Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 39: Infinit Regress




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Hidupku itu ternyata adalah Infinite Regress.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang guru haruslah mempunyai inovasi dalam mengajar. Tidak berhenti dengan satu metode pembelajaran saja, namun terus berlanjut dengan metode lainnya, agar pembelajaran lebih bermakna. Karena sesungguhnya tujuan kita hidup yaitu untuk terus maju tanpa batas, bukan untuk terus mundur tanpa batas. Itulah sebenar- benarnya manusia tidak pernah berhenti berusaha dalam menggapai hal yang baik.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hidupku adalah infinite regress. Untuk meningkatkan kompetensi dan ilmuku, aku akan selalu belajar dari berbagai sumber, aku akan meningkatkan bacaanku sebagaimana yang selalu Prof sampaikan “Baca baca baca”, aku akan berusaha menjadikan ilmuku bermanfaat bagi orang lain, aku akan terbuka terhadap saran, kritikan, pembaruan, inovasi, teguran, dsb. Selama aku hidup di dunia ini, maka selama itu pula aku akan berusaha meningkatkan dimensi hidupku. Selama aku hidup di dunia ini, maka selama itu pula aku akan terus meningkatkan kompetensi dan ilmuku. Dan pastinya selama aku hidup di dunia ini, maka selama itu pula aku akan terus meningkatkan iman dan taqwaku kepada Allah SWT. Hal itu semua karena hidupku adalah infinite regress.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Hidup itu cenderung biner. Hidup di dunia bersifat terus maju dan tidak bisa berhenti serta terus berputar. Ini salah satu kodrat. Begitu pun dunia selalu maju dan berkembang. Kita manusia juga demikian, berusaha meningkatkan kualitas diri dengan berbagai cara dan pada segala aspek. Dan sebenarnya usaha menuju hal itu adalah belajar. Sebenarnya belajar adalah membeca. Tapi perlu diingat bahwa kita dapat melakukannya dengan maksimal jika dengan hati yang ikhlas dan pikiran yang jernih. Maka dari itu untuk saya sendiri dan teman-teman Pendidikan Matematika ayo kita membaca, baca, baca, dan baca.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Proses perjalanan hidup manusia adalah mencari kebenaran, belajar banyak hal dan berusaha untuk memahami hidup. Proses ini begitu singkat, guna memperoleh pemahaman sedalam dalamnya tentang hidup. Usaha yang dilakukan kadang membuat putus asa dan depresi hingga menyerah begitu saja. Disitulah letak semangat untuk terus berusaha maju hingga menemukan jawaban hidup.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Infinite regrees dapat dimaknai sebagai suatu yang tidak pernah berujung. Seperti hidup kita yang ternyata adalah infinite regrees. Hidup ini tidak terbatas ketika usia kita di dunia habis. Saat usia kita di dunia telah habis, kita masih bisa “hidup” di dunia, yaitu dengan karya-karya dan pemikiran kita, bisa pula dengan kebaikan kita yang masih bisa dirasakan manfaatnya untuk orang lain. Selain itu, seperti yang kami yakini bahwa setelah kehidupan dunia selesai, masih ada kehidupan akhirat yang kekal.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tulisan di atas memberikan tambahan pengetahuan pada saya mengenai konsep infinite regres. Konsep ini Infinite regress berkaitan dengan sebuah kemunduran yang tak terbatas yang muncul saat kita mempertanyakan pembenaran dari alasan kita sendiri. Kita merasa benar dengan segala pemikiran kita. Dengan berpikiran seperti ini kita tidak akan mau berubah menjadi lebih baik, karena sudah merasa baik. Hal ini tentulah bukan suatu sikap yang akan membuat seseorang berkembang. Karena untuk dapat menjadi manusia yang berguna, kita perlu terus berjalan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Infinite regress adalah sesuatu yang tidak berakhir atau tidak berujung. Dalam menjalani kehidupan, seseorang tidak terlepas dari yang namanya infinite regress. Ini bisa muncul karena sifat dasar manusia yang tidak merasa puas akan sesuatu. Misalkan saja dalam hal materi, seseorang telah memiliki misalnya satu mobil tetapi karena rasa ketidakpuasan tersebut maka ia akan menambah jumlah mobilnya atau hartanya. Tetapi di sisi lain infinite regress dalam artian rasa tidak puas bisa menjadi sesuatu yang bernilai positif, misalkan dalam hal menuntut ilmu ataupun dalam hal beribadah dan mencari karunia Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hidupku adalah infinit regress yang menunjukan tidak ada batasan bagi hidupku untuk berpikir, tidak ada batasan bagiku untuk mencari pengalaman, tidak ada batasan bagiku untuk mencari atau mendapatkan ilmu. Yang menjadi batasan bagiku adalah hakikatku sebagai manusia yang terikat pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Infinite regress berarti tidak berujung atau tidak memiliki batas, tidak memilki batas berarti kita tidak tahu dimana hal ini akan selesai. Sebagai manusia hendaknya kita tidak membatasi diri untuk terus memperbaiki kualitas diri kita. Dengan terus memperbaiki diri, maka kita akan selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari.

    ReplyDelete
  10. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam melakukan kegiatan sehari-hari begitu banyak harapan, keinginan dan tujuan yang ingin dicapai oleh manusia. Ketika keinginan tersebut tercapai muncul ketidakpuasan dalam diri manusia untuk mencoba lagi, berusaha melakukan hal lain sehingga terpenuhi keinginannya. Usaha manusia untuk melakukan Sesuatu dalam hidupnya itu tanpa batasannya. Manusia akan melakukan berbagai cara, berusaha, mencoba dan mencoba lagi demi terpenuhi apa yang ada dalam diri. Ketakterbatasan manusia dalam berusaha dan memenuhi keinginannya inilah yang dikatakan sebagai hidup manusia adalah infinite regress, hidup yang memiliki ketakterbatasan.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam pembelajaran di sekolah, apa yang kita pelajari memiki keterkaitan dengan pembelajaran sebelumnya. Kita mempelajari saat kita mempelajari tentang segitiga, kemudian dari pembelajaran tentang segitga kita dapat menghubungkannya dalam pembelajaran trigonometri, dan masih banyak contoh lainnya. Hal ini juga terjadi dalam kehidupan kita, karena segala sesuatu di dunia ini terjadi karena hukum sebab akibat, maka hal yang terjadi hari ini berhubungan dengan apa yang kita pikirkan kemarin, hal yag kita pikirkan kemarin berhubungan dengan apa yang kita temui pada hari sebelumnya. Manusia senantiasa belajar dari pengalaman, dengan demikian hidup ini merupakan infinite regress.

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hidupku itu ternyata adalah infinite regress. Infinite regress berarti tidak terbatas atau tidak tahu kapan akan selesainya. Saat berusaha menggapai ilmu, manusia menggunakan daya kritisnya untuk memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Ketika manusia berhenti berpikir, maka itulah sebenar-benarnya tidak hidup. Sehingga hidup berarti terus berpkir, tidak pernah berhenti berpikir, suatu proses infinit regress.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Sebelumnya saya pernah membaca tentang infinite regress pada salah satu postingan di blog ini. tetapi saya tetap belum begitu memahami apa itu sebenarnya infinite regress. Pada postingan tersebut dibahas tentang guru yang tidak mau berinovasi. Dia selalu beralasan ini itu jika ditanya tentang mengapa dia tidak malkukan inovasi. Infinite regress memiliki arti tidak mau berhenti. Dalam kehidupan, infinite regress dapat dicontohkan misalkan pada debat kusir. Debat kusir merupakan debat yang tidak akan bisa mencapai akhir dan tidak memiliki solusi yang dapat di sepakati bersama. Maka seseorang yang bertindak demikian dapat dikatakan hidupnya ternyata infinite regress. Namun dari pengertian tersebut, saya masih belum memahami hubungan antara infinite regress dengan postingan yang pernah saya baca sebelumnya.

    ReplyDelete
  14. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Infinit Regress berarti kemunduran yang tak berhingga. Kehidupan kita adalah infinit regress, mengapa demikian? Ketika manusia berhenti berpikir, maka pikirannya menjadi mandheg bahkan mengalami kemunduran. Jika dikaitkan dalam dunia pendidikan, maka peran guru menentukan apakah akan maju atau mundur. Kualitas pembelajaran tentu tidak sedikit bergantung kepada peran guru. Ketika dia tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran, maka inilah sebanr-benarnya kemunduran bagi dirinya dan juga bagi siswa. Maka kita sebagai manusia, harus menghindari infinit regress dengan cara terus berpikir secara kreatif dan kritis.

    ReplyDelete