Oct 10, 2012

Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia




Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk menemukan bahwa ternyata Penguasa Dunia itu adalah Sang Multi Facet.

Dapat menggunakan referensi.

Tuliskan sintesis anda sebagai komen mengikuti posting ini.

Demikian selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

16 comments:

  1. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Manusia perlu menempatkan dirinya sebagai seseorang yang terbaik. Dimana posisi manusia sebagai pemimpin dirinya sendiri maupun pemimpin orang lain. seorang pemimpin haruslah mempunyai tanggung jawab yang lebih dan tegas.
    Sehingga Penguasa dunia haruslah sesuai dengan ruang dan waktunya, mempunyai banyak potensi, karena peningkatan dimensi seorang penguasa dunia. Mempunyai ciri pemimpin yang khas dan kemampuan yang dipandang lebih dalam keadaan apapun. Maka penguasa dunia itu adalah sang multifacet.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Manusia itu terbatas dan tidak sempurna. Maka tidaklah mungkin manusia merupakan penguasa dunia. Karena sehebat-hebatnya manusia, meskipun kemampuan dan ilmunya setengah dewa, tetap saja ia hanya mampu menguasai sebagian kecil facet dari dunia ini. Sang multi facet tidak lain dan tidak bukan adalah Allah SWT yang telah menciptakan dunia beserta segala isinya. Yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak. Semua yang terjadi di dunia ada dalam pengawasan Nya dan berdasarkan kehendaknya.

    ReplyDelete
  3. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Penguasa itu terikat oleh ruang dan dimensi. Setiap dimensi memiliki penguasa. Diri sendiri adalah pengusa bagi diri kita masing-masing, dalam keluarga ayah adalah pengusanya, kepada sekolah adalah penguasa di sekolah, raja adalah penguasa di kerajaannya, presiden adalah penguasa di negeri kita. Namun penguasa bagi segala dimensi adalah Allah SWT. Kita harus menyadari ini, maka misalnya nanti kita kita menjadi salah seorang penguasa di dimensi kita maka tidak lupa akan Tuhan adalah sebenar-benarnya penguasa.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penguasa memiliki arti orang memilikin kuasa. Kuasa yang diberikan bisa pada dirinya sendiri atau orang lain. Sedangkan penguasa dunia menempatkan dirinya sendiri dan orang lain. Penguasa dunia menempakan dirinya dengan baik atau buruk tergantung dengan apa yang ia lakukan. Tindakan apa saja yang telah ia berikan sehingga gelar penguasa dunia bsa melekat pada dirinya. Menjadi penguasa dunia bukanlah hal yang mudahh, penguasa dunia yang baik pasti akan melekat konstribusinya pada dunia.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Penguasa dunia Sang Multi Facet, tidak lain adalah Allah SWT. Dengan sifat Maha Penguasa yang dimiliki-Nya, sehingga pengawasan dan penguasaan terhadap dunia tak terbatas. Dialah yang menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya ini. Dia Yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak. Semua peristiwa yang terjadi di dunia ada dalam pengawasan-Nya.

    ReplyDelete
  6. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Penguasa dunia merupakan dia yang multifacet. Penguasa dunia multifacet saya berpendapat bahwa untuk menjadi penguasa dunia seseorang haruslah mempunyai berbagai macam sisi di dalam ilmu yang dimilikinya. Ilmu itu akan membawa dampak semakin bijaksana dalam memimpin dan menguasai dunia. Kadang menjadi penguasa haruslah multifacet, tak memperdulikan hal-hal yang hanya mengganggu kebijakan-kebijakannya. Penguasa dunia multifacet juga harus mampu melihat suatu permasalahan secara multifacet. Tidak terpaku pada satu sisi tertentu sehingga akan menghasilkan keputusan tindakan yang lebih mendatangkan manfaat.

    ReplyDelete
  7. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Penguasa dunia yang sang Multi Facet, tiada lain yang dimaksudkan adalah Allah SWT yang menciptakan dunia ini, mengatur pergerakan jagat raya, sehingga tidak satu pun saling bertabrakan dan keluar porosnya. Dengan sifat yang Maha Nya, Maha berkuasa, maha melihat, maha mendengar, maha berkehendak dan sebagainya, maka tidak ada satu pun di dunia ini yang luput dari pengawasannya. Beda halnya dengan penguasa yang berkuasa di negara – negara maju atau Negara adidaya misalkan Amerika pengawasannya dan pengetahuannya dan ketelitiannya sangat terbatas, mereka tidak akan pernah mengetahui dengan pasti sampai kapan mereka mampu berkuasa memegang kekuasaannya untuk mengatur dunia, apakah masih sampai untuk satu tahun ke depan atau bisa saja terjadi kekuasaan mereka berakhir satu jam bahkan satu menit yang akan datang.

    ReplyDelete
  8. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Penguasa dunia dapat diartikan sebagai penguasa struktur, tatanan, atau lingkup kehidupan manusia, koʹsmos mempunyai arti yang serupa dengan kata Yunani ai•onʹ. Dalam beberapa kasus kedua kata tersebut hampir bersinonim. Misalnya, Demas dilaporkan telah meninggalkan rasul Paulus karena ia ”mengasihi sistem sekarang ini [ai•oʹna]”; sementara rasul Yohanes memperingatkan tentang ”mengasihi dunia [koʹsmon]” dengan jalan hidupnya yang menarik bagi hasrat daging yang berdosa. Menjadi penguasa dunia dengan mengasihi dunia merupakan hal yang patut dibanggakan.

    ReplyDelete
  9. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Penguasa adalah orang yang memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi pikiran serta tindakan orang lain sehingga bekerja sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dalam konteks negara, Plato pernah mengungkapkan bahwa sesungguhnya penguasa negara memiliki kekuasaan yang sama dengan yang dimiliki kepala rumah tangga yang berkuasa atas istri dan anak-anaknya. Menurut Plato, penguasa adalah mereka yang mampu mengaplikasikan kekuasaannya dengan cerdas, arif, dan didasari oleh pengetahuan yang tinggi. Sehingga penguasa dunia itu adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sang multi facet tidak lain dan tidak bukan adalah Tuhan YME, penguasa dunia yang sesunggugnya. Hanya Tuhanlah yang mampu menguasai dunia ini beserta isinya, karena semua hal yang ada di Dunia ini tercipta karenaNya. Kita semua dapat hidup di tempat ini pun karena kemurahan hatiNya dan kesempatan yang telah Tuhan berikan. Manusia tidak mungkin mampu untuk menguasai dunia ini, karena manusia hanyalah makhluk yang tidak sempurna.

    ReplyDelete
  11. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Multi facet diartikan sebagai beraneka segi, ada segi positif dan negatif, ada segi baik dan buruk, ada segi kelemahan dan kelebihan dan lain sebagainya. Multi facet dapat pula dilihat dari segi ekonomi, politik, perkembangan teknologi, sosial atau apa saja yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Penguasa dunia merupakan orang yang berkuasa atas dunia yang mempunyai pengaruh besar dalam beraneka macam segi ini. Pengaruh yang digunakan sang penguasa ini mencakup semua bidang kehidupan sehingga membawa dampak yang beraneka ragam, positif atau negatif, baik ataupun buruk. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sang Penguasa adalah sang multi facet.

    ReplyDelete
  12. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Penguasa dunia ini tidak lain tidak bukan adalah Tuhan YME. Dunia dan segala isinya telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat mencukupi kebutuhan manusia yang tinggal di dalamnya. Alangkah bersyukurnya kita dapat tinggal di bumi yang makmur ini. Dan janganlah sekali kali merusak apalagi membuat bumi ini menjadi tidak indah seperti awalnya diciptakan bahwa bumi ini begitu indah.

    ReplyDelete
  13. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Mungkin banyak juga yang memikirkan bahw yang dimaksud penguasa dunia adalah Presiden. oleh karenanya memilih presdien yang baik, jujur, bijaksana adalah tugas dari setiap warga negara agar menjadikan Indonesia yang baik dan tetap dalam koridor aman.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Penguasa dunia tentunya manusia, karena manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah di bumi. Mungkin secara harfiah kita mengartikan bahwa penguasa dunia adalah mereka yang mempunyai pengaruh paling besar di antara negara-negara di dunia. namun, perlu kita ingat bahwa, penguasa dunia belum tentu akan menjadi penguasa di akhirat. Di akhirat tidak ada yang paling berkuasa. Dan sejatinya hanyalah Allah yang paling berkuasa atas segala sesuatu. Kita hanya sebagai makhluk ciptaan-Nya, tidak pantut menganggap makhluk sebagai penguasa dunia.

    ReplyDelete
  15. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam kehidupan di dunia, manusia membutuhkan seorang pemimpin, bukan seorang penguasa. Penguasa adalah orang yang berkuasa, jika pada masa kontemporer ini maka Powernow lah yang berkuasa. Namun sejatinya semua yang ada di dunia ini adalah pemberian Allah SWT, Harta, jabatan bahkan kekuasaan ini semata-mata datangnya dari Sang Pencipta. Maka tidak boleh manusia bertindak berkuasa sesuka hati, karena sebenar-benar Penguasa Dunia adalah Allah SWT Sang Maha Menguasai.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak sekali orang berebut kuasa. Dari jaman purbakala, hingga jaman jagat maya seperti saat ini. Tak peduli, seluas apa lingkupnya, banyak orang ingin tampil sebagai penguasa. Sayangnya, meski terlalu banyak para penguasa, dunia sedikit sekali melahirkan pemimpin. Apa bedanya? Yang pasti para pemimpin selalu dirindukan dan dicintai oleh yang dipimpinnya. Dan hal sebaliknya, untuk para penguasa. Dibenci diam-diam oleh orang-orang yang dikuasainya.

    ReplyDelete