Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

10 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Penguasa dunia tentunya manusia, karena manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah di bumi. Mungkin secara harfiah kita mengartikan bahwa penguasa dunia adalah mereka yang mempunyai pengaruh paling besar di antara negara-negara di dunia. namun, perlu kita ingat bahwa, penguasa dunia belum tentu akan menjadi penguasa di akhirat. Di akhirat tidak ada yang paling berkuasa. Dan sejatinya hanyalah Allah yang paling berkuasa atas segala sesuatu. Kita hanya sebagai makhluk ciptaan-Nya, tidak pantut menganggap makhluk sebagai penguasa dunia.

    ReplyDelete
  2. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam kehidupan di dunia, manusia membutuhkan seorang pemimpin, bukan seorang penguasa. Penguasa adalah orang yang berkuasa, jika pada masa kontemporer ini maka Powernow lah yang berkuasa. Namun sejatinya semua yang ada di dunia ini adalah pemberian Allah SWT, Harta, jabatan bahkan kekuasaan ini semata-mata datangnya dari Sang Pencipta. Maka tidak boleh manusia bertindak berkuasa sesuka hati, karena sebenar-benar Penguasa Dunia adalah Allah SWT Sang Maha Menguasai.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak sekali orang berebut kuasa. Dari jaman purbakala, hingga jaman jagat maya seperti saat ini. Tak peduli, seluas apa lingkupnya, banyak orang ingin tampil sebagai penguasa. Sayangnya, meski terlalu banyak para penguasa, dunia sedikit sekali melahirkan pemimpin. Apa bedanya? Yang pasti para pemimpin selalu dirindukan dan dicintai oleh yang dipimpinnya. Dan hal sebaliknya, untuk para penguasa. Dibenci diam-diam oleh orang-orang yang dikuasainya.

    ReplyDelete
  4. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut sintesis dari tesis yang saya buat:
    Salah satu arti dari multi-facet adalah sifat dimana seseorang memiliki banyak kemampuan, baik itu bakat maupun kemampuan adaptasi. Jika memiliki banyak kemampuan tentu akan sangat susah fokus pada satu bidang. Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna yang mampu menguasai banyak kemampuan dan hebat di semua bidang. Jika seseorang pandai di dalam sains maka biasanya dia tidak berjiwa seni. Begitu pula sebaliknya jika jiwa seninya tinggi maka biasanya ia tidak terlalu pandai sains. Makin banyak kemampuan yang dimiliki seseorang makin seseorang itu tak akan mampu menekuni atau serius pada semua kemampuannya. Hal ini menyebabkan kemampuan yang ia miliki banyak tetapi tidak hebat, bahkan cenderung biasa-biasa saja. Orang yang seperti tidak cocok menjadi seorang yang sukses atau menjadi pemimpin karena ia tidak fokus pada satu kehlian.
    Berikut anti-tesis dari tesis di atas:
    Kemampuan yang banyak menjadikan seseorang tidak terlalu menekuni kemampuannya tersebut, dengan kata lain sbagian besar hanya menjadi hoby saja atau hanya wadah untuk mencari teman. Contohnya seorang ilmuan yang mampu melukis dan olahraga renang. Kemampuan utamanya adalah di bidang sains, melukis dan berenang adalah beberapa kemampuan yang ia miliki selain sains yang bertujuan sebagai tempat ia bersantai dan mencari teman.tetapi ternyata ada salah satu teman melukisnya yang tertarik mengkolaborasikan sains dan seni lukis sehingga menguntungkan ia dalam bidang sains itu sendiri dan mampu mengangkat namanya. Di sisi lain temannya sesama hoby berenang juga memintanya melakukan penelitian tentang hubungan sains dan olahraga renang dan tentu saja menguntungkan secara finansial. Dari sini ternyata tidak salah menjadi orang yang multi-facet. Justru penguasa dunia itu adalah sang multi-facet.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  5. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualakum Wr. Wb.
    Penguasa dunia, alam semesta dan seisinya dari yang nyata sampai yang gaib hanya Allah SWT. Semata. Tuhan semesta alam. Semoga kita senatiasa dalam lindungannya. Aamiin!!

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 Pendidikan Matematika A (PM A)

    Penguasa merupakan seseorang yang memiliki segala yang ada di dalam lingkungan tertentu. Kemudian dunia adalah tempat dimana ada segala hal di dakamnya, termasuk makhluk hidup dan seisinya. Penguasa dunia adalah sang multi facet. Menurut saya, multifacet merupakan seseorang yang mampu menempatkan diri dalam ruang dan waktu, serta mampu menjalankan perannya dengan baik. Seperti kata peribahasa, dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung. Seseorang yang hidup haruslah menyadari akan pentingnya ruang dan waktu. Dengan begitu, ia mampu melakukan segala hal dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  7. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Berbicara dunia berarti membicarakan tentang pikiran. Dunia adalah pikiranku. Segala yang ada dan yang mungkin ada yang dapat aku pikirkan adalah duniaku. Jadi sebenar-benar penguasa dunia adalah yang mampu menguasai pikiran. Yaitu orang–orang yang cerdas. Orang-orang yang mampu berpikir kritis. Mampu berpikir untuk dapat menempatkan diri sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sebelum sampai pada keputusan bahwa penguasa dunia adalah Sang multi facet, kita harus mulai berpikir tentang siapa sang multi facet. Multi facet bisa jadi seseorang yang dapat masuk pada situasi apapun, bisa jadi seseorang yang memiliki banyak kemampuan, bisa jadi seseorang yang dijuluki sebenar-benarnya sang multi facet adalah dia yang dapat berfikir seimbang antara yang ada dan yang mungkin ada, sebenar-benar sang multi facet bisa jadi adalah dia yang benar-benar memahami ruang dan waktunya.
    Orang yang memahami ruang dan waktu adalah sebenar-benar orang cerdas. Orang yang cerdas adalah dia yang bisa masuk pada situasi apapun. Dunia ini tercipta dari berbagai macam situasi, maka sang multifacet adalah penguasa dunia.

    ReplyDelete
  9. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Multi facet? Lagi-lagi saya harus mengetikkannya di kolom pencarian internet saya. Saya menemukan kalimat "having many aspects or phases" dalam kamus online. Memiliki banyak aspek?
    Kemudian saya merenungkan kalimat di atas.. "Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet"
    Menarik.. ketika seseorang menguasai banyak aspek dalam kehidupan tentu ia akan menguasai dunia. Ketika aku menguasai banyak aspek dalam duniaku sendiri, tanpa adanya interfensi berlebih dari orang lain, aku terlah menguasai duniaku sendiri.

    ReplyDelete
  10. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sesungguhnya penguasa dunia adalah Allah SWT. Namun manusia di dunia ini berasa penguasa, dengan kesombongannya. Padahal faktanya manusia didunia ini hanya isi sebagian kecil didunia. Manusia yang diperintahkan oleh Allah untuk menjaga dunia, menjalankan aktivitas di dunia. Namun sebenar benarnya penguasa di dunia ini Allah SWT. Allah akan mengawasi apa yang akan diperbuat oleh manusia. Inilah bahwa Allah itu multi facet. Disini berarti bahwa penguasa dunia adalah sang multi facet.

    ReplyDelete