Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 31: Pikiranku Tidak Mampu Memikirkan Semua Relung Hatiku




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Pikiranku Tidak Mampu Memikirkan Semua Relung Hatiku.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

22 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Hati sangat erat kaitanya dengan pikiran, dimana kita dapat berpikir dengan baik jika hati kita dalam kondisi baik. Ketika hati risau, otomatis tidak bisa berpikir jernih, tetapi terkadang kita sendiri bingung apa yang sebenarnya menyebabkan hati kita risau yang dapat mengacaukan pikiran. Sehingga maka dari itu kita perlu membuka relung hati kita dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara selalu mengingatNya. Karena pikiran itu juga dihasilkan dari hati kita, maka pikiran tidak mampu memikirkan semua yang ada dalam relung hati ini.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia adalah makhluk yang terbatas dan tidak sempurna. Sehebat-hebatnya pikiran saya, saya tak mampu memikirkan semua yang ada di relung hati. Ibarat pepatah yang mengatakan bahwa dalamnya lautan dapat diukur, dalamnya hati siapa tahu. Semua yang ada dalam hati kita, tidak akan mampu pikiran kita untuk memikirkan semuanya. Ketika hati kita sudah menyentuh pada ranah keyakinan (spiritual), maka apalah daya pikiran kita untuk memikirkannya. Pikiran saya tidak mampu menjelaskan keyakinan dalam hati ini. Sehingga saya menemukan bahwa pikiran saya tidak mampu memikirkan semua yang ada di relung hati. Itu lah saya, manusia yang penuh keterbatasan.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pikiran,itulah batas kemampuan pikiran manusia. Ada hal yang tak bisa di pikirkan manusia namun hati bisa merasakannya. Seperti pada saat ada keinginan di relung hati tapi pikiran tidak bisa membaca hal itu. Sehingga dalam pikiran kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya kita inginkan. Selanjutnya ketika kita melihat orang tersakiti akan suatu hal seketika juga hati bisa merasakan namun pikiran tidak mampu mengetahui dan menjelaskan apa yang kita rasakan.

    ReplyDelete
  4. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pikiran,itulah batas kemampuan pikiran manusia. Ada hal yang tak bisa di pikirkan manusia namun hati bisa merasakannya. Seperti pada saat ada keinginan di relung hati tapi pikiran tidak bisa membaca hal itu. Sehingga dalam pikiran kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya kita inginkan. Selanjutnya ketika kita melihat orang tersakiti akan suatu hal seketika juga hati bisa merasakan namun pikiran tidak mampu mengetahui dan menjelaskan apa yang kita rasakan.

    ReplyDelete
  5. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pikiran manusia memiliki keterbatasan. keterbatasan dalam memahami isi relunghatinya sendiri. Pikiran tak akan mampu secara sempurna mengungkapkan isi relunghati yang paling dalam. Hingga pada akhirnya kadang pikiran tak sesuai dengan isi hati.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kita tidak bisa memikirkan semua isi hati kita. Karena memang dalam hidup ini ada sesuatu yang cukup kita yakini saja dan ada sesuatu yang menuntut kita untuk berpikir dahulu agar kita tidak tersesat dalam menjalani hidup ini. Hal-hal yang cukup dirasakan dan diyakini dalam hati yaitu urusan hubungan kita dengan Sang Pencipta. Justru ketika kita semakin memikirkan, semakin mengkritisi, kita terancam semakin jauh dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pikiran terkadang tidak sejalan dengan apa yang kita rasakan. Pikiran itu tidak sejalan dengan perasaan. Pikiran memikirkan bisnis untuk rugi dalam apa yang kita lakukan namun persaan tidak, perasaan lebih mementingkan kepentingan untuk mebahagiakan orang lain tanpa memikirkan untung rugi. Jadi menurut saya apa bila pikiran tisak mempu memikirkan semua relung hatiku, maka saya sependapat karena tidak semya pikiran kita dapat mewakili dari setiap perasaan yang ada dalam hati kita. Semoga kita semakin mengerti akan hati kita untuk selalu berfikir mana yang lebih baik mengikuti hati kita atau menikuti pikiran kita, keduanya ada tempat, ruang dan waktu untuk mempergunakannya.

    ReplyDelete
  8. Ajeng Puspitasari / 14301241005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Setiap hal yang terjadi, relung hati ini pun ikut merasakannya. Ya, hati ini ialah detektor dan perasa tingkat satu. Hati mampu merasakan apa yang bahkan tidak dapat dicerna oleh pikiran. Hati juga mampu merasakan apa yang bahkan sulit dinalar oleh pikiran. Terkadang, hati dan pikiran juga dapat bertolak belakang. Pikiran pun tak mampu memahami kenapa hati berkata demikian. Itulah mengapa, pikiranku tidak mampu memikirkan setiap hal pada relung hatiku.

    ReplyDelete
  9. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pepatah mengatakan bahwa dalamnya laut dapat diukur, dalamnya hati siapa tahu. Isi hati seseorang memang tidak ada yang tahu. Begitu juga dengan isi hati masing-masing. Pikiran bisa memikirkan banyak hal tetapi tidak mampu menjangkau segala relung hati. Hati seakan terkait erat dengan perasaan. Dan terkadang pikiran kita tidak bisa menjelaskan mengenai alasan-alasan bagaimana berbagai perasaan dapat menjangkit di relung hati kita.

    ReplyDelete
  10. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam hadits Rasulullah saw dikatakan bahwa di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, apabila segumpal daging tersebut baik maka baik jugalah seluruh tubuh, begitupun sebaliknya apabila segumpal daging tersebut buruk (tidak baik) mak tidak baik pulalah seluruh tubuh. Dan segumpal daging tersebut adalah hati. Hati memang menjadi suatu misteri dalam kehidupan manusia. Terkadang kita sedih, kita senang, marah, dan sebagainya di mana pikiran tidak mampu untuk memikirkannya apa penyebab ke semua itu. Dengan hati juga membuat tingkat keimanan manusia kepada penciptanya dapat naik dan turun. Imam asy-Syaukani berkata, “Harta dan kerabat tidak bisa memberikan manfaat kepada seseorang pada hari kiamat. Yang bisa memberikan manfaat kepadanya hanyalah hati yang selamat. Dan hati yang selamat dan sehat adalah hati seorang mukmin yang sejati". Oleh karena itu ,mari kita kita menjaga hati kita agar tetap menjadi hati-hati yang bersih yang dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.


    ReplyDelete
  11. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Ketika aku berusaha mensintesiskan hati dan pikiranku, apa yang aku pikirkan akan sintesis dengan apa yang diucapkan oleh hati. Pikiran dan hati adalah dua hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Untuk medapatkan ilmu manusia membutuhkan kecerdasan pikiran dan untuk memaknai ilmu dengan baik tidak cukup hanya dengan pikiran tetapi juga dengan hati yang ikhlas.

    ReplyDelete
  12. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Manusia dianugerahi akal untuk berpikir dan memecahkan masalah serta dianugerahi hati untuk memahami realitas. Pikiran mencakup yang ada dan yang mungkin ada, kita bisa memikirkan sesuatu yang sudah kita alami atau belum kita alami, itulah cakupan yang ada dan yang mungkin ada. Namun hati juga merasakan sesuatu yang pernah aku alami, atau yang belum pernah aku alami bahkan yang tidak mampu kita pikirkan. Ketika kita dihadapkan pada suatu pilihan yang sama-sama logis, mungkin pikiran kita akan kesulitan untuk memilih. Ketika pikiran tidak mampu untuk memilih, maka hatilah yang mungkin akan mampu memilih. Hati dapat memutuskan apa yang tidak dapat diputuskan oleh pikiran kita. Sehingga pikiranku tidak mampu memikirkan semua relung hatiku.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pikiran terletak dalam dimensi normatif, sedangkan relung hatiku terletak dalam dimensi spiritual. Dengan hal ini pun bisa dilihat, bahwa memiliki perbedaan dimensi, dimensi spiritual pun terletak diatas dimensi normatif. Hal ini bermaksud bahwa semua perkara yang ada di dalam hati manusia tidak akan bisa dipikirkan oleh pikiran manusia. Hati adalah tempatnya Tuhan, sedangkan pikiran adalah kemilikan manusia yang terbatas.

    ReplyDelete
  14. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    segala sesuatu yang kita pikirkan dikendalikan oleh hati. Apa yang ada dalam relung hati kita tidak semua dapat dipikirkan. Hal ini dikarenakan berbagai hal yang kita pikirkan mempunyai cakupan yang luas dan dalam, sehingga kita perlu menggunakan hati untuk dapat menjernihkan pikiran kita. Pikiran kita tidak dapat mengartikan apa yang ada dalam hati kita, karena hatilah yang mengarahkan pikiran.

    ReplyDelete
  15. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    misalnya, saat hati kita jernih, semua yang kita pikirkan adalah hal yang positif. Saat hati kta mulai kotor, misalnya saja saat kita mulai iri pada orang lain, pikiran yang ada hanyalah akan mecari cari kesalahan orang itu kemudian kita mulai mengucapkan hal-hal yang jelek tentang dia dan kemudia melakukan hal yang jahat padanya. Kita dapat memikirkan banyak kata untuk mendefinisikan hati yang jernih, tapi itu hanya mampu mendefinisikan sebagian kecil dari hati yang jernih. Yang saya sebutkan hati yang jernih, hati yang kotor pun banyak sekali definisinya.

    ReplyDelete
  16. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pikiranku tidak mampu memikirkan semua relung hatiku. Di dalam pikiranku mungkin lebih banyak logika ketimbang dengan hatiku yang terlalu melibatkan banyak perasaan dan kurang berfikir akan logika. Hati yang telah berkecamuk tidak dapat dikendalikan oleh pikiran, oleh karenanya dapat membrontak. tetapi perlu keseimbangan antara hati dan pikiran sehingga akan tercipta jiwa yang damai dan tentram.

    ReplyDelete
  17. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hati dan pikiran merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya memiliki batas dan ranah masing-masing. Pikiran manusia memiliki batas, sehingga manusia tidak dapat memikirkan segala hal, termasuk memikirkan hatinya. Manusia tidak akan mampu memikirkan senang, sedih, marah, dan kecewa dengan sedalam-dalam dan seluas-luasnya. Apalagi memikirkan semua yang ada di hatinya.

    ReplyDelete
  18. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Manusia memiliki terbatasan dalam berpikir. ketika manusia dihadapkan dalam berbagi situasi dan masalah, terdapat manusia yang mampu mengatasinya tetapi tidak sedikit juga yang mengalami keguncangan jiwa dan pikirannya. Untuk itu ketika manusia dihadapkan dalam permaslahan sebaiknya segeralah diselesiakan agar tidak menumpuk-numpuk.

    ReplyDelete
  19. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    semua yang ada dalam hati dapat mempengaruhi mood kita. tetapi pikiran tetap selalu berjalan sebagaimana semestinya. jika hati sedang terguncang, tetap saja pikiran selalu bekerja sbagaimana semestinya. dia tetap berpikir rasionalis dan mengabaikan hati yang sedang terguncang.

    ReplyDelete
  20. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Berdasarkan forum-forum sebelumnya, telah disebutkan bahwa kegiatan tidak mampu mengikuti tulisan. Kemudian tulisan tidak mampu mengikuti perkataan. Sedangkan perkataan tidak mampu mengikuti pikiran. Sekarang disuguhkan semua pernyataan bahwa pikiran tidak mampu mampu memikirkan semua relung hati. Hal ini menunjukkan bahwa hatilah yang paling berkuasa. Hati adalah raja. Segumpal daging yang apabila dia bersih, maka baiklah semua anggota badan kita atau perbuatan kita. tetapi apabila kotor maka buruklah semua tubuh atau perbuatan kita. katakanlah bahwa segumpal daging itu yang kita sebut dengan hati.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pikiranku Tidak Mampu Memikirkan Semua Relung Hatiku. Ini merupakan perluasan dari forum tanya jawab yang sebelumnya. Ketika kita memikirkan sesuatu, maka ada hal-hal terselip yang masih tersimpan dalam relung hati kita dan tidak mampu kita pikirkan. Misalnya saja sebuah keyakinan, terkadang keyakinan itu tak mampu dijelaskan oleh pikiran atau logika, tapi di dalam hati kita tertanam keyakinan itu. Maka yanga da di dalam hati lah yang paling luas dibandingkan dengan apa yang mampu kita pikirkan.

    ReplyDelete
  22. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dengan segala keistimewaan yang mereka miliki, terkadang orang melihat sosok manusia pemikir dan penggerak ini dalam wujud seorang warga negara yang berbakti kepada negara, seorang aktivis yang memiliki pemikiran cemerlang, seorang ilmuwan yang brilian, seorang seniman ulung yang kreatif, seorang negarawan, atau satu pribadi yang mampu menghimpun sekian banyak kelebihan. Akhir-akhir ini kita dapat menemukan begitu banyak ilmuwan dan aktivis yang memiliki salah satu di antara beberapa sifat yang kita bicarakan di atas. Di antara mereka ada orang-orang yang pemikirannya mendahului perbuatannya. Di antara mereka ada orang-orang yang pemikirannya seiring dengan perbuatannya. Dan di antara mereka ada orang-orang yang perbuatannya saja yang terlihat sementara pemikirannya tetap mereka simpan dalam hati.

    ReplyDelete