Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 38: Hubungan Antara yang Ada




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya sehingga aku mampu mencari Hubungan antara yang Ada dan yang Mungkin Ada.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

3 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam mempelajari filsafat, erat kaitannya dengan sesuatu yang ada dan mungkin ada. Karena eksistensi itu terikat ruang dan waktu. Sesuatu yang ada berarti mampak, dapat disentuh, dan dapat dirasakan keberadaanya. Sesuatu yang menurut kita ada, bisa saja menurut orang lain mungkin ada. Seperti contohnya pada perkuliahan filsafat (kejadian lampau), pak marsigit bertanya adakah yang mengikuti kuliah filsafat yang mengetahui nama cucunya? Dimana yang mungkin ada akan menjadi ada jika pak marsigit memberitahunya. Maka hubungan antara yang ada yang mungkin ada ialah ilmu seperti informasi.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Yang menghubungkan yang ada dan yang mungkin ada adalah pikiran. Hal ini dikarenakan dunia adalah pikiranku. Jika aku mengatakan sesuatu itu ada, maka sebelumnya sudah terlintas dalam pikiranku tentang sesuatu yang mungkin ada tersebut sehingga yang mungkin ada itu menjadi ada.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Hubungan yang ada dan mungkin ada yaitu sesuatu yang mungkin ada belum tentu ada dalam kenyataannya. Maka yang mungkin ada memiliki peluang menjadi ada ketika dibuktikan dengan keberadaannya. Kita dapat membuktikan yang ada adalah dengan melihat dan merasakan sendiri. Sedangkan yang mungkin ada masih di dalam pikiran seseorang. Maka dalam hal ini yang ada dan mungkin ada adalah kesatuan dan keduanya merupakan bagian dari dunia ini.

    ReplyDelete