Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

31 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Penguasa dunia yang sang Multi Facet, tiada lain yang dimaksudkan adalah Allah SWT yang menciptakan dunia ini, mengatur pergerakan jagat raya, sehingga tidak satu pun saling bertabrakan dan keluar porosnya. Dengan sifat yang Maha Nya, Maha berkuasa, maha melihat, maha mendengar, maha berkehendak dan sebagainya, maka tidak ada satu pun di dunia ini yang luput dari pengawasannya. Beda halnya dengan penguasa yang berkuasa di negara – negara maju atau Negara adidaya misalkan Amerika pengawasannya dan pengetahuannya dan ketelitiannya sangat terbatas, mereka tidak akan pernah mengetahui dengan pasti sampai kapan mereka mampu berkuasa memegang kekuasaannya untuk mengatur dunia, apakah masih sampai untuk satu tahun ke depan atau bisa saja terjadi kekuasaan mereka berakhir satu jam bahkan satu menit yang akan datang.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Penguasa dunia dapat diartikan sebagai penguasa struktur, tatanan, atau lingkup kehidupan manusia, koʹsmos mempunyai arti yang serupa dengan kata Yunani ai•onʹ. Dalam beberapa kasus kedua kata tersebut hampir bersinonim. Misalnya, Demas dilaporkan telah meninggalkan rasul Paulus karena ia ”mengasihi sistem sekarang ini [ai•oʹna]”; sementara rasul Yohanes memperingatkan tentang ”mengasihi dunia [koʹsmon]” dengan jalan hidupnya yang menarik bagi hasrat daging yang berdosa. Menjadi penguasa dunia dengan mengasihi dunia merupakan hal yang patut dibanggakan.

    ReplyDelete
  3. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Penguasa adalah orang yang memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi pikiran serta tindakan orang lain sehingga bekerja sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dalam konteks negara, Plato pernah mengungkapkan bahwa sesungguhnya penguasa negara memiliki kekuasaan yang sama dengan yang dimiliki kepala rumah tangga yang berkuasa atas istri dan anak-anaknya. Menurut Plato, penguasa adalah mereka yang mampu mengaplikasikan kekuasaannya dengan cerdas, arif, dan didasari oleh pengetahuan yang tinggi. Sehingga penguasa dunia itu adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  4. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sang multi facet tidak lain dan tidak bukan adalah Tuhan YME, penguasa dunia yang sesunggugnya. Hanya Tuhanlah yang mampu menguasai dunia ini beserta isinya, karena semua hal yang ada di Dunia ini tercipta karenaNya. Kita semua dapat hidup di tempat ini pun karena kemurahan hatiNya dan kesempatan yang telah Tuhan berikan. Manusia tidak mungkin mampu untuk menguasai dunia ini, karena manusia hanyalah makhluk yang tidak sempurna.

    ReplyDelete
  5. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Multi facet diartikan sebagai beraneka segi, ada segi positif dan negatif, ada segi baik dan buruk, ada segi kelemahan dan kelebihan dan lain sebagainya. Multi facet dapat pula dilihat dari segi ekonomi, politik, perkembangan teknologi, sosial atau apa saja yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Penguasa dunia merupakan orang yang berkuasa atas dunia yang mempunyai pengaruh besar dalam beraneka macam segi ini. Pengaruh yang digunakan sang penguasa ini mencakup semua bidang kehidupan sehingga membawa dampak yang beraneka ragam, positif atau negatif, baik ataupun buruk. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sang Penguasa adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  6. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Penguasa dunia ini tidak lain tidak bukan adalah Tuhan YME. Dunia dan segala isinya telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat mencukupi kebutuhan manusia yang tinggal di dalamnya. Alangkah bersyukurnya kita dapat tinggal di bumi yang makmur ini. Dan janganlah sekali kali merusak apalagi membuat bumi ini menjadi tidak indah seperti awalnya diciptakan bahwa bumi ini begitu indah.

    ReplyDelete
  7. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Penguasa dunia tentunya manusia, karena manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah di bumi. Mungkin secara harfiah kita mengartikan bahwa penguasa dunia adalah mereka yang mempunyai pengaruh paling besar di antara negara-negara di dunia. namun, perlu kita ingat bahwa, penguasa dunia belum tentu akan menjadi penguasa di akhirat. Di akhirat tidak ada yang paling berkuasa. Dan sejatinya hanyalah Allah yang paling berkuasa atas segala sesuatu. Kita hanya sebagai makhluk ciptaan-Nya, tidak pantut menganggap makhluk sebagai penguasa dunia.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam kehidupan di dunia, manusia membutuhkan seorang pemimpin, bukan seorang penguasa. Penguasa adalah orang yang berkuasa, jika pada masa kontemporer ini maka Powernow lah yang berkuasa. Namun sejatinya semua yang ada di dunia ini adalah pemberian Allah SWT, Harta, jabatan bahkan kekuasaan ini semata-mata datangnya dari Sang Pencipta. Maka tidak boleh manusia bertindak berkuasa sesuka hati, karena sebenar-benar Penguasa Dunia adalah Allah SWT Sang Maha Menguasai.

    ReplyDelete
  9. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak sekali orang berebut kuasa. Dari jaman purbakala, hingga jaman jagat maya seperti saat ini. Tak peduli, seluas apa lingkupnya, banyak orang ingin tampil sebagai penguasa. Sayangnya, meski terlalu banyak para penguasa, dunia sedikit sekali melahirkan pemimpin. Apa bedanya? Yang pasti para pemimpin selalu dirindukan dan dicintai oleh yang dipimpinnya. Dan hal sebaliknya, untuk para penguasa. Dibenci diam-diam oleh orang-orang yang dikuasainya.

    ReplyDelete
  10. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut sintesis dari tesis yang saya buat:
    Salah satu arti dari multi-facet adalah sifat dimana seseorang memiliki banyak kemampuan, baik itu bakat maupun kemampuan adaptasi. Jika memiliki banyak kemampuan tentu akan sangat susah fokus pada satu bidang. Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna yang mampu menguasai banyak kemampuan dan hebat di semua bidang. Jika seseorang pandai di dalam sains maka biasanya dia tidak berjiwa seni. Begitu pula sebaliknya jika jiwa seninya tinggi maka biasanya ia tidak terlalu pandai sains. Makin banyak kemampuan yang dimiliki seseorang makin seseorang itu tak akan mampu menekuni atau serius pada semua kemampuannya. Hal ini menyebabkan kemampuan yang ia miliki banyak tetapi tidak hebat, bahkan cenderung biasa-biasa saja. Orang yang seperti tidak cocok menjadi seorang yang sukses atau menjadi pemimpin karena ia tidak fokus pada satu kehlian.
    Berikut anti-tesis dari tesis di atas:
    Kemampuan yang banyak menjadikan seseorang tidak terlalu menekuni kemampuannya tersebut, dengan kata lain sbagian besar hanya menjadi hoby saja atau hanya wadah untuk mencari teman. Contohnya seorang ilmuan yang mampu melukis dan olahraga renang. Kemampuan utamanya adalah di bidang sains, melukis dan berenang adalah beberapa kemampuan yang ia miliki selain sains yang bertujuan sebagai tempat ia bersantai dan mencari teman.tetapi ternyata ada salah satu teman melukisnya yang tertarik mengkolaborasikan sains dan seni lukis sehingga menguntungkan ia dalam bidang sains itu sendiri dan mampu mengangkat namanya. Di sisi lain temannya sesama hoby berenang juga memintanya melakukan penelitian tentang hubungan sains dan olahraga renang dan tentu saja menguntungkan secara finansial. Dari sini ternyata tidak salah menjadi orang yang multi-facet. Justru penguasa dunia itu adalah sang multi-facet.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualakum Wr. Wb.
    Penguasa dunia, alam semesta dan seisinya dari yang nyata sampai yang gaib hanya Allah SWT. Semata. Tuhan semesta alam. Semoga kita senatiasa dalam lindungannya. Aamiin!!

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Penguasa merupakan seseorang yang memiliki segala yang ada di dalam lingkungan tertentu. Kemudian dunia adalah tempat dimana ada segala hal di dakamnya, termasuk makhluk hidup dan seisinya. Penguasa dunia adalah sang multi facet. Menurut saya, multifacet merupakan seseorang yang mampu menempatkan diri dalam ruang dan waktu, serta mampu menjalankan perannya dengan baik. Seperti kata peribahasa, dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung. Seseorang yang hidup haruslah menyadari akan pentingnya ruang dan waktu. Dengan begitu, ia mampu melakukan segala hal dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  13. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Berbicara dunia berarti membicarakan tentang pikiran. Dunia adalah pikiranku. Segala yang ada dan yang mungkin ada yang dapat aku pikirkan adalah duniaku. Jadi sebenar-benar penguasa dunia adalah yang mampu menguasai pikiran. Yaitu orang–orang yang cerdas. Orang-orang yang mampu berpikir kritis. Mampu berpikir untuk dapat menempatkan diri sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  14. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sebelum sampai pada keputusan bahwa penguasa dunia adalah Sang multi facet, kita harus mulai berpikir tentang siapa sang multi facet. Multi facet bisa jadi seseorang yang dapat masuk pada situasi apapun, bisa jadi seseorang yang memiliki banyak kemampuan, bisa jadi seseorang yang dijuluki sebenar-benarnya sang multi facet adalah dia yang dapat berfikir seimbang antara yang ada dan yang mungkin ada, sebenar-benar sang multi facet bisa jadi adalah dia yang benar-benar memahami ruang dan waktunya.
    Orang yang memahami ruang dan waktu adalah sebenar-benar orang cerdas. Orang yang cerdas adalah dia yang bisa masuk pada situasi apapun. Dunia ini tercipta dari berbagai macam situasi, maka sang multifacet adalah penguasa dunia.

    ReplyDelete
  15. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Multi facet? Lagi-lagi saya harus mengetikkannya di kolom pencarian internet saya. Saya menemukan kalimat "having many aspects or phases" dalam kamus online. Memiliki banyak aspek?
    Kemudian saya merenungkan kalimat di atas.. "Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet"
    Menarik.. ketika seseorang menguasai banyak aspek dalam kehidupan tentu ia akan menguasai dunia. Ketika aku menguasai banyak aspek dalam duniaku sendiri, tanpa adanya interfensi berlebih dari orang lain, aku terlah menguasai duniaku sendiri.

    ReplyDelete
  16. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sesungguhnya penguasa dunia adalah Allah SWT. Namun manusia di dunia ini berasa penguasa, dengan kesombongannya. Padahal faktanya manusia didunia ini hanya isi sebagian kecil didunia. Manusia yang diperintahkan oleh Allah untuk menjaga dunia, menjalankan aktivitas di dunia. Namun sebenar benarnya penguasa di dunia ini Allah SWT. Allah akan mengawasi apa yang akan diperbuat oleh manusia. Inilah bahwa Allah itu multi facet. Disini berarti bahwa penguasa dunia adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  17. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami penguasa tertinggi, yaitu yang menguasai dunia dan alam semesta beserta isinya adalah Dia, Tuhan Yang Maha Esa. Adalah Dia Dzat yang menciptakan segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini, bahkan ciptaan manusia pun tak akan tercipta tanpa ada kehendak dan kuasa dari Nya. Allah SWT adalah sang Multi Facet, setidaknya sepengetahuan kami Allah memiliki 99 sifat yang maha besar yang disebut sebagai Asmaul Husna. Kepada-Nya lah kami beribadah, berdoa, memohon pertolongan, dan memohon ampunan. Semoga kami senantiasa diberi petunjuk untuk selalu berada di jalan yang lurus. Amin.

    ReplyDelete
  18. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Penguasa dunia adalah sang multi facet. Penguasa artinya yang menguasai atau yang memiliki. Penguasa dunia artinya yang memiliki dunia. Sesungguhnya setiap hal di alam semeste ini milik Allah SWT. Apapun yang dilangit dan yang dibumi adalah milik Allah SWT. Oleh karena itu penguasa dunia yang sesungguhnya adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Penguasa dunia adalah mereka yang dapat memberikan pengaruh yang besar bagi bangsa lainnya dan membuat bangsa yang lain merasa sangat membutuhkannya. Karena pada jaman sekarang sudah banyak pengaruh-pengaruh asing yang mempengaruhi bangsa-bangsa lainnya, dan pengaruhnya itu tidak secara langsung, tetapi melalui hal-hal yang ada di sekitar kita. Contohnya saja dari media sosial, internet, smartphone, acara TV, dll. Ideologi mereka disebarkan untuk memberikan pengaruh pada bangsa lain. Oleh karena itu kita dianggap sebagai enguasa dunia jia kita mengontrol, menyaring segala sesuatu informasi dan mampu menyesuaikan diri atau mampu menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi penguasa dunia. Saat ini, orang yang mengembangkan teknologi dan informasi diakui sebagai penguasa dunia. Bagaimanapun juga teknologi dan informasi adalah suatu bidang yang sangat berpengaruh terhadap peradaban dan perubahan perilaku manusia saat ini. Namun pada dasarnya penguasa dunia itu tidak ada.

    ReplyDelete
  21. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Aku melihat bahwa calon penguasa dunia berseru-seru, berkampanye, ia berkata akan melindungi yang lemah, memberikan kesejahteraan bagi yang lemah. Aku melihat bahwa calon penguasa dunia berbisik-bisik dengan para penguasa lainnya, ia berkata akan memberikan keuntungan bagi para penguasa. Tetapi akupun dapat melihat bahwa ketika calon penguasa dunia menjadi menguasa dunia, ia lupa akan perkataanya. Sang penguasa dunia lupa melindungi rakyatnya, ia bahkan hanya menjilat dihadapan para penguasa lainnya. Dan yang sebenar-benar ia lakukan adalah mensejahterakan dirinya. Maka aku melihat sang penguasa dunia ialah ia yang bermuka banyak.

    ReplyDelete
  22. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Penguasa dunia adalah sang multifacet, multifacet saya artikan sebagai seseorang yang mampu menempatkan diri dalam ruang dan waktu, serta mampu menjalankan perannya dengan baik. Di saat kita menyadari di ruang mana dan waktu yang seperti apa kita, maka dengan mudah semua hal akan mampu kita lakukan, tentunya sesuai dengan kemampuan kita sebagai manusia. Mampu menempatkan diri bisa dalam maksud yang positif bisa juga dalam maksud negatif, saat kemampuan menempatkan diri digunakan dalam hal yang positif tentunya menghasilkan sesuatu yang positif, jika digunakan dalam hal negatif tentu sangat merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  23. Yustine Maulina
    17709251022
    PPs Pend Matematika A 2017

    Menurut saya, multi facet adalah banyak segi atau berbagai sisi. Hal ini menunjukkan bahwa penguasa dunia memiliki berbagai macam sisi yang berbeda sesuai dengan sisi mana yang akan ia gunakan, menghadapi orang yang beraneka ragam agar bisa menjadi penguasa, tentu ia membutuhkan banyak sisi dari dalam dirinya. Hal ini juga menuynjukkan seseorang memiliki pengaturan yang baik dalam dirinya agar mampu menyeimbangkan sisi yang ia miliki.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebenar-benar penguasa dunia yang kekal dan absolut adalah Tuhan semesta alam Allah SWT. Tiada satu hal pun yang dapat membandingkan segala sifat-Nya. Jika diturunkan, penguasa dunia adalah sang multi facet. Multi face bisa dikatakan positif , bisa juga dikatakan negatif, tergantung bagaimana sang pemimpin tersebut menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktunya. Jika sang pemimpi mampu menempatkan dirinya sesuai dengan ruang dan waktu, maka dia menjadi orang yang mampu memposisikan dirinya sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya, tetapi jika multi face tetapi ttidak sesuai dengan ruang dan waktunya, dia akan menjadi orang lain dengan melakukan sesuatu melebihi batas yang sebenarnya ttidak sanggup ia lakukan, sehingga dia melakukan segala cara.

    ReplyDelete
  26. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Multifaceted dapat diartikan dengan memiliki banyak aspek. Setiap orang adalah pemimpin atau penguasa setidaknya untuk dirinya sendiri. Seorang penguasa atau pemimpin di dunia haruslah memiliki keunggulan dalam banyak aspek seperti kecerdasan intelegensi di berbagai bidang, kecerdasan emosional, maupun kecerdasan spiritual. Dengan keunggulannya dalam banyak aspek ini maka dapat lebih visioner dan tajam pemikirannya untuk mengelola dunia yang dipimpin demi kemaslahatan umat manusia.

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Penguasa dunia adalah mereka yang mampu menpengaruhi maupun memberi pengaruh pada orang lain. Multi face yaitu memiliki banyak sis atau wajah. Mengapa mereka lebih memiliki potensi dan dikatakan sebagai penguasa dunia sebab multi face handal dalam menempatkan diri dan memanfaatkan situasi, selain itu mereka punya banyak cara untuk mengusahakan keberhasilannya. Ibarat kata “ sepandai-pandainya orang yng multi talent, masih kalah dengan orang yang multi-face” sebab multi face melakukan segala cara untuk menguasai dunia.

    ReplyDelete
  28. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Penguasa dunia merupakan dia yang multifacet. Penguasa dunia multifacet saya berpendapat bahwa untuk menjadi penguasa dunia seseorang haruslah mempunyai berbagai macam sisi di dalam ilmu yang dimilikinya. Ilmu itu akan membawa dampak semakin bijaksana dalam memimpin dan menguasai dunia. Kadang menjadi penguasa haruslah multifacet, tak memperdulikan hal-hal yang hanya mengganggu kebijakan-kebijakannya. Penguasa dunia multifacet juga harus mampu melihat suatu permasalahan secara multifacet. Tidak terpaku pada satu sisi tertentu sehingga akan menghasilkan keputusan tindakan yang lebih mendatangkan manfaat.

    ReplyDelete
  29. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Multifacet, menurut pengetahuan saya, dapat dibedakan menjadi 2 hal, multi facet yang positif dan negatif. Multi yang artinya banyak, dan face artinya wajah, jika digabungkan berarti kemampuan seseorang untuk melihat semua kondisi (face) yang ada di dirinya dan di sekitarnya. Secara umum, kemampuan seperti ini adalah kemampuan yang biasa dimmiliki oleh seorang pemimpin, seorang penguasa. Sehingga, jika kau ingin menjadi penguasa dunia, kuasailah duniamu sendiri terlebih dahulu, kuasailah pikiran dan perbuatanmu terlebih dahulu. Setelah itu, jadilah orang yang bisa melihat suatu hal dari beberapa sudut pandang, jadilah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, memiliki pengalaman yang beragam sehingga lebih unggul dari orang lain. Dalam kaitannya dengan penguasa dunia, multifacet secara positif mampu melihat hal secara keseluruhan dari beberapa sudut pandang dengan dibumbui sifat jujur. Sedangkan secara negatif, multifacet adalah penguasa yang memang mampu melihat segala hal dari beberapa sudut pandang yang berbeda, akan tetapi dalam melakukan hal tersebut, orang tersebut tidak jujur pada dirinya sendiri maupun orang lain. Menurut saya, penguasa dunia yang sebenarnya adalah dia sang multifacet positif, yang mampu melakukan perubahan dan memberikan manfaat untuk orang lain dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Penguasa, orang yang memiliki suatu kuasa. Kuasa yang ia berikan dapat terhadap dirinya sendiri atau orang lain. Penguasa dunia, memiliki kuasa terhadap dirinya sendiri dan orang lan. Penguasa dunia dapat menempatkan diri dengan baik atau buruk tergntung kepada perlakuan yang ia lakukan. Tindakan apa saja yang telah ia lakukan atau berikan sehingga gelar penguasa dunia bisa melekat pada dirinya. Penguasa dunia tentu berbeda dibandingkan dengan orang biasa, penguasa dunia memiliki sesuatu yang spesial, istimewa dan kuat sehingga dapat menguasai dunia.

    ReplyDelete
  31. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Di dunia ini tidak ada yang netral. Sesuatu yang yang bersifat terbelakang dan sangat maju (modern) telah di dekte oleh kaum elit penguasa. Sekalipun hal tersebut bersifat edukasi juga tak lepas dari sebuah kepentingan.

    ReplyDelete