Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 32: Ilmu Tentang Semua Hukum-hukum




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya bahwa ditengah-tengah yang semuanya tampak seperti tidak teratur, ternyata aku menemukan bahwa Filsafat adalah Ilmu yang Mempelajari Tentang Segala Aturan-aturan atau Hukum-hukum

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut saya uraikan tesis-tesis nya:
    Di tengah kehidupan modern seperti saat ini, orang-orang hidup dengan tidak teratur. Makan tidak teratur, tidur tidak teratur, berperilaku tidak teratur, bahkan berpikir atau memiliki keyakinan yang tidak teratur. Orang-orang makan makanan instan lalu tidur siang bangun malam, memakai pakaian yang kurang bahan dan berjalan lalu lalang dan menghabiskan uang di mall untuk berbelanja barang-barang yang tidak penting. Orang-orang sibuk mementingkan diri sendiri . Ada pula yang berpikir untuk menemukan zat tuhan. Sungguh kehidupan yang semrawut dan tidak teratur.
    Berikut anti-tesis dari tesis di atas:
    Tetapi ternata orang-orang yang berjalan-jalan di mall dan berbelanja itu bisa dikategorkan dengan hedonisme. Semua kegiatan berfoya-foye dan menghambur-hamburkan uang demi kesenangan itu disebut hedonis. Lalu ketidakpedulian orang-orang terhadap sesamanya atau lebih mementingkan diri sendiri itu dikategorikan manusia yang individualisme. Berarti seseorang yang mementingkan diri sendiri itu disebut individualis. Orang-orang yang sibuk mencari zat tuhan itu berarti tidak mempercayai kuasa tuhan dan mencoba menyamakan tuhan dengan makhluk ciptaannya, sama saja mereka tidak percaya adanya tuhan. Orang-oarang yang tidak percaya adanya tuhan disebut sebagai atheis. Itulah paham-paham yang merupakan pemikiran-pemikiran para filsuf. Baik Hedonisme, Individualisme maupun Atheisme memiliki aturan-aturan dan hukum-hukum yang menyebabkan seseorang dapat digolongkan kedalamnya. Ternyata filsafat itu adalah ilmu yang mempelajari tentang segala aturan-atauran atau hukum-hukum.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete