Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui apa makna yang diperoleh jika Lingkaran mempunyai panjang Jari-jari Tak Berhingga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

21 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Manusia dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, sehingga jari- jari lingkaran yang tak berhingga juga tak mampu untuk mengetahuinya. Dimana lingkaran yang panjang jari- jarinya tak berhingga hanya mampu diciptakan oleh Allah SWT. Kita tidak akan mampu melampaui dari KuasaNya. Karena kita hanyalah bagian dari yang diciptakanNya.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya, maka pusatnya ada dimana-mana. Lingkaran tersebut adalah kekuasaan Allah SWT yang tak berhingga, Yang Maha Esa, walaupun satu tetapi berada di mana-mana. Allah SWT selalu ada dimanapun kita berada. Yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak, semua yang terjadi di dunia ini ada dalam pengawasan Nya dan berdasarkan kehendak Nya.

    ReplyDelete
  4. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Bumi adalah bulat dengan jari-jari tak berhingga. Hal ini merupakan bukti kekuasaan Tuhan yang Maha Esa. Hidup ini bagaikan lingkaran, ketika kita mengejar dunia maka tempat kembali hanyalah tetap yaitu Allah SWT. Lingkaran yang dimaksud adalah kekuasaan Allah dan jari-jarinya adalah nikmat dan rahmat-Nya. Maka sesungguhnya nikmat-Nya kitak pernah mencapai batas pada hamba-hamba-Nya. Allah memang Esa namun Allah berada di mana-mana.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam menjalankan hidupnya manusia bebas melakukan hal apa saja demi memperoleh kebahagian dunia, asalkan apa yang ia lakukan itu tida bertentangan dengan ketentuan Allah SWT. Setiap perbuatan yang dilakukan memiliki patokan yang sama pada satu titik sang pengatur hidup yaitu keimanan. Jika manusia mampu memenuhi setiap keinginannya tanpa mengabiakn jarak antara iman dan takwa dan tidak berjalan lebih jauh, maka hidupnya akan membentuk lingkaran sempurna dimana dirinya akan dikelilingi kebahagiaan yang terus menerus.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kita sudah mengenal tentang lingkaran dan jari-jari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Lalu bagaimana jika lingkaran mempunyai panjang jari-jari tak berhingga? Pasti kita membutuhkan kertas seluas seluruh alam semesta ini untuk menggambar lingkaran tersebut. Itu lah kuasa Tuhan, hanya Tuhan lah yang mampu membuat lingkaran dengan panjang jari-jari tak berhingga, yaitu berwujud seluruh sistem tata surya ini. Sudah sepantasnya bahwa kita sebagai manusia merasa kecil dihadapan Tuhan. Maka mohon ampunlah atas segala bentuk kesombongan kita.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Lingkaran berjari – jari tak berhingga panjangnya menurut pendapat saya adalah suatu bahasa analog yang menuntun kita untuk dapat memahami kekuasaan Tuhan yang tak terbatas atau tak berhingga. Lingkaran yang mempunyai jari – jari yang tak berhingga panjangnya dapat diartikan sebagai dunia ini, alam semesta dan segala isinya diciptakan oleh Tuhan atas ketidakterbatasan Tuhan dan kemahaagungan Tuhan, sedangkan pusatnya tak berhingga panjangnya adalah kekuasaan Tuhan yang tidak berhingga dan tak terbatas memiliki fungsi sebagai pencipta, pemelihara, pengendali segala yang ada dan yang mungkin ada di dalam alam semesta ini.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Lingkaran tersebut dapat dianalogikan sebagai ilmu atau pengetahuan yang tersebar begitu banyak di dunia ini. Begitu banyak ilmu yang diciptakan oleh Allah SWT baik itu sifatnya duniawi ataupun ilmu akhirat untuk menopang dan membangun peradaban manusia yang lebih maju. Semakin kita mendalami suatu ilmu maka semakin kita akan sadar bahwa masih banyak ilmu-ilmu lain yang belum disentuh atau dikaji lebih mendalam oleh orang-orang atau ahli-ahli. Yang kedua dalam aspek agama lingkaran yang demikian menurut saya dapat juga dianalogikan sebagai sifat Ar-Rahman atau Maha Pengasih. Maha Pengasih di sini adalah dalam artian bahwa Allah SWT mempunyai sifat yang pengasih terhadap seluruh makhluknya, baik itu untuk orang yang beriman maupun tidak beriman. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT mempunyai sifat kasih yang begitu luas bagi seluruh makhluknya. Selain itu ini juga dapat diartikan sebagai sifat Maha Pengampun Allah SWT. Karena meskipun telah berbuat dosa yang begitu banyak, begitu besar Allah tetap memberikan kesempatan bagi kita untuk bertobat dan menyadari keseluruhan dosa-dosa kita.

    ReplyDelete
  9. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya dianalogikan sebagai kekuasaan Tuhan yang tak berhingga kekuasaanNya. Ia sebagai pusat dari pergerakan alam semesta, Ia sebagai pusat pengendali. Ia sebagai penyeimbang dan Ia yang memiliki keadilan. Ia ada dimana-mana, memperhatikan manusia dalam segala hal yang manusia lakukan.

    ReplyDelete
  10. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa luasnya, betapa besarnya, betapa tak berhingganya kekuasaan Allah SWT. Kita sebagai manusia biasa bahkan tidak akan mampu untuk membayangkannya karena kita hanyalah satu diantara ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Lingkaran dengan jari-jari tak berhingga mengibaratkan kekuasaan Tuhan akan kehidupan ini. jari-jari merupakan batasan dari sebuah lingkaran dan seperti yang kita tahu, Tuhan itu tak terbatas baik dalam pikiranNya, dalam kasihNya dan dalam perkerjaanNya. Karena Tuhan tidak terbatas, maka Tuhan dapat dianalogkan debagai lingkaran dengan jari-jari tak berhingga.

    ReplyDelete
  12. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Lingkran dengan jari-jari tak berhingga juga dapat dibaratkan sebagai pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu tidak berhingga banyaknya, tidak ada batasannya. Itulah mengapa manusia dengan kemampuan yang terbatas akhirnya membagi-bagi aspekk pengetahuan hanya satu untuk dipelajari. Namun, aspek yang satu itupun memiliki hal yang ter terhingga banyaknya untuk dibahas. Dengan demikian, ilmu pengetahuan yang ada di bumi ini pun dapat diibaratkan sebagai lingkaran dengan jari-jari tak berhingga. Lalu bagaimana sikap kita? Jika ilmu pengetahuan tak terbatas, berusaha seaik-baiknya untuk mempelajari hal tersebut dan terus belajar untuk bersyukur karena kebesaran Tuhan.

    ReplyDelete
  13. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Lingkaran dan jari-jari mengibaratkan manusia dan pikirannya. Bagai jari-jari yang adalah bagian dari lingkaran, pikiran adalah bagian dari kehidupan manusia. Banyak pemikiran yang ada dalam benak manusia, dan pemikiran itu bersumber atau berpusat pada hati yang tidak lain tidak bukan adalah iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan yang Maha Esa. Tuhan YME sebagai pusat dari segala pikiran dan kehidupan manusia. Jari-jari dalam lingkaran memiliki batasan yaitu keliling lingkaran, hal ini berarti pikiran manusia juga mempunyai keterbatasan, keterbatasan tersebut ada agar manusia tidak menjadi sombong dengan apa yang dapat dipikirkannya. Lingkaran dengan panjang jari-jari tak berhingga mengakibatkan ketidakteraturan dalam lingkaran tersebut, hal ini berarti jika manusia memiliki pikiran tak hingga tanpa batasan maka manusia pun akan mengalami ketidakteraturan dalam hidup sehingga dapat melupakan pusat dari hidupnya yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  14. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Lingkaran yang mempunyai panjang jari-jari tak terhingga menurut saya adalah akan menerupai bumi ini ataupun bahkan angkasa ataupun bahkan sampai tingkatan langit. karena lingkaran yang panjang jari-jarinya tak terhingga akan memiliki luasan yang sangat luas dan keliling yang sangat panjang. oleh karenanya menurut bayangan saya akan menyerupai bumi ini bahkan angkasa luar.

    ReplyDelete
  15. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Lingkaran berjari-jari tak hingga menggambarkan kekuasaan Tuhan. Lingkaran bejari-jari tak hingga pusatnya ada di mana-mana, sama seperti kekuasaan Tuhan yang berada di mana-mana. Manusia hanya bisa berada di suatu tempat karena manusia terikat oleh ruang dan waktu. Pikiran manusia bisa dengan cepat berpindah dari waktu ke waktu, dari ruang ke ruang, namun pikiran manusia hanya dapat memikirkan sesuatu tanpa memikirkan yang lain.

    ReplyDelete
  16. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari ilustrasi di atas, menurut saya lingkaran tersebut dianalogikan sebagai pengetahuan atau ilmu yang kita miliki. Lalu, jari-jari yang tak berhingga tersebut merupakan cara atau usaha-usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan ilmu. Maka dalam kehidupan, tidak ada batas kapan kita berhenti mencari ilmu dan tidak ada seseorangpun yang telah memiliki seluruh ilmu.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Jari-jari lingkaran adalah garis dari titik pusat lingkaran ke lengkungan lingkaran. Semakin panjang jari-jari maka luas daerah lingkaranpun akan semakin besar dan keliling lingkaranpun akan semakin panjang. Bila sebuah lingkaran memiliki jari-jari yang tak terhingga, maka luas dan kelilingnya pun akan semakin tak berhingga. Bila lingkaran dengan jari-jari tak terrhingga dibawa ke dalam kehidupan, ini seperti kekuasaan dan nikmat Allah SWT yang tidak terhingga, sangat luas cakupannya. Maka selalulah bersyukur atas segala nikmat-Nya.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lingkaran berjari-jari tak berhingga panjangnya merupakan gambaran yang ada dalam kehidupan ini, bahwa pengetahuan dan nikmat dari Allah SWT ini tak berhingga banyaknya dan berpusat pada satu titik, yaitu pelaku kehidupan (manusia). Lingkaran ini memiliki titik pusat, jari-jari, keliling dan luas. Sejauh mana manusia mengambil jari-jari itu, maka sebesar dan seluas itulah pengetahuan yang kita usahakan atau kita berusaha cari, sedangkan sebenarnya masih ada pengetahuan lain yang tak terpikirkan manusia. Sejauh mana manusia mengambil jari-jari itu, maka sebesar dan seluas itulah rasa syukur kita terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT. Maka kita sebagai manusia haruslah bersyukur atas tak berhingga banyaknya kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Jika dilihat dari judulnya, terdapat daya tarik sendiri. Karena sejauh definisi lingkaran adalah memiliki jari-jari yang berhingga. Sehingga elegi ini menghasilkan kontradiksi bagi yang mencoba memikirkannya. Jelas yang ditulis sebagai lingkaran disini merupakan bahasa kiasan. Dimana untuk mengartikannya, sangat terbuka untuk dikatakan menjadi apa, tidak terikat oleh ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  20. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai contoh pada kesempatan ini saya artikan bahwa lingkaran, setara dengan kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikirannya. Titik pusatnya adalah otak manusia, yang berjarak sama terhadap titik-titik terjauh yang dapat dicapainya. Dan seberapa jauh jarak tersebut terhadap pusat pikiran manusia, tidak dapat dinyatakan dalam satuan panjang. Tidak dapat dikira-kira pula.

    ReplyDelete
  21. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lingkaran yang berjari-jari tak terbatas bisa diandaikan dengan kuasa Tuhan yang tak terbatas oleh apapun juga. Tidak ada satupun yang dapat membatasi gerak dan karya Tuhan semesta alam. Manusia hanya dapat menyaksikan perbuatan tangan Tuhan tanpa bisa menjangkau kemahakuasaanNya.

    ReplyDelete