaman yang baik tentu akan membawa dampak baik pula dalam kehidupan, namun bukan berarti pengalaman buruk membawa dampak buruk bagi kehidupan. Disinilah diperlukannya suatu reduksi, dimana pengalaman buruk itu dijadikan pembelajaran yang berharga untuk tidak mengulanginya lagi, lupakan dan ambil hikmah dari semua yang terjadi untuk menuju proses perbaikan hidup kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Terdapat banyak sekali hal-hal yang terjadi dalam hidup seseorang yang mengalami reduksi. Dari hari ke hari, pertambahan usia seseorang pada hakekatnya adalah suatu pemotongan kouta hidup seseorang di dunia ini untuk menuju ke kehidupan yang lebih kekal. Maka dari, seseorang mestinya sadar untuk melakukan reduksi terhadap tingkah laku atau perbuatan-perbuatannya yang negatif dengan menggantinya oleh perbuatan-perbuatan yang baik yang sejalan dengan koridor agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat sehinggga kehidupan kita dapat menjadi lebih baik dan tercipta suasana kemasyarakatan yang aman, tenteram, dan damai.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidupku saat ini adalah hasil reduksi pilihan-pilihan hidup yang telah datang padaku. Dalam usaha mereduksi pilihan-pilihan yang ada dalam hidup, kita perlu “memainkan” intuisi. Yang dimaksud reduksi dalam hal ini merupakan penundaan segala pengetahuan yang ada tentang objek sebelum pengamatan intuisi dilakukan.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hidup kita adalah reduksi. Manusia diciptakan dengan segala keterbatasannya. Sehingga tidak mungkin semua yang diinginkan akan terlaksana. Perlu adaya reduksi. Dalam memilih dan mengambil keputusan kita harus selekif dan penuh pertimbangan. Dari proses pemilihan dan pengambilan keputusan itu artinya kita telah membuat reduksi dari berbagai pilihan yang ada dalam hidup kita.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam pembelajaran, kita hanya mempelajari sebagian kecil saja sifat dari sebuah beda atau suatu hal. Pendekatan pembelajaran juga seperti itu, kita hanya bisa melakukan pendekatan dari kiri, kanan, tengah, muka, belakang, satu sisi pada suatu waktu. Pikiran manusia terbatas, karena itu dalam mempelajari sesuatu hanya mengambil sebagian kecil dari sifat yang tak terbatas itu. demikian juga dalam kehidupan, kita mengenal orang mungkin dari wajahnya, dari bajunya dari senyumannya dari kebaikannya atau kejahatannya. Hanya sedikit yang bisa menggambarkan seseorang dengan lengkap. Itulah mengapa hidup kita merupakan reduksi.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Begitu banyak kebutuhan yang ingin kita penuhi dalam keseharian hidup. Begitu banyak keinginan untuk melakukan ini dan itu dalam hidup. Begitu banyak hal yang ada dalam pikiran kita masing-masing. Tak bisa dibayangkan jika segala hal yang banyaknya tak terhingga tersebut semuanya harus dipenuhi manusia. Mungkin manusia takkan lelah berusaha bahkan tak pernah beristirahat. Sangat patut kita syukuri karena kita masih bisa memenuhi sebagian dulu dari kebutuhan kita, kita dapat memenuhi sebagian keinginan kita, kita bisa memikirkan sebagian dari apa yang dipikirkan dan melakukan sebagian dari apa yang kita pikirkan tersebut. Upaya kita untuk melakukan sebagian dari semua yang ada dikarenakan hidup kita adalah reduksi. Hal ini bertujuan agar kita akan terus memanfatkan kesempatan yang ada dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Tanpa kita sadari, setiap saat dan setiap waktu, kita terus melakukan reduksi. Reduksi dialkukan karena pikiran kita terbatas. Reduksi akan memperumudah kita untuk berfokus pada suatu objek tertentu. Namun, dalam melakukan reduksi, kita tidak boleh menghilangkan sifat-sifat aslinya. Salah satu contoh reduksi yang kita lakukan, adalah sebagai berikut: ketika memikirkan baju, sebagian besar orang tidak memikirkan kainnya terbuat dari apa, siapa yang membuatnya, dan bagaimana membuatnya, yang dipirkan adalah cocok tidaknya baju tersebut untuk dipakai. Saat kita berkata, menulis, dan berpikirpun, kita selalu melakukan reduksi. Sehingga hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Reduksi sering diartikan dengan mengurangi. Mereduksi yang dimaksud ada dua kemungkinan. Pertama dengan cara benar-benar mengurangi. Misalkan terdapat 10 aksioma, kemudian kita mengurangi satu aksioma menjadi suatu teori baru dengan 9 aksioma. Kedua, mereduksi dengan cara menggabungkan. Misalnya terdapat 10 aksioma tadi. Kemudian aksioma satu dan dua kita jadikan satu sehingga tersisalah 9 aksioma yang sebenarnya maknanya sama.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas c 2016

    Manusia dikaruniai kemampuan oleh SWT berupa kemampuan reduksi karena keterbatasan pikiran manusia. Pengetahuan yang diperoleh manusia juga merupakan hasil dari reduksi. Manusia hanya akan memikirkan apa yang dia butuhkan. Kemudian, dalam ilmu matematika juga ada istilah reduksi. Salah satu contohnya yaitu munculnya geometri non-Euclid yang merupakan hasil dari reduksi aksioma kelima Euclid. Masih banyak contoh lain yang menunjukkan bahwa sesungguhnya kehidupan manusia ini adalah proses reduksi.

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dalam praktek hidup sehari-hari,kita tidak memperhatikan penampakan itu. Apa yang kita lihat secara spontan sudah cukup meyakinkan kita bahwa obyek yang kita lihat adalah riil atau nyata. Kita telah meyakini sebagai realitas di luar kita. Akan tetapi, karena yang di tuju oleh fenomenologi adalah realitas dalam arti yang ada di luar dirinya dan ini hanya dapat di capai dengan”mengalami“ secara intuitif, maka apa yang kita anggap sebagai realitas dalam pandangan biasa itu untuk sementara harus ditinggalkan atau di buat dalam kurung. Segala subjektivitas di singkirkan. Termasuk di dalam hal ini teori-teori, kebiasaan-kebiasaan dan pandangan-pandangan yang telah membentuk pikiran kita memandang sesuatu (fenomena) sehingga yang timbul di dalam kesadaran adalah fenomena itu sendiri. Karena itulah reduksi ini di sebut fenomenologis. Reduksi pertama ini merupakan “pembersihan diri” dari segala subjektifitas yang dapat mengganggu perjalanan mencapai realitas itu.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Hakikat (realitas) yang dicari dalam hal ini adalah struktur dasar yang meliputi isi fundamental dan semua sifat hakiki. Untuk menentukan sifat-sifat tertentu adalah hakikat atau bukan, Husserl memakai prosedur mengubah contoh-contoh. Ia menggambarkan contoh-contoh tertentu yang representstif melukiskan fenomena. Kemudian di kurangi atau di tambah salah satu sifat. Pengurangan atau penambahan yang tidak mengurangi atau menambah makna fenomena dianggap sebagai sifat-sifat yang hakiki. Reduksi ini menunjukan bahwa dalam fenomenologi kriteria kohesi berlaku. Artinya, pengamatan-pengamatan yang beruntun terhadap objek harus dapat di satukan dalam suatu horizon yang konsisten. Setiap pengamatan memberi harapan akan tindakan-tindakan yang sesuai dengan yang pertama atau yang selanjutnya.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Reduksionism dalam setiap langkahnya mengandung eliminasi sifat-sifat yang tereduksi. Di dalam reduksi terkandung abstrasi yaitu suatu metode berpikir yang sangat tajam tetapi sekaligus sangat berbahaya. Tidak ada aspek hidup ini yang terbebas dari reduksi dan abstasi. Dengan kata lain hidup ini adalah reduksi dan abstrasi.
    Tetapi reduksi juga dapat menjadi bahaya jika dilakukan dalam proses belajar filsafat. Filsafat itu ilmu yan tidak bisa dipelajari secara instan. Juga tidak tepat apabila dijawab hanya dengan simbolisasi saja. Jika pertanyaan filsafat benar-benar butuh dijawab maka jawabannya tak akan habis sampai pergantian masa jabatan presiden. Memberikan penjelasan filsafat secara singkat itu berbahaya karea yang demikian itu berarti telah melakukan reduksi yang luar biasa. Maka sebenar-benar jawaban dari pertanyaan filsafat itu membutuhan penjelasan. Akan sangat berbahaya jika belajar filsafat dengan cara mereduksi penjelasan-penjelasannya.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    “Hidupku itu adalah reduksi”. Bagaimana tidak? Kita menyadari hidup kita seseungguhnya adalah penuh dengan keterbatasan. Sedangkan hal-hal yang ada pada hidup kita adalah “yang ada” dan “yang mungkin ada”, “fisik” dan “metafisik”. Sangat mustahil jika kita akan memiliki kemampuan menggapai segalanya. Oleh karena itu, apa yang kita pikirkan saat ini adalah hasil reduksi yang dilakukan oleh pikiran kita. Sejauh apapun kita mencoba berpikir “yang ada” dan “yang mungkin ada”, sungguh, tidak akan mampu kita mengejarnya.

    ReplyDelete
  14. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Reduksi tidak akan terlepas dari kehidupan manusia. Manusia dipilih oleh Allah dan manusia diberikan pilihan oleh Allah untuk memilih jalan hidup masing-masing. Di dalam memilih jalan hidup manusia menyingkirkan hal yang tidak dipilih sehingga manusia melakukan reduksi. Reduksi tidak berarti selalu merugikan karena dengan reduksi kita bisa berdiskusi tentang suatu topik tertentu dengan mengabaikan sejenak tentang hal yang tidak relevan dengan topik diskusi. Namun, harus berhati-hati dalam melakukan reduksi agar tidak menghilangkan sifat dari semua yang ada dan yang mungkin ada. Untuk melakukan reduksi harus sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  15. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Reduksi selalu ada dalam kehidupan manusia. Manusia secara tanpa sadar telah dan sering mereduksi sesuatu. Reduksi menurut KBBI yaitu pengurangan. Menurut filsafat reduksi adalah sesuatu proses ada yang dihilangkan, atau dikurangkan. Misal dalam banyak pilihan, seseorang akan hanya memilih 1 pilihan, berarti pilihan yang lain telah direduksinya. Namun dalam mereduksi sesuatu kita harus hati hati, ketika kita salah untuk mereduksi maka hasilnya akan fatal.

    ReplyDelete
  16. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Kehidupan manusia sungguh mencakup terlalu banyak hal untuk dipahami. Tak semua hal dapat ditangkap mata, telinga dan semua indera kita. "Hidupku itu adalah reduksi". Secara tidak sadar apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, apa yang kita rasa merupakan reduksi. Karena sungguhlah keterbatasan manusia takkan bisa menggapai semuanya, maka seluruh hidup kita adalah reduksi.

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Selama hidum, kami sering melakukan reduksi sehingga bisa dikatakan bahwa hidupku adalah reduksi. Hidupku itu adalah reduksi dengan maksud bahwa dalam kehidupan manusia tidak ada seorangpun yang dapat memiliki semua yang dia kehendaki, seberapapun harta kekayaan yang dia miliki, dia pasti tidak semua hal yang dia inginkan bisa dia dapatkan. Sebagai manusia biasanya seseorang harus bisa memilih mana yang menjadi prioritas dan mana yang bukan, mana yang harus di dahulukan dan mana yang dikesampingkan dahulu.

    ReplyDelete
  18. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Reduksi adalah penundaan segala pengetahuan yang ada tentang objek sebelum pengamatan intuisi dilakukan. Reduksi juga dapat diartikan penyaringan atau pengecilan. Istilah lain yang digunakan oleh Husserl adalah eposhe. Hidupku itu adalah reduksi, hal ini berarti kehidupan kita sebenarnya adalah epoche, karena kita hidup di dunia ini hanyalah sementara maka tinggalkanlah duniawimu dan pandanglah akhiratmu.

    ReplyDelete
  19. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Sebenar-benar manusia adalah makhluk yang lemah dan penuh dengan kekurangan. Salah satu kekurangan manusia ialah bahwa manusia tiada akan mampu melihat sesuatu secara keseluruhan. Sebagai contoh, ketika aku melihat meja dari atas, yang mampu aku lihat hanya bahwa meja tersebut berbentuk segi empat. Maka sebenarnya aku telah melakukan reduki. Menyederhanakan apa yang aku lihat. Dan sebenar-benar aku hanya mampu melihat segala sesuatu dari satu sisi. Maka sebenar-benar aku dalam hidup senantiasa melakukan reduksi.

    ReplyDelete
  20. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Hidup adalah reduksi. Reduksi adalah penyederhanaan. Setiap perkataan yang akan dilontarkan termasuk juga reduksi. Karena, di dalam pikiran terdapat banyak sekali kata, namun demi penyederhanaan dalam berbicara, maka kita menyederhanakan / mereduksinya. Sehingga, hidup adalah reduksi.

    ReplyDelete
  21. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Tanpa kita sadari, setiap saat dan setiap waktu, kita terus melakukan reduksi. Reduksi dialkukan karena pikiran kita terbatas. Reduksi akan memperumudah kita untuk berfokus pada suatu objek tertentu. Namun, dalam melakukan reduksi, kita tidak boleh menghilangkan sifat-sifat aslinya. Salah satu contoh reduksi yang kita lakukan, adalah sebagai berikut: ketika memikirkan baju, sebagian besar orang tidak memikirkan kainnya terbuat dari apa, siapa yang membuatnya, dan bagaimana membuatnya, yang dipirkan adalah cocok tidaknya baju tersebut untuk dipakai. Saat kita berkata, menulis, dan berpikirpun, kita selalu melakukan reduksi. Sehingga hidupku adalah reduksi

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Objek filsafat itu yang ada dan yang mungkin ada. Jikalau harus menyebutkan, bermilyar pangkat bermilyar maka kamu tidak akan mampu untuk menyebutkannya. Sifat itu berstruktur dan juga berdimensi. Manusia bersifat terbatas, tidak sempurna yang tidak mampu memikirkan semua sifat tetapi hanya mampu memikirkan sebagian sifat saja. Dari sebagian sifat itu maka dipakailah unsur reduksi untuk tujuan tertentu yaitu untuk membangun dunia pengetahuan. Kita sendiri mempunyai sifat yang tetap dan yang mungkin ada mempunyai sifat berubah selama perjalanan hidup ini.

    ReplyDelete
  23. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    menurut saya, hidupku itu adalah reduksi karena reduksi itu sendiri merupakan pengerucutan, penyempita suatu hal yang dikhususkan. dan hidupku merupakan penngkhususan dari kakek-nenekku, orang tuaku lalu aku. aku adalah hidupku jadi hidupku adalah reduksi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  24. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya reduksi adalah pengurangan, dimana kita akan mengurangi atau menghilangkan hal yang dianggap tidak baik dan tidak perlu didalam kehidupan kita. Kita memiliki banyak informasi, namun otak mereduksinya menjadi informasi yang kita pikirkan, dan hal lain yang tidak kita perlu disingkirkan terlebih dahulu masuk kedalam epoche. Pereduksian ini tidak hanya dalam pikiran namun dalam hati kita yang menimbulkan perilaku kita yang berbeda dimana perilaku yang timbul adalah hasil reduksi dalam pikiran dan hati kita, ini adalah contoh dimana hidup kita adalah reduksi.

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Begitu banyaknya sifat, karakter, ucapan, pikiran, kegiatan,dan lainn-lainnya yang ada dalam hidup seorang manusia. Begitu banyak hal yang dipikirkan manusia, ketika dirinya telah mengungkap apa yang dipikirkannya sampai seribu kali seribu pangat seribu pun, belum tentu ia dapat mengungkapkan semuanya, karena apa yang diungkapkan adalah pilihan dari sekian banyak yang ia pikirkan, kemudian ia memutuskan untuk mengungkapkan satu atau beberapa hal dari sekian banyak tersebut. Itulah reduksi yang dilakukannya dalam pilihan yang begitu banyak. Begitu juga sifat yang ada dala dirinya, sebenarnya setiap manusia memiliki banyak sifat, tetapi karena ia mampu mereduksi, jadilah hanya beberapa sifat saja yang menjadi ciri khasnya.

    ReplyDelete
  26. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Istilah pendekatan reduksi diperkenalkan oleh Husserl. Reduksi dapat diartikan sebagai penyaringan atau pengecilan. Reduksi juga dapat diartikan sebagai penundaan segala ilmu pengetahuan yang ada tentang objek sebelum pengamatan intuitif dilakukan. Penundaan atau melupakan pengertian-pengertian tentang objek untuk sementara, dan berusaha melihat objek secara langsung dengan intuisi tanpa bantuan pengertian-pengertian yang ada sebelumnya. Agar seseorang dapat memahami keadaannya, ia harus memusatkan perhatian suatu fenomena tanpa prasangka dan tanpa memberi teori sama sekali, akan tetapi tertuju pada sesuatu hal itu sendiri, sehingga hakikat hal tersebut dapat mengungkapkan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  27. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P.Mat A 2017

    Assalamualaium Wr. Wr. Cinta yang direduksi akan menghilangkanhakikat dari cinta itu sendiri. Bahagia yang direduksi akan menghilangkan kesempurnaan dari kebahagiaan itu. Persahabatan yang direduksi akan menghilangkan kesejatian dari persahabatan itu sendiri. Dengan kata lain, dalam satu sisi, reduksi adalah laku yang tidak terpuji. Ia menghilangkan universalitas daru suatu kompleksitas dan menjadikannya megubahkan menjadi fragmen yang nyaris tak bermakna.

    ReplyDelete
  28. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Reduksi itu sendiri merupakan suatu pengurangan. Kaitannya dalam proses hiidup, jika saya boleh menganalisis. Maka suatu proses kehidupan mengalami suatu keadaan dimana kita merasa tinggi dan dimana kita merasa dibawah. Ada pengalaman baik dan juga ada pengalaman buruk. Suatu pengalaman yang baik tentu akan membawa dampak baik pula dalam kehidupan, namun bukan berarti pengalaman buruk membawa dampak buruk bagi kehidupan. Disinilah diperlukannya suatu reduksi, dimana pengalaman buruk itu dijadikan pembelajaran yang berharga untuk tidak mengulanginya lagi, lupakan dan ambil hikmah dari semua yang terjadi untuk menuju proses perbaikan hidup kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Reduksi menurut pemahaman saya adalah memilih, dan terpilih. Segala sesuatu yang ada pada hidupku adalah terpilih. Aku terpilih menjadi seorang perempuan, aku terpilih menjadi seorang mahasiswa uny, aku terpilih untuk tidur jam 12 malam, aku terpilih untuk bangun pada saat hujan, dsb. Kita sebagai manusia pun juga diberikan kesempatan untuk memilih mengikuti kodratku menjadi seorang perempuan, aku memilih menjadi mahasiswa uny, aku memilih untuk memejamkan mata jam 12 malam, aku memilih untuk mengatur alarm pada jam 4, dsb. Kejadian dalam hidupku adalah himpunan peristiwa-peristiwa yang tereduksi, peristiwa-peristiwa yang tereliminasi dan peristiwa pembunuhan sifat (yang kuharap sifat burukku yang terbunuh). Hidupku adalah reduksi yang terstruktur. Jika tidak ada reduksi; jika tidak ada memilih dan terpilih, maka tidak ada kehidupan, karena dengan adanya reduksi kehidupan akan terus berubah dan berjalan.

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Tidak semua hal harus terus dirasakan. Ada kalanya, beberapa dari hal tersebut hendaknya dapat disingkirkan. Hidup dipenuhi oleh banyak hal seperti kebagaiaan, kesedihan, memori dan sebagainya. Beban yang dirasa seringkali terasa begitu berat. NAmun itu tidaklah menjadi keharusan untuk selalu menanggungnya atau terus dirasakan. Ada kebebasan untuk berhenti sejenak, meletakkan di sutu tempat beberapa hal yang dianggap dapat mengganggu perasaan dan hidup. Ini perlu dilakukan, karena hidup bukan cuma tentang masa lalu dan saat ini saja. Masa depan masih menunggu untuk dijamah.

    ReplyDelete