Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 40: Reduksi




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Hidupku itu adalah Reduksi.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

6 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016


    Dalam kehidupan tentunya orang- orang akan berlomba dalam hal kebaikan. Caranya jika kita ingin mempunyai akhlakul karimah tentunya kita harus mreduksi diri untuk meninggalkan keduniaan yang bersifat mewah dan intopeksi diri apa yang perlu dihilangkan dan apa yang perlu ditingkatkan. Reduksi sebagai pengurangan, maka setiap manusia harus mengurangkan sifat buruk yang memilikinya. Sehingga hidupku adalah reduksi. Namun sulit sekali untuk mereduksi secara instant, semua butuh proses. Berjuanglah!

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Sebenar-benar reduksi adalah metode berpikir. Reduksi juga dapat diartikan sebagai penyerderhanaan dalam berpikir. Karena keterbatasan dan ketidaksempurnaan manusia, maka ia hanya mampu memikirkan sebagian saja dari yang ada dan yang mungkin ada. Oleh karena itu, manusia dibekali dengan metode berpikir reduksi yang diperuntukkan dalam menjalani hidup ini. Metode berpikir reduksi ini sangat membantu kita agar bertindak sesuai dengan ruang, waktu, dan peruntukkannya. Jadi, aku menemukan bahwa hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Reduksi merupakan salah satu metode berfikir berupa penyederhanaan tentang objek pikir. Manusia memiliki keterbatasan yaitu tidak mampu memikirkan segala sesuatunya secara keseluruhan. Ada yang tidak mampu kita pikirkan dan hanya Allah lah yang mengetahui hal itu. Seperti awal waktu perputaran jam seperti yang dijelaskan Prof pada perkuliahan tadi.Kita juga terbatas sesuai dengan tujuan yang kita rencanakan dan inginkan. Reduksi juga berarti menghilangkan sebagian. Maka dalam hidup tentunya setiap orang telah mereduksi. Seperti menghilangkan kenangan yang menurut kita menyakitkan. Maka benar bahwa hidupku adalah reduksi.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Reduksi adalah penyederhanaan dalam berpikir. Manusia dibekali kemampuan dalam berpikir tentang apa yang ada. Manusia tidak serta memikirkan secara bersamaan semua yang ada. Maka adanya reduksi manusia menggunakan pikirannya sesuai dengan ruang dan waktu. Kesederhanaan pikiran dalam hidup adalah memikirkan apa yang ada didepannya saat ini, maka disitulah reduksi ada.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hidupku itu adalah reduksi. Hal berkaitan dengan keterbatasan kita sebagai manusia. Sebagai contoh, pandangan kita sangat terbatas, kita tidak bisa melihat benda-benda di balik dinding, kita tidak bisa melihat sesuatu dibelakang kepala kita tanpa menoleh, dsb. Pendengaran kita juga terbatas, hanya bisa mendengar suara-suara dengan volum tertentu saja, kita juga tidak bisa mendengar suara yang sumber bunyinya sangat jauh. Ya itulah manusia dengan segala keterbatasannya Karena sesungguhnya manusia diciptakan sempurna dalam ketidaksempurnaan sekaligus tidak sempurna dalam kesempurnaan.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Reduksi itu sendiri merupakan suatu pengurangan. Kaitannya dalam proses hiidup, jika saya boleh menganalisis. Maka suatu proses kehidupan mengalami suatu keadaan dimana kita merasa tinggi dan dimana kita merasa dibawah. Ada pengalaman baik dan juga ada pengalaman buruk. Suatu pengalaman yang baik tentu akan membawa dampak baik pula dalam kehidupan, namun bukan berarti pengalaman buruk membawa dampak buruk bagi kehidupan. Disinilah diperlukannya suatu reduksi, dimana pengalaman buruk itu dijadikan pembelajaran yang berharga untuk tidak mengulanginya lagi, lupakan dan ambil hikmah dari semua yang terjadi untuk menuju proses perbaikan hidup kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete