Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

1 comment:

  1. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Berikut sintesis dari tesis yang saya buat:
    Salah satu arti dari multi-facet adalah sifat dimana seseorang memiliki banyak kemampuan, baik itu bakat maupun kemampuan adaptasi. Jika memiliki banyak kemampuan tentu akan sangat susah fokus pada satu bidang. Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna yang mampu menguasai banyak kemampuan dan hebat di semua bidang. Jika seseorang pandai di dalam sains maka biasanya dia tidak berjiwa seni. Begitu pula sebaliknya jika jiwa seninya tinggi maka biasanya ia tidak terlalu pandai sains. Makin banyak kemampuan yang dimiliki seseorang makin seseorang itu tak akan mampu menekuni atau serius pada semua kemampuannya. Hal ini menyebabkan kemampuan yang ia miliki banyak tetapi tidak hebat, bahkan cenderung biasa-biasa saja. Orang yang seperti tidak cocok menjadi seorang yang sukses atau menjadi pemimpin karena ia tidak fokus pada satu kehlian.
    Berikut anti-tesis dari tesis di atas:
    Kemampuan yang banyak menjadikan seseorang tidak terlalu menekuni kemampuannya tersebut, dengan kata lain sbagian besar hanya menjadi hoby saja atau hanya wadah untuk mencari teman. Contohnya seorang ilmuan yang mampu melukis dan olahraga renang. Kemampuan utamanya adalah di bidang sains, melukis dan berenang adalah beberapa kemampuan yang ia miliki selain sains yang bertujuan sebagai tempat ia bersantai dan mencari teman.tetapi ternyata ada salah satu teman melukisnya yang tertarik mengkolaborasikan sains dan seni lukis sehingga menguntungkan ia dalam bidang sains itu sendiri dan mampu mengangkat namanya. Di sisi lain temannya sesama hoby berenang juga memintanya melakukan penelitian tentang hubungan sains dan olahraga renang dan tentu saja menguntungkan secara finansial. Dari sini ternyata tidak salah menjadi orang yang multi-facet. Justru penguasa dunia itu adalah sang multi-facet.

    Wasalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete