Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 39: Infinit Regress




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Hidupku itu ternyata adalah Infinite Regress.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

31 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tulisan di atas memberikan tambahan pengetahuan pada saya mengenai konsep infinite regres. Konsep ini Infinite regress berkaitan dengan sebuah kemunduran yang tak terbatas yang muncul saat kita mempertanyakan pembenaran dari alasan kita sendiri. Kita merasa benar dengan segala pemikiran kita. Dengan berpikiran seperti ini kita tidak akan mau berubah menjadi lebih baik, karena sudah merasa baik. Hal ini tentulah bukan suatu sikap yang akan membuat seseorang berkembang. Karena untuk dapat menjadi manusia yang berguna, kita perlu terus berjalan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Infinite regress adalah sesuatu yang tidak berakhir atau tidak berujung. Dalam menjalani kehidupan, seseorang tidak terlepas dari yang namanya infinite regress. Ini bisa muncul karena sifat dasar manusia yang tidak merasa puas akan sesuatu. Misalkan saja dalam hal materi, seseorang telah memiliki misalnya satu mobil tetapi karena rasa ketidakpuasan tersebut maka ia akan menambah jumlah mobilnya atau hartanya. Tetapi di sisi lain infinite regress dalam artian rasa tidak puas bisa menjadi sesuatu yang bernilai positif, misalkan dalam hal menuntut ilmu ataupun dalam hal beribadah dan mencari karunia Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidupku adalah infinit regress yang menunjukan tidak ada batasan bagi hidupku untuk berpikir, tidak ada batasan bagiku untuk mencari pengalaman, tidak ada batasan bagiku untuk mencari atau mendapatkan ilmu. Yang menjadi batasan bagiku adalah hakikatku sebagai manusia yang terikat pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  4. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Infinite regress berarti tidak berujung atau tidak memiliki batas, tidak memilki batas berarti kita tidak tahu dimana hal ini akan selesai. Sebagai manusia hendaknya kita tidak membatasi diri untuk terus memperbaiki kualitas diri kita. Dengan terus memperbaiki diri, maka kita akan selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam melakukan kegiatan sehari-hari begitu banyak harapan, keinginan dan tujuan yang ingin dicapai oleh manusia. Ketika keinginan tersebut tercapai muncul ketidakpuasan dalam diri manusia untuk mencoba lagi, berusaha melakukan hal lain sehingga terpenuhi keinginannya. Usaha manusia untuk melakukan Sesuatu dalam hidupnya itu tanpa batasannya. Manusia akan melakukan berbagai cara, berusaha, mencoba dan mencoba lagi demi terpenuhi apa yang ada dalam diri. Ketakterbatasan manusia dalam berusaha dan memenuhi keinginannya inilah yang dikatakan sebagai hidup manusia adalah infinite regress, hidup yang memiliki ketakterbatasan.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam pembelajaran di sekolah, apa yang kita pelajari memiki keterkaitan dengan pembelajaran sebelumnya. Kita mempelajari saat kita mempelajari tentang segitiga, kemudian dari pembelajaran tentang segitga kita dapat menghubungkannya dalam pembelajaran trigonometri, dan masih banyak contoh lainnya. Hal ini juga terjadi dalam kehidupan kita, karena segala sesuatu di dunia ini terjadi karena hukum sebab akibat, maka hal yang terjadi hari ini berhubungan dengan apa yang kita pikirkan kemarin, hal yag kita pikirkan kemarin berhubungan dengan apa yang kita temui pada hari sebelumnya. Manusia senantiasa belajar dari pengalaman, dengan demikian hidup ini merupakan infinite regress.

    ReplyDelete
  7. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hidupku itu ternyata adalah infinite regress. Infinite regress berarti tidak terbatas atau tidak tahu kapan akan selesainya. Saat berusaha menggapai ilmu, manusia menggunakan daya kritisnya untuk memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Ketika manusia berhenti berpikir, maka itulah sebenar-benarnya tidak hidup. Sehingga hidup berarti terus berpkir, tidak pernah berhenti berpikir, suatu proses infinit regress.

    ReplyDelete
  8. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Sebelumnya saya pernah membaca tentang infinite regress pada salah satu postingan di blog ini. tetapi saya tetap belum begitu memahami apa itu sebenarnya infinite regress. Pada postingan tersebut dibahas tentang guru yang tidak mau berinovasi. Dia selalu beralasan ini itu jika ditanya tentang mengapa dia tidak malkukan inovasi. Infinite regress memiliki arti tidak mau berhenti. Dalam kehidupan, infinite regress dapat dicontohkan misalkan pada debat kusir. Debat kusir merupakan debat yang tidak akan bisa mencapai akhir dan tidak memiliki solusi yang dapat di sepakati bersama. Maka seseorang yang bertindak demikian dapat dikatakan hidupnya ternyata infinite regress. Namun dari pengertian tersebut, saya masih belum memahami hubungan antara infinite regress dengan postingan yang pernah saya baca sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Infinit Regress berarti kemunduran yang tak berhingga. Kehidupan kita adalah infinit regress, mengapa demikian? Ketika manusia berhenti berpikir, maka pikirannya menjadi mandheg bahkan mengalami kemunduran. Jika dikaitkan dalam dunia pendidikan, maka peran guru menentukan apakah akan maju atau mundur. Kualitas pembelajaran tentu tidak sedikit bergantung kepada peran guru. Ketika dia tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran, maka inilah sebanr-benarnya kemunduran bagi dirinya dan juga bagi siswa. Maka kita sebagai manusia, harus menghindari infinit regress dengan cara terus berpikir secara kreatif dan kritis.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dalam membangun pengetahuan atau ilmu pengetahuan terdapat obyek di dalam pikiran kita maupun obyek di luar pikiran kita. obyek yang ada di dalam pikiran kita antara lain mempunyai sifat berpotensi sebagai unsur-unsurnya logika, rasio atau pikiran. Sedangkan obyek yang ada di luar pikiran, mereka itu meliputi yang ada dan yang mungkin ada termasuk pengalaman atau benda-benda.
    Yang ada itu bersifat tetap dan yang mungkin ada itu bersifat berubah ubah. Diperlukan keduanya dalam membangun pengetahuan atau ilmu pengetahuan. Yang tetap itu adalah pengalaman atau takdir yang sudah terjadi. Sedangkan yang berubah-ubah adalah pikiran atau usaha kita. Yang mungkin ada menguatkan yang ada, dan yang ada pun merupakan hasil dari yang mungkin ada.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Infinit dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai tidak terbatas atau tidak terhingga. Sedangkan regress artinya mundur atau kemunduran. Menurut saya memang benar bahwa hidupku itu ternyata adalah Infinite Regress. Manusia diberikan akal untuk berpikir. Hasil olah pemikiran manusia tersebut akan menghasilkan suatu pengetahuan. Dari pengetahuan tersebut akan muncul pengetahuan yang lainnya lagi. Jadi, ilmu yang ditemukan akan menjadi dasar munculnya ilmu yang lainnya namun tidak meninggalkan dasar dari ilmu awalnya. Begitulah siklus yang selanjutnya. Hal ini dapat dianalogikan pada kehidupan, jika manusia memiliki suatu keinginan, biasanya akan muncul keinginan lainnya. Namun, selalu diingat bahwa segala hal di dunia ini memang tidak ada batasannya kecuali Allah SWT yang Maha segalanya.

    ReplyDelete
  12. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Infinit regress adalah terus menerus, terus berlanjut, tiada habisnya. Hidup ini adalah infinit regress. Manusia yang selalu berfikir adalah manusia yang selalu berusaha membangun eksistensinya secara terus-menerus. Manusia yang berfikir akan terus berinovasi dan menemukan sesuatu yang baru, baik berupa metode, teknologi, dan lain-lain yang berguna untuk khalayak. Manusia yang berfikirpun dapat menuangkan ide-idenya dalam bentuk karya tulis, buku, artikel, dan lainnya yang berguna pula bagi khalayak. Sehingga manusia berfikir itu tidak akan pernah ‘mati’, karena karyanya akan selalu berguna bagi kehidupan masyarakat. Dalam dimensi spiritualitas, ini tergolong amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Jika saya menengok komentar saya pada elegi si tertuduh infinitive regress, kala itu saya membuka kamus dan mencari makna dari infinitive regress, dan saya memperoleh makna kata tersebut did ala kamus dan google tranlater sebagai hal yang tak terbatas, tak pernah selesai. Maka dalam hal ini diperlukan metode berpikir yang ada dan yang mungkin ada, bukan? Karena pada infinitive regress tentu nilai benar suatu kebenaran tidak pernah selesai, tidak ada batasannya. Maksutnya, kebenaran 1 akan membutuhkan kebenaran 1a, kebenaran 1a akan membutuhkan dukungan kebenaran 1a1 dan seterusnya.

    Melalui upaya mensintesiskan judul di atas, puji syukur saya kembali teringat jika di dunia ini bisa saja saya menemui berbagai kebenaran dengan versi kebenaran masing-masing. Maka hanya ada satu tempat berlindung ketika kita dikelilingin banyak kebenaran dari berbagai sisi yang akan memunculkan sisi kontradiktif pada diri ini. Satu tempat berlindung, Dial ah yang memiliki kebenaran yang absolute, adalaha Alloh SWT.

    ReplyDelete
  14. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Infinit Regress adalah kemunduran tak terbatas, artinya terus terus tanpa henti, berkelanjutan terus tanpa batas. Dalam hidup infinit regress juga sering terjadi, hanya saja manusia tidak menyadarinya. Contohnya dalam kehidupan, ketika seseorang menyicil suatu barang, maka orang tersebut berarti telah melakukan infinit tegress, pengurangan terus tak terbatas. Masih banyak hal yang menyatakan infinit regress.

    ReplyDelete
  15. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Ketika aku belajar tentang suatu hal maka aku menemukan hal lain yang harus aku pelajari, ketika hal lain aku pelajari aku menemukan bahwa ada hal-hal lain yang perlu aku pelajari, sampai seterus-seterusnya,
    Ketika aku berpikir tentang suatu hal, ada hal lain yang muncul dalam pikiranku, ketika aku berpikir tentang hal lain maka akan muncul hal-hal lain yang aku pikirkan, sampai seterusnya
    Ketika aku mengerjakan suatu hal, ada hal lain yang belum aku kerjakan, ketika aku mengerjakan hal lain maka akan muncul hal-hal yang belum aku kerjakan, sampai seterusnya
    Ternyata hidupku tak terbatas. Ternyata hidupku adalah infinit regress.

    ReplyDelete
  16. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Infinit regress.. saya mengetikkan kata-kata tersebut di kolom pencarian di internet. Saya berhenti pada kata-kata "a sequence of reasoning or justification that can never come to an end".
    Rangkaian penalaran yang tak pernah berakhir. Wah, ternyata seperti itulah hidup manusia. Seberapapun kita berusaha memahaminya, tak akan pernah berakhir prosesnya. Saat kita berusaha memahami detik ini, detik selanjutnya telah terjadi dan menuntut untuk dipahami. Sungguh hidupku adalah infinite regress...

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, sepanjang hidup, manusia senantiasa dituntut untuk senantiasa berjuang dan berpikir. Sehingga perjuangan dan pemikiran manusia bersifat infinite regres artinya tidak pernah berhenti untuk berpikir dan berjuang. Selama hidup manusia tidak akan mungkin berhenti untuk berpikir dan berjuang, karena berpikir dan berjuang merupakan kodrat dalam kehidupan. Manusia. Ketika manusia telah tiada (meninggal dunia) baru lah manusia itu berhenti berpikir dan berjuang.

    ReplyDelete
  18. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Infinity adalah tak hingga, regress adalah kemunduran. Sehingga infinity regress dapat kita artikan sebagai kemunduran yang tak terhingga. Sebenarnya hidupku adalah infinite regress, hal ini berarti hidup kita hanyalah kemunduran semata, kemudian yang dimaksud disini adalah tentang bagaimana kita memiliki keinginan yang tak ada batasnya, hal itu dikarenakan oleh sifat manusia itu sendiri yang tak akan pernah puas dengan apa yang dimiliki. Meskipun demikian kita tetap harus bersyukur dengan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Dalam menjalani hidup ini bisa diibaratkan sebagai infinit regress karena selalu berkelanjutan tak terhingga. Tetapi kemampuan manusia mempunyai batasan karena memang tidak akan mampu mendefinisikan semua yang ada dipikirannya. Dalam hidup manusia dengan segala kemampuannya, selalu mampu memunculkan dan mengambangkan berbagai inovasi baru dalam kehidupannya. Penemuan suatu ilmu pasti dijadikan dasar untuk menemukan ilmu yang lain. Penemuan ilmu tersebutlah yang akhirnya mengembangkan berbagai inovasi-inovasi sehingga pada jaman sekarang ini ada teknologi yang akhirnya mampu mendukung keberlangsungan hidup manusia dan dapat memudahkan pekerjan manusia.

    ReplyDelete
  20. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Infinite regress dapat diartikan sebagai sesuatu yang terus berputar, berkelanjutan, dari satu hal ke hal lain. Sedangkan hidup ini dapat kita artikan sebagai hermenetika. Hermenetika itu linear dan siklik. Linear artinya hidup itu terus berlanjut, dari senin ke selasa, dari masalah satu ke masalah yang lain. Siklik artinya hidup itu terus berputas, senin akan kembali ke senin, dalam hidup seringkali kita hanya berputar di masalah-masalah yang sama. Maka aku pun menemukan bahwa ternyata hidupku juga infinite regress dimana masalah yang aku hadapi berpindah dari satu masalah ke masalah lainnya, dimana sebenar-benar masalah-masalahku juga berputar di hal-hal yang sama.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Membaca pemaparan bapak tentang infinite regress dapat saya tangkap bahwa infinite regress adalah tiada mau berhenti. Manusia diciptakan penuh dengan akal dan sepanjang dia hidup dia akan berpikir untuk mencari tahu sebanyak-banyak akan ilmu yang ada. Sama pula dengan hidup kita yang infinite regress, akan berlanjut lagi diakhirat.

    ReplyDelete
  22. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hidupku itu ternyata adalah infinite regress. Infinite regress berarti tidak terbatas atau tidak tahu kapan akan selesainya. Saat berusaha menggapai ilmu, manusia menggunakan daya kritisnya untuk memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Ketika manusia berhenti berpikir, maka itulah sebenar-benarnya tidak hidup. Sehingga hidup berarti terus berpkir, tidak pernah berhenti berpikir, suatu proses infinit regress.

    ReplyDelete
  23. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    menurut saya infinite regress berarti tidak ada batasan, itu berarti hidupku adalah infinite regress. karena hidupku merupakan infinite regress yang tidak ada batasan dalam hidupku. aku tidak memiliki batasan terhadap yang ada dibumi yang bisa aku nikmati. hidupku memiliki keinginan untuk lebih-lebih lagi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    infinite regress adalah suatu hal yang tidak memiliki batas. demikian pula dalam hidupku. aku adalah manusia. aku memiliki keinginan. bahkan keinginanku menyebabkan ketamakan. itu berarti aku tidak merasa puas dengan yang aku miliki. dengan begitu hidupku penuh ketamakan. hidupku tidak pernah merasa puas dengan yang ada. lalu hidupku adalah infinite regress.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut pemahaman saya, infinite regress artinya tidak terbatas dan berkelanjutan. Sebagaimana kita mengada untuk merubah yang mungkin ada menjadi ada, begitu juga kehidupan dimana kita telah mencapai atau mempelajari suatu hal akan ada hal lain yang harus kita pelajari. hal yang tidak ketahui tidak tebatas, sehingga setiap kali kita mencapai sesuatu kita akan memulai mencapai suatu yang lain begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  26. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kehidupan di dunia ini berputar seperti layaknya roda. Tidak akan pernah berhenti berputar selama hidupnya masih berlangsung. Inilah makna infinit regress, hidup manusia itu bagaikan garis spiral yang terus melingkar, ketika manusia sedang berada di posisi atas dalam kehiduppannya, pasti suatu saat dia akan mrasakan juga bagaiaman rasanya berada pada posisi bawah. Untuk menyikapi setiap posisinya, manusia harus terus berpikir positiv dan juga ikhlas. Jika manusia tidak memikirkan dan menyiapkan segala yang akan terjadi dalam hidupnya, bisa jadi dia tidak akan bisa menerima ketika berada pada posisi yang paling bawah.

    ReplyDelete
  27. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Infinite regress memiliki arti tidak mau berhenti. Dalam kehidupan, infinite regress dapat dicontohkan misalkan pada debat kusir. Debat kusir merupakan debat yang tidak akan bisa mencapai akhir dan tidak memiliki solusi yang dapat di sepakati bersama. Maka seseorang yang bertindak demikian dapat dikatakan hidupnya ternyata infinite regress.

    ReplyDelete
  28. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Infinite regress dimaksudkan untuk menyatakan keberlanjutan dan ketakhinggan atau tak keterbatasan. Bagaimana jika saya memandang infinite regress justru menggambarkan keterbatasan dn ketidakmampuan seseorang dalam memikirkan, menyebutkan, menghitung, dan infinite regress. Seperti saya yang tak mampu menyebutkan apa saja bentuk ketidakmampuan dan keterbatasan dari keterbatasan seseorang.

    ReplyDelete
  29. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Hidupku ternyata merupakan infinit Regress. Merupakan suatu pencerminan bagaimana keterbatasan manusia yang tidak akan mampu mendefinisakan atau memahami suatu hal dalam hidup yang tidak terbatas entah sedalam-dalamnya maupun seluas-luasnya. Jika prinsip ini teguh dipandang tanpa melihat keadaan sekitar maka orang tersebut akan menjadi terkungkung pada satu hal saja karena memang semua di dunia ini tak kan mampu didefisikan dalam buku sebanyak apapun. Bahkan jika kertas di dunia dikumpulkan tidak akan mampu mendefinisikan satu hal tertentu di dunia, misalnya saja mengenai hati.

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam proses perjalanan hidup, manusia akan mencari kebenaran, belajar banyak hal, dan berusaha memahami hidup. Proses ini tiadalah singkat, guna memeroleh pemahaman yang sedalam-dalamnya dan sebenar-benarnya. Usaha yang dilakukan kadang kala membuat putus asa, depresi dan ingin mneyerah saja. Namun disanalahletak semangat untuk terus berusaha dan maju hingga menemukan jawaban hidup.

    ReplyDelete
  31. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Infinit regress artinya tidak pernah berhenti untuk meningkatkan dimensi pikiran dan hati untuk bisa menerjemahkan atau diterjemahkan. Selaras dengan hakikat hidup dimana manusia tidak pernah mau berhenti untuk berkarya, tidak pernah berhenti memilih, tidak pernah berhenti mendefinisikan sesuatu, meskipun di akhir nanti kesempurnaan tidak akan dapat diraih oleh manusia karena keterbatasannya. Sebagai contoh seseorang yang ingin menjadi guru profesional, dia tidak akan pernah berhenti berusaha, rajin membaca referensi yang menunjang, mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar, dan tidak lupa selalu mendatangkan Allah SWT dalam setiap langkahnya supaya dapat dimudahkan untuk meraih apa yang diinginkan.

    ReplyDelete