Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 38: Hubungan Antara yang Ada




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya sehingga aku mampu mencari Hubungan antara yang Ada dan yang Mungkin Ada.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

14 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Ada adalah jika ada pengada yang mengadakannya. Ada adalah sesuatu yang pasti keberadaannya, yang tidak ada mungkin saja akan menjadi ada jika ada orang yang mengadakannya, dan tidak mungkin ada jika tidak ada orang yang mengadakannya. Sehingga sangat erat kaitannya antara ada dan yang mungkin ada ini. Objek filsafat itu semua yang ada dan yang mungkin ada, jadi objek filsafat itu tak terhitung banyaknya, apalagi hubungan antara yang ada. Semua yang ada di dunia ini saling terkait satu sama lain, paling tidak dipikiran kita yang dapat menghubungkan semua yang hal dari yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini. Maka supaya dapat terjalin hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lain, haruslah kita hidup seimbang, saling hormat menghormati antar sesama ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Sesuatu ada karena ada yang mengadakannya. Maka ketika sesuatu masih mungkin ada, kita perlu mengada agar yang mungkin ada menjadi ada. Proses mengbah yang mungkin ada menjadi ada dapat melalui berbagai cara. Dengan melihat, sesuatu yang mungkin ada bisa menjadi ada. Dengan mendengar, sesuatu yang mungkin ada bisa menjadi ada. Dengan melakukan aktivitas, sesuatu yang mungkin ada bisa menjadi ada. Dengan menghirup aromanya, sesuatu yang mungkin ada bisa menjadi ada. Dengan mengecap rasanya, sesuatu yang mungkin ada bisa menjadi ada.

    ReplyDelete
  3. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Sesuatu dikatakan ada jika jelas terlihat keberadaannya dan sesuatu yang mungkin ada adalah yang keberadaannya belum diketahui dengan pasti. Keduanya saling berhubungan, jika si Ada mampu menunjukkan keberadaannya maka dia benar-benar ada. Tetapi saat si ada tidak mampu menunjukkan keberadaannya maka ia mungkin ada atau dengan kata lain diragukan keberadaannya. Jadi supaya kita dianggap tetap ada maka yang harus dilakukan adalah menunjukkan keberadaan kita, bisa dengan tulisan, maupun karya yang lainnya.

    ReplyDelete
  4. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Objek kajian filsafat yaitu yang ada dan yang mungkin ada. Segala sesuatu yang belum ada di pikiran kita merupakan hal yang mungkin ada, kemudian dapat menjadi ada ketika kita memikirkan hal tersebut dan dapat menyebutkan salah satu saja sifat dari yang mungkin ada tersebut. Dengan kata lain, hal yang mungkin ada dapat menjadi ada apabila kita memikirkannya, hal yang mungkin ada akan menjadi ada karena adanya pengada yang mengadakan hal tersebut.

    ReplyDelete
  5. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Objek filsafat adalah segala yang ada dan yang mungkin ada. Yang mungkin ada, akan menjadi ada, setelah diadakan. Yang ada, merupakan yang mungkin ada setelah diadakan. Segala yang ada bagiku, boleh jadi merupakan yang mungkin ada bagimu. Yang ada dan yang mungkin ada haruslah sama-sama dipertimbangkan dalam hidup ini. Jangan sampai kita hanya berfokus pada yang ada sehingga melupakan yang mungkin ada, karena yang mungkin ada tidak kalah pentingnya dengan yang ada

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Objek filsafat adalah segala hal yang ada dan yang mungkin ada. Filsafat identik dengan ilmu pengetahuan karena dikatakan sebagai hasil dari pemikiran teoritis dari para ahli, artinya para ahli menciptakan ide dan pendapat sebagai rujukan dan pedoman bagi orang lain. Filsafat sendiri merupakan suatu upaya berfikir yang jelas dan terang tentang seluruh kenyataan tentang yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  7. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    menurut saya,filsafat ini mempelajari banyak hal dalam kehidupan manusia baik yang sekarang dan yang akan datang. jelas ini ada hubungan antara ada dan yang mungkin ada karena ada dan yang mungkin ada ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  8. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Hal yang mungkin ada adalah suatu hal yang ada namun belum diadakan, belum melewati proses mengada. Objek filsafat adalah semua hal yang ada dan mungkin ada, dimana dari mungkin ada dibutuhkan kegiatan mengada, dan terdapat pengadanya. Manusia mengada untuk merubah yang mungkin ada menjadi ada, namun dengan keterbatasan manusia satu dan yang lain, suatu hal yang ada menurut seseorang merupakan hal yang mungkin ada untuk orang lain.

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Segala obyek yang dapat kita rasakan dengan indera kita, itu semua termasuik segala yang ada. Sedangkan segala yang mungkin ada bisa mencakup metafisik, bisa juga yang hanya ada dalam pikiran kita. Ketika yang mungkin ada tersebut hanya ada dalam pikiran kita, kemudian kita berusaha untuk menyebutkan sifat dari apa yang kita pikirkan, maka hal yang tadinya hanya mungkin ada bisa menjadi ada. Sama halnya dengan yang metafisik, kita tidak akan mengetahui apa yang disebalik yang ada jika kita tidak menyebutkan apa metafisik dari yang ada tersebut. Disitulah letak hubungan dari obyek filsafat yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Objek filsafat sekaligus objek pikiran adalah sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Hubungan antara ada dan yang mungkin ada juga tergantung pikiran untuk memikirkan dan merefleksikannya dalam dunia nyata. Yang telah ada bisa jadi akan memicu munculnya yang mungkin ada. Begitu pula sebaliknya, yang telah ada merupakan kelanjutan dari yang mungkin ada. Sebagai contoh matematika mendorong adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Ada dan yang mungkin ada merupakan objek dalam filsafat. ada adalah sesuatu yang ada di dalam pikiran seseorang dan yang mungkin ada adalah segala sesuatu yang ada di luar pikiran seseorang. Hubungan antara keduanya yaitu bahwa yang mungkin ada bisa menjadi sesuatu yang ada dengan usaha yang kita lakukan, jika beberapa aliran dalam filsafat awalnya merupakan sesuatu yang mungkin ada bagi kita maka dengan mencari tau dan membaca buku atau sumber baca yang lain tentang aliran-aliran dalam filsafat tersebut maka hal itu lah yang kita sebut dengan mengadakan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Mencoba menafsirkan bahwa segala objek dalam kajian filsafat merupakan segala hal ynag ada dan yang mungkin ada. Lantas hubungan yang mampu saya perhatikan adalah keberadaan masing-masing saling mempengaruhi. Yang ada menjadikan mungkin ada dan yang mungkin ada menjadikan ada. Hubungan causa. Saling mengada dan meniadakan. Artinya segalanya haruslah dalam keadaan yang seimbang, tidak menonjolkan atau terlalu mengagungkan yang ada sehingga melupakan yang mungkin ada. Begitu juga sebaliknya. Dan sebagai manusia juga bisa merefleksikan dalam tindakan dan bagaimana bersikap terhadap sesuatu atau seseorang tidak seharunsya berlebihan.

    ReplyDelete
  13. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Sesuatu yang ada memiliki sesuatu yang mungkin ada padanya. Sesuatu yang mungkin ada dapat muncul dari sesuatu yang ada. Sehingga sesuatu yang ada dan yang mungkin ada adalah saling berhubungan satu sama lain. Hubungan antara sesuatu yang ada dan yang mungkin ada tergantung dari kondisinya, tergantung dari ruang dan waktunya masing-masing. Sebuah hal A ada dalam pikiran Andi, tetapi mungkin ada dalam pikiran Ina. Kenapa mungkin ada dalam pikiran Ina? Karena pemikiran Ina terbatas, mungkin dia melupakan sesuatu yang pernah ada dalam pikirannya, sesuatu yang ada dalam pikiran ternyata bisa menjadi sesuatu yang dilupakan dalam pikiran, tidak ada dalam pikiran, sehingga hal tersebut menjadi mungkin ada. Secara umum, ada menunjukkan sesuatu yang dapat kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan dengan panca indera. Sedangkan sesuatu yang mungkin ada belum dapat kita lihat, kita dengan dan kita rasakan dengan panca indera tetapi dengan pengadaan hal yang mungkin ada tersebut membuat hal yang dimaksud menjadi ada. Ada dan mungkin ada relatif terhadap ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  14. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pikiran dan hati yang diciptakan dengan segala kerumitan dan kekompleksannya memegang kendali jalan hidupnya seseorang. Pikiran dan hati, penentu keputusan akan pilihan yang ada. Meski sering kali keduanya bertentangan, namun selalu ada usaha untuk memahami satu sama lain. Keduanya memiliki hubungan yan tidak bisa dipungkiri memiliki dimensi keterikatan yang memengaruhi satu sama lain, walaupun kadang kala bertentangan.

    ReplyDelete