Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk mengetahui apa makna yang diperoleh jika Lingkaran mempunyai panjang Jari-jari Tak Berhingga.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Makna filsafat dari lingkaran yang jari-jarinya tak terhingga adalah jika lingkaran jari-jarinya tak berhingga, maka pusatnya ada di mana-mana. Itulah bahasa analog sebagai alat agar kita mampu memahami kekuasaan Tuhan yang tak berhingga, sehingga Tuhan yang Esa, walaupun satu tetapi berada di mana-mana. ‘berada di mana-mana’ di sini memiliki arti yang seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Kita tidak boleh mengartikannya secara logika, tetapi harus secara hati. Yang dimaksud Tuhan yang Esa ada di mana-mana adalah Tuhan itu hanya ada stu. Tetapi hadir di setiap hati hamba-hambanya dan selalu dipikirkan oleh hamba-hambanya.
    Tidak ada cara cepat mempelajari filsafat karena filsafat tidak dapat dipelajari secara instan. Satu-satunya cara adalah dengan terus membaca. Yang dibaca adalah sumber-sumber yang berupa pemikiran-pemikiran para filsuf yang merentang dari waktu ke waktu. Pemikiran-pemikiran inilah yang nantinya menjadikan seseorang mampu berfilsafat. Oleh karena itu jika kita ingin belajar filsafat, maka kita harus mempelajari pemikiran beberapa filsuf dan bukan hanya pemikiran satu filsuf. Adalah omong kosong jika kita ingin mempelajari filsafat tetapi tidak mempelajari pemikiranpara filsuf. Jika dalam psesi tanya jawab mahasiswa masih mendapatkan nilai rendah bahkan nol berarti tandanya mahasiswa tersebut masih kurang ilmunya. Dengan kata lain masih harus lebih banyak membaca dan membaca.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete