Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

12 comments:

  1. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Penguasa dunia adalah mereka yang dapat memberikan pengaruh yang besar bagi bangsa lainnya dan membuat bangsa yang lain merasa sangat membutuhkannya. Karena pada jaman sekarang sudah banyak pengaruh-pengaruh asing yang mempengaruhi bangsa-bangsa lainnya, dan pengaruhnya itu tidak secara langsung, tetapi melalui hal-hal yang ada di sekitar kita. Contohnya saja dari media sosial, internet, smartphone, acara TV, dll. Ideologi mereka disebarkan untuk memberikan pengaruh pada bangsa lain. Oleh karena itu kita dianggap sebagai enguasa dunia jia kita mengontrol, menyaring segala sesuatu informasi dan mampu menyesuaikan diri atau mampu menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  2. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi penguasa dunia. Saat ini, orang yang mengembangkan teknologi dan informasi diakui sebagai penguasa dunia. Bagaimanapun juga teknologi dan informasi adalah suatu bidang yang sangat berpengaruh terhadap peradaban dan perubahan perilaku manusia saat ini. Namun pada dasarnya penguasa dunia itu tidak ada.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Aku melihat bahwa calon penguasa dunia berseru-seru, berkampanye, ia berkata akan melindungi yang lemah, memberikan kesejahteraan bagi yang lemah. Aku melihat bahwa calon penguasa dunia berbisik-bisik dengan para penguasa lainnya, ia berkata akan memberikan keuntungan bagi para penguasa. Tetapi akupun dapat melihat bahwa ketika calon penguasa dunia menjadi menguasa dunia, ia lupa akan perkataanya. Sang penguasa dunia lupa melindungi rakyatnya, ia bahkan hanya menjilat dihadapan para penguasa lainnya. Dan yang sebenar-benar ia lakukan adalah mensejahterakan dirinya. Maka aku melihat sang penguasa dunia ialah ia yang bermuka banyak.

    ReplyDelete
  4. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Penguasa dunia adalah sang multifacet, multifacet saya artikan sebagai seseorang yang mampu menempatkan diri dalam ruang dan waktu, serta mampu menjalankan perannya dengan baik. Di saat kita menyadari di ruang mana dan waktu yang seperti apa kita, maka dengan mudah semua hal akan mampu kita lakukan, tentunya sesuai dengan kemampuan kita sebagai manusia. Mampu menempatkan diri bisa dalam maksud yang positif bisa juga dalam maksud negatif, saat kemampuan menempatkan diri digunakan dalam hal yang positif tentunya menghasilkan sesuatu yang positif, jika digunakan dalam hal negatif tentu sangat merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  5. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya, multi facet adalah banyak segi atau berbagai sisi. Hal ini menunjukkan bahwa penguasa dunia memiliki berbagai macam sisi yang berbeda sesuai dengan sisi mana yang akan ia gunakan, menghadapi orang yang beraneka ragam agar bisa menjadi penguasa, tentu ia membutuhkan banyak sisi dari dalam dirinya. Hal ini juga menuynjukkan seseorang memiliki pengaturan yang baik dalam dirinya agar mampu menyeimbangkan sisi yang ia miliki.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebenar-benar penguasa dunia yang kekal dan absolut adalah Tuhan semesta alam Allah SWT. Tiada satu hal pun yang dapat membandingkan segala sifat-Nya. Jika diturunkan, penguasa dunia adalah sang multi facet. Multi face bisa dikatakan positif , bisa juga dikatakan negatif, tergantung bagaimana sang pemimpin tersebut menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktunya. Jika sang pemimpi mampu menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktu, maka dia menjadi orang yang mampu memposisikan dirinya sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya, tetapi jika multi face tetapi ttidak sesuai dengan ruang dan waktunya, dia akan menjadi orang lain dengan melakukan sesuatu melebihi batas yang sebenarnya ttidak sanggup ia lakukan, sehingga dia melakukan segala cara.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Multifaceted dapat diartikan dengan memiliki banyak aspek. Setiap orang adalah pemimpin atau penguasa setidaknya untuk dirinya sendiri. Seorang penguasa atau pemimpin di dunia haruslah memiliki keunggulan dalam banyak aspek seperti kecerdasan intelegensi di berbagai bidang, kecerdasan emosional, maupun kecerdasan spiritual. Dengan keunggulannya dalam banyak aspek ini maka dapat lebih visioner dan tajam pemikirannya untuk mengelola dunia yang dipimpin demi kemaslahatan umat manusia.

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Penguasa dunia adalah mereka yang mampu menpengaruhi maupun memberi pengaruh pada orang lain. Multi face yaitu memiliki banyak sis atau wajah. Mengapa mereka lebih memiliki potensi dan dikatakan sebagai penguasa dunia sebab multi face handal dalam menempatkan diri dan memanfaatkan situasi, selain itu mereka punya banyak cara untuk mengusahakan keberhasilannya. Ibarat kata “ sepandai-pandainya orang yng multi talent, masih kalah dengan orang yang multi-face” sebab multi face melakukan segala cara untuk menguasai dunia.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Penguasa dunia merupakan dia yang multifacet. Penguasa dunia multifacet saya berpendapat bahwa untuk menjadi penguasa dunia seseorang haruslah mempunyai berbagai macam sisi di dalam ilmu yang dimilikinya. Ilmu itu akan membawa dampak semakin bijaksana dalam memimpin dan menguasai dunia. Kadang menjadi penguasa haruslah multifacet, tak memperdulikan hal-hal yang hanya mengganggu kebijakan-kebijakannya. Penguasa dunia multifacet juga harus mampu melihat suatu permasalahan secara multifacet. Tidak terpaku pada satu sisi tertentu sehingga akan menghasilkan keputusan tindakan yang lebih mendatangkan manfaat.

    ReplyDelete
  11. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Multifacet, menurut pengetahuan saya, dapat dibedakan menjadi 2 hal, multi facet yang positif dan negatif. Multi yang artinya banyak, dan face artinya wajah, jika digabungkan berarti kemampuan seseorang untuk melihat semua kondisi (face) yang ada di dirinya dan di sekitarnya. Secara umum, kemampuan seperti ini adalah kemampuan yang biasa dimmiliki oleh seorang pemimpin, seorang penguasa. Sehingga, jika kau ingin menjadi penguasa dunia, kuasailah duniamu sendiri terlebih dahulu, kuasailah pikiran dan perbuatanmu terlebih dahulu. Setelah itu, jadilah orang yang bisa melihat suatu hal dari beberapa sudut pandang, jadilah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, memiliki pengalaman yang beragam sehingga lebih unggul dari orang lain. Dalam kaitannya dengan penguasa dunia, multifacet secara positif mampu melihat hal secara keseluruhan dari beberapa sudut pandang dengan dibumbui sifat jujur. Sedangkan secara negatif, multifacet adalah penguasa yang memang mampu melihat segala hal dari beberapa sudut pandang yang berbeda, akan tetapi dalam melakukan hal tersebut, orang tersebut tidak jujur pada dirinya sendiri maupun orang lain. Menurut saya, penguasa dunia yang sebenarnya adalah dia sang multifacet positif, yang mampu melakukan perubahan dan memberikan manfaat untuk orang lain dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  12. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Penguasa, orang yang memiliki suatu kuasa. Kuasa yang ia berikan dapat terhadap dirinya sendiri atau orang lain. Penguasa dunia, memiliki kuasa terhadap dirinya sendiri dan orang lan. Penguasa dunia dapat menempatkan diri dengan baik atau buruk tergntung kepada perlakuan yang ia lakukan. Tindakan apa saja yang telah ia lakukan atau berikan sehingga gelar penguasa dunia bisa melekat pada dirinya. Penguasa dunia tentu berbeda dibandingkan dengan orang biasa, penguasa dunia memiliki sesuatu yang spesial, istimewa dan kuat sehingga dapat menguasai dunia.

    ReplyDelete