Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 39: Infinit Regress




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa Hidupku itu ternyata adalah Infinite Regress.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Dalam menjalani hidup ini bisa diibaratkan sebagai infinit regress karena selalu berkelanjutan tak terhingga. Tetapi kemampuan manusia mempunyai batasan karena memang tidak akan mampu mendefinisikan semua yang ada dipikirannya. Dalam hidup manusia dengan segala kemampuannya, selalu mampu memunculkan dan mengambangkan berbagai inovasi baru dalam kehidupannya. Penemuan suatu ilmu pasti dijadikan dasar untuk menemukan ilmu yang lain. Penemuan ilmu tersebutlah yang akhirnya mengembangkan berbagai inovasi-inovasi sehingga pada jaman sekarang ini ada teknologi yang akhirnya mampu mendukung keberlangsungan hidup manusia dan dapat memudahkan pekerjan manusia.

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Infinite regress dapat diartikan sebagai sesuatu yang terus berputar, berkelanjutan, dari satu hal ke hal lain. Sedangkan hidup ini dapat kita artikan sebagai hermenetika. Hermenetika itu linear dan siklik. Linear artinya hidup itu terus berlanjut, dari senin ke selasa, dari masalah satu ke masalah yang lain. Siklik artinya hidup itu terus berputas, senin akan kembali ke senin, dalam hidup seringkali kita hanya berputar di masalah-masalah yang sama. Maka aku pun menemukan bahwa ternyata hidupku juga infinite regress dimana masalah yang aku hadapi berpindah dari satu masalah ke masalah lainnya, dimana sebenar-benar masalah-masalahku juga berputar di hal-hal yang sama.

    ReplyDelete
  3. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Membaca pemaparan bapak tentang infinite regress dapat saya tangkap bahwa infinite regress adalah tiada mau berhenti. Manusia diciptakan penuh dengan akal dan sepanjang dia hidup dia akan berpikir untuk mencari tahu sebanyak-banyak akan ilmu yang ada. Sama pula dengan hidup kita yang infinite regress, akan berlanjut lagi diakhirat.

    ReplyDelete
  4. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hidupku itu ternyata adalah infinite regress. Infinite regress berarti tidak terbatas atau tidak tahu kapan akan selesainya. Saat berusaha menggapai ilmu, manusia menggunakan daya kritisnya untuk memikirkan segala yang ada dan yang mungkin ada. Ketika manusia berhenti berpikir, maka itulah sebenar-benarnya tidak hidup. Sehingga hidup berarti terus berpkir, tidak pernah berhenti berpikir, suatu proses infinit regress.

    ReplyDelete
  5. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    menurut saya infinite regress berarti tidak ada batasan, itu berarti hidupku adalah infinite regress. karena hidupku merupakan infinite regress yang tidak ada batasan dalam hidupku. aku tidak memiliki batasan terhadap yang ada dibumi yang bisa aku nikmati. hidupku memiliki keinginan untuk lebih-lebih lagi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  6. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    infinite regress adalah suatu hal yang tidak memiliki batas. demikian pula dalam hidupku. aku adalah manusia. aku memiliki keinginan. bahkan keinginanku menyebabkan ketamakan. itu berarti aku tidak merasa puas dengan yang aku miliki. dengan begitu hidupku penuh ketamakan. hidupku tidak pernah merasa puas dengan yang ada. lalu hidupku adalah infinite regress.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  7. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut pemahaman saya, infinite regress artinya tidak terbatas dan berkelanjutan. Sebagaimana kita mengada untuk merubah yang mungkin ada menjadi ada, begitu juga kehidupan dimana kita telah mencapai atau mempelajari suatu hal akan ada hal lain yang harus kita pelajari. hal yang tidak ketahui tidak tebatas, sehingga setiap kali kita mencapai sesuatu kita akan memulai mencapai suatu yang lain begitu seterusnya.

    ReplyDelete
  8. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Kehidupan di dunia ini berputar seperti layaknya roda. Tidak akan pernah berhenti berputar selama hidupnya masih berlangsung. Inilah makna infinit regress, hidup manusia itu bagaikan garis spiral yang terus melingkar, ketika manusia sedang berada di posisi atas dalam kehiduppannya, pasti suatu saat dia akan mrasakan juga bagaiaman rasanya berada pada posisi bawah. Untuk menyikapi setiap posisinya, manusia harus terus berpikir positiv dan juga ikhlas. Jika manusia tidak memikirkan dan menyiapkan segala yang akan terjadi dalam hidupnya, bisa jadi dia tidak akan bisa menerima ketika berada pada posisi yang paling bawah.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Infinite regress memiliki arti tidak mau berhenti. Dalam kehidupan, infinite regress dapat dicontohkan misalkan pada debat kusir. Debat kusir merupakan debat yang tidak akan bisa mencapai akhir dan tidak memiliki solusi yang dapat di sepakati bersama. Maka seseorang yang bertindak demikian dapat dikatakan hidupnya ternyata infinite regress.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Infinite regress dimaksudkan untuk menyatakan keberlanjutan dan ketakhinggan atau tak keterbatasan. Bagaimana jika saya memandang infinite regress justru menggambarkan keterbatasan dn ketidakmampuan seseorang dalam memikirkan, menyebutkan, menghitung, dan infinite regress. Seperti saya yang tak mampu menyebutkan apa saja bentuk ketidakmampuan dan keterbatasan dari keterbatasan seseorang.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Hidupku ternyata merupakan infinit Regress. Merupakan suatu pencerminan bagaimana keterbatasan manusia yang tidak akan mampu mendefinisakan atau memahami suatu hal dalam hidup yang tidak terbatas entah sedalam-dalamnya maupun seluas-luasnya. Jika prinsip ini teguh dipandang tanpa melihat keadaan sekitar maka orang tersebut akan menjadi terkungkung pada satu hal saja karena memang semua di dunia ini tak kan mampu didefisikan dalam buku sebanyak apapun. Bahkan jika kertas di dunia dikumpulkan tidak akan mampu mendefinisikan satu hal tertentu di dunia, misalnya saja mengenai hati.

    ReplyDelete
  12. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam proses perjalanan hidup, manusia akan mencari kebenaran, belajar banyak hal, dan berusaha memahami hidup. Proses ini tiadalah singkat, guna memeroleh pemahaman yang sedalam-dalamnya dan sebenar-benarnya. Usaha yang dilakukan kadang kala membuat putus asa, depresi dan ingin mneyerah saja. Namun disanalahletak semangat untuk terus berusaha dan maju hingga menemukan jawaban hidup.

    ReplyDelete