Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui apa makna yang diperoleh jika Lingkaran mempunyai panjang Jari-jari Tak Berhingga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

11 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Lingkaran yang mempunyai panjang jari-jari tak hingga ialah lingkaran yang hanya mampu diciptakan oleh Allah SWT. Lingkaran memiliki jari-jari tak berhingga panjangnya itu seperti halnya Tuhan memiliki kekuasaan yang tak berhingga. Secara nyata manusia akan sulit untuk membuat lingkaran tersebut. Seperti bumi ini, juga berbentuk lingkaran yang mempunyai diameter tak terhingga panjangnya yang merupakan ciptaan Tuhan. Karena sesuungguhnya Allah Maha Kuasa telah menciptakan bumi ini.

    ReplyDelete
  2. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Jika suatu lingkaran memiliki jari-jari limit mendekati no, maka sesuatu itu merupakan sesuatu yang sangat kecil sehingga tidak mampu kita lihat. Jika suatu lingkaran memiliki jari-jari yang berhingga, maka seusatu itu adalah sesuatu yang mampu kita jangkau, yaitu dunia ini. Dan jika suatu lingkaran memiliki jari-jari tak berhingga, maka sesuatu itu merupakan sesuatu yang begitu luas, yang meskipun kita merentangkan tangan kita tiada mampu menjangkaunya. Inilah sebenar-benar tempat hati, sesuatu yang tidak akan kita jangkau dengan pikiran. Inilah sebenar-benar keyakinan, yang tiada mampu kita jangkau dengan logika. Inilah sebenar-benar kuasa Allah SWT.

    ReplyDelete
  3. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Lingkaran yang mempunyai jari-jari tak berhingga panjangnya dapat saya tangkap sebagai gambaran alam semesta ini. Pusat dari lingkaran itu juga ada dimana-mana. Dapat saya katakan bahwa pusat itu adalah Allah SWT, sbagai pusat dri semua pergerakan alam semesta ini, sebagai pusat pengendali, penyeimbang dan adil.
    Ini mengandung maksud bahwa Allah selalu ada dimana kita berada, itulah bukti kekuasaan Allah, sehingga luas dan jangkauan alam semesta ini sangat luas dan tak terbatas atas kekuasaan dan kehendak Allah.

    ReplyDelete
  4. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Lingkaran berjari-jari tak berhingga merupakan suatu gambaran tentang kuasa tuhan. Kuasa tuhan tidak ada batasnya. Yang dapat kita lihat hanya sebagian kecil saja, sebagian besarnya dapat kita rasakan. Tidak akan ada habisnya jika kita hanya mengejar duniawi saja. Bersyukur adalah salah satu cara untuk bahagia yang paling sederhana.

    ReplyDelete
  5. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Manusia memiliki keterbatasan, termasuk pula keterbatasan pikirnya. menentukan sebuah angka tak terbatas saja merupakan hal yang tidak mampi dilakukan manusia karena keterbatasnnya. Sehingga membayangkan lingkaran dengan jari-jari tak terbatas adalah suatu hal yang tidak mampu dilakukan manusia. hal ini menunjukkan bukti mengenai manusia itu terbatas, dan ketidak terbatasan hanyalah kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    menurut saya makna dari lingkaran yang memiliki jari-jari tak hingga dalam filsafat ini sama halnya filsafat adalah infinite regreess. dalam mempelajari filsafat itu tak ada batasnya. sedalam-dalamnya, seluas-luasnya.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  7. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Suatu lingkaran memiliki jari-jari karena adanya tarikan suatu garis dari titik pusat menuju tepi garis yang mengelilingi titik pusat terebut. Jika panjang jari-jari tersebut tidak berhingga, memilik makna bahwa segala kemurahan, segala rahmat, segala rizki, dan segala sifat Allah yang 99 itu dapat diraih oleh seluruh hambanya meskipun Allah Esa, di mana keesaannya diibaratkan sebagai titik pusat dari lingkaran tersebut. Semakin jauh seorang hamba pada Tuhannya, maka jarak hatinya dengan Allah juga semakin panjang tak berhingga.

    ReplyDelete
  8. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Lingkaran yang memiliki jari-jari tak berhingga panjangnya gambaran dari cakupan kekuasaan Allah SWT yang tak berhingga luasnya dan tak sanggup untuk membayangkan apalagi mengukurnya.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Lingkaran berjari – jari tak berhingga panjangnya menurut pendapat saya adalah suatu bahasa analog yang menuntun kita untuk dapat memahami kekuasaan Tuhan yang tak terbatas atau tak berhingga. Lingkaran yang mempunyai jari – jari yang tak berhingga panjangnya dapat diartikan sebagai dunia ini, alam semesta dan segala isinya diciptakan oleh Tuhan atas ketidakterbatasan Tuhan dan kemahaagungan Tuhan, sedangkan pusatnya tak berhingga panjangnya adalah kekuasaan Tuhan yang tidak berhingga dan tak terbatas memiliki fungsi sebagai pencipta, pemelihara, pengendali segala yang ada dan yang mungkin ada di dalam alam semesta ini.

    ReplyDelete
  10. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Dalam konteks real di dunia yang kita tempati, konsep lingkaran mungkin dapat dilihat dari bentuk bumi itu sendiri. Bumi yang membentang dari inti bumi memiliki jari-jari yang dulunya belum dapat dihitung dan ditentukan, dengan kata lain tak terhingga pada jamannya. Jari-jari bumi tersebut, akan tetapi, menjadi berhingga dan dapat diukur oleh teknologi modern. Berangkat dari sebuah contoh ini, menurut saya lingkaran yang mempunyai panjang jari-jari tak berhingga mewakili sesuatu yang kita ketahui, tetapi belum sepenuhnya kita ketahui. Sebagaimana bumi yang kita ketahui bentuknya sekarang, kita belu dapat mengetahui dimana batas angkasa, sampai mana langit (luas langit alam semesta) itu sesungguhnya. Kita tahu bahwa langit itu luas, tetapi belum mampu menjelajahi ujungnya. Lingkaran dengan jari-jari yang tak berhingga panjangnya menunjukkan bahwa manusia itu tidak sempurna, terdapat suatu kuasa yang lebih besar yang tidak dapat kita jangkau. Terdapat kuasa yang tidak tergantung pada panjang, luas, dan waktu. Terdapat kuasa Tuhan yang mengatur keberhinggaan dan ketakberhinggaan dunia.

    ReplyDelete
  11. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Hubungan manusia dengan Allah, memiliki ciri khas yang menarik. Dalam menjalani hidup misalnya, manusia bebas melakukan apa saja demi memeroleh kebahagian, asalkan apa yang ia lakukan itu tidaklah bertentangan dengan ketentuan Allah. Setiap perbuatan yang dilakukan manusia tersebut memiliki patokan yang sama pada satu titik yang mengatur hidupnya, yaitu keimanan dan kepercayaannya. Jika ia mampu memenuhi setiap keinginannya tanpa mengabaikan jarak antara keimanan dan ketakwaannya dan tidak berjalan lebih jauh, maka hidupnya akan membentuk lingkaran sempurna, dimana kebahagiannya akan terus berputar terus-menerus.

    ReplyDelete